Feb 12, 2013

Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika




Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya.

Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika. Usaha tersebut dapat dicapai jika dikembangkan suatu metode ilmiah yang memenuhi sifat koherensi dan sifat korespondensi. Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. Pengetahuan demikian pada akhirnya baik secara ontologis maupun secara legal formal dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika (Marsigit)

3 comments:

  1. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Penelitian dan pengembangan pendidikan matematika tentunya haruslah terus-menerus dilakukan agar dapat mengetahui keefektifan pembelajaran tersebut dan memperbaiki pembelajaran yang sebelumnya menjadi lebih baik. Penelitian dan pengembangan pendidikan matematika di Indonesia masih sangat rendah, mereka yang sudah berprofesi sebagai guru biasanya hanya duduk manis mengajar dengan metode yang sama secara terus-menerus dan menggunakan sumber belajar yang sama terus menerus sehingga tidak ada pengembangan pembelajaran yang terjadi.

    ReplyDelete
  2. Nur Anisa Dika Maharani
    13301241030
    Pendidikan Matematika I 2013

    Penelitian sangat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan matematika. Dengan penelitian kita dapat mengetahui kualitas dan keefektifan pembelajaran, sehingga kita dapat melakukan perbaikan. Itu pun tidak berlangsung hanya sekali, karena setelah diperbaiki dan diujikan jika dirasa masih belum tepat maka akan ada perbaikan-perbaikan lainnya. Beberapa waktu yang lalu saya membaca mengenai Lesson Plan yang dikembangkan di Jepang. Menurut saya Lesson Plan termasuk dalam ranah penelitian untuk mendapatkan sistem pembelajaran yang baik tetapi tidak digunakan secara universal, karena tetap tergantung pada kondisi kelas masing-masing. Forum seperti inilah yang saya rasa mesti diterapkan di Indonesia demi berkembangnya pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam menghadapi perkembangan zaman, perlunya ada inovasi dalam suatu aktivitas agar dapat beradaptasi dengan baik. Termasuk dalam pembelajaran matematika. Perlunya pengembangan kegiatan penelitian, agar perkembangan pendidikan di indoneisa menjadi lebih baik. Melakukan kegiatan penelitian dengan serangkaian metode ilmiah untk mendapatkan suatu penemuan baru. Demikian juga mengidentifikasi suatu masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan, harapannya dengan ada penelitian ini, dapat menemukan solusi bagi permasalahan tersebut.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.