Feb 12, 2013

Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika




Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya.

Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika. Usaha tersebut dapat dicapai jika dikembangkan suatu metode ilmiah yang memenuhi sifat koherensi dan sifat korespondensi. Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. Pengetahuan demikian pada akhirnya baik secara ontologis maupun secara legal formal dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika (Marsigit)

42 comments:

  1. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Adapun terkait dengan metode dalam pembelajarn serta penyelesaian permasalahan-permasalahan yang dialami dalam pembelajaran matematika dapat diselesaikan dengan dilakukannya penelitian, yang berkaitan dengan proses belajar mengajar selama ini. Sehingga nantinya akan muncul teori-teori pembelajaran yang baru yang dianggap lebih efektif daripada metode pembelajaran sebelumnya. Maka setiap guru harus mampu menjadi seorang peneliti.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Penelitian sangat penting dilakukan untuk pengembangan di dalam pendidikan matematika. Sebab dengan adanya penelitian guru dapat mengetahui penyebab masalah atau pengjambat dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru juga dapat menentukan penyelesaian masalah dari faktor yang menghambat proses pembelajaran. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika seorang guru mampu menjadi seorang peneliti. Sebab penelitian juga dapat menjadi refleksi dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Pengembangan pendidikan matematika sangat penting karena kehidupan cenderung bersifat dinamis. Pengembangan pendidikan matematika tentunya disesuaikan ruang dan waktunya serta subyek pembelajar. Dalam proses pengembangan pendidikan matematika tidak boleh asal-asalan dan seenaknya saja dilakukan oleh guru. untuk memperoleh informasi, pengetahuan dan data yang real sebagai dasar pengembangan pendidikan matematika oleh karena itu harus dilakukan penelitian. Adanya penelitian digunakan sebagai salah satu cara memperoleh pengetahuan yang empiris dan logis sehingga kebenarannya jelas real dan valid. Selain itu, guru dipermudah dalam poin-poin apa saja yang perlu di kembangkan. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  4. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Penelitian merupakan salah satu usaha dalam mengembangan pendidikan. Penelitian yang benar-benar dilakukan sesuai prosedur dan dengan metode yang sesuai akan memberikan sumbang sih terhadap dunia pendidikan. Bukan dengan mengarang data untuk mengisis penelitian yang dituagskan kepada dirinya, tetapi benar-benar melakukan proses penelitian itu. juga bukan sebagai plagiasi, karena hal ini jelas melanggar hukum dan tidak ada yang bisa diambil hikmahnya dalam peneltian yang bersifat menjiplak tersebut.

    ReplyDelete
  5. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Peran penelitian dalam pendidikan sangatlah krusial, penelitian adalah upaya dalam meningkatkan pendidikan yang semakin baik. Penelitian dibidang matematika sudah selayaknya dilakukan terus menerus secara berkala dan bertahap dilakukan oleh berbagai pihak yang berperan aktif dalam penndidikan. Penelitian pendidikan juga sebaiknya dilakukan oleh guru, walaupun memakan waktu yang lebih lama. Hal ini dikarenakan guru adalah orang yang selalu bersama dengan siswa saat kegiatan belajar disekolah. Penelitiian akan menambah ilmu dan referensi dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian pendidikan matematika diperlukan guna meningkatkan pembelajaran matematika, karena matematika selalu dianggap sebagai ilmu yang sangat penting, dan kesulitan belajar matematika sering dialami oleh siswa. Penelitian juga dapat mengungkapkan keadaan pendidikan di suatu daerah sehingga sebagai antisipasi pendidikan yang dilakukan di daerah tersebut apabila kurikulum yang di laksanakan masih tidak cocok dengan keadaan.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  6. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada elegi ini, menurut saya karena pada dasarnya ilmu matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit, maka disini penelitian sangatlah berpengaruh agar para pembaca khususnya para guru dapat mengetahui apa yang akan dilakukan untuk menyampaikan matematika ke peserta didik mereka. Hal ini akan membuat guru memiliki banyak sekali alternatif solusi yang diberikan jika banyak penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan pembelajaran matematika
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  7. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Penelitian dilakukan karena perkembangan zaman yang terus berubah-ubah memunculkan banyak teori baru dan penemuan-penemuan baru dalam berbagai aspek. Dalam bidang pendidikan matematika, penelitian tidak hanya berkembang dalam bentuk materi ataupun model-model. Selama lebih dari 30tahun komunitas PME telah rutin menyelenggarakan konferensi setiap tahunnya dengan menampilkan penelitian-penelitian mengenai psikologi pendidikan matematika. Tidak dapat dipungkiri bahwa penelitian di bidang psikologi memberikan sumbangan besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran karena dalam PME juga dikembangkan penelitian terhadap cara berpikir siswa dalam berbagai bidang matematika yang berbeda-beda mulai dari berpikir bilangan, aljabar, statistika, geometri, dan lainnya.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Penelitian jelas sangatlah berguna karena penelitian bisa membuat pendidikan lebih maju dengan inovasi-inovasinya. Melalui penelitian para praktisi dapat mengidentifikasi problem-problem pendidikan dan mengimplementasikan solusi problem tersebut. Selalu ada perbaikan dan pengembangan dalam upaya memperbaik kualitas pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Seorang guru harus mampu mengaitkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Materi matematika yang kontekstual akan lebih mudah di mengerti oleh siswa. Hal ini karena materi yang dapat dipaparkan secara kontekstual membuat siswa semakin dekat dengan matematika itu sendiri, sehingga diharapkan siswa akan semakin suka atau tertarik dengan masalah matematika. Dengan adanya situasi tersebut, dalam penelitian dan pengembangan pendidikan matematika seharusnya di utamakan dalam penelitian dan pengembangan materi-materi matematika secara kontekstual.

    ReplyDelete
  10. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Pendidikan merupakan bahasan yang sangat luas dan selalu berkembang, khusunya pendidikan matematika. Guru sebagi salah satu pemeran pendidikan matemqatika perlu melakukan penelitian secara berkala untuk membahas kondisi pendidikan matematika saat ini, terutama proses pembelajaran di kelas. Sehingga hasil penelitian tersebut dapat dijadikan acuan untuk memperbaiki kondisi pendidikan matematika selanjutnya dan memberikan inovasi untuk kedepannya.

    ReplyDelete
  11. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Guru adalah peneliti. Saya mengingat apa yang dikatakan Pak Marsigit ini. Guru meneliti Dan membuat artikel ilmiah ini adalah bukti guru belajar. Menjadi pengada. Dan pada saatnya juga hasil penelitian dibagikan secara publik, melalui seminar, konferensi, atau jurnal.
    Meneliti ini Juga menyenangkan. Murid belajar, Kita sebagai guru Juga belajar. Saat menulis artikel, Saya merasakan bahwa banyak yang belum Saya pahami. Saa perlu membaca banyak referensi, buku atau artikel lain. Ini Juga membuka diri Saya untuk terus terbuka, mengembangkan ilmu, tidak puas hanya dengan pengetahuan yang Saya miliki saat ini. Pengetahuan berkembang pesat. Kita akan tertinggal jika tidak membuka diri belajar.

    ReplyDelete
  12. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Menghadapi abad ke-21 dimana jaman yang semakin kompleks menuntut kita untuk bisa menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif. Semakin kreatif, maka kita akan semakin dicari. Begitu pula dalam pendidikan. Penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika sebaiknya sering dilaksanakan. Hasil dari penelitian tersebut harapannya dapat menjadikan pendidikan matematika menjadi menyenangkan dan bermakna. Sehingga, masalah-masalah dalam dunia pendidikan khususnya matematika dapat terselesaikan.

    ReplyDelete
  13. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Akhir-akhir ini syarat seorang guru dalam kenaikan pangkat adalah salah satunya membuat karya tulis. Dan jenis penelitian yang biasanya digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebenarnya PTK ini bukan hanya sekedar syarat dalam kenaikan pangkat. Apabila guru ikhlas melakukan PTK maka dia akan menjadi salah satu guru yang peduli. Karena saat melakukan PTK guru akan mengetahui perbaikan-perbaikan yang terhadap proses pembelajaran yang nantinya dia dapat meningkatkan prestasi dna motivasi siswa. Selain itu guru juga dapat lebih menetahui karakteristik siswanya dan diharapkan guru dapat membuat siswa semakin senang untuk mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  14. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Penelitian adalah suatu usaha unntuk mendapatkan ilmu serta untuk mengembangkan pendidikan pula. Dengan menggunakan metodelogi tertentu. Sehingga penelitian adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh guru agar pembelajaran nya selalu meningkat. Ini juga mendukung agar guru tersebut dapat mencapai profesional. Penelitian juga dapat berupa pengembangan suatu perangkat pembelajaran atau yang menghasilkan produk baru dalam pembelajaran sehingga kualitas pembelajaran menjadi meningkat. Seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Marsigit di kelas, suasana sekarang adalah suasana penelitian. Tidak hanya guru saja yang melakukan penelitian. Siswa juga diharapkan melakukan penelitian yaitu misalkan dengan belajar menggunakan metode penemuan terbimbing itu termasuk penelitian. Kemudian kepala sekolah juga sebagai peneliti bagaimana mengembangkan sekolahnya. Intinya suasana penelitian. Sehingga ketika dinaikkan tingkatannya dalam filsafat maka sejatinya kehidupan adalah penelitian juga. Karena hakikat penelitian yaitu rasa ingin tahu. Tetapi yang perlu diingat tidak semua hal harus kita ketahui, karena ada beberapa bahkan banyak hal yang hanya bisa kita yakini, yaitu iman ikhlas dan tuhan.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Menurut saya, seorang guru profesional perlu melakukan penelitian dalam pembelajaran matematika. Tujuannya untuk menemukan inovasi inovasi baru dalam pembelajaran matematika dikelas yang sesuai dengan kondisi siswa yang diajarnya, sehingga pembelajaran yang berlangsung akan selalu up to date informasi. Karena teori penelitian pendidikan selalu berkembang dan dengan penelitian, guru dapat memahami berbagai kebutuhan siswa dalam belajar, sehingga guru akan berusaha memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh siswa. Tidak hanya itu, guru juga harus bisa memahami masalah yang dihadapi siswa dalam belajar, sehingga guru dapat membantu siswa dalam mengatasi masalah-masalahnya, jadi pembelajaran akan dapat berjalan dengan lebih efektif.

    ReplyDelete
  16. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Teacher is researcher perlu dikembangkan dalam pendidikan Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Salah satu penelitian yang harus dilakukan guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Melalui PTK guru dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam proses pembelajarn sehingga hasil yang diperolehpun semakin meningkat. Melalui penelitian, guru akan semakin memahami perbedaan karakteristik siswa sehingga perencanaan perbaikan akan lebih terarah.

    ReplyDelete
  17. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Penelitian merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya dilaksanakan oleh guru. dengan melaksakan penelitian, guru akan mampua mengembangkan kompetensi-kompetensi guru. Mengadakan penelitian akan membantu guru menyelesaikan masalah di kelas dan membantu guru memahami proses belajar siswa dengan baik, sehingga guru dapat Desemberngkatkan kualitas pembelajarannya

    ReplyDelete
  18. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Penelitian dalam bidang pendidikan lebih banyak ke aplikasi konsep dan teori. Penelitian dalam bidang pendidikan ini dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan atau keberhasilan suatu sistem,
    ketepatan penggunaan suatu sistem, program model, metode, media, instrumen, dan
    sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengembangkan mutu pendidikan sehingga dapat mencetak generasi penerus yang memiliki kepribadian yang baik dan ilmu pengetahuan yang unggul.

    ReplyDelete
  19. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam hal penelitian, guru haruslah peka terhadap apa yang dihadapi oleh siswanya dengan melakukan penelitian misalnya, ada siswanya yang kurang memahami tentang suatu materi matematika maka guru harus dapat memberikan pemahaman yang mudah dipahami dengan menyampaikan dan mengaitkan persoalan tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari karena dengan cara tersebut siswa akan lebih mudah memahami dan mengerti tentang materi tersebut. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan pendidikan matematika mempunyai peran penting dalam pembelajaran matematika, juga akan meningkatkan keprofesionalan guru.

    ReplyDelete

  20. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Saya sangat setuju dengan artikel di atas. Sebenarnya tidak hanya dalam dunia pendidikan, sebuah penelitian memang diharapkan mampu membawa perkembangan untuk suatu bidang. Dalam dunia pendidikan sendiri terutama dalam hal pembelajaran matematika, guru dan calon guru lah yang memiliki peluang besar dalam melakukan penelitian. Selain karena dekat dengan siswa, juga karena memang bidang itulah yang mereka tekuni setiap hari. Dengan penelitian yang dilakukan oleh guru dan calon guru, diharapkan mampu menemukan ilmu yang dapat digunakan sebagai penyeimbang dunia pendidikan dengan kemajuan teknologi dewasa ini. Sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih inovatif dan tidak hanya tradisional.

    ReplyDelete
  21. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Penelitian merupakan hal penting dalam pengembangan pendidikan matematika. Dengan penelitian seorang guru dan calon guru dapat melakukan inovasi pembelajaran sehingga inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru merupakan pengetahuan yang disebut ilmu. Dengan banyaknya inovasi yang dilakukan guru yang merupakan suatu pengetahuan akan mengembangkan pendidikan matematika. Karena itulah penting bagi guru untuk tidak sekedar melakukan inovasi tetapi bagaimana inovasi tersebut dapat penjadi pengetahuan melalui penelitian.

    ReplyDelete
  22. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. penelitian dalam pendidikan matematika memegang peran pentinh. Dengan penelitian inovasi yang ada dapat diuji apakah dapat membantu siswa dalam belajar. Dengan penelitian pendidikan dapat diketahui apa saja kesulitan siswa dalam belajar dan hal apa saja yang dapat dilakukan guru untuk membatu siswa belajar.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Berdasarkan elegi tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya suatu penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika. Dengan begitu akan banyak ditemukan berbagai inovasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Guru bisa lebih memahami berbagai aspek individu, kemampuan-kemampuan individu dalam memahami matematika sehingga ini akan memudahkan guru dalam memberikan informasi atau materi pembelajaran karena kemungkinan besar akan tepat sasaran. Selain menguntungkan anak didik yang dapat memperoleh hak mereka, penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika juga dapat meningkatkan profesionalisme guru secara formal.

    ReplyDelete
  24. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Penelitian merupakan suatu tindakan untuk bekal dalam pengembangan pendidikan matematika, supaya peserta didik lebih memahami dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, penelitian dapat berfungsi sebagai peningkatan dalam kreatifitas dan efektifitas dalam pembelajaran matematika. Melalui metode ilmiah,dalam melakukan penelitian terhadap pengembangan pendidikan matematika juga dapat sebagai alternative guru untuk menganalisis dan merefleksi setiap tahapan tindakan pembelajaran untuk merencanakan tindakan pembelajaran berikutnya bila tindakan yang sudah dilakukan dinilai memiliki kekurangan. Dengan demikian, guru dapat melakukan pembahasan dengan ilmiah sehingga memperoleh teori tentang kebenaran. Hal itu sangat penting bagi guru ataupun calon guru dalam melakukan pengembangan pembelajaran matematika, demi terwujudnya pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  25. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dengan penelitian, guru dapat mengetahui kebenaran dari temuan baru yang dia temukan sebagai wujud dari inovasi pembelajaran yang ilmiah. inovasi-inovasi tersebut juga harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dunia pendidikan akan terus mengalami modernisasi. Untuk itu, seorang guru harus mampu membuat inovasi baru yang dapat dipertanggungjawabkan dengan sebuah penelitian. Penelitian juga akan mengantarkan guru pada keprofesionalan guru. Guru dituntut untuk menjadi guru yang profesional. Maka dari itu, untuk dapat meningkatkan keprofesionalan seorang guru harus melakukan penelitian-penelitian untuk dapat mengembangkan sistem pembelajarannya secara ilmiah.

    ReplyDelete
  26. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Penelitian pendidikan matematika memiliki peranan penting dalam pengembangan pendidikan matematika. Karena dengan diadakannya sebuah penelitian maka guru akan mendapatkan beberapa referensi berupa masalah-masalah yang terjadi dalam pembelajaran matematika beserta dengan beberapa solusinya. Selain itu, guru akan mendapat pengetahuan dan wawasan tentang metode pembelajaran yang tepat diajarkan bagi siswa dengan kemampuan yang beragam dan dapat menyesuaikan dengan metode yang berbeda pada beberapa materi yang berbeda.

    ReplyDelete
  27. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Penelitian memiliki peran yang penting dalam mengembangakan pendidikan matematika. hal in dikarenakan melalui penelitian diperoleh ilmu baru yang mana menjadi solusi dari masalah yang diangkat dalam penelitain tersebut. Dengan demikina, penelitian merupakan suatu jawaban dari permasalah yang ada dalam pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  28. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Model-model pembelajaran yang ada dan terus berkemang saat ini merupakan salah satu bentuk hasil dari penelitian dalam bidang pendidikan. Penelitian dapat digunakan sebagai upaya untuk mengatasi suatu permasalahan dalam pembelajaran matematika. Sehingga, penelitian perlu dilakukan oleh guru dan dosen untuk mencari solusi dan mengembangkan terobosan baru dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  29. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Paradigma pendidikan saat ini adalah riset, sehingga semua ilmu akan terangkum di dalam riset. Karena semua ilmu di dalam riset maka masalah-masalah pendidikan matematika pun dapat dicarikan solusinya melalui riset. Sehingga guru pun dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Penelitian memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan. Hal mendasar yang dapat diambil manfaatnya dari penelitian seperti mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di dalam kelas. Seperti Penelitian yang dapat dilakukan oleh guru yaitu PTK. Teacher is researcher. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa guru tidak hanya mengajar saja di kelas, namun juga dapat mengembangkan kemampuan menelitinya melalui kelas yang diajarnya. Dengan adanya penelitian tersebut dapat mengembangkan kemampuan mengajarnya dalam menerapkan metode maupun strategi yang tepat untuk diterapkan di dalam kelas.

    ReplyDelete
  31. Dengan adanya melakukan penelitian, apalagi oleh guru itu sendiri yang mengajar pada mata kuliah tersebut, maka hal ini akan menambah pengetahuan guru dari mungkin hal-hal tersebut sebelumnya belum diperhatikan menjadi diperhatikan oleh guru. Dengan adanya penelitian tersebut, maka guru atau peneliti akan mampu membuat solusi terbaru kan terhadap masalah ynag ada dalam penelitian tersebut.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  32. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Saya sangat setuju bahwa melakukan penelitian adalah salah satu sarana belajar. Dengan melakukan penelitian, kita akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang akan berguna untuk koreksi dan meningkatkan kualitas sesuatu. Hal ini tentu saja dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika.
    Dengan adanya penelitian di pendidikan matematika, maka akan muncul banyak inovasi-inovasi baru terkait pengajaran matematika. Dimana, inovasi-inovasi tersebut harapannya sesuai dengan kebutuhan siswa dan juga tuntutan jaman.
    Dengan kata lain, penelitian dalam pendidikan matematika sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengembangkan pendidikan matematika, khususnya proses belajar mengajar matematika.

    ReplyDelete
  33. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Pendidikan tidak berhenti ketika seseorang telah memiliki ijasah, tetapi pendidikan sebaiknya selalu dikembangkan dengan tetap membaca dari berbagai sumber bacaan, mencari ilmu, bahkan melalui penelitian. Penelitian tidak hanya membantu kita mengembangkan pengetahuan peneliti, tapi juga membantu orang lain yang terlibat ataupun yang membaca penelitian kita mengembangkan pengetahuannya.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  34. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Penelitian yang dilakukan dapat menumbuhkan inovasi baru dalam dunia pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran agar lebih menarik, inovatif, dan memperoleh hasil yang optimal. Penelitian adalah tentang kita memberikan kontribusi untuk orang lain dalam mengembangkan pengetahuan mereka.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  35. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Paradigma saat oini yang dipakai dalam dunia pendidikan ialah paradigma penelitian, mahasiswa sebagai peneliti, guru sebagaui peneliti dan dosen sebagai peneliti. Penelitian merupakan salah satu tri dharma perguaruan tinggi ytang wajib dilakukan oleh civitas akademik yang ada di lingkungan universitas tersebut. Hasil penelitian selnajutnya harus dipublikasikan sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh khalayak umum untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indosenia pada umumnya. Wllahu a'lam

    ReplyDelete
  36. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Penelitian dalam dunia keguruan di sekolah masih menjadi hal yang harus dibudayakan. Banyak guru yang secara pengetahuan telah mumpuni dalam bidang penelitian dan kesempatan selalu terbuka lebar, namun banyak diantaranya yag tidak mau mengambil kesempatan tersebut. Pengetahuan yang tidak dibarengi dengan pengamalan akan enguap seiring berjalannya waktu, sehingga perlu kiranya dilakukan workshop penelitian bagi guru demi meningkatkan motivasi meneliti. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  37. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    As a proverb says practice is the best teacher. Menurut saya penelitian merupakan langkah awal seseorang membuka diri terhadap segala potensi yang ada di luar dirinya. Saya pernah membaca tulisan bapak yang mengatakan bahwa teacher is a researcher. Ya saya sangat sependapat. Guru ataupun calon guru harus selalu memgembangkan kemampuannya dalam menangkap fenomena yang terjadi sehingga selalu dapat memberikan pengajara sesuai dengan kebutuhan siswa. Seorang guru harus selalu kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  38. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan tulisan Prof. Marsigit di atas, guru haruslah peka terhadap apa yang dihadapi oleh siswanya dengan melakukan penelitian misalnya, ada siswanya yang kurang memahami tentang suatu materi matematika maka guru harus dapat memberikan pemahaman yang mudah dipahimi dengan menyampaikan dan mengaitkan persoalan tersebut kedalam kehidupan sehari-hari karena dengan cara tersebut siswa akan lebih mudah dalam memahami materi tersebut. Oleh karena itu, guru harus memiliki inovatif untuk membelajarkan materi matematika.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  39. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Melanjutkan komentar saya selanjutnya, saya sependapat dengan Prof. Marsigit. Sebagai seorang guru atau calon guru matematika kita dituntut untuk inovatif, salah satunya dengan mengaitkan pembelajaran matematika dengan dunia siswa yang sedang trend. Seperti ilmu yang lainnya, pembelajaran matematika juga mengalami perkembangan. Dengan demikian, guru juga perlu melakukan penelitian dalam rangka mengembangkan pendidikan matematika. Meskipun demikian, masalah terjadi pada terbatasnya jumlah guru yang mampu melakukan penelitian. Sehingga perlu pula diadakan workshop penelitian kepada para guru matematika.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  40. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pengembangan pendidikan dapat dilakukan dengan baik apabila berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran. Karena hasil penelitian itu sudah melalui proses yang panjang sehingga dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam pendidikan. Sehingga penelitian sangat berperan dalam pengembangan pendidikan. Akan tetapi nyatanya peneliti belum diterapkan dengan baik untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  41. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Kadang penelitian dapat membuka banyak pengetahuan baru dan menjawab banyak pertanyaan tentang hal-hal yang mengganjal keingintahuan peneliti. Sebagai mahasiswa atau guru, penelitian juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, menambah pemahaman tentang aspek pembelajaran, mengasah kemampuan analisis dan meningkatkan profesionalisme.

    ReplyDelete
  42. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Penelitian merupakan salah satu kegiatan untuk menemukan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan, khususnya pengajaran matematika. Kegiatan itu juga dapat dijadikan tolak ukur untuk melihat sejauhmana proses belajar mengajar dapat meningkatkan daya kreativitas dan prestasi siswa dalam belajar. Guru yang baik adalah guru yang tidak hanya melakukan kegiatan mengajar tapi guru yang juga bertindak sebagai peneliti untuk meningkatkan mutu pembelajara yang dilaksakan.

    ReplyDelete