Feb 12, 2013

Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika




Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya.

Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika. Usaha tersebut dapat dicapai jika dikembangkan suatu metode ilmiah yang memenuhi sifat koherensi dan sifat korespondensi. Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. Pengetahuan demikian pada akhirnya baik secara ontologis maupun secara legal formal dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika (Marsigit)

37 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Penelitian dalam pendidikan merupakan hal yang sangat bermanfaat guna mengembangkan pendidikan itu sendiri. Tujuan penelitian salah satunya adalah untuk mengembangkan ilmu dari berbagai pengetahuan yang telah ada serta adanya fakta dan temuan-temuan baru sehingga dapat disusun sebuah teori, konsep hukum, kaidah atau metodologi baru yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang ada. Sehingga hasil penelitian khususnya pada pendidikan matematika dapat dijadikan acuan bagaimana proses pembelajaran matematika yang sesuai dengan perkembangan zaman sekarang.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang dilakukan secara sistematis. Penelitian juga baik dilaksanakan oleh guru maupun calon guru. Sebagai seorang guru harus siap dengan perubahan yang akan terjadi. Perkembangan yang sudah semakin maju tentu membuat guru harus lebih kreatif dan inovatif. hal ini bisa dikembangkan dengan dilkukannya penelitian. Penelitian mengenai karakteristik siswa, penelitian tentang pengaruh IT terhadap proses belajar siswa, penelitian tentang bagaimana cara yang baik untuk menhajar siswa dengan dipengaruhi perkembangan yang semakin maju, dan lain sebagainya. Jadi peran penelitian sangat penting untuk memantu guru lebih baik lagi sehingga dapat membantu siswa untuk berkembang lebih baik pula.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selain dengan lesson study dan peer teaching, penelitian juga merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Banyak ide atau gagasan yang dapat diadopsi dari penelitian-penelitian yang telah ditemukan. Guru dapat mengembangkan pembelajaran dari penelitian yang sudah ada dan mengembangkan penelitian sebelumnya. Sebagai guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai pengembangan pembelajaran matematika sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu tugas guru adalah melakukan observasi terhadap fenomena yang terjadi dilapangan untuk diteliti yang kemudian dicari solusi atau ide atas fenomena tersebut.

    ReplyDelete
  4. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Penelitian merupakan hal yang penting demi berkembangnya dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian juga merupakan usaha yang sistematis dan terstruktur dalam menyelidiki suatu permasalahan yang membutuhkan jawaban yang ilmiah. Penelitian dalam pendidikan dilakukan agar pendidikan kita mampu berkembang mengikuti zaman.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Sebagai gur, mau bergantung pada siapakah kita? Buku? Referensi? Teori? Semua memang bisa menjadi landasan namun pada tataran konsep bukan ranah impelentasi karena pada faktanya kasus yang terjadi sangat bervariasi. Logis jika guru dituntuit untuk dapat meneliti, bahkan sebenarnya jika kita sadari, aktivitas guru merencanakan, impelementasi dan evaluasi adalah mini riset.

    ReplyDelete
  6. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Prosedur yang sistematis yang didukung dengan satu metodologi serta kajian yang sesuai aturan metodenya, bisa membawa peran penelitian untuk tujuan pengembangan pendidikan matematika. Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif memang seharusnya melakukan perubahan perbaikan dengan melakukan penelitian untuk menindaklanjuti persoalan-persoalan yang dihadapi terkait pembelajaran sehingga didapatkan solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut dengan bukti empiris dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Penelitian dalan pengembangan pendidikan memang harus dilakukan. Penelitian dapat memberikan solusi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Terlebih lagi sebagai bangsa Indonesia memang harus memiliki jiwa nasionalisme yang kuat tetapi jangan sampai tidak memiliki daya juang atau daya saing terhadap pendidikan global. Jangan biarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tertinggal dan harus mampu bersaing dengan dunia luar. Oleh karena itu penelitian memang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas bangsa terutama dalam bidang pendidikan
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Peran penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika. Dapat dibayangkan jika tanpa adanya penelitian, pendidikan matematika mungkin akan tetap menjadi “tradisional” dan akan menjadi ilmu yang tidak pernah berkembang. Dengan adanya penelitian dapat menjadikan guru lebih inovatif dalam membelajarkan matematika, sehingga semangat siswa dalam bermatematika senantiasa terjaga bahkan mungkin lebih. Selain itu, penelitian dapat berperan dalam hal memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang mungkin terjadi.

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Penelitian memiliki peranan penting dalam pengembangan pembelajaran matematika. Penelitian adalah kegiatan untuk memperoleh ilmu baru sesuai dengan kaidah penelitian. Melalui penelitian, guru akan lebih memahami bagaimana kondisi siswa, kelas, dan lainnya sehingga akan memperbaiki apa yang kurang dan melanjutkan apa yang baik.

    ReplyDelete
  10. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Penelitian, bagi guru sangat penting. dengan melakukan penelitian, guru dapat mendapatkan tambahan wawasan yang lebih luas khususnya terkait dengan bidang tugasnya. dengan penelitian, guru akan terbiasa metode ilmiah dalam memecahkan persoalan yang dihadapi terutama menyangkut bidang tugasnya.

    ReplyDelete
  11. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Penelitian dan pendidikan adalah dua ha yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan penelitian dalam pendidikan akan memberikan feedback pada pendidikan yang akan datang. Penelitian dalam pendidikan matematika mempunyai berbagai manfaat dan tujuan, mulai dari eksperimen, analisis sampai dengan pengembangan. Ketiganya mempunyai kegunaan masing-masing dalam dunia pendidikan. Dan dapat dapat digunakan untuk mengevaluasi apa yang telah terjadi untuk kebaikan pendidikan yang akan datang sesuai dengan zamannya.

    ReplyDelete
  12. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Penelitian dalam pengembangan pendidikan diperlukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dilakukannya suatu penelitian adalah tidak lain untuk memperbaiki praktik-praktik pembelajaran di kelas. Selain itu, diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui mengenai proses pembelajaran sesuai dengan trend masa kini. Diharapkan dengan menyesuaikan proses pembelajaran dengan trend yang sedang berkembang saat ini akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan inovatif, dimana bisa membuat siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, wr, wb.
      saya sangat setuju dengan penjelasan Sdr Deden bahwa penelitian sangat diperlukan dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Guru dapat belajar dari penelitian-penelitian sebelumnya untuk dapat merancang pembelajaran yang tepat untuk kelasnya.

      Delete
  13. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Penelitian sangat membantu dalam pengembangan pendidikan matematika. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan bisa menjadi bahan belajar untuk kita para calon guru serta bahan belajar untuk guru dalam merencanakan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Penelitian merupakan hal terpenting dalam pengembangan pendidikan. Karena dengan penelitian, peneliti dapat mengkaji permasalahan-permasalahan dalam dunia pendidikan. Selain itu, tujuan dari sebuah penelitian yaitu untuk mengembangla ilmu dari berbagai pengetahuan yang didapat dari informasi atau temuan terbaru khususnya dibidang pendidikan. Peran penelitian dalam pendidikan matematika yaitu untuk mengembangkan keilmuan pendidikan matematika dan menemukan solusi dari permasalahan yang sedang/telah dihadapi oleh guru namun belum menemukan titik temunya. Penelitian ini dapat membantu untuk menyelesaiknnya.

    ReplyDelete
  15. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Salah satu cara untuk meningkatkan inovasi guru adalah melalui kegiatan penelitian yang dilakukan guru itu sendiri. Dalam penelitiannya, guru akan mempertajam masalah dan kemudian melalukan penelitian untuk menyelesaikannya. Kemudian hasil upaya penyelesaiannya itu dapat digunakan sebagai refleksi dan digunakan dasar perancangan pembelajaran yang akan berimbas pada berkembangnya pendidikan matematika. Karena sebenarnya yang diharapkan dalam pengembangan pendidikan matematika adalah guru dapat menciptakan sesuatu yang baru atau berkesinambungan dalam menghasilkan sesuatu yang tidak ada, muncul dari adanyakebutuhan siswa, dan bertujuan untuk menutupi kebutuhan ini, atau menciptakan suatu alat atau sarana yang dapat bermanfaat bagi siswa.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Peranan penelitian dalam dunia pendidikan adalah untuk mengembangkan pengetahuan, sehingga didapatkan pengetahuan baru. Dalam bidang pendidikan, kegiatan penelitian mempunyai fungsi dianataranya yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan gejala-gejala yang muncul, meramalkan apa yang akan terjadi, memperbaiki dan menjelaskan.

    ReplyDelete
  17. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, menurut saya memang sangat diperlukan sebagai seorang guru atau calon guru matematika untuk melakukan penelitian agar pengetahuannya mengembang dari kecil ke besar. Ibarat pisau, penelitian itu bagaikan suatu proses dalam memahami seberapa kuat pisau itu mengalami pengkaratan. Namun dengan adanya penelitian, sehingga dapat menentukan cara seperti apa agar pisau itu tidak mudah berkarat. Setelah melakukan penelitian, barulah diberi perlakuan yang tepat. Itulah, mengapa penelitian penting dalam pengembangan pendidikan, khususnya dalam matematika.

    ReplyDelete
  18. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, selain dapat mengembangkan pendidikan, penelitian dapat menambah pengalaman. Ibarat orang memasak, tanpa mencoba-coba maka tidak akan tau rasa yang pas untuk makanan tersebut. Misalkan suatu penelitian yang akan mendapatkan uang, menurut saya antara pengalaman dan uang yang paling penting adalah pengalaman. Karena pengalaman tidak akan habis apabila kita terus gunakan, namun kalo uang kita gunakan terus maka akan cepat habis.

    ReplyDelete
  19. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Penelitian dalam dunia pendidikan harus selalu dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan agar pendidikan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman. Penelitian dalam dunia pendidikan juga dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pembelajaran. Inovasi-inovasi ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran agar lebih menarik, inovatif, dan memperoleh hasil yang optimal.

    ReplyDelete
  20. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Penelitian dalam dunia pendidikan harus selalu dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan agar pendidikan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman. Penelitian dalam dunia pendidikan juga dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pembelajaran. Inovasi-inovasi ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran agar lebih menarik, inovatif, dan memperoleh hasil yang optimal. permasalahan yang ada di dunia pendidikan memang salah satu penyelsaian untuk mencari solusi yaitu menggunakan penelitian, karena berkembangnya ilmu pengetahuan juga sejalan dengan berkembangnya permaslahan yang perlu dikaji. sehingga dalam pendidikan matematika pun selalu harus mengembangkan penelitian untuk mengetahui perkembangan ilmu dan jadikan solusi atau inovasi dalam pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  21. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Salah satu pengembangan pendidikan matematika yang dapat dilakukan adalah melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika. Penelitian memiliki tujuan untuk menemukan, mencari, mengembangkan, serta menguji suatu pengetahuan, bisa juga digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Hasil penelitian yang diperoleh sangat bermanfaat untuk proses pembelajaran dan umumnya bidang pendidikan matematika. Sebagai seorang guru harus siap untuk melakukan penelitian untuk berkontribusi dan menambah inovasi serta kreatifitas dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  22. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Pengembangan dalam dunia pendidikan matematika dapat menjadi pembelajaran yang lebih inovatif dan bermakna ketika ada sebuah penelitian terkait yang dapat diambil manfaatnya dan menginspirasi pengajar untuk dapat lebih baik lagi dalam memberikan pengajaran matematika. Sebagai contoh dalam sebuah penelitian eksperimen yang menguji metode A lebih baik dari metode B ditinjau dari beberapa aspek sehingga kita dapat mencoba menggunakan metode A dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  23. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Guna meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika, guru perlu melakukan perubahan paradigma pembelajaran menuju pembelajran yang inovatif. Inovasi yang baik perlu disusun secara sistematis melalui penelitian. Tanpa adanya penelitian, inovasi yang dilakukan belum tentu sesuai dengan kebutuhan siswa. Maka perlu diselidiki apa-apa saja yang sesuai dengan kebutuhan siswa, bagaimana kualitas pembelajaran yang dilakukan, bagaimana peran sumber belajar yang digunakan, dan lain sebagainya. Selain itu, penelitian juga berperan penting dalam menjawab permasalahan yang ada di dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  24. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Penelitian bertujuan untuk menambah wawasan peneliti serta dapat membantu perbaikan subjek atau objek yang diteliti khususnya dalam pembelajaran matematika. Guru dapat melakukan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki atau memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di kelas dengan metode ilmiah tentunya. Sehingga melalui penelitian guru dapat mengembangkan diri dan potensinya untuk lebih peka terhadap kebutuhan siswa. terimakasih

    ReplyDelete
  25. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Penellitian sangat berperan penting dalam pengembangan dunia pendidikan, sebagai seorang guru yang berkecimpun dalam proses belajar mengajar disekolah akan lebih mengetahui pemasalahan-permasalahan yang ada pada anak didiknya. Sehingga seorang guru hendaknya selalu melakukan penelitian untuk mecari solusi dari setiap permasalahan yang dihadapinya. Penelitian ini sangat baik untuk dilakukan secara berkesinambunga untuk menemukan hal-hal yang baru sesuai dengan perkembangan zaman, yang nantinya terjadi proses pembaharuan dalam proses pembelajaran menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  26. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Apa yang ada di dunia ini selalu berkembang mengikuti jamannya..Perkembangan pola dan gaya hidup, ekonomi, tak terkecuali pengethauan mengalami perkembangan menyesuaikan jamannya. Demikian juga dalam pembelajaran..matematika, dari sisi keilmuannya dan teori/materi meskipun relatif lambat dalam perkembanganya, namun dari aspek lain dalam pembelajan matematika seperti media pembelajaran, strategi pembelajaran, dll mengalami perkembangan sangat cepat sehingga dapat mempercepat transfer dan pemahaman terhadap matematika. Perkembangan percepatan dalam pembelajaran matematika tersebut merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan..Itulah peran peneltian dalam pembelajaran matematika..

    ReplyDelete
  27. Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Kehidupan di dunia semakin berkembang dengan pesat dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang pengetahuan. Perkembangan pengetahuan terdapat dalam berbagai aspek termasuk ilmu pengetahuan pada pendidikan matematika. Pendidikan matematika sebagai salah satu pembelajaran di sekolah harus mengikuti tren terkini baik dalam penyampaian pembelajaran maupun yang lainnya. Penyampaian pembelajaran yang disampaikan oleh guru memiliki daya inovasi dan kreatifitas yang mumpuni agar pemahaman siswa semakin baik. Hal tersebut, guru dapat mengetahuinya melalui penelitian untuk pengembangan pendidikan matematika melalui masalah yang ditemukan ketika pembelajaran matematika. Terima kasih
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  28. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Inovasi dalam pendidikan perlu senantiasa dilakukan guna menjawab permasalahan dinamis yang sesuai zamannya. Langkah struktural dengan metode ilmiah adalah jaminan atas temuan yang kredibel, sebagai sebuah deskripsi kebenaran yang konkret matematika harus selalu dikembangkan. Pengembangan matematika yang rasional dan kredibel ditempuh melalui penelitian, dengan metode yang tepat penelitian akan memberikan sumbangsih insight yang berguna dalam pengembangan matematika yang melibatkan pendidikan sebagai transfer of knowledge yang akan terus diestafetkan dari generasi ke generasi.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Seperti yang Pak Prof. jelaskan dalam artikel ini bahwa penelitian adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dengan didukung oleh suatu metodologi penelitian. Melalui penelitian, seorang guru atau calon guru matematika akan memahami dengan baik apa saja kebutuhan siswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran beserta permasalahan yang terdapat didalamnya. Misalnya, siswa mengalami kendala dalam memahami materi geometri. Untuk itu, diperlukan sebuah penelitian dimana letak kesulitan siswa tersebut sehingga ditemukan langkah inovatif dalam mengatasinya.
    Mengingat pentingnya penelitian bagi seorang guru atau guru matematika, maka memang mereka dituntut untuk melaksanakan penelitian. Sehingga nantinya guru atau calon guru matematika menemukan solusi yang tepat dan inovatif tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan kondisi kekinian.

    ReplyDelete
  30. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Peran penelitian pembelajaran matematika merupakan hal penting untuk meningkatkan pendidikan matematika. Ada banyak metode yang dapat diterapkan di sekolah dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, kesesuaian metode tersebut tiap siswa akan berbeda. Sehingga perlu diadakan suatu penelitian guna mengetahui metode yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah.

    ReplyDelete
  31. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Penelitian berperan penting dalam pengembangan pendidikan matematika. Untuk membuktikan suatu konsep, didapatkan dari penelitian. Sehingga matematika dapat dikatakan sebagai ilmu yang pasti dan konsisten.

    ReplyDelete
  32. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Penelitian adalah suatu proses penyelidikan yang dilakukan secara aktif, tekun, dan sistematis, dimana tujuannya untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta. Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan atau mendapatkan suatu data untuk keperluan dan tujuan tertentu. Penelitian dan eksperimen merupakan komponen atau bagian yang sangat penting bagi pengembangan pendidikan matematika. Karena dengan penelitian dan eksperimen ini akan dihasilkan dan ditemulan temuan-temuan (inovasi) yang bersifat ilmiah dan dapat teruji kebenarannya. Sehingga dari penelitian dan eksperimen ini, bisa menjawab dan memberikan solusi yang tepat terhadap masalah dalam dunia pendidikan matematika.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  33. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Penelitian bertujuan agar guru dapat berkontribusi dalam perkembangan ilmu pendidikan, dapat menerapkan model pembelajaran inovatif, memperbaiki praktik-praktik pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, menemukan pengetahuan baru dan mengembangkan wawasan dalam mengajar, serta meningkatkan kemampuan menganalisis suatu masalah terkait pembelajaran melalui penelitian tersebut. Diharapkan dengan penelitian tersebut mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, pemecahan masalah dan profesionalisme guru.

    ReplyDelete
  34. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Seorang guru dituntut untuk selalu melakukan penelitian matematika yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan masa kini. Tujuan penelitian matematika sendiri adalah untuk menemukan fakta baru dalam menguji fakta lama. Selain itu penelitian tersebut juga berguna untuk mengembangkan konsep dan teori yang ada.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  35. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Peran penelitian dalam mengembangkan pendidikan matematika adalah sebagai inovasi-inovasi terbaru dalam praktek pembelajaran matematika. Selain itu, perannya sebagai khasanah ilmu yang baru bagi peneliti-peneliti yang lain.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  36. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Pembelajaran matematika memerlukan pembaharuan dan inovasi-inovasi yang di sesuaikan dengan perkembangan zaman. Dengan penelitian khususnya di dunia pendidikan akan memjadikan wadah-wadah bagi guru, calon pendidik dan seluruh stake holder di dunia pendidikan untuk mengupgrade pengetahuan-pengetahuan baru guna untuk pembelajaran matematika yang lebih baik lagi kedepannya.

    ReplyDelete