Feb 12, 2013

Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika




Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya.

Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika. Usaha tersebut dapat dicapai jika dikembangkan suatu metode ilmiah yang memenuhi sifat koherensi dan sifat korespondensi. Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. Pengetahuan demikian pada akhirnya baik secara ontologis maupun secara legal formal dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika (Marsigit)

74 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Penelitan memang mempunyai peranan penting dalam kehidupan, begitu juga dengan penelitan dalam bidang pendidikan, karena kebanyakan teori yang didapat jauh berbeda dengan praktek yang sebenarnya, maka disinilah nanti fungsi dari penelitian ini, yakni bagaimana seorang guru bisa memahami dan mencari solusi dari perbedaan antara teori dan praktek. Sehingga pembelajan akan lebih efektif, efisien dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Penelitian Pendidikan Matematika dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan matematika dapat dikategorikan, sudah sesuaikah proses belajar dengan idealitas pada pembelajaran matematika. Pemahaman cara pikir individu siswa dalam belajar matematika, memperoleh pemahaman bagaimana seorang guru memahami siswa, dan pengetahuan guru beserta praktisi pendidikan terhadap matematika semuanya tercover dalam penelitian. Sehingga dengan adanya penelitian, bila dilakukan dengan benar, dapat meningkatkan profesionalisme seorang guru.

    ReplyDelete
  3. Penelitian memegang peranan penting dalam peningkatan profesionalisme guru. Dengan penelitian maka guru akan belajar untuk menambah pengetahuan tentang metode pembelajaran melalui literasi, berupa buku, hasil penelitian dalam jurnal yang terkini. Penelitian dapat berupa diagnosis kesulitan belajar, atau penelitian tentang metode baru tentang pembelajaran. dengan melakukan penelitian maka dengan sendirinya guru akan meningkatkan kompetensinya dan akan meningkatkan profesinalismenya. Dengan penelitian guru PNS juga dapat meningkatkan jabatan dan pangkatnya.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, mahasiswa dituntut melakukan penelitian pada tugas akhirnya. Disini mahasiswa calon guru dituntut untuk memberikan ilmu terkini yang ada, dan sebaiknya mahasiswa calon guuru tidak hanya melakukan penelitian hanya untuk tugas akhir saja tetapi tetap melakukan penelitian setelah dia menjadi guru.

    ReplyDelete
  5. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Jika berbicara tentang penelitian maka berbicara tentang masalah yang timbul sehingga diharuskan adanya penelitian. Peran penelitian dalam pembelajaran matematika dijadikan sebagai solusi dalam menjawab segala masalah-masalah dalam pendidikan matematika. Masalah merupakan kesejangan antara ekspektasi dan realita. Masalah utama dalam penelitian mengenai pembelajaran matematika adalah masalah prestasi belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran. Oleh karena itu diadakan sebuah penilitian kenapa atau hal apa yang menyebabkan prestasi siswa rendah dalam belajar matematika. Dengan adanya penelitian-penelitian ini diharapkan segala masalah yang berhubungan dengan matematika dapat dipecahkan.

    ReplyDelete
  6. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Peran penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika. Penelitian sangat penting dilakukan agar pendidikan menjadi lebih bagus. Tujuan dilakukan penelitian dalam pengembangan pendidikan adalah; Untuk bahan masukan, meningkatkan mutu isi, proses serta hasil pembelajaran dan pendidikan di sekolah, untuk membantu tenaga kependidikan seperti guru dan lainnya dalam mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran baik di luar maupun di dalam kelas, untuk meningkatkan profesionalisme di dalam dunia pendidikan maupun tenaga kependidikan, Untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya akademik dalam lingkungan sekolah, sehingga bisa melakukan perbaikan mutu pembelajaran dan pendidikan secara berkelanjutan dan Untuk meningkatkan keterampilan bagi tenaga pengajar khususnya saat melakukan PBT, serta untuk meningkatkan kerja sama yang profesional di antara para pendidik maupun tenaga kependidikan.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Penelitian secara umum dapat diartikan sebagai proses untuk mencari kebenaran. Dalam pembelajaran khususnya matematika tidak terlepas dari berbagai permasalahan. Hal ini lah tentunya yang mendorong guru untuk melakukan penelitian setidaknya di dalam kelas sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh guru ini sangat berguna untuk menemukan penyebab permasalahan dalam proses pembelajaran dan memperbaiki proses pembelajaran yang masih dianggap kurang.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Pendekatan saintifik di adaptasi dari kegiatan ilmiah untuk menemukan suatu pengetahuan yang baru. Pendekatan ini berlaku untuk Pendidikan matematika juga. Dilakukannya pengembangan ilmiah pada mulanya berawal dari isu – isu terkini, yang pada akhirnya membuat Pendidikan matematika semakin berkembang. Misalnya untuk penanaman konsep dasar matematika sekolah saat ini tidak hanya dapat menggunakan rumus dan latihan soal saja, namun dapat menggunakan alat bantu, seperti alat peraga berupa benda nyata, video atau film, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Seperti halnya dunia ini, matematika pun berkembang dan selalu berubah seiring majunya zaman. karena matematika itu terkait dengan kehidupan kita. maka matematika pun ikut berkembang seiring berkembangnya kehidupan manusia. untuk dapat ikut serta mengikuti perkembangan matematika yang selalu berubah-ubah, penelitian dilakukan untuk dapat melihat dan menganalisa hal-hal baru dan berbeda apa saja yang ada disekitar kita.

    ReplyDelete
  10. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Pada dasarnya manusia itu tidak pernah akan bisa untuk menciptakan sesuatu hal yang benar-benar sempurna, maka penelitian ini harus selalu dilakukan bukan untuk menyempurnakan, tetapi untuk terus memperbaiki dan memajukan kualitas pendidikan yang telah ada.

    ReplyDelete
  11. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Penelitian dalam pendidikan terus menerus dilakukan. Akan tetapi yang berkontribusi besar dalam penelitian adalah mahasiswa sebagai calon guru. Dalam satu tahun, berapa ratus/ribu mahasiswa yang lulus sarjana pendidikan matematika di seluruh Indonesia? Nha, berapa banyak penelitian dalam pengembangan matematika? selain itu, berapa banyak penelitian yang dilakukan oleh guru yang akan naik jabatan atau akan memperoleh sertifikasi? Kesamaan dari itu semua adalah, bahwa mereka melakukan penelitian hanya untuk memenuhi tuntutan dari jajaran birokrasi atau peraturan. Lantas, berapa banyak penelitian yang dilakukan oleh guru yang benar-benar bertujuan untuk membuat inovasi atau perubahan di dalam kelasnya?? Hal ini merupakan pertanyaan yang mungkin sangat menohok. Tentunya yang sangat memahami siswa adalah guru mereka masing-masing, bukan mahasiswa, bahkan bukan guru yang ingin naik pangkat sekalipun. Seperti pesan dari salah satu dosen saya, menjadi seorang guru itu tidak boleh “ogah-ogahan”. Artinya, guru harus mau dan mampu. Mau berkorban demi siswa-siswanya dan mampu berinovasi. Setiap tahun, siswa selalu berganti, karakter mereka berbeda satu dengan lain. Jika pengajaran yang digunakan hanya itu-itu saja, lantas kapan pendidikan di Indonesia bisa maju??

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    untuk meningkatkan kualitas pendidikan, guru melakukan penelitian dimana ada masalah yang ditemui di kelas. permasalahan ini akan diteliti dengan menggunakan prosedur tertentu yang sistematis. dengan adanya penelitian yang mutakhir, maka guru dapat melakukan pembaharuan yang lebih kretif agar siswa tidak monoton dalam belajar. dengan banyaknya penelitian yang dilakukan tentu akan memperkaya pendidikan indonesia dengan berbagai macam model dan metode pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Penelitian haruslah dilakukan oleh guru atau calon guru dalam mengidentifikasi masalah apa saja yang terjadi ketika proses belajar mengajar berlangsung. Identifikasi dilakukan mulai dari sebelum praktek pembelajaran dikelas agar persiapan yang dilakukan lebih matang dan tidak akan kehabisan bahan ketika didalam kelas, sehingga penyusunan rencana pembelajaran atau RPP harus disiapkan terlebih dahulu. RPP menunjukkan kesiapan guru maupun calon pendidik dalam mengajar di dalam kelas, karena didalamnya terdapat hal-hal yang dapat menunjang kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Dengan penelitian yang dilakukan oleh guru dan calon guru, diharapkan mampu menemukan ilmu yang dapat digunakan sebagai penyeimbang dunia pendidikan dengan kemajuan teknologi dewasa ini. Sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih inovatif dan tidak hanya tradisional.
    penelitian memegang peranan penting dalam pengembangan pendidikan matematika, karena dengan melakukan penelitian, guru atau calon guru akan mengerti bagaimana kondisi siswanya. Selain melakukan penelitian juga akan menambah wawasan dan pengalaman para guru sehingga bisa menciptakan pembelajaran matematika yang inovatif sesuai dengan tren terkini. Jadi baik secara langsung maupun tidak langsung penelitian tersebut memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan yang lebih baik dan untuk meningkatkan profesionalisme guru di bidang pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  15. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Penelitian merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya dilaksanakan oleh guru. dengan melaksakan penelitian, guru akan mampua mengembangkan kompetensi-kompetensi guru. Mengadakan penelitian akan membantu guru menyelesaikan masalah di kelas dan membantu guru memahami proses belajar siswa dengan baik, sehingga guru dapat meingkatkan kualitas pembelajarannya.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Penelitian selama ini yang sering dilakukan oleh para mahasiswa dalam rangka pembuatan skripsi, thesis maupun disertasi akan menghasilkan banyak ilmu baru untuk para guru ang tidak melakukan penelitian. Ilmu-ilmu yang dibagikan tersebut juga bisa diterapkan dalam pembelajaran yang akan kita lakukan nantinya, hal tersebut pun bisa menjadi contoh untuk kita. sebagai guru pun bisa melakukan penelitian untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa masih kurang dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk meningkatkan profesionalitas guru matematika juga diperlukan adanya penelitian dalam bidang pendidikan matematika. Penelitian itu juga bertujuan untuk pengembangan pendidikan matematika. Melalui penelitian juga diharapkan dapat menemukan kendala yang dihadapi dalam bidang matematika sehingga pendidikan matematika ke depannya dapat diperbaiki dan menyusun strategi yang tepat untuk pembelajaran matematika. Profesionalitas guru menjadi hal yang penting agar guru dapat mengajar dengan cara yang tepat dan dengan membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Menurut pendapat saya, seorang guru profesional perlu melakukan penelitian dalam pembelajaran matematika. hal ini bertujuan untuk menemukan inovasi inovasi baru dalam pembelajaran matematika dikelas yang sesuai dengan kondisi siswa yang diajarnya, sehingga pembelajaran yang berlangsung akan selalu up to date informasi. dimana teori penelitian pendidikan selalu berkembang dan dengan penelitian, guru dapat memahami kebutuhan-kebutuhan siswa dalam belajar, sehingga guru akan berusaha memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh siswa. Tidak hanya itu, guru juga dapat memahami masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam belajar, sehingga guru dapat membantu siswa dalam mengatasi masalah-masalahnya, jadi pembelajaran akan dapat berjalan dengan lebih efektif.
    Selain itu Kegiatan Pengembangan profesi guru matematika sebenarnya bisa diawali dari kegiatan refleksi diri terhadap terlaksananya proses pemebelajaran matematika di kelas, dan prestasi belajar matematika peserta didiknya ditinjau dari pencapaian tujuan khusus dan tujuan umum mata pelajaran matematika. Sebagai contoh dalam memfasislitasi kegiatan peserta didik pada aspek-aspek pelajaran matematika, guru seringkali mendapat kesulitan dalam memfasilitasi peserta didik mengkonstruksi penegtahuan pada salah satu aspek atau pada sub aspek mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin terjadi misalnya perebedaan individu peserta didik, kemampuan guru matematika dalam melakukan variasi model pembeljaran, kemampuan guru dalam memilih / memodifikasi alat peraga pembeljaran, keterampilan guru dalam menggunakan media pembelkjaran, keterbatasan sumber belajar dan terbatasnya dukungan lingkungan peserta didik.

    ReplyDelete
  19. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Penelitian memang memegang peranan penting bahkan dalam segala aspek ilmu pengetahuan, khuhusnya di sini dalam pengembangan pendidikan matematika. Dengan adanya penelitian, guru mampu mempersiapkan diri sesuai trend terkini dan fakta yang sudah teruji kebenarannya secara empiris. Saat dihadapkan pada suatu masalah, guru juga mampu melakukan penelitian guna megindetifikasi dan mencari solusi yang tepat dalam pemecahan masalah tersebut. Dengan demikian, guru mampu memilah dan memilih langkah seperti apa yang seharusnya ia lakukan dalam pembelajaran guna meningkatkan mutu pendidikan dan mengembangkan profesionalisme guru.

    ReplyDelete
  20. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Penelitian dalam pendidikan matematika perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan proses pembelajaran serta apa model, strategi, atau pendekatan yang cocok digunakan dalam pembelajaran. Karena seiring perkembangan zaman, maka terdapat perkembangan bahkan perubahan dalam proses pembelajaran. Pemerintah sudah memperhatikan perkembangan zaman ini dalam bidang pendidikan. Contohnya saja sekarang profesi guru jika ingin menaikan pangkat harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Hal itu digunakan agar guru mendapat pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  21. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam mengembangkan pendidikan matematika pasti tidak terlepas dengan namanya peneliti, dengan adanya peneliti maka suatu pendidikan itu dapat dikembangkan. Dengan adanya peneliti maka ada suatu pengetahuan atau ilmu pengetahuan yang baru. Amka dengan itu jadilah kita yang harus menjalani peneliti yang baik dan bisa berkontribusi

    ReplyDelete
  22. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Peran penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika artinya peneliti melakukan suatu proses penyelidikan secara sistematis terhadap pengembangan pendidikan matematika terutama dalam pembelajarannya. Seperti untuk mengetahui masalah- masalah dan fenomena apa yang terjadi yang menjadi kendala dalam pembelajaran matematika. Kemudian hasil penelitian ini banyak manfaatnya yaitu untuk melakukan inovasi dalam pengembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  23. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penelitian berfungsi sebagai bahan pertimbangan dan perbaikan bagi proses belajar mengajar matematika. Salah satu tugas guru pula untuk melakukan observasi dan penelitian atas fenomena-fenomena dan masalah yang dihadapi siswa di kelas ketika belajar matematika. Misalnya saja Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru. PTK bermula dari identifikasi masalah siswa di kelas yang diobservasi guru untuk selanjutnya dilakukan penelitian secara sistematis dan formal. Upaya ini dilakukan sebagai perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  24. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Sebagai guru yang inovatif dituntut pembelajaran yang sesuai deng kondisi terkini. Oleh karena itu, peran penelitian sangat penting di dalam pengembangan pendidikan khususnya pendidikan matematika. Dengan demikian, penelitian merupakan modal penting dalam situasi terkini agar pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi faktual, sehingga pendidikan akan terus berkembang karena adanya penelitian sebagai transformasi pendidikan.

    ReplyDelete
  25. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. penelitian dalam pendidikan matematika memegang peran pentinh. Dengan penelitian inovasi yang ada dapat diuji apakah dapat membantu siswa dalam belajar. Dengan penelitian pendidikan dapat diketahui apa saja kesulitan siswa dalam belajar dan hal apa saja yang dapat dilakukan guru untuk membatu siswa belajar.

    ReplyDelete
  26. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam tulisan ini menyatakan bahwa Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya. Maka penelitian menjadi sangat penting dalam rangka pengembangan pendidikan khususnya pada pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian pada hakekatnya adalah agar mendapatkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Inovasi-inovasi ini tentunya memiliki dampak untuk bagaimana perbaikan pendidikan, khususnya dalam pelajaran matematika. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman dan refrensi dalam mengajarkan matematika disekolah.

    ReplyDelete
  27. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Penelitian dilakukan dengan tujuan peneliti ingin memperoleh teori baru atau membuktikan kebenaran sebuah teori. Penelitian sangat penting dilakukan demi kemajuan bersama. Kita tidak ketinggalan tentang berbagai informasi. Selain itu, penelitian juga dilakukan demi kebaharuan. Kemudian pengembangan juga sangat perlu diharapkan. Ketika dengan penelitian kita telah mengetahui tentang suatu hal yang baru dan menurut kita itu lebih baik maka sebaiknya kita melakukan pengembangan. Penelitian dan pengembangan perlu dilakukan pada semua bidang, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Karena pendidikan itu sendiri semjadi tolak ukur tentang kualitas sebuah negara. Indonesia juga demikian.

    ReplyDelete
  28. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Peran guru yaitu mengetahui perkembangan pendidikan matematika dan juga ikut berperan di dalamnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah melalui penelitian. Dengan penelitian yang dilakukan guru memperoleh banyak manfaat antara lain guru mengetahui metode penelitian, guru mempelajari lebih dalam tentang ilmu matematika, guru mengasah kemampuan dalam pembelajaran matematika untuk lebih memperhatikan siswa dalam belajar, dan guru semakin ahli dalam mengkomunikasikan ide melalui hasil penelitiannya. Dengan penelitian berarti guru memikirkan hal-hal baru atau perubahan atau modifikasi yang harus dilaksanakan atau yang diperlukan dalam suatu pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dirasa sebagai ukuran yang valid karena penelitian haruslah menggunakan metodologi yang telah ditentukan, seperti suatu nasihat bahwa 'percuma menguasai suatu materi tanpa menguasai metodologi dalam penelitian'.

    ReplyDelete
  29. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Artikel di atas mengingatkan kita akan pentingnya penelitian dalam pengembangan pendidikan, khususnya pendidikan Matematika. Sesuai dengan uraian di atas, penelitian pendidikan ini merupakan suatu upaya ilmiah untuk memahami masalah-masalah pendidikan dan fenomena-fenomena yang sedang terjadi di dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  30. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Oleh karena itu, memang benar guru hendaknya dibekali dengan penelitian. Melalui penelitian, guru dapat berkontribusi dalam perkembangan ilmu pendidikan, misalnya dapat menerapkan model pembelajaran inovatif, memperbaiki praktik-praktik pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, menemukan pengetahuan dan mengembangkan wawasan, serta meningkatkan kemampuan menganalisis suatu masalah melalui penelitian tersebut. Sehingga, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru.

    ReplyDelete
  31. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perkembangan jaman dan kemajuan teknologi akan memunculkan hal-hal baru, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan matematika. Maka dari itu untuk mengimbangi perkembangan jaman tersebut perlu dilakukan penelitian dan pengembangan pendidikan matematika. Hal ini dilakukan agar guru atau calon guru matematika dapat memberikan pembelajaran matematika yang inovatif sesuai perkembangan jaman dengan menggunakan metode, model, strategi, dan pendekatan yang pas sehingga kegiatan pembelajaran tidak itu-itu saja. Selain itu dengan melakukan penelitian guru akan dapat meningkatkan profesionalisme dalam bidang pendidikan matematika seperti yang telah disampaikan dalam artikel di atas.

    ReplyDelete
  32. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Penelitian sebaiknya dilakukan rutin oleh pemeran pendidikan khususnya guru. Dengan penelitian guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajarannya, guru dapat mengetahui kekurangan apa yang ada di dalam kelas baik dari segi siswa, model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dll. Setelah mengetahui kekurangan di dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, guru dapat mencari solusi untuk permasalahan yang ditemukan, apabila solusi tersebut dirasa kurang optimal, guru dapat memperbaiki solusi tersebut, sampai ditemukan solusi yang paling optimal, sehingga kualitas pendidikan khususnya pendidikan matematika di Indonesia meningkat.

    ReplyDelete
  33. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Guru yang sustainabel adalah keharusan. Guru perlu mengetahui perkembangan pendidikan matematika dari waktu ke waktu. Salah satunya dengan cara melakukan penelitian. Penelitian sangat berperan dalam perkembangan pendidikan matematika. Dengan melakukan penelitian guru dapat membangun kemampuan mengajarnya, guru dapat memperbaiki pembelajaran matematika di kelas menjadi lebih baik. Sehingga adanya penelitian dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  34. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Seiring dengan perkembangan zaman, kita banyak dihadapkan dengan permasalahan, ancaman, serta tantangan baru. Karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menemukan alternatif dan solusi dari permasalahan yang dihadapi dengan mengembangkan apa yang ada. Pembelajaran matematika seperti juga ilmu lain mengalami perkembangan dan untuk itu penelitian oleh guru dalam rangka mengembangkan pendidikan matematika sudah tentu sangat diperlukan. Melalui penelitian yang khusus dalam lingkup pembelajaran matematika, maka akan dihasilkan berbagai inovasi pembelajaran serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.. Dengan melakukan penelitian kita menjadi tahu aspek – aspek yang harus dikaji lebih dalam dan bagaimana cara menyelesaikannya.

    ReplyDelete
  35. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui penelitian yang dilakukan oleh guru, berdasarkan masalah yang ditemukannya di dalam kelas, guru dapat menentukan tindakan atau langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan agar permasalahan yang ada di kelas tersebut dapat diselesaikan dan didapatkan solusinya. Tidak hanya itu, hasil penelitian tersebut dapat digunakan oleh guru-guru lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan penelitian tersebut, didalam menyelesaikan masalah mereka. Sehingga, hasil penelitian yang telah dibuat bermanfaat secara luas dan dapat mengembangkan pembelajaran matematika di kelas menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  36. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    selain mengajar, hal penting lainnya guru juga harus melakukan penelitian. Penelitian ini mempertanyakan apakah materi pembelajaran telah dipahami oleh siswa dan seberapa besar antusias siswa untuk belajar matematika. Dengan adanya penelitian dalam pembelajaran, diharapkan guru bisa menerapkan metode belajar yang inovatif di kelasnya dan memantau siswa dalam mengalami kesulitan belajar matematika. Dengan sering dilakukan penelitian, guru semakin paha kondisi siswa yang diajarnya.

    ReplyDelete
  37. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian dalam pembelajaran matematika sangatlah penting, penelitian dilakukan untuk mengukur apakah suatu perangkat pembelajaran efektif atau tidak, dengan hasil penelitian kita akan mampu mengidentifikasi hal-hal yang membuat suatu perangkat tersebut kurang efektif.

    ReplyDelete
  38. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jadi dengan penelitian, akan ditemukan solusi yang efektif sehingga implementasi pemebelajaran yang berikutnya akan lebih baik lagi. Penelitian juga dapat mencerminkan sejauh mana kompetensi guru yang dimiliki dalam mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  39. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Penelitian dapat digunakan untuk mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan bidang pendidikan, khususnya dalam bidang pendidikan matematika. Dengan melakukan penelitian akan menjawab berbagai macam persoalan dan fenomena yang terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas, dan diharapkan pembelajaran matematika akan berkembang ke arah yang lebih baik

    ReplyDelete
  40. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    ilmu matematika yang saat ini ada perlu dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman, karena dalam proses pembelajaran perlu adanya pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga pengetahuan siswa akan terus meningkat.

    ReplyDelete
  41. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014



    pentingnya pengembangan ilmu matematika seiring dengan perkemabangan zaman yang ada, salah satu upaya pengembangannya adalah dengan melakukan penelitian pengembangan matematika. hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indoensia. melalui penelitian diharapkan dapat menemui kendala dan hambatan yang terjadi pada dunia pendidikan sehingga dapat dicari solusinya.

    ReplyDelete
  42. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    dengan adanya pengembangan matematika tentunya akan ada peningkatan baik dari segi pelaksanaan maupun konsep kurikulum nya, dalam pembbelajaran guru dapat lebih inovasi lagi dalam melakukan proses pembelajaran agar dapat memancing keaktifan siswa, pembelajaran yang student center membuat guru harus lebih kreatif lagi dalam membuat fasilitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  43. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian yang dikembangkan dengan topik pembelajaran matematika tentu sangat membantu mengembangkan kualitas pembelajaran matematika. Dengan kajian ilmiah dan pembahasan yang sesuai dengan teori yang ada, akan didapatkan suatu solusi dari masalah pembelajaran, fenomena pembelajaran, maupun metode serta media yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan profesionalitasnya

    ReplyDelete
  44. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut pendapat saya, seorang guru profesional perlu melakukan penelitian dalam pembelajaran matematika. hal ini bertujuan untuk menemukan inovasi inovasi baru dalam pembelajaran matematika dikelas yang sesuai dengan kondisi siswa yang diajarnya, sehingga pembelajaran yang berlangsung akan selalu up to date. Selain itu dengan penelitian guru dapat menemukan konsep konsep atau teori baru atau mengembangkan konsep dan teori yang sudah ada. Ditambah lagi dengan melakukan penelitian seorang guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul saat kegiatan belajar mengajar ( KBM) berlangsung. Hal ini sesuai dengan penertian penelitian itu sendiri yaitu kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya. Diharapkan setelah melakukan penelitian ilmiah dan dapat diperoleh hasil berupa ilmu, ilmu tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh umat. Amin.

    ReplyDelete
  45. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Peran penelitian dalam pengembangan pembelajaran matematika sangat banyak. Tidak akan ada pengembangan pembelajaran tanpa ada penelitian. Jikalau pun ada, maka hasil pengembangannya tidak akan sebaik yang diharapkan. Karena dengan metodologi penelitian, kita dapat mengetahui dan mengukur keberhasilan model pembelajaran yang kita gunakan. Dari hasil tersebut juga bisa dilakukan evaluasi. Sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang lebih baik lagi. Sebab tidak ada metode pembelajaran yang sempurna. Sehingga selalu membutuhkan pembaharuan.

    ReplyDelete
  46. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Penelitian dalam dunia pendidikan harus selalu dikembangkan.
    Hal tersebut dimaksudkan agar pendidikan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.
    Penelitian dalam dunia pendidikan juga dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pembelajaran.
    Inovasi-inovasi ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran agar lebih menarik, inovatif, dan memperoleh hasil yang optimal.

    ReplyDelete
  47. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Penelitian dalam pendidikan mengalah sangat penting dimana dengan penelitian kita mengetahui sesuatu masalah di lapangan yang sesuai dengan fakta serta dapat dipertanggungjawabkan. Dengan penelitian pula kita dapat mengujicobakan sebuah penemuan baru sebagai solusi untuk memecahkan masalah dalam pendidikan. Penelitian pula berperan penting dalam penegmbangan dari pendidikan itu sediri. Oleh karena itu diperlukan usaha yang maksimal dalam mengoptimalisasikan penelitian khususnya di sekolah, dimana di sekolah masih memiliki berbagai masalah pendidikan. Diharpakn para guru bereran aktif dalam peneiitianya di sekolah sehingga nantinya dapat menemukan solusi dari setipa permasalahan pendidikan.

    ReplyDelete
  48. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada hakekatnya selain menjadi fasilitator, guru juga berperan sebagai peneliti. Karena dalam hal mengevaluasi pembelajaran dikelas. Guru dituntut dapat meneliti berbagai objek penelitian kelas sehingga dapat melakukan evaluasi dengan tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan dikelas. Tak pantaslah guru mengeluhkan kerena tugasnya yang berat untuk mneliti karena meneliti adalah salah satu tugas guru dikelas.

    ReplyDelete
  49. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Penelitian sangat penting untuk dilakukan para guru dalam pengembangan pembelajaran. Dengan adanya penelitian maka pembelajaran akan dapat dikembangkan terus menerus sesuai dengan perkembangan zaman dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  50. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Pendidikan matematika akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, sejalan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa juga akan berkembang. Sebagai guru kita harus mampu mengimbangi perkembangan peserta didik dan memfasilitasi seusai dengan kebutuhan mereka. Untuk kita kita perlu mengadakan adanya penemuan-penemuan baru tentang pendidikan yang dapat membantu kita. Hal tersebut dapat kita peroleh melalui sebuah penelitian. Dalam sebuah penelitian kita dapat mengembangkan pembelajaran-pembelajaran yang inovatif menggunakan media yang sesuai dengan minat siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  51. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Pentingnya akan adanya sebuah inovasi dalam pendidikan menuntut guru harus selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Inovasi tersebut dapat berupa pengembangan metode pembelajaran, pengembangan media pembelajaran atau pengembangan pendekatan pembelajaran. Melalui sebuah penelitian guru dapat mengetahui pembelajaran seperti apa yang akan memaksimalkan hasil belajar siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  52. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan pendidikan matematika di Indonesia. Dengan adanya penelitian kualitas pendidikan matematika dapat ditingkatkan, sehingga proses pembelajaran matematika baik dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas menjadi lebih inovatif dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk dapat mengetahui matematika dengan cara membangun pengetahuannya sendiri. Dalam bidang matematika penelitian digunakan untuk mengetahui bagaimana cara menangani karakter siswa yang beranekaragam, mengetahui kemampuan dan minat siswa, sehingga dengan adanya penelitian, penggunaan metode yang sesuai dengan karakter siswa dapat dilakukan.

    ReplyDelete
  53. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian dapat menambah variasi dan pengetahuan kita mengenai pendidikan matematika di Indonesia. Penelitian memberikan data penting yang dapat membantu guru untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan selama ini dikelas. Penelitian memberikan wawasan mengenai pola dan proses pendidikan matematika terkini yang dapat menjadi sumber acuan baik bagi guru ataupun pendidik lainnya. Selain itu dengan adanya penelitian dalam bidang matematika, maka pembaharuan dan perbaikan baik dalam proses pembelajaran ataupun kurikulum yang diberlakukan dapat dilakukan di Indonesia.

    ReplyDelete
  54. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Penelitian atau riset berasal dari bahasa inggris research yang artinya adalah proses pengumpulan informasi dengan tujuan meningkatkan, memodifikasi atau mengembangkan sebuah penyelidikan atau kelompok penyelidikan. Kegunaan penelitian ialah untuk menyelidiki keadaan dari, alasan untuk, dan konsekuensi terhadap suatu set keadaan khusus. Keadaan tersebut bisa saja di kontrol melalui percobaan (eksperimen) ataupun berdasarkan observasi tanpa kontrol. Penelitian memegang peranan yang amat penting dalam memberikan fondasi terhadap tindak serta keputusan dalam segala aspek pembangunan. Jika penelitian tidak diadakan, serta kenyataan-kenyataan tidak pernah diuji lebih dahulu melalui penelitian. Tidak ada negara yang sudah maju dan berhasil dalam pembangunan, tanpa melibatkan banyak daya dan dana dalam bidang penelitian.

    ReplyDelete
  55. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Penelitian pada hakikatnya merupakan suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Para pakar mengemukakan pendapat yang berbeda dalam merumuskan batasan penelitian atau penyelidikan terhadap suatu masalah, baik sebagai usaha mencari kebenaran melalui pendekatan ilmiah. Secara umum, penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data menggunakan metode-metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif dan kualitatif, eksperimental atau noneksperimental, interaktif atau non interaktif. Metode-metode tersebut telah dikembangkan secara intensif, melalui berbagai uji coba sehingga telah memiliki prosedur yang baku.

    ReplyDelete
  56. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seiring dengan perkembangan jaman yang mengakibatkan segala aspek kehidupan semakin berkembang pesat, maka mengakibatkan pula penelitian dalam dunia pendidikan harus selalu dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan agar pendidikan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman. Penelitian dalam dunia pendidikan juga dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pembelajaran. Inovasi-inovasi ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran agar lebih menarik, inovatif, dan memperoleh hasil yang optimal.

    ReplyDelete
  57. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian memiliki peran penting dalam pekembangan pendidikan. Penelitian yang dilakukan oleh guru maupun para pakar pendidikan bertujuan untuk mendapatkan ilmu mengenai pendidikan yang lebih baik. Bagaimana metode pembelajarn yang lebih inovatif untuk membuat siswa lebih mudah memelajari matematika. Sehingga sangat penting kegunaan penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika

    ReplyDelete
  58. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bagi guru, penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika sangat berguna untuk mengembangkan ilmu yang telah ia miliki. Selain itu penelitian pendidikan juga berguna untuk merefleksi metode pembelajaran yang ia lakukan sudah tepat atau masih perlu diperbaiki lagi. Selain itu melalui penelitian pendidikan dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki guru.

    ReplyDelete
  59. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    Sebagaimana yang telah disampaiakn oleh Prof. MArsigit bahwa ilmu pengetahuan diperoleh dari sebuah penelitian. Penelitian yang terstruktur berdasarkan metode nya. Guru yang baik adalah guru yang selalu mengembangkan kemampuan dirinya, yang selalu berinovasi dan berkreasi tentang pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penelitian. Penelitian yang dilakukan oleh seorang guru terhadap muridnya sangat bermanfaat, karena dengan penelitian tersebut guru akan mendapatkan temuan atau ilmu baru yang bermanfaat dalam proses pembelajarannya.

    ReplyDelete
  60. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan judul, menurut saya peran penelitian dalam pengembangan pendidikan di indonesia sangat penting bagi guru maupun calon guru atau bahkan bagi siswa yang akan menerima dampaknya. karena sejatinya menjadi seorang guru tidak boleh puas atas apa yang dia punyai, tetapi harus terus belajar dan salah satu cara nya adalah melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  61. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    penelitian merupakan suatu cara yang ditempuh untuk mengembangkan pendidikan. dengan melakukan penelitian, guru dapat menemukan permaslahan yang dihadapi murid dan bagaimana mencari solusi untuk permaslaah tersebut.

    ReplyDelete
  62. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    penelitian dapat pula menbandingkan dan mencari solusi yang paling tepat dan efektif untuk mengatasi masalah. apabila tidak dilakukan penelitian, maslaha hanya akan terus berkutat tanpa adala solusi yang diberikan.

    ReplyDelete
  63. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    dengan melakukan penelitian diharapkann banyak inovasi pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru dan banyak maslah yang teratasi dengan inovasi tersebut.

    ReplyDelete
  64. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    penelitian merupakan tindakan yang waib dilakukan untuk tercapainya keadaan yag sempurna. untuk memfasilitasi kebutuhan siswa dengan kondisi dan latar belakang yang berbeda memang tidak mudah, oleh sebab itu penelitian merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan suatu solusi yang dapat digunakan guru dalam memfasilitasi murid.

    ReplyDelete
  65. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terimakasih Pak Marsigit atas motivasi yang diberikan kepada kami agar tetap meneliti untuk mengembangkan pembelajaran dan berinovasi sebagai bentuk profesionalitas guru.

    ReplyDelete
  66. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    penelitian bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran, penelitian bisa saja beranjak dari masalah yang timbul kemudian dikembangkan pembelajaran untuk mengatasinya atau bisa jadi penelitian untuk melakukan inovasi pembelajaran secara langsung bukan karena ada latar belakang suatu masalah.

    ReplyDelete
  67. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari penjelasn diatas yang bisa saya tangkap adalah Penilitian adalah suatu kegiatan yang dilakukan berdasarkan prosedur prosedur yang ada dan bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan/ilmu. Dalam menjadi seorang guru, memebuat inovasi pembelajaran itu sangat diharapkan, seiriing dengan perkembangan ilmu matematika yang ada dan melihta dari aspek kebutuhan siswa maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru, diharapkan dengan onovasi pembelajran yang ada siswa akan lebih termotivasi lagi dalam belajar dan kualitas pendidikan di Indonesia dapat semakin maju lagi

    ReplyDelete
  68. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari postingan ini sekali lagi diingatkan bahwa bukan lantas kita berhenti belajar ketika telah menjadi seorang guru. Penelitian adalah kegiatan inovatif yang juga sebagai sarana guru agar terus belajar dan mengeksplorasi peluang peluang ataupun kiat kiat terbaik yang dapat digunakan.

    ReplyDelete
  69. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Peran penelitian dalam pengembangan pendidikan dirasa sangat penting maanfaatnya untuk dunia pendidikan khususnya pendidikan matematika. Dengan melakukan penelitian, kita menjadi tahu masalah apa yang kerap muncul dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  70. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan melakukan penelitian kita juga akan menemukan inovasi ataupun metode-metode pembelajaran yang lebih variatif guna menciptakan pembelajaran yang efektif. Yang nantinya akan sangat berguna untuk dapat diterapkan dalam proses pembelajaran matematika didalam kelas.

    ReplyDelete
  71. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan matematika adalah serangkaian kegiatan untuk menemukan kebenaran berdasarkan metode ilmiah yang dilakukan dalam bidang pendidikan matematika. Misalnya, mengembangkan model pembelajaran matematika yang telah ada dengan menambahkan teknik atau komponen tertentu dalam pembelajaran matematika sehingga menjadi lebih efektif.

    ReplyDelete
  72. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Guru harus merubah mindset bahwa mengajar itu bukan sekedar mentransfer ilmu yang guru miliki kepada murid-muridnya tetapi mengajar itu adalah melayani kebutuhan siswa untuk belajar matematika. Agar bisa melayani kebutuhan siswa untuk belajar matematika, maka guru dituntut untuk melakukan penelitian. Maka sebenar-benar mengajar adalah kegiatan penelitian.

    ReplyDelete
  73. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui penelitian, selain guru dapat memperoleh cara untuk menyelesaikan masalah yang dialaminya atau ditemukannya di kelas, guru dapat pula menemukan hambatan dari penerapan dari solusi permasalahan awal yang ia temukan. Sehingga perlu dilakuakan lagi penelitian lanjutan terkait atas penerapan solusi dari permasalahan yang ada. Dengan begitu, penelitian akan menjadi berkembang dan guru mampu memanfaatkan penelitiannya untuk menghadapi permasalahan di kelas.

    ReplyDelete
  74. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Guru matematika tidak hanya dituntut untuk melaksanakan pembelajaran matematika saja, tetapi guru juga harus dapat melakukan penelitian untuk dapat membuat inovasi serta pembaharuan-pembaharuan dalam pembelajarannya. Penelitian yang dilakukan oleh guru ini sangatlah penting karena dapat meningkatkan kualitas pembeljaran matematika yang dilaksanakan. Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh guru akan lebih akurat dalam mengatasi permasalahan permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran, karena guru lah yang benar-benar memahami kondisis dan situasi sebenarnya dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan melakkukan penelitian, guru juga dapat meningkatkan kualitas dirinya sebagai praktisi pendidikan yang kompeten dibidangnya.

    ReplyDelete