Feb 12, 2013

Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika




Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya.

Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika. Usaha tersebut dapat dicapai jika dikembangkan suatu metode ilmiah yang memenuhi sifat koherensi dan sifat korespondensi. Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. Pengetahuan demikian pada akhirnya baik secara ontologis maupun secara legal formal dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika (Marsigit)

10 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Penelitan memang mempunyai peranan penting dalam kehidupan, begitu juga dengan penelitan dalam bidang pendidikan, karena kebanyakan teori yang didapat jauh berbeda dengan praktek yang sebenarnya, maka disinilah nanti fungsi dari penelitian ini, yakni bagaimana seorang guru bisa memahami dan mencari solusi dari perbedaan antara teori dan praktek. Sehingga pembelajan akan lebih efektif, efisien dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Penelitian Pendidikan Matematika dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan matematika dapat dikategorikan, sudah sesuaikah proses belajar dengan idealitas pada pembelajaran matematika. Pemahaman cara pikir individu siswa dalam belajar matematika, memperoleh pemahaman bagaimana seorang guru memahami siswa, dan pengetahuan guru beserta praktisi pendidikan terhadap matematika semuanya tercover dalam penelitian. Sehingga dengan adanya penelitian, bila dilakukan dengan benar, dapat meningkatkan profesionalisme seorang guru.

    ReplyDelete
  3. Penelitian memegang peranan penting dalam peningkatan profesionalisme guru. Dengan penelitian maka guru akan belajar untuk menambah pengetahuan tentang metode pembelajaran melalui literasi, berupa buku, hasil penelitian dalam jurnal yang terkini. Penelitian dapat berupa diagnosis kesulitan belajar, atau penelitian tentang metode baru tentang pembelajaran. dengan melakukan penelitian maka dengan sendirinya guru akan meningkatkan kompetensinya dan akan meningkatkan profesinalismenya. Dengan penelitian guru PNS juga dapat meningkatkan jabatan dan pangkatnya.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, mahasiswa dituntut melakukan penelitian pada tugas akhirnya. Disini mahasiswa calon guru dituntut untuk memberikan ilmu terkini yang ada, dan sebaiknya mahasiswa calon guuru tidak hanya melakukan penelitian hanya untuk tugas akhir saja tetapi tetap melakukan penelitian setelah dia menjadi guru.

    ReplyDelete
  5. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Jika berbicara tentang penelitian maka berbicara tentang masalah yang timbul sehingga diharuskan adanya penelitian. Peran penelitian dalam pembelajaran matematika dijadikan sebagai solusi dalam menjawab segala masalah-masalah dalam pendidikan matematika. Masalah merupakan kesejangan antara ekspektasi dan realita. Masalah utama dalam penelitian mengenai pembelajaran matematika adalah masalah prestasi belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran. Oleh karena itu diadakan sebuah penilitian kenapa atau hal apa yang menyebabkan prestasi siswa rendah dalam belajar matematika. Dengan adanya penelitian-penelitian ini diharapkan segala masalah yang berhubungan dengan matematika dapat dipecahkan.

    ReplyDelete
  6. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Peran penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika. Penelitian sangat penting dilakukan agar pendidikan menjadi lebih bagus. Tujuan dilakukan penelitian dalam pengembangan pendidikan adalah; Untuk bahan masukan, meningkatkan mutu isi, proses serta hasil pembelajaran dan pendidikan di sekolah, untuk membantu tenaga kependidikan seperti guru dan lainnya dalam mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran baik di luar maupun di dalam kelas, untuk meningkatkan profesionalisme di dalam dunia pendidikan maupun tenaga kependidikan, Untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya akademik dalam lingkungan sekolah, sehingga bisa melakukan perbaikan mutu pembelajaran dan pendidikan secara berkelanjutan dan Untuk meningkatkan keterampilan bagi tenaga pengajar khususnya saat melakukan PBT, serta untuk meningkatkan kerja sama yang profesional di antara para pendidik maupun tenaga kependidikan.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Penelitian secara umum dapat diartikan sebagai proses untuk mencari kebenaran. Dalam pembelajaran khususnya matematika tidak terlepas dari berbagai permasalahan. Hal ini lah tentunya yang mendorong guru untuk melakukan penelitian setidaknya di dalam kelas sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh guru ini sangat berguna untuk menemukan penyebab permasalahan dalam proses pembelajaran dan memperbaiki proses pembelajaran yang masih dianggap kurang.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Pendekatan saintifik di adaptasi dari kegiatan ilmiah untuk menemukan suatu pengetahuan yang baru. Pendekatan ini berlaku untuk Pendidikan matematika juga. Dilakukannya pengembangan ilmiah pada mulanya berawal dari isu – isu terkini, yang pada akhirnya membuat Pendidikan matematika semakin berkembang. Misalnya untuk penanaman konsep dasar matematika sekolah saat ini tidak hanya dapat menggunakan rumus dan latihan soal saja, namun dapat menggunakan alat bantu, seperti alat peraga berupa benda nyata, video atau film, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Seperti halnya dunia ini, matematika pun berkembang dan selalu berubah seiring majunya zaman. karena matematika itu terkait dengan kehidupan kita. maka matematika pun ikut berkembang seiring berkembangnya kehidupan manusia. untuk dapat ikut serta mengikuti perkembangan matematika yang selalu berubah-ubah, penelitian dilakukan untuk dapat melihat dan menganalisa hal-hal baru dan berbeda apa saja yang ada disekitar kita.

    ReplyDelete
  10. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Pada dasarnya manusia itu tidak pernah akan bisa untuk menciptakan sesuatu hal yang benar-benar sempurna, maka penelitian ini harus selalu dilakukan bukan untuk menyempurnakan, tetapi untuk terus memperbaiki dan memajukan kualitas pendidikan yang telah ada.

    ReplyDelete