Feb 12, 2013

Metodologi Pendidikan




Identifikasi Persoalan-persoalan Pendidikan, Pendidikan Matematika dan Pembelajaran Matematika di Sekolah.
Oleh: Mahasiswa S2 Matematika UGM kerjasama Depag RI Angkatan 2007

1. Bagaimana menyelenggarakan pembelajaran matematika secara menyenangkan dan siswa merasa bahwa matematika adalah penting
2. Sejauh mana filsafat matematika dan filsafat pendidikan matematika relevan terhadap pembelajaran matematika di kelas.
3. Bagaimana menemukan bahwa matematika adalah bagian dari dunia ciptaan Tuhan?
4. Bagaimana melayani kebutuhan berbagai macam kebutuhan belajar matematika siswa, termasuk siswa yang cepat dan siswa yang lambat?
5. Bagaimana mempromosikan paradigma baru pendidikan matematika?
6. Bagaimana mengatur keseimbangan antara proses dan produk dalam pembelajaran matematika?
7. Bagaimana mengembangkan kegiatan asesmen dalam pembelajaran matematika?
8. Bagaimana menyelenggarakan pembelajaran matematika secara kontekstual?
9. Bagaimana menumbuhkan motivasi belajar siswa?
10. Bagaimana mempromosikan pembelajaran matematika berlandaskan kebutuhan siswa?
11. Bagaimana memberi kesempatan kepada siswa untuk mempelajari matematika horizontal dan matematika vertikal?
12. Bagaimana mempromosikan life skill dalam pembelajaran matematika?
13. Bagaimana memanfaatkan psikologi perkembangan anak dalam pembelajaran matematika?
14. Bagaimana pembelajaran matematika untuk anak usia dini?
15. Bagaimana pembelajaran matematika yang berorientasi kepada siswa?
16. Bagaimana melakukan persiapan pembelajaran matematika secara baik?
17. Bagaimana membawa dunia matematika ke dunia anak?
18. Bagaimana melakukan perbaikan kesulitan belajar matematika?
19. Seberapa banyak dan penting seorang guru mempelajari filsafat pendidikan matematika?
20. Bagaimana mengembangkan skema dan struktur pembelajaran matematika?
21. Landasan dan paradigma yang bagaimana yang melatarbelakangi kegiatan matematika di kelas misalnya pada suatu satuan waktu yang sama, oleh murid yang berbeda diharapkan hasil yang sama atau hasil berbeda?
22. Bagaimana sebetulnya filsafat RPP itu?

Kontributor: Ahmad Juari, Aviv R, Edy Nur Falah, Mahfud Effendi, Mufarikhin, Muktafi, Musrifah, Nanang Yulianto, Nurul Maidah, Rosita Umani, Siti Rokhayah, Totok Prasetyono, Widiah Prihartini, Eni Suharsih, Nur Bayanah, Shulfan, Elvira, Sumiyarsih.

5 comments:

  1. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dapat menjadikan pembelajaran matematika itu menyenangkan bagi siswa. Mereka tidak akan merasa bosan belajar matematika karena tidak menggunakan metode yang sama terus. Diikut sertakan siswa dalam pembelajaran matematika, yaitu perannya lebih dominan daripada guru dapat menumbuhkan perasaan siswa bahwa belajar matematika itu penting.

    ReplyDelete
  2. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Pembelajaran matematika yang berorientasi pada siswa dapat diimplementasikan sebagai kebebasan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan berbagai metode atau cara. Mereka juga dibebaskan untuk mengkonstruksi sendiri alur berpikir dari matematika.

    ReplyDelete
  3. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Motivasi belajar siswa dapat tumbuh jika ia merasa butuh untuk mempelajari hal tersebut. Saat ia merasa membutuhkan ilmu itu, ia akan termotivasi untuk mempelajari ilmu itu.

    ReplyDelete
  4. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Salah satu cara menyelenggarakan pembelajaran matematika secara kontekstual adalah dengan menghubungkan atau mengimplementasikan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  5. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Metodologi pendidikan seperti yang dijelaskan pada artikel di atas digunakan untuk memperbaiki sistem yang ada. Hal ini dilakukan agar dapat memecahkan masalah yang ada dalam dunia pendidikan sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.