Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

115 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa meliputi faktor kesiapan, faktor kognitif siswa, faktor motivasi dan faktor desain pembelajaran. Keempatnya saling berkaitan dan secara bersama-sama mendukung proses belajar matematika siswa. Berikut ini akan dijelaskan dengan uraian-uraiannya dan runtut beserta contoh-contoh pembelajaran matematika. Desain belajar dapat didefinisikan dengan suatu proses desain dan sistematis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien serta membuat kegiatan pembelajaran lebih mudah, yang didasarkan pada apa yang kita ketahui mengenai teori-teori pembelajaran, teknologi informasi, sistematika analalisis. Jadi dari definisi tersebut jelas bahwa desain pembelajaran merupakan faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar matematika karena desain pembelajaran adalah bertujuan mencapai solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan sejumlah informasi. Contoh desain belajar matematika adalah siswa belajar materi tentang Persamaan Kuadrat yakni dengan strategi kerja kelompok bersama teman-teman kelompoknya dan berusaha memecahkan masalah matematika tersebut dengan beberapa cara seperti berdiskusi, tutor sebaya atau dengan strategi lain dan juga dengan menggunakan media yang dibutuhkan dalam membahas materi tersebut agar dirinya dan teman kelompoknya dapat dengan mudah memahaminya.

    ReplyDelete
  2. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada kurikulum 2013, pembelajaran berorientasi pasda siswa sehingga guru diharap bisa memfasilitasi siswa. Sehingga kemampuan guru dalam memfasilitasi siswa dalam pembelajaran matematika menjadi sangat penting, perlu ditingkatkan. Maka dalam pembelajaran guru perlu memiliki variasi metode pembelajaran dan variasi media pembelajaran untuk dapat membantu dalam pembelajaran. Variasi media bisa berupa LKS dan alat peraga, LKS bukan hanya sekedar berisi soal-soal tetapi sebisa mungkin menjadi sumber informasi bagi siswa.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Perancanaan pembelajaran juga sangat pentinga daalam proses matematika. Adanya juga guru sebagai fasilitator sehingga mendesak untuk meningkatkan kualifiokasi seorang guru. Dengan apa itu amka s]dengan adanya sertifikasi guru. Yang manasertifikasi guru adalah memberikan pengetahuan yang lebih lagi bagi guru yang sudah berpengalaman mengajar urang lebih guru yang sudah berpengalaman mengajar selama 10 tahun. Dengan adanya Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience)Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu)Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Harus adanya persiapan yang baik agar seorang guru dapat mencapai tujuan yang diharapkannya dalam pembelajaran matematika. Persiapan tersebut disebut sebagai perencanaan dalam pembelajaran matematika. Dimana penyusunan perencanaan tersebut harus sistematis sehingga dalam pembelajaran guru benar- benar dapat mengajar sesuai tujuan seperti halnya antara materi dan strategi yang digunakan harus tepat.

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kita memang sudah berlatih menyusun perencanaan pembelajaran berupa RPP sejak menjadi mahasiswa. Namun, dalam praktiknya kita menjadi guru bisa jadi pelaksanaan pembelajaran itu jauh melenceng dari RPP dan RPP hanya sebagai bentuk fisik yang tidak diimplementasikan. Dalam RPP memuat tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, proses penilaian dan lainnya sehingga kita memahami betul kebutuhan siswa dan apa yang akan kita ajarkan kepada siswa. Oleh karena itu, jika pembelajaran ingin berjalan dengan optimal maka sebaiknya diimplementasikan sesuai dengan RPP yang telah disusun dengan matang pula.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Perencanaan pembelajaran sangatlah penting bagi keberhasilan di dalam proses belajar mengajar. Dengan rencana persiapan yang matang maka hasilnya yang akan dicapai akan maksimal. Lain halnya dengan pembelajaran yang tanpa rencana maka hasilnya pun tidak sesuai dengan rencana dan tujuan yang akan dicapai.

    ReplyDelete
  7. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Persiapan adalah sesuatu hal yang penting untuk setiap kegiatan yang akan dilakukan, termasuk di dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan melakukan persiapan yang baik, pembelajaran di kelas akan menjadi terarah dan tidak melenceng dari standar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

    Seperti yang dijelaskan, persiapan bukan hanya dari persiapan secara khusus terkait dengan kurikulum dan rencana pembelajaran melalui pembuatan RPP, tetapi juga persiapan dari diri guru sendiri. Ini dikarenakan jika perencanaannya sudah baik akan tetapi dari pihak guru belum dengan baik memperisapkan dirinya, ini akan membuat pembelajaran dapat tidak sesuai dengan rencana yang sudah disusun.

    ReplyDelete
  8. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Perencaan pembelajaran merupakan tahap penting dalam mempersiapakan kegiatan belajar mengajar. Dengan perencaan yang baik maka kendala-kendala yang mungkin terjadi selama proses belajar mengajar dapat diprediksi dan dapat ditangani dengan baik. Perencanaan yang baik dapat memperlanjar proses belajar mengajar dan dapat membuat siswa belajar dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menjadi guru tidaklah perkara yang mudah, menjadi guru bukan hanya sekedar mengajar saja, melaikan banyak hal yang dipikirkan selain dari proses mengajar. Salah satu misalnya yang paling berat ketika menjadi guru adalah menyiapkan dan mengembangkan RPP sebelum proses PBM di laksanakan didalam kelas. Hal ini sebagai modal dalam kita mengajar dikelas, sebagai panduan dan pedoman dalam mengajar. Sehingga RPP ataupun LKS tidaklah mudah untuk dibuat, jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Berbicara masalah masalah kebutuhan siswa dalam belajar maka kita berbicara masalah (Identifikasi masalah psikologi mengajar matematika, psikologi belajar matematika dan psikologi pembelajaran matematika), outputnya adalah seorang guru dapat mendiagnosis apa kebutuhan dan kesulitan siswa dalam belajar matematika. Menjadi guru matematika tidaklah mudah, menguasai materi merupakan hanya syarat cukup dalam mengajarkan matematika. Maka ada syarat perlu yang harus terpenuhi untuk bisa menanamkan konsep. Sayarat perlu disini adalah guru harus sepenuh hati dalam mengajarkan matematika. Sebelum memulai proses belajar, maka guru terlebih dahulu mendiagnosis kondisi dan kebutuhan masing-masing siswa. Sehingga nantinya dari hasil tersebut guru dapat menentukan bagaimana langkah selanjutnya dalam mengajarkan ataupun menanamkan konsep matematika kepada siswa. Maka perlu tepat cara, tepat guna, tepat sasaran yang harus dilakukan guru dalam mengajarkan konsep matematika kepada siswa.

    ReplyDelete
  10. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Perencanaan pembelajaran adalah salah satu bentuk kesiapan guru dalam mengajar. Tanpa adanya perencanaan pembelajaran maka pembelajaran yang dilakukan akan kurang bermakna. Perencanaan pembelajaran misalnya saja pada metode pembelajaran yang akan digunakan oleh guru, sumber buku yang akan dipakai guru dalam pembelajaran, rencana materi yang akan disampaikan oleh guru dan lain sebagainya. Terkadang pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, namun perencanaan setidaknya sudah membuat pembelajaran menjadi terarah.

    ReplyDelete
  11. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perencanaan merupakan hal yang penting dan perlu disiapkan sebelum guru mengajar di kelas. Maka dari itu guru perlu menyusun RPP untuk mengetahui jalannya kegiatan pembelajaran yang ingin dijalankan, kemudian guru membuat skema pencapaian kognitif siswa untuk mengetahui materi prasyarat yang diperlukan serta kompetensi apa saja yang ingin dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Penggunaan variasi media, metode, dan sumber belajar juga perlu dipersiapkan dengan baik agar tujuan pembelajaran tercapai. Pembelajaran yang dilaksanakan sebaiknya berpusat pada siswa agar pembelajaran lebih bermakna.

    ReplyDelete
  12. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Perencanaan pembelajaran matematika yang perlu dilakukan oleh guru, yaitu mulai dari perencanaan umum dan khusus. Perencanaan umum ini menyangkut pada hal yang lebih umum seperti teori belajar yang digunakan. Kita sebagai guru perlu melihat teori yang kita gunakan sudah cocok apa belum dengan pembelajaran yang diharapkan pada abad ini. Selanjutnya perencanaan khusus berkaitan dengan apa dan bagaimana pembelajaran yang akan dilakukan, mulai dari RPP, LKS, media yang akan digunakan dan lainnya. termasuk kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran dan mengatur waktunya bagaimana.

    ReplyDelete
  13. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Artikel di atas bermanfaat khususnya untuk guru dalam persiapan pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran yang telah diuraikan di atas dapat digunakan sebagai acuan untuk menyusun rencana pembelajaran, sehingga dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan berjalan lebih efektif dan efisien. Persiapan pembelajaran ini terdiri dari persiapan umum dan persiapan khusus. Guru dituntut untuk mengembangkan materi pelajaran, tidak hanya terpaku pada buku pelajaran saja, namun bisa dari internet, pengalaman, maupun lingkungan. Karena sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan guru itu sendiri. Selain itu, guru harus mampu mengembangkan LKS sebagai alat bantu. LKS di sini tidak sekedar berisi kumpulan soal saja, namun guru dapat memberikan berbagai informasi, nilai moral maupun hal lain yang dapat membantu proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Namun, memang benar seperti yang telah diungkapkan bahwa kebanyakan guru masih menerapkan pembelajaran tradisional yang lebih menekankan pada transfer of knowledge saja. Yang membuat saya tertarik dari artikel di atas, yaitu adanya anggapan siswa sebagai Empty Vessel. Seolah-olah guru yang mengusai seluruh kegiatan belajar mengajar dan siswa hanya patuh mengikuti gurunya saja (tong kosong).
    Oleh karena itu, diperlukan adanya perubahan paradigma pembelajaran yang mengarahkan siswa lebih aktif, mandiri, dan kreatif. Dan hendaknya diantara guru dengan siswa tidak ada jurang pembatas yang menganggap guru sebagai satu-satunya sumber belajar di kelas.

    ReplyDelete
  15. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Perencanaan pembelajaran matematika sangat penting untuk dilakukan sebelum dilaksanakannya pembelajaran. Perencanaan meliputi pembuatan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, penilaian dalam pembelajaran, dll. Perencanaan yang baik akan berakibat pada pembelajaran yang baik dan hasil pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, guru harus mengetahui model pembelajaran apa yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran, LKS yang bagaimana yang bisa membuat siswa kreatif dan inovatif mengkonstruk pengetahuannya sendiri, soal seperti apa yang bisa membuat siswa mengeluarkan kemampuannya untuk memecahkan masalah, dll.

    ReplyDelete
  16. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perencanaan Pembelajaran Matematika sangat penting untuk guru. Perencanaan pembelajaran matematika akan mempengaruhi keterlaksanaan proses pembelajaran matematika. Perencanaan pembelajaran matematika mengarahkan guru untuk melaksanakan pembelajaran matematika di kelas lebih terkontrol. RPP dan LKS adalah hal utama yang diperlukan agar tercapainya proses pembelajaran matematika di kelas. Sehingga guru harus benar-benar memiliki persiapan yang matang untuk melaksanakan proses pembelajaran matematika agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika baik tujuan umum maupun tujuan khusus.

    ReplyDelete
  17. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    ada pepatah mengatakan "naik panggung penuh persiapan, turun panggung penuh penghormatan" sesuatu yang baik datang ketika dipersiapkan dengan baik pula. hal tersebut berlaku juga dalam proses pembelajaran, untuk terwujudnya tujuan pendidikan dan tujuan guru, maka perlu adanya persiapan yang matang oleh guru, yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran matematika, perencanaan ini penting sebagai acuan guru dalam melakukan pembelajaran, sehingga saat mengajar guru tidak bingung alur megajarnya.

    ReplyDelete
  18. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    guru harus merencanakan pembelajaran yang bagaimana akan diajarkan kepada siswa. Dalam pembelajaran juga penting menggunakan suatu metode mengajar. Sebaiknya metode yang digunakan merupakan metode yang inovatif bukan metode tradisional sehingga dalam pembelajaran siswa aktif untuk menyelesaikan masalahnya dan menarik kesimpulan sendiri.

    ReplyDelete
  19. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perencanaan pembelajaran sangat penting bagi seorang guru, karena di dalam perencanaan tertulis semua kegiatan pembelajaran, jadi diharapkan dalam rencana pembelajaran dibuat sedetail mungkin, sehingga apabila ada kesalahan teknis dalam kelas dapat teratasi dengan baik.

    ReplyDelete
  20. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan pembelajaran matemarika dibedakan menjadi 2, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian, teori tentang pembelajaran inovatif beserta implementasinya, dengan melihat hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika

    ReplyDelete
  21. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan khusus pembelajaran matematika meliputi persiapan pembelajaran di kelas, berkaitan dengan analisis kurikulum dan pada akhirnya menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dalam persiapan khusus diperlukan skema, antara lain struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media atau alat bantu pembelajaran, dan variasi sumber belajar

    ReplyDelete
  22. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan pembelajaran matematika sangat mempengaruhi pembelajaran yang akan dilaksanakan, apakah masih menerapkan pembelajaran teacher centered atau sudah menggeser paradigma menjadi pembelajaran student centered. Oleh karenanya, guru benar-benar mempersiapkan pembelajaran matematika dengan matang, dan sesuai dengan kedua persiapan pembelajaran matematika seperti yang disebutkan di postingan atas.

    ReplyDelete
  23. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika, mahasiswa sebagai calon guru diharapkan dapat belajar memahami dan menerapkan persiapan umum dan persiapan khusus pembelajaran matematika. Semakin matang persiapan yang dilakukan, akan semakin mendekati pembelajaran yang ideal. Tentunya dengan mempertimbangkan keserasian antara persiapan guru dengan siswa itu sendiri

    ReplyDelete
  24. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seorang guru memiliki tugas untuk melayani, dan menjadi fasilitator dalam belajar siswa. Untuk dapat melayani dengan maksimal pembelajaran harus direncanakan. Dengan demikian pembelajaran akan menjadi pembelajaran yang inovatif. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru terbagi atas dua persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus.dalam persiapan khusus yang pada akhirnya menjadi RPP guru dapat merancang pembelajaran yang inovatif dan berfariasi yang sesuai dengan kurikulum dan karakter siswa.

    ReplyDelete
  25. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam perencanaan guru juga dapat mempersiapkan media apa yang dapat digunakan dalam pembelajaran, seperti LKS. Guru yang profesional akan membuat LKSnya sendiri yang akan lebih sesuai dengan karakteristik siswanya. Namun LKS yang dibuat jangan hanya berisi soal soal latihan saja, melainkan LKS tersebut juga berisi informasi informasi yang dibutuhkan oleh siwa dalam pembelajaran, dengan demikian siswa dapat melakukan apersepsi dan melakukan persiapan baik secara fisik dan psikis dalam mempelajari pelajaran matematika. Semakin baik persiapan yang dilakukan oleh guru, maka proses pembelajaran juga akan menjadi semakin baik.

    ReplyDelete
  26. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru dituntut untuk menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran yang mengaktifkan interaksi antara guru dan siswa, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang telah dilakukan oleh pemerintah antara lain dengan diadakannya sertifikasi guru, penyempurnaan kurikulum dan penataran- penataran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
    Sesuai dengan kenyataan di lapangan, pada umumnya proses belajar mengajar di kelas masih banyak menggunakan metode ceramah sehingga seringkali proses belajar dan hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pola pembelajaran yang terpusat pada guru akan memberikan dampak negative pada siswa diantaranya siswa menjadi pasif, siswa menjadi kurang kreatif dan jika mengandalkan penjelasan dari guru saja, maka informasi yang akan diterima sangat terbatas dan sedikit.

    ReplyDelete
  27. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Merupakan sumber bacaan yg menarik bagi kami mahasiswa calon tenaga pengajar, dimana melalui artikel ini saya secara pribadi menyimpulkan bahwa "tantangan" untuk merencanakan pembelajaran matematika dikemudian hari adalah tugas utama kami calon penerus estafet pendidikan nasional bangsa kita. Perpaduan antara hard skill dan soft skill yang harus dilatih, dikuasai, serta diterapkan untuk memfasilitasi kebutuhan serta kemampuan peserta didik yang berbeda-beda ketika besok kami terjun di lapangan.

    ReplyDelete
  28. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mata kuliah persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.
    Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.
    Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013.
    Sementara saya menemukan dari jurusan lain di fakultas lain, pengenalan dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran ini masih sangat minim.
    Dalam mata kuliah yang diajarkan pada semseter 4 dan 5, mahasiswa mempelajari pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013.
    Maka dalam program sertifikasi guru, alangkah lebih baik jika mata kuliah mengenai persiapan pembelajaran ini juga diajarkan kembali agar informasi yang diperoleh guru lebih up to date sesuai dengan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  29. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perencanaan pembelajran khususnnya dalam pembelajaran matika adalah sangat penting. Karena untuk pelaksanakan pembelajran matematika maka guru harus memahami keluesan dari objek matematka yang akan dipelajari dan direduksi agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapka. Salah satunya guru merencanakan dan harus membuat istrumen bervariasi untuk pekerjaan siswa sehingga siswa dalam pelakasanannya nati dapat terakomodasi.

    ReplyDelete
  30. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Tantangan menjadi seorang guru sangat lah banyak, mereka bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru selain memahami hal-hal di atas tetapi juga harus mampu mengoperasikan perangkat tekhnologi. Menurut pengalaman pribadi saya, misalnya seorang guru harus mampu menyusun RPP dan perangkat pembelajaran, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum mampu mengetik pada microsoft word, masih banyak guru kita yang buta internet, bagaimana cara mendownload bahan dari internet, dsb. Jadi menurut hemat saya , seorang guru selain diberi materi kuliah seperti di atas juga harus dibarengi dengan pelatihan penguasaan pengoperasian tekhnologi informasi.

    ReplyDelete
  31. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Pembelajaran matematika yang baik adalah pembelajaran yang mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut maka disusunlah rencana pembelajaran agar pelaksaan pembelajaran lebih tertata dan sesuai harapan. Adanya perencanaan pembelajaran akan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Tidak ada proses atau metode yang paling baik digunakan dalam pengajaran, oleh karenanya guru hendak menjadi fasilitator untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan siswa-siswanya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  32. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Saya setuju dengan pendapat dalam tulisan tersebt bahwa bahan ajar terbaik adalah yang dibuat sendiri oleh guru. Hal tersebut dikarenakan guru adalah orang yang paling memahami karakter peserta didiknya sehingga dapat mengembangkan bahan ajar sesuai dengan karakter siswanya. Oleh karena itu kemampuan guru dalam mengembangkan materi bahan ajar menjadi sangat berpengaruh pada pemahaman siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  33. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Perkuliahan perencanaan pembelajaran matematika ini sangat membantu mahasiswa calon guru untuk dapat berlatih membangun pembelajaran yang baik. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat pembelajaran, sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu sarana bagi para calaon guru agar dapat meningkatkna kualitas pembelajaran yang akan mereka lakukan dilapangan secara langsung.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  34. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran matematika, hendaknya sama dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Bagaimana agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai seperti dengan yang diharapkan, maka guru harus melakukan berbagai persiapan untuk menunjang pembelajaran.

    ReplyDelete
  35. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan adanya persiapan, suatu pembelajaran akan tersusun secara sistematis. Sehingga guru dapat menentukan metode pembelajaran seperti apa yang akan disampaikan kepada siswa untuk memahami konsep matematika guna mencapai tujuan belajar yang telah dirumuskan yang berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  36. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Seiring perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembelajaran di kelas yang semula lebih berorientasi pada teacher-centered dituntut untuk berubah menjadi pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif yang lebih berorientasi pada paradigma konstruktivisme dimana pembelajarannya bersifat student-centered tidaklah mudah untuk diterapkan karena memerlukan kesiapan di antara guru dan siswa agar keduanya dapat beradaptasi dengan paradigma pembelajaran yang baru. Persiapan pembelajaran matematika yang dapat dilakukan guru terbagi atas dua yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum yang mengacu pada filsafat pendidikan matematika sementara persiapan khusus mengacu pada hal-hal yang bersifat teknis dalam pembelajaran matematika seperti RPP, media pembelajaran, sumber pembelajaran, strategi belajar mengajar.

    ReplyDelete
  37. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Banyak rambu-rambu yang harus dipatuhi agar menjadi guru yang sebenar-benarnya. Program sertifikasi guru merupakan program yang bagus, karena dapat memberdayakan guru dan memotivasi agar terus belajar hingga menjadi guru yang profesional. Namun pada saat sekarang ini, banyak guru yang hanya ingin mengejar sertifikasi saja tetapi tidak berbanding lurus dengan hasil kinerjanya. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Bank Dunia menyatakan bahwa sertifikasi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru.

    ReplyDelete
  38. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Banyak rambu-rambu yang harus dipatuhi agar menjadi guru yang sebenar-benarnya. Program sertifikasi guru merupakan program yang bagus, karena dapat memberdayakan guru dan memotivasi agar terus belajar hingga menjadi guru yang profesional. Namun pada saat sekarang ini, banyak guru yang hanya ingin mengejar sertifikasi saja tetapi tidak berbanding lurus dengan hasil kinerjanya. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Bank Dunia menyatakan bahwa sertifikasi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru.

    ReplyDelete
  39. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Merencanakan pembelajaran matematika tentu menjadi salah satu kegiatan yang penting yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika. Perencanaan yang dilakukan oleh guru juga mmenjadi salah satu indikator berhasil tidaknya pembelajaran yang dilaksanakan. Persiapan pembelajaran dapat menjadi referensi atau pedoman kita dalam melaksanakan pembelajaran. Rancangan pembelajaran yang dibuat tentu terlebih dahhulu memperhatikan kondisis dan keadaan siswa-siswanya sehingga pembelajaran yang dilaksanakanpun dapat dirasakan manfaatnya oleh para siswa

    ReplyDelete
  40. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Dalam proses pembelajaran, perencaan sangat perlu dilakukan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Perencanaan pembelajaran merupakan tanggung jawab guru, yang dibuat untuk mengonsep ide terhadap apa yang akan dilakukan demi suksesnya tujuan yang diinginkan. Dalam perencaan memuat tujuan pembelajaran, materi yang akan disampaikan, kemudian metode yang akan disampaikan, terakhir adalah evaluasi. Guru harus mengonsep pembelajaran sedemikian rupa sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, juga suasananya.

    ReplyDelete
  41. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Tantangan menjadi seorang guru sangat lah banyak, mereka bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru selain memahami hal-hal di atas tetapi juga harus mampu mengoperasikan perangkat tekhnologi. Menurut pengalaman pribadi saya, misalnya seorang guru harus mampu menyusun RPP dan perangkat pembelajaran, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum mampu mengetik pada microsoft word, masih banyak guru kita yang buta internet, bagaimana cara mendownload bahan dari internet, dsb. Jadi menurut hemat saya , seorang guru selain diberi materi kuliah seperti di atas juga harus dibarengi dengan pelatihan penguasaan pengoperasian tekhnologi informasi.

    ReplyDelete
  42. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dalam perencanaan pebelajaran matematika terdapat 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapa umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan, pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas yang pada akhirnya menghasilkan RPP(Lesson Plan). Baik persiapan umum maupun persiapan khusus diharapkan mampu menggeser paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sebagai fasilitator siswa dalam proses pembelajaran, peran guru sangat penting agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik.
    Agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik, para guru atau calon guru harus mampu: 1. Memahami dan mengimplementasikan persiapan umum dan khusus pembelajaran matematika, 2. Melakukan kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya, 3. Mampu mengimplementasikan hakekat matematika sekolah, 4. Dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar di sekolah, 5. Dapat mengimplementasikan metode, penilaian, sumber belajar, struktur, skema pencapaian, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media, variasi sumber belajar, dan RPP yang sesuai dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  43. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam proses belajar mengajar perencanaan dalam pembelajaran sangat penting dan mempunyai peranan yang sangat krusial. Karena perencanaan merupakan tolak ukur dan pedoman mau dibawa kearah mana pembelajaran yang guru lakukan, dan kompetensi apa saja yang menjadi sasaran guru dalam melakuka pembelajaran. Maka dari itu guru harus giat dan tidak boleh malas dalam membuat perencanaan pengajaran terutama dalam K13 yang lebih banyak menutut guru hanya sebagai mediator dalam proses belajar mengajar dikelas.

    ReplyDelete
  44. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Perencanaan dalam Pembelajaran Matematika sangat lah penting. Seorang guru dalam menyusun suatu rencana pembelajaran seharusnya memperhatikan hakekat matematika sekolah; hakekat tujuan pendidikan matematika; hakekat tugas dan fungsi guru matematika; hakekat siswa belajar matematika; hakekat metode pembelajaran matematika; hakekat penilaian pembelajaran matematika; hakekat sumber belajar matematika. Sehingga Rencana Pembelajaran (RPP) yang dibuat, benar-benar diimplementasikan dalam pembelajaran. Akan tetapi pada prakteknya saat ini, dalam menyusun rencana pembelajaran (RPP) guru hanya berpikir untuk memenuhi persyaratan administrasi saja.

    ReplyDelete
  45. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak atas informasi tentang perencanaan pembelajaran matematika.
    Perencanaan yang luar biasa untuk bisa menggeser paradigma berpusat pada guru ke berpusat pada siswa. Setelah membaca, saya menyadari bahwa tanggung jawab dan tantangan untuk menjadi seorang guru itu tidak mudah. Perlu banyak bekal agar mampu memberikan yang terbaik untuk siswa dan untuk pendidikan di Indonesia. Banyak hal yang harus dipelajari terus menerus untuk menggapai pembelajaran yang inovatif. Termasuk belajar dalam perencanaan pembelajaran.

    ReplyDelete
  46. Tri Wulaningrum
    PEP S2 B
    17701251032

    Terimakasih Prof, benar-benar ini sangat bermanfaat
    Terkait persiapan khusus, menghasilkan RPP. Saya melihat di sinilah keseriusan guru diuji. Betapa tidak? Sebelum pembelajaran dimulai, guru harus menetapkan metode pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Dulu, sewaktu PPL, saya menyaksikan betapa sibuknya teman-teman saya yang mengambil prodi keguruan. Maksut saya, betapa beratnya tugas mereka, mereka kala itu diinstruksikan menyusun RPP. Dari sinilah, saya semakin mengagumi profesi guru. Secara profesional maupun secara moral, mereka lah yang membawa kita sampai pada titik ini.

    Terkait dengan persiapan pembelajaran seluruhnya, saya rasa “persiapan” adalah penting. Melalui persiapan yang matang akan dihasilkan implementasi yang baik dan efektif.

    ReplyDelete
  47. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Perencanaan, persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Keempat faktor tersebut sangat penting dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika. Perencanaan dalam pendidikan dituangkan dalam proses persiapan. Pada proses persiapan, konsep yang sudah direncanakan akan dituangkan ke dalam RPP yang akan menjadi acuan dalam proses belajar dan mengajar. Media yang digunakan juga harus dipersiapkan, seperti buku, alat peraga, proyektor, dll. Sedangkan untuk menjalankan proses pelaksanaan pembelajaran matematika dari awal hingga akhir atau pada tahap pelaksanaan harus berpatokan pada RPP yang sudah disusun. Untuk proses evaluasi, tidak hanya evaluasi hasil belajarnya saja, melainkan bagaimana proses dia belajar .

    ReplyDelete
  48. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Perencanaan pembelajaran matematika yang perlu dilakukan oleh guru meliputi berbagai macam hal. Berdasarkan elegi ini, persiapan tersebut dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Perencanaan pembelajaran ini penting untuk diperhatikan oleh guru. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tanpa perencanaan tidak akan mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Proses pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik akan lebih efektif karena guru telah memiliki persiapan mengenai apa yang harus dilakukan mulai dari membangkitkan motivasi pada siswa hingga melakukan refleksi. Maka kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran akan sangat menentukan keberhasilan pembelajaran karena gurulah yang lebih memahami karakteristik dan keutuhan masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  49. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.

    Sebelum melakukan kegiatan proses belajar mengajar matematika seorang guru diharuskan siap ketika beradaptasi di dalam kelas dengan siswa.Terlepas dari mempersiapkan diri sendiri, tak kalah pentingnya juga adanya persiapan di dalam pembelajaran matematika yaitu persiapan umum dan persiapan khusus sepertik yang dijelaskan di atas.Terkait dengan persiapan khusus seperti RPP, LKS, dan buku panduan mengajar ,ini adalah hal yang pokok di dalam proses belajar mengajar.Proses dan cara mengajar diharapkan sesuai dengan pendekatan yang dipilih sebagaimana yang tertera di dalam RPP.Tujuannya agar kegiatan mengajar sesuai dengan konsep yang telah dirancang guna mencapai proses belajar mengajar yang sistematis.

    ReplyDelete
  50. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Seorang guru yang profesional harus mempersiapkan perangkat pembelajarannya jauh sebelum pembelajaran awal semester. Khususnya RPP, karena dengan adanya persiapan guru memiliki pedoman hal-hal apa yang akan dilakukan di kelas. Tetapi pada kenyataanya, sangat sedikit guru yang betul-betul mempersiapkan perangkat tersebut. Padahal dengan adanya RPP maka kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara terkontrol dan sistematis. Guru dan peserta didik dapat mengetahui dengan pasti tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan cara mencapainya.

    ReplyDelete
  51. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    mengemban profesi sebagai seorang guru, khususnya guru matematika, semestinya kita terus berusaha berkembang untuk bisa menjadi guru yang profesional. Tujuan-tujuan khusus yang disebutkan di atas dapatp dijadikan sebagai indikator untuk mengukur pemahaman guru tentang profesi sebagai guru matematika.

    ReplyDelete
  52. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Sebelum melaksanakan pembelajaran matematika guru harus membuat sebuah perencanaan yang disusun dalam bentuk rencana pelaksaan pembelajaran (RPP). Hal ini bertujuan agar guru mempunyai konsep yang jelas dalam mengelola kelas ketika pembelajaran berlangsung. Di dalam RPP guru harus menentukan metode atau pendekatan yang cocok dengan jenis materi dan karakter siswa, agar para siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran matematika yang di fasilitasi oleh guru.

    ReplyDelete
  53. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Perencanaan yang maksimal akan mempengaruhi ketercapaian dari tujuan pembelajaran. Semakin baik rencana yang dibuat maka guru akan semakin memiliki strategi dalam mengatasi kemungkinan maslaah yang akan terjadi. Perencanaan dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Hal ini akan mendukung cara guru dalam merepresentasikan pembelajaran kepada siswanya.

    ReplyDelete
  54. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    perencanaan dalam pembelajaran matematika meliputi beberpah hal yang harus dipersiapkan sebelum pembelajaran dimulai. yang perlu disiapkan adalah RPP, LKS , media jika penggunakan alat peraga. perencanaan yang baik juga akan meminimalisis kebinggungan dalam mengajar dalam kelas, dan juga persiapan yang baik akan lebih percaya diri dalam pengelolaan yang baik dalam kelas pada saat pembelajaran matematika berlangsung, sehingga perencaraan pembelajaran matematika perlu dilakukan oleh seorang guru yang tidak biasa -biasa saja. guru yang siap mengajar dengan peralatan yang sudah disiapkan akan jauh lebih kreatif dalam pembelajaran dikelas karena sealalu malakukan hal yang baru dalam perencanaanya dalam kelas.

    ReplyDelete
  55. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Rencana pembelajaran matematika itu sangat penting untuk guru atau pendidik, karena dengan adanya rencana yang telah disusun tersebut, maka pembelajaran dikelas akan terarah. Sehingga dengan pembelajaran tersebut terarah, tujuan pembelajaran akan tercapai. Dengan tercapainya tujuan belajar, maka tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran juga berhasil. Guru sebagaimana mungkin harus mengatur langkah dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikukulum dan materi di dalam rencana pembelajaran, karena itu menjadi patokan guru atau sumber pembelajaran guru dalam mengatur strategi atau skenario pembelajaran matematika didalam kelas.
    Rencana Pembelajaran itu lebih dikenal dengan RPP. RPP, LKS, dan media lainnya bisa dijadikan sumber belajar siswa untuk mencapai keberhasilan dan tujuan matematika di dalam kelas.

    ReplyDelete
  56. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Ketika seseorang berniat menjadi seorang pendidik, orang tersebut tidk hanya harus siap dalam hal kematangan ilmu tentang materi yang akan dipelajari namun juga harus bertanggung jawab dalam pelaksanaan pembelajaran dalam kelas. Pembelajaran dalam kelas tentunya akan terlaksana dengan baik jika persiapannya juga matang, termasuk menyiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa serta metode pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  57. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dibutuhkan persiapan dan perencaan yang matang. Hal ini bertujuan agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Maka disinilah peran guru untuk menyiapkan pembelajaran dengan baik, dimana dibutuhkan persiapan umum dan persiapan khusus seperti yang dijabarkan dalam tulisan diatas.
    Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tanpa persiapan yang matang, akan menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran dan bahkan yang lebih buruk lagi adalah tujuan dari pembelajaran tersebut tidak akan tercapai. Maka pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan persiapan yang matang akan menciptakan suasana yang kondusif sehingga baik guru maupun siswa merasakan atmosfir pembelajaran yang menyenangkan dan tujuan pembelajaran juga akan tercapai. Dengan demikian memang guru diharuskan melakukan berbagai persiapan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kemampuan siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  58. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Perencanaan pembelajaran matematika merupakan hal penting yang harus disediakan oleh guru di dalam proses belajar mengajar. Dengan membuat perncanaan guru mempunyai acuan yang jelas pada saat mengajar, selain itu guru juga dapat membuat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kemampuan yang siswa miliki.

    ReplyDelete
  59. Junianto
    17709251065
    PM C

    Sebelum melaksanakan pembelajaran, tentu persiapan yang matang sangat diperlukan. Hal ini dilakukan agar apa yang akan disampaiakan lebih terorganisir dan bisa mencapai tujuan. Menurut saya, persiapan yang matang juga termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan oleh berhasil atau tidak proses pembelajaran juga ditentukan oleh berhasil atau tidaknya perencanaan pembelajaran. Maka dari itu, metode/ strategi apapun yang akan digunakan perlu dilakukan persiapan dengan matang.

    ReplyDelete
  60. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Variasi sumber belajar bisa membantu siswa dalam belajar di luar kelas. Karena belajar tidak hanya di kelas namun dapat dimanapun dan kapanpun. Salah satu sumber belajar yang praktis dan efisien sekarang ini adalah internet. Banyak sekali sumber belajar di internet yang open access, tugas guru disini adalah memberikan link-link terkait pembelajaran matematika, sehingga siswa bisa mem follow up link-link tersebut. Baik juga jika guru itu sendiri juga mengembangkan media sumber belajar yang bisa diakses oleh siswanya, sehingga lebih terarah.

    ReplyDelete
  61. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Mengubah paradigma pembelajaran yang awalnya berorientasi kepada guru menuju paradigma pembelajaran yang berorientasi kepada siswa memang terus menerus dilakukan. Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah dengan meyampaikan konten ini kepada mahasiswa-mahasiswa calon guru melalui mata kuliah-mata kuliah yang mereka dapatkan. Sedangkan upaya yang sudah dilakukan kepada guru yang sudah mengajar adalah dengan memasukkannya pada program-program yang dapat meningkatkan kapasitas guru seperti pelatihan-pelatihan, ppg, plpg, workshop dan sebagainya. Hanya saja masalahnya pembekalan-pembekalan seperti ini seringnya hanya berefek selama pembekalan. Ketika dihadapkan dengan dunia nyata, pembekalan yang sudah didapatkan terasa sulit untuk diterapkan. Sehingga dalam hal ini perlu adanya control dan evaluasi mengenai efek dari program-program atau pembekalan-pembekalan yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  62. Gina Sasmita pRatma
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Persiapan adalah hal yang sangat penting dilakukan ketika ingin melakukan sesuatu. Melakukan sesuatu tanpa persiapan yang matang akan memperbesar peluang bahwa yang dilakukan tersebut tidak berjalan dengan lancar. Begitupun dengan dengan mengajar, persiapan merupakan hal yang penting dilakukan guru agar proses belajar mengajar terlaksana dengan baik. Seperti yang telah dijelaskan pada postingan di atas bahwa persiapan dalam mengajar terbagi menjadi dua yakni persiapan umum dan persiapan khusus. Dengan demikian, sebagai seorang guru seyogyanya dapat mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  63. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terimakasih Prof. atas ilmu tentang perencanaan pembelajaran matematika di atas. Sebuah perencanaan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Seperti ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam melakukan pembelajaran tentu membutuhkan perencanaan yang baik agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan lancar. Selain itu pembelajaran yang akan dilakukan benar-benar akan sukses, artinya materi yang akan disampaikan bisa tersampaikan kepada peserta didik dengan baik dan benar. Bagi seorang guru, perencanaan pembelajaran sangat banyak manfaatnya, terutama dalam kesusksesan mengajar. Ketika seorang guru tidak memiliki perencanaan dalam pembelajaran tentu akan sulit dan akan bingung ketika akan menyampaikan materi pembelajaran, bahkan tujuan dari materi yang akan disampaikan terkadang menjadi tidak tersampaikan. Tentu hal itu menjadi sangat sia-sia. Peran perencanaan pembelajaran ini adalah sebagai pedoman/ rambu-rambu bagi guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, bagi seorang guru lebih baik melakukan perencanaan pembelajaran yang matang agar berhasil dalam mencapai tujuan pembelajarannya.

    ReplyDelete
  64. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Perencanaan pembelajaran yang dibuat memiliki tujuan agar kompetansi guru didalam mempersiapkan bahan ajar dan mempersiapkan diri untuk mengajar menjadi lebih baik. Alangkah baiknya jika seorang guru dapat merancang pembelajaran dengan dua tujuan yaitu tujuan khusus dan tujuan umum. Jika dua tujuan dalam rancangan pembelajaran ini tercapai pasti seorang guru memiliki kompetensi yang baik. Begitu juga dengan siswa, jika guru merancang pembelajaran dengan dua tujuan dan tujuan tercapai maka siswa juga akan mendapatkan materi dengan baik dan mereka paham akan materi yang diberikan guru.

    ReplyDelete
  65. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Perencanaan adalah tepat agar apa yang ingin dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan artikel diatas bahwa perencanaan dalam pembelajaran matematika dapat dimulai dengan menghayati tujuan dari penbelajaran itu sendiri karena dengan menghayati dan memahami tujuan pembelajaran matematika, maka guru akan mempermudah guru untuk merancang proses pembelajan dengan metode apakan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran itu. Terima Kasih

    ReplyDelete
  66. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Perencanaan sangat diperlukan dalam melakukan sebuah misi. Ya sama dengan sebelum kita mengajar di depan kelas, seorang pendidik juga harus memiliki strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran itu. agar tidak salah apalagi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka dari itu perlu adanya pengetahuan yang lebih mengenai metode pembelajaran yang sesuai denga materi yang akan disampaikan. Setelah itu produk yang dihasilkan adalah RPP yang merupakan dokumen sah yang bertujuan untuk menjadi pedoman secara nyata. Di dalam RPP pun juga terdapat LKS yang juga hal ini menjadi sesuatu yang penting dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  67. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dari pengalaman yang saya alami, pembelajaran yang berpusat pada siswa sebenarnya sudah digadang-gadang semenjak saya SMP. Masih teringat dibenak saya ketika guru saya waktu itu menjelaskan kurikulum KTSP yang baru saja diterapkan, bahwa pembelajaran pada kurikulum baru (KTSP) itu adalah pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan tidak lagi berpusat pada guru. Tapi entah mengapa pembelajaran yang saya alami saya rasa tidaklah banyak berubah. Hingga timbullah sekarang pertanyaan dalam benak saya, apakah pembelajaran sekarang ini sudah berpusat pada siswa atau masih berpusat pada guru. Seperti apakah pembelajaran berpusat pada siswa yang sesungguhnya. Menurut saya pembelajaran berpusat pada siswa pada praktiknya sukar dalam pelaksanaanya, bagaimanah solusi agar pembelajaran berpusat pada siswa efektif dan tidak memakan banyak waktu. Pembelajaran yang saya alami dari tingkat sekolah dasar sangatlah berkesan bagi hidup saya, namun semakin berlanjut tingkat sekolah saya semakin berkurang kesan belajar yang saya rasakan, sebenarnya apa yang sebenarnya terjadi.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  68. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Terimakasih untuk contoh perencaan pembelajaran yang prof berikan. Hal ini akan membuat pembelajar mengertia arah dari kegiatan belajar-mengajar yang akan dilakukan. Dalam merencanakan pembelajaran yang ada, kita harus memperhatikan metode yang akan digunakan. Karena pada dasarnya kita memerlukan metode yang dapat memahami siswa. Bukan metode yang hanya mempermudah guru dalam menyampaikan namun susah dipahami siswa.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  69. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Penyusunan perangkat pembelajaran dan perencanaan desain pembelajaran adalah aspek yang sangat penting dan merupakan tanggung jawab utama dari seorang guru. Perangkat yang dikembangkan diharapkan tidak lagi merupakan copy paste dari yang sudah ada, karena penyusunan perangkat harus disesuaikan dengan kondisi sekolah dan latar belakang siswa. Guru juga bisa menerapkan model, metode, atau strategi secara bergantian untuk melihat efektivitas penerapannya. Bisa jadi pada skolah yang sama terdapat penerapan model yang berbeda namun merupakan hasil terbaik di kelas yang berbeda-beda sehingga guru harus mampu menyesuaikan karakter siswa dan ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah. Semakin detail rangangan pembelajaran maka smakin baik kualitas perencanana pembelajarannya.

    ReplyDelete
  70. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pembelajaran matematika haruslah dipersiapkan dengan sangat matang karena matematika memang bukan pelajaran yang menggunakan sekedar logika tapi juga runtutan langkah yang sistematis. Persiapan dituangkan ke dalam perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang disusun tidaklah selalu sama dari tahun ke tahun. Hendaknya perangkat pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  71. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Perencanaan pembelajaran matematika ini tidak hanya bermanfaat bagi guru, tetapi juga akan berdampak bagi pemahaman siswa. Hal ini karena RPP merupakan landasan atau acuan pokok seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Seorang guru hendaknya mengkomunikasikan RPPnya kepada siswanya agar siswa dapat mengerti dan memahami tujuan, aspek yang harus dicapai, dan berapakah nilai minimal ketuntasannya. Ini tentunya akan berdampak pada tingkat pemahaman dan usaha siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung. RPP ini tidak menjadikan suatu suasana belajar yang kaku dan statis, akan tetapi guru dapat melakukan pengembangan dan melakukan inovasi terhadap metode pembelajarannya sehingga siswa tidak merasa bosan dan terbebani dengan pelajaran tersebut. Namun kesemua itu tetap harus pada tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  72. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan merupakan hal yang sangat pengting bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengqan baik dan lancar. Hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan sebuah pembelajaran adalah kondisi siswa, kondisi guru, fasilitas, dan hal lain yang berkaitan dengan siswa maupun guru.

    ReplyDelete
  73. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Persiapan mengajar harus matang, sebab inilah 'profil' guru dalam mengajar. Kesiapan menentukan jalannya pembelajaran. Seringkali guru masih membuat persiapan sekedar administrasi yang harus dibuat. Seakan itu beban.
    Persiapan pembelajaran adalah kerangka besar cita cita yang hendak dicapai guru bersama siswa.
    Mulai dari akhir dalam pikiran. Apa yang Akan diharapkan dapat dipahami anak. Bagaimana evaluasi (penilaian telah didesain di awal). Setelah itu rancangan kegiatan yang menarik bagi anak sekaligus menjadi jalan mencapai tujuan.
    Mudah diucap, Tak mudah dilakukan. Tak hanya sekedar bersedia, namun Juga 'engage' pikiran Dan hati dalam persiapan ini.
    Semoga Saya Dan para guru setia menggapai persiapan pembelajaran.

    ReplyDelete
  74. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kuliah Persiapan Pembelajaran Matematika ini mengupas tuntas semua persiapan pembelajaran mulai dari persiapan umum hingga khusus. Persiapan umum berupa penyusunan perangkat pembelajaran dari target pencapaian SK/KD yang kemudian ditelusuri hingga RPP hingga penyusunan media pembelajaran, persiapan sebelum masuk kelas, apa saja yang perlu dibawa, apa yang perlu disiapkan dan lain-lain. Kegiatan persiapan belajar mengajar di jelaskan disini, mungkin terkadang perlu ada praktik persiapan khusus dan sebagainya.

    ReplyDelete
  75. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya rasa Program Sertifikasi Jalur merupakan salah satu cara untuk meng-upgrade kemampuan guru dalam bidang pedagogik. Hal ini diperlukan agar guru berada di jalan yang benar dalam mengajar. Maksud saya saat guru telah lama lulus dalam sarjanannya dan dia sudah lama dalam mengajar tanpa mengikuti pelatihan atau program seperti ini, maka dia tidak ada media untuk belajar pengajaran yang baru. Hal ini akan menyebabkan cara guru dalam mengajar juga akan tidak sesuai dengan kondisi zaman dan siswa yang dihadapi. Guru yang memiliki pengalaman lebih banyak dari ssiwa jangan sampai menjadi gelagapan saat ditanyakan teknologi pembelajran yang dirinya belum mengetahui teknologi tersebut karena dia tidak mau mempelajari hal yang baru. Bagaimana seornag guru dapat mengharapkan sisa utnuk terus belajr namun dirinya sendiri tidak mau belajar.

    ReplyDelete
  76. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Secara garis besar dalam pembelajaran tentu penting dilakukannya perencanaan atau persiapan. Dimana ada 2 hal yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum yang berkaitan dengan Teori dan paradigma Pendidikan dan Pembelajaran Matematika yang Inovatif dan implementasinya. Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas. sehingga menjadi tugas dan kerjasama yang baik antara sekolah dan guru bagaimana mewujudkan pembelajaran matematika yang inovatif dan efektif.

    ReplyDelete
  77. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Secara realitasnya maka persiapan ini akan tertuang dalam bentuk RPP yang mana seharusnya RPP ini dikembangkan dan dibuat oleh guru sekolah. Namun yang saya dapatkan dilapangan RPP yang dipakai oleh guru adalah RPP yang didapat dari kegiatan perkumpulan guru matematika sedaerah, yang menurut saya tentu ini akan berbeda jika diterapkan pada sekoalah tertentu, karena karakter siswa yang diajarkan dan kebutuhannya berbeda. Realisasi yang lainnya yaitu berupa LKS dan alat peraga lain yang semestinya juga dikembangkan oleh guru matapelajaran sendiri.

    ReplyDelete
  78. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Sebuah keberhasilan pembelajaran dipengaruhi banyak faktor, diantaranya yakni proses pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran yang baik, di pengaruhi oleh perencanaan yang baik pula. Karena adanya perencanaan maka pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif maka beberapa manfaat dari perencanaan pengajaran ialah sebagai berikut: Petunjuk arah dalam mencapai tujuan, Pola dasar dalam mengukur tugas dalam wewenang bagi setiap unsure yang terlibat dalam pengajaran, Pedoman kerja bagi setiap unsure meliputi guru siswa, Alat ukur efektifitas pelaksanaan pengajaran. Menghemat waktu, tenaga, tenaga, alat dan juga biaya dalam pengajaran. Menghindari duplikasi dalam pemberian materi pengajaran.

    ReplyDelete
  79. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas penjabaran persiapan pembelajaran matematika di atas. Sangat bermanfaat bagi kami calon pendidik. Untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran tentu membutuhkan persiapan. Persiapan yang dilakukan guru dipengaruhi oleh pemahamannya terkait aspek-aspek pendidikan, baik itu strategi pembelajaran, sumber belajar, LKS, struktur pembelajaran maupun hal lainnya. Pembelajaran dengan persiapan akan melahirkan proses pembelajaran yang terarah. Maka penting bagi guru untuk melakukan persiapan baik itu persiapan umum maupun persiapan khusus.

    ReplyDelete
  80. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Perencanaan pembelajaran matematika terkait dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang dilakukan oleh guru. Didalam RPP terdapat berbagai macam komponen seperti tahap-tahap kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar. Sumber belajar sebaiknya dibuat oleh guru sendiri. Hal ini dilakukan karena gurulah yang lebih mengetahui karakteristik anak didiknya. Sehingga guru sendirilah yang juga paling mengetahui metode apa yang paling cocok diterapkan pada anak didiknya.

    ReplyDelete
  81. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pembelajaran matematika adalah sesuatu yang kompleks yang didalamnya mencakup hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran, hakekat penilaian, serta hakekat sumber belajar matematika. Oleh karena itu, guru wajib memahami semua elemen tersebut serta mampu mengimplementasikannya dalam pembelajaran, terlebih untuk mengubah paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru harus siap untuk merubah pola pikirnya agar dapat menjadi guru yang inovatif dan tujuan pembelajaran (baik menyangkut aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik) dapat tercapai.

    ReplyDelete
  82. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Salah satu persiapan pembelajaran matematika adalah persiapan khusus, dalam persiapan khusus lebih kita kenal dengan RPP (lesson plan). RPP merupakan rencana guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas, namun terkadang apa yang sudah direncanakan guru tidak sesuai dengan kenyataan, akan tetapi dengan adanya rencana, maka kegiatan dapat terstruktur dengan baik. Apapun yang terjadi di kelas setidaknya guru telah membuat perencanaan yang baik dengan membuat RPP.

    ReplyDelete
  83. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Memberikan pelatihan dalam program sertifikasi jalur pendidikan merupakan salah satu cara dalam rangka meningkatkan kualitas guru. Dan usaha-usaha serupa seperti itu tentunya sangat diperlukan. Pada artikel ini kurikulum yang dinalisis adalah KTSP. Alangkah baiknya kurikulum 2013 juga dilakukan hal yang sama. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, diperlukan perencanaan dalam pembelajarannya yaitu dengan membuat RPP (dalam hal ini terkhusus mata pelajaran matematika). Dengan adanya RPP diharapkan guru dapat lebih focus dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar maupun media pembelajaran yang perlu disiapkan.

    ReplyDelete
  84. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Perencanaan pembelajaran matematika dibuat bukan berdasarkan apa yang nanti akan dilakukan oleh guru tetapi berdasarkan bagaimana siswa belajar, bagaimana siswa membangun pengetahuannya dan bagaimana siswa memperoleh pengalaman dari apa yang dipelajarinya. Sehingga siswa tidak lagi bertindak sebagai obyek belajar tetapi menjadi subyek belajar.
    Banyak permasalahan dalam pembelajaran yang dihadapi oleh setiap guru matematika. Permasalahan yang muncul bervariasi tergantung dari karakteristik siswa maupun tempat siswa belajar. Untuk itu perlu berbagai upaya mencari solusi bagaimana setiap permasalahan dapat diselesaikan. Perlu pemikiran dan kajian yang mendalam untuk memperoleh alternatif-alternatif solusi yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete

  85. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sudah menjadi salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru termasuk dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pelaksanaan yang baik adalah RPP yang mampu memfasilitasi siswanya untuk berkembang dan hidup, artinya mereka mendapat kesempatan mendapat pengalaman yang bermakna. Guru yang baik adalah guru yang mau dan mampu untuk menjadi guru yan tidak biasa-biasa saja, artinya dia mau berusaha untuk mengenal karakteristik siswanya dan memberikan pembelajaran yang sesuai. Selain itu dia mau untuk membuat media pembelajaran seperti LKS dengan sungguh-sungguh agar sesuai dengna kebutuhan siswanya. Bukan sekedar LKS yang berupa kumpulan soal.

    ReplyDelete
  86. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Seorang guru dan calon guru harus belajar bagaimana mempersiapkan pembelajaran matematika. Perispaan untuk pembelajaran matematika ini meliputi persiapan umum dan khusus. Persiapan umum adalah tentang mempelajari bagaimana paradigma dan hakekat pembelajaran, serta kajian tentang metode-metode pembelajaran. Sedangkan persiapan khusus adalah persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran di kelas. Guru harus benar-benar memahami bagaimana kurikulum yang digunakan, materi pembelajaran, hingga akhirnya menyiapkan RPP.

    ReplyDelete
  87. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Perencaan pembelajaran merupakan tahap penting dalam mempersiapakan kegiatan belajar mengajar. Dengan perencaan yang baik maka kendala-kendala yang mungkin terjadi selama proses belajar mengajar dapat diprediksi dan dapat ditangani dengan baik. Perencanaan yang baik dapat memperlanjar proses belajar mengajar dan dapat membuat siswa belajar dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  88. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Di dalam proses pembelajaran, kemampuan guru dalam melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting karena hal ini akan memengaruhi tingkatan pemahaman dari masing-masing siswa dalam menerima materi pelajaran yang disajikan guru, yang mana memengaruhi hasil dari kegiatan pembelajaran. Penyajian materi pelajaran di dalam pembelajaran yang inovatif berkaitan dengan seperti apa struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode yang digunakan, skema variasi media serta skema sumber belajar.

    ReplyDelete
  89. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dalam pengembangan sumber belajar yakni LKS, sebenarnya guru inovatif dituntut mampu mengubah paradigma awal LKS hanyalah berisi kumpulan soal, menjadi suatu sumber belajar yang dapat dikembangkan sekreatif mungkin sesuai dengan perkembangan zaman yang diiringi pesatnya teknologi saat ini. Hal ini tentu tidak lepas dari pengembangan materi ajar yang berorientasi kepada siswa. Sehingga tujuan awal pembelajaran yang telah direncanakan sesuai dengan standar kompetensi, maupun kompetensi dasar akan tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  90. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Seorang guru memiliki tugas untuk melayani, dan menjadi fasilitator dalam belajar siswa. Untuk dapat melayani dengan maksimal pembelajaran harus direncanakan. Dengan demikian pembelajaran akan menjadi pembelajaran yang inovatif. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru terbagi atas dua persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus.dalam persiapan khusus yang pada akhirnya menjadi RPP guru dapat merancang pembelajaran yang inovatif dan berfariasi yang sesuai dengan kurikulum dan karakter siswa.

    ReplyDelete
  91. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pembelajaran matematika yang dilakukan guru perlu disiapkan dengan baik. Persiapan tersebut berupa persiapan khusus dan persiapan umum. Dengan adanya persiapan yang matang dalam pembelajarannya maka guru akan menyampaikan materi yang terkonsep. Sehingga siswa mampu meamahami materi dengan baik.

    ReplyDelete
  92. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Pembelajaran yang baik diawali dengan perencanaan pembelajaran yang baik pula. Dengan membuat perencanaan pembelajaran (RPP) dengan baik dan sistematis, diharapakan tujuan proses pembelajaran dapat tercapai. Dalam perencanaan pembelajaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru, diantaranya memilih kesesuaian antara materi dan model pembelajaran yang dilakukan. Guru juga harus menyesuaikan model pembelajaran dengan karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  93. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pembelajaran matematika agar mampu menjadi pembelajaran yang bermakna, maka harus diawali dengan guru merencanakan pembelajaran secara matang, merancang pbm yang inovatif, yang berorientasi pada siswa, pbm yang kontruktivis. Akan tetapi yang lebih pentingnya adalah guru harus mampu mengimplementasikan/melaksanakan rencan pembelajaran yang telah dibuatnya. Jangan samapi pembelajaran yang inovatif itu hanya ada dikertas saja namun tidak terlihat dalam praktenya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  94. Assalamualaikum, wr.wb.
    Merencanakan pembelajaran matematika bukanlah hal yang mudah, banyak faktor yang perlu dipikirkan oleh guru, misalnya adalah karakteristik siswa. Karena karakteristik siswa dalam satu kelas beragam maka pembelajaran mtk yang dirancang oleh guru harus dapat memfasilitasi semua siswanya tersebut untuk belajar seusai dengan potensi/kemampuannya masing-masing.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  95. Dengan adanya tujuan diatas, sangat jelas bahwa tujuan dari program sertifikasi adalah agar mahasiswa guru tersebut setelah selesai studinya dapat menjadi guru yang lebih baik dalam cara mengajar, mengetahui strategi yang cocok untuk diterapkan pada siswa, sehingga siswa dapat membagun kemampuan matematika mereka semaksimal mungkin.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  96. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Perencanaan sebelum perencanaan diperlukan untuk mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Perencanaan yang maksimal juga akan mempengaruhi ketercapaian dari tujuan pembelajaran.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  97. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran perlu direncanakan dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran erat kaitannya dengan bagaimana materi dibawa kepada siswa. MEtode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan akan meningkatkan motivasi belajar siswa, motivasi yang besar akan memberikan ruang yang cukup bagi memori untuk menyerap dan mengendapkan materi yang disajikan guru. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  98. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Jarang guru yang membuat perencanaan pembelajaran berpa SSP yang sesuai dengan arakter siswa dan materi yang disampaikan. SSP meruapakn komponen pembelajaran yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Pemilihan metode, bahan ajar, media pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan perlu dipilih dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan karakteristik materi yang akan disampaikan. Sedangkan kemampuan memilih tersebut mengharuskan guru memiliki pengaaman yang memadai. Wallhu a'lam

    ReplyDelete
  99. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas semua sumber informasi nya disajikan, saya ingin sedikit berpendapatan mengenai penyusunan RPP. Beberapa kasi yang ada di sekolah menunjukkan bahwa penyusunan RPP hanya sekedar menjadi pelengkap administrasi bagi guru. Tentunya hal ini seharusnya tidak terjadi. RPP seharusnya menjadi rancangan perencanaan yang diajdikan acuan bagi guru. Semoga ke depannya RPP dsini dapat digunkana sebaik-baiknya sesuai dengan fungsinya.

    ReplyDelete
  100. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Sebelum mengajar, seorang guru harus membuat perencanaan pembelajaran matematika yang tepat sesuai tujuan pembelajaran dan juga harus disesuaika dengan karakteristik siswa. Persiapan tersebut meliputi persiapan umum dan persiapan khusus yang telah disebutkan di atas. Dalam membuat persiapan pembelajaran matematika, guru juga harus berusaha kreatif dan inovatif agar dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan media pembelajaran yang dapat menunjang efektivitas pembelajaran.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  101. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Perencanaan pembelajaran matematika itu dilakukan oleh guru berdasarkan kondisi dan latar belakang dari siswanya. Guru harus memiliki inovasi-inovasi dalam merancang pembelajaran matematika. Oleh sebab itu maka perlu pelatihan-pelatihan guru untuk membentuk guru yang profesional yang mampu merancang pembelajaran dengan baik. Guru harus memiliki kemampuan dalam segala aspek agar guru dapat memikirkan pembelajaran kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  102. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pada hakekatnya, pembelajaran yang baik itu dimulai dengan perencanaan yang matang. Perencanaan itu dimulai dari persiapan metode dan media pembelajaran serta merancang skenario yang efektif. Namun hal ini kadang masih sering tidak dilakukan oleh kebanyakan guru. Bahkan di daerah pun masih sering ditemui guru yang sekedar copy-paste RPP dan tidak menjalankan RPP sebagaiana mestinya. Masih banyak juga guru yang sekadar mengajarkan tanpa menerapkan metode yang efektif dan mengasyikkan. Penggunaan media pembelajaranpun masih belum beragam. Diharapkan dengan adanya banyak pelatihan yng diikuti oleh para guru, kedepannya nanti pembelajaran matematika akan semakin meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  103. Jatmiko
    17703261032
    S3 Ilmu Pendidikan, Kons Mat

    Guru tanpa RPP seperti, petani tanpa membawa cangkul ke sawah.
    RPP menjadi pegangan wajib bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran, pegangan ini harus disiapkan secara matang untuk memudahkan keberlangsungan proses pembelajaran. Sebelum memnyusun guru harus tahu bagaimana kemampuan siswanya, keadaan siswanya, serta hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Kemampuan guru dalam berbagai aspek dalam membuat skenario yang kreatif dan inovatif. Skenario yang baik akan membuat proses pembelajaran yang baik pula.

    ReplyDelete
  104. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan postingan tersebut, saya memahami bahwa untuk memfasilitasi siswa dalam belajar matematika secara maksimal,seorang guru sangatlah perlu untuk mempersiapkan berbagai hal. Persiapan tersebut mulai dari pengetahuan pedagogis dan didaktis hingga mendesain pembelajaran matematika dan mengembangkan media pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  105. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Dari postingan yang berjudul "Perencanaan Pembelajaran Matematika", saya memperoleh informasi bahwa salah satu benuk perencanaan terpenting yang dilakukan oleh guru adalah mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat berupa LKS (kumpulan soal maupun sumber informasi) dan alat peraga. Guru dapat mengembangkan media pembelajaran berdasarkan referensi-referensi yang ada (misal: referensi di internet) dengan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan karakteristik siswanya.

    ReplyDelete
  106. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    Pendidikan Matematika I 2015

    Guru memerlukan perhatian yang lebih saat merencanakan pembelajaran pada siswanya. Terlebih apabila materi yang akan diajarkan memiliki tingkat kesukaran yang lebih tinggi. Guru harus menentukan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Jangan sampai penggunaan media pembelajaran justru mempersulit siswa memahami materi. Kepiawaian guru mendesain alur pembelajaran memengaruhi sikap dan motivasi belajar siswa di kelas.

    ReplyDelete
  107. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih atas artikelnya, Prof. Persiapan memang mutlak diperlukan agar pembelajaran bisa berjalan optimal, persiapan ini dibagi menajdi 2 yaitu persiapan umum dan khusus. Kemudian dalam artkel juga dijelaskan baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Selain itu, dijelaskan pula bhawa LKS bukan hanya kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. Selain itu, LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan. Sehingga seorang Guru harus mengerti karakteristik muridnya agar LKS yang dibuat bisa disesuaikan.

    ReplyDelete
  108. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dalam melakukan apapun persiapan merupakan hal yang penting, begitu juga dalam pembelajarna persiapan yang matang diperlukan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Persiapan dibedakan menjadi dua yaitu persiapan umum dan khusus. Kedua persiapan itu penting dalam keberlangsungan pembelajaran. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajarn matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dalam pembelajaran berhubungan dengan produk RPP dan LKS. Dengan perencanaan yang dilakukan dengan baik diharapkan pembelajaran yang berpusat kepada siswa dengan guru sebagai fasilitator dapat tercapai dan LKS yang ada tidak hanya berisikan kumpulan soal saja tetapi terdapat juga informasi, teori ataupun penemuan terbimbing.

    ReplyDelete
  109. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015


    Terimakasih Prof atas artikel yang sangat bermanfaat. Memng persiapan itu merupakan hal yang penting agar apa tjuan yang diinginkan dapat tercapai. Seperti dalam pembelajaran persiapan itu mutlak diperlukan agar pembelajaran nantinya bisa optimal dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Persiapan ini dibagi menjadi 2 yaitu persiapan umum dan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma yang saat ini berorientasi pada siswa bukan guru, teori pendidikan dan pembelajaran matematika yang inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi RPP dan LKS dimana LKS ini tidak hanya berupa kumpulan-kumpulan soal tetapi bisa juga berisi informasi, teori atau penemuan terbimbing.

    ReplyDelete
  110. Rosmiyati Putri UtamiMay 13, 2018 at 9:20 PM

    Rosmiyati Putri Utami
    15301241031
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dalam artikel di atas diharapkan bahwa melalui kuliah perencanaan pembelajaran matematika tercapai tujuan umum dan tujuan khusus yang meliputi calon pendidik mampu mengimplementasikan tugas guru, sumber belajar, alat peraga dan hal-hal lain dengan tepat sesuai keperluan dalam kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  111. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Persiapan dalam pembelajaran memang sangatlah penting untuk dilakukan agar pembelajaran bisa berjalan secara lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam artikel di atas, persiapan dibedakan menjadi 2 yaitu persiapan khusus dan persiapan umum. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  112. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Sebelum menjalankan kegiatan pembelajaran, terdapat dua kategori persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum berkaitan dengan kajian mengenai hal-hal yang bersifat umum seperti teori pendidikan, matematika sekolah, tujuan pendidikan mathematika, dan hekekat masing-masing komponen pembelajaran yang dipersiapkan pada persiapan khusus. Sedangkan, persiapan khusus meliputi analisi KI-KD, IPK, tujuan pembelajaran, pendekatan, strategi, dan metode, serta kegiatan penilaian. Wujud dari persiapan khusus ini merupakan skenario atau rancana pembelajaran yang sering kita sebut sebagai RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

    ReplyDelete
  113. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Pembelajaran Matematika merupakan suatu proses kompleks yang melibatkan banyak komponen di dalamnya, mulai dari materi pembelajaran, metode yang akan digunakan, media pendukung serta penilaian. Oleh karena itu, perencanaan pembelajaran diperlukan agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  114. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Persiapan pembelajaran adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik, dengan perencanaan yang abik dan matang serta memperatikan komponen-komponen pembelajaran yang sekiranya berpengaruh dalam pembelajaran mampu memberikan proses pembelajaran yang efektif serta efisien. Dengan adanya perkuliahan perencanaan pembelajaran matematika ini, diharapkan calon-calon pendidik khususnya saya pribadi, mampu memberikan serta meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah.

    ReplyDelete
  115. Monica Ansella
    15301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif, tidak cukup jika murid saja yang dituntut untuk siap mengikuti pembelajaran, guru pun juga harus siap dalam menyelenggarakan pembelajaran. Seperti yang sudah diungkapkan dalam artikel, persiapan pembelajaran terdiri dari persiapan umum dan persiapan khusus. Dalam persiapan khusus, guru harus merencanakan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan siswa agar mereka dapat membangun pengetahuannya. Menurut saya, untuk satu kali pembelajaran saja, seorang guru harus menyiapkan lebih dari satu rencana. Alasannya adalah banyak faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di dalam kelas. Mungkin saja siswa menunjukkan perkembangan yang cepat sehingga rencana pembelajaran terselesaikan dalam waktu yang lebih singkat. Kemungkinan yang kedua adalah mungkin saja siswa mengalami kemacetan belajar sehingga target dalam rencana bisa tidak terpenuhi. Kalau begini, apa yang harus dilakukan oleh guru? Oleh karena itu, menjadi guru harus pandai-pandai menghandle situasi. Satu rencana saja tidak cukup. Guru harus mengenali betul segala kemungkinan yang dapat terjadi dalam suatu pembelajaran dan bagaimana cara mengatasinya.

    ReplyDelete