Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

23 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran matematika, hendaknya sama dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Bagaimana agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai seperti dengan yang diharapkan, maka guru harus melakukan berbagai persiapan untuk menunjang pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan adanya persiapan, suatu pembelajaran akan tersusun secara sistematis. Sehingga guru dapat menentukan metode pembelajaran seperti apa yang akan disampaikan kepada siswa untuk memahami konsep matematika guna mencapai tujuan belajar yang telah dirumuskan yang berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Seiring perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembelajaran di kelas yang semula lebih berorientasi pada teacher-centered dituntut untuk berubah menjadi pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif yang lebih berorientasi pada paradigma konstruktivisme dimana pembelajarannya bersifat student-centered tidaklah mudah untuk diterapkan karena memerlukan kesiapan di antara guru dan siswa agar keduanya dapat beradaptasi dengan paradigma pembelajaran yang baru. Persiapan pembelajaran matematika yang dapat dilakukan guru terbagi atas dua yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum yang mengacu pada filsafat pendidikan matematika sementara persiapan khusus mengacu pada hal-hal yang bersifat teknis dalam pembelajaran matematika seperti RPP, media pembelajaran, sumber pembelajaran, strategi belajar mengajar.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Banyak rambu-rambu yang harus dipatuhi agar menjadi guru yang sebenar-benarnya. Program sertifikasi guru merupakan program yang bagus, karena dapat memberdayakan guru dan memotivasi agar terus belajar hingga menjadi guru yang profesional. Namun pada saat sekarang ini, banyak guru yang hanya ingin mengejar sertifikasi saja tetapi tidak berbanding lurus dengan hasil kinerjanya. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Bank Dunia menyatakan bahwa sertifikasi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru.

    ReplyDelete
  5. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Banyak rambu-rambu yang harus dipatuhi agar menjadi guru yang sebenar-benarnya. Program sertifikasi guru merupakan program yang bagus, karena dapat memberdayakan guru dan memotivasi agar terus belajar hingga menjadi guru yang profesional. Namun pada saat sekarang ini, banyak guru yang hanya ingin mengejar sertifikasi saja tetapi tidak berbanding lurus dengan hasil kinerjanya. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Bank Dunia menyatakan bahwa sertifikasi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru.

    ReplyDelete
  6. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Merencanakan pembelajaran matematika tentu menjadi salah satu kegiatan yang penting yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika. Perencanaan yang dilakukan oleh guru juga mmenjadi salah satu indikator berhasil tidaknya pembelajaran yang dilaksanakan. Persiapan pembelajaran dapat menjadi referensi atau pedoman kita dalam melaksanakan pembelajaran. Rancangan pembelajaran yang dibuat tentu terlebih dahhulu memperhatikan kondisis dan keadaan siswa-siswanya sehingga pembelajaran yang dilaksanakanpun dapat dirasakan manfaatnya oleh para siswa

    ReplyDelete
  7. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Dalam proses pembelajaran, perencaan sangat perlu dilakukan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Perencanaan pembelajaran merupakan tanggung jawab guru, yang dibuat untuk mengonsep ide terhadap apa yang akan dilakukan demi suksesnya tujuan yang diinginkan. Dalam perencaan memuat tujuan pembelajaran, materi yang akan disampaikan, kemudian metode yang akan disampaikan, terakhir adalah evaluasi. Guru harus mengonsep pembelajaran sedemikian rupa sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, juga suasananya.

    ReplyDelete
  8. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Tantangan menjadi seorang guru sangat lah banyak, mereka bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru selain memahami hal-hal di atas tetapi juga harus mampu mengoperasikan perangkat tekhnologi. Menurut pengalaman pribadi saya, misalnya seorang guru harus mampu menyusun RPP dan perangkat pembelajaran, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum mampu mengetik pada microsoft word, masih banyak guru kita yang buta internet, bagaimana cara mendownload bahan dari internet, dsb. Jadi menurut hemat saya , seorang guru selain diberi materi kuliah seperti di atas juga harus dibarengi dengan pelatihan penguasaan pengoperasian tekhnologi informasi.

    ReplyDelete
  9. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dalam perencanaan pebelajaran matematika terdapat 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapa umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan, pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas yang pada akhirnya menghasilkan RPP(Lesson Plan). Baik persiapan umum maupun persiapan khusus diharapkan mampu menggeser paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sebagai fasilitator siswa dalam proses pembelajaran, peran guru sangat penting agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik.
    Agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik, para guru atau calon guru harus mampu: 1. Memahami dan mengimplementasikan persiapan umum dan khusus pembelajaran matematika, 2. Melakukan kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya, 3. Mampu mengimplementasikan hakekat matematika sekolah, 4. Dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar di sekolah, 5. Dapat mengimplementasikan metode, penilaian, sumber belajar, struktur, skema pencapaian, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media, variasi sumber belajar, dan RPP yang sesuai dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  10. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam proses belajar mengajar perencanaan dalam pembelajaran sangat penting dan mempunyai peranan yang sangat krusial. Karena perencanaan merupakan tolak ukur dan pedoman mau dibawa kearah mana pembelajaran yang guru lakukan, dan kompetensi apa saja yang menjadi sasaran guru dalam melakuka pembelajaran. Maka dari itu guru harus giat dan tidak boleh malas dalam membuat perencanaan pengajaran terutama dalam K13 yang lebih banyak menutut guru hanya sebagai mediator dalam proses belajar mengajar dikelas.

    ReplyDelete
  11. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Perencanaan dalam Pembelajaran Matematika sangat lah penting. Seorang guru dalam menyusun suatu rencana pembelajaran seharusnya memperhatikan hakekat matematika sekolah; hakekat tujuan pendidikan matematika; hakekat tugas dan fungsi guru matematika; hakekat siswa belajar matematika; hakekat metode pembelajaran matematika; hakekat penilaian pembelajaran matematika; hakekat sumber belajar matematika. Sehingga Rencana Pembelajaran (RPP) yang dibuat, benar-benar diimplementasikan dalam pembelajaran. Akan tetapi pada prakteknya saat ini, dalam menyusun rencana pembelajaran (RPP) guru hanya berpikir untuk memenuhi persyaratan administrasi saja.

    ReplyDelete
  12. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak atas informasi tentang perencanaan pembelajaran matematika.
    Perencanaan yang luar biasa untuk bisa menggeser paradigma berpusat pada guru ke berpusat pada siswa. Setelah membaca, saya menyadari bahwa tanggung jawab dan tantangan untuk menjadi seorang guru itu tidak mudah. Perlu banyak bekal agar mampu memberikan yang terbaik untuk siswa dan untuk pendidikan di Indonesia. Banyak hal yang harus dipelajari terus menerus untuk menggapai pembelajaran yang inovatif. Termasuk belajar dalam perencanaan pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Tri Wulaningrum
    PEP S2 B
    17701251032

    Terimakasih Prof, benar-benar ini sangat bermanfaat
    Terkait persiapan khusus, menghasilkan RPP. Saya melihat di sinilah keseriusan guru diuji. Betapa tidak? Sebelum pembelajaran dimulai, guru harus menetapkan metode pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Dulu, sewaktu PPL, saya menyaksikan betapa sibuknya teman-teman saya yang mengambil prodi keguruan. Maksut saya, betapa beratnya tugas mereka, mereka kala itu diinstruksikan menyusun RPP. Dari sinilah, saya semakin mengagumi profesi guru. Secara profesional maupun secara moral, mereka lah yang membawa kita sampai pada titik ini.

    Terkait dengan persiapan pembelajaran seluruhnya, saya rasa “persiapan” adalah penting. Melalui persiapan yang matang akan dihasilkan implementasi yang baik dan efektif.

    ReplyDelete
  14. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Perencanaan, persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Keempat faktor tersebut sangat penting dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika. Perencanaan dalam pendidikan dituangkan dalam proses persiapan. Pada proses persiapan, konsep yang sudah direncanakan akan dituangkan ke dalam RPP yang akan menjadi acuan dalam proses belajar dan mengajar. Media yang digunakan juga harus dipersiapkan, seperti buku, alat peraga, proyektor, dll. Sedangkan untuk menjalankan proses pelaksanaan pembelajaran matematika dari awal hingga akhir atau pada tahap pelaksanaan harus berpatokan pada RPP yang sudah disusun. Untuk proses evaluasi, tidak hanya evaluasi hasil belajarnya saja, melainkan bagaimana proses dia belajar .

    ReplyDelete
  15. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Perencanaan pembelajaran matematika yang perlu dilakukan oleh guru meliputi berbagai macam hal. Berdasarkan elegi ini, persiapan tersebut dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Perencanaan pembelajaran ini penting untuk diperhatikan oleh guru. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tanpa perencanaan tidak akan mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Proses pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik akan lebih efektif karena guru telah memiliki persiapan mengenai apa yang harus dilakukan mulai dari membangkitkan motivasi pada siswa hingga melakukan refleksi. Maka kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran akan sangat menentukan keberhasilan pembelajaran karena gurulah yang lebih memahami karakteristik dan keutuhan masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  16. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.

    Sebelum melakukan kegiatan proses belajar mengajar matematika seorang guru diharuskan siap ketika beradaptasi di dalam kelas dengan siswa.Terlepas dari mempersiapkan diri sendiri, tak kalah pentingnya juga adanya persiapan di dalam pembelajaran matematika yaitu persiapan umum dan persiapan khusus sepertik yang dijelaskan di atas.Terkait dengan persiapan khusus seperti RPP, LKS, dan buku panduan mengajar ,ini adalah hal yang pokok di dalam proses belajar mengajar.Proses dan cara mengajar diharapkan sesuai dengan pendekatan yang dipilih sebagaimana yang tertera di dalam RPP.Tujuannya agar kegiatan mengajar sesuai dengan konsep yang telah dirancang guna mencapai proses belajar mengajar yang sistematis.

    ReplyDelete
  17. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Seorang guru yang profesional harus mempersiapkan perangkat pembelajarannya jauh sebelum pembelajaran awal semester. Khususnya RPP, karena dengan adanya persiapan guru memiliki pedoman hal-hal apa yang akan dilakukan di kelas. Tetapi pada kenyataanya, sangat sedikit guru yang betul-betul mempersiapkan perangkat tersebut. Padahal dengan adanya RPP maka kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara terkontrol dan sistematis. Guru dan peserta didik dapat mengetahui dengan pasti tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan cara mencapainya.

    ReplyDelete
  18. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    mengemban profesi sebagai seorang guru, khususnya guru matematika, semestinya kita terus berusaha berkembang untuk bisa menjadi guru yang profesional. Tujuan-tujuan khusus yang disebutkan di atas dapatp dijadikan sebagai indikator untuk mengukur pemahaman guru tentang profesi sebagai guru matematika.

    ReplyDelete
  19. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Sebelum melaksanakan pembelajaran matematika guru harus membuat sebuah perencanaan yang disusun dalam bentuk rencana pelaksaan pembelajaran (RPP). Hal ini bertujuan agar guru mempunyai konsep yang jelas dalam mengelola kelas ketika pembelajaran berlangsung. Di dalam RPP guru harus menentukan metode atau pendekatan yang cocok dengan jenis materi dan karakter siswa, agar para siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran matematika yang di fasilitasi oleh guru.

    ReplyDelete
  20. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Perencanaan yang maksimal akan mempengaruhi ketercapaian dari tujuan pembelajaran. Semakin baik rencana yang dibuat maka guru akan semakin memiliki strategi dalam mengatasi kemungkinan maslaah yang akan terjadi. Perencanaan dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Hal ini akan mendukung cara guru dalam merepresentasikan pembelajaran kepada siswanya.

    ReplyDelete
  21. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    perencanaan dalam pembelajaran matematika meliputi beberpah hal yang harus dipersiapkan sebelum pembelajaran dimulai. yang perlu disiapkan adalah RPP, LKS , media jika penggunakan alat peraga. perencanaan yang baik juga akan meminimalisis kebinggungan dalam mengajar dalam kelas, dan juga persiapan yang baik akan lebih percaya diri dalam pengelolaan yang baik dalam kelas pada saat pembelajaran matematika berlangsung, sehingga perencaraan pembelajaran matematika perlu dilakukan oleh seorang guru yang tidak biasa -biasa saja. guru yang siap mengajar dengan peralatan yang sudah disiapkan akan jauh lebih kreatif dalam pembelajaran dikelas karena sealalu malakukan hal yang baru dalam perencanaanya dalam kelas.

    ReplyDelete
  22. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Rencana pembelajaran matematika itu sangat penting untuk guru atau pendidik, karena dengan adanya rencana yang telah disusun tersebut, maka pembelajaran dikelas akan terarah. Sehingga dengan pembelajaran tersebut terarah, tujuan pembelajaran akan tercapai. Dengan tercapainya tujuan belajar, maka tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran juga berhasil. Guru sebagaimana mungkin harus mengatur langkah dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikukulum dan materi di dalam rencana pembelajaran, karena itu menjadi patokan guru atau sumber pembelajaran guru dalam mengatur strategi atau skenario pembelajaran matematika didalam kelas.
    Rencana Pembelajaran itu lebih dikenal dengan RPP. RPP, LKS, dan media lainnya bisa dijadikan sumber belajar siswa untuk mencapai keberhasilan dan tujuan matematika di dalam kelas.

    ReplyDelete
  23. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Ketika seseorang berniat menjadi seorang pendidik, orang tersebut tidk hanya harus siap dalam hal kematangan ilmu tentang materi yang akan dipelajari namun juga harus bertanggung jawab dalam pelaksanaan pembelajaran dalam kelas. Pembelajaran dalam kelas tentunya akan terlaksana dengan baik jika persiapannya juga matang, termasuk menyiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa serta metode pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete