Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

42 comments:

  1. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Perencanaan pembelajaran yang dibuat memiliki tujuan agar kompetansi guru didalam mempersiapkan bahan ajar dan mempersiapkan diri untuk mengajar menjadi lebih baik. Alangkah baiknya jika seorang guru dapat merancang pembelajaran dengan dua tujuan yaitu tujuan khusus dan tujuan umum. Jika dua tujuan dalam rancangan pembelajaran ini tercapai pasti seorang guru memiliki kompetensi yang baik. Begitu juga dengan siswa, jika guru merancang pembelajaran dengan dua tujuan dan tujuan tercapai maka siswa juga akan mendapatkan materi dengan baik dan mereka paham akan materi yang diberikan guru.

    ReplyDelete
  2. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Perencanaan adalah tepat agar apa yang ingin dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan artikel diatas bahwa perencanaan dalam pembelajaran matematika dapat dimulai dengan menghayati tujuan dari penbelajaran itu sendiri karena dengan menghayati dan memahami tujuan pembelajaran matematika, maka guru akan mempermudah guru untuk merancang proses pembelajan dengan metode apakan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran itu. Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Perencanaan sangat diperlukan dalam melakukan sebuah misi. Ya sama dengan sebelum kita mengajar di depan kelas, seorang pendidik juga harus memiliki strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran itu. agar tidak salah apalagi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka dari itu perlu adanya pengetahuan yang lebih mengenai metode pembelajaran yang sesuai denga materi yang akan disampaikan. Setelah itu produk yang dihasilkan adalah RPP yang merupakan dokumen sah yang bertujuan untuk menjadi pedoman secara nyata. Di dalam RPP pun juga terdapat LKS yang juga hal ini menjadi sesuatu yang penting dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dari pengalaman yang saya alami, pembelajaran yang berpusat pada siswa sebenarnya sudah digadang-gadang semenjak saya SMP. Masih teringat dibenak saya ketika guru saya waktu itu menjelaskan kurikulum KTSP yang baru saja diterapkan, bahwa pembelajaran pada kurikulum baru (KTSP) itu adalah pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan tidak lagi berpusat pada guru. Tapi entah mengapa pembelajaran yang saya alami saya rasa tidaklah banyak berubah. Hingga timbullah sekarang pertanyaan dalam benak saya, apakah pembelajaran sekarang ini sudah berpusat pada siswa atau masih berpusat pada guru. Seperti apakah pembelajaran berpusat pada siswa yang sesungguhnya. Menurut saya pembelajaran berpusat pada siswa pada praktiknya sukar dalam pelaksanaanya, bagaimanah solusi agar pembelajaran berpusat pada siswa efektif dan tidak memakan banyak waktu. Pembelajaran yang saya alami dari tingkat sekolah dasar sangatlah berkesan bagi hidup saya, namun semakin berlanjut tingkat sekolah saya semakin berkurang kesan belajar yang saya rasakan, sebenarnya apa yang sebenarnya terjadi.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  5. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Terimakasih untuk contoh perencaan pembelajaran yang prof berikan. Hal ini akan membuat pembelajar mengertia arah dari kegiatan belajar-mengajar yang akan dilakukan. Dalam merencanakan pembelajaran yang ada, kita harus memperhatikan metode yang akan digunakan. Karena pada dasarnya kita memerlukan metode yang dapat memahami siswa. Bukan metode yang hanya mempermudah guru dalam menyampaikan namun susah dipahami siswa.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  6. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Penyusunan perangkat pembelajaran dan perencanaan desain pembelajaran adalah aspek yang sangat penting dan merupakan tanggung jawab utama dari seorang guru. Perangkat yang dikembangkan diharapkan tidak lagi merupakan copy paste dari yang sudah ada, karena penyusunan perangkat harus disesuaikan dengan kondisi sekolah dan latar belakang siswa. Guru juga bisa menerapkan model, metode, atau strategi secara bergantian untuk melihat efektivitas penerapannya. Bisa jadi pada skolah yang sama terdapat penerapan model yang berbeda namun merupakan hasil terbaik di kelas yang berbeda-beda sehingga guru harus mampu menyesuaikan karakter siswa dan ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah. Semakin detail rangangan pembelajaran maka smakin baik kualitas perencanana pembelajarannya.

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pembelajaran matematika haruslah dipersiapkan dengan sangat matang karena matematika memang bukan pelajaran yang menggunakan sekedar logika tapi juga runtutan langkah yang sistematis. Persiapan dituangkan ke dalam perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang disusun tidaklah selalu sama dari tahun ke tahun. Hendaknya perangkat pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  8. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Perencanaan pembelajaran matematika ini tidak hanya bermanfaat bagi guru, tetapi juga akan berdampak bagi pemahaman siswa. Hal ini karena RPP merupakan landasan atau acuan pokok seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Seorang guru hendaknya mengkomunikasikan RPPnya kepada siswanya agar siswa dapat mengerti dan memahami tujuan, aspek yang harus dicapai, dan berapakah nilai minimal ketuntasannya. Ini tentunya akan berdampak pada tingkat pemahaman dan usaha siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung. RPP ini tidak menjadikan suatu suasana belajar yang kaku dan statis, akan tetapi guru dapat melakukan pengembangan dan melakukan inovasi terhadap metode pembelajarannya sehingga siswa tidak merasa bosan dan terbebani dengan pelajaran tersebut. Namun kesemua itu tetap harus pada tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan merupakan hal yang sangat pengting bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengqan baik dan lancar. Hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan sebuah pembelajaran adalah kondisi siswa, kondisi guru, fasilitas, dan hal lain yang berkaitan dengan siswa maupun guru.

    ReplyDelete
  10. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Persiapan mengajar harus matang, sebab inilah 'profil' guru dalam mengajar. Kesiapan menentukan jalannya pembelajaran. Seringkali guru masih membuat persiapan sekedar administrasi yang harus dibuat. Seakan itu beban.
    Persiapan pembelajaran adalah kerangka besar cita cita yang hendak dicapai guru bersama siswa.
    Mulai dari akhir dalam pikiran. Apa yang Akan diharapkan dapat dipahami anak. Bagaimana evaluasi (penilaian telah didesain di awal). Setelah itu rancangan kegiatan yang menarik bagi anak sekaligus menjadi jalan mencapai tujuan.
    Mudah diucap, Tak mudah dilakukan. Tak hanya sekedar bersedia, namun Juga 'engage' pikiran Dan hati dalam persiapan ini.
    Semoga Saya Dan para guru setia menggapai persiapan pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kuliah Persiapan Pembelajaran Matematika ini mengupas tuntas semua persiapan pembelajaran mulai dari persiapan umum hingga khusus. Persiapan umum berupa penyusunan perangkat pembelajaran dari target pencapaian SK/KD yang kemudian ditelusuri hingga RPP hingga penyusunan media pembelajaran, persiapan sebelum masuk kelas, apa saja yang perlu dibawa, apa yang perlu disiapkan dan lain-lain. Kegiatan persiapan belajar mengajar di jelaskan disini, mungkin terkadang perlu ada praktik persiapan khusus dan sebagainya.

    ReplyDelete
  12. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya rasa Program Sertifikasi Jalur merupakan salah satu cara untuk meng-upgrade kemampuan guru dalam bidang pedagogik. Hal ini diperlukan agar guru berada di jalan yang benar dalam mengajar. Maksud saya saat guru telah lama lulus dalam sarjanannya dan dia sudah lama dalam mengajar tanpa mengikuti pelatihan atau program seperti ini, maka dia tidak ada media untuk belajar pengajaran yang baru. Hal ini akan menyebabkan cara guru dalam mengajar juga akan tidak sesuai dengan kondisi zaman dan siswa yang dihadapi. Guru yang memiliki pengalaman lebih banyak dari ssiwa jangan sampai menjadi gelagapan saat ditanyakan teknologi pembelajran yang dirinya belum mengetahui teknologi tersebut karena dia tidak mau mempelajari hal yang baru. Bagaimana seornag guru dapat mengharapkan sisa utnuk terus belajr namun dirinya sendiri tidak mau belajar.

    ReplyDelete
  13. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Secara garis besar dalam pembelajaran tentu penting dilakukannya perencanaan atau persiapan. Dimana ada 2 hal yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum yang berkaitan dengan Teori dan paradigma Pendidikan dan Pembelajaran Matematika yang Inovatif dan implementasinya. Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas. sehingga menjadi tugas dan kerjasama yang baik antara sekolah dan guru bagaimana mewujudkan pembelajaran matematika yang inovatif dan efektif.

    ReplyDelete
  14. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Secara realitasnya maka persiapan ini akan tertuang dalam bentuk RPP yang mana seharusnya RPP ini dikembangkan dan dibuat oleh guru sekolah. Namun yang saya dapatkan dilapangan RPP yang dipakai oleh guru adalah RPP yang didapat dari kegiatan perkumpulan guru matematika sedaerah, yang menurut saya tentu ini akan berbeda jika diterapkan pada sekoalah tertentu, karena karakter siswa yang diajarkan dan kebutuhannya berbeda. Realisasi yang lainnya yaitu berupa LKS dan alat peraga lain yang semestinya juga dikembangkan oleh guru matapelajaran sendiri.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Sebuah keberhasilan pembelajaran dipengaruhi banyak faktor, diantaranya yakni proses pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran yang baik, di pengaruhi oleh perencanaan yang baik pula. Karena adanya perencanaan maka pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif maka beberapa manfaat dari perencanaan pengajaran ialah sebagai berikut: Petunjuk arah dalam mencapai tujuan, Pola dasar dalam mengukur tugas dalam wewenang bagi setiap unsure yang terlibat dalam pengajaran, Pedoman kerja bagi setiap unsure meliputi guru siswa, Alat ukur efektifitas pelaksanaan pengajaran. Menghemat waktu, tenaga, tenaga, alat dan juga biaya dalam pengajaran. Menghindari duplikasi dalam pemberian materi pengajaran.

    ReplyDelete
  16. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas penjabaran persiapan pembelajaran matematika di atas. Sangat bermanfaat bagi kami calon pendidik. Untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran tentu membutuhkan persiapan. Persiapan yang dilakukan guru dipengaruhi oleh pemahamannya terkait aspek-aspek pendidikan, baik itu strategi pembelajaran, sumber belajar, LKS, struktur pembelajaran maupun hal lainnya. Pembelajaran dengan persiapan akan melahirkan proses pembelajaran yang terarah. Maka penting bagi guru untuk melakukan persiapan baik itu persiapan umum maupun persiapan khusus.

    ReplyDelete
  17. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Perencanaan pembelajaran matematika terkait dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang dilakukan oleh guru. Didalam RPP terdapat berbagai macam komponen seperti tahap-tahap kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar. Sumber belajar sebaiknya dibuat oleh guru sendiri. Hal ini dilakukan karena gurulah yang lebih mengetahui karakteristik anak didiknya. Sehingga guru sendirilah yang juga paling mengetahui metode apa yang paling cocok diterapkan pada anak didiknya.

    ReplyDelete
  18. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pembelajaran matematika adalah sesuatu yang kompleks yang didalamnya mencakup hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran, hakekat penilaian, serta hakekat sumber belajar matematika. Oleh karena itu, guru wajib memahami semua elemen tersebut serta mampu mengimplementasikannya dalam pembelajaran, terlebih untuk mengubah paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru harus siap untuk merubah pola pikirnya agar dapat menjadi guru yang inovatif dan tujuan pembelajaran (baik menyangkut aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik) dapat tercapai.

    ReplyDelete
  19. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Salah satu persiapan pembelajaran matematika adalah persiapan khusus, dalam persiapan khusus lebih kita kenal dengan RPP (lesson plan). RPP merupakan rencana guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas, namun terkadang apa yang sudah direncanakan guru tidak sesuai dengan kenyataan, akan tetapi dengan adanya rencana, maka kegiatan dapat terstruktur dengan baik. Apapun yang terjadi di kelas setidaknya guru telah membuat perencanaan yang baik dengan membuat RPP.

    ReplyDelete
  20. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Memberikan pelatihan dalam program sertifikasi jalur pendidikan merupakan salah satu cara dalam rangka meningkatkan kualitas guru. Dan usaha-usaha serupa seperti itu tentunya sangat diperlukan. Pada artikel ini kurikulum yang dinalisis adalah KTSP. Alangkah baiknya kurikulum 2013 juga dilakukan hal yang sama. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, diperlukan perencanaan dalam pembelajarannya yaitu dengan membuat RPP (dalam hal ini terkhusus mata pelajaran matematika). Dengan adanya RPP diharapkan guru dapat lebih focus dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar maupun media pembelajaran yang perlu disiapkan.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Perencanaan pembelajaran matematika dibuat bukan berdasarkan apa yang nanti akan dilakukan oleh guru tetapi berdasarkan bagaimana siswa belajar, bagaimana siswa membangun pengetahuannya dan bagaimana siswa memperoleh pengalaman dari apa yang dipelajarinya. Sehingga siswa tidak lagi bertindak sebagai obyek belajar tetapi menjadi subyek belajar.
    Banyak permasalahan dalam pembelajaran yang dihadapi oleh setiap guru matematika. Permasalahan yang muncul bervariasi tergantung dari karakteristik siswa maupun tempat siswa belajar. Untuk itu perlu berbagai upaya mencari solusi bagaimana setiap permasalahan dapat diselesaikan. Perlu pemikiran dan kajian yang mendalam untuk memperoleh alternatif-alternatif solusi yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete

  22. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sudah menjadi salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru termasuk dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pelaksanaan yang baik adalah RPP yang mampu memfasilitasi siswanya untuk berkembang dan hidup, artinya mereka mendapat kesempatan mendapat pengalaman yang bermakna. Guru yang baik adalah guru yang mau dan mampu untuk menjadi guru yan tidak biasa-biasa saja, artinya dia mau berusaha untuk mengenal karakteristik siswanya dan memberikan pembelajaran yang sesuai. Selain itu dia mau untuk membuat media pembelajaran seperti LKS dengan sungguh-sungguh agar sesuai dengna kebutuhan siswanya. Bukan sekedar LKS yang berupa kumpulan soal.

    ReplyDelete
  23. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Seorang guru dan calon guru harus belajar bagaimana mempersiapkan pembelajaran matematika. Perispaan untuk pembelajaran matematika ini meliputi persiapan umum dan khusus. Persiapan umum adalah tentang mempelajari bagaimana paradigma dan hakekat pembelajaran, serta kajian tentang metode-metode pembelajaran. Sedangkan persiapan khusus adalah persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran di kelas. Guru harus benar-benar memahami bagaimana kurikulum yang digunakan, materi pembelajaran, hingga akhirnya menyiapkan RPP.

    ReplyDelete
  24. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Perencaan pembelajaran merupakan tahap penting dalam mempersiapakan kegiatan belajar mengajar. Dengan perencaan yang baik maka kendala-kendala yang mungkin terjadi selama proses belajar mengajar dapat diprediksi dan dapat ditangani dengan baik. Perencanaan yang baik dapat memperlanjar proses belajar mengajar dan dapat membuat siswa belajar dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  25. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Di dalam proses pembelajaran, kemampuan guru dalam melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting karena hal ini akan memengaruhi tingkatan pemahaman dari masing-masing siswa dalam menerima materi pelajaran yang disajikan guru, yang mana memengaruhi hasil dari kegiatan pembelajaran. Penyajian materi pelajaran di dalam pembelajaran yang inovatif berkaitan dengan seperti apa struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode yang digunakan, skema variasi media serta skema sumber belajar.

    ReplyDelete
  26. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dalam pengembangan sumber belajar yakni LKS, sebenarnya guru inovatif dituntut mampu mengubah paradigma awal LKS hanyalah berisi kumpulan soal, menjadi suatu sumber belajar yang dapat dikembangkan sekreatif mungkin sesuai dengan perkembangan zaman yang diiringi pesatnya teknologi saat ini. Hal ini tentu tidak lepas dari pengembangan materi ajar yang berorientasi kepada siswa. Sehingga tujuan awal pembelajaran yang telah direncanakan sesuai dengan standar kompetensi, maupun kompetensi dasar akan tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  27. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Seorang guru memiliki tugas untuk melayani, dan menjadi fasilitator dalam belajar siswa. Untuk dapat melayani dengan maksimal pembelajaran harus direncanakan. Dengan demikian pembelajaran akan menjadi pembelajaran yang inovatif. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru terbagi atas dua persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus.dalam persiapan khusus yang pada akhirnya menjadi RPP guru dapat merancang pembelajaran yang inovatif dan berfariasi yang sesuai dengan kurikulum dan karakter siswa.

    ReplyDelete
  28. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pembelajaran matematika yang dilakukan guru perlu disiapkan dengan baik. Persiapan tersebut berupa persiapan khusus dan persiapan umum. Dengan adanya persiapan yang matang dalam pembelajarannya maka guru akan menyampaikan materi yang terkonsep. Sehingga siswa mampu meamahami materi dengan baik.

    ReplyDelete
  29. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Pembelajaran yang baik diawali dengan perencanaan pembelajaran yang baik pula. Dengan membuat perencanaan pembelajaran (RPP) dengan baik dan sistematis, diharapakan tujuan proses pembelajaran dapat tercapai. Dalam perencanaan pembelajaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru, diantaranya memilih kesesuaian antara materi dan model pembelajaran yang dilakukan. Guru juga harus menyesuaikan model pembelajaran dengan karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  30. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pembelajaran matematika agar mampu menjadi pembelajaran yang bermakna, maka harus diawali dengan guru merencanakan pembelajaran secara matang, merancang pbm yang inovatif, yang berorientasi pada siswa, pbm yang kontruktivis. Akan tetapi yang lebih pentingnya adalah guru harus mampu mengimplementasikan/melaksanakan rencan pembelajaran yang telah dibuatnya. Jangan samapi pembelajaran yang inovatif itu hanya ada dikertas saja namun tidak terlihat dalam praktenya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum, wr.wb.
    Merencanakan pembelajaran matematika bukanlah hal yang mudah, banyak faktor yang perlu dipikirkan oleh guru, misalnya adalah karakteristik siswa. Karena karakteristik siswa dalam satu kelas beragam maka pembelajaran mtk yang dirancang oleh guru harus dapat memfasilitasi semua siswanya tersebut untuk belajar seusai dengan potensi/kemampuannya masing-masing.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  32. Dengan adanya tujuan diatas, sangat jelas bahwa tujuan dari program sertifikasi adalah agar mahasiswa guru tersebut setelah selesai studinya dapat menjadi guru yang lebih baik dalam cara mengajar, mengetahui strategi yang cocok untuk diterapkan pada siswa, sehingga siswa dapat membagun kemampuan matematika mereka semaksimal mungkin.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  33. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Perencanaan sebelum perencanaan diperlukan untuk mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Perencanaan yang maksimal juga akan mempengaruhi ketercapaian dari tujuan pembelajaran.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  34. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran perlu direncanakan dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran erat kaitannya dengan bagaimana materi dibawa kepada siswa. MEtode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan akan meningkatkan motivasi belajar siswa, motivasi yang besar akan memberikan ruang yang cukup bagi memori untuk menyerap dan mengendapkan materi yang disajikan guru. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  35. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Jarang guru yang membuat perencanaan pembelajaran berpa SSP yang sesuai dengan arakter siswa dan materi yang disampaikan. SSP meruapakn komponen pembelajaran yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Pemilihan metode, bahan ajar, media pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan perlu dipilih dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan karakteristik materi yang akan disampaikan. Sedangkan kemampuan memilih tersebut mengharuskan guru memiliki pengaaman yang memadai. Wallhu a'lam

    ReplyDelete
  36. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas semua sumber informasi nya disajikan, saya ingin sedikit berpendapatan mengenai penyusunan RPP. Beberapa kasi yang ada di sekolah menunjukkan bahwa penyusunan RPP hanya sekedar menjadi pelengkap administrasi bagi guru. Tentunya hal ini seharusnya tidak terjadi. RPP seharusnya menjadi rancangan perencanaan yang diajdikan acuan bagi guru. Semoga ke depannya RPP dsini dapat digunkana sebaik-baiknya sesuai dengan fungsinya.

    ReplyDelete
  37. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Sebelum mengajar, seorang guru harus membuat perencanaan pembelajaran matematika yang tepat sesuai tujuan pembelajaran dan juga harus disesuaika dengan karakteristik siswa. Persiapan tersebut meliputi persiapan umum dan persiapan khusus yang telah disebutkan di atas. Dalam membuat persiapan pembelajaran matematika, guru juga harus berusaha kreatif dan inovatif agar dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan media pembelajaran yang dapat menunjang efektivitas pembelajaran.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  38. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Perencanaan pembelajaran matematika itu dilakukan oleh guru berdasarkan kondisi dan latar belakang dari siswanya. Guru harus memiliki inovasi-inovasi dalam merancang pembelajaran matematika. Oleh sebab itu maka perlu pelatihan-pelatihan guru untuk membentuk guru yang profesional yang mampu merancang pembelajaran dengan baik. Guru harus memiliki kemampuan dalam segala aspek agar guru dapat memikirkan pembelajaran kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  39. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pada hakekatnya, pembelajaran yang baik itu dimulai dengan perencanaan yang matang. Perencanaan itu dimulai dari persiapan metode dan media pembelajaran serta merancang skenario yang efektif. Namun hal ini kadang masih sering tidak dilakukan oleh kebanyakan guru. Bahkan di daerah pun masih sering ditemui guru yang sekedar copy-paste RPP dan tidak menjalankan RPP sebagaiana mestinya. Masih banyak juga guru yang sekadar mengajarkan tanpa menerapkan metode yang efektif dan mengasyikkan. Penggunaan media pembelajaranpun masih belum beragam. Diharapkan dengan adanya banyak pelatihan yng diikuti oleh para guru, kedepannya nanti pembelajaran matematika akan semakin meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  40. Jatmiko
    17703261032
    S3 Ilmu Pendidikan, Kons Mat

    Guru tanpa RPP seperti, petani tanpa membawa cangkul ke sawah.
    RPP menjadi pegangan wajib bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran, pegangan ini harus disiapkan secara matang untuk memudahkan keberlangsungan proses pembelajaran. Sebelum memnyusun guru harus tahu bagaimana kemampuan siswanya, keadaan siswanya, serta hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Kemampuan guru dalam berbagai aspek dalam membuat skenario yang kreatif dan inovatif. Skenario yang baik akan membuat proses pembelajaran yang baik pula.

    ReplyDelete
  41. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan postingan tersebut, saya memahami bahwa untuk memfasilitasi siswa dalam belajar matematika secara maksimal,seorang guru sangatlah perlu untuk mempersiapkan berbagai hal. Persiapan tersebut mulai dari pengetahuan pedagogis dan didaktis hingga mendesain pembelajaran matematika dan mengembangkan media pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  42. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Dari postingan yang berjudul "Perencanaan Pembelajaran Matematika", saya memperoleh informasi bahwa salah satu benuk perencanaan terpenting yang dilakukan oleh guru adalah mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat berupa LKS (kumpulan soal maupun sumber informasi) dan alat peraga. Guru dapat mengembangkan media pembelajaran berdasarkan referensi-referensi yang ada (misal: referensi di internet) dengan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan karakteristik siswanya.

    ReplyDelete