Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

78 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Perencanaan adalah hal yang sangat penting karena tanpa ada perencanaan memungkin dalam prosesnya nanti akan memperoleh banyak hambatan. Diantara kegunaan perencaan itu adalah untuk meminimalisir hambatan dalam melaksanakan proses. Sehingga sebiaknya guru sebelum masuk kelas maka harus membuat perencaan pembelajaran sehingga dalam proses nantinya waktu bisa dipergunakan secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Baik persiapan khusus maupun umum perlu diperhatikan para guru agar pembelajaran berjalan sesuai rencana. Guru hendaknya memahami perannya sebagai guru yang memfasilitasi siswa. Sehingga dalam merencanakan pembelajaran, memilih materi, sumber belajar (textbook, ict, dll), menggunakan metode pembelajaran bisa disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa, baik secara psikologis maupun intelektual.

    ReplyDelete
  3. Perencanaan pembelajaran Matematika sangat penting dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang berkualitas. Dalam tahap pembelajaran guru harus menyiapkan materi, metode pembelajaran, bahan ajar, dan bimbingan yang akan diberikan. Penyiapan materi berarti harus mengetahui konsep yang akan dijelaskan, pengetahuan awal yang harus dimiliki, dan metode yang sesuai. Keberhasilan pembelajaran dimulai dari perencanaan yang baik.

    ReplyDelete
  4. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Suatu proses pembelajaran khususnya pembelajaran matematika akan berhasil jika memiliki sebuah perencanaan yang baik dalam arti sistematis dan terstruktur. Perencanaan pembelajaran merupakan bentuk ide tertulis yang tentunya ditulis oleh yang membuat rencana pembelajaran. Dalam hal pendidikan perencanaan pembelajaran ini termuat dalam RPP yang menggambarkan prosedur untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hasil yang baik akan dipengaruhii oleh persiapan yang matang. Hal ini berlaku dalam berbagai bidang termasuk dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika, perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Guru harus terampil dalam merencanakan suatu proses pembelajaran karena dalam proses pembelajaran memerlukan acuan atau landasan yang jelas agar perilaku setiap siswa yang melakukan aktivitas pembelajaran akan terkendali serta terarah ke arah pencapaian tujuan, baik tujuan pembelajaran secara khusus, maupun tujuan pembelajaran secara umum. Guru harus menentukan strategi atau langkah-langkah pembelajaran matematika dengan baik agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Perencanaan pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatu proses atau cara berfikir mengenai sesuatu hal yang akan dilakukan dengan tujuan agar seorang dapat berubah. Perubahan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, maupun psikomotornya. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Yang termasuk dalam perencanaan pembelajaran adalah dengan menyusun perangkat pembelajaran sebagai pedoman dalam memberikan pengajaran. Perangkat pembelajaran adalah salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum mereka melakukan proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran juga diartikan sebagai sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran atau digunakan pada tahap tindakan (do) dalam kegiatan belajar dan mengajar. Tujuan penyusunan perangkat pembelajaran adalah agar segala sesuatu yang telah direncanakan bersama dapat tercapai.
    Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 20, “perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
    Perangkat pembelajaran atau yang sering disebut sebagai Kurikulum merupakan bagian yang penting dari sebuah proses pembelajaran. Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak guru yang tidak memiliki perangkat pembelajaran saat mengajar. bahkan yang lebih memprihatinkan bahwa perangkat pembelajaran digunakan hanya sebatas administrasi dan formalitas. dalam artian bahwa sang guru mengaplikasikan sesuatu yang berbeda dari perangkat mengajarnya.

    ReplyDelete
  7. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Perencanaan pembelajaran matematika sangatlah penting dilakukan oleh seorang guru agar pembelajaran bisa tercapai tujuannya. Guru harus mempersiapkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Guru juga harus mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien. Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  8. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Good preparation is one way to get success. It means that the quality of learning depends on its preparation before. Both special and general preparation need to be paid attention by the teachers so that learning goes according to plan. Teachers is a facilitator who help students construct their knowledge. So that preparation is one of some important key in learning. In planning the learning, teacher develop a lesson plan, develop student work sheet, choose the material, learning resources (Texbook, ICT, etc), learning method, interaction, and so on. So, preparation is an important step to achieve the success of learning to be done before starting the learning process.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Guru merupakan profesi yang paling komplit pekerjaanya. Sebelum mengajar, harus menyiapkan rencana pembelajaran lengkap dengan perangkat lainnya, kemudian dilanjutkan mengajar di kelas dengan tuntutan perkembangan zaman, baik itu interaksi guru – murid, teknologi, pendekatan, model, serta strategi pembeajaran yang menarik minat siswa untuk belajar dan mencapai kompetensi dasar nasional. Yang terakhir setelah pembelajaran satu semester selesai hasil guru akan mengolah hasil evaluasi para siswanya, baik itu dari harian maupun semesteran. Sungguh bangga terlibat di dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Setiap guru harus merancang pembelajaran terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Rancangan tersebut biasanya tertuang dalam bentuk dokumen yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan adanya RPP, semua kegiatan pembelajaran di kelas akan terarah sesuai dengan tujuannya dan terkoordinasi atau tertata dengan rapi sesuai dengan metode pembelajaran yang diterapkan. Biasanya dalam pembuatan RPP, diiringi juga dengan Lembar Kerja Siswa dan Lembar Tugas atau PR, yang mana kesemuanya disebut dengan perangkat pembelajaran. Namun sangat miris jika dalam implementasinya, dalam praktik aslinya, guru tidaklah demikian. Mereka membuat RPP dll hanya untuk memenuhi persyaratan sertifikasi atau akreditasi sekolah atau monev. Bahkan itupun terkadang tidak asli buatan sendiri. Sebagai calon guru, hendaklah kita menanamkan sejak dini dalam diri kita untuk benar-benar berkontribusi dalam dunia pendidikan. Agar kelak ketika sudah terjun dalam dunia pendidikan yang sesungguhnya, yaitu sebagai pendidik. Kita benar-benar menjadi guru inovatif.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    dalam menunjang keberhasilan pembelajaran matematika, guru perlu untuk melakukan beberapa usaha untuk membuat bahan ajar berupa modul, buku, LKS, dsb untuk menjadikan bahan ajar tersebut sebagai referensi lain yang akan digunakan oleh siswa. pembuatan bahan ajar ini termasuk kedalam salah satu persiapan umum dan persiapan khusus yang harus dilakukan guru. contoh lainnya yaitu guru harus mampu untuk membuat perencanaan pembelajaran matematika guna membantu siswa untuk memaksimalkan potensinya dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  12. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Guru harus mampu melaksanakan persiapan umum dan persiapan khusus harus benar-benar disiapkan agar pembelajaran pembelajaran yang terjadi dapat mengembangkan kemampuan siswa bukan membuat siswa menjadi bosan dalam pembelajaran. Guru harus dapat mengembangkan perangkat pembelajaran seperti LKS, Modul, CD interaktif dan lain sebagainya agar dapat disesuaikan dengan karakteristik siswanya karena buku teks yang disediakan oleh pemerintah tidak cukup hanya sebagai satu-satunya sumber belajar, guru harus dapat mengembangkannya.

    ReplyDelete
  13. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Guru sering mengalami kesulitan dalam membuat perencanaan pembelajaran terutama menentukan media apa yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Seringkali guru tidak memakai media pengajaran sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep suatu materi tersebut.
    Selain itu guru juga harus bias menggunakan metode pengajaran yang inovatif dan kreatif sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bias menikmati proses belaja mengajar yang menyenangkan. Seringkali guru tidak melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa bersifat pasif ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.hal ini bias mematikan kreativitas siswa dalam belajar. Hal ini juga membuat motivasi siswa menjadi kurang ketika KBM berlangsung. Untuk itu guru dituntut supaya bias menggunakan metode belajar yang kreatif.

    ReplyDelete
  14. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Pembelajaran matematika adalah sesuatu yang kompleks yang didalamnya mencakup hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran, hakekat penilaian, serta hakekat sumber belajar matematika. Oleh karena itu, guru wajib memahami semua elemen tersebut serta mampu mengimplementasikannya dalam pembelajaran, terlebih untuk mengubah paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru harus siap untuk merubah pola pikirnya agar dapat menjadi guru yang inovatif dan tujuan pembelajaran (baik menyangkut aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik) dapat tercapai.

    ReplyDelete
  15. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Untuk menjadi guru matematika yang baik, menurut saya perencanaan pembelajaran matematika diatas sudah sangat baik. Namun dalam kenyataannya hal yang dirasa sangat dibutuhkan oleh pendidikan di Indonesia adalah pelaksanaan pendidikan yang sudah dipersiapkan dengan baik selama ini. Terutama pada guru yang mengikuti program sertifikasi.

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Perlu adanya usaha agar pembelajaran matematika dapat berkembang. Usaha tersebut jua harus didukung oleh guru matematika. persiapan sebelum mengajar, proses pembelajaran dan kegiatan akhir pembelajaran menentukan berhasil atau tidaknya pembelajaran saat itu. Oleh karena itu perlu penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kelengkapan sumber belajar serta media yang digunakan dalam pembelajaran harus sesuai juga. Perangkat pembelajaran yang disusun mulai dari RPP dan LKS serta yang lainnya. Untuk lebih baiknya guru menyusun LKS sendiri sesuai dengan siswanya dan yang mengaktifkan siswa. Oleh karena itu perlu pelatihan kepada guru – guru dalam penyusunan perangkat sampai dengan penilaian siswa.

    ReplyDelete
  17. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa meliputi faktor kesiapan, faktor kognitif siswa, faktor motivasi dan faktor desain pembelajaran. Keempatnya saling berkaitan dan secara bersama-sama mendukung proses belajar matematika siswa. Berikut ini akan dijelaskan dengan uraian-uraiannya dan runtut beserta contoh-contoh pembelajaran matematika. Desain belajar dapat didefinisikan dengan suatu proses desain dan sistematis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien serta membuat kegiatan pembelajaran lebih mudah, yang didasarkan pada apa yang kita ketahui mengenai teori-teori pembelajaran, teknologi informasi, sistematika analalisis. Jadi dari definisi tersebut jelas bahwa desain pembelajaran merupakan faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar matematika karena desain pembelajaran adalah bertujuan mencapai solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan sejumlah informasi. Contoh desain belajar matematika adalah siswa belajar materi tentang Persamaan Kuadrat yakni dengan strategi kerja kelompok bersama teman-teman kelompoknya dan berusaha memecahkan masalah matematika tersebut dengan beberapa cara seperti berdiskusi, tutor sebaya atau dengan strategi lain dan juga dengan menggunakan media yang dibutuhkan dalam membahas materi tersebut agar dirinya dan teman kelompoknya dapat dengan mudah memahaminya.

    ReplyDelete
  18. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada kurikulum 2013, pembelajaran berorientasi pasda siswa sehingga guru diharap bisa memfasilitasi siswa. Sehingga kemampuan guru dalam memfasilitasi siswa dalam pembelajaran matematika menjadi sangat penting, perlu ditingkatkan. Maka dalam pembelajaran guru perlu memiliki variasi metode pembelajaran dan variasi media pembelajaran untuk dapat membantu dalam pembelajaran. Variasi media bisa berupa LKS dan alat peraga, LKS bukan hanya sekedar berisi soal-soal tetapi sebisa mungkin menjadi sumber informasi bagi siswa.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Perancanaan pembelajaran juga sangat pentinga daalam proses matematika. Adanya juga guru sebagai fasilitator sehingga mendesak untuk meningkatkan kualifiokasi seorang guru. Dengan apa itu amka s]dengan adanya sertifikasi guru. Yang manasertifikasi guru adalah memberikan pengetahuan yang lebih lagi bagi guru yang sudah berpengalaman mengajar urang lebih guru yang sudah berpengalaman mengajar selama 10 tahun. Dengan adanya Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience)Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu)Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)

    ReplyDelete
  20. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Harus adanya persiapan yang baik agar seorang guru dapat mencapai tujuan yang diharapkannya dalam pembelajaran matematika. Persiapan tersebut disebut sebagai perencanaan dalam pembelajaran matematika. Dimana penyusunan perencanaan tersebut harus sistematis sehingga dalam pembelajaran guru benar- benar dapat mengajar sesuai tujuan seperti halnya antara materi dan strategi yang digunakan harus tepat.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kita memang sudah berlatih menyusun perencanaan pembelajaran berupa RPP sejak menjadi mahasiswa. Namun, dalam praktiknya kita menjadi guru bisa jadi pelaksanaan pembelajaran itu jauh melenceng dari RPP dan RPP hanya sebagai bentuk fisik yang tidak diimplementasikan. Dalam RPP memuat tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, proses penilaian dan lainnya sehingga kita memahami betul kebutuhan siswa dan apa yang akan kita ajarkan kepada siswa. Oleh karena itu, jika pembelajaran ingin berjalan dengan optimal maka sebaiknya diimplementasikan sesuai dengan RPP yang telah disusun dengan matang pula.

    ReplyDelete
  22. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Perencanaan pembelajaran sangatlah penting bagi keberhasilan di dalam proses belajar mengajar. Dengan rencana persiapan yang matang maka hasilnya yang akan dicapai akan maksimal. Lain halnya dengan pembelajaran yang tanpa rencana maka hasilnya pun tidak sesuai dengan rencana dan tujuan yang akan dicapai.

    ReplyDelete
  23. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Persiapan adalah sesuatu hal yang penting untuk setiap kegiatan yang akan dilakukan, termasuk di dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan melakukan persiapan yang baik, pembelajaran di kelas akan menjadi terarah dan tidak melenceng dari standar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

    Seperti yang dijelaskan, persiapan bukan hanya dari persiapan secara khusus terkait dengan kurikulum dan rencana pembelajaran melalui pembuatan RPP, tetapi juga persiapan dari diri guru sendiri. Ini dikarenakan jika perencanaannya sudah baik akan tetapi dari pihak guru belum dengan baik memperisapkan dirinya, ini akan membuat pembelajaran dapat tidak sesuai dengan rencana yang sudah disusun.

    ReplyDelete
  24. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Perencaan pembelajaran merupakan tahap penting dalam mempersiapakan kegiatan belajar mengajar. Dengan perencaan yang baik maka kendala-kendala yang mungkin terjadi selama proses belajar mengajar dapat diprediksi dan dapat ditangani dengan baik. Perencanaan yang baik dapat memperlanjar proses belajar mengajar dan dapat membuat siswa belajar dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  25. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menjadi guru tidaklah perkara yang mudah, menjadi guru bukan hanya sekedar mengajar saja, melaikan banyak hal yang dipikirkan selain dari proses mengajar. Salah satu misalnya yang paling berat ketika menjadi guru adalah menyiapkan dan mengembangkan RPP sebelum proses PBM di laksanakan didalam kelas. Hal ini sebagai modal dalam kita mengajar dikelas, sebagai panduan dan pedoman dalam mengajar. Sehingga RPP ataupun LKS tidaklah mudah untuk dibuat, jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Berbicara masalah masalah kebutuhan siswa dalam belajar maka kita berbicara masalah (Identifikasi masalah psikologi mengajar matematika, psikologi belajar matematika dan psikologi pembelajaran matematika), outputnya adalah seorang guru dapat mendiagnosis apa kebutuhan dan kesulitan siswa dalam belajar matematika. Menjadi guru matematika tidaklah mudah, menguasai materi merupakan hanya syarat cukup dalam mengajarkan matematika. Maka ada syarat perlu yang harus terpenuhi untuk bisa menanamkan konsep. Sayarat perlu disini adalah guru harus sepenuh hati dalam mengajarkan matematika. Sebelum memulai proses belajar, maka guru terlebih dahulu mendiagnosis kondisi dan kebutuhan masing-masing siswa. Sehingga nantinya dari hasil tersebut guru dapat menentukan bagaimana langkah selanjutnya dalam mengajarkan ataupun menanamkan konsep matematika kepada siswa. Maka perlu tepat cara, tepat guna, tepat sasaran yang harus dilakukan guru dalam mengajarkan konsep matematika kepada siswa.

    ReplyDelete
  26. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Perencanaan pembelajaran adalah salah satu bentuk kesiapan guru dalam mengajar. Tanpa adanya perencanaan pembelajaran maka pembelajaran yang dilakukan akan kurang bermakna. Perencanaan pembelajaran misalnya saja pada metode pembelajaran yang akan digunakan oleh guru, sumber buku yang akan dipakai guru dalam pembelajaran, rencana materi yang akan disampaikan oleh guru dan lain sebagainya. Terkadang pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, namun perencanaan setidaknya sudah membuat pembelajaran menjadi terarah.

    ReplyDelete
  27. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perencanaan merupakan hal yang penting dan perlu disiapkan sebelum guru mengajar di kelas. Maka dari itu guru perlu menyusun RPP untuk mengetahui jalannya kegiatan pembelajaran yang ingin dijalankan, kemudian guru membuat skema pencapaian kognitif siswa untuk mengetahui materi prasyarat yang diperlukan serta kompetensi apa saja yang ingin dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Penggunaan variasi media, metode, dan sumber belajar juga perlu dipersiapkan dengan baik agar tujuan pembelajaran tercapai. Pembelajaran yang dilaksanakan sebaiknya berpusat pada siswa agar pembelajaran lebih bermakna.

    ReplyDelete
  28. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Perencanaan pembelajaran matematika yang perlu dilakukan oleh guru, yaitu mulai dari perencanaan umum dan khusus. Perencanaan umum ini menyangkut pada hal yang lebih umum seperti teori belajar yang digunakan. Kita sebagai guru perlu melihat teori yang kita gunakan sudah cocok apa belum dengan pembelajaran yang diharapkan pada abad ini. Selanjutnya perencanaan khusus berkaitan dengan apa dan bagaimana pembelajaran yang akan dilakukan, mulai dari RPP, LKS, media yang akan digunakan dan lainnya. termasuk kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran dan mengatur waktunya bagaimana.

    ReplyDelete
  29. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Artikel di atas bermanfaat khususnya untuk guru dalam persiapan pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran yang telah diuraikan di atas dapat digunakan sebagai acuan untuk menyusun rencana pembelajaran, sehingga dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan berjalan lebih efektif dan efisien. Persiapan pembelajaran ini terdiri dari persiapan umum dan persiapan khusus. Guru dituntut untuk mengembangkan materi pelajaran, tidak hanya terpaku pada buku pelajaran saja, namun bisa dari internet, pengalaman, maupun lingkungan. Karena sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan guru itu sendiri. Selain itu, guru harus mampu mengembangkan LKS sebagai alat bantu. LKS di sini tidak sekedar berisi kumpulan soal saja, namun guru dapat memberikan berbagai informasi, nilai moral maupun hal lain yang dapat membantu proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  30. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Namun, memang benar seperti yang telah diungkapkan bahwa kebanyakan guru masih menerapkan pembelajaran tradisional yang lebih menekankan pada transfer of knowledge saja. Yang membuat saya tertarik dari artikel di atas, yaitu adanya anggapan siswa sebagai Empty Vessel. Seolah-olah guru yang mengusai seluruh kegiatan belajar mengajar dan siswa hanya patuh mengikuti gurunya saja (tong kosong).
    Oleh karena itu, diperlukan adanya perubahan paradigma pembelajaran yang mengarahkan siswa lebih aktif, mandiri, dan kreatif. Dan hendaknya diantara guru dengan siswa tidak ada jurang pembatas yang menganggap guru sebagai satu-satunya sumber belajar di kelas.

    ReplyDelete
  31. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Perencanaan pembelajaran matematika sangat penting untuk dilakukan sebelum dilaksanakannya pembelajaran. Perencanaan meliputi pembuatan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, penilaian dalam pembelajaran, dll. Perencanaan yang baik akan berakibat pada pembelajaran yang baik dan hasil pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, guru harus mengetahui model pembelajaran apa yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran, LKS yang bagaimana yang bisa membuat siswa kreatif dan inovatif mengkonstruk pengetahuannya sendiri, soal seperti apa yang bisa membuat siswa mengeluarkan kemampuannya untuk memecahkan masalah, dll.

    ReplyDelete
  32. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perencanaan Pembelajaran Matematika sangat penting untuk guru. Perencanaan pembelajaran matematika akan mempengaruhi keterlaksanaan proses pembelajaran matematika. Perencanaan pembelajaran matematika mengarahkan guru untuk melaksanakan pembelajaran matematika di kelas lebih terkontrol. RPP dan LKS adalah hal utama yang diperlukan agar tercapainya proses pembelajaran matematika di kelas. Sehingga guru harus benar-benar memiliki persiapan yang matang untuk melaksanakan proses pembelajaran matematika agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika baik tujuan umum maupun tujuan khusus.

    ReplyDelete
  33. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    ada pepatah mengatakan "naik panggung penuh persiapan, turun panggung penuh penghormatan" sesuatu yang baik datang ketika dipersiapkan dengan baik pula. hal tersebut berlaku juga dalam proses pembelajaran, untuk terwujudnya tujuan pendidikan dan tujuan guru, maka perlu adanya persiapan yang matang oleh guru, yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran matematika, perencanaan ini penting sebagai acuan guru dalam melakukan pembelajaran, sehingga saat mengajar guru tidak bingung alur megajarnya.

    ReplyDelete
  34. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    guru harus merencanakan pembelajaran yang bagaimana akan diajarkan kepada siswa. Dalam pembelajaran juga penting menggunakan suatu metode mengajar. Sebaiknya metode yang digunakan merupakan metode yang inovatif bukan metode tradisional sehingga dalam pembelajaran siswa aktif untuk menyelesaikan masalahnya dan menarik kesimpulan sendiri.

    ReplyDelete
  35. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perencanaan pembelajaran sangat penting bagi seorang guru, karena di dalam perencanaan tertulis semua kegiatan pembelajaran, jadi diharapkan dalam rencana pembelajaran dibuat sedetail mungkin, sehingga apabila ada kesalahan teknis dalam kelas dapat teratasi dengan baik.

    ReplyDelete
  36. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan pembelajaran matemarika dibedakan menjadi 2, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian, teori tentang pembelajaran inovatif beserta implementasinya, dengan melihat hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika

    ReplyDelete
  37. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan khusus pembelajaran matematika meliputi persiapan pembelajaran di kelas, berkaitan dengan analisis kurikulum dan pada akhirnya menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dalam persiapan khusus diperlukan skema, antara lain struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media atau alat bantu pembelajaran, dan variasi sumber belajar

    ReplyDelete
  38. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan pembelajaran matematika sangat mempengaruhi pembelajaran yang akan dilaksanakan, apakah masih menerapkan pembelajaran teacher centered atau sudah menggeser paradigma menjadi pembelajaran student centered. Oleh karenanya, guru benar-benar mempersiapkan pembelajaran matematika dengan matang, dan sesuai dengan kedua persiapan pembelajaran matematika seperti yang disebutkan di postingan atas.

    ReplyDelete
  39. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika, mahasiswa sebagai calon guru diharapkan dapat belajar memahami dan menerapkan persiapan umum dan persiapan khusus pembelajaran matematika. Semakin matang persiapan yang dilakukan, akan semakin mendekati pembelajaran yang ideal. Tentunya dengan mempertimbangkan keserasian antara persiapan guru dengan siswa itu sendiri

    ReplyDelete
  40. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seorang guru memiliki tugas untuk melayani, dan menjadi fasilitator dalam belajar siswa. Untuk dapat melayani dengan maksimal pembelajaran harus direncanakan. Dengan demikian pembelajaran akan menjadi pembelajaran yang inovatif. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru terbagi atas dua persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus.dalam persiapan khusus yang pada akhirnya menjadi RPP guru dapat merancang pembelajaran yang inovatif dan berfariasi yang sesuai dengan kurikulum dan karakter siswa.

    ReplyDelete
  41. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam perencanaan guru juga dapat mempersiapkan media apa yang dapat digunakan dalam pembelajaran, seperti LKS. Guru yang profesional akan membuat LKSnya sendiri yang akan lebih sesuai dengan karakteristik siswanya. Namun LKS yang dibuat jangan hanya berisi soal soal latihan saja, melainkan LKS tersebut juga berisi informasi informasi yang dibutuhkan oleh siwa dalam pembelajaran, dengan demikian siswa dapat melakukan apersepsi dan melakukan persiapan baik secara fisik dan psikis dalam mempelajari pelajaran matematika. Semakin baik persiapan yang dilakukan oleh guru, maka proses pembelajaran juga akan menjadi semakin baik.

    ReplyDelete
  42. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru dituntut untuk menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran yang mengaktifkan interaksi antara guru dan siswa, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang telah dilakukan oleh pemerintah antara lain dengan diadakannya sertifikasi guru, penyempurnaan kurikulum dan penataran- penataran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
    Sesuai dengan kenyataan di lapangan, pada umumnya proses belajar mengajar di kelas masih banyak menggunakan metode ceramah sehingga seringkali proses belajar dan hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pola pembelajaran yang terpusat pada guru akan memberikan dampak negative pada siswa diantaranya siswa menjadi pasif, siswa menjadi kurang kreatif dan jika mengandalkan penjelasan dari guru saja, maka informasi yang akan diterima sangat terbatas dan sedikit.

    ReplyDelete
  43. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Merupakan sumber bacaan yg menarik bagi kami mahasiswa calon tenaga pengajar, dimana melalui artikel ini saya secara pribadi menyimpulkan bahwa "tantangan" untuk merencanakan pembelajaran matematika dikemudian hari adalah tugas utama kami calon penerus estafet pendidikan nasional bangsa kita. Perpaduan antara hard skill dan soft skill yang harus dilatih, dikuasai, serta diterapkan untuk memfasilitasi kebutuhan serta kemampuan peserta didik yang berbeda-beda ketika besok kami terjun di lapangan.

    ReplyDelete
  44. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mata kuliah persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.
    Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.
    Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013.
    Sementara saya menemukan dari jurusan lain di fakultas lain, pengenalan dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran ini masih sangat minim.
    Dalam mata kuliah yang diajarkan pada semseter 4 dan 5, mahasiswa mempelajari pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013.
    Maka dalam program sertifikasi guru, alangkah lebih baik jika mata kuliah mengenai persiapan pembelajaran ini juga diajarkan kembali agar informasi yang diperoleh guru lebih up to date sesuai dengan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  45. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perencanaan pembelajran khususnnya dalam pembelajaran matika adalah sangat penting. Karena untuk pelaksanakan pembelajran matematika maka guru harus memahami keluesan dari objek matematka yang akan dipelajari dan direduksi agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapka. Salah satunya guru merencanakan dan harus membuat istrumen bervariasi untuk pekerjaan siswa sehingga siswa dalam pelakasanannya nati dapat terakomodasi.

    ReplyDelete
  46. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Tantangan menjadi seorang guru sangat lah banyak, mereka bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru selain memahami hal-hal di atas tetapi juga harus mampu mengoperasikan perangkat tekhnologi. Menurut pengalaman pribadi saya, misalnya seorang guru harus mampu menyusun RPP dan perangkat pembelajaran, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum mampu mengetik pada microsoft word, masih banyak guru kita yang buta internet, bagaimana cara mendownload bahan dari internet, dsb. Jadi menurut hemat saya , seorang guru selain diberi materi kuliah seperti di atas juga harus dibarengi dengan pelatihan penguasaan pengoperasian tekhnologi informasi.

    ReplyDelete
  47. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Pembelajaran matematika yang baik adalah pembelajaran yang mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut maka disusunlah rencana pembelajaran agar pelaksaan pembelajaran lebih tertata dan sesuai harapan. Adanya perencanaan pembelajaran akan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Tidak ada proses atau metode yang paling baik digunakan dalam pengajaran, oleh karenanya guru hendak menjadi fasilitator untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan siswa-siswanya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  48. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Saya setuju dengan pendapat dalam tulisan tersebt bahwa bahan ajar terbaik adalah yang dibuat sendiri oleh guru. Hal tersebut dikarenakan guru adalah orang yang paling memahami karakter peserta didiknya sehingga dapat mengembangkan bahan ajar sesuai dengan karakter siswanya. Oleh karena itu kemampuan guru dalam mengembangkan materi bahan ajar menjadi sangat berpengaruh pada pemahaman siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  49. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Perkuliahan perencanaan pembelajaran matematika ini sangat membantu mahasiswa calon guru untuk dapat berlatih membangun pembelajaran yang baik. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat pembelajaran, sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu sarana bagi para calaon guru agar dapat meningkatkna kualitas pembelajaran yang akan mereka lakukan dilapangan secara langsung.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  50. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Proses suatu perencanaan harus dimulai dari penetapan tujuan yang akan dicapai melalui analisis kebutuhan serta dokumen yang lengkap, kemudian menetapkan langkah-langkah yang harus untuk mencapai tujuan tersebut. Sedangkan Perencanaan merupakan suatu proses dan cara berpikir yang dapat membantu menciptakan hasil yang diharapkan. Rencana pembelajaran yang dirancang ini nantinya merupakan arah bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika yang efektif dan efisien dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Tentu saja dalam penyusunan rencana pembelajaran ini, guru harus tetap mempertimbangkan kemampuannya sebagai pelaksana pembelajaran dan kebutuhan siswa sebagai peserta belajar. Dengan demikian rencana pembelajaran matematika adalah rencana kegiatan operasional yang dirancang oleh guru yang berisi skenario tahap demi tahap tentang kegiatan matematika yang dilakukannya di kelas bersama siswa dalam satu kali tatap muka (pertemuan).

    ReplyDelete
  51. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Perencanaan merupakan hal yang wajib dilakukan, apalagi dalam proses pembelajaran yang secara langsung dapat dilakukan dan berpusat kepada anak didik, program perencanaan pembelajaran sangat penting dilakukan guna memperoleh tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini erat kaitannya dengan perencanaan pembelajaran matematika, matematika bukan merupakan pelajaran yang banyak disenangi oleh para peserta didik, sangat sedikit yang menggemari pelajaran matematika, inilah arti penting sebuah perencanaan pmbelajaran yang memuat seluruh aspek kognitif, afektif, psikomotor yang dapat mengembangkan pembelajaran matematika secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  52. ‘AYNUN FITRI
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    Perencanaan Pembelajaran sangatlah penting. Dalam buku Perencanaan Pembelajaran karya Abdul Majid terdapat beberapa manfaat dari Perencanaan Pembelajaran, yaitu :
    - Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.
    - Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang begi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan.
    - Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid.
    - Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja.
    - Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
    - Untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya.

    ReplyDelete
  53. ‘AYNUN FITRI
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    Terdapat beberapa komponen perencanaan pembelajaran yaitu :
    - Tujuan (Objective)
    - Bahan Pelajaran (Material)
    - Metode (Method)
    - Alat (Media)
    - Evaluasi (Evaluation)

    ReplyDelete
  54. ‘AYNUN FITRI
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    Kuliah Perencanaan Pembelajaran sangat penting bagi mahasiswa pendidikan(calon guru)untuk belajar bagaimana membuat perencanaan dalam sebuah pembelajaran, sehingga nantinya ketiga benar-benar terjun menjadi seoarang guru, mahasiswa ini akan tahu bagaimana strategi membuat perencanaan sehingga kelas dalam berjalan dengan lancar dan tercapai kompetensi yang diinginkan.

    ReplyDelete
  55. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru perlu menyusun rencana pembelajaran dengan baik. Dengan penyusunan rencana yang matang maka pembelajaran akan berjalan dengan baik dan lancar juga sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Dalam berjalannya profesi sebagai guru, guru tetap perlu belajar dalam mengembangkan dan menginovasi rencana pembelajaran agar tetap sesuai dengan kebutuhan siswa yang sedang dia ajar dan sesuai dengan perkembangan zaman serta kurikulum.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  56. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Mata kuliah persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik. Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.
    Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013. mempelajari pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Maka dalam program sertifikasi guru, alangkah lebih baik jika mata kuliah mengenai persiapan pembelajaran ini juga diajarkan kembali agar informasi yang diperoleh guru lebih up to date sesuai dengan kurikulum 2013

    ReplyDelete
  57. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam pelaksanaan pembelajaran, sebelumnya guru perlu menyiapkan rencana pembelajaran. Hal ini disusun secara rinci dan eksplisit agar memudahkan guru dalam pelaksanaannya serta jika orang lain baik guru, dosen, mahasiswa memahami rencana pelaksanaan guru mudah untuk dimengerti. Perencanaan tidak melulu soal strategi dalam mengajar, akan tetapi juga meliputi bahan ajar atau media pembelajaran yang akan digunakan, hingga instrumen penilaian. Degan begitu, akan muncullah pembelajaran yang optimal.

    ReplyDelete
  58. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam sebuah proses pembelajaran maka diperlukan persiapan yang matang. Persiapan dalam pembelajaran ada dua yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan khusus nantinya yang kan dibuat guru dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Persiapan tersebut dilakukan supaaya pembelajaran menjadi terarah dan mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi siswa.

    ReplyDelete
  59. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Postingan ini sangat bermanfaat bagi guru maupun calon guru yang masih melaksanakan studi S1 nya. menurut saya, walaupun pada saat perkuliahan sudah dipelajari bagaimana cara menyusun RPP dengan baik dan benar, pada kenyataannya masih banyak RPP yang melenceng atau belum sesuai. Maka dari itu, sebagai guru maupun calon guru, terus berlatih agar kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pembuatan RPP semakin sedikit dan semakin kecil.

    ReplyDelete
  60. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Perencanaan pembelajaran merupakan persiapan guru untuk melakukan tindakan di kelas. guru harus mampu memberikan fasilitas yang baik sesuai dengan tujuan umum dan tujuan khusus perencanaan pembelajaran.

    ReplyDelete
  61. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Dalam tujuan umum, guru harus mampu memandang teori belajr sesuai dengan hakekat matematika sekolah, belajr matematika, dan kebutuhan siswa. Setelah tujuan umum diketahui maka tujuan khusus mengikuti sebagai bentuk detail dari perencanaan yang akan dibuat.

    ReplyDelete
  62. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    saya sependapat bahwa sumber belajar terbaik adalah yang dikembbangkan oleh guru sendiri, karena pada hakikatnya guru mengetahui perbedaan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  63. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Dengan merencanakan pembelajran, maka peran guru di kelas tidak akan dominan seperti pembelajran konvensiaonal dan guru dapat menempatkan berbagai sumber belajar di kelas.

    ReplyDelete
  64. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    dengan perencanaan yang baik, diharapkan proses pembelajran menjadi lebih baik serta tujuan yang diharapkan dalam pembelajran dapat dicapai.

    ReplyDelete
  65. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Guru harus mampu memahami hakeketa matematika sekolah agar tujuan dari pembelajran dan proses pembelajran tidak keluar dari hakekatnya itu sendiri. Matematika sekolah bukan matematika formal yang ada secara tiba-tiba. Perpu proses yang panjang untuk siswa memahami matematika formal.

    ReplyDelete
  66. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Tujuan pendidikan matemtiaka pada hakekatnya adalah mebentuk kemampuan bepikir. Sehingga perencanaan yang dilakukan oleh guru harusnya adalh dapat memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

    ReplyDelete
  67. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Tugas dan fungsi guru matematika adalah memberikan fasilitas siswa untuk mencapai tujuan, memonitor kegiatan siswa, dan sebagi pengontrol keberhasilan siswa dalam proses pembelajran.

    ReplyDelete
  68. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Siswa belajar matematika untuk dapat menggunakan matematika dalam memecahkan maslah serta membentuk karakter berpikir siswa.

    ReplyDelete
  69. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas artikelnya, Pak. Artikel di atas sangat bermanfaat bagi para calon guru untuk mempersiapkan pembelajaran matematika. adanya persiapan ini dimaksudkan agar pembelajaran matematika dapat mencapai tujuan dari pembelajaran secara efektif.

    ReplyDelete
  70. Azizah Pusparini
    1430144012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam proses pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator. Di mana kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa. Selain itu saya setuju bahwa lembar kegiatan dikembangkan oleh guru itu sendiri. Hal ini dikarenakan guru tersebut lebih mengetahui karakteristik siswa yang diajar.

    ReplyDelete
  71. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perencanaan pembelajaran ini haruslah memperhatikan subjek pembelajaran yaitu siswa. Karakteristik siswa yang beragam tentu membutuhkan perlakuan yang berbeda. Hal ini dapat dijadikan pr guru bagaimana mempersiapkan pembelajaran yang dapat mengcover siswa dengan karakteristik yang beraneka ragam.

    ReplyDelete
  72. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam melakukan pembelajaran, guru harus membuat perencanaan dan persiapan terlebih dahulu, mengenai semua kebutuhan dan alur yang dibuthukan dalam proses pembelajaran, jika guru tidak memiliki perencanaan yang jelas mengenai proses pembelajaran maka pembelajaran yang ada tidak akan terfokus pada materi yang jelas, pembicaraan akan tidak terarah dan akibatnya siswa juga tidak dapat focus kedalam materi pembelajaran, dan perencanaan pembelajaran matematika ini juga sanagt membantu guru untuk mempermudah guru dalam melakukan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  73. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran matematika, hendaknya sama dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Bagaimana agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai seperti dengan yang diharapkan, maka guru harus melakukan berbagai persiapan untuk menunjang pembelajaran.

    ReplyDelete
  74. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan adanya persiapan, suatu pembelajaran akan tersusun secara sistematis. Sehingga guru dapat menentukan metode pembelajaran seperti apa yang akan disampaikan kepada siswa untuk memahami konsep matematika guna mencapai tujuan belajar yang telah dirumuskan yang berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  75. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Seiring perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembelajaran di kelas yang semula lebih berorientasi pada teacher-centered dituntut untuk berubah menjadi pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif yang lebih berorientasi pada paradigma konstruktivisme dimana pembelajarannya bersifat student-centered tidaklah mudah untuk diterapkan karena memerlukan kesiapan di antara guru dan siswa agar keduanya dapat beradaptasi dengan paradigma pembelajaran yang baru. Persiapan pembelajaran matematika yang dapat dilakukan guru terbagi atas dua yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum yang mengacu pada filsafat pendidikan matematika sementara persiapan khusus mengacu pada hal-hal yang bersifat teknis dalam pembelajaran matematika seperti RPP, media pembelajaran, sumber pembelajaran, strategi belajar mengajar.

    ReplyDelete
  76. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Banyak rambu-rambu yang harus dipatuhi agar menjadi guru yang sebenar-benarnya. Program sertifikasi guru merupakan program yang bagus, karena dapat memberdayakan guru dan memotivasi agar terus belajar hingga menjadi guru yang profesional. Namun pada saat sekarang ini, banyak guru yang hanya ingin mengejar sertifikasi saja tetapi tidak berbanding lurus dengan hasil kinerjanya. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Bank Dunia menyatakan bahwa sertifikasi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru.

    ReplyDelete
  77. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Banyak rambu-rambu yang harus dipatuhi agar menjadi guru yang sebenar-benarnya. Program sertifikasi guru merupakan program yang bagus, karena dapat memberdayakan guru dan memotivasi agar terus belajar hingga menjadi guru yang profesional. Namun pada saat sekarang ini, banyak guru yang hanya ingin mengejar sertifikasi saja tetapi tidak berbanding lurus dengan hasil kinerjanya. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Bank Dunia menyatakan bahwa sertifikasi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru.

    ReplyDelete
  78. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Merencanakan pembelajaran matematika tentu menjadi salah satu kegiatan yang penting yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika. Perencanaan yang dilakukan oleh guru juga mmenjadi salah satu indikator berhasil tidaknya pembelajaran yang dilaksanakan. Persiapan pembelajaran dapat menjadi referensi atau pedoman kita dalam melaksanakan pembelajaran. Rancangan pembelajaran yang dibuat tentu terlebih dahhulu memperhatikan kondisis dan keadaan siswa-siswanya sehingga pembelajaran yang dilaksanakanpun dapat dirasakan manfaatnya oleh para siswa

    ReplyDelete