Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

38 comments:

  1. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap guru diharapkan mampu untuk merencanakan pembelajaran matematika sebelum mengimplementasikan rencananya di kelas. Penting rasanya seorang guru untuk merencanakan hal-hal apa saja yang akan dilakukan saat dikelas nantinya. Suksesnya atau berhasilnya seorang guru dalam mendidik/mengajar siswa karena adanya rencana yang matang di dalamnya. Banyak hal yang harus dipersiapkan seperti, silabus dan RPP sesuai dengan kurikulum yang diterapkan yaitu kurikulum 2013. Ibarat berperang apabila kita tidak mempunyai persiapan/rencana maka kita akan mudah untuk dikalahkan, begitupun sebaliknya apabila kita mempunyai persiapan/perencanaan yang baik menghadapi musuh maka kita akan mudah untuk mengalahkannya. Jadi guru yang baik adalah guru yang mampu mempersiapkan bahan ajar dan merencanakan pembelajaran matematika yang akan diterapkan di kelas atau hadapan siswa nantinya.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dalam melakukan proses belajar mengajar guru perlu merencanakan kegiatan pembelajaran dalam hal persiapan khusus. Persiapan khusus ini meliputi pemahaman guru akan hakikat dalam pembelajaran matematika, kemudian menganalisis kurikulum yang digunakan dan dengan penyedian media pembelajaran dan sumber belajar yang bervariasi yang akan lebih baik jika dikembangkan oleh guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Perencanaan adalah hal yang sangat penting bagi guru sebelum mengajar. Dengan membuat perencanaan guru sudah tahu apa saja yang harus dicapai, bagaimana proses pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan bagaimana mengevaluasi siswa setelah pembelajaran. Dalam membuat perencanaan pembelajaran matematika guru harus menyesuaikan dengan materi, siswa, dan alokasi waktu sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Oleh karena itu, perencanaan adalah otak dari suatu pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan bentuk administrasi dalam proses pembelajaran untuk menunjang pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru. Namun faktanya di lapangan, sebagian besar guru yang mengajar tidak sesuai dengan RPP (lesson plan) yang telah dibuat Bahkan beberapa tidak membuat RPP karena padatnya jam mengajar. Guru yang telah mempersiapkan RPP dengan baik sebelum mengajar tentunya menghasilkan proses pembelajaran yang jauh lebih baik dibanding yang tidak mempersiapkan sama sekali, karena di dalam RPP memuat semua pelaksaan pembelajaran yang akan dilakukan seperti tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, dll yang akan sangat menunjang proses pembelajaran di dalam kelas.

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Persiapan dalam pembelajaran matematika tentu sangat penting. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Persiapan disini meliputi dua kategori yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif beserta implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika didalam kelas. Persiapan umum maupun khusus berperan penting dalam memberikan pengajaran kepada siswa. Oleh karena itu kedua hal tersebut harus dapat dilaksanakan dengan baik untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Guru yang berhasil adalah guru yang dapat membuat siswanya lebih baik dari dirinya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Seorang guru merupakan pihak paling penting dalam dunia pendidikan. Guru mempunyai peranan penting untuk mengarahkan dan mengajari siswa agar berhasil dalam kegiatan belajar mengajar. Guru diharapkan mampu menjadi salah satu penentu keberhasilan siswa agar mencapai hasil belajar yang maksimal, salah satunya adalah dengan melakukan perencanaan pembelajaran seperti RPP, silabus dan lain-lain dengan baik dan benar.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Saya sangat tertarik dengan tujuan khusus:
    2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
    3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
    4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
    5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
    6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
    7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
    8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
    Dari tujuan khusus poin 2-8 menyantumkan kata hakekat dimana ini sebenarnya adalah masalah kita semua. Kita seringkali memahami sesuatu hanya pada permukaanya tidak sampai pada hakekatnya sehingga sering kesulitan jika menghadapi berbagai macam masalah yang menuntuk kreativitas. Guru haruslah memahami hakekat-hakekat dari apa yang mereka kerjakan sehingga perencanaan, implementasi, dan evaluasi menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  8. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Perencanaan Pembelajaran Matematika dalam Program Kuliah UNY dapat menjadi persiapan yang baik bagi guru dalam hal kajian dan penyesuaian paradigm dan teori pendidikan dan teori pendidikan pembelajaran matematika yang inovatif serta implementasinya. Hakekat tujuan program kuliah dari UNY tersebut, bisa menunjang guru untuk mendapatkan sertifikasi melalui program pendidikan, mengimplementasikan skema pencapaian kompetensi, serta skema interaksi.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Seorang guru walaupun sudah senior, tetap saja dalam pembelajarannya harus direncanakan agar pelaksanaannya bisa maksimal. Perencanaan terhadap pemebelajaran harus menyeluruh seperti perencanaan pembagian materi dalam setiap semester, perencanaan metode yang akan digunakan, media yang akan digunakan, sistem penilaian yang akan diterapkan, dan berbagai macam persiapan. Hal ini sangat diperlukan sehingga dalam mengajar bisa terkoordinir dengan baik sehingga tidak ada yang namanya kekurangan jam dalam menyampaikan materi dan sebagainya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Dalam perencanaan pembelajaran, materi pembelajaran dipilih seoptimal mungkin untuk membantu peserta didik dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Hal-hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan pemilihan materi pembelajaran adalah jenis, cakupan, urutan, dan perlakuan (treatment) terhadap materi pembelajaran tersebut. Agar guru dapat membuat persiapan yang berdaya guna dan berhasil guna, dituntut memahami berbagai aspek yang berkaitan dengan pengembangan materi pembelajaran, baik berkaitan dengan hakikat, fungsi, prinsip, maupun prosedur pengembangan materi serta mengukur efektivitas persiapan tersebut.

    ReplyDelete
  11. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Perencanaan sama dengan persiapan.
    Persiapan sama dengan salah satu bentuk usaha untuk mencapai hasil maksimal.
    Melakukan sesuatu tanpa persiapan sama dengan sombong.
    Menjadi guru adalah tugas mulia namun diiringi dengan pikulan tanggung jawab yang tak bisa dianggap ringan, bukan hanya tanggung jawab terhadap siswa dan orang tua, terhadap Tuhan pun apa yang kita ajarkan akan dipertanggung jawabkan.
    Guru bertanggung jawab atas semangat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hingga hasil yang diperoleh siswa, meskipun tidak sepenuhnya.
    Agar siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan menghasilkan hasil yang sebagimana diharapkan tentunya perlu adanya persiapan yang dilakukan guru sebelum proses belajar mengajar berlangsung diantaranya pengusaan materi, pengelolaan kelas, penyampaian materi ajar, dan lain-lain hingga LKS interaktif yang dapat membimbing siswa melakukan penemuan terbimbing.

    ReplyDelete
  12. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Saya sepakat bahwa sumber belajar terbaik adalah sumber belajar yang diciptakan sendiri oleh guru. Mengapa demikian? Menurut pendapat saya adalah guru adalah yang paling megerti kebutuhan dari siswa nya. Banayk sumber belajar yang tersedia tetapi harus disesuaikan dengan karakteristik siswa tersebut. Oleh karena itu, ketika guru sudah memahami karakteristik siswa, maka, guru yang akan memilih atau membuat sumber belajar yang sesuai dengan karakteristiknya.

    ReplyDelete
  13. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Kegiatan Guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran adalah menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Harapannya setelah merancang pelaksanaan pembelajaran adalah teraplikasaikannya apa yang tercantum dalam rancangan tersebut pada proses pembelajaran. Tetapi guru harus jeli dalam menyusun perencanaan pembelajaran karena menyangkut materi, sumber belajar, model, estimasi waktu dll yang akan diterapkan pada proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Merencanakan suatu pembelajaran merupakan persiapan awal yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas. Persiapan pembelajaran dilaksanakan guru agar proses pembelajaran yang berlangsung di kelas menjadi lebih terstruktur dan tertata. Dimana hal tersebut bertujuan untuk memberikan siswa pemahaman yang baik mengenai sebuah materi yang dipelajari. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, maka seorang guru harus mempersiapkan pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif merupakan suatu pembelajaran yang digunakan agar materi yang dipelajari oleh siswa membekas atau bermakna dalam diri siswa. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan media atau alat bantu pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Melakukan perencanaan merupakan hal yang sangat penting bagi guru. Perencanaan tersebut akan meminimalisir kesalahan yang muncul saat guru mengajar atau menjelaskan materi di kelas. Ada 2 perencanaan yang biasa dilakukan oleh guru yaitu perencanaan umum dan perencanaan khusus. Perencanaan umum berupa keilmuan tentang belajar mengajar, sedangkan perencanaan khusus meliputi RPP, LKS, dan metode/model/pendekatan pembelajaran. Guru harus membuat perencanaan yang matang sebelum memulai mengajar, dengan perencanaan yang baik pembelajaran yang dilakukan akan terstruktur secara sistematis.

    ReplyDelete
  16. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Ketika melakukan perencanaan pembelajaran matematika, hal yang sering guru lakukan adalah menyamakan indikator pencapaian kompetensi dengan tujuan pembelajaran. Padahal keduanya berbeda. indikator pencapaian kompetensi berupa perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Sedangkan tujuan pembelajaran berupa gambaran dari proses dan hasil belajar yang akan diraih selama pembelajaran berlangsung. Jadi tujuan pembelajaran berupa target kemampuan yang akan dicapai oleh seluruh siswa. Dengan demikian jelas bahwa perbedaan dari indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran adalah bahwa kemampuan yang dirumuskan pada indikator pencapaian kompetensi merupakan target pencapaian kemampuan individu siswa sedangkan kemampuan yang dirumuskan pada tujuan pembelajaran merupakan target pencapaian kemampuan siswa secara kolektif.

    ReplyDelete
  17. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menghilangkan persepsi bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit adalah suatu pekerjaan utama guru dalam pembelajaran di kelas. Jika siswa sudah berpandangan bahwa matematika itu sulit, yang akan terjadi siswa akan enggan dalam mempelajari matematika itu sendiri. Hal yang harus guru lakukan untuk dapat menghilangkan pandangan bahwa matematika sulit adalah dengan mengaitkan pembelajaran matematika dengan kehidupan nyata atau dengan kehidupan yang dekat dengan siswa. Jika bisa menerapkan pembelajaran tersebut, maka siswa akan mengubah cara pandangnya, yaitu ternyata matematika sangat dekat dengan kehidupan dan bukan suatu mata pelajaran yang mempelajari mengenai rumus.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran. Sasaran tersebut harus sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Artinya, materi yang ditentukan untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta tercapainya indikator. Agar guru dapat membuat persiapan yang berdaya guna dan berhasil guna, dituntut memahami berbagai aspek yang berkaitan dengan pengembangan materi pembelajaran, baik berkaitan dengan hakikat, fungsi, prinsip, maupun prosedur pengembangan materi serta mengukur efektivitas persiapan tersebut.

    ReplyDelete
  19. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    RPS atau RPP adalah sebuah rancangan pembelajaran yang disiapkan oleh guru sebelum mengajar di kelas sebagai bahan acuan dalam proses pembelajaran agar berjalan secara efektif dan optimal. Namun sekarang masih banyak guru yang belum membuat RPS dengan alasan kurang pengetahuan, atau masih banyak proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan RPS yang telah dibuat.

    ReplyDelete
  20. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    perencanaan dalam pembelajaran matematika meliputi beberpah hal yang harus dipersiapkan sebelum pembelajaran dimulai. yang perlu disiapkan adalah RPP, LKS , media jika penggunakan alat peraga. perencanaan yang baik juga akan meminimalisis kebinggungan dalam mengajar dalam kelas, dan juga persiapan yang baik akan lebih percaya diri dalam pengelolaan yang baik dalam kelas pada saat pembelajaran matematika berlangsung, sehingga perencaraan pembelajaran matematika perlu dilakukan oleh seorang guru yang tidak biasa -biasa saja. guru yang siap mengajar dengan peralatan yang sudah disiapkan akan jauh lebih kreatif dalam pembelajaran dikelas karena sealalu malakukan hal yang baru dalam perencanaanya dalam kelas.

    ReplyDelete
  21. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sepertinya perlu direncanakan kegiatan pembelajarannya dalam bentuk persiapan khusus yang meliputi pemahaman yang dimiliki guru terhadap hakikat pembelajaran matematika. Selanjutnya guru dapat menganalisis kurikulum yang telah digunakan dan guru dapat menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang bervariasi. Yang harapannya dengan usaha pengembangan guru, membuat lebih baik.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Sebuah perencanaan sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Perencanaan yang kurang tepat akan menghambat jalannya proses belajar dan tujuan dalam pembelajaranpun akan sulit dicapai. Seorang guru harus mampu membuat perencanaan pembelajaran matematika sebelum kegiatan belajar di kelas. Perencaaan yang biasa disiapkan seperti RPP, silabus, materi, bahan ajar dan perencanaan yang lain. Dengan adanya perencanaan yang dibuat seorang guru dapat mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  23. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Sebelum guru melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika, diperlukan perencanaan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Adapun persiapan yang dilakukan meliputi 2 hal yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Persiapan khusus misalnya menyusun RPP, mengembangkan materi ajar, menggunakan variasi sumber belajar, dsb.

    ReplyDelete
  24. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Perencanaan pembelajaran matematika yang perlu dilakukan oleh guru meliputi berbagai macam hal. Berdasarkan elegi ini, persiapan tersebut dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Perencanaan pembelajaran ini penting untuk diperhatikan oleh guru. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tanpa perencanaan tidak akan mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Proses pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik akan lebih efektif karena guru telah memiliki persiapan mengenai apa yang harus dilakukan mulai dari membangkitkan motivasi pada siswa hingga melakukan refleksi. Maka kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran akan sangat menentukan keberhasilan pembelajaran karena gurulah yang lebih memahami karakteristik dan keutuhan masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  25. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Perencananaan pembelajaran matematika dimulai dengan melakukan persiapa secara umum dan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif beserta implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika didalam kelas. Dengan persiapan yang matang diharapkan proses pembelajaran dapat bejalan dengan lancar dan maksimal. Sehingga siswa dapat mampu memperoleh prestasi belajar yang baik. terimakasih

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    seorang guru sudah semestinya melakukan persiapan sebelum menghadapi pembelajaran dikelas, hal-hal yag perlu dipersiapkan Bahan Ajar, RPP, LKPD, dan media pembelajaran jika diperlukan. Dengan mempersiapkan segala hal, maka pembelajaran akan lebih terarah. Selain itu guru juga harus memprediksi setiap kesulitan-kesulitan yang mungkin terjadi pada proses pembelajaran dan kemudian mencari cara mengatasi setiap kendala ataupun kesulitna-kesulitan yang dialami siswa, Dengan begitu saat terjadi permasalahan guru dengan cepat dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

    ReplyDelete
  28. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Setiap pelaksanaan atau penyelesaian suatu pekerjaan selalu terdapat SOP untuk klencaran dan keberhasilan dari pekerjaan tersebut. SOP itu secara garis besar dapat dibagi menjadi empat bagian besar yaitu perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kita sepakat, bahawa sebagian besar kelancaran dan keberhasilan suatu pekerjaan ditentukan pada tahap perencanaan. Perencanaan yang baik akan mendapatkan hasil yang baik, sebaliknya perencanaan yang buruk akan mendapatkan hasil yang jelek. Demikian juga dalam pembelajaran matematika, untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang baik sesuai dengan tujuan kurikuler maka diperlukan perencanaan yang baik pula.

    ReplyDelete
  29. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Meragkum dari apa yang telah disajikan paa bacaan di atas, maka berikut adalah point-poin terpenting menurut saya; Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  30. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Tujuan dari program sertifikasi adalah untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru, sehingga nantinya akan berdampak pada meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia. Adapau banyak sekali manfaat dari sertifikasi guru antara lain untuk melindungi profesi guru dari praktik-praktik yang tidak kompeten, yang dapat merusak citra profesi guru. Dan juga meningkatkan kesejahteraan guru. Selain melindungi guru, juga melindungi masyarakat dari praktik-praktik pendidikan yang tidak berkualitas dan tidak profesional.

    ReplyDelete
  31. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Perencanaan dalam pembelajaran matematika meliputi beberpah hal yang harus dipersiapkan sebelum pembelajaran dimulai. yang perlu disiapkan adalah RPP, LKS , media jika penggunakan alat peraga. perencanaan yang baik juga akan meminimalisis kebinggungan dalam mengajar dalam kelas, dan juga persiapan yang baik akan lebih percaya diri dalam pengelolaan yang baik dalam kelas pada saat pembelajaran matematika berlangsung, sehingga perencaraan pembelajaran matematika perlu dilakukan oleh seorang guru yang tidak biasa -biasa saja. guru yang siap mengajar dengan peralatan yang sudah disiapkan akan jauh lebih kreatif dalam pembelajaran dikelas karena sealalu malakukan hal yang baru dalam perencanaanya dalam kelas.

    ReplyDelete
  32. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019

    Perencanaan pembelajaran adalah proses penetapan dan pemanfaatan sumber daya secara terpadu yang diharapkan dapat menunjang kegiatan dan upaya-upaya yang dilaksanakan secara efisien dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan perencanaan pembelajaran yang baik diharapkan tujuan pembelajaran dapat terapai. Tujuan pembelajaran adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  33. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A 2019

    Dalam persiapan pembelajaran matematika guru harus mampu mengambangkan kemampuannya mulai dari menganalisis kurikulum, menyusun RPP, LKS, dan menentukan sumber belajar. Salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah internet. Karena pada era ini teknologi sudah mulai berkembang dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan guru dan siswa. Dengan demikian pembelajaran menjadi lebih fleksibel untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
  34. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dibutuhkan persiapan dan perencaan yang matang. Hal ini bertujuan agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Maka disinilah peran guru untuk menyiapkan pembelajaran dengan baik, dimana dibutuhkan persiapan umum dan persiapan khusus seperti yang dijabarkan dalam tulisan diatas.
    Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tanpa persiapan yang matang, akan menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran dan bahkan yang lebih buruk lagi adalah tujuan dari pembelajaran tersebut tidak akan tercapai. Maka pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan persiapan yang matang akan menciptakan suasana yang kondusif sehingga baik guru maupun siswa merasakan atmosfir pembelajaran yang menyenangkan dan tujuan pembelajaran juga akan tercapai. Dengan demikian memang guru diharuskan melakukan berbagai persiapan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kemampuan siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  35. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perencanaan pembelajaran matenatika harus dirancang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Supaya dapat tercapainya proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan lebih bermakna. Pengalaman siswa untuk menyelesaikan suatu masalah mengenai konsep matematika.

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Persiapan mengajar pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan tentang apa yang dilakukan. Dengan demikian, persiapan mengajar merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran, terutama berkaitan dengan pembentukan kompetensi. Persiapan mengajar meliputi berbagai hal diantaranya :
    Rencana Persiapan Pembelajaran atau yang lebih ngetren disebut sebagai RPP
    Media pembelajaran. Mengajar tanpa media mengajar boleh saja. Namun dengan adanya media, pembelajaran akan berjalan dengan lebih baik.
    Form penilaian. Form penilaian setiap tahapan kegiatan harus anda susun. Ibarat anda akan mengukur sesuatu tentu alat ukurnya juga berbeda. Akan mengukur panjang sebuah benda, tentu ada tidak bisa menggunakan timbangan. Demikian juga sebaliknya mengukur berat suatu benda, tidak bisa anda menggunakan sebuah mistar.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  37. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam proses pembelajaran matematika, persiapan adalah hal yang paling krusial yang harus dilakukan. Tolak ukur kesuksesan pembelajaran adalah persiapan yang matang. Perencanaan pembelajaran adalah suatu proyeksi mengenai kegiatan atau proses yang akan dilakukan selama pembelajaran berlangsung.

    Dengan kata lain, perencanaan pembelajaran adalah pedoman operasional pelaksanaan pembelajaran, yang secara teknis dalam proses pembuatannya selalu merujuk pada kurikulum yang berlaku. Oleh karena itu perencanaan pembelajaran pada dasarnya adalah merupakan penjabaran lebih lanjut dari kurikulum. Perencanaan pembelajaran yang telah dibuat kemudian diimplentasikan dalam kegiatan belajar mengajar, dan hasil dari pembelajaran tersebut adalah dalam bentuk perubahan perilaku pada siswa (out-put).

    ReplyDelete
  38. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Sebagai mahasiswa jurusan pendidikan matematika, maka menjadi guru matematika menjadi tujuan untuk sebagian besar mahasiswanya. Menjadi guru matematika diperlukan persiapan agar saat pembelajaran dilakukan, proses tersebut menjadi lebih siap. Karena menjadi guru matematika tidak hanya dibutuhkan buku pegangan dan pemahaman guru tentang materi hari itu saja. Tetapi mencakup hal yang lebih luas.
    Terimakasih

    ReplyDelete