Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics




Oleh Marsigit

Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
2. Matematika adalah kegiatan problem solving
3. Matematika adalah kegiatan investigasi
4. Matematika adalah komunikasi


Itulah hakekat matematika yang selama ini di pandang sebagai alternatif agar matematika di sekolah tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa.

44 comments:

  1. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Menurut Ebbutt dan Straker hakekat matematika ada 4. Jika benar-benar dapat dipraktekan didalam suatu pembelajaran sangatlah sulit bagi guru. Namun akan berdampak baik bagi siswanya. Sebab siswa dapat menemukan konsep matematika didalam benak mereka.

    ReplyDelete
  2. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Matematika dalam sekolah sering kali menjadi momok bagi siswa karena mereka merasa materi matematika abstrak dan cenderung tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Memang tidak semua materi matematika dapat secara langsung diaplikasikan dalam kehidupan sosial. Hal ini merupakan salah satu yang menjadi kendala guru yakni mengkontekstualkan materi matematika. Oleh karena itu, kita belajar definisi school mathematic yang disampaikan oleh Ebbutt dan straker sebagai dasar pengembangan dan kontekstualisasi materi matematika sekolah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. INDAH PURNAMA SARI
    17701251035
    PEP B 2017

    Menurut Ebbut and Straker (1995), matematika itu diantaranya adalah kegiatan problem solving dan kegiatan investigasi, dengan adanya kegiatan-kegaiatan tersebut dapat menjadi bekal untuk siswa dalam menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana kegiatan investigasi nantinya dapat bermanfaat untuk mereka dalam meningkatkan intuisi mereka.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Salah satu dari 4 definisi SCHOOL MATHEMATICS menurut Ebbutt and Straker (1995) yang disebutkan diatas adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan, definisi ini yang diterapkan secara maksimal dalam pendidikan di indonesia, jika definisi ini mampu diterapkan secara maksimal akan menumbuhkan intuisi matematis pada siswa.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sharing ilmunya tentang hakekat matematika bapak. Memang benar bahwa saat ini terjadi perubahan cara pandang dalam mengajarkan matematika di sekolah, yang pada mulanya beranggapan bahwa hakekat matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, komunikasi dianggap hanya sebatas agar matematika terlihat ramah bagi siswa, padahal sesungguhnya itulah sebenar-benar matematika yang sesungguhnya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  7. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Matematika merupakan pelajaran yang seringkali ditakuti oleh siswa, dilengkapi dengan guru yang terkadang terkesan galak akan lebih menambah tekanan batin siswa. Sehingga perasaan tersebut membawa kebencian siswa terhadap matematika. Hal tersebut menjadi masalah. Penyebabnya adalah karena kehadiran matematika yang tidak sesuai dengan ruang dan waktu anak-anak. Matematika yang hadir dengan keformalannya. Sehingga perlunya menerapkan matematika sekolah di sekolah, yaitu matematika yang berupa kegiatan menyenangkan, matematika yang merupakan kegiatan pemecahan masalah yang terkait dengan kehidupan siswa, dan matematika yang menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Hakekat matematika sekolah:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi
    Rasanya kegiatan-kegiatan tersebut masih belum sepenuhnya dilaksanakan, karena memang adanya keterbatasan dari beberapa pihak. Tentu akan lebih baik jika keempat poin di atas sudah dilaksanakan secara maksimal. Poin 2 dan 3 membutuhkan skill khusus bagi guru maupun siswa, mengingat masih banyak guru yang hanya menjadi transfer of knowledge saja, atau masih memberikan materi-materi secara langsung pada siswa. Kegiatan problem solving adalah kegiatan yang bagus untuk memotivasi siswa agar bisa menemukan konsep matematika dan menerapkannya dalam kehidupan. Sedangkan dalam poin 3 dibutuhkan kreativitas berpikir siswa yang dapat dicapai dengan mebiasakan kegiatan 1 dan 2. Terakhir, agar ilmu itu bermanfaat atau teraplikasikan, maka ia harus dikomunikasikan dengan baik.

    ReplyDelete
  9. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kegiatan yang berada di matematika merupakan kegiatan untuk menumbuhkan intuisi yang tajam guna memahamkan mereka tentang matematika. Jika keempat hakikat matematika (sebutan yang diberikan pada elegi di sini) dilakukan oleh guru dan juga lingkungan sekolah, maka tidak akan sulit untuk mempertajam intuisi mereka melewati pembelajaran matematika yang memang bermakna bagi mereka, para siswa.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  10. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Matematika sekolah adalah kegiatan-kegiatan matematika. Maka sudah seharusnya dalam pembelajaran di kelas guru memfasilitasi siswa melakukan berbagai kegiatan matematika seperti kegiatan penelusuran pola dan hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, kegiatan komunikasi. Maka guru harus berusaha memfasilitasi siswa dalam melakukan investigasi terhadap suatu fenomena atau masalah sehingga dalam investigasi tersebut siswa akan menemukan berbagai hal dan kemudian menelusuru pola atau hubungan hal yang satu dengan hal yang lainnya. Dari kegiatan-kegiatan matematika inilah siswa akan memperoleh pengalaman dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  11. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Matematika adalah kegiatan problem solving (pemecahan masalah). Dalam hal ini, siswa belajar merumuskan dan memecahkan masalah, sehingga dengan cara tersebut siswa mampu memberikan respon terhadap suatu masalah pembelajaran. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan kesulitan maupun keraguan dalam proses pembelajaran yang diharapkan mereka mampu berlatih mencari jalan keluarnya. Sehingga, ketergantungan siswa terhadap guru pun berkurang.

    ReplyDelete
  12. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Saya akan menyoroti salah satu hakikat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker (1995) yaitu matematika adalah kegiatan problem solving. Kegiatan problem solving adalah berkaitan dengan bagaimana siswa menggunakan strategi-strategi, intuisi-intusisi, cara-cara atau metode dalam penyelesaian masalah. Penyelesaian masalah tidak selalu berkaitan dengan menyelesaikan suatu soal dengan menggunakan rumus-rumus atau perhitungan. Penyelesaian masalah juga meliputi maslaah kehidupan sehari-hari yang kaitannya dengan koneksi matematika yaitu koneksi matematika dengan pengalaman hidup sehari-hari. Matematika akan membekali siswa dengan kemampuan berfikir kritis dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  13. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    Pendidikan Matematika B 2017

    Matematika dibagi menjadi dua jenis. Matematika sekolah dan matematika perguruan tinggi. Matematika sekolah memili beberapa komponen yang harus dilakukan, yaitu : 1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan. 2. Matematika adalah kegiatan problem solving. 3. Matematika adalah kegiatan investigasi. 4. Matematika adalah komunikasi

    ReplyDelete
  14. Matematika sekolah adalah kegiatan, yaitu kegiatan menelusuri pola atau hubungan dan juga kegiatan problem solving. Dalam menelusuri pola, siswa akan lebih mudah mempelajari matematika dan akan meningkatkan intuisi mereka. Setelah mereka memiliki intuisi yang cukup, matematika merupakan kegian pemecahan masalah sehari hari. Sehingga ada korenspondensi antara matematika dengan kegiatan sehari hari yang ada.

    ReplyDelete
  15. Matematika erat hubungannya dengan permasalahan-permasalahan. Permasalahan ini muncul karena adanya pertanyaan didalam pikiran, pertanyaan adalah awal mula dari suatu ilmu pengetahuan. Jadi matematika yang didefinisikan sebagai kegiatan investigasi adalah hal yang masuk akal, karena dengan siswa bertanya saat belajar matematika, maka ia telah melakukan investigais dalam rangka membangun pengetahuannya tentang matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  16. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Banyak siswa berpikir bahwa matematika itu adalah ilmu yang hanya berhubungan dengan hitung menghitung, dan tak asing lagi matematika merupakan pelajaran yang sulit, dan pada akhirnya siswa takut pada matematika, ini yang sering saya lihat, adik saya dan anak disekitar di sekitar saya, beranggapan seperti itu. Karena memang pada kenyataanya guru memberi materi dan metode yang monoton. Sungguh ironi memang, jadi saya setuju dengan artikel diatas. Menurut saya inovasi disini memang sangat perlu utamanya memberi citra matematika itu sendiri. Guru hendaknya dapat memberi pemahaman baru bahwa matematika itu memiliki implikasi pada kehidupan. Memiliki sifat mengembangkan kreatifitas, terdapat filosofi bahwa mempelajari matematika sangat bermanfaat, bahkan menumbuhkan sikap peduli pada sekitar. Misalnya pada penghematan penggunaan air, listrik. Sehingga ilmu itu dapat bermanfaat bagi siswa mereka.

    ReplyDelete
  17. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Matematika identik dengan memecahka masalah, tentu saja masalah yang dihadapi oleh setiap tingaktan belajar berbeda-beda. Dalam matematika sekolah maka masalah yang digunakan adalah masalah yang dapat diselesaikan oleh anak sekolahan. Apabila matematika murni diterapkan di dalam sekolahan maka akan menjadi beban tersendiri bagi siswa bahkan siswa menjadi tidak termotivasi untuk belajar.Dalam pemberian soal juga terdapat tingkatannya ada yang lower, middle, sampai yang high. Segala tingkatan tersebut juga disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan siswa. Jadi hal yang membedakan matematika sekolah dengan matematika universitas adalah penyesuaian materi dengan tingkatan berpikir mereka.

    ReplyDelete
  18. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Matematika di sekolah hendaknya dapat menumbuhkan pada diri siswa keempat aspek tersebut. Pada hakikatnya matematika adalah ilmu pasti yang bisa saja menimbulkan kejenuhan dan ketakutan pada diri siswa. Oleh karena itu guru harus memiliki inovasi pembelajaran matematika agar pembelajaran di sekolah menyenangkan dan menarik bagi siswa. Pembelajaran matematika di sekolah diarahkan pada pencapaian standar kompetensi dasar oleh siswa. Kegiatan pembelajaran matematika tidak berorientasi pada penguasaan materi matematika semata, tetapi materi matematika diposisikan sebagai alat dan sarana siswa untuk mencapai kompetensi. Oleh karena itu, ruang lingkup mata pelajaran matematika yang dipelajari di sekolah disesuaikan dengan kompetensi yang harus dicapai siswa.

    ReplyDelete
  19. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Matematika dalam sekolah diharapkan akan dapat menyenangkan bagi para siswa. Karena dengan hal itu, para siswa dapat dengan mudah memahami mengenai matematika. Inti dari matematika di sekolah adalah pola pencarian atau hubungan, pemecahan masalah, penyelidikan dan juga komuniskasi,

    ReplyDelete
  20. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Matematika adalah kegiatan penulusuran pola dan hubungan. Siswa dan guru harus mengerti bahwa didalam kegiatan pembelajaran matematika harus ada kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan matematika. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa juga harus diberikan kesempatan untuk melakukan percobaan matematika dengan menggunakan berbagai variasi media, variasi metode, dan variasi soal. Sehingga, siswa diharapkan dapat menarik sebuah kesimpulan secara umum dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Matematika merupakan kegiatan problem solving atau pemecahan masalah. Menurut Polya (1971), solusi soal pemecahan masalah memuat empat langkah fase penyelesaian, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan. Dengan demikian diharapkan berbagai kesalahan yang mungkin terjadi dapat dikoreksi kembali sehingga siswa dapat sampai pada jawaban yang benar sesuai dengan masalah yang diberikan.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Matematika merupakan suatu alat komunikasi. Di dalam kegiatan pembelajaran, guru harus berusaha untuk mengenali dan menjelaskan kepada siswa tentang sifat-sifat matematika. Hal ini dilakukan dengan pembuatan contoh-contoh permasalahan matematika sehingga akan membuat siswa mampu menciptakan permasalahan matematikanya sendiri. Permasalahan tersebut akan mendorong siswa untuk saling berkomunikasi dengan siswa yang lain untuk memperoleh penyelesaiannya. Akhirnya, guru harus menyediakan wadah bagi siswa untuk saling berbagi kepada siswa lainnya tentang penyelesaian permasalahan matematika yang diperolehnya.

    ReplyDelete
  23. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017
    Penyebab utama siswa kesulitan dalam belajar matematika adalah matematika diajarkan secara abstrak. Saya memilik pengalaman mengajar di sebuah bimbingan belajar dan ada siswa yang bertanya apa manfaat belajar matematika? Bisakah matematika dihapuskan saja dari mata pelajaran?. Saya mendapati berbagai komentar siswa tentang matematika yang diajarkan gurumya. Kebanyak mereka merasa kesulitan dan tidak tertarik untuk mempelajrinya. Matematika akan selalu menjadi momok yang menakutkan bagi siswa jika guru tidak tepat meramunya. Hakikat matematika sekolah yang ditulis di elegi ini sangat penting untuk dipahami dan diterapkan oleh guru.

    ReplyDelete
  24. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Hakekat matematika sekolah yang selama ini banyak salah pemahaman adalah bahwa matematika itu hanya berisi angka, menghitung dan mengerjakan soal yang rumit. Namun hakekat matematika sekolah itu intinya bukan hanya mengenai kemampuan menghitung angka-angka. Lebih dalam inti dari matematika sekolah yaitu mengenai ilmu tentang pola dan hubungan, pemecahan masalah, kegiatan investigasi dan komunikasi mateamtis. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dengan membudayakan mateamtika sekolah siswa dapat memiliki kemampuan berpikir sistematis, logis, kritis dalam memecahkan suatu permasalahan. Terimakasih

    ReplyDelete
  25. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Hakikat Matematika Sekolah yang diungkapkan oleh Ebbutt and Straker (1995) diantaranya:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi.
    Keempat hal di atas sangat berguna bagi para peserta didik sekarang ini. Karena dewasa ini matematika sering dianggap sebagai momok yang ditakuti oleh para peserta didik. Selain itu, keempat hal yang dikemukakan di atas dapat menjadi solusi alternatif agar dapat menguubah cara pandang para peserta didik dari yang semula memandangnya sebagai momok yang menakutkan berubah menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk dipelajari.

    ReplyDelete
  26. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Keempat hal di atas sangat berguna bagi para peserta didik sekarang ini. Karena dewasa ini matematika sering dianggap sebagai momok yang ditakuti oleh para peserta didik. Selain itu, keempat hal yang dikemukakan di atas dapat menjadi solusi alternatif agar dapat merubah cara pandang para peserta didik dari yang semula memandangnya sebagai momok yang menakutkan berubah menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk dipelajari

    ReplyDelete
  27. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Matematika sekolah harus memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri. Siswa perlu diberi pengalaman dengan mengamati polanya. hal ini akan mendukung lahirnya kemampuan memprediksi, kemampuan mengantisipasi, dan kemampuan berpikir kritis. Melalui pengalaman ini juga akan mendukung komunikasi matematis siswa serta siswa tumbuh sebagai problem solver.

    ReplyDelete
  28. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pandangan Ebbutt and Straker tersebut memang bisa membuat matematika menjadi lebih ramah untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Oleh karena itu guru hendaknya menjadi fasilitator yang baik agar siswa dapat melakukan kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi dalam pembelajaran matematika yang tentunya disesuaikan dengan materi dan kemampuan kognitif siswa.

    ReplyDelete

  29. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubngan yang artinya bahwa matemtika itu mencari hubungan antara suatu kejadian dengan kejadian lain, menghubungkan konsep dengna konsep lain atau bahkan menghubungkan konsep matemtika dengan kehidupan sehari-hari. Matematika adalah kediatan problem solving yang artinya adalah matemtika itu suatu kegiatan memecahkan masalah dengan menggunakan ilmu atau konsep yang telah dimiliki. Matematika adalah kegiatan investigasi, artinya yaitu matemtika adalah kegiatan mengamati suatu fenomena untuk diambil kesimpulannya. Dan yang terakhir, matematika adalah komunikasi, yang artinya yaitu penggunakan simbol-simbol matematika yang tepat dan representasi yang tepat mampu digunakan sebagi saran menyampaikan ide atau gagasan antar matematikawan.

    ReplyDelete
  30. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. matematika merupakan ilmu yan terstruktur, tiap-tiap bagian dalam matematika saling berhubungan. Untuk mempelajari matematika di sekolah siswa melakukan berbagai kegiatan untuk menambah pengalaman matematikanya. Kegiatan penelususran pola dapat mengasah intuisi siswa. Jika intuisi siswa terasah maka siswa akan semakin mudah mnyelesaikan berbagai persoalan matematika.

    ReplyDelete
  31. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pergeseran paradigma dari teacher centered menjadi student centered telah mengembangkan berbagai teori dan riset mengenai pembelajaran matematika. Saat ini sedang digalakkannya invoasi pembelajaran agar pembelajaran langsung dengan metode ceramah dapat ditinggalkan. Usaha agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang baik sehingga dapat mengkontstruksi pengetahuannya sendiri menjadi goal baru dalam dunia pendidikan termasuk di Indonesia. Problem Solving menjadi primadona dalam pembelajaran matematika terutama pada tahapan matematika konkret di sekolah dasar dan menengah, dengan harapan dapat mempertajam intuisi siswa.

    ReplyDelete
  32. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Pada hakekat matematika sekolah untuk poin no. 4 yaitu matematika adalah komunikasi. Komunikasi, dalam hal ini yang dimaksud adalah kemampuan komunikasi sebagai salah satu kompetensi matematika. Kemampuan komunikasi adalah kemampuan siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika kepada orang lain, dalam bentuk lisan, tulisan dan diagram sehingga orang lain memahaminya.

    ReplyDelete
  33. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pembelajaran matematika sekolah merupakan pemebelajran matematika yang terjadi di sekolah, baik itu sekolah tingkat dasar dan menengah. Pembelajaran matematika sekolah tersbut berupa pemebelarjan yang mengutakn kegiatan menelusuri pola, kegiatan pemecahan masalah, kegiatan investigasi serta kegiatan mengkomunikasiakan matematika.

    ReplyDelete
  34. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Matematika sekolah meliputi matematika sebagai kegiatan pencarian pola atau hubungan, sebagai kegiatan pemecahan masalah, sebagai kegiatan investigasi, dan sebagai komunikasi. Sehingga dapat dilihat bahwa matematika sekolah harus dijadikan aktivitas. Dengan itu, siswa tidak akan memandang matematika sebagai pelajaran yang susah, melainkan aktivitas yang ada di kehidupan sehari-harinya. Mereka akan menyadari bahwa matematika ada dimanapun, terjadi kapanpun dan dengan cara apapun. Mereka dapat belajar matematika dengan mudah dan dengan rasa senang.

    ReplyDelete
  35. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan pernyataan Edbud dan Straker maka dapat disimpilkan bahwa matematika sekolah adalah suatu keguatan. Artinya ada aktivitas siswa dalam proses belajar, meliputi menemukan pola, pemecahan masalah, investigasi, dan sebagai komunikasi. Sehingga anak diharapkan dapat menerima pembelajaran yang berkesan dan belajar menjadi bermakna karena berdasarkan pada kegiatan. Terkadang siswa tidsk akan aktif jika tidak melibatkan mereka dalam kegiatan tersebut sehingga lebih memilih untuk duduk diam dan hanya menerima materi dari satu arah yaitu dari guru

    ReplyDelete
  36. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Saat pembelajaran matematika melatih siswa melihat suatu pola atau hubungan dari sebuah fenomena, membiasakan melakukan problem solving dan penyelidikan, mengkomunikasikan hasil diskusi dan hasil pemikirannya kepada orang lain merupakan pembiasaan yang dibutuhkan
    pada matematika sekolah. Karena pembiasaan tersebut dapat menjadikan motivasi dan meningkatkan sikap berpikir kritis pada siswa.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  37. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Hakekat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker (1995) meliputi kegiatan penulusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi. Matematika adalah komunikasi dalam hakekat matematika sekolah akan melatih siswa untuk menghargai segala pendapat yang ada, melatih olah cakap siswa dalam mengemukakan pendapat atas persoalaan-persoalan matematika, serta dapat menjelaskan berbagai persoalaan yang terkait dengan pembelajaran matematika secara mateatis dan sistematis. Maka keempat point tersebut sangatlah penting dalam pembelajaran yang baik.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  38. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari hakekat matematika sekolah yang diuraikan berdasarkan poin-poin di atas mengindikasikan bahwa anak sekolah itu belajar melibatkan pengelaman dan hubungan sosial dengan lingkungan sekitarnya. Matematika sekolah itu ramah untuk siswa karena matematika sekolah berangkat dari hal-hal yang ada di sekitar siswa, dari pengalaman-pengalaman siswa, dan dari kebiasaan-kebiasaan siswa itu sendiri. Kebiasaan siswa dalam menyelesaikan masalah, kegiatan mengamati hal-hal yang ada di sekitarnya serta komunikasi antar temannya dapat membentuk pengetahuan tidak hanya dalam Matematika melainkan dalam bidang ilmu lainnya.

    ReplyDelete
  39. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Matematika sebagai pola dan hubungan diantaranya mempelajari bahwa dalam matematika apa yang dikaji memiliki pola tertentu, contoh kongkrit dalam pembelajaran barisan dan deret bilangan baik aritmatika maupun geometri diantaranya menunjukkan bahwa matematika memiliki pola tertentu. Sedangkan matematika sebagai hubungan diantaranya mengkonsepsikan bahwa semua materi atau konsep yang dipelajari dalam matematika saling berhubungan dan saling terkait. Dengan menonjolkan ha ini, siswa akan merasa lebih dekat dengan matematika. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  40. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Komunikasi dan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang digalakkan dan dikembangkan melalui pembelajaran matematika. komunikasi matematis hingga saat ini masih perlu ditingkatkan dan masih jauh dari kata baik, siswa mungkin menguasai konsep matematika dengan baik. Namun banyak kasus dimana siswa tidak dapat mengkomunikasikan gagasannya dalam praktiknya. Padahal penelitian mengenai kemampuan siswa memuat aspek komunikasi matematis di dalamnya. Sehingga agar kemampuan matematis sisa baik di kancah nasional maupun internasional, komunikasi matematis merupakan hal yang wajib untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  41. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Problem solving dalam matematika diberikan setelah pemahaman konsep siswa baik. NAmun sejatinya pemecahan masalah dapat dijadikan alternatif guru melalui pembelajaran PBL atau problem posing agar siswa dapat mengeksplorasi masalah-masalah yang berkaitan dengan matematika di dunianya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  42. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Tulisan di atas yang diambil dari Ebbut and Straker (1995) menyebutkan seperti apa matematika agar ramah pada siswa. Namun demikian, dalam praktiknya pada pembelajaran masih sedikit pendidik yang membudayakan metamatika seperti keempat poin yang telah disebutkan di atas. Padahal jika keempat aspek dasar metamatika tersebut diterapkan oleh pendidik dalam memberlajarkan matematika pada siswa, maka berbagai pandangan negatif tentang mata pelajaran matematika saat ini perlahan akan semakin hilang.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  43. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Karena matematika sekolah berbeda dengan pure mathematics, maka matematika sekolah akan lebih efektif jika didukung oleh banyak pihak, seperti orang tua yang siaga, guru yang kompeten dan pemerintah yang mendukung. Kegiatan pembelajaran yang efektif sesuai kurikulum 2013 mirip dengan hakikat matematika sekolah. Kegiatan problem solving & penelusuran pola dan hubungan yang dikemukan Ebbutt dan Straker sesuai dengan kegiatan menalar dan mencoba. Pada kegiatan investigasi sesuai dengan dengan kegiatan menanya dalam kurikulum 2013. Dan ada kegiatan mengkomunikasikan untuk membiasakan siswa berdiskusi serta berbicara di depan umum.

    ReplyDelete
  44. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pemecahan masalah merupakan salah satu hakekat matematika. Belajar matematika dengan memecahkan masalah yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari akan memunculkan intuisi matematika siswa. Intuisi matematika pada siswa akan memunculkan ide-ide matematika. Jika intuisi matematika sudah ada pada diri siswa maka menandakan siswa senang bermatematika, jika siswa sengan bermatematika maka matematika menjadi ramah baginya.

    ReplyDelete