Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics




Oleh Marsigit

Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
2. Matematika adalah kegiatan problem solving
3. Matematika adalah kegiatan investigasi
4. Matematika adalah komunikasi


Itulah hakekat matematika yang selama ini di pandang sebagai alternatif agar matematika di sekolah tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa.

39 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Matematika sekolah menurut Ebbut dan Straker adalah kegiatan penulusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi. Implikasinya dalam pembelajaran ialah matematika tidak diajarkan langsung dengan pemberian definisi, rumus dan sebagainya. Karena dengan begitu matematika akan menjadi ilmu hafalan. Padahal matematika itu adalah logika. Maka pembelajaran yang tepat adalah dengan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri konsep-konsep matematika melalui kegiatan penyelidikan, pemberian masalah yang berkaitan dengan matematika, investigasi dan kemudian mengarahkan siswa untuk menyimpulkan konsep yang mereka peroleh. Sehingga pembelajaran akan menjadi bermakna karena siswa menjadi paham benar mengenai konsep matematika.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Pada hakekatnya matematika di sekolah merupakan kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan sarana komunikasi (Ebbut and straker, 1995). Hakekat matematika dipandang sebagai alternatif dalam membelajarkan matematika agar lebih menyenangkan sehingga matematika dapat diterima baik oleh siswa. Hal ini akan dapat membuat persepsi siswa yang negatif menjadi positif. Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk dapat mengajarkan matematika yang menyenangkan. Namun tidak ada yang tidak mungkin jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bahasa komunikasi setiap hari menggunakan Bahasa Indonesia, menghitung belanjaan menggunakan ilmu matematika sehingga tanpa disadari matematika ini sudah menjadi bahasa komunikasi di pasar, di toko, di jalan, di antara tetangga sekitar. Bahkan bila komunikasi tanpa menggunakan matematika apakah masih disebut dengan komunikasi? Ya masih, matematika di sini sebagai ilmu tambahan di dalam suatu komunikasi. Sehingga, memudahkan para pedagang untuk berkomunikasi dengan pelanggan tentang harga suatu barang. Begitu pun juga matematika sebagai komunikasi dalam hal umum seperti karcis kereta api yang tertera seat nomor berapa dan huruf apa , itu hal sederhana tetapi menjadi sangat penting bila memang matematika sebagai komunikasi.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P.Mat A 20108

    Matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang menakutkan, menyebabkan siswa cemas. Banyak pandangan siswa maupun orang dewasa, bahwa matematika adalah mata pelajaran yang paling dibenci karena berbagai alasan. Ini merupakan sebuah permasalahan umum yang harus dicarikan solusi, terutama sebagai seorang guru. Hakekat matematika yang dedifinisakn oleh Ebbut dan Strakertersebut dapat menjadi alternatif dan solusi untuk menciotakan pandangan yang berbeda tentang matematika, agar matematika menjadi mata pelajaran yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu.

    ReplyDelete
  5. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Menurut Ebbutt dan Straker, matematika sekolah terdiri dari 4 hakekat yaitu matematika adalah kegitana penelusuran pola atau hubungan, pada bagian ini matematika sekolah bertujuan agar peserta didik memahami bahwa konsep logis didasari oleh adanya pola yang sama, pola itu membentuk hubungan sehingga pernyataan atau konsep dapat dibuktikan kembali; matematika adalah kegiatan problem solving, pada bagian ini berarti hasil dari pola dan hubungan yang telah dirangkai membantuk prior knowledge dan dipakai untuk menyelesaiakn persoalan disekitarnya; matematika adalah kegiatan investigasi dan matematika adalah komunikasi, pada dua bagian ini adalah hasil dari bagian satu dan dua dimana dalam melakukan investigasi, peserta didik telah memilki pengalaman problem solving dan pengungkapan hasilnya dalam bentuk bahasa. Bahasa ini sebagai alat komunikasi agar penyampaian ide dipahami juga oleh orang lain.

    ReplyDelete
  6. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dari hakekat matematika yang sudah dipaparkan di atas, kenyataan yang ada di dalam dunia pendidikan sekarang masih kurang tepat implementasinya. Metode-metode yang diterapkan guru masih kurang membangun kemampuan komunikasi siswa, kemampuan memecahkan masalahnya, kemamluan investigasi dan sbagainya. Pembelajaran di sekolah masih berpusat kepada guru kurang menuntut siswa untuk aktif sehingga siswa berperan pasif dan sulit untuk membangun pengetahuannya sendiri seharusnya hakekat matematika itu sendiri perlu diimplementasikan secata tepat dan efektif dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  7. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Hakekat matematika sekolah selama ini hanya dipandang sebagai sesuatu yang harus dilewati oleh siswa dan guru, yang kemudian guru bertanggung jawab agar pembelajaran matematika terlihat aktif dan menyenangkan bagi siswa. Padahal, hakekat matematika sekolah sebenarnya adalah matematika sebagai penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, investigasi, dan komunikasi sebagai bekal untuk kehidupan di dalam dan di luar sekolah nantinya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  8. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Hakekat matematika dilihat memang terkesan ramah, akan tetapi dalam prakteknya berbeda. Dapat dilihat masih ada sebagian guru yang tidak menunjukkan keramahan matematika seperti yang tergambar dalam hakekat matematika. Ketika siswa menghadapi kesulitan permasalahan matematika, guru tersebut bukan malah memberikan motivasi, tetapi malah menjatuhkan mental siswa dengan sikap yang bukan menggambarkan seorang guru. Sudah sepantasnya menjadi renungan bersama untuk para guru dan calon guru bahwasanya penting untuk memperhatikan hakekat matematika yang ramah agar tidak ada lagi siswa yang merasa tertekan belajar matematika.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  9. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Matematika sekolah memuat 4 hal seperti yang telah disebutkan di atas.
    Sebagai seorang pendidik, alangkah baiknya jika kita dapat menerapkan matematika sekolah tersebut pada saat mengajar.
    Misalnya saja melatih siswa melihat suatu pola atau hubungan dari sebuah fenomena, membiasakan melakukan problem solving dan penyelidikan, serta mengkomunikasikan hasil diskusi dan hasil pemikirannya kepada orang lain. sehingga matematika dapat menjadi ratunya ilmu daam kehidupan untuk memperoleh gagasan dalam menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  10. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Keempat poin yang diungkapkan oleh Ebut dan staker untuk mendefinisikan matematika adalah poin-poin yang memiliki keterhubungan satu dengan yang lain. Matematika yang merupakan kegiatan penelusuran pola atau hubungan dilakukan dengan cara melakukan problem solving (pemecahan masalah) dan menginvestigasi. Setelah proses tersebut terjadi maka selanjutnya adalah membahasakan ataupun mengkomunikasikan matematika.

    ReplyDelete
  11. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Matematika adalah menerjemahkan pola, pola dari fakta-fakta yang ditemui dalam dunia nyata. Dengan demikian maka fakta merupakan pivot dari matematika. Oleh karena itu pembelajaran kontekstual berbasis fakta merupakan suatu pilihan yang tepat agar siswa menjadi lebih memahami materi.

    ReplyDelete
  12. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Hakekat matematika sekolah adalah:
    Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    Matematika adalah kegiatan problem solving
    Matematika adalah kegiatan investigasi
    Matematika adalah komunikasi
    Seandainya proses belajar mengajar matematika disekolah sesuai dengan hakekatnya. Nampaknya proses belajar mengajar menjadi lebih menarik perhatian siswa. Dan sudah menjadi tugas guru untuk membimbing dan menyadarkan siswa betapa penting dan mnyenangkannya matematika walaupun tak bisa dipungkiri bahwa matematika memang rumit namun dengan menyadarkan siswa betapa matematika sangat dibutuhkan mungkin akan sedikit menarik perhatian siswa ditambah dengan proses belajar mengajar yang lebih inovatif dan interaktif.

    ReplyDelete
  13. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Hakekat matematika sekolah adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi. Berdasarkan hakekat tersebut, matematika bisa terlihat menyenangkan dan lebih ramah untuk siswa. Matematika memang harus dipelajari dengan perasaan yang senang dan tanpa tekanan. Jika siswa sudah meras cemas akan pembelajaran matematika maka siswa akan kesulitan dalam menerima pembelajaran. Oleh karena itu hakekat tersebut dapat diterapkan sehingga matematika bisa menjadi sarana investigasi untuk memecahkan masalah melalui penelusuran pola dan bisa dikomunikasikan untuk mendapatkan penyelesaian masalah.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  14. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Matematika itu tidaklah tunggal. Contoh sederhananya yaitu matematika yang dipelajari siswa-siswa di sekolah (matematika sekolah) dan matematika murni (matematika yang dipelajari para ilmuwan) adalah 2 hal yang berbeda. Matematika di sekolah memang diperuntukkan bagi para siswa karena sifat dari matematika sekolah itu konkrit. Matematika sekolah adalah cabang matematika yang di ajarkan kepada anak-anak usia sekolah. Matematika sekolah dekat dengan hal-hal yang konkrit agar mudah untuk dipahami oleh siswa. Matematika sekolah adalah cabang matematika yang diajarkan kepada anak-anak usia sekolah. Matematika sekolah dekat dengan hal-hal yang konkrit agar mudah untuk dipahami oleh siswa. Khusus untuk jenjang sekolah dasar matematika adalah aktivitas. Jadi kreasikanlah pembelajaran yang akan dilakukan ke dalam aktivitas-aktivitas yang menyenangkan namun tidak mengurangi makna dan tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  15. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Matematika adalah komunikasi. Komunikasi dalam matematika sekolah bisa dilakukan melalui kelompok diskusi. Kelompok diskusi bisa dikelompokkan sesuai dengan achievement siswa. Dalam kelompok diskusi tersebut, siswa dapat mengutarakan ide ide dan menerima pendapat dari orang lain.

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Matematika adalah kegiatan penelusuran pola dan hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi. Oleh sebab itu matematika memiliki hubungan dnegan ilmu yang lainnya. Matematika ialah dasar dari suatu ilmu pengetahuan. Mengomunikasikan matematika yaitu dengan menerapkan konsep-konsep matematik yang akan menjadi fondasi membangung suatu ilmu pengetahuan. Matematika sekolah dipandang sebagai alternative agar matematika tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi siswa. Karena bahasa matematika sekolah lebih fleksibel dan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Matematika sekolah ini bertujuan untuk membangung konsep berpikir matematis dan logis, sehingga dapat mempermudah siswa untuk memahami mata pelajaran yang lainnya.

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Salah satu hakekat matematika sekolah yang disebutkan di atas adalah “Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan”. Implikasi dari pandangan ini terhadap pembelajaran matematika adalah: guru perlu memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan, guru perlu memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan dengan berbagai cara; dan guru perlu mendorong siswa untuk menemukan adanya urutan, perbedaan, perbandingan, pengelompokan.

    ReplyDelete
  18. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Siswa yang mempunyai mindset bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan harus dihilangkan. Salah satu cara menghilangkan mindset bahwa matematika sulit dan menakutkan adalah dengan memberikan pujian tentang hasil belajar siswa. Dengan pujian tersebut, siswa akan terkurang beban kognitifnya. Mengurangi beban kognitif siswa akan memberikan pandangan pada siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang mudah dan tidak menakutkan.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Matematika sangat erat kaitannya dengan problem solving, sehingga pernyataan di atas yang menyebutkan bahwa matematika adalah kegiatan problem solving sangat benar. Kemampuan dalam memecahkan masalah haruslah menjadi kemampuan dasar seseorang dalam matematika. Sehingga
    keterampilan proses dan strategi dalam memecahkan masalah sangat dibutuhkan saat kita membicarakan persoalan matematika.

    ReplyDelete
  20. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam mempelajari matematika, siswa dapat memahami secara mendalam serta mengaplikasikannya dengan baik. Banyak potensi besar untuk memberikan berbagai macam kemampuan dan sikap yang diperlukan oleh manusia agar ia bisa hidup secara cerdas (intelligent) dalam lingkungannya. Adapun diantaranya ialah kemampuan berhitung, kemampuan melakukan berbagai macam pengukuran, kemampuan mengamati dan membayangkan bangunan-bangunan geometris yang ada di alam, kemampuan mengamati, mengorganisasi, mendeskripsi, menyajikan, dan menganalisis data, dsb. Bidang studi matematika juga berguna untuk menanamkan atau memperkuat sikap-sikap tertentu seperti sikap teliti (cermat), sikap kritis, sikap efisien, sikap telaten, dan sikap detil.

    ReplyDelete
  21. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan, oleh karena itu pendidik dapat menggunakan berbagai pendekatan seperti pendekatan problem solving. Dengan menggunakan pendekatan tersebut membuat pelajaran matematika yang abstrak dapat mudah diterima dan dipahami oleh siswa. Sehingga dalam hal ini siswa akan senang dalam belajar matematika dan akan meningkatkan hasil belajar dan kemampuan matematis siswa.

    ReplyDelete
  22. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Matematika sejatinya bersifat abstrak sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh anak-anak. Sesuai dengan kodratnya, anak-anak berada di dalam ranah konkert. Maka agar matematika yang abstrak dapat dengan mudah bergaul dengan anak-anak, matematika harus dihadirkan dalam bentuk lain yang sesuai dengan perkembangannya. Matematika sekolah yang dicetuskan oleh Ebbutt dan Straker ini dapat menjadi salah satu solusinya, yaitu matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan, problem solving, investigasi, dan komunikasi. Hakekat matematika sekolah tersebut sebaiknya benar-benar diaplikasikan di dalam dunia pendidikan agar matematika bisa dipelajari oleh siswa.

    ReplyDelete
  23. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Hal yang dapat disimpulkan dari elegi ini adalah Hakikat matematika agar dipandang ramah adalah matematika adalah sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan. Matematika sebagai kegiatan pemecahan masalah. Matematika sebagai kegiatan investigasi. Dan matematika sebagai komunikasi. terimakasih

    ReplyDelete
  24. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Ebbutt and Straker (1995) menyatakan bahwa hakekat matmeatika sekolah adalah proses komunikasi, matematika adalah komunkasi maka kita bisa katakan bahwa matematika sebagai bahasa, yaitu menyatakan ataupun mengkomunikasikan gagasan ataupun ide-ide menggunakan simbol-simbol matematika.

    ReplyDelete
  25. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    dengan menghadirkan sebuah masalah maka siswa akan berusaha untuk memechkannya, hal ini membantu siswa dalam membangun kognitifnya melalui proses pembelajaran. Dengan kegiatan pemecahan masalah mendorong siswa untuk berfikir logis, konsisten, sistematis. Mengembangkan kompetensi dan keterampilan untuk memecahkan persoalan sangat penting, sebagai bekal siswa dalam meghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  26. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Mengubah pandangan para siswa dengan kembali matematika sebagai aktivitas pola atau hubungan, kegiatan pemecahan masalah, kegiatan investigasi, dan komunikasi pencarian. Kebiasaan guru masih mengajar matematika dengan mentransfer ilmu dan memberikan latihan yang harus berubah karena matematika harus dibawa lebih dekat dengan dunia nyata dan pikiran siswa dan dikomunikasikan kepada siswa melalui kegiatan interaktif dan menarik bagi siswa.

    ReplyDelete
  27. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Dalam definisi tersebut dijelaskan salah satu hakekat matematika yaitu matematika adalah kegiatan problem solving. Dalam pembelajaran, guru dapat memulai dengan memberikan masalah dan masalah yang disajikan merupakan masalah kontekstual. Hal ini dimaksudkan agar siswa tahu bahwa materi tersebut sangat penting untuk dipelajari dan bermanfaat disekeliling kita. Sehingga siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar.

    ReplyDelete
  28. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Dalam matematika sekolah, tidak dianjurkan pembelajaran bermula dengan definisi. Definisi merupakan suatu hal yang abstrak yang susah dipahami oleh siswa. Sesuai dari hakekat matematika sekolah yang telah disebutkan bahwa matematika sebagai aktivitas pola atau hubungan, kegiatan pemecahan masalah, kegiatan investigasi, dan komunikasi pencarian. Untuk itu, pembelajaran harus dilakukan dengan aktivitas-aktivitas tersebut. Dengan aktivitas tersebut, siswa akan mengkonstruksi suatu onsep dalam benaknya sendiri.

    ReplyDelete
  29. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    School Mathematics untuk membangun intuiis matematika siswa. dalam pembelajaran di sekolah siswa haruslah membangun intuisi matematika mereka melalui kemampuan problem solving (kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan matematis, kemampuan menemukan pola atau menemukan hubungan dari fakta-fakta yang ada sehingga menjadi suatu kesimpulan, kemampuan investigasi (melakukan penyelidikan, peninjauan terhadap permasalahan yang mereka hadapi), dan kemampuan mengkomunikasikan.

    ReplyDelete
  30. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi

    Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker tersebut memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dengan tentunya siswa tersebut terlebih dahulu memahami kapasitas ilmunya dalam matematika. Siswa yang cenderung menyukai pola atau hubungan maka itulah yang membuatnya termotivasi mempelajari hal tersebut. Sehingga hal ini dikatakan matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan.

    ReplyDelete
  31. Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker tersebut memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dengan tentunya siswa tersebut terlebih dahulu memahami kapasitas ilmunya dalam matematika. Siswa yang cenderung menyukai problem solving maka itulah yang membuatnya termotivasi mempelajari hal tersebut. Sehingga hal ini dikatakan matematika adalah kegiatan problem solving.

    ReplyDelete
  32. Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker tersebut memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dengan tentunya siswa tersebut terlebih dahulu memahami kapasitas ilmunya dalam matematika. Siswa yang cenderung menyukai kegiatan investigasi maka itulah yang membuatnya termotivasi mempelajari hal tersebut. Sehingga hal ini dikatakan matematika adalah kegiatan investigasi.

    ReplyDelete
  33. Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker tersebut memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dengan tentunya siswa tersebut terlebih dahulu memahami kapasitas ilmunya dalam matematika. Siswa yang cenderung menyukai komunikasi maka itulah yang membuatnya termotivasi mempelajari hal tersebut. Sehingga hal ini dikatakan matematika adalah komunikasi.

    ReplyDelete
  34. Keempat Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker ini memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dan hal tersebut akan bertahan apabilah seorang siswa memiliki kertertarikan terhadap empat hakekat matematika sekolah tersebut. Dengan demikian siswa dapat termotivasi mempelajari matematika karena mereka menganggap bahwa matematika itu menyenangkan.

    ReplyDelete
  35. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A 2019

    Hakekat matematika di sekolah menurut Ebbutt and Straker tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa. Karena matematika bisa didefinisikan sebagai suatu kegiatan, berarti bahwa siswa dilibatkan secara langsung dalam menemukan dan bagaimana menyelesaikan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan matematika. Sehingga siswa dapat menemukan konsep matematika yang diajarkan.

    ReplyDelete
  36. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih Pak Prof. atas postingan ini. Dari elegi ini saya dapat mengambil pelajaran bahwa dalam mengenalkan matematika kepada anak-anak tidaklah mudah. Kita harus benar-benar memperhatikan faktor apa saja yang memungkinkan bagi anak agar mampu menerima pembelajaran matematika dengan baik. Untuk itu, penting untuk mencari dan mengkaji cara-cara alternatif yang dapat digunakan untuk mengenalkan matematika kepada anak-anak sehingga matematika menjadi lebih menyenangkan dan dapat diterima dengan baik oleh mereka. Seperti yang terdapat pada postingan diatas bahwa cara dalam mengenalkan matematika kepada anak-anak adalah dengan mengubah matematika menjadi suatu kegiatan, seperti kegiatan dalam penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi serta menjadikan matematika sebagai komunikasi. Dengan demikian, diharapkan hal tersebut dapat mengubah pandangan matematika menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak.

    ReplyDelete
  37. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Pada hakekatnya, matematika adalah kegiatan penelusuran bola, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi dan komunikasi. Hakekat tersebut dipandang sebagai alternatif supaya matematika di sekolah tampak menyenangkan. Tetapi pada kenyataannya peserta didik banyak yang enggan belajar matematika. Mereka menganggap matematika itu sulit dipelajari. Implementasi yang ada belum sesuai dengan pandangan orang.

    ReplyDelete
  38. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Hakekat matematika menurut ebbutt dan straker adalah hakekat yang ramah dan menyenangkan. Dimana siswa diajak terlibat secara langsung dalam proses pemecahan masalah. Hal tersebut akan membantu siswa untuk membangu konsep dan kemampuan intuisi siswa. Sehingga kemampuan berpikir siswa menjadi lebih baik baik. Berbeda ketika pembelajaran matematika guru langung memberika rumus dan keterangannya kemudian meminta siswa mengerjakan soal latihan siswa hanya akan mampu menyelesaiakannya tetapi tidak paham akan konsep dari materi tersebut akibatnya saat siswa diminta untuk menyelesaiakan permasalahan lain maka akan menghadapi kendala dalam penyelesaiannya.

    ReplyDelete
  39. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete