Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics




Oleh Marsigit

Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
2. Matematika adalah kegiatan problem solving
3. Matematika adalah kegiatan investigasi
4. Matematika adalah komunikasi


Itulah hakekat matematika yang selama ini di pandang sebagai alternatif agar matematika di sekolah tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa.

104 comments:

  1. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari beberapa hal yang disampaikan di atas, matematika mempunyai peranan penting dalam pendidikan di sekolah. Matematika sebagai kegiatan dan komunikasi hendaknya dapat diterapkan dengan tepat di sekolah – sekolah. Jika ke empat hakekat matematika sekolah tersebut dapat diterapkan seluruhnya di sekolah maka tujuan dari pembelajaran matematika sekolah dapat terwujud. Penyampaian matematika dengan berbagai metode dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menyampaikan matematika sekolah. Semoga kedepannya semua guru menyadari pentingnya ke empat hal tersebut dan menerapkan matematika sekolah dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Hakekat matematika menururt Ebbutt and Straker yaitu matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan, problem solving, investigasi, dan komunikasi. Sehingga, matematika itu dekat dengan kehidupan kita. Hal ini lah yang seharusnya lebih ditonjolkan pada matematika sekolah. Sehingga, dengan matematika, dapat mengolah pola pikir siswa. Pola pikir matematika ini lah yang nantinya akan berguna untuk menghadapi permasalahan di kehidupan sehari-hari ataupun di lingkungan kerja nantinya.

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Saya lebih tertarik pada "Matematika adalah komunikasi"
    karen dalam pemebelajaran matematika, siswa dibiarkan untuk mengungkapkan hasil dari olah pikir mereka, sehingga akan ada komunikasi antar siswa dengan siswa dan siswa dengan guru sehingga akan didapat kesimpulan pembelajaran yang tidak hanya berasal dari guru saja.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Adanya keempat hal ini 1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving 3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi. Yanag mana keempat hal itu adalah salah satu bagian dari suatau kemapauan metamatika. Dengan adanya keempat hal itu maka kita bisa mengerti apa itu matematika. Adanya kegiatan penelusuran pola, adanay problem solving, investigasi dan komunikasi di dalam matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Terdapat 4 hakekat matematika berdasarkan elegi pemberontakan pendidikan matematika 9. Yang pertama yaitu studi pola dan hubungan (study of patterns and relationships) dengan demikian masing-masing topik itu akan saling berjalinan satu dengan yang lain yang membentuknya. Kedua yaitu sebagai alat (a tool) pemecahan masalah (problem solving) yang dipergunakan oleh setiap orang dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Ketiga sebagai proses penyelidikan yang dilakukan seseorang, dan selanjutnya keempat yaitu orang tersebut mengkomunikasikan hasil perolehannya. Sehingga dapat membandingkannya dengan perolehan orang lain, karena dalam suatu investigasi dapat diperoleh satu atau lebih hasil.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya sependapat bahwa matematika sekolah merupakan serangkaian kegiatan interaksi, investigasi, penelusuran, serta pemecahan masalah dalam matematika. Meski memiliki perbedaan dengan matematika muni namun keduanya saling berkaitan satu sama lain serta saling melengkapi.

    ReplyDelete
  7. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Saya setuju dengan apa yang disebutkan diatas, pada hakikatnya matematika adalah ilmu yang sangat penting itu dipelajari karena sejak zaman dahulu matematika terus dipakai dan digunakan untuk perkembangan teknologi dan komunikasi. serangkaian kegiatan pembelajaran matematika dari mulai penulusuran, investigasi, pemecahan maslaah dan interaksi merupakan tahap yang bagus untuk membantu siswa mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  8. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Matematika erat kaitannya dengan pemecahan masalah, bahkan ada yang menyebut bahwa problem solving merupakan jantungnya matematika, dengan pemecahan masalah dapat melatih siswa untuk berfikir logis, kritis dan matematis

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Matematika sekolah berkaitan erat dengan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Ketika guru menginginkan kelas yang menyenangkan bagi siswa, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan pelusuran pola atau hubungan. Tugas guru adalah sebagai fasilitator, sehingga intuisi siswa berkembang dalam proses penelusuran ini. Kemudian guru juga harus membiasakan siswa untuk menyelesaikan problem, yang meruapakan masalah non rutin bagi siswa. Dalam pembelajaran, komunikasi matematika juga sangat dibutuhkan baik secara tertulis (berupa diskusi atau portofolio) maupun secara lisan (oral presentation).

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Hakekat matematika sekolah yaitu Matematika sebagai struktur yang terorganisasi. Agak berbeda dengan beberapa ilmu pengetahuan lain, matematika merupakan suatu bangunan struktur yang terorganisir. Sebagai sebuah struktur, ia terdiri atas beberapa komponen yang antara lain meliputi aksioma/postulat, pengertian pangkal/primitif, dan dalil/teorema. Kemudian matematika adalah kegiatan problem solving, Matematika sebagai seni yang kreatif. Dimana penalaran yang logis dan efisien serta perbendaharaan ide-ide dan pola-pola yang kreatif dan menakjubkan, maka matematika sering pula disebut sebagai seni, khususnya merupakan seni yang kretif.

    ReplyDelete
  11. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. matematika merupakan ilmu yan terstruktur, tiap-tiap bagian dalam matematika saling berhubungan. Untuk mempelajari matematika di sekolah siswa melakukan berbagai kegiatan untuk menambah pengalaman matematikanya. Kegiatan penelususran pola dapat mengasah intuisi siswa. Jika intuisi siswa terasah maka siswa akan semakin mudah mnyelesaikan berbagai persoalan matematika.

    ReplyDelete
  12. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Matematika sekolah berbeda dengan matematika formal. Di SD, matapelajaran matematika yang dimaksud ialah Matematika Sekolah. Berdasarkan penjabaran Ebbutt dan Straker di atas, mereka mendiskripsikan matematika sekolah adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan kegiatan komunikasi. Ini sejalan dengan kebutuhan matematika yang ada di sekolah dasar, dimana mereka belum mampu untuk belajar matematika secara formal, dan masih perlu belajar dari kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan, yang tentunya akan lebih melekat pada benak siswa.

    ReplyDelete
  13. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hakekat Matematika Sekolah yang telah disebutkan di atas membantu proses pembelajaran Matematika menjadi lebih efektif dan efisien. Matematika Sekolah meliputi kegiatan penelusuran pula atau hubungan, problem solving, investigasi, dan komunikasi. Saya setuju, jika keempat point tersebut merupakan alternatif agar Matematika di sekolah menjadi lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa.

    ReplyDelete
  14. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya tertarik dengan point kedua, yaitu Matematika adalah kegiatan problem solving (pemecahan masalah). Dalam hal ini, siswa belajar merumuskan dan memecahkan masalah, sehingga dengan cara tersebut siswa mampu memberikan respon terhadap suatu masalah pembelajaran. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan kesulitan maupun keraguan dalam proses pembelajaran yang diharapkan mereka mampu berlatih mencari jalan keluarnya. Sehingga, ketergantungan siswa terhadap guru pun berkurang.

    ReplyDelete
  15. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Matematika sekolah adalah matematika yang telah dipilah-pilah dan disesuaikan dengan tahap perkembangan intelektual siswa, serta digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir bagi para siswa. Dengan demikian guru hendaknya memahami dengan baik apa itu matematika sekolah, agar tidak terjadi kekeliruan dalam mengajarkan matematika sekolah kepada siswa.

    ReplyDelete
  16. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Tantangan masa depan yang selalu berubah sekaligus persaingan yang semakin ketat memerlukan keluaran pendidikan yang tidak hanya trampil dalam suatu bidang tetapi juga kreatif dalam mengembangkan bidang yang ditekuni. Hal tersebut perlu dimanifestasikan dalam setiap mata pelajaran di sekolah, termasuk matematika.

    ReplyDelete
  17. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hakekat matematika sekolah ada 4, yaitu : matematika sebagai kegiatan mencari pola, matematika sebagai kegiatan pemecahan masalah, matematika sebagai kegiatan investigasi, dan matematika sebagai komunikasi. Dari dasar ini, guru dapat menerapkannya dalam pembelajaran sehingga matematika di sekolah dipandang menyenangkan bagi siswa, dan siswa mendapatkan pengalaman matematikanya, dan lebih jauh, dapat mengembangkan intuisinya

    ReplyDelete
  18. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penerapan keempat hakekat matematika sekolah mampu memberi gambaran kepada guru tentang penyusunan dan rencana pembelajaran di kelas. Dengan variasi metode dan media, diharapkan siswa dapat belajar dengan aktif dan mandiri, serta mendapatkan fasilitas untuk belajar secara bermakna

    ReplyDelete
  19. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Jika melihat dari pengertian matematika menurut Ebbutt dan Straker tersebut, saya seperti bisa menebak pandangannya adalah konstruktivis sosial. Pendapat tersebut boleh-boleh saja. Dan bisa digunakan untuk mempromosikan matematika sekolah. Karena bentuknya yang terlihat sederhana. Namun, kenyataannya dalam kurikulum kita saat ini, ada bagian matematika yang sulit untuk dihubungkan dengan penelusuran pola atau hubungan, ada juga yang tidak tampak jelas bentuk komunikasinya, apabila sudah menuju kepada materi yang abstrak. Mungkin perlu dirumuskan kembali materi matematika yang masuk ke dalam matematika sekolah.

    ReplyDelete
  20. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014



    Hakikat matematika sekolah salah satunya adalah matematika adalah kegiatan penulusuran pola atau hubungan, matematika merupakan ilmu sebab akibat, dalam pembelajarannya materi matematika berkaitan satu dengan yang lain, pembelajaran matematika di sekolah materinya telahdiatur sedemikian sehingga materi nya runtut dan sesuai dengan daya pikir siswa.

    ReplyDelete
  21. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain itu hakekat matematika adalah kegiatan problem solving, problem solving merupakan jantung nya matematika dimana kegiatan matematika sebagian besar mengenai problem solving, siswa diberi kesempatan untuk berkreasi dalam melakukan problem soving. Problem solving sendiri dapat membantu siswa dalam meningkatakan kemampuan anlisisnya, kemampuan kreatifitasnya, kemampuan berpikir sistematis nya dll.

    ReplyDelete
  22. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Matematika sekolah memuat 4 hal seperti yang telah disebutkan di atas.
    Sebagai seorang pendidik, alangkah baiknya jika kita dapat menerapkan matematika sekolah tersebut pada saat mengajar.
    Misalnya saja melatih siswa melihat suatu pola atau hubungan dari sebuah fenomena, membiasakan melakukan problem solving dan penyelidikan, serta mengkomunikasikan hasil diskusi dan hasil pemikirannya kepada orang lain.

    ReplyDelete
  23. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Matematika sekolah memuat 4 hal seperti yang telah disebutkan di atas.
    Sebagai seorang pendidik, alangkah baiknya jika kita dapat menerapkan matematika sekolah tersebut pada saat mengajar.
    Misalnya saja melatih siswa melihat suatu pola atau hubungan dari sebuah fenomena, membiasakan melakukan problem solving dan penyelidikan, serta mengkomunikasikan hasil diskusi dan hasil pemikirannya kepada orang lain.

    ReplyDelete
  24. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Guru haruslah mampu membedakan matematika perguruan tinggi dengan matematik sekolah. Matematika sekolah. Guru perlu untuk memahami pola pikir dan sejauh mana kemampuan mereka. Matematika sekolah adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan, sehingga mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan penyelidikan untuk menemukan suatu pola atau leteraturan, sehingga siswa mampu melakukan percobaan dan membuat kesimpulan. Matematika sekolah adalah problem solving, atau penyelesaian maalah, di sini guru berperan sebagai fasilitator dan mampu menggugah siswa untuk memunculkan masalah dan dengan kemampuan yang dimiliki siswa, mereka diberi kesempatan untuk mmcahkan sendiri masalah tersebut dengan langkah yang sesuai.Matematika sekolah adalah kegiatan investigasi, dimana siswa diharapkan ampu untuk melakukan penyelidikan dan menemukan pengetahuannya melalui proses tersebut.Matematika sekolah adalah komunikasi dimana terjadi proses interaksi antara komponen dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  25. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hakekat matematika sekolah tersebut sangat menekankan peran aktif siswa dalam pembbelajaran. Perlu dipahami juga bahwa matemtika meruapakan suatu aktivitas manusia, sehingga melibatkan peran siswa dalam pembelajaran tentu akan lebih menyenangkan bagi diri siswa. Karena itulah peran guru sangat penting dalam membuat metode inovatif yang sesuai agar siswa dapat tertarik dan tidak cepat bosan di kelas.

    ReplyDelete
  26. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Menurut Branca, N. A (dalam Sumardyono) Problem solving dalam pembelajaran matematika merupakan (1) problem solving sebagai tujuan (as a goal), (2) problem solving sebagai proses (as a process),dan (3) problem solving sebagai keterampilan dasar (as a basic skill).
    1. Problem solving sebagai tujuan
    Problem solving ditetapkan atau dianggap sebagai tujuan pengajaran maka ia tidak tergantung pada soal atau masalah yang khusus, prosedur, atau metode, dan juga isi matematika. Anggapan yang penting dalam hal ini adalah bahwa pembelajaran tentang bagaimana menyelesaikan masalah (solve problems) merupakan “alasan utama” (primary reason) belajar matematika.
    2. Problem solving sebagai proses
    Problem solving adalah sebagai sebuah proses yang dinamis. Dalam aspek ini, problem solving dapat diartikan sebagai proses mengaplikasikan segala pengetahuan yang dimiliki pada situasi yang baru dan tidak biasa. Dalam interpretasi ini, yang perlu diperhatikan adalah metode, prosedur, strategi dan heuristik yang digunakan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Masalah proses ini sangat penting dalam belajar matematika dan yang demikian ini sering menjadi fokus dalam kurikulum matematika.
    3. Problem solving sebagai keterampilan dasar
    Pengertian problem solving sebagai keterampilan dasar lebih dari sekedar menjawab tentang pertanyaan: apa itu problem solving? Ada banyak anggapan tentang apa keterampilan dasar dalam matematika. Beberapa yang dikemukakan antara lain keterampilan berhitung, keterampilan aritmetika, keterampilan logika, keterampilan “matematika”, dan lainnya. Satu lagi yang baik secara implisit maupun eksplisit sering diungkapkan adalah keterampilan problem solving.


    Menanamkan konsep matematika haruslah dilakukan di sekolah, selanjutnya untuk pendalaman tentang soal abstraknya itulah diwujudkan dengan memberi PR (Pekerjaan Rumah). Misalnya dengan pembelajaran koseptual siswa ditanamkan konsep materi ajar yang langsung dikaji siswa ditemukan oleh siswam diolah oleh siswa bisa menggunakan alat peraga atau memanfaatkan lingkungan sekitar sehingga konsep itu tertanam. Dengan adanya konsep tertanam di benak siswa akan lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal yang abstrak karena konsepnya telah diketahui dan ditemukan sendiri oleh siswa.

    ReplyDelete
  27. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Matematika sekolah berorientasi terhadap kepentingan pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan intelektual dan kognitif yang dimiliki siswa. Dalam proses pembelajaran matematika disekolah terdapat empat hakikat matematika disekolah yang dikemukakan oleh Ebbutt dan Straker (1995) yaitu pola, problem solving (pemecahan masalah), investigasi dan komunikasi matematika.

    ReplyDelete
  28. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Hakikat matematika sebagi pola memiliki arti bahwa siswa diberi kesempatan untuk menemukan, menyelediki pola , serta melakukan percobaan untuk menentukan hubungan atau keterkaitan konsep yang satu dengan yang lainnya. Hakikat matematika sebagai problem solving atau pemecahan masalah dapat merangsang siswa untuk memperoleh pengetahuan dan memecahkan masalah , sehingga mampu meningkatkan kemampuan atau keterampilan siswa dalam proses pemecahan masalah matematis.

    ReplyDelete
  29. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Hakikat matematika sebagai kegiatan investigasi memiliki makna mendorong siswa untuk mencari solusi dan mendorong keingintahuan siswa ketika disajikan suatu permasalahan matematis. Hakikat matematika sebagai komunikasi memiliki arti mendorong siswa untuk dapat mengenal, menjelaskan permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ebbutt and Straker (1995) menjelaskan mengenai Hakekat matematika sekolah yaitu diantaranya matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungaan, kegiatan penyelesaian masalah, kegiatan investigasi dan komunikasi.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Keempat hakekat matematika sekolah yang disebutkan Ebbutt and Straker mendukung adanya pembelajaran inovatif yang berorientasikan pada siswa. Dalam hal ini siswa tidak hanya dijadikan sebagai sebuah objek pembelajaran, namun siswa juga dijadikan sebuah subjek dalam pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  32. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Matematika yang dipahami sebagai matematika sekolah adalah hakikat dari belajar matematika. Matematika sekolah menjadi alternatif agar pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan bukan menjadi pelajaran yang menakutkan dan tidak disukai siswa. Matematika dipandang sebagai aktivitas menjadikan pembelajaran matematika dilakukan melalui aktivitas-aktivitas yang mana siswa aktif terlibat di dalamnya dalam rangka membangun dan membentuk pemahaman terhadap konsep matematika.

    ReplyDelete
  33. Jeanete Nenabu
    PPS Pmat D (15709251004)


    Dari elegi ini diketahui bahwa hakekat matematika sekolah adalah kegiatan yang meliputi pola atau hubungan, problem solving, investigasi, dan komunikasi. Hakekat matematika ini merupakan solusi alternatif dan sangat berguna dalam menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Dalam hal ini, guru hendaknya dapat menciptakan situasi pembelajaran matematika yang ramah dan menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa dengan sendirinya termotivasi untuk belajar dan mengikuti proses belajar.

    ReplyDelete
  34. Jeanete Nenabu
    PPS Pmat D (15709251004)

    Hakekat matematika terdiri dari kegiatan mencari pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi dan komunikasi. Tanpa pola atau hubungan, siswa mungkin tidak dapat mengerti mengenai matematika dan dasar-dasarnya. Tanpa kegiatan problem solving, tidak akan ada kegiatan investigasi. Tanpa investigasi siswa tidak akan mengetahui pola atau hubungan dari setiap konsep matematika dan tidak dapat melakukan kegiata bernalar. Sedangkan tanpa komunikasi, matematika yang ada dalam diri siswa hanya akan tetap sebagai suatu konsep dasar dan tidak berkembang karena tidak ada hal baru yang dipelajari. Dengan demikian, hakekat matematika ini penting. guru berperan membuat matematika menjadi sesuatu yang mudah dan menyenangkan di mata siswa. Maka tugas kita sebagai guru agar membuat siswa menyukai matematika.

    ReplyDelete
  35. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari keempat definisi school mathematics yang dikemukakan oleh Ebbut and Straker (1995) yang kemudian disebut sebagai hakekat matematika sekolah hampir mirip dengan langkah pembelajaran denan pendekatansaintifik yang sekarang kita kenal. Di sini pembelajran matematika berpusat pada siswa dan bertujuan agar siswa mampu memahami materi dengan pemikirannya sendiri. Denan kata lain siswa mampu menemukan pengetahuannya sendiri melalui pengalaman dan pemikirannya. Matematika oleh siswa dan untuk siswa. Guru hanya berkewajiban memfasilitasi siswa.
    Saya akan mencoba menanggapi poin ketiga yang mendefinisikan matematika adalah kegiatan investigasi. Saya setuju dengan hal ini. Karena matematika erat hubungannya dengan permasalahan-permasalahan dan permasalahan ini muncul karena adanya pertanyaan di dalam pikiran, pertanyaan adalah awal mula dari suatu ilmu pengetahuan. Jadi matematika didefinisikan sebagai kegiatan investigasi itu merupakan hal yang masuk akal karena dengan siswa bertanya saat belajar matematika maka ia telah melakukan investigasi dalam rangka membangun pengetahuannya tentang mateatika itu sendiri.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  36. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Begitulah hakikat matematika sekolah secara idealisme yang kebanyakan luntur pada realitanya karena kondisi yang ada. Kebanyakan matematika hanya dipandang sebagai latihan soal-soal sehingga kita bisa mengerjakan dengan benar. Selain itu dengan hadirnya makhluk bernama UN, matematika seolah menjadi momok dengan kebiasaan drillnya. Mari kita sebagai guru dan calon guru bersama mengembalikan hakikat matematika sekolah sesuai dengan tempatnya.

    ReplyDelete
  37. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas postingan elegi ini

    Pada elegi ini ditampilkan definisi School mathematics menurut Ebbut and Strakker (1995), disebutkan hakekat matematika, yaitu: 1) matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan; 2) matematika adalah kegiatan problem solving; 3) matematika adalah kegiatan investigasi; 4) matematika adalah komunikasi. Sungguh ini pengetahuan baru bagi saya. Keempat poin tersebut sudah sering saya dengar digaung-gaungkan di media masa. Tapi sungguh, baru saya ketahui jika keempatnya merupakan hakekat matematika menurut Ebbut and Strakker.

    Matematika adalah kegiatan pola hubungan. Pada poin ini saya melihat bahwa matematika bukanlah ilmu yang didapatkan secara “sekonyong-konyong”. Oleh karena itu saya kurang setuju jika guru-guru memberikan alternatif penyelesaian soal dengan tips cepat tanpa memperkenalkan pada siswa alur pemecahannya.

    Matematika adalah kegiatan problem solving. Sama seperti ilmu-ilmu lainnya, merupakan suatu problem solving.

    Matematika adalah kegiatan inverstigasi. Saya rasa hal ini ada kaitannya dengan “Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research”. Bahwa salah satu aktivitas matematika adalah investiasi. Maka pada aktivitasinilah diperlukan suatu intuisi.

    Matematika adalah komunikasi. Ini benar-benar baru bagi saya. Matematika yang sejak dahulu saya sukai, saya mainkan angka-angkanya, saya jadikan teman angka-angka tersebut. Ternyata salah satu hakekat matematika adalah komunikasi.

    Terimakasih Prof, elegi ini sangat menarik

    ReplyDelete
  38. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami setuju apabila pada pembelajaran matematika hendaknya harus berupa kegiatan bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman empiris yang kemudian akan membantu siswa dalam membangun pemahamannya terhadap konsep matematika, dan bisa dikatakan dalam pembelajaran matematika di sekolah, matematika dipelajari secara induktif. Akan tetapi Pak Prof. Marsigit, kami pernah mengalami ketika ada kunjungan mahasiswa S1 dari suatu universitas ke Unit Media Alat Peraga Matematika di PPPPTK Matematika, seorang dosen pendamping mengatakan bahwa dengan membelajarkan matematika secara induktif itu tidak pas, karena matematika itu harus dipelajari secara deduktif. Menurut dosen tersebut, seribu contoh benar tidak membuktikan kebenaran suatu konsep matematika. Maka kami pun menjawab bahwa di sini (PPPPTK Matematika) berpandangan bahwa dalam mempelajari matematika akan lebih bermakna bagi siswa apabila siswa mengalami dulu, melihat dulu fenomena atau contoh dari konsep matematika tersebut dengan harapan siswa mempunyai pemahaman sekilas terkait dengan konsep yang akan dipelajari setelah itu baru digeneralisir dan selanjutnya mempelajari knsep tersebut secara deduktif.

    ReplyDelete
  39. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Saat siswa memahami suatu matematika atau ilmu lain ketika siswa dapat mengemukakan ilmu tersebut dengan kalimatnya sendiri, di mana siswa dapat menyapaikan pemikiran hasil skema yang terabstraksi dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang lain. Hal tersbeut dapat tampak terlihat saat proses diskusi dalam pembelajaran, siswa akan merekonstruksi pemikirannya yang akan disampaikan kepada teman-teman lainnya saling menyampaikan pendapat, menganalisis setiapp pendapat siswa tersebut untuk mendapatkan kesipulan dan kesepakatan bersama mengenai materi tersebut.Kemudian saat proses diskusi tersebut telah selesai maka siswa akan menyampaikan di depan kelas hasil diskusi kelompok tersebut. Penggunaan bahasa dalam menyampaikan pemikiran siswa kepada orang akan melatih siswa merepresentasikan angka dalam materi menjadi bahasa matematika yang mudah dipahami agar siswa dapat melihat suatu permasalahan dari sudut pandang matematika.

    ReplyDelete
  40. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Matematika sekolah disesuaikan dengan perkembangan psikologi berpikir siswa. Hakekat matematika sekolah yang dikemukakan oleh Ebbutt dan Straker (1995) memiliki makna masing-masing. Matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan bermakna siswa diberikan kesempatan untuk menemukan pola dan menghubungkan pengertian yang satu dengan yang lainnya. Matematika sebagai kegiatan problem solving bermakna siswa dilatih untuk memecahkan masalah matematika sehingga siswa memperoleh pengetahuan sesuai dengan yang diperlukan. Matematika sebagai kegiatan investigasi bermakna mendorong siswa untuk melatih keingintahuannya terhadap suatu permasalahan khususnya matematika. Matematika sebagai kegiatan komunikasi bermakna melatih siswa untuk memahami suatu permasalahan matematika yang kemudian pengetahuannya tersebut dikomunikasikan baik secara lisan maupun tulisan.

    ReplyDelete
  41. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof

    Untuk memahami sudut pandang antara siswa dan matematika dibutuhkan pemahaman dibutuhkan guru sebagai perantaranya.Pemahaman yang dimaksud sebagaimana menurut Ebbutt and Straker (1995) pada nomor empat bahwa matematika adalah komunikasi.Di dalam membangun pemahaman tersebut perlu adanya komunikasi sehingga siswa dapat berpikir dan merasa ternyata di dalam belajar matematika mereka menemukan banyak hal yang menyenangkan.Siswa dapat menjadikan matematika sebagai teman bicara dan bukan sebagai musuh.

    ReplyDelete
  42. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, melihat dari definisi-definisi diatas, inti dari matematika adalah kegiatan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kegiataan adalah pendekatan matematika realistik. Tema matematika realistik memang menjadi salah satu tema penelitian yang sangat populer sekarang ini karena matematika realistik lebih menekankan pada kegiatan.

    ReplyDelete
  43. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Matematika sejatinya bersifat abstrak sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh anak-anak. Sesuai dengan kodratnya, anak-anak berada di dalam ranah konkert. Maka agar matematika yang abstrak dapat dengan mudah bergaul dengan anak-anak, matematika harus dihadirkan dalam bentuk lain yang sesuai dengan perkembangannya. Matematika sekolah yang dicetuskan oleh Ebbutt dan Straker ini dapat menjadi salah satu solusinya, yaitu matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan, problem solving, investigasi, dan komunikasi. Hakekat matematika sekolah tersebut sebaiknya benar-benar diaplikasikan di dalam dunia pendidikan agar matematika bisa dipelajari oleh siswa.

    ReplyDelete
  44. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini, dalam membelajarkan matematika kepada siswa harus dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Saya ingat saat perkuliahan filsafat, bapak Marsigit pernah berkata bahwa matematika untuk anak SD itu bukan ilmu tetapi aktivitas. Jadi maksudnya matematika itu harus dikaitkan dengan aktivitas sehari hari. Sehingga dengan menyajikan matematika dalam kehidupan sehari-hari siswa diharapkan akan menjadi lebih paham dan menambah motivasi siswa dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  45. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Matematika sekolah memuat 4 hal seperti yang telah disebutkan di atas.
    Sebagai seorang pendidik, alangkah baiknya jika kita dapat menerapkan matematika sekolah tersebut pada saat mengajar.
    Misalnya saja melatih siswa melihat suatu pola atau hubungan dari sebuah fenomena, membiasakan melakukan problem solving dan penyelidikan, serta mengkomunikasikan hasil diskusi dan hasil pemikirannya kepada orang lain. sehingga matematika dapat menjadi ratunya ilmu daam kehidupan untuk memperoleh gagasan dalam menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete

  46. Anisa SafitriNovember 8, 2017 at 3:39 AM
    Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    pada hakikat matematika sebagai pola dan hubungan merupakan matematika merupakan ilmu yang membangun sikapmenjadi sistematis dalampemikiran sehingga permaslahan matematika dapat dilihat dengan melihat suatu pola yang menunjukkan kecenderungan terhadap sesuatu. pola -pola yang terbentuk dari suatu kegiatan akan dapat dilihat kearah kesimpulan atau kearah keputusan karena setiap pola mempunyai hubungan.
    pada hakekat kedua matematika sebagai kegaitan problem solving merupakan pembelajaran didalam kelas harus berorientasi pada pemecahan masalah, karena dengan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah akan membantuk siswa lebih kreatif dan inovatif serta tepat dalam mengambil keputusan atau menyelesaikan permasalahan matematika yang harapannya adalah pengetahuan yang didapat dapat diterapkan dalamkehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  47. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    matematika yang dianggap ramah menurut siswa, khususnya mereka yang senang dengan pelajaran matematika saat masih sekolah, sesungguhny ahanya sebagian kecil dari matematika yang sebenarnya, atau pure math. di sekolah mereka hanya mempelajari tentang pola, problem solving, investigaasi dan komunikasi. saay ingin membagi pengalaman ketika saya masih S1, saya mengambil jurusan matematika. di awal semester saya dan hampir semua teman sekelas agak sedikit shock. karena waktu masih sekolah, kami sangat senang dengan pelajaran matematika, itulah sebabnya kami mengambil jurusan matematika. tetapi ketika mempelajari matematika murni, ternyata banyak hal yang abstrak disana, terutama theorema2 yang bagi beberapa teman-teman saya merupakan hal yang mengerikan. ada beberapa teman yang menyerah dan memilih pindah jurusan. sedangkan yang lainnya yang masih bertahan, memilih konsentrasi statistik, karena menurut mereka lebih mudah daripada aljabar dan kawan-kawan lainnya yang abstrak. tapi disana lah saya melihat keindahan matematika, yang memerlukan intuisi sebagai bagian dari dirinya.

    ReplyDelete
  48. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dari ke empat hakikat tersebut memberikan makna bahwa pelajaran matematika sangat penting dikuasai oleh peserta didik. Melalui pelajaran matematika siswa dilatih untuk menemukan masalah serta berusaha menyelesaikannya dengan pengetahuan dasar atau terapan yang telah dimilikinya. Dengan mempelajari matematika diharapkan siswa juga dapat menguasai seperangkat kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penguasaan materi matematika bukanlah tujuan akhir dari pembelajaran matematika, akan tetapi penguasaan materi matematika hanyalah jalan untuk mencapai penguasaan kompetensi

    ReplyDelete
  49. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih Bapak atas pengetahuannya, bahwa ternyata hakikat matematika sekolah adalah keempat hal ini yakni matematika adalah mengeksplorasi relasi atau hubungan, matematika adalah problem solving, matematika adalah kimunikasi, dan matematika adalah investigasi. Keempat hal ini dapat menjadi landasan bagi kita yang mengajar di sekolah agar matematika dapat tersampaikan dengan baik ke siswa. Hal ini mempertegas bahwa seyogyanya matematika sekolah diajarkan tidak dengan definisi dan teorema tetapi lebih kepada menginvestigasi dan mengeksplorasi kehidupan nyata menjadi ilmu matematika.

    ReplyDelete
  50. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Saya setuju dengan definisi matematika sekolah oleh Ebbut and Straker (1995) diatas, bahwa matematika itu diantaranya adalah kegiatan problem solving dan kegiatan investigasi, dengan adanya kegiatan-kegaiatan tersebut dapat menjadi bekal untuk siswa dalam menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-harinya. Melatih kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah tidak hanya dalam matematika tetapi kehidupan sehari-hari. Selain itu kegiatan investigasi nantinya dapat bermanfaat untuk mereka sebagai peneliti dalam kehidupannya dan dalma lingkungan tempatnya bekerja.

    ReplyDelete
  51. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Saya baru mengetahui bahwa hakekat matematika bisa sebegita luasnya, digambarkan dalam 4 bentuk. Meskipun begitu, ke empat bentuk ini sebenarnya bisa kita rasakan jika kita mencoba merenungi matematika. Misalnya dalam pelajaran deret aritmatika maupun deret geometri, saat itu kita sedang belajar melihat pola melalui matematika. Dan saya kira masih banyak lagi contoh yang lain.

    ReplyDelete
  52. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari elegi di atas dapat dilihat bahwa definisi matematika sekolah adalah penelusuran pol atau hubungan, problem solving, investigasi serta komunikasi. Semuanya adalah dalam bentuk kegiatan atau aktivitas. Oleh karena itu, sebisa mungkin guru menghindari penggunaan matematika formal yang identik dengan definisi formal pada saat mengajarkan matematika kepada siswa sekolah dasar.

    ReplyDelete
  53. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Sependapat dengan Ebbutt and Straker yang memandang bahwa matematika sekolah merupakan suatu kegiatan atau aktivitas. Pembelajaran matematika untuk anak-anak seyogyanya hanya berisi aktivitas-aktivitas saja, dan belum pada materi yang bersifat abstrak. Hal ini dikarenakan materi matematika yang masih terjangkau oleh pikiran anak-anak dapat dipelajari melalui kegiatan yang melibatkan setiap anak. Dengan begitu pandangan akan matematika yang sulit, hanya berisi rumus, dsb semakin lama akan semakin hlang di pikiran anak-anak.

    ReplyDelete
  54. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Berdasarkan ke empat hakikat matematika tersebut, terbukti kuat bahwa matematika menjadi hal yang krusial dan berpengaruh terhadap kehidupan, baik untuk siswa di sekolah maupun dikehidupan sehari-hari. Matematika sekolah yang dirancang sebagai kegiatan penelusuran pola hubngan atau bilangan, menjadikan siswa membangun intuisi nya dengan sangat baik. Hal itu berdampak tidak hanya ketika belajar matematika namun juga ketika belajar mata pelajaran yang lain. Matematika sekolah sebagai kegaiatan investigasi menjadikan siswa belajar untuk mengeksplorasi pengetahuan baru dan menyelidiki akan suatu hal dengan teliti dan hati. Ketika matematika dianggap sebagai kegiatan problem solving pun menjadikan siswa mau berpikir, baik kritis dan kreatif, serta melatih mereka dalam mengambil keputusan atas suatu pemecahan masalah. Dengan begitu, matematika sekolah menjadi salah satu yang berpengaruh terhadap pembentukan sikap dan pola pikir siswa. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  55. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih Pak Prof. atas postingan ini. Dari elegi ini saya dapat mengambil pelajaran bahwa dalam mengenalkan matematika kepada anak-anak tidaklah mudah. Kita harus benar-benar memperhatikan faktor apa saja yang memungkinkan bagi anak agar mampu menerima pembelajaran matematika dengan baik. Untuk itu, penting untuk mencari dan mengkaji cara-cara alternatif yang dapat digunakan untuk mengenalkan matematika kepada anak-anak sehingga matematika menjadi lebih menyenangkan dan dapat diterima dengan baik oleh mereka. Seperti yang terdapat pada postingan diatas bahwa cara dalam mengenalkan matematika kepada anak-anak adalah dengan mengubah matematika menjadi suatu kegiatan, seperti kegiatan dalam penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi serta menjadikan matematika sebagai komunikasi. Dengan demikian, diharapkan hal tersebut dapat mengubah pandangan matematika menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak.

    ReplyDelete
  56. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Trimakasih, saya boleh mengenal empat unsur dalam matematika di sekolah ini. Jika keempatnya dilakukan, matematika akan menjadi lebih ramah untuk anak. Selama ini lebih banyak problem solving, itu pun berupa soal-soal latihan. Jika matematika memenuhi empat unsur tersebut, pembelajaran matematika akan bermakna dan menemukan akarnya dalam investigasi kegiatan sehari-hari.

    ReplyDelete
  57. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Menurut Ebbutt dan Straker hakekat matematika ada 4. Jika benar-benar dapat dipraktekan didalam suatu pembelajaran sangatlah sulit bagi guru. Namun akan berdampak baik bagi siswanya. Sebab siswa dapat menemukan konsep matematika didalam benak mereka.

    ReplyDelete
  58. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Matematika dalam sekolah sering kali menjadi momok bagi siswa karena mereka merasa materi matematika abstrak dan cenderung tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Memang tidak semua materi matematika dapat secara langsung diaplikasikan dalam kehidupan sosial. Hal ini merupakan salah satu yang menjadi kendala guru yakni mengkontekstualkan materi matematika. Oleh karena itu, kita belajar definisi school mathematic yang disampaikan oleh Ebbutt dan straker sebagai dasar pengembangan dan kontekstualisasi materi matematika sekolah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  59. INDAH PURNAMA SARI
    17701251035
    PEP B 2017

    Menurut Ebbut and Straker (1995), matematika itu diantaranya adalah kegiatan problem solving dan kegiatan investigasi, dengan adanya kegiatan-kegaiatan tersebut dapat menjadi bekal untuk siswa dalam menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana kegiatan investigasi nantinya dapat bermanfaat untuk mereka dalam meningkatkan intuisi mereka.

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Salah satu dari 4 definisi SCHOOL MATHEMATICS menurut Ebbutt and Straker (1995) yang disebutkan diatas adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan, definisi ini yang diterapkan secara maksimal dalam pendidikan di indonesia, jika definisi ini mampu diterapkan secara maksimal akan menumbuhkan intuisi matematis pada siswa.

    ReplyDelete
  62. Terima kasih sharing ilmunya tentang hakekat matematika bapak. Memang benar bahwa saat ini terjadi perubahan cara pandang dalam mengajarkan matematika di sekolah, yang pada mulanya beranggapan bahwa hakekat matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, komunikasi dianggap hanya sebatas agar matematika terlihat ramah bagi siswa, padahal sesungguhnya itulah sebenar-benar matematika yang sesungguhnya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  63. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Matematika merupakan pelajaran yang seringkali ditakuti oleh siswa, dilengkapi dengan guru yang terkadang terkesan galak akan lebih menambah tekanan batin siswa. Sehingga perasaan tersebut membawa kebencian siswa terhadap matematika. Hal tersebut menjadi masalah. Penyebabnya adalah karena kehadiran matematika yang tidak sesuai dengan ruang dan waktu anak-anak. Matematika yang hadir dengan keformalannya. Sehingga perlunya menerapkan matematika sekolah di sekolah, yaitu matematika yang berupa kegiatan menyenangkan, matematika yang merupakan kegiatan pemecahan masalah yang terkait dengan kehidupan siswa, dan matematika yang menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  64. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Hakekat matematika sekolah:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi
    Rasanya kegiatan-kegiatan tersebut masih belum sepenuhnya dilaksanakan, karena memang adanya keterbatasan dari beberapa pihak. Tentu akan lebih baik jika keempat poin di atas sudah dilaksanakan secara maksimal. Poin 2 dan 3 membutuhkan skill khusus bagi guru maupun siswa, mengingat masih banyak guru yang hanya menjadi transfer of knowledge saja, atau masih memberikan materi-materi secara langsung pada siswa. Kegiatan problem solving adalah kegiatan yang bagus untuk memotivasi siswa agar bisa menemukan konsep matematika dan menerapkannya dalam kehidupan. Sedangkan dalam poin 3 dibutuhkan kreativitas berpikir siswa yang dapat dicapai dengan mebiasakan kegiatan 1 dan 2. Terakhir, agar ilmu itu bermanfaat atau teraplikasikan, maka ia harus dikomunikasikan dengan baik.

    ReplyDelete
  65. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kegiatan yang berada di matematika merupakan kegiatan untuk menumbuhkan intuisi yang tajam guna memahamkan mereka tentang matematika. Jika keempat hakikat matematika (sebutan yang diberikan pada elegi di sini) dilakukan oleh guru dan juga lingkungan sekolah, maka tidak akan sulit untuk mempertajam intuisi mereka melewati pembelajaran matematika yang memang bermakna bagi mereka, para siswa.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  66. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Matematika sekolah adalah kegiatan-kegiatan matematika. Maka sudah seharusnya dalam pembelajaran di kelas guru memfasilitasi siswa melakukan berbagai kegiatan matematika seperti kegiatan penelusuran pola dan hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, kegiatan komunikasi. Maka guru harus berusaha memfasilitasi siswa dalam melakukan investigasi terhadap suatu fenomena atau masalah sehingga dalam investigasi tersebut siswa akan menemukan berbagai hal dan kemudian menelusuru pola atau hubungan hal yang satu dengan hal yang lainnya. Dari kegiatan-kegiatan matematika inilah siswa akan memperoleh pengalaman dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  67. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Matematika adalah kegiatan problem solving (pemecahan masalah). Dalam hal ini, siswa belajar merumuskan dan memecahkan masalah, sehingga dengan cara tersebut siswa mampu memberikan respon terhadap suatu masalah pembelajaran. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan kesulitan maupun keraguan dalam proses pembelajaran yang diharapkan mereka mampu berlatih mencari jalan keluarnya. Sehingga, ketergantungan siswa terhadap guru pun berkurang.

    ReplyDelete
  68. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Saya akan menyoroti salah satu hakikat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker (1995) yaitu matematika adalah kegiatan problem solving. Kegiatan problem solving adalah berkaitan dengan bagaimana siswa menggunakan strategi-strategi, intuisi-intusisi, cara-cara atau metode dalam penyelesaian masalah. Penyelesaian masalah tidak selalu berkaitan dengan menyelesaikan suatu soal dengan menggunakan rumus-rumus atau perhitungan. Penyelesaian masalah juga meliputi maslaah kehidupan sehari-hari yang kaitannya dengan koneksi matematika yaitu koneksi matematika dengan pengalaman hidup sehari-hari. Matematika akan membekali siswa dengan kemampuan berfikir kritis dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  69. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    Pendidikan Matematika B 2017

    Matematika dibagi menjadi dua jenis. Matematika sekolah dan matematika perguruan tinggi. Matematika sekolah memili beberapa komponen yang harus dilakukan, yaitu : 1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan. 2. Matematika adalah kegiatan problem solving. 3. Matematika adalah kegiatan investigasi. 4. Matematika adalah komunikasi

    ReplyDelete
  70. Matematika sekolah adalah kegiatan, yaitu kegiatan menelusuri pola atau hubungan dan juga kegiatan problem solving. Dalam menelusuri pola, siswa akan lebih mudah mempelajari matematika dan akan meningkatkan intuisi mereka. Setelah mereka memiliki intuisi yang cukup, matematika merupakan kegian pemecahan masalah sehari hari. Sehingga ada korenspondensi antara matematika dengan kegiatan sehari hari yang ada.

    ReplyDelete
  71. Matematika erat hubungannya dengan permasalahan-permasalahan. Permasalahan ini muncul karena adanya pertanyaan didalam pikiran, pertanyaan adalah awal mula dari suatu ilmu pengetahuan. Jadi matematika yang didefinisikan sebagai kegiatan investigasi adalah hal yang masuk akal, karena dengan siswa bertanya saat belajar matematika, maka ia telah melakukan investigais dalam rangka membangun pengetahuannya tentang matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  72. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Banyak siswa berpikir bahwa matematika itu adalah ilmu yang hanya berhubungan dengan hitung menghitung, dan tak asing lagi matematika merupakan pelajaran yang sulit, dan pada akhirnya siswa takut pada matematika, ini yang sering saya lihat, adik saya dan anak disekitar di sekitar saya, beranggapan seperti itu. Karena memang pada kenyataanya guru memberi materi dan metode yang monoton. Sungguh ironi memang, jadi saya setuju dengan artikel diatas. Menurut saya inovasi disini memang sangat perlu utamanya memberi citra matematika itu sendiri. Guru hendaknya dapat memberi pemahaman baru bahwa matematika itu memiliki implikasi pada kehidupan. Memiliki sifat mengembangkan kreatifitas, terdapat filosofi bahwa mempelajari matematika sangat bermanfaat, bahkan menumbuhkan sikap peduli pada sekitar. Misalnya pada penghematan penggunaan air, listrik. Sehingga ilmu itu dapat bermanfaat bagi siswa mereka.

    ReplyDelete
  73. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Matematika identik dengan memecahka masalah, tentu saja masalah yang dihadapi oleh setiap tingaktan belajar berbeda-beda. Dalam matematika sekolah maka masalah yang digunakan adalah masalah yang dapat diselesaikan oleh anak sekolahan. Apabila matematika murni diterapkan di dalam sekolahan maka akan menjadi beban tersendiri bagi siswa bahkan siswa menjadi tidak termotivasi untuk belajar.Dalam pemberian soal juga terdapat tingkatannya ada yang lower, middle, sampai yang high. Segala tingkatan tersebut juga disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan siswa. Jadi hal yang membedakan matematika sekolah dengan matematika universitas adalah penyesuaian materi dengan tingkatan berpikir mereka.

    ReplyDelete
  74. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Matematika di sekolah hendaknya dapat menumbuhkan pada diri siswa keempat aspek tersebut. Pada hakikatnya matematika adalah ilmu pasti yang bisa saja menimbulkan kejenuhan dan ketakutan pada diri siswa. Oleh karena itu guru harus memiliki inovasi pembelajaran matematika agar pembelajaran di sekolah menyenangkan dan menarik bagi siswa. Pembelajaran matematika di sekolah diarahkan pada pencapaian standar kompetensi dasar oleh siswa. Kegiatan pembelajaran matematika tidak berorientasi pada penguasaan materi matematika semata, tetapi materi matematika diposisikan sebagai alat dan sarana siswa untuk mencapai kompetensi. Oleh karena itu, ruang lingkup mata pelajaran matematika yang dipelajari di sekolah disesuaikan dengan kompetensi yang harus dicapai siswa.

    ReplyDelete
  75. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Matematika dalam sekolah diharapkan akan dapat menyenangkan bagi para siswa. Karena dengan hal itu, para siswa dapat dengan mudah memahami mengenai matematika. Inti dari matematika di sekolah adalah pola pencarian atau hubungan, pemecahan masalah, penyelidikan dan juga komuniskasi,

    ReplyDelete
  76. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Matematika adalah kegiatan penulusuran pola dan hubungan. Siswa dan guru harus mengerti bahwa didalam kegiatan pembelajaran matematika harus ada kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan matematika. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa juga harus diberikan kesempatan untuk melakukan percobaan matematika dengan menggunakan berbagai variasi media, variasi metode, dan variasi soal. Sehingga, siswa diharapkan dapat menarik sebuah kesimpulan secara umum dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

    ReplyDelete
  77. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Matematika merupakan kegiatan problem solving atau pemecahan masalah. Menurut Polya (1971), solusi soal pemecahan masalah memuat empat langkah fase penyelesaian, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan. Dengan demikian diharapkan berbagai kesalahan yang mungkin terjadi dapat dikoreksi kembali sehingga siswa dapat sampai pada jawaban yang benar sesuai dengan masalah yang diberikan.

    ReplyDelete
  78. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Matematika merupakan suatu alat komunikasi. Di dalam kegiatan pembelajaran, guru harus berusaha untuk mengenali dan menjelaskan kepada siswa tentang sifat-sifat matematika. Hal ini dilakukan dengan pembuatan contoh-contoh permasalahan matematika sehingga akan membuat siswa mampu menciptakan permasalahan matematikanya sendiri. Permasalahan tersebut akan mendorong siswa untuk saling berkomunikasi dengan siswa yang lain untuk memperoleh penyelesaiannya. Akhirnya, guru harus menyediakan wadah bagi siswa untuk saling berbagi kepada siswa lainnya tentang penyelesaian permasalahan matematika yang diperolehnya.

    ReplyDelete
  79. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017
    Penyebab utama siswa kesulitan dalam belajar matematika adalah matematika diajarkan secara abstrak. Saya memilik pengalaman mengajar di sebuah bimbingan belajar dan ada siswa yang bertanya apa manfaat belajar matematika? Bisakah matematika dihapuskan saja dari mata pelajaran?. Saya mendapati berbagai komentar siswa tentang matematika yang diajarkan gurumya. Kebanyak mereka merasa kesulitan dan tidak tertarik untuk mempelajrinya. Matematika akan selalu menjadi momok yang menakutkan bagi siswa jika guru tidak tepat meramunya. Hakikat matematika sekolah yang ditulis di elegi ini sangat penting untuk dipahami dan diterapkan oleh guru.

    ReplyDelete
  80. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Hakekat matematika sekolah yang selama ini banyak salah pemahaman adalah bahwa matematika itu hanya berisi angka, menghitung dan mengerjakan soal yang rumit. Namun hakekat matematika sekolah itu intinya bukan hanya mengenai kemampuan menghitung angka-angka. Lebih dalam inti dari matematika sekolah yaitu mengenai ilmu tentang pola dan hubungan, pemecahan masalah, kegiatan investigasi dan komunikasi mateamtis. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dengan membudayakan mateamtika sekolah siswa dapat memiliki kemampuan berpikir sistematis, logis, kritis dalam memecahkan suatu permasalahan. Terimakasih

    ReplyDelete
  81. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Hakikat Matematika Sekolah yang diungkapkan oleh Ebbutt and Straker (1995) diantaranya:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi.
    Keempat hal di atas sangat berguna bagi para peserta didik sekarang ini. Karena dewasa ini matematika sering dianggap sebagai momok yang ditakuti oleh para peserta didik. Selain itu, keempat hal yang dikemukakan di atas dapat menjadi solusi alternatif agar dapat menguubah cara pandang para peserta didik dari yang semula memandangnya sebagai momok yang menakutkan berubah menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk dipelajari.

    ReplyDelete
  82. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Keempat hal di atas sangat berguna bagi para peserta didik sekarang ini. Karena dewasa ini matematika sering dianggap sebagai momok yang ditakuti oleh para peserta didik. Selain itu, keempat hal yang dikemukakan di atas dapat menjadi solusi alternatif agar dapat merubah cara pandang para peserta didik dari yang semula memandangnya sebagai momok yang menakutkan berubah menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk dipelajari

    ReplyDelete
  83. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Matematika sekolah harus memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri. Siswa perlu diberi pengalaman dengan mengamati polanya. hal ini akan mendukung lahirnya kemampuan memprediksi, kemampuan mengantisipasi, dan kemampuan berpikir kritis. Melalui pengalaman ini juga akan mendukung komunikasi matematis siswa serta siswa tumbuh sebagai problem solver.

    ReplyDelete
  84. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pandangan Ebbutt and Straker tersebut memang bisa membuat matematika menjadi lebih ramah untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Oleh karena itu guru hendaknya menjadi fasilitator yang baik agar siswa dapat melakukan kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi dalam pembelajaran matematika yang tentunya disesuaikan dengan materi dan kemampuan kognitif siswa.

    ReplyDelete

  85. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubngan yang artinya bahwa matemtika itu mencari hubungan antara suatu kejadian dengan kejadian lain, menghubungkan konsep dengna konsep lain atau bahkan menghubungkan konsep matemtika dengan kehidupan sehari-hari. Matematika adalah kediatan problem solving yang artinya adalah matemtika itu suatu kegiatan memecahkan masalah dengan menggunakan ilmu atau konsep yang telah dimiliki. Matematika adalah kegiatan investigasi, artinya yaitu matemtika adalah kegiatan mengamati suatu fenomena untuk diambil kesimpulannya. Dan yang terakhir, matematika adalah komunikasi, yang artinya yaitu penggunakan simbol-simbol matematika yang tepat dan representasi yang tepat mampu digunakan sebagi saran menyampaikan ide atau gagasan antar matematikawan.

    ReplyDelete
  86. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. matematika merupakan ilmu yan terstruktur, tiap-tiap bagian dalam matematika saling berhubungan. Untuk mempelajari matematika di sekolah siswa melakukan berbagai kegiatan untuk menambah pengalaman matematikanya. Kegiatan penelususran pola dapat mengasah intuisi siswa. Jika intuisi siswa terasah maka siswa akan semakin mudah mnyelesaikan berbagai persoalan matematika.

    ReplyDelete
  87. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pergeseran paradigma dari teacher centered menjadi student centered telah mengembangkan berbagai teori dan riset mengenai pembelajaran matematika. Saat ini sedang digalakkannya invoasi pembelajaran agar pembelajaran langsung dengan metode ceramah dapat ditinggalkan. Usaha agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang baik sehingga dapat mengkontstruksi pengetahuannya sendiri menjadi goal baru dalam dunia pendidikan termasuk di Indonesia. Problem Solving menjadi primadona dalam pembelajaran matematika terutama pada tahapan matematika konkret di sekolah dasar dan menengah, dengan harapan dapat mempertajam intuisi siswa.

    ReplyDelete
  88. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Pada hakekat matematika sekolah untuk poin no. 4 yaitu matematika adalah komunikasi. Komunikasi, dalam hal ini yang dimaksud adalah kemampuan komunikasi sebagai salah satu kompetensi matematika. Kemampuan komunikasi adalah kemampuan siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika kepada orang lain, dalam bentuk lisan, tulisan dan diagram sehingga orang lain memahaminya.

    ReplyDelete
  89. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pembelajaran matematika sekolah merupakan pemebelajran matematika yang terjadi di sekolah, baik itu sekolah tingkat dasar dan menengah. Pembelajaran matematika sekolah tersbut berupa pemebelarjan yang mengutakn kegiatan menelusuri pola, kegiatan pemecahan masalah, kegiatan investigasi serta kegiatan mengkomunikasiakan matematika.

    ReplyDelete
  90. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Matematika sekolah meliputi matematika sebagai kegiatan pencarian pola atau hubungan, sebagai kegiatan pemecahan masalah, sebagai kegiatan investigasi, dan sebagai komunikasi. Sehingga dapat dilihat bahwa matematika sekolah harus dijadikan aktivitas. Dengan itu, siswa tidak akan memandang matematika sebagai pelajaran yang susah, melainkan aktivitas yang ada di kehidupan sehari-harinya. Mereka akan menyadari bahwa matematika ada dimanapun, terjadi kapanpun dan dengan cara apapun. Mereka dapat belajar matematika dengan mudah dan dengan rasa senang.

    ReplyDelete
  91. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan pernyataan Edbud dan Straker maka dapat disimpilkan bahwa matematika sekolah adalah suatu keguatan. Artinya ada aktivitas siswa dalam proses belajar, meliputi menemukan pola, pemecahan masalah, investigasi, dan sebagai komunikasi. Sehingga anak diharapkan dapat menerima pembelajaran yang berkesan dan belajar menjadi bermakna karena berdasarkan pada kegiatan. Terkadang siswa tidsk akan aktif jika tidak melibatkan mereka dalam kegiatan tersebut sehingga lebih memilih untuk duduk diam dan hanya menerima materi dari satu arah yaitu dari guru

    ReplyDelete
  92. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Saat pembelajaran matematika melatih siswa melihat suatu pola atau hubungan dari sebuah fenomena, membiasakan melakukan problem solving dan penyelidikan, mengkomunikasikan hasil diskusi dan hasil pemikirannya kepada orang lain merupakan pembiasaan yang dibutuhkan
    pada matematika sekolah. Karena pembiasaan tersebut dapat menjadikan motivasi dan meningkatkan sikap berpikir kritis pada siswa.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  93. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Hakekat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker (1995) meliputi kegiatan penulusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi. Matematika adalah komunikasi dalam hakekat matematika sekolah akan melatih siswa untuk menghargai segala pendapat yang ada, melatih olah cakap siswa dalam mengemukakan pendapat atas persoalaan-persoalan matematika, serta dapat menjelaskan berbagai persoalaan yang terkait dengan pembelajaran matematika secara mateatis dan sistematis. Maka keempat point tersebut sangatlah penting dalam pembelajaran yang baik.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  94. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari hakekat matematika sekolah yang diuraikan berdasarkan poin-poin di atas mengindikasikan bahwa anak sekolah itu belajar melibatkan pengelaman dan hubungan sosial dengan lingkungan sekitarnya. Matematika sekolah itu ramah untuk siswa karena matematika sekolah berangkat dari hal-hal yang ada di sekitar siswa, dari pengalaman-pengalaman siswa, dan dari kebiasaan-kebiasaan siswa itu sendiri. Kebiasaan siswa dalam menyelesaikan masalah, kegiatan mengamati hal-hal yang ada di sekitarnya serta komunikasi antar temannya dapat membentuk pengetahuan tidak hanya dalam Matematika melainkan dalam bidang ilmu lainnya.

    ReplyDelete
  95. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Matematika sebagai pola dan hubungan diantaranya mempelajari bahwa dalam matematika apa yang dikaji memiliki pola tertentu, contoh kongkrit dalam pembelajaran barisan dan deret bilangan baik aritmatika maupun geometri diantaranya menunjukkan bahwa matematika memiliki pola tertentu. Sedangkan matematika sebagai hubungan diantaranya mengkonsepsikan bahwa semua materi atau konsep yang dipelajari dalam matematika saling berhubungan dan saling terkait. Dengan menonjolkan ha ini, siswa akan merasa lebih dekat dengan matematika. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  96. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Komunikasi dan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang digalakkan dan dikembangkan melalui pembelajaran matematika. komunikasi matematis hingga saat ini masih perlu ditingkatkan dan masih jauh dari kata baik, siswa mungkin menguasai konsep matematika dengan baik. Namun banyak kasus dimana siswa tidak dapat mengkomunikasikan gagasannya dalam praktiknya. Padahal penelitian mengenai kemampuan siswa memuat aspek komunikasi matematis di dalamnya. Sehingga agar kemampuan matematis sisa baik di kancah nasional maupun internasional, komunikasi matematis merupakan hal yang wajib untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  97. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Problem solving dalam matematika diberikan setelah pemahaman konsep siswa baik. NAmun sejatinya pemecahan masalah dapat dijadikan alternatif guru melalui pembelajaran PBL atau problem posing agar siswa dapat mengeksplorasi masalah-masalah yang berkaitan dengan matematika di dunianya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  98. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Tulisan di atas yang diambil dari Ebbut and Straker (1995) menyebutkan seperti apa matematika agar ramah pada siswa. Namun demikian, dalam praktiknya pada pembelajaran masih sedikit pendidik yang membudayakan metamatika seperti keempat poin yang telah disebutkan di atas. Padahal jika keempat aspek dasar metamatika tersebut diterapkan oleh pendidik dalam memberlajarkan matematika pada siswa, maka berbagai pandangan negatif tentang mata pelajaran matematika saat ini perlahan akan semakin hilang.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  99. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Karena matematika sekolah berbeda dengan pure mathematics, maka matematika sekolah akan lebih efektif jika didukung oleh banyak pihak, seperti orang tua yang siaga, guru yang kompeten dan pemerintah yang mendukung. Kegiatan pembelajaran yang efektif sesuai kurikulum 2013 mirip dengan hakikat matematika sekolah. Kegiatan problem solving & penelusuran pola dan hubungan yang dikemukan Ebbutt dan Straker sesuai dengan kegiatan menalar dan mencoba. Pada kegiatan investigasi sesuai dengan dengan kegiatan menanya dalam kurikulum 2013. Dan ada kegiatan mengkomunikasikan untuk membiasakan siswa berdiskusi serta berbicara di depan umum.

    ReplyDelete
  100. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pemecahan masalah merupakan salah satu hakekat matematika. Belajar matematika dengan memecahkan masalah yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari akan memunculkan intuisi matematika siswa. Intuisi matematika pada siswa akan memunculkan ide-ide matematika. Jika intuisi matematika sudah ada pada diri siswa maka menandakan siswa senang bermatematika, jika siswa sengan bermatematika maka matematika menjadi ramah baginya.

    ReplyDelete
  101. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Hakikat matematika sekolah adalah kegiatan penelusuran pola, investigasi, komunikasi dan pemecahan masalah. Matematika sekolah sebagai ilmu yang tidak hanya menekankan pada kemampuan berpikir logis dan penyelesaian yang tunggal dan pasti, sehingga matematika tidak lagi menjadi mata pelajaran yang ditakuti dan dijauhi siswa. Di samping itu juga, melihat pentingnya matematika dalam kehidupan, maka matematika harus dapat dijadikan mata pelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  102. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Matematika memang bukanlah hanya sekedar transfer of knowledgeatau transfer pengetahuan dari guru ke siswa, tidak hanya sekedar menerima rumus formal atau rumus jadi, tetapi lebih dari itu seperi yang disampaiakn oleh Ebbutt and Straker (1995) bahwa matematika sekolah itu terdiri dari kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, komunikasi.

    ReplyDelete
  103. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Hakekat matematika (murni) dan hakekat matematika sekolah adalah dua hal yang berbeda. Matematika sekolah lebih memandang bahwa matematika itu adalah kegiatan. Dengan demikian, membelajarkan matematika sekolah akan lebih bermakna dan menarik jika guru mampu memfasilitasi terciptanya pembelajaran matematika yang sesuai dengan hakekat matematika sekolah sebagaimana ditulis pada postingan di atas.

    ReplyDelete