Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics




Oleh Marsigit

Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
2. Matematika adalah kegiatan problem solving
3. Matematika adalah kegiatan investigasi
4. Matematika adalah komunikasi


Itulah hakekat matematika yang selama ini di pandang sebagai alternatif agar matematika di sekolah tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa.

1 comment:

  1. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam pembelajaran matematika di sekolah, hendaknya kita mengetahui bagaimana pola berpikir anak pada masa tersebut. Kita mengetahui bahwa agar matematika dapat diterima oleh siswa di sekolah maka kita harus memperkenalkan konsep matematika yang dekat dengan siswa. Di sekolah, maka matematika didefinisikan sebagai aktivitas. Hal ini agar siswa merasakan keberadaan matematika dalam setiap aktivitasnya. Begitu pula dengan definisi yang lain tentang matematika di sekolah yaitu apa yang disampaikan oleh Ebutt dan Straker bahwa matematika itu kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi dan komunikasi. Harapannya dengan memperkenalkan konsep matematika dengan cara ini di sekolah, siswa dapat memahami dan menyenangi belajar matematika.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.