Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics




Oleh Marsigit

Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
2. Matematika adalah kegiatan problem solving
3. Matematika adalah kegiatan investigasi
4. Matematika adalah komunikasi


Itulah hakekat matematika yang selama ini di pandang sebagai alternatif agar matematika di sekolah tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa.

2 comments:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari keempat definisi school mathematics yang dikemukakan oleh Ebbut and Straker (1995) yang kemudian disebut sebagai hakekat matematika sekolah hampir mirip dengan langkah pembelajaran denan pendekatansaintifik yang sekarang kita kenal. Di sini pembelajran matematika berpusat pada siswa dan bertujuan agar siswa mampu memahami materi dengan pemikirannya sendiri. Denan kata lain siswa mampu menemukan pengetahuannya sendiri melalui pengalaman dan pemikirannya. Matematika oleh siswa dan untuk siswa. Guru hanya berkewajiban memfasilitasi siswa.
    Saya akan mencoba menanggapi poin ketiga yang mendefinisikan matematika adalah kegiatan investigasi. Saya setuju dengan hal ini. Karena matematika erat hubungannya dengan permasalahan-permasalahan dan permasalahan ini muncul karena adanya pertanyaan di dalam pikiran, pertanyaan adalah awal mula dari suatu ilmu pengetahuan. Jadi matematika didefinisikan sebagai kegiatan investigasi itu merupakan hal yang masuk akal karena dengan siswa bertanya saat belajar matematika maka ia telah melakukan investigasi dalam rangka membangun pengetahuannya tentang mateatika itu sendiri.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete