Feb 12, 2013

Problem Utama Inovasi Pembelajaran (Matematka) pada PLPG dan Sertifikasi Guru




Problem utama yang dihadapi guru dalam kegiatan PLPG dan Pendidikan Profesi Guru (Matematika) adalah Bagaimana Mengaplikasikan Perubahan Paradigma dari Pembelajaran Berpusat pada guru ke Pembelajaran Berpusat pada Siswa.


Berdasarkan pengalaman membimbing pada Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru maka kesulitan yang dialami guru umumnya pada: 1) Bagaimana melibatkan seawal mungkin para siswa dalam kegiatan belajar di kelas, 2) Bagaimana melayani kebutuhan belajar untuk seluruh siswa, 3) Bagaimana mengembangkan LKS? Para guru biasanya hanya mengembangkan satu jenis LKS dan menggunakan LKS hanya untuk memberi atau sebagai kumpulan soal.
Dalam latihan praktek pembelajaran matematika guru pada umumnya berangkat dari asumsi yang sudah biasa dipraktekkan selama bertahun-tahun sebelumnya. Tentang inovasi baru biasanya memang dirasa telah memahami dan adalah bisa dan mungkin untuk dipraktikkan. Tetapi para guru biasanya baru menyadari setelah dalam prakteknya menerima masukkan dari supervisor atau pembimbing. Yang selama ini dikira sudah melaksanakan suatu metode tertentu misalnya metode A, ternyata belum memenuhi kriteria telah melaksanakan metode A Demikian seterusnya, sehingga kegiatan PLPG jalur pendidikan profesi dirasakan sangat bermanfaat bagi guru. Selamat berjuang (Marsigit)

87 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Masalah yang dialami guru saat kegiatan PLPG dan PPG mungkin tidak hanya pada kegiatan tersebut tetapi juga pada saat pembelajaran berlangsung di kelas bersama peserta didik. Pada saat pembelajaran yang terjadi di kelas guru harus dapat mengaktifkan siswa agar ikut berpartisipasi dalam PBM, guru menyediakan fasilitas dan sarana untuk pembelajaran matematika, guru harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang dirancang agar siswa aktif dan sesuai dengan karakter siswa serta guru harus menggunakan pendekatan dan pembelajaran yang beragam agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya kegiatan PLPG maupun PPG guru diharapkan dapat mengajar di kelas sesungguhnya lebih baik daripada sebelum kegiatan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Setelah memahami tulisan ini saya setuju dengan artikel di atas, kegiatan Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru dirasa sangat bermanfaat bagi guru. Melalui kegiatan ini guru dapat lebih memahami tentang inovasi baru dalam bidang pendidikan. Dalam metode lama, guru mengalami kesulitan untuk menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran, melayani kebutuhan siswa yang berbeda-beda, dan mengembangkan LKS.

    ReplyDelete
  3. Sertifikasi Guru menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Dengan sertifikasi tersebut maka guru dianggap sebagai profesi yang padanya diberikan suatu imbalan sesuai dengan keprofesiannya tersebut. Guru menjadi fokus untuk mengajar dan meningkatkan kualitas mengajarnya. Kadang mimpi yang berada di langit tidak dapat diterapkan di bumi. Antara mimpi dan kenyataan berbeda. Guru banyak yang masih kesulitan untuk melakukan inovasi pembelajaran. Cara pembelajaran guru yang berpusat pada guru telah menjadi kebiasaan. Perlu waktu untuk memperoleh guru yang mampu menciptakan inovasi pembelajaran. Dengan adanya sertifikasi diharapkan muncul generasi guru yang berkualitas dan dapat melakukan inovasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dengan adanya PLPG ini diharapkan guru dapat meningkatkan kemampuan dalam mengajar dan membimbing siswa dalam pembelajaran. Disini guru diharapkan dapat memberikan inovasi inovasi dalam pembelajarannya, tidak monoton berpusat pada guru namun diubah berpusat pada siswa. Dan dengan adanya sertifikasi guru diharapkan memacu semangat guru untuk berinovasi bukan hanya memacu diri untuk mendapatkan penghasilan.

    ReplyDelete
  5. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Menyambung tulisan tentang hambatan dan tantangan kurikulum 2013, saya pikir PLPG dapat menjadi salah satu tempat pembelajaran para guru untuk menjawab tantangan-tantangan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 khususnya mata pelajaran matematika. Melalui PLPG, para guru dapat mempelajari berbagai model asing pembelajaran matematika dan dapat diterapkan di kelasnya. Semoga saja dengan mengikuti PLPG, kita sebagai para guru dapat menjawab tantangan-tantangan dalam dunia pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  6. Elli Susilawati
    16709251073
    S2 P. Mat Kelas D 2016

    Menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif adalah suatu tantangan tersendiri bagi para guru, hal ini tidak bisa dipungkiri karena memang bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu, guru lebih diharapkan untuk lebih mengembangkan diri, mencari referensi sebanyak-banyaknya dan melatih kreatifitas yang nantinya digunakan saat proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pembelajaran pada sekolah-sekolah umumnya masih menggunakan metode yang sama yaitu masih menggunakan metode tradisional yang sering disebut dengan ceramah. Dalam paparan diatas diuraikan berbagai permasalahan yang dialami oleh guru tetapi seharusnya guru dapat menyelesaikan permasalahan tersebut melalui pendidikan profesi sesungguhnya tujuan utama proses pembelajaran adalah membuat siswa mengerti dan memahami materi pelajaran sehingga siswa dapat mengaplikasikannya dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Adanya perubahan kurikulum dari KTSP ke K13 imbasnya juga perubahan sistem belajar mengajar yang dulunya berpusat pada guru berubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ini tentunya menjadi tantangan sekaligus kesulitan tersendiri bagi untuk mengubah paradigma pembelajaran di mana dulu guru yang aktif mentransfer pengetahuan kepada siswa sekarang siswalah yang aktif dalam pembelajaran dan berusaha membangun pengetahuannnya sendiri dengan bantuan guru. Maka disini guru dituntut menerapkan metode/model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum ynag ada. Oleh karena itu guru harus mengetahui serta turut serta dalam kegiatan pelatihan yang mendukung profesinya. Dimana telah ada pelatihan PLPG dan sertifikasi guru sebagai pemantapan profesi, namun hal ini belum optimal disebabkan hanya sebagian saja yang bisa mengikuti pelatihan tersebut. Kemudian pelatihan yang singkat lalu diterapkan sepanjang profesinya. Dan saya pikir hasilnya tidak akan maksimal dalam penerapannya.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Problem utama inovasi pembelajaran (matematka) pada PLPG dan sertifikasi guru. Guru biasanya hanya mengembangkan satu jenis LKS dan menggunakan LKS hanya untuk memberi atau sebagai kumpulan soal. Tentang inovasi baru biasanya memang dirasa telah memahami dan adalah bisa dan mungkin untuk dipraktikkan. Tetapi para guru biasanya baru menyadari setelah dalam prakteknya menerima masukkan dari supervisor atau pembimbing. Guru kurang bisa mengembangkan yang ada dan mungkin ada dari dalam dirinya dan siswanya.

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Setiap siswa memiliki keunikan masing-masing. Siswa yang satu dengan siswa yang lainnya memiliki kecepatan memahami yang berbeda-beda, keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda, minat yang berbeda, kreativitas yang berbeda-beda, dan lain sebagainya. Guru dituntut untuk dapat mengcover semua itu agar dapat melayani kebutuhan belajar seluruh siswa. Guru harus berupaya semaksimal mungkin agar dapat menjadi fasilitator bagi para siswanya dalam rangka mengkonstruksi matematikanya. Untuk itu, guru harus meningkatkan kreativitasnya untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melaksanakan lesson study. Dengan lesson study, para guru bisa saling bertukar ilmu serta pengalaman mengajar. Selain itu, guru juga harus membaca berbagai sumber-sumber yang sesuai dengan perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  11. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Terlalu banyak hambatan yang dialami oleh guru atau lebih tepatnya alasan mengapa guru masih menggunakan cara mengajar yang konvensional. Beberapa diantaranya yang pernah saya dengar dari keluh kesah guru senior yang diminta untuk mnerapkan pembelajaran dengan kurikulum baru, yaitu: (1) sarana dan prasarana yang belum siap; (2) perangkat pembelajaran yang belum dikuasai oleh gru secara menyeluruh; (3) jam pelajaran yang singkat sementara banyak materi yang harus disampaikan kepada siswa; (4) guru yang belum siap dengan metode pembelajaran masa kini; (5) siswa yang belum aktif dan belum ada kesadaran untuk mempersiapkan bahan pembelajaran yang akan dipelajari. Banyak solusi untuk mengatasi keluh kesah tersebut, salah satunya adalah PLPG.

    ReplyDelete
  12. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada saat saya melakukan observasi di salah satu SMP di daerah Sleman, seorang guru matematika menyampaikan bahwa beliau masih kesulitan melaksanakan kurikulum 2013, terutama dalam melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam pembelajarannya yang saya observasi, beliau sudah merasa kalau sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran, tetapi menurut saya belum, karena guru masih sedikit dominan menjelaskan dan dalam penarikan kesimpulan juga dilakukan oleh beliau.

    ReplyDelete
  13. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sangat sulit memang mengubah kecenderungan yang telah dijalani selama bertahun-tahun lamanya. mengubah fokus atau pusat yang berawal berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa tidaklah mudah. telah bertahun-tahun lamanya guru mengajar dengan metode yang sama, belum lagi pengalaman mereka bersekolah dulu yang masih menggunakan metode tersebut. Hal ini sulit dikarenakan kurangnya pengalaman guru akan metode pembelajaran yang berfokus pada siswa tersebut

    ReplyDelete
  14. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Selain itu, kesalahan pengertian akan adanya LKS pun merupakan sesuatu hal yang harus segera dibenahi. Dulunya guru biasa menggunakan LKS hanya untuk memberikan soal-soal kepada siswa, padahal LKS bukanlah hanya sekedar kumpulan soal semata, tetapi juga materi yang dapat membantu siswa untuk membangun konsep. Ketidak jelasan guru terhadap adanya LKS membuat salah satu media pembelajaran yang sangat berguna ini pun menjadi tidak dapat termanfaatkan dengan baik.

    ReplyDelete
  15. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    PLPG dan sertifikasi memang dibutuhkan oleh para guru. Hal ini karena para guru harus selalu melakukan inovasi-inovasi serta perbaikan dan cara mengajarnya. Update seperti ini wajar dilaksanakan karena beberapa hal. Yaitu, para guru sudah lama lulus dari bangku kuliah sehingga informasi-informasi mengenai perkembangan pendidikan misal dalam segi metode sudah ketinggalan, sehingga perlu diupdate. Kemudian para guru bisa saling sharing mengenai permasalahan di kelas dan membantu satu sama lain. Ini semua tentu saja bertujuan demi pendidikan Indonesia yang lebih baik. Namun, niat baik ini terkadang memang menjumpai kendala. Terdapat beberapa guru mengeluh akan hal tersebut. Kesulitan paling banyak dirasakan bagi guru yang sudah lanjut usia. Dimana masih gagap menggunakan teknologi. Adalagi yang sudah terbiasa menggunakan metode mengejar yang diterapkan, dan sulit menerapkan metode yang baru. Ilmu pengetahuan yang tidak di perbaharui dan sebagainya. Oleh karena itu, mari menyemangati dan mendukung program ini agar terwujud sesuai tujuannya.

    ReplyDelete
  16. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Sebagai seorang diharuskan memiliki 4 kompetensi yang sangat penting salah satunya yaitu kompetensi profesional. Untuk meningkatkan kualitas profesional dan kesejahteraan guru pemerintah mencanangkan program PLPG atau sertifikasi guru. Berdasarkan pengamatan yang telah bapak lakukan salah satu hambatan yang terjadi dalam PLPG adalah bagaimana pembelajaran yang selama ini terjadi bergeser dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran inovatif. Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa sangat sulit untuk dilakukan,mengingat selama ini pembelajaran yang dilakukan merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru. Selain itu pengembangan juga merupakan salah satu hambatan yang dialami guru selama proses pembelajaran. Padahal untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa, pengembangan LKS juga sangat diperlukan. Dimana kebanyakan LKS selama ini yang ada hanya terdiri dari ringkasan materi dan soal-soal.

    ReplyDelete
  17. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    PLPG jalur pendidikan profesi sangatlah bermanfaat bagi guru guna menambah wawasan dan keterampilandalam mengajar. Dalam paparan diatas diuraikan berbagai permasalahan yang dialami oleh guru, tetapi seharusnya guru dapat menyelesaikan permasalahan tersebut melalui pendidikan profesi. Dan menggunakan metode pembelajaran yang berpusat kepada siswa bukan berpusat terhadap guru maksudnya dengan menganggap siswa itu sebagai subyek untuk mebentuk siswa yang kreatif dan memiliki keterampilan dan wawasan yang luas. Oleh karena itu pembelajaran yang berpusat pada siswa harus segera terlaksana dan segera diterapkan dan dikembangkan, karena melalui metode tersebut guru dapat mengetahui dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa. Melalui metode tersebut siswa tidak hanya meniru apa yang diajarkan dan diberikan guru tetapi siswa dapat mengembangkan apa yang telah guru itu ajarkan.

    ReplyDelete
  18. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Inovasi yang akan dilakukan oleh para guru disaat ini memang dirasa sangat sulit, karena materi yang sangat padat serta waktu yang ditentukan. Dalam menentukan metode yang sesuai dalam sebuah materi memang bukanlah hal yang mudah, pasti banyak percobaan yang dilakukan, dekat banyak kegagalan yang mungkin akan terjadi dengan kesabaran ekstra yang sangat dibutuhkan. Banyak guru yang sudah nyaman dengan menggunakan metode ceramah, untuk merubahnya membutuhkan hal yang sangat ekstra dan niat yang sugguh-sungguh serta kesabaran yang sangat ekstra.

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Banyak kesulitan yang dialami guru dalam kegiatan PLPG dan PPG. Dari artikel diatas salah satunya yaitu tentang bagaimana mengaplikasikan perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Untuk guru yang sudah lama mengajar dan bertahun – tahun tentunya akan kesulitan karena sudah merasa nyaman dan terbiasa dengan paradigma yang seperti itu, tetapi hal tersebut juga dapat diubah dengan perlahan – lahan dan dengan usaha yang terus – menerus dari guru sehingga dapat mengubah paradigma tersebut. Menjadi guru tentu akan banyak tantangan, dan harus mampu melalui tantangan itu demi kemajuan pendidikan.

    ReplyDelete
  20. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pembelajaran bermakna (meaningfull) merupakan kata kunci dalam memberdayakan siswa. Gagasan pembelajaran bermakna pertamakali dikemukakan oleh David Ausubel (Budiningsing, 2005; Ruseffendi, 2006). Ems dkk (2005) memberi nama belajar bermakna dengan Natural Learning. Ciri-ciri belajar natural menurutnya adalah: (1) Belajar akan menjadi natural bila bermakna, (2) Siswa mempelajari bagaimana menerapkan apa yang dipelajari bagi kehidupan profesionalnya, dan (3) Siswa mengembangkan kualitas diri untuk mampu menyelesaikan masalah realitas yang kompleks.

    ReplyDelete
  21. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Inovasi pembelajaran adalah suatu hal yang sangat penting dan dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Hal ini dikarenakan belajar itu merupakan aktivitas. Belajar bukanlah sesuatu yang monoton itu itu saja. Selain itu, peserta didik dalam suatu kelas juga merupakan individu yang berbeda-beda. Jadi, tidaklah tepat jika guru berasumsi bahwa semua siswa akan cocok dengan metode, media, sumber ataupun interaksi pembelajaran tertentu saja. Inovasi pembelajaran juga sangat diperlukan untuk beradaptasi dengan pembaruan ataupun perubahan. Kehadiran inovasi pembelajaran sangat diharapkan merata dapat dilakukan oleh semua guru di seluruh Indonesia dengan tujuan yang sama yaitu untuk memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Artikel diatas saya sangatb setuju yang mana kegiatan Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru dirasa sangat bermanfaat bagi guru. Dengan adanya PLPG guru bisa mem[erbaiki llagi kekurangan yang dimilikinya dan mempunyai penegathuan yang baru. Dan dapat membuta semangat baru bagi guru dalam hal inovasi pembelajaran yang bermakna bagi siswa

    ReplyDelete
  23. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Adanya perubahan pada faktor global dan kondisi pendidikan nasional yang hanya jalan di tempat sehingga mendorong pemerintah untuk melakukan upaya-upaya perbaikan ke arah perkembangan yang lebih baik. Salah satu upaya yang ditempuh pemerintah yaitu dengan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru melalui program sertifikasi guru yang disebut dengan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Maka dengan adanya PLPG, sangatlah memberikan manfaat bagi guru dalam mengatasi setiap permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran sehingga akan ada solusi bagi guru tersebut. Dan mempelajari bagaimana cara mengajar yang baik agar tercipta pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Beberapa kebijakan ditetapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesi, termasuk kualitas pendidikan matematika. Jika kita tinjau ulang, pelaksanaan PLPG dan pendidikan profesi memang sangat membantu guru dalam menghadapi kesulitan selama proses pembelajaran. Kesulitan tersebut diantaranya dalam mengembangkan inovasi model pembelajaran atau mengembangkan LKS yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Namun, niat yang harus diluruskan adalah pelaksanaan pelatihan ini harusnya dilaksanakan dengan ikhlas dan tidak berdasarkan niat untuk mendapatkan sertifikasi guru semata sehingga pelatihannya menjadi ala kadarnya. PLPG ini harus dimaksimalkan sehingga mencapai tujuan pendidikan yang optimal.

    ReplyDelete
  25. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hakikat dari pembelajaran matematika sekolah adalah kegiatan siswa. Peserta didik diarahkan untuk bekerja ilmiah, bersikap ilmiah dan dapat menemukan sendiri produk ilmiah yang diharapkan menggunakan metode ilmiah. Dengan menggunakan metode ilmiah (scientific methods), peserta didik dapat mengerjakan lebih dari satu pengertian. Dengan metode ilmiah, peserta didik dapat menemukan sendiri produk ilmiah yang kemudian dapat dimengerti, dihafalkan, dan dapat diaplikasikan dalam kehiupan sehari-hari. Tugas guru dalam pembelajaran matematika adalah mengarahkan, membantu, dan mendorong agar siswa mampu mempelajari matematika secara aktif dan mandiri. Guru diharapkan dapat menjadi fasilitator dan moderator. Guru menggunakan metode ilmiah bertujuan agar siswa dapat menemukan konsep, prinsip, teori, azas, aturan dan hukum-hukum matematika oleh dirinya sendiri melalui kegiatan ilmiah. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individual (perorangan) maupun secara kelompok. Dengan menggunakan metode ilmiah siswa dilatih untuk melakukan: learning by doing, learning by process skill, learning to live together, learning to be good, learning to know and learning by experiences.

    ReplyDelete
  26. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    PLPG dan Sertifikasi Guru memang sangat membantu guru, namun masih banyak dari mereka yang merasa masih kesulitan terkait adminitrasi guru kurikulum 2013 yang sebagian besar dirasakan mereka yang sudah lanjut usia. Selain itu, banyaknya beban administrasi yang terkadang proses pembelajarannya pun menjadi terganggu. Oleh karena itu, mau tidak mau ya dijalankan meski banyak kekurangannya.

    ReplyDelete
  27. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Paradigma pendidikan di Indonesia memang pembelajaran yang berpusat pada guru, baik guru maupun siswa sudah terlalu merasa nyaman dengan pembelajaran yang berpusat pada guru. Perubahan paradigma perlu dilakukan bukan hanya pada guru tapi juga pada siswa. Guru perlu menambah wawasan tentang inovasi pendidikan yang dapat diterapkan dikelas uang dapat membuat siswa lebih mandiri dan percaya diri sehingga pembelajaran dapat berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  28. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Program PLPG sangat membantu untuk menjawab pertanyaan point 3) yaitu Bagaimana mengembangkan LKS? Banyak para guru yang masih kesulitan dalam mengembangkan LKS pembelajaran. Para guru biasanya hanya mengembangkan satu jenis LKS dan menggunakan LKS hanya untuk memberi atau sebagai kumpulan soal. Dalam latihan praktek pembelajaran matematika guru pada umumnya berangkat dari asumsi yang sudah biasa dipraktekkan selama bertahun-tahun sebelumnya. Guru biasanya memberikan LKS kepada siswa dalam bentuk LKS siap pakai yang di ambil dari internet ataupun di beli dipasaran. Sehingga ini bisa berakibat kepada kurang kesesuaiannya dengan kebutuhan yang diinginkan oleh siswa dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  29. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Permasalahan tentu dapat muncul dimana saja dan dari siapa saja. Termasuk di dalam pembelajaran pada PPLG dan Sertifikasi Guru. Telah disampaikan bahwa terdapat tiga buah masalah yang muncul, yaitu cara melibatkan siswa sejak dini dalam seluruh kegiatan pembelajaran; cara mengakomodasi seluruh kebutuhan siswa; serta cara mengembangkan LKS untuk siswa.

    Dari tiga permasalahan tersebut, dirasa permasalahan pertama (melibatkan siswa sejak dini dalam seluruh kegiatan pembelajaran) yang tergolong sulit. Ini dikarenakan baik guru, siswa, orangtua siswa, serta masyarakat sekitar sudah tergantung dan terbiasa dengan pembelajaran yang berpusat kepada guru.Dari sudut pandang masyarakat, di dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, masyarakat menganggap kegiatan pembelajaran hanya menyenangkan guru dikarenakan guru tidak melakukan apapun saat kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga, perlu diberikan kembali pemahaman kepada masyarakat, terutama kepada setiap orangtua siswa tentang pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  30. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Masalah yang dihadapi guru dalam melakukan inovasi atau perubahan paradigma pendidikan/pembelajaran yaitu, belum memahami dengan baik apa yang harus mereka lakukan dalam pembelajaran agar siswa yang aktif dan guru sebagai fasilitator. Selanjutnya, guru belum mampu memahami semua karakter siswa dan bagaimana mereka dalam pemperolehan pengetahuan. Selain itu, guru masih sulit untuk kreatif dalam merancang langkah-langkah pembelajaran dan lembar kerja yang ingin diberikan pada siswa.

    ReplyDelete
  31. Zuharoh Yastara Anjani
    14301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Program sertifikasi guru dirasakan sangat penting guna meningkatkan kualitas guru. Melalui program sertifikasi, guru dapat belajar dan mengembangkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Keempat kompetensi tersebut yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian.
    Termasuk dalam hal ini, PLPG memfasilitsi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran seperti LKS. LKS ini termasuk salah satu perangkat yang sangat diburuhkan dalam pembelajaran, sehingga guru sebaiknya belajar menyusun LKS dengan baik agar tepat guna dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
  32. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Guru harus mampu membuat perangkat pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Perangkat yang dikembangkan tentu harus disesuaikan dengan jaman, ruang dan waktu. Metode yang dulu digunakan dan berhasil belum tentu pada jaman sekarang juga berhasil. Saat ini teknologi sudah amat canggih, mungkin guru bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk pembelajaran, membuat program atau games yang meningkatkan kesenangan siswa dalam belajar matematika. Sehingga PLPG sangat diperlukan untuk perbaikan kualitas guru.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan artikel “Problem Utama Inovasi Pembelajaran (Matematka) pada PLPG dan Sertifikasi Guru”, memang perlu dilakukan perubahan dari pendekatan pembelajaran berpusat pada guru menuju pembelajaran berpusat pada siswa. Karena sampai saat ini, pada umumnya siswa belajar bergantung pada guru. Belum ada inisiatif sendiri bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan. Hal ini disebabkan, kebanyakan guru menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru (guru yang lebih aktif). Dalam hal ini, pembelajaran tersebut hanya membentuk siswa yang pasif, tidak berkembang, dan tidak kreatif.

    ReplyDelete
  34. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya sangat setuju bahwa kegiatan Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru sangat penting guna untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas guru. Diharapkan, sedikit demi sedikit dilakukan adanya perubahan berorientasi pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Maksudnya, guru bukan sebagai penceramah melainkan sebagai fasilitator, dan menuntut adanya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga, terbentuklah guru dan siswa yang aktif, kreatif, dan berpikir kritis. Belajar pun bukan merupakan suatu beban melainkan suatu hobby.

    ReplyDelete
  35. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kualitas guru saat ini memang masih perlu ditingkatkan. Banyak guru yang masih kesulitan dalam mengubah paradigmanya, dari pembelajaran berpusat guru menjadi pembelajaran berpusat siswa. Banyak guru yang merasa telah melibatkan siswanya namun kenyataanya belum mampu. PLPG dan PPG dinilai sangat membantu. Dengan adanya PLPG dan PPG dapat meningkatkan kualitas guru. Guru dapat belajar bagaimana membuat RPP yang benar, membuat LKS yang benar, mengolah kelas yang benar, membuat inovasi pembelajaran yang sesuai, dll.

    ReplyDelete
  36. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    PLPG dan Profesional Guru Pendidikan dapat meningkatkan kualitas guru, dapat mengubah cara mengajar di kelas, untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dan juga dapat membuat guru lebih kreatif. Karenanya, guru harus memiliki cara yang inovatif mengajar sehingga siswa dapat dengan mudah memahami dan mereka senang bahwa pelajaran akan disampaikan lebih mudah masuk ke dalam otak mereka.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Permasalahan yang umum dihadapi di masa sekarang adalah sulitnya beradaptasi dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Dengan adanya PLPG dan Pendidikan Profesi Guru dapat diidentifikasi kesulitan-kesulitan tersebut. Ada beberapa kesulitan yang dihadapi seperti sulitnya melibatkan siswa dari awal mulainya pembelajaran, memfasilitasi seluruh siswa, dan bagaimana mengembangkan LKS agar sesuai dengan yang dibutuhkan siswa.

    ReplyDelete
  39. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan adanya kegiatan diatas memotivasi guru agar dapat menyadari kekurangan pada diri mereka dalam menyusun atau merancang pembelajaran. Saat hal tersebut dilakukan terus menerus, diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dalam memperbaiki pembelajaran dan membuatnya menjadi lebih baik. Juga bermanfaat dalam memberikan referensi bagi guru tentang metode yang tepat digunakan.

    ReplyDelete
  40. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Salah satu kebijakan pemerintah untuk menghasilkan pengajar yang inovatif dengan melalui program PLPG, program ini memberikan pelatihan, bimbingan kepada guru tentang bagaimana mengajar yang inovatif baik itu pembuatan media belajar dan perangkat pembelajaran yang inovatif tersebut. Selain itu program ini juga memberikan keuntungan finansial bagi para guru, tujuannya adalah apabila secara finansial guru sudah memadai maka diharapkan totalitas guru dalam mengajar lebih meninggkat bahkan maksimal. Akan tetapi program PLPG saja tidak cukup untuk menghasilkan guru yang berkompetensis tetapi diperlukan program yang kontinu dalam pembinaan guru-guru tersebut.

    ReplyDelete
  41. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)


    PLPG jalur pendidikan profesi sangatlah bermanfaat bagi guru guna menambah wawasan dan keterampilan dalam mengajar. Dalam paparan di atas diuraikan berbagai permasalahan yang dialami oleh guru, akan tetapi seharusnya guru dapat menyelesaikan permasalahan tersebut melalui pendidikan profesi. Menggunakan metode pembelajaran yang berpusat kepada siswa maksudnya dengan menganggap siswa itu sebagai subyek untuk membentuk siswa yang kreatif dan memiliki keterampilan dan wawasan yang luas. Oleh sebab itu, harus segera menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Karena melalui metode tersebut guru dapat mengetahui dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa. Melalui metode tersebut siswa tidak hanya meniru apa yang diajarkan dan diberikan guru akan tetapi siswa dapat mengembangkan apa yang telah diajarkan guru.

    ReplyDelete
  42. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap guru dalam menjalankan tugas dan kewajibannya menemui berbagai macam permasalahan selama proses pembelajaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru adalah bagaimana cara mengubah paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa. Perlu adanya inovasi pembelajaran yang menunjang keaktifan siswa secara mandiri selama proses pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  43. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014



    PLPG ini merupakan suatu pelatihan bagi guru untuk mengajar, perubahan kurikulum dan perkemabangan zaman membuta kemampuan guru juga harus di upgrade, dengan mengikuti pelatihan diharapkan guru menjadi lebih inovatif lagi dalam melakukan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  44. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014



    sertifikasi guru ini masih menjadi perbincangan yang hangat, dengan adanya sertifikasi seharusnya guru dapat lebih konsisten melakukan proses pembelajaran yang sesuai, dengan pengalaman yang ada dan jam mengajar yang sudah banyak maka diharapkan guru dapat sungguh sungguh dapat mengajar, dan dengan peningkatan gaji daopt memacu guru untuk lebih inovatif lagi, bahwasanya kenaikan gaji hanyalah bonus, kesenangan hakiki seorang guru adalah ketika siswa nya dapat memahami materi dengan baik dan memiliki karakter yang baik.

    ReplyDelete
  45. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    PLPG sangat diperlukan pendidik, terutama untuk meningkatkan kemampuan mengelola kelas. Karena seiring dengan perkembangan iptek, media sangat melimpah yang bisa digunakan untuk membantu dalam proses pembelajaran. Tantangan terbesar dalam pendidikan saat ini adalah mengubah paradigma pendidik dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Diharapkan dengan pelatihan tersebut dapat mengubah paradigma pendidik saat ini yang asih terbawa dengan pembelajaran ekspositori.

    ReplyDelete
  46. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Permasalahan yang dihadapi para guru merupakan masalah yang sangat mendasar. Permasalahannya adalah bagaimana cara mengubah paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan berjalannya waktu, tantangan guru semakin hari semakin berat. Teknologi yang semakin berkembang dengan pesat juga menjadi tuntutan tersendiri untuk guru untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu, Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru sangat bermanfaat untuk terbentuknya suatu perubahan paradigma yang telah bertahun-tahun dipraktikkan sebagian guru pada umumnya. Dengan adanya PLPG dan PPG, guru yang mengikuti akan mendapatkan tambahan informasi mengenai inovasi sistem pembelajaran yang diberikan oleh pembimbing. Sehingga guru dapat menjawab problem diatas dengan selalu menyesuaikan keadaan jaman dengan menggantikan sistem pembelajaran tradisional yang selama ini diterapkan oleh sebagian besar guru di Indonesia menjadi pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  47. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada umumnya guru tradisional menganggap bahwa siswa adalah obyek dari pembelajaran , sehingga guru memperlakukannya seperti tong kosong yang untuk mengisinya dengan pengetahuan guru memberi ceramah dan latihan soal. Metode seperti ini kita kenal dengan metode tradisional. Karena metode pembelajaran tradisional telah diterapkan oleh guru sejak lama maka ketika harus beralih ke metode yang inovatif memang perlu penyasuaian, masalahnya kadang guru sudah merasa menggunakan metode inovatif, padahal masih belum inovatif, masih terjadi secara sadar atau tidak guru terbawa metode pembelajaran tradisional yang telah membudaya dan menjadi kebiasaan. Hal ini terbukti dengan masih banyak guru yang menggunakan papan tulis sebagai sumber utama pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  48. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya sangat setuju dengan adanya Pusat Latihan Pendidikan Guru dan Pendidikan Profesi guru. Diharapkan dengan adanya program tersebut para guru dapat mengembangkan dan menerapkan pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran yang semula berpusat pada guru berubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  49. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) ini sangat diperlukan untuk guru-guru di Indonesia. Telebih lagi dengan adanya perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013. Dengan adanya PLPG ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat menfasilitasi potensi-potensi siswa yang ada.

    ReplyDelete
  50. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak Marsigit. Tulisan ini bisa menjadi referensi untuk latar belakang penelitian. Dari tulisan ini saya mendapatkan: pertama, ternyata benar, selama ini guru masih sulit mengubah gaya mengajar menjadi berpusat pada siswa. Hal ini tentu menjadi hambatan bagi keterlaksanaan kurikulum saat ini. Kedua, ternyata tidak hanya paradigma nya yang bermasalah, perangkat pembelajaran juga tidak dapat diatasi sendiri oleh guru senior. Ketiga, guru masih kurang memahami dalam mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal ini mungkin karena kurangnya alat untuk mengasassmen pembelajaran oleh guru. Sehingga guru kurang jeli dalam mendiagnostik pembelajaan yang telah dilaksanakan.

    ReplyDelete
  51. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Problem Utama Inovasi Pembelajaran (Matematka) pada PLPG dan Sertifikasi Guru. Pembahasan yang sangat menarik untuk didiskusikan. Ya, saya sependapat bahwa program program tersebut memiliki kedudukan yang penting untuk ditingkatkan. Dari sana, guru dapat terus belajar dan terus merefleksi apa yang harus dan perlu diperbaiki dari caranya mengajar. Guru juga dapat meningkatkan inovasi dan kreatifitas melalui program tersebut.

    ReplyDelete
  52. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematikasl A 2014

    Namun, dalam pelaksanaannya seperti yang telah dijelaskan dalam postingann ini adalah kesulitan yang dialami guru adalah 1) Bagaimana melibatkan seawal mungkin para siswa dalam kegiatan belajar di kelas, 2) Bagaimana melayani kebutuhan belajar untuk seluruh siswa, 3) Bagaimana mengembangkan LKS?
    Hal-hal tersebut adalah hal-hal yang juga senantiasa ditekankan oleh Prof Marsigit dalam mata kuliah microteaching maupun etnomatematika kepada kami para calon guru. Dr program plpg dan profesi guru tersebut tentu diharapkan kemampuan guru untuk memfasilitasi siswa dapat benar benar meningkat dan menjadi lebih maksimal.

    ReplyDelete
  53. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan adanya PLPG ini diharapkan guru dapat melawati fase perala\ihan antar kurikulum sebelumnya dengan kurikulum yang sekarang berjalan. Sehingga diharapkan guru tidak lagi kebingungan dalam penerapannya dalam sekolah nanti. Saya juga sedikir bepikir mengapa perubahan fase antar kurikulum ini masih berjalan lambat. Saya memperhatikan bahwa perubahan kurikulum ini belum secara utuh didorong antar elemen pendidikan. Dalam prakteknya guru memerlukan berbagai masukan untuk menginovasikan pembelajarannya. Sehingga mungkin dalam prakteknya sekolah dapat berkerjasama dengan berbagai universitas atau lembaga lainnya untuk saling mendukung untuk memberikan inovasinya dalam pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  54. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Mungkin hal ini juga terjadi karena guru yang terlalu monoton dalam merencanakan pembelajarannya sehingga tidak siap dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai kurikulum baru. Misalnya guru yang tidak mengubah atau mengevaluasi rppnya setiap tahuna sehingga guru hanya menyediakan satu rpp yang monoton dan tak dievaluasi. Sehingg pendangan ini harus diubah, bahwa rpp bukan sebagai formalitas namun sebagai panduan untuk menyiapkan berbagai alternative metode untuk siswa agar lebih bervariasi.

    ReplyDelete
  55. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Salah satu kesulitan yang banyak dialami guru adalah bagaimana cara membuat siswa aktif dalam kelas. Untuk membuat guru terbiasa dengan model pembelajaran yang berpusat pada siswa maka guru perlu diberi pemahaman tentang pendekatan saintifik sebelum secara langsung menerapkannya pada lapangan. Tanpa adanya persiapan dari guru maka pembelajaran yang dimaksud tidak akan tercapai.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  56. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dalam praktek pembelajaran guru harus mampu terus memperbaiki metode dan model pembelajaran yang digunakan. Salah satu cara agar dapat terus memperbaiki metode dan pembelajaran yang digunakan adalah dengan menerima masukan dan saran dari pengawas atau pembimbing. Sehingga sangat diperlukan komunikasi yang baik antara guru dengan pengawas atau pembimbing.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  57. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Inovasi dalam pembelajaran sangat diperlukan, karena dengan adanya inovsai siswa tidak akan bosan dengan pembelajaran yang dilakukan. Terkait dengan kurikulum 13 maka guru perlu mencari metode dan model yang sesuai dengan materi yang diajarkan karena setiap materi memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda dalam penyampainnnya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  58. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Rendahnya profesionalitas guru akan mengakibatkan rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu melalui PLPG diupayakan terjadinya peningkatan kompetensinya. Namun guru-guru bersertifikasi ini memiliki kendala dalam mengembangkan keprofesiannya karena rendahnya motivasi berprestasi, keterbatasan waktu, pengetahuan yang kurang dan persepsi terhadap peraturan pemerintah yang belum tegas. Permasalahan tersebut dapat menyebabkan proses pembelajaran terhadap peserta didik tidak efektif. Peningkatan kualitas, kompetensi, dan profesionalisme guru masih harus ditingkatkan karena hingga saat ini tidak terdapat hubungan linier antara peningkatan kualifikasi dan sertifikasi profesi pendidik terhadap hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  59. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Salah satu sumber daya manusia yang harus dipenuhi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah keberadaan guru yang professional. Eksistensi guru didasari oleh dasar hukum yang terdapat pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Dengan demikian, tidak ada alasan apapun untuk memarjinalkan dan mengecilkan eksistensi seorang guru dalam melaksanakan tugasnya. Secara tegas dikatakan dalam UU tersebut bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru merupakan suatu profesi, yang berarti suatu jabatan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang pendidikan. Kinerja seorang guru pada sekolah ditunjukan dengan kemampuan kerja dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  60. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ketiga kesulitan yang dialami guru tersebut, telah Prof jabarkan dengan jelas ketika perkuliahan etnomatematika. Meskipun saya bukan mahasiswa bimbingan microteaching bersama prof, akan tetapi saya mendapatkan pengetahuan baru yang dapat menambah wawasan saya. Seperti hal nya adalam pembuata LKS yang mengacu pada K13, dimana memuat aktivitas 5M antara lain mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasi. Aktivitas ini harus terlihat jelas dalam LKS yang dibuat oleh guru dan benar-benar merupakan aktivitas siswa bukan sekedar kumpulan soal. Paradigma berpikir bahwa LKS hanyalah kumpulan soal seharusnya dirubah sejak saat ini karena LKS merupakan media yang menuntun siswa menuju pemahaman suatu konsep yang sedang dipelajari.

    ReplyDelete
  61. Dwi Kawuryani
    14301241049 (Pendidikan Matematika I 2014)
    Guru selama proses belajar harus tetap mengembangkan pembelajaran yang dilakukannya, dalam pengembangan nya guru membuat metode yang sesuai. Metode yang saat ini digunakan dalam kurikulum yang baru adalah pendekatan saintifik. Berbeda dari pendekatan yang digunakan pada kurikulum sebelumnya. Perbedaan ini membuat pada guru belum terbiasa membuat pembelajaran yang fokus pada aktifitas siswa. Akibatnya banyak guru yang kesulitan membuat pembelajaran yang berpusat pada siswa karena sebelumnya mereka menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru.

    ReplyDelete
  62. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ya saya setuju bahwa Problem utama yang dihadapi guru dalam kegiatan PLPG dan Pendidikan Profesi Guru (Matematika) adalah Bagaimana Mengaplikasikan Perubahan Paradigma dari Pembelajaran Berpusat pada guru ke Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Pembelajaran berpusat pada siswa tersebut merupakan terapan atau salah satu prinsip kurikulum 2013 atau K13

    ReplyDelete
  63. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Alasan yang pertama yang menyebabkan permasalahan tersebut muncul adalah Bagaimana melibatkan seawal mungkin para siswa dalam kegiatan belajar di kelas. Disini guru masih kebingungan bagaimana membuat apresepsi di kelas kepada siswa yang sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan saat ini atau K13.

    ReplyDelete
  64. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Alasan yang kedua adlaah tentang Bagaimana melayani kebutuhan belajar untuk seluruh siswa. Guru masih kebingungan bagaimana caranya agar kebutuhan belajar untuk seluruh siswa itu terpenuhi. Ini disebabkan bisa jadi dari dua arah atau dua faktor, bisa saja jadi dari faktor guru tersebut atau bisa jadi dari faktor siswa tersebut.

    ReplyDelete
  65. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Maka yang seharusnya dilakukan adalah sebagai seorang guru maupun calon guru adalah terus mencari pengetahuan-pengetahuan yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Karena sebagai seorang guru tidak boleh memiliki rasa puas, tapi haruslah memiliki rasa ingin terus belajar.

    ReplyDelete
  66. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kesulitan yang dialami oleh guru adalah bagaimana mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang inovatif agar tercipta suatu pembelajaran yang berorientasi kepada siswa atau student-centered. Maka dari itu dengan adanya PLPG saya sangat setuju sehingga guru dapat meningatkan kemampuan pengembangan perangkat pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif.

    ReplyDelete
  67. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menjadi seorang guru jangan lelah untuk mengevaluasi, mengevaluasi dan terus mengevaluasi, karena efektifnya suatu pembelajaran tidak ada yang instan, maka tetap berusaha meningkatkan kemampuan memfasilitasi siswa agar pendidikan di Indonesia lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  68. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam proses pembelajaran di sekolah, masih banyak guru yang menggunakan metode tradisional. Metode ini merupakan metode lama dan telah membudaya, yang mana dalam metode ini siswa merupakan objek dan guru merupakan subjeknya. Di sini yang lebih aktif dan mendominasi adalah gurunya sedangkan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Namun hingga saat ini metode tradisional masih saja diterapkan. Guru tidak menyadari kalau metode yang mereka terapkan tersebut kurang tepat, kurang inovatif, dan kurang menfasilitasi siswa dalam mengembangkan pengetahuannya. Oleh karena itu saya sangat sependapat bahwa kegiatan PLPG jalur pendidikan profesi sangat bermanfaat bagi guru karena kegiatan PLPG tersebut dapat dijadikan sarana untuk mengidentifikasi apakah suatu metode yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajarannya memenuhi kriteria atau tidak.

    ReplyDelete
  69. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    sudah menjadi kebutuhan guru untuk selalu memperbaharui dan memperbaiki kemampuannya, baik itu kemampuan pedagogis maupun kemampuan didaktis. karena guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran,maka guru harus bisa memfasilitasi sebagian besar kebutuhan siswa. perlu perencanaan yang matang untuk menjadikan siswa sebagai subyek dalam pembelajaran. maka dari itu PLPG yang diselenggarakan untuk melatih dan menambah pengetahuan guru pastilah sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  70. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Menjadi sangat hebat jika kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan riset dan segala buku panduan siswa merupakan karya guru yang mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  71. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Kurikulum 13 menghendaki pengalaman belajar yang bermakna, oleh karena itu guru harus memfasilitasi untuk mendapatkan pengalaman belajar tersebut.

    ReplyDelete
  72. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Pengalamn belajar dimaksudkan untuk membuat siswa mampu mengolah suatu keadaan yang masih belum terstruktur menjadi bentuk yang formal sehingga kemampuan berpikir siswa menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  73. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Kegiatan pembelajaran diharapkan mampu membentuk karakter bepikir siswa.

    ReplyDelete
  74. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Pembelajaran berbasis etnomatematika merupakan pembelajaran matematika berbasis budaya. Siswa mencari benda-beda konkret yang akan dipelajari untuk menjadi matematika formal di kelas.

    ReplyDelete
  75. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Lesson study merupakan suatu konsep untuk menemukan efektifitas suatu pembelajaran.

    ReplyDelete
  76. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terimakasih Prof. Marsisgit atas tulisan yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  77. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    kita sadari bahwa dalam dunia pendidikan masih banyak kesulitan kesulitan yang dialami guru atau calon guru secara umum dalam merencanakan dan mengolah pembelajaran, beberapa contoh kesulitannya adalah mengenai pengembangan inovasi pembelajaran yang masih kurang, dan pembuatan LKS yang masih kebanyakan soal latihan, padahal seajtinya LKS itu adalah sarana untu membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya, pemahaman mengenai materi ini sanagt penting, siswa tidak boleh hanya diberikan ilmu secara instan namun di latih daya berpikirnya melalui LKS yang memancing siswa untuk mengkontruk pengetahuaanya sendiri. jika sudah dapat mengkonstruk pengetahuaannya sendiri baru siswa dapat diberi soal latihan untuk mengasah kemampuan penyelesaian masalahnya.

    ReplyDelete
  78. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya sepakat dengan postingan diatas, bahwa salah satu problem utama dalam inovasi pembelajaran adalah salah satunya dalam mengembangkan perangkat pembelajaran contohnya dalam pembuatan LKS. guru masih saja menyusun LKS hanya dengan menuliskan soal tetapi tidak ada trik-trik tertentu yang membuat siswa tertarik dan menjadi lebih paham.

    ReplyDelete
  79. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam pembelajaran tentu akan dijumpai problem-problem, baik dari siswa, guru, lingkungan belajar, maupun dalam kegiatan pembelajaran itu sendiri. Dari problematika yang disajikan di atas dapat disimpulkan bahwa problem yang dialami yaitu bagaimana melibatkan siswa sedini mungkin dalam pembelajaran, bagaimana melayani kebutuhan siswa, dan dan bagaimana mengembangkan LKS.

    ReplyDelete
  80. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ketiga problematika seperti disebutkan dalam postingan di atas nampaknya memang sering dialami oleh guru saat mengajar. Berdasarkan pengalaman saat kegiatan Micro teaching dari ketiga problem tersebut adalah problem dalam mengembangkan LKS adalah yang paling sulit. Sebab LKS adalah sumber belajar dan kegiatan siswa, sehingga dalam mengembangkannya perlu mengetahui karakter dan kemampuan siswa dan bagaimana siswa berpikir serta apa yang akan diperoleh siswa dengan adanya LKS tersebut. Walaupun begitu kedua problem yang lain juga sulit karena masih terpaku pada belajar yang teacher centered.

    ReplyDelete
  81. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Membuat siswa mengerti dan memahami konsep-konsep matematika merupakan tujuan utama dari proses pembelajaran matematika. Dalam mewujudkan hal tersebut, tidak cukup hanya dengan pemberian materi secara lisan atau dengan metode ceramah saja dari seorang guru. Adanya keterlibatan siswa secara aktif merupakan hal sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Sehingga diperlukan perubahan paradigma dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  82. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sehingga tercetus adanya PLPG jalur pendidikan profesi sangatlah bermanfaat bagi guru guna menambah wawasan dan keterampilan dalam mengajar. Harapannya, setelah diadakan PLPG ini akan membuka jendela baru bagi kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  83. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Permasalahan utama yang dihadapi para guru adalah mengubah paradigma pembelajaran tradisional ke pembelajaran inovatif. Adanya PLPG dan PPG dapat dirasa bermanfaat untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan para guru dalam pembelajaran matematika. Misalkan, guru yang selama ini yakin telah menggunakan metode pembelajaran A dengan benar ternyata masih terdapat kekeliruan dalam prakteknya.

    ReplyDelete
  84. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Kegiatan PLPG jalur pendidikan profesi sangat bermanfaat bagi guru. Dengan adanya PLPG guru diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru di bidang pembelajaran.Pada PLPG juga guru bisa mempraktekkan bagaimana cara mengajar di depan para peserta lainnya sehingga dengan begitu guru tersebut dapat merefleksi apa yang telah dia lakukan saat ini apakah sudah benar atau ada yang perlu diperbaiki. Selain itu juga manfaat dari PLPG adalah menambah wawasan guru dalam membuat karya ilmiah, modul dan penelitian lainnya.

    ReplyDelete
  85. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pengalaman PPL yang telah saya lakukan, saya belum bisa sepenuhnya melibatkan seluruh siswa dalam pembelajaran. Setidaknya masih ada beberapa siswa yang belum ikut terlibat dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi bersifat terpusat pada guru, bukan pada murid. Untuk itu saya sangat setuju dengan adanya PLPG dan PPG diharapkan dapat membantu guru dalam mengatasi hal tersebut sehingga guru menjadi fasilitator bagi murid dalam mencari ilmu, bukan sebagai satu - satunya sumber belajar.

    ReplyDelete
  86. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Masalah utama dalam pembaharuan dan inovasi pembelajaran saat ini, memang salah satu faktor penyebabnya adalah ketidakmampuan dan ketidakmauan guru untuk melakukan perubahan. Mereka sseringkali masih memegang teguh pada keyakinan-keyakinan maupun paradigma-paradigma yang telah terbentuk dari hasil pengalamannya. Guru cenderung mempraktikan pembelajaran sesuai dengan apa yang pernah dialaminya sebelaumnya dan tidak jauh berbeda dengan praktik-praktik pembelajaran pada umumnya yhang seringkali dilakukan oleh para guru tanpa memperhatikan kondisi siswanya. Padahal pembelajaran seharusnya dapat memfasilitasi kemampuan setiap siswa yang tidak sama antara satu dengan lainnya.

    ReplyDelete
  87. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Setiap guru yang peduli dengan siswanya tentu memiliki harapan agar apa yang dia berikan atau aktivitas yang dia lakukan selama pembelajaran dapat berguna bagi muridnya. Hal ini, memacu guru untuk tidak sembarangan dalam mempraktikan pembelajaran bagi siswanya serta mendorong guru untuk terus dapat melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran, sehingga dengan pembelajaran yang dia lakukan dapat memaksimalkan potensi-potensi siswa yang terus berkembang.

    ReplyDelete