Feb 12, 2013

Problem Utama Inovasi Pembelajaran (Matematka) pada PLPG dan Sertifikasi Guru




Problem utama yang dihadapi guru dalam kegiatan PLPG dan Pendidikan Profesi Guru (Matematika) adalah Bagaimana Mengaplikasikan Perubahan Paradigma dari Pembelajaran Berpusat pada guru ke Pembelajaran Berpusat pada Siswa.


Berdasarkan pengalaman membimbing pada Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru maka kesulitan yang dialami guru umumnya pada: 1) Bagaimana melibatkan seawal mungkin para siswa dalam kegiatan belajar di kelas, 2) Bagaimana melayani kebutuhan belajar untuk seluruh siswa, 3) Bagaimana mengembangkan LKS? Para guru biasanya hanya mengembangkan satu jenis LKS dan menggunakan LKS hanya untuk memberi atau sebagai kumpulan soal.
Dalam latihan praktek pembelajaran matematika guru pada umumnya berangkat dari asumsi yang sudah biasa dipraktekkan selama bertahun-tahun sebelumnya. Tentang inovasi baru biasanya memang dirasa telah memahami dan adalah bisa dan mungkin untuk dipraktikkan. Tetapi para guru biasanya baru menyadari setelah dalam prakteknya menerima masukkan dari supervisor atau pembimbing. Yang selama ini dikira sudah melaksanakan suatu metode tertentu misalnya metode A, ternyata belum memenuhi kriteria telah melaksanakan metode A Demikian seterusnya, sehingga kegiatan PLPG jalur pendidikan profesi dirasakan sangat bermanfaat bagi guru. Selamat berjuang (Marsigit)

26 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Masalah yang dialami guru saat kegiatan PLPG dan PPG mungkin tidak hanya pada kegiatan tersebut tetapi juga pada saat pembelajaran berlangsung di kelas bersama peserta didik. Pada saat pembelajaran yang terjadi di kelas guru harus dapat mengaktifkan siswa agar ikut berpartisipasi dalam PBM, guru menyediakan fasilitas dan sarana untuk pembelajaran matematika, guru harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang dirancang agar siswa aktif dan sesuai dengan karakter siswa serta guru harus menggunakan pendekatan dan pembelajaran yang beragam agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya kegiatan PLPG maupun PPG guru diharapkan dapat mengajar di kelas sesungguhnya lebih baik daripada sebelum kegiatan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Setelah memahami tulisan ini saya setuju dengan artikel di atas, kegiatan Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru dirasa sangat bermanfaat bagi guru. Melalui kegiatan ini guru dapat lebih memahami tentang inovasi baru dalam bidang pendidikan. Dalam metode lama, guru mengalami kesulitan untuk menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran, melayani kebutuhan siswa yang berbeda-beda, dan mengembangkan LKS.

    ReplyDelete
  3. Sertifikasi Guru menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Dengan sertifikasi tersebut maka guru dianggap sebagai profesi yang padanya diberikan suatu imbalan sesuai dengan keprofesiannya tersebut. Guru menjadi fokus untuk mengajar dan meningkatkan kualitas mengajarnya. Kadang mimpi yang berada di langit tidak dapat diterapkan di bumi. Antara mimpi dan kenyataan berbeda. Guru banyak yang masih kesulitan untuk melakukan inovasi pembelajaran. Cara pembelajaran guru yang berpusat pada guru telah menjadi kebiasaan. Perlu waktu untuk memperoleh guru yang mampu menciptakan inovasi pembelajaran. Dengan adanya sertifikasi diharapkan muncul generasi guru yang berkualitas dan dapat melakukan inovasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dengan adanya PLPG ini diharapkan guru dapat meningkatkan kemampuan dalam mengajar dan membimbing siswa dalam pembelajaran. Disini guru diharapkan dapat memberikan inovasi inovasi dalam pembelajarannya, tidak monoton berpusat pada guru namun diubah berpusat pada siswa. Dan dengan adanya sertifikasi guru diharapkan memacu semangat guru untuk berinovasi bukan hanya memacu diri untuk mendapatkan penghasilan.

    ReplyDelete
  5. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Menyambung tulisan tentang hambatan dan tantangan kurikulum 2013, saya pikir PLPG dapat menjadi salah satu tempat pembelajaran para guru untuk menjawab tantangan-tantangan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 khususnya mata pelajaran matematika. Melalui PLPG, para guru dapat mempelajari berbagai model asing pembelajaran matematika dan dapat diterapkan di kelasnya. Semoga saja dengan mengikuti PLPG, kita sebagai para guru dapat menjawab tantangan-tantangan dalam dunia pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  6. Elli Susilawati
    16709251073
    S2 P. Mat Kelas D 2016

    Menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif adalah suatu tantangan tersendiri bagi para guru, hal ini tidak bisa dipungkiri karena memang bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu, guru lebih diharapkan untuk lebih mengembangkan diri, mencari referensi sebanyak-banyaknya dan melatih kreatifitas yang nantinya digunakan saat proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pembelajaran pada sekolah-sekolah umumnya masih menggunakan metode yang sama yaitu masih menggunakan metode tradisional yang sering disebut dengan ceramah. Dalam paparan diatas diuraikan berbagai permasalahan yang dialami oleh guru tetapi seharusnya guru dapat menyelesaikan permasalahan tersebut melalui pendidikan profesi sesungguhnya tujuan utama proses pembelajaran adalah membuat siswa mengerti dan memahami materi pelajaran sehingga siswa dapat mengaplikasikannya dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Adanya perubahan kurikulum dari KTSP ke K13 imbasnya juga perubahan sistem belajar mengajar yang dulunya berpusat pada guru berubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ini tentunya menjadi tantangan sekaligus kesulitan tersendiri bagi untuk mengubah paradigma pembelajaran di mana dulu guru yang aktif mentransfer pengetahuan kepada siswa sekarang siswalah yang aktif dalam pembelajaran dan berusaha membangun pengetahuannnya sendiri dengan bantuan guru. Maka disini guru dituntut menerapkan metode/model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum ynag ada. Oleh karena itu guru harus mengetahui serta turut serta dalam kegiatan pelatihan yang mendukung profesinya. Dimana telah ada pelatihan PLPG dan sertifikasi guru sebagai pemantapan profesi, namun hal ini belum optimal disebabkan hanya sebagian saja yang bisa mengikuti pelatihan tersebut. Kemudian pelatihan yang singkat lalu diterapkan sepanjang profesinya. Dan saya pikir hasilnya tidak akan maksimal dalam penerapannya.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Problem utama inovasi pembelajaran (matematka) pada PLPG dan sertifikasi guru. Guru biasanya hanya mengembangkan satu jenis LKS dan menggunakan LKS hanya untuk memberi atau sebagai kumpulan soal. Tentang inovasi baru biasanya memang dirasa telah memahami dan adalah bisa dan mungkin untuk dipraktikkan. Tetapi para guru biasanya baru menyadari setelah dalam prakteknya menerima masukkan dari supervisor atau pembimbing. Guru kurang bisa mengembangkan yang ada dan mungkin ada dari dalam dirinya dan siswanya.

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Setiap siswa memiliki keunikan masing-masing. Siswa yang satu dengan siswa yang lainnya memiliki kecepatan memahami yang berbeda-beda, keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda, minat yang berbeda, kreativitas yang berbeda-beda, dan lain sebagainya. Guru dituntut untuk dapat mengcover semua itu agar dapat melayani kebutuhan belajar seluruh siswa. Guru harus berupaya semaksimal mungkin agar dapat menjadi fasilitator bagi para siswanya dalam rangka mengkonstruksi matematikanya. Untuk itu, guru harus meningkatkan kreativitasnya untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melaksanakan lesson study. Dengan lesson study, para guru bisa saling bertukar ilmu serta pengalaman mengajar. Selain itu, guru juga harus membaca berbagai sumber-sumber yang sesuai dengan perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  11. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Terlalu banyak hambatan yang dialami oleh guru atau lebih tepatnya alasan mengapa guru masih menggunakan cara mengajar yang konvensional. Beberapa diantaranya yang pernah saya dengar dari keluh kesah guru senior yang diminta untuk mnerapkan pembelajaran dengan kurikulum baru, yaitu: (1) sarana dan prasarana yang belum siap; (2) perangkat pembelajaran yang belum dikuasai oleh gru secara menyeluruh; (3) jam pelajaran yang singkat sementara banyak materi yang harus disampaikan kepada siswa; (4) guru yang belum siap dengan metode pembelajaran masa kini; (5) siswa yang belum aktif dan belum ada kesadaran untuk mempersiapkan bahan pembelajaran yang akan dipelajari. Banyak solusi untuk mengatasi keluh kesah tersebut, salah satunya adalah PLPG.

    ReplyDelete
  12. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada saat saya melakukan observasi di salah satu SMP di daerah Sleman, seorang guru matematika menyampaikan bahwa beliau masih kesulitan melaksanakan kurikulum 2013, terutama dalam melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam pembelajarannya yang saya observasi, beliau sudah merasa kalau sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran, tetapi menurut saya belum, karena guru masih sedikit dominan menjelaskan dan dalam penarikan kesimpulan juga dilakukan oleh beliau.

    ReplyDelete
  13. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sangat sulit memang mengubah kecenderungan yang telah dijalani selama bertahun-tahun lamanya. mengubah fokus atau pusat yang berawal berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa tidaklah mudah. telah bertahun-tahun lamanya guru mengajar dengan metode yang sama, belum lagi pengalaman mereka bersekolah dulu yang masih menggunakan metode tersebut. Hal ini sulit dikarenakan kurangnya pengalaman guru akan metode pembelajaran yang berfokus pada siswa tersebut

    ReplyDelete
  14. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Selain itu, kesalahan pengertian akan adanya LKS pun merupakan sesuatu hal yang harus segera dibenahi. Dulunya guru biasa menggunakan LKS hanya untuk memberikan soal-soal kepada siswa, padahal LKS bukanlah hanya sekedar kumpulan soal semata, tetapi juga materi yang dapat membantu siswa untuk membangun konsep. Ketidak jelasan guru terhadap adanya LKS membuat salah satu media pembelajaran yang sangat berguna ini pun menjadi tidak dapat termanfaatkan dengan baik.

    ReplyDelete
  15. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    PLPG dan sertifikasi memang dibutuhkan oleh para guru. Hal ini karena para guru harus selalu melakukan inovasi-inovasi serta perbaikan dan cara mengajarnya. Update seperti ini wajar dilaksanakan karena beberapa hal. Yaitu, para guru sudah lama lulus dari bangku kuliah sehingga informasi-informasi mengenai perkembangan pendidikan misal dalam segi metode sudah ketinggalan, sehingga perlu diupdate. Kemudian para guru bisa saling sharing mengenai permasalahan di kelas dan membantu satu sama lain. Ini semua tentu saja bertujuan demi pendidikan Indonesia yang lebih baik. Namun, niat baik ini terkadang memang menjumpai kendala. Terdapat beberapa guru mengeluh akan hal tersebut. Kesulitan paling banyak dirasakan bagi guru yang sudah lanjut usia. Dimana masih gagap menggunakan teknologi. Adalagi yang sudah terbiasa menggunakan metode mengejar yang diterapkan, dan sulit menerapkan metode yang baru. Ilmu pengetahuan yang tidak di perbaharui dan sebagainya. Oleh karena itu, mari menyemangati dan mendukung program ini agar terwujud sesuai tujuannya.

    ReplyDelete
  16. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Sebagai seorang diharuskan memiliki 4 kompetensi yang sangat penting salah satunya yaitu kompetensi profesional. Untuk meningkatkan kualitas profesional dan kesejahteraan guru pemerintah mencanangkan program PLPG atau sertifikasi guru. Berdasarkan pengamatan yang telah bapak lakukan salah satu hambatan yang terjadi dalam PLPG adalah bagaimana pembelajaran yang selama ini terjadi bergeser dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran inovatif. Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa sangat sulit untuk dilakukan,mengingat selama ini pembelajaran yang dilakukan merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru. Selain itu pengembangan juga merupakan salah satu hambatan yang dialami guru selama proses pembelajaran. Padahal untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa, pengembangan LKS juga sangat diperlukan. Dimana kebanyakan LKS selama ini yang ada hanya terdiri dari ringkasan materi dan soal-soal.

    ReplyDelete
  17. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    PLPG jalur pendidikan profesi sangatlah bermanfaat bagi guru guna menambah wawasan dan keterampilandalam mengajar. Dalam paparan diatas diuraikan berbagai permasalahan yang dialami oleh guru, tetapi seharusnya guru dapat menyelesaikan permasalahan tersebut melalui pendidikan profesi. Dan menggunakan metode pembelajaran yang berpusat kepada siswa bukan berpusat terhadap guru maksudnya dengan menganggap siswa itu sebagai subyek untuk mebentuk siswa yang kreatif dan memiliki keterampilan dan wawasan yang luas. Oleh karena itu pembelajaran yang berpusat pada siswa harus segera terlaksana dan segera diterapkan dan dikembangkan, karena melalui metode tersebut guru dapat mengetahui dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa. Melalui metode tersebut siswa tidak hanya meniru apa yang diajarkan dan diberikan guru tetapi siswa dapat mengembangkan apa yang telah guru itu ajarkan.

    ReplyDelete
  18. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Inovasi yang akan dilakukan oleh para guru disaat ini memang dirasa sangat sulit, karena materi yang sangat padat serta waktu yang ditentukan. Dalam menentukan metode yang sesuai dalam sebuah materi memang bukanlah hal yang mudah, pasti banyak percobaan yang dilakukan, dekat banyak kegagalan yang mungkin akan terjadi dengan kesabaran ekstra yang sangat dibutuhkan. Banyak guru yang sudah nyaman dengan menggunakan metode ceramah, untuk merubahnya membutuhkan hal yang sangat ekstra dan niat yang sugguh-sungguh serta kesabaran yang sangat ekstra.

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Banyak kesulitan yang dialami guru dalam kegiatan PLPG dan PPG. Dari artikel diatas salah satunya yaitu tentang bagaimana mengaplikasikan perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Untuk guru yang sudah lama mengajar dan bertahun – tahun tentunya akan kesulitan karena sudah merasa nyaman dan terbiasa dengan paradigma yang seperti itu, tetapi hal tersebut juga dapat diubah dengan perlahan – lahan dan dengan usaha yang terus – menerus dari guru sehingga dapat mengubah paradigma tersebut. Menjadi guru tentu akan banyak tantangan, dan harus mampu melalui tantangan itu demi kemajuan pendidikan.

    ReplyDelete
  20. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pembelajaran bermakna (meaningfull) merupakan kata kunci dalam memberdayakan siswa. Gagasan pembelajaran bermakna pertamakali dikemukakan oleh David Ausubel (Budiningsing, 2005; Ruseffendi, 2006). Ems dkk (2005) memberi nama belajar bermakna dengan Natural Learning. Ciri-ciri belajar natural menurutnya adalah: (1) Belajar akan menjadi natural bila bermakna, (2) Siswa mempelajari bagaimana menerapkan apa yang dipelajari bagi kehidupan profesionalnya, dan (3) Siswa mengembangkan kualitas diri untuk mampu menyelesaikan masalah realitas yang kompleks.

    ReplyDelete
  21. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Inovasi pembelajaran adalah suatu hal yang sangat penting dan dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Hal ini dikarenakan belajar itu merupakan aktivitas. Belajar bukanlah sesuatu yang monoton itu itu saja. Selain itu, peserta didik dalam suatu kelas juga merupakan individu yang berbeda-beda. Jadi, tidaklah tepat jika guru berasumsi bahwa semua siswa akan cocok dengan metode, media, sumber ataupun interaksi pembelajaran tertentu saja. Inovasi pembelajaran juga sangat diperlukan untuk beradaptasi dengan pembaruan ataupun perubahan. Kehadiran inovasi pembelajaran sangat diharapkan merata dapat dilakukan oleh semua guru di seluruh Indonesia dengan tujuan yang sama yaitu untuk memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Artikel diatas saya sangatb setuju yang mana kegiatan Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru dirasa sangat bermanfaat bagi guru. Dengan adanya PLPG guru bisa mem[erbaiki llagi kekurangan yang dimilikinya dan mempunyai penegathuan yang baru. Dan dapat membuta semangat baru bagi guru dalam hal inovasi pembelajaran yang bermakna bagi siswa

    ReplyDelete
  23. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Adanya perubahan pada faktor global dan kondisi pendidikan nasional yang hanya jalan di tempat sehingga mendorong pemerintah untuk melakukan upaya-upaya perbaikan ke arah perkembangan yang lebih baik. Salah satu upaya yang ditempuh pemerintah yaitu dengan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru melalui program sertifikasi guru yang disebut dengan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Maka dengan adanya PLPG, sangatlah memberikan manfaat bagi guru dalam mengatasi setiap permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran sehingga akan ada solusi bagi guru tersebut. Dan mempelajari bagaimana cara mengajar yang baik agar tercipta pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Beberapa kebijakan ditetapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesi, termasuk kualitas pendidikan matematika. Jika kita tinjau ulang, pelaksanaan PLPG dan pendidikan profesi memang sangat membantu guru dalam menghadapi kesulitan selama proses pembelajaran. Kesulitan tersebut diantaranya dalam mengembangkan inovasi model pembelajaran atau mengembangkan LKS yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Namun, niat yang harus diluruskan adalah pelaksanaan pelatihan ini harusnya dilaksanakan dengan ikhlas dan tidak berdasarkan niat untuk mendapatkan sertifikasi guru semata sehingga pelatihannya menjadi ala kadarnya. PLPG ini harus dimaksimalkan sehingga mencapai tujuan pendidikan yang optimal.

    ReplyDelete
  25. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hakikat dari pembelajaran matematika sekolah adalah kegiatan siswa. Peserta didik diarahkan untuk bekerja ilmiah, bersikap ilmiah dan dapat menemukan sendiri produk ilmiah yang diharapkan menggunakan metode ilmiah. Dengan menggunakan metode ilmiah (scientific methods), peserta didik dapat mengerjakan lebih dari satu pengertian. Dengan metode ilmiah, peserta didik dapat menemukan sendiri produk ilmiah yang kemudian dapat dimengerti, dihafalkan, dan dapat diaplikasikan dalam kehiupan sehari-hari. Tugas guru dalam pembelajaran matematika adalah mengarahkan, membantu, dan mendorong agar siswa mampu mempelajari matematika secara aktif dan mandiri. Guru diharapkan dapat menjadi fasilitator dan moderator. Guru menggunakan metode ilmiah bertujuan agar siswa dapat menemukan konsep, prinsip, teori, azas, aturan dan hukum-hukum matematika oleh dirinya sendiri melalui kegiatan ilmiah. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individual (perorangan) maupun secara kelompok. Dengan menggunakan metode ilmiah siswa dilatih untuk melakukan: learning by doing, learning by process skill, learning to live together, learning to be good, learning to know and learning by experiences.

    ReplyDelete
  26. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    PLPG dan Sertifikasi Guru memang sangat membantu guru, namun masih banyak dari mereka yang merasa masih kesulitan terkait adminitrasi guru kurikulum 2013 yang sebagian besar dirasakan mereka yang sudah lanjut usia. Selain itu, banyaknya beban administrasi yang terkadang proses pembelajarannya pun menjadi terganggu. Oleh karena itu, mau tidak mau ya dijalankan meski banyak kekurangannya.

    ReplyDelete