Feb 12, 2013

To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)




Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika.


Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat pada ersiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Berikut merupakan contoh bagaimana Bapak Faizin (Blora) peserta Sertifikasi Guru jalur pendidikan berusaha mengembangkan RPP dan mencoba mempraktekannya dalam sinopsis pembelajaran matematika (ke persiapan peer teaching) dimana kawan satu kelas berlaku sebagai muridnya. Kompetensi Pembelajaran adalah siswa SMP Kelas IX dapat mencari Volume Kerucut. Indikator: Siswa dapat menemukan Rumus Volume Kerucut.
Tanggapan saya sebagai Dosen/Pembimbing antara lain adalah: Pembelajaran masih bersifat tradisional dengan metode tunggal ekspositori dan beorientasi kepada guru. Semua kalimat dan tindakan pedagogik guru diarahkan untuk mengendalikan kelas agar guru mampu mendeliver ilmunya kepada siswa. Guru belum percaya bahwa siswa mampu melakukan kegiatan matematika secara mandiri. Lks dan skema pembelajaran belum dikembangkan. Siswa masih bersifat pasif dan guru mendominasi kegiatan dan inisiatif. Metode pembelajaran juga masih bersifat transfer of knowledge dimana siswa dianggap sebagai Empty vessel (Tong Kosong). Pembelajaran bersifat directed teaching dan belum memberi kesempatan melakukan aktivitas secara mandiri. Kegiatan siswa bersifat semu karena masih belum riel dan hanya pengandaian.
Saya mengundang Bapak Faizin dan teman-teman yang lain untuk memberikan tanggapannya atas tanggapan yang telah dilakukan dikelas. Saya menunggu tanggapan-tanggapan (Marsigit, 18 Nopember 2008)

29 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Proses pembelajaran akan berjalan lancar tergantung pada persiapan yang disiapkan guru. Sekarang ini dengan menggunakan kurikulum 2013 mengharuskan guru untuk membuat murid aktif, membuat dan menggunakan berbagai macam media pembelajaran yang menarik seperti LKS dengan menyesuaikan karakteristik siswa, dan sebagainya. Untuk itu dari postingan ini Saya sebagai calon guru menjadi belajar dan meyiapkan diri bagaimana membuat pembelajaran yang sesuai dengan menempatkan siswa sebagai subjek belajar.

    ReplyDelete
  2. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pengembangan RPP dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Keberhasilan suatu pembelajaran salah satunya ditentukan oleh kualitas perencanaan yang dibuat. Pengembangan RPP juga bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan inovatif. Pembelajaran yang tidak lagi berpusat pada guru, melainkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menuntut siswa untuk terlibat aktif di dalamnya. Selain itu, media yang inovatif untuk membangun motivasi siswa juga diperlukan dalam pembelajaran agar siswa mengikuti pembelajaran dengan antusias sehingga mampu menyerap pengetahuan secara maksimal.

    ReplyDelete
  3. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Kemampuan guru mengembangkan materi ajar dan RPP menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar terbaik adalah sumber belajar yang dirancang oleh guru itu sendiri, karena gurulah yang memahami bagaimana keadaan kelas dan siswa yang menjadi obyek pembelajaran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  4. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari apa yang ada pada tulisan Bapak, saya setuju dengan apa yang bapak tuliskan mengenai perencanaan dalam suatu pembelajaran perlu untuk dilakukan oleh guru dan penting untuk diperhatikan. Persiapan oleh guru akan memberi kelancaran akan proses belajar mengajar, meskipun selalu ada hal-hal yang tidak terduga yang mungkin akan muncul dalam proses pembelajaran. Untuk mewujudkan hal ini, maka guru diharapkan mampu membuat RPP (lesson plan) yang seinovatif mungkin agar Proses belajar mengajar tidak jauh keluar dari apa yang diharapkan oleh guru. Selain RPP guru hendaknya memberi inovasi dalam media pembelajaran yang digunakan seperti LKS, tehnologi, ataupun media yang bervariatif lainnya.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Salah satu inti dari artikel ini ada pada kamilamt “Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika.” Pada era kekinian kita sudah tidak bisa lepas dari teknologi dengan demikian maka pendidikan sebagai suatu proses menyiapkan SDM maka haruslah menyesuikan pula. Selain membantu proses pembelajaran menjadi lebih mudah, pemanfaatan teknologi juga akan memberikan pembiasaan pada siswa sehingga tidak gagap dengan hal tersebut. Dengan demikian maka target kompetensi dapat tercapai dengan baik, beserta bonus wawasan teknologi.

    ReplyDelete
  6. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    RPP bagi guru sangatlah penting. Tapi dalam lapangan tidak semua guru mengguanakan RPP. Misalnya guru hanya merancang RPP untuk syarat administrasi sekolah saja dan tidak diterapkan dengan benar karena merasa mengajar lebih mudah langsung tanpa perencanaan. Hal tersebut adalah contoh yang tidak baik dan harus mulai diakhiri dengan adanya guru generasi baru yang lahir di jaman milenial. Guru harus bisa mengembangkan sendiri bahan ajar yang digunakan seperti mengembangkan LKS. LKS pada jaman dulu biasanya hanya membeli di toko buku dan hanya digunakan jika guru ingin memberikan tugas atau semacamnya. Padahal LKS sebaiknya dibuat oleh gurunya sendiri karena guru yang paling mengerti kebutuhan siswanya. LKS yang baik tidak hanya berisi kumpulan soal tetapi harus memuat merupakan sumber informasi atau temuan terbimbing.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, wr, wb.
      Sangat disayangkan sekali jika di lapangan terdapat guru yang tidak menggunakan RPP. Padahal RPP merupakan acuan guru dalam mengajar dikelas. Guru menngacu kepada RPP agar pembelajaran terstruktur dengan baik dan dapat memfasilitasi siswa secara lebih maksimal

      Delete
  7. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Membuat dan mengembangkan RPP yang baik dan benar yang dapat membuat proses belajar mengajar dikatakan berhasil adalah sebuah kegiatan yang tidak mudah, tidak semudah mengcopy paste kemudian mengganti beberapa tahun dan tanggal saja. Bahkan seorang guru professional pun terkadang masih ada yang kesulitan dalam pengembangan RPP.
    Perlu kejelian, ketelitian, keahlian dan semangat lebih agar RPP yang kita buat dapat terealisasi dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan pengembangan LKS yang lebih interaktif menjadi salah satu kunci keberhasilan RPP.
    RPP yang baik juga harus diimbangi dengan realisasi yang tepat pula, jangan sampai apa yang direalisasikan tidak lebih baik dari pada rencannya.

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Saya sepakat bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar menjadi hal yang penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Materi ajar seharusnya dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga pembelajaran akan menjadi tepat sasaran.

    ReplyDelete
  9. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Salah satu upaya guru dalam menyiapkan proses pembelajaran adalah membuat perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dibuat agar proses pembelajaran lebih tertata dan tersusun agar tujuannya pun dapat tercapai. Dalam hal pelaksanaan k13, guru masih kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran, hal ini masih menjadi kendala yang besar.

    ReplyDelete
  10. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Dalam artilek diatas bahwa terdapat 2 persiapan yang dilakukan guru yaitu persiapann umum dan persiapan khusus. Persiapan Khusus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). RPP merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru karena sebagai rencana pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. RPP akan menjadi acuan dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. RPP yang sangat detail sangat membantu mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajarannya. Untuk itu dalam pembuatannya perlu dipersiapkan dengan matang agar pembelajaran berjalan sesuai rencana dalam RPP.

    ReplyDelete
  11. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Saya sangat setuju bahwa “Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.” Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi yang semakin modern. Untuk itu sebagai guru kita harus dapat memanfaatkan teknologi untuk menunjang pembelajaran. Guru dapat merancang pembelajaran berbantuan media interaktif, LKS, internet atau apapun yang dapat membantu pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Perencanaan pembelajaran sangat perlu diperhatikan oleh guru. Persiapan tersebut sangat membantu kelancaran pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. Untuk itu guru diharapkan dapat berinovasi untuk menemukan metode pembelajaran yang sesuai untuk siswa. Di paragraph terakhir disebutkan bahwa guru belum mempercayai siswa untuk belajar mandiri. Guru menyediakan LKS sebagai pegangan siswa untuk belajar akan tetapi guru masih mendominasi dalam pembelajarannya. Oleh sebab itu sebagai calon guru kita harus berbenah dan dapat berinovasi untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

    ReplyDelete
  13. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Dalam mengembangkan RPP bagian yang terkadang sering dilewatkan oleh guru adalah merancang apersepsi yang cocok untuk mengawali proses pembelajaran. Padahal apersepsi sangat diperlukan siswa untuk dapat menghubungkan pengetahuan awal yang sudah dimiliki dengan pengetahuan yang akan diperoleh. Melalui apersepsi, siswa dapat menghubungan pelajaran lama dengan pelajaran baru, sebagai batu loncatan sejauh mana siswa mengusai pelajaran lama sehingga dengan mudahmenyerap pelajaran baru. Ketika guru akan mengajar sebuah konsep apa saja pada siswa, gurusebaiknya memahami bahwa setiap siswa memiliki pengalaman, sikap dan kebiasaan yang berbeda, agar dapat menggali dan menghubungkan pengalaman, sikap dan kebiasaan siswa terhadap konsep yang akan guru ajarkan.

    ReplyDelete
  14. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mengembangkan rencana pembelajaran merupakan langkah awal yang guru lakukan ketika akan melakukan proses pembelajaran di kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam melaksanakan pembelajaran. Didalam merencanakan suatu pembelajaran guru biasanya menentukan sebuah metode dan bahan ajar yang akan digunakan. Dimana bahan ajar yang dikembangkan oleh guru biasanya disesuaikan dengan karakteristik dari siswa. Hal tersebut tentunya bertujuan tidak lain untuk memfasilitasi siswa ketika pembelajaran agar aktif dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Kegiatan pembelajaran adalah kegiatan yang melibatkan peserta didik dalam proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Kegiatan pembelajaran disusun memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara professional. Untuk itu diperlukan pengembangan dalam rencana pembelajaran tersebut agar siswa dapat mencapai tujuan dari suatu pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.perispan dari mulai kurikulum yang dipakai , metode yang digunakan,media yang digunakan dll untuk keberhasilan pembelajaran matematika didalam kelas, Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013. pembeljaaran yang berpusat pada siswa, membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dan tepat untuk siswa merupakan tugas guru untuk mengenali pembelejaran seperti apa yang disukai oleh siswa sehingga di dalam belajar matematika berada pada suasana yang menyenangkan, sehingga pengetahuan baru pun akan masuk dengan mudah dari pada siswa berada pada kondisi yang tidak senang belajar matematika. perangkat yang baik adalah perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru yang menyesuaikan gaya belajar serta sifat dan sikap siswa nya dalam kelas, sehingga guru merancang yang terbaik untuk kemajuan belajar siswanya.

    ReplyDelete
  17. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Mengembangkan RPP untuk mewujudkan sebuah pembelajaran inovatif memang tidaklah mudah. Setelah peer teaching, guru dapat melakukan perbaikan mengenai RPP yang dibuat. Dalam pelaksanaannya terlihat ada upaya untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Akan tetapi, kritik membangun mengenai pengembangan RPP tersebut memang baik dan guru dapat mengambil evaluasi dari masukan yang diterima.

    ReplyDelete
  18. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Perencanaan pembelajaran meliputi berbagai macam hal. Salah satu perencanaan yang perlu dirancang oleh guru adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP yang dirancang harus memperhatikan banyak hal pula, diantaranya perbedaan karakteristik siswa, tujuan dari pembelajaran, dan kompetensi yang ingin dicapai. RPP harus disusun dengan sebaik-baiknya sehingga pembelajaran dapat melibatkan siswa secara aktif membangun pengetahuan dari awal pembelajaran hingga pembelajaran selesai. Selain itu juga menciptakan pembelajaran yang dapat melayani kebutuhan siswa sebagai individu yang memiliki kemampuan yang beragam. Upaya tersebut tentu memerlukan kesungguhan dan ketulusan guru untuk dapat membelajarkan siswa.

    ReplyDelete
  19. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, menjelaskan bahwa perencanaan dalam suatu pembelajaran perlu dilakukan oleh guru dan sangat penting untuk diperhatikan oleh guru. Persiapan yang di lakukan oleh guru akan memberi kelancaran dalam proses belajar mengajar, walaupun selalu ada hal-hal diluar prediksi yang dimungkinkan muncul dalam pembelajaran. Guru diharapkan mampu membuat RPP (rencana pembelajaran) yang cocok agar proses belajar mengajar tidak keluar dari apa yang diharapkan. Selain membuar RPP, guru ada baiknya berinovasi dalam pemilihan media pembelajaran yang digunakan seperti Lembar Kerja Siswa atau media lainnya yang cocok dalam pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Sebelum guru menjadi fasilitator siswa dalam belajar terlebih dahulu guru harus mempersiapkan diri. Persiapan yang harus dilakukan guru adalah secara umum dan khusus seperti dijelaskan pada elegi ini. tujuannya adalah agar pembelajaran berjalan dengan baik dan terorganisir. Persipaan yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Maka dari itu penting sekali untuk guru mempersiapkan hal-hal yang mendukung kegiatan pembelajaran matematika berjalan dengan mkasimal. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa gurulah yang mengetahui bagaimana kondisi sebenar-benarnya dari murid-muridnya. Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda bahkan pada setiap jenjang atau tingkatan sekolah maka karakter, psikologi, juga kebutuhan siswa pun tidak akan sama. Oleh karena itu guru harus pandai dalam meramu pembelajaran seperti apakah yang paling tepat bagi siswa-siswanya di kelas.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Segala sesuatu memang harus memiliki persiapan, demikian halnya dengan proses belajar mengajar. Persiapan dalam proses belajar mengajar harus lebih diprioritaskan. RPP merupakan salah satu rancangan pembelajaran yang sudah tidak asing lagi bagi seorang tenaga pendidik. Pengembangan RPP tidak semudah yang dibayangkan, hal ini memerlukan berbagai pertimbangan yang masuk akal dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kenyataan yang ada di sekolah tersebut. RPP yang baik adalah RPP yang mampu meningkatkan kualitas siswa namun tidak memberatkan guru dan siswa.

    ReplyDelete
  23. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Pengembangan RPP merupakan aspek penentu pembelajaran matematika sangat dibutuhkan agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Keberhasilan suatu pembelajaran salah satunya ditentukan oleh kualitas perencanaan yang dibuat. Pengembangan RPP juga bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan inovatif.

    ReplyDelete
  24. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Persiapan pembelajaran matematika sebelum memasuki kelas sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.perispan dari mulai kurikulum yang dipakai , metode yang digunakan,media yang digunakan dll untuk keberhasilan pembelajaran matematika didalam kelas, Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013. pembeljaaran yang berpusat pada siswa, membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dan tepat untuk siswa merupakan tugas guru untuk mengenali pembelejaran seperti apa yang disukai oleh siswa sehingga di dalam belajar matematika berada pada suasana yang menyenangkan, sehingga pengetahuan baru pun akan masuk dengan mudah dari pada siswa berada pada kondisi yang tidak senang belajar matematika. perangkat yang baik adalah perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru yang menyesuaikan gaya belajar serta sifat dan sikap siswa nya dalam kelas, sehingga guru merancang yang terbaik untuk kemajuan belajar siswanya.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Sependapat dengan penjelasan yang Pak Prof. sampaikan bahwa sebelum pembelajaran berlangsung, seorang guru hendaknya melakukan perencanaan suatu pembelajaran dimana hal ini merupakan bagian terpenting yang harus diperhatikan. Dengan adanya persiapan yang dilakukan oleh guru, baik itu persiapan umum maupun persiapan khusus, diharapkan perlahan mampu menggeser “tradisi” pembelajaran yang berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berpusat kepada siswa.
    Maka untuk mewujudkannya salah satu langkah yang harus dilakukan guru adalah dengan merancang RPP (lesson plan) sebaik dan seinovatif mungkin, untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang diinginkan. Selain itu, guru juga dituntut mampu merancang media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran, seperti penggunaan LKS, teknologi (ict), dsb.

    ReplyDelete
  26. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    RPP yang di kembangkan pada pembelajaran matematika SMP harus sesuai dengan karakteristik siswa. Pemilihan metode, model, dan media pembelajaran. Juga dipertimbangkan dalam pemberian alat evaluasi. Guru harus menjadikan pembelajaran di SMP menjadi menyenangkan dan menarik motivasi siswa.

    ReplyDelete
  27. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Segala sesuatu memang alangkah lebih baiknya jika direncanakan termasuk dalam proses pembelajaran. Perencanaan disini salah satunya adalah membuat RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya RPP ini lah guru akan semakin mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran, berbeda dengan tanpa dibuatnya RPP maka guru akan bingung apa saja yang harus dicapai oleh siswa. Dalam pengembangannya pun, kini guru harus lebih inovatif untuk mewujudkan tujuan kurikulum 2013 dimana salah satunya adalah student center. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Hal tersebut memang benar, karena untuk membuat bagaimana pembelajaran berpusat pada siswa, guru lah yang harus mengetahui karakteristik siswa. Dan karena pada akhirnya guru yang mengetahui karakteristik siswa dan lingkungan yang ada, maka sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri lah yang paling sesuai.

    ReplyDelete
  28. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    RPP merupakan kegiatan awal dalam melakukan kegiatan pembelajaran, keberhasilan suatu pembelajaran ditentukan kualitas perencanaan yang dibuat. Inilah sebabnya penyusunan RPP penting bagi pendidik. Dalam menyusun RPP guru perlu memperhatikan identitas (nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan alokasi waktu), merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan materi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan penilaian. Dalaem menyusun RPP sering terjadi berbagai kendala yang dialami guru, diantaranya guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, perubahan kurikulum yang berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP dan minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete