Feb 12, 2013

To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)




Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika.


Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat pada ersiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Berikut merupakan contoh bagaimana Bapak Faizin (Blora) peserta Sertifikasi Guru jalur pendidikan berusaha mengembangkan RPP dan mencoba mempraktekannya dalam sinopsis pembelajaran matematika (ke persiapan peer teaching) dimana kawan satu kelas berlaku sebagai muridnya. Kompetensi Pembelajaran adalah siswa SMP Kelas IX dapat mencari Volume Kerucut. Indikator: Siswa dapat menemukan Rumus Volume Kerucut.
Tanggapan saya sebagai Dosen/Pembimbing antara lain adalah: Pembelajaran masih bersifat tradisional dengan metode tunggal ekspositori dan beorientasi kepada guru. Semua kalimat dan tindakan pedagogik guru diarahkan untuk mengendalikan kelas agar guru mampu mendeliver ilmunya kepada siswa. Guru belum percaya bahwa siswa mampu melakukan kegiatan matematika secara mandiri. Lks dan skema pembelajaran belum dikembangkan. Siswa masih bersifat pasif dan guru mendominasi kegiatan dan inisiatif. Metode pembelajaran juga masih bersifat transfer of knowledge dimana siswa dianggap sebagai Empty vessel (Tong Kosong). Pembelajaran bersifat directed teaching dan belum memberi kesempatan melakukan aktivitas secara mandiri. Kegiatan siswa bersifat semu karena masih belum riel dan hanya pengandaian.
Saya mengundang Bapak Faizin dan teman-teman yang lain untuk memberikan tanggapannya atas tanggapan yang telah dilakukan dikelas. Saya menunggu tanggapan-tanggapan (Marsigit, 18 Nopember 2008)

33 comments:

  1. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Memang mengubah cara mengajar itu sulit, tetapi bisa dilakukan dengan perlahan. Sebab cara mengajar guru sebagai center sudah diterapkan dari jaman dulu sehingga untuk mengubahnya cukup sulit karna sudah melekat. Guru perlu memiliki ketrampilan dan usaha untuk merubah cara mengajar. Selain itu, guru perlu kreatif dalam membuat bahan ajar agar mampu menimbulkan keingintahuan siswa dan membuat siswa menjadi mau untuk berfikir kritis. Pada akhirnya semua bergantung pada guru yang mau merubah cara mengajar demi kebaikan siswa.

    ReplyDelete
  2. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dalam pembelajaran dibutuhkan persiapan yang matang, khususnya untuk guru. Pendidikan yang optimal mebutuhkan persiapan yang optimal pula, disinialh perlu dilakukannya pengembangan RPP. Menurut saya RPPmerupakan bagian yang sangat penting bagi pembelajaran, tetapi RPP belum dikembangkan secara optimal. Sehingga untuk saat ini RPP malah lebih banyak menyulitkan guru dibandingkan dengan manfaatnya. Menurut saya hal tersebut dikarenakan adanya batasan-batasan dalam mebuat RPP, kurang praktisnya RPP, keambiguan fungsi dan bentuk dari RPP, kekakuan RPP. Menurut saya dalam pembuatan RPP harusnya lebih mengedepankan kejujuran dan kebebasan seorang guru. RPP harusnya fleksibel, sederhana, mengacu pada seperti apa pembelajaran yang akan terjadi, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan guru. Yang saya lihat hingga saat ini RPP terlalu kaku sehingga guru tidak tahu yang namany merancang pembelajaran sendiri, dan RPP cukup sebagai formalitas yang dapat didownload kapan saja.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  3. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam mengembangkan RPP yang baik, menurut saya adalah dengan memperhatikan tiga hal yaitu mengenai Teknologi, Masalah sehari-hari, memperkuat ketakwaan mereka. Hal ini menurut saya harus ada karena dari KI dan KD pada kurikulum sekarang menonjolkan ketiga hal tersebut. namun, kebanyakan guru masih kurang mengintegrasikan antara ilmu umum dan agama. Padahal hal inilah yang akan membuat ketakwaan mereka semakin bertambah. Selain itu, teknologi juga kurang diperhatikan. Kebanyakan pembelajaran hanya dilakukan secara tradisional. Teknologi kurang begitu berperan, khususnya bagi guru-guru senior.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  4. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Sumber belajar yang sangat bervariasi biasanya meningkatkan minat belajar siswa. Tugas-tugas belajar yang tidak biasa juga akan menarik perhatian siswa sehingga siswa tidak cuek dalam belajar. Siswa yang duduk di bangku SMP adalah siswa yang dalam masa pertumbuhan aktif sebagai transisi dari masa anak-anak menuju kedewasaan. Dalam tahap perkembangan yang aktif, siswa harus difasilitasi dengan desain pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat belajarnya. SMP juga merupakan waktu transisi tingkat berpikir siswa dari aritmetike menjadi aljabat. Berdasarkan penelitian, banyak siswa yang mulai "alergi" dengan matematika sejak mengenal x dan y atau mulai diarahkan untuk berpikir aljabar. Siswa yang terbiasa dengan aritmetika akan kesulitan berpikir aljabar jika pembelajaran yang diterapkan tidak tepat. Selain desain pembelajaran, penggunaan media atau teknologi yang up to date tentu akan menambah nilai proses pembelarjan di mata siswa.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Mengembangkan RPP menyesuaikan kurikulum yang dipakai. Disesuaikan dengan karakteristik/kebutuhan siswa. Selain RPP diperlukan pula kemampuan guru dalam mengajar secara langsung. Dalam RPP dijelaskan langkah-langkah pembelajaran secara detail. Selain tersebut di atas, pengembangan RPP pun perlu mengikuti perkembangan teknologi.

    ReplyDelete
  7. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam pembelajaran RPP atau lesson plan sangatlah penting. RPP merupakan acuan dan persiapan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Persiapan tersebut meliputi dua macan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Pada persiapan khusus inilah yang menghasilkan RPP (lesson plan) dan didalam RPP tersebut terdapat suatu rangkaian acuan yang akan digunakan ketika pembelajaran, yaitu mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Untuk itu sebagai guru hendaknya bisa membuat RPP (Lesson Plan) yang baik dan benar dan tentunya bisa mengembangkan RPP tersebut. Hal demikian akan membuat peserta didik senang dan nyaman dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Aktivitas atau tahap kegiatan dalam RPP seharusnya mengarahkan agar siswa mampu belajar secara mandiri. Siswa tidak lagi dicekoki materi-materi yang seluruhnya berasal dari guru. Pembelajaran matematika sudah tidak selayaknya menggunakan pendekatan tradisional (directed teaching) yang menganggap siswa tidak tahu apa-apa atau tong kosong. Biarkanlah siswa untuk mengkontruksi pengetahuannya secara mandiri, guru hanya berperan sebagai fasilitator semata.

    ReplyDelete
  9. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dalam rangka mengiplementasikan program pembelajaran, pengembangan Rencana Program Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu faktor yang mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran. Dalam era globalisasi ini, guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama.

    ReplyDelete
  10. Untuk mengembangkan RPP yang baik perlu memperhatikan hal-hal berikut : Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT).

    ReplyDelete
  11. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Persiapan sebelum melakukan pembelajaran di dalam kelas itu adalah bagian penting yang harus dilakukan guru. Salah satunya guru dapat membuat RPP yang dapat dijadikan pedoman mengenai apa saja yang akan guru lakukan di kelas. Saat membuat RPP guru terlebih dahulu harus menganalisis kebutuhan siswa di kelas, setelah itu guru baru dapat menyusun langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan ini. Dalam proses ini, guru harus kreatif dan inovatif dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran. Jangan sampai pembelajaran yang nantinya di kelas hanya pembelajaran yang monoton dan berpusat pada guru sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak dapat terpenuhi. Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Lesson Plan merupakan salah satu perangkat yang paling berpengaruh dalam pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. Lesson Plan yang berisis tentang rencana-rencana pengajaran seperti Kompetensi Inti, Dasar, Indikator yang akan dicapai, langkah-langkah, material yang digunakan sudah dirancang sebelum pembelajaran selain itu juga terdapat alokasi waktu yang dapat digunakan guru untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan. Lesson plan juga yang dapat menunjukkan apakah pembelajran guru masih tradisional atau sudah student center. Apabila lesson plan sudah dirancang dengan baik, maka guru dapat melaksanakan sesuai dengan rencana yang telah dirancang agar harapan dan tujuan dalam lesoon plan dapat terwujud bukan sekedar rencana.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Sebagai seorang guru hendaknya bisa membuat RPP yang baik dan benar dan tentunya bisa mengembangkan RPP tersebut. Karena RPP digunakan sebagai paduan atau acuan dalam proses belajar mengajar. Dengan dikembangkannya RPP tersebut pembelajaran akan lebih terasa memuaskan baik untuk guru maupun untuk siswa dan diharapkan pembelajarannya akan berorientasi pada siswa, mengaktifkan siswanya tidak terpusat pada guru. Hal demikian akan membuat peserta didik senang dan nyaman dalam proses pembelajaran

    ReplyDelete
  14. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya akan mencoba memberi tanggapan mengenai persiapan pembelajaran matematika diluar perkuliahan tersebut. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa persiapan pembelajaran matematika penting dalam pelaksanaan mengajar karena mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar itu sendiri. Salah satu persiapan yang menjadi perhatian saya ialah tentang bagaimana guru menentukan dan merencanakan model pembelajaran. Yang saya lihat di sekolah-sekolah terutama sekolah yang tida terlalu tinggi gradenya, sebagian besar guru hanya menggunakan satu model pembelajaran dan itu diterapkan kapanpun kepada kelas manapun. Model pembelajarn yang menjadi favorit para guru ini ialah model pembelajaran klasikal atau ceramah oleh guru di depan kelas. Padahal tida semua siswa cocok menggunakan metode tersebut. Selain itu dapat menimbulkan lebosanan bai siswa dalam mengikuti pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  15. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Sebagai seorang guru maupun calon guru kita harus berusaha untuk mempersiapkan pembelajaran sebaik mungkin. Dalam pempersiapkan pembelajaran tersebut terdapat persiapan umum dan persiapan khusu. Persiapan umum ialah tentang memahami pembelajaran matematika secara umum yaitu tentang hakekat pembelajaran matematika, hakekat siswa belajar matematika, metode-metode pembelajaran, dan hal-hal umum lainnya. Sedangkan persiapan khusus adalah tentang bagaimana kita memahami isi kurikulum dengan baik sehingga akhirnya menghasilkan RPP. Persiapan baik secara umum dan khusus ini perlu kita lakukan dengan sebaik mungkin agar pembelajaran juga dapat terlaksana dengan maksimal.

    ReplyDelete
  16. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Lesson plan sangat membantu guru dalam kegiatan mengajar, karena dengan adanya RPP, guru akan mempunyai gambaran tentang apa yang akan ia lakukan atau sampaikan di pertemuan yang akan datang. Metode pembelajaran, sumber belajar, alat dan media pembelajaran, semua itu tercover dalam lesson plan dengan harapan guru dapat merencanakan metode yang inovatif yang sesuai dengan karakteristik banyak siswa. Guru juga diharapkan mampu membuat dan mengembangkan LKS-nya sendiri sebagai media belajar bagi para muridnya. Selain itu, dalam era globalisasi ini, guru dapat memanfaatkan ICT sebagai sumber belajar siswa agar sumber belajarnya beragam tidak hanya dari buku saja. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan mengajar guru harus membuat lesson plan terlebih dahulu agar dalam praktiknya guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete

  17. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Mengubah paradigma yang sudah telalu lama berjalan memang membutuhkan proses yang tidak singkat. Termasuk dalam hal mengubah paradigma guru untuk menyiapkan pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru dan beralih kepada berpusat pada siswa. Pengalaman-pengalaman untuk membangun intuisi kelas yang berpusat pada siswa sangat diperlukan, karena dengan begitu guru akan memahami dan menemukan metode dan pendekatan mana yang tepat untuk memfasilitasi pembelajaran bagi murid-uridnya hingga menjadi siswa yang terampil dan mampu berpikir kritis.

    ReplyDelete
  18. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Salah satu cara untuk merubah paradigma pendidikan dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa ialah dengan memanfaatkan media LKS unutk meningkatkan kemandirian siswa. LKS merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru untuk melakukan perannya sebagi fasilitator. LKS dapat membantu siswa untuk melakukan kegiatan penemuan kembali, sehingga siswa dapat memahami materi matematika dengan lebih baik lagi. LKS harus dikembangkan seinovative mungkin dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang dekat dengan siswa, juga dengan memanfaatkan ICT.

    ReplyDelete
  19. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Persiapan umum dan persiapan khusus bagi guru yang melakukan sertifikasi dirasa sudah maksimal dan pembekalannya. Jika masih ada temuan dilapamngan bahwa proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, maka hal yang perlu di evaluasi adalah bagaimana guru menerapkan pembekalan yang telah diperolehnya dan bagaimana guru mengembangkan kekreativitasannya dalam menyusun aktivitas siswa dan media pembelajaran. Memang hal ini tidak mudah, namun sudah menjadi keharusan bagi guru melakukannya sebagai salah satu cara memberikan fasilitas bagi siswa. Terima Kasih

    ReplyDelete
  20. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pembelajaran matematika di sekolah menegah pertama perlu persiapan terlebih dahulu. Guru perlu mempersiapkan persiapan yang meliputi persiapan umum dan khusus. Semua persiapan guru tersebut harus dilakukan dengan mantab. Seperti penggunaan media pembelajran yang meliputi penggunaan buku, teknologi dan internet mampu mempermudah siswa dalam memperlajari matematika.

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Segala sesuatu yang telah direncanakan pasti akan menuai hasil yang lebih memuaskan dibandingkan dengan hal yang berjalan tanpa perencanaan. Begitu pula dalam pembelajaran, perencanaan pembelajaran/lesson study atau yang familiar disebut dengan RPP, merupakan instrument yang sangat penting untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar. RPP memiliki skema yang perlu dikembangkan oleh seorang guru, yaitu Struktur Pembelajaran ,Skema Pencapaian Kompetensi, Skema Interaksi, Skema Variasi Metode dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran dan Variasi Sumber Belajar. Dengan begitu diharapkan seorang guru akan kreatif dan inovatif dalam mengembangkan RPP, kemudian melaksanakannya dengan optimal. Harapannya agar paradigma lama mengenai pembelajaran yang berorientasi pada guru akan berubah menjadi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik.

    ReplyDelete
  22. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    RPP perlu dikembangkan sebaik-baiknya agar suatu pembelajaran dapat sukses. Dalam memilih metode pembalajaran yang akan digunakan guru sebaiknya mempertimbangkan kesesuaian dengan meteri serta kemampuan siswa. Paradigma pembelajran saat ini adalah paradigma pembelajaran konstruktivisme dimana siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan mereka sementara guru bertindak sebagai fasilitator. Oleh karena itu RPP yang dikembangkan dan dilaksanakan pun harus sesuai dengan paradigma tersebut yaitu guru memberikan kesempatan kepada siswa, guru tidak boleh menutupi sifat siswa-siswanya

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Sebelum melakukan pembelajaran di kelas, guru memang harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Guru harus bekerja keras mempersiapkan materi ajar untuk proses belajar mengajar yang mereka lakukan di kelas dan guru harus memikirkan bagaiman bila ada murid yang membutuhkan intervensi dan motivasi belajar. RPP yang dibuat guru juga perlu dipersiapkan sebaik-baiknya dan sesuai kebutuhan belajar. Setelah selesai proses pembelajarannya, dilakukan evaluasi untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  24. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Merancang RPP yang benar-benar mampu membuat siswa mampu membangun pengetahuannya sendiri bukanlah hal yang mudah. Hal itu memerlukan kreativitas dari guru itu sendiri, karena RPP yang sudah bertebaran dimans-mana belum tentu mampu membuat siswa-siswanya belajar. Hal itu dikarenakan hanya gurulah yang mengetahui bagaimana kemampuan belajar siswa-siswanya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  25. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Dalam pembelajaran, persiapan merupakan hal yang sangat penting. Persiapan menjadi sangat penting karena menentukan pelaksanaan pembelajaran. Persiapan yang dilakukan haruslah sudah matang sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat sesuai dengan rencana. Namun, pada kenyataannya masih banyak pengajar yang melaksanakan pembelajaran tanpa persiapan. Berdasarkan bacaan tersebut persiapan diklasifikasikan menjadi dua persiapan umum dan persiapan khusus.

    ReplyDelete
  26. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A
    Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas menjadi sorot utama dalam menentukan hal apa yang harus dipersiapkan. Guru sebagai fasilitator dapat membuat pelaksanaan perencanaan tersebut dan dirangkum sedemikian rupa di dalam RPP. Pengembangan RPP dinilai saat ini sangat diperlukan. Dengan adanya perencaan yang matang, guru dapat mempersiapkan apa saja yang diperlukan, seperti media pembelajaran, atau sumber-sumber belajar lainnya.

    ReplyDelete
  27. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Teachers ability to be a good facilitator for their student is needed. In their facilitating process, the teacher will greatly helped by the variation of the learning media. After that, the teacher must be able to develop the media in order to support the succesful of the learning of mathematics. The best source of learning is learning resources developed by the teachers themselves because they already know the conditions that exist on the students themselves. As a good facilitator, the teachers must be able to create learning activities where the students can play an active role in the process of constructing their knowledge. therefore, Its necessary to be exist a trust between teachers and their students.

    thank you

    ReplyDelete
  28. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    persiapan pembelajaran matematika dibutuhkan untuk mempersiapkan pembelajaran. Persiapan tersebut dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  29. Pembelajaran matematika yang baik adalah pembelajaran yang prosesnya direncanakan dengan baik dengan menggunakan RPP atau Lesson Plan. Pembelajran yang terencana akan membuat proses dalam pembelajaran lebih berjalan secara terkendali, ada strategi atau langkah-langkah yang akan menjadi panduan guru untuk mencapai tujuan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  30. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Segala sesuatu yang memiliki tujuan mulia dan tujuan yang menyangkut kepentingan banyak orang tentu harus dipersiapkan secara matang. Postingan di atas menyadarkan kami bahwa pembelajaran memiliki persiapan yangpanjang, tidak hanya teori mengnei pembelaajaran yang relevan namun juga persiapan praktik yang meliputi pelatihan membuat perangkat pembelajaran atau bahkan praktik pembelajaran kecil. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  31. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Persiapan secara umum mengenai teori yang menunjang kegiatan pembelajaran sering kali diabaikan oleh para guru atau bahkan para calon guru. Mereka mengira bahwa dalam mempersiapkan pembelajaran yang perlu dilakukan ialah membuat perangkat pembelajaran yang secara nyata diperlukan dan dilihat adnaya dalam kegiatan pembelajaran. Namun pada hakikatnya mengetahui teori yang berkaitan merupakan salah satu langkah unutuk memperiapkan pembelajaran agar bisa memberikan yang lebih baik lagi kepada siswa, Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  32. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Segala usia menggunakannya, tidak terkecuali guru maupun siswa. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, siswa dapat mempelajari materi tidak hanya yang disampaikan oleh guru, tidak hanya dari buku, tetapi juga dari internet. Guru juga dapat menggunakan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika. Baik guru dapat berkreasi sekreatif mungkin untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan juga dapat mengembangkan kemampuannya untuk meningkatkan kemampuannya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  33. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Persiapan merupakan salah satu hal fundamental dalam terciptanya proses pembelajaran yang baik. Namun seringkali implementasi saat proses pembelajarannya berlangsung sering tidak optimal sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Hal ini banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor dari siswa atau gurunya sendiri. Ketika RPP dibentuk dengan lengkap dan sistematis bahkan dilengkapi dengan skenerio pembelajarana yang mumpuni, namun ketika kegiatan pembelajarannya tidak mampu terlaksanakan maka rancangan yang telah dibuat akan terasa percuma. Menurut saya, perlu adanya kepercayaan guru kepada siswa, penyesuaian rencana dengan kemampuan siswa dan penggunaan metode dan media yang sesuai dengan iklim di kelas. Karena percuma jika metode yang digunakan terkesan wah namun siswa tidak mengerti. Karena esensi dari mengajar adalah membuat siswa paham dan mengerti apa yang diajarkan guru.

    ReplyDelete