Feb 12, 2013

To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)




Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika.


Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat pada ersiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Berikut merupakan contoh bagaimana Bapak Faizin (Blora) peserta Sertifikasi Guru jalur pendidikan berusaha mengembangkan RPP dan mencoba mempraktekannya dalam sinopsis pembelajaran matematika (ke persiapan peer teaching) dimana kawan satu kelas berlaku sebagai muridnya. Kompetensi Pembelajaran adalah siswa SMP Kelas IX dapat mencari Volume Kerucut. Indikator: Siswa dapat menemukan Rumus Volume Kerucut.
Tanggapan saya sebagai Dosen/Pembimbing antara lain adalah: Pembelajaran masih bersifat tradisional dengan metode tunggal ekspositori dan beorientasi kepada guru. Semua kalimat dan tindakan pedagogik guru diarahkan untuk mengendalikan kelas agar guru mampu mendeliver ilmunya kepada siswa. Guru belum percaya bahwa siswa mampu melakukan kegiatan matematika secara mandiri. Lks dan skema pembelajaran belum dikembangkan. Siswa masih bersifat pasif dan guru mendominasi kegiatan dan inisiatif. Metode pembelajaran juga masih bersifat transfer of knowledge dimana siswa dianggap sebagai Empty vessel (Tong Kosong). Pembelajaran bersifat directed teaching dan belum memberi kesempatan melakukan aktivitas secara mandiri. Kegiatan siswa bersifat semu karena masih belum riel dan hanya pengandaian.
Saya mengundang Bapak Faizin dan teman-teman yang lain untuk memberikan tanggapannya atas tanggapan yang telah dilakukan dikelas. Saya menunggu tanggapan-tanggapan (Marsigit, 18 Nopember 2008)

18 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan persiapan, seorang guru hendaknya dapat mengelola pembelajaran di kelas dengan baik. Sebelum seorang guru melakukan proses pembelajaran, sebaiknya guru harus membuat rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Selain itu, RPP dapat dijadikan acuan bagi guru dalam penyampaian materi, penggunakan media yang sesuai, membuat bahan ajar atau LKS. Tidak hanya memberikan materi dengan metode ceramah saja namun guru dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif, yaitu dimana siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Persiapan umum dan persiapan khusus diharapkan dapat membantu mengubah paradigma lama menjadi pradigma baru, yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Mengembangkan RPP untuk pembelajaran matematika yang inovatif harus memerhatikan skema pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran, lembar kerja siswa yang menuntun siswa dalam membangun konsep matematika dan juga mengasah keterampilan bermatematika siswa, konsep pembelajaran matematika yang digunakan menggunakan konteks dunia nyata (real world) atau masalah yang dapat dibayangkan oleh siswa.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Mungkin bukan hanya Bapak F yang melakukan hal tersebut, masih banyak di luar sana yang masih seperti itu, termasuk juga saya. Astaghfirullah. Kebanyakan guru hanya mengejar sertifikasi. Namun dari hasil data bank dunia bahwa sertifikasi tidak mendorong secara signifikan kualitas guru dalam mengajar. Ini merupakan PR besar bagi kita semua. Tetaplah belajar dan terus belajar agar kita menjadi guru yang baik. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Persiapan dan perencaanaan pembelajaran tentulah sangat penting untuk dilakukan oleh seorang guru. Persiapan-persiapan yang dilakukan oleh guru dapat dibedakan menjadai 2 yakni persiapan umum dan persiapan khusus. Keduanya, baik persiapan umum maupun persiapan khusus sesungguhnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengubah paradigma dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Usaha-usaha yang dilakukan dalam mengubah paradigma ini tentu tudak lah mudah. Apalagi dengan agenda-agenda yang dicanangkan dalam pembelajaran berbasis atau berpusat pada siswa ini, menuntut kreatifitas dan kegigihan guru untuk senantiasa melakukan berbegai pembaharuan dalam pembelajaran. Sehingga pembeljaran yang dilakukan menjadi bervariatif dan tidak monoton.

    ReplyDelete
  6. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Sependapat dengan penjelasan yang Pak Prof. sampaikan bahwa sebelum pembelajaran berlangsung, seorang guru hendaknya melakukan perencanaan suatu pembelajaran dimana hal ini merupakan bagian terpenting yang harus diperhatikan. Dengan adanya persiapan yang dilakukan oleh guru, baik itu persiapan umum maupun persiapan khusus, diharapkan perlahan mampu menggeser “tradisi” pembelajaran yang berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berpusat kepada siswa.
    Maka untuk mewujudkannya salah satu langkah yang harus dilakukan guru adalah dengan merancang RPP (lesson plan) sebaik dan seinovatif mungkin, untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang diinginkan. Selain itu, guru juga dituntut mampu merancang media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran, seperti penggunaan LKS, teknologi (ict), dsb.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dalam peraturan menteri sebenarnya sudah ditekankan bahwa dalam proses pembelajaran harus diawali dengan menyusun suatu rencana pembelajaran (lesson plan) yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Akan tetapi pada kenyataannya guru membuat RPP hanya sebagai syarat administrasi saja. Beberapa guru bahkan hanya mencari RPP di internet dan hanya mengganti identitasnya saja, dan tentu saja dalam proses pembelajaran tidak berdasarkan RPP tersebut. Padahal seharusnya RPP dibuat berdasarkan kondisi sosial siswa, kondisi sekolah, kondisi kelas, tujuan pembelajarannya, sehingga rencana pembelajaran yang dibuat benar-benar sesuai dengan ruang dan waktu bagi guru dan siswa tersebut, harapannya pembelajaran dapat mencapai tujuan dengan optimal.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas ulasan di atas
    Ulasan di atas memberikan pengetahuan bagi saya tentang bagaimana seorang guru seharusnya bertindak sebagai strategi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui ulasan di atas juga saya melihat satu realita pendidikan yang masih menjadi isu hangat hingga saat ini yang dinukilkan pada ulasan di atas, yaitu adanya sistem pembelajaran yang berpusat pada guru. Saya rasa isu ataupun perbincangan tentang hal ini semakin hangat di tengah pergempuran masuknya sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa. Akan tetapi, saya juga melihat bahwa pembelajaran saat ini yang masih berpusat pada guru bukan sepenuhnya kesalahan guru yang bersangkutan. Kondisi pendidikan yang sekian lama mengandalkan sistem teacher oriented membuat peserta didik juga menikmatinya. Mohon maaf, bukan bermaksud men-generalisasikan, kondisi tersebut merupakan pengalaman saya kala menmpuh pendidikan dasar dan menengah. Sistem pembelajaran yang saya dapatkan di sekolah pertama kalinya merupakan sistem yang berpusat pada guru. Oleh karenanya ketika masuk SMA, ketika guru memberikan ruang yang lebih luas kepada saya, terkadang saya merasa kesulitan dan kebingungan untuk mengambil langkah

    ReplyDelete
  9. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.
    Sumber dan media pembelajaran dalam tulisan di atas adalah lebih ditekankan untuk menjadi sektor yang paling penting di dalam proses belajar mengajar matematika.Berupa buku, LKS, RPP, dan internet. Kesemuanya itu dapat menjadi bahan informasi guna mengembangkan dan menunjang proses pembelajaran.Namun aset yang tidak kalah pentingnya lagi adalah guru itu sendiri.Bagaimana seorang guru memberi peluang kepada siswa untuk mandiri dalam menemukan dan memecahkan masalah namun tetap dalam koridor bimbingan guru agar siswa tetap terarah di dalam belajar.

    ReplyDelete
  10. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Perencanaan pembelajaran meliputi berbagai macam hal. Salah satu perencanaan yang perlu dirancang oleh guru adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP yang dirancang harus memperhatikan banyak hal pula, diantaranya perbedaan karakteristik siswa, tujuan dari pembelajaran, dan kompetensi yang ingin dicapai. RPP harus disusun dengan sebaik-baiknya sehingga pembelajaran dapat melibatkan siswa secara aktif membangun pengetahuan dari awal pembelajaran hingga pembelajaran selesai. Selain itu juga menciptakan pembelajaran yang dapat melayani kebutuhan siswa sebagai individu yang memiliki kemampuan yang beragam. Upaya tersebut tentu memerlukan kesungguhan dan ketulusan guru untuk dapat membelajarkan siswa.

    ReplyDelete
  11. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingannya, Prof. saya sangat setuju dengan bapak, seorang guru yang profesional seharusnya sudah mempersiapkan perangkat pembelajarannya jauh sebelum pemebelajaran awal semester. Khususnya RPP, karena dengan adanya persiapan guru memiliki pedoman hal-hal apa yang akan dilakukan di kelas. Tetapi pada kenyataanya, sangat sedikit guru yang betul-betul mempersiapkan perangkat tersebut. Bahkan ada beberapa guru yang perangkatnya rampung setelah semester berlalu hanya untuk memenuhi kelengkapan administrasi guru untuk sertifikasi. Semoga kita semua adalah calon-calon pendidik/guru yang profesional. Amin

    ReplyDelete
  12. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terkadang RPP ini membuat mumet para guru, mereka (guru senior) merasa tidak perlu membuat RPP, bagi mereka RPP hanya sebagai pemenuhan kewajiban dalam administrasi sekolah, malah banyak yang membuat RPP karena takut dapet teguran dari kepala sekolah. Padahal dengan menyusun RPP, guru telah lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang dipersyaratkan pada siswa agar siswa mencapai kompetensi tersebut. Guru juga sedini mungkin memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu, penciptaan suasana kelas, maupun upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran

    ReplyDelete
  13. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dibutuhkan persiapan yang matang. Dalam blog ini dejlaskan terdapat dua kategori persiapan, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Keduanya harus sama-sama berjalan beriringan, karena jika hanya salah satu persiapan saja yang dimatangkan akan ada ketidak seimbangan dalam proses pembelajaran. Contohnya dalam persiapan umumnya misalkan persiapan guru sudah matang, tetapi persiapan khususnya belum matang yaitu RPP nya belum sesuai dengan tujuan pembelajarannya, maka kacaulah proses pembelajarannya. Untuk itu, dalam membuat RPP hal yang perlu diperhatikan untuk terus dikembangkan adalah struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media, dan variasi sumber belajaranya. Hal itu semua perlu dilakukan untuk mencapai paradigma yang diharapkan yaitu paradigma pembelajaran matematika yang berorientasi pada siswa, bukan lagi berorientasi pada guru.

    ReplyDelete
  14. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam merencanakan pembelajaran, guru hendaknya memperhatikan kategori utama seperti; Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Kedua kategori tersebut merupakan hal yang fundamental di dalam proses pembelajaran. Banyak guru yang jauh dari kematangan dalam mempersiapkan bahan ajar. Hingga akhirnya, metode ceramah dan pembelajaran yang berupsat kepada guru menjadi satu-satunya pilihan.

    ReplyDelete
  15. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Sebagai guru yang profesional, semestinya mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran. salah satunya adalah RPP.Persiapan umum dan persiapan khusus juga sangat diperlukan. terutama dalam mempersiapkan materi ajar dan media baik itu LKS atau pun alat peraga. metode pengajaran juga seharusnya dikembangkan sesuai dengan tuntutan zaman, juga sesuai dengan materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya Prof. Merancang lesson plan atau RPP serta bahan ajar adalah salah satu kewajiban bagi guru. layaknya prajurit harus menyiapkan senjatanya sebelum ke medan perang, guru juga harus masuk kelas dalam keadaan siap dengan 'senjata'nya. Semoga kita termasuk pendidik yang senantiasa merancang RPP dan menyiapkan bahan ajar tidak atas dasar formalitas semata, melainkan dengan niat membuat pembelajaran dalam kelas dapat berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  17. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Sebelum menghadapi peperangan maka terdapat bekal persenjataan yang dibuthkan agar tidak adaistilah kalah sebelum berperang. Begitu pula dengan saat akan mau mengajar diperlukan persiapan seorang guru sebelum pembelajaran matematika dimulai. Persiapan tersebut dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Tentu saja persiapan ini bukan hanya untuk administai saja namun benar-benar diaplikasikan agar segala rencana yang telah dibuat tersebut dapat lebih bermanfaat karena tersebar kepada orang lain

    ReplyDelete
  18. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.perispan dari mulai kurikulum yang dipakai , metode yang digunakan,media yang digunakan dll untuk keberhasilan pembelajaran matematika didalam kelas, Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013. pembeljaaran yang berpusat pada siswa, membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dan tepat untuk siswa merupakan tugas guru untuk mengenali pembelejaran seperti apa yang disukai oleh siswa sehingga di dalam belajar matematika berada pada suasana yang menyenangkan, sehingga pengetahuan baru pun akan masuk dengan mudah dari pada siswa berada pada kondisi yang tidak senang belajar matematika. perangkat yang baik adalah perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru yang menyesuaikan gaya belajar serta sifat dan sikap siswa nya dalam kelas, sehingga guru merancang yang terbaik untuk kemajuan belajar siswanya.

    ReplyDelete