Feb 12, 2013

To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)




Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika.


Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat pada ersiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Berikut merupakan contoh bagaimana Bapak Faizin (Blora) peserta Sertifikasi Guru jalur pendidikan berusaha mengembangkan RPP dan mencoba mempraktekannya dalam sinopsis pembelajaran matematika (ke persiapan peer teaching) dimana kawan satu kelas berlaku sebagai muridnya. Kompetensi Pembelajaran adalah siswa SMP Kelas IX dapat mencari Volume Kerucut. Indikator: Siswa dapat menemukan Rumus Volume Kerucut.
Tanggapan saya sebagai Dosen/Pembimbing antara lain adalah: Pembelajaran masih bersifat tradisional dengan metode tunggal ekspositori dan beorientasi kepada guru. Semua kalimat dan tindakan pedagogik guru diarahkan untuk mengendalikan kelas agar guru mampu mendeliver ilmunya kepada siswa. Guru belum percaya bahwa siswa mampu melakukan kegiatan matematika secara mandiri. Lks dan skema pembelajaran belum dikembangkan. Siswa masih bersifat pasif dan guru mendominasi kegiatan dan inisiatif. Metode pembelajaran juga masih bersifat transfer of knowledge dimana siswa dianggap sebagai Empty vessel (Tong Kosong). Pembelajaran bersifat directed teaching dan belum memberi kesempatan melakukan aktivitas secara mandiri. Kegiatan siswa bersifat semu karena masih belum riel dan hanya pengandaian.
Saya mengundang Bapak Faizin dan teman-teman yang lain untuk memberikan tanggapannya atas tanggapan yang telah dilakukan dikelas. Saya menunggu tanggapan-tanggapan (Marsigit, 18 Nopember 2008)

90 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam rangka mengiplementasikan program pembelajaran, pengembangan Rencana Program Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu factor yang mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran. Dalam era globalisasi ini, guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Hendaknya, guru dapat mengembangkan RPP(lesson plan) sesuai dengan materi standar dan kompetensi dasarnya yang dikaji dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan kompetensi tersebut, guru harus mampu mengelola proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga dapat mengubah menjadi paradigma pembelajaran yang inovatif. Pengembangan metode ataupun model pembelajaran yang menarik akan mampu meningkatkan dan merangsang siswa untuk membangkitkan keinginan dan minat yang baru terhadap kegiatan belajar, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif.
    Dalam mengembangkan Rencana pembelajarannya guru (1) perlu memahami tingkat kekompleksan materi yang akan dipelajari atau banyaknya informasi yang akan disampaikan; (2) perlu mengetahui tingkat pengetahuan awal siswa yang akan mempelajari materi yang disampaikan; (3)meminimalkan jumlah dari beban kognitif intrinsik dan ekstrinsik; dan (4)memfasilitasi proses yang meningkatkan beban kognitif konstruktif yaitu akuisisi dan konstruksi skema pengetahuan.

    ReplyDelete
  2. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari artikel ini kita dapat mencatat dan mengambil pelajaran bahwa jika kita menjadi seorang pendidik hendaknya bisa membuat RPP (Lesson Plan) yang baik dan benar dan tentunya bisa mengembangkan RPP tersebut. Dengan dikembangkannya RPP tersebut pembelajaran akan lebih terasa memuaskan baik untuk guru maupun untuk siswa dan diharapkan pembelajarannya akan berorientasi pada siswa, mengaktifkan siswanya tidak terpusat pada guru. Hal demikian akan membuat peserta didik senang dan nyaman dalam proses pembelajaran. Sehingga dari sini akan muncul pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hasil yang baik akan dipengaruhi oleh persiapan yang matang. Hal ini berlaku dalam berbagai bidang termasuk dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika, persiapan atau perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan umum berupa teori-teori atau pengetahuan yang harus dikuasai oleh guru sebagai bekal mengajar. Sedangkan persiapan khusus adalah persiapan yang dilakukan untuk mendukung kelangsungan pembelajaran di kelas yang dapat dirasakan secara langsung oleh siswa. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memang benar bahwa dalam memepersiapakan suatu pembelajaran itu ada dua hal yang harus disiapkan, persiapan umum dan persiapan khusus. Yanaga mana kedua persiapan itu memanag harus kita lakukan dengan benar. Persiapan umum seperti Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Dan juga kita tahu bahwa Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.. amka guru yang baik adalah jika membuat bahan ajar dengan kemamapuannya.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pada umumnya keberhasilan suatu program kegiatan yang dilakukan seseorang sangat ditentukan seberapa besar kualitas perencanaan yang dibuatnya. Bagi seorang guru, perlu menyadari bahwa seharusnya proses pembelajaran terjadi secara internal pada diri peserta didik, akibat adanya stimulus luar yang diberikan guru, teman, dan lingkungan. Itulah mengapa seorang guru harus membuat Rancangan Perencanaan Pembelajaran (RPP) yang dapat memgaktifkan siswa agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Seperti contohnya yaitu batas penyampaian materi, cara penyampaian materi hingga bahan ajar yang digunakan. Sehingga pembelajaran akan berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pembelajaran yang masih teacher-centered memang menjadi bencana bagi siswa karena guru memaksakan siswa untuk memahami pemikiran dan cara berpikir guru. Semestinya pembelajaran sudah tidak dengan metode tradisional lagi dimana pembelajaran berjalan satu arah hanya penyampaian informasi dari guru saja. Sebaiknya siswa secara mandiri dan terbimbing diberikan kesempatan untuk menemukan konsep. Hal ini dimulai dengan penyusunan RPP yang mendukung pembelajaran yang student-centered. Apalagi untuk siswa SMP yang tahapan perkembangan kognitifnya sudah masuk operasional formal.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pengembangan RPP untuk PBM matematika khususnya SMP merupakan dasar pijakan dari salah satu tolok ukur keberhasilan dalam PBM. Dengan adanya transformasi RPP menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan sesuai dengan perkembangan jaman dimana anak bisa tahu namun tidak hanya sekedar tahu serta paham meski paham saja tidaklah cukup.

    ReplyDelete
  8. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Salah satu cara untuk merubah paradigma pendidikan dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa ialah dengan memanfaatkan media LKS unutk meningkatkan kemandirian siswa. LKS merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru untuk melakukan perannya sebagi fasilitator. LKS dapat membantu siswa untuk melakukan kegiatan penemuan kembali, sehingga siswa dapat memahami materi matematika dengan lebih baik lagi. LKS harus dikembangkan seinovative mungkin dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang dekat dengan siswa, juga dengan memanfaatkan ICT.

    ReplyDelete
  9. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menjadi guru tidaklah perkara yang mudah, menjadi guru bukan hanya sekedar mengajar saja, melaikan banyak hal yang dipikirkan selain dari proses mengajar. Salah satu misalnya yang paling berat ketika menjadi guru adalah menyiapkan dan mengembangkan RPP sebelum proses PBM di laksanakan didalam kelas. Hal ini sebagai modal dalam kita mengajar dikelas, sebagai panduan dan pedoman dalam mengajar. Sehingga RPP ataupun LKS tidaklah mudah untuk dibuat, jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pembelajaran yang akan dilakukan sebaiknya dirancang terlebih dahulu. Sebagai guru kita dituntut untuk membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum terjun ke kelas. Hal ini dilakukan agar guru melakukan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif. Kita ketahui bahwa dengan persiapan yang matang memungkinkan kegiatan yang kita lakukan akan lebih baik. Karena usaha/proses sangat berpengaruh kepada hasil. Dan hasil tidak akan mengkhianati usaha yang dilakukan.

    ReplyDelete
  11. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Perencanaan / persiapan dalam pembelajaran matematika memang sangat diperlukan. Saat ini telah diterapkan kurikulum 2013 dengan berbasis pendekatan saintifik yang berorientasi pada siswa, sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran oleh guru. Guru haruslah menguasai matematika formal. Sedangkan siswa SMP baru mengenal matematikakonkret dan semi formal. Karena tidak sedikit persepsi bahwa matematika itu sulit maka persepsi tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk membuat matematika yang menyenangkan. Menurut saya, pendekatan kooperatif dapat menjadi pilihan awal untuk mulai mengaktifkan peserta didik, sehingga peserta didik juga berperan serta dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, ada banyak modelnya. Selanjutnya guru harus membuat LKS yang dapat membimbing peserta didik untuk mengkonstruksi ilmunya, dengan menerapkan pendekatan kontekstual atau problem solving dalam LKS. LKS dibuat beberapa macam untuk memfasilitasi siswa yang cerdas, sedang, dan lemah.

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh karenanya guru harus kreatif dan inovatif juga dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang kreatif dan inovatif termasuk RPP yang kreatif dan inovatif. RPP ini harus mampu untuk membuat siswa SMP mengkonstruk pengetahuannya sendiri, karena siswa SMP juga belum mampu berpikir matematika secara abstrak.

    ReplyDelete
  13. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai uraian di atas, jika akan melakukan sesuatu hendaknya perlu ada persiapan dan perencanaan agar prosesnya lebih terarah dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Begitu juga dalam proses pembelajaran yang dihadapkan pada keanekaragaman kondisi siswa. Maka, sebelum melakukan pembelajaran hendaknya guru membentuk perencanaan pembelajaran yaitu dalam bentuk RPP (Lesson Plan). Baik guru maupun siswa dapat mengetahui dengan pasti tujuan yang hendak dicapai dan cara mencapainya.

    ReplyDelete
  14. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kemampuan membentuk rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang guru. Di dalam rencana pembelajaran ini memuat kompetensi dasar yang akan dimiliki oleh siswa, apa yang harus dilakukan, apa yang dipelajari, bagaimana mempelajarinya, serta bagaimana guru mengetahui bahwa siswa dapat menguasai kompetensi tertentu. Selain itu, guru juga diharapkan mampu membuat LKS sendiri yang disesuaikan dengan kondisi siswanya.

    ReplyDelete
  15. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Oleh karena itu, dengan berpedoman RPP ini guru akan dapat mengajar dengan sistematis, tanpa keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya. RPP ini akan membantu guru dalam mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    RPP sangat membantu guru dalam kegiatan mengajar, karena dengan adanya RPP ini, guru akan mempunyai gambaran tentang apa yang akan ia lakukan atau sampaikan di pertemuan yang akan datang. Metode pembelajaran, sumber belajar, alat dan media pembelajaran, semua itu tercover dalam RPP dengan harapan guru dapat merencanakan metode yang inovatif yang sesuai dengan karakteristik banyak siswa

    ReplyDelete
  17. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) adalah merupakan acuan / panduan maupun skenario bagi seorang guru mengajar di dalam kelas. Guru yang baik adalah guru yang mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum ia mengajar. RPP ini berfungsi untuk lebih mempermudah dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terarah. Sehingga apa yang menjadi tujuan dalam proses pembelajaran tercapai. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan guru kurang mempersiapkan rancangan pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran banyak yang tidak tercapai. Jadi kesadaran guru masih sangat perlu untuk ditingkatkan sehingga guru bisa kreatif dalam pengembangan RPP.

    ReplyDelete
  18. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak Prof atas ilmunya mengenai persiapan pembelajaran matematika, semoga kami dapat menerapkannya dalam pengalaman kami dan membuat perbaikan dalam menyusun pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  19. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan pembelajaran matemarika dibedakan menjadi 2, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian, teori tentang pembelajaran inovatif beserta implementasinya, dengan melihat hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika

    ReplyDelete
  20. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan khusus pembelajaran matematika meliputi persiapan pembelajaran di kelas, berkaitan dengan analisis kurikulum dan pada akhirnya menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dalam persiapan khusus diperlukan skema, antara lain struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media atau alat bantu pembelajaran, dan variasi sumber belajar

    ReplyDelete
  21. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan pembelajaran matematika sangat mempengaruhi pembelajaran yang akan dilaksanakan, apakah masih menerapkan pembelajaran teacher centered atau sudah menggeser paradigma menjadi pembelajaran student centered. Oleh karenanya, guru benar-benar mempersiapkan pembelajaran matematika dengan matang, dan sesuai dengan kedua persiapan pembelajaran matematika seperti yang disebutkan di postingan atas.

    ReplyDelete
  22. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Di Indonesia, pendidik bisa mengajar tanpa RPP. Hal tersebut adalah yang saya dapatkan setelah perkuliahan dengan Prof Marsigit yang saya hormati pada hari ini (2 juni 2017, jam 8), maaf jikalau komen saya kurang berkenan. menurut saya persiapan pendidik untuk pembelajaran harus serinci mungkin sesuai dengan sintaks pembelajaran. Tanpa persiapan matang yang tertuang dalam RPP, pembelajaran yang dilaksanakan diyakini kurang berhasil karena persiapan yang kurang. Berdasarkan kuliah hari ini, saya mendapat pengetahuan bahwa diluar negeri, RPP sangat diperhatikan sintaksnya agar pembelajaran dapat berhasil sepenuhnya.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Perubahan sistem pembelajaran dari klasikal menjadi post modern seperti sekarang menuntut kemampuan guru yang multi dimensi. Selain bisa mengajarkan materi guru juga dituntut untuk bisa membuat RPP dan media pembelajaran. Hal ini seharusnya bukan merupakan masalah bagi guru, karena guru mengajar memang sebetulnya memerlukan komponen tersebut. Permasalahan yang biasa muncul dilapangan adalah karena ada tuntutan terkait format dan metode yang harus digunakan. Sehingga membuat guru merasa tidak bebas, dan bukan merupakan gaya nya mengajar, bahkan bukan cara siswa belajar di tempat tersebut. Kemudian terkait dengan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sebuah karya yang tidak bisa dibuat sembarangan, karena ditujukan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini juga menjadi kendala, karena guru latar belakangnya kurang memiliki kreativitas dan pengetahuan dalam membuat produk.

    ReplyDelete
  24. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Yang pertama, menyusun RPP yang baik itu dalam struktur penulisannya minimal sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan di permendikbud. Yang kedua, dalam menyusun RPP harus mengetahui keluesan dari materi yang akn diajarkan sehingga tidak kurang atau lebih dari KD yang ditetapkan permendikbud. Syukur-syukur tahu lebihnya dimana sehingga hal tersebut dapat menjadi pengayaan untuk siswa yang tidak remedial. Yang ketiga, setelah mengetahui keluwesan materi ialah memilih metode pembelajaran yang akan ditetapkan sesai dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Yang ketiga, setelah menetukan metode yang digunakan masuk kebagian rencana eksekusi pembelajaran mulai dari pembukaan, inti, penutup. Pembukaan beru motivasi dan apresepsi yang mangakomodasi siswa untuk merecall pengetahuan mereka sehingga membantu pembelajaran di kegiatan inti, dan seterusnya. Yang empat, menyiapkan instrument untuk menilai hasil pembelajaran yang dilakukan. Serta yang terakhir, yang sering dilupakan adalah menyiapkan strategi untuk siswa yang mengikuti remedial dan pengayaan. Tambahan dalam penyusuanan alat peraga dan media pembelajaran diusahakan yang praktis serta mencantumkannya dalam RPP berupa deskrisi dan cara penggunaannya agar dapat menjadikan rujukan pendidik lain.

    ReplyDelete

  25. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mata kuliah persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.
    Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.
    Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013.
    Sementara saya menemukan dari jurusan lain di fakultas lain, pengenalan dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran ini masih sangat minim.
    Dalam mata kuliah yang diajarkan pada semseter 4 dan 5, mahasiswa mempelajari pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013.
    Maka dalam program sertifikasi guru, alangkah lebih baik jika mata kuliah mengenai persiapan pembelajaran ini juga diajarkan kembali agar informasi yang diperoleh guru lebih up to date sesuai dengan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  26. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Program sertifikasi guru yang digalakkan oleh pemerintah, selain untuk meningkatkan kesejahteraan guru juga sebagai motivasi bagi guru untuk melakukan pengembangan pembelajaran yang lebih inovatif lagi. Setelah menerima sertifikasi, guru dituntut untuk lebih mengembangkan kemampuan dan skill nya dalam mengimplementasikan pembelajaran di kelas. Guru dituntut untuk mampu menguasai beragam media informasi yang mampu menunjang pembelajaran yang inovatif. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa guru kencing berdiri dan murid kencing berlari, dalam hal ini guru harus menjadi teladan yang baik siswa-siswanya, guru harus memmberikan contoh yang positif terhadap perkembangan karakter siswa itu sendiri melalui interaksi di dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  27. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Suatu pembelajaran selalu dimulai dengan tahap persiapan, baik itu dari guru atau dari murid. Guru akan mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan siswa juga harus mempersiapkan diri dengan materi baru yang akan dia pelajari. Dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru harus bisa menentukan terlebih dahulu komponen-komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan RPP. Tidak bisa hanya membuat seadanya dan sebutuhnya saja.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  28. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dalam tulisan tersebut saya menemukan kalimat yang menyatakan bahwa sumber belajar yang terbaik adalah yang dibuat oleh guru sendiri. Saya setuju dengan pendapat ini, karena guru adalah orang yang mengenal dan memahami murid-muridnya sehingga jika sumber belajar dibuat langsung oleh guru maka guru dapat menentukan materi apa saja yang dibutuhkan siswa juga mengenali karakter siswa seingga pengembangan sumber belajar dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  29. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Salah satu pembelajarab yang dinilai adalah pembelajaran yang dikakukan oleh Bapak Faizin. Salah satu kendala dalam pembelajaran yang dilakukan adalah pak faizin kurang percaya bahwa siswa mampu melakukan praktik secara mandiri untuk mencari pengetahuan. Hal semacam ini sebenarnya kerap terjadi di kalangan guru. Dengan adanya ketidakpercayaan ini maka guru akan cenderung terlalu mengawasi siswa sehingga siswa menjadi tidak optimal kemandiriannya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan persiapan, seorang guru hendaknya dapat mengelola pembelajaran di kelas dengan baik. Sebelum seorang guru melakukan proses pembelajaran, sebaiknya guru harus membuat rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Selain itu, RPP dapat dijadikan acuan bagi guru dalam penyampaian materi, penggunakan media yang sesuai, membuat bahan ajar atau LKS. Tidak hanya memberikan materi dengan metode ceramah saja namun guru dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif, yaitu dimana siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Persiapan umum dan persiapan khusus diharapkan dapat membantu mengubah paradigma lama menjadi pradigma baru, yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  32. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Mengembangkan RPP untuk pembelajaran matematika yang inovatif harus memerhatikan skema pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran, lembar kerja siswa yang menuntun siswa dalam membangun konsep matematika dan juga mengasah keterampilan bermatematika siswa, konsep pembelajaran matematika yang digunakan menggunakan konteks dunia nyata (real world) atau masalah yang dapat dibayangkan oleh siswa.

    ReplyDelete
  33. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Mungkin bukan hanya Bapak F yang melakukan hal tersebut, masih banyak di luar sana yang masih seperti itu, termasuk juga saya. Astaghfirullah. Kebanyakan guru hanya mengejar sertifikasi. Namun dari hasil data bank dunia bahwa sertifikasi tidak mendorong secara signifikan kualitas guru dalam mengajar. Ini merupakan PR besar bagi kita semua. Tetaplah belajar dan terus belajar agar kita menjadi guru yang baik. Aamiin.

    ReplyDelete
  34. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Persiapan dan perencaanaan pembelajaran tentulah sangat penting untuk dilakukan oleh seorang guru. Persiapan-persiapan yang dilakukan oleh guru dapat dibedakan menjadai 2 yakni persiapan umum dan persiapan khusus. Keduanya, baik persiapan umum maupun persiapan khusus sesungguhnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengubah paradigma dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Usaha-usaha yang dilakukan dalam mengubah paradigma ini tentu tudak lah mudah. Apalagi dengan agenda-agenda yang dicanangkan dalam pembelajaran berbasis atau berpusat pada siswa ini, menuntut kreatifitas dan kegigihan guru untuk senantiasa melakukan berbegai pembaharuan dalam pembelajaran. Sehingga pembeljaran yang dilakukan menjadi bervariatif dan tidak monoton.

    ReplyDelete
  35. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Sependapat dengan penjelasan yang Pak Prof. sampaikan bahwa sebelum pembelajaran berlangsung, seorang guru hendaknya melakukan perencanaan suatu pembelajaran dimana hal ini merupakan bagian terpenting yang harus diperhatikan. Dengan adanya persiapan yang dilakukan oleh guru, baik itu persiapan umum maupun persiapan khusus, diharapkan perlahan mampu menggeser “tradisi” pembelajaran yang berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berpusat kepada siswa.
    Maka untuk mewujudkannya salah satu langkah yang harus dilakukan guru adalah dengan merancang RPP (lesson plan) sebaik dan seinovatif mungkin, untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang diinginkan. Selain itu, guru juga dituntut mampu merancang media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran, seperti penggunaan LKS, teknologi (ict), dsb.

    ReplyDelete
  36. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dalam peraturan menteri sebenarnya sudah ditekankan bahwa dalam proses pembelajaran harus diawali dengan menyusun suatu rencana pembelajaran (lesson plan) yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Akan tetapi pada kenyataannya guru membuat RPP hanya sebagai syarat administrasi saja. Beberapa guru bahkan hanya mencari RPP di internet dan hanya mengganti identitasnya saja, dan tentu saja dalam proses pembelajaran tidak berdasarkan RPP tersebut. Padahal seharusnya RPP dibuat berdasarkan kondisi sosial siswa, kondisi sekolah, kondisi kelas, tujuan pembelajarannya, sehingga rencana pembelajaran yang dibuat benar-benar sesuai dengan ruang dan waktu bagi guru dan siswa tersebut, harapannya pembelajaran dapat mencapai tujuan dengan optimal.

    ReplyDelete
  37. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas ulasan di atas
    Ulasan di atas memberikan pengetahuan bagi saya tentang bagaimana seorang guru seharusnya bertindak sebagai strategi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui ulasan di atas juga saya melihat satu realita pendidikan yang masih menjadi isu hangat hingga saat ini yang dinukilkan pada ulasan di atas, yaitu adanya sistem pembelajaran yang berpusat pada guru. Saya rasa isu ataupun perbincangan tentang hal ini semakin hangat di tengah pergempuran masuknya sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa. Akan tetapi, saya juga melihat bahwa pembelajaran saat ini yang masih berpusat pada guru bukan sepenuhnya kesalahan guru yang bersangkutan. Kondisi pendidikan yang sekian lama mengandalkan sistem teacher oriented membuat peserta didik juga menikmatinya. Mohon maaf, bukan bermaksud men-generalisasikan, kondisi tersebut merupakan pengalaman saya kala menmpuh pendidikan dasar dan menengah. Sistem pembelajaran yang saya dapatkan di sekolah pertama kalinya merupakan sistem yang berpusat pada guru. Oleh karenanya ketika masuk SMA, ketika guru memberikan ruang yang lebih luas kepada saya, terkadang saya merasa kesulitan dan kebingungan untuk mengambil langkah

    ReplyDelete
  38. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.
    Sumber dan media pembelajaran dalam tulisan di atas adalah lebih ditekankan untuk menjadi sektor yang paling penting di dalam proses belajar mengajar matematika.Berupa buku, LKS, RPP, dan internet. Kesemuanya itu dapat menjadi bahan informasi guna mengembangkan dan menunjang proses pembelajaran.Namun aset yang tidak kalah pentingnya lagi adalah guru itu sendiri.Bagaimana seorang guru memberi peluang kepada siswa untuk mandiri dalam menemukan dan memecahkan masalah namun tetap dalam koridor bimbingan guru agar siswa tetap terarah di dalam belajar.

    ReplyDelete
  39. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Perencanaan pembelajaran meliputi berbagai macam hal. Salah satu perencanaan yang perlu dirancang oleh guru adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP yang dirancang harus memperhatikan banyak hal pula, diantaranya perbedaan karakteristik siswa, tujuan dari pembelajaran, dan kompetensi yang ingin dicapai. RPP harus disusun dengan sebaik-baiknya sehingga pembelajaran dapat melibatkan siswa secara aktif membangun pengetahuan dari awal pembelajaran hingga pembelajaran selesai. Selain itu juga menciptakan pembelajaran yang dapat melayani kebutuhan siswa sebagai individu yang memiliki kemampuan yang beragam. Upaya tersebut tentu memerlukan kesungguhan dan ketulusan guru untuk dapat membelajarkan siswa.

    ReplyDelete
  40. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingannya, Prof. saya sangat setuju dengan bapak, seorang guru yang profesional seharusnya sudah mempersiapkan perangkat pembelajarannya jauh sebelum pemebelajaran awal semester. Khususnya RPP, karena dengan adanya persiapan guru memiliki pedoman hal-hal apa yang akan dilakukan di kelas. Tetapi pada kenyataanya, sangat sedikit guru yang betul-betul mempersiapkan perangkat tersebut. Bahkan ada beberapa guru yang perangkatnya rampung setelah semester berlalu hanya untuk memenuhi kelengkapan administrasi guru untuk sertifikasi. Semoga kita semua adalah calon-calon pendidik/guru yang profesional. Amin

    ReplyDelete
  41. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terkadang RPP ini membuat mumet para guru, mereka (guru senior) merasa tidak perlu membuat RPP, bagi mereka RPP hanya sebagai pemenuhan kewajiban dalam administrasi sekolah, malah banyak yang membuat RPP karena takut dapet teguran dari kepala sekolah. Padahal dengan menyusun RPP, guru telah lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang dipersyaratkan pada siswa agar siswa mencapai kompetensi tersebut. Guru juga sedini mungkin memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu, penciptaan suasana kelas, maupun upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran

    ReplyDelete
  42. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dibutuhkan persiapan yang matang. Dalam blog ini dejlaskan terdapat dua kategori persiapan, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Keduanya harus sama-sama berjalan beriringan, karena jika hanya salah satu persiapan saja yang dimatangkan akan ada ketidak seimbangan dalam proses pembelajaran. Contohnya dalam persiapan umumnya misalkan persiapan guru sudah matang, tetapi persiapan khususnya belum matang yaitu RPP nya belum sesuai dengan tujuan pembelajarannya, maka kacaulah proses pembelajarannya. Untuk itu, dalam membuat RPP hal yang perlu diperhatikan untuk terus dikembangkan adalah struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media, dan variasi sumber belajaranya. Hal itu semua perlu dilakukan untuk mencapai paradigma yang diharapkan yaitu paradigma pembelajaran matematika yang berorientasi pada siswa, bukan lagi berorientasi pada guru.

    ReplyDelete
  43. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam merencanakan pembelajaran, guru hendaknya memperhatikan kategori utama seperti; Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Kedua kategori tersebut merupakan hal yang fundamental di dalam proses pembelajaran. Banyak guru yang jauh dari kematangan dalam mempersiapkan bahan ajar. Hingga akhirnya, metode ceramah dan pembelajaran yang berupsat kepada guru menjadi satu-satunya pilihan.

    ReplyDelete
  44. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Sebagai guru yang profesional, semestinya mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran. salah satunya adalah RPP.Persiapan umum dan persiapan khusus juga sangat diperlukan. terutama dalam mempersiapkan materi ajar dan media baik itu LKS atau pun alat peraga. metode pengajaran juga seharusnya dikembangkan sesuai dengan tuntutan zaman, juga sesuai dengan materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  45. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya Prof. Merancang lesson plan atau RPP serta bahan ajar adalah salah satu kewajiban bagi guru. layaknya prajurit harus menyiapkan senjatanya sebelum ke medan perang, guru juga harus masuk kelas dalam keadaan siap dengan 'senjata'nya. Semoga kita termasuk pendidik yang senantiasa merancang RPP dan menyiapkan bahan ajar tidak atas dasar formalitas semata, melainkan dengan niat membuat pembelajaran dalam kelas dapat berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  46. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Sebelum menghadapi peperangan maka terdapat bekal persenjataan yang dibuthkan agar tidak adaistilah kalah sebelum berperang. Begitu pula dengan saat akan mau mengajar diperlukan persiapan seorang guru sebelum pembelajaran matematika dimulai. Persiapan tersebut dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Tentu saja persiapan ini bukan hanya untuk administai saja namun benar-benar diaplikasikan agar segala rencana yang telah dibuat tersebut dapat lebih bermanfaat karena tersebar kepada orang lain

    ReplyDelete
  47. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.perispan dari mulai kurikulum yang dipakai , metode yang digunakan,media yang digunakan dll untuk keberhasilan pembelajaran matematika didalam kelas, Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013. pembeljaaran yang berpusat pada siswa, membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dan tepat untuk siswa merupakan tugas guru untuk mengenali pembelejaran seperti apa yang disukai oleh siswa sehingga di dalam belajar matematika berada pada suasana yang menyenangkan, sehingga pengetahuan baru pun akan masuk dengan mudah dari pada siswa berada pada kondisi yang tidak senang belajar matematika. perangkat yang baik adalah perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru yang menyesuaikan gaya belajar serta sifat dan sikap siswa nya dalam kelas, sehingga guru merancang yang terbaik untuk kemajuan belajar siswanya.

    ReplyDelete
  48. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Dalam mengembangkan RPP, seorang guru perlu memiliki bekal dengan menguasai banyak metode pembelajaran. Dengan menguasai banyak metode pembelajaran, guru bisa memilih metode pembelajaran apa yang tepat untuk digunakan. Dengan seperti itu, pembelajaran-pembelajaran akan menjadi lebih variatif, serta mengantisipasi adanya pembelajaran yang hanya terpusat pada guru.

    ReplyDelete
  49. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Segala sesuatu itu tergantung substansi apa yang dibawa pada suatu program. Dalam hal ini program sertifikasi guru sangat baik karena telah mengupayakan bagaimana membuat perangkat pembelajaran itu yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang ada. Sehingga inovasi juga disini sangat diperlukan. Bagaimana perangkat pembelajaran itu dapat mengaktifkan siswa. Kemudian terpenting pula sebagai calon guru untuk memepelajarinya tanpa menunggu sudah menjadi guru atau melewati program tertentu.

    ReplyDelete
  50. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    RPP merupakan bentuk formal dari sebuah perencanaan belajar yang dilakukan oleh seorang guru. RPP juga merupakan bentuk kesiapan seorang guru dalam mengajar. RPP disusun agar tergambar proses pembelajaran yang dilakukan guru dari awal pembelajaran hingga akhir. Seperti yang dijelaskan pada tulisan di atas bahwa RPP yang baik adalah RPP yang proses pembelajarannya berpusat pada siswa. Dengan demikian, telah tergambar bahwa guru sudah berusaha untuk mempersiapaan pembelajaran baik persiapan umum maupun khusus dan mendandakan bahwa guru telah merencanakan proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  51. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Segala sesuatu yang dipersiapkan dengan baik, insya allah akan menghasilkan yang baik pula. Begitupula dengan menyiapkan rencana pembelajaran bagi guru, dengan adanya persiapan maka pelaksaan pembelajaran akan lebih terstruktur. Perangkat pembelajaran yang dipersiapkanpun harus benar-benar dipikirkan oleh guru baik dari segi RPP, media pendukung yang akan digunakan, maupun model atau strategi yang akan diterapkan dalam pembelajaran dengan pertimbangan bahwa semua itu dapat memfasilitasi siswa untuk aktif membangun pengetahuan mereka.

    ReplyDelete
  52. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Memang mengubah cara mengajar itu sulit, tetapi bisa dilakukan dengan perlahan. Sebab cara mengajar guru sebagai center sudah diterapkan dari jaman dulu sehingga untuk mengubahnya cukup sulit karna sudah melekat. Guru perlu memiliki ketrampilan dan usaha untuk merubah cara mengajar. Selain itu, guru perlu kreatif dalam membuat bahan ajar agar mampu menimbulkan keingintahuan siswa dan membuat siswa menjadi mau untuk berfikir kritis. Pada akhirnya semua bergantung pada guru yang mau merubah cara mengajar demi kebaikan siswa.

    ReplyDelete
  53. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dalam pembelajaran dibutuhkan persiapan yang matang, khususnya untuk guru. Pendidikan yang optimal mebutuhkan persiapan yang optimal pula, disinialh perlu dilakukannya pengembangan RPP. Menurut saya RPPmerupakan bagian yang sangat penting bagi pembelajaran, tetapi RPP belum dikembangkan secara optimal. Sehingga untuk saat ini RPP malah lebih banyak menyulitkan guru dibandingkan dengan manfaatnya. Menurut saya hal tersebut dikarenakan adanya batasan-batasan dalam mebuat RPP, kurang praktisnya RPP, keambiguan fungsi dan bentuk dari RPP, kekakuan RPP. Menurut saya dalam pembuatan RPP harusnya lebih mengedepankan kejujuran dan kebebasan seorang guru. RPP harusnya fleksibel, sederhana, mengacu pada seperti apa pembelajaran yang akan terjadi, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan guru. Yang saya lihat hingga saat ini RPP terlalu kaku sehingga guru tidak tahu yang namany merancang pembelajaran sendiri, dan RPP cukup sebagai formalitas yang dapat didownload kapan saja.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  54. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam mengembangkan RPP yang baik, menurut saya adalah dengan memperhatikan tiga hal yaitu mengenai Teknologi, Masalah sehari-hari, memperkuat ketakwaan mereka. Hal ini menurut saya harus ada karena dari KI dan KD pada kurikulum sekarang menonjolkan ketiga hal tersebut. namun, kebanyakan guru masih kurang mengintegrasikan antara ilmu umum dan agama. Padahal hal inilah yang akan membuat ketakwaan mereka semakin bertambah. Selain itu, teknologi juga kurang diperhatikan. Kebanyakan pembelajaran hanya dilakukan secara tradisional. Teknologi kurang begitu berperan, khususnya bagi guru-guru senior.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  55. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Sumber belajar yang sangat bervariasi biasanya meningkatkan minat belajar siswa. Tugas-tugas belajar yang tidak biasa juga akan menarik perhatian siswa sehingga siswa tidak cuek dalam belajar. Siswa yang duduk di bangku SMP adalah siswa yang dalam masa pertumbuhan aktif sebagai transisi dari masa anak-anak menuju kedewasaan. Dalam tahap perkembangan yang aktif, siswa harus difasilitasi dengan desain pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat belajarnya. SMP juga merupakan waktu transisi tingkat berpikir siswa dari aritmetike menjadi aljabat. Berdasarkan penelitian, banyak siswa yang mulai "alergi" dengan matematika sejak mengenal x dan y atau mulai diarahkan untuk berpikir aljabar. Siswa yang terbiasa dengan aritmetika akan kesulitan berpikir aljabar jika pembelajaran yang diterapkan tidak tepat. Selain desain pembelajaran, penggunaan media atau teknologi yang up to date tentu akan menambah nilai proses pembelarjan di mata siswa.

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Mengembangkan RPP menyesuaikan kurikulum yang dipakai. Disesuaikan dengan karakteristik/kebutuhan siswa. Selain RPP diperlukan pula kemampuan guru dalam mengajar secara langsung. Dalam RPP dijelaskan langkah-langkah pembelajaran secara detail. Selain tersebut di atas, pengembangan RPP pun perlu mengikuti perkembangan teknologi.

    ReplyDelete
  58. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam pembelajaran RPP atau lesson plan sangatlah penting. RPP merupakan acuan dan persiapan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Persiapan tersebut meliputi dua macan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Pada persiapan khusus inilah yang menghasilkan RPP (lesson plan) dan didalam RPP tersebut terdapat suatu rangkaian acuan yang akan digunakan ketika pembelajaran, yaitu mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Untuk itu sebagai guru hendaknya bisa membuat RPP (Lesson Plan) yang baik dan benar dan tentunya bisa mengembangkan RPP tersebut. Hal demikian akan membuat peserta didik senang dan nyaman dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  59. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Aktivitas atau tahap kegiatan dalam RPP seharusnya mengarahkan agar siswa mampu belajar secara mandiri. Siswa tidak lagi dicekoki materi-materi yang seluruhnya berasal dari guru. Pembelajaran matematika sudah tidak selayaknya menggunakan pendekatan tradisional (directed teaching) yang menganggap siswa tidak tahu apa-apa atau tong kosong. Biarkanlah siswa untuk mengkontruksi pengetahuannya secara mandiri, guru hanya berperan sebagai fasilitator semata.

    ReplyDelete
  60. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dalam rangka mengiplementasikan program pembelajaran, pengembangan Rencana Program Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu faktor yang mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran. Dalam era globalisasi ini, guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama.

    ReplyDelete
  61. Untuk mengembangkan RPP yang baik perlu memperhatikan hal-hal berikut : Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT).

    ReplyDelete
  62. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Persiapan sebelum melakukan pembelajaran di dalam kelas itu adalah bagian penting yang harus dilakukan guru. Salah satunya guru dapat membuat RPP yang dapat dijadikan pedoman mengenai apa saja yang akan guru lakukan di kelas. Saat membuat RPP guru terlebih dahulu harus menganalisis kebutuhan siswa di kelas, setelah itu guru baru dapat menyusun langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan ini. Dalam proses ini, guru harus kreatif dan inovatif dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran. Jangan sampai pembelajaran yang nantinya di kelas hanya pembelajaran yang monoton dan berpusat pada guru sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak dapat terpenuhi. Terimakasih

    ReplyDelete
  63. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Lesson Plan merupakan salah satu perangkat yang paling berpengaruh dalam pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. Lesson Plan yang berisis tentang rencana-rencana pengajaran seperti Kompetensi Inti, Dasar, Indikator yang akan dicapai, langkah-langkah, material yang digunakan sudah dirancang sebelum pembelajaran selain itu juga terdapat alokasi waktu yang dapat digunakan guru untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan. Lesson plan juga yang dapat menunjukkan apakah pembelajran guru masih tradisional atau sudah student center. Apabila lesson plan sudah dirancang dengan baik, maka guru dapat melaksanakan sesuai dengan rencana yang telah dirancang agar harapan dan tujuan dalam lesoon plan dapat terwujud bukan sekedar rencana.

    ReplyDelete
  64. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Sebagai seorang guru hendaknya bisa membuat RPP yang baik dan benar dan tentunya bisa mengembangkan RPP tersebut. Karena RPP digunakan sebagai paduan atau acuan dalam proses belajar mengajar. Dengan dikembangkannya RPP tersebut pembelajaran akan lebih terasa memuaskan baik untuk guru maupun untuk siswa dan diharapkan pembelajarannya akan berorientasi pada siswa, mengaktifkan siswanya tidak terpusat pada guru. Hal demikian akan membuat peserta didik senang dan nyaman dalam proses pembelajaran

    ReplyDelete
  65. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya akan mencoba memberi tanggapan mengenai persiapan pembelajaran matematika diluar perkuliahan tersebut. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa persiapan pembelajaran matematika penting dalam pelaksanaan mengajar karena mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar itu sendiri. Salah satu persiapan yang menjadi perhatian saya ialah tentang bagaimana guru menentukan dan merencanakan model pembelajaran. Yang saya lihat di sekolah-sekolah terutama sekolah yang tida terlalu tinggi gradenya, sebagian besar guru hanya menggunakan satu model pembelajaran dan itu diterapkan kapanpun kepada kelas manapun. Model pembelajarn yang menjadi favorit para guru ini ialah model pembelajaran klasikal atau ceramah oleh guru di depan kelas. Padahal tida semua siswa cocok menggunakan metode tersebut. Selain itu dapat menimbulkan lebosanan bai siswa dalam mengikuti pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  66. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Sebagai seorang guru maupun calon guru kita harus berusaha untuk mempersiapkan pembelajaran sebaik mungkin. Dalam pempersiapkan pembelajaran tersebut terdapat persiapan umum dan persiapan khusu. Persiapan umum ialah tentang memahami pembelajaran matematika secara umum yaitu tentang hakekat pembelajaran matematika, hakekat siswa belajar matematika, metode-metode pembelajaran, dan hal-hal umum lainnya. Sedangkan persiapan khusus adalah tentang bagaimana kita memahami isi kurikulum dengan baik sehingga akhirnya menghasilkan RPP. Persiapan baik secara umum dan khusus ini perlu kita lakukan dengan sebaik mungkin agar pembelajaran juga dapat terlaksana dengan maksimal.

    ReplyDelete
  67. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Lesson plan sangat membantu guru dalam kegiatan mengajar, karena dengan adanya RPP, guru akan mempunyai gambaran tentang apa yang akan ia lakukan atau sampaikan di pertemuan yang akan datang. Metode pembelajaran, sumber belajar, alat dan media pembelajaran, semua itu tercover dalam lesson plan dengan harapan guru dapat merencanakan metode yang inovatif yang sesuai dengan karakteristik banyak siswa. Guru juga diharapkan mampu membuat dan mengembangkan LKS-nya sendiri sebagai media belajar bagi para muridnya. Selain itu, dalam era globalisasi ini, guru dapat memanfaatkan ICT sebagai sumber belajar siswa agar sumber belajarnya beragam tidak hanya dari buku saja. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan mengajar guru harus membuat lesson plan terlebih dahulu agar dalam praktiknya guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete

  68. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Mengubah paradigma yang sudah telalu lama berjalan memang membutuhkan proses yang tidak singkat. Termasuk dalam hal mengubah paradigma guru untuk menyiapkan pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru dan beralih kepada berpusat pada siswa. Pengalaman-pengalaman untuk membangun intuisi kelas yang berpusat pada siswa sangat diperlukan, karena dengan begitu guru akan memahami dan menemukan metode dan pendekatan mana yang tepat untuk memfasilitasi pembelajaran bagi murid-uridnya hingga menjadi siswa yang terampil dan mampu berpikir kritis.

    ReplyDelete
  69. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Salah satu cara untuk merubah paradigma pendidikan dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa ialah dengan memanfaatkan media LKS unutk meningkatkan kemandirian siswa. LKS merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru untuk melakukan perannya sebagi fasilitator. LKS dapat membantu siswa untuk melakukan kegiatan penemuan kembali, sehingga siswa dapat memahami materi matematika dengan lebih baik lagi. LKS harus dikembangkan seinovative mungkin dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang dekat dengan siswa, juga dengan memanfaatkan ICT.

    ReplyDelete
  70. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Persiapan umum dan persiapan khusus bagi guru yang melakukan sertifikasi dirasa sudah maksimal dan pembekalannya. Jika masih ada temuan dilapamngan bahwa proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, maka hal yang perlu di evaluasi adalah bagaimana guru menerapkan pembekalan yang telah diperolehnya dan bagaimana guru mengembangkan kekreativitasannya dalam menyusun aktivitas siswa dan media pembelajaran. Memang hal ini tidak mudah, namun sudah menjadi keharusan bagi guru melakukannya sebagai salah satu cara memberikan fasilitas bagi siswa. Terima Kasih

    ReplyDelete
  71. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pembelajaran matematika di sekolah menegah pertama perlu persiapan terlebih dahulu. Guru perlu mempersiapkan persiapan yang meliputi persiapan umum dan khusus. Semua persiapan guru tersebut harus dilakukan dengan mantab. Seperti penggunaan media pembelajran yang meliputi penggunaan buku, teknologi dan internet mampu mempermudah siswa dalam memperlajari matematika.

    ReplyDelete
  72. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Segala sesuatu yang telah direncanakan pasti akan menuai hasil yang lebih memuaskan dibandingkan dengan hal yang berjalan tanpa perencanaan. Begitu pula dalam pembelajaran, perencanaan pembelajaran/lesson study atau yang familiar disebut dengan RPP, merupakan instrument yang sangat penting untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar. RPP memiliki skema yang perlu dikembangkan oleh seorang guru, yaitu Struktur Pembelajaran ,Skema Pencapaian Kompetensi, Skema Interaksi, Skema Variasi Metode dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran dan Variasi Sumber Belajar. Dengan begitu diharapkan seorang guru akan kreatif dan inovatif dalam mengembangkan RPP, kemudian melaksanakannya dengan optimal. Harapannya agar paradigma lama mengenai pembelajaran yang berorientasi pada guru akan berubah menjadi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik.

    ReplyDelete
  73. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    RPP perlu dikembangkan sebaik-baiknya agar suatu pembelajaran dapat sukses. Dalam memilih metode pembalajaran yang akan digunakan guru sebaiknya mempertimbangkan kesesuaian dengan meteri serta kemampuan siswa. Paradigma pembelajran saat ini adalah paradigma pembelajaran konstruktivisme dimana siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan mereka sementara guru bertindak sebagai fasilitator. Oleh karena itu RPP yang dikembangkan dan dilaksanakan pun harus sesuai dengan paradigma tersebut yaitu guru memberikan kesempatan kepada siswa, guru tidak boleh menutupi sifat siswa-siswanya

    ReplyDelete
  74. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Sebelum melakukan pembelajaran di kelas, guru memang harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Guru harus bekerja keras mempersiapkan materi ajar untuk proses belajar mengajar yang mereka lakukan di kelas dan guru harus memikirkan bagaiman bila ada murid yang membutuhkan intervensi dan motivasi belajar. RPP yang dibuat guru juga perlu dipersiapkan sebaik-baiknya dan sesuai kebutuhan belajar. Setelah selesai proses pembelajarannya, dilakukan evaluasi untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  75. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Merancang RPP yang benar-benar mampu membuat siswa mampu membangun pengetahuannya sendiri bukanlah hal yang mudah. Hal itu memerlukan kreativitas dari guru itu sendiri, karena RPP yang sudah bertebaran dimans-mana belum tentu mampu membuat siswa-siswanya belajar. Hal itu dikarenakan hanya gurulah yang mengetahui bagaimana kemampuan belajar siswa-siswanya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  76. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Dalam pembelajaran, persiapan merupakan hal yang sangat penting. Persiapan menjadi sangat penting karena menentukan pelaksanaan pembelajaran. Persiapan yang dilakukan haruslah sudah matang sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat sesuai dengan rencana. Namun, pada kenyataannya masih banyak pengajar yang melaksanakan pembelajaran tanpa persiapan. Berdasarkan bacaan tersebut persiapan diklasifikasikan menjadi dua persiapan umum dan persiapan khusus.

    ReplyDelete
  77. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A
    Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas menjadi sorot utama dalam menentukan hal apa yang harus dipersiapkan. Guru sebagai fasilitator dapat membuat pelaksanaan perencanaan tersebut dan dirangkum sedemikian rupa di dalam RPP. Pengembangan RPP dinilai saat ini sangat diperlukan. Dengan adanya perencaan yang matang, guru dapat mempersiapkan apa saja yang diperlukan, seperti media pembelajaran, atau sumber-sumber belajar lainnya.

    ReplyDelete
  78. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Teachers ability to be a good facilitator for their student is needed. In their facilitating process, the teacher will greatly helped by the variation of the learning media. After that, the teacher must be able to develop the media in order to support the succesful of the learning of mathematics. The best source of learning is learning resources developed by the teachers themselves because they already know the conditions that exist on the students themselves. As a good facilitator, the teachers must be able to create learning activities where the students can play an active role in the process of constructing their knowledge. therefore, Its necessary to be exist a trust between teachers and their students.

    thank you

    ReplyDelete
  79. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    persiapan pembelajaran matematika dibutuhkan untuk mempersiapkan pembelajaran. Persiapan tersebut dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  80. Pembelajaran matematika yang baik adalah pembelajaran yang prosesnya direncanakan dengan baik dengan menggunakan RPP atau Lesson Plan. Pembelajran yang terencana akan membuat proses dalam pembelajaran lebih berjalan secara terkendali, ada strategi atau langkah-langkah yang akan menjadi panduan guru untuk mencapai tujuan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  81. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Segala sesuatu yang memiliki tujuan mulia dan tujuan yang menyangkut kepentingan banyak orang tentu harus dipersiapkan secara matang. Postingan di atas menyadarkan kami bahwa pembelajaran memiliki persiapan yangpanjang, tidak hanya teori mengnei pembelaajaran yang relevan namun juga persiapan praktik yang meliputi pelatihan membuat perangkat pembelajaran atau bahkan praktik pembelajaran kecil. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  82. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Persiapan secara umum mengenai teori yang menunjang kegiatan pembelajaran sering kali diabaikan oleh para guru atau bahkan para calon guru. Mereka mengira bahwa dalam mempersiapkan pembelajaran yang perlu dilakukan ialah membuat perangkat pembelajaran yang secara nyata diperlukan dan dilihat adnaya dalam kegiatan pembelajaran. Namun pada hakikatnya mengetahui teori yang berkaitan merupakan salah satu langkah unutuk memperiapkan pembelajaran agar bisa memberikan yang lebih baik lagi kepada siswa, Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  83. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Segala usia menggunakannya, tidak terkecuali guru maupun siswa. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, siswa dapat mempelajari materi tidak hanya yang disampaikan oleh guru, tidak hanya dari buku, tetapi juga dari internet. Guru juga dapat menggunakan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika. Baik guru dapat berkreasi sekreatif mungkin untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan juga dapat mengembangkan kemampuannya untuk meningkatkan kemampuannya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  84. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Persiapan merupakan salah satu hal fundamental dalam terciptanya proses pembelajaran yang baik. Namun seringkali implementasi saat proses pembelajarannya berlangsung sering tidak optimal sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Hal ini banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor dari siswa atau gurunya sendiri. Ketika RPP dibentuk dengan lengkap dan sistematis bahkan dilengkapi dengan skenerio pembelajarana yang mumpuni, namun ketika kegiatan pembelajarannya tidak mampu terlaksanakan maka rancangan yang telah dibuat akan terasa percuma. Menurut saya, perlu adanya kepercayaan guru kepada siswa, penyesuaian rencana dengan kemampuan siswa dan penggunaan metode dan media yang sesuai dengan iklim di kelas. Karena percuma jika metode yang digunakan terkesan wah namun siswa tidak mengerti. Karena esensi dari mengajar adalah membuat siswa paham dan mengerti apa yang diajarkan guru.

    ReplyDelete
  85. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1- Pendidikan matematika A 2015

    RPP dan LKS merupakan hal yang penting dalam persiapan pembelajran. RPP membatu guru dalam berlangsungnya pembelajaran di kelas, sampai saat ini pembelajaran di kelas masih terkesan berpusat kepada guru. oleh karena itu, perlu dikemabangkannya pembelajaran yang inovatif dimana pembelajaran yang ada memuat variasi metode, variasi interaksi dan variasi media, sehingga mumungkinkan kegiatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan guru sebagai pendukung, fasilitaor siswa dalam memperoleh pengetahuannya dan LKS yang ada memuat iformasi, teori, tidak sekedar kumpulan soal-soal saja.

    ReplyDelete
  86. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Saya masih sering mengalami kesulitan dalam mengembangkan RPP dan LKS. Mengembangkan RPP dan LKS yang betul-betull membuat pembelajaran menjadi berpusat pada siswa. Selain itu, saya masih mengalami kesulitan untuk mengembangkan LKS yang mnasik sehingga dapat memancing rasa ingin tahu siswa, memancing siswa untuk bertanya. Sehingga ketika pembelajaran berlangsung, peran guru hanyalah sebagai fasilitator, siswa sudah dapat membangun konsepnya sendiri dengan didampingi guru sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  87. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Dari artikel yang bapak tulis, saya dapat mengetahui bahwa dalam mempersiapkan pembelajaran matematika diperlukan dua macam persiapan, yakni persiapan umum dan persiapan khusus. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus sama-sama bertujuan untuk mempersiapkan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa. Oleh karena itu, tidak hanya mempersiapkan perangkat pembelajaran yang baik saja, namun mengetahui teori-teori yang mendasari penyusunan perangkat pembelajaran juga merupakan salah satu langkah penting yang dapat membantu kita meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran.

    ReplyDelete
  88. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Setiap pelaksanaan pembelajaran perlu adanya persiapan, begitu juga dari aspek pendidik. Pendidik perlu mempersiapkan pembelajaran supaya pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sehingga, guru perlu membentuk RPP sesuai dengan materi serta karakteristik dari siswa. Guru juga perlu mempertimbangkan apersepsi apa yang sekiranya diperlukan dimana apersepsi itu akan mempersiapkan siswa dalam memperoleh materi yang baru. Selain itu, apersepsi digunakan supaya adanya hubungan serta siswa mampu memberikan hubungan antara pembelajaran sebelum dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan

    ReplyDelete
  89. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2105

    Dalam mempersiapkan pembelajaran matematika, diperlukan dua persiapan, yaitu persiapan umum dan khusus. Dalam persiapan khusus tercakup didaalamnya mengenai standar proses dan standar isi. Kedua persiapan tersebut sangat penting karena memiliki tujuan yang sama, agar pembelajaran menyenangkan bagis siwa. Hal itu dapat dimulai dari membuat perangkat pembelajaran yang sesuai. Bukan hanya untuk meningkatkan kemapuan hitung atau menghafal saja, tapi juga kemampuan memahami dan komunikasi matematis siswa.

    ReplyDelete
  90. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Setelah membaca postingan ini, saya menyadari bahwa dalam mengembangkan atau mendesain pembelajaran matematika yang secara penuh mampu memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri bukanlah hal yang mudah. Diperlukan persiapan yang matang, baik persiapan umum maupun persiapan khusus, agar dapat mencapai itu semua.

    ReplyDelete