Feb 12, 2013

To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)




Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika.


Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat pada ersiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Berikut merupakan contoh bagaimana Bapak Faizin (Blora) peserta Sertifikasi Guru jalur pendidikan berusaha mengembangkan RPP dan mencoba mempraktekannya dalam sinopsis pembelajaran matematika (ke persiapan peer teaching) dimana kawan satu kelas berlaku sebagai muridnya. Kompetensi Pembelajaran adalah siswa SMP Kelas IX dapat mencari Volume Kerucut. Indikator: Siswa dapat menemukan Rumus Volume Kerucut.
Tanggapan saya sebagai Dosen/Pembimbing antara lain adalah: Pembelajaran masih bersifat tradisional dengan metode tunggal ekspositori dan beorientasi kepada guru. Semua kalimat dan tindakan pedagogik guru diarahkan untuk mengendalikan kelas agar guru mampu mendeliver ilmunya kepada siswa. Guru belum percaya bahwa siswa mampu melakukan kegiatan matematika secara mandiri. Lks dan skema pembelajaran belum dikembangkan. Siswa masih bersifat pasif dan guru mendominasi kegiatan dan inisiatif. Metode pembelajaran juga masih bersifat transfer of knowledge dimana siswa dianggap sebagai Empty vessel (Tong Kosong). Pembelajaran bersifat directed teaching dan belum memberi kesempatan melakukan aktivitas secara mandiri. Kegiatan siswa bersifat semu karena masih belum riel dan hanya pengandaian.
Saya mengundang Bapak Faizin dan teman-teman yang lain untuk memberikan tanggapannya atas tanggapan yang telah dilakukan dikelas. Saya menunggu tanggapan-tanggapan (Marsigit, 18 Nopember 2008)

64 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam segala tindakan dan langkah kita memang membutuhkan persiapan begitu juga untuk mengajar, maka perlu persiapan sebagaimana yang disampaikan dalam wacana diatas sebagai guru setidaknya ada dua persiapan yakni persiapan umun dan persiapan khusus. Persiapan umum yakni bagaimana pentingnya matematika dan tujuan yang diharapkan dengan adanya belajar matematika dan lain-lainnya, sementara persiapan khususnya adalah persiapan yang terkait nantinya dengan pembelajan dikelas, dan saya setuju bahwa RPP dibuat guru dan sumber belajar memang sebaiknya dikembangkan oleh guru itu sendiri sehingga guru itu bisa lebih leluasa dan lebih kreatif karena guru yang bersangkutanlah yang mengerti betul bagaimana keadaan siswanya.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Idealnya memang apa yang dilaksanakan selama proses pembelajaran di kelas sudah dipersiapkan dan dirancang terlebih dahulu dan secara administrasi disebut dengan lesson plan atau sering kita kenal dengan istilah RPP. Penyebab masih belum berkembangnya lesson plan adalah kekurangsiapan guru pada sajian proses belajar matematika. Bisa jadi karena ketidakpahaman guru akan hakekat RPP itu sendiri, sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Ada pula guru yang beranggapan bahwa RPP hanya sebatas tuntutan administrasi saja. Sehingga seringkali apa yang tertulis di RPP tidak dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  3. Salah satu yang menjadi mitos guru matematika dalam mengajar adalah “diberi contoh aja siswa belum bisa apalagi belajar sendiri”. dengan hal itu guru pada pelaksanaan dikelas selalu yang menjelaskan dengan sejelas-jelasnya kemudian memberikan latihan dan tugas. Siswa belum diberikan kesempatan untuk menggunakan pengetahuan sebelumnya untuk memahami materi yang baru. Siswa sebaiknya menyiapkan bahan yang mana materi dalam bahan (LKS) tersebut telah memperkirakan pengetahuan yang telah dimiliki siswa untuk mempelajarinya. Siswa diberdayakan untuk aktif membangun pengetahuannya sendiri bukan pasif atau seperti wadah yang perlu diisi.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Persiapan adalah pondasi dalam pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang baik. Namun, implementasi pembelajaran tidak jarang melenceng dari persiapan yang telah dipersiapkan. Hal ini dipengaruhi oleh guru dan siswa, Ketika lesson plan sudah disusun dengan baik dan disusun sedemikian namun saat implementasi tidak sesuai dengan lesson plan dirasa percuma. Disini perlu adanya kepercayaan seorang guru terhadap siswa, penyesuaian rencana dengan kemampuan siswa dan penggunaan metode dan media yang sesuai dengan iklim di kelas. Karena percuma jika metode yang digunakan terkesan wah namun siswa tidak mengerti. Kembali pada esensi dari mengajar adalah membuat siswa paham dan mengerti apa yang diajarkan.

    ReplyDelete
  5. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Perangkat pembelajaran yang perlu dikembangkan adalah RPP dan LKS. RPP dijadikan sebagai pedoman yang sistematis dalam melakukan prosespembelajaran dan LKS memuat komponen petunjuk belajar, informasi pendukung dan langkah kerja penyelsaian soal sehingga membantu proses belajar siswa secara lebih terstruktur.
    Kurikulum yang diberlakukan Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013. Impelementasi kurikulum ini dikembangkan berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran sesuai satuan pendidikan. Dalam proses pembelajaran ini guru selain memberikan ilmu kepada para muridnya, guru harus merencanakan, melakukan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan sehingga inovasi-inovasi tersebut dapat menjadi alternatif dalam proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya, kebanyakan guru masih menggunakan metode yang sama dalam sebuah proses pembelajaran. Sehingga kelas pembelajaran akan terkesan monoton dan membosankan. Berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas, Kurikulum 2013 menggunakan prinsip pembelajaran Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dengan langkah-langkah pembelajaran 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan).

    ReplyDelete
  6. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dalam rangka mengiplementasikan program pembelajaran, pengembangan Rencana Program Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu factor yang mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran untuk itu sebagai guru hendaknya bisa membuat RPP (Lesson Plan) yang baik dan benar dan tentunya bisa mengembangkan RPP tersebut, RPP yang merupakan wujud persiapan khusus pada pembelajaran matematika sehingga memiliki skema yang perlu dikembangkan oleh seorang guru yaitu struktur pembelajaran, Skema Pencapaian Kompetensi, Skema Interaksi, Skema Variasi Metode dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran dan Variasi Sumber Belajar dengan begitu diharapkan seorang guru akan kreatif dan inovatif dalam mengembangkan RPP.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Keberhasilan pembelajaran tidak lepas dari perencanaan yang matang dan terstruktur. Oleh karena pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas, harus direncanakan dengan baik oleh seorang guru agar tujuan dari pembelajaran yang dilaksanakan tercapai dengan baik dan pengetahuan yang didapat oleh siswa menjadi berkesan dan bermakna. Salah satu yang harus disiapkan oleh guru adalah mengenai perangkat pembelajaran, seperti RPP, LKS, buku ajar, dan kalau perlu adalah perangkat elektronik seperti LCD untuk mendukung proses pembelajaran. Pada penerapan K13 yang menuntut siswa untuk aktif dan membangun pengetahuannya sendiri, maka secara tidak langsung guru juga dituntut untuk memfasilitasi siswa dalam proses belajarnya. Salah satu bentuk fasilitas yang diberikan oleh guru adalah mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menjadi guru yang tangguh adalah menjadi guru yang terpelajar. Dari artikel diatas kita bisa nyatakan bahwa persipan umum dan persiapan khusus dalam sebuah pendidikan saling bersinergi. Persiapan umum menyangkut kajian, teori, tujuan serta implementasi yang kesemuanya dapat dicapai tergantung kematangan persiapan khusus dalam pembelajaran seperti penyusunan RPP atau bahan ajar. Di era globalisasi sekarang sudah seharusnya pembelajaran telah berorientasi kepada siswa (student center) dan guru menjadi fasilitatornya dengan lesson plan yang baik dan terencana dengan efektif.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Persiapan pembelajaran terdiri dari persiapan umum dan khusus. Persiapan umum berupa teori – teori atau pengetahuan yang harus dikuasai oleh guru sebagai bekal mengajar. Sedangkan persiapan khusus adalah persiapan yang dilakukan untuk mendukung kelangsungan pembelajaran di kelas yang dapat dirasakan secara langsung oleh siswa. Persiapan khusus yang perlu dipersiapkan secara berkala oleh guru, yang lebih dikenal dengan istilah RPP. RPP hanya dilakukan pada saat pengawasan saja, namunlebih dari itu para guru tidak memerlukan RPP. Hal ini yang perlu dibenahi, menyadarkan guru akan pentingnya RPP (lesson plan) agar pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Pembelajaran inovatif sebaiknya yang digunakan dalam PBM matematika. Namun, faktanya pembelajaran tradisional masih saja dipertahankan. Yang saya tanggapi yaitu mengenai LKS. LKS membantu siswa untuk melatih keterampilan serta menguji konsep yang dimiliki. Seperti yang telah diungkapkan pada artikel ini mengenai LKS yang baik. LKS yang baik adalah LKS yang tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan. Selain itu, metode yang digunakan dalam kelas juga perlu diperhatikan. Metode menurut saya yang baik adalah metode student center.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Seorang guru harus mampu tidak hanya mampu mengelola kelas tetapi guru harus dapay mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik dari siswa. Persiapan umum dan persiapan khusus harus benar-benar disiapkan agar pembelajaran tidak laggi berpusat kepada guru sebagai satu-satunya sumber belajar tetapi pembelajaran harus melibatkan siswa dalam pembelajaran. Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 bahwasannya guru harus dapat mengembangkan perangkat pembelajaran agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan dapat memotivasi peserta didik.

    ReplyDelete
  12. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam rangka mengiplementasikan program pembelajaran, pengembangan Rencana Program Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu factor yang mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran. Dalam era globalisasi ini, guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Hendaknya, guru dapat mengembangkan RPP(lesson plan) sesuai dengan materi standar dan kompetensi dasarnya yang dikaji dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan kompetensi tersebut, guru harus mampu mengelola proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga dapat mengubah menjadi paradigma pembelajaran yang inovatif. Pengembangan metode ataupun model pembelajaran yang menarik akan mampu meningkatkan dan merangsang siswa untuk membangkitkan keinginan dan minat yang baru terhadap kegiatan belajar, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif.

    ReplyDelete
  13. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Lesson plan atau yang biasa kita sebut dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ini hanyalah sebuah formalitas saja. Pada penerapannya, tidak semua yang dituliskan di RPP dilaksanakan dengan baik, bahkan ada pembelajaran di kelas yang tidak sesuai sama sekali dengan yang tertulis di RPP. Baiknya, apa yang sudah kita rencanakan untuk pembelajaran, sebaiknya kita usahakan sesuai dengan yang telah kita rencanakan, dengan isi RPP yang bukan lagi menjadikan guru sebagai sumber informasi, namun siswanya yang aktif.

    ReplyDelete
  14. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Setiap kegiatan pembelajaran di kelas hendaknya guru mempersiapkan RPP. Tetapi memang menurut pengalaman saya ketika menjadi guru, tidak semuanya demikian. Perlu adanya pelatihan penyusunan RPP yang tepat beserta dengan perangkat lainnya misalnya silabus dan LKS agar guru paham betul mengenai apa yang akan diajarkan dan yang harus dibuat. Sumber belajar yang digunakan juga sebaiknya bervariasi agar memperoleh ilmu dari banyak hal. Media yang digunakan juga sebaiknya memang sesuai dengan karakteristik siswa dan mengaktifkan siswa. Saat ini sudah banyak jenis media yang dapat digunakan guru untuk dapat menunjang pembelajarannya di kelas. Harapannya semoga guru – guru juga mampu memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini untuk mengembangkan pembelajaran di kelas menjadi semenarik mungkin.

    ReplyDelete
  15. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam rangka mengiplementasikan program pembelajaran, pengembangan Rencana Program Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu factor yang mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran. Dalam era globalisasi ini, guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Hendaknya, guru dapat mengembangkan RPP(lesson plan) sesuai dengan materi standar dan kompetensi dasarnya yang dikaji dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan kompetensi tersebut, guru harus mampu mengelola proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga dapat mengubah menjadi paradigma pembelajaran yang inovatif. Pengembangan metode ataupun model pembelajaran yang menarik akan mampu meningkatkan dan merangsang siswa untuk membangkitkan keinginan dan minat yang baru terhadap kegiatan belajar, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif.
    Dalam mengembangkan Rencana pembelajarannya guru (1) perlu memahami tingkat kekompleksan materi yang akan dipelajari atau banyaknya informasi yang akan disampaikan; (2) perlu mengetahui tingkat pengetahuan awal siswa yang akan mempelajari materi yang disampaikan; (3)meminimalkan jumlah dari beban kognitif intrinsik dan ekstrinsik; dan (4)memfasilitasi proses yang meningkatkan beban kognitif konstruktif yaitu akuisisi dan konstruksi skema pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari artikel ini kita dapat mencatat dan mengambil pelajaran bahwa jika kita menjadi seorang pendidik hendaknya bisa membuat RPP (Lesson Plan) yang baik dan benar dan tentunya bisa mengembangkan RPP tersebut. Dengan dikembangkannya RPP tersebut pembelajaran akan lebih terasa memuaskan baik untuk guru maupun untuk siswa dan diharapkan pembelajarannya akan berorientasi pada siswa, mengaktifkan siswanya tidak terpusat pada guru. Hal demikian akan membuat peserta didik senang dan nyaman dalam proses pembelajaran. Sehingga dari sini akan muncul pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  17. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hasil yang baik akan dipengaruhi oleh persiapan yang matang. Hal ini berlaku dalam berbagai bidang termasuk dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika, persiapan atau perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan umum berupa teori-teori atau pengetahuan yang harus dikuasai oleh guru sebagai bekal mengajar. Sedangkan persiapan khusus adalah persiapan yang dilakukan untuk mendukung kelangsungan pembelajaran di kelas yang dapat dirasakan secara langsung oleh siswa. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memang benar bahwa dalam memepersiapakan suatu pembelajaran itu ada dua hal yang harus disiapkan, persiapan umum dan persiapan khusus. Yanaga mana kedua persiapan itu memanag harus kita lakukan dengan benar. Persiapan umum seperti Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Dan juga kita tahu bahwa Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.. amka guru yang baik adalah jika membuat bahan ajar dengan kemamapuannya.

    ReplyDelete
  19. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pada umumnya keberhasilan suatu program kegiatan yang dilakukan seseorang sangat ditentukan seberapa besar kualitas perencanaan yang dibuatnya. Bagi seorang guru, perlu menyadari bahwa seharusnya proses pembelajaran terjadi secara internal pada diri peserta didik, akibat adanya stimulus luar yang diberikan guru, teman, dan lingkungan. Itulah mengapa seorang guru harus membuat Rancangan Perencanaan Pembelajaran (RPP) yang dapat memgaktifkan siswa agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Seperti contohnya yaitu batas penyampaian materi, cara penyampaian materi hingga bahan ajar yang digunakan. Sehingga pembelajaran akan berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pembelajaran yang masih teacher-centered memang menjadi bencana bagi siswa karena guru memaksakan siswa untuk memahami pemikiran dan cara berpikir guru. Semestinya pembelajaran sudah tidak dengan metode tradisional lagi dimana pembelajaran berjalan satu arah hanya penyampaian informasi dari guru saja. Sebaiknya siswa secara mandiri dan terbimbing diberikan kesempatan untuk menemukan konsep. Hal ini dimulai dengan penyusunan RPP yang mendukung pembelajaran yang student-centered. Apalagi untuk siswa SMP yang tahapan perkembangan kognitifnya sudah masuk operasional formal.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pengembangan RPP untuk PBM matematika khususnya SMP merupakan dasar pijakan dari salah satu tolok ukur keberhasilan dalam PBM. Dengan adanya transformasi RPP menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan sesuai dengan perkembangan jaman dimana anak bisa tahu namun tidak hanya sekedar tahu serta paham meski paham saja tidaklah cukup.

    ReplyDelete
  22. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Salah satu cara untuk merubah paradigma pendidikan dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa ialah dengan memanfaatkan media LKS unutk meningkatkan kemandirian siswa. LKS merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru untuk melakukan perannya sebagi fasilitator. LKS dapat membantu siswa untuk melakukan kegiatan penemuan kembali, sehingga siswa dapat memahami materi matematika dengan lebih baik lagi. LKS harus dikembangkan seinovative mungkin dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang dekat dengan siswa, juga dengan memanfaatkan ICT.

    ReplyDelete
  23. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menjadi guru tidaklah perkara yang mudah, menjadi guru bukan hanya sekedar mengajar saja, melaikan banyak hal yang dipikirkan selain dari proses mengajar. Salah satu misalnya yang paling berat ketika menjadi guru adalah menyiapkan dan mengembangkan RPP sebelum proses PBM di laksanakan didalam kelas. Hal ini sebagai modal dalam kita mengajar dikelas, sebagai panduan dan pedoman dalam mengajar. Sehingga RPP ataupun LKS tidaklah mudah untuk dibuat, jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  24. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pembelajaran yang akan dilakukan sebaiknya dirancang terlebih dahulu. Sebagai guru kita dituntut untuk membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum terjun ke kelas. Hal ini dilakukan agar guru melakukan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif. Kita ketahui bahwa dengan persiapan yang matang memungkinkan kegiatan yang kita lakukan akan lebih baik. Karena usaha/proses sangat berpengaruh kepada hasil. Dan hasil tidak akan mengkhianati usaha yang dilakukan.

    ReplyDelete
  25. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Perencanaan / persiapan dalam pembelajaran matematika memang sangat diperlukan. Saat ini telah diterapkan kurikulum 2013 dengan berbasis pendekatan saintifik yang berorientasi pada siswa, sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran oleh guru. Guru haruslah menguasai matematika formal. Sedangkan siswa SMP baru mengenal matematikakonkret dan semi formal. Karena tidak sedikit persepsi bahwa matematika itu sulit maka persepsi tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk membuat matematika yang menyenangkan. Menurut saya, pendekatan kooperatif dapat menjadi pilihan awal untuk mulai mengaktifkan peserta didik, sehingga peserta didik juga berperan serta dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, ada banyak modelnya. Selanjutnya guru harus membuat LKS yang dapat membimbing peserta didik untuk mengkonstruksi ilmunya, dengan menerapkan pendekatan kontekstual atau problem solving dalam LKS. LKS dibuat beberapa macam untuk memfasilitasi siswa yang cerdas, sedang, dan lemah.

    ReplyDelete
  26. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh karenanya guru harus kreatif dan inovatif juga dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang kreatif dan inovatif termasuk RPP yang kreatif dan inovatif. RPP ini harus mampu untuk membuat siswa SMP mengkonstruk pengetahuannya sendiri, karena siswa SMP juga belum mampu berpikir matematika secara abstrak.

    ReplyDelete
  27. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai uraian di atas, jika akan melakukan sesuatu hendaknya perlu ada persiapan dan perencanaan agar prosesnya lebih terarah dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Begitu juga dalam proses pembelajaran yang dihadapkan pada keanekaragaman kondisi siswa. Maka, sebelum melakukan pembelajaran hendaknya guru membentuk perencanaan pembelajaran yaitu dalam bentuk RPP (Lesson Plan). Baik guru maupun siswa dapat mengetahui dengan pasti tujuan yang hendak dicapai dan cara mencapainya.

    ReplyDelete
  28. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kemampuan membentuk rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang guru. Di dalam rencana pembelajaran ini memuat kompetensi dasar yang akan dimiliki oleh siswa, apa yang harus dilakukan, apa yang dipelajari, bagaimana mempelajarinya, serta bagaimana guru mengetahui bahwa siswa dapat menguasai kompetensi tertentu. Selain itu, guru juga diharapkan mampu membuat LKS sendiri yang disesuaikan dengan kondisi siswanya.

    ReplyDelete
  29. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Oleh karena itu, dengan berpedoman RPP ini guru akan dapat mengajar dengan sistematis, tanpa keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya. RPP ini akan membantu guru dalam mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  30. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    RPP sangat membantu guru dalam kegiatan mengajar, karena dengan adanya RPP ini, guru akan mempunyai gambaran tentang apa yang akan ia lakukan atau sampaikan di pertemuan yang akan datang. Metode pembelajaran, sumber belajar, alat dan media pembelajaran, semua itu tercover dalam RPP dengan harapan guru dapat merencanakan metode yang inovatif yang sesuai dengan karakteristik banyak siswa

    ReplyDelete
  31. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) adalah merupakan acuan / panduan maupun skenario bagi seorang guru mengajar di dalam kelas. Guru yang baik adalah guru yang mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum ia mengajar. RPP ini berfungsi untuk lebih mempermudah dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terarah. Sehingga apa yang menjadi tujuan dalam proses pembelajaran tercapai. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan guru kurang mempersiapkan rancangan pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran banyak yang tidak tercapai. Jadi kesadaran guru masih sangat perlu untuk ditingkatkan sehingga guru bisa kreatif dalam pengembangan RPP.

    ReplyDelete
  32. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak Prof atas ilmunya mengenai persiapan pembelajaran matematika, semoga kami dapat menerapkannya dalam pengalaman kami dan membuat perbaikan dalam menyusun pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  33. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan pembelajaran matemarika dibedakan menjadi 2, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian, teori tentang pembelajaran inovatif beserta implementasinya, dengan melihat hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika

    ReplyDelete
  34. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan khusus pembelajaran matematika meliputi persiapan pembelajaran di kelas, berkaitan dengan analisis kurikulum dan pada akhirnya menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dalam persiapan khusus diperlukan skema, antara lain struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media atau alat bantu pembelajaran, dan variasi sumber belajar

    ReplyDelete
  35. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan pembelajaran matematika sangat mempengaruhi pembelajaran yang akan dilaksanakan, apakah masih menerapkan pembelajaran teacher centered atau sudah menggeser paradigma menjadi pembelajaran student centered. Oleh karenanya, guru benar-benar mempersiapkan pembelajaran matematika dengan matang, dan sesuai dengan kedua persiapan pembelajaran matematika seperti yang disebutkan di postingan atas.

    ReplyDelete
  36. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Di Indonesia, pendidik bisa mengajar tanpa RPP. Hal tersebut adalah yang saya dapatkan setelah perkuliahan dengan Prof Marsigit yang saya hormati pada hari ini (2 juni 2017, jam 8), maaf jikalau komen saya kurang berkenan. menurut saya persiapan pendidik untuk pembelajaran harus serinci mungkin sesuai dengan sintaks pembelajaran. Tanpa persiapan matang yang tertuang dalam RPP, pembelajaran yang dilaksanakan diyakini kurang berhasil karena persiapan yang kurang. Berdasarkan kuliah hari ini, saya mendapat pengetahuan bahwa diluar negeri, RPP sangat diperhatikan sintaksnya agar pembelajaran dapat berhasil sepenuhnya.

    ReplyDelete
  37. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Perubahan sistem pembelajaran dari klasikal menjadi post modern seperti sekarang menuntut kemampuan guru yang multi dimensi. Selain bisa mengajarkan materi guru juga dituntut untuk bisa membuat RPP dan media pembelajaran. Hal ini seharusnya bukan merupakan masalah bagi guru, karena guru mengajar memang sebetulnya memerlukan komponen tersebut. Permasalahan yang biasa muncul dilapangan adalah karena ada tuntutan terkait format dan metode yang harus digunakan. Sehingga membuat guru merasa tidak bebas, dan bukan merupakan gaya nya mengajar, bahkan bukan cara siswa belajar di tempat tersebut. Kemudian terkait dengan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sebuah karya yang tidak bisa dibuat sembarangan, karena ditujukan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini juga menjadi kendala, karena guru latar belakangnya kurang memiliki kreativitas dan pengetahuan dalam membuat produk.

    ReplyDelete
  38. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Yang pertama, menyusun RPP yang baik itu dalam struktur penulisannya minimal sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan di permendikbud. Yang kedua, dalam menyusun RPP harus mengetahui keluesan dari materi yang akn diajarkan sehingga tidak kurang atau lebih dari KD yang ditetapkan permendikbud. Syukur-syukur tahu lebihnya dimana sehingga hal tersebut dapat menjadi pengayaan untuk siswa yang tidak remedial. Yang ketiga, setelah mengetahui keluwesan materi ialah memilih metode pembelajaran yang akan ditetapkan sesai dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Yang ketiga, setelah menetukan metode yang digunakan masuk kebagian rencana eksekusi pembelajaran mulai dari pembukaan, inti, penutup. Pembukaan beru motivasi dan apresepsi yang mangakomodasi siswa untuk merecall pengetahuan mereka sehingga membantu pembelajaran di kegiatan inti, dan seterusnya. Yang empat, menyiapkan instrument untuk menilai hasil pembelajaran yang dilakukan. Serta yang terakhir, yang sering dilupakan adalah menyiapkan strategi untuk siswa yang mengikuti remedial dan pengayaan. Tambahan dalam penyusuanan alat peraga dan media pembelajaran diusahakan yang praktis serta mencantumkannya dalam RPP berupa deskrisi dan cara penggunaannya agar dapat menjadikan rujukan pendidik lain.

    ReplyDelete

  39. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mata kuliah persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.
    Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.
    Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013.
    Sementara saya menemukan dari jurusan lain di fakultas lain, pengenalan dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran ini masih sangat minim.
    Dalam mata kuliah yang diajarkan pada semseter 4 dan 5, mahasiswa mempelajari pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013.
    Maka dalam program sertifikasi guru, alangkah lebih baik jika mata kuliah mengenai persiapan pembelajaran ini juga diajarkan kembali agar informasi yang diperoleh guru lebih up to date sesuai dengan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  40. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Program sertifikasi guru yang digalakkan oleh pemerintah, selain untuk meningkatkan kesejahteraan guru juga sebagai motivasi bagi guru untuk melakukan pengembangan pembelajaran yang lebih inovatif lagi. Setelah menerima sertifikasi, guru dituntut untuk lebih mengembangkan kemampuan dan skill nya dalam mengimplementasikan pembelajaran di kelas. Guru dituntut untuk mampu menguasai beragam media informasi yang mampu menunjang pembelajaran yang inovatif. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa guru kencing berdiri dan murid kencing berlari, dalam hal ini guru harus menjadi teladan yang baik siswa-siswanya, guru harus memmberikan contoh yang positif terhadap perkembangan karakter siswa itu sendiri melalui interaksi di dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  41. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Suatu pembelajaran selalu dimulai dengan tahap persiapan, baik itu dari guru atau dari murid. Guru akan mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan siswa juga harus mempersiapkan diri dengan materi baru yang akan dia pelajari. Dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru harus bisa menentukan terlebih dahulu komponen-komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan RPP. Tidak bisa hanya membuat seadanya dan sebutuhnya saja.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  42. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dalam tulisan tersebut saya menemukan kalimat yang menyatakan bahwa sumber belajar yang terbaik adalah yang dibuat oleh guru sendiri. Saya setuju dengan pendapat ini, karena guru adalah orang yang mengenal dan memahami murid-muridnya sehingga jika sumber belajar dibuat langsung oleh guru maka guru dapat menentukan materi apa saja yang dibutuhkan siswa juga mengenali karakter siswa seingga pengembangan sumber belajar dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  43. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Salah satu pembelajarab yang dinilai adalah pembelajaran yang dikakukan oleh Bapak Faizin. Salah satu kendala dalam pembelajaran yang dilakukan adalah pak faizin kurang percaya bahwa siswa mampu melakukan praktik secara mandiri untuk mencari pengetahuan. Hal semacam ini sebenarnya kerap terjadi di kalangan guru. Dengan adanya ketidakpercayaan ini maka guru akan cenderung terlalu mengawasi siswa sehingga siswa menjadi tidak optimal kemandiriannya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  44. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh seorang guru sebelum mengajar adalah persiapan mengajar. Apa saja yang butuh dipersiapkan. Tentu saja salah satunya adalah persiapan rencana pembelajaran (lesson plan). Ini sangat membantu kita agar ketika di kelas kita tidak bingung hal-hal penting apa saja yang mesti dilakukan. Bagi kita yang sering menulis agenda harian, tidaklah sulit bagi kita untuk melaksanakan hal ini. Bahkan, rasanya ada yang kurang jika saja kita tidak melakukan persiapan ini. Kalau saya pribadi, tidak terlalu bergantung dengan bentuk-bentuk baku rencana pembelajaran. Bagi saya, yang terpenting adalah sebelum masuk kelas kita sudah membayangkan apa yang akan terjadi jika kita melakukan ini dan apa yang tejadi jika kita melakukan itu.

    ReplyDelete
  45. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Guru harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Untuk menumbuhkan kreativitas, maka guru dibekali dengan persiapan mengajar dan membuat agenda pengajaran terlebih dahulu. Terkadang persiapan sebelum mengajar dan ketika mengajar berubah. Guru menggunakan metode belajar yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan anak. Mengingat pentingnya proses belajar bagi murid dan proses mengajar bagi guru, perencanaan mutlak harus ada dan dipersiapkan.Tanpa perencanaan, pelaksanaan pembelajaran akan mengalami kesulitan atau bahkan kegagalan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Peran penting perencanaan pengajaran dapat terlihat ketika mengamati keadaan yang mungkin terjadi ketika diterapkannya perencanaan pengajaran oleh guru atau sebaliknya. Begitu pula dalam proses mengajar matematika, diperlukan perencanaan yang matang. Khususnya dalam perencanaan seni pengajaran. Terlihat dari fakta, bahwa mengajarkan matematika dibutuhkan rasa seni yang tinggi agar murid tertarik dan mau mempelajarinya. Dengan demikian,perencanaan seni pengajaran matematika sangat urgen dan mutlak diperlukan sehingga mampu mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan.

    ReplyDelete
  46. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    pengembangan RPP untuk PBM di SMP harus disesuaikan dengan k13 yang terbaru. Untuk menyusunnya, bukan perkara yang mudah sehingga diperlukan persiapan yang matang. Mulai dari Penyusunan RPP, hingga bahan ajar yang akan digunakan. Selain itu, variasi materi, variasi media perlu juga diperhatikan dalam proses penyusunan pembelajarannya. Akan lebih baik, jika pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa agar terhindar dari beban kognitif.

    ReplyDelete
  47. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Persiapan yang matang, perlu juga dilakukan sejak di perkuliahan agar nantinya siap terjun di lapangan. Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013. Pada mata kuliah semseter 4 dan 5, mahasiswa mempelajari penyusunan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan k13.
    Maka dalam program sertifikasi guru, alangkah lebih baik jika mata kuliah mengenai persiapan pembelajaran ini juga diajarkan kembali agar informasi terbaru dapat diperoleh guru.

    ReplyDelete
  48. ‘Aynun Fitri
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yaitu :
    - Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
    - Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan manajerial yang dilakukan guru, agar siswa dapat melakukan kegiatan seperti pada silabus.
    - Kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan merupakan skenario langkah-langkah guru dalam membuat siswa aktif belajar. Kegiatan ini diorganisasikan menjadi kegiatan: Pendahuluan, Inti, dan Penutup.

    ReplyDelete
  49. ‘Aynun Fitri
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    Salah satu yang perlu dipersiapkan guru adalah RRP. Beberapa hal yang terdapat dalam RPP adalah :
    - Identitas mata pelajaran
    - Standar kompetensi
    - Kompetensi dasar
    - Indikator pencapaian kompetensi
    - Tujuan pembelajaran
    - Materi ajar
    - Alokasi waktu
    - Metode pembelajaran
    - Kegiatan pembelajaran
    - Penilaian hasil belajar
    - Sumber belajar

    ReplyDelete
  50. ‘Aynun Fitri
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    RPP untuk SMP perlu dikembangkan sesuai dengan perkembangan kurikulum dan juga sesuai dengan kebutuhan siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  51. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan perubahan paradigma pembelajaran dari teacher centered menjadi student centered banyak hal yang harus dipelajari oleh guru agar pembelajaran di kelas menjadi lebih bervariatif serta menjadikan siswa sebagai subjek dalam proses pembelajaran itu. Langkah awal yang perlu dikuasai oleh guru adalah memahami segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran secar umum. Sehingga guru siap untuk persiapan secara khusu untuk melakukan proses pembelajaran di dalam kelas.

    ReplyDelete
  52. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    RPP perlu dikembangkan sebaik-baiknya agar suatu pembelajaran dapat sukses. Dalam memilih metode pembalajaran yang akan digunakan guru sebaiknya mempertimbangkan kesesuaian dengan meteri serta kemampuan siswa. Paradigma pembelajran saat ini adalah paradigma pembelajaran konstruktivisme dimana siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan mereka sementara guru bertindak sebagai fasilitator. Oleh karena itu RPP yang dikembangkan dan dilaksanakan pun harus sesuai dengan paradigma tersebut yaitu guru memberikan kesempatan kepada siswa, guru tidak boleh menutupi sifat siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  53. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, guru membuat rencana persiapan pembelajaran yang biasa disebut RPP. Beberapa konten yang terdapat dalam RPP diantaraya adalah Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Dalam membuat RPP ini, guru juga harus merencanakan urut-urutan kegiatan mengajar, mulai dari pembukaan, isi, kemudian penutup. Karakteristik anak yang ingin dicapai pun harus disertakan dalam RPP.

    ReplyDelete
  54. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    RPP membantu guru dalam kegiatan mengajar, karena dengan adanya RPP, guru akan mempunyai gambaran tentang apa yang akan ia lakukan atau sampaikan. Metode pembelajaran, sumber belajar, alat dan media pembelajaran, semua itu tercover dalam RPP dengan harapan guru dapat merencanakan metode yang inovatif yang sesuai dengan karakteristik banyak siswa. Guru juga diharapkan mampu membuat dan mengembangkan LKS-nya sendiri sebagai media belajar bagi para muridnya. Selain itu, dalam era globalisasi ini, guru dapat memanfaatkan ICT sebagai sumber belajar siswa agar sumber belajarnya beragam tidak hanya dari buku saja. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan mengajar guru harus membuat RPP terlebih dahulu agar dalam praktiknya guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  55. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu yang manjadi komponen penting dalam pembeljaarn inovatif adalah RPP serta LKS sebgai media pembeljaran. RPP yang dibuat sebaiknya bertujuan agar memabntu guru dalam mengontrol kelas, tetapi tidak serta merta guru yang memegang kendali penuh kelas. Namun guru hanya sebatas fasilitator, serat siswa menjadi tokoh utama dalam kelas. LKS juga dibuat dengan tujuan untuk membantu siswa mnegonstruk pengetahuannya, buka sebagai kumpulan soal untu latihan siswa.

    ReplyDelete
  56. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika

    Sejalan dengan apa yang disampaikan pada postingan prof Marsigit tentang To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP), saya sependapat bahwa guru harus melakukan usaha yang sungguh-sungguh untuk melakukan pembelajaran agar tercapai sesuai yang diharapkan. salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun RPP atau lesson plan. Menyusun RPP dengan latar belakang tuntutan dan dengan latar belakang kebutuhan agar daoat memfasilitasi siswa tentu akan berbeda. Sebagai guru haruslah memiliki semangat untuk memmpersiapkan pembelajaran dengan sebaik mungkin, agar siswa terfasilitasi dengan baik.

    ReplyDelete
  57. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saat ini, pada kurikulum 2013, pembelajaran bersifat student-centered. guru hanya sebagai fasilitator, bukan sumber ilmu. sumber informasi akab diperoleh sendiri oleh siswa melalui kegiatan aktif (LKS) sebagai fasilitas yang akan menuntun siswa untuk mengkonstruk sendiri pengetahuannya. Maka guru-guru yang masih belum dapat beradaptasi dengan pembelajaran student centered serta masih terus terbawa pembelajaran ekspositori harus segera sebisa mubgkin menyesuaikan diri. Karena itulah tuntutan zaman, untuk bersainy di abad 21 ini.

    ReplyDelete
  58. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam menyusun LKS yang baik tentu terdapat syarat-syarat. Sekali lagi dan yang terus Prof Marsigit tekankan pada kami para calon guru matematika bahwa LKS bukanlah kumpulan soal. LKS juga bukan kumpulan materi. LKS adalah lembar kegiatan yang akan memfasilitasi siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri.

    Nah seperti yang telag tertulis didepab bahwa terdapat syarat LKS yang baik menurut Kaligis yakni syarat didaktis, syarat konstruk, dan syarat teknis. Syarat didaktis artinya LKS harus mengikuti asas-asas belajar-mengajar yang efektif. Syarat konstruk adalah syarat-syarat yang berkenaan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa-kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakikatnya haruslah tepat guna dalam arti dapat dimengerti oleh pengguna yaitu peserta didik. syarat teknis adalah yang berkaitan dalam hal tampilan.

    ReplyDelete
  59. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    Sebuah perencanaan pembelajaran yang baik akan menghasilkan proses pembelajaran yang baik pula. Perencanaan berarti mempersiapkan. Ada dua macam persiapan dalam pembelajaran, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan pembelajaran inovatif dan implementasinya dan lain-lain. Sedangkan Persiapan khusus yang meliputi persiapan terkait dengan proses pembelajaran di dalam kelas. Persiapan khusus nantinya akan menghasilkan sebuah RPP. Persiapan dilakukan agar mampu menghasilkan proses pembelajaran yang bermakna dan yang lebih berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  60. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan persiapan, seorang guru hendaknya dapat mengelola pembelajaran di kelas dengan baik. Sebelum seorang guru melakukan proses pembelajaran, sebaiknya guru harus membuat rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

    ReplyDelete
  61. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Selain itu, RPP dapat dijadikan acuan bagi guru dalam penyampaian materi, penggunakan media yang sesuai, membuat bahan ajar atau LKS. Tidak hanya memberikan materi dengan metode ceramah saja namun guru dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif, yaitu dimana siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Persiapan umum dan persiapan khusus diharapkan dapat membantu mengubah paradigma lama menjadi pradigma baru, yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  62. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Mengembangkan RPP untuk pembelajaran matematika yang inovatif harus memerhatikan skema pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran, lembar kerja siswa yang menuntun siswa dalam membangun konsep matematika dan juga mengasah keterampilan bermatematika siswa, konsep pembelajaran matematika yang digunakan menggunakan konteks dunia nyata (real world) atau masalah yang dapat dibayangkan oleh siswa.

    ReplyDelete
  63. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Mungkin bukan hanya Bapak F yang melakukan hal tersebut, masih banyak di luar sana yang masih seperti itu, termasuk juga saya. Astaghfirullah. Kebanyakan guru hanya mengejar sertifikasi. Namun dari hasil data bank dunia bahwa sertifikasi tidak mendorong secara signifikan kualitas guru dalam mengajar. Ini merupakan PR besar bagi kita semua. Tetaplah belajar dan terus belajar agar kita menjadi guru yang baik. Aamiin.

    ReplyDelete
  64. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Persiapan dan perencaanaan pembelajaran tentulah sangat penting untuk dilakukan oleh seorang guru. Persiapan-persiapan yang dilakukan oleh guru dapat dibedakan menjadai 2 yakni persiapan umum dan persiapan khusus. Keduanya, baik persiapan umum maupun persiapan khusus sesungguhnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengubah paradigma dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Usaha-usaha yang dilakukan dalam mengubah paradigma ini tentu tudak lah mudah. Apalagi dengan agenda-agenda yang dicanangkan dalam pembelajaran berbasis atau berpusat pada siswa ini, menuntut kreatifitas dan kegigihan guru untuk senantiasa melakukan berbegai pembaharuan dalam pembelajaran. Sehingga pembeljaran yang dilakukan menjadi bervariatif dan tidak monoton.

    ReplyDelete