Feb 12, 2013

To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)




Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika.


Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat pada ersiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Berikut merupakan contoh bagaimana Bapak Faizin (Blora) peserta Sertifikasi Guru jalur pendidikan berusaha mengembangkan RPP dan mencoba mempraktekannya dalam sinopsis pembelajaran matematika (ke persiapan peer teaching) dimana kawan satu kelas berlaku sebagai muridnya. Kompetensi Pembelajaran adalah siswa SMP Kelas IX dapat mencari Volume Kerucut. Indikator: Siswa dapat menemukan Rumus Volume Kerucut.
Tanggapan saya sebagai Dosen/Pembimbing antara lain adalah: Pembelajaran masih bersifat tradisional dengan metode tunggal ekspositori dan beorientasi kepada guru. Semua kalimat dan tindakan pedagogik guru diarahkan untuk mengendalikan kelas agar guru mampu mendeliver ilmunya kepada siswa. Guru belum percaya bahwa siswa mampu melakukan kegiatan matematika secara mandiri. Lks dan skema pembelajaran belum dikembangkan. Siswa masih bersifat pasif dan guru mendominasi kegiatan dan inisiatif. Metode pembelajaran juga masih bersifat transfer of knowledge dimana siswa dianggap sebagai Empty vessel (Tong Kosong). Pembelajaran bersifat directed teaching dan belum memberi kesempatan melakukan aktivitas secara mandiri. Kegiatan siswa bersifat semu karena masih belum riel dan hanya pengandaian.
Saya mengundang Bapak Faizin dan teman-teman yang lain untuk memberikan tanggapannya atas tanggapan yang telah dilakukan dikelas. Saya menunggu tanggapan-tanggapan (Marsigit, 18 Nopember 2008)

10 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam segala tindakan dan langkah kita memang membutuhkan persiapan begitu juga untuk mengajar, maka perlu persiapan sebagaimana yang disampaikan dalam wacana diatas sebagai guru setidaknya ada dua persiapan yakni persiapan umun dan persiapan khusus. Persiapan umum yakni bagaimana pentingnya matematika dan tujuan yang diharapkan dengan adanya belajar matematika dan lain-lainnya, sementara persiapan khususnya adalah persiapan yang terkait nantinya dengan pembelajan dikelas, dan saya setuju bahwa RPP dibuat guru dan sumber belajar memang sebaiknya dikembangkan oleh guru itu sendiri sehingga guru itu bisa lebih leluasa dan lebih kreatif karena guru yang bersangkutanlah yang mengerti betul bagaimana keadaan siswanya.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Idealnya memang apa yang dilaksanakan selama proses pembelajaran di kelas sudah dipersiapkan dan dirancang terlebih dahulu dan secara administrasi disebut dengan lesson plan atau sering kita kenal dengan istilah RPP. Penyebab masih belum berkembangnya lesson plan adalah kekurangsiapan guru pada sajian proses belajar matematika. Bisa jadi karena ketidakpahaman guru akan hakekat RPP itu sendiri, sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Ada pula guru yang beranggapan bahwa RPP hanya sebatas tuntutan administrasi saja. Sehingga seringkali apa yang tertulis di RPP tidak dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  3. Salah satu yang menjadi mitos guru matematika dalam mengajar adalah “diberi contoh aja siswa belum bisa apalagi belajar sendiri”. dengan hal itu guru pada pelaksanaan dikelas selalu yang menjelaskan dengan sejelas-jelasnya kemudian memberikan latihan dan tugas. Siswa belum diberikan kesempatan untuk menggunakan pengetahuan sebelumnya untuk memahami materi yang baru. Siswa sebaiknya menyiapkan bahan yang mana materi dalam bahan (LKS) tersebut telah memperkirakan pengetahuan yang telah dimiliki siswa untuk mempelajarinya. Siswa diberdayakan untuk aktif membangun pengetahuannya sendiri bukan pasif atau seperti wadah yang perlu diisi.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Persiapan adalah pondasi dalam pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang baik. Namun, implementasi pembelajaran tidak jarang melenceng dari persiapan yang telah dipersiapkan. Hal ini dipengaruhi oleh guru dan siswa, Ketika lesson plan sudah disusun dengan baik dan disusun sedemikian namun saat implementasi tidak sesuai dengan lesson plan dirasa percuma. Disini perlu adanya kepercayaan seorang guru terhadap siswa, penyesuaian rencana dengan kemampuan siswa dan penggunaan metode dan media yang sesuai dengan iklim di kelas. Karena percuma jika metode yang digunakan terkesan wah namun siswa tidak mengerti. Kembali pada esensi dari mengajar adalah membuat siswa paham dan mengerti apa yang diajarkan.

    ReplyDelete
  5. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Perangkat pembelajaran yang perlu dikembangkan adalah RPP dan LKS. RPP dijadikan sebagai pedoman yang sistematis dalam melakukan prosespembelajaran dan LKS memuat komponen petunjuk belajar, informasi pendukung dan langkah kerja penyelsaian soal sehingga membantu proses belajar siswa secara lebih terstruktur.
    Kurikulum yang diberlakukan Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013. Impelementasi kurikulum ini dikembangkan berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran sesuai satuan pendidikan. Dalam proses pembelajaran ini guru selain memberikan ilmu kepada para muridnya, guru harus merencanakan, melakukan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan sehingga inovasi-inovasi tersebut dapat menjadi alternatif dalam proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya, kebanyakan guru masih menggunakan metode yang sama dalam sebuah proses pembelajaran. Sehingga kelas pembelajaran akan terkesan monoton dan membosankan. Berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas, Kurikulum 2013 menggunakan prinsip pembelajaran Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dengan langkah-langkah pembelajaran 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan).

    ReplyDelete
  6. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dalam rangka mengiplementasikan program pembelajaran, pengembangan Rencana Program Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu factor yang mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran untuk itu sebagai guru hendaknya bisa membuat RPP (Lesson Plan) yang baik dan benar dan tentunya bisa mengembangkan RPP tersebut, RPP yang merupakan wujud persiapan khusus pada pembelajaran matematika sehingga memiliki skema yang perlu dikembangkan oleh seorang guru yaitu struktur pembelajaran, Skema Pencapaian Kompetensi, Skema Interaksi, Skema Variasi Metode dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran dan Variasi Sumber Belajar dengan begitu diharapkan seorang guru akan kreatif dan inovatif dalam mengembangkan RPP.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Keberhasilan pembelajaran tidak lepas dari perencanaan yang matang dan terstruktur. Oleh karena pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas, harus direncanakan dengan baik oleh seorang guru agar tujuan dari pembelajaran yang dilaksanakan tercapai dengan baik dan pengetahuan yang didapat oleh siswa menjadi berkesan dan bermakna. Salah satu yang harus disiapkan oleh guru adalah mengenai perangkat pembelajaran, seperti RPP, LKS, buku ajar, dan kalau perlu adalah perangkat elektronik seperti LCD untuk mendukung proses pembelajaran. Pada penerapan K13 yang menuntut siswa untuk aktif dan membangun pengetahuannya sendiri, maka secara tidak langsung guru juga dituntut untuk memfasilitasi siswa dalam proses belajarnya. Salah satu bentuk fasilitas yang diberikan oleh guru adalah mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menjadi guru yang tangguh adalah menjadi guru yang terpelajar. Dari artikel diatas kita bisa nyatakan bahwa persipan umum dan persiapan khusus dalam sebuah pendidikan saling bersinergi. Persiapan umum menyangkut kajian, teori, tujuan serta implementasi yang kesemuanya dapat dicapai tergantung kematangan persiapan khusus dalam pembelajaran seperti penyusunan RPP atau bahan ajar. Di era globalisasi sekarang sudah seharusnya pembelajaran telah berorientasi kepada siswa (student center) dan guru menjadi fasilitatornya dengan lesson plan yang baik dan terencana dengan efektif.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Persiapan pembelajaran terdiri dari persiapan umum dan khusus. Persiapan umum berupa teori – teori atau pengetahuan yang harus dikuasai oleh guru sebagai bekal mengajar. Sedangkan persiapan khusus adalah persiapan yang dilakukan untuk mendukung kelangsungan pembelajaran di kelas yang dapat dirasakan secara langsung oleh siswa. Persiapan khusus yang perlu dipersiapkan secara berkala oleh guru, yang lebih dikenal dengan istilah RPP. RPP hanya dilakukan pada saat pengawasan saja, namunlebih dari itu para guru tidak memerlukan RPP. Hal ini yang perlu dibenahi, menyadarkan guru akan pentingnya RPP (lesson plan) agar pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Pembelajaran inovatif sebaiknya yang digunakan dalam PBM matematika. Namun, faktanya pembelajaran tradisional masih saja dipertahankan. Yang saya tanggapi yaitu mengenai LKS. LKS membantu siswa untuk melatih keterampilan serta menguji konsep yang dimiliki. Seperti yang telah diungkapkan pada artikel ini mengenai LKS yang baik. LKS yang baik adalah LKS yang tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan. Selain itu, metode yang digunakan dalam kelas juga perlu diperhatikan. Metode menurut saya yang baik adalah metode student center.

    ReplyDelete