Feb 12, 2013

The anxiety of Mathematics Teachers and Their Problems




By Marsigit
The respondent teachers indicated that their anxieties were related closely to their problems of teaching. Furthermore, the teachers expressed that the following reflects their difficulties and expected problems in conducting teaching learning of mathematics at secondary school:
1. Some teachers do not expect to produce the text book by themselves. From the available text-books the teachers want to have criteria how to choose them appropriately.
2. Some teachers have questioned about the effectiveness of the component of innovative teaching e.g. they expressed their experiences that group discussion has not contributed quickly to the achievement on national examination.
3. There was a teacher wish to in-depth study on how to develop Lesson Plan for Team Teaching. However, some teachers acknowledged that they had not a clear the picture of the implementation of the team teaching yet.
4. Some teachers acknowledged that their styles of mathematics teaching were much influenced by their obligation to prepare their students to get high achievement on national examination.
5. Some teachers felt still to have difficulties on determining time allocation. They felt to have more time for teaching mathematics.
6. There are more teachers expected to be able to develop more practical and more effective students’ worksheet. How about their structure, their form, and the minimum requirement should be put on them.
.....to be continued........

15 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kecemasan dalam pembejaran matematika tidak hanya berasal dari siswa, akan tetapi guru juga mengalami kecemasan dalam proses pembelajaran. Terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Permasalahan yang menimbulkan kecemasan dari para guru misalnya permasalahan mengenai buku ajar, mengetahui bagaimana komponen pengajaran untuk menuju pembelajaran yang inovatif, mengalokasikan waktu dengan efektif. Maka seorang guru hendaknya dapat mengatasi kecemasan pada dirinya agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kecemasan bukan hanya terjadi pada siswa, guru matematika pun juga turut mengalami kecemasan. Adapun kecemasan yang dimaksud erat kaitannya dengan masalah mengajar. Adanya kendala dan kesulitan dalam mengajar matematika menjadikan guru cemas dalam bagaimana cara mengajarkan matematika kepada siswa dengan tepat. Kendala dan kesulitan dalam mengajar matematika tersebut diantaranya membuat modul pembelajaran sendiri, bagaimana melihat keefektifan pembelajaran inovatif, mengembangkan RPP, mengatur alokasi waktu pembelajaran, mengembangkan LKS.

    ReplyDelete
  4. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran matematika adalah mengenai alokasi waktu pembelajaran. Mereka seringkali kesulitan dalam mengatur waktu pembelajaran matematika yang dilaksanakan. Rencana pembelajaran yang telah disiapkan nyatanya kadang tidak sesuai dengan praktik pembeljaran matematika yang rilaksanakan di kelas. Sehingga guru terkesan terburu-buru dalam menyampaikan materi pelajaran, karena beban materi yang banyak dengan waktu yang terbatas, menjadi salah satu hambatann bagi guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang seringkali membutuhkan waktu lebih banyak daripada pembelajaran biasa.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Secara umum, permasalahan pada dunia pendidikan sangat banyak dan kompleks serta senantiasa berkembang. Sehingga banyak hal yang bisa dipelajari, diteliti, dan didiskusikan oleh para pendidik dan pemerhati pendidikan saat ini. Sesama guru bisa saling berkolaborasi untuk menciptakan atau menyusun suatu pembelajaran yang efektif. Tentunya hal ini akan menambah wawasan, dan kompetensi guru untuk meningkatkan kapabilitasnya sebagai seorang guru.

    ReplyDelete
  6. Dimas Candra Saputra, S.Pd
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamalaikum prof,
    Membelajarkan siswa bukanlah merupakan suatu pekerjaan yang mudah. Banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan agar dapat menciptakan pembelajaran yang baik. Beberapa masalah masing sering ditemui guru sehingga menimbulkan kecemasan pada guru. Misalnya, masalah dalam penyediaan sumber belajar, pengelolaan kelas, pengelolaan materi, perencanaan pembelaaran termasuk penyusunan RPP, pemilihan metode pembelajaran, tuntutan untuk dapat lulus UN, mengalokasikan waktu, kurangnya waktu, pemahaman tentang perbedaan karakteristik siswa dan masih banyak lagi. Mengingat perbedaan karakteristik siswa penting untuk diperhatikan, guru harus menggunakan variasi di dalam pembelajaran agar dapat memfasilitasi semua siswa. Namun, siswa di dalam kelas terlalu banyak sehingga guru yang hanya seorang diri akan kewalahan dalam memfasilitasi seluruh siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal ini ialah dengan melakukan kerja sama antar guru untuk menemukan solusinya.

    ReplyDelete
  7. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Begitu banyak problematika dalam dunia pendidikan kita, khususnya dalam proses belajar mengajar. Salah satu contoh yang menjadi masalah adalah kecemasan Guru dalam mengajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kecemasan tersebut, yaitu : penguasaan bahan, pengelolaan kelas, pengalaman. Guru yang memiliki sedikit pengalaman atau belum sama sekali memiliki pengalaman mengajar sebelumnya kemungkinan besar memiliki kecemasan yang tinggi dalam mengajar. Begitupun juga dengan penguasaan bahaan dan pengelolaan kelas. Seorang guru dituntut untuk dapat menguasai disiplin ilmu yang digelutinya. Guru juga diharuskan memiliki skill dalam pengelolaan kelas, bagaimana guru menyampaikan materi atau bahan ajar, bagaimana mentransfer ilmu yang dimiliki agar siswa dapat memahami materi yang diajarkan.

    ReplyDelete
  8. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    one of the disadvantages of our educational system is the over-concentration of our attention to the results of national examinations. Learning at school no longer aims to develop the learning process. National exam results become the main target of students and even teachers.

    ReplyDelete
  9. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Anxiety. The majority of people or researcher usually explore students' anxiety rather than the teachers'. I agree with the statement that teachers' anxiety is worth to be noticed more, it is even much greater than those in the students. There are always teachers who are nervous before teaching mathematics.Is it called anxiety? Yes, but, the term 'anxiety' here is more related to the responsibilities of the teacher that 'perhaps' burdened her, or the targets given by the government and school that are not easy to reach. It is quite hard for teachers if they do not have the capability of doing those efficiently. As a teacher, we need to keep learning, sharing with each other and developing our capabilities in teaching. I think, sharing is the best for us, teachers, so that we can always cope smoothly with those responsibilities, and reaching the government and school's targets without getting too stressed out and anxious.

    ReplyDelete
  10. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Memiliki perasaan cemas di dalam diri seseorang merupakan hal wajar apalagi sebagai seorang pendidik. Karena dengan adanya perasaan tersebut maka sesorang akan berusaha mencari solusi untuk mengatasi, mengurangi, bahkan menghilangkan perasaan kecemasan tersebut. Beberapa kegiatan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara banyak membaca, belajar, serta mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan komptensi pedagogik sebagai pendidik. Karena apabila perasaan tersebut selalu tertanam di dalam diri, maka akan memberikan impact yang kurang baik tidak hanya bagi siswa tetapi juga berdampak negative terhadap proses belajar mengajar yang akan dilaksanakan sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak akan dapat terlaksana dengan optimal.

    ReplyDelete
  11. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    assalamu'alaikum wr wb

    few weeks ago I attend a seminar about Research on Mathematical Thinking based on Realistic Mathematical Education. The speaker talked about his research, he showed pictures and video of the activities in the class. we saw the teaching method of the math teacher in his country. the teacher let the students to be active and finding the solution by themselves. it was about division. then come up a question from one of the audience, shouldn't the teacher be worried about the time limit? and the speaker answered that the problem is on the curriculum, if they put too many subjects, of course then there will be less time to study math and they need to be
    worried about the time limit.

    ReplyDelete
  12. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Mulai beberapa tahun yang lalu UN bukan menjadi satu-satunya syarat kelulusan namun masih ada ujian sekolah dan nilai rapot. Dengan adanya kebijakan ini maka guru tidak lahi cemas dalam mengajar karena terlalu fokus terhadap UN yang biasanya mengesampingkan proses pembelajaran. Maksudnya guru lebih memilih sistem drill soal karena dianggap leih efektif dari pada menggunakan metode kerja kelompok yang terkesan tidak efektif dan membuang waktu, padahal kerja kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran selain itu siswa dapat meningkatkan rasa sosial dan kerjasama.

    ReplyDelete
  13. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Beberapa permalahan dalam proses pembelajaran menimbulkan kecemasan pada guru.Salah satu masalah yang disebutkan adalah mengenai fokus guru terhadap ujian nasional sehingga mengesampingkan proses pembelajaran.Guru menilai bahwa kerja kelompok tidak efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, terutama siswa yang akan mengikuti ujian nasional.Menurut saya, kerja kelompok justru dapat meningkatkan pemahaman siswa karena dalam kerja kelompok siswa dapat bertukar pengetahuan dan informasi.Selain itu kerja kelompok juga dapat meningkatkan rasa sosial siswa.Kecemasan yang dialami guru harus segera diatasi dengan cara berkonsultasi pada ahli agar para guru tdak terlalu berfkus pada ujian nasional sehingga mengabaikan aspek lain yang lebih penting. pembelajaran kelompok yang seharusnya dibiasaan dari kecil akan lebih mudah penerapan dalam kelas dari pada satu atau dua kalibaru dilaksanakan sehingga kelompok dan pembelajaran berbasis kelompok akan sangat berguna untuk mentransfer teman satu ke yang lain tentang pengetahuan yang diperolehnya itu sehingga pendapat yang kelompok tidak akan mampu mengejar materi siswa adalah pernyataan yang harus dikaji ulang terlebih dahulu. karena secara tutor sebayajauh lebih meningkatkan pemahaman materi kepada siswa.

    ReplyDelete
  14. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kecemasan matematika sering terjadi pada diri peserta didik. Sebagian besar kecemasan ini terjadi karena kurangnya pertimbangan gaya belajar yang berbeda pada setiap siswa. Saat ini, matematika harus dipandang secara positif untuk mengurangi kecemasan matematika. Oleh karena itu, guru harus memeriksa kembali metode pengajaran tradisional yang sering tidak cocok dengan gaya belajar siswa. Pelajaran harus disajikan dalam berbagai cara. Misalnya, konsep baru dapat diajarkan melalui bermain akting, kelompok koperasi, alat bantu visual, kegiatan nyata dan teknologi. Sehingga setelah siswa melihat matematika menyenangkan, mereka akan menikmatinya, dan matematika yang menyenangkan bisa tetap tertanam pada diri sepanjang hidup mereka.

    ReplyDelete
  15. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Kecemasan matematika guru dan masalahnya dapat berasal dari dalam diri guru, lingkungan guru, siswa, dan materi matematika yang diajarkan tersebut. Terkadang kecemasan tersebut hadir karena ketidaksiapan guru dalam mengajar matematika sehingga guru mengalami kesulitan dalam mengajar matematika. kecemasan guru dapat pula berasal dari sekolah yang menuntut sebuah nilai matematika dari siswa harus tinggi, sementara siswa sendiri tidak bisa mengejar ketinggalan materi yang disebabkan batasan waktu yang diberikan. Terkadang kecemasan guru juga berasal dari ketidakmampuan siswa dalam mengejar ketinggalannya dengan teman lainnya, guru juga harus berpikir keras bagaimana semua siswa harus mencapai tujuan pembelajaran matematika di kelas.

    ReplyDelete