Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)




Oleh Marsigit

Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, mathematical experiences adalah proses dan hasil-hasil riset matematika.

Sedangkan bagi siswa sekolah mathematical experiences dibangun diatas akumulasi keterampilan matematika (mathematical skills) yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika (mathematical content). Semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika (mathematical attitude and method) dan sikap pendukung (supporting attitude) serta internal motivation (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Kenyataannya memang bahwa Ujian Nasional telah memberikan tekanan (pressure) kepada guru sehingga guru cenderung melakukan lompatan-lompatan di dalam mendampingi siswanya yaitu langsung kepada mengolah mathematical experiences dengan cara melakukan drill atau latihan soal-soal (jalan pintas). Dengan demikian dampak pedagogik dari UN adalah bahwa guru kurang mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences. Dengan kondisi pembelajaran matematika yang demikian akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal mathematical intuition ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas pada umumnya.

47 comments:

  1. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Memang benar pada kenyataan guru hanya menggunakam jalan pintas agar nilai siswa baik. Guru selali berfokus pada nilai didalam melihat hasil prestasi siswa. Hal ini disebabkan tuntutan dari pemerintah didalam mengukur hasil belajar dengan adanya UN. Selain itu, sekolah juga selalu menetapkan nilai KKM. Ini sangat memberatkan guru, karna belum tentu seluruh siswa dengan nilai aslinya dapat menyentuh nilai KKM. Sehingga guru mengabaikan proses dalam memperoleh ilmu dan menghilanhkam mathematical experiences maka kemampuan kreativitas siswa didalam memecahkan masalah kuran dan siswa kurang mampu untuk berpikir kritis.

    ReplyDelete
  2. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Menumbuhkan intuisi melalui proses pembelajaran yang inovatif dan membangun, serta mengedepankan pengalaman siswa memang sangat penting. Namun, pada kenyataannya karena terjebak dalam mitos “seng penting nejar dan menyampaikan materi”, serta dikejar-kejar target ataupun waktu. masih ada pendidik yang memberikan secara mentah rumus matematika dan latihan soal. Pembelajaran seperti ini lama-kelamaan akan mematikan intuisi siswa untuk berpikir kreatif, kritis serta inovatif. Oleh karena itu, perbaikan dari berbagai segi harus dilakukan yakni dari menejement waktu pembejaran, system permbelajaran serta isi dari proses pembejaran itu sendiri , dan yang tidak kalah penting adalah memahami tujuan dari pembelajaran itu sendiri sehingga ramcangan pembelajaran dapat fokus untuk meraih tujuan. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  3. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Intuisi akan muncul dengan sendiri setalh siswa mendapatkan atau melatih keterampilan matematika dengan cara berlatih berulang-ulang dengan soal matematika tersebut. Sehingga, secara tak sadar siswa itu akan memmunculkan intuisi matematika itu sendiri. Ya benar dan saya sangat setuju dengan elegi yang tertulis diatas. Dengan adanya sistem UN, banyak dari guru maupun dari kita calon pendidik yang memberikan lompatan atau sering disebut cara cepat tanpa mengajarkan asal usul (teori) yang sebelumnya digunakan dalam menurunkan rumus matematika. Hal ini juga menjadikan siswa belajar instan tanpa menggunakan intuisi.

    ReplyDelete
  4. indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Saya sangat setuju bahwasannya intuisi matematika sangat penting untuk mengembangkan kreativitas pada anak didik. Melalui intuisi matematika, siswa mampu menghasilkan ide-ide atau gagasan yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan matematika secara kreatif. Oleh karena itu, intuisi matematika berguna pula untuk mengembangkan dan mengasah daya kreativitas pada peserta didik.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Banyak aspek yang harus diperhatikan untuk menumbuhkan intuisi pada peserta didik. Sedangkan pendidikan di Indonesia belum mampu menghadirkan setiap aspek tersebut dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan tolok ukur keberhasilan siswa hanya pada Ujian Nasional, sehingga para guru berfokus pada bagaimana membuat siswa mampu lulus Ujian Nasional. Sedangkan Ujian Nasional itu sendiri tidak mengukur intuisi siswa.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Ujian nasional diselenggarakan dengan maksud dan tujuan yang baik pada awalnya. Ujian nasional mulai menjadi momok semenjak ujian nasional menjadi standar kelulusan siswa. Ujian nasional seakan menjadi tujuan pembelajaran yang harus dicapai dengan segala cara, sehingga banyak dari guru menggunakan metode drill. Metode drill dinilai cukup ampuh dan cepat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan soal. Disisi lain siswa yang menggunakan metode drill akan kehilangan intuisi matematisnya, hal ini dikarenakan hilangnya pengalaman-pengalaman yang seharusnya hanya dapat diperoleh dengan pembelajaran yang bertahap.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  8. Seseorang siswa memulai dengan menambah berbagai keterampilan dalam matematika, yang kemudian akan memiliki pengalaman-pengalaman matematika yang dialamai oleh seorang siswa akan memunculkan intuisi matematika yang kemudian akan memunculkan kreativitas matematika dalam memecahkan berbagai permasalahan matematika. namun, terkadang di sekolah, seorang guru menjadi salah orientasi dengan langsung memberikan kosep, contoh soal, dan melakukan drill mengerjakan soal-soal matematika yang menjadi indikaindicatorar kelulusan ujian matematika. hal inilah yang akan berdampak buruk bagi kemampuan matematika siswa dalam kreativitas.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi matematika sangat diperlukan bagi seorang siswa. Menurut Kant (Wilder, R. L. , 1952), matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi “ruang” dan “waktu”. Konsep dan keputusan matematika yang bersifat “synthetic a priori” akan menyebabkan ilmu pengetahuan alam pun menjadi tergantung kepada matematika dalam menjelaskan dan memprediksi fenomena alam. Menurutnya, matematika dapat dipahami melalui “intuisi penginderaan”, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Bila siswa tidak terlatih untuk menggunakan intuisi matematika, maka kreativitasnya tidak akan berkembang dan sulit untuk menjelaskan atau memprediksi fenomena alam. Bahkan jika tidak mengasah intuisi kita, makasiswa akan berkembang menjadi orang yang binggung, tidak tahu arah tidak paham arah bahkan terkadang tidak tahu bagaimana memulai suaatu pekerjaan untuk menyelesaikannya. sehingga intuisi matematika akan membimbing untuk bekerja kearah mana dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  10. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intuisi siswa dalam berfikir matematika bisa dipertajam jika guru menerangkan dan memfasilitasi siswa sesuai dengan pemahaman mereka. Jika siswa masih belum faham, guru masih berkenan untuk menjelaskan apa yang siswa butuhkan. Namun, karena memang pada dasarnya guru sudah di tekan untuk memberikan hasil yang terbaik dalam ujian nasional, maka disini guru lebih condong untuk mengejar apa yang akan di bahas pada saat ujian nasional. Karena hl ini, banyak siswa yang hanya ikut pembelajaran namun tidak bisa memahami matematika secara benar, sehingga mengakibatkan intuisi matematika mereka tergolong rendah.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  11. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Pengalaman belajar yang bermakna dapat meningkatkan ketajaman intuisi siswa terhadap permasalahan matematika yang diberikan. Kurangnya waktu untuk melakukan reinforcement dan scaffolding bagi guru karena harus menyelesaikan target kurikulum akan berdampak pada kurangnya pengalaman belajar siswa. Demi mengejar materi sebelum ujian, kebanyakan pembelajaran hanya fokus pada hasil akhir. Terlalu banyak proses dan pengalaman belajar yang tidak dimaksimalkan, sehingga siswa tidak dapat mempertajam intuisinya. Siswa juga mendapatkan tekanan yang sama apabila guru mengajar di bawah tekanan. Ketatnya kurikulum ternyata tidak hanya membuat guru linglung, namun juga berpengaruh terhadap siswa

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Pendidikan saat saat ini lebih terfokus pada bagaimana cara agar siswa dapat lulus UN dengan nilai yang memuaskan, diterima di sekolah favorit, di terima kuliah di jurusan favorit, dan dapat bekerja di perusahaan bonafit. Hal ini menjadikan dalam pembelajaran seringkali guru melupakan proses pembelajaran yang sebenarnya. Proses pembelajaran saat ini lebih terfokus bagaimana rumus disampaikan dan siswa dapat menyelesaikan suatu soal menggunakan rumus tersebut berdasarkan contoh yang telah diberikan. Hal ini menjadikan ada bagian yang hilang dari rel pengetahuan siswa sehingga nantinya perjalanan siswa menjadi tersendat. Siswa cenderung bingung ketika diberikan suatu permasalahan baru karena kurangnya intuisi matematika mereka.

    ReplyDelete
  13. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Mungkin hal inilah yang sangat disayangkan, keadaan dimana keberadaan intuisi diabaikan. Meski sesuai dengan pendapat Thompson yang menyimpulkan bahwa intuisi muncul setelah tahap olah pengalaman, akan sangat disayangkan jika mereka yang belajar matematika hanya tercukupi dengan pengalaman melalui drill soal dan penyelesaian yang instan. Hal ini tentu sangatlah berdampak buruk untuk kedepannya. Siswa hanya dekat dengan rumus dan jauh dari intuisi matematika yang diharapkan.

    ReplyDelete
  14. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    PPS PMB 2017

    Kapan sebuah intuisi muncul?
    Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, pengalaman matematika adalah proses dan hasil-hasil riset matematika.

    ReplyDelete
  15. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    P. Mat B 2017 PPS

    Kebanyakan guru tidak memberikan fasilitas kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman matematika tersebut. Pengalaman matematika dapat diperoleh siswa ketika ia menjalani proses belajar mengajar sehingga pembelajaran itu menjadi bermakna untuk siswa. Beban ini secara tidak langsung menjadi beban siswa juga karena dengan waktu yang singkat dan materi yang banyak siswa menjadi kurang menjalani proses bermatematika sehingga tidak cukup banyak pengalaman matematika yang didapat.

    ReplyDelete
  16. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Ujian Nasional, ada banyak pro dan kontra terkait pelaksanaannya. Disatu sisi, bermanfaat untuk mengukur tingkat kesetaran pendidikan di Indonesia. Namun, dengan adanya Ujian Nasional menimbulkan anggapan bahwa keberhasilan suatu pembelajaran hanya dipandang dari segi hasil atau nilai saja. Bahkan mengesampingkan proses atau pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran. Hal ini lah yang menjadi penyebab siswa menjadi tertekan atau merasa takut akan Ujian Nasional. Bahkan siswa yang pandai sekalipun tak jarang mengalami kegagalan dalam Ujian Nasional. Selain siswa, guru pun ikut terpengaruh dengan adanya UN tersebut. Guru cenderung memberikan soal yang banyak yang mampu dikerjakan siswanya dengan cepat dan benar. Saya setuju dengan uraian di atas, bahwa dengan cara pembelajaran yang hanya mengandalkan output menyebabkan para siswa memiliki intuisi yang rendah yang berakibat fatal pada perkembangan kreativitas pemikiran siswa.

    ReplyDelete
  17. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Pengalaman matematika itu dapat dibangun dengan belajar matematika. Kemampuan matematika perlu didukung dengan memahami konsep matematika, sikap matematika dan motivasi dalam diri siswa. Hal inilah yang menjadikan intuisi dalam matematika itu penting. Matematika membutuhkan intuisi berfikir yang bersifat fleksibel dalam artian bisa dengan kehidupan sehari-hari karena salah satu intuisinya diperoleh melalui pengalaman dalam mempelajarinya. Dengan intuisi persepsi tentang matematika dapat berubah. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  18. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033

    Intuisi sangatlah penting dalam pembelajaran matematika, dan intuisi tersebut didapat dari sebuah pengalaman. Kenyataan saat ini, pembelajaran banyak terfokus untuk mencapai hasil ke arah Ujian Nasional tanpa memperhatikan proses pembelajaran seperti apa. Sesungguhnya dalam pembelajaran, yang terpenting adalah proses mendapatkan ilmu pengetahuan dibandingkan hasil yang didapatkan.

    ReplyDelete
  19. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Intuisis muncul berdasarkan pengalaman seseorang . Bagi siswa, intuisi muncul berdasarkan keterampilan dan pemahaman siswa. Oleh karena itu, guru perlu menyiapkan pembelajaran yang baik melalui metode dan suasana kelas yang baik sehingga dapat membatu siswa untuk memunculakn intuisi mereka saat pembelajaran.

    ReplyDelete
  20. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Keegosian pihak sekolah untuk menjadikan sekolahnya mendapatkan siswa-siswa pencetak nilai UN tertinggi menyebabkan guru diwajibkan untuk membuat siswa mencapai tujuan tersebut. Sehingga banyak dari guru yang menggunakan metode drill soal, di mana siswa lebih banyak menghafalkan soal dari pada memaknai materi pembelajaran . Hal ini akan berdampak negatif di mana siswa tidak memiliki pengalaman dalam memaknai pembelajaran namun pengalaman menghafalkan soal sehingga dapat mempengaruhi intuisinya. Siswa akan memperoleh intuisi apabila hanya dengan metode menghafal. Dan anggapan siswa bahwa matematika pelajaran yang susah dan tidak menyenangkan tidak akan pernah hilang.

    ReplyDelete
  21. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Kebijakan terkait pelaksanaan UN memberikan banyak dampak. Sekolah-sekolah berlomba-lomba agar siswa mereka menjadi peraih tertinggi dalam UN. Hal ini secara tidak langsung akan melambung nama sekolah. Namun langkah-langkah menuju hal tersebut malah mengaibaikan proses-proses pembangunan pengetahuan siswa. Guru seakan merasa lebih nyaman dengan cara-cara cepat. Hal inilah yang menyebabkan lemahkan perkembangan intuisi anak. Padahal tujuan pembelajaran bukan berkenaan dengan hasil semata namun bagaimana anak memiliki pengalaman dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  22. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Dari elegi ini maka intuisi matematika akan muncul setelah ada pengalaman dari siswa dalam belajar matematika dan pengalaman itu membutuhkan proses dan juga membutuhkan waktu. Maka dari itu untuk mendapatkan pengalaman itu siswa harus banyak terlibat dalam pembelajaran dan sebaiknya guru haruslah dapat menempatkan diri sebagai fasilitator bagi siswa. Sehingga matematika akan menjadi ilmu bila dibangun di atas intuisi.

    ReplyDelete
  23. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Saya sangat setuju dengan pernyataan Thomson yang menyatakan bahwa intuisi dibangun berdasarkan pengalaman siswa. Kita sebagai mahasiswa juga bisa meningkatkan kemampuan intuisi kita dengan banyak melakukan penelitian-penelitian. Seperti yang dijelaskan dalam uraian di atas bahwa, Intuisi dipengaruhi oleh beberapa aspek antara lain sikap, metode, dan motivasi internal. Namun sayang keberadan Ujian Nasional menghambat siswa untuk membangun ketrampilan intuisinya. UN membuat pembelajaran hanya fokus pada test oriented, sehingga guru hanya mengejar target nilai UN dan mengabaikan pembelajaran matematika yang melibatkan intuisi.

    ReplyDelete
  24. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Berdasarkan pengamatan saya, dengan adanya ujian nasional, siswa seakan dipaksa untuk belajar matematika secara instan dengan cara menghapal konsep atau menghapal rumus tanpa tahu konsep atau rumus tersebut didapat dari mana semata-mata agar mendapat nilai ujian nasional setinggi mungkin. Target ini juga membuat guru mengajar dengan tergesa-gesa dan mengajarkan inti-intinya saja. Padahal pengalaman belajar yang hendaknya paling diperhatikan oleh guru, apalagi sekarang ujian nasional bukan merupakan syarat kelulusan, jadi guru bisa lebih memaksimalkan pemahaman konsep dibanding mengajarkan cara-cara instan.

    ReplyDelete
  25. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Saat siswa dihadapkan pada masalah matematika yang menuntut untuk segera ditemukan penyelesaiaanya, mungkin saja siswa dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan segera. Hal ini dapat terjadi apabila mereka telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik mengenai masalah tersebut. Sebaliknya ketika mereka mengalami kesulitan dalam penyelesaiaanya, tentu mereka akan cenderung berusaha menyajikannya dengan perantara/model agar secara intuitif masalah tersebut mudah diterima dan dipahami. Pada kondisi seperti itu kemampuan intuisi dipandang penting untuk dimiliki siswa, sebab intuisi akan membantu siswa dalam melakukan lompatan pikiran ke arah pemecahan masalah yang diinginkan. Argumen tersebut sesuai dengan pendapat Fischbein yang mengatakan bahwa intuisi dapat dijadikan sebagai kognisi antara mediating cognitive. Dalam pengertian ini, intuisi dapat dijadikan jembatan pemahaman seorang siswa sehingga dapat memudahkan dalam mengaitkan objek yang dibayangkan dengan alternatif solusi yang diinginkan. Dengan kata lain, intuisi mampu membantu menentukan strategi atau langkah yang harus dilakukan untuk mencapai solusi suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  26. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    1. Mengembangkan intuisi untuk konsep-konsep matematika abstrak adalah keterampilan yang membutuhkan pengalaman dan latihan yang cukup. Definisi, teorema, dan bukti-bukti penting untuk representasi matematika, tetapi tidak sedikit pula matematikawan yangmengandalkan visualisasi dan mempertahankan contoh kunci dalam pikiran. Sementara hal tersebut tidak bisa diterapkan dalam matematika sekolah.

    ReplyDelete
  27. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    2. Intuisi matematika ibarat benih (bibit). Sedangkan pengalaman matematika ibarat pupuknya. Matematika sekolah sebagai tanah dan guru sebagai petani (perawat tanaman). Rasa ingin tahu peserta didik sebagai air yang membasahi tanah (matematika sekolah) agar tidak tandus dengan kata lain matematika tetap dianggap menyenangkan. Guru sebagai petani memfasilitasi pengalaman matematika peserta didik agar intuisi mereka tumbuh dan berkembang. Sementara sikap dan metode matematika adalah cahaya matahari bagi tanaman tersebut. walaupun tanaman diberi pupuk dan disirami dengan air apabila tidak terkena cahaya matahari (sikap dan metode matematika) maka tidak akan berkembang. Begitupun dengan intuisi matematika yang memerlukan sikap dan metode matematika sebagai penyeimbang tumbuh dan berkembang.

    ReplyDelete
  28. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Memang dilematis ketika tuntutan kurikulum yang tinggi sedangkan waktu terbatas maka jalan singkat yang ditempuh guru adalah memberikan materi matematika dengan langkah-langkah yang tidak memberikan pengalaman/aktivitas matematika kepada siswa. Tolak ukur keberhasilan siswa masih dilihat hanya berdasarkan nilai, salah satunya nilai UN. Menurut saya jika guru memahami betapa pentingnya intuisi dalam belajar matematika sehingga penting membelajarkan matematika dengan aktivitas yang memberikan pengalaman belajar matematika kepada siswa maka akan terciptalah pembelajaran matematika yang menyenangkan. Guru dituntut untuk selalu kreatif dalam mengelola kelas, karena berhasil atau tidaknya sebuah pembelajaran bergantung kepada gurunya.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Adanya UN, membuat orientasi pendidikan menjadi berubah. Hal itu karena, hasil akhir hanya ditentukan oleh nilai UN saja. Hal itu membuat proses pembelajaran yang harusnya menbangun pengalamn belajar siswa sehingga menjadikan siswa dapat berpikir kreatifpun berubah. Pembelajaran menjadi terfokus hanya mengejar nilai akhir, sehingga pembelajaran hanya difokuskan bagaimana cara menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat. Padahal tujuan utaman pembelajaran mateamtika bukan hanya mengerjakan soal, namun untuk membangun pengalaman belajar siswa dalam bermatematika sehingga siswa dapat berpikir kritis, logis dalam memecahkan masalah. Terimaksih

    ReplyDelete
  31. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Siswa akan memiliki intuisi dalam pelajaran matematika jika ia telah melewati tahap mathematical experiences, bisa berupa misalnya siswa berlatih mengerjakan soal-soal matematika secara teratur. Intuisi tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika (mathematical attitude and method) dan sikap pendukung (supporting attitude) serta internal motivation (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Rasa senang pada pembelajaran matematika datang dari diri siswa sendiri. Pemikiran intuitif dapat dikembangkan dengan terus mengexplore masalah-masalah matematika dari berbagai sudut pandang tanpa batas. Guru dapat memberi ruang kepada siswa melalui forum diskusi untuk mengembangkan produktivitas intuisi siswa dalam bermatematika. Kompetensi-kompetensi yang ada dalam matematika hendaknya dapat terus dieksplorasi dalam rangka menumbuhkembangkan daya kreatifitas siswa untuk memunculkan ide-ide pemecahan masalah. Hal ini tentu akan bermanfaat bagi siswa karena belajar matematika akan menjadi lebih mudah apabila siswa telah produktif dalam berintuisi matematis.

    ReplyDelete
  32. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Intuisi diperlukan dalam pembelajaran matematika sebab dengan adanya intuisi siswa akan lebih cepat dalam memahami pelajaran matematika. Intuisi dapat diperoleh setelah adanya pengalaman matematika. Saat ini, intuisi siswa cenderung miskin sebab saat ini guru tertekan oleh adanya Ujian Nasional. Ujian Nasional ini menyebabkan guru hanya menekankan pada siswa dapat lulus dengan nilai tinggi dan bukan menekankan pada bagaimana proses-proses siswa dalam menyelesaikan masalah atau soal matematika. Para guru memberikan trik atau rumus cepat yang cenderung mengurangi pemahaman dan ketrampilan matematika siswa yang berakibat pada berkurangnya intuisi siswa. Sering kita jumpai guru melakukan drill atau latihan soal-soal menjelang Ujian Nasional yang membuat siswa cenderung bosan dan penat. Tentu saja ini dapat membuat siswa menjadi kurang menyukai matematika sehingga intuisi siswa pun akan berkurang. Sebab salah satu hal yang mendukung pengalaman matematika siswa adalah motivasi atau rasa senang dari dalam diri siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  33. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Menurut Thompson intuisi matematika akan muncul setelah melalui tahapan mengolah pengalaman matematika. Untuk itu, guru sebagai fasilitator harus mengelola pengalaman matematika siswa-siswinya sebaik-baiknya agar intuisi matematika siswa dapat berkembang dengan baik. Suatu ilmu akan lebih mudah dipelajari ketika seseorang dengan ikhlas mempelajari ilmu tersebut. Pada dasarnya siswa akan lebih mudah memahami matematika secara intuisi daripada secara formal karena hal itu sesuai dengan tahap perkembangan psikologi mereka. Dengan membelajarkan matematika secara intuitif maka diharapkan siswa akan mempelajari matematika dengan ikhlas bukan hanya karena terpaksa dan hanya bertujuan untuk lulus UN.

    ReplyDelete

  34. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Dewasa ini, banyak terjadi fenomena-fenomena dimana sekolah-sekolah berlomba-lomba untuk mendapat peringkat atau nilai terbaik dalam pelakasanaan UN. Hal ini memberikan tekanan kepada semua guru untuk mengantarkan siswa-siswanya mendapat target tersebut. Namun, kendala waktu yang terbatas membuat banyak guru melewatkan prosesnya dan hanya melakukan drill latihan soal yang mungkin untuk muncul pada soal UN. Padahal diciptakan standar dari UN itu adalah dengan untuk arahan proses pembelajaran akan dibawa, namun yang terjadi dilapangna justru malah standar ini membuat proses menjadi ketersampingkan. Pada pembelajaran matematika, jika metode yang digunakan hanya drill maka siswa cenderung lebih menghapal rumus yang sering digunakan tanpa memahami hakekat sesungguhnya sehingga yang mereka dapat hanya sebuah mitos saja.

    ReplyDelete
  35. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Intuisi siswa menrut Thompson akan muncul setelah siswa mengalami banyak kegiatan matematika. kegiatan matematika ini dapat dibangun dari keterampilan matematika yang didukung oelh pengetahuan dan pemaham mateamtika serta terdapat sikap pendukung dan motivasi dari dalam diri siswa. Dengan demikian akan berkembanglah intuisi siswa. Namun prakteknya, guru hanya melakukan drilling soal yang mana hal tersebut kurang mampu mengolah proses pembentukan intusi mateamtika siswa.

    ReplyDelete
  36. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dewasa ini memang masih banyak sekali ditemui pembelajaran matematika yang hanya mengejar kemampuan siswa dalam mengerjakan soal UN, bukan mengejar ketercapaian hakikat pembelajaran matematika yang sesungguhnya. Hal ini disebabkan karena banyaknya materi yang harus dikuasai untuk menghadapi UN, sehingga guru hanya menggunakan sistem drill soal-soal. Guru tidak memperhatikan lagi pengalaman-pengalaman matematika yang harus didapat siswa untuk mendapat intuisi matematika. Padahal intuisi matematika sangatlah penting untuk mengembangkan kreativitas siswa yang akan berguna di kehidupan sehari-hari.
    Tugas bagi guru/calon guru untuk menemukan desain pembelajaran yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan siswa, baik dalam hal menghadapi ujian maupun pengembangan intuisinya

    ReplyDelete
  37. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dari postingan di atas, maka timbul tanggungjawab besar bagi guru untuk menyinkronkan antara melatih kemampuan berpikir siswa dengan memberikan pengalaman-pengalaman sehingga meningkatkan intuisi matematika siswa tanpa melupakan tujuan utama pendidikan, dengan fenomena saat ini yaitu mengejar nilai UN yang dianggap sebagai tujuan untuk memperoleh nilai bagus agar bisa masuk ke jenjang sekolah berikutnya. Maka untuk menanamkan siswa yang kurang akan intuisi yaitu menerapkan pembelajaran bermakna. Karena sesuatu yang bermakna akan berkesan bagi siswa, dan dapat diingat lama oleh mereka. Disini menjadi tugas guru sebagai pendidik untuk mempersiapakan strategi untuk menciptakan belajar bermakna

    ReplyDelete
  38. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Matematika dapat dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi ruang dan waktu. Apabila peserta didik tidak terlatih untuk menggunakan intuisinya, maka kreativitasnya tidak akan berkembang dan sulit untuk menjelaskan atau memprediksi fenomena alam yang dapat membantu dalam memahami materi yang hendak diajarkan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  39. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Ketika membaca postingan ini, terdapat masalah dalam meningkatkan intuisi matematika dengan beban kurikulum serta beban ujian nasional dengan pernyataan yang disampaikan oleh Thompson. Permasalahan ini bukanlah permasalahan yang baru muncul, namun permasalahan yang solusinya sulit untuk dicari. Intuisi yang berkembang dengan baik melalui eksperimen atau pengalaman-pengalaman langsung siswa terhadap apa yang dia pelajari. Namun, hal itu bertolak belakang dengan pendidikan di Indonesia yang dipacu untuk mengetahui banyak materi dalam kurun waktu yang singkat demi menyelesaikan jenjang pendidikan, sehingga pengalaman siswa mengenai pengetahuan yang dipelajarinya kurang mendalam. Saran saya mungkin untuk para pembuat kebijakan pendidikan, dalam menetapkan kebijakan ikut sertakan para pendidik atau penggerak pendidikan agar dapat lebih mengena kebijakan tersebut bagi setiap aspek pendidikan, sehingga tidak ada yang terzalimi, karena kebijakan tersebut.

    ReplyDelete
  40. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Dengan memberikan contoh - contoh bagaimana memecahkan suatu masalah matematika, tanpa memberikan arahan kepada siswa bagaimana memecahkan masalah matematika maka siswa cenderung diam,membosankan,dan kurangnya rasa percaya diri. Sehingga dengan cara demikian siswa kurang kreatif dalam memecahkan masalah.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  41. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Siswa hanya mampu memecahkan masalah matematika apabila caranya telah diberikan oleh guru. Dengan demikian, maka siswa seringkali dihadapkan pada beberapa kesulitan, misalnya tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan masalah yang diberikan. Dalam masalah matematika ini maka diperlukannya suatu intuisi baik intuisi siswa dalam memahami masalah, intuisi siswa dalam merencanakan pemecahan masalah, intuisi siswa dalam melaksanakan pemecahan masalah dan intuisi siswa dalam melihat kembali hasil pemecahan masalah.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  42. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Pengalaman matematika bagi orang dewasa ialah melalui penelitian-penelitian yang relevan atau temuan-temuan lain yang terkait dengan konsep matematika. Sednagkan bagi siswa, pengalaman matematika diperoleh jika siswa mendapatkan matematika dalam konsep yang terintegrasi dengan kehiduapn kesehariannya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  43. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Siswa dapat dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran matematika salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran proyek, terlebih lagi jika proyek yang diberikan kepada siswa ialah proyek yang emmang biasa ditangani oleh siswa, bukan proyek yang dibuat-buat. contoh misalkan siswa yang hidup di daerah pesisir, maka pembelajaran dapat dikaitkan dengan kekayaan alam kelautan yang ada di daerahnya. Misal dalam pembelajaran konsep nilai bilangan menggunakan kulit kerang, dan sebaginya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  44. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan simpulan mengenai intuisi matematika menurut Thomson (1993) di atas, dapat kita ketahui bahwa intuisi matematika akan datang setelah pengalaman yang kita miliki diolah dengan baik. Pengalaman matematika tersebut dapat kita peroleh dengan melakukan riset atau penelitian. Sehingga semakin banyak penelitian yang kita lakukan maka intuisi matematika kita juga akan semakin meningkat.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  45. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Salah satu contoh intuisi matematika setelah adanya pengalaman yaitu sebagai berikut. Ketika siswa diberikan perintah untuk mengerjakan tugas ataupun latihan ujian matematika secara menerus dengan metode monoton dan soal yang diberikan juga tidak bervariasi maka akan membuat siswa kehilangan intuisinya dalam mengerjakan soal. Dengan kata lain, pengalaman dan pemahaman materi matematika yang dikerjakan dengan jelas dan tepat akan menjadikan pengalaman bagi siswa dan menumbuhkan intuisi pada diri siswa karena pda dasarnya intuisi akan membantu dalam pemahaman belajar.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  46. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Betapa intuisi dalam belajar matematika itu sangat penting. Intuisi matematika akan muncul setelah siswa mencoba sendiri soal-soal matematika yang diberikan. Dengan latihan dan pengalaman yang ia telah lakukan, maka intuisinya akan terasah. Sayangnya, banyak faktor yang tidak mendukung terasahnya intuisi seorang siswa. Bisa dari guru, minat dan motivasi siswa, atau bahkan kebijakan dari pemerintah yang memberatkan siswa.

    ReplyDelete
  47. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Seperti pepatah jawa "witing tresno jalaran saka kulina". Seringnya siswa belajar matematika dengan kesadarannya sendiri bisa menunjukkan bahwa siswa tersebut senang dengan matematika. Kesenangan dalam bermatematika bisa memunculkan pengalaman-pengalaman matematika. Hal ini bisa melatih intuisi siswa dalam bermatematika. Banyak faktor yang menyebabkan siswa senang dengan matematika. Kalau saya sendiri sangat menyukai matematika karena guru matematika saya smp sering memberikan motivasi-motivasi hidup dan sering memberi pujian bagi siswa yang nilainya bagus ataupun bisa menjawab pertanyaan di kelas.

    ReplyDelete