Feb 12, 2013

Some Problems in the Effort of Promoting Innovations of Teaching Learning of Mathematics and Sciences in Indonesia




By Marsigit

The identification of the problems comes from some cases: pre-service teacher training programs, teacher certification program through training, teacher certification program trough course.

The main problem is how to promote innovative teaching learning of Mathematics and Sciences.

The promotion means to move from teacher centered of teaching be a students centered.

In the implementation to peer teaching, the identified problems are as follows:
1) how to involve the students from the very early of teaching learning processes,
2) how to facilitate all students with all their different characteristics, 3) how to develop students work sheet,
4) how to develop the structure of teaching learning,
5) how to develop the schema for interaction,
6) how to develop the scheme for achieving students' competencies,
7) how to develop supporting teaching aids,
8) how to develop teaching material,
9) how to develop Lesson Plan, and
10) how to develop Practical Work?

It was indicated that the teacher has difficulty how to encourage the engagement of their students.

Usually, from the start of their teaching the teachers employ greatly on their expository to introduce, to inform, to consolidate and to explain.

So from the beginning of the lesson the students are always in the passive position.

The affects of the situation is then clearly to identified that the teachers are characterized as to dominate the initiation, to dominate the activities, end even to dominate the creativity.

For the higher achievement students the teacher suggests them to wait the others; and for the lower achievement students the teacher tend to encourage them un-proportionally.

The teacher develops students work sheet in a single form and it mostly as a collection of problems.

Group discussions to be promoted are usually characterized as pseudo-group means that while the teacher let the students work in the groups, the teachers are still delivering their explanation to the whole class.

The most clear structure of teaching is in the schema of introduction, content and closing remark.

However, the teachers have not had a clear schema how to achieve students' competencies and how to develop the schema of interaction as well.

The reference for developing teaching aids and teaching material is still limited so that the teachers seemed to have difficulties to develop them.

The most crucial thing is that teachers' perception not to pay seriously on Lesson Plan preparation.

Most of the teachers prepare a very simple form of Lesson Plan that mostly they are expected by the supervisor, head teachers as well as the local government of education.

Yogyakarta, October 2010

11 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam beberapa program pelatihan memang selalu memiliki permasalahannya sendiri-sendiri. Banyak permasalahan yang teridentifikasi saat proses pelatihan dalam peer-teaching. Misalnya saja bagaimana membuat dan melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Karena hal ini yang selalu menjadi perhatian bagi para guru dan bahkan para calon guru sekalipun. dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran maka kita sudah membuat pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Inovasi pembelajaran adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif dari hal yang sudah ada sebelumnya, serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu sistem, maka inovasi pembelajaran harus mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem tersebut, baik dalam artian kurikulum, media, metode, kebijakan, maupun hal lain yang berhubungan dengan pembelajaran. Kondisi riil dalam pelaksanaannya latihan yang diberikan tidak sepenuhnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika. Rendahnya mutu pembelajaran dapat diartikan kurang efektifnya proses pembelajaran. Penyebabnya dapat berasal dari siswa, guru maupun sarana dan prasarana, minat dan motivasi siswa yang rendah, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai akan menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Inovasi pembelajaran adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif dari hal yang sudah ada sebelumnya, serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu sistem, maka inovasi pembelajaran harus mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem tersebut, baik dalam artian kurikulum, media, metode, kebijakan, maupun hal lain yang berhubungan dengan pembelajaran. Kondisi riil dalam pelaksanaannya latihan yang diberikan tidak sepenuhnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika. Rendahnya mutu pembelajaran dapat diartikan kurang efektifnya proses pembelajaran. Penyebabnya dapat berasal dari siswa, guru maupun sarana dan prasarana, minat dan motivasi siswa yang rendah, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai akan menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Inovasi dalam pembelajaran dibutuhkan pada saat sekarang ini. Dengan adanya inovasi, kita banyak memeberikan perubahan pada sistem pendidikan terkhusus pada peserta didik. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran menjadikan pendidikan kita bisa bersaing dan tidak tergerus oleh pesatnya globalisasi. Namun merubah sesuatu yang telah membudaya tidaklah mudah. Bagi guru yang kurang wawasannya mengenai inovasi menjadikan pendidikan lebih cenderung masih tradisional. Maka perlu adanya pelatihan-pelatihan bagi para guru untuk memberikan pengetahuan mengenai pendidikan yang dibutuhkan sekarang ini.

    ReplyDelete
  5. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Inovasi dalam pembelajaran dibutuhkan pada saat sekarang ini. Dengan adanya inovasi, kita banyak memeberikan perubahan pada sistem pendidikan terkhusus pada peserta didik. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran menjadikan pendidikan kita bisa bersaing dan tidak tergerus oleh pesatnya globalisasi. Namun merubah sesuatu yang telah membudaya tidaklah mudah. Bagi guru yang kurang wawasannya mengenai inovasi menjadikan pendidikan lebih cenderung masih tradisional. Maka perlu adanya pelatihan-pelatihan bagi para guru untuk memberikan pengetahuan mengenai pendidikan yang dibutuhkan sekarang ini.

    ReplyDelete
  6. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Pembelajaran yang inovatif merupakan hal yang dibutuhkan apalagi pada kurikulum 2013. Inovatif berarti pembelajaran yang membuat siswa dapat berpikir kreatif, bebas berpikir, kritis. Pembelajaran tersebut dapat melibatkan siswa dalam proses belajar, memfasilitasi siswa, mengembangkan struktur pembelajaran, mengembangkan skema, dll. Oleh karena itu saat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran guru harus aktif, bervariasi, kreatif dalam mengatur proses belajar siswa agar terfasilitasi saat proses pembelajaran. Harapannya guru dapat mengaplikasikan setiap rencana dalam pembelajaan tersebut agar impian untuk mewujudkan pembelajaran inovatif dapat terwujud.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Saat ini, lebih tepatnya sejak diberlakukannya kurikulum KTSP dan sekarang kurikulum 2013, sebenarnya dari segi kurikulum arah pendidikan Indonesia paradaigma-nya mulai berubah yaitu dari berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Akan tetapi pada prakteknya, permasalahan utama dalam pembelajaran adalah banyak guru yang kesulitan (bahkan mungkin ada yang enggan) untuk mengubah paradigma tersebut. Sebagai seorang guru hendaknya memperhatikan kemampuan dan kondisi siswanya dan melakukan proses pembelajaran yang adil tidak hanya memprioritaskan pada siswa yang pandai saja atau sebaliknya, melainkan sebisa mungkin melibatkan seluruh anggota kelas. Sebelum melaksanakan pembelajaran hendaknya guru membuat RPP dengan baik dengan memperhatikan hal-hal tersebut dengan baik, serta melaksanakannya dengan penuh komitmen dengan harapan pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

    ReplyDelete
  8. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum, wr.wb
    Terima kasih atas postingannya pak. Begitu banyak hal yang menjadi problematika dalam pendidikan kita terutama dalam pelatihan inovasi pembelajaran matematika di Indonesia. Memang kondisi saat ini masih dalam masa peralihan kurikulum. Pemerintah harus lebih keras memberikan penyadaran kepada guru dan sekolah tentang terjadinya dualime implementasi dua kurikulum. Hal tersebut menimbulkan kegelisahan terutama bagi guru yang berperan sebagai pelaksana kebijakan pemerintah.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra SAputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Perubahan paradigma dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran yang inovatif tidak dapat ditawar lagi. Perubahan zaman telah memberikan tantangan untuk dapat menciptakan SDM yang berkualitas. Diantaranya mampu berpikir logis, kritis, dan kreatif. Sementara itu, pembelajaran tradisional lebih banyak membuat siswa pasif dan akan berdampak pada kehidupannya. Memang perubahan tidaklah mudah untuk dilaksanakan. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya permasalahan yang masih ditemui dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif. Maka perubahan paradigma ini memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari guru untuk menciptakan pembelajaran yang benar-benar mampu membelajarkan siswa. Guru-guru perlu berkolaborasi dan berdiskusi dalam menyelesaikan berbagai kendala yang ditemui.

    ReplyDelete
  10. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Lesson plan is one of the important things that teachers must prepare by their own, not only by expecting the supervisors. The identification of the problems above is pointing out stuffs that we need to develop so we can have a better education system.

    ReplyDelete
  11. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Perubahan kurikulum di Indonesia saat ini sudah menunjukkan usaha pemerintah untuk merubah paradigma pendidikan kita dari yang dulunya berpusat ke guru menjadi berpusat ke siswa. Namun hal ini tidak serta merta berjlan dengan baik karena kurangnya training yang diberikan oleh guru dalam menjalan kan perubahan ini. Guru masih sangat kurang dalam pelatihan yang memadai sehingga perubahan ini masih sekedar wacana dalam pengaplikasiannya.

    ReplyDelete