Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika




Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1:

Intuisi dalam Matematika

Oleh Marsigit


Saya nukilkan pendapat Thompson bagaimana peran intuisi dalam matematika berikut ini:

"Any satisfactory analysis of the role of intuition in mathematics should recognize it as a versatility in measuring up new situations, or even conjecturing them, using a rich repository of recurrent and strategically-important schema or conceptual structures, painstakingly abstracted from sensory experience by the intellect, constrained by the languages available to us at the time, and influenced by the accumulated resources of our cultural and scientific heritage: what intuition does not do is constitute an insight gained by reason, through some remarkable clairvoyant power that is an insight, which, for Gödel, seemingly paved the way towards a crystal-clear apocalyptic vision of mathematics, or, for Descartes, paved the way into the ultimate structure of the human mind"

References:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K,

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Intuisi dalam matematika adalah kegiatan pikiran manusia dalam memahami matematika. Upaya manusia dalam memahami matematika memerlukan bantuan intuisi. Sedangkan intuisi sendiri perlu dikembangkan. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya intuisi adalah pengalaman-pengalaman yang direkan oleh indra manusia yang kemudian diekstrakoleh pikiran manusia dan menjadi wawasan. Wawasan-wawasan inilah yang nantinya akan membentuk intuisi matematika. Ini yang memebedakan manusia dan binatang yaitu memiliki dan tidak memiliki intuisi. Binatang tidak mungkin memiliki intuisi karena mereka tidak dapat mengekstrak pengalaman-pengalam mereka menjadi wawasan. Sedangkan manusia mampu mengekstrak pengalaman bermatematika menjadi suatu wawasan matematika yang nantinya membentukintuisi matematika.
    Peran penting intuisi dalam mempelajari suatu ilmu ini lah yang secara langsung juga mengatakan bahwa intuisi penting dalam mempelajari matematika. Ketika manusia mengalami situasi baru dalam bermatematika maka ia akan berpikir bahwa hal tersebut adalah abstrak. Lalu manusia mulai mencari-cari wawasan yang relevan dan berhubungan dengan situasi abstrak tersebut yang tentu saja dirasa lebih masuk akal. Dengan mengaitkan struktur wawasan tersebut akirnya manusia mampu memahami pengetahuan baru tentang matematika. Dalam proses inilah intuisi berperan penting dalam matematika. Intuisi memanfaatkan pengalaman-pengalaman untuk memahami ilmu pengetahuan baru. Tetapi secara timbal balik ilmu pengetahuan baru itupun menjadi pengalaman yang nantinya juga digunakan olehintuisi untuk membentuk ilmu pengetahuan baru lainnya.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete