Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika




Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1:

Intuisi dalam Matematika

Oleh Marsigit


Saya nukilkan pendapat Thompson bagaimana peran intuisi dalam matematika berikut ini:

"Any satisfactory analysis of the role of intuition in mathematics should recognize it as a versatility in measuring up new situations, or even conjecturing them, using a rich repository of recurrent and strategically-important schema or conceptual structures, painstakingly abstracted from sensory experience by the intellect, constrained by the languages available to us at the time, and influenced by the accumulated resources of our cultural and scientific heritage: what intuition does not do is constitute an insight gained by reason, through some remarkable clairvoyant power that is an insight, which, for Gödel, seemingly paved the way towards a crystal-clear apocalyptic vision of mathematics, or, for Descartes, paved the way into the ultimate structure of the human mind"

References:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K,

59 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Intuisi dalam matematika berasal dari insight yang diperoleh dengan alasan, melalui beberapa kekuatan yang luar biasa. Proses belajar mengajar juga mempengaruhi intuisi dalam diri kita sendiri karena intuisi dan belajar adalah dua hal yang berjalan paralel dan berkelanjutan. Ingatlah bahwa intuisi adalah hasil dari pemikiran kita dalam proses belajar mengajar. Namun, setiap orang memiliki intuisi yang berbeda. Semua orang memiliki intuisi mereka sendiri. Jadi, jika guru ingin siswanya memiliki intuisi matematika, mereka harus membebaskan siswa untuk mencari intuisi mereka.Intuisi memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran matematika. Intuisi dapat diperoleh dari pengalaman-pengalaman hidup siswa. Intuisi dapat pula mengarahkan seseorang kepada struktur utama pikiran pada dirinya. Selanjutnya, intuisi itu sendiri tidak dapat didefinisikan atau dijelaskan secara terperinci karena intuisi datang tanpa adanya penalaran rasional. Dalam proses pembelajaran matematika, hendaknya guru dapat mengembangkan intuisi matematika pada siswa. Guru dapat memberikan pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan memfasilitasi para siswa. Guru juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan matematika dari hasil pemahaman siswa. Dengan demikian, siswa tidak akan kehilangan intuisinya.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Memang tidak bisa dipungkiri bahwa intuisi mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika, namun intuisi dalam pembelajaran matematika lebih bersifat filosofis, dari intuisi itu sebenarnya bisa kita bawa kepada arah matematis, namun memerlukan pemahaman yang kuat dan lebih dalam. Adakalanya suatu ilmu itu berasal dari intuisi, dan dari intuisi ini nanti bisa jadi berubah pada keilmuan yang bisa dibuktikan dengan secara ilmiah, sehingga dapat saya simpulkan bahwa intuisi tidak bisa diabaikan dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  3. Intuisi mempunya peranan dalam kehidupan individu manusia. Pengetahuan yang muncul dengan tiba-tiba tanpa diketahui cara pembuktiannya sejalan perkembangan zaman akan terbukti pengetahuan tersebut secara empiris. Intuisi dapat dirasakan tetapi sulit untuk dideteksi atau mengukurnya. Suatu ilmu harus mempunyai sumber pengetahuan dan obyek pengetahuannya. Sedang intuisi sulit untuk mengetahui sumber dan obyeknya. Dengan perkembangan zaman dan perkembangan pemikiran maka intusi akan menjadi pengetahuan yang dapat dijelaskan dan dapat dipahami.

    ReplyDelete
  4. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Intuisi dalam pembelajaran matematika. Sebelum kita mempelajari matematika, kita perlu menemukan dulu “intuisi murni” pada akal atau pikiran kita. Menurut Lant, intuisi murni ini terdiri dari tiga tahap intuisi yaitu intuisi penginderaan, intuisi akal dan intuisi budi. Intuisi penginderaan terkait dengan obyek matematika yang dapat diserap sebagai unsur a posteriori. Intuisi akal mensistesikan hasil intuisi penginderaan ke dalam intuisi ruang dan waktu. Dan dengan intuisi budi, akal kita dihadapkan pada putusan-putusan argumentasi matematika. Saya kira kita perlu mempertajam intuisi-intuisi ini dalam sebuah pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  5. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisi dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Inilah tugas kita untuk memilih pendapat mana yang paling mendekati pemikiran kita dan manakah yang paling mendekati kebenaran yang sebenarnya. dan bagaimana memanfaatkan keberagaman pendapat tersebut dan menjadikannya sebagai pendukung teori yang kamu inginkan, bukan untuk merusak peradigma matematikamu. Peran intuisi dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. Jika intuisi tidak lakukan maka itu merupakan suatu wawasan yang diperoleh dengan berbagai alasan, padahal intuisi itu berasal dari beberapa wawasan yang luar biasa.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Dalam psikologi pembelajaran matematika, intuisi dapat dibagi menjadi dua, yaitu intuisi tidak ahli (awam) dan intuisi ahli. Untuk membangun intuisi ahli atau intuisi yang baik dalam diri anak, maka dibutuhkan kecerdasan reflekstif. Kecerdasan reflektif lebih jauh dapat diartikan sebagai memikirkan cara berpikir, artinya ketika seseorang atau anak diberikan pertanyaan misalkan 2x2, dan mereka langsung menjawab 4, maka anak yang mempunyai kecerdasan reflektif akan memikirkan apakah jawabannya tadi benar atau salah dan bagaimana cara mendapatkan hasil empat. Selain itu, untuk membangun intuisi yang baik dibutuhkan pengalaman-pengalaman yang kontinu dalam menerapkan konsep yang telah didapat dalam berbagai bentuk permasalahan. Oleh karena itu guru semestinya memberikan ruang kepada siswa agar bisa mengembangkan intuisi yang mereka miliki dengan cara memberikan stimulus-stimulus yang membangun intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  7. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Menurut Immanuel Kant matematika harus dipahami dan dikonstruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi “ruang” dan “waktu”. Konstruksi konsep matematika berdasar intuisi ruang dan waktu akan menghasilkan matematika sebagai ilmu yang bersifat sintetik a priori. Tahap konstruksi tersebut melalui tiga tahap intuisi yaitu intuisi penginderaan, intuisi akal (verstand), dan intuisi budi (vernuft). Ketiga tahapan tersebut akan dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut,
    1. Intuisi penginderaan
    Konsep matematika pertama-tama diperoleh secara a priori dari pengalaman dengan intuisi penginderaan, tetapi konsep yang diperoleh tidaklah bersifat empiris melainkan bersifat murni karena disesuaikan dengan akal kita. Proses demikian merupakan langkah pertama yang harus ada dalam penalaran matematika.
    2. Intuisi akal
    Proses selanjutnya adalah proses sintetik yang terjadi dalam intuisi akal yang menungkinkan dikonstruksinya konsep matematika yang bersifat sintetik dalam ruang dan waktu.
    3. Intuisi budi
    Sebelum diambil putusan-putusan dengan intuisi budi, terlebih dahulu objek-objek matematika disintesiskan ke dalam kategori-kategori yaitu kuantitas, kualitas, relasi, dan modalitas.

    ReplyDelete
  8. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Intusisi adalah "Tenaga rohani", suatu kemampuan yang mengatasi rasio, kemampuan untuk menyimpulkan serta memahami secara mendalam. Setiap individu dilahirkan ke dunia ini tentunya dengan intuisi masing-masing. Begitu pula dengan siswa-siswa. Oleh karena itu di dalam proses pembelajaran guru tidak boleh mematikan intuisi siswanya dengan memaksakan kehendak siswa karena intuisi itu penting adanya. Intuisi matematika oleh seorang siswa menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengna intuisi, siswa mampu menghubungkan pengalaman-pengalaman matematikanya untuk mengontruksi pengetahuan baru dan memahami bahasa matematika dengan baik.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan khususnya matematika adalah melaluii intuisi. Intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Dengan adanya intuisi dapat mengembangkan kreativitas dan potensi yang dimilikinya. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuisi merupakan komponen penting dalam belajar matematika. Intuisi sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Intusi ini biasanya datang secara tiba-tiba dan diluar sadar kita. Namun, intuisi itu dapat dibangun melalui pengalaman dan kebiasaan-kebiasaan yang diasah. Sehingga, dalam pembelajaran matematika, guru berperan sebagai fasilitator siswa dalam mengembangkan intuisi mereka. Maksudnya, guru menggunakan benda konkret terlebih dahulu sebelum memberikan konsep matematika yang bersifat abstrak, memberi kesempatan siswa mengeksplor kemampuannya, memberi kesempatan untuk mencari pola baru dan menyelesaikan masalah tersebut menggunakan caranya sendiri, dsb. Dengan seperti itu intuisi siswa dapat berkembang.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    menurut saya intuisi memang bersifat fleksibel. pada dasarnya memang tidak memiliki dasar yang cukup kuat jika seseorang meminta untuk dibuktikan,. namun, intuisi memiliki keyakinan yang menurut kita cukup beralasan, karena intuisi di ranah ini berdasarkan pengalaman yang kita alami dengan panca indra kita

    ReplyDelete
  12. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Intuisi dalam matematika merupakan fleksibilitas dalam mengukur, pengambilan hipotesis dengan menggunakan langkah-langkah yang strategis. Intuisi memerlukan kemampuan akal, pikiran dan wawasan seseorang. Menurut Descrates Intuisi membuka jalan pikiran manusia ke dalam struktur akhir. Sehingga intuisi mempengaruhi perkembangan pengetahuan matematika seseorang dari tahap awal sampai tahap akhir.

    ReplyDelete
  13. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dari artikel di atas, saya menyimpulkan bahwa intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika karena intuisi membuka jalan ke dalam struktur utama dari pikiran manusia. Seperti pendapat Thompson yang menyatakan bahwa peran intuisi matematika sebagai fleksibilitas terhadap situasi baru dengan menggunakan repository berulang-ulang dan strategi skema atau struktur konseptual. Intuisi dapat tercipta melalui adanya pengalaman sensori yang diabstraksikan atau disaring oleh intelek. Intuisi ini sebaiknya dilatih terus-menerus sehingga seseorang tidak kehilangan intuisinya.

    ReplyDelete
  14. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Thompson, P., 1993, menyatakan bahwa para filsuf matematika memiliki, selama ribuan tahun, berulang kali keterlibatan dalam perdebatan tentang paradoks dan kesulitan mereka dalam melihat fenomena yang muncul dari tengah-tengah keyakinan mereka yang kuat dan intuitif. Dari munculnya Geometri non-Euclidean, analisis teori kontinum, dan penemuan Cantor tentang bilangan transfinite, sistem Frege, matematikawan kemudian menyuarakan keprihatinan mereka bagaimana kita secara serampangan telah memikirkan sesuatu yang asing, dan dengan liar memperpanjang persoalan matematika kita dengan intuisi, atau kalau tidak kita telah menjadi rentan terhadap perangkap yang tak terduga dan sampai sekarang, dengan apa yang disebut kontradiksi. Thompson menunjukkan bahwa di jantung perdebatan ini terletak tugas mengisolasi intuisi macam apa, dan memutuskan kapan kita harus sangat berhati-hati bagaimana menerapkannya, namun, mereka yang mencari kepuasan dasar epistemologis tentang peran intuisi dalam matematika sering dihadapkan dengan pilihan yang tidak menarik, antara metafisika yang berasal dari Brouwer, dan pengakuan mistis Gödel dan Platonis bahwa kita secara intuitif dapat membedakan ranah kebenaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa, dalam hal dasar, matematika dianggap sebagai ilmu logis, bersih terstruktur, dan cukup beralasan atau singkatnya dalam matematika adalah ilmu logis yang sangat terstruktur, namun jika kita menggali cukup dalam dan dalam penyelidikan yang mendalam, kita masih menemukan beberapa hal yang menjadi perdebatan filsafat. Ini adalah kenyataan bahwa, dalam hal sejarah matematika, berbagai macam sejarah matematika yang datang, dimulai di Yunani kuno, berjalan melalui pergolakan menuju masa depan yang keluar, sedangkan dalam hal sistem pondasi logis matematika, metode matematika adalah deduktif, dan oleh karena itu logika memiliki peran mendasar dalam pengembangan matematika.

    ReplyDelete
  15. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Intuisi merupakan hasil pemikiran manusia. Intuisi dalam matematika berarti hasil pemikiran manusia dalam proses belajar matematika. setiap orang mempunyai intuisi. Intuisi dapat digunakan ketika ada hal yang membutuhkan penyelesaian dengan melibatkan intuisi tersebut. Guru sebagai pedoman siswa dalam pembelajaran hendaknya mampu mengarahkan siswa untuk dapat mengembangkan intuisinya agar intuisi tersebut dapat berkembang dengan baik. Intuisi dalam pembelajaran matematika juga dapat embantu siswa dalam memahami matematika itu sendiri. Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengarahkan siswa agar mencapai pemahamannya dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Intuisi merupakan kemampuan seseorang dalam menghadapi sesuatu hal dimana hal tersebut baru dan bersifat langsung. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika, karena dalam pembelajaran matematika pasti akan menemukan hal-hal baru di dalamnya. Hal-hal yang bisa membuat kita mencoba atau menerka sesuai dengan intuisi yang telah kita bangun dari pengetahuan-pengetahuan kita. intuisi yang kita bangun dan dilatih secara terus menerus akan membuat tajam ilmu-ilmu yang kita miliki. Apalagi jika ilmu itu kita reflektifkan, maka akan jauh lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  17. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016
    Intuisi adalah suatu istilah mengenai kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran yang rasional dan intelektualitas.Intuisi dapat diperoleh dari pengalaman-pengalaman hidup siswa, intuisi dapat pula mengarahkan seseorang kepada struktur utama pikiran pada dirinya.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita tahu bahwa intuisi dalam matematika itu diperlukan dan mungkin ada sebagain yang menolak akan hal itu. intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa sifat umum dari intuisi tersebut adalah spontanitas secara tidak sadar. Bruner (Sukmana,2011) memaknai bahwa intuisi sebagai suatu tindakan untuk mendapatkan suatu makna, signifikansi, struktur atau situasi dari masalah tanpa ketergantungan secara eksplisit pada peralatan analitik yang dimiliki seorang ahli. Contoh intuisi dalam matematika yang diberikan Bruner agar matematika dimaknai adalah: pertama, seseorang dikatakan berpikir secara intuitif bila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Ia dapat segera memberika solusi masalah didasarkan atas sesuatu yang pernah ia buktikan secara formal sebelumnya. Contoh kedua, seseorang disebut matematikawan intuitif yang baik bila orang lain datang menyodorkan masalah padanya, dia akan dengan segera memberikan tebakan yang baik untuk solusi masalah, atau dapat memberikan beberapa pendekatan alternative untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut. Dan juga intuisi itu tidak dapat dijelaskan secara terperinci itu seperti apa.

    ReplyDelete
  19. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi diartikan sebagai suatu proses datangnya pengetahuan secara langsung atau tiba-tiba tanpa disertai penjelasan sebelumnya. Sehingga peran intuisi penting didalam pembelajaran. Intuisi siswa perlu dikembangkan oleh guru yaitu dengan berlatih berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran yang inovatif dari guru yang berpusat pada siswa akan mengembangkan intuisi siswa dalam menyelesaikan pertanyaan matematika.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2016/ Kelas C

    Intuisi dalam pembelajaran matematika memiliki peranan yang penting karena dapat melatih siswa untuk berpikir secara lebih kritis. Jadi, peranan guru sangat penting dalam menciptakan inovasi pembelajaran untuk melatih siswa mengembangkan intuisi mereka sehingga siswa dapat menemukan solusi dari permasalahan matematika yang dihadapi.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Setiap orang memiliki intuisinya sendiri-sendiri sehingga intuisi mereka tidak sama satu dengan yang lainnya. Demikian pula siswa, mereka dapat menemukan intuisi mereka sendiri jika dalam belajar diberikan kebebasan seluas-luasnya agar intuisi mereka terwujud. Mereka dapat menemukan pengetahuannya sendiri-sendiri dan dengan demikian mereka akan paham serta tercipta intuisi yang bermakna yang tidak akan hilang seiring berjalannya waktu.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Dari artikel diatas disebutkan bahwa intuisi matematika dipengaruhi oleh budaya setempat. Menurut saya hal ini tepat, sebab pengalaman matematika yang juga membangun intuisi matematika siswa didapatkan dari kehidupan siswa di masyarakat. Pengalaman matematika itu tidak akan terlepas dari budaya sebab siswa hidup dalam masyarakat yang brebudaya.

    ReplyDelete
  24. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Intuisi merupakan salah satu cara memperoleh pengetahuan matematika. Intuisi memungkinkan seseorang untuk menggunakan pikirannya. Dimana intuisi itu sendiri digunakan untuk memperoleh pengetahuan secara tiba-tiba. Seseorang tidak menyadari bahwa pengetahuan tersebut telah ia dapatkan. Itulah intuisi tidak ada pengamatan di sana. Hanya pikiran kita yang tak terduga. Selain itu, tidak juga ada peran akal atau logika di sana.

    ReplyDelete
  25. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tiba-tiba datang dari dunia lain dan keluar dari kesadaran. Setiap manusia mempunyai intuisi namun dia tidak sadar dan tidak bisa mengontrol kapan intuisinya sedang bekerja, tiba-tiba saja langsung dirasakan hasil dari kinerja intuisinya tersebut. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran karena bisa mendukung proses pemecahan masalah dengan cepat dan tepat. Untuk mengasah intuisi kita, kita harus sering-sering berlatih misalnya dalam mengerjakan soal matematika, untuk mendapat intuisi tinggi kita harus sering berlatih mengerjakan soal matematika.

    ReplyDelete
  26. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Intuisi merupakan cara memahami sesuatu. bekerja dengan intuisi akan membuat lebih mudah dan lebih efisien, setiap orang memiliki intuisi nya masing masing, kuat atau tidak nya tergantung seberapa sering intuisi dilatih, jangan mau dimanjakan oleh perkemabnagn tekhnologi dan informasi, namun tetplah mandiri untuk tetap melatih intuisi kita agar tetap jalan.

    ReplyDelete
  27. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika karena intuisi membuka jalan ke dalam struktur utama dari pikiran manusia. Intuisi dapat tercipta melalui adanya pengalaman sensori yang diabstraksikan atau disaring oleh intelek. Dan intuisi ini sebaiknya harus terus dilatih secara terus menerus.

    ReplyDelete
  28. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Intuisi adalah insting untuk menemukan suatu pemecahan masalah.
    Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru.
    seorang yang kreatif dan aktif dalam mencari penyelesaian suatu masalah matematika.
    ntuisi ini dapat memperluas pengetahuan siswa. Intuisi ini dapat diperoleh dengan banyak membaca dan bertukar pikiran dengan teman lain.
    Diharapkan guru-guru saat ini dapat mengajak siswa untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika agar hasilnya menjadi lebih optimal.

    ReplyDelete
  29. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Kecenderungan matematikawan untuk terus meningkatkan keketatan dan “kemurnian” konseptual pada masing-masing domain. Kecenderungan dasarnya adalah untuk memurnikan pengetahuan kita dari unsur-unsur: subyektifitas, interpretasi langsung dan keyakinan (belief) serta menjadikannya sesuai dengan data objektif yang diperoleh secara ketat. Hal ini menyebabkan meningkatnya kontradiksi antara apa yang tampaknya menjadi jelas dengan apa yang didapatkan sebagai hasil yang diperoleh dari analisis 'ilmiah' terhadap data (Fischbein, 1999: 12). Sebelum abad 19 Geometri (Euclidean) didasarkan pada aksioma-aksioma yang self-evidence tetapi kemudian muncul gagasan-gagasan dari Lobachevsky, Bolyai, Riemann yang menunjukkan bahwa geometri lain (Geometri non-Eucledian) juga logis. Geometri non-Eucledian tersebut menimbulkan konflik dengan intuisi kita mengenai gambaran alamiah tentang dunia dan sifat-sifat ruangnya.

    ReplyDelete
  30. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    intuisi merupakan suatu hal yang sudah melekat pada diri kita, intuisi dapat membantu kita untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari hari, ketajaman intuisi perlu dilatih dengan cara tidak memanjakan pikiran kita, biarlah pikiran kita memahami masalah dan berusaha untuk menyelesaikan masalahnya, agar intuisi tetap terlatih. faktor melemahnya intuisi salah satunya adalah faktor usia , jika sering dilatih intuisi nya maka walaupun usia sudah bertambah namun intuisi akan tetap bekerja.

    ReplyDelete
  31. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi dimiliki oleh setiap orang, kapanpun dan dimanapun, serta dalam situasi apapun pastilah ada saat dimana intuisi bekerja. Dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika, intuisi terjadi pada siswa dan guru dengan keadaan yang berbeda. Pada siswa, intuisi muncul untuk digunakan dalam kegiatan yang dilakukan. Pada guru, intuisi digunakan dalam menyusun dan merencanakan pembelajaran untuk siswa. Saat intuisi berjalan dengan baik, akan sangat membantu mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran inovatif dan interaktif

    ReplyDelete
  32. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Maka dari itulah, matematika hendaknya disusun agar mengembangkan dan melatih intuisi, bukan malah mematikan atau menghentikan intuisi yang seharusnya berjalan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal itu terjadi, diantaranya metode yang tidak tepat yang digunakan guru dalam pembelajaran, kurang fleksibelnya kurikulum, tidak tepatnya media yang digunakan, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang cocok untuk melatih intuisi

    ReplyDelete

  33. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi adalah kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung arti angan-angan, imajinasi, atau bahkan perasaan. Intuisi bukanlah sesuatu yang diperoleh dari sekolah, akan tetapi bawaan yang ada dalam diri setiap orang. Intuisi akan muncul tiba-tiba, akan tetapi tidak terjadi kepada setiap orang, hanya terjadi kepada orang-orang yang telah berfikir keras dalam usaha pemecahan masalah, kemudian orang itu beristirahat dan pada saat istirahatitulah intuisi mungkin saja terjadi.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi adalah hal yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Intuisi sebagai sesuatu yang berada diluar nalar dan juga pikiran manusia berperan penting dalam pembelajaran matematika salah satunya pada saat pemecahan masalah. Intuisi yang dimiliki setiap orang tidaklah sama tetapi beranekaragam jenis ketajamannya. Semakin tajam intuisinya, semakin baik seseorang memecahkan persoalan dalam kehidupan. Sehingga guru sebagai pendidik diharapkan mampu mempertajam intuisi siswanya dengan cara memberikan pembelajaran-pembelajaran yang mengharuskan siswa aktif berfikir dan mengkonstruk sendiri pengetahuannya, serta memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memberikan tantangan bagi siswanya.

    ReplyDelete
  36. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Intuisi dalam pandangan Kant adalah sebagai alat untuk memahami dan mengkonstruksi pengetahuan matematika. Matematika dapat dipahami melalui intuisi penginderaan, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Pandangan tentang peran intuisi dalam matematika telah memberikan gambaran yang jelas tentang landasan, struktur dan kebenaran matematika yang di dalamnya didominasi pembahasan tentang peran dan kedudukan intuisi.

    ReplyDelete
  37. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Intuisi merupakan point penting untuk dapat memaknai dan memahami dalam mengkonstruksi pengetahuan, khususnya matematika. Matematika yang diajarkan dengan cara instan (langung menuju ke rumus) atau yang berorienttasi pada nilai, akan membuat siswa merasa kesulitan sehingga pembelajaran matematika menjadi gagal di mata siswa. Matematika tersebut terlalu formal, juga karena tidak adanya kaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pandangan siswa mengenai matematika ialah sesuatu yang abstrak daan sulit dipahami.

    ReplyDelete
  38. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Siswa hendaknya diberi kebebasan dalam menemukan cara untuk memahami suatu konsep, sehingga tidak hanya terpaku pada satu prosedur saja. Dengan kebebasan siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya sesuai pengalaman dan pemikirannya sendiri juga fasilitas dari guru, siswa akan lebh mampu memaknai setiap langkah dan membangun intuisi dalam dirinya. Mereka juga akan merasa bahwa matematika memang membawa manfaat yang besar bagi kehidupannya.

    ReplyDelete
  39. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Intuisi memainkan peran penting dalam pembelajaran matematika terutama bagi siswa dengan adanya intuisi siswa dapat menemukan ide-ide kreatifnya.Oleh karena itu guru tidak boleh bersikap otoriter dan merasa paling benar. Siswa hendaklah diberi fleksibilitas, kebebasan untuk berkreasi dan menemukan konstruksi matematikanya sendiri melalui pengalaman yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  40. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Intuisi adalah insting untuk menemukan suatu penyelesaian masalah. Intuisi memegang peran penting dalam pembelajaran khususnya matematika. Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa tidak aktif dan hanya menerima apa yang diajarkan oleh guru sehingga mati rasa ingin tahunya. Siswa yang kreatif dan aktif dapat memperluas pengetahuannya dengan intuisi yang dimilikinya. Intuisi ini dapat diperoleh dengan banyak membaca dan bertukar pikiran dengan teman lain. Diharapkan guru-guru saat ini dapat mengajak siswa untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika agar hasilnya menjadi lebih optimal.

    ReplyDelete
  41. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Intusis merupakan suatu istilah mengenai kemampuan memahami tanpa melalui enalran yang rasional dan intelektualitas. Intuisi diperluka oleh siswa dalam belajar matematika, karena dengan adanya intuisi yang dimiliki oleh siswa , mereka dapat menemukan ide-ide atau gagasan kreatifnya dalam permasalahan matematika yang diberikan. Intuisi juga dapat dikatakan sebagai emosi positif yang dapat mendorong siswa untuk menemukan sendiri sesuatu yang ing diketahuinya. Dengan adanya ituisi ini akan mempermudah siswa dalam prose belajarsehingga siswa akan mencapai hasil belajar yang lebih baik.

    ReplyDelete
  42. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Guru hendaknya memberikan kesemmpatan dan kebebasan kepada siswanya dalam megembangkan pola pikir dan potensi yang ada dalam diri siswa. Sehingga siswa mampu menemukan sendiri atau membangun sendiri konsep matematikanya dan tidak terus menerus bergantung kepada hguru. Dengan begitu siswa tidak akan kehilangan intuisi yang ada pada dalam dirinya.

    ReplyDelete
  43. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Salah satu tujuan mata pelajaran di sekolah adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah. Salah satu indikator siswa memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah yaitu mampu menunjukkan pemahaman masalah. Dalam memahami masalah itu sendiri terkadang dilakukan dengan analitis dan terkadang pula secara intuitif. Berpikir intuitif sangat dipengaruhi oleh kemampuan kognitif seseorang. Intuisi adalah sesuatu yang sangat penting dalam matematika. Tingkat intuisi setiap siswa berbeda. Hal ini harus diperhatikan dengan baik oleh seorang guru. Intuisi membantu siswa dalam memahami matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberikan perkiraan dalam membuat dugaan dalam menyelesaikan masalah Matematika. Menebak bahwa memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk melanjutkan proses pemecahan masalah matematika. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan memecahkan masalah dengan memanfaatkan intuisi matematika siswa sampai siswa dapat memahami permasalahan yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  44. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Siswa perlu menyadari bahwa kemampuan tingkat tinggi dalam matematika selain membutuhkan penalaran induktif dan deduktif juga memerlukan intuisi sebagai dasarnya. Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa bernalar serta kemampuan intuitif merupakan aspek yang sangat penting dalam matematika. Kemampuan bernalar dan kemampuan intuitif dijadikan modal untuk memahami konsep-konsep matematika dengan benar dan masuk akal baik melalui menduga ataupun melakukan pembuktian.

    ReplyDelete
  45. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam bukunya Meditations on first philosophy, Descartes mengacu pada intuisi sebagai pengetahuan yang sudah ada yang didapat melalui penalaran rasional atau menemukan kebenaran melalui kontemplasi. Definisi ini biasa disebut sebagai intuisi rasional. Mungkin dalam benaksaya intuisi rasional itu mirip dengan logika dalam matematika. Saat saya berpikir tentang hal ini pula sebneranya saya juga melakukan deskripsi dari intuisi dari Descartes ini. Sehingga bagi saya Intuisi dan Matematika itu sangat erat karena matematika memerluka pengetahuan yang terdahulu untuk membangun ,emjadi rumah yang lebih besar. Seperti itu lah matematika.

    ReplyDelete
  46. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Begitu pula dengan yang dijelaskan oleh Thompson yang dicuplikan oleh Bapak Marsigiit pada tulisan di atas. Pandangan seseorang tentang matematika dipengaruhi di\engan intuisinya terhadap matematika atau pengetahuannya dalam matematika sebelumnya. Sehingga masalh dari intuisi sebenarnya adalh berburuk sangka. Jika berburuk sangka maka mampet sudah aliran intuisi yang masuk keotak kita untuk dipikirkan oelh otak.

    ReplyDelete
  47. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Dalam hidup ini ada banyak hal yang kita ketahui kapan hal itu bermula, namun ada lebih banyak hal lagi yang kita tidak mengetahui kapan bermulanya. Yang tidak kita ketahui kapan bermulanya itu disebut sebagai intuisi. Dengan adanya intuisi maka pembelajaran matematika sekolah akan menjadi tidak terlalu abstrak karena sejatinya hidup manusia itu dipenuhi dengan intuisi-intuisi. Siswa dapat menghubungkan pembelajaran matematika yang diperoleh dengan intuisi-intuisi mereka. Sebagai contoh adalah pembelajaran pecahan dengan menggunakan intuisi luas.

    ReplyDelete
  48. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    Intuisi matematika menurut Thompson merupakan hasil dari pengalaman yang telah dilalui. Pengalaman-pengalaman yang ada akan membentuk scemata yang ada di otak, sehingga ketika kita diberi pertanyaan matematika yang sudah biasa maka kita akan menjawabnya secara langsung, karena kita memiliki intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  49. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi memiliki peranan yang menujukkan bahwa apakah siswa tersebut siap atau tidak dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan, intuisi merupakan suatu hipotesis atau dugaan terhadap suatu masalah namun disertasi dengan alasan yang mendasar, alasan yang logis dengan cara mengaitkan seluruh element interaktifi yang dia punya pada prior knowledgenya sehingga dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

    ReplyDelete
  50. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Intuisi terbagi menjadi dua, yaitu intuisi ahli dan intuisi nonahli. Intuisi ahli didapat dengan pengalaman dan penyusunan skema yang telah baik/lengkap dari suatu objek yang di bahas. Skema lengkap dibangun berdasarkan reflektif yang telah bagus pula sehingga dengan dengan begitu muncullah intuisi ahli. Intuisi non ahli di dapat berdasarkan pengalaman yang masih sedikit dan skema yang terbentuk belum sempurna/terpisah antara skema satu sama lain. Dalam matematika intuisi sangat penting ketika dihadapkan dengan masalah. Seorang anak yang memiliki intuisi yang baik akan cepat mendapatkan jawaban tentang masalah matematika yang dibahas. Namun ketepatan jawaban yang dihasilkan berdasarkan pengalaman dan skema yang telah tersusun dari anak tersebut.

    ReplyDelete
  51. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi dalam matematika itu sangat penting, bisa dikatakan bahwa intuisi itu adalah hipotesis awal siswa untuk menyelesaikan maslaah, jika siswa tidak memiliki hipotesis awal maka siswa akan bingung bagaiamna untuk menyelesiakan permasalahan yang ada, dan intuisi yang baik itu didukung oleh prior knowledge yang baik dan kemampuan dasar yang mumpuni, hal tersebut saling terkait satu sama lain membentuk intuisi yang bagus.

    ReplyDelete
  52. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Intuisi memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran matematika. Intuisi dapat dikembangkan pada siswa melalui pembelajaran yang inovatif dengan memusatkan pembelajaran pada siswa.

    ReplyDelete
  53. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Oleh sebab itu, intuisi siswa hendaknya dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran dengan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan matematika dari hasil pemahaman siswa sendiri dan guru hanya sebagai faslitator. Sehingga siswa tidak akan kehilangan intuisi dan dapat mengembangkan potensi dan kemampuan mereka.

    ReplyDelete
  54. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Sebuah intuisi itu dapat dipengaruhi oleh fenomena berfrekuensi tetap dan kontinu.Menurut Thompson, intuisi matematika akan muncul setelah adanya pengalaman. Pengalaman dalam hal ini adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Namun dalam dunia sekolah, pengalaman dibangun di atas akumulasi keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika siswa. Tetapi semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika dan sikap pendukung serta motivasi internal (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Jika guru kurang mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences maka akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal mathematical intuition ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas siswa.

    ReplyDelete
  55. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi karena intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Menurut Thompson, intuisi matematika selain diperoleh setelah adanya pengalaman, juga dapat diperoleh dari kompetensi matematika. Maka diperlukan adanya kompetensi matematika baik dari guru maupun siswa sendiri untuk menghasikan intuisi matematika. Dengan intuisi matematika tersebut maka dapat menghasikan ide-ide terkait matematika.

    ReplyDelete
  56. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pandangan Immanuel Kant tentang matematika dapat memberi sumbangan yang berarti ditinjau dari sisi filsafat matematika terutama tentang peranan intuisi dan konstruksi konsep matematika. Matematika dapat dipahami melalui intuisi penginderaan, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Pandangan tentang peran intuisi dalam matematika telah memberikan gambaran yang jelas tentang landasan, struktur dan kebenaran matematika yang di dalamnya didominasi pembahasan tentang peran dan kedudukan intuisi.

    ReplyDelete
  57. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Intuisi terbagi menjadi dua, yaitu intuisi ahli dan intuisi nonahli. Intuisi ahli didapat dengan pengalaman dan penyusunan skema yang telah baik/lengkap dari suatu objek yang di bahas. Skema lengkap dibangun berdasarkan reflektif yang telah bagus pula sehingga dengan dengan begitu muncullah intuisi ahli. Intuisi non ahli di dapat berdasarkan pengalaman yang masih sedikit dan skema yang terbentuk belum sempurna/terpisah antara skema satu sama lain. Dalam matematika intuisi sangat penting ketika dihadapkan dengan masalah. Seorang anak yang memiliki intuisi yang baik akan cepat mendapatkan jawaban tentang masalah matematika yang dibahas. Namun ketepatan jawaban yang dihasilkan berdasarkan pengalaman dan skema yang telah tersusun dari anak tersebut.

    ReplyDelete
  58. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Elegi ini menceritakan, bagaimana peran intuisi dalam matematika. Intuisi memang salah satu aspek yang harus dimiliki seseorang untuk dapat memahami pengetahuan matematika. seseorang dikatakan berpikir secara intuitif, bila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Ia dapat segera memberikan solusi masalah didasarkan atas sesuatu yang pernah ia buktikan secara formal sebelumnyaSeseorang disebut matematikawan intuitif yang baik bila orang lain datang menyodorkan masalah padanya, dia akan dengan sangat segera memberikan tebakan yang baik untuk solusi masalah, atau dapat dengan segera memberikan beberapa pendekatan alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  59. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi dalam pembelajaran matematika dipengaruhi oleh daya tangkap siswa akan suatu materi yang diajarkan oleh gurunya berdasarkan intuisi dari guru tersebut, sehingga pengembangan intuisi lebih terpaku pada kepada diri individu masing-masing sesuai denga apa yang mereka pahami berdasarkan aspek sikologis belajar individu tersebut.

    ReplyDelete