Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika




Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1:

Intuisi dalam Matematika

Oleh Marsigit


Saya nukilkan pendapat Thompson bagaimana peran intuisi dalam matematika berikut ini:

"Any satisfactory analysis of the role of intuition in mathematics should recognize it as a versatility in measuring up new situations, or even conjecturing them, using a rich repository of recurrent and strategically-important schema or conceptual structures, painstakingly abstracted from sensory experience by the intellect, constrained by the languages available to us at the time, and influenced by the accumulated resources of our cultural and scientific heritage: what intuition does not do is constitute an insight gained by reason, through some remarkable clairvoyant power that is an insight, which, for Gödel, seemingly paved the way towards a crystal-clear apocalyptic vision of mathematics, or, for Descartes, paved the way into the ultimate structure of the human mind"

References:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K,

28 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Intuisi memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran matematika. Intuisi dapat dikembangkan pada siswa melalui pembelajaran yang inovatif dengan memusatkan pembelajaran pada siswa.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Oleh sebab itu, intuisi siswa hendaknya dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran dengan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan matematika dari hasil pemahaman siswa sendiri dan guru hanya sebagai faslitator. Sehingga siswa tidak akan kehilangan intuisi dan dapat mengembangkan potensi dan kemampuan mereka.

    ReplyDelete
  3. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Sebuah intuisi itu dapat dipengaruhi oleh fenomena berfrekuensi tetap dan kontinu.Menurut Thompson, intuisi matematika akan muncul setelah adanya pengalaman. Pengalaman dalam hal ini adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Namun dalam dunia sekolah, pengalaman dibangun di atas akumulasi keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika siswa. Tetapi semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika dan sikap pendukung serta motivasi internal (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Jika guru kurang mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences maka akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal mathematical intuition ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas siswa.

    ReplyDelete
  4. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi karena intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Menurut Thompson, intuisi matematika selain diperoleh setelah adanya pengalaman, juga dapat diperoleh dari kompetensi matematika. Maka diperlukan adanya kompetensi matematika baik dari guru maupun siswa sendiri untuk menghasikan intuisi matematika. Dengan intuisi matematika tersebut maka dapat menghasikan ide-ide terkait matematika.

    ReplyDelete
  5. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pandangan Immanuel Kant tentang matematika dapat memberi sumbangan yang berarti ditinjau dari sisi filsafat matematika terutama tentang peranan intuisi dan konstruksi konsep matematika. Matematika dapat dipahami melalui intuisi penginderaan, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Pandangan tentang peran intuisi dalam matematika telah memberikan gambaran yang jelas tentang landasan, struktur dan kebenaran matematika yang di dalamnya didominasi pembahasan tentang peran dan kedudukan intuisi.

    ReplyDelete
  6. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Intuisi terbagi menjadi dua, yaitu intuisi ahli dan intuisi nonahli. Intuisi ahli didapat dengan pengalaman dan penyusunan skema yang telah baik/lengkap dari suatu objek yang di bahas. Skema lengkap dibangun berdasarkan reflektif yang telah bagus pula sehingga dengan dengan begitu muncullah intuisi ahli. Intuisi non ahli di dapat berdasarkan pengalaman yang masih sedikit dan skema yang terbentuk belum sempurna/terpisah antara skema satu sama lain. Dalam matematika intuisi sangat penting ketika dihadapkan dengan masalah. Seorang anak yang memiliki intuisi yang baik akan cepat mendapatkan jawaban tentang masalah matematika yang dibahas. Namun ketepatan jawaban yang dihasilkan berdasarkan pengalaman dan skema yang telah tersusun dari anak tersebut.

    ReplyDelete
  7. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Elegi ini menceritakan, bagaimana peran intuisi dalam matematika. Intuisi memang salah satu aspek yang harus dimiliki seseorang untuk dapat memahami pengetahuan matematika. seseorang dikatakan berpikir secara intuitif, bila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Ia dapat segera memberikan solusi masalah didasarkan atas sesuatu yang pernah ia buktikan secara formal sebelumnyaSeseorang disebut matematikawan intuitif yang baik bila orang lain datang menyodorkan masalah padanya, dia akan dengan sangat segera memberikan tebakan yang baik untuk solusi masalah, atau dapat dengan segera memberikan beberapa pendekatan alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  8. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi dalam pembelajaran matematika dipengaruhi oleh daya tangkap siswa akan suatu materi yang diajarkan oleh gurunya berdasarkan intuisi dari guru tersebut, sehingga pengembangan intuisi lebih terpaku pada kepada diri individu masing-masing sesuai denga apa yang mereka pahami berdasarkan aspek sikologis belajar individu tersebut.

    ReplyDelete
  9. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Intuisi dalam matematika adalah kegiatan pikiran manusia dalam memahami matematika. Upaya manusia dalam memahami matematika memerlukan bantuan intuisi. Sedangkan intuisi sendiri perlu dikembangkan. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya intuisi adalah pengalaman-pengalaman yang direkan oleh indra manusia yang kemudian diekstrakoleh pikiran manusia dan menjadi wawasan. Wawasan-wawasan inilah yang nantinya akan membentuk intuisi matematika. Ini yang memebedakan manusia dan binatang yaitu memiliki dan tidak memiliki intuisi. Binatang tidak mungkin memiliki intuisi karena mereka tidak dapat mengekstrak pengalaman-pengalam mereka menjadi wawasan. Sedangkan manusia mampu mengekstrak pengalaman bermatematika menjadi suatu wawasan matematika yang nantinya membentukintuisi matematika.
    Peran penting intuisi dalam mempelajari suatu ilmu ini lah yang secara langsung juga mengatakan bahwa intuisi penting dalam mempelajari matematika. Ketika manusia mengalami situasi baru dalam bermatematika maka ia akan berpikir bahwa hal tersebut adalah abstrak. Lalu manusia mulai mencari-cari wawasan yang relevan dan berhubungan dengan situasi abstrak tersebut yang tentu saja dirasa lebih masuk akal. Dengan mengaitkan struktur wawasan tersebut akirnya manusia mampu memahami pengetahuan baru tentang matematika. Dalam proses inilah intuisi berperan penting dalam matematika. Intuisi memanfaatkan pengalaman-pengalaman untuk memahami ilmu pengetahuan baru. Tetapi secara timbal balik ilmu pengetahuan baru itupun menjadi pengalaman yang nantinya juga digunakan olehintuisi untuk membentuk ilmu pengetahuan baru lainnya.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  10. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Matematika merupakan sebuah bahasan yang menarik untuk dipelajari, matematika dengan berbagai sifatnya menjadi suatu mata pelajaran yang disukai dan dibenci oleh siswa. untuk membelajarkan dan mempelajari matematika diperlukan intuisi yang didapatkan dari pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh siswa. Dengan intuisi, maka siswa bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memahami matematika. Sehingga siswa dapat senantiasa mengembangkan kemampuan dan kapasitasnya dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  11. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Intuisi matematika didapat dari pengalaman sehari-hari berkaitan matematika. Intuisi matematika sangat perlu dilakukan pada pembelajaran matematika tingkat dasar. Anak tidak langsung diberikan rumus, teori, atau definisi mengenai matematika. Anak akan belajar matematika secara realsitik dengan melakukan koneksi antara kehidupan sehari-hari dan matematika. Itulah yang melandasi pentingnya intuisi pada anak-anak.

    ReplyDelete
  12. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami intuisi merupakan pengetahuan/pemahaman/kemampuan seseorang dalam menghadapi situasi tertentu dimana dia sendiri lupa darimana dan sejak kapan dia mendapatkan pengetahuan/pemahaman/kemampuan tersebut. Tentu saja dalam pembelajaran matematika intuisi sangat berperan penting. Dengan intuisi seseorang dapat menerka suatu pola, atau konjektur matematika. Dan dengan intuisi pula seseorang akan menentukan langkah pertama apa yang harus diambil.

    ReplyDelete
  13. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih banyak Prof atas ilmu yang bermanfaat ini

    Sungguh ini baru bagi saya. Sedikit mengenal Thompson dari pendapatnya di atas

    Intuisi dalam kehidupan sangatlah penting, termasuk di dalamnya adalah matematika. Melalui intuisi, kita dapat meraih pengetahuan-pengetahuan.

    Mohon ijin bercerita. Salah satu hal yang saya pikirkan hingga komentar ini selesai saya publiskan adalah mencari point penting elegi ini sehingga diberikan judul elegi pemberontakan pendidikan matematika 1: Intuisi dalam Matematika. Apakah intusi yang memberontak? Apakah intuisi yang menyebabkan pemberontakan? Saya yakin pasti ada jawabannya. Usaha pertama saya adalah dengan menterjemahkan pendapat Thompson di atas. Berhenti. Saya pikirkan kembali, saya mencoba mencari kode rahasianya yang dapat membawa saya pada judul elegi pemberontakan pendidikan. Tapi sungguh, keterbatasan saya membuat saya belum juga mendapatkannya. Terimakasih sekali lagi saya ucapkan, melalui elegi ini saya mendapatkan pengetahuan baru, melalui elegi ini saya menjadi manusia yang inshaallah terus berupaya. Benar-benar elegi ini menyadarkan saya untuk sadar bahwa saya adalah si terbatas. Bismillah, saya akan berusaha lebih keras.

    ReplyDelete
  14. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Intuisi sangat penting bagi siswa terutama anak-anak, karena umumnya anak-anak melakukan kegiatan tetapi tidak mengerti hakekat dari kegiatan yang dikerjakannya. Dengan menggunakan intuisi, dapat memudahkan siswa dalam memahami matematika. Selain itu juga dapat membantu siswa dalam memberikan dugaan-dugaan dari permasalahan matematika. Dengan siswa menduga tersebut, dapat memotivasi siswa untuk belajar matematika khususnya dalam proses memecahkan masalah matematika. Sehingga dianjurkan bagi guru untuk menjelaskan permasalahan matematika dengan intuisi supaya siswa dapat memahami permasalahan yang sebenarnya mereka hadapi.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Intusi merupakan salah satu kegiatan berpikir dalam matematika. Menurut Pak Marsigit intuisi bercirikan pada saat ditanya sejak kapan tahu, dari mana tahu, dan bagaimana mengethauinya tetaoi kita tidak tahu harus menjawab apa hal tersbut merupakan bagian dari intuisi. Intusi juga bentuk cara berpikir selain berpikir secara reflektif. Siswa yang dibiarkan mengembangkan dan menggunakan intuisi akan membuat menjadi kreatif dan berpikir secara kritis karena siswa tersebut mengolah pemikirannya sendiri, menganalisis, mengorganisir, bahkan menurut saya kegiatan intuisi dapat dimasukkan dalam C6 pada taksonomy bloom, karena siswa dpat menciptkan intuisinya. Oleh karena itu dalam menciptakan intuisinya dapat dengan proses pembelajaran yang menggunakan LKS atau guru harus memfasilitasi siswa menggunakan strategi, model, metode, dan pendekatan yang dapat memaksimalkan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  17. Pangestika Nur A
    PEP B- Pascasarjana
    17701251037

    Latar belakang pendidikan sarjana saya adalah kimia, meskipun demikian matematika dan kimia adalah ilmu yang saling terkait. Intuisi dan matematika memang tidak dapat dipisahkan. Intuisi yang tajam akan memudahkan pemecahan soal dalam matematika karena menurut saya sekadar hafal rumus tidaklah cukup untuk menyelesaikan soal matematika.

    ReplyDelete

  18. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.
    Jika mencerna dari pendapatnya Thomson mengenai peran intuisi dalam matematika.Intuisi di dalam matematika akan terlihat dari sebuah adaptasi antara keduanya.Namun susah diidentifikasi melalui indra.Mungkin karena intuisi adalah suatu hal yang tidak nampak secara meatfisik yang hanya dapat dimengerti oleh rasio.Walaupun demikian intuisi tetap memiliki andil yang sangat besar di dalam matematika .

    ReplyDelete
  19. Dimas Canrd Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    assalamualaikum prof,
    Intuisi memiliki peranan penting dalam proses belajar siswa karena intuisi dapat membantu siswa untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Maka, penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri. Dengan diberikannya kesempatan yang luas pada siswa, intuisinya pun juga akan semakin berkembang. Semakin baik intuisi yang dimiliki, semakin mudah juga siswa untuk belajar.

    ReplyDelete
  20. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    dalam kehidupan sehari-hari, orang sering menggunakan kata intuisi. Intuisi dimakanai secara beragam dan belum ada kesepakatan terhadap definisi intuisi tersebut. Ada yang mengatakan intuisi hampir sama dengan feeling. Begitu juga dalam pembelajaran matematika, intuisi sangat berperan penting di dalamya. Khususnya dalam pendidikan sekolah dasar. Sebenarnya intuisi berkaitan erat dengan cara alamiah anak dalam belajar dan berpikir. Oleh karena itu pembelajaran yang dapat mengembangkan intuisi anak sangatlah diperlukan.intuisi pada anak sangat berperan dalam memahami pernyataan-pernyataan matematika dan dalam pemecahan maslaah matematika.

    ReplyDelete
  21. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Learning mathematics at school is defined as interaction, so intuition plays a very important role. For children, intuition is important because they do activities but do not understand the nature of the work done. Just as we are teachers we must know the essence of teaching, as a teacher or educator candidate sometimes we do not know why we teach so, we only carry out the learning without thinking, so that teachers and educators only as executor alone not as a developer.

    ReplyDelete
  22. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Membaca ulasan ini memberikan pandangan yang lebih dalam bagi saya terkait dengan intuisi matematika itu sendiri. Timbul pertanyaan dalam benak ini, bagaimana meningkatkan intuisi matematika bagi anak-anak yang memiliki keterlambatan dalam belajar? Terima kasih Prof untuk ilmu yang sudah diberikan.

    ReplyDelete
  23. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini, intuisi berperan penting dalam proses pemecahan masalah. Intuisi adalah memperkirakan, membayangkan yang belum terjadi. Sehingga intuisi itu belum bernilai benar ataupun salah. Maka perlu adanya bukti berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk dapat mengambil kesimpulan dan membuktikan perkiraan itu benar atau salah. Maka, dari intuisi itulah kita dapat menggunakan untuk menyelesaikan suatu masalah matematika.

    ReplyDelete
  24. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Intuisi sangat berperan dalam matematika, bahkan dalam ilmu yang lainnya. karena matematika berprinsip a priori, maka disitulah peran intuisi. untuk memperkirakan sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. dalam matematika, tidak semuanya harus berwujud dan memlalui pengealaman. asalkan konsisten dan antara teorema satu dan teorema lainnya tidak bertentangan.

    ReplyDelete
  25. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Intuisi merupakan kecerdasan yang dimiliki siswa dalam bentuk memahami suatu masalah yang diberikan oleh guru secara spontan tanpa harus terlebih dahulu mengalami proses belajar. Jika di dalam kelas terdapat siswa yang memiliki jenis kemampuan ini maka sebaiknya guru memberikan kontrol yang sesuai terhadap siswa tersebut dengan catatan tetap hati-hati dalam menyampaikan bahasa verbal agar motivasi siswa tersebut tidak mengalami penurunan.

    ReplyDelete
  26. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Intuisi ialah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tersebut tiba-tiba saja datangnya dan di luar kesadaran. Misalnya, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca buku. Intuisi memiliki ciri tidak tahu kapan, dimana, dan bagaimana memperoleh kemampuan tersebut. Intuisi cocok untuk diterapkan dalam proses pembelajaran matematika terutama pada siswa sekolah dasar dimana mereka belum memiliki kemampuan untuk bernalar dan mengabalisis.

    ReplyDelete
  27. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan logis. Pembelajaran Matematika khususnya di sekolah dasar didefinisikan sebagai kegiatan atau pengalaman bagi siswa, sehingga peran intuisi sangat besar. Dengan intuisi, siswa dapat mengembangkan kreativitasnya dalam bermatematika. Tugas guru adalah untuk tidak mematikan intuisi tersebut.

    ReplyDelete