The purpose of this blog is to communicate aspects of life such as philosophy, spiritual, education, psychology, mathematics and science. This blog does not mean political, business oriented, pornography, gender and racial issues. This blog is open and accessible for all peoples. Google Translator may useful to translate Indonesian into English or vise versa. (Marsigit, Yogyakarta Indonesia)
Feb 12, 2013
Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika
Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1:
Intuisi dalam Matematika
Oleh Marsigit
Saya nukilkan pendapat Thompson bagaimana peran intuisi dalam matematika berikut ini:
"Any satisfactory analysis of the role of intuition in mathematics should recognize it as a versatility in measuring up new situations, or even conjecturing them, using a rich repository of recurrent and strategically-important schema or conceptual structures, painstakingly abstracted from sensory experience by the intellect, constrained by the languages available to us at the time, and influenced by the accumulated resources of our cultural and scientific heritage: what intuition does not do is constitute an insight gained by reason, through some remarkable clairvoyant power that is an insight, which, for Gödel, seemingly paved the way towards a crystal-clear apocalyptic vision of mathematics, or, for Descartes, paved the way into the ultimate structure of the human mind"
References:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K,
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Muh. Fachrullah Amal
ReplyDelete18709251036
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Memang benar bahwa dalam matematika siswa diharapkan mampu untuk berpikir secara inutuisi, karena siswa dapat melakukan sebuah kegiatan tanpa mengetahui apa hakekat dari yang dikerjakan. Kemudian dalam konteks pembelajaran matematika tidak semua menggunakan kemampuan berpikir intuisi, akan tetapi mencakup secara keseluruhan aspek-aspek berpikir. Karena dalam belajar matematika banyak hal yang harus dilibatkan untuk memecahkan sebuah persoalan matematika.
Elsa Apriska
ReplyDelete18709251005
S2 PM A 2018
Berdasarkan wikipedia intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualistas. Intuisi sebenarnya cukup memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa dalam memahami matematika. selain itu intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan dari permasalahan matematika. Dugaabn-dugaan tersebut akan mendorong siswa untuk memecahkan suatu permsalahan. Namun tentu untuk menyelesaikan suatu permasalahn tidak hanya dengan intuisi, diperlukan aspek-aspek lainnya.
Aan Andriani
ReplyDelete18709251030
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr.wb
Tidak dipungkiri bahwa intuisi penting dalam matematika. Intuisi berperan untuk membantu dalam proses penyelesaian masalah matematika. Dalam penyelesaian matematika memang tidak boleh dilakukan secara asal-asalan atau hanya berupa dugaan saja, tapi juga harus dapat dibuktikan. Namun intuisi dapat digunakan sebagai awalan untuk membantu mengetahui suatu hal sehingga dapat dilanjutkan dengan menggunakan cara yang sistematis. Intuisi ini bisa membantu untuk mengarahkan pada suatu hal. Namun sesungguhnya intuisi bisa muncul secara tiba-tiba dikarena hal tersebut sudah pernah dialami. Sehingga secara spontan seseorang bisa memunculkan ide dan menyelesaikan masalah dengan intuisinya.
Wassalamualaikum wr.wb.
Deden Hidayat
ReplyDelete18709251032
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Intuisi dalam matematika memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan suatu proses berpikir. Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui sebuah penalaran yang rasional. Intuisi sangat diperlukan dalam proses belajar matematika, karena dengan intuisi siswa dapat menemukan ide-ide kreatifnya. Namun untuk mendukung intuisi siswa dalam mengembangkan ide-ide kreatifnya diperlukan peran dari seorang guru. Guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan potensi dan pola pikir yang dimiliki oleh siswa tersebut. Pemberian kesempatan tersebut akan memudahkan siswa dalam mengembangkan ide-ide yang dimilikinya.
Cahya Mar'a Saliha Sumantri
ReplyDelete18709251034
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr.wb.
Kita mengetahui intuisi dalam diri berarti diri ini mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap suatu hal, mengambil keputusan tanpa berpikir panjang, dll. Bila intuisi ini berada dalam matematika, maka perlu pelatihan terlebih dahulu agar prediksi intuisinya tepat karena matematika bukan ilmu asal-asalan, mereka mempunyai dasar yang digunakan sebagai semua jawaban dari permasalahan. Tetapi bisa jadi orang yang mempunyai IQ tinggi bisa langsung menggunakan intuisinya dalam matematika sehingga diperolehnya hasil yang memang benar sesusai dengan keadaannya sebenarnya. Intiya, intuisi dalam matematika bisa saja digunakan tetapi tidak sebagai keputusan akhir untuk memilih jawaban secara asal-asalan.
Dini Arrum Putri
ReplyDelete18709251003
S2 P Math A 2018
Dalam belajar matematika, siswa perlu memiliki kemampuan intuisi untuk memecahkan masalah matematika. Intuisi itu dugaan atau firasat seseorang dalam menyelesaikan sesuatu tanpa harus bernalas. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika karena siswa akan lebih mudah memahami dan lebih mengerti materi yang diajarkan.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteFany Isti Bigo
ReplyDelete18709251020
PPs UNY PM A 2018
Menurut kant (Hardiman, 2010) dijelaskan bahwa pengetahuan bergantung dari pengalaman indrawi tetapi lanjutnya lagi tidak semua pengetahuan berasal dari pengalaman karena adanya intuisi. Kemampuan untuk melakukan intuisi disebut dengan sensibilitas atau intuisi indrawi. Sehingga dapat dikatakan intuisi manusia adalah intuisi indrawi. Ini berarti bahwa manusia mempelajari ilmu pengetahuan dengan menggunakan intuisi indrawinya. matematika adalah kreasi pikiran manusia. Bilangan ibarat karakter dalam cerita dongeng, hanyalah entitas mental, yang tidak akan pernah
ada, kecuali dalam pikiran manusia yang memikirkannya.
Nani Maryani
ReplyDelete18709251008
S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Intiusi merupakan proses berpikir tanpa bernalar. Intuisi memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika. Menurut Kant (Wilder, R. L. , 1952), matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi “ruang” dan “waktu”. Konsep dan keputusan matematika yang bersifat “synthetic a priori” atau pemikiran yang sintesis akan menyebabkan ilmu pengetahuan alam pun menjadi tergantung kepada matematika dalam menjelaskan dan memprediksi fenomena alam.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Agnes Teresa Panjaitan
ReplyDeleteS2 Pendidikan Matematika A 2018
18709251013
Berdasarkan pendapat dari Thompson diatas, dapat diketahui bahwa intuisi, meskipun tidak melibatkan alasan yang pasti dalam pembelajaran. Tetapi melibatkan kepandaian dan dugaan yang cukup hati-hati dan merupakan suatu intelektualitas yang merupakan warisan saintifik bagi yang memilikinya. Sehingga, peran intuisi merupakan suatu hal yang tidak diabaikan dalam pembelajaran matematika.
Janu Arlinwibowo
ReplyDelete18701261012
PEP 2018
Output dari pendidikan matematika sebaiknya membuat siswa memiliki intuisi matematis yang baik. Dengan demikian maka siswa menjadi lebih cekatan dalam menerjemahkan masalah dan mengatasinya. Pada era kekinian, hal tersebut sangat dibutuhkan agar mampu bersaing.
Aizza Zakkiyatul Fathin
ReplyDelete18709251014
Pps Pendidikan Matematika A
Intuisi dalam Matematika memang penting dalam membangun suatu konsep. Intuisi sendiri adalah kemampuan memahami tanpa melalui kemampuan penalaran yang rasional. Setiap siswa memiliki intuisi dari pengalaman-pengalamannya. Intuisi akan memudahkan guru dalam pembelajaran matematika karena dengan melalui sesuatu yang dekat dengan siswa maka pembelajaran akan lebih bermakna. Namun, guru harus tetap mengontrol dan selalu memberikan konfirmasi mengenai kebenaran konsep matematika agar nantinya tidak terjadi miskonsepsi.
Rindang Maaris Aadzaar
ReplyDelete18709251024
S2 Pendidikan Matematika 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Intuisi erat hubungannya dengan adanya kemampuan dibawah sadar seseorang. Intuisi tidak membutuhkan intelegensi dan semacamnya. Intuisi menggerakkan diri seseorang untuk melakukan sesuatu seperti seseorang yang memiliki keinginan untuk membaca buku. Intuisi selalu datang tiba-tiba dibawah sadar seseorang. Oleh karena itu jika kemampuan intuisi seseorang diasah, maka akan menjadi hal yang baik untuk pendidikan.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Herlingga Putuwita Nanmumpuni
ReplyDelete18709251033
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati, gerak hati atau daya batin untuk mengerti atau mengetahui sesuatu tidak dengan berpikir atau belajar. Pada praktiknya intuisi muncul dalam bentuk pengetahuan yang tiba-tiba hadir dalam sadar tanpa melalui penalaran yang jelas, tidak analitik dan tidak selalu logis. Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, aliran ini (Intusionis) mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Dalam pandangan intuisionisme tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani, sehingga bisa dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Dari Immanuel Kant sampai Carl Jung menekankan pentingnya intuisi dan dampaknya yang besar terhadap kehidupan pribadi dan profesional. Mereka mendefinisikannya sebagai pengetahuan 'a priori', dan sebagai alat penting dan sangat kita perlukan sebagai manusia.
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Intuisi membuat kita berpikir lebih cepat untuk memahami suatu permasalahan. Dengan demikian, sebagai guru, kita diminta untuk mmengembangkan intuisi dalam pembelajaran matematika.
Atin Argianti
ReplyDelete18709251001
PPs PM A 2018
Intuisi dalam pembelajaran matematika akan muncul, karena pembelajaran matematika membutuhkan pemikiran yang intuitif untuk melakukan pemecaham masalah dalam matemtika. Kemampuan berpikir tersebut terlibat untuk memcahkan permasalahan dalam pesoalan matematika. Permasalah dalam matematika akan memunculkan daya nalar dalam berintuisi. Seperti menduga-duga untuk memecahkan permasalahn kemudia dapat menyelesaikan permasalah tersebut.tetapi tidak hanya berpikir intuitif saja yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika, yaitu ada aspek-aspek yan lain.
Septia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 Pendidikan Matematika 2018
Intuisi terkadang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika karena terkadang kita dapat menemui permasalahan-permasalahan yang sangat kompleks dan membutuhkan analisa yang mendalam. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa matematika memiliki aturan-aturan, sehingga tidak selalu intuisi dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Sintha Sih Dewanti
ReplyDelete18701261013
PPs S3 PEP UNY
Dalam kehidupan sehari-hari, intuisi banyak membantu kita dalam membuat keputusan. Intuisi merupakan memori tentang sebuah peristiwa yang tersimpan di dalam pikiran bawah sadar yang tiba-tiba muncul ke pikiran sadar sebagai respons dari otak saat kita mengalami kejadian yang mirip dengan memori tersebut. Intuisi ini menjadi kekuatan pikiran manusia yang sangat bermanfaat. Intuisi membantu kita memuat keputusan tanpa berpikir panjang dan seringkali kebenaran intuisi ini akurat.
Rosi Anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr wb
Dalam pendidikan matematika, intuisi akan berkembang secara fleksibel seiring dengan masalah yang dihadapi dalam matemtika itu sendiri. Kemampuan intuisi juga akan semakin bagus jika pengetahuan yang ada dalam diri siswa semakin baik, karena intuisi berasal dari akal.
Yoga Prasetya
ReplyDelete18709251011
S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran. Peranan intuisi dalam matematika sangat penting karena siswa dituntut untuk berpikir kreatif. Sehingga dengan intuisi yang digunakan dalam matematika siswa tentu terbantu utnuk mengetahui dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Intuisi juga terbantu dengan priory knowledge yang dimiliki oleh siswa itu sendiri.
Eka Puspita
ReplyDeleteSari 18709251035
S2 PM B 2018
Intuisi tidak serta merta hadir sendiri dalam diri sesorang tanpa adanya sebuah pengalaman yang dialaminya. Seorang guru pernah mengatakan kepada saya bahwa sebuah feeling tidak akan bekerja atau memberikan manfaat tanpa dilakukan proses penanaman pengalaman sebelumnya terlebih dahulu. Nampaknya sama halnya dengan intuisi. Jika boleh saya definisikan, intuisis merupakan sebuah perasaan yang merasa pernah menemui sebuah kasus yang dihadapkan pada nya saat ini, dan kemudia ia merasa telah mencoba melakukan sebuah pemecahan masalahnya sehingga ia akan teringat kembali pada apa yang ia lakukan sebelumnya dan dengan yakin dan mantap mampu menjawab sebuah permasalahan yang sedang ia hadapi tanpa mencoba memecahkan masalah tersebut kembali. Hal tersebut terjadi akibat dari adanya proses pengalaman yang telah ia alami sebelumnya. Pun demikian dengan intuisi dalam matematika akan lebih kuat jika pengalaman-pengalaman yang ia lakukan semakin banyak. Tidak ada kerugian dalam proses menanamkan pengalaman dalam diri anak, karena tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat berguna bagi anak kelak.
Amalia Nur Rachman
ReplyDelete18709251042
S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018
Intuisi mengarah kepada sikap spontanitas secara tidak sadar. Hal ini dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Dalam pembelajaran, peran intuisi akan membantu siswa dengan memberi dugaan perkiraan dari permasalahan matematika. Namun, intuisi tidak memaksimalkan penalaran, sehingga jika siswa memperoleh suatu konsep baru yang sangat jauh dari skema yang ada, siswa tidak akan mampu mengasimilasikannya. Sehingga disinilah pentingnya guru harus memperhatikan dan menyesuaikan materi matematika sesuai dengan status perkembangan skema matematis siswa.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Intuisi memiliki peranan penting dalam proses belajar siswa karena intuisi dapat membantu siswa untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Maka, penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri. Dengan diberikannya kesempatan yang luas pada siswa, intuisinya pun juga akan semakin berkembang. Semakin baik intuisi yang dimiliki, semakin mudah juga siswa untuk belajar.
Umi Arismawati
Delete18709251037
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
Saya sangat setuju dengan saudara Fabri bahwa penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri. Untuk itu guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran. Guru juga perlu merancang pembelajaran yang dapat mengkonstruksi konsep dibenak siswa, mengembangkan potensi pada siswa dan masih banyak lagi.
Nur Afni
ReplyDelete18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Intuisi bukan hanya sekedar menduga-duga tanpa ada dasar atau landasan tetapi juga didukung oleh pengalaman belajar sebelumnya. Sehingga secara cepat siswa dapat mengeluarkan solusi untuk menyelesaikan masalah matematika melalui intuisinya. terimakasih
Surya Shofiyana Sukarman
ReplyDelete18709251017
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Intuisi adalah suatu istilah mengenai kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran yang rasional dan intelektualitas. Setiap manusia mempunyai intuisi terhadap berbagai macam hal. Intuisi sangat berpengaruh dalam belajar matematika karena dengan adanya intuisi siswa dapat menemukan ide-ide yang kreatif. Guru seharusnya tidak bertindak sebagai penentu cara belajar seperti apa yang harus dilakukan siswa. Tapi menjadi fasilitator bagi siswa dalam pembelajarannya. Sehingga siswa dapat mengoptimalisasi potensi mereka dan melatih intuisi yang akan sangat berguna bagi kehidupan mereka selanjutnya.
Umi Arismawati
ReplyDelete18709251037
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
Intuisi adalah suatu istilah mengenai kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran yang rasional dan intelektualitas. Intuisi diperlukan dalam belajar matematika karena dengan adanya intuisi siswa dapat menemukan ide-ide kreatifnya. Dari intuisi tadi, barulah guru memberikan pembelajaran dengan membangun sebuah konsepdi benak siswa.
Umi Arismawati
ReplyDelete18709251037
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
Sekarang ini banyak guru yang bersifat otoriter dalam mengajar. Hal ini dapat menyebabkan siswa kesulitan untuk mengembangkan ide-idenya. Hal tersebut juga dapat menyebabkan siswa kehilangan intuisi. Guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengembangkan pola pikir dan potensi yang dimiliki siswanya. Sehingga siswa dapat menemukan sendiri matematikanya dan tidak hanya bergantung kepada gurunya. Dengan begitu siswa tidak akan kehilangan intuisi yang ada pada dirinya. Untuk itu guru harus mengembangkan rancangan pembelajaran yang salah satunya mengembangkan potensi siswa.
Dita Aldila Krisma
ReplyDelete18709251012
PPs Pendidikan Matematika A 2018
Kekuatan kita dapat terlihat melalui intuisi. Intuisi adalah kemampuan natural yang ada pada setiap orang semenjak masa lahirnya. Intuisi dapat dilatih dengan mempertajam pengamatan dan menghayati aliran perasaan yang muncul saat itu. Semakin dalam penghayatan, semakin banyak data yang diproses otak dan tersaji melalui intuisi.
Erma Zelfiana Surni
ReplyDelete18709251009
S2. P.Matematika A 2018
Assalamualaikum Wr. Wb
Dalam matematika memang perlu untuk berpikir secara intuisi. intuisi adalah salah satu cara memahami sesuatu tanpa penalaran rasional. Intuisi sebenarnya cukup memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi ini dapat menjadi langkah awal siswa dalam memahami matematika. Kemudian intuisi juga melanjutkan keinginan siswa untuk memecahkan suatu permsalahan dalam matematika dengan menggunakan cara yang sistematis sesuai kaidah pembuktian dalam pemecahan masalah tersebut.
Kartianom
ReplyDelete18701261001
S3 PEP 2018
Intuisi dalam matematika. Sebenar-benar hidup adalah intuisi. Jadi sebenar-benar belajar matematika adalah intuisi. Immanuel Kant menekankan bahwa intuisi amatlah penting dalam hidup (apriori). Matematika sendiri haruslah dipahami dan dikonstruksi sesuai dengan ruang dan waktunya.
Erma Zelfiana Surni
ReplyDelete18709251009
S2. P.Matematika A 2018
Assalamualaikum Wr. Wb
Dalam matematika memang perlu untuk berpikir secara intuisi. intuisi adalah salah satu cara memahami sesuatu tanpa penalaran rasional. Intuisi sebenarnya cukup memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi ini dapat menjadi langkah awal siswa dalam memahami matematika. Kemudian intuisi juga melanjutkan keinginan siswa untuk memecahkan suatu permsalahan dalam matematika dengan menggunakan cara yang sistematis sesuai kaidah pembuktian dalam pemecahan masalah tersebut.
Diana Prastiwi
ReplyDelete18709251004
S2 P. Mat A 2018
Intuisi adalah insting untuk menemukan suatu pemecahan masalah. Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru. seorang yang kreatif dan aktif dalam mencari penyelesaian suatu masalah matematika. Intuisi ini dapat memperluas pengetahuan siswa. Intuisi ini dapat diperoleh dengan banyak membaca dan bertukar pikiran dengan teman lain.
Diana Prastiwi
ReplyDelete18709251004
S2 P. Mat A 2018
Intuisi memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran matematika, sehingga diharapkan guru-guru saat ini dapat mengajak siswa untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika agar hasilnya menjadi lebih optimal. membangun intuisi di benak siswa merupakan hal yang tidak mudah, sehingga diperlukaan guru yang tidak biasa saja dalam mendidik untuk membangun intuisi siswa, karena intuisi di butuhkan dalam memahami dan menentukan suatu keputusan dalam matematika.
Rochyati
ReplyDelete19709251074
S2 P. Mat D 2019
Intuisi memiliki peranan penting dalam matematika akan tetapi tidak sedikit guru yang membuat lompatan-lompatan dalam mengajar siswanya sehingga intuisi menjadi kurang terasah.
Indra Kusuma Wijayanti
ReplyDelete18709251046
Pendidikan Matematika S2 C
Matematika dengan berbagai sifatnya menjadi suatu mata pelajaran yang disukai dan dibenci oleh siswa. untuk membelajarkan dan mempelajari matematika diperlukan intuisi yang didapatkan dari pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh siswa. Dengan intuisi, maka siswa bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memahami matematika. Sehingga siswa dapat senantiasa mengembangkan kemampuan dan kapasitasnya dalam belajar matematika. Intuisi dapat diartikan sebagai bisikan hati, pikiran seketika. Intuisi inilah yang mendorong kita untuk mempelajari berdasarkan logika.
Mira Amalia Yudhanti
ReplyDelete19701251014
S2 PEP A 2019
Kemampuan dasar yang harus dimiliki anak-anak dalam belajar matematika adalah intuisi matematika. dengan intuisi kita dapat mempelajari matematika dan dengan matematika kita dapat mengembangkan kemampuan intuisi kita. Seorang guru atau calon guru sebaiknya dapat merancang pembelajaran matematika yang dapat mengembangkan intuisi peserta didiknya.
Ahmad Syajili
ReplyDelete19709251066
S2 PMD 2019
Assalamualaikum wr.wb
Intuisi di dapat dari pengalaman dimana seseorang akan menghadapi situasi yang justru ia tidak mengetahui sejak kapan dan darimana ia mendapatkan pengetahuan tersebut. Dan intuisi di dalam matematika merupakan intuisi yang berupa pengalaman-pengalaman yang terkait dengan matematika. Peran intuisi ini sendiri dalam pembelajaran matematika sangatlah penting, terutama bagi anak-anak. Karena dengan intuisi yang dimiliki, ia bisa belajar matematika berdasarkan pengalaman-pengalaman yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, anak-anak akan merasa matematika bukanlah suatu hal yang abstrak, dan tentunya hal ini dapat mengembangkan kemampuan dan potensi anak itu sendiri.
Hidayatul wafiroh
ReplyDelete19701251010
S2 PEP A 2019
Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuai tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas (wikipedia). Intuisi matematika menjadi penting dalam pembelajaran. Penanaman konsep matematika dapat dilakukan atau dijelaskan dengan bantuan intuisi. Seperti pendapat einstein bahwa satu-satunya yang berharga di dunia ini adalah intuisi, suatu penemuan bisa saja lahir melalui intuisi. Begitu juga dalam matematikan intuisi juga menjadi sesuatu yang penting dalam pembelajaran.
Vera Yuli Erviana
ReplyDeleteNIM 19706261005
S3 Pendidikan Dasar 2019
Assalamualaikum Wr. Wb.
Matematika tidak hanya sekedar diajarkan, tetapi juga dibudayakan. Tidak sekedar mengerjakan soal, tetapi menyelesaikan masalah. Untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut, anak didorong untuk dapat berpikir kritis. Dengan demikian matematika menjadi ilmu yang memberikan manfaat lebih terhadap siswa.
Assalamu'alaykum wr wb
ReplyDeleteDwi Kawuryani
19709251061
Pendidikan Matematika S2 D
Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi siswa sekolah mathematical experiences dibangun diatas akumulasi keterampilan matematika (mathematical skills) yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika (mathematical content). Hal itu dipengaruhi oleh sikap dan metode pembelajaran, motivasi dan lingkungan siswa. Bagi matematikawan, mathematical experiences adalah proses dan hasil-hasil riset matematika.
Wassalamu'alaikum wr wb
Jewish Van Septriwanto
ReplyDelete19709251077
S2 PM D 2019
Terima kasih prof untuk tulisan ini
Sebuah intuisi itu dapat dipengaruhi oleh fenomena berfrekuensi tetap dan kontinu. Menurut Thompson, intuisi matematika akan muncul setelah adanya pengalaman. Pengalaman dalam hal ini adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi karena intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Menurut Thompson, intuisi matematika selain diperoleh setelah adanya pengalaman, juga dapat diperoleh dari kompetensi matematika. Maka diperlukan adanya kompetensi matematika baik dari guru maupun siswa sendiri untuk menghasikan intuisi matematika. Dengan intuisi matematika tersebut maka dapat menghasikan ide-ide terkait matematika.