Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika




Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1:

Intuisi dalam Matematika

Oleh Marsigit


Saya nukilkan pendapat Thompson bagaimana peran intuisi dalam matematika berikut ini:

"Any satisfactory analysis of the role of intuition in mathematics should recognize it as a versatility in measuring up new situations, or even conjecturing them, using a rich repository of recurrent and strategically-important schema or conceptual structures, painstakingly abstracted from sensory experience by the intellect, constrained by the languages available to us at the time, and influenced by the accumulated resources of our cultural and scientific heritage: what intuition does not do is constitute an insight gained by reason, through some remarkable clairvoyant power that is an insight, which, for Gödel, seemingly paved the way towards a crystal-clear apocalyptic vision of mathematics, or, for Descartes, paved the way into the ultimate structure of the human mind"

References:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K,

116 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016
    Intuisi adalah suatu istilah mengenai kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran yang rasional dan intelektualitas.Intuisi dapat diperoleh dari pengalaman-pengalaman hidup siswa, intuisi dapat pula mengarahkan seseorang kepada struktur utama pikiran pada dirinya.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita tahu bahwa intuisi dalam matematika itu diperlukan dan mungkin ada sebagain yang menolak akan hal itu. intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa sifat umum dari intuisi tersebut adalah spontanitas secara tidak sadar. Bruner (Sukmana,2011) memaknai bahwa intuisi sebagai suatu tindakan untuk mendapatkan suatu makna, signifikansi, struktur atau situasi dari masalah tanpa ketergantungan secara eksplisit pada peralatan analitik yang dimiliki seorang ahli. Contoh intuisi dalam matematika yang diberikan Bruner agar matematika dimaknai adalah: pertama, seseorang dikatakan berpikir secara intuitif bila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Ia dapat segera memberika solusi masalah didasarkan atas sesuatu yang pernah ia buktikan secara formal sebelumnya. Contoh kedua, seseorang disebut matematikawan intuitif yang baik bila orang lain datang menyodorkan masalah padanya, dia akan dengan segera memberikan tebakan yang baik untuk solusi masalah, atau dapat memberikan beberapa pendekatan alternative untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut. Dan juga intuisi itu tidak dapat dijelaskan secara terperinci itu seperti apa.

    ReplyDelete
  3. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi diartikan sebagai suatu proses datangnya pengetahuan secara langsung atau tiba-tiba tanpa disertai penjelasan sebelumnya. Sehingga peran intuisi penting didalam pembelajaran. Intuisi siswa perlu dikembangkan oleh guru yaitu dengan berlatih berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran yang inovatif dari guru yang berpusat pada siswa akan mengembangkan intuisi siswa dalam menyelesaikan pertanyaan matematika.

    ReplyDelete
  4. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2016/ Kelas C

    Intuisi dalam pembelajaran matematika memiliki peranan yang penting karena dapat melatih siswa untuk berpikir secara lebih kritis. Jadi, peranan guru sangat penting dalam menciptakan inovasi pembelajaran untuk melatih siswa mengembangkan intuisi mereka sehingga siswa dapat menemukan solusi dari permasalahan matematika yang dihadapi.

    ReplyDelete
  5. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Setiap orang memiliki intuisinya sendiri-sendiri sehingga intuisi mereka tidak sama satu dengan yang lainnya. Demikian pula siswa, mereka dapat menemukan intuisi mereka sendiri jika dalam belajar diberikan kebebasan seluas-luasnya agar intuisi mereka terwujud. Mereka dapat menemukan pengetahuannya sendiri-sendiri dan dengan demikian mereka akan paham serta tercipta intuisi yang bermakna yang tidak akan hilang seiring berjalannya waktu.

    ReplyDelete
  6. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Dari artikel diatas disebutkan bahwa intuisi matematika dipengaruhi oleh budaya setempat. Menurut saya hal ini tepat, sebab pengalaman matematika yang juga membangun intuisi matematika siswa didapatkan dari kehidupan siswa di masyarakat. Pengalaman matematika itu tidak akan terlepas dari budaya sebab siswa hidup dalam masyarakat yang brebudaya.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Intuisi merupakan salah satu cara memperoleh pengetahuan matematika. Intuisi memungkinkan seseorang untuk menggunakan pikirannya. Dimana intuisi itu sendiri digunakan untuk memperoleh pengetahuan secara tiba-tiba. Seseorang tidak menyadari bahwa pengetahuan tersebut telah ia dapatkan. Itulah intuisi tidak ada pengamatan di sana. Hanya pikiran kita yang tak terduga. Selain itu, tidak juga ada peran akal atau logika di sana.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tiba-tiba datang dari dunia lain dan keluar dari kesadaran. Setiap manusia mempunyai intuisi namun dia tidak sadar dan tidak bisa mengontrol kapan intuisinya sedang bekerja, tiba-tiba saja langsung dirasakan hasil dari kinerja intuisinya tersebut. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran karena bisa mendukung proses pemecahan masalah dengan cepat dan tepat. Untuk mengasah intuisi kita, kita harus sering-sering berlatih misalnya dalam mengerjakan soal matematika, untuk mendapat intuisi tinggi kita harus sering berlatih mengerjakan soal matematika.

    ReplyDelete
  9. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Intuisi merupakan cara memahami sesuatu. bekerja dengan intuisi akan membuat lebih mudah dan lebih efisien, setiap orang memiliki intuisi nya masing masing, kuat atau tidak nya tergantung seberapa sering intuisi dilatih, jangan mau dimanjakan oleh perkemabnagn tekhnologi dan informasi, namun tetplah mandiri untuk tetap melatih intuisi kita agar tetap jalan.

    ReplyDelete
  10. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika karena intuisi membuka jalan ke dalam struktur utama dari pikiran manusia. Intuisi dapat tercipta melalui adanya pengalaman sensori yang diabstraksikan atau disaring oleh intelek. Dan intuisi ini sebaiknya harus terus dilatih secara terus menerus.

    ReplyDelete
  11. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Intuisi adalah insting untuk menemukan suatu pemecahan masalah.
    Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru.
    seorang yang kreatif dan aktif dalam mencari penyelesaian suatu masalah matematika.
    ntuisi ini dapat memperluas pengetahuan siswa. Intuisi ini dapat diperoleh dengan banyak membaca dan bertukar pikiran dengan teman lain.
    Diharapkan guru-guru saat ini dapat mengajak siswa untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika agar hasilnya menjadi lebih optimal.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Kecenderungan matematikawan untuk terus meningkatkan keketatan dan “kemurnian” konseptual pada masing-masing domain. Kecenderungan dasarnya adalah untuk memurnikan pengetahuan kita dari unsur-unsur: subyektifitas, interpretasi langsung dan keyakinan (belief) serta menjadikannya sesuai dengan data objektif yang diperoleh secara ketat. Hal ini menyebabkan meningkatnya kontradiksi antara apa yang tampaknya menjadi jelas dengan apa yang didapatkan sebagai hasil yang diperoleh dari analisis 'ilmiah' terhadap data (Fischbein, 1999: 12). Sebelum abad 19 Geometri (Euclidean) didasarkan pada aksioma-aksioma yang self-evidence tetapi kemudian muncul gagasan-gagasan dari Lobachevsky, Bolyai, Riemann yang menunjukkan bahwa geometri lain (Geometri non-Eucledian) juga logis. Geometri non-Eucledian tersebut menimbulkan konflik dengan intuisi kita mengenai gambaran alamiah tentang dunia dan sifat-sifat ruangnya.

    ReplyDelete
  13. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    intuisi merupakan suatu hal yang sudah melekat pada diri kita, intuisi dapat membantu kita untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari hari, ketajaman intuisi perlu dilatih dengan cara tidak memanjakan pikiran kita, biarlah pikiran kita memahami masalah dan berusaha untuk menyelesaikan masalahnya, agar intuisi tetap terlatih. faktor melemahnya intuisi salah satunya adalah faktor usia , jika sering dilatih intuisi nya maka walaupun usia sudah bertambah namun intuisi akan tetap bekerja.

    ReplyDelete
  14. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi dimiliki oleh setiap orang, kapanpun dan dimanapun, serta dalam situasi apapun pastilah ada saat dimana intuisi bekerja. Dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika, intuisi terjadi pada siswa dan guru dengan keadaan yang berbeda. Pada siswa, intuisi muncul untuk digunakan dalam kegiatan yang dilakukan. Pada guru, intuisi digunakan dalam menyusun dan merencanakan pembelajaran untuk siswa. Saat intuisi berjalan dengan baik, akan sangat membantu mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran inovatif dan interaktif

    ReplyDelete
  15. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Maka dari itulah, matematika hendaknya disusun agar mengembangkan dan melatih intuisi, bukan malah mematikan atau menghentikan intuisi yang seharusnya berjalan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal itu terjadi, diantaranya metode yang tidak tepat yang digunakan guru dalam pembelajaran, kurang fleksibelnya kurikulum, tidak tepatnya media yang digunakan, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang cocok untuk melatih intuisi

    ReplyDelete

  16. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi adalah kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung arti angan-angan, imajinasi, atau bahkan perasaan. Intuisi bukanlah sesuatu yang diperoleh dari sekolah, akan tetapi bawaan yang ada dalam diri setiap orang. Intuisi akan muncul tiba-tiba, akan tetapi tidak terjadi kepada setiap orang, hanya terjadi kepada orang-orang yang telah berfikir keras dalam usaha pemecahan masalah, kemudian orang itu beristirahat dan pada saat istirahatitulah intuisi mungkin saja terjadi.

    ReplyDelete
  17. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi adalah hal yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Intuisi sebagai sesuatu yang berada diluar nalar dan juga pikiran manusia berperan penting dalam pembelajaran matematika salah satunya pada saat pemecahan masalah. Intuisi yang dimiliki setiap orang tidaklah sama tetapi beranekaragam jenis ketajamannya. Semakin tajam intuisinya, semakin baik seseorang memecahkan persoalan dalam kehidupan. Sehingga guru sebagai pendidik diharapkan mampu mempertajam intuisi siswanya dengan cara memberikan pembelajaran-pembelajaran yang mengharuskan siswa aktif berfikir dan mengkonstruk sendiri pengetahuannya, serta memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memberikan tantangan bagi siswanya.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Intuisi dalam pandangan Kant adalah sebagai alat untuk memahami dan mengkonstruksi pengetahuan matematika. Matematika dapat dipahami melalui intuisi penginderaan, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Pandangan tentang peran intuisi dalam matematika telah memberikan gambaran yang jelas tentang landasan, struktur dan kebenaran matematika yang di dalamnya didominasi pembahasan tentang peran dan kedudukan intuisi.

    ReplyDelete
  19. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Intuisi merupakan point penting untuk dapat memaknai dan memahami dalam mengkonstruksi pengetahuan, khususnya matematika. Matematika yang diajarkan dengan cara instan (langung menuju ke rumus) atau yang berorienttasi pada nilai, akan membuat siswa merasa kesulitan sehingga pembelajaran matematika menjadi gagal di mata siswa. Matematika tersebut terlalu formal, juga karena tidak adanya kaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pandangan siswa mengenai matematika ialah sesuatu yang abstrak daan sulit dipahami.

    ReplyDelete
  20. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Siswa hendaknya diberi kebebasan dalam menemukan cara untuk memahami suatu konsep, sehingga tidak hanya terpaku pada satu prosedur saja. Dengan kebebasan siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya sesuai pengalaman dan pemikirannya sendiri juga fasilitas dari guru, siswa akan lebh mampu memaknai setiap langkah dan membangun intuisi dalam dirinya. Mereka juga akan merasa bahwa matematika memang membawa manfaat yang besar bagi kehidupannya.

    ReplyDelete
  21. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Intuisi memainkan peran penting dalam pembelajaran matematika terutama bagi siswa dengan adanya intuisi siswa dapat menemukan ide-ide kreatifnya.Oleh karena itu guru tidak boleh bersikap otoriter dan merasa paling benar. Siswa hendaklah diberi fleksibilitas, kebebasan untuk berkreasi dan menemukan konstruksi matematikanya sendiri melalui pengalaman yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  22. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Intuisi memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran matematika. Intuisi dapat dikembangkan pada siswa melalui pembelajaran yang inovatif dengan memusatkan pembelajaran pada siswa.

    ReplyDelete
  23. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Oleh sebab itu, intuisi siswa hendaknya dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran dengan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan matematika dari hasil pemahaman siswa sendiri dan guru hanya sebagai faslitator. Sehingga siswa tidak akan kehilangan intuisi dan dapat mengembangkan potensi dan kemampuan mereka.

    ReplyDelete
  24. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Sebuah intuisi itu dapat dipengaruhi oleh fenomena berfrekuensi tetap dan kontinu.Menurut Thompson, intuisi matematika akan muncul setelah adanya pengalaman. Pengalaman dalam hal ini adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Namun dalam dunia sekolah, pengalaman dibangun di atas akumulasi keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika siswa. Tetapi semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika dan sikap pendukung serta motivasi internal (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Jika guru kurang mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences maka akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal mathematical intuition ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas siswa.

    ReplyDelete
  25. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi karena intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Menurut Thompson, intuisi matematika selain diperoleh setelah adanya pengalaman, juga dapat diperoleh dari kompetensi matematika. Maka diperlukan adanya kompetensi matematika baik dari guru maupun siswa sendiri untuk menghasikan intuisi matematika. Dengan intuisi matematika tersebut maka dapat menghasikan ide-ide terkait matematika.

    ReplyDelete
  26. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pandangan Immanuel Kant tentang matematika dapat memberi sumbangan yang berarti ditinjau dari sisi filsafat matematika terutama tentang peranan intuisi dan konstruksi konsep matematika. Matematika dapat dipahami melalui intuisi penginderaan, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Pandangan tentang peran intuisi dalam matematika telah memberikan gambaran yang jelas tentang landasan, struktur dan kebenaran matematika yang di dalamnya didominasi pembahasan tentang peran dan kedudukan intuisi.

    ReplyDelete
  27. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Intuisi terbagi menjadi dua, yaitu intuisi ahli dan intuisi nonahli. Intuisi ahli didapat dengan pengalaman dan penyusunan skema yang telah baik/lengkap dari suatu objek yang di bahas. Skema lengkap dibangun berdasarkan reflektif yang telah bagus pula sehingga dengan dengan begitu muncullah intuisi ahli. Intuisi non ahli di dapat berdasarkan pengalaman yang masih sedikit dan skema yang terbentuk belum sempurna/terpisah antara skema satu sama lain. Dalam matematika intuisi sangat penting ketika dihadapkan dengan masalah. Seorang anak yang memiliki intuisi yang baik akan cepat mendapatkan jawaban tentang masalah matematika yang dibahas. Namun ketepatan jawaban yang dihasilkan berdasarkan pengalaman dan skema yang telah tersusun dari anak tersebut.

    ReplyDelete
  28. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Elegi ini menceritakan, bagaimana peran intuisi dalam matematika. Intuisi memang salah satu aspek yang harus dimiliki seseorang untuk dapat memahami pengetahuan matematika. seseorang dikatakan berpikir secara intuitif, bila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Ia dapat segera memberikan solusi masalah didasarkan atas sesuatu yang pernah ia buktikan secara formal sebelumnyaSeseorang disebut matematikawan intuitif yang baik bila orang lain datang menyodorkan masalah padanya, dia akan dengan sangat segera memberikan tebakan yang baik untuk solusi masalah, atau dapat dengan segera memberikan beberapa pendekatan alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  29. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi dalam pembelajaran matematika dipengaruhi oleh daya tangkap siswa akan suatu materi yang diajarkan oleh gurunya berdasarkan intuisi dari guru tersebut, sehingga pengembangan intuisi lebih terpaku pada kepada diri individu masing-masing sesuai denga apa yang mereka pahami berdasarkan aspek sikologis belajar individu tersebut.

    ReplyDelete
  30. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Intuisi dalam matematika adalah kegiatan pikiran manusia dalam memahami matematika. Upaya manusia dalam memahami matematika memerlukan bantuan intuisi. Sedangkan intuisi sendiri perlu dikembangkan. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya intuisi adalah pengalaman-pengalaman yang direkan oleh indra manusia yang kemudian diekstrakoleh pikiran manusia dan menjadi wawasan. Wawasan-wawasan inilah yang nantinya akan membentuk intuisi matematika. Ini yang memebedakan manusia dan binatang yaitu memiliki dan tidak memiliki intuisi. Binatang tidak mungkin memiliki intuisi karena mereka tidak dapat mengekstrak pengalaman-pengalam mereka menjadi wawasan. Sedangkan manusia mampu mengekstrak pengalaman bermatematika menjadi suatu wawasan matematika yang nantinya membentukintuisi matematika.
    Peran penting intuisi dalam mempelajari suatu ilmu ini lah yang secara langsung juga mengatakan bahwa intuisi penting dalam mempelajari matematika. Ketika manusia mengalami situasi baru dalam bermatematika maka ia akan berpikir bahwa hal tersebut adalah abstrak. Lalu manusia mulai mencari-cari wawasan yang relevan dan berhubungan dengan situasi abstrak tersebut yang tentu saja dirasa lebih masuk akal. Dengan mengaitkan struktur wawasan tersebut akirnya manusia mampu memahami pengetahuan baru tentang matematika. Dalam proses inilah intuisi berperan penting dalam matematika. Intuisi memanfaatkan pengalaman-pengalaman untuk memahami ilmu pengetahuan baru. Tetapi secara timbal balik ilmu pengetahuan baru itupun menjadi pengalaman yang nantinya juga digunakan olehintuisi untuk membentuk ilmu pengetahuan baru lainnya.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  31. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Matematika merupakan sebuah bahasan yang menarik untuk dipelajari, matematika dengan berbagai sifatnya menjadi suatu mata pelajaran yang disukai dan dibenci oleh siswa. untuk membelajarkan dan mempelajari matematika diperlukan intuisi yang didapatkan dari pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh siswa. Dengan intuisi, maka siswa bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memahami matematika. Sehingga siswa dapat senantiasa mengembangkan kemampuan dan kapasitasnya dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  32. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Intuisi matematika didapat dari pengalaman sehari-hari berkaitan matematika. Intuisi matematika sangat perlu dilakukan pada pembelajaran matematika tingkat dasar. Anak tidak langsung diberikan rumus, teori, atau definisi mengenai matematika. Anak akan belajar matematika secara realsitik dengan melakukan koneksi antara kehidupan sehari-hari dan matematika. Itulah yang melandasi pentingnya intuisi pada anak-anak.

    ReplyDelete
  33. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami intuisi merupakan pengetahuan/pemahaman/kemampuan seseorang dalam menghadapi situasi tertentu dimana dia sendiri lupa darimana dan sejak kapan dia mendapatkan pengetahuan/pemahaman/kemampuan tersebut. Tentu saja dalam pembelajaran matematika intuisi sangat berperan penting. Dengan intuisi seseorang dapat menerka suatu pola, atau konjektur matematika. Dan dengan intuisi pula seseorang akan menentukan langkah pertama apa yang harus diambil.

    ReplyDelete
  34. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih banyak Prof atas ilmu yang bermanfaat ini

    Sungguh ini baru bagi saya. Sedikit mengenal Thompson dari pendapatnya di atas

    Intuisi dalam kehidupan sangatlah penting, termasuk di dalamnya adalah matematika. Melalui intuisi, kita dapat meraih pengetahuan-pengetahuan.

    Mohon ijin bercerita. Salah satu hal yang saya pikirkan hingga komentar ini selesai saya publiskan adalah mencari point penting elegi ini sehingga diberikan judul elegi pemberontakan pendidikan matematika 1: Intuisi dalam Matematika. Apakah intusi yang memberontak? Apakah intuisi yang menyebabkan pemberontakan? Saya yakin pasti ada jawabannya. Usaha pertama saya adalah dengan menterjemahkan pendapat Thompson di atas. Berhenti. Saya pikirkan kembali, saya mencoba mencari kode rahasianya yang dapat membawa saya pada judul elegi pemberontakan pendidikan. Tapi sungguh, keterbatasan saya membuat saya belum juga mendapatkannya. Terimakasih sekali lagi saya ucapkan, melalui elegi ini saya mendapatkan pengetahuan baru, melalui elegi ini saya menjadi manusia yang inshaallah terus berupaya. Benar-benar elegi ini menyadarkan saya untuk sadar bahwa saya adalah si terbatas. Bismillah, saya akan berusaha lebih keras.

    ReplyDelete
  35. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Intuisi sangat penting bagi siswa terutama anak-anak, karena umumnya anak-anak melakukan kegiatan tetapi tidak mengerti hakekat dari kegiatan yang dikerjakannya. Dengan menggunakan intuisi, dapat memudahkan siswa dalam memahami matematika. Selain itu juga dapat membantu siswa dalam memberikan dugaan-dugaan dari permasalahan matematika. Dengan siswa menduga tersebut, dapat memotivasi siswa untuk belajar matematika khususnya dalam proses memecahkan masalah matematika. Sehingga dianjurkan bagi guru untuk menjelaskan permasalahan matematika dengan intuisi supaya siswa dapat memahami permasalahan yang sebenarnya mereka hadapi.

    ReplyDelete
  36. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Intusi merupakan salah satu kegiatan berpikir dalam matematika. Menurut Pak Marsigit intuisi bercirikan pada saat ditanya sejak kapan tahu, dari mana tahu, dan bagaimana mengethauinya tetaoi kita tidak tahu harus menjawab apa hal tersbut merupakan bagian dari intuisi. Intusi juga bentuk cara berpikir selain berpikir secara reflektif. Siswa yang dibiarkan mengembangkan dan menggunakan intuisi akan membuat menjadi kreatif dan berpikir secara kritis karena siswa tersebut mengolah pemikirannya sendiri, menganalisis, mengorganisir, bahkan menurut saya kegiatan intuisi dapat dimasukkan dalam C6 pada taksonomy bloom, karena siswa dpat menciptkan intuisinya. Oleh karena itu dalam menciptakan intuisinya dapat dengan proses pembelajaran yang menggunakan LKS atau guru harus memfasilitasi siswa menggunakan strategi, model, metode, dan pendekatan yang dapat memaksimalkan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  37. Pangestika Nur A
    PEP B- Pascasarjana
    17701251037

    Latar belakang pendidikan sarjana saya adalah kimia, meskipun demikian matematika dan kimia adalah ilmu yang saling terkait. Intuisi dan matematika memang tidak dapat dipisahkan. Intuisi yang tajam akan memudahkan pemecahan soal dalam matematika karena menurut saya sekadar hafal rumus tidaklah cukup untuk menyelesaikan soal matematika.

    ReplyDelete

  38. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.
    Jika mencerna dari pendapatnya Thomson mengenai peran intuisi dalam matematika.Intuisi di dalam matematika akan terlihat dari sebuah adaptasi antara keduanya.Namun susah diidentifikasi melalui indra.Mungkin karena intuisi adalah suatu hal yang tidak nampak secara meatfisik yang hanya dapat dimengerti oleh rasio.Walaupun demikian intuisi tetap memiliki andil yang sangat besar di dalam matematika .

    ReplyDelete
  39. Dimas Canrd Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    assalamualaikum prof,
    Intuisi memiliki peranan penting dalam proses belajar siswa karena intuisi dapat membantu siswa untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Maka, penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri. Dengan diberikannya kesempatan yang luas pada siswa, intuisinya pun juga akan semakin berkembang. Semakin baik intuisi yang dimiliki, semakin mudah juga siswa untuk belajar.

    ReplyDelete
  40. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    dalam kehidupan sehari-hari, orang sering menggunakan kata intuisi. Intuisi dimakanai secara beragam dan belum ada kesepakatan terhadap definisi intuisi tersebut. Ada yang mengatakan intuisi hampir sama dengan feeling. Begitu juga dalam pembelajaran matematika, intuisi sangat berperan penting di dalamya. Khususnya dalam pendidikan sekolah dasar. Sebenarnya intuisi berkaitan erat dengan cara alamiah anak dalam belajar dan berpikir. Oleh karena itu pembelajaran yang dapat mengembangkan intuisi anak sangatlah diperlukan.intuisi pada anak sangat berperan dalam memahami pernyataan-pernyataan matematika dan dalam pemecahan maslaah matematika.

    ReplyDelete
  41. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Learning mathematics at school is defined as interaction, so intuition plays a very important role. For children, intuition is important because they do activities but do not understand the nature of the work done. Just as we are teachers we must know the essence of teaching, as a teacher or educator candidate sometimes we do not know why we teach so, we only carry out the learning without thinking, so that teachers and educators only as executor alone not as a developer.

    ReplyDelete
  42. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Membaca ulasan ini memberikan pandangan yang lebih dalam bagi saya terkait dengan intuisi matematika itu sendiri. Timbul pertanyaan dalam benak ini, bagaimana meningkatkan intuisi matematika bagi anak-anak yang memiliki keterlambatan dalam belajar? Terima kasih Prof untuk ilmu yang sudah diberikan.

    ReplyDelete
  43. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini, intuisi berperan penting dalam proses pemecahan masalah. Intuisi adalah memperkirakan, membayangkan yang belum terjadi. Sehingga intuisi itu belum bernilai benar ataupun salah. Maka perlu adanya bukti berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk dapat mengambil kesimpulan dan membuktikan perkiraan itu benar atau salah. Maka, dari intuisi itulah kita dapat menggunakan untuk menyelesaikan suatu masalah matematika.

    ReplyDelete
  44. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Intuisi sangat berperan dalam matematika, bahkan dalam ilmu yang lainnya. karena matematika berprinsip a priori, maka disitulah peran intuisi. untuk memperkirakan sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. dalam matematika, tidak semuanya harus berwujud dan memlalui pengealaman. asalkan konsisten dan antara teorema satu dan teorema lainnya tidak bertentangan.

    ReplyDelete
  45. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Intuisi merupakan kecerdasan yang dimiliki siswa dalam bentuk memahami suatu masalah yang diberikan oleh guru secara spontan tanpa harus terlebih dahulu mengalami proses belajar. Jika di dalam kelas terdapat siswa yang memiliki jenis kemampuan ini maka sebaiknya guru memberikan kontrol yang sesuai terhadap siswa tersebut dengan catatan tetap hati-hati dalam menyampaikan bahasa verbal agar motivasi siswa tersebut tidak mengalami penurunan.

    ReplyDelete
  46. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Intuisi ialah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tersebut tiba-tiba saja datangnya dan di luar kesadaran. Misalnya, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca buku. Intuisi memiliki ciri tidak tahu kapan, dimana, dan bagaimana memperoleh kemampuan tersebut. Intuisi cocok untuk diterapkan dalam proses pembelajaran matematika terutama pada siswa sekolah dasar dimana mereka belum memiliki kemampuan untuk bernalar dan mengabalisis.

    ReplyDelete
  47. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan logis. Pembelajaran Matematika khususnya di sekolah dasar didefinisikan sebagai kegiatan atau pengalaman bagi siswa, sehingga peran intuisi sangat besar. Dengan intuisi, siswa dapat mengembangkan kreativitasnya dalam bermatematika. Tugas guru adalah untuk tidak mematikan intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  48. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Intuisi umumnya banyak dikenal oleh masyarakat luas dengan sebutan insting atau firasat. Namun, Intuisi sendiri adalah kemampuan seseorang untuk menyadari adanya sesuatu yang salah atau sesuatu yang akan terjadi setelah itu dengan waktu yang relatif cepat. Tidak semua orang memiliki kemampuan ini, karena dibutuhkan usaha yang keras dan niat yang kuat untuk memiliki kemampuan berintuisi. Sehingga guru mempuyai tugas membimbing dan mengarahkan siswa yang memiliki intuisi agar proses belajar berjalan dengan efektif.

    ReplyDelete
  49. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Dlam istilah psikologi pembelajaran, kecerdasan siswa ada dua yaitu intuitif dan reflektif. Kecerdasan intuitif yaitu siswa secara spontan menjawab permasalahan matematika dengan cepat hasil dari pengalaman sebelumnya. Siswa dengan kecerdasan ini termasuk siswa yang tidak banyak. Biasanya siswa tipe seperti ini ingin terlihat menonjol dikelas. Guru dalam menyikapi ini harus bijak, sehingga guru bisa memfasilitasi siswa dengan dua kecerdasan ini.

    ReplyDelete
  50. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Di dunia tidak pernah ada yang tetap. Semuanya berubah seiring berubahnya waktu dan tempat. Begitu juga dengan ilmu. Ia selalu berkembang dari masa ke masa. Sehingga memungkinkan adanya sebuah revisi atau penyempurnaan dari ilmu yang sebelumnya menjadi teori yang lebih baru. Contoh dari perkembangan ilmu ini misalnya dapat kita lihat pada perkembangab teori atom. Teori ini berubah dari teorinya atom, kemudian berkembang menjadi teori atom Thompson, Rutherford dan seterusnya. Oleh karena itu benarlah bahwa ilmu selain dibangun dari logika, ia juga dibangun dari pengalaman serta intuisi.

    ReplyDelete
  51. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Jika berbicara mengenai intuisi dalam matematika erat kaitannya dengan pengalaman yang dimiliki seseorang untuk bisa menghadapi situasi tertentu yang mungkin belum pernah dihadapinya. intuisi tersebut digunakan berdasarkan skema atau struktur konseptual yang menarik, yang telah diabstraksikan oleh pengalaman inderawi. Setiap orang memiliki intuisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu apa yang akan dilakukan seseorang ketika menghadapi situasi tertentu juga akan berbeda. Sama halnya dengan mamatika yang tetap memerlukan intuisi, baik untuk menghadapi permasalahan sampai kepada menyelesaiaknnya.

    ReplyDelete
  52. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Seperti yang bapak sering katakan di kelas, bahwa intuisi adalah ketika aku membaca halaman yang sekarang sedang aku baca, aku paham karena aku masih ingat bacaan pada halaman sebelumnya. Tidak luput dari eksistensinya dalam matematika, intuisi dalam matematika lebih mirip dengan kemampuan koneksi matematika. Artinya setiap yang ilmu matematika yang ku dapat, selalu berkaitan dengan materi sebelumnya, dan aku harus mengingatnya tanpa meninggalkannya sama sekali. Menurut Thompson, peran intuisi dalam matematika bersifat fleksibel, apalagi dalam kebermanfaatannya ketika menghadapi situasi yang baru. Terlebih untuk membuat suatu hipotesis atau dugaan sementara, kita tidak dapat langsung membuat kesimpulan atasnya. Sehingga kita perlu mengumpulkan berbagai skema atau struktur konseptual yang telah di abstraksikan oleh panca indera selama ini, menjadi sebuah praduga sementara terutama untuk memecahkan suatu permasalahan matematis. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  53. Rigia Tirzs Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Saya baru menyadari bahwa intuisi juga penting dalam pembelajaran matematika. Pendugaan dalam pengambilan keputusan tentu harus disertai intuisi agar semua aspek pembelajaran tetap berhubungan dan memiliki makna.

    ReplyDelete
  54. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Intuisi di dapat dari pengalaman dimana seseorang akan menghadapi situasi yang justru ia tidak mengetahui sejak kapan dan darimana ia mendapatkan pengetahuan tersebut. Dan intuisi di dalam matematika merupakan intuisi yang berupa pengalaman-pengalaman yang terkait dengan matematika. Peran intuisi ini sendiri dalam pembelajaran matematika sangatlah penting, terutama bagi anak-anak. Karena dengan intuisi yang dimiliki, ia bisa belajar matematika berdasarkan pengalaman-pengalaman yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, anak-anak akan merasa matematika bukanlah suatu hal yang abstrak, dan tentunya hal ini dapat mengembangkan kemampuan dan potensi anak itu sendiri.

    ReplyDelete
  55. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    First I read this writing, it is hard...the sentence is so long. I still need more explanation about this.Hope that in my next journey to *Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika* I will get an insight.
    One thing I learn is that mathematics is cool... and it is not merely about counting as what is learnt at school. Perharps I will know more about metaphysics of mathematics.

    ReplyDelete
  56. Junianto
    PM C
    17709251065

    Membaca pendapat THOmson dalam artikel ini menambah pengetahuan saya bahwa intuisi memiliki peran sebagai sebuah fleksibilitas dalam mengukur situasi baru atau bahkan menduganya dengan menggunakan skema rekuren dan strategis. Menarik bagi saya disini adalah bahwa intuisi bisa digunakan untuk menduga ketika belajar matematika. Hal ini dikarenakan intuisi juga tidak serta merta ada begitu saja, tetapi intuisi ada karena kita telah mempelajari secara berulang-ulang. Oleh karena itu, kita seperti sudah refleks ketika menganalisis sesuatu. Dengan intuisi ini, kita bisa menduga sesuatu dan memiliki peluang benar. Hal ini karena intuisi yang digunakan tidak ada begitu saja tetapi karena sudah dipelajari dan melekat dalam pikiran.

    ReplyDelete
  57. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Setiap ahli memiliki pendapat dan redaksi tersendiri untuk mendefiniskan intuisi. Namun, pada hakikatnya intuisi itu pending dan sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika siswa contohnya dalam proses berpikir untuk memecahkan masalah matematika. Berdasarkan elegi diatas, intusi yang di sampaikan menurut Thompson bahwa peran intuisi sebagai fleksibilitas terhadap situasi baru dengan menggunakan repositori berulang-ulang dan strategi skema atau struktur konseptual. Selain itu, intuisi dibangun dan diperoleh pengalaman-pengalaman individu sendiri, bukan suatu wawasan yang diperoleh lewat berpikir panjang ataupun warisan. Jadi setiap orang memiliki intuisinya masing-masing berdasarkan latar belakangnya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  58. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Ituisi merupakan kemampuan memahami sesutau tanpa melalui penalaran rasional dan intelektual. Intuisi itu muncul tiba-tiba pada saat menghadapi sesuatu hal. Hal ini sangat diperlukan dalam matematika, karena matematika harus dianalisis terlebih dahulu untuk menjawaba suau permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan adanya intuisi, maka akan muncul ide-ide selanjutnya yang akan tertuang secara strategis dan menarik dalam proses matematika.

    ReplyDelete
  59. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Intuisi dalam pembelajaran matematika dipengaruhi oleh daya tangkap siswa akan suatu materi yang diajarkan oleh gurunya, sehingga pengembangan intuisi lebih terpaku kepada diri individu masing-masing sesuai denga apa yang mereka pahami berdasarkan dari apa-apa yang sudah diberikan oleh sang guru tersebut. Dengan kata lain lebih terlihat pada psikologis dan daya paham anak tersebut.

    ReplyDelete
  60. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Ketika saya S1 memahami Intusi sebagai kata hati atau panggilan jiwa yang dihasilkan dari sebuah kebiasaan dan lebih bersifat supranatural, setelah membaca elegi diatas saya melihat definis dari intuisi yang cukup kompleks, ternya intuisi bukan sekedar yang saya pahami sebelumnya melainkan lebih dari itu intuisi merupakan wawasan yang diperoleh dengan akal, melalui kekuatan peramal yang luar biasa yang merupakan pembuka jalan ke dalam struktur utama pikiran manusia, sebagaimana dituliskan diatas.

    ReplyDelete
  61. Terimakasih atas sharing ide dari Thompson bapak. Mengenai intuisi seperti yang telah dikemukakan diatas oleh Thomson. Setiap manusia akan mengalami pengalaman-pengalaman yang berbeda-beda dengan manusia lainnya. Dari pengalaman yang telah diperoleh manusia tersebut, akan membentuk intuisi-nya sendiri, intuisi yang tidak berasal dari hasil pemikiran rasional dari otak manusia. Dengan adanya intuisi, seseorang akan mampu menemukan ide dalam pemecahan masalah matematika yang akan dihadapinya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  62. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional. Intuisi merupakan hal yang penting dalam hidup ini. Dalam belajar matematika pun intuisi sangat diperlukan. Setiap anak kecil memulai belajar dari intuisi. Intuisi merupakan sumber awal seorang anak belajar matematika. Untuk belajar berhitung seorang anak yang belum memiliki dasar matematika yang lain sampai anak bisa berhitung, hal tersebut karena peran intuisi. Sehingga seringkali tidak menyadari darimana awal bisa berhitung. Setiap manusia memiliki intuisi. Selanjutnya tergantung pada diri sendiri apakah akan menjaga dan mengembangkan intuisi tersebut atau justru menurunkannya. Padahal intuisi dapat membantu manusia memberikan arah dalam hidup.

    ReplyDelete
  63. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Matematika merupakan ilmu pasti, namun bukan berarti intuisi tidak diperlukan dalam matematika. Intuisi berperan sebagai penentu situasi untuk melakukan abstraksi. Budaya dan bahasa bahkan pengalaman dapat dijadikan alat untuk membantu memahami matematika.

    ReplyDelete
  64. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi adalah insting untuk menemukan suatu pemecahan masalah. Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru. seorang yang kreatif dan aktif dalam mencari penyelesaian suatu masalah matematika. Intuisi ini dapat memperluas pengetahuan siswa. Intuisi ini dapat diperoleh dengan banyak membaca dan bertukar pikiran dengan teman lain.
    Diharapkan guru-guru saat ini dapat mengajak siswa untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika agar hasilnya menjadi lebih optimal. membangun intuisi di benak siswa merupakan hal yang tidak mudah, sehingga diperlukaan guru yang tidak biasa saja dalam mendidik untuk membangun intuisi siswa, karena intuisi di butuhkan dalam memahami dan menentukan suatu keputusan dalam matematika.

    ReplyDelete
  65. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Intuisi sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika. Dengan intuisi siswa dapat mengkoneksikan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah ia peroleh sebelumnya. Kekuatan dan keakuratan intuisi dapat dibentuk jika guru membelajarkan matematika kepada siswa dengan memberikan pengalaman belajar melalu aktivitas matematika. Untuk itu guru seharusnya mampu memberikan pengalaman belajar pun dengan siswa yang beragam agar intuisi siswa dapat terbentuk dengan baik.

    ReplyDelete
  66. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intuisi merupakan olah pikir yang perlu sekali digali oleh seseorang agar semakin tajam. Seseorang yang memiliki intuisi tajam, maka akan mudah sekali untuk mengambil keputusan. Dulu prof mengatakan bahwa sebenar-benarnya orang cerdas adalah orang yang bisa mengambil keputusan. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa prang cerdas itu memiliki intuisi yang tajam.\
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  67. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Intuisi tidak bisa diabaikan keberadaannya karena intuisi adalah suatu anugerah yang dimiliki oleh manusia. Walaupun tidak dapat diukur dan digeneralisasi dalam suatu bentuk dan struktur yang nyata, intuisi sudah menjadi kajian yang sangat mendalam oleh para ahli termasuk filsuf yang mengkaji peran intuisi dalam pembentukan ilmu pengetahuan. Intuisi memang tidak serta merta melahirkan suatu pengetahuan, namun intuisi dapat menjadi titik awal berkembangnya suatu pemikiran.

    ReplyDelete
  68. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki siswa. Intuisi akan membantu kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dengan lebih cepat. Intuisi tidak dapat dipelajari hanya dari berbagai konsep dan buku- buku. Intuisi dapat diperoleh melalui pengalaman- pengalaman. Oleh karena itulah sedini mungkin seorang guru harus memberikan pengalaman- pengalaman tentang matematika kepada siswa agar nantinya mereka memiliki intuisi yang baik. Guru harus memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui berbagai kegiatan sehingga siswa memiliki pengalaman tentang matematika dan sekaligus membangun intuisi mereka.

    ReplyDelete
  69. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    Matematika B PPS UNY

    Kesimpulan elegi diatas adalah intuisi memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi diperlukan pada saat membangun pengetahuan. Dengan intuisi yang dimilikinya siswa dapat menduga bagaimana cara menyelesaikan persoalan matematika. Belajar matematika adalah belajar mennggunakan intuisi.

    ReplyDelete
  70. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    PPS Pendidikan Mat B

    Makna institusi dalam matematika menurut para ahli sangatlah berbeda-beda tergantung sudut pandang mereka. Dalam artikel ini, menurut Thompson bahwa intuisi seseorang diperoleh melalui pengalaman seseorang tersebut yakni penglaman sensorik sehingga dapat membangun pengetahuan mereka dalam menyelesaikan suatu masalah matematika.

    ReplyDelete
  71. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    Matematika B PPS
    Dalam proses ketika menemukan sebuah abstraksi inilah intuisi berperan sangat penting dalam matematika. Intuisi memanfaatkan pengalaman-pengalaman untuk memahami ilmu pengetahuan baru. Tetapi secara timbal balik ilmu pengetahuan baru itupun menjadi pengalaman yang nantinya juga digunakan oleh intuisi untuk membentuk ilmu pengetahuan baru lainnya.

    ReplyDelete
  72. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Disebutkan dalam elegi di atas bahwa Intuisi matematika adalah membudayakan matematika. Hal ini berarti bahwa intuisi kita dapatkan dari bermatematika. Seseorang atau siswa sebaiknya dibiasakan bermatematika, mungkin bisa dengan matematika yang meningkatkan kreativitas dan kekritisan dalam berpikir. Dengan kebiasaan tersebut, maka kemampuan matematika kita insyaALLAH akan semakin baik sehingga kemampuan berintuisi juga akan semakin baik. Karena intuisi adalah penting dalam belajar matematika. Mohon koreksi. Terimakasih.

    ReplyDelete
  73. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Intuisi terletak di dalam jiwa yang paling dalam dan paling jujur. Intuisi adalah emosi positif yang terlatih secara sempurna sehingga dia mampu menjadi emosi batin yang baik dan sekaligus menjadi cahaya penunjuk arah kehidupan. Cara tradisional yang digunakan oleh sebagian besar guru zaman sekarang, mengakibatkan matematika menjadi tampak sebagai barang asing yang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan informal anak. Anak tidak diberi kesempatan yang cukup untuk berpikir sendiri mengenai gagasan matematika. Sehingga anak pada akhirnya hanya mementingkan hasil akhirnya saja bukan lagi pada prosesnya.

    ReplyDelete
  74. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Matematika merupakan intuisi dari pemikiran dan pengalaman. Dimana intuisi dalam matematika bersifat fleksibel. Matematika dapat dipelajari oleh bidang ilmu yang lain dan matematika dapat dikembangkan ke bidang ilmu lainnya. Intuisi matematika memegang peran penting dalam konsep pemahaman matematika, dengan intuisi matematika manusia mengolah pikiran dan mengembangkan gagasannya. Pada dasarnya intuisi itu ada dalam pikiram manusia sendiri, dengan mencoba membuka wawasan, intuisi itu dapat melekat pada diri. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  75. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Intuisi memiliki peran yang sangat penting dalam pembeljaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa untuk memunculkan ide-ide dalam mengontruksi pengetahuan. Sehigga konsep tersebut sesuai dengan apa yang mereka pikirkan (match). Selain itu intuisi juga dapat membantu siswa untuk mengunakan konsep yang mereka dapatkan dalam pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  76. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    ntuisi dimunculkan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan. Salah satu menciptakan pengalaman yaitu dengan melaksanakan keterampilan-keterampilan yang melibatkan pemahaman serta pengetahuan mereka secara mandiri. Sehingga dalam hal ini guru memfasilitasi dengan pembelajaran yang melibatkan siswa (student center). Karena student center akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan siswa akan memiliki pengalaman. Namun apabila masih berdasarkan teacher center keterampilan siswa dalam membuat pengalaman tersebut akan minim seingga intuisi yang terbentu juga tidak banyak

    ReplyDelete
  77. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Intuisi berkenaan dengan perkembangan pola pikir seseorang dalam memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi dibangun melalui pengalaman. Dalam matematika perkembangan intuisi adalah hasil dari pengalaman siswa dalam pengkonstruksian pengetahuan serta hasil dari latihan-latihan penyelesaian pemecahan masalah. Dengan pengalaman-pengalaman yang ada akan memudahkan siswa dalam membangun dugaan-dugaan dalam penyelesaian masalah matematika. Maka perkembangan intuisi juga akan mendukung perkembangan minat terhadap matematika.

    ReplyDelete
  78. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Intuisi itu berada dalam hati hal yang dimaksud ialah secara spiritual. Intuisi juga berada dalam pikiran seperti pembiasaan berfikir positif, berada di tulisan atau kata-katanya serta berada dalam tindakan seseorang. Intuisi tidak hanya milik anak kecil saja. Karena, orang dewasa pun memiliki intuisi yang sejatinya dibawa sejak lahir yang dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Intuisi dalam matematika itu ialah budaya bermatematika dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan suatu ide-ide matematika. Intuisi dalam pembelajaran matematika muncul melalui tahap pengalaman matematika. Sehingga, intuisi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan seseorang.

    ReplyDelete
  79. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Intuisi datang seperti sekilas dan sekelibat saja. Intuisi bukan datang dari pemikiran analitis, melainkan ia datang sebagai buah dari pengalaman-pengalaman kehidupan terdahulu. Semakin dewasa seseorang, rata-rata akan memiliki kemampuan intuisi yang semakin baik pula. Kalau orang awam bilang intuisi itu seperti mengikuti kata hati.

    ReplyDelete
  80. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Matematika berada didalam pikiran sehingga terdapat jarak antara isi yaitu kenyataan matematika dan wadah yaitu akal pikiran. Didalam jarak itulah terdapat intuisi ruang dan waktu sehingga sebenar-benarnya matematika itu berada dalam intuisi ruang dan waktu, oleh karena itu, intuisi sangatlah penting dimiliki siswa untuk mengkontruksi matematika. Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, mathematical experience adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Sedangkan bagi siswa sekolah mathematical experience dibangun atas akumulasi keterampilan matematika (mathematical skills) yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika (mathematical content).

    ReplyDelete
  81. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Menurut Imanuel Khan Matematika sebagai ilmu murni yang mengedapankan logika, belumlah dapat disebut sebagai ilmu karena masih bersifat analitik. Sehingga matematika menurutnya harus bersifat sintetik a priori jika ingin dikatakan sebagai sebuh ilmu dan dapat bermanfaat. Menurut saya disinilah peran intuisi dalam mateamtika. Mateamtika yang awalnya hanya sebuah ilmu murni yang berlandaskan logika, kemudian jika di kaitkan denga kehidupan dunia nyata berdasarkan pengalaman atau intuisi, maka mateamtika akan menjadi lebih bermanfaat bagi kehidupan. Hal itu karena matematika bukan hanya sebagatas analitik saja, namun matematika sebagai ilmu yang berkorelasi dengan kehidupan. Intuisi dalam diri anak, akan membantunya untuk mengkonstruksi pemahamannya terhadap matemtika melaui pengalam yang dia miliki. Terimakasih

    ReplyDelete
  82. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Dari artikel tersebut diperoleh bahwa Setiap analisis sesuai dengan peran intuisi dalam matematika hendaknya mengenalinya sebagai fleksibilitas dalam mengukur situasi baru, atau bahkan mengiranya, menggunakan repositori berulang dan skema penting atau struktur konseptual, yang disarikan dari pengalaman sensorik oleh kecerdasan, serta dibatasi oleh bahasa yang tersedia untuk kita pada saat itu, dan dipengaruhi oleh sumber daya akumulasi dari warisan budaya dan ilmiah kita.

    ReplyDelete
  83. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika karena intuisi membuka jalan ke dalam struktur utama dari pikiran manusia. Intuisi dapat tercipta melalui adanya pengalaman sensori yang diabstraksikan atau disaring oleh intelek. Intuisi ini terbatas oleh bahasa, apa yang ada dalam pikiran kita terkadang tidak dapat diungkapkan dalam bahasa atau kata-kata. Kemampuan berpikir itu melebihi kecepatan kemampuan berbicara. Intuisi ini sebaiknya dilatih terus-menerus sehingga seseorang tidak kehilangan intuisinya.

    ReplyDelete
  84. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Precision scale view, test consistency and lack of contradiction system with regard to Early Mathematics-end systems, sub-systems, or elements or The element. Mathematical contradiction comes from the contradictions of each element forming his mathematical system. Contradiction is based on the intuition of space and time. From this contradiction will build mathematical consistency

    ReplyDelete
  85. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam hidup ini ada banyak hal yang kita ketahui kapan hal itu bermula, namun ada lebih banyak hal lagi yang kita tidak mengetahui kapan bermulanya. Yang tidak kita ketahui kapan bermulanya itu disebut sebagai intuisi. Dengan adanya intuisi maka pembelajaran matematika sekolah akan menjadi tidak terlalu abstrak karena sejatinya hidup manusia itu dipenuhi dengan intuisi-intuisi. Siswa dapat menghubungkan pembelajaran matematika yang diperoleh dengan intuisi-intuisi mereka. Sebagai contoh adalah pembelajaran pecahan dengan menggunakan intuisi luas.

    ReplyDelete

  86. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Intuisi matematika oleh seorang siswa menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengna intuisi, siswa mampu menghubungkan pengalaman-pengalaman matematikanya untuk mengontruksi pengetahuan baru dan memahami bahasa matematika dengan baik. Intuisi yang baik, dibangun dengan skema yang baik. Skema yang baik juga akan mengarahkan siswa untuk menemukan konsep dengan pemahaman yang mendalam karena mereka mampu menghubungkan pengetahuan yang diperoleh atau bahkan menghubungkan dengan dunia nyata sehingga ketrampilan intuisi mereka juga akan meningkat.

    ReplyDelete
  87. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Peran intuisi dalam matematika sangatlah diperlukan. Dengan adanya analisis tentang peran tersebut, maka diharapkan dapat membuat siswa mengembangkan intuisnya untuk menjawab masalah dalam matematika kemudian dapat menggunakan solusi formal unutk memantabkan jawaban dari solusi tersebut.

    ReplyDelete
  88. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207


    Peran intuisi sangat penting dalam mengebangkan potensial individu. Intuisi dimiliki oleh semua individu, namun intuisi harus secara terus menerus dilatih sehingga dapat digunakan secara optimal.
    Kemampuan untuk menggunakan intuisi pada siswa dapat dikembangkan jika guru tidak memberi batasan pada proses pembelajaran. Guru seharusnya tidak bertindak sebagai penentu cara belajar seperti apa yang harus dilakukan siswa. Guru seharusnya menjadi fasilitator bagi siswa dalam pembelajarannya. Sehingga siswa dapat mengoptimalisasi potensi mereka dan melatih intuisi yang akan sangat berguna bagi kehidupan mereka selanjutnya.

    ReplyDelete
  89. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A


    Dalam pembelajaran matematika, adanya intuisi juga dapat mempengaruhi pola berpikir siswa. Intuisi tersebut merupakan buah hasil dari pengalaman siswa, semakin banyak pengalaman siswa terhadap suatu hal maka ia akan lebih cepat memahami suatu permasalahan. Maka disinilah peran intuisi. Dalam proses mengkonstruksi pengetahuan dan membiasakan siswa dengan latihan-latihan akan meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah. Dengan intuisi siswa juga dapat melakukan trial dan error dalam aktivitas menyelesaikan masalah

    ReplyDelete
  90. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Melalui postingan ini kita mendatakan pengetahuan bahwa intuisi turut ambil bagian dalam belajar matematika anak. Intuisi membantu siswa mengenali suatu informasi baru berdasarkan informasi yang telah terseimpan di otaknya. Hal ini berarti intuisi dapat mempengaruhi kemampuan belajar siswa untuk membangun pengetahuannya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  91. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Peserta didik yang terbiasa menggunakan intuisinya akan membuat peserta didik menjadi kreatif, percaya diri, dan dapat berpikir secara kritis. Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  92. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru. Maka, Guru harus memfasilitasi siswa menggunakan strategi, model, metode, dan pendekatan yang dapat memaksimalkan intuisi peserta didik.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  93. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Seseorang memiliki intuisi yang berbeda antar individu yang lainnya. Intuisi dipengaruhi oleh pengetahuan-pengetahuan seseorang. Intuisi harus dilatih, melatih intuisi itu dengan menambah pengalaman-pengalaman. Jika kita lihat intuisi seorang siswa itu dapat dilatih dengan membiasakan siswa untuk mengerjakan permasalahan yang dapat merangsang kemampuan berpikirnya. Siswa yang terbiasa menyelesaikan permasalahannya, kemampuan intuisinya akan lebih baik dengan siswa yang tidak terbiasa untuk menyelesaikan permasalahan.

    ReplyDelete
  94. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Matematika merupkan disiplin ilmu yang dinilai sulit oleh para siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran matematika kurang bermakna, sehingga siswa memandang matematika dan kehidupannya ialah dua hal yang berbeda. Sehingga goal dari pembelajaran metamatika yang sebenarnya jika dicapai akan membantu siswa dalam menghadapi kehidupannya dengan berbagai kemampuan pemecahan masalah dan logika serta ketepatan menjadi mengabur bahkan menguap tanpa sisa. Sehingga penting kiranya memperbaiki proses pembelajaran di kelas ialah suatu kewajiban. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  95. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kemampuan siswa yang diasah dalam matematika tidak hanya kemampuan dalam menghitung dan menghitung, melainkan matematika melatih pula kemampuan untuk mengkomunikasikan gagasan, menarik kesimpulan, memeriksa kevalidasn, bernalar, memecahkan masalah dan sebagainya. SEhingga matematika sebenarnya tidak semenakutkan dan sesaklek yang dibayangkan oleh siswa. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  96. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Intuisi memilikipandangan yang berbeda-beda menurut para ahli. Dalam artikel yang berjudul Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika ini, Thompson menyimpulkan bahwa peran intuisi matematika harus mengakuinya sebagai fleksibilitas terhadap situasi baru dengan menggunakan repository berulang-ulang dan strategi skema atau struktur konseptual.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  97. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Melanjutan komentas saya sebelumnya, intuisi merupakan hasil pengalaman yang disarikan dari pengalaman sensorik oleh intelek, dibatasi oleh bahasa yang dikuasai, dan dipengaruhi oleh sumber daya sebagai akumulasi warisan budaya dan ilmiah. Jadi intuisi dibangun melalui pengalaman-pengalaman individu. Sehingga intuisi bukanlah merupakan suatu wawasan yang hanya diperoleh melalui akal ataupun melalui beberapa kekuatan yang luar biasa berupa wawasan. Intuisi dalam matematika memegang peran yang sangat penting dalam berpikir produktif dalam memecahkan masalah.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  98. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sempurna dengan ketidaksempurnaannya. Manusia diciptakan dengan akal pikiran, perasaan dan intuisi. Intuisi ada dalam setiap diri manusia. Sama seperti hewan yang mempunyai insting, manusia dilengkapi dengan intuisi yang menuntunnya menuju pengetahuan formal. Kadang kala, manusia sering mengabaikan intuisinya. Padahal intuisi sering kali lebih tepat daripada logika kita. dalam pembelajaran matematika, intuisi berperan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. semakin banyak kita menggunakan intuisi, maka semakin terasah pemahaman dalam persoalan yang ada.

    ReplyDelete
  99. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pengalaman-pengalaman dalam ber matematika merupakan hal yang menyebabkan munculnya sifat intuitif dalam ber matematika. Menurut Skemp, Salah satu tipe kecerdasan yang dimiliki siswa adalah kecerdasan intuitif yang mereka unggul dalam hal pengalaman, sehingga kelihatan menonjol di kelas dan cepat menyerap pelajaran. Namun siswa dengan tipe kecerdasan intuitif tidak terlalu banyak di kelas, sisanya adalah siswa tipe kecerdasan reflektif. Dalam pembelajaran matematika di kelas hendaknya guru bisa mengelola kelas yang di dalamnya terdapat dua tipe kecerdasan ini.

    ReplyDelete
  100. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dalam belajar matematika harus ikhlas dan penuh semangat, mulai dengan membuka hati dan pikiran sehingga matematika mudah di serap dan dikembangkan. Perbanyak membaca referensi, mengerjakan soal dan masalah matematika, serta membuka diri untuk mempelajari ilmu lain selain matematika. Sehingga intuisi matematika akan muncul. Intuisi tersebut dapat memberikan pengaruh yang sangat baik dalam kehidupan misalnya bidang teknologi, ekonomi dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  101. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Terimakasih atas sharing ide dari Thompson Prof. Pada Elegi Pemberontakan Pendididikan Metematika 1, Thompson menyebutkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap pengalaman matematika. Sedangkan pengalaman matematika dibangun dari akumulasi keterampilan matematika yang didukunh oleh pengetahuan dan pemahaman matematika. Sehingga Intuisi dalam matematika sangatlah penting. Karena intuisi matematikasangat penting untuk mengembangkan kreativitas siswa pada umumnya.

    ReplyDelete
  102. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Intuisi adalah salah satu hal yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Akan tetapi, kekuatan intuisi tersebut bergantung dari pengalaman individu dalam menyelesaikan permasalahan dengan intuisi. Ketika seseorang sudah memiliki intuisi yang baik, orang tersebut dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat. Selain menyelesaikan permasalahan, dengan penguasaan intuisi yang baik, mampu memberikan kemudahan kepada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. oleh karena itu, pendidik selaku fasilitator perlu memfasilitasi pengembangan dan penguasaan intuisi tersebut supaya pembelajaran yang dilaksanakan akan lebih efektif dan efisien.

    ReplyDelete