Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika




Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1:

Intuisi dalam Matematika

Oleh Marsigit


Saya nukilkan pendapat Thompson bagaimana peran intuisi dalam matematika berikut ini:

"Any satisfactory analysis of the role of intuition in mathematics should recognize it as a versatility in measuring up new situations, or even conjecturing them, using a rich repository of recurrent and strategically-important schema or conceptual structures, painstakingly abstracted from sensory experience by the intellect, constrained by the languages available to us at the time, and influenced by the accumulated resources of our cultural and scientific heritage: what intuition does not do is constitute an insight gained by reason, through some remarkable clairvoyant power that is an insight, which, for Gödel, seemingly paved the way towards a crystal-clear apocalyptic vision of mathematics, or, for Descartes, paved the way into the ultimate structure of the human mind"

References:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K,

43 comments:

  1. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Setiap ahli memiliki pendapat dan redaksi tersendiri untuk mendefiniskan intuisi. Namun, pada hakikatnya intuisi itu pending dan sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika siswa contohnya dalam proses berpikir untuk memecahkan masalah matematika. Berdasarkan elegi diatas, intusi yang di sampaikan menurut Thompson bahwa peran intuisi sebagai fleksibilitas terhadap situasi baru dengan menggunakan repositori berulang-ulang dan strategi skema atau struktur konseptual. Selain itu, intuisi dibangun dan diperoleh pengalaman-pengalaman individu sendiri, bukan suatu wawasan yang diperoleh lewat berpikir panjang ataupun warisan. Jadi setiap orang memiliki intuisinya masing-masing berdasarkan latar belakangnya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Ituisi merupakan kemampuan memahami sesutau tanpa melalui penalaran rasional dan intelektual. Intuisi itu muncul tiba-tiba pada saat menghadapi sesuatu hal. Hal ini sangat diperlukan dalam matematika, karena matematika harus dianalisis terlebih dahulu untuk menjawaba suau permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan adanya intuisi, maka akan muncul ide-ide selanjutnya yang akan tertuang secara strategis dan menarik dalam proses matematika.

    ReplyDelete
  3. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Intuisi dalam pembelajaran matematika dipengaruhi oleh daya tangkap siswa akan suatu materi yang diajarkan oleh gurunya, sehingga pengembangan intuisi lebih terpaku kepada diri individu masing-masing sesuai denga apa yang mereka pahami berdasarkan dari apa-apa yang sudah diberikan oleh sang guru tersebut. Dengan kata lain lebih terlihat pada psikologis dan daya paham anak tersebut.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Ketika saya S1 memahami Intusi sebagai kata hati atau panggilan jiwa yang dihasilkan dari sebuah kebiasaan dan lebih bersifat supranatural, setelah membaca elegi diatas saya melihat definis dari intuisi yang cukup kompleks, ternya intuisi bukan sekedar yang saya pahami sebelumnya melainkan lebih dari itu intuisi merupakan wawasan yang diperoleh dengan akal, melalui kekuatan peramal yang luar biasa yang merupakan pembuka jalan ke dalam struktur utama pikiran manusia, sebagaimana dituliskan diatas.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas sharing ide dari Thompson bapak. Mengenai intuisi seperti yang telah dikemukakan diatas oleh Thomson. Setiap manusia akan mengalami pengalaman-pengalaman yang berbeda-beda dengan manusia lainnya. Dari pengalaman yang telah diperoleh manusia tersebut, akan membentuk intuisi-nya sendiri, intuisi yang tidak berasal dari hasil pemikiran rasional dari otak manusia. Dengan adanya intuisi, seseorang akan mampu menemukan ide dalam pemecahan masalah matematika yang akan dihadapinya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  6. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional. Intuisi merupakan hal yang penting dalam hidup ini. Dalam belajar matematika pun intuisi sangat diperlukan. Setiap anak kecil memulai belajar dari intuisi. Intuisi merupakan sumber awal seorang anak belajar matematika. Untuk belajar berhitung seorang anak yang belum memiliki dasar matematika yang lain sampai anak bisa berhitung, hal tersebut karena peran intuisi. Sehingga seringkali tidak menyadari darimana awal bisa berhitung. Setiap manusia memiliki intuisi. Selanjutnya tergantung pada diri sendiri apakah akan menjaga dan mengembangkan intuisi tersebut atau justru menurunkannya. Padahal intuisi dapat membantu manusia memberikan arah dalam hidup.

    ReplyDelete
  7. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Matematika merupakan ilmu pasti, namun bukan berarti intuisi tidak diperlukan dalam matematika. Intuisi berperan sebagai penentu situasi untuk melakukan abstraksi. Budaya dan bahasa bahkan pengalaman dapat dijadikan alat untuk membantu memahami matematika.

    ReplyDelete
  8. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi adalah insting untuk menemukan suatu pemecahan masalah. Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru. seorang yang kreatif dan aktif dalam mencari penyelesaian suatu masalah matematika. Intuisi ini dapat memperluas pengetahuan siswa. Intuisi ini dapat diperoleh dengan banyak membaca dan bertukar pikiran dengan teman lain.
    Diharapkan guru-guru saat ini dapat mengajak siswa untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika agar hasilnya menjadi lebih optimal. membangun intuisi di benak siswa merupakan hal yang tidak mudah, sehingga diperlukaan guru yang tidak biasa saja dalam mendidik untuk membangun intuisi siswa, karena intuisi di butuhkan dalam memahami dan menentukan suatu keputusan dalam matematika.

    ReplyDelete
  9. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Intuisi sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika. Dengan intuisi siswa dapat mengkoneksikan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah ia peroleh sebelumnya. Kekuatan dan keakuratan intuisi dapat dibentuk jika guru membelajarkan matematika kepada siswa dengan memberikan pengalaman belajar melalu aktivitas matematika. Untuk itu guru seharusnya mampu memberikan pengalaman belajar pun dengan siswa yang beragam agar intuisi siswa dapat terbentuk dengan baik.

    ReplyDelete
  10. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intuisi merupakan olah pikir yang perlu sekali digali oleh seseorang agar semakin tajam. Seseorang yang memiliki intuisi tajam, maka akan mudah sekali untuk mengambil keputusan. Dulu prof mengatakan bahwa sebenar-benarnya orang cerdas adalah orang yang bisa mengambil keputusan. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa prang cerdas itu memiliki intuisi yang tajam.\
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  11. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Intuisi tidak bisa diabaikan keberadaannya karena intuisi adalah suatu anugerah yang dimiliki oleh manusia. Walaupun tidak dapat diukur dan digeneralisasi dalam suatu bentuk dan struktur yang nyata, intuisi sudah menjadi kajian yang sangat mendalam oleh para ahli termasuk filsuf yang mengkaji peran intuisi dalam pembentukan ilmu pengetahuan. Intuisi memang tidak serta merta melahirkan suatu pengetahuan, namun intuisi dapat menjadi titik awal berkembangnya suatu pemikiran.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki siswa. Intuisi akan membantu kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dengan lebih cepat. Intuisi tidak dapat dipelajari hanya dari berbagai konsep dan buku- buku. Intuisi dapat diperoleh melalui pengalaman- pengalaman. Oleh karena itulah sedini mungkin seorang guru harus memberikan pengalaman- pengalaman tentang matematika kepada siswa agar nantinya mereka memiliki intuisi yang baik. Guru harus memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui berbagai kegiatan sehingga siswa memiliki pengalaman tentang matematika dan sekaligus membangun intuisi mereka.

    ReplyDelete
  13. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    Matematika B PPS UNY

    Kesimpulan elegi diatas adalah intuisi memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi diperlukan pada saat membangun pengetahuan. Dengan intuisi yang dimilikinya siswa dapat menduga bagaimana cara menyelesaikan persoalan matematika. Belajar matematika adalah belajar mennggunakan intuisi.

    ReplyDelete
  14. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    PPS Pendidikan Mat B

    Makna institusi dalam matematika menurut para ahli sangatlah berbeda-beda tergantung sudut pandang mereka. Dalam artikel ini, menurut Thompson bahwa intuisi seseorang diperoleh melalui pengalaman seseorang tersebut yakni penglaman sensorik sehingga dapat membangun pengetahuan mereka dalam menyelesaikan suatu masalah matematika.

    ReplyDelete
  15. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    Matematika B PPS
    Dalam proses ketika menemukan sebuah abstraksi inilah intuisi berperan sangat penting dalam matematika. Intuisi memanfaatkan pengalaman-pengalaman untuk memahami ilmu pengetahuan baru. Tetapi secara timbal balik ilmu pengetahuan baru itupun menjadi pengalaman yang nantinya juga digunakan oleh intuisi untuk membentuk ilmu pengetahuan baru lainnya.

    ReplyDelete
  16. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Disebutkan dalam elegi di atas bahwa Intuisi matematika adalah membudayakan matematika. Hal ini berarti bahwa intuisi kita dapatkan dari bermatematika. Seseorang atau siswa sebaiknya dibiasakan bermatematika, mungkin bisa dengan matematika yang meningkatkan kreativitas dan kekritisan dalam berpikir. Dengan kebiasaan tersebut, maka kemampuan matematika kita insyaALLAH akan semakin baik sehingga kemampuan berintuisi juga akan semakin baik. Karena intuisi adalah penting dalam belajar matematika. Mohon koreksi. Terimakasih.

    ReplyDelete
  17. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Intuisi terletak di dalam jiwa yang paling dalam dan paling jujur. Intuisi adalah emosi positif yang terlatih secara sempurna sehingga dia mampu menjadi emosi batin yang baik dan sekaligus menjadi cahaya penunjuk arah kehidupan. Cara tradisional yang digunakan oleh sebagian besar guru zaman sekarang, mengakibatkan matematika menjadi tampak sebagai barang asing yang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan informal anak. Anak tidak diberi kesempatan yang cukup untuk berpikir sendiri mengenai gagasan matematika. Sehingga anak pada akhirnya hanya mementingkan hasil akhirnya saja bukan lagi pada prosesnya.

    ReplyDelete
  18. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Matematika merupakan intuisi dari pemikiran dan pengalaman. Dimana intuisi dalam matematika bersifat fleksibel. Matematika dapat dipelajari oleh bidang ilmu yang lain dan matematika dapat dikembangkan ke bidang ilmu lainnya. Intuisi matematika memegang peran penting dalam konsep pemahaman matematika, dengan intuisi matematika manusia mengolah pikiran dan mengembangkan gagasannya. Pada dasarnya intuisi itu ada dalam pikiram manusia sendiri, dengan mencoba membuka wawasan, intuisi itu dapat melekat pada diri. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  19. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Intuisi memiliki peran yang sangat penting dalam pembeljaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa untuk memunculkan ide-ide dalam mengontruksi pengetahuan. Sehigga konsep tersebut sesuai dengan apa yang mereka pikirkan (match). Selain itu intuisi juga dapat membantu siswa untuk mengunakan konsep yang mereka dapatkan dalam pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  20. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    ntuisi dimunculkan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan. Salah satu menciptakan pengalaman yaitu dengan melaksanakan keterampilan-keterampilan yang melibatkan pemahaman serta pengetahuan mereka secara mandiri. Sehingga dalam hal ini guru memfasilitasi dengan pembelajaran yang melibatkan siswa (student center). Karena student center akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan siswa akan memiliki pengalaman. Namun apabila masih berdasarkan teacher center keterampilan siswa dalam membuat pengalaman tersebut akan minim seingga intuisi yang terbentu juga tidak banyak

    ReplyDelete
  21. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Intuisi berkenaan dengan perkembangan pola pikir seseorang dalam memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi dibangun melalui pengalaman. Dalam matematika perkembangan intuisi adalah hasil dari pengalaman siswa dalam pengkonstruksian pengetahuan serta hasil dari latihan-latihan penyelesaian pemecahan masalah. Dengan pengalaman-pengalaman yang ada akan memudahkan siswa dalam membangun dugaan-dugaan dalam penyelesaian masalah matematika. Maka perkembangan intuisi juga akan mendukung perkembangan minat terhadap matematika.

    ReplyDelete
  22. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Intuisi itu berada dalam hati hal yang dimaksud ialah secara spiritual. Intuisi juga berada dalam pikiran seperti pembiasaan berfikir positif, berada di tulisan atau kata-katanya serta berada dalam tindakan seseorang. Intuisi tidak hanya milik anak kecil saja. Karena, orang dewasa pun memiliki intuisi yang sejatinya dibawa sejak lahir yang dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Intuisi dalam matematika itu ialah budaya bermatematika dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan suatu ide-ide matematika. Intuisi dalam pembelajaran matematika muncul melalui tahap pengalaman matematika. Sehingga, intuisi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan seseorang.

    ReplyDelete
  23. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Intuisi datang seperti sekilas dan sekelibat saja. Intuisi bukan datang dari pemikiran analitis, melainkan ia datang sebagai buah dari pengalaman-pengalaman kehidupan terdahulu. Semakin dewasa seseorang, rata-rata akan memiliki kemampuan intuisi yang semakin baik pula. Kalau orang awam bilang intuisi itu seperti mengikuti kata hati.

    ReplyDelete
  24. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Matematika berada didalam pikiran sehingga terdapat jarak antara isi yaitu kenyataan matematika dan wadah yaitu akal pikiran. Didalam jarak itulah terdapat intuisi ruang dan waktu sehingga sebenar-benarnya matematika itu berada dalam intuisi ruang dan waktu, oleh karena itu, intuisi sangatlah penting dimiliki siswa untuk mengkontruksi matematika. Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, mathematical experience adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Sedangkan bagi siswa sekolah mathematical experience dibangun atas akumulasi keterampilan matematika (mathematical skills) yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika (mathematical content).

    ReplyDelete
  25. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Menurut Imanuel Khan Matematika sebagai ilmu murni yang mengedapankan logika, belumlah dapat disebut sebagai ilmu karena masih bersifat analitik. Sehingga matematika menurutnya harus bersifat sintetik a priori jika ingin dikatakan sebagai sebuh ilmu dan dapat bermanfaat. Menurut saya disinilah peran intuisi dalam mateamtika. Mateamtika yang awalnya hanya sebuah ilmu murni yang berlandaskan logika, kemudian jika di kaitkan denga kehidupan dunia nyata berdasarkan pengalaman atau intuisi, maka mateamtika akan menjadi lebih bermanfaat bagi kehidupan. Hal itu karena matematika bukan hanya sebagatas analitik saja, namun matematika sebagai ilmu yang berkorelasi dengan kehidupan. Intuisi dalam diri anak, akan membantunya untuk mengkonstruksi pemahamannya terhadap matemtika melaui pengalam yang dia miliki. Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Dari artikel tersebut diperoleh bahwa Setiap analisis sesuai dengan peran intuisi dalam matematika hendaknya mengenalinya sebagai fleksibilitas dalam mengukur situasi baru, atau bahkan mengiranya, menggunakan repositori berulang dan skema penting atau struktur konseptual, yang disarikan dari pengalaman sensorik oleh kecerdasan, serta dibatasi oleh bahasa yang tersedia untuk kita pada saat itu, dan dipengaruhi oleh sumber daya akumulasi dari warisan budaya dan ilmiah kita.

    ReplyDelete
  27. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika karena intuisi membuka jalan ke dalam struktur utama dari pikiran manusia. Intuisi dapat tercipta melalui adanya pengalaman sensori yang diabstraksikan atau disaring oleh intelek. Intuisi ini terbatas oleh bahasa, apa yang ada dalam pikiran kita terkadang tidak dapat diungkapkan dalam bahasa atau kata-kata. Kemampuan berpikir itu melebihi kecepatan kemampuan berbicara. Intuisi ini sebaiknya dilatih terus-menerus sehingga seseorang tidak kehilangan intuisinya.

    ReplyDelete
  28. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Precision scale view, test consistency and lack of contradiction system with regard to Early Mathematics-end systems, sub-systems, or elements or The element. Mathematical contradiction comes from the contradictions of each element forming his mathematical system. Contradiction is based on the intuition of space and time. From this contradiction will build mathematical consistency

    ReplyDelete
  29. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam hidup ini ada banyak hal yang kita ketahui kapan hal itu bermula, namun ada lebih banyak hal lagi yang kita tidak mengetahui kapan bermulanya. Yang tidak kita ketahui kapan bermulanya itu disebut sebagai intuisi. Dengan adanya intuisi maka pembelajaran matematika sekolah akan menjadi tidak terlalu abstrak karena sejatinya hidup manusia itu dipenuhi dengan intuisi-intuisi. Siswa dapat menghubungkan pembelajaran matematika yang diperoleh dengan intuisi-intuisi mereka. Sebagai contoh adalah pembelajaran pecahan dengan menggunakan intuisi luas.

    ReplyDelete

  30. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Intuisi matematika oleh seorang siswa menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengna intuisi, siswa mampu menghubungkan pengalaman-pengalaman matematikanya untuk mengontruksi pengetahuan baru dan memahami bahasa matematika dengan baik. Intuisi yang baik, dibangun dengan skema yang baik. Skema yang baik juga akan mengarahkan siswa untuk menemukan konsep dengan pemahaman yang mendalam karena mereka mampu menghubungkan pengetahuan yang diperoleh atau bahkan menghubungkan dengan dunia nyata sehingga ketrampilan intuisi mereka juga akan meningkat.

    ReplyDelete
  31. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Peran intuisi dalam matematika sangatlah diperlukan. Dengan adanya analisis tentang peran tersebut, maka diharapkan dapat membuat siswa mengembangkan intuisnya untuk menjawab masalah dalam matematika kemudian dapat menggunakan solusi formal unutk memantabkan jawaban dari solusi tersebut.

    ReplyDelete
  32. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207


    Peran intuisi sangat penting dalam mengebangkan potensial individu. Intuisi dimiliki oleh semua individu, namun intuisi harus secara terus menerus dilatih sehingga dapat digunakan secara optimal.
    Kemampuan untuk menggunakan intuisi pada siswa dapat dikembangkan jika guru tidak memberi batasan pada proses pembelajaran. Guru seharusnya tidak bertindak sebagai penentu cara belajar seperti apa yang harus dilakukan siswa. Guru seharusnya menjadi fasilitator bagi siswa dalam pembelajarannya. Sehingga siswa dapat mengoptimalisasi potensi mereka dan melatih intuisi yang akan sangat berguna bagi kehidupan mereka selanjutnya.

    ReplyDelete
  33. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A


    Dalam pembelajaran matematika, adanya intuisi juga dapat mempengaruhi pola berpikir siswa. Intuisi tersebut merupakan buah hasil dari pengalaman siswa, semakin banyak pengalaman siswa terhadap suatu hal maka ia akan lebih cepat memahami suatu permasalahan. Maka disinilah peran intuisi. Dalam proses mengkonstruksi pengetahuan dan membiasakan siswa dengan latihan-latihan akan meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah. Dengan intuisi siswa juga dapat melakukan trial dan error dalam aktivitas menyelesaikan masalah

    ReplyDelete
  34. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Melalui postingan ini kita mendatakan pengetahuan bahwa intuisi turut ambil bagian dalam belajar matematika anak. Intuisi membantu siswa mengenali suatu informasi baru berdasarkan informasi yang telah terseimpan di otaknya. Hal ini berarti intuisi dapat mempengaruhi kemampuan belajar siswa untuk membangun pengetahuannya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  35. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Peserta didik yang terbiasa menggunakan intuisinya akan membuat peserta didik menjadi kreatif, percaya diri, dan dapat berpikir secara kritis. Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  36. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru. Maka, Guru harus memfasilitasi siswa menggunakan strategi, model, metode, dan pendekatan yang dapat memaksimalkan intuisi peserta didik.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  37. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Seseorang memiliki intuisi yang berbeda antar individu yang lainnya. Intuisi dipengaruhi oleh pengetahuan-pengetahuan seseorang. Intuisi harus dilatih, melatih intuisi itu dengan menambah pengalaman-pengalaman. Jika kita lihat intuisi seorang siswa itu dapat dilatih dengan membiasakan siswa untuk mengerjakan permasalahan yang dapat merangsang kemampuan berpikirnya. Siswa yang terbiasa menyelesaikan permasalahannya, kemampuan intuisinya akan lebih baik dengan siswa yang tidak terbiasa untuk menyelesaikan permasalahan.

    ReplyDelete
  38. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Matematika merupkan disiplin ilmu yang dinilai sulit oleh para siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran matematika kurang bermakna, sehingga siswa memandang matematika dan kehidupannya ialah dua hal yang berbeda. Sehingga goal dari pembelajaran metamatika yang sebenarnya jika dicapai akan membantu siswa dalam menghadapi kehidupannya dengan berbagai kemampuan pemecahan masalah dan logika serta ketepatan menjadi mengabur bahkan menguap tanpa sisa. Sehingga penting kiranya memperbaiki proses pembelajaran di kelas ialah suatu kewajiban. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  39. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kemampuan siswa yang diasah dalam matematika tidak hanya kemampuan dalam menghitung dan menghitung, melainkan matematika melatih pula kemampuan untuk mengkomunikasikan gagasan, menarik kesimpulan, memeriksa kevalidasn, bernalar, memecahkan masalah dan sebagainya. SEhingga matematika sebenarnya tidak semenakutkan dan sesaklek yang dibayangkan oleh siswa. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  40. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Intuisi memilikipandangan yang berbeda-beda menurut para ahli. Dalam artikel yang berjudul Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika ini, Thompson menyimpulkan bahwa peran intuisi matematika harus mengakuinya sebagai fleksibilitas terhadap situasi baru dengan menggunakan repository berulang-ulang dan strategi skema atau struktur konseptual.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  41. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Melanjutan komentas saya sebelumnya, intuisi merupakan hasil pengalaman yang disarikan dari pengalaman sensorik oleh intelek, dibatasi oleh bahasa yang dikuasai, dan dipengaruhi oleh sumber daya sebagai akumulasi warisan budaya dan ilmiah. Jadi intuisi dibangun melalui pengalaman-pengalaman individu. Sehingga intuisi bukanlah merupakan suatu wawasan yang hanya diperoleh melalui akal ataupun melalui beberapa kekuatan yang luar biasa berupa wawasan. Intuisi dalam matematika memegang peran yang sangat penting dalam berpikir produktif dalam memecahkan masalah.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  42. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sempurna dengan ketidaksempurnaannya. Manusia diciptakan dengan akal pikiran, perasaan dan intuisi. Intuisi ada dalam setiap diri manusia. Sama seperti hewan yang mempunyai insting, manusia dilengkapi dengan intuisi yang menuntunnya menuju pengetahuan formal. Kadang kala, manusia sering mengabaikan intuisinya. Padahal intuisi sering kali lebih tepat daripada logika kita. dalam pembelajaran matematika, intuisi berperan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. semakin banyak kita menggunakan intuisi, maka semakin terasah pemahaman dalam persoalan yang ada.

    ReplyDelete
  43. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pengalaman-pengalaman dalam ber matematika merupakan hal yang menyebabkan munculnya sifat intuitif dalam ber matematika. Menurut Skemp, Salah satu tipe kecerdasan yang dimiliki siswa adalah kecerdasan intuitif yang mereka unggul dalam hal pengalaman, sehingga kelihatan menonjol di kelas dan cepat menyerap pelajaran. Namun siswa dengan tipe kecerdasan intuitif tidak terlalu banyak di kelas, sisanya adalah siswa tipe kecerdasan reflektif. Dalam pembelajaran matematika di kelas hendaknya guru bisa mengelola kelas yang di dalamnya terdapat dua tipe kecerdasan ini.

    ReplyDelete