Feb 12, 2013

Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika




Peran “intuisi” di dalam matematika dapat dikaji dalam lingkup ontologi maupun epistemologi. Peran ontologis dari “intuisi” di dalam matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis “intuisi” meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.

Secara historis, kita dapat menelusuri peran “intuisi” dari Platonisme, Kantianisme sampai “intuisi”onisme Brouwer. Masalah mendasar dari pembahasan peran “intuisi” dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Di era filsafat matematika kontemporer sekarang ini kiranya kita masih dapat menguji relevansi pembahasan peran “intuisi” dalam matematika. Setidaknya, Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari diskripsi intuitionisme Brouwer dapat ditarik kesimpulan bahwa peran “intuisi” dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. (Marsigit)

44 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualitas. Dalam matematika intuisi penting untuk memabantu siswa dlam mengkonstruk pemahaman matematika. isntuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan dari pemasalahan-permasalahn matematika. Dugaan tersebut dapat menjadi motivasi siswa untuk tidak menyerah dalam menyelesaikan masalah matematika maupun dalam membanagun konsep matematika. Oleh karena itu guru dalam pembelajaran matematika akan mudah mengarahkan siswa pada suatu konsep matematika dengan memanfaatkan intuisi dari siswa.

    ReplyDelete
  2. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Intuisi memiliki peran penting dalam menumbuhkan kemampuan matematis siswa, karena dalam matematika terdapat hal-hal yang dapat dipahami melalui intuisi-intuisi, intuisi hanya bersifat sesuatu yang tiba-tiba tanpa berpikir atau bernalar. Namun, mengingat ilmu matematika sangat luas dan lebih kompleks menunjukkan bahwa dengan intuisi saja tidak cukup untuk memahami banyak hal tentang matematika melainkan dibutuhkan peranan lainnya seperti kemampuan berpikir kreatif, kritis, bernalar, dan lain sebagainya. Siswa diharapkan tidak hanya sekedar menerima jawaban benar dari soal yang diberikan oleh guru melainkan siswa mampu untuk menjelaskan dari mana jawaban tersebut diperoleh sehingga benar.

    ReplyDelete
  3. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Intiusi sebenarnya memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya. Namun yang terjadi sekarang ini, guru seringkali mengabaikan pentingnya intuisi bagi para siswanya. Guru cenderung memakai cara yang instan dan mengambil jalan pintas dalam memberikan matematika kepada siswanya. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalahan sebenarnya yang dihadapi.

    ReplyDelete
  4. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran. Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika, yakni membantu siswa dalam memahami matematika. Dengan adanya intuisi, siswa mampu membuat dugaan-dugaan dari permasalahan matematika yang disajikan. Selain itu, intuisi juga sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia mampu memperoleh pengetahuan baru melalui intuisinya. Guru dapat menjelaskan permasalahan matematika kepada siswa dengan menggunakan intuisi agar siswa mampu memahami permasalahan sebenarnya yang terjadi. Intuisi yang ada dalam diri siswa mendorongnya untuk terus melakukan pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Intuisi muncul secara tiba-tiba dan di luar kesadaran. Intuisi biasanya digunakan untuk memahami sesuatu tanpa penalaran. Dalam hal ini intuisi cukup berperan dalam matematika. Tentu perlu adanya intuisi dalam membantu masalah yang ada dalam matematika. Sebelum permasalahan matematika dilakukan secara matematis, biasanya intuisi muncul lebih dahulu. Intusi muncul karena bisikan hati. Dalam hatinya menyatakan bahwa soal A lebih baik dikerjakan dengan cara A dibandingkan cara B. Intuisi yang baik jika dapat menebak sesuatu secara benar dan dapat memberikan solusi yang sesuai.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa maknanya di luar kesadaran? Gilakah? Tidak normal? Mungkin bisa dimaknai dengan mencarai padanan lain. Kok, bisa di luar kesadaran akan berperan untuk belajar matematika?

      Delete
  6. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa bernalar. Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa dalam memahami masalah-masalah matematika. Selain itu, dengan adanya kemampuan intuisi, siswa mampu memberikan dugaan-dugaan atau perkiraan dari permasalahan yang ada dalam matematika. Dugaan tersebut dapat mendorong siswa untuk tidak menyerah dalam mengerjakan dan memecahkan permasalahan matematika.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Menurut Prof Marsigit yang mengadopsi teori Kant, matematika tidak dikembangkan hanya dengan konsep “a posteriori” sebab jika demikian matematika akan bersifat empiris. Namun datadata empiris yang diperoleh dari pengalaman penginderaan diperlukan untuk menggali konsep-konsep matematika yang bersifat “a priori”. Disinilah peran intuisi dalam pembelajaran matematika dimana intuisi ruang dan waktu akan mengarahkan matematika sebagai ilmu yang bersifat sintetik apriori.

    ReplyDelete
  8. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Filosofis dan matematis keduanya berkesinambungan dalam pembelajaran matematika. Kedudukan obyek, konsep, dan struktur menyangkut intuisi dalam segi peran ontologis. Sedangkan sumber pengetahuan matematika, metode, dan pengambilan keputusan menyangkut intuisi dalam segi peran epistemologis. Peran intuisi dalam matematika lebih bersifat filosofis daripada matematis.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Intuisi cenderung merupakan kemampuan dimana seseorang akan melakukan sesuatu tanpa menggunakan nalar dna intelegensi yang tinggi. Intuisi akan terjadi tanpa disadari dan datang secara tiba-tiba. Dalam pembelajaran intuisi juga sangat berperan seperti intuisi anak untuk mengerjakan soal. Anak akan terdorong untuk mengerjakan soal tanpa adanya dorongan dari dalam diri dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu intuisi harus dikembangkan sehingga anak akan melalukan proses pembelajaran dengan mudah lagi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Jefri Mailool
    PPs PEP 18701261002

    Intuisi sebagai kemampuan memahami sesuatu tanpa bernalar. Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika.Dalam matematika, intuisi penting untuk membantu siswa dalam mengkonstruk pemahaman matematika. Intuisi yang ada dalam diri siswa mendorongnya untuk terus melakukan pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  11. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas, sepertinya pemahaman itu tiba-tiba datang dari dunia lain diluar kesadaran. Sedangkan menurut Thompson (1993) intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman matematika. Hal tersebut berarti bahwa, untuk memperkuat intuisi diperlukan banyak pengalaman. Begitu pula dengan siswa, untuk memperkuat intuisi nya guru sebaiknya memberikan pengalaman-pengalaman yang lebih banyak kepada siswa, misalnya dalam hal mengerjakan soal, biarkan siswa mengerjakan soalnya sendiri agar mereka mempunyai pengalaman dalam mengerjakan soal tersebut. Jika siswa terbiasa menerima jawaban hanya melalui proses menyalin jawaban guru, siswa akan selalu bergantung kepada guru hingga menyebabkan ketergantungan. Dan saat siswa dihadapkan pada persoalan matematika, mereka tidak mampu memecahkan masalahnya dikarenakan rendahnya intuisi matematika yang dimiliki akibat dari kurangnya pengalaman matematika yang mereka lakukan

    ReplyDelete
  12. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati, gerak hati atau daya batin untuk mengerti atau mengetahui sesuatu tidak dengan berpikir atau belajar. Pada praktiknya intuisi muncul dalam bentuk pengetahuan yang tiba-tiba hadir dalam sadar tanpa melalui penalaran yang jelas, tidak analitik dan tidak selalu logis. Dari Immanuel Kant sampai Carl Jung menekankan pentingnya intuisi dan dampaknya yang besar terhadap kehidupan pribadi dan profesional. Mereka mendefinisikannya sebagai pengetahuan 'a priori', dan sebagai alat penting dan sangat kita perlukan sebagai manusia.

    ReplyDelete
  13. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati (KBBI). Kant berpendapat bahwa intuisi murni tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika https://elvirarahmadiantri.wordpress.com/2014/01/05/intuisi-matematika/. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika adalah membuat siswa untuk memahami matematika.

    ReplyDelete
  14. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari postingan tersebut, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa intuisi dalam matematika erat kaitannya dengan filsafat. Karena filsafat merupakan olah pikir, dan dalam matematika olah pikir juga digunakan untuk memecahkan permasalah matematika dengan menggunakan intuisi. Intuisi yang dapat membangun pengetahuan siswa dalam menalar pemecahan masalah. Sehingga siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan berbagai cara atau solusi. Hal ini juga menyebabkan siswa berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan intuisinya.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Karena akan ada hal-hal baru yang bisa saja muncul saat mempelajari matematika. Untuk menyelesaikan persoalan yang baru dapat menggunakan intuisi namun tetap berpegang pada aturan-aturan yang terdapat dalam ilmu matematika. Mengingat bahwa matematika merupakan ilmu yang komplek sehingga menggunakan intuisi secara untuh juga tidak disarankan dalam mempelajari matematika. Karena selain mengetahui dan dapat menyelesaikan suatu permasalahan, siswa juga dituntut untuk bisa menjelaskan prosesnya.

    ReplyDelete
  16. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya intuisi, siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya. Namun terkadang guru seringkali mengabaikan pentingnya intuisi bagi para siswanya. Guru cenderung memakai cara yang instan dan mengambil jalan pintas dalam memberikan matematika kepada siswanya. Misalnya dengan memberikan latihan soal yang begitu banyak tanpa melalui proses-proses yang harus dilalui. Sehingga siswa kehilangan intuisi. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb

    Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Intiusi memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut.

    ReplyDelete
  18. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Intuisi sangat beperan penting dalam belajar matematika. Kemampuan ini akan muncul seiiring pengalaman pengalaman siswa dalam memecahkan masalah matematika, intuisi adalah firasata atau praduga seseorang tanpa harus berpikir dan bernalar untuk menyelesaikan masalah. Dalam matematika kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh setiap siswa.

    ReplyDelete
  19. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018


    Intuisi berperan penting dalam pendidikan matematika. Intuisi dapat memunculkan ide-ide atau konsep-konsep belajar matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Intuisi akan memunculkan ide-ide dan konsep-konsep dari apa yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika. intuisidalam matematikajuga dapat digunakan untuk menentukan keputusan yang akan diambil dari suatu permaslahan dan menggunakan penyelesaian yang seperti apa.

    ReplyDelete
  20. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, intuisi menurut saya adalah sedalam-dalamnya pikiran. Dengan adanya intuisi, kita dapat menalar sesuatu dengan kemampuan yang dimiliki oleh kita. Namun yang mempengaruhi intuisi seseorang bisa dari dalam ataupun dari luar. Yang mempengaruhi dari dalam, seperti rasa malas berpikir dari seseorang, itulah sebenar-sebenar godaan, godaan dari diri sendiri. Yang mempengaruhi dari luar, ya seperti perkataan orang lain atapun melihat kenyataan ataupun yg lain.

    ReplyDelete
  21. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, menurut saya peran intuisi dalam pembelajaran matematika itu sangat penting. Karena salah satu contoh intuisi menurut saya yaitu seperti minat dan motivasi. Karena minat dan motivasi merupakan dorongan tanpa menggunakan penalaran. Jadi intuisi sangat penting, apabila seseorang tidak mempunyai minat dan motivasi atapun faktor yang lain dalam belajar matematika, maka pembelajaran matematika itu sangat kurang bermakna dan akan mudah dilupakan. Jadi dengan adanya intuisi, siswa dapat mengubah persepsinya terhadap matematika yang kurang bagus menjadi bagus.

    ReplyDelete
  22. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Intuisi bila diartikan sendiri merupakan suatu kelebihan yang dimiliki oleh manusia dalam hal melakukan sesuatu tanpa terpikir sebelumnya atau serasa diarahkan dan digerakkan untuk melakukan sesuatu. Di mana sesuatu itu malah membuat keuntungan bagi kita karena sudah terprediksi sebelumnya, sehingga akan memudahkan kita dalam mengambil keputusan. Bila disangkutkan dengan dunia pendidikan bisa jadi pada saat proses pembelajaran diharapkan menjawab dengan cepat dan tepat, sehingga intuisi di sini diharapkan membantu dalam memutuskan jawaban yang tepat dari permasalahan tersebut.

    ReplyDelete
  23. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Intuisi berperan dalam membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan matematika. Kita sebagai calon guru harus mampu mempertajam intuisi siswa dengan permasalahan matematika. Ketika intuisi siswa bagus, maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam matematika. Di sisi lain, intuisi juga dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  24. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi dapat mengembangkan kompetensi matematika yang lebih tinggi. Semakin baik intuisi yang dimiliki, semakin mudah juga siswa untuk belajar. Intuisi ini dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa menggunakan intuisi dalam belajarnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri agar intuisinya dapat berkembang.

    ReplyDelete
  25. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Setiap siswa memiliki kemampuan untuk berintuisi baik dari skala rendah hingga tinggi. Intuisi adalah sebuah proses dalam memahami sesuatu tanpa dinalar terlebih dulu. Intuisi ini berperan dalam pembelajaran matematika membantu siswa untuk menyelesaikan masalah matematika. Intuisi muncul sebagai perasaan siswa menerka bahwa masalah matematika dapat diselesaikan dengan suatu metode yang dirasanya lebih baik atau mudah diterapkan. Semakin baik intuisi seseorang berarti semakin tepat cara yang dipilih untuk meyelesaikan masalah matematikanya. terimakasih

    ReplyDelete
  26. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Brouwe berpendapat bahwa intuisionisme adalah berpikir. Dari sini saya memahami intuisi adalah berpikir,bahwa intuisi merupakan inspirasi. Intuisi bisa hadir tiba-tiba namun bagi seseorang yang mau dan sudah berpikir keras mengenai suatu persoalan. Ketika orang tersebut sudah memaksimalkan kemampuan berpikirnya maka suatu ketika intuisi bisa muncul. Pengetahuan intuitif berasal dari intuisi yang diperoleh melalui pengamatan langsung, tidak mengenai objek nyata melainkan kebenaran dan hakikat suatu objek.

    ReplyDelete
  27. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Peran intuisi memang sangat penting untuk proses belajar mengajar matematika. Terdapat dua peran intuisi, yaitu peran ontologis dan peran epistemologis. Intuisi matematis tidak bisa sepenuhnya digunakan menyelesaikan masalah kecuali telah dibentuk dan dilatih dalam proses belajar yang bermakna, yakni belajar yang berperan mengoordinasikan intuisi dengan konsep yang sebenarnya. Intuisi dalam pembelajaran matematika merupakan dampak dari pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  28. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Setiap manusia mesti memilki intuisi. Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi didapat semenjak dia lahir dan berkembang mengikuti kehidupannya. Intuisi sebagian besar pengalaman hidup yang tanpa disadari membentuk pengetahuan seseorang. Bila pengalaman hidup manusia sering berhadapan dengan persoalan berkaitan dengan matematika atau suatu pemecahan masalah, maka intuisinya akan kuat pada hal tersebut dan secara langsung dapat memberikan sumbangan yang positif terhadap pembelajaran matematika..

    ReplyDelete
  29. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Intuisi merupakan kemampuan seseorang untuk memahami sessuatu tanpa perlu mengetahui apa definisi daru suatu hal tersebut. Manusia hidup berdasarkan intuisa. Sebagai contoh intuisinya anak kecil dalam matematika. Seorang ana kecil yang belum memasuki bangku sekolah tentunya sudah mengenal dan memahami bilangan 1, tanpa harus mengenal definisi bilangan tersebut terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  30. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Intuisi berperan penting dalam pendidikan matematika. Intuisi dapat memunculkan ide-ide atau konsep-konsep belajar matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Intuisi akan memunculkan ide-ide dan konsep-konsep dari apa yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika. intuisidalam matematikajuga dapat digunakan untuk menentukan keputusan yang akan diambil dari suatu permaslahan dan menggunakan penyelesaian yang seperti apa.

    ReplyDelete
  31. Rochyati
    19709251074
    S2 P. Mat D 2019

    Sebagaimana dikatakan oleh Kant, intuisi menjadi inti dan kunci bagi pemahaman dan konstruksi matematika. Menurut Thompson, intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Akan tetapi realitanya tidak sedikit guru yang melakukan lompatan-lompatan dalam mengajar sehingga intuisi siswa kurang terasah.

    ReplyDelete
  32. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Berdasarkan artikel tentang peran intuisi dalam pembelajaran matematika ini, saya menjadi semakin paham bahwa intuisi dalam pembelajaran matematika memang sangat diperlukan. Karena melalui intuisi ini, siswa memiliki ruang untuk berkembang, mengembangkan potensi dan kreatifitas yang dimilikinya.
    Saya tertarik dengan pendapat Hers (1997) yang mengatakan bahwa intuisi mempunyai peran yang penting dalam matematika, maka tidak satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari pendapat tersebut terlihat dengan jelas bahwa memang peran intuisi bagi siswa dalam pembelajaran matematika penting hingga tidak bisa diabaikan begitu saja.
    Untuk itu, dalam hal ini diperlukan peran guru sebagai fasilitator bagi siswanya untuk mengembangkan potensi yang ada. Jangan sampai siswa kehilangan intuisinya dalam pembelajaran matematika. Dengan mengembangkan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa, diharapkan siswa mampu memahami pembelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  33. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Dalam pembelajaran Matematika, intuisi dapat membantu siswa. Karena dengan menggunakan intuisi, siswa dapat mengajukan dugaan-dugaan dari suatu permasalahan Matematika yang dapat memotivasi siswa untuk terus belajar

    ReplyDelete
  34. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Dari sini saya memahami bahwa kemampuan dalam memecahkan persoalan adalah intuisi yang didapatkan dari pengalaman yang berulang. Intuisi terbentuk karena adanya struktur, dan struktur tersebut lahir dari pengulangan yang disebut pola. Sehingga kemampuan menyelesaikan persoalan seperti persoalan perhitungan matematika mudah dipecahkan ketika sudah tahu apa polanya. Jadi walaupun tingkatan atau level yang lebih tinggipun, mudah dipecahkan pula. Walaupun terdapat dasar definitif untuk pemecahan persoalan matematika seperti aljabar, dibalik itu ada hal yang lebih dasar lagi yaitu intuisi.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  35. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam pembelajaran matematika, intuisi memiliki peran yang penting dimana intuisi adalah respon atas kebutuhan untuk memutuskan suatu hal dengan cepat berbasis keyakinan dari pengalaman. Intuisi dibangun dari logika yang diyakini benar dan dilakukan secara berulang.

    ReplyDelete
  36. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, intuisi diartikan sebagai sebuah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualistas. Intiusi sebenarnya memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi. Terimakasih

    ReplyDelete
  37. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Intuisi erat kaitannya dengan manusia. Dalam matematika pun intuisi juga memiliki peranan yang cukup penting. Menurut referensi yang saya baca, yaitu makalah dari Prof. Marsigit, dalam makalah tersebut terdapat informasi bahwa "Kant berpendapat bahwa matematika dibangun di atas intuisi murni yaitu intuisi ruang dan waktu dimana konsep-konsep matematika dapat dikonstruksi secara sintetis. Intuisi murni (Kant, I, 1783) tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika. Jika tidak berlandaskan intuisi murni maka penalaran tersebut tidaklah mungkin." Dari sinilah saya memahami pentingnya intuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  38. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Intuisi dapat membantu matematika. Intuisi menghasilkan ide baru. Sehingga matematika akan mendapat pembaharuan-pembaharuan yang seimbang dengan kemajuan IPTEK. Intuisi berperan penting dalam matematika untuk dapat menyelesaikan persoalan matematika.

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Menurut Kant, intuisi menjadi inti dan kunci bagi pemahaman dan konstruksi matematika. Namun jika disimak lebih lanjut, pandangan-pandangan Kant lebih mendasarkan kepada peran intuisi bagi semua konsep matematika dan hanya mengandalkan konsep konstruksi. Menurut Kant matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi “ruang” dan “waktu”. Pemahaman maupun konstruksi matematika diperoleh dengan cara terlebih dulu menemukan “intuisi murni” pada akal atau pikiran kita.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  40. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Peran Intuisi dalam pembelajaran matematika sangat penting dan fundamental karena intuisi terdapat pada semua aspek pembelajaran matematika dari mulai metode, strategi dan model pembelajaran. Jika intuisi keluar dari pembelajaran matematika maka pembalajaran matematika tidak berjalan sebagaimana mestinya.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  41. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    Pendidikan Matematika D 2019

    Menurut saya, intiusi memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika.

    ReplyDelete
  42. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 PM D 2019

    Terima kasih prof untuk tulisan ini, Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Dalam matematika, peran intuisitersebut memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. Sebuah intuisi itu dapat dipengaruhi oleh fenomena berfrekuensi tetap dan kontinu.Maka berusaha lah dengan frekuensi tetap namun kontinu, sehingga mampu mempengaruhi intuisi murid-murid agar lebih memahami pembelajaran matematika dengan baik

    ReplyDelete
  43. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete