Feb 12, 2013

Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika




Peran “intuisi” di dalam matematika dapat dikaji dalam lingkup ontologi maupun epistemologi. Peran ontologis dari “intuisi” di dalam matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis “intuisi” meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.

Secara historis, kita dapat menelusuri peran “intuisi” dari Platonisme, Kantianisme sampai “intuisi”onisme Brouwer. Masalah mendasar dari pembahasan peran “intuisi” dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Di era filsafat matematika kontemporer sekarang ini kiranya kita masih dapat menguji relevansi pembahasan peran “intuisi” dalam matematika. Setidaknya, Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari diskripsi intuitionisme Brouwer dapat ditarik kesimpulan bahwa peran “intuisi” dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. (Marsigit)

24 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Berpikir intuitif merupakan suatu karunia yang dianugerahkan Tuhan kepada setiap individu, namun berpikir intuitif cenderung diabaikan yang lebih menghargai berpikir rasional. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Intuisi sangat membantu siswa dalam memahami matematika. Selain itu, Intuisi juga dapat membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Belajar matematika yang berkenaan dengan interaksi atau kegiatan, penting adanya intuisi di dalamnya. Bagi anak, intuisi dianggap penting karena dia melakukan kegiatan tetapi tidak mengerti hakikat yang dikerjakan. Pada tahap pemikiran intuitif, anak-anak mulai menggunakan penalaran primitif dan ingin tahu jawaban atas semua bentuk pertanyaan. Biasanya anak tampak begitu yakin tentang pengetahuan dan pemahaman mereka, tetapi belum begitu sadar bagaimana mereka tahu apa yang mereka ketahui itu. Lebih jelasnya mereka mengatakan mengetahui sesuatu, tetapi mengetahuinya dengan cara tidak menggunakan pemikiran rasional. Pentingnya intuisi bagi anak menjadi hal yang penting juga bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif guna mengembangkan intuisi anak.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika itu memang sangat penting apa lagi matematika untuk anak sekolah. Namun yang terjadi pada saat sekarang ini banyak guru maupun stakeholder yang mengabaikan tentang intuisi matematika ini. Matematika yang diajarkan di sekolah bukan lagi matematika yang sesuai dengan perkembangan mereka, matematika yang diajarkan adalah matematika murni bukan matematika sekolah. Hal tersebut manjadi salah satu penyebab mengapa matematika sekarang ini menjadi pelajaran yang paling menyusahkan.

    ReplyDelete
  5. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang. Dengan intuisi yang benar maka seseorang dapat menentukan arah serta keputusan-keputusan yang dibuatnya. Peran intuisi sudah banyak dikaji oleh para pemikir maupun para filsuf. Diantaranya mengungkapkan bahwa intuisi memang memiliki peran penting dalam matematika (Hers, 1997). Intuisi merskipun bukan merupakan alat untuk berpikir logis seperti akal, tetapi intuisi juga dapat membantu seseorang untuk menentukan keputusan-keputusan yang tepat dalam kehidupannya. Dalam pembelajaran matematika, intuissi dapat membantu meningkatkan kepekaan siswa dalam memperlajari matematika, sehingga mereka tidak hanya menghafal materi yang diberikan, tetapi mereka dapat memahami makna dibalik konsep matematika secara mendalam.

    ReplyDelete
  6. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan artikel tentang peran intuisi dalam pembelajaran matematika ini, saya menjadi semakin paham bahwa intuisi dalam pembelajaran matematika memang sangat diperlukan. Karena melalui intuisi ini, siswa memiliki ruang untuk berkembang, mengembangkan potensi dan kreatifitas yang dimilikinya.
    Saya tertarik dengan pendapat Hers (1997) yang mengatakan bahwa intuisi mempunyai peran yang penting dalam matematika, maka tidak satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari pendapat tersebut terlihat dengan jelas bahwa memang peran intuisi bagi siswa dalam pembelajaran matematika penting hingga tidak bisa diabaikan begitu saja.
    Untuk itu, dalam hal ini diperlukan peran guru sebagai fasilitator bagi siswanya untuk mengembangkan potensi yang ada. Jangan sampai siswa kehilangan intuisinya dalam pembelajaran matematika. Dengan mengembangkan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa, diharapkan siswa mampu memahami pembelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  7. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Dalam Kamus besar Bahasa Indonesia, Intuisi diartikan sebagai daya atau kemampuan mengetahui atau mema-hami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Dari Elegi diatas, Intuisi merupakan proses melihat dan memahami sesuatu secara spontan tanpa melaui proses penalaran secara rasional. Dalam bermatematika, Intuisi juga memiliki peranan penting. Misalnya saat mendapati soal, awalnya kita akan mencoba menerkanya menggunakan intuisi, setelah itu barulah kita memasuki ranah penalaran secara rasional.

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih prof, berdasarkan elegi ini saya menyimpulkan bahwa dalam mengerjakam matematika kita perlu intuisi, bagaimana langkah yang harus kita ambil, menentukan alur yang harus kita kerjakan terlebih dahulu, hal ini secara tidak langsung mengasah intuisi kita.

    ReplyDelete
  9. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Intuisi pada siswa terbentuk ketika siswa tersebut mencoba menalar materi pelajaran yang dirasa abstrak dengan bantual ilmu pengetahuan sebelumnya yang berkaitan/relevan dan menurutnya lebih masuk akal. Intuisi dapat terbentuk selama proses pembelajran matematika itu sendiri. Intuisi diperlukan agar siswa mampu memahamiatau pembentukilmu pengetahuan matematika yang baru. Melalui interaksi antara pikiran dan pengalaman intuisi akan mensingkronisasikan ilmu pengetahuan sebelumnya dengan materi baru yang sedang dipelajari. Oleh karena itu intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika.
    Intuisi bekerja dengan memperluas ruang lingkupnya ketika mencoba memahami hal hal yang abstrak. Intuisi kita akan otomatis merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan materi abstrak tersebut yang lebih mudah dipahami bagi kita. contohnya ketika seseorang untuk pertama kali belajar aljabar. Maka akan lebih mudah jika intuisi kita diarahkan ke hal-hal kehidupan sehari-hari seperti permasalahan matematika yang dapat direpresentasikan ke dalam bentuk aljabar. Tentu saja pada kegiatan ini intuisi kita bekerja dan berkembang dalam rangka memahami materi matematika. Intuisi juga berperan dalam mengembangkan pola pikir siswa sehingga kelah ketika kuliah atau menjadi mahasiswa ia mampu memahami materi kuliah yang kompleks dengan intuisinya.

    ReplyDelete
  10. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Berdasarkan artikel tentang peran intuisi dalam pembelajaran matematika, dapat saya simpulkan bahwa instuisi memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu peran intuisi, intuisi menentukan, membantu dan membawa kita dalam mengambil keputusan atau memutuskan alur/langkah/prosedur yang akan dilakukan/digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika.

    ReplyDelete
  11. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Matemematika murni memuat definisi-definisi, aksioma, teorema-teorema, dan sebagainya yang bersifat teoritis. Matematika yang memuat hal tersebut memang bisa disampaikan pada siswa. Siswa yang dimaksud yaitu siswa yang sudah dewasa (bukan anak-anak). Hal ini sejalan dengan intuisi siswa ketika pembelajaran matematika. Jika masih anak-anak sudah diberikan teori-teori tentang matematika yang abstrak, maka bisa jadi anak tersebut tidak memiliki intuisi. Karena pada dunia anak-anak, matematika masih merupakan suatu aktivitas yang masih bersifat empirisme. Perntingnya intuisi dalam pembelajaran matematika dapat menentukan perilaku anak/ siswa dalam ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  12. NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat penting karena peserta didik akan dapat mengeksplor segala kreativitas dan potensi diri yang dimiliki mereka. Namun pada saat ini guru sering kali mengabaikan pentingnya peranan kemampuan intuisi bagi para siswanya. Guru sering memakai cara instan dan mengambil cara mudah dalam memberikan pelajaran matematika kepada peserta didiknya. Misalnya memberikan berbagai macam soal tanpa harus melewati proses-proses yang harus dilalui. Sehingga siswa kehilangan intuisi, apabila siswa kehilangan intuisi maka mereka akan menemukan kesulitan dalam memperoleh ide-ide yang ada pada diri mereka, sehingga mereka akan memiliki rasa ketergantungan kepada gurunya.

    ReplyDelete
  13. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Intuisi adalah kemampuan seseorang dalam membaca situasi dan kondisi dan menyimpulkannya, akan tetapi dia tidak sadar kapan dan dimana dia mendapatkan kemampuan tersebut. Intuisi sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika. Dengan memiliki intuisi matematika, seseorang mampu menemukan suatu pola yang mungkin terbentuk dari suatu fenomena, dan dengan intuisi kita mampu menemukan konjektur-konjektur dari fenomena-fenomena yang diamati yang selanjutnya bisa dianalisis secara matematis.

    ReplyDelete
  14. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas ilmu yang bermanfaat ini
    Sebelumnya, saya pernah membaca elegy tentang intuisi. Setelah itu, saya setuju betapa intuisi itu penting did ala kehidupan, termasuk pendidikan matematika. Melalui intuisi, siswa akan mampu memahami pembelajaran dengan cara masing-masing. Karena intuisi individu yang satu berbeda dengan individu lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh latar belakang proses kehidupan yang berbeda-beda pula.

    ReplyDelete
  15. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Seperti yang sudah dibahas pada elegi sebelumnya, yaitu pada elegi pemberontakan pendidikan matematika 1 mengenai intuisi dalam matematika, intuisi sangat penting bagi siswa dan intuisi tidak dapat dipaksakan karena setiap anak memiliki ketajaman instuisi yang berbeda-beda. Karena perannya yang sangat penting, sehingga setiap guru sangat diharapkan bisa mengembangkan intuisi siswanya. Salah satu cara mengembangkan intuisi siswa yaitu dengan memberikan pertanyaan secara rutin dan terus menerus sehingga intuisi siswa semakin terarah. Jangan malah menghilangkan intuisi siswa. Seorang guru bisa saja menghilangkan intuisi siswanya, dengan cara memberikan banyak soal tanpa melalui proses yang seharusnya dilalui siswa. Padahal seharusnya siswa mendapatkan keterampilan matematikanya

    ReplyDelete
  16. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.
    Berbicara tentang intuisi saya seketika langsung teringat dengan bacaan- bacaan dari tulisan sebelumnya dan tes jawab singkat yang di adakan saat kuliah.Secara kesuluruhan tulisan di atas menegaskan bahwa intuisi memiliki peranan penting dalam belajar matematika.Hal tersebut hanya dominan bersifat filosofis ketimbang matematika sebagaimana yang dipaparkan pada elegi tersebut.

    ReplyDelete
  17. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi dapat mengembangkan kompetensi matematika yang lebih tinggi. Semakin baik intuisi yang dimiliki, semakin mudah juga siswa untuk belajar. Intuisi ini dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa menggunakan intuisi dalam belajarnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri agar intuisinya dapat berkembang.

    ReplyDelete
  18. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. intuisi mempunyai peran penting di dalam kehdiupan kita. Dalam kehidupan sehari-hari, orang sering menggunakan kata intuisi. Intuisi dimakanai secara beragam dan belum ada kesepakatan terhadap definisi intuisi tersebut. Ada yang mengatakan intuisi hampir sama dengan feeling. Begitu juga dalam pembelajaran matematika, intuisi sangat berperan penting di dalamya. Khususnya dalam pendidikan sekolah dasar. Sebenarnya intuisi berkaitan erat dengan cara alamiah anak dalam belajar dan berpikir. Oleh karena itu pembelajaran yang dapat mengembangkan intuisi anak sangatlah diperlukan.intuisi pada anak sangat berperan dalam memahami pernyataan-pernyataan matematika dan dalam pemecahan maslaah matematika.

    ReplyDelete
  19. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Intuisi merupakan sesuatu yang lebih mengedepankan perasaan dibandingkan logika sedangkan matematika merupakan ilmu yang mengedepankan pemikiran logis sebagai dasar pemikiran. Peran intuisi dalam matematika dapat dikatakan sebagai sesuatu yang kontradiktif, namun mungkin terjadi. Intuisi boleh jadi dapat berperan sebagai elemen inisiatif dalam pengembangan matematika, sehingga seseorang yang mendapatkan intuisi akan menciptakan pertanyan-pertanyaan abstrak yang kemudian diselesaikan dengan pemikiran-pemikiran logis matematis.

    ReplyDelete
  20. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Dalam pembelajaran khususnya matematika, intuisi memegang peranan yang tidak kalah penting dengan refleksi siswa. intuisi diperlukan dalam proses abstraksi didalam pikiran siswa tentang objek-objek matematika yang sedang di pelajari. dengan intuisi juga akan membantu siswa menangkap konsep-konsep terkait materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  21. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dalam memunculkan intuisi pada pembelajaran menurut saya dapat dikatakan susah-susah gampang. Karena intuisi tergantung juga terhadap proses siswa berpikir dan pengalaman yang dialaminya. Intuisi yang merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualita dapat digunakan dalam pembelajran matematika untuk memunculkan ide dan konsep matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Namun guru dapat saja untuk membantu siswa dalam memunculkan intuisinya dengan menggunakan berbagai strategi, metode, dan pendekatan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  22. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi berperan penting dalam pendidikan matematika. Intuisi dapat memunculkan ide-ide atau konsep-konsep belajar matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Intuisi akan memunculkan ide-ide dan konsep-konsep dari apa yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika. intuisidalam matematikajuga dapat digunakan untuk menentukan keputusan yang akan diambil dari suatu permaslahan dan menggunakan penyelesaian yang seperti apa.

    ReplyDelete
  23. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Seperti yang telah kita tahu, bahwa intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa berpikir secara intelektual terlebih dahulu. Intuisi juga dapat diartikan sebuah pemahaman atau jawaban matematika secara tiba-tiba atau diluar kesadaran. Menurut saya intuisi dalam pembelajaran matematika itu penting, karena itu untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan matematis atau tingkat pemahaman matematis yang telah dimiliki siswa sebelum mulai pembelajaran materi baru. Memang ada kalanya intuisi itu tidak terlalu baik, ketika pembelajaran sedang berlangsung di sebuah, beberapa siswa yang menjawab matematika secara intuisi tanpa melihat nilai kebenarannya terlebih dahulu pastinya akan mengganggu siswa lainnya yang sedang berpikir secara reflektif (yang harus berpikir secara intelektual terlebih dahulu).

    ReplyDelete
  24. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Intuisi memiliki andil besar dalam perkembangan pengetahuan dan motivasi matematika siswa. Sudah selayaknya guru memfasilitasi pelajaran matematika menjadi pengalaman yang menyenangkan dan inspiratif bagi siswa sehingga siswa memperoleh kebebasan dalam mengembangkan intuisi serta kreativitasnya dalam matematika.

    ReplyDelete