Feb 12, 2013

Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika




Peran “intuisi” di dalam matematika dapat dikaji dalam lingkup ontologi maupun epistemologi. Peran ontologis dari “intuisi” di dalam matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis “intuisi” meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.

Secara historis, kita dapat menelusuri peran “intuisi” dari Platonisme, Kantianisme sampai “intuisi”onisme Brouwer. Masalah mendasar dari pembahasan peran “intuisi” dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Di era filsafat matematika kontemporer sekarang ini kiranya kita masih dapat menguji relevansi pembahasan peran “intuisi” dalam matematika. Setidaknya, Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari diskripsi intuitionisme Brouwer dapat ditarik kesimpulan bahwa peran “intuisi” dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. (Marsigit)

98 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Menurut Kant, matematika sebagai ilmu adalah mungkin jika konsep matematika dikontruksi berdasarkan intuisi keruangan dan waktu. Kontruksi konsep matematika berdasar intuisi ruang dan waktu akan menghasilkan matematika sebagai ilmu yang bersifat “sintetik a priori”. Oleh Kant, metode sintetik dilawankan dengan metode analitik dan konsep “a priori” dilawankan dengan “a posteriori”. Jika matematika dikembangkan hanya dengan metode “analitik” maka tidak akan dihasilkan (dikontruksi) konsep baru, dan yang demikian akan menyebabkan matematika hanya bersifat sebagai ilmu fiksi. Menurut Kant, matematika tidak dikembangkan hanya dengan konsep “a posteriori” sebab jika demikian matematika akan bersifat empiris. Namun datadata empiris yang diperoleh dari pengalaman penginderaan diperlukan untuk menggali konsep-konsep matematika yang bersifat “a priori”. Disinilah uniknya
    peran dari teori Kant, yang berusaha memberi solusi (jalan tengah) dari pertentangan ekstrim antara kaum rasionalis dan kaum empiris dalam membangun landasan matematika. Menurut Kant, intuisi menjadi inti dan kunci bagi pemahaman dan konstruksi matematika.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Menanggapi hal itu, kita tahu bahwa intuisi jugasangat berperan penting dalam proses pembelajaran matematika. Jika kita di suruh untuk mendefiniskan intuisi maka kitabtidak akan bisa mendefinisikan intusisi itu seperti apa, karena intuisi datangnya memang seperti itu,s ebagai contoh kamu bahagia karena apa. Apa sebabnya kamu bahagia bagaimana mendefenisikan bahagia, maka secara intuisi kita bsia mendefisnisikan bahagia tapi secara logika kita tidak bisa mendefinisiakna intuisi itu seperti apa.

    ReplyDelete
  3. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Matematika erat kaitannya dengan penalaran. Oleh karena itu matematika dibangun atas intuisi karena penalaran yang bersifat kegiatan berpikir berdasarkan langkah- langkah tertentu. Pandangan Kant lebih mendasarkan kepada peran intuisi bagi
    semua konsep matematika dan hanya mengandalkan konsep konstruksi seperti yang terjadi pada geometri Euclides.

    ReplyDelete
  4. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Peran intuisi ini sebenarnya tidak hanya dalam matematika, tetapi dalam kehidupan manusia juga emmbutuhkan intuisi. Intuisi sangat berperan dalam matematika. Misalnya saja conjecture yang muncul dari intuisi para matematikawan yang lahir dari teorema-teorema. Intuisi sangat berperan dalam setiap aspek kehidupan manusia. Dengan intuisi, manusia berusaha memahami secara lebih mendalam sehingga diperoleh pengetahuan baru. Jadi, intuisi dan imajinasi perlu dikombinasikan dengan baik agar manusia dapat mencapai logos.

    ReplyDelete
  5. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Intuisi merupakan proses masuknya pengetahuan yang arah datangnya tanpa diduga-duga, tanpa bukti, dan tanpa memahami bagaimana pengetahuan itu dapat diperoleh. Intuisi menentukan keberhasilan dalam belajar matematika dimana intuisi yang baik akan menimbulkan kebermaknaan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. intuisi dalam matematika memiliki peran yang penting. Dengan intuisi, siswa dapat memiliki ide untuk memecahkan beragam permasalahn matematika. Intuisi matematika perlu dikembangkan sejak kecil agar ketika dewasa siswa terbiasa menggunkan intuisinya dalam memecahkan maslah.

    ReplyDelete
  7. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Peran intuisi dalam dunia matematika sangatlah penting. Dengan adanya intuisi siswa dapat menyelesaikan/menyikapi permasalahan dalam matematika dengan baik, tentunya dengan cara menggunakan pikiran kritisnya, menggembangkan potensi dan kemampuan yang ada. Hendaknya sejak kecil siswa sudah dilatih berpikir dengan intuisi karena intuisi akan berkembang sesuai dengan pengalaman yang telah diperolehnya. Pembelajaran yang ada di Indonesia lebih banyak terpusat pada guru sehingga siswa hanya menerima. Ini bisa mengakibatkan intuisi siswa tidak berjalan. Agar intuisi siswa muncul hendaknya dilakukan perubahan dalam proses belajar mengajar dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  8. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Intuisi matematika adalah subyek untuk membangun kebuadayaan matematika. Intuisi matematika siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Jika seorang siswa telah memiliki intuisi matemtika, maka tidak hanya pada pembelajaran matematika saja intuisi tersebut akan muncul, tetapi juga ketika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menemui situasi yang berhubungan dengan konsep matematika, maka dengan sendirinya intuisi itu akan muncul. Untuk meningkatkan intuisi matematika, maka dapat dilakukan dengan membudayakan matematika. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama baik itu guru, sekolah, orang tua maupun siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kita mengenal 3 cara seseorang dapat memperoleh pengetahuan tentang matematika yaitu, akal/logika, pengalaman, dan intuisi. Intuisi merupakan metode untuk memperoleh pengetahuan matematika dengan pikiran. Intuisi memiliki peran penting dalam matematika. Seorang filsuf sekaligus matematikawan Immanuel Kant menggunakan intuisinya dalam membuktikan tentang konsep matematika. Benar sekali bahwa bicara tentang intuisi maka terkait juga dengan objek atau ontologi dan epistimologi matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  10. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sampai sekarang, seringkali kita mendengar adanya anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Kesulitan ini terjadi karena adanya ketidakmampuan memecahkan masalah-masalah dalam proses belajar mengajar.
    Saya setuju dengan pernyataan Hers (1997) bahwa intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika. Intuisi merupakan sifat alami manusia. Setiap siswa memiliki intuisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru hendaknya melakukan pendekatan dan melatih intuisi siswa, yang diharapkan siswa mampu memunculkan ide-ide atau gagasan serta memiliki konsep atau pemahaman terhadap suatu materi

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tiba-tiba datang dari dunia lain dan keluar dari kesadaran. Setiap manusia mempunyai intuisi namun dia tidak sadar dan tidak bisa mengontrol kapan intuisinya sedang bekerja, tiba-tiba saja langsung dirasakan hasil dari kinerja intuisinya tersebut. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran karena bisa mendukung proses pemecahan masalah dengan cepat dan tepat. Untuk mengasah intuisi kita, kita harus sering-sering berlatih misalnya dalam mengerjakan soal matematika, untuk mendapat intuisi tinggi kita harus sering berlatih mengerjakan soal matematika.

    ReplyDelete
  12. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dalam pembelajaran matematika membutuhkan intuisi. Karena intuisi dapat membantu dalam pemahaman dalam belajar matematika. Dengan intuisi juga dapat memudahkan dalam memecahkan persoalan. Tugas guru salah satunya adalah menumbuhkan dan mengembangkan peran intuisi ini kepada siswa pada saat pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  13. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi dalam matematika membantu dalam menemukan pemahaman matematika yang secara tiba-tiba muncul, dan masih dalam tahap awal, sebelum menalar dan menggunakan bukti-bukti matematis. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, siswa yang belajar matematika harus dilatih pula intuisi matematikanya, karena akan sangat membantu dalam memahami suatu materi matematika dan akan digunakan dalam kegiatan pemecahan masalah

    ReplyDelete
  14. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Intuisi sangat penting dalam matematika. Karena perannya dalam mengidentifikasi objek dan dari mana sumber pengetahuan objek tersebut. Sehingga dengan intuisi kita dapat mengembangkan pengetahuan matematika dari konsep yang sederhana, menjadi konsep yang lebih kompleks, atau menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi (berkaitan dengan matematika).

    ReplyDelete
  15. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam elegi sebelumnya, dijelaskan bahwa konstructivism itu terkait oleh seluruh intuisi. Sehingga karena pembelajran matematika sekarang itu bersifat konstructif maka intusi juga harus berperan sehingga tidak ada perpecahan antara hati dan pikiran. Sehingga galam pelaksanaannya hal yang dibangun dalam matematika adalah menajamkan intuisi siswa. Dan peran intuisi tersebut memberikan daya bantu dalam mengrekonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  16. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)


    Mengasah intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, seorang anak yang telah memiliki intuisi yang kuat bagaikan memiliki indera keenam dalam penyelesaian soal di dalam matematika. Mereka dengan mudah dapat mengawang jawaban dan penyelesaian tanpa menuliskan nya dikertas seperti yang dapat kita lihat pada lomba-lomba olimpiade matematika baik tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Disinlah tugas seorang guru dalam memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya intuisi mereka.

    ReplyDelete
  17. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Berpikir intuitif merupakan suatu karunia yang dianugerahkan Tuhan kepada setiap individu, namun berpikir intuitif cenderung diabaikan yang lebih menghargai berpikir rasional. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  18. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Intuisi sangat membantu siswa dalam memahami matematika. Selain itu, Intuisi juga dapat membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  19. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Belajar matematika yang berkenaan dengan interaksi atau kegiatan, penting adanya intuisi di dalamnya. Bagi anak, intuisi dianggap penting karena dia melakukan kegiatan tetapi tidak mengerti hakikat yang dikerjakan. Pada tahap pemikiran intuitif, anak-anak mulai menggunakan penalaran primitif dan ingin tahu jawaban atas semua bentuk pertanyaan. Biasanya anak tampak begitu yakin tentang pengetahuan dan pemahaman mereka, tetapi belum begitu sadar bagaimana mereka tahu apa yang mereka ketahui itu. Lebih jelasnya mereka mengatakan mengetahui sesuatu, tetapi mengetahuinya dengan cara tidak menggunakan pemikiran rasional. Pentingnya intuisi bagi anak menjadi hal yang penting juga bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif guna mengembangkan intuisi anak.

    ReplyDelete
  20. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika itu memang sangat penting apa lagi matematika untuk anak sekolah. Namun yang terjadi pada saat sekarang ini banyak guru maupun stakeholder yang mengabaikan tentang intuisi matematika ini. Matematika yang diajarkan di sekolah bukan lagi matematika yang sesuai dengan perkembangan mereka, matematika yang diajarkan adalah matematika murni bukan matematika sekolah. Hal tersebut manjadi salah satu penyebab mengapa matematika sekarang ini menjadi pelajaran yang paling menyusahkan.

    ReplyDelete
  21. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang. Dengan intuisi yang benar maka seseorang dapat menentukan arah serta keputusan-keputusan yang dibuatnya. Peran intuisi sudah banyak dikaji oleh para pemikir maupun para filsuf. Diantaranya mengungkapkan bahwa intuisi memang memiliki peran penting dalam matematika (Hers, 1997). Intuisi merskipun bukan merupakan alat untuk berpikir logis seperti akal, tetapi intuisi juga dapat membantu seseorang untuk menentukan keputusan-keputusan yang tepat dalam kehidupannya. Dalam pembelajaran matematika, intuissi dapat membantu meningkatkan kepekaan siswa dalam memperlajari matematika, sehingga mereka tidak hanya menghafal materi yang diberikan, tetapi mereka dapat memahami makna dibalik konsep matematika secara mendalam.

    ReplyDelete
  22. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan artikel tentang peran intuisi dalam pembelajaran matematika ini, saya menjadi semakin paham bahwa intuisi dalam pembelajaran matematika memang sangat diperlukan. Karena melalui intuisi ini, siswa memiliki ruang untuk berkembang, mengembangkan potensi dan kreatifitas yang dimilikinya.
    Saya tertarik dengan pendapat Hers (1997) yang mengatakan bahwa intuisi mempunyai peran yang penting dalam matematika, maka tidak satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari pendapat tersebut terlihat dengan jelas bahwa memang peran intuisi bagi siswa dalam pembelajaran matematika penting hingga tidak bisa diabaikan begitu saja.
    Untuk itu, dalam hal ini diperlukan peran guru sebagai fasilitator bagi siswanya untuk mengembangkan potensi yang ada. Jangan sampai siswa kehilangan intuisinya dalam pembelajaran matematika. Dengan mengembangkan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa, diharapkan siswa mampu memahami pembelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  23. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Dalam Kamus besar Bahasa Indonesia, Intuisi diartikan sebagai daya atau kemampuan mengetahui atau mema-hami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Dari Elegi diatas, Intuisi merupakan proses melihat dan memahami sesuatu secara spontan tanpa melaui proses penalaran secara rasional. Dalam bermatematika, Intuisi juga memiliki peranan penting. Misalnya saat mendapati soal, awalnya kita akan mencoba menerkanya menggunakan intuisi, setelah itu barulah kita memasuki ranah penalaran secara rasional.

    ReplyDelete
  24. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih prof, berdasarkan elegi ini saya menyimpulkan bahwa dalam mengerjakam matematika kita perlu intuisi, bagaimana langkah yang harus kita ambil, menentukan alur yang harus kita kerjakan terlebih dahulu, hal ini secara tidak langsung mengasah intuisi kita.

    ReplyDelete
  25. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Intuisi pada siswa terbentuk ketika siswa tersebut mencoba menalar materi pelajaran yang dirasa abstrak dengan bantual ilmu pengetahuan sebelumnya yang berkaitan/relevan dan menurutnya lebih masuk akal. Intuisi dapat terbentuk selama proses pembelajran matematika itu sendiri. Intuisi diperlukan agar siswa mampu memahamiatau pembentukilmu pengetahuan matematika yang baru. Melalui interaksi antara pikiran dan pengalaman intuisi akan mensingkronisasikan ilmu pengetahuan sebelumnya dengan materi baru yang sedang dipelajari. Oleh karena itu intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika.
    Intuisi bekerja dengan memperluas ruang lingkupnya ketika mencoba memahami hal hal yang abstrak. Intuisi kita akan otomatis merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan materi abstrak tersebut yang lebih mudah dipahami bagi kita. contohnya ketika seseorang untuk pertama kali belajar aljabar. Maka akan lebih mudah jika intuisi kita diarahkan ke hal-hal kehidupan sehari-hari seperti permasalahan matematika yang dapat direpresentasikan ke dalam bentuk aljabar. Tentu saja pada kegiatan ini intuisi kita bekerja dan berkembang dalam rangka memahami materi matematika. Intuisi juga berperan dalam mengembangkan pola pikir siswa sehingga kelah ketika kuliah atau menjadi mahasiswa ia mampu memahami materi kuliah yang kompleks dengan intuisinya.

    ReplyDelete
  26. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Berdasarkan artikel tentang peran intuisi dalam pembelajaran matematika, dapat saya simpulkan bahwa instuisi memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu peran intuisi, intuisi menentukan, membantu dan membawa kita dalam mengambil keputusan atau memutuskan alur/langkah/prosedur yang akan dilakukan/digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika.

    ReplyDelete
  27. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Matemematika murni memuat definisi-definisi, aksioma, teorema-teorema, dan sebagainya yang bersifat teoritis. Matematika yang memuat hal tersebut memang bisa disampaikan pada siswa. Siswa yang dimaksud yaitu siswa yang sudah dewasa (bukan anak-anak). Hal ini sejalan dengan intuisi siswa ketika pembelajaran matematika. Jika masih anak-anak sudah diberikan teori-teori tentang matematika yang abstrak, maka bisa jadi anak tersebut tidak memiliki intuisi. Karena pada dunia anak-anak, matematika masih merupakan suatu aktivitas yang masih bersifat empirisme. Perntingnya intuisi dalam pembelajaran matematika dapat menentukan perilaku anak/ siswa dalam ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  28. NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat penting karena peserta didik akan dapat mengeksplor segala kreativitas dan potensi diri yang dimiliki mereka. Namun pada saat ini guru sering kali mengabaikan pentingnya peranan kemampuan intuisi bagi para siswanya. Guru sering memakai cara instan dan mengambil cara mudah dalam memberikan pelajaran matematika kepada peserta didiknya. Misalnya memberikan berbagai macam soal tanpa harus melewati proses-proses yang harus dilalui. Sehingga siswa kehilangan intuisi, apabila siswa kehilangan intuisi maka mereka akan menemukan kesulitan dalam memperoleh ide-ide yang ada pada diri mereka, sehingga mereka akan memiliki rasa ketergantungan kepada gurunya.

    ReplyDelete
  29. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Intuisi adalah kemampuan seseorang dalam membaca situasi dan kondisi dan menyimpulkannya, akan tetapi dia tidak sadar kapan dan dimana dia mendapatkan kemampuan tersebut. Intuisi sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika. Dengan memiliki intuisi matematika, seseorang mampu menemukan suatu pola yang mungkin terbentuk dari suatu fenomena, dan dengan intuisi kita mampu menemukan konjektur-konjektur dari fenomena-fenomena yang diamati yang selanjutnya bisa dianalisis secara matematis.

    ReplyDelete
  30. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas ilmu yang bermanfaat ini
    Sebelumnya, saya pernah membaca elegy tentang intuisi. Setelah itu, saya setuju betapa intuisi itu penting did ala kehidupan, termasuk pendidikan matematika. Melalui intuisi, siswa akan mampu memahami pembelajaran dengan cara masing-masing. Karena intuisi individu yang satu berbeda dengan individu lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh latar belakang proses kehidupan yang berbeda-beda pula.

    ReplyDelete
  31. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Seperti yang sudah dibahas pada elegi sebelumnya, yaitu pada elegi pemberontakan pendidikan matematika 1 mengenai intuisi dalam matematika, intuisi sangat penting bagi siswa dan intuisi tidak dapat dipaksakan karena setiap anak memiliki ketajaman instuisi yang berbeda-beda. Karena perannya yang sangat penting, sehingga setiap guru sangat diharapkan bisa mengembangkan intuisi siswanya. Salah satu cara mengembangkan intuisi siswa yaitu dengan memberikan pertanyaan secara rutin dan terus menerus sehingga intuisi siswa semakin terarah. Jangan malah menghilangkan intuisi siswa. Seorang guru bisa saja menghilangkan intuisi siswanya, dengan cara memberikan banyak soal tanpa melalui proses yang seharusnya dilalui siswa. Padahal seharusnya siswa mendapatkan keterampilan matematikanya

    ReplyDelete
  32. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.
    Berbicara tentang intuisi saya seketika langsung teringat dengan bacaan- bacaan dari tulisan sebelumnya dan tes jawab singkat yang di adakan saat kuliah.Secara kesuluruhan tulisan di atas menegaskan bahwa intuisi memiliki peranan penting dalam belajar matematika.Hal tersebut hanya dominan bersifat filosofis ketimbang matematika sebagaimana yang dipaparkan pada elegi tersebut.

    ReplyDelete
  33. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi dapat mengembangkan kompetensi matematika yang lebih tinggi. Semakin baik intuisi yang dimiliki, semakin mudah juga siswa untuk belajar. Intuisi ini dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa menggunakan intuisi dalam belajarnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri agar intuisinya dapat berkembang.

    ReplyDelete
  34. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. intuisi mempunyai peran penting di dalam kehdiupan kita. Dalam kehidupan sehari-hari, orang sering menggunakan kata intuisi. Intuisi dimakanai secara beragam dan belum ada kesepakatan terhadap definisi intuisi tersebut. Ada yang mengatakan intuisi hampir sama dengan feeling. Begitu juga dalam pembelajaran matematika, intuisi sangat berperan penting di dalamya. Khususnya dalam pendidikan sekolah dasar. Sebenarnya intuisi berkaitan erat dengan cara alamiah anak dalam belajar dan berpikir. Oleh karena itu pembelajaran yang dapat mengembangkan intuisi anak sangatlah diperlukan.intuisi pada anak sangat berperan dalam memahami pernyataan-pernyataan matematika dan dalam pemecahan maslaah matematika.

    ReplyDelete
  35. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Intuisi merupakan sesuatu yang lebih mengedepankan perasaan dibandingkan logika sedangkan matematika merupakan ilmu yang mengedepankan pemikiran logis sebagai dasar pemikiran. Peran intuisi dalam matematika dapat dikatakan sebagai sesuatu yang kontradiktif, namun mungkin terjadi. Intuisi boleh jadi dapat berperan sebagai elemen inisiatif dalam pengembangan matematika, sehingga seseorang yang mendapatkan intuisi akan menciptakan pertanyan-pertanyaan abstrak yang kemudian diselesaikan dengan pemikiran-pemikiran logis matematis.

    ReplyDelete
  36. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Dalam pembelajaran khususnya matematika, intuisi memegang peranan yang tidak kalah penting dengan refleksi siswa. intuisi diperlukan dalam proses abstraksi didalam pikiran siswa tentang objek-objek matematika yang sedang di pelajari. dengan intuisi juga akan membantu siswa menangkap konsep-konsep terkait materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  37. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dalam memunculkan intuisi pada pembelajaran menurut saya dapat dikatakan susah-susah gampang. Karena intuisi tergantung juga terhadap proses siswa berpikir dan pengalaman yang dialaminya. Intuisi yang merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualita dapat digunakan dalam pembelajran matematika untuk memunculkan ide dan konsep matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Namun guru dapat saja untuk membantu siswa dalam memunculkan intuisinya dengan menggunakan berbagai strategi, metode, dan pendekatan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  38. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi berperan penting dalam pendidikan matematika. Intuisi dapat memunculkan ide-ide atau konsep-konsep belajar matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Intuisi akan memunculkan ide-ide dan konsep-konsep dari apa yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika. intuisidalam matematikajuga dapat digunakan untuk menentukan keputusan yang akan diambil dari suatu permaslahan dan menggunakan penyelesaian yang seperti apa.

    ReplyDelete
  39. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Seperti yang telah kita tahu, bahwa intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa berpikir secara intelektual terlebih dahulu. Intuisi juga dapat diartikan sebuah pemahaman atau jawaban matematika secara tiba-tiba atau diluar kesadaran. Menurut saya intuisi dalam pembelajaran matematika itu penting, karena itu untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan matematis atau tingkat pemahaman matematis yang telah dimiliki siswa sebelum mulai pembelajaran materi baru. Memang ada kalanya intuisi itu tidak terlalu baik, ketika pembelajaran sedang berlangsung di sebuah, beberapa siswa yang menjawab matematika secara intuisi tanpa melihat nilai kebenarannya terlebih dahulu pastinya akan mengganggu siswa lainnya yang sedang berpikir secara reflektif (yang harus berpikir secara intelektual terlebih dahulu).

    ReplyDelete
  40. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Intuisi memiliki andil besar dalam perkembangan pengetahuan dan motivasi matematika siswa. Sudah selayaknya guru memfasilitasi pelajaran matematika menjadi pengalaman yang menyenangkan dan inspiratif bagi siswa sehingga siswa memperoleh kebebasan dalam mengembangkan intuisi serta kreativitasnya dalam matematika.

    ReplyDelete
  41. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Intuisi sangat berperan di dalam pembelajaran matematika. Siswa yang memiliki kemampuan intuisi yang bagus dapat lebih cepat memberikan respon sebagai umpan balik dari stimulus yang guru berikan walalupun hanya baru di mulai melalui penjelasan apersepsi guru di awal pembelajaran. Mamun guru juga harus bisa mengontrol siswa yang memiliki kemampuan intuisi yang di atas rata-rata agar siswa lain tidak merasa rendah diri, sehingga tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  42. Junianto
    17709251065
    PM C

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui proses penalaran rasional. Intuisis bisa dikatakan sebagai sesuatu ang muncul begitu saja tanpa ada proses berpikir matematis. Dalam pembelajaran matematika, intuisi bisa membantu siswa dalam memunculkan ide-ide dan konsep. Kemudian, setelah siswa menemukan ide/ konsep yang akan digunakan, siswa kemudian mulai berpikir secara matematis dengan menggunakan konsep matematika yang sudah mereka pelajari. Memang intuisi tidak berperan besar dalam kasus ini, namun cukup membantu dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  43. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Dalam belajar matematika, sifat intuitif perlu ditumbuhkan pada diri siswa. Intuitif dalam belajar matematika bisa diartikan sebagai respun cepat atas suatu permasalahan matematika berdasarkan pengalaman-pengalaman siswa terdahulu. Namun siswa yang mempunyai sifat intuitif kadang ada yang berpikir tidak menggunakan rumus dan tidak matematis, namun itu tidak mengapa, berarti siswa itu punya potensi untuk berinovasi dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  44. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Menarik sekali kalimat terkahir yang disebutkan dalam elegi ini. Dimana disitu dituls bahwa “peran intuisi dalam matematika memang lebih bersifat filosofis daripada matematis”. Hanya saja, kalimat ini tidak dilanjutkan lagi dengan penjelasan yang lebih panjang lagi mengenai makna dari kalimat tersebut. mohon kiranya Prof Marsigit untuk memberikan ulasan yang lebih detail. Terima kasih

    ReplyDelete
  45. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tersebut tiba-tiba saja datangnya dan di luar kesadaran. Intuisi memiliki ciri tidak tahu kapan, dimana, dan bagaimana memperoleh kemampuan tersebut. Intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika terutama untuk matematika sekolah dasar. Dengan intuisi, siswa sekolah dasar tidak perlu melakukan penalaran (karena belum sesuai dengan usia dan kemampuannya) untuk belajar matematika. Dengan intuisi, siswa dapat memahami matematika secara langsung sesuai dengan pengalamannya.

    ReplyDelete
  46. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Intusi secara epistemologi dilihat dari sumber pengetahuan, metode yang dilakukan dalam pembelajaran serta mengambil keputusan dalam matematika. Mengambil keputusan dalam matematika dapat berarti mengimpulkan definisi serta menyelesaikan persoalan matematika. Namun baik secara hakekat ataupun ontologi ataupun secara epistemologi intuisi berperan penting dalam pembelajaran matematika. Maka intuisi siswa harus mampu terus diarah oleh guru untuk terus diasah oleh siswa.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  47. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Kemampuan intuisi didapatkan dari pengalaman sebelumnya. Di dalam dunia matematika intuisi sangat baik untuk pengambilan keputusan. Hal ini disebabkan pada matematika materi selanjutnya berhubungan dengan materi sebelumnya, sehingga materi-materi didalam matematika saling berkesinambungan. Oleh karena itu, guru harus bisa mengembangkan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  48. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    KAlimat terakhir yang dituliskan diatas bahwa “ Intuisi dalam matematika lebih bersifat filosofis dari pada matematis” mengartikan bahwa adanya intuisi sangat penting untuk pendidikan matematika. Kolabirasi antra intuisi dan pendidikan matematika tentunya akan menghasilkan produk yang hebat. Melalui intuisi siswa dapat mengembangkan kreativitas berpikir dan potensi-potensi yang dimilikinya serta mampu menghubungkan konsep matematika satu dengan yang lainnya. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri.Namun, masih saja ditemui pembelajaran matematika yang mematikan intuisi siswa dimana pembelajaran matematika dirancang instan dengan memberikan formula rumus dan siswa diminta mengerjakan sesuai rumus. Matinya intusi melalui pembelajaran satu arah karena siswa cenderung diberi, diberi materi tanpa ada proses mencari dan berpikir dalam memperoleh pengetahuan. Apabila siswa kehilangan intuisi maka siswa akan kesulitan menemukan ide-idenya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  49. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Intuisi adalah potensi yang dimiliki oleh manusia, tapi sampai saat ini belum ada yang berhasil menemukan asal dari intuisi itu, dan apa penyebabnya.intuisi adalah kemampuan mausia secara setengah sadar atau secara otomatis. Contohnya ketika ada suatu pertanyaan kemudian secara cepat dapat kita jawab dengan benar padahal kita belum memikirkaknnya dan itu datang secara tiba-tiba dan tidak dapat kita kendalikan. Dalam dunia pembelajaran ada siswa yang memiliki kecerdasan secara intuitif atau intuisinya diatas rata-rata. Intuisi adalah sebuah “gift” atau anugerah dari tuhan. Maka dari itu tidak ada cara bagi manusia untuk meningkatkan intuisi itu sendiri. Sehingga skita harus selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, amiin.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  50. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Istilah intuisi memang bukan hal yang asing lagi untuk didengar dalam kegiatan pembelajaran khusunya pembelajaran matematika. Intiusi sangat memegang peranan penting dalam membantu pembelajaran matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami matematika, kemudian intuisi juga membantu siswa dalam memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa agar tidak menyerah dan mendorong siswa agar tetap melakukan proses pemecahan permasalahan matematika tersebut. Oleh karena itu, guru harus dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalahan yang sebenarnya sedang dihadapi.

    ReplyDelete
  51. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intuisi sebenarnya memang sangat dibuthkan untuk belajar dan memahami matematika. Karena pada dasarnya matematika mengajarkan para pembelajar untuk melatih intuisi mereka ke logika yang benar. Karena pada dasarnya logika tanpa intuisi itu tidak bisa berjalan. Hal inilah yang membuta intuisi memang perlu dalam pembelajaran matematika
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  52. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Secara umum, pada wikipedia disebutkan bahwa intuisi merupakan istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Selaras dengan pengertian tersebut, di dalam KBBI intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Sehingga secara singkat intuisi merupakan suatu tindakan yang dilakukan spontanitas secara tidak sadar. Namun secara lebih mendalam, Bruner memaknai intuisi sebagai suatu tindakan untuk mendapatkan suatu makna, signifikansi, struktur, atau situasi dari masalah tanpa ketergantungan secara eksplisit pada peralatan analitik yang dimiliki seorang ahli.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  53. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika menurut Brouwer memang lebih bersifat filosofis daripada matematis. Namun demikian, Bruner mencoba menjelaskan lebih contoh intuisi dalam matematika agar matematika lebih dimaknai, yaitu seseorang dikatakan intuitif apabila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Dengan demikian ia dapat segera memberikan solusi dari masalah berdasarkan pada hal-hal yang pernah ia buktikan secara formal. Selain itu, seorang diebut matematikawan intuitif yang baik apabila ketika ada orang yang memberikan persoalan kepadanya, ia akan segera memberikan prediksi terbaiknya atau dapat memberikan beberapa pendekatan alternative untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  54. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Belajar matematika memang tidak selalu melalui intuisi. Namun berdasarkan intuisi, seseorang akan mengembangkan cara berpikirnya menjadi lebih terarah. Untuk itulah diperlukan konsentrasi dan keadaan fisik yang baik dalam belajar, khususnya dalam matematika. Einstein berpendapat bahwa suatu penemuan bisa saja lahir melalui intuisi. Ketika suatu pengamatan tidak dapat dilanjutkan dengan deduksi logis karena nampaknya tidak ada jalur logis yang menghubungkan fakta dengan ide teoritis, untuk itu diperlukan suatu lompatan imajinasi bebas melampaui suatu fenomena yang disebut intuisi. Intuisi yang baik akan mengaktifkan logika berpikir yang baik pula, sebaliknya dengan intuisi yang kurang baik maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Keterlibatan intuisi di dalam matematika memang tidak tampak secara nyata namun memiliki pengaruh terhadap proses berpikir.

    ReplyDelete
  55. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Intuisi membantu matematikawan untuk melahirkan ide baru dalam menyelesaikan setiap permasalahan matematika. Intuisi terbangun atas ilmu yang pernah dipelajari sebelumnya. Intuisi juga terbangun dari pengalaman-pengalaman seseorang menyelesaikan problem matematika. Sehingga intuisi ini menyumbang/mengarahkan matematikawan menentukan pemilihan strategi dan langkah-langkah dalam pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  56. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika menurut Brouwer memang lebih bersifat filosofis daripada matematis. Namun demikian, Bruner mencoba menjelaskan lebih contoh intuisi dalam matematika agar matematika lebih dimaknai, yaitu seseorang dikatakan intuitif apabila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Dengan demikian ia dapat segera memberikan solusi dari masalah berdasarkan pada hal-hal yang pernah ia buktikan secara formal. Selain itu, seorang diebut matematikawan intuitif yang baik apabila ketika ada orang yang memberikan persoalan kepadanya, ia akan segera memberikan prediksi terbaiknya atau dapat memberikan beberapa pendekatan alternative untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  57. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Saya sependapat, memang benar bahwa intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika. Dengan intuisi pembelajaran matematika akan lebih cepat dipahami oleh anak didik. Namun sebagai guru juga harus bisa memahami bahwa intuisi dan kemampuan dalam mengakses dan menyimpan pengalaman dalam pikirannya setiap anak didiknya itu berbeda-beda.

    ReplyDelete
  58. Ilma Rizki Nur Afifa
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Saya setuju dengan bapak bahwa intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi mampu menghasilkan ide-ide bagi siswa untuk mengontruksikan pengetahuan sehingga siswa dapat menemukan konsep matematika dan dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  59. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Intuisi sangat penting kaitannya dengan pembelajaran matematika. Mengapa? Karena intuisi merupakan pemikiran yang begitu saja keluar dari seseorang setelah mendengar sesuatu. Semakin sering seorang siswa belajar matematika, atau semakin kritis pemikiran matematika, intuisinya semakin tajam. Intuisi bukan berdasarkan bakat, namun berdasarkan seberapa lama kita mengasahnya. Semakin sering diasah maka intuisi kita akan semakin dalam.

    ReplyDelete
  60. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Intuisi memiliki pengertian sebagai suatu proses dalam memperoleh dan menafsirkan imajinasi bebas yang melampaui suatu fenomena untuk menjawab pertanyaan di mana dalam memperoleh pemahaman dari informasi dan pengetahuan yang kecil kemudian digabungkan untuk ditafsirkan (Nazariah, Marwan & Abidin, 2014). Dalam kehidupan ini intuisi diperlukan untuk berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan dengn benar. Apabila seseorang tidak memiliki intuisi maka seseorang itu akan mengalami kesulitan. Intuisi berarti tahu tapi tidak tahun kapan dan di mana pengetahuan itu datang, intuisi dapat berasal dari arah manpun. Dalam proses pembelajaran intuisi diperoleh dari pengalaman siswa dalam belajar yang dilihat, dirasakan, dan di dengar. Saat seorang siswa dapat menggunakan intuisinya dan dapat mengolahnya dengan baik yang diperoleh dari berbagai aspek pengalamannya, maka tidak akan ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Contohnya saat mengajarkan bilangan 1 kepada anak kecil diperoleh bukan dari definisi tetapi dari intuisinya , tetapi untuk anak dewasa dapat menggunakan definisi.

    ReplyDelete
  61. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Matematika memanglah ilmu pasti yang jawaban-jawabannya berisi logika dan fakta-fakta. tetapi tetap saja matematika tidak dapat melepaskan diri dari keterkaitan intuisi di dalamnya. dalam pembelajaran matematika, intuisi merupakan salah satu bahan utama bagi peserta didik untuk membangun matematika itu sendiri. maka guru sebagai fasilitator, selain bertugas untuk membantu peserta didik untuk membangun konsep, juga berperan untuk membangun intuisi. guru diharuskan untuk sangat berhati-hati dalam membimbing siswa, karena kesalahan-kesalahan dalam metode pembelajaran dapat malah menghancurkan intuisi siswa yang telah ada sebelumnya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  62. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Salah satu yang memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika ialah Intuisi. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Intuisi dapat membantu siswa dengan memberi berbagai dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi agar siswa tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Maka dari itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi.

    ReplyDelete
  63. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Perkembangan Intuisi adalah aspek penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi merupakan kemampuan dalam memahami sesuatu konsep. Perkembangan intuisi merupakan hasil dari pengalaman-pengalaman belajar. Maka pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Perkembangan intuisi akan membantu siswa membuat dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan. Perkembangan intuisi tidak hanya membantu siswa dalam pemecahan matematika namun juga memberikan andil dalam pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  64. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika tidak selalu menggunakan cara berfikir yang anliitis. Sebagai guru, kita harus menganggap kemampuan intuisi juga sangat berperan dalam penyelesaian suatu masalah matematika. Intuisi yang dimiliki siswa akan lahir dari pengalaman-pengalaman sehari-hari siswa. Oleh karena itu guru perlu kembali menerapkan pembelajaran kontekstual atau matematika realistik untuk membentuk intuisi yang baik pada siswa. Namun seperti yang dinyatakan oleh Brouwer bahwa peran intuisi dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis.

    ReplyDelete
  65. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Menurut Immanuel Kant, matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi ruang dan waktu. Matematika dapat dipahami melalui intuisi penginderaan, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri. Dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya Apabila siswa kehilangan intuisi maka siswa akan kesulitan menemukan ide-idenya.

    ReplyDelete
  66. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Intuisi merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam mempelajari matematika. Intuisi merupakan potensi. Setiap orang memiliki intuisi namun kadar sensitifitasnya berbeda-beda. Intuisi dapat diasah agar semakin berkembang yaitu dengan berlatih. Dengan baiknya kemampuan berintuisi maka siswa akan semakin kreatif dalam berpikir memecahkan permasalahan-permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  67. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Pembelajaran matematika khususnya matematika sekolah tidak pernah terlepas dari intuisi. Intuisi matematika siswa diperolwh dari pengalaman-pengalaman selama mereka melakukan kegiatan inveatigasi, kegiatan penelusuran pola dan hubungan, kegiatan problem solving, dan kegiatan komunikasi. Intuisi ini lahir dan berkembang seiring dengan interaksi yang dilakukan siswa dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Interaksi yang di maksud adalah interaksi soswa dengan guru, sumber belajar, maupun siswa lainnya.

    ReplyDelete
  68. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    2. Intuisi berperan untuk membantu siswa dalam membangun konsep dan melakukan kegiatan pemecahan masalah. Dalam kegiatan matematika tentu siswa akan dihadapkan dengan sebuah konsep atau permasalahan yang baru. Kemampuan siswa untuk memecahkan masalah dengan memahami soal, merancang strategi pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan melihat kembali permasalahan tersebut sangat terbantu dengan adanya intuisi yang dimiliki siswa. Dengan demikian siswa mampu untuk mengaitkan pengetahuan awal dengan pengetahuan yang baru dipelajari.

    ReplyDelete
  69. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Intuisi pada anak Sekolah Dasar dapat diperoleh dari pengalaman sehari-hari. Anak Sekolah Dasar berada pada masa perkembangan, dimana pada saat ini anak memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Anak yang gemar mencari tahu dan bereksplorasi dengan lingkungan sekitar akan mengembangkan intuisinya. Intuisi berperan dalam pembelajaran matematika bagi siswa, karena dengan intuisi inilah siswa akan lebih memahami konsep-konsep yang memang diperoleh dari pemahaman melalui pengalaman. Dengan demikian, intuisi pada anak perlu dikembangkan.

    ReplyDelete
  70. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Di dalam filsafat, intuisi meliputi apa yang ada dan yang mungkin ada terkait dengan ruang dan waktu. Dan semua yang ada dalam hidup perlu adanya intuisi untuk membangun pengetahuan. Misalkan jika siswa diajarkan matematika yang bersifat abstrak maka akan mengurangi pengetahuan intuitif siswa tersebut, karena intuisi berasal dari pengalaman. Maka sebaiknya matematika yang diajarkan kepada siswa dengan menhadirkan abstrak menjadi konkret. karena jika tidak, maka bisa mengakibatkan intuisi siswa menjadi rusak.

    ReplyDelete

  71. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sebenarnya saya belum terlalu paham bagaimana filsafat memandang intuisi untuk pembelajaran matematika. Tetapi berdasarkan pengalaman saya selama belajra di jurusan pendidikan, Intuisi memang diperlukan oleh siswa untuk mengontruksi pengetahuan yang akan dicapai. Sehingga, sejak dini guru perlu mengasah ketrampilan siswa untuk memunculkan berbagai macam intuisi untuk menemukan sesuaut atau untuk memcahkan masalah dengan berbagai pendekatan. Di sisi lain, intuisi memang sangat berguna, tetapi beberapa mengatakan bahw aintuisi itu memungkinkan untuk menimbulkan kesesatan. Karena biasanya dengan intuisi siswa menggunakan salah satu contoh untuk digeneralisasi secara menyeluruh kepada semua permasalahan yang sejenis. Namun, intuisi tersebut terkadang belum benar, maka muncullah teori-teori pembuktian untuk mendukung intuisi atau menolak intuisi

    ReplyDelete
  72. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Mengasah intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, seorang anak yang telah memiliki intuisi yang kuat bagaikan memiliki indera keenam dalam penyelesaian soal di dalam matematika. Mereka dengan mudah dapat mengawang jawaban dan penyelesaian tanpa menuliskan nya dikertas seperti yang dapat kita lihat pada lomba-lomba olimpiade matematika baik tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Disinlah tugas seorang guru dalam memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya intuisi mereka.
    Sekian, terima kasih.

    ReplyDelete
  73. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Meskipun ada beberapa filsuf yang berpendapat bahwa peran intuisi dalam pembelajaran matematika lebih secara filosofis dibanding matematis. Dengan memiliki intuisi yang baik siswa akan lebih mudah mengikuti pembelajaran matematika, menyelesaikan masalah dalam matematika, dan mengembangkan potensinya dalam matematika. Maka penting bagi guru untuk mengembangkan kemampuan intuisi siswa melalui kegiatan-kegiatan yang memberikan pengalaman matematika kepada siswa.

    ReplyDelete
  74. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. intuisi dalam matematika memiliki peran yang penting. Dengan intuisi, siswa dapat memiliki ide untuk memecahkan beragam permasalahn matematika. Intuisi matematika perlu dikembangkan sejak kecil agar ketika dewasa siswa terbiasa menggunkan intuisinya dalam memecahkan maslah.

    ReplyDelete
  75. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Intuisi dlam pembelajaran matematika merupkan hal yang penting karena matematika menyangkut tentang kedudukan objek konsep dan struktru matemaitka serta meliputi sumber sumber pengetahuan matematika, metode dan peengambila putusan matematika.

    ReplyDelete
  76. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Intuisi merupakan daya atau kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau bahkan dipelajari. Dalam matematika intuisi dangat dibutuhkan karena intuisi dapat membantu siswa dalam memecahkan permasalahan matematika. Intuisi siswa dapat berkembang melalui pengalaman menyelesaikan permasalahan matematika. Dengan berkembangnya intuisi maka akan membuat guru lebih mudah dalam mengembangkan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  77. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Matematika dapat menjadi ilmu dan juga bisa tidak. Matematika bisa menjadi ilmu jika kita melakukan matematika dengan intuisi. Intuisi hanya aka diperoleh jika kita memiliki pengalaman-pengalaman. Pengalaman tersebut akan diperoleh jika kita melakukan aktivitas.Jika dalam pembelajaran matematika hanya dilakukan drill soal, maka siswa akan miskin akan pengalaman dalam bermatematika. Sehingga, intuisi matematika siswa tidak akan berkembang.

    ReplyDelete
  78. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Intuisi dan pengalaman berperan penting dalam proses penalaran dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Intuisi merupakan salah satu yang mendasari penalaran dan pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah. Jadi, dengan melatih intuisi dalam pembelajaran matematika siswa dapat mengembangkan mengembangkan konsep dan pengetahuannya.

    ReplyDelete
  79. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Intuisi dapat membantu siswa untuk mengambil keputusan memecahkan masalah. Siswa dapat memiliki intuisi melalui pembelajaran-pembelajaran nya sebelumnya yang sudah ia peroleh. Sehingga intuisi itu dapat muncul jika pembelajaran yang pernah diperolehnya itu berkesan atau bermakna bagi dirinya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  80. Intuisi selalu bisa kita kaitkan dengan matematika yang bersifat lebih filosofisnya. Untuk dapat membangun pengetahuan tersebut, maka diperlukanlah intuisi. Karena setiap manusia memiliki intuisi yang akan membimbing dirinya untuk paham.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  81. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Agar siswa mampu mengkonstruk pengetahuan mereka, maka mereka membutuhkan intuisi. Idealnya proses belajar mengajar di kelas harus mampu memfasilitasi dan mengakomodasi siswa untuk mengembangkan intuisinya. Dalam belajar matematika, siswa harus memperoleh penglaman yang bermakna sehingga mereka dapat mengembangkan intuisi yang akan berguna dalam pengkonstruksian pengetahuan mereka.
    Sehingga, guru harus dapat menjadi fasilitator yang baik bagi siswa agar mereka dapat mengoptimalkan intuisinya.

    ReplyDelete
  82. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi digunakan dalam pembelajaran matematika untuk memunculkan ide dan konsep matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Sebagai seorang pendidik kemampuan untuk mengembangkan intuisi siswa dapat diolah menggunakan berbagai strategi, metode, dan pendekatan dalam pembelajaran.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  83. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Intuisi merupakan hal penting dalam matematika. Intuisi tidak hanya perlu dikembangkan dalam pembelajaran dikelas tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, orang tua berperan penting untuk ikut mengembangkan kemampuan intuisi anak. Sebagai upaya mengembangkan kemampuan intuisi ini, orang tua perlu membudayakan matematika dalam kehidupan anak. Orang tua dapat mengenalkan matematika kepada anak melalui aktivitas-aktivitas sehari-hari.

    ReplyDelete
  84. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    pembelajaran matematika bagi siswa SD atu bahkan bagi semua jenjang siswa berangkat dari intuisi yang mereka miliki mengenai materi yang tengah dipelajari. Guru harus dapat mengembangkan intuisi siswa agar supaya siswa dapat berkembang secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Intuisi siswa yang masih tersimpan rapat perlu digali dan distimulasi agar dapat digunakan salam mensintesis pemahamannya yang baru mengenai konsep yang dipelajarinta. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  85. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Jika guru gagal memanfaatkan intuisi atau bahkan salah dalam mengarahkan intuisis siswa maka kegiatan pembelajaran tidak akan dapat berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran kurang tercapai dengan maksimal, appersepsi yang dilakukan guru merupakan stage yang penting dalam memanfaatkan dan mengembangkan intuisi siswa. siswa akan lebih mudah distimulus jika menggunakan konsep yang biasa ditemuinya dalam kehiudpan kesehariannya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  86. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Intuisi erat kaitannya dengan manusia. Dalam matematika pun intuisi juga memiliki peranan yang cukup penting. Menurut referensi yang saya baca, yaitu makalah dari Prof. Marsigit, dalam makalah tersebut terdapat informasi bahwa "Kant berpendapat bahwa matematika dibangun di atas intuisi murni yaitu intuisi ruang dan waktu dimana konsep-konsep matematika dapat dikonstruksi secara sintetis. Intuisi murni (Kant, I, 1783) tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika. Jika tidak berlandaskan intuisi murni maka penalaran tersebut tidaklah mungkin." Dari sinilah saya memahami pentingnya intuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  87. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Intuisi adalah sesuatu yang sangat penting dalam matematika. Tingkat intuisi setiap siswa berbeda. Hal ini harus diperhatikan dengan baik oleh seorang guru. Intuisi membantu siswa dalam memahami matematika. Dengan mengetahui bahwa intuisi itu berbeda-beda maka dalam pembelajaran guru harus kreatif dan inovatif dalam mengelola kelas agar jangan sampai ada siswa yang tidak menerima pembelajaran seperti siswa lainnya.

    ReplyDelete
  88. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Intuisi adalah pengetahuan tanpa kita sadari. Matematika itu sintetik apriori, sangat membutuhkan intuisi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Tahapan pertama intuisi adalah penginderaan terkait objek yang diamati/dipikirkan. Kedua adalah pemikiran/akal, atau mensintesiskan dari penginderaan ke otak. Ketiga adalah memutuskan melalui pemikiran yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  89. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari postingan di atas, dapat diperoleh bahwa intuisi memiliki peran yang penting dalam pembelajaran matematika. Peran tersebut menyangkut kedudukan obyek, konsep, dan struktur matematika serta meliputi sumber-sumber pengetahuan, metode, dan pengambilan keputusan matematika. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Inti terjadi saat siswa melihat peristiwa atau dalam hal ini matematika. Pengetahuan awalnya dibentuk melalui intuisinya. hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu. Matematika yang disaring atau melalui proses abstraksi dan idealisasi kemudian di rubah menjadi yang ada dalam pikiran, yang kemudian disimpan dalam epoche atau ruang penyimpanan yang biasa digunakan nanti untuk intuisi.

    ReplyDelete
  90. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Meski kadang, intuisi matematika masih dipandang tidak penting oleh sebagian orang. Namun selain pemahaman matematika, diperlukan juga intuisi agar lebih mempertajam kemampuan matematika seorang siswa. Perlu adanya dukungan dari banyak pihak, seperti guru, orang tua dan masyarakat dalam membumikan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  91. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Intuisi ini adalah salah satu hal penting dalam matematika. iItuisi, yaitu mengerti tanpa tahu kapan mempelajarinya, intuisi ini diperoleh dari aktivitas dan pengalaman, misalkan saja kita mengerti apa itu panjang, besar, kecil, tapi terkadang bingung jika diminta untuk mendefinisikannya menggunakan kata-kata. Intuisi ini membantu siswa mengetahui langkah apa yang akan dilakukannya.

    ReplyDelete
  92. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Intuisi adalah kemampuan memahami tanpa berpikir rasional dan tanpa kita sadari . Intuisi ini adalah salah satu hal penting dalam matematika, terutama dalam matematika anak. Matematika anak ini bukan matematika abstrak tetapi matematika yang intuitif, matematika yang dekat dengan kehidupan anak.

    ReplyDelete
  93. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Intuisi memiliki peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Intuisi digunakan untuk membangun pengetahuan setai manusia. Karena setiap manusia memiliki intuisi yang berbeda. Maka kita sebagai guru harus melakukan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
    Terimkasih

    ReplyDelete
  94. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa sifat umum dari intuisi tersebut adalah spontanitas secara tidak sadar. Kant berpendapat bahwa matematika harus dipahami dan dikontruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi tentang ruang dan. Selain itu Kant juga berpendapat bahwa intuisi murni tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika. jika tidak berlandaskan intuisi murni maka penalaran tersebut tidaklah mungkin.Terimakasih.

    ReplyDelete
  95. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Intuisi adalah daya atau kemampuan dalam memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Intuisi dalam pembelajaran merupakan materi yang didapatkan berdasarkan pengalaman belajar, sehingga kita tidak tahu darimana, bagaimana, dan kapan kita mengetahui suatu hal.
    Intuisi juga memikiki kegunaan dalam pembelajaran matematika. Intuisi akan menuntun siswa untuk mengira-ngira cara menyelesaikan suatu persoalan, atau mengira-ngira materi hubungan apa yang mengaitkan materi lama dengan materi yang baru.

    ReplyDelete
  96. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Intuisi adalah daya atau kemampuan dalam memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Pada dasarnya, intuisi ini diperoleh melalui pengalaman belajar. Intuisi inilah yang memberikan kemampuan kepada anak untuk memperkirakan langkah yang bisa mereka ambil untuk menyelesaikan suatu permasalahan, sehingga dapat dilihat bahwa intuisi memiliki peranan yang cukup besar dalam matematika.

    ReplyDelete
  97. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Intuisi adalah salah satu aspek kemampuan siswa yang sangat penting. Karena, apabila siswa memiliki kemampuan intuisi yang kuat, siswa mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dengan sangat cepat. Akan tetapi, intuisi tidak langsung dimiliki oleh siswa. Intuisi adalah kemampuan yang perlu dibangung. Oleh karena itu, guru perlu memfasilitasi siswa selain untuk mengkonstruk pengetahuannya juga untuk mengkonstruk intuisinya. Karena, guru juga memiliki peran yang besar terhadap pengembangan intuisi dalam diri seorang siswa.

    ReplyDelete
  98. Muhammad Labib Hidayaturrohman
    15301241023
    Pendidikan Matematika 2015

    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas ilmu yang sudah bapak berikan pada artikel ini. Menurut saya sendiri, intuisi merupakan hal yang penting dalam matematika, tanpa adanya intuisi maka kita akan sulit memahami matematika seperti apa. Panjang, besar, pendek, kecil, merupakan contoh dari intuisi karena kita tau apa yang dimaksud namun kita tidak dapat mendefinisikan nya, panjang itu yang seperti apa, pendek yang seperti apa. Terimakasih

    ReplyDelete