The purpose of this blog is to communicate aspects of life such as philosophy, spiritual, education, psychology, mathematics and science. This blog does not mean political, business oriented, pornography, gender and racial issues. This blog is open and accessible for all peoples. Google Translator may useful to translate Indonesian into English or vise versa. (Marsigit, Yogyakarta Indonesia)
Feb 12, 2013
Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika
Peran “intuisi” di dalam matematika dapat dikaji dalam lingkup ontologi maupun epistemologi. Peran ontologis dari “intuisi” di dalam matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis “intuisi” meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.
Secara historis, kita dapat menelusuri peran “intuisi” dari Platonisme, Kantianisme sampai “intuisi”onisme Brouwer. Masalah mendasar dari pembahasan peran “intuisi” dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Di era filsafat matematika kontemporer sekarang ini kiranya kita masih dapat menguji relevansi pembahasan peran “intuisi” dalam matematika. Setidaknya, Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari diskripsi intuitionisme Brouwer dapat ditarik kesimpulan bahwa peran “intuisi” dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. (Marsigit)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Aizza Zakkiyatul Fathin
ReplyDelete18709251014
Pps Pendidikan Matematika A
Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualitas. Dalam matematika intuisi penting untuk memabantu siswa dlam mengkonstruk pemahaman matematika. isntuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan dari pemasalahan-permasalahn matematika. Dugaan tersebut dapat menjadi motivasi siswa untuk tidak menyerah dalam menyelesaikan masalah matematika maupun dalam membanagun konsep matematika. Oleh karena itu guru dalam pembelajaran matematika akan mudah mengarahkan siswa pada suatu konsep matematika dengan memanfaatkan intuisi dari siswa.
Muh. Fachrullah Amal
ReplyDelete18709251036
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Intuisi memiliki peran penting dalam menumbuhkan kemampuan matematis siswa, karena dalam matematika terdapat hal-hal yang dapat dipahami melalui intuisi-intuisi, intuisi hanya bersifat sesuatu yang tiba-tiba tanpa berpikir atau bernalar. Namun, mengingat ilmu matematika sangat luas dan lebih kompleks menunjukkan bahwa dengan intuisi saja tidak cukup untuk memahami banyak hal tentang matematika melainkan dibutuhkan peranan lainnya seperti kemampuan berpikir kreatif, kritis, bernalar, dan lain sebagainya. Siswa diharapkan tidak hanya sekedar menerima jawaban benar dari soal yang diberikan oleh guru melainkan siswa mampu untuk menjelaskan dari mana jawaban tersebut diperoleh sehingga benar.
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Intiusi sebenarnya memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya. Namun yang terjadi sekarang ini, guru seringkali mengabaikan pentingnya intuisi bagi para siswanya. Guru cenderung memakai cara yang instan dan mengambil jalan pintas dalam memberikan matematika kepada siswanya. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalahan sebenarnya yang dihadapi.
Yuntaman Nahari
ReplyDelete18709251021
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran. Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika, yakni membantu siswa dalam memahami matematika. Dengan adanya intuisi, siswa mampu membuat dugaan-dugaan dari permasalahan matematika yang disajikan. Selain itu, intuisi juga sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia mampu memperoleh pengetahuan baru melalui intuisinya. Guru dapat menjelaskan permasalahan matematika kepada siswa dengan menggunakan intuisi agar siswa mampu memahami permasalahan sebenarnya yang terjadi. Intuisi yang ada dalam diri siswa mendorongnya untuk terus melakukan pemecahan masalah.
Aan Andriani
ReplyDelete18709251030
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr.wb
Intuisi muncul secara tiba-tiba dan di luar kesadaran. Intuisi biasanya digunakan untuk memahami sesuatu tanpa penalaran. Dalam hal ini intuisi cukup berperan dalam matematika. Tentu perlu adanya intuisi dalam membantu masalah yang ada dalam matematika. Sebelum permasalahan matematika dilakukan secara matematis, biasanya intuisi muncul lebih dahulu. Intusi muncul karena bisikan hati. Dalam hatinya menyatakan bahwa soal A lebih baik dikerjakan dengan cara A dibandingkan cara B. Intuisi yang baik jika dapat menebak sesuatu secara benar dan dapat memberikan solusi yang sesuai.
Wassalamualaikum wr.wb.
Apa maknanya di luar kesadaran? Gilakah? Tidak normal? Mungkin bisa dimaknai dengan mencarai padanan lain. Kok, bisa di luar kesadaran akan berperan untuk belajar matematika?
DeleteNani Maryani
ReplyDelete18709251008
S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa bernalar. Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa dalam memahami masalah-masalah matematika. Selain itu, dengan adanya kemampuan intuisi, siswa mampu memberikan dugaan-dugaan atau perkiraan dari permasalahan yang ada dalam matematika. Dugaan tersebut dapat mendorong siswa untuk tidak menyerah dalam mengerjakan dan memecahkan permasalahan matematika.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Janu Arlinwibowo
ReplyDelete18701261012
PEP 2018
Menurut Prof Marsigit yang mengadopsi teori Kant, matematika tidak dikembangkan hanya dengan konsep “a posteriori” sebab jika demikian matematika akan bersifat empiris. Namun datadata empiris yang diperoleh dari pengalaman penginderaan diperlukan untuk menggali konsep-konsep matematika yang bersifat “a priori”. Disinilah peran intuisi dalam pembelajaran matematika dimana intuisi ruang dan waktu akan mengarahkan matematika sebagai ilmu yang bersifat sintetik apriori.
Luthfannisa Afif Nabila
ReplyDelete18709251031
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Filosofis dan matematis keduanya berkesinambungan dalam pembelajaran matematika. Kedudukan obyek, konsep, dan struktur menyangkut intuisi dalam segi peran ontologis. Sedangkan sumber pengetahuan matematika, metode, dan pengambilan keputusan menyangkut intuisi dalam segi peran epistemologis. Peran intuisi dalam matematika lebih bersifat filosofis daripada matematis.
Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Rindang Maaris Aadzaar
ReplyDelete18709251024
S2 Pendidikan Matematika 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Intuisi cenderung merupakan kemampuan dimana seseorang akan melakukan sesuatu tanpa menggunakan nalar dna intelegensi yang tinggi. Intuisi akan terjadi tanpa disadari dan datang secara tiba-tiba. Dalam pembelajaran intuisi juga sangat berperan seperti intuisi anak untuk mengerjakan soal. Anak akan terdorong untuk mengerjakan soal tanpa adanya dorongan dari dalam diri dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu intuisi harus dikembangkan sehingga anak akan melalukan proses pembelajaran dengan mudah lagi.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Jefri Mailool
ReplyDeletePPs PEP 18701261002
Intuisi sebagai kemampuan memahami sesuatu tanpa bernalar. Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika.Dalam matematika, intuisi penting untuk membantu siswa dalam mengkonstruk pemahaman matematika. Intuisi yang ada dalam diri siswa mendorongnya untuk terus melakukan pemecahan masalah.
Eka Puspita Sari
ReplyDelete18709251035
S2 PM B 2018
Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas, sepertinya pemahaman itu tiba-tiba datang dari dunia lain diluar kesadaran. Sedangkan menurut Thompson (1993) intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman matematika. Hal tersebut berarti bahwa, untuk memperkuat intuisi diperlukan banyak pengalaman. Begitu pula dengan siswa, untuk memperkuat intuisi nya guru sebaiknya memberikan pengalaman-pengalaman yang lebih banyak kepada siswa, misalnya dalam hal mengerjakan soal, biarkan siswa mengerjakan soalnya sendiri agar mereka mempunyai pengalaman dalam mengerjakan soal tersebut. Jika siswa terbiasa menerima jawaban hanya melalui proses menyalin jawaban guru, siswa akan selalu bergantung kepada guru hingga menyebabkan ketergantungan. Dan saat siswa dihadapkan pada persoalan matematika, mereka tidak mampu memecahkan masalahnya dikarenakan rendahnya intuisi matematika yang dimiliki akibat dari kurangnya pengalaman matematika yang mereka lakukan
Herlingga Putuwita Nanmumpuni
ReplyDelete18709251033
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati, gerak hati atau daya batin untuk mengerti atau mengetahui sesuatu tidak dengan berpikir atau belajar. Pada praktiknya intuisi muncul dalam bentuk pengetahuan yang tiba-tiba hadir dalam sadar tanpa melalui penalaran yang jelas, tidak analitik dan tidak selalu logis. Dari Immanuel Kant sampai Carl Jung menekankan pentingnya intuisi dan dampaknya yang besar terhadap kehidupan pribadi dan profesional. Mereka mendefinisikannya sebagai pengetahuan 'a priori', dan sebagai alat penting dan sangat kita perlukan sebagai manusia.
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati (KBBI). Kant berpendapat bahwa intuisi murni tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika https://elvirarahmadiantri.wordpress.com/2014/01/05/intuisi-matematika/. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika adalah membuat siswa untuk memahami matematika.
Atin Argianti
ReplyDelete18709251001
PPs PM A 2018
Dari postingan tersebut, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa intuisi dalam matematika erat kaitannya dengan filsafat. Karena filsafat merupakan olah pikir, dan dalam matematika olah pikir juga digunakan untuk memecahkan permasalah matematika dengan menggunakan intuisi. Intuisi yang dapat membangun pengetahuan siswa dalam menalar pemecahan masalah. Sehingga siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan berbagai cara atau solusi. Hal ini juga menyebabkan siswa berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan intuisinya.
Septia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 Pendidikan Matematika 2018
Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Karena akan ada hal-hal baru yang bisa saja muncul saat mempelajari matematika. Untuk menyelesaikan persoalan yang baru dapat menggunakan intuisi namun tetap berpegang pada aturan-aturan yang terdapat dalam ilmu matematika. Mengingat bahwa matematika merupakan ilmu yang komplek sehingga menggunakan intuisi secara untuh juga tidak disarankan dalam mempelajari matematika. Karena selain mengetahui dan dapat menyelesaikan suatu permasalahan, siswa juga dituntut untuk bisa menjelaskan prosesnya.
Sintha Sih Dewanti
ReplyDelete18701261013
PPs S3 PEP UNY
Intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya intuisi, siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya. Namun terkadang guru seringkali mengabaikan pentingnya intuisi bagi para siswanya. Guru cenderung memakai cara yang instan dan mengambil jalan pintas dalam memberikan matematika kepada siswanya. Misalnya dengan memberikan latihan soal yang begitu banyak tanpa melalui proses-proses yang harus dilalui. Sehingga siswa kehilangan intuisi. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri.
Rosi Anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr wb
Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Intiusi memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut.
Dini Arrum Putri
ReplyDelete18709251003
S2 P Math A 2018
Intuisi sangat beperan penting dalam belajar matematika. Kemampuan ini akan muncul seiiring pengalaman pengalaman siswa dalam memecahkan masalah matematika, intuisi adalah firasata atau praduga seseorang tanpa harus berpikir dan bernalar untuk menyelesaikan masalah. Dalam matematika kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh setiap siswa.
Diana Prastiwi
ReplyDelete18709251004
S2 P. Mat A 2018
Intuisi berperan penting dalam pendidikan matematika. Intuisi dapat memunculkan ide-ide atau konsep-konsep belajar matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Intuisi akan memunculkan ide-ide dan konsep-konsep dari apa yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika. intuisidalam matematikajuga dapat digunakan untuk menentukan keputusan yang akan diambil dari suatu permaslahan dan menggunakan penyelesaian yang seperti apa.
Anggoro Yugo Pamungkas
ReplyDelete18709251026
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Berdasarkan artikel diatas, intuisi menurut saya adalah sedalam-dalamnya pikiran. Dengan adanya intuisi, kita dapat menalar sesuatu dengan kemampuan yang dimiliki oleh kita. Namun yang mempengaruhi intuisi seseorang bisa dari dalam ataupun dari luar. Yang mempengaruhi dari dalam, seperti rasa malas berpikir dari seseorang, itulah sebenar-sebenar godaan, godaan dari diri sendiri. Yang mempengaruhi dari luar, ya seperti perkataan orang lain atapun melihat kenyataan ataupun yg lain.
Anggoro Yugo Pamungkas
ReplyDelete18709251026
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Berdasarkan artikel diatas, menurut saya peran intuisi dalam pembelajaran matematika itu sangat penting. Karena salah satu contoh intuisi menurut saya yaitu seperti minat dan motivasi. Karena minat dan motivasi merupakan dorongan tanpa menggunakan penalaran. Jadi intuisi sangat penting, apabila seseorang tidak mempunyai minat dan motivasi atapun faktor yang lain dalam belajar matematika, maka pembelajaran matematika itu sangat kurang bermakna dan akan mudah dilupakan. Jadi dengan adanya intuisi, siswa dapat mengubah persepsinya terhadap matematika yang kurang bagus menjadi bagus.
Cahya Mar'a Saliha Sumantri
ReplyDelete18709251034
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr.wb.
Intuisi bila diartikan sendiri merupakan suatu kelebihan yang dimiliki oleh manusia dalam hal melakukan sesuatu tanpa terpikir sebelumnya atau serasa diarahkan dan digerakkan untuk melakukan sesuatu. Di mana sesuatu itu malah membuat keuntungan bagi kita karena sudah terprediksi sebelumnya, sehingga akan memudahkan kita dalam mengambil keputusan. Bila disangkutkan dengan dunia pendidikan bisa jadi pada saat proses pembelajaran diharapkan menjawab dengan cepat dan tepat, sehingga intuisi di sini diharapkan membantu dalam memutuskan jawaban yang tepat dari permasalahan tersebut.
Amalia Nur Rachman
ReplyDelete18709251042
S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018
Intuisi berperan dalam membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan matematika. Kita sebagai calon guru harus mampu mempertajam intuisi siswa dengan permasalahan matematika. Ketika intuisi siswa bagus, maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam matematika. Di sisi lain, intuisi juga dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi dapat mengembangkan kompetensi matematika yang lebih tinggi. Semakin baik intuisi yang dimiliki, semakin mudah juga siswa untuk belajar. Intuisi ini dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa menggunakan intuisi dalam belajarnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri agar intuisinya dapat berkembang.
Nur Afni
ReplyDelete18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Setiap siswa memiliki kemampuan untuk berintuisi baik dari skala rendah hingga tinggi. Intuisi adalah sebuah proses dalam memahami sesuatu tanpa dinalar terlebih dulu. Intuisi ini berperan dalam pembelajaran matematika membantu siswa untuk menyelesaikan masalah matematika. Intuisi muncul sebagai perasaan siswa menerka bahwa masalah matematika dapat diselesaikan dengan suatu metode yang dirasanya lebih baik atau mudah diterapkan. Semakin baik intuisi seseorang berarti semakin tepat cara yang dipilih untuk meyelesaikan masalah matematikanya. terimakasih
Dita Aldila Krisma
ReplyDelete18709251012
PPs Pendidikan Matematika A 2018
Brouwe berpendapat bahwa intuisionisme adalah berpikir. Dari sini saya memahami intuisi adalah berpikir,bahwa intuisi merupakan inspirasi. Intuisi bisa hadir tiba-tiba namun bagi seseorang yang mau dan sudah berpikir keras mengenai suatu persoalan. Ketika orang tersebut sudah memaksimalkan kemampuan berpikirnya maka suatu ketika intuisi bisa muncul. Pengetahuan intuitif berasal dari intuisi yang diperoleh melalui pengamatan langsung, tidak mengenai objek nyata melainkan kebenaran dan hakikat suatu objek.
Surya Shofiyana Sukarman
ReplyDelete18709251017
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Peran intuisi memang sangat penting untuk proses belajar mengajar matematika. Terdapat dua peran intuisi, yaitu peran ontologis dan peran epistemologis. Intuisi matematis tidak bisa sepenuhnya digunakan menyelesaikan masalah kecuali telah dibentuk dan dilatih dalam proses belajar yang bermakna, yakni belajar yang berperan mengoordinasikan intuisi dengan konsep yang sebenarnya. Intuisi dalam pembelajaran matematika merupakan dampak dari pembelajaran yang bermakna.
Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018
ReplyDeleteSetiap manusia mesti memilki intuisi. Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi didapat semenjak dia lahir dan berkembang mengikuti kehidupannya. Intuisi sebagian besar pengalaman hidup yang tanpa disadari membentuk pengetahuan seseorang. Bila pengalaman hidup manusia sering berhadapan dengan persoalan berkaitan dengan matematika atau suatu pemecahan masalah, maka intuisinya akan kuat pada hal tersebut dan secara langsung dapat memberikan sumbangan yang positif terhadap pembelajaran matematika..
Kartianom
ReplyDelete18701261001
S3 PEP 2018
Intuisi merupakan kemampuan seseorang untuk memahami sessuatu tanpa perlu mengetahui apa definisi daru suatu hal tersebut. Manusia hidup berdasarkan intuisa. Sebagai contoh intuisinya anak kecil dalam matematika. Seorang ana kecil yang belum memasuki bangku sekolah tentunya sudah mengenal dan memahami bilangan 1, tanpa harus mengenal definisi bilangan tersebut terlebih dahulu.
Diana Prastiwi
ReplyDelete18709251004
S2 P. Mat A 2018
Intuisi berperan penting dalam pendidikan matematika. Intuisi dapat memunculkan ide-ide atau konsep-konsep belajar matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Intuisi akan memunculkan ide-ide dan konsep-konsep dari apa yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika. intuisidalam matematikajuga dapat digunakan untuk menentukan keputusan yang akan diambil dari suatu permaslahan dan menggunakan penyelesaian yang seperti apa.
Rochyati
ReplyDelete19709251074
S2 P. Mat D 2019
Sebagaimana dikatakan oleh Kant, intuisi menjadi inti dan kunci bagi pemahaman dan konstruksi matematika. Menurut Thompson, intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Akan tetapi realitanya tidak sedikit guru yang melakukan lompatan-lompatan dalam mengajar sehingga intuisi siswa kurang terasah.
Ahmad Syajili
ReplyDelete19709251066
S2 PM D 2019
Berdasarkan artikel tentang peran intuisi dalam pembelajaran matematika ini, saya menjadi semakin paham bahwa intuisi dalam pembelajaran matematika memang sangat diperlukan. Karena melalui intuisi ini, siswa memiliki ruang untuk berkembang, mengembangkan potensi dan kreatifitas yang dimilikinya.
Saya tertarik dengan pendapat Hers (1997) yang mengatakan bahwa intuisi mempunyai peran yang penting dalam matematika, maka tidak satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari pendapat tersebut terlihat dengan jelas bahwa memang peran intuisi bagi siswa dalam pembelajaran matematika penting hingga tidak bisa diabaikan begitu saja.
Untuk itu, dalam hal ini diperlukan peran guru sebagai fasilitator bagi siswanya untuk mengembangkan potensi yang ada. Jangan sampai siswa kehilangan intuisinya dalam pembelajaran matematika. Dengan mengembangkan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa, diharapkan siswa mampu memahami pembelajaran dengan baik.
Aulia Nur Arivina
ReplyDelete18709251051
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Assalamu’alaikum wr.wb.
Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Dalam pembelajaran Matematika, intuisi dapat membantu siswa. Karena dengan menggunakan intuisi, siswa dapat mengajukan dugaan-dugaan dari suatu permasalahan Matematika yang dapat memotivasi siswa untuk terus belajar
Sekar Hidayatun Najakh
ReplyDelete19701251007
S2 PEP A 2019
Assalamualaykum wr wb...
Dari sini saya memahami bahwa kemampuan dalam memecahkan persoalan adalah intuisi yang didapatkan dari pengalaman yang berulang. Intuisi terbentuk karena adanya struktur, dan struktur tersebut lahir dari pengulangan yang disebut pola. Sehingga kemampuan menyelesaikan persoalan seperti persoalan perhitungan matematika mudah dipecahkan ketika sudah tahu apa polanya. Jadi walaupun tingkatan atau level yang lebih tinggipun, mudah dipecahkan pula. Walaupun terdapat dasar definitif untuk pemecahan persoalan matematika seperti aljabar, dibalik itu ada hal yang lebih dasar lagi yaitu intuisi.
Terimakasih Prof.
Dini Senjaningrum
ReplyDelete19709251067
Pendidikan Matematika D 2019
Dalam pembelajaran matematika, intuisi memiliki peran yang penting dimana intuisi adalah respon atas kebutuhan untuk memutuskan suatu hal dengan cepat berbasis keyakinan dari pengalaman. Intuisi dibangun dari logika yang diyakini benar dan dilakukan secara berulang.
Choirul Amri
ReplyDelete(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)
Bismillah, intuisi diartikan sebagai sebuah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualistas. Intiusi sebenarnya memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi. Terimakasih
Indra Kusuma Wijayanti
ReplyDelete18709251046
Pendidikan Matematika S2 C
Intuisi erat kaitannya dengan manusia. Dalam matematika pun intuisi juga memiliki peranan yang cukup penting. Menurut referensi yang saya baca, yaitu makalah dari Prof. Marsigit, dalam makalah tersebut terdapat informasi bahwa "Kant berpendapat bahwa matematika dibangun di atas intuisi murni yaitu intuisi ruang dan waktu dimana konsep-konsep matematika dapat dikonstruksi secara sintetis. Intuisi murni (Kant, I, 1783) tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika. Jika tidak berlandaskan intuisi murni maka penalaran tersebut tidaklah mungkin." Dari sinilah saya memahami pentingnya intuisi dalam matematika.
Vera Yuli Erviana
ReplyDeleteNIM 19706261005
S3 Pendidikan Dasar 2019
Assalamualaikum Wr. Wb.
Intuisi dapat membantu matematika. Intuisi menghasilkan ide baru. Sehingga matematika akan mendapat pembaharuan-pembaharuan yang seimbang dengan kemajuan IPTEK. Intuisi berperan penting dalam matematika untuk dapat menyelesaikan persoalan matematika.
Assalamu'alaykum wr wb
ReplyDeleteDwi Kawuryani
19709251061
Pendidikan Matematika S2 D
Menurut Kant, intuisi menjadi inti dan kunci bagi pemahaman dan konstruksi matematika. Namun jika disimak lebih lanjut, pandangan-pandangan Kant lebih mendasarkan kepada peran intuisi bagi semua konsep matematika dan hanya mengandalkan konsep konstruksi. Menurut Kant matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi “ruang” dan “waktu”. Pemahaman maupun konstruksi matematika diperoleh dengan cara terlebih dulu menemukan “intuisi murni” pada akal atau pikiran kita.
Wassalamu'alaikum wr wb
Assalamu'alaikum wr.wb
ReplyDeleteNovi Indriyani Kones
19701251002
S2 PEP A 2019
Peran Intuisi dalam pembelajaran matematika sangat penting dan fundamental karena intuisi terdapat pada semua aspek pembelajaran matematika dari mulai metode, strategi dan model pembelajaran. Jika intuisi keluar dari pembelajaran matematika maka pembalajaran matematika tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Rona Happy Mumpuni
ReplyDelete19709251059
Pendidikan Matematika D 2019
Menurut saya, intiusi memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika.
Jewish Van Septriwanto
ReplyDelete19709251077
S2 PM D 2019
Terima kasih prof untuk tulisan ini, Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Dalam matematika, peran intuisitersebut memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. Sebuah intuisi itu dapat dipengaruhi oleh fenomena berfrekuensi tetap dan kontinu.Maka berusaha lah dengan frekuensi tetap namun kontinu, sehingga mampu mempengaruhi intuisi murid-murid agar lebih memahami pembelajaran matematika dengan baik