Feb 12, 2013

Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika




Peran “intuisi” di dalam matematika dapat dikaji dalam lingkup ontologi maupun epistemologi. Peran ontologis dari “intuisi” di dalam matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis “intuisi” meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.

Secara historis, kita dapat menelusuri peran “intuisi” dari Platonisme, Kantianisme sampai “intuisi”onisme Brouwer. Masalah mendasar dari pembahasan peran “intuisi” dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Di era filsafat matematika kontemporer sekarang ini kiranya kita masih dapat menguji relevansi pembahasan peran “intuisi” dalam matematika. Setidaknya, Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari diskripsi intuitionisme Brouwer dapat ditarik kesimpulan bahwa peran “intuisi” dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. (Marsigit)

62 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Memang tidak bisa dipungkiri bahwa intuisi mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika, namun intuisi dalam pembelajaran matematika lebih bersifat filosofis, dari intuisi itu sebenarnya bisa kita bawa kepada arah matematis, namun memerlukan pemahaman yang kuat dan lebih dalam. Adakalanya suatu ilmu itu berasal dari intuisi, dan dari intuisi ini nanti bisa jadi berubah pada keilmuan yang bisa dibuktikan dengan secara ilmiah, sehingga dapat saya simpulkan bahwa intuisi tidak bisa diabaikan dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Intuisi berkaitan erat dengan pengalaman. Seseorang memiliki intuisi ketika ia telah pernah atau berkali-kalimengalami sesuatu. Sehingga menurut saya intuisi memiliki peran dalam pembelajaran matematika, yaitu sebagai awal untuk menduga. Seperti halnya science, berawal dari keragu-raguan akan berlanjut pada perumusan hipotesis dan pembuktian. Hingga diperoleh suatu kebenaran berlakunya hukum/teorema dalam matematika.

    ReplyDelete
  3. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sampai saat ini mungkin intuisi masih dipandang bukan hal yang penting bagi sebagian orang, namun selain pemahaman matematika, intuisi diperlukan agar lebih memertajam kemampuan matematika siswa. Maka dari itu perlu adanya dukungan dari berbagai pihak agar dapat menanamkan intuisi pada diri siswa.

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Intuisi diartikan sebagai suatu proses datangnya pengetahuan secara langsung atau tiba-tiba tanpa disertai penjelasan sebelumnya. Peran intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Sebab Matematika itu bersifat “sintetik a priori” yang dapat dikonstruksi melalui 3 tahap intuisi, yaitu : Pertama intuisi penginderaan, terkait dengan objek matematika yang dapat diserap sebagai unsur a posteriori. Intuisi pengindraan merupakan representasi yang tergantung dari keberadaan objek. Karena intuisi a priori tidak tergantung objek dengan demikian objek tersebut hanya dipandang sebagai phenomena. Kedua Intuisi akal, mensistensikan hasil instuisi penginderaan ke dalam intuisi “ruang” dan “waktu”. Ketiga Intuisi budi, rasio dihadapkan pada putusan-putusan argumentasi matematika.

    ReplyDelete
  5. Intuisi adalah kemampuan untuk memperoleh pengetahuan tanpa bukti, atau penalaran sadar, atau tanpa memahami bagaimana pengetahuan tersebut diperoleh. Intuisi kadang dapat dirasakan ketika berpikir yaitu suatu ide kadang muncul atau suatu metode pemecahan muncul. Intuisi seperti orang yang sedang melihat kesempatan peluang usaha, atau membuat karya inovatif original belum ada sebelumnya. Tetapi intuisi sulit untuk dilihat sumber pengetahuannya atau metodenya. Intuisi sulit untuk diajarkan hanya individu-individu masing-masing yang dapat merasakannya.

    ReplyDelete
  6. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pengetahuan dapat diperoleh melalui dua cara yakni penalaran dan intuisi. Kant berpendapat bahwa matematika dibangun di atas intuisi murni yaitu intuisi ruang dan waktu dimana konsep-konsep matematika dapat dikonstruksi secara sintesis. Intuisi ini merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika. Sehingga intuisi dipakai untuk membuktikan pengetahuan dan pengalaman. Pemahaman matematika secara transeden melalui intuisi ruang dan waktu ini yang menyebabkan matematika itu dipandang sebagai ilmu. Misalnya kita meyakini bahwa bilangan 2 itu ada karena intuisi kita mengatakan bahwa memang ada bilangan 2.

    ReplyDelete
  7. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari artikel diatas disebutkan Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, artinya tiada objek matematika yang luput dari intuisi, membangun intuisi yang baik adalah awal kebermaknaan matematika yang sebenar-benarnya. intuisi menjadi faktor penentu keberhasilan belajar matematika.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dalam psikologi pembelajaran matematika intuisi dapat diartikan sebagai jawaban refleks terhadap masalah atau pertanyaan yang diajukan. Intuisi dalam diri siswa dalam terbentuk dari pangalaman-pengalaman tentang konsep yang telah di dapat sebelumnya. Jadi dalam hal ini baik atau tidaknya intuisi siswa sangat bergantung dengan konsep yang dipahaminya dan pengalaman-pengalaman siswa dalam menggunakan atau menerapkan konsep tersebut.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Intuisi merupakan suatu yang tak nampak namun ada. Pengetahuan dapat berawal dari intuisi idak hanya secara rasional maupun empiris. Begitu juga dalam pembelajaran matematika. Intuisi yang digunakan masih dalam ruang lingkup matematis, hal ini dikarenakan matematika adalah ilmu bernalar. Intuisi yang digunakan masih diterima secara logis dan sistematis.

    ReplyDelete
  10. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Matematika memanglah ilmu pasti yang jawaban-jawabannya berisi logika dan fakta-fakta. tetapi tetap saja matematika tidak dapat melepaskan diri dari keterkaitan intuisi di dalamnya. Dalam pembelajaran matematika, intuisi merupakan salah satu bahan utama bagi peserta didik untuk membangun matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Guru sebagai fasilitator, selain bertugas untuk membantu peserta didik untuk membangun konsep, juga berperan untuk membangun intuisi. guru diharuskan untuk sangat berhati-hati dalam membimbing siswa, karena kesalahan-kesalahan dalam metode pembelajaran dapat malah menghancurkan intuisi siswa yang telah ada sebelumnya.

    ReplyDelete
  12. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut Immanuel Kant, matematika harus dipahami dan dikonstruksi menggunakan intiusi ruang dan waktu. Imanuel Kant membangun pengertian intuisi dengan membedakan antara pertimbangan analitik dan pertimbangan sintetik. Pertimbangan analitik membutuhkan konfirmasi logis, serta bersifat a priori. Pemahaman maupun konstruksi matematika diperoleh dengan cara terlebih dahulu menemukan instiusi murni pada pikiran kita. Matematika merupakan suatu penalaran yang bersifat mengkonstruksi konsep-konsep secara synthetic a priori dalam konsep ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  13. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Intuisi sebenarnya memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi.

    ReplyDelete
  14. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Menurut Kant, matematika sebagai ilmu adalah mungkin jika konsep matematika dikontruksi berdasarkan intuisi keruangan dan waktu. Kontruksi konsep matematika berdasar intuisi ruang dan waktu akan menghasilkan matematika sebagai ilmu yang bersifat “sintetik a priori”. Oleh Kant, metode sintetik dilawankan dengan metode analitik dan konsep “a priori” dilawankan dengan “a posteriori”. Jika matematika dikembangkan hanya dengan metode “analitik” maka tidak akan dihasilkan (dikontruksi) konsep baru, dan yang demikian akan menyebabkan matematika hanya bersifat sebagai ilmu fiksi. Menurut Kant, matematika tidak dikembangkan hanya dengan konsep “a posteriori” sebab jika demikian matematika akan bersifat empiris. Namun data-data empiris yang diperoleh dari pengalaman penginderaan diperlukan untuk menggali konsep-konsep matematika yang bersifat “a priori”. Disinilah uniknya peran dari teori Kant, yang berusaha memberi solusi (jalan tengah) dari pertentangan ekstrim antara kaum rasionalis dan kaum empiris dalam membangun landasan matematika. Menurut Kant, intuisi menjadi inti dan kunci bagi pemahaman dan konstruksi matematika.

    ReplyDelete
  15. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    peran intuisi dalam pembelajaran matematika memiliki peran yang cukup penting dalam memperkuatkan keyakinan kita apakah sesuatu itu bernilai benar adanya. intuisi dalam matematika dapat diperkuat dengan adanya siswa melakukan banyak latihan untuk memecahkan soal matematika, dengan begitu maka pengalaman siswa makin banyak. pengalaman ini membuat siswa menggunakan panca indranya untuk menganalisis suatu persoalan, walaupun pada kenyataannya bahwa intuisi sukar untuk dibuktikan.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    intuisi dalam matematika memberikan suatu prediksi tentang kebenaran suatu hal berdasarkan pengalaman yang dimiliki dengan seringnya siswa diberi latihan. dalam hal ini, latihan tersebut haruslah dikerjakan siswa sendiri, agar dia mampu berpikir secara mandiri, sehingga tuuan dari pembelajaran tercapai. dengan mengerjakan latihan sendiri, tentu siswa akan memahami tata cara penyelesaian yang harus dilakukan.

    ReplyDelete
  17. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Menurut Immanuel Kant, matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi ruang dan waktu. Matematika dapat dipahami melalui intuisi penginderaan, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri. Dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya Apabila siswa kehilangan intuisi maka siswa akan kesulitan menemukan ide-idenya.

    ReplyDelete
  18. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Intuisi mempunyai kedudukan dalam pembelajaran matematika di kelas. Hal demikian menunjukkan bahwa filsafat ilmu sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika sebagai dasar atau pondasi seorang guru. tidak hanya secara ontologis tetapi secara epistemologi yaitu guru harus mempunyai banyak sumber referensi dalam pembelajaran matematika agar siswa juga memperoleh pengetahuan yang lebih luas.

    ReplyDelete
  19. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisi sangat dibutuhkan dan sangat penting peranannya dalam suatu proses pembalajaran. Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Oleh karena itu intuisi tidak dapat dipaksakan. Setiap siswa mempunyai intuisi yang memang sudah merupakan komponen dari bagian dirinya. Sehingga intuisi antar siwa satu dengan siswa lainya berbeda tingkat ketanjamannya. Intuisi sebagai pendorong kemauan bertindak sesuai dengan ilmu yang dipelajarinya. Seorang yang memiliki intuisi tinggi maka semakin besarlah orang tersebut untuk sukses. Oleh karena itu guru diharap untuk bisa mengembangkan intuisi peserta didiknya. Mengembangkan intuisi dapat dilkukan misalnya dengan cara memberi pertanyaan secara terus-menerus kepada siswa. Sehingga lmbat laun intuisi seorang siswa akan terasah.

    ReplyDelete
  20. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Intuisi merupakan kemampuan seseorang dalam menghadapi sesuatu hal dimana hal tersebut baru dan bersifat langsung. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika, karena dalam pembelajaran matematika pasti akan menemukan hal-hal baru di dalamnya. Hal-hal yang bisa membuat kita mencoba atau menerka sesuai dengan intuisi yang telah kita bangun dari pengetahuan-pengetahuan kita. intuisi yang kita bangun dan dilatih secara terus menerus akan membuat tajam ilmu-ilmu yang kita miliki.

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Intuisi juga berperan dalam matematika. Dalam hal tertentu mungkin intuisi dapat digunakan dalam matematika, tetapi untuk hal tertentu lebih bersifat filosofis. Matematika memerlukan pemikiran yang lebih luas dan lebih mendalam, maka dari itu intuisi kadang kala dibutuhkan. Dalam pembelajaran matematika diperlukan pemahaman konsep yang tidak dimulai dari definisi agar siswa tidak bingung dalam menerima pelajaran.

    ReplyDelete
  22. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Menurut Kant, matematika sebagai ilmu adalah mungkin jika konsep matematika dikontruksi berdasarkan intuisi keruangan dan waktu. Kontruksi konsep matematika berdasar intuisi ruang dan waktu akan menghasilkan matematika sebagai ilmu yang bersifat “sintetik a priori”. Oleh Kant, metode sintetik dilawankan dengan metode analitik dan konsep “a priori” dilawankan dengan “a posteriori”. Jika matematika dikembangkan hanya dengan metode “analitik” maka tidak akan dihasilkan (dikontruksi) konsep baru, dan yang demikian akan menyebabkan matematika hanya bersifat sebagai ilmu fiksi. Menurut Kant, matematika tidak dikembangkan hanya dengan konsep “a posteriori” sebab jika demikian matematika akan bersifat empiris. Namun datadata empiris yang diperoleh dari pengalaman penginderaan diperlukan untuk menggali konsep-konsep matematika yang bersifat “a priori”. Disinilah uniknya
    peran dari teori Kant, yang berusaha memberi solusi (jalan tengah) dari pertentangan ekstrim antara kaum rasionalis dan kaum empiris dalam membangun landasan matematika. Menurut Kant, intuisi menjadi inti dan kunci bagi pemahaman dan konstruksi matematika.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Menanggapi hal itu, kita tahu bahwa intuisi jugasangat berperan penting dalam proses pembelajaran matematika. Jika kita di suruh untuk mendefiniskan intuisi maka kitabtidak akan bisa mendefinisikan intusisi itu seperti apa, karena intuisi datangnya memang seperti itu,s ebagai contoh kamu bahagia karena apa. Apa sebabnya kamu bahagia bagaimana mendefenisikan bahagia, maka secara intuisi kita bsia mendefisnisikan bahagia tapi secara logika kita tidak bisa mendefinisiakna intuisi itu seperti apa.

    ReplyDelete
  24. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Matematika erat kaitannya dengan penalaran. Oleh karena itu matematika dibangun atas intuisi karena penalaran yang bersifat kegiatan berpikir berdasarkan langkah- langkah tertentu. Pandangan Kant lebih mendasarkan kepada peran intuisi bagi
    semua konsep matematika dan hanya mengandalkan konsep konstruksi seperti yang terjadi pada geometri Euclides.

    ReplyDelete
  25. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Peran intuisi ini sebenarnya tidak hanya dalam matematika, tetapi dalam kehidupan manusia juga emmbutuhkan intuisi. Intuisi sangat berperan dalam matematika. Misalnya saja conjecture yang muncul dari intuisi para matematikawan yang lahir dari teorema-teorema. Intuisi sangat berperan dalam setiap aspek kehidupan manusia. Dengan intuisi, manusia berusaha memahami secara lebih mendalam sehingga diperoleh pengetahuan baru. Jadi, intuisi dan imajinasi perlu dikombinasikan dengan baik agar manusia dapat mencapai logos.

    ReplyDelete
  26. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Intuisi merupakan proses masuknya pengetahuan yang arah datangnya tanpa diduga-duga, tanpa bukti, dan tanpa memahami bagaimana pengetahuan itu dapat diperoleh. Intuisi menentukan keberhasilan dalam belajar matematika dimana intuisi yang baik akan menimbulkan kebermaknaan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  27. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. intuisi dalam matematika memiliki peran yang penting. Dengan intuisi, siswa dapat memiliki ide untuk memecahkan beragam permasalahn matematika. Intuisi matematika perlu dikembangkan sejak kecil agar ketika dewasa siswa terbiasa menggunkan intuisinya dalam memecahkan maslah.

    ReplyDelete
  28. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Peran intuisi dalam dunia matematika sangatlah penting. Dengan adanya intuisi siswa dapat menyelesaikan/menyikapi permasalahan dalam matematika dengan baik, tentunya dengan cara menggunakan pikiran kritisnya, menggembangkan potensi dan kemampuan yang ada. Hendaknya sejak kecil siswa sudah dilatih berpikir dengan intuisi karena intuisi akan berkembang sesuai dengan pengalaman yang telah diperolehnya. Pembelajaran yang ada di Indonesia lebih banyak terpusat pada guru sehingga siswa hanya menerima. Ini bisa mengakibatkan intuisi siswa tidak berjalan. Agar intuisi siswa muncul hendaknya dilakukan perubahan dalam proses belajar mengajar dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  29. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Intuisi matematika adalah subyek untuk membangun kebuadayaan matematika. Intuisi matematika siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Jika seorang siswa telah memiliki intuisi matemtika, maka tidak hanya pada pembelajaran matematika saja intuisi tersebut akan muncul, tetapi juga ketika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menemui situasi yang berhubungan dengan konsep matematika, maka dengan sendirinya intuisi itu akan muncul. Untuk meningkatkan intuisi matematika, maka dapat dilakukan dengan membudayakan matematika. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama baik itu guru, sekolah, orang tua maupun siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  30. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kita mengenal 3 cara seseorang dapat memperoleh pengetahuan tentang matematika yaitu, akal/logika, pengalaman, dan intuisi. Intuisi merupakan metode untuk memperoleh pengetahuan matematika dengan pikiran. Intuisi memiliki peran penting dalam matematika. Seorang filsuf sekaligus matematikawan Immanuel Kant menggunakan intuisinya dalam membuktikan tentang konsep matematika. Benar sekali bahwa bicara tentang intuisi maka terkait juga dengan objek atau ontologi dan epistimologi matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  31. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sampai sekarang, seringkali kita mendengar adanya anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Kesulitan ini terjadi karena adanya ketidakmampuan memecahkan masalah-masalah dalam proses belajar mengajar.
    Saya setuju dengan pernyataan Hers (1997) bahwa intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika. Intuisi merupakan sifat alami manusia. Setiap siswa memiliki intuisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru hendaknya melakukan pendekatan dan melatih intuisi siswa, yang diharapkan siswa mampu memunculkan ide-ide atau gagasan serta memiliki konsep atau pemahaman terhadap suatu materi

    ReplyDelete
  32. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tiba-tiba datang dari dunia lain dan keluar dari kesadaran. Setiap manusia mempunyai intuisi namun dia tidak sadar dan tidak bisa mengontrol kapan intuisinya sedang bekerja, tiba-tiba saja langsung dirasakan hasil dari kinerja intuisinya tersebut. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran karena bisa mendukung proses pemecahan masalah dengan cepat dan tepat. Untuk mengasah intuisi kita, kita harus sering-sering berlatih misalnya dalam mengerjakan soal matematika, untuk mendapat intuisi tinggi kita harus sering berlatih mengerjakan soal matematika.

    ReplyDelete
  33. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dalam pembelajaran matematika membutuhkan intuisi. Karena intuisi dapat membantu dalam pemahaman dalam belajar matematika. Dengan intuisi juga dapat memudahkan dalam memecahkan persoalan. Tugas guru salah satunya adalah menumbuhkan dan mengembangkan peran intuisi ini kepada siswa pada saat pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  34. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi dalam matematika membantu dalam menemukan pemahaman matematika yang secara tiba-tiba muncul, dan masih dalam tahap awal, sebelum menalar dan menggunakan bukti-bukti matematis. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, siswa yang belajar matematika harus dilatih pula intuisi matematikanya, karena akan sangat membantu dalam memahami suatu materi matematika dan akan digunakan dalam kegiatan pemecahan masalah

    ReplyDelete
  35. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Intuisi sangat penting dalam matematika. Karena perannya dalam mengidentifikasi objek dan dari mana sumber pengetahuan objek tersebut. Sehingga dengan intuisi kita dapat mengembangkan pengetahuan matematika dari konsep yang sederhana, menjadi konsep yang lebih kompleks, atau menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi (berkaitan dengan matematika).

    ReplyDelete
  36. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam elegi sebelumnya, dijelaskan bahwa konstructivism itu terkait oleh seluruh intuisi. Sehingga karena pembelajran matematika sekarang itu bersifat konstructif maka intusi juga harus berperan sehingga tidak ada perpecahan antara hati dan pikiran. Sehingga galam pelaksanaannya hal yang dibangun dalam matematika adalah menajamkan intuisi siswa. Dan peran intuisi tersebut memberikan daya bantu dalam mengrekonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  37. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)


    Mengasah intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, seorang anak yang telah memiliki intuisi yang kuat bagaikan memiliki indera keenam dalam penyelesaian soal di dalam matematika. Mereka dengan mudah dapat mengawang jawaban dan penyelesaian tanpa menuliskan nya dikertas seperti yang dapat kita lihat pada lomba-lomba olimpiade matematika baik tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Disinlah tugas seorang guru dalam memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya intuisi mereka.

    ReplyDelete
  38. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika dibangun di atas intuisi murni yaitu intuisi ruang dan waktu dimana konsep-konsep matematika dapat dikonstruksi secara sintetis. Intuisi murni tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika. Jika tidak berlandaskan intuisi murni maka penalaran tersebut tidaklah mungkin. Matematika sebagai ilmu adalah mungkin jika kita mampu menemukan intuisi murni sebagai landasannya; dan matematika yang telah dikonstruksinya bersifat sintetik a priori. Menurut Kant, intuisi, dengan macam dan jenisnya yang telah disebutkan di atas, memegang peranan yang sangat penting untuk mengkonstruksi matematika sekaligus menyelidiki dan menjelaskan bagaimana matematika dipahami dalam bentuk geometri atau arithmetika. Pemahaman matematika secara transenden melalui intuisi murni dalam ruang dan waktu inilah yang menyebabkan matematika adalah mungkin sebagai ilmu.

    ReplyDelete
  39. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah untuk melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsisten dan untuk melatih kreativitas yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba. Berpikir kreatif sebagai kombinasi dari berpikir logis dan berpikir divergen yang berdasarkan pada intuisi dalam kesadaran. Oleh karena itu, berpikir kreatif melibatkan logika dan intuisi secara bersama-sama. Secara khusus dapat dikatakan berpikir kreatif sebagai satu kesatuan atau kombinasi dari berpikir logis dan berpikir divergen guna menghasilakn sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru tersebut merupakan salah satu indikasi berpikir kreatif dalam matemtika, sedangkan indikasi yang lain berkaitan dengan berpikir logis dan berpikir divergen.

    ReplyDelete
  40. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Intuisi adalah kemampuan mental untuk menemukan hipotesis pemecahan masalah tanpa melalui langah-langkah
    analisis. Intuisi pada diri seseorang dapat berkembang dengan baik namun dapat juga rusak karena suatu tindakan tertentu. Peran intuisi dalam proses belajar sangat penting karena intuisi akan membantu seseorang untuk memecahkan masalah, menganalisis masalah dan keadaan dimana dia akan mengontrol diri untuk dapat mencari tau pengamalan baru.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  41. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Intuisi dimiliki oleh semua orang. Siswa memiliki intuisi sebagai pelajar yang mencari pengetahuan baru dan guru memiliki intuisi untuk mengajar siswanya. Intuisi yang dimiliki guru dapat rusak karena adanya tekanan atau tuntutan terhadap hasil capaian belajar siswa, sehingga intuisi guru untuk mengajar lebih terfokus ke intuisi untuk mendapat hasil belajar yang tinggi tanpa memperhatikan pemahaman dan psikologi siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  42. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Belajar matematika adalah belajar menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Dalam menghadapi masalah, seseorang harus mengenali masalahnya terlebih dahulu. Disinilah diperlukan intuisi yang baik. Intuisi digunaan untuk mengenali masalah, peka terhadap masalah dan kondisi sekitarnya. Selain untuk mengenali masalah, intuisi juga digunakan untuk memecahkan masalah tanpa adanya penalaran yang sistematis, seperti hewan yang menggunakan instingnya untuk berburu karena intuisinya yang mengatakan dia membutuhkan makanan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  43. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Datangnya pengetahuan secara tiba-tiba dapat diartikan sebagai suatu institusi. Institusi berperan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat memunculkan ide-ide atau konsep-konsep belajar matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Intuisi akan memunculkan ide-ide dan konsep-konsep dari apa yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  44. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah membaca artikel di atas, tidak dapat dipungkiri bahwa intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika. Intuisi sangat penting untuk menghasilkan ide/ gagasan matematika. Jika siswa kehilangan intuisi dalam pembelajaran matematika maka siswa akan selalu bergantung pada gurunya karena siswa kesulitan untuk menghasilkan ide/ gagasan mereka sendiri. Oleh karena itu, apabila dalam kegiatan pembelajaran guru menerapkan metode pembelajaran inovatif maka sudah pasti intuisi memiliki peranan yang sangat penting karena dalam metode pembelajaran inovatif tersebut orientasinya kepada siswa bukan kepada guru.

    ReplyDelete
  45. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    intuisi dalam pembelajaran matematika memang sangat penting. namun masing-masing filsuf mempunyai pandangan yang berbeda-beda mengenai intuisi. yang jelas, mengingat pentingnya peran intuisi dalam pembelajaran matematika, maka guru tidak dapat mengabaikan intuisi siswa (dan guru itu sendiri) dalam proses pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  46. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    setelah membaca artikel diatas bahwa intuisi sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika. dengan munculnya intuisi pada siswa, maka siswa tersebut dapat menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika yang dapat bermanfaat dalam pembelajaran matematika tersebut.

    ReplyDelete
  47. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Untuk mengetahui tingkat kecerdasan siswa dalam belajar matematika bukan serta merta hasil yang diperoleh siswa saat ujian, tetapi bagaimana proses siswa saat berada di kelas merupakan pencapaian siswa dalam memproses matematika.

    ReplyDelete
  48. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Pembelajaran kontekstual terjadi saat guru dapat menghadirkan benda-benda nyata yang mampu terbayangkan oleh siswa sehingga dalam belajar matematika siswa tidak hanya menerima matematika formal.

    ReplyDelete
  49. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Pembelajaran yang menarik dapat dilakukan dengan mengajak siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  50. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Managemen emosi merupakan pengaturan emosi yang dilakukan agar siswa merasa nyaman saat belajar.

    ReplyDelete
  51. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Pembelajaran matematika yang dinamis dan fleksibel merupakan pembelajaran matematika yang tidak mengekang murid untuk dapat menguasai apa yang diinginkan oleh guru tetapi disesuaikan dengan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  52. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Skenario pembelajaran matematika diawali dengan kegiatan apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan berikutnya.

    ReplyDelete
  53. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Siswa dapat temotivasi belajar matematika jika mengetahui manfaat dan dapat menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  54. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Salah satu penyebab kurangnya motivasi siswa terhadap matematika adalah persepsi siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit.

    ReplyDelete
  55. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Disisi lain, siswa menganggap bahwa matematika tidak berguna dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa menganggap matematika tidak penting.

    ReplyDelete
  56. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    keberadaan intuisi sangat penting pada diri anak, kemampuan intuisi siswa mempengaruhi penalaran siswa. jika intuisi kacau maka kemampuan berfikir siswa cenderung akan kacau.

    ReplyDelete
  57. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuisi sangat penting dalam membantu siswa dalam memahami pembelajaran yang ada. Intuisi yang baik ada jika siswa memiliki prior knowledge yang bagus dan kemampuan dasar yang mumpuni, intuisi ini bisa dikatakan sebagai hipotesis awal siwa dalam menyelesaikan permasalahan, siswa akan menduga dan akan berusaha mencari cara untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan hipotesisnya, sehingga intuisi ini penting sebagai jalan awal dalam siswa menyelesaikan masalah .

    ReplyDelete
  58. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Berpikir intuitif merupakan suatu karunia yang dianugerahkan Tuhan kepada setiap individu, namun berpikir intuitif cenderung diabaikan yang lebih menghargai berpikir rasional. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  59. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Intuisi sangat membantu siswa dalam memahami matematika. Selain itu, Intuisi juga dapat membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  60. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Belajar matematika yang berkenaan dengan interaksi atau kegiatan, penting adanya intuisi di dalamnya. Bagi anak, intuisi dianggap penting karena dia melakukan kegiatan tetapi tidak mengerti hakikat yang dikerjakan. Pada tahap pemikiran intuitif, anak-anak mulai menggunakan penalaran primitif dan ingin tahu jawaban atas semua bentuk pertanyaan. Biasanya anak tampak begitu yakin tentang pengetahuan dan pemahaman mereka, tetapi belum begitu sadar bagaimana mereka tahu apa yang mereka ketahui itu. Lebih jelasnya mereka mengatakan mengetahui sesuatu, tetapi mengetahuinya dengan cara tidak menggunakan pemikiran rasional. Pentingnya intuisi bagi anak menjadi hal yang penting juga bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif guna mengembangkan intuisi anak.

    ReplyDelete
  61. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika itu memang sangat penting apa lagi matematika untuk anak sekolah. Namun yang terjadi pada saat sekarang ini banyak guru maupun stakeholder yang mengabaikan tentang intuisi matematika ini. Matematika yang diajarkan di sekolah bukan lagi matematika yang sesuai dengan perkembangan mereka, matematika yang diajarkan adalah matematika murni bukan matematika sekolah. Hal tersebut manjadi salah satu penyebab mengapa matematika sekarang ini menjadi pelajaran yang paling menyusahkan.

    ReplyDelete
  62. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang. Dengan intuisi yang benar maka seseorang dapat menentukan arah serta keputusan-keputusan yang dibuatnya. Peran intuisi sudah banyak dikaji oleh para pemikir maupun para filsuf. Diantaranya mengungkapkan bahwa intuisi memang memiliki peran penting dalam matematika (Hers, 1997). Intuisi merskipun bukan merupakan alat untuk berpikir logis seperti akal, tetapi intuisi juga dapat membantu seseorang untuk menentukan keputusan-keputusan yang tepat dalam kehidupannya. Dalam pembelajaran matematika, intuissi dapat membantu meningkatkan kepekaan siswa dalam memperlajari matematika, sehingga mereka tidak hanya menghafal materi yang diberikan, tetapi mereka dapat memahami makna dibalik konsep matematika secara mendalam.

    ReplyDelete