Feb 12, 2013

Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika




Peran “intuisi” di dalam matematika dapat dikaji dalam lingkup ontologi maupun epistemologi. Peran ontologis dari “intuisi” di dalam matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis “intuisi” meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.

Secara historis, kita dapat menelusuri peran “intuisi” dari Platonisme, Kantianisme sampai “intuisi”onisme Brouwer. Masalah mendasar dari pembahasan peran “intuisi” dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Di era filsafat matematika kontemporer sekarang ini kiranya kita masih dapat menguji relevansi pembahasan peran “intuisi” dalam matematika. Setidaknya, Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari diskripsi intuitionisme Brouwer dapat ditarik kesimpulan bahwa peran “intuisi” dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. (Marsigit)

45 comments:

  1. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Intusi secara epistemologi dilihat dari sumber pengetahuan, metode yang dilakukan dalam pembelajaran serta mengambil keputusan dalam matematika. Mengambil keputusan dalam matematika dapat berarti mengimpulkan definisi serta menyelesaikan persoalan matematika. Namun baik secara hakekat ataupun ontologi ataupun secara epistemologi intuisi berperan penting dalam pembelajaran matematika. Maka intuisi siswa harus mampu terus diarah oleh guru untuk terus diasah oleh siswa.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Kemampuan intuisi didapatkan dari pengalaman sebelumnya. Di dalam dunia matematika intuisi sangat baik untuk pengambilan keputusan. Hal ini disebabkan pada matematika materi selanjutnya berhubungan dengan materi sebelumnya, sehingga materi-materi didalam matematika saling berkesinambungan. Oleh karena itu, guru harus bisa mengembangkan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    KAlimat terakhir yang dituliskan diatas bahwa “ Intuisi dalam matematika lebih bersifat filosofis dari pada matematis” mengartikan bahwa adanya intuisi sangat penting untuk pendidikan matematika. Kolabirasi antra intuisi dan pendidikan matematika tentunya akan menghasilkan produk yang hebat. Melalui intuisi siswa dapat mengembangkan kreativitas berpikir dan potensi-potensi yang dimilikinya serta mampu menghubungkan konsep matematika satu dengan yang lainnya. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri.Namun, masih saja ditemui pembelajaran matematika yang mematikan intuisi siswa dimana pembelajaran matematika dirancang instan dengan memberikan formula rumus dan siswa diminta mengerjakan sesuai rumus. Matinya intusi melalui pembelajaran satu arah karena siswa cenderung diberi, diberi materi tanpa ada proses mencari dan berpikir dalam memperoleh pengetahuan. Apabila siswa kehilangan intuisi maka siswa akan kesulitan menemukan ide-idenya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Intuisi adalah potensi yang dimiliki oleh manusia, tapi sampai saat ini belum ada yang berhasil menemukan asal dari intuisi itu, dan apa penyebabnya.intuisi adalah kemampuan mausia secara setengah sadar atau secara otomatis. Contohnya ketika ada suatu pertanyaan kemudian secara cepat dapat kita jawab dengan benar padahal kita belum memikirkaknnya dan itu datang secara tiba-tiba dan tidak dapat kita kendalikan. Dalam dunia pembelajaran ada siswa yang memiliki kecerdasan secara intuitif atau intuisinya diatas rata-rata. Intuisi adalah sebuah “gift” atau anugerah dari tuhan. Maka dari itu tidak ada cara bagi manusia untuk meningkatkan intuisi itu sendiri. Sehingga skita harus selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, amiin.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  5. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Istilah intuisi memang bukan hal yang asing lagi untuk didengar dalam kegiatan pembelajaran khusunya pembelajaran matematika. Intiusi sangat memegang peranan penting dalam membantu pembelajaran matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami matematika, kemudian intuisi juga membantu siswa dalam memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa agar tidak menyerah dan mendorong siswa agar tetap melakukan proses pemecahan permasalahan matematika tersebut. Oleh karena itu, guru harus dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalahan yang sebenarnya sedang dihadapi.

    ReplyDelete
  6. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intuisi sebenarnya memang sangat dibuthkan untuk belajar dan memahami matematika. Karena pada dasarnya matematika mengajarkan para pembelajar untuk melatih intuisi mereka ke logika yang benar. Karena pada dasarnya logika tanpa intuisi itu tidak bisa berjalan. Hal inilah yang membuta intuisi memang perlu dalam pembelajaran matematika
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  7. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Secara umum, pada wikipedia disebutkan bahwa intuisi merupakan istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Selaras dengan pengertian tersebut, di dalam KBBI intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Sehingga secara singkat intuisi merupakan suatu tindakan yang dilakukan spontanitas secara tidak sadar. Namun secara lebih mendalam, Bruner memaknai intuisi sebagai suatu tindakan untuk mendapatkan suatu makna, signifikansi, struktur, atau situasi dari masalah tanpa ketergantungan secara eksplisit pada peralatan analitik yang dimiliki seorang ahli.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  8. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika menurut Brouwer memang lebih bersifat filosofis daripada matematis. Namun demikian, Bruner mencoba menjelaskan lebih contoh intuisi dalam matematika agar matematika lebih dimaknai, yaitu seseorang dikatakan intuitif apabila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Dengan demikian ia dapat segera memberikan solusi dari masalah berdasarkan pada hal-hal yang pernah ia buktikan secara formal. Selain itu, seorang diebut matematikawan intuitif yang baik apabila ketika ada orang yang memberikan persoalan kepadanya, ia akan segera memberikan prediksi terbaiknya atau dapat memberikan beberapa pendekatan alternative untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  9. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Belajar matematika memang tidak selalu melalui intuisi. Namun berdasarkan intuisi, seseorang akan mengembangkan cara berpikirnya menjadi lebih terarah. Untuk itulah diperlukan konsentrasi dan keadaan fisik yang baik dalam belajar, khususnya dalam matematika. Einstein berpendapat bahwa suatu penemuan bisa saja lahir melalui intuisi. Ketika suatu pengamatan tidak dapat dilanjutkan dengan deduksi logis karena nampaknya tidak ada jalur logis yang menghubungkan fakta dengan ide teoritis, untuk itu diperlukan suatu lompatan imajinasi bebas melampaui suatu fenomena yang disebut intuisi. Intuisi yang baik akan mengaktifkan logika berpikir yang baik pula, sebaliknya dengan intuisi yang kurang baik maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Keterlibatan intuisi di dalam matematika memang tidak tampak secara nyata namun memiliki pengaruh terhadap proses berpikir.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Intuisi membantu matematikawan untuk melahirkan ide baru dalam menyelesaikan setiap permasalahan matematika. Intuisi terbangun atas ilmu yang pernah dipelajari sebelumnya. Intuisi juga terbangun dari pengalaman-pengalaman seseorang menyelesaikan problem matematika. Sehingga intuisi ini menyumbang/mengarahkan matematikawan menentukan pemilihan strategi dan langkah-langkah dalam pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  11. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika menurut Brouwer memang lebih bersifat filosofis daripada matematis. Namun demikian, Bruner mencoba menjelaskan lebih contoh intuisi dalam matematika agar matematika lebih dimaknai, yaitu seseorang dikatakan intuitif apabila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Dengan demikian ia dapat segera memberikan solusi dari masalah berdasarkan pada hal-hal yang pernah ia buktikan secara formal. Selain itu, seorang diebut matematikawan intuitif yang baik apabila ketika ada orang yang memberikan persoalan kepadanya, ia akan segera memberikan prediksi terbaiknya atau dapat memberikan beberapa pendekatan alternative untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  12. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Saya sependapat, memang benar bahwa intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika. Dengan intuisi pembelajaran matematika akan lebih cepat dipahami oleh anak didik. Namun sebagai guru juga harus bisa memahami bahwa intuisi dan kemampuan dalam mengakses dan menyimpan pengalaman dalam pikirannya setiap anak didiknya itu berbeda-beda.

    ReplyDelete
  13. Ilma Rizki Nur Afifa
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Saya setuju dengan bapak bahwa intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi mampu menghasilkan ide-ide bagi siswa untuk mengontruksikan pengetahuan sehingga siswa dapat menemukan konsep matematika dan dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  14. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Intuisi sangat penting kaitannya dengan pembelajaran matematika. Mengapa? Karena intuisi merupakan pemikiran yang begitu saja keluar dari seseorang setelah mendengar sesuatu. Semakin sering seorang siswa belajar matematika, atau semakin kritis pemikiran matematika, intuisinya semakin tajam. Intuisi bukan berdasarkan bakat, namun berdasarkan seberapa lama kita mengasahnya. Semakin sering diasah maka intuisi kita akan semakin dalam.

    ReplyDelete
  15. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Intuisi memiliki pengertian sebagai suatu proses dalam memperoleh dan menafsirkan imajinasi bebas yang melampaui suatu fenomena untuk menjawab pertanyaan di mana dalam memperoleh pemahaman dari informasi dan pengetahuan yang kecil kemudian digabungkan untuk ditafsirkan (Nazariah, Marwan & Abidin, 2014). Dalam kehidupan ini intuisi diperlukan untuk berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan dengn benar. Apabila seseorang tidak memiliki intuisi maka seseorang itu akan mengalami kesulitan. Intuisi berarti tahu tapi tidak tahun kapan dan di mana pengetahuan itu datang, intuisi dapat berasal dari arah manpun. Dalam proses pembelajaran intuisi diperoleh dari pengalaman siswa dalam belajar yang dilihat, dirasakan, dan di dengar. Saat seorang siswa dapat menggunakan intuisinya dan dapat mengolahnya dengan baik yang diperoleh dari berbagai aspek pengalamannya, maka tidak akan ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Contohnya saat mengajarkan bilangan 1 kepada anak kecil diperoleh bukan dari definisi tetapi dari intuisinya , tetapi untuk anak dewasa dapat menggunakan definisi.

    ReplyDelete
  16. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Matematika memanglah ilmu pasti yang jawaban-jawabannya berisi logika dan fakta-fakta. tetapi tetap saja matematika tidak dapat melepaskan diri dari keterkaitan intuisi di dalamnya. dalam pembelajaran matematika, intuisi merupakan salah satu bahan utama bagi peserta didik untuk membangun matematika itu sendiri. maka guru sebagai fasilitator, selain bertugas untuk membantu peserta didik untuk membangun konsep, juga berperan untuk membangun intuisi. guru diharuskan untuk sangat berhati-hati dalam membimbing siswa, karena kesalahan-kesalahan dalam metode pembelajaran dapat malah menghancurkan intuisi siswa yang telah ada sebelumnya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  17. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Salah satu yang memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika ialah Intuisi. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Intuisi dapat membantu siswa dengan memberi berbagai dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi agar siswa tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Maka dari itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi.

    ReplyDelete
  18. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Perkembangan Intuisi adalah aspek penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi merupakan kemampuan dalam memahami sesuatu konsep. Perkembangan intuisi merupakan hasil dari pengalaman-pengalaman belajar. Maka pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Perkembangan intuisi akan membantu siswa membuat dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan. Perkembangan intuisi tidak hanya membantu siswa dalam pemecahan matematika namun juga memberikan andil dalam pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  19. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika tidak selalu menggunakan cara berfikir yang anliitis. Sebagai guru, kita harus menganggap kemampuan intuisi juga sangat berperan dalam penyelesaian suatu masalah matematika. Intuisi yang dimiliki siswa akan lahir dari pengalaman-pengalaman sehari-hari siswa. Oleh karena itu guru perlu kembali menerapkan pembelajaran kontekstual atau matematika realistik untuk membentuk intuisi yang baik pada siswa. Namun seperti yang dinyatakan oleh Brouwer bahwa peran intuisi dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis.

    ReplyDelete
  20. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Menurut Immanuel Kant, matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi ruang dan waktu. Matematika dapat dipahami melalui intuisi penginderaan, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri. Dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya Apabila siswa kehilangan intuisi maka siswa akan kesulitan menemukan ide-idenya.

    ReplyDelete
  21. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Intuisi merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam mempelajari matematika. Intuisi merupakan potensi. Setiap orang memiliki intuisi namun kadar sensitifitasnya berbeda-beda. Intuisi dapat diasah agar semakin berkembang yaitu dengan berlatih. Dengan baiknya kemampuan berintuisi maka siswa akan semakin kreatif dalam berpikir memecahkan permasalahan-permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Pembelajaran matematika khususnya matematika sekolah tidak pernah terlepas dari intuisi. Intuisi matematika siswa diperolwh dari pengalaman-pengalaman selama mereka melakukan kegiatan inveatigasi, kegiatan penelusuran pola dan hubungan, kegiatan problem solving, dan kegiatan komunikasi. Intuisi ini lahir dan berkembang seiring dengan interaksi yang dilakukan siswa dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Interaksi yang di maksud adalah interaksi soswa dengan guru, sumber belajar, maupun siswa lainnya.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    2. Intuisi berperan untuk membantu siswa dalam membangun konsep dan melakukan kegiatan pemecahan masalah. Dalam kegiatan matematika tentu siswa akan dihadapkan dengan sebuah konsep atau permasalahan yang baru. Kemampuan siswa untuk memecahkan masalah dengan memahami soal, merancang strategi pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan melihat kembali permasalahan tersebut sangat terbantu dengan adanya intuisi yang dimiliki siswa. Dengan demikian siswa mampu untuk mengaitkan pengetahuan awal dengan pengetahuan yang baru dipelajari.

    ReplyDelete
  24. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Intuisi pada anak Sekolah Dasar dapat diperoleh dari pengalaman sehari-hari. Anak Sekolah Dasar berada pada masa perkembangan, dimana pada saat ini anak memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Anak yang gemar mencari tahu dan bereksplorasi dengan lingkungan sekitar akan mengembangkan intuisinya. Intuisi berperan dalam pembelajaran matematika bagi siswa, karena dengan intuisi inilah siswa akan lebih memahami konsep-konsep yang memang diperoleh dari pemahaman melalui pengalaman. Dengan demikian, intuisi pada anak perlu dikembangkan.

    ReplyDelete
  25. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Di dalam filsafat, intuisi meliputi apa yang ada dan yang mungkin ada terkait dengan ruang dan waktu. Dan semua yang ada dalam hidup perlu adanya intuisi untuk membangun pengetahuan. Misalkan jika siswa diajarkan matematika yang bersifat abstrak maka akan mengurangi pengetahuan intuitif siswa tersebut, karena intuisi berasal dari pengalaman. Maka sebaiknya matematika yang diajarkan kepada siswa dengan menhadirkan abstrak menjadi konkret. karena jika tidak, maka bisa mengakibatkan intuisi siswa menjadi rusak.

    ReplyDelete

  26. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sebenarnya saya belum terlalu paham bagaimana filsafat memandang intuisi untuk pembelajaran matematika. Tetapi berdasarkan pengalaman saya selama belajra di jurusan pendidikan, Intuisi memang diperlukan oleh siswa untuk mengontruksi pengetahuan yang akan dicapai. Sehingga, sejak dini guru perlu mengasah ketrampilan siswa untuk memunculkan berbagai macam intuisi untuk menemukan sesuaut atau untuk memcahkan masalah dengan berbagai pendekatan. Di sisi lain, intuisi memang sangat berguna, tetapi beberapa mengatakan bahw aintuisi itu memungkinkan untuk menimbulkan kesesatan. Karena biasanya dengan intuisi siswa menggunakan salah satu contoh untuk digeneralisasi secara menyeluruh kepada semua permasalahan yang sejenis. Namun, intuisi tersebut terkadang belum benar, maka muncullah teori-teori pembuktian untuk mendukung intuisi atau menolak intuisi

    ReplyDelete
  27. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Mengasah intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, seorang anak yang telah memiliki intuisi yang kuat bagaikan memiliki indera keenam dalam penyelesaian soal di dalam matematika. Mereka dengan mudah dapat mengawang jawaban dan penyelesaian tanpa menuliskan nya dikertas seperti yang dapat kita lihat pada lomba-lomba olimpiade matematika baik tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Disinlah tugas seorang guru dalam memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya intuisi mereka.
    Sekian, terima kasih.

    ReplyDelete
  28. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Meskipun ada beberapa filsuf yang berpendapat bahwa peran intuisi dalam pembelajaran matematika lebih secara filosofis dibanding matematis. Dengan memiliki intuisi yang baik siswa akan lebih mudah mengikuti pembelajaran matematika, menyelesaikan masalah dalam matematika, dan mengembangkan potensinya dalam matematika. Maka penting bagi guru untuk mengembangkan kemampuan intuisi siswa melalui kegiatan-kegiatan yang memberikan pengalaman matematika kepada siswa.

    ReplyDelete
  29. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. intuisi dalam matematika memiliki peran yang penting. Dengan intuisi, siswa dapat memiliki ide untuk memecahkan beragam permasalahn matematika. Intuisi matematika perlu dikembangkan sejak kecil agar ketika dewasa siswa terbiasa menggunkan intuisinya dalam memecahkan maslah.

    ReplyDelete
  30. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Intuisi dlam pembelajaran matematika merupkan hal yang penting karena matematika menyangkut tentang kedudukan objek konsep dan struktru matemaitka serta meliputi sumber sumber pengetahuan matematika, metode dan peengambila putusan matematika.

    ReplyDelete
  31. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Intuisi merupakan daya atau kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau bahkan dipelajari. Dalam matematika intuisi dangat dibutuhkan karena intuisi dapat membantu siswa dalam memecahkan permasalahan matematika. Intuisi siswa dapat berkembang melalui pengalaman menyelesaikan permasalahan matematika. Dengan berkembangnya intuisi maka akan membuat guru lebih mudah dalam mengembangkan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  32. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Matematika dapat menjadi ilmu dan juga bisa tidak. Matematika bisa menjadi ilmu jika kita melakukan matematika dengan intuisi. Intuisi hanya aka diperoleh jika kita memiliki pengalaman-pengalaman. Pengalaman tersebut akan diperoleh jika kita melakukan aktivitas.Jika dalam pembelajaran matematika hanya dilakukan drill soal, maka siswa akan miskin akan pengalaman dalam bermatematika. Sehingga, intuisi matematika siswa tidak akan berkembang.

    ReplyDelete
  33. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Intuisi dan pengalaman berperan penting dalam proses penalaran dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Intuisi merupakan salah satu yang mendasari penalaran dan pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah. Jadi, dengan melatih intuisi dalam pembelajaran matematika siswa dapat mengembangkan mengembangkan konsep dan pengetahuannya.

    ReplyDelete
  34. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Intuisi dapat membantu siswa untuk mengambil keputusan memecahkan masalah. Siswa dapat memiliki intuisi melalui pembelajaran-pembelajaran nya sebelumnya yang sudah ia peroleh. Sehingga intuisi itu dapat muncul jika pembelajaran yang pernah diperolehnya itu berkesan atau bermakna bagi dirinya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  35. Intuisi selalu bisa kita kaitkan dengan matematika yang bersifat lebih filosofisnya. Untuk dapat membangun pengetahuan tersebut, maka diperlukanlah intuisi. Karena setiap manusia memiliki intuisi yang akan membimbing dirinya untuk paham.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  36. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Agar siswa mampu mengkonstruk pengetahuan mereka, maka mereka membutuhkan intuisi. Idealnya proses belajar mengajar di kelas harus mampu memfasilitasi dan mengakomodasi siswa untuk mengembangkan intuisinya. Dalam belajar matematika, siswa harus memperoleh penglaman yang bermakna sehingga mereka dapat mengembangkan intuisi yang akan berguna dalam pengkonstruksian pengetahuan mereka.
    Sehingga, guru harus dapat menjadi fasilitator yang baik bagi siswa agar mereka dapat mengoptimalkan intuisinya.

    ReplyDelete
  37. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi digunakan dalam pembelajaran matematika untuk memunculkan ide dan konsep matematika yang sesuai dengan pemahaman diri. Sebagai seorang pendidik kemampuan untuk mengembangkan intuisi siswa dapat diolah menggunakan berbagai strategi, metode, dan pendekatan dalam pembelajaran.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  38. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Intuisi merupakan hal penting dalam matematika. Intuisi tidak hanya perlu dikembangkan dalam pembelajaran dikelas tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, orang tua berperan penting untuk ikut mengembangkan kemampuan intuisi anak. Sebagai upaya mengembangkan kemampuan intuisi ini, orang tua perlu membudayakan matematika dalam kehidupan anak. Orang tua dapat mengenalkan matematika kepada anak melalui aktivitas-aktivitas sehari-hari.

    ReplyDelete
  39. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    pembelajaran matematika bagi siswa SD atu bahkan bagi semua jenjang siswa berangkat dari intuisi yang mereka miliki mengenai materi yang tengah dipelajari. Guru harus dapat mengembangkan intuisi siswa agar supaya siswa dapat berkembang secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Intuisi siswa yang masih tersimpan rapat perlu digali dan distimulasi agar dapat digunakan salam mensintesis pemahamannya yang baru mengenai konsep yang dipelajarinta. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  40. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Jika guru gagal memanfaatkan intuisi atau bahkan salah dalam mengarahkan intuisis siswa maka kegiatan pembelajaran tidak akan dapat berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran kurang tercapai dengan maksimal, appersepsi yang dilakukan guru merupakan stage yang penting dalam memanfaatkan dan mengembangkan intuisi siswa. siswa akan lebih mudah distimulus jika menggunakan konsep yang biasa ditemuinya dalam kehiudpan kesehariannya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  41. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Intuisi erat kaitannya dengan manusia. Dalam matematika pun intuisi juga memiliki peranan yang cukup penting. Menurut referensi yang saya baca, yaitu makalah dari Prof. Marsigit, dalam makalah tersebut terdapat informasi bahwa "Kant berpendapat bahwa matematika dibangun di atas intuisi murni yaitu intuisi ruang dan waktu dimana konsep-konsep matematika dapat dikonstruksi secara sintetis. Intuisi murni (Kant, I, 1783) tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika. Jika tidak berlandaskan intuisi murni maka penalaran tersebut tidaklah mungkin." Dari sinilah saya memahami pentingnya intuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  42. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Intuisi adalah sesuatu yang sangat penting dalam matematika. Tingkat intuisi setiap siswa berbeda. Hal ini harus diperhatikan dengan baik oleh seorang guru. Intuisi membantu siswa dalam memahami matematika. Dengan mengetahui bahwa intuisi itu berbeda-beda maka dalam pembelajaran guru harus kreatif dan inovatif dalam mengelola kelas agar jangan sampai ada siswa yang tidak menerima pembelajaran seperti siswa lainnya.

    ReplyDelete
  43. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Intuisi adalah pengetahuan tanpa kita sadari. Matematika itu sintetik apriori, sangat membutuhkan intuisi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Tahapan pertama intuisi adalah penginderaan terkait objek yang diamati/dipikirkan. Kedua adalah pemikiran/akal, atau mensintesiskan dari penginderaan ke otak. Ketiga adalah memutuskan melalui pemikiran yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  44. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari postingan di atas, dapat diperoleh bahwa intuisi memiliki peran yang penting dalam pembelajaran matematika. Peran tersebut menyangkut kedudukan obyek, konsep, dan struktur matematika serta meliputi sumber-sumber pengetahuan, metode, dan pengambilan keputusan matematika. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Inti terjadi saat siswa melihat peristiwa atau dalam hal ini matematika. Pengetahuan awalnya dibentuk melalui intuisinya. hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu. Matematika yang disaring atau melalui proses abstraksi dan idealisasi kemudian di rubah menjadi yang ada dalam pikiran, yang kemudian disimpan dalam epoche atau ruang penyimpanan yang biasa digunakan nanti untuk intuisi.

    ReplyDelete
  45. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Meski kadang, intuisi matematika masih dipandang tidak penting oleh sebagian orang. Namun selain pemahaman matematika, diperlukan juga intuisi agar lebih mempertajam kemampuan matematika seorang siswa. Perlu adanya dukungan dari banyak pihak, seperti guru, orang tua dan masyarakat dalam membumikan intuisi matematika.

    ReplyDelete