Feb 12, 2013

Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika




Peran “intuisi” di dalam matematika dapat dikaji dalam lingkup ontologi maupun epistemologi. Peran ontologis dari “intuisi” di dalam matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis “intuisi” meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.

Secara historis, kita dapat menelusuri peran “intuisi” dari Platonisme, Kantianisme sampai “intuisi”onisme Brouwer. Masalah mendasar dari pembahasan peran “intuisi” dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Di era filsafat matematika kontemporer sekarang ini kiranya kita masih dapat menguji relevansi pembahasan peran “intuisi” dalam matematika. Setidaknya, Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari diskripsi intuitionisme Brouwer dapat ditarik kesimpulan bahwa peran “intuisi” dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. (Marsigit)

5 comments:

  1. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari bacaan diatas saya dapat mengetahui bahwa peran intuisi matematika dapat dikaji dari ruang lingkup ontologi dan epistimologi, onlologi mengkaji kedudukan objek, konsep dan struktur matematika sedangkah epistimologi mengkaji mengenai sumber-sumer pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan. Saya sangat sutuju bahwa peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangatlah penting, dengan intuisi maka siswa dapat merasakan sense bagaimana untuk menemukan konsep dan bagaimana struktur matematika dan permasalahan matematika. Dengan intuisi yang baik maka seseorang akan dapat bermatematika dengan baik pula.

    ReplyDelete
  2. Nur Anisa Dika Maharani
    13301241030
    Pendidikan Matematika I 2013

    Intuisi erat kaitannya dengan manusia. Dalam matematika pun intuisi juga memiliki peranan yang cukup penting. Menurut referensi yang saya baca, yaitu makalah dari Prof. Marsigit, dalam makalah tersebut terdapat informasi bahwa "Kant berpendapat bahwa matematika dibangun di atas intuisi murni yaitu intuisi ruang dan waktu dimana konsep-konsep matematika dapat dikonstruksi secara sintetis. Intuisi murni (Kant, I, 1783) tersebut merupakan landasan dari semua penalaran dan keputusan matematika. Jika tidak berlandaskan intuisi murni maka penalaran tersebut tidaklah mungkin." Dari sinilah saya memahami pentingnya intuisi dalam matematika.

    reference : makalah yang berjudul "Peran Intuisi dalam Matematika Menurut Immanuel Kant" karya Prof. Marsigit

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Nur Anisa Dika Maharani
    13301241030
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dalam matematika kita mengenal geometri. Geometri membutuhkan penginderaan kita dalam memahaminya. Karena geometri erat kaitannya dengan konsep ruang. Masih dalam referensi yang sama, yaitu makalah Prof. Marsigit mengenai peran intuisi dalam matematika menurut Immanuel Kant, disebutkan bahwa "... Konsep-konsep geometri tidak hanya dihasilkan oleh intuisi murni, tetapi juga berkaitan dengan konsep ruang di mana obyek-obyek geometri direpresentasikan. Konsep ruang (ibid.) sendiri merupakan bentuk intuisi di mana secara ontologis hakekat dari representasi tersebut tidak dapat dilacak..." Referensi tersebut memperkuat keyakinan saya bahwa matematika memang memerlukan intuisi dalam memahaminya.

    ReplyDelete
  5. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Perkembangan intuisi telah menjadi perhatian dari para ahli. Hal ini karena intuisi memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti apa yang dikatakan dalam postingan sebelumnya, bahwa pengetahuan salah satunya dibangun dengan intuisi. Sehingga, mengakumulasi pengalaman yang relevan dengan menciptakan berbagai pengalaman pembelajaran matematika yang menarik dapat memperbaiki kemampuan intuisi matematika mereka.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.