Feb 20, 2013

More Link to Mathematics Teaching Resources




Dikumpulkan oleh Marsigit

http://hrd.apecwiki.org/index.php/Main_Page
http://hrd.apecwiki.org/index.php/Classroom_Innovations_through_Lesson_Study
http://hrd.apec.org/index.php/Lesson_Study_Papers
http://www.lessonplanspage.com/MathDecimalOperation-RestaurantSimulationIdea34.htm
http://www.time4learning.com/first-grade-math.shtml
http://alex.state.al.us/lesson_view.php?id=6715
http://www.themathworkshop.com/scenarios.htm
http://www.teach-nology.com/ideas/subjects/math/2/
http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans?keyid=1560107&start_at=1301&num_to_see=50
http://www.sedl.org/afterschool/toolkits/math/pr_math_find.html
http://www.capemaytech.net/ettc/links/mathlinks.html
http://www.lessonplansearch.com/Math/Middle_School_6-8/index.html
http://jhs.lasallepsb.com/Academics/Mathematics/math_websites.htm
http://www.whps.org/it/profdevelopment/Hotlinks/Math.htm
http://alternativeed.sjsu.edu/mod11.html
http://www.cloudnet.com/~edrbsass/edinternet.htm
http://www.math-helpdesk.com/1st-grade.htm
http://www.litespeed.com.sg/2_products/prod_cw_pri_drMath.html
http://www.thesolutionsite.com/lesson/26258/lesson2.htm
http://members.shaw.ca/dbrear/mathematics.html
http://www.central.k12.ca.us/akers/technology/teachertools.html
http://www.education-world.com/a_tsl/
http://www.ite.sc.edu/dickey/nassp/nassp.html
http://virtualinquiry.com/specialist/materials.htm
http://www.exampleessays.com/essay_search/Method_of_Teaching_Mathematics.html
http://www.geos-oceania.com/links/teaching-resources-lesson-plans-and-software-2.htm

24 comments:

  1. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Thanks for the link you gave us on this blog prf. I hope by clicking all this links we can know more how to teach in mathematics lesson. Because, if we do not have any resource or we just have a few resource, we will got confuse fo teach student with different strategy.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Melihat sumber-sumber dan instrumen pembelajaran dari negara-negara lain khususnya negara yang sistem pendidikannya sangat maju akan menambah wawasan dan pengetahuan baik sebagai tenaga pengajar maupun bagi kami mahasiswa yang sedang mendalami dunia pendidikan. Dari salah satu link yang saya klik, terdapat contoh alternatif lesson plan dari materi operasi desimal. Kelas di setting menjadi restoran dan siswa di bagi ke dalam dua grup, yaitu sebagai customer dan waitress, di mana siswa akan terlibat dalam perhitungan bill dari orderan mereka. Hal ini merupakan terobosan yang dapat kita gunakan karena selama ini setting hanya diberikan pada LKS sehingga siswa hanya dapat membayangkan saja. Dengan setting yang lebih real diharapkan siswa dapat memperolah pembelajaran bermakna.

    ReplyDelete
  4. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Terima kasih Prof Marsigit sudah membantu kami dalam mencari sumber-sumber pengajaran. Banyak sumber ilmu matematika yang bisa kita pelajari. Dengan memanfaatkan IT yang benar, maka dapat mendapatkan banyak informasi dari berbagai pihak, tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal tetap diperlukan batasan-batasan yang sesuai.

    ReplyDelete
  5. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Terimakasih Pak atas link-link yang sangat bermanfaat ini. Informasi dalam link tersebut tentu sangat membantu bagi kami para guru yang membutuhkan sumber-sumber dalam pembelajaran matematika. Beberapa diantaranya membahas mengenai lesson study. Guru-guru juga perlu untuk berkumpul (seperti dalam MGMP) untuk kembali mempelajari mengenai metode-metode pembelajaran matematika terkini dan yang cocok untuk diterapkan di kelas.

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Alhamdulilllah.. Terimakasih prof. Link link tersebut sangat kami butuhkan sebagai pelaku akademis dalam bidang matematika. Dari link-link tersebut kita bisa mengetahui bagaimana matematika di nega lain, bagaimana menyusun RPP (lesson plan) dalam pembelajaran matematika. Metode pembelajaran yang digunakan dinegara lain yang inovatif tersebut dapat kita adopsi namun harus tetap disesuaikan dengan kharakteristik siswa Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Terima kasih Prof link-link yang diberikan tersebut, link tersebut memberikan gambaran dari RPP yang digunakan oleh berbagai negara. Setelah saya mencermati beberapa RPP yang disampaikan di link-link tersebut ternyata hampir sama dengan RPP yang selama ini saya buat diantaranya terdapat judul, tujuan, alat dan bahan yang digunakan, serta langkah-langkah dalam pembelajaran. Namun yang saya cermati terdapat RPP yang menyampaikan latar belakang dan manfaat yang akan diperoleh siswa setelah menerapkan langkah langkah dalam RPP tersebut.

    ReplyDelete
  8. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Matematika ialah sarana berfikir untuk menuju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran matematika di dunia pendidikan amatlah penting. Berbagai upaya telah dilakukan dalam peningkatan keberhasilan pembelajaran matematika, akan tetapi hasilnya masih belum memuaskan dan disinyalir kemampuan hasil belajar siswa. Namun kenyataannya matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit, menakutkan dan membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut maka saat ini dikembangkan suatu metode yang dikenal sebagai pemecah masalah.

    ReplyDelete
  9. Terimakasih Pak Marsigit atas link yang diberikan mengenai pembelajaran matematika. Dapat menjadi tambahan sumber informasi dan bacaan agar saya lebih memahami hal-hal terkait tentang pembelajaran matematika dan dapat sebagai acuan atau referensi saya dalam melaukan penelitian.

    ReplyDelete
  10. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Link yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya link tersebut membuat saya tidak ada alasan lgi untuk tidak menjadi guru matematika yang baik. Kita bisa membaca dimana saja dan kapan saja. Terima kasih Prof Marsigit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Prof, beberapa link sudah tidak bisa dibuka. Mungkin perlu diupdate lagi untuk link nya. Agar bisa bermanfaat untuk kita semua.

      Delete
  11. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas link yang diberikan. Semoga semakin menambah wawasan saya mengenai kegiatan-kegiatan pembelajaran apa saja yang dapat diterapkan dikelas untuk dapat membantu siswa mempelajari matematika

    ReplyDelete
  12. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih atas link yang bapak sharing, semoga dapat bermanfaat bagi kami sebagai informasi tambahan maupun referensi pengetahuan tambahan seputar pembelajaran matematika, untuk digunakan ketika mengajar nantinya maupun referensi tambahan perkuliahan.

    ReplyDelete
  13. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima Kasih Prof atas informasi terkait sumber-sumber pengajaran matematika tersebut. Meskipun informasi tersebut berbeda konteks dalam pembelajaran di Indonesia, Namun dapat kami ambil nilai-nilai yang sesuai dan yang relevan sehingga dapat diterapkan ataupun sebagai acuan untuk mengembangkan pembelajaran yang lain. Terima Kasih.






    ReplyDelete
  14. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pembelarajan matematika memerlukan metode yng menarik dalam penyampiaannya. Guru perlu sumber2 seperti link diatas unutk menarik perhatian siswa dalam pembelajran. Sehingga link2 tersebut perlu diketahui oleh guru guru guna diterapkan dalam kelas.

    ReplyDelete
  15. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih banyak Prof. untuk link-link yang telah dicantumkan pada artikel di atas. Metode-metode yang digunakan bervariasi dan semoga dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru dan calon pendidik dalam melakukan pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  16. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih Bapak, karena telah memberikan referensi bagi kami untuk menambah wawasan kami mengenai pembelajaran matematika. Pendidikan Indonesia masih tergolong berkatagori rendah maka sebaiknya pun kita mencari referensi dari luar. Karena referensi dari luar itu dapat menjadi pembanding, dapat mencarikan kita solusi/titik terang dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi di Indonesia.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  17. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Terimakasi Prof atas link-linknya yang sangat bermanfaat bagi kami sebagai sarana belajar dan menambah wawasan pengetahuan. Selain itu menyadarkan kepada kami betapa tak terhingganya ilmu pengetahuan yang dapat kami pelajari sehingga menambah semangat untuk terus berusaha belajar. Berbagai metode yang sebelumnya belum saya ketahui dan ternyata sangat menarik dan memungkinkan untuk dilakukan dalam pembelajaran matematika. Sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk belajar matematika.

    ReplyDelete
  18. Terimakasih bapak, atas link-link yang dibagikan seputar sumber pembelajaran matematika, semoga kami bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya link yang bapak bagikan tersebut, amiin.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  19. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Membaca dan memperluas pengetahuan dapat digunakan para pendidik dalam meningkatkan kemampuan dirinya dalam mempersiapkan maupun melaksanakan proses pembelajaran.
    Sebagai seorang guru tidak boleh berhenti dalam berinovasi serta menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  20. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    guru matematika selainberkewajiban untuk mengembangkan potensi siswa juga harus mengembangkan dirinya sendiri. Jika guru hanya disibukkan dengan mengurus siswa tanpa menyediakan waktu ban=ginya untuk mereefleksikan pemahaman dan pengetahuannya juga tidak dibenarkan. Hal ini dapat menyebabkan siswa akan diberika pengetahuan yang stagnan secara terus menerus, padahal pengetahuan dan teknologi tidak ada yang tidak beruah, wallahu a'lam

    ReplyDelete
  21. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasi atas link-link manfaat yang Prof. bagikan kemapad kami. Selama ini link-link yang kami tahu hanya sekitaran google atau pun blog dan jurnal untuk mencari tahu sumber-sumber dalam proses pembelajaran matematika. Dengan adanya link-link ini, kami sangat terbantu untuk menemukan referensi dalam pembelajaran matematika agar matematika menjadi lebih menarik jika dikemas sebaik mungkin dalam proses penyampaiannya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  22. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah belum optimalnya pengelolaan pembelajaran yang dipandang sebagai faktor utama yang berpengaruh terhadap kemampuan siswa, karena siswa belum didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara optimal dan lebih cenderung pada kemampuan untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi tersebut. Maka proses pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif secara keseluruhan dalam mengemukakan pendapat serta mengkomunikasikan pemikirannya baik dengan guru, teman, maupun terhadap materi pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  23. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Lesson study merupakan salah satu forum belajar yg dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi/kemampuan guru. Kinerja guru yang professional sangat dibutuhkan dalam menuangkan buah pikirannya untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari. Lesson study dipandang sebagai cara atau alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang dipandang kurang efektif. Sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi oral. Praktik pembelajaran konvensional semacam ini cenderung menekankan bagaimana guru mengajar (teacher-centered) daripada bagaimana siswa belajar (student centered). Kita ketahui bahwa lesson study ini banyak dipandang sebagai alternatif dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul pada saat pembelajaran berlangsung. Melalui lesson study dapat diterapkan berbagai pembaharuan pembelajaran berdasarkan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi guru.

    ReplyDelete