Feb 20, 2013

More Link to Mathematics Teaching Resources




Dikumpulkan oleh Marsigit

http://hrd.apecwiki.org/index.php/Main_Page
http://hrd.apecwiki.org/index.php/Classroom_Innovations_through_Lesson_Study
http://hrd.apec.org/index.php/Lesson_Study_Papers
http://www.lessonplanspage.com/MathDecimalOperation-RestaurantSimulationIdea34.htm
http://www.time4learning.com/first-grade-math.shtml
http://alex.state.al.us/lesson_view.php?id=6715
http://www.themathworkshop.com/scenarios.htm
http://www.teach-nology.com/ideas/subjects/math/2/
http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans?keyid=1560107&start_at=1301&num_to_see=50
http://www.sedl.org/afterschool/toolkits/math/pr_math_find.html
http://www.capemaytech.net/ettc/links/mathlinks.html
http://www.lessonplansearch.com/Math/Middle_School_6-8/index.html
http://jhs.lasallepsb.com/Academics/Mathematics/math_websites.htm
http://www.whps.org/it/profdevelopment/Hotlinks/Math.htm
http://alternativeed.sjsu.edu/mod11.html
http://www.cloudnet.com/~edrbsass/edinternet.htm
http://www.math-helpdesk.com/1st-grade.htm
http://www.litespeed.com.sg/2_products/prod_cw_pri_drMath.html
http://www.thesolutionsite.com/lesson/26258/lesson2.htm
http://members.shaw.ca/dbrear/mathematics.html
http://www.central.k12.ca.us/akers/technology/teachertools.html
http://www.education-world.com/a_tsl/
http://www.ite.sc.edu/dickey/nassp/nassp.html
http://virtualinquiry.com/specialist/materials.htm
http://www.exampleessays.com/essay_search/Method_of_Teaching_Mathematics.html
http://www.geos-oceania.com/links/teaching-resources-lesson-plans-and-software-2.htm

69 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Terima kasih Pak Prof untuk referensi yang diberikan, sangat bermanfaat. Melalui link yang sudah saya akses pada http://lessonplanspage.com/mathdecimaloperation-restaurantsimulationidea34.htm/, membahas tentang Gagasan untuk mengajar Operasi Desimal dengan menggunakan Simulasi Restoran
    difokuskan untuk siswa kelas 3, Tujuannya : Siswa akan dapat memanfaatkan menambahkan, mengurangi, mengalikan, dan membagi desimal dalam skenario kehidupan nyata. Siswa dibagikan ke dalam bebrepa kelompok dengan peran merak masing-masing dan ada beberapa Pertanyaan Diskusi:
    * Kapan kamu menggunakan perkalian bukan penambahan? (Ketika orang tersebut memesan lebih dari satu hal yang harganya sama)
    Apakah Anda menggunakan pengurangan? Jika ya, kapan?
    * Kapan Anda harus menggunakan divisi di restoran? (Mungkin untuk membagi tagihan antara sejumlah orang tertentu.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terima kasih tak terhingga kepada pak prof. Marsigit telah memebrikan link yang diatas yang sangat membantu bagi guru-guru. Dan untuk orang lain. Dengan adanay referensi ini maka kita dan guru-guru yang lain yang membuka link bersangkutan mendapat pengethuan dalam menimplikasikakn pmatematika untuk anak itu seperi apa.

    ReplyDelete
  3. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Banyak sekali manfaat dari link ini khususnya bagi guru dan calon guru tentang bagaimana pembelajaran matematika yang baik bagi guru dan peserta didik sehingga dalam pembelajaran terjadi suatu kegiatan belajar yang bermakna bagi siswa. Diantaranya yaitu lesson study hingga berbagai inovasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Heni Lilia Dewi
    16709151054
    PPs Pendidikan Matematika 2016

    Sumber-sumber yang dapat diacu oleh guru matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran memang masih sangat dibutuhkan demi perbaikan selanjutnya. Link yang diberikan Prof. Marsigit ini sangat berguna bagi para pendidik dan calon pendidik, termasuk saya. Dengan adanya link ini, pendidik memperoleh referensi untuk mengembangkan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya yang disebutkan dalam link di atas yaitu bisa dengan mengadopsi Lesson Study.

    ReplyDelete
  5. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terima kasih prof atas link yang dibagikan, semoga dengan banyak link dapat memperkaya pengetahuan kita sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan bermakna.

    ReplyDelete
  6. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas link yang diberikan. Semoga semakin menambah wawasan saya mengenai kegiatan-kegiatan pembelajaran apa saja yang dapat diterapkan dikelas untuk dapat membantu siswa mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  7. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Terimakasih atas link yang dicantumkan, insha allah sangat membantu. Dari salah satu link yang ada yaitu https://www.exampleessays.com/papers/Method_Of_Teaching_Mathematics.html mengatakan di suatu tempat antara Vygotsky dan Piaget; Di suatu tempat antara Newton yang menentukan hukum alam semesta sendirian dengan pohon apelnya, dan Andrew Wiles membuktikan teorema terakhir Fermat dengan bantuan rekan-rekannya di seluruh dunia; Di suatu tempat antara belajar 3R dengan hafalan di bawah seorang kepala sekolah yang ketat memukuli bisikan sedikit pun, dan pelajaran matematika "pengetahuan adalah percakapan" neo-pragmatis adalah wacana ideal dari total wacana; Di suatu tempat antara ujung-ujung berlawanan dari berbagai spektrum mereka terdapat peran sebenarnya bahasa dan percakapan di kelas matematika. Jika itu adalah tanggung jawab guru matematika untuk mendorong siswa berbicara di kelas (Steele, 1998) maka lebih merupakan tanggung jawab untuk memastikan bahwa diskusi tersebut tidak merusak siswa "pembelajaran matematika (Sfard et al, 1998).

    ReplyDelete
  8. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Banyak aspek yang perlu dibahas ketika berbicara tentang Pengajaran matematika. Mulai rancangan pengajaran yang akan dilakukan, metode pengajaran yang digunakan, alat atau media dalam pengajaran dan lain-lain. Pada sumber ini juga dijelaskan lesson study. Lesson study yaitu salah satu metode/stratedi pengajaran matematika dimana guru secara kolaborasi untuk mengetahu kekurangan pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dilakukan demi kebaikan pengajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

    ReplyDelete
  9. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Inovasi dalam KBBI artinya pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (baik berupa gagasan, metode atau alat). Pembelajaran di kelas pun sangat membutuhkan inovasi, dalam proses belajar mengajar bukanlah hanya konsep yang siap diterima oleh peserta didik tetapi sesuatu yang harus dikonstruksi sendiri oleh siswa. Apabila inovasi pembelajaran dilaksanakan sesuai prosedur, akan memberikan manfaat yaitu membuat pembelajaran yang lebih baik dan lebih bermakna sehingga tujuan pembelajaran di kelas akan tercapai.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Terimakasih Prof untuk link yang sudah dibagikan. Semoga bisa bermanfaat untuk para guru dalam melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif tentunya disesuaikan dengan dimensi atau tingkatan jenjang pendidikan. Pembelajaran A yang diterapkan di SMA belum tentu cocok untuk digunakan di tingkat SD karena tingkat pemahaman dalam memahami konsep pun berbeda, siswa SD belum mampu memahami matematika abstrak sehingga harus melibatkan perangkat pembelajaran yang konkret.

    ReplyDelete
  11. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih Prof Marsigit, sekali lagi telah memberikan kami sumber pengetahuan baru yang mudah untuk kami akses dimanapun dan kapanpun. Semoga link tersebut dapat menjadi jembatan bagi keberlangsungan pendidikan Indonesia yang lebih baik. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak Prof atas link-link yang diberikan. Semoga kami dapat belajar dari referensi-referensi diatas sehingga kami dapat menerapkan ilmu-ilmu tersebut

    ReplyDelete
  13. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Terimakasih prof atas link-link yang diberikan, sebagai sumber ilmu untuk saya calon guru untuk bahan variasi metode dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas agar tidak hanya menggunakan 1 metode pembelajaran saja dalam mengajar.

    ReplyDelete
  14. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak marsigit. Dengan postingan ini, menambah referensi saya mengenai pengajaran matematika. Seorang guru memang harus memiliki dan mengetahui beragam alternatif metode dalam mengajar matematika. Karena tidak ada metode mengajar yang paling sempurna. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing bagian tertentu. Oleh karena itu, untuk menjadi guru yang kreatif dan sukses dalam mengajar, diperlukan penguasaan metode alternatif dan selalu memperbaiki (mengevaluasi) metode yang telah digunakan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof. Marsigit atas segala fasilitas, atas ilmu yang telah dibagikan ini. Atas sumber sumber belajar yang daoat kami akses kapan saja kami membutuhkannya. Terimakasih prof. Semoga ilmu-ilmu tersebut dapat kami gunakan sebaik baiknya Aamiin

    ReplyDelete
  16. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas sumber-sumber yang telah dikumpulkan oleh Pak Prof Marsigit yang dicantumkan dalam halaman ini. Semoga dapat saya gunakan dengan sebaik-baiknya dalam pembelajaran kelak.

    ReplyDelete
  17. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Marsigit, M.A. yang telah membagikan link tersebut sehingga dapat menjadi bahan referensi bagi saya dan teman-teman saya. Juga memudahkan kami dalam belajar.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  18. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dengan melaksanakan lesson study para guru dapat menentukan kompetensi yang perlu dimiliki siswa, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran (lesson) yang efektif; mengkaji dan meningkatkan pelajaran yang bermanfaat bagi siswa; memperdalam pengetahuan tentang mata pelajaran yang disajikan para guru; menentukan standar kompetensi yang akan dicapai para siswa; merencanakan pelajaran secara kolaboratif; mengkaji secara teliti belajar dan perilaku siswa; mengembangkan pengetahuan pembelajaran yang dapat diandalkan; dan melakukan refleksi terhadap pengajaran yang dilaksanakannya berdasarkan pandangan siswa dan koleganya. Meski merupakan sebuah ide sederhana, namun lesson study merupakan sebuah proses yang komplek. Lesson study merupakan proses yang mengkolaborasikan guru dalam grup kecil untuk merencanakan, mengajar, mengobservasi, meninjau kembali dan melaporkan hasilnya pada aplikasi dalam pengajaran individu. Inovasi proses belajar mengajar yang dirancang dan dikembangkan pada kegiatanlesson study ini bersifat aktif, praktis, menyenangkan, dan efektif. Dalam pelaksanaannya, kegiatan lesson study ini tidak bersifat instruksi atau menggurui, akan tetapi dilaksanakan secara kolaboratif antara dosen dan guru, guru dengan guru, dan guru pamong dengan guru praktikan.

    ReplyDelete
  19. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Manfaat Lesson Study adalah mengurangi keterasingan guru (dari komunitasnya), membantu guru untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajarannya, memperdalam pemahaman guru tentang materi pelajaran, cakupan dan urutan materi dalam kurikulum, membantu guru memfokuskan bantuannya pada seluruh aktivitas belajar siswa, menciptakan terjadinya pertukaran pengetahuan tentang pemahaman berpikir dan belajar siswa serta meningkatkankolaborasi pada sesama guru.Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa dalam lesson study ada tiga tahapan yaitu : 1. Perencanaan (plan) 2. Pelaksanaan (do) 3. Refleksi (see). Pada tahap pertama fungsi perencaan (plan ) adalah penyusunan skenario pembelajaran beserta perangkatnya dan instrumen observasinya.Pengimbasan pengetahuan secara kolaboratif.Pelatihan yang langsung diterapkan dalam pembelajaran, serta penyusunan lesson plan yang dapat dipahami sesama guru. Pada tahap kedua pelaksanaan (do) Seorang sebagai Guru model dan Guru lain, dosen dan mahasiswa sebagai Observer. Sedangkan tahap ketiga Refleksi (see) yaitu Kesan penyaji/guru model tentang cara/strategi pembelajaran yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  20. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih kepada Prof. Marsigit yang sudah membagikan dan memfasilitasi kami dengan menyediakan link-link sebagai sumber mengajar matematika. Semoga dapat menerapkan dalam pembelajaran sehingga dapat memfasilitasi siswa untuk belajar dengan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  21. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Link ini sangat baik dan bermanfaat untuk menjadi referensi bagi semua guru, karena mereka dapat berbagi semua hal atau semua masalah pengajaran dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pembelajaran matematika guna menciptakan pembeajaran yang inovatif dan memberikan fasilitas belajar kepada siswa. Dengan memnaca link ini diharapkan guru semakin termotivasi untuk semakin meningkatkan kemampuan pengajaran yang makin baik.

    ReplyDelete
  22. Febrian Luthfi
    13301241062
    pendidikan matematika 2013

    Terimakasih pak telah membagi link semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat, membantu untuk bisa menjadi guru matematika yang baik

    ReplyDelete
  23. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Terima kasih Pak Prof. Marsigit atas referensi yang telah dibagikan terkait sumber mengajar untuk pembelajaran matematika. Semoga referensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif.

    ReplyDelete
  24. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Link yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya link tersebut membuat saya tidak ada alasan lgi untuk tidak menjadi guru matematika yang baik. Kita bisa membaca dimana saja dan kapan saja. Terima kasih Pak Marsigit.

    ReplyDelete
  25. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link di atas, semoga kami dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan mengantarkan kami untuk menjadi guru yang inovatif serta mampu memfasilitasi siswa-siswa kami untuk belajar serta membangun pengetahuan.

    ReplyDelete
  26. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Terima kasih atas share link yang sangat bermanfaat. Salah satu sumber penting ialah kegiatan lesson studi untuk menciptakan inovasi pembelajaran. Lesson study memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikannya. Lesson study juga menjadi sarana bagi guru-guru untuk dapat berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan alat bantu belajar, memanfaatkan sumber-sumber belajar, melayani perbedaan karakteristik pada siswa, dsb. Dengan demikian, guru-guru dapat selalu melakukan perbaikan untuk pembelajaran berikutnya sehingga pada akhirnya Lesson study ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadi sarana pengembangan pembelajaran inovatif.

    ReplyDelete
  27. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terima kasih pak, semoga link-link yang bapak sharing dapat kami manfaatkan sebaik mungkin dan menjadi referensi bagi semua pembaca. Semoga dengan ada banyaknya informasi yang diperoleh dari referensi tersebut dapat memberi inspirasi bagi pengajar dan pendidik untuk berinovasi dalam mengembangkan pengajaran matematika.

    ReplyDelete
  28. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih banyak Prof atas link yang di share untuk kami, walaupun ada beberapa link yang sudah tidak aktif. Semoga sumber –sumber informasi ini dapat berguna bagi kami semua dalam mengembangkan potensi diri.

    ReplyDelete
  29. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimakasih banyak Pak sudah membagikan kumpulan link yang bisa menjadi sumber referensi untuk saya terkait pembelajaran matematika. Untuk saat ini mungkin saya tidak bisa membaca semua yang ada di link tersebut, tetapi dari beberapa link yang sudah saya buka dan saya membacanya, sungguh pentingnya peran matematika dalam dunia pendidikan. Karena matematika merupakan sarana berpikir untuk menuju perkembangan ilmu pengetahuan. Beberapa usaha telah dilakukan untuk mengembangkan pendidikan matematika, khususnya kemampuan berpikir matematika siswa. Tetapi sampai saat ini masih banyak kendala dalam meningkatkan kemampuan matematis siswa. Mungkin salah satu sebabnya karena matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi siswa. Maka disinilah perlunya inovasi pembelajaran matematika, supaya pembelajaran matematika perlahan-lahan disenangi dan tidak menakutkan lagi bagi siswa.

    ReplyDelete
  30. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih banya Prof atas link yang telah dibagikan. Saya sungguh kagum dengan pemanfaatan model pembelajaran yang memfasilitasi kami untuk terus berproses. Semoga pengetahuan yang kami peroleh dapat berguna bagi masyarakat dan peradaban.

    ReplyDelete
  31. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    saya telah membuka beberapa link di atas, link tersebut bermanfaat untuk berbagai macam keperluan di bidang pendidikan. terima kasih banyak pak

    ReplyDelete
  32. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Sumber -sumber yang dapat dijadikan sebagai bahan belajar dalam pendidikan matematika yang dibantu dalam link ini akan sangat berguna bagi calon pendidik dan pembelajar seperti kita untuk menambah wawasan berkaitan dengan pembelajaran matematika.
    Dengan demikian, para pendidik dan calon pendidik dapat mengupgrade kemampuan dirinya dalam mempersiapkan maupun melaksanakan proses pembelajaran dengan banyak membaca dan memperluas pengetahuan.

    ReplyDelete
  33. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Seorang guru tidak boleh berhenti dalam berinovasi serta menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Cara yang paling tepat dalam meningkakan kualitas pembelajaran adalah dengan memperluas pengetahuan dari seornag guru tersebut. Dengan membaca dan memperluas pengetahuan guru dapat meningkatkan kemampuan dirinya dalam mempersiapkan maupun melaksanakan proses pembelajaran dnegan lebih kreatif dan inovatif sehingga siswa tidak bosan dalam belajar.

    ReplyDelete
  34. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih Pak Prof. atas link sumber pembelajaran matematika yang Bapak sharing. Link-link sumber belajar ini akan sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa karena banyak informasi mengenai inovasi pembelajaran matematika yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  35. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Sebagai guru ataupun calon guru kreativitas dan inovasi tidak boleh habis. Karena banyak sumber-sumber referensi yang dapat kita cari untuk meningkatkan daya kreativitas kita sebagai pendidik seperti link-link di atas yang telah diberikan oleh bapak Prof. Dengan berbagai referensi tersebut saya akan berusaha memahami tulisan-tulisan yang ada di link tersebut, sehingga waktu yang cukup singkat selama saya menempuh pendidikan di UNY dapat digunakan secara optimal untuk membekali saya sebagai calon pendidik.

    ReplyDelete
  36. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    http://www.sedl.org/afterschool/toolkits/math/pr_math_find.html
    Saya mencoba memilah salah satu link yang terpampang di atas.Saya mendapati dari hasil bacaan bagaimana seorang guru menugaskan kepada siswanya untuk coba mendalami kebermaknaan matematika dalam kehidupan nyata.Dengan berbagai macam aktivitas yang dilakukan siswa setelah sekolah seperti bermain bola, musik memasak, dan sebagainya.Seorang siswa disuruh bagaimana mengkolaborasikan apa yang dirasakan anatra aktivitasnya sehari-hari dengan matematika.Akan tetapi aktivitas tersebut berdasarkan minatnya masing-masing.Pembelajaran ini menurut saya ini unik disamping membudayakan matematika kepada anak juga mengenalkan alam pada anak.

    ReplyDelete
  37. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terimakasih atas link yang Prof sampaikan pada postingan ini. Ada salah satu link yang menarik perhatian saya yaitu pada http://lessonplanspage.com/mathdecimaloperation-restaurantsimulationidea34.htm/ Konten dari Web tersebut berjudul An idea for teaching Decimal Operations by means of a Restaurant Simulation.
    Yang menarik adalah disajikannya lesson plan secara online dengan diberikan clue terkait materi pembelajaran yang akan dipraktekkan. Bagi siapa saja yang ingin menyampaikan hasil dari praktek pembelajarannya dapat dikirimkan melalui web tersebut. Hal ini dapat membantu guru untuk saling bertukar informasi pengalaman terkait metode pembelajaran yang diberikan pada web tersebut.

    ReplyDelete
  38. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Thanks for the link you gave us on this blog prf. I hope by clicking all this links we can know more how to teach in mathematics lesson. Because, if we do not have any resource or we just have a few resource, we will got confuse fo teach student with different strategy.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  39. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Thanks for the link you gave us on this blog prf. I hope by clicking all this links we can know more how to teach in mathematics lesson. Because, if we do not have any resource or we just have a few resource, we will got confuse fo teach student with different strategy.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Melihat sumber-sumber dan instrumen pembelajaran dari negara-negara lain khususnya negara yang sistem pendidikannya sangat maju akan menambah wawasan dan pengetahuan baik sebagai tenaga pengajar maupun bagi kami mahasiswa yang sedang mendalami dunia pendidikan. Dari salah satu link yang saya klik, terdapat contoh alternatif lesson plan dari materi operasi desimal. Kelas di setting menjadi restoran dan siswa di bagi ke dalam dua grup, yaitu sebagai customer dan waitress, di mana siswa akan terlibat dalam perhitungan bill dari orderan mereka. Hal ini merupakan terobosan yang dapat kita gunakan karena selama ini setting hanya diberikan pada LKS sehingga siswa hanya dapat membayangkan saja. Dengan setting yang lebih real diharapkan siswa dapat memperolah pembelajaran bermakna.

    ReplyDelete
  42. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Terima kasih Prof Marsigit sudah membantu kami dalam mencari sumber-sumber pengajaran. Banyak sumber ilmu matematika yang bisa kita pelajari. Dengan memanfaatkan IT yang benar, maka dapat mendapatkan banyak informasi dari berbagai pihak, tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal tetap diperlukan batasan-batasan yang sesuai.

    ReplyDelete
  43. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Terimakasih Pak atas link-link yang sangat bermanfaat ini. Informasi dalam link tersebut tentu sangat membantu bagi kami para guru yang membutuhkan sumber-sumber dalam pembelajaran matematika. Beberapa diantaranya membahas mengenai lesson study. Guru-guru juga perlu untuk berkumpul (seperti dalam MGMP) untuk kembali mempelajari mengenai metode-metode pembelajaran matematika terkini dan yang cocok untuk diterapkan di kelas.

    ReplyDelete
  44. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Alhamdulilllah.. Terimakasih prof. Link link tersebut sangat kami butuhkan sebagai pelaku akademis dalam bidang matematika. Dari link-link tersebut kita bisa mengetahui bagaimana matematika di nega lain, bagaimana menyusun RPP (lesson plan) dalam pembelajaran matematika. Metode pembelajaran yang digunakan dinegara lain yang inovatif tersebut dapat kita adopsi namun harus tetap disesuaikan dengan kharakteristik siswa Indonesia.

    ReplyDelete
  45. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Terima kasih Prof link-link yang diberikan tersebut, link tersebut memberikan gambaran dari RPP yang digunakan oleh berbagai negara. Setelah saya mencermati beberapa RPP yang disampaikan di link-link tersebut ternyata hampir sama dengan RPP yang selama ini saya buat diantaranya terdapat judul, tujuan, alat dan bahan yang digunakan, serta langkah-langkah dalam pembelajaran. Namun yang saya cermati terdapat RPP yang menyampaikan latar belakang dan manfaat yang akan diperoleh siswa setelah menerapkan langkah langkah dalam RPP tersebut.

    ReplyDelete
  46. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Matematika ialah sarana berfikir untuk menuju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran matematika di dunia pendidikan amatlah penting. Berbagai upaya telah dilakukan dalam peningkatan keberhasilan pembelajaran matematika, akan tetapi hasilnya masih belum memuaskan dan disinyalir kemampuan hasil belajar siswa. Namun kenyataannya matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit, menakutkan dan membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut maka saat ini dikembangkan suatu metode yang dikenal sebagai pemecah masalah.

    ReplyDelete
  47. Terimakasih Pak Marsigit atas link yang diberikan mengenai pembelajaran matematika. Dapat menjadi tambahan sumber informasi dan bacaan agar saya lebih memahami hal-hal terkait tentang pembelajaran matematika dan dapat sebagai acuan atau referensi saya dalam melaukan penelitian.

    ReplyDelete
  48. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Link-lik yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami sebagai calon guru dan guru. Sebagai seorang guru di era global, kita harus dapat berusaha dan belajar untuk menjadi guru berwawasan internasional. Maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mempelajari bagaimana pembelajaran matematika di luar negeri. Dengan banyak membaca dapat membantu kita menyiapkan berbagai inovasi dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  49. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Link yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya link tersebut membuat saya tidak ada alasan lgi untuk tidak menjadi guru matematika yang baik. Kita bisa membaca dimana saja dan kapan saja. Terima kasih Prof Marsigit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Prof, beberapa link sudah tidak bisa dibuka. Mungkin perlu diupdate lagi untuk link nya. Agar bisa bermanfaat untuk kita semua.

      Delete
  50. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas link yang diberikan. Semoga semakin menambah wawasan saya mengenai kegiatan-kegiatan pembelajaran apa saja yang dapat diterapkan dikelas untuk dapat membantu siswa mempelajari matematika

    ReplyDelete
  51. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih atas link yang bapak sharing, semoga dapat bermanfaat bagi kami sebagai informasi tambahan maupun referensi pengetahuan tambahan seputar pembelajaran matematika, untuk digunakan ketika mengajar nantinya maupun referensi tambahan perkuliahan.

    ReplyDelete
  52. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima Kasih Prof atas informasi terkait sumber-sumber pengajaran matematika tersebut. Meskipun informasi tersebut berbeda konteks dalam pembelajaran di Indonesia, Namun dapat kami ambil nilai-nilai yang sesuai dan yang relevan sehingga dapat diterapkan ataupun sebagai acuan untuk mengembangkan pembelajaran yang lain. Terima Kasih.






    ReplyDelete
  53. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pembelarajan matematika memerlukan metode yng menarik dalam penyampiaannya. Guru perlu sumber2 seperti link diatas unutk menarik perhatian siswa dalam pembelajran. Sehingga link2 tersebut perlu diketahui oleh guru guru guna diterapkan dalam kelas.

    ReplyDelete
  54. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih banyak Prof. untuk link-link yang telah dicantumkan pada artikel di atas. Metode-metode yang digunakan bervariasi dan semoga dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru dan calon pendidik dalam melakukan pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  55. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih Bapak, karena telah memberikan referensi bagi kami untuk menambah wawasan kami mengenai pembelajaran matematika. Pendidikan Indonesia masih tergolong berkatagori rendah maka sebaiknya pun kita mencari referensi dari luar. Karena referensi dari luar itu dapat menjadi pembanding, dapat mencarikan kita solusi/titik terang dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi di Indonesia.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  56. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Terimakasi Prof atas link-linknya yang sangat bermanfaat bagi kami sebagai sarana belajar dan menambah wawasan pengetahuan. Selain itu menyadarkan kepada kami betapa tak terhingganya ilmu pengetahuan yang dapat kami pelajari sehingga menambah semangat untuk terus berusaha belajar. Berbagai metode yang sebelumnya belum saya ketahui dan ternyata sangat menarik dan memungkinkan untuk dilakukan dalam pembelajaran matematika. Sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk belajar matematika.

    ReplyDelete
  57. Terimakasih bapak, atas link-link yang dibagikan seputar sumber pembelajaran matematika, semoga kami bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya link yang bapak bagikan tersebut, amiin.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  58. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Membaca dan memperluas pengetahuan dapat digunakan para pendidik dalam meningkatkan kemampuan dirinya dalam mempersiapkan maupun melaksanakan proses pembelajaran.
    Sebagai seorang guru tidak boleh berhenti dalam berinovasi serta menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  59. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    guru matematika selainberkewajiban untuk mengembangkan potensi siswa juga harus mengembangkan dirinya sendiri. Jika guru hanya disibukkan dengan mengurus siswa tanpa menyediakan waktu ban=ginya untuk mereefleksikan pemahaman dan pengetahuannya juga tidak dibenarkan. Hal ini dapat menyebabkan siswa akan diberika pengetahuan yang stagnan secara terus menerus, padahal pengetahuan dan teknologi tidak ada yang tidak beruah, wallahu a'lam

    ReplyDelete
  60. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasi atas link-link manfaat yang Prof. bagikan kemapad kami. Selama ini link-link yang kami tahu hanya sekitaran google atau pun blog dan jurnal untuk mencari tahu sumber-sumber dalam proses pembelajaran matematika. Dengan adanya link-link ini, kami sangat terbantu untuk menemukan referensi dalam pembelajaran matematika agar matematika menjadi lebih menarik jika dikemas sebaik mungkin dalam proses penyampaiannya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  61. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah belum optimalnya pengelolaan pembelajaran yang dipandang sebagai faktor utama yang berpengaruh terhadap kemampuan siswa, karena siswa belum didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara optimal dan lebih cenderung pada kemampuan untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi tersebut. Maka proses pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif secara keseluruhan dalam mengemukakan pendapat serta mengkomunikasikan pemikirannya baik dengan guru, teman, maupun terhadap materi pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  62. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Lesson study merupakan salah satu forum belajar yg dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi/kemampuan guru. Kinerja guru yang professional sangat dibutuhkan dalam menuangkan buah pikirannya untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari. Lesson study dipandang sebagai cara atau alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang dipandang kurang efektif. Sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi oral. Praktik pembelajaran konvensional semacam ini cenderung menekankan bagaimana guru mengajar (teacher-centered) daripada bagaimana siswa belajar (student centered). Kita ketahui bahwa lesson study ini banyak dipandang sebagai alternatif dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul pada saat pembelajaran berlangsung. Melalui lesson study dapat diterapkan berbagai pembaharuan pembelajaran berdasarkan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi guru.

    ReplyDelete
  63. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Pak atas informasinya. Sumber-sumber yang bapak berikan telah menambah wawasan saya terkait berbagai macam penerapan metode dan model pembelajaran matematika. Mengingat bahwa tidak ada model pembelajaran yang paling tepat untuk semua siswa dan semua materi, setiap model pembelajaran tentunya memiliki sisi positif dan negatifnya sendiri-sendiri. Sehingga diharapkan dengan mempelajari sumber-sumber tersebut dapat menambah wawasan kami dalam merancang variasi dalam pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang menarik, bermakna serta sesuai dengan karakter siswa.

    ReplyDelete
  64. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1- Pendidikan matematika A 2015

    Terimakasih Prof untuk link yang diberikan. semoga dapat menambah wawasan dan referensi bagi kami berkaitan dengan pendidikan matematika, dan menjadi bekal bagi kami dalam mempersiapkan diri sebagai calon pendidik. Dari salah satu link yang deiberikan memberikan informasi kepada kami apa saja dan sampai bagian mana materi yang harus dipelajari oleh anak-anak SD,

    ReplyDelete
  65. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Terima kasih prof atas linknya. Dengan link tersebut mampu menambah kebendaharaan metode-metode yang dapat menjadi referensi dalam proses pembelajaran. Seorang pendidik pun seharusnya juga mempelajari metode-metode yang beranekaragam supaya pendidik bisa semakin banyak metode yang diketahui untuk menyelesaikan permasalahan di dalam pembelajaran

    ReplyDelete
  66. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih sudah mau membagikan link-link di atas Prof. Link tersebut dapat menambah wawasan kami dan menjadi bekal kami senagai calon pendidik

    ReplyDelete
  67. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2105

    Terimakasih, Prof atas link yang telah diposting mengenai membelajarkan matematika. Semoga referensi tersebut dapat membantu pendidik dalam membelajarkan matematika kepada siswa.

    ReplyDelete
  68. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Terima kasih banyak Prof. Marsigit atas tautan-tautan yang sudah dipost pada postingan ini. Melalui tautan tersebut, semoga saya bisa mempelajari hal-hal yang saya perlukan dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu, semoga melalui tautan-tautan tersebut persiapan saya, baik persiapan umum maupun persiapan khusus, untuk membelajarkan matematika menjadi lebih siap dan matang.

    ReplyDelete