Feb 12, 2013

IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICS




IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICS.
By: S1 Students of Pre-Service Teacher Training Program of Secondary Mathematics Education. Thursday, November 20, 2008

1.How to encourage students to understand mathematics?
2.How to develop innovative teaching learning of mathematics?
3.The influence of teacher’s emotional on teaching learning of mathematics?
4.How to develop methods of teaching learning of mathematics?
5.How to facilitate the lower achievement students?
6.How to overcome teacher’s nervous whenever he/she conduct teaching learning mathematics?
7.How to promote effective communication in the class of mathematics?
8.How to develop students’ motivation in learning mathematics?
9.How to develop problem solving activities of mathematics?
10.What do you know about Home Schooling and how it implementation in teaching learning of mathematics?
11.What is the relevant of the theory of S-R in teaching learning of mathematics?
12.How to promote innovative teaching learning of mathematics?
13.How to develop the schema/scenario of teaching learning of mathematics?
14.How to develop teaching learning of mathematics in such a way that the students enjoy.
15.What do you know about Moving Class and how the impacts to the teaching learning of mathematics?
16. To what extent the influence of IQ to students’ competency in mathematics?
17. The role of memorizing activities in teaching learning of mathematics.
18. What do you think about trick/quick method in teaching learning of mathematics?
Contributors: Riyanti, Agustin Pandhuniawati Heriani, Hengkang Bara, Budiono, Mega Kusuma Listyotami, Dewi Fitrianing Lestari, Mei Hardiyanti, Dian Krismayanti, Mela Agustina, Endang Wahyuningsih, Indra Setyawati, Astrid Amretasari, Fajar Susilo, Rina Yulianingsih, Reni Nuraini, Agustiana Dwi Nurcahyani. Supervisor: Dr. Marsigit

12 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pembelajaran matematika dikatakan sedang menghadapi masalah yaitu apabila pembelajaran matematika tersebut berada pada kondisi yang tidak ideal dan ingin menuju kondisi ideal, namun untuk mencapai tujuan tersebut tidak mudah dan memerlukan pemikiran untuk sampai pada solusinya, maka pada saat itulah dapat dikatakan bahwa.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan mengindetifikasi masalah-masalah yang muncul, hendaknya seorang guru terus belajar dan berusaha untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut guna mencapai tujuan yang akan dicapai. Maka diperlukan peran aktif guru dalam menyelesaikan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Identifikasi masalah psikologis dalam belajar-mengajar matematika umumnya terkait dengan bagaimana cara guru membangun pemahaman siswa terhadap konsep matematika, mengembangkan pembelajaran inovatif, memotivasi siswa, memberdayakan atau mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, pengaruh aspek emosional guru dalam mengajar, dan juga sistem pembelajaran matematika di kelas.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    8.How to develop students’ motivation in learning mathematics?
    Kita membuat siswa senang dengan matematika. Berbagai cara dapat dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan fun teaching. Dengan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan, maka siswa akan termotivasi untuk belajar matematika. Cara lain adalah dengan mengetahui betapa pentingnya matematika pada pokok bahasan tertentu dengan kehidupannya sehari-hari. Jika siswa mengetahui betapa pentingnya matematika, maka dia akan bersungguh-sungguh untuk mempelajarinya.

    ReplyDelete
  5. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Permasalahan yang sering dihadapi oleh beberapa guru muda adalah kemampuannya dalam penguasaan kelas, terkadang mereka serikngkali tidak maksimal melaksanakan kegiatan pembelajaran dikarenakan mereka masih belum dapat beradaptasi dengan baik dengan situasi serta kondisi kelas. Mereka sering merasa cemas dan gugup ketika melaksanakan pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu hambatan bagi para guru untuk dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam pembelajaran. Kegugupan ini merupakan hal yang wajar dirasakan oleh para guru terutama guru-guru yang baru pertama kali melaksanakan kegiatan pembelajarna di kelas. Kegugupan ini akan hilang seiring dengan banyaknya intensitas pembelajaran yang mereka lakukan. Semakin sering mereka melaksanakan pembelajaran maka rasa gugup akan semakin berkurang.

    ReplyDelete
  6. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Dari identifikasi-identifikasi yang diuraikan di atas seharusnya menjadi perhatian besar bagi guru maupun calon guru. Jika tidak salah, identifikasi masalah di atas mempermaslahkan bagaimana mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif, kreatif, komunikasi antara guru dan siswa efektif, motivasi belajar siswa, dan pemecahan masalah matematika. Selain itu juga yang menjadi perhatian penting bagi guru adalah bagaimana peran guru untuk memfasilitasi kemampuan siswa yang berbagaimacam karakter. Untuk itu perlu kiranya bagi kita semua dapat menganalisis bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan psikologi dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  7. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Saya tertarik untuk menanggapi persoalan yang terakhir, menurut pengalaman saya trik atau metode cepat dalam pembelajaran matematika tidak dapat menanamkan konsep pada diri seseorang. Trik-trik tersebut hanya dapat digunakan untuk tujuan jangka pendek. Bahkan cara-cara tersebut hanya dapat digunakan pada soal-soal type khusus. Akibatnya, siswa tidak akan mampu menyelesaikan masalah yang lebih tinggi. Dengan kata lain, kemampuan berpikir siswa tidak akan bisa berkembang dengan baik. Jika siswa terbiasa menggunakan cara-cara cepat, maka siswa akan kesulitan untuk mempelajari materi berikutnya yang membutuhkan pemahaman konsep pada materi yang bersangkutan. Adanya trik dan cara cepat ini ditengarai karena kecenderungan siswa dan juga pendidik yang menginginkan cara yang instan dalam pembelajaran. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh tuntutan UN.

    ReplyDelete
  8. Shelly Lubis
    177092521040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    I want to give my opinion about How to encourage students to understand mathematics. to encourage them, we can give them an idea about what the topic can be applied to context in real life, before the instruction starts. for example, they are going to study about quadratic function. before the teacher start the lesson, she/he can give examples about what's the advantage of learnign this topic, it can be appied when you become an engineer and wanna make a bridge. or when you want to calculate the maximum heigt of the bullet in physics.

    ReplyDelete
  9. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 18. What do you think about trick/quick method in teaching learning of mathematics?Kecemasan merupakan hal yang daoat dialami oleh setiap orang. Sebagai serang pendidik kecemasan harus sesuai dengan kadarnya.Kecemasan seorang pendidik dapat dikarenakan bahwa dia tidak menguasai materi yang hendak diajarkan. Pendidik harus dapat mengatasi kecemasannya baik saat menyampakan pelajaran, mengolah data nilai, menghadapi siswa, dan kecemasan psikologi lain. Pendidik harus menutupi kecemasannya agar siswa tidak merasakan kecemasan dari pendidiknya. Karena apabila pendidik sendiri cemas, apa yang akan dipercayai siswa mengenai pembelajarannya.

    ReplyDelete
  10. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    berkaiatan dengan bagaimana mengemabnagkan pembelajaran yang inovatif, merupakan dimana usaha seorang guruuntuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran matematika. gurumemanfaatkan media disekitar atau dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang speerti saat ini sebagai metode atau alat yang digunakan untuk pembelajaran yang lebih inovatif. selain itu penggunaaan metode yang bervariasi juga dapat digunakan untuk mengmbangakn inovatif dalam pembelajaran, sehingga siswa akan menanti pelajaran matematika yang menarik setelahnya, sehingga akan membantu siswa dalam memotivasi diri untuk senang terhadao matematika.

    ReplyDelete
  11. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Thank you for sharing this, Sir. In my opinion, we cannot encourage students to understand mathematics, since the word 'understand' is more related to cognitive process of individuals, it is difficult for other people to do something about it. Instead, we can encourage them or motivate them to develop their motivation to learn mathematics and apply it to their real life.

    ReplyDelete
  12. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Keceradasan siswa sangat membantu guru di dalam pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda-beda diantaranya adalah meliputi kecerdasan intuisi dan refleksi. Kecerdasan intuisi adalah keceradasan yang bersifat spontanitas artinya siswa memberikan respon tanpa adanya melalui proses pengalaman belajar. Sedangkan kecerdasan refleksi adalah kebalikan dari intuisi yakni siswa memerlukan pengalaman belajar terlebih dahulu agar bisa memahami dan meberikan respon dari pelajaran yang berikan oleh guru. Dengan diketahuinya jenis kecerdasan yang dimiliki siswa maka guru sudah semestinya dapat memberikan perlakuan yang adil dan sesuai kepada seluruh siswa agar proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete