Feb 12, 2013

IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICS




IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICS.
By: S1 Students of Pre-Service Teacher Training Program of Secondary Mathematics Education. Thursday, November 20, 2008

1.How to encourage students to understand mathematics?
2.How to develop innovative teaching learning of mathematics?
3.The influence of teacher’s emotional on teaching learning of mathematics?
4.How to develop methods of teaching learning of mathematics?
5.How to facilitate the lower achievement students?
6.How to overcome teacher’s nervous whenever he/she conduct teaching learning mathematics?
7.How to promote effective communication in the class of mathematics?
8.How to develop students’ motivation in learning mathematics?
9.How to develop problem solving activities of mathematics?
10.What do you know about Home Schooling and how it implementation in teaching learning of mathematics?
11.What is the relevant of the theory of S-R in teaching learning of mathematics?
12.How to promote innovative teaching learning of mathematics?
13.How to develop the schema/scenario of teaching learning of mathematics?
14.How to develop teaching learning of mathematics in such a way that the students enjoy.
15.What do you know about Moving Class and how the impacts to the teaching learning of mathematics?
16. To what extent the influence of IQ to students’ competency in mathematics?
17. The role of memorizing activities in teaching learning of mathematics.
18. What do you think about trick/quick method in teaching learning of mathematics?
Contributors: Riyanti, Agustin Pandhuniawati Heriani, Hengkang Bara, Budiono, Mega Kusuma Listyotami, Dewi Fitrianing Lestari, Mei Hardiyanti, Dian Krismayanti, Mela Agustina, Endang Wahyuningsih, Indra Setyawati, Astrid Amretasari, Fajar Susilo, Rina Yulianingsih, Reni Nuraini, Agustiana Dwi Nurcahyani. Supervisor: Dr. Marsigit

6 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Guru yang profesional adalah guru yang mengetahui bagaimana keadaan psikologi peserta didik dan mampu memberikan pelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik. Guru profesional juga akan selalu inovatif dan kreatif dalam membelajarkan matematika, dia akan selalu terus belajar agar pembelajaran matematika yang disampiakannya lebih bemafaat untuk kehidupan siswanya dimasa yang akan datang. Sehingga dengan inovasi dan kreativitas guru dalam mengajar akan menjadikan PBM dikelas akan lebih enjoy lebih menyenangkna dan lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Mengidentifikasi psikologi siswa dapat dilihat dari cara siswa mempelajari suatu pelajaran khususnya pelajaran matematika. Sudah menjadi hal yang biasa bahwa pandangan seseorang terhadap matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan khususnya bagi para siswa. ada sebagian siswa yang lalu menganggap bahwa dirinya tidak memiliki bakat untuk mempelajari matematika. Jika ada siswa yang memiliki anggapan atau keyakinan (belief) seperti itu, maka ia sepertinya sudah memvonis dirinya untuk tidak usah dan tidak akan mampu mempelajari matematika, karena meskipun ia mempelajari matematika maka ia akan tetap tidak akan berhasil mempelajari. Tentunya, anggapan seperti itu cukup mengkhawatirkan dan perlu pemikiran dan penanganan yang lebih cermat untuk dilakukan perbaikan, terutama oleh para guru SD, alasannya jika ada siswa SD yang memiliki anggapan atau keyakinan (belief) bahwa dirinya tidak memiliki bakat untuk mempelajari matematika maka keyakinan tersebut akan terus dibawanya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Sebagai seorang guru yang baik dalam memberikan pelajaran harus mempunyai waktu untuk membuat ‎persiapan dalam mengajar para guru harus menyediakan fasilitas bagi siswa bahwa cara untuk menemukan matematika mereka sendiri. Mereka harus mengembangkan pola pikir mereka tentang matematika, guru hanya sebagai fasilitator yang membuat alat pembelajaran yang menarik untuk bebas berekspresi, berpikir kreatif, dan sebagainya. Dengan demikian memahami matematika juga akan lebih mudah karena siswa merasa senang guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang inovatif, komunikatif, dan bervariasi. Komunikasi antara guru dan siswa sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Menanggapi pertanyaan "What do you think about trick/quick method in teaching learning of mathematics?". Untuk membentuk atau membangun konsep matematika yang baik tentunya menggunakan trik atau metode yang cepat rasanya tidak tepat, karena dengan menggunakan trik cepat banyak langkah-langkah atau konsep-konsep yang terlewati sehingga mendapatkan penyelesaian atau hasil akhir. Tetapi di sisi lain penggunaan trik cepat juga berguna khususnya untuk menjawab tes pilihan ganda dengan waktu yang terbatas, seperti dalam menyelesaikan soal ujian nasional atau SBMPTN. Tentunya kita sebagai guru akan memberikan yang terbaik kepada peserta didik kita yang tidak hanya melihat hasil akhir siswa dalam mengerjakan soal-soal yang ada, namun juga melihat kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif siswa.

    ReplyDelete
  5. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    To what extent the influence of IQ to students’ competency in mathematics?
    Sepemahaman saya IQ seseorang dapat berubah sepanjang perkembangan pengetahuannya. Kompetensi matematika siswa dapat dipengaruh dari berbagai aspek, tidak hanya dari IQ semata. Salah satu faktor yang paling penting pengaruhnya adalah latihan. Siswa yang belajar dengan tekun, berlatih tanpa henti dan sungguh – sungguh, ia akan jauh lebih lebih hebat kompetensi matematikanya dibandingkan siswa yang memiliki IQ tinggi namun malas belajar. Namun jika siswa memiliki IQ yang tinggi dan rajin berlatih, sudah pasti kemampuan matematikanya melebihi dari kemampuan siswa lainnya. Karena matematika tidak hanya soal membaca teori, namun membuktikan teori, menghitung dan menerapkannya.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    What do you know about Home Schooling and how it implementation in teaching learning of mathematics?
    Home schooling merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di rumah siswa. Orang tua memilih home schooling untuk anaknya pasti mempertimbangkan berbagai aspek, diantaranya adalah ingin memfokuskan kelebihan/bakat yang dimiliki anak, kesulitan untuk bersosialisasi dan adaptasi ke lingkungan luar, faktor kesehatan, lingkungan sekolah di sekitar yang kurang memenuhi kriteria dan lains sebagainya.
    Impelementasi pembelajaran matematika untuk siswa home schooling sama seperti siswa pada umumnya, dapat menggunakan metode dan bentuk – bentuk soal matematika yang dianjurkan, namun dibatasi karena tidak dapat melakukan pembelajaran secara beramai – ramai atau berkelompok, dan jam pembelajaran yang tidak harus mengikuti peraturan dari dinas pendidikan daerah setempat.

    ReplyDelete