tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post5014973707402363059..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICSMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger34125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-78669627426144112762019-12-29T22:15:55.113+07:002019-12-29T22:15:55.113+07:00Assalamu'alaykum wr wb
Dwi Kawuryani
19709251...Assalamu'alaykum wr wb <br />Dwi Kawuryani<br />19709251061<br />Pendidikan Matematika S2 D<br />Dari beberapa pertanyaan diatas saya mencoba membahas nomor 5). How to facilitate the lower achievement students?<br />Setiap siswa memang memiliki kemampuan yang berbeda. Sudah menjadi tugas guru bahwa harus menggunakan metode yang sesuai untuk kelasnya yang heterogen. Namun siswa yang memiliki Dwi Kawuryanihttps://www.blogger.com/profile/17640754123405812199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-50235865325625860482019-12-25T07:30:45.756+07:002019-12-25T07:30:45.756+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan Da...Vera Yuli Erviana<br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019 <br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb.<br />Pada suatu pembelajaran matematika, akan terdapat masalah yang dapat dijumpai guru. Guru dituntut untuk dapat mengidentifikasi masalah pada pembelajaran matematika. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, guru diharapkan untuk mengetahui psikologi siswa.Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2673603748255201342019-12-16T22:27:16.433+07:002019-12-16T22:27:16.433+07:00Ahmad Syajili
19709251066
S2 PM D 2019
Assalamual...Ahmad Syajili<br />19709251066<br />S2 PM D 2019<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Saya akan mencoba menanggapi permasalahan yang terakhir mengenai penggunaan trik atau cara cepat dalam pembelajaran matematika. Menurut saya, boleh jika guru atau siswa yang menginginkan matematika diselesaikan dengan cara cepat atau dengan trik. Karena cara-cara cepat seperti ini terkadang dibutuhkan Ahmad syajilihttps://www.blogger.com/profile/06090833089732083612noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-89173706415347252562019-01-14T13:17:57.740+07:002019-01-14T13:17:57.740+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Ident...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Identifikasi msalah psikologi dalam pembelajaran matematika berkaiatan dengan bagaimana mengembangkan pembelajaran yang inovatif, merupakan dimana usaha seorang guruuntuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran matematika. gurumemanfaatkan media disekitar atau dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang speerti saat ini Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27462363979634585602019-01-04T22:54:51.265+07:002019-01-04T22:54:51.265+07:00Yoga Prasetya
18709251011
S2 Pendidikan Matematika...Yoga Prasetya<br />18709251011<br />S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A<br />Mengidentifikasi masalah psikologi dalam pembelajaran matematika sangat penting demi tercapainya tujuan pembelajaran. Hal yang lebih penting adalah memperhatikan kondisi psikologi seorang guru sebelum mengajarkan kepada siswanya. Karena akan berpengaruh dan berdampak terhadap psikologi siswa. Seorang guru yang memiliki Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04047730947002493198noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-91249400167739045822019-01-02T23:30:36.282+07:002019-01-02T23:30:36.282+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Kedelapan belas pertanyaan yang benar-benar mengidentifikasikan permasalahan psikologi di dalam pembelajaran matematika. Dari pertanyaan-pertanyaan itulah kita dapat menyadari bahwa permasalahan tersebut benar adanya dan cenderung beberapa diantaranya justru terabaikan. Guru yang baik adalah guru yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-89425012201357108352018-12-29T23:06:58.602+07:002018-12-29T23:06:58.602+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
Perta...Eka Puspita Sari <br />18709251035 <br />S2 PM B 2018<br /><br />Pertanyaan selanjutnya yaitu tentang what do you think about trick/quick method in teaching learning of mathematics?<br />Metode trik cepat matematika memang memberikan solusi yang memudahkan siswa. Metode tersebut biasanya diajarkan oleh lembaga-lembaga bimbingan belajar diluar sekolah. Metode tersebut tepat digunakan untuk kondisiAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27516354298077584082018-12-29T20:21:58.985+07:002018-12-29T20:21:58.985+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
Perma...Eka Puspita Sari <br />18709251035 <br />S2 PM B 2018<br /><br />Permasalahan psikologi dalam pembelajaran matematika berikutnya adalah pertanyaan tentang “The influence of teachers emotional on teaching learning of mathematics?”<br />Emosi adalah perasaan intensyang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi juga dapat diartikan sebagai reaksi terhadap seseorang atau sesuatu. Oleh karena Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-7719248478085121802018-12-29T20:19:18.297+07:002018-12-29T20:19:18.297+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
Perma...Eka Puspita Sari <br />18709251035 <br />S2 PM B 2018<br /><br />Permasalahan psikologi dalam pembelajaran matematika berikutnya adalah pertanyaan tentang “the role of memorizing activities in teaching learning of mathematics”.<br />Matematika bukan merupakan suatu pelajaran yang memerlukan kemampuan hafalan yang tinggi seperti pelajaran lain. Matematika hanya menuntut latihan dengan tekun. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-856880863451315452018-12-29T19:39:41.794+07:002018-12-29T19:39:41.794+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
Perma...Eka Puspita Sari <br />18709251035 <br />S2 PM B 2018<br /><br />Permasalahan psikologi dalam pembelajaran matematika berikutnya adalah pertanyaan tentang “what do you know about moving class and how the impacts to teaching learning mathematics?. Moving class adalah sistem belajar berpindah kelas seperti yang dilakukan di perguruan tinggi. Jika selama ini disekolah siswa dapat menempati satu Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33879931913904077042018-12-29T19:36:18.464+07:002018-12-29T19:36:18.464+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
Perta...Eka Puspita Sari <br />18709251035 <br />S2 PM B 2018<br /><br />Pertanyaan kedua mengenai “how to develop innovative teaching learning of mathematics? Mengenai bagaimana mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif dapat dilakukan dengan cara menjadi guru yang kreatif. Guru yang kreatif dapat menciptakan suasana belajar atau kegiatan belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa. Jika Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46440458068533174992018-12-29T19:34:45.078+07:002018-12-29T19:34:45.078+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
Perta...Eka Puspita Sari <br />18709251035 <br />S2 PM B 2018<br /><br />Pertanyaan pertama mengenai “how to encourage students to understand mathematics? Mengenai mendorong siswa untuk memahami matematika dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Jika siswa kesulitan memahami matematika akibat dari ketidak percayaandirinya dalam mengerjakan permasalahan matematika maka yang harus dilakukan guru Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-23140634293180158992018-12-29T18:32:01.287+07:002018-12-29T18:32:01.287+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
Menge...Eka Puspita Sari <br />18709251035 <br />S2 PM B 2018<br /><br />Mengenai pertanyaan nomor sepuluh tentang “what do you know about home schooling and how it implementation in teaching learning of mathematics?”. Home schooling adalah sistem pendidikan atau pembelajaran alternatif selain sekolah. Anak yang mengikuti home schooling bebas memilih pembelajaran mana yang ia sukai dan ia ingin pelajari.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-17785168803248568652018-12-28T22:23:04.704+07:002018-12-28T22:23:04.704+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Saya tertarik untuk menanggapi persoalan yang terakhir, menurut pengalaman saya trik atau metode cepat dalam pembelajaran matematika tidak dapat menanamkan konsep pada diri seseorang. Trik-trik tersebut hanya dapat digunakan untuk tujuan jangka pendek. Bahkan cara-cara tersebut hanya dapat digunakan pada fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-1309388530381913552018-12-28T02:28:36.903+07:002018-12-28T02:28:36.903+07:00Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Matem...Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /><br />Dalam pelaksanaan proses pembelajaran akan selalu berhadapan dengan berbagai permasalahan masing masing. Oleh karena itu, berbagai macam permasalahan tersebut harus kita cari solusinya, agar dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika. Berbagai macam inovasi dan pengembangan metode pembelajaran Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46857256971163154342018-12-26T21:24:31.525+07:002018-12-26T21:24:31.525+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matemat...Anggoro Yugo Pamungkas<br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.<br />Berdasarkan artikel diatas, saya ingin mencoba menjawab pertanyaan nomor 2. Matematika seringkali menjadi salah satu pelajaran yang menakutkan bagi para siswa, oleh karena itu para guru dituntut untuk meningkatkan sistem pembelajaran matematika yang inovatif dan Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-45758995834587634932018-12-26T21:15:31.723+07:002018-12-26T21:15:31.723+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matemat...Anggoro Yugo Pamungkas<br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.<br />Berdasarkan artikel diatas, terdapat beberapa pertanyaan-pertanyaan yang di timbulkan oleh para guru dalam pendidikan matematika. Jika disuruh menjawab semua, maka kemungkinan belum bisa menjawabnya. Namun saya ingin mencoba menjawab pertanyaan nomor 1. Menurut saya, Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-80876223193495973512018-12-26T14:13:10.078+07:002018-12-26T14:13:10.078+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
berka...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />berkaiatan dengan bagaimana mengemabnagkan pembelajaran yang inovatif, merupakan dimana usaha seorang guruuntuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran matematika. gurumemanfaatkan media disekitar atau dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang speerti saat ini sebagai metode atau alat yang digunakan untuk pembelajaran yang Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-35858681521129098462018-12-24T22:24:07.446+07:002018-12-24T22:24:07.446+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr wb<br />Saya akan mencoba menanggapi pertanyaan tentang bagaimana mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif. Untuk memperbaiki citra matematika dimata siswa menjadi matematika yang menyenangkan, matematika yang bersahabat, matematika yang kontekstual, matematika yang aktif, matematika yang kreatifRosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2160415625616312212018-12-22T11:14:17.619+07:002018-12-22T11:14:17.619+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Men...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Menanggapi pertanyaan nomor 9 “How to develop problem solving activities of mathematics?” Mengembangkan kegiatan problem solving merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Hal ini bisa dilakukan dengan pemberian masalah oleh guru atau pengajuan masalah oleh siswa. Pada saat pemberian masalah, langkah awal yang harusAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-3108589905538123252018-12-21T22:27:48.427+07:002018-12-21T22:27:48.427+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Matem...Septia Ayu Pratiwi<br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Ada satu pertanyaan lagi yang membuat saya tertarik “How to overcome teacher’s nervous whenever he/she conduct teaching learning mathematics?”. Pertanyaan tersebut merupakan sebuah masalah yang terjadi pada guru muda dan baru. Terkadang guru tidak percaya diri ketika menghadapi siswa di kelas untuk pertama kalinya Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-34346814671950962142018-12-21T22:19:50.383+07:002018-12-21T22:19:50.383+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Matem...Septia Ayu Pratiwi<br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Saya rasa beberapa pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak guru. Seringkali kita mengatakan bahwa guru harus berinovasi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, namun sebenarnya inovasi pembelajaran yang harus diselenggaran itu yang seperti apa?. Atau bagaimana meningkatkan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-41746336869113743092018-12-19T17:30:40.400+07:002018-12-19T17:30:40.400+07:00Dini Arrum Putri
18709251003
S2 P Math A 2018
Ba...Dini Arrum Putri<br />18709251003<br />S2 P Math A 2018 <br /><br />Bagaimana cara meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika? Matematika adalah aspek yang sangat penting, permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi selalu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan motivasi siswa perlu pembelajaran yang inovatif dan selalu dibantu dengan masalah sehari-hari Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06929271158453882959noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-80592585405570097402018-12-18T12:16:19.181+07:002018-12-18T12:16:19.181+07:00I am interested in answering question number five,...<br /><br />I am interested in answering question number five, how to facilitate the lower achievement students? For the first, we should identify students' difficulty. Some questions for them will help us to identify that difficulty. Second, we should find some methods in helping them. Each student has different way to understand the material and these methods will help them. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-9290209071887220642018-12-12T14:24:32.938+07:002018-12-12T14:24:32.938+07:00Jefri Mailool
PEP 18701261002
Mengembangkan inova...Jefri Mailool<br />PEP 18701261002<br /><br />Mengembangkan inovasi pembelajaran matematika di sekolah diperlukan suatu terobosan baru terutama dalam materi operasi hitung. Guru dituntut bisa berkreasi dan membuat inovasi agar siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Dalam setiap pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, sebagai guru kita tidak hanya menggunakan buku sebagai sumber belajar. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17892627844489027507noreply@blogger.com