Feb 12, 2013

Identification the Problems on The Effort to Improve Teaching Learning Practice


Followings are problems identified by the Participants of Technical Guidance to Prepare International Class for Secondary Mathematics, National Department of Education, Indonesia.
Venue: Hotel Sahid, Yogyakarta, Indonesia, Day/date: Sunday November 23, 2008

1. Slamet Mulyadi, SPd (SMPN14 Ambon, Maluku)
- Communication in English
2. B. Ginanto, Drs (SMP N3 Purworejo, Central Jawa)
- How to asses the success of teaching learning process
- How to implement classroom-based assesment
3. Sukamti, SPd (SMPN5 Sragen Central Jawa)
- How to promote motivation
- How to involve students participation
4. Puji Astuti, SPd (SMPN1 Surakarta Central Jawa)
- How to set up scenario for students activities
- How to develop student worksheet?
5. Laminto, Drs (SMPN1 Sukoharjo Central Jawa)
- How to promote student's appreciation to others students' works
- How to develop time allocation
6. Regina Sandehang, SPd (SMPN1 Bitung North Sulawesi)
- How to promote student centered teaching learning
7. Suyono, SPd (SMPN1 Bireuen Aceh)
- The extent of the influences of ICT toward the students competencies
- How to promote teaching learning in which the students enjoy
8. Furnaningtyas, SPd (SMPN2 Penajam East Kalimantan)
- How to improve the results of the summative test
- Hoe to prepare and to implement pre-test and post test?
9. Lis Suharyani, SPd (SMPN1 Metro Lampung)
- The dilemma between finishing the curriculum and emphasizing the process of teaching learning?
10. Hasman, SPd Ing (SMPN 14 Ambon, Maluku)
- In the case of English, the teacher should improve pronounciation skill
11. Martutwuri Handayani SPd (SMPN1 Magelang, Central Jawa)
- How to develop ICT in teaching learning
- The weakness of peer teaching activities
12. Arie Wahyuningsih, SPd (SMPN 2 Temanggung, Central Jawa)
- The dilemma between teacher centered and students centered
- How to make in balance between students freedom to express their ideas and student freedom to do whatever they like.
Supervisor: Marsigit

49 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Memang terjadi dilema antara techear centered dengan student centered. Kurikulum Indonesia saat ini mengacu pada student centered namun fakta dilapangan apalagi untuk pelajaran matematika, terkadang jangankan stundent centered, teacher centered saja siswa tidak bisa. Jadi menurut saya, untuk pendidikan di Indonesia belum bisa diterapkan student centered, peran guru masih memdominasi dalam pembelajaran. Hal ini tidak bisa dipungkiri, disamping materi yang harus disampaikan banyak juga terdapat tuntutan yang banyak dari pemerintah.

    ReplyDelete
  2. Pembelajaran berbasis pada teknologi atau komputer menjadi kemajuan dalam melakukan pembelajaran. komputer dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran dengan diisi dengan suatu program komputer Geogebra misalnya. Untuk sekolah-sekolah yang mempunyai lab komputer maka Geogebra dapat digunakan untuk pembelajaran, mengeksplorasi lebih banya kemungkinan dari suatu grafik. Tetapi banyak sekolah yang belum punya lab ataupun penggunaan hanya untuk ilmu komputer. Atau siswa yang keluarganya mampu maka mereka mempunyai komputer atau laptop untuk belajar tetapi banyak siswa yang tidak mampu. Dalam segala kekuranga tetap saja pembelajaran dengan menggunakan teknologi komputer dikenalkan sehingga jika siswa mempunyai kesempatan belajar lebih jauh lagi maka mereka mempunyai gambaran dan tidak tertinggal.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Merupakan hal yang mudah jika kita ingin mengidentifikasi suatu masalah namun membutuhkan kerja keras jika harus menemukan solusi dari sebuah masalah, apalagi berhubungan dengan pendidikan matematika, pembelajaran matematika dan hal lain yang berhubungan dengan matematika. Saya mencoba menjawab pertanyaan tentang motivation, motivasi. Motivasi setiap orang pasti berbeda-beda, sekalipun ia tidak memiliki motivasipun dikatakan ia memiliki motivasi. Guru perlu memberikan stimulus kepada siswa agar siswa merasa tertantang untuk mempelajari matematika. Salah satu motivasi yang dapat diberikan guru adalah dengan memberikan pilihan untuk mengajukan tangan dalam menjawab pertanyaan. Misalkan jika siswa ragu dengan jawaban yang akan diberikan maka ajukan tangan kiri, jika siswa yakin akan jawaban yang akan diberikan maka ajukan tangan kanan. Diharapkan dengan cara ini siswa dapat termotivasi untuk aktif didalam kelas.

    ReplyDelete
  4. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Salah satu hal yang mempengaruhi praktik pembelajaran adalah motivasi siswa itu sendiri jika siswa tidak percaya bahwa usaha mereka cenderung untuk meningkatkan kinerja mereka, sehingga mereka tidak akan termotivasi untuk bekerja keras . Hal yang juga penting adalah bagaimana siswa mendapatkan kebebasan untuk mengekspresikan ide-idenya sendiri untuk membangun pengetahuan karena itu guru dituntut untuk dapat menerapkan assesment berbasis kelas, mengembangkan lembar kerja siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan apresiasi dan morivasi, melibatkan siswa aktif berpartisipassi di dalam pelajaran, serta bagaimana menilai keberhasilan belajar.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Salah satu masalah yang sering ditemui oleh guru adalah bagaimana cara membangkitkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran. Untuk memicu motivasi siswa dengan berbagai karakter di dalam kelas dapat dilakukan sebelum memulai pembelajaran atau dilakukan pada apersepsi. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sering dianggap menakutkan bagi siswa, maka sebaiknya sebelum masuk ke dalam inti pembelajaran guru sebaiknya pertama yang dilakukan adalah bagaimana menyampaikan apersepsi yang baik sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu guru yang baik tidak hanya menguasai materi tetapi juga mengetahui karakter siswa dan menurut saya bagaimana membuat siswa tertarik dengan pelajaran kita. Dengan kata lain guru semestinya tidak hanya sebatas memperhatikan tingkat kemampuan kognitif siswa namun juga terkait maslah psikomotorik dan afektifnya.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Lets see at problem 1st that’s “communication in english”. As we know, sometime we get a problem communicate in english. The problem gonna be bigger if we have to communicate mathematics in english. In daily life, comunication in english is a problem, moreover in mathematics communication in english. if we get missunderstand about the english, surely we will missunderstand about the mathematics also. Then, we can’t solve the mathematics problem well. So fisrt step to learn mathematics in english is understand the english first.

    ReplyDelete
  7. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    menjawab pertanyaan dari saudari puji astuti, Cara menyusun skenario untuk aktivitas siswa: untuk merancang aktivitas siswa, maka guru membuat perencanaan pembelajaran untuk membuat sketsa agar guru mempunyai pedoman dalam mengajar dikelas. dan diharapkan agar aktivitas yang dilakukan oleh siswa merupakan aktivitas pembelajaran yang bermakna. sehingga siswa mengetahui tujuan dari pembelajaran yang dilakukan.

    ReplyDelete
  8. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    memang pada saat ini kita berada pada masa transisi antara pembelajaran yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa. memang membuat sebuah kebiasaan yang baru sangat susah untuk dilakukan mengingat kebiasaan lama yang sudah mendarah daging di pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Ini adalah artikel yang akan sangat berguna bagi calon guru seperti saya. Dengan mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi oleh guru saat ini, calon guru diharapkan bisa mengidentifikasi solusi dari permasalahan tersebut. Sehingga semua itu bisa dijadikan media pembelajaran untuk menjadi guru yang baik. Selain menggunakannya sebagai pembelajaran pribadi, kita juga bisa mempublikasikannya untuk melakukan koreksi terhadap diri kita dan orang lain.

    ReplyDelete
  10. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Saya tertarik dengan identifikasi masalah oleh Sukamti, SPd (SMPN5 Sragen Central Jawa) yakni How to promote motivation. Motivasi siswa untuk belajar umumnya berkaitan dengan keyakinan siswa terhadap apa yang ia pelajari. Keyakinan Matematik adalah salah satu aspek yang paling penting dalam dimensi afektif. Aspek keyakinan matematik siswa ini terdiri dari empat macam, yakni keyakinan siswa terhadap karakteristik matematika, keyakinan siswa terhadap kemampuan diri sendiri, keyakinan siswa terhadap proses pembelajaran, dan keyakinan siswa terhadap kegunaan matematika. Keyakinan yang dimiliki seseorang dipengaruhi oleh diri dan lingkungannya. Hal ini berimplikasi bahwa keyakinan seseorang dapat berubah sebab setiap saat setiap orang mengalami pembentukan, pengubahan, atau penguataan atas keyakinan yang dimilikinya

    ReplyDelete
  11. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Bagitu banyak masalah yang ada dalam dunia pendidikan, misalnya saja permasalahan yang terjadi saat guru mengajar para murid-muridnya. Berbagai masalah yang ada tersebut dapat menjadikan pelajaran bagi kita, selain tu kita juga bisa memahami, jika kita mengalami kesulitan saat mengajar. Hal yang penting saat ini adalah guuru harus bisa meggunakan bahasa Inggris dalam pembelajaran di kelas, karena hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa serta gurunya sekaligus.

    ReplyDelete
  12. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Banyak pertanyaan yang muncul ketika membahas mengenai pendidikan matematika. Pertanyaan itu muncul mungkin juga berdasarkan pengalaman yang dialami dan hambatan yang dilalui. Untuk mengatasi masalah yang muncul dalam pendidikan matematika tidaklah mudah. Memerlukan kerjasama dari berbagai pihak dan usaha yang terus menerus agar dapat menemukan solusi yang tepat atas permasalahan yang terjadi. Penting kiranya membangkitkan motivasi siswa dalam mempelajari matematika agar siswa dapat belajar matematika dengan baik. Oleh karena itu guru hendaknya membuat pembelajaran tersebut berpusat pada siswa agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada postingan di atas, ternyata banyak sekali masalah yang ada pada guru dalam meningkatkan profesionalitasnya sebagai guru. Masalah tersebut dapat berasal dari guru itu sendiri dan dapat pula dari luar, seperti dari siswa, dari lingkungan sekitar, dan juga berasal dari materi yang akan diajarkan oleh guru kepada siswa. Masalah – masalah yang muncul tersebut seharusnya dicari pemecahannya ataou solusinya dengan cara mengidentifikasi masalah dengan baik. Kita dapat ikut serta dalam upaya pemecahan masalahnya dengan upaya riset riset matematika dan ikut serta dalam pengembangan memalui arahan pemerintahan.

    ReplyDelete
  14. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Begitu banyak permasalahan pada dunia pendidikan Indonesia. Terjadi dilema antara teacher centered dengan student centered. Kurikulum 2013 saat ini mengacu pada student centered namun fakta dilapangan apalagi untuk pelajaran matematika, pembelajaran masih bersifat teacher centered. Permasalahan lainnya yaitu guru mengajar tidak sesuai dengan backgroundnya masih banyak terjadi di beberapa sekolah. Sarjana pendidikan matematika tapi mengajar prakarya, bahasa indonesia, atau pelajaran lainnya. Serta dilema PPG yang juga merupakan masalah bagi sarjana-sarjana muda kependidikan.

    ReplyDelete
  15. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau lebih didalami lagi maka problem atau masalah dalam mengajar di kelas itu pasti banyak, karena pasti mempunyai masalah. Sebagai contoh teachers center dan student center. Yanag mana kedua paradigma ini selalu berbenturan. Yang satu berpusat kepada guru dan yang satu berpusat kepada siswa. tapi dalam hal ini saya menanggapi sebenarnya mau berpusat kepada guru ataupun kepada siswa sama-sama baik tinggal guru nya itu sendiri membawa nya kearah mana. Motivasi juga . karena motivasi setiap siswa itu berbeda-beda, dan kita juga tidak tahu motivasi siswa itu seperti apa dalam menerima suatu pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam praktek pembelajaran tidak akan terlepas dari masalah. Sehingga dengan melakukan identifikasi masalah akan mengubah paradigma dalam pembelajaran agar mencapai tujuannya. Identifikasi masalah tersebut ialah sebagai refleksi bagu guru untuk memperbaiki segala bentuk kekurangan. Masalah dalam pembelajaran dapat terjadi tidak lain ialah faktor antara guru, siswa dan strategi yang digunakan dalam mengajar.

    ReplyDelete
  17. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Peer teaching yang dilakukan para guru matematika menjadi wadah bagi guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Salah satu langkahnya adalah dengan mengidentifikasi masalah-masalah dalam pembelajaran matematika. Misalnya bagaimana membuat siswa menikmati belajar matematika, bagaimana mengembangkan LKS yang memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep sampai dengan mengatur alokasi waktu dalam pembelajaran. Identifikasi masalah ini diperoleh melalui diskusi dan sharing dari pengalaman masing-masing guru sehingga bisa diupayakan tindak lanjut sebagai bahan perbaikan dan pengayaan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dalam artikel ini membahas tentang motivasi pada siswa. kita tahu bahwa memahami motivasi siswa itu sangat penting dalam sebuah pembelajara. Pada artikel ini diceritakan siswa memiliki kepercayaan tentang kecerdasan dan pembelajaran yang dapat mempengaruhi motivasi mereka. Jika mereka percaya belajar umumnya mudah dan cepat (dan tidak boleh lambat atau sulit), mereka mungkin kehilangan motivasi ketika mereka menghadapi tantangan. Jika siswa meyakini kesuksesan mereka didapati dari bakat bawaan mereka daripada usaha, mereka mungkin tidak termotivasi untuk bekerja. Oleh karena itu sebagai calon pendidik kita harus mengerti akan hal ini.

    ReplyDelete
  19. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. guru idealnya selalu mengupayakan agar kegiatan belajar mengajar selalu lebih baik dari hari ke hari. Dari identifikasi permasalahan pada upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, yang menarik perhatian saya adalah identifikasi terakhir mengenai bagaimana cara untuk menyeimbangkan kebebasan siswa berpendapat dan kebebasan siswa untuk melakukan segala hal yang diinginkan. Saya juga merasa sulit untuk memberikan batasan kepada siswa dalam berpendapat, sebab terkadang siswa menyalah gunakan kebebasan berpendapat yang diberikan.

    ReplyDelete
  20. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Permasalahan yang terjadi pada praktik pembelajaran sangat banyak sekali. Termasuk pembelaran yang berpusat pada siswa atau berpusat pada guru. Paradigma pendidikan saat ini untuk Indonesia sendiri telah mengalami perubahan yaitu dari pembelajaran yang berpusat pada guru menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini sangat baik jika dilihat dari teoritiknya, namun kenyataan yang terjadi di lapangan. Sebagain guru belum melaksanakan yang demikian, bahkan ada guru yang belum memahami bagaimana melaksanakan pembelaran yang berpusat pada siswa. Permasalahan ini perlu diperhatika baik guru sendiri dan pemerintah.

    ReplyDelete
  21. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Mempersiapkan pembelajaran matematika menuju kelas Internasional memang membutuhkan perjuangan sungguh. Pada tahun 2008 banyak diadakan pelatihan untuk guru-guru, dan juga permasalahan yang dialami oleh guru pada tahun itu telah dipaparkan, di antaranya: kesulitan mengenai student centered dan teacher centered, dan mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Seiring berjalannya waktu, hingga tahun ini kurikulum 2013 diberlakukan dengan pendekatan scientific dan berorientasi pada siswa, guru pastisudah paham mengenai student center dan teacher center. Meskipun banyak terjadi di lapangan bahwa guru paham mengenai student center namun enggan melaksanakannya dalam pembelajaran dengan alasan takut waktu tidak mencukupi untuk target ketercapaian materi yang meningkat. Tahun 2014 ini banyak beredar buku maupun VCD mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis ICT, jika guru ingin dan mau mereka bisa belajar untuk menguasai ICT yang semakin canggih.

    ReplyDelete
  22. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Identifikasi masalah sangat penting bagi guru agar dapat dilakukan tindak lanjut serta perkiraan kemungkinan bantuan yang tepat. Kendala yang dihadapi oleh siswa terutama dalam hal kecemasan dan kesulitan belajar. Kecemasan tidak selamanya jelek, namun akan memotivasi siswa untuk meningkatkan belajarnya dan tentunya kecemasan tersebut dalam batas kewajaran. Selain itu, guru dapat mendiagnosis kesulitan belajar siswa dimana dengan adanya diagnosis tersebut dapat dicari solusi yang tepat dan segera dilakukan penanganan.

    ReplyDelete
  23. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Untuk memperbaiki kualitas mengajar seorang guru, guru harus belajar dari siswa, guru harus mampu mengidentifikasi apakah pembelajaran yang dia lakukan sudah mencukupi kebutuhan siswa. Jika belum guru harus menganalisis apa penyebab kurangnya kualitas pembelajaran tersebuut. Jika sudah ditemukan penyebabnya, guru harus mencari solusi atau perbaikan untuk pembelajaran yang dia lakukan agar kualitas pembelajaran yang dia lakukan meningkat sehingga mencukupi kebutuhan para siswa.

    ReplyDelete
  24. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    semua masalah siswa di kelas adalah tentang fasilitas apa yang sesuai dengan siswa untuk membuat siswa memiliki kebutuhan dan ada niat untuk membuat siswa dapat meningkatkan keterampilan mereka

    ReplyDelete
  25. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Demi mencapai pembelajaran yang inovatif dan pembelajaran yang baik, maka refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan sangat penting, guru harus melakukan identifikasi terhadap masalah yang terjadi dalam pembelajaran, diharapkan guru dapat menemukan penyelesaiannya sehinggga untuk pembelajaran yang akan datang masalah tersebut tidak terulangi kembali.

    ReplyDelete
  26. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada postingan diatas, guru-guru menanyakan apa solusi dari berbagai pertanyaan yang muncul dari guru-guru peserta Technical Guidance to Prepare Int Class. Beberapa diantaranya adalah berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan perencanaan pembelajaran matematika. Seperti bagaimana cara menerapkan pembelajaran student centered, bagaimana mengembangkan LKS yang baik, dan lainnya. Hal tersebut secara umum ternyata dialami oleh guru-guru lain.

    ReplyDelete
  27. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Solusinya adalah dengan mengikuti peer teaching, lesson study, mencari referensi dari berbagai penelitian maupun artikel jurnal, dan saling berbagi pengalaman dari antar guru. Dari usaha-usaha diatas, kiranya mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.. Karena sebagai guru harus membutuhkan kerja keras dan ketekunan sehingga tercapai pembelajaran yang berkualitas bagi para siswa

    ReplyDelete
  28. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya tertarik dengan pertanyaan, bagaimana ICT dapat meningkatkan pembelajaran dan membuat siswa enjoy. Yunus (Arsyad, 2013:20) telah menuliskan bahwa media pembelajaran paling besar pengaruhnya bagi indra dan lebih dapat menjamin pemahaman. Orang yang mendengarkan saja tidak sama tingkat pemahamannya dan lamanya bertahan apa yang dipahaminya dibandingkan dengan mereka yang melihat, atau melihat dan mendengarkan. Apa bila didukung dengan media pembelajaran yang tepat, maka motivasi siswa untuk belajar juga bisa terbangun dengan baik.

    ReplyDelete
  29. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Dalam tulisan ini dicantumkan beberapa point permasalahan dalam pembelajaran oleh guru.
    Permasalahan-permasalahan tersebut harus didiskusikan bersama dengan sesama guru dan akan lebih baik jika didampingi oleh seorang dosen ahli.
    Pembahasan-pembahasan tersebut akan membantu terciptanya pembelajaran yang lebih optimal di dalam kelas.

    ReplyDelete
  30. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu tugas guru adalah memotivasi siswa untuk lebih siap dan memunculkan rasa ingin tahu siswa. Hal itu diperlukan, sehingga dalam mempelajari suatu materi siswa tidak terpaksa untuk mepelajarinya. Namun terdorong dari dirinya untuk mempelajari materi tersebut. Daklam menumbuhkan motivasi siswa ini salah satu caranya dengan meberikan sedikit cerita tentang materi yang akan dipelajari dan kegunaannya dikehidupan sehari-hari sehingga muncullah bibit-bibit motivasi muncul dalam diri siswa.

    ReplyDelete
  31. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Meningkatkan motivasi belajar siswa adalah salah satu kegiatan integral yang wajib ada dalam kegiatan pembelajaran. Selain memberikan dan mentransfer ilmu pengetahuan guru juga bertugas untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Tidak bisa kita pungkiri bahwa motivasi belajar siswa satu dengan yang lain sangat berbeda, untuk itulah penting bagi guru selalu senantiasa memberikan motivasi kepada siswa supaya siswa senantiasa memiliki semangat belajar dan mampu menjadi siswa yang beprestasi serta dapat mengembangkan diri secara optimal. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa.

    ReplyDelete
  32. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Untuk mengembangkan motivasi belajar, guru harus berusaha membentuk kebiasaan siswanya agar secara berangsur-angsur dapat memusatkan perhatian lebih lama dan bekerja keras. Oleh karena itu, usaha dan perhatian guru yang besar lebih diperlukan untuk membimbing siswa-siswa yang memiliki pencapaian rendah agar mereka memiliki motivasi belajar yang baik. Penghargaan sangat efektif untuk memotivasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas, baik tugas-tugas yang harus dikerjakan segera, maupun tugas-tugas yang berlangsung terus menerus. Sebaliknya pemberian celaan kurang menumbuhkan motivasi dalam belajar. Bahkan menimbulkan efek psikologis yang lebih jelek.

    ReplyDelete
  33. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Beberapa point permasalahan dalam pembelajaran oleh guru harus segera diatasi guna terciptanya situasi belajar yang optimal. Permasalahan-permasalahan tersebut harus didiskusikan bersama dengan sesama guru dan akan lebih baik jika didampingi oleh seorang dosen ahli bidang penidikan. Harapannya, segara permasalahan yang terjadi di Indonesia dalam hal pendidikan ini tidak lagi terulang dan segera terselesaikan.

    ReplyDelete
  34. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pembahasan-pembahasan yang dilakukan dapat berupa solusi untuk mengatasi masalah bagaimana menciptakan pembelajaran yang terpusat pada siswa atau sering disebut dengan student center, kemudian bagaimana menciptakan pembelajaran yang inovatif, hingga permasalahan yang cukup sulit yaitu menumbuhkan motivasi siswa yang notabene adalah tugas pokok seorang guru.

    ReplyDelete
  35. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Bukan suatu perkara yang mudah untuk menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar matematika. Bukan dengan celaan berupa kalimat kasar, sindiran atau sebangsanya melainkan dengan nasihat serta wujud pembelajaran yang inovatif. Beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang inovatif adalah dengan mengikuti seminar-seminar/workshop tentang pembelajaran inovatif, peer teachning dan juga memperbanyak referensi tentang pembelajaran di kelas terkait studi masing-masing.

    ReplyDelete
  36. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tidak hanya siswa yang memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda – beda tetapi guru juga mengalami hal tersebut. Guru pasti memiliki kelemahan dalam hal mengajar, namun kelemahan itu berbeda beda tiap guru. Maka sebagai guru baiknya selalu intropeksi diri atas pembelajaran yang ia lakukan, apa yang perlu diperbaiki. Selain itu, antar guru bisa saling berbagi pengalaman mengajar, dengan itu mereka dapat belajar dari pengalaman teman guru lainnya.

    ReplyDelete
  37. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    Berdasarkan tulisan di atas, dapat kita ketahui bahwa masih banyak permasalahan yang terjadi di dalam proses pembelajaran. Tugas guru dan tenaga kependidikan lainnya adalah bagaimana mengatasi masalah-masalah yang terjadi tersebut, bagaimana mereka dapat memfasilitasi para siswa mengenai apa yang harus siswa dapatkan.

    ReplyDelete
  38. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Ada beberapa masalah yang ditemui ketika mengidentifikasi masalah yang bertujuan untuk meningkatkan praktik belajar mengajar dalam rangka menyiapkan kelas Internasional, antaralain komunikasi dalam bahasa inggris. Komunikasi merupakan alat terpenting dalam pembelajaran di sekolah. Komunikasi menghubungkan antara materi, guru, dan siswa. Untuk membentuk kelas internasional maka diperlukan kemampuan bahasa inggris yang mumpuni, dalam arti siswa harus dapat menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam sumber belajarnya. Karena bahasa inggris merupakan modal untuk membangun kelas internasional yang akan membawa siswa-siswanya ke arah global dan model pembelajaran yang digunakan harus inovatif bukan hanya pembelajaran model tradisional.

    ReplyDelete
  39. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Metode pembelajaran yang mampu memberikan fasilitas untuk siswa adalah metode pembelajran yang melibatkan peserta didik secara aktif dan menemukan pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  40. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Penilaian pembelajaran matematika bukan mengenai hasil yang diperoleh siswa saat ujian saja. Akan tetapi proses adahal penilaian yang sangat penting.

    ReplyDelete
  41. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Sumber belajar matematika bukan hanya dari guru maupun buku, akan tetapi bisa dari internet maupun lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  42. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Perencanaan dan struktur pembelajaran matematika perlu dirancang sebelum pembelajaran dimulai agar guru sudah memiliki rancangan pembelajaran yang sesuai dengan hasil yang hendak dicapai. Strktur diperlukan untuk mematakan permasalahan dan kondisi siswa.

    ReplyDelete
  43. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Skema interaksi antar murid dan guru perlu dirancang untuk memudahkan dan menyesuikan kebutuhan materi dan kebutuhan siswa serta memudahkan guru dalam memantau perkembangan dan pemahaman siswa.

    ReplyDelete
  44. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Mengidentifiaksi masalah itu sangat bagus untuk mengetahui hambatan atau maslaah masalah yang ada dalam pendidikan dan diusahakan untuk mencari solusinya agar kualitas pendidikan akan meningkat. Ada bebebrapa hal yang mempengaruhi praktik pembelajaran, contohnya adalah perencanaan pembelajaran guru harus jelas dan telah dipersiapakan dengan matang, lalu motivasi siswa perlu ditingkatkan, karena sesungguhnya yang memperngaruhi lebih besar adalah kemauan dari diri siswa sehingga siswa ingin belajar dengan baik diimbangi dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat inovatif dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

    ReplyDelete
  45. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak masalah yang muncul dalam praktek pembelajaran. Dengan mengidentifikasi masalah yang ada maka dapat digunakan sebagai cerminan atau pembelajaran sehingga kedepannya dapat meningkatkan kegiatan belajar, sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

    ReplyDelete
  46. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Terdapat berbagai masalah ini salah satunya berasal dari guru, dari siswa ataupun metode yang telah digunakan. Secara garis besar, identifikassi masalah itu mengenai bagaimana menerapkan assesment berbasis kelas, mengembangkan lembar kerja siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa dan yang lainnya. Adanya identifikasi masalah tersebut, maka seorang guru dapat berusaha dan terus belajar untuk mencari solusi guna mencapai tujuan dari pembelajaran.

    ReplyDelete
  47. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Umumnya identifikasi permasalahan yang dikemukakan mengenai kendala yang dihadapi guru dalam mempromosikan pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif yang identik dengan student-centered masih menjadi kendala bagi guru yang terbiasa dengan pembelajaran tradisional (teacher-centered) dan siswa yang terbiasa menerima transfer pengetahuan dari guru. Adanya permasalahan tersebut, perlu dilakukan upaya untuk memperoleh solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi melalui proyek penelitian.

    ReplyDelete
  48. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dari kegiatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada kelas yang juga menggunakan bahasa inggris dalam pembelajarannya ini ternyata masih banyak yang mempraktekkan pembelajaran-pembelajaran tradisional. Pembelajaran tradisional ini merupakan pembelajaran yang cenderung menekakankan kegiatan aktif guru selama pembelajaran matematika berlangsung. Hal ini mengisyaratkan adanya dominasi guru di dalam pembelajaran, siswa cenderung pasif dan tidak diberikan kebebasan untuk dapat mempelajari matematika sesuai dengan cara berpikirnya. Siswa harus senantiasa menerima produk jadi yang diberikan oleh guru tanpa menganalisis secara lebih dalam mengenai konsep-konsep matematika tersebut.

    ReplyDelete
  49. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Beberapa permasalahan yang mungkin dialami guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika khususnya dalam pembelajaran matematika di kelas internasional tentu memiliki kesulitan tersendiri bagi para guru matematika. Salah satu kesulitan yang dirasa guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas internasional adalah komunikasi yang mengharuskan menggunakan bahasan inggris. Guru akan kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran apabila guru tersebut belum menguasai atau lancar berbicara dalam bahasa inggris. Hal ini tentu akan menghambat interaksi yang terjadi dengan siswa, dan guru juga tidak dapat maksimal dalam menyampaikan materi matematik yang akan dipelajari siswa. Komuniskasi serta interaksi merupakan salah satu faktor penting yang mendukung kesuksesan dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete