Feb 12, 2013

Identification the Problems on The Effort to Improve Teaching Learning Practice


Followings are problems identified by the Participants of Technical Guidance to Prepare International Class for Secondary Mathematics, National Department of Education, Indonesia.
Venue: Hotel Sahid, Yogyakarta, Indonesia, Day/date: Sunday November 23, 2008

1. Slamet Mulyadi, SPd (SMPN14 Ambon, Maluku)
- Communication in English
2. B. Ginanto, Drs (SMP N3 Purworejo, Central Jawa)
- How to asses the success of teaching learning process
- How to implement classroom-based assesment
3. Sukamti, SPd (SMPN5 Sragen Central Jawa)
- How to promote motivation
- How to involve students participation
4. Puji Astuti, SPd (SMPN1 Surakarta Central Jawa)
- How to set up scenario for students activities
- How to develop student worksheet?
5. Laminto, Drs (SMPN1 Sukoharjo Central Jawa)
- How to promote student's appreciation to others students' works
- How to develop time allocation
6. Regina Sandehang, SPd (SMPN1 Bitung North Sulawesi)
- How to promote student centered teaching learning
7. Suyono, SPd (SMPN1 Bireuen Aceh)
- The extent of the influences of ICT toward the students competencies
- How to promote teaching learning in which the students enjoy
8. Furnaningtyas, SPd (SMPN2 Penajam East Kalimantan)
- How to improve the results of the summative test
- Hoe to prepare and to implement pre-test and post test?
9. Lis Suharyani, SPd (SMPN1 Metro Lampung)
- The dilemma between finishing the curriculum and emphasizing the process of teaching learning?
10. Hasman, SPd Ing (SMPN 14 Ambon, Maluku)
- In the case of English, the teacher should improve pronounciation skill
11. Martutwuri Handayani SPd (SMPN1 Magelang, Central Jawa)
- How to develop ICT in teaching learning
- The weakness of peer teaching activities
12. Arie Wahyuningsih, SPd (SMPN 2 Temanggung, Central Jawa)
- The dilemma between teacher centered and students centered
- How to make in balance between students freedom to express their ideas and student freedom to do whatever they like.
Supervisor: Marsigit

16 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak masalah yang muncul dalam praktek pembelajaran. Dengan mengidentifikasi masalah yang ada maka dapat digunakan sebagai cerminan atau pembelajaran sehingga kedepannya dapat meningkatkan kegiatan belajar, sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Terdapat berbagai masalah ini salah satunya berasal dari guru, dari siswa ataupun metode yang telah digunakan. Secara garis besar, identifikassi masalah itu mengenai bagaimana menerapkan assesment berbasis kelas, mengembangkan lembar kerja siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa dan yang lainnya. Adanya identifikasi masalah tersebut, maka seorang guru dapat berusaha dan terus belajar untuk mencari solusi guna mencapai tujuan dari pembelajaran.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Umumnya identifikasi permasalahan yang dikemukakan mengenai kendala yang dihadapi guru dalam mempromosikan pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif yang identik dengan student-centered masih menjadi kendala bagi guru yang terbiasa dengan pembelajaran tradisional (teacher-centered) dan siswa yang terbiasa menerima transfer pengetahuan dari guru. Adanya permasalahan tersebut, perlu dilakukan upaya untuk memperoleh solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi melalui proyek penelitian.

    ReplyDelete
  4. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dari kegiatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada kelas yang juga menggunakan bahasa inggris dalam pembelajarannya ini ternyata masih banyak yang mempraktekkan pembelajaran-pembelajaran tradisional. Pembelajaran tradisional ini merupakan pembelajaran yang cenderung menekakankan kegiatan aktif guru selama pembelajaran matematika berlangsung. Hal ini mengisyaratkan adanya dominasi guru di dalam pembelajaran, siswa cenderung pasif dan tidak diberikan kebebasan untuk dapat mempelajari matematika sesuai dengan cara berpikirnya. Siswa harus senantiasa menerima produk jadi yang diberikan oleh guru tanpa menganalisis secara lebih dalam mengenai konsep-konsep matematika tersebut.

    ReplyDelete
  5. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Beberapa permasalahan yang mungkin dialami guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika khususnya dalam pembelajaran matematika di kelas internasional tentu memiliki kesulitan tersendiri bagi para guru matematika. Salah satu kesulitan yang dirasa guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas internasional adalah komunikasi yang mengharuskan menggunakan bahasan inggris. Guru akan kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran apabila guru tersebut belum menguasai atau lancar berbicara dalam bahasa inggris. Hal ini tentu akan menghambat interaksi yang terjadi dengan siswa, dan guru juga tidak dapat maksimal dalam menyampaikan materi matematik yang akan dipelajari siswa. Komuniskasi serta interaksi merupakan salah satu faktor penting yang mendukung kesuksesan dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  6. Nama : iLania Eka Andari
    Kelas : PM C (S2)
    NIM : 17709251050

    Dari beberapa masalah yang diidentifikasi di atas, beberapa diantaranya adalah tentang student-centered learning.

    Menurut saya, dalam suatu kelas yang heterogen student centered sangatlah berperan penting karena Student-Centered Learning memiliki potensi untuk mendorong siswa belajar lebih aktif, mandiri, sesuai dengan irama belajarnya masing-masing.

    Lalu, metode belajar seperti apa yang menitikberatkan student-centered? Ada beberapa metode yang sesuai, diantaranya ialah model pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning), model pembelajaran Discovery (Discovery Learning), model pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning), model Cooperative Learning, dan model pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning). Semua model pembelajaran tersebut dapat diterapkan di dalam kelas sesuai dengan kebutuhan siswa (yang heterogen seperti yang telah disebutkan diatas).

    Untuk seluruh guru di Indonesia khususnya, harapannya semua guru dapat berhijrah dan mengubah paradigmanya dari metode pembelajaran konvensional atau tradisional menjadi metode pembelajaran yang inovatif. Mengubah dari yang siswa pasif menjadi siswa aktif, dari siswa mendengarkan menjadi siswa berbicara, dari contoh oleh guru menjadi contoh oleh siswa, dari penjelasan oleh guru menjadi penjelasan oleh siswa, dari kesimpulan oleh guru menjadi kesimpulan oleh siswa, dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu. Karena sesungguhnya siswa adalah subjek belajar

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pada dasarnya inti dari kehidupan manusia adalah menyelesaikan masalah. Seorang guru pasti memiliki masalah yang kompleks dalam menghadapi siswa-siswanya dalam kegiatan belajar dan mengajar. Dengan permasalahan-permasalahan yang kompleks yang biasa dihadapi oleh seorang yang berprofesi guru ini, tentunya kami dapat memandangnya sebagai sumber masalah yang dapat membantu kami dalam belajar untu menyelesaikan masalah-masalah tersebut terutama dalam literasi berbahasa inggris. Dengan mulai menggunakan bahasa inggris dalam pembelajaran tentunya selain meningkatkan kompetensi pada materi pembelajaran, juga akan meningkatkan kemampuan guru sekaligus siswa dalam aspek literasi bahasa inggris tersebut.

    ReplyDelete
  8. Dimas Candra Saputra
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Mengembangkan praktik belajar mengajar memang tidak mudah. Banyak sekali kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Dari identifikasi masalah yang disajikan di atas, kebanyakan masalah yang muncul ialah kesulitan yang dihadapi guru yang menyangkut kemampuan guru dalam bidang teknologi, komunikasi, manajemen kelas, manajemen materi, perencanaan pembelajaran, pengembangan bahan ajar, pengembangan penilaian, dan lain sebagainya. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat diperoleh melalui pengalaman selama proses pembelajaran. Dalam hal ini guru-guru dapat membentuk lesson study agar lebih menemukan solusinya.

    ReplyDelete
  9. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima ksih atas postingannya, Prof. begitu banyak hal-hal yang menjadi masalah dalam pendidikan kita terutama dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika di sekolah. Berdasarkan identifikasi persoalan-persoalan pendidikan, ada baiknya diteliti lebih mendalam mengenai hal tersebut. Selain mendidik dan mengajar, guru bisa berperan sebagai peneliti. Dari peran tersebut guru bisa memperbaiki mutu pmbelajaran yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan Hal ini memberikan suatu gambaran bahwa sebagai peneliti, guru juga harus memahami teori tentang kurikulum sesuai dengan tugasnya sebagai pengembang kurikulum melalui peningkatan mutu pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    thank you Prof, from the above article we can see that there are many problems in the field of education, especially mathematics education. The existence of these problems is useful for improving the quality of education in the future. These problems can also be used for students as research ideas.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Begitu banyaknya masalah-masalah pembelajaran yang ada dikelas, sehingga memberikan sebuah anti-tesis yaitu berupa beragam pertanyaan bagaimana cara memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru di sekolah. Dengan mengetahui berbagai macam masalah tersebut memberikan stimulus kepada para calon pendidik untuk mempersiapkan diri sedini mungkin agar kedepannya dapat menjadi seorang pendidik yang baik dan inovatif sehingga dapat membuat lingkungan belajar yang bersifat kolaboratif. Selain itu, sesuai dengan perkembangan zaman, guru juga harus rutin mencari referensi tetang teknologi dan berbagai macam program IT yang dapat digunakan untuk mempermudah akses dan mendukung guru dalam menjelaskan materi dikelas.

    ReplyDelete
  13. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    I want to add some identification of problems, i.e. How to encourage students to be fair about doing their pretest, posttest or exams. Teacher have to give them not only formal words like "dear students, you must not cheating on exams", but also telling them with care. Another one is how to encourage students who don't have passion at school, few students are addicted with smart phone. of course this is their family's responsibility, but how teacher can handle this?

    ReplyDelete
  14. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Manusia hidup di dunia ini tidaklah seornag diri, namun manusia hidup dengan orang lain dan manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu saat problematika dalam pelaksanaan pembelajaran terjadi, seorang guru tidak boleh sungkan dalam mengatasi masalah pembelajran tersebut dengan mendiskusikan bersama guru lainnya, karena setiap pengalaman seseorang dalam mengajar berbeda-beda apalagi saat teman guru kita merupakan guru senior yang telah melaui berbagai macam pengalaman mengajar.

    ReplyDelete
  15. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Permasalahan-permasalahan tersebut harus didiskusikan bersama dengan sesama guru dan akan lebih baik jika didampingi oleh seorang dosen ahli.Pembahasan-pembahasan tersebut akan membantu terciptanya pembelajaran yang lebih optimal di dalam kelas. dari permasalahan -permaslahan yang muncul dalam pembelajaran menjadikan guru lebih mempersipkan materi dan perencanaan pembelajaran dengan matang, karena adanya maslah membuat seseorang lebih mempersiakan diri untuk menyelesaikan maslah dengan cara mempersiapak dengan baik sebelum pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  16. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Thank you for sharing this, Sir. Life is about problem solving. In education field, we face a lot of problems as well. The first step to solve a problem is identifying problems like written above. there are many problems in our education field but by doing research and apply the result, of course it can be overcame by the time.

    ReplyDelete