Feb 12, 2013

Identification the Problems on The Effort to Improve Teaching Learning Practice


Followings are problems identified by the Participants of Technical Guidance to Prepare International Class for Secondary Mathematics, National Department of Education, Indonesia.
Venue: Hotel Sahid, Yogyakarta, Indonesia, Day/date: Sunday November 23, 2008

1. Slamet Mulyadi, SPd (SMPN14 Ambon, Maluku)
- Communication in English
2. B. Ginanto, Drs (SMP N3 Purworejo, Central Jawa)
- How to asses the success of teaching learning process
- How to implement classroom-based assesment
3. Sukamti, SPd (SMPN5 Sragen Central Jawa)
- How to promote motivation
- How to involve students participation
4. Puji Astuti, SPd (SMPN1 Surakarta Central Jawa)
- How to set up scenario for students activities
- How to develop student worksheet?
5. Laminto, Drs (SMPN1 Sukoharjo Central Jawa)
- How to promote student's appreciation to others students' works
- How to develop time allocation
6. Regina Sandehang, SPd (SMPN1 Bitung North Sulawesi)
- How to promote student centered teaching learning
7. Suyono, SPd (SMPN1 Bireuen Aceh)
- The extent of the influences of ICT toward the students competencies
- How to promote teaching learning in which the students enjoy
8. Furnaningtyas, SPd (SMPN2 Penajam East Kalimantan)
- How to improve the results of the summative test
- Hoe to prepare and to implement pre-test and post test?
9. Lis Suharyani, SPd (SMPN1 Metro Lampung)
- The dilemma between finishing the curriculum and emphasizing the process of teaching learning?
10. Hasman, SPd Ing (SMPN 14 Ambon, Maluku)
- In the case of English, the teacher should improve pronounciation skill
11. Martutwuri Handayani SPd (SMPN1 Magelang, Central Jawa)
- How to develop ICT in teaching learning
- The weakness of peer teaching activities
12. Arie Wahyuningsih, SPd (SMPN 2 Temanggung, Central Jawa)
- The dilemma between teacher centered and students centered
- How to make in balance between students freedom to express their ideas and student freedom to do whatever they like.
Supervisor: Marsigit

71 comments:

  1. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada postingan di atas, ternyata banyak sekali masalah yang ada pada guru dalam meningkatkan profesionalitasnya sebagai guru. Masalah tersebut dapat berasal dari guru itu sendiri dan dapat pula dari luar, seperti dari siswa, dari lingkungan sekitar, dan juga berasal dari materi yang akan diajarkan oleh guru kepada siswa. Masalah – masalah yang muncul tersebut seharusnya dicari pemecahannya ataou solusinya dengan cara mengidentifikasi masalah dengan baik. Kita dapat ikut serta dalam upaya pemecahan masalahnya dengan upaya riset riset matematika dan ikut serta dalam pengembangan memalui arahan pemerintahan.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Begitu banyak permasalahan pada dunia pendidikan Indonesia. Terjadi dilema antara teacher centered dengan student centered. Kurikulum 2013 saat ini mengacu pada student centered namun fakta dilapangan apalagi untuk pelajaran matematika, pembelajaran masih bersifat teacher centered. Permasalahan lainnya yaitu guru mengajar tidak sesuai dengan backgroundnya masih banyak terjadi di beberapa sekolah. Sarjana pendidikan matematika tapi mengajar prakarya, bahasa indonesia, atau pelajaran lainnya. Serta dilema PPG yang juga merupakan masalah bagi sarjana-sarjana muda kependidikan.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau lebih didalami lagi maka problem atau masalah dalam mengajar di kelas itu pasti banyak, karena pasti mempunyai masalah. Sebagai contoh teachers center dan student center. Yanag mana kedua paradigma ini selalu berbenturan. Yang satu berpusat kepada guru dan yang satu berpusat kepada siswa. tapi dalam hal ini saya menanggapi sebenarnya mau berpusat kepada guru ataupun kepada siswa sama-sama baik tinggal guru nya itu sendiri membawa nya kearah mana. Motivasi juga . karena motivasi setiap siswa itu berbeda-beda, dan kita juga tidak tahu motivasi siswa itu seperti apa dalam menerima suatu pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam praktek pembelajaran tidak akan terlepas dari masalah. Sehingga dengan melakukan identifikasi masalah akan mengubah paradigma dalam pembelajaran agar mencapai tujuannya. Identifikasi masalah tersebut ialah sebagai refleksi bagu guru untuk memperbaiki segala bentuk kekurangan. Masalah dalam pembelajaran dapat terjadi tidak lain ialah faktor antara guru, siswa dan strategi yang digunakan dalam mengajar.

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Peer teaching yang dilakukan para guru matematika menjadi wadah bagi guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Salah satu langkahnya adalah dengan mengidentifikasi masalah-masalah dalam pembelajaran matematika. Misalnya bagaimana membuat siswa menikmati belajar matematika, bagaimana mengembangkan LKS yang memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep sampai dengan mengatur alokasi waktu dalam pembelajaran. Identifikasi masalah ini diperoleh melalui diskusi dan sharing dari pengalaman masing-masing guru sehingga bisa diupayakan tindak lanjut sebagai bahan perbaikan dan pengayaan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dalam artikel ini membahas tentang motivasi pada siswa. kita tahu bahwa memahami motivasi siswa itu sangat penting dalam sebuah pembelajara. Pada artikel ini diceritakan siswa memiliki kepercayaan tentang kecerdasan dan pembelajaran yang dapat mempengaruhi motivasi mereka. Jika mereka percaya belajar umumnya mudah dan cepat (dan tidak boleh lambat atau sulit), mereka mungkin kehilangan motivasi ketika mereka menghadapi tantangan. Jika siswa meyakini kesuksesan mereka didapati dari bakat bawaan mereka daripada usaha, mereka mungkin tidak termotivasi untuk bekerja. Oleh karena itu sebagai calon pendidik kita harus mengerti akan hal ini.

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. guru idealnya selalu mengupayakan agar kegiatan belajar mengajar selalu lebih baik dari hari ke hari. Dari identifikasi permasalahan pada upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, yang menarik perhatian saya adalah identifikasi terakhir mengenai bagaimana cara untuk menyeimbangkan kebebasan siswa berpendapat dan kebebasan siswa untuk melakukan segala hal yang diinginkan. Saya juga merasa sulit untuk memberikan batasan kepada siswa dalam berpendapat, sebab terkadang siswa menyalah gunakan kebebasan berpendapat yang diberikan.

    ReplyDelete
  8. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Permasalahan yang terjadi pada praktik pembelajaran sangat banyak sekali. Termasuk pembelaran yang berpusat pada siswa atau berpusat pada guru. Paradigma pendidikan saat ini untuk Indonesia sendiri telah mengalami perubahan yaitu dari pembelajaran yang berpusat pada guru menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini sangat baik jika dilihat dari teoritiknya, namun kenyataan yang terjadi di lapangan. Sebagain guru belum melaksanakan yang demikian, bahkan ada guru yang belum memahami bagaimana melaksanakan pembelaran yang berpusat pada siswa. Permasalahan ini perlu diperhatika baik guru sendiri dan pemerintah.

    ReplyDelete
  9. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Mempersiapkan pembelajaran matematika menuju kelas Internasional memang membutuhkan perjuangan sungguh. Pada tahun 2008 banyak diadakan pelatihan untuk guru-guru, dan juga permasalahan yang dialami oleh guru pada tahun itu telah dipaparkan, di antaranya: kesulitan mengenai student centered dan teacher centered, dan mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Seiring berjalannya waktu, hingga tahun ini kurikulum 2013 diberlakukan dengan pendekatan scientific dan berorientasi pada siswa, guru pastisudah paham mengenai student center dan teacher center. Meskipun banyak terjadi di lapangan bahwa guru paham mengenai student center namun enggan melaksanakannya dalam pembelajaran dengan alasan takut waktu tidak mencukupi untuk target ketercapaian materi yang meningkat. Tahun 2014 ini banyak beredar buku maupun VCD mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis ICT, jika guru ingin dan mau mereka bisa belajar untuk menguasai ICT yang semakin canggih.

    ReplyDelete
  10. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Identifikasi masalah sangat penting bagi guru agar dapat dilakukan tindak lanjut serta perkiraan kemungkinan bantuan yang tepat. Kendala yang dihadapi oleh siswa terutama dalam hal kecemasan dan kesulitan belajar. Kecemasan tidak selamanya jelek, namun akan memotivasi siswa untuk meningkatkan belajarnya dan tentunya kecemasan tersebut dalam batas kewajaran. Selain itu, guru dapat mendiagnosis kesulitan belajar siswa dimana dengan adanya diagnosis tersebut dapat dicari solusi yang tepat dan segera dilakukan penanganan.

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Untuk memperbaiki kualitas mengajar seorang guru, guru harus belajar dari siswa, guru harus mampu mengidentifikasi apakah pembelajaran yang dia lakukan sudah mencukupi kebutuhan siswa. Jika belum guru harus menganalisis apa penyebab kurangnya kualitas pembelajaran tersebuut. Jika sudah ditemukan penyebabnya, guru harus mencari solusi atau perbaikan untuk pembelajaran yang dia lakukan agar kualitas pembelajaran yang dia lakukan meningkat sehingga mencukupi kebutuhan para siswa.

    ReplyDelete
  12. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    semua masalah siswa di kelas adalah tentang fasilitas apa yang sesuai dengan siswa untuk membuat siswa memiliki kebutuhan dan ada niat untuk membuat siswa dapat meningkatkan keterampilan mereka

    ReplyDelete
  13. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Demi mencapai pembelajaran yang inovatif dan pembelajaran yang baik, maka refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan sangat penting, guru harus melakukan identifikasi terhadap masalah yang terjadi dalam pembelajaran, diharapkan guru dapat menemukan penyelesaiannya sehinggga untuk pembelajaran yang akan datang masalah tersebut tidak terulangi kembali.

    ReplyDelete
  14. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada postingan diatas, guru-guru menanyakan apa solusi dari berbagai pertanyaan yang muncul dari guru-guru peserta Technical Guidance to Prepare Int Class. Beberapa diantaranya adalah berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan perencanaan pembelajaran matematika. Seperti bagaimana cara menerapkan pembelajaran student centered, bagaimana mengembangkan LKS yang baik, dan lainnya. Hal tersebut secara umum ternyata dialami oleh guru-guru lain.

    ReplyDelete
  15. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Solusinya adalah dengan mengikuti peer teaching, lesson study, mencari referensi dari berbagai penelitian maupun artikel jurnal, dan saling berbagi pengalaman dari antar guru. Dari usaha-usaha diatas, kiranya mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.. Karena sebagai guru harus membutuhkan kerja keras dan ketekunan sehingga tercapai pembelajaran yang berkualitas bagi para siswa

    ReplyDelete
  16. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya tertarik dengan pertanyaan, bagaimana ICT dapat meningkatkan pembelajaran dan membuat siswa enjoy. Yunus (Arsyad, 2013:20) telah menuliskan bahwa media pembelajaran paling besar pengaruhnya bagi indra dan lebih dapat menjamin pemahaman. Orang yang mendengarkan saja tidak sama tingkat pemahamannya dan lamanya bertahan apa yang dipahaminya dibandingkan dengan mereka yang melihat, atau melihat dan mendengarkan. Apa bila didukung dengan media pembelajaran yang tepat, maka motivasi siswa untuk belajar juga bisa terbangun dengan baik.

    ReplyDelete
  17. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Dalam tulisan ini dicantumkan beberapa point permasalahan dalam pembelajaran oleh guru.
    Permasalahan-permasalahan tersebut harus didiskusikan bersama dengan sesama guru dan akan lebih baik jika didampingi oleh seorang dosen ahli.
    Pembahasan-pembahasan tersebut akan membantu terciptanya pembelajaran yang lebih optimal di dalam kelas.

    ReplyDelete
  18. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu tugas guru adalah memotivasi siswa untuk lebih siap dan memunculkan rasa ingin tahu siswa. Hal itu diperlukan, sehingga dalam mempelajari suatu materi siswa tidak terpaksa untuk mepelajarinya. Namun terdorong dari dirinya untuk mempelajari materi tersebut. Daklam menumbuhkan motivasi siswa ini salah satu caranya dengan meberikan sedikit cerita tentang materi yang akan dipelajari dan kegunaannya dikehidupan sehari-hari sehingga muncullah bibit-bibit motivasi muncul dalam diri siswa.

    ReplyDelete
  19. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak masalah yang muncul dalam praktek pembelajaran. Dengan mengidentifikasi masalah yang ada maka dapat digunakan sebagai cerminan atau pembelajaran sehingga kedepannya dapat meningkatkan kegiatan belajar, sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

    ReplyDelete
  20. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Terdapat berbagai masalah ini salah satunya berasal dari guru, dari siswa ataupun metode yang telah digunakan. Secara garis besar, identifikassi masalah itu mengenai bagaimana menerapkan assesment berbasis kelas, mengembangkan lembar kerja siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa dan yang lainnya. Adanya identifikasi masalah tersebut, maka seorang guru dapat berusaha dan terus belajar untuk mencari solusi guna mencapai tujuan dari pembelajaran.

    ReplyDelete
  21. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Umumnya identifikasi permasalahan yang dikemukakan mengenai kendala yang dihadapi guru dalam mempromosikan pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif yang identik dengan student-centered masih menjadi kendala bagi guru yang terbiasa dengan pembelajaran tradisional (teacher-centered) dan siswa yang terbiasa menerima transfer pengetahuan dari guru. Adanya permasalahan tersebut, perlu dilakukan upaya untuk memperoleh solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi melalui proyek penelitian.

    ReplyDelete
  22. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dari kegiatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada kelas yang juga menggunakan bahasa inggris dalam pembelajarannya ini ternyata masih banyak yang mempraktekkan pembelajaran-pembelajaran tradisional. Pembelajaran tradisional ini merupakan pembelajaran yang cenderung menekakankan kegiatan aktif guru selama pembelajaran matematika berlangsung. Hal ini mengisyaratkan adanya dominasi guru di dalam pembelajaran, siswa cenderung pasif dan tidak diberikan kebebasan untuk dapat mempelajari matematika sesuai dengan cara berpikirnya. Siswa harus senantiasa menerima produk jadi yang diberikan oleh guru tanpa menganalisis secara lebih dalam mengenai konsep-konsep matematika tersebut.

    ReplyDelete
  23. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Beberapa permasalahan yang mungkin dialami guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika khususnya dalam pembelajaran matematika di kelas internasional tentu memiliki kesulitan tersendiri bagi para guru matematika. Salah satu kesulitan yang dirasa guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas internasional adalah komunikasi yang mengharuskan menggunakan bahasan inggris. Guru akan kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran apabila guru tersebut belum menguasai atau lancar berbicara dalam bahasa inggris. Hal ini tentu akan menghambat interaksi yang terjadi dengan siswa, dan guru juga tidak dapat maksimal dalam menyampaikan materi matematik yang akan dipelajari siswa. Komuniskasi serta interaksi merupakan salah satu faktor penting yang mendukung kesuksesan dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  24. Nama : iLania Eka Andari
    Kelas : PM C (S2)
    NIM : 17709251050

    Dari beberapa masalah yang diidentifikasi di atas, beberapa diantaranya adalah tentang student-centered learning.

    Menurut saya, dalam suatu kelas yang heterogen student centered sangatlah berperan penting karena Student-Centered Learning memiliki potensi untuk mendorong siswa belajar lebih aktif, mandiri, sesuai dengan irama belajarnya masing-masing.

    Lalu, metode belajar seperti apa yang menitikberatkan student-centered? Ada beberapa metode yang sesuai, diantaranya ialah model pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning), model pembelajaran Discovery (Discovery Learning), model pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning), model Cooperative Learning, dan model pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning). Semua model pembelajaran tersebut dapat diterapkan di dalam kelas sesuai dengan kebutuhan siswa (yang heterogen seperti yang telah disebutkan diatas).

    Untuk seluruh guru di Indonesia khususnya, harapannya semua guru dapat berhijrah dan mengubah paradigmanya dari metode pembelajaran konvensional atau tradisional menjadi metode pembelajaran yang inovatif. Mengubah dari yang siswa pasif menjadi siswa aktif, dari siswa mendengarkan menjadi siswa berbicara, dari contoh oleh guru menjadi contoh oleh siswa, dari penjelasan oleh guru menjadi penjelasan oleh siswa, dari kesimpulan oleh guru menjadi kesimpulan oleh siswa, dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu. Karena sesungguhnya siswa adalah subjek belajar

    ReplyDelete
  25. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pada dasarnya inti dari kehidupan manusia adalah menyelesaikan masalah. Seorang guru pasti memiliki masalah yang kompleks dalam menghadapi siswa-siswanya dalam kegiatan belajar dan mengajar. Dengan permasalahan-permasalahan yang kompleks yang biasa dihadapi oleh seorang yang berprofesi guru ini, tentunya kami dapat memandangnya sebagai sumber masalah yang dapat membantu kami dalam belajar untu menyelesaikan masalah-masalah tersebut terutama dalam literasi berbahasa inggris. Dengan mulai menggunakan bahasa inggris dalam pembelajaran tentunya selain meningkatkan kompetensi pada materi pembelajaran, juga akan meningkatkan kemampuan guru sekaligus siswa dalam aspek literasi bahasa inggris tersebut.

    ReplyDelete
  26. Dimas Candra Saputra
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Mengembangkan praktik belajar mengajar memang tidak mudah. Banyak sekali kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Dari identifikasi masalah yang disajikan di atas, kebanyakan masalah yang muncul ialah kesulitan yang dihadapi guru yang menyangkut kemampuan guru dalam bidang teknologi, komunikasi, manajemen kelas, manajemen materi, perencanaan pembelajaran, pengembangan bahan ajar, pengembangan penilaian, dan lain sebagainya. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat diperoleh melalui pengalaman selama proses pembelajaran. Dalam hal ini guru-guru dapat membentuk lesson study agar lebih menemukan solusinya.

    ReplyDelete
  27. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima ksih atas postingannya, Prof. begitu banyak hal-hal yang menjadi masalah dalam pendidikan kita terutama dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika di sekolah. Berdasarkan identifikasi persoalan-persoalan pendidikan, ada baiknya diteliti lebih mendalam mengenai hal tersebut. Selain mendidik dan mengajar, guru bisa berperan sebagai peneliti. Dari peran tersebut guru bisa memperbaiki mutu pmbelajaran yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan Hal ini memberikan suatu gambaran bahwa sebagai peneliti, guru juga harus memahami teori tentang kurikulum sesuai dengan tugasnya sebagai pengembang kurikulum melalui peningkatan mutu pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  28. Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    thank you Prof, from the above article we can see that there are many problems in the field of education, especially mathematics education. The existence of these problems is useful for improving the quality of education in the future. These problems can also be used for students as research ideas.

    ReplyDelete
  29. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Begitu banyaknya masalah-masalah pembelajaran yang ada dikelas, sehingga memberikan sebuah anti-tesis yaitu berupa beragam pertanyaan bagaimana cara memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru di sekolah. Dengan mengetahui berbagai macam masalah tersebut memberikan stimulus kepada para calon pendidik untuk mempersiapkan diri sedini mungkin agar kedepannya dapat menjadi seorang pendidik yang baik dan inovatif sehingga dapat membuat lingkungan belajar yang bersifat kolaboratif. Selain itu, sesuai dengan perkembangan zaman, guru juga harus rutin mencari referensi tetang teknologi dan berbagai macam program IT yang dapat digunakan untuk mempermudah akses dan mendukung guru dalam menjelaskan materi dikelas.

    ReplyDelete
  30. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    I want to add some identification of problems, i.e. How to encourage students to be fair about doing their pretest, posttest or exams. Teacher have to give them not only formal words like "dear students, you must not cheating on exams", but also telling them with care. Another one is how to encourage students who don't have passion at school, few students are addicted with smart phone. of course this is their family's responsibility, but how teacher can handle this?

    ReplyDelete
  31. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Manusia hidup di dunia ini tidaklah seornag diri, namun manusia hidup dengan orang lain dan manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu saat problematika dalam pelaksanaan pembelajaran terjadi, seorang guru tidak boleh sungkan dalam mengatasi masalah pembelajran tersebut dengan mendiskusikan bersama guru lainnya, karena setiap pengalaman seseorang dalam mengajar berbeda-beda apalagi saat teman guru kita merupakan guru senior yang telah melaui berbagai macam pengalaman mengajar.

    ReplyDelete
  32. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Permasalahan-permasalahan tersebut harus didiskusikan bersama dengan sesama guru dan akan lebih baik jika didampingi oleh seorang dosen ahli.Pembahasan-pembahasan tersebut akan membantu terciptanya pembelajaran yang lebih optimal di dalam kelas. dari permasalahan -permaslahan yang muncul dalam pembelajaran menjadikan guru lebih mempersipkan materi dan perencanaan pembelajaran dengan matang, karena adanya maslah membuat seseorang lebih mempersiakan diri untuk menyelesaikan maslah dengan cara mempersiapak dengan baik sebelum pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  33. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Thank you for sharing this, Sir. Life is about problem solving. In education field, we face a lot of problems as well. The first step to solve a problem is identifying problems like written above. there are many problems in our education field but by doing research and apply the result, of course it can be overcame by the time.

    ReplyDelete
  34. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru, sehingga meskipun banyak pertanyaan bagaimana untuk meningkatkan kualitas praktek belajar mengajar dikelas guru tidak boleh panik, takut, dan tidak boleh menjadi beban mental melainkan harus berusaha mencari jawaban atas pertanyaan tersebut dalam bentuk praktek dan bukan hanya sebagai sebuah teori belaka.

    ReplyDelete
  35. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dalam rangka menuju pembelajaran yang lebih baik tentunya mempunyai kendala tersendiri. Seperti yang dijelaskan dalam postingan diatas mengenai identifikasi permasalahan dalam menyiapkan kelas internasional, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi guru seperti pembagian alokasi waktu, lembar kerja siswa, membangkitkan motivasi siswa dan lainnya. Maka untuk mengembangkan kemampuannya, guru diperlukan pelatihan-pelatihan agar pembelajaran yang dilaksanakan semakin baik.

    ReplyDelete
  36. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasi banyak Bapak atas postingannya. Postingan ini memberikan informasi bagi kami tentang masalah-masalah apa yang dihadapi dalam praktik belajar mengajar terutama untuk kelas internasional. Untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, maka masalah-masalah yang ditemukan ini hendaknya ditindak lanjuti dan diminimalisasi. Pasti ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi masalah-masalah yang ditemukan ini. Misalnya masalah komunikasi dalam bahasa Inggris, hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi masalah ini diantaranya ialah dengan memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada guru-guru terutama Bahasa Inggris untuk matematika.

    ReplyDelete
  37. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya tertarik dengan petanyaan terakhir no.12 .Saya akan mencoba sedikit masuk ke dalamnya.Alangkah lebih baiknya jika anak-anak lebih dominan tampil dibandingkan gurunya.Proses pembelajarang yang cocok sepertinya proses pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga siswa dengan leluasanya dapat berpikir dan mencari tanpa merasa dikekang atau dibatasi oleh gurunya.Menurut saya itu merupakan langkah yang sesuai untuk mengembangkan pengetahuan matematika siswa. Jika menelaah kembali masalah yang selama ini yang terdapat dalam proses pembelajaran, guru tampil lebih dominan dibandingkan siswa.Guru menggunakan metode ceramah akibatnya siswa merasa jenuh dan bosan.Betapa tidak siswa hanya berdiam diri mendengarkan gurunya.Memberi kelonggaran kepada anak untuk memerdekakan proses berpikirnya merupakan sikap guru yang dapat menghadirkan rasa cinta anak terhadap matematika.


    ReplyDelete
  38. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Masalah merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Pada dunia pendidikan, harapan pemerintah diberikan kepada para pendidik untuk melaksanakan pendidikan seperti yang pemerintah inginkan. Namun pada kenyataannya masih terjadi kesenjangan antara keduanya. Menurut saya hal ini wajar terjadi, karena pendidikan di Indonesia membahawi tidak sedikit sekolah yang tersebar di Indonesia, baik sekolah yang sudah maju maupun sekolah yang masih kurang maju. Saya sependapat dengan Ibu Lis Suharyani, SPd bahwa salah satu permasalahan yang ada adalah : “The dilemma between finishing the curriculum and emphasizing the process of teaching learning?” Pemerintah telah menyusun kurikulum yang sedemikan rupa agar dapat memperbaiki kualitas pendidikan menjadi lebih baik. Namun pada prakteknya, guru masih mengalami kendala, apakah harus menyelesaikan apa yang ada dalam kurikulum atau kah harus menekankan pada proses pembelajaran? Menurut saya, jika guru memilih untuk menekankan pada proses pembelajaran, maka akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan semua materi yang ada di dalam kurikulum. Dan pembelajaran dapat dikatakan berhasil ketika pembelajaran tersebut bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  39. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Setelah membaca, saya menyadari ternyata banyak permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Dan mungkin itu hanya sebagian saja, masih banyak pula permasalahan-permasalahan lain yang muncul dalam praktik pembelajaran. Salah satu solusi dalam mencari jalan keluar tentang permasalahan yang ada adalah dengan berkomunikasi kepada ahlinya tentang permasalahan. Sehingga masalah tersebut dapat perlahan-lahan diperbaiki guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  40. Terimakasih bapak atas sharing tentang identifikasi masalah untuk meningkatkan prakten mengajar dalam pembelajran di kelas dari berbagai guru-guru yang ada di Indonesia, semoga dengan kembali merenungi jawaban atas ide dari pertanyaan tersebut bisa menjadikan bahan pengalaman, pengetahuan, dan pencerahan bagi segenap guru yang ingin menjadi lebih baik.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  41. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    From this elegy, i focus on 8th question that is how to prepare and implement pre-test and post-test. From my opinion, we can prepare first is making draft of pre and post test. After that we begin to make it. Do we use the same question on pre and post test, or we will use different question buta sampe characteristic. If we have decided it, it will simplify us to make pre and post test shet. After that, to implement it, we should make the spesific plan on teaching students. If we have made it well, it will be easier to be implemented.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  42. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    This article shows list of detail activity or phenomenon that happens to found in the class. Some of them tend to be abandoned during teacher's performance because most of us focus on the students' achievement. Developing time allocation is one of the hardest challenge we must prepare because what happens in the class are unpredictable, one little thing can ruined the time management. It's caused the limited time for closing part. We have to skipped giving formative test of even making conclusion. Both are very important but always been skipped due to bad time management.

    ReplyDelete
  43. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Berdasarkan artikel di atas ternyata masih banyak dijumpai kendala/masalah proses pembelajaran matematika untuk kelas internasional. Komunikasi dalam bahasa asing/inggris perlu dilatih dan diimplementasikan secara kontinyu. Perbendaharaan kata perlu ditambah untuk memahami literatur berbahasa asing secara holistik. Perlu diberikan motivasi pada siswa agar siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Desain pembelajaran perlu dikembangkan pula agar siswa tidak merasa jenuh selama proses belajar berlangsung. Reward perlu diberikan pada siswa atas hasil kerja atau prestasi yang dicapai. Serta perlu dikembangkan tes sumatif yang telah ada.

    ReplyDelete
  44. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relatif tetap. Dalam proses ini perubahan tidak terjadi sekaligus tetapi terjadi secara bertahap tergantung pada faktor-faktor pendukung belajar yang mempengaruhi siswa. Faktor-faktor ini umumnya dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern berhubungan dengan segala sesuatu yang ada pada diri siswa yang menunjang pembelajaran, seperti inteligensi, bakat, kemampuan motorik pancaindra, dan skema berpikir. Faktor ekstern merupakan segala sesuatu yang berasal dari luar diri siswa yang mengkondisikannya dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  45. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Tidak dipungkiri akan timbul banyak masalah/problem saat seorang guru melakukan pembelajaran di kelas. Problem-problem yang klasik diantaranya adalah: Alokasi waktu yang terkadang bermasalah. Padatnya materi terkadang tidak seimbang dengan waktu yang dialokasikan. Selain itu, untuk memberi motivasi dan melibatkan partisipasi siswa juga terkadang sangat sulit dilakukan guru. Hal ini berkaitan dengan kebosanan siswa terhadap pelajaran matematika. Terutama saat-saat jam pelajaran terakhir, terkadang siswa sudah capek dan mengantuk. Untuk itu guru harus mampu memberi motivasi atau ice-breakers agar siswa kembali antusias. Di kelas Internasional kebanyakan guru bermasalah pada komunikasi berbahasa inggris, baik penguasan vocabulary atau pronounciation. Untuk mengatasinya, perlu diselenggarakan pelatihan atau workshop yang melibatkan guru-guru pengajar kelas internasional.

    ReplyDelete
  46. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Postingan di atas menggambarkan maslah-masalh dalam mengajar pada kelas internasional. Saya juga pernah mengalami bebeapa masalah tersebut terutama mengenai komunikai dalam Inggris. Padahal tidak ada pembelajran yang hanya diam saja namun tidak berkomunikasi. Apalagi saat akan merefleksi pembelajran yang telah berlangsung tentu saja akan banyak peran guru dalam hal ini, namun dengan keterbatasan bahasa mungkin saja akan mengalami kesulitan refleksi yang sebanarnya. Sehingga dikhawatirkan apa yang telah dikomunkasikan tidak dapat dipahami oleh siswa karena terbata-bata dalam berucap.

    ReplyDelete
  47. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Dalam praktik pembelajaran dipengaruhi oleh salah satu hal yaitu yang berhubungan dengan motivasi siswa itu sendiri. Apabila siswa tidak percaya bahwa usaha mereka cenderung untuk meningkatkan kinerja mereka, mereka tidak akan termotivasi untuk bekerja keras. Selain itu, siswa memiliki kepercayaan tentang kecerdasan dan pembelajaran yang dapat mempengaruhi motivasi mereka. Jika mereka percaya belajar umumnya mudah dan cepat, mereka mungkin kehilangan motivasi ketika mereka menghadapi tantangan. Jika siswa meyakini kesuksesan mereka didapati dari bakat bawaan mereka daripada usaha, mereka mungkin tidak termotivasi untuk bekerja.

    ReplyDelete
  48. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Berkenan dengan bagaimana cara melibatkan partisipasi aktif siswa, menurut saya partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan karena pembelajaran yang paling efektif adalah pembelajaran yang siswanya mengonstruksi sendiri ide-ide dan konsep dan difasilitasi serta dievaluasi oleh guru. Partisipasi aktif dapat ditumbuhkan melalui kegiatan pembelajaran aktif. Saat ini banyak sekali model-model pembelajaran yang sudah dikembangkan dan dapat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru sebagai pendidik hendaknya banyak membaca dan menerapkan hasil-hasil penelitian yang sudah banyak dipublikasikan agar dapat menghasilkan output pendidikan yang semakin baik dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  49. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Mengidentifikasi masalah berguna untuk meningkatkan kegiatan belajar, agar dapat mencapai hasil yang optimal. Secara garis besar, identifikasi masalah itu mengenai bagaimana menerapkan asesmen berbasis kelas, mengembangkan lembar kerja siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan apresiasi dan motivasi, melibatkan siswa aktif berpartisipasi di dalam pelajaran, serta bagaimana menilai keberhasilan belajar. Hal yang juga penting adalah bagaimana siswa mendapatkan kebebasan untuk mengekspresikan ide-idenya sendiri untuk membangun pengetahuan. Guru juga harus dapat meningkatkan pengucapan bahasa inggris, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasinya dalam bahasa inggris.

    ReplyDelete
  50. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Setiap guru memiliki masalah masing-masing dalam setiap proses pembelajaran. Salah satu masalah yang seringkali menghampiri guru adalah dilema antara harus memilih menyelesaikan kurikulum atau menekankan proses belajar mengajar. Maka guru harus dapat mengelola waktu dengan baik. Karena menekankan proses belajar mengajar merupakan hal penting agar pembelajaran dapat lebih bermakna. Tetapi dalam kurikulum juga terdapat materi penting yang jika tidak disampaikan akan menyulitkan siswa dalam pembelajaran di tingkat selanjutnya. Maka guru harus memilih materi-materi kunci yang menjadi dasar bagi siswa untuk berkembang ke materi-materi lain.

    ReplyDelete
  51. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. guru idealnya selalu mengupayakan agar kegiatan belajar mengajar selalu lebih baik dari hari ke hari. Dari identifikasi permasalahan pada upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, yang menarik perhatian saya adalah identifikasi terakhir mengenai bagaimana cara untuk menyeimbangkan kebebasan siswa berpendapat dan kebebasan siswa untuk melakukan segala hal yang diinginkan. Saya juga merasa sulit untuk memberikan batasan kepada siswa dalam berpendapat, sebab terkadang siswa menyalah gunakan kebebasan berpendapat yang diberikan

    ReplyDelete
  52. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Manajemen waktu merupakan suatu kendala yang dialami para guru baru pada umumnya. Mengingat mereka masih minim pengalaman dan tergolong idealis dalam perencanaan. berbeda dengan guru senior yang dapat dikatakan lebih baik dalam pengaturan waktu karena jam terbang dan oengalaman mereka sudah banyak. lalu bagaimanakah strategi pengaturan waktu agar pembelajaran matematika berjalan dengan lancar. Yang pertama harus dilakukan adalah analisis materi dan pembuatan skema pembelajaran, selanjutnya menghitung minggu efektif untuk kemudian materi dapat dipetakan. Dalam pemetaan ini sebaiknya guru meperhatikan betul-betul materi yang sederhana dan kompleks agar dapat divariasikan dengan metode dan evaluasi pembelajaran yang sesuai. dengan demikian diharapkan waktu tidak lagi menjadi kendala untuk melakukan pemeblajaran maetmatika yang inovatif.

    ReplyDelete
  53. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan no.6 dari Regina Sandehang, SPd yang mengalamii kesulitan untuk menerapkan student centered teaching learning atau pembelajaran berpusat pada siswa. Memang menjadi tantangan yang berap menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa di lingkungan siswa Indonesia. Hal ini dikarenakan kebiasaan atau budaya belajarnya yang berupa pembelajaran berpusat pada guru, artinya segala sumber belajar dan pemberi pembelajran satu-satunya ialah guru. seja zaman dahulu siswa terbiasa untuk pasrah menerima materi yang diberikan guru serta kurang kritis dalam menanggapi informasi baru yang diperoleh. Akibatnya, saat guru mencoba menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa, siswa cenderung masih manja dan tak tau arah. Artinya siswa malas melakukan kegiatan mandiri serta masih bingung dengan apa yang harus dikerjakan agar mencapai tujuan belajar atau KD yang disampaikan guru. Oleh karena itu, sebaiknya guru tetap berusaha dengan giat untung menstimulasi siswa agar mampu aktif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  54. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam ertikel diatas disebutkan beberapa masalah yang pernah dialami dalam rangka unutk mengembangkan praktek pembelajaran mengajar. Dalam identifikasi yang dituliskan diatas, dterdapat masalah tenteng bagaimana menumbuhkan motivasi belajar sisa. Guru masih mengalami kesulitan dalam menumbuhkan motivasi siswa dalam pembeleajaran matematika.

    ReplyDelete
  55. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Mengidentifikasi masalah pendidikan memang tidak ada habisnya. Berbagai masalah yang tertuliskan diatas mungkin dapat mewakili sebagian masalah yang sering kali dihadapi oleh guru. Contohnya pertanyaan yang diajukan oleh saudari Lis Suharyani, SPd (SMPN1 Metro Lampung) “ Dilema antara menyelesaikan kurikulum dan menekankan proses belajar mengajar?”. Untuk menanggulangi hal ini perlu dilakukan diskusi antara pemerintah dan guru agar tidak terjadi ketimpangan di lapangan. Namun, sementara yang bisa dilakukan guru adalah dengan mengembangkan ke kreatifan agar materi yang telah dirancang dapat diselesaikan dengan pemahaman yang baik oleh siswa. Terima Kasih

    ReplyDelete
  56. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Apa yang dipaparkan pada artikel ini merupakan permasalahan-permasalahan dalam mengembangkan kemampuan mengajar guru. Mungkin ini hanya sebagian dari permasalahan-permasalahan yang dialami oleh guru-guru lain di berbagai daerah. Artikel ini menyadarkan saya bahwa menjadi guru itu bukan hal yang mudah, masih banyak pr yang harus dikerjakan sebagai guru untuk menciptakan pembelajaran yang tepat, efektif dan berkualitas. Untuk itu, perlu diadakannya sharing pengalaman serta pelatihan-pelatihan sebagai upaya untuk memotivasi dan mengembangkan kemampuan guru.

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Artikel ini menambah wawasan kita mengenai masalah-masalah yang real dialami oleh guru ketika pbm berlangsung. Ternyata banyak sekali masalah-masalah yang di alami oleh guru, namun ada masalah yang menurut saya paling sering dialami oleh guru, termasuk saya, yaitu bagaimana meningkatkan motivasi. Motivasi sangat penting dalam pbm karena ia adalah daya penggerak siswa untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi yang rendah tidak akan mau untuk belajar. Namun yang selama ini guru lakukan hanya meningkatkan motivasi siswa melalui motivasi ekternal. Jika motivasinya hanyalah sebatas motivasi ekternal maka ketika tidak ada motivasi ekternal lagi maka siswa akan kembali tidak memiliki motivasi belajar. Oleh karena itu, Apakah ada cara bagi guru untuk meningkatkan motivasi internal siswa?
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  59. Assalamualaikum, wr.wb.
    Selain itu masalah yang juga sering guru alami adalah bagaimana meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Partisispasi siswa pun juga sangat penting karena pbm saat ini adalah kontrukstivis maka siswa sangat perlu beraktivitas/berpastisipasi dalam pbm. Jika siswa tidak berpastisipasi dalam pbm maka tidak akan ilmu yang akan ia peroleh.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    This is an article that will be very useful for the future teachers like me. By knowing what problems that are being faced by teachers at this time, the teacher candidates is expected to identify the solution of these problems. So that all of it can be used as learning media to be a good teacher. In addition to using it as a personal learning, we are also can publish it in order to make corrections for ourselves and the others.

    ReplyDelete
  62. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Problematika dalam pelaksanaan pembelajaran merupakan hal yang lumrah terjadi. Dalam mengatasi masalah dapat didiskusikan bersama dengan sesama guru atau didampingi oleh seorang ahli seperti dosen agar terciptanya pembelajaran yang lebih optimal di dalam kelas.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  63. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Ini adalah artikel yang akan sangat berguna bagi calon guru. Dengan mengetahui permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh guru saat ini, calon guru diharapkan bisa mengidentifikasi solusi dari permasalahan tersebut. Sehingga semua itu bisa dijadikan media pembelajaran untuk menjadi guru yang baik. Selain menggunakannya sebagai pembelajaran pribadi, kita juga bisa mempublikasikannya untuk melakukan koreksi terhadap diri kita dan orang lain.

    ReplyDelete
  64. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dalam penyelenggaraan sekolah bertaraf internasional emang selalu meninggalkan kemampuan bahasa inggris yang dimiliki oleh gurunya sebagai salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Banyak guru yang berpengalaman dan baik dalam penyampaiannya namun kurang baik dalam bahasa inggrisnya ada pula guru yang kurang berpengalaman namun memiliki kemampuan bahasa inggris yang mumpuni, padahal penyelenggaraan sekolah bertaraf internasional tidak menerima alasan teknis semacam itu. wallahu a'lam

    ReplyDelete
  65. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Problem bagaimana memilih metode pembelajaran yang pas sebenarnya merupakan problem setiap guru. Adapun pemilihan metode pembelajaran didasarkan salah satunya pada karakteristik siswa yang akan menerima materi. Sehingga satu kelas bisa saja berbeda metode pembelajarannya walaupun masih dalam pembelajaran bersama guru yang sama, materi sama dan skeolah yang sama. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  66. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Akan ada banyak masalah yang timbul dalam bidang pendidikan, khususnya dalam rangka untuk mengembangkan pembelajaran. Bacaan diatas merupakan secuil permasalahan dari masalah-masalah yang ada. Saya akan membahas mengenai, the dilemma between teacher centered and students centered, dua hal ini masih sangat hangat untuk dibahas. Pembelajaran teacher centered/ berpusat kepada guru merupakan tipe yang telah digunakan dalam kurun waktu yang lama sehingga menjadi kebiasaan bagi guru dan siswa. Kebiasaan guru menyuapi dan siswa disuapi, artinya dalam pembelajaran ini guru hanya sekedar transfer knowledge seolah-olah siswa merupakan wadah kosong yang bisa terus menampung ilmu pengetahuan. Dalam pembelajaran seperti ini guru akan lebih banyak bicara dan siswa cenderung pasif. Tentunya hal ini tidak sehat bagi perkembangan anak. Kepasifan seperti ini juga lah yang membuat kreativitas anak tidak berkembang.

    ReplyDelete
  67. Berbeda dengan pembelajaran students centered/ berpusat pada siswa. Pada pembelajaran ini siswa dibiarkan berkembang membentuk ilmu pengetahuannya sendiri. Jika ia menemukan dan membentuk ilmunya sendiri, itu akan lebih berkesan dan ia akan selalu mengingatnya. Pada pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator siswa. Guru memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan dalam membentuk pengetahun siswa. Selain itu guru juga sebagai pengawas, pengawas jalannya siswa dalam membentuk pengetahuan sehingga jika ada yang kesulitan guru dapat memberikan clue dan agar tujuan pembelajaran pada hari itu dapat tercapai. Tidak dapat dipungkiri bahwa waktu belajar di sekolah sangatlah terbatas, untuk itu guru perlu mengawasi jalannya pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

    ReplyDelete
  68. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan uraian di atas, kita dapat mengetahui banyaknya contoh identifikasi masalah. Mengidentifikassi masalah tersebut bermaksud untuk meningkatkan kegiatan belajar, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif. Secara garis besar, identifikasi masalah tersebut mengenai bagaimana penerapan assesment berbasis kelas, mengembangkan lembar kerja siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan apresiasi dan morivasi, melibatkan siswa aktif berpartisipassi di dalam pelajaran, serta bagaimana menilai keberhasilan belajar siswa.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  69. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Dalam mengubah paradigma pembelajaran dari teacher centered menjadi student centered tentunya tidaklah mudah. Banyak masalah yang tentunya akan ditemukan dalam prosesnya. Seperti yang tertulis dalam artikel tersebut, cukup banyak permasalahan yang dapat diidentifikasi dari upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan praktik belajar mengajar, yang meliputi kesulitan dalam hal perencanaan pembelajaran, pengembangan LKS, mengarahkan siswa agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, serta penilaian. Diharapkan dengan identifikasi permasalahan tersebut, kualitas praktik belajar mengajar dapat ditingkatkan kedepannya sehingga dapat terlaksana pembelajaran yang efektif.

    ReplyDelete
  70. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Terima kasih prof atas identifikasi permasalahan yang telah dituangkan dalam artikel di atas. Dengan adanya identifikasi permasalahn tersebut membuktikan bahwa perlunya ada sebuah penelitian yang sekiranya dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian tersebut pada akhinrya juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas dari pendidikan nasional. Akan tetapi, dengan adanya identifikasi permasalahan tersebut juga memberikan gambaran bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran masih banyak ditemukan permasalahan-permasalahan. Sehingga, kami selaku calon pendidik setidaknya bisa mempersiapkan diri supaya bisa meminimalisir permasalahan yang muncul

    ReplyDelete