Feb 12, 2013

Identification the Problems on The Effort to Improve Teaching Learning Practice


Followings are problems identified by the Participants of Technical Guidance to Prepare International Class for Secondary Mathematics, National Department of Education, Indonesia.
Venue: Hotel Sahid, Yogyakarta, Indonesia, Day/date: Sunday November 23, 2008

1. Slamet Mulyadi, SPd (SMPN14 Ambon, Maluku)
- Communication in English
2. B. Ginanto, Drs (SMP N3 Purworejo, Central Jawa)
- How to asses the success of teaching learning process
- How to implement classroom-based assesment
3. Sukamti, SPd (SMPN5 Sragen Central Jawa)
- How to promote motivation
- How to involve students participation
4. Puji Astuti, SPd (SMPN1 Surakarta Central Jawa)
- How to set up scenario for students activities
- How to develop student worksheet?
5. Laminto, Drs (SMPN1 Sukoharjo Central Jawa)
- How to promote student's appreciation to others students' works
- How to develop time allocation
6. Regina Sandehang, SPd (SMPN1 Bitung North Sulawesi)
- How to promote student centered teaching learning
7. Suyono, SPd (SMPN1 Bireuen Aceh)
- The extent of the influences of ICT toward the students competencies
- How to promote teaching learning in which the students enjoy
8. Furnaningtyas, SPd (SMPN2 Penajam East Kalimantan)
- How to improve the results of the summative test
- Hoe to prepare and to implement pre-test and post test?
9. Lis Suharyani, SPd (SMPN1 Metro Lampung)
- The dilemma between finishing the curriculum and emphasizing the process of teaching learning?
10. Hasman, SPd Ing (SMPN 14 Ambon, Maluku)
- In the case of English, the teacher should improve pronounciation skill
11. Martutwuri Handayani SPd (SMPN1 Magelang, Central Jawa)
- How to develop ICT in teaching learning
- The weakness of peer teaching activities
12. Arie Wahyuningsih, SPd (SMPN 2 Temanggung, Central Jawa)
- The dilemma between teacher centered and students centered
- How to make in balance between students freedom to express their ideas and student freedom to do whatever they like.
Supervisor: Marsigit

30 comments:

  1. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Setelah membaca, saya menyadari ternyata banyak permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Dan mungkin itu hanya sebagian saja, masih banyak pula permasalahan-permasalahan lain yang muncul dalam praktik pembelajaran. Salah satu solusi dalam mencari jalan keluar tentang permasalahan yang ada adalah dengan berkomunikasi kepada ahlinya tentang permasalahan. Sehingga masalah tersebut dapat perlahan-lahan diperbaiki guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih bapak atas sharing tentang identifikasi masalah untuk meningkatkan prakten mengajar dalam pembelajran di kelas dari berbagai guru-guru yang ada di Indonesia, semoga dengan kembali merenungi jawaban atas ide dari pertanyaan tersebut bisa menjadikan bahan pengalaman, pengetahuan, dan pencerahan bagi segenap guru yang ingin menjadi lebih baik.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  3. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    From this elegy, i focus on 8th question that is how to prepare and implement pre-test and post-test. From my opinion, we can prepare first is making draft of pre and post test. After that we begin to make it. Do we use the same question on pre and post test, or we will use different question buta sampe characteristic. If we have decided it, it will simplify us to make pre and post test shet. After that, to implement it, we should make the spesific plan on teaching students. If we have made it well, it will be easier to be implemented.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  4. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    This article shows list of detail activity or phenomenon that happens to found in the class. Some of them tend to be abandoned during teacher's performance because most of us focus on the students' achievement. Developing time allocation is one of the hardest challenge we must prepare because what happens in the class are unpredictable, one little thing can ruined the time management. It's caused the limited time for closing part. We have to skipped giving formative test of even making conclusion. Both are very important but always been skipped due to bad time management.

    ReplyDelete
  5. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Berdasarkan artikel di atas ternyata masih banyak dijumpai kendala/masalah proses pembelajaran matematika untuk kelas internasional. Komunikasi dalam bahasa asing/inggris perlu dilatih dan diimplementasikan secara kontinyu. Perbendaharaan kata perlu ditambah untuk memahami literatur berbahasa asing secara holistik. Perlu diberikan motivasi pada siswa agar siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Desain pembelajaran perlu dikembangkan pula agar siswa tidak merasa jenuh selama proses belajar berlangsung. Reward perlu diberikan pada siswa atas hasil kerja atau prestasi yang dicapai. Serta perlu dikembangkan tes sumatif yang telah ada.

    ReplyDelete
  6. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relatif tetap. Dalam proses ini perubahan tidak terjadi sekaligus tetapi terjadi secara bertahap tergantung pada faktor-faktor pendukung belajar yang mempengaruhi siswa. Faktor-faktor ini umumnya dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern berhubungan dengan segala sesuatu yang ada pada diri siswa yang menunjang pembelajaran, seperti inteligensi, bakat, kemampuan motorik pancaindra, dan skema berpikir. Faktor ekstern merupakan segala sesuatu yang berasal dari luar diri siswa yang mengkondisikannya dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Tidak dipungkiri akan timbul banyak masalah/problem saat seorang guru melakukan pembelajaran di kelas. Problem-problem yang klasik diantaranya adalah: Alokasi waktu yang terkadang bermasalah. Padatnya materi terkadang tidak seimbang dengan waktu yang dialokasikan. Selain itu, untuk memberi motivasi dan melibatkan partisipasi siswa juga terkadang sangat sulit dilakukan guru. Hal ini berkaitan dengan kebosanan siswa terhadap pelajaran matematika. Terutama saat-saat jam pelajaran terakhir, terkadang siswa sudah capek dan mengantuk. Untuk itu guru harus mampu memberi motivasi atau ice-breakers agar siswa kembali antusias. Di kelas Internasional kebanyakan guru bermasalah pada komunikasi berbahasa inggris, baik penguasan vocabulary atau pronounciation. Untuk mengatasinya, perlu diselenggarakan pelatihan atau workshop yang melibatkan guru-guru pengajar kelas internasional.

    ReplyDelete
  8. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Postingan di atas menggambarkan maslah-masalh dalam mengajar pada kelas internasional. Saya juga pernah mengalami bebeapa masalah tersebut terutama mengenai komunikai dalam Inggris. Padahal tidak ada pembelajran yang hanya diam saja namun tidak berkomunikasi. Apalagi saat akan merefleksi pembelajran yang telah berlangsung tentu saja akan banyak peran guru dalam hal ini, namun dengan keterbatasan bahasa mungkin saja akan mengalami kesulitan refleksi yang sebanarnya. Sehingga dikhawatirkan apa yang telah dikomunkasikan tidak dapat dipahami oleh siswa karena terbata-bata dalam berucap.

    ReplyDelete
  9. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Dalam praktik pembelajaran dipengaruhi oleh salah satu hal yaitu yang berhubungan dengan motivasi siswa itu sendiri. Apabila siswa tidak percaya bahwa usaha mereka cenderung untuk meningkatkan kinerja mereka, mereka tidak akan termotivasi untuk bekerja keras. Selain itu, siswa memiliki kepercayaan tentang kecerdasan dan pembelajaran yang dapat mempengaruhi motivasi mereka. Jika mereka percaya belajar umumnya mudah dan cepat, mereka mungkin kehilangan motivasi ketika mereka menghadapi tantangan. Jika siswa meyakini kesuksesan mereka didapati dari bakat bawaan mereka daripada usaha, mereka mungkin tidak termotivasi untuk bekerja.

    ReplyDelete
  10. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Berkenan dengan bagaimana cara melibatkan partisipasi aktif siswa, menurut saya partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan karena pembelajaran yang paling efektif adalah pembelajaran yang siswanya mengonstruksi sendiri ide-ide dan konsep dan difasilitasi serta dievaluasi oleh guru. Partisipasi aktif dapat ditumbuhkan melalui kegiatan pembelajaran aktif. Saat ini banyak sekali model-model pembelajaran yang sudah dikembangkan dan dapat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru sebagai pendidik hendaknya banyak membaca dan menerapkan hasil-hasil penelitian yang sudah banyak dipublikasikan agar dapat menghasilkan output pendidikan yang semakin baik dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  11. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Mengidentifikasi masalah berguna untuk meningkatkan kegiatan belajar, agar dapat mencapai hasil yang optimal. Secara garis besar, identifikasi masalah itu mengenai bagaimana menerapkan asesmen berbasis kelas, mengembangkan lembar kerja siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan apresiasi dan motivasi, melibatkan siswa aktif berpartisipasi di dalam pelajaran, serta bagaimana menilai keberhasilan belajar. Hal yang juga penting adalah bagaimana siswa mendapatkan kebebasan untuk mengekspresikan ide-idenya sendiri untuk membangun pengetahuan. Guru juga harus dapat meningkatkan pengucapan bahasa inggris, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasinya dalam bahasa inggris.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Setiap guru memiliki masalah masing-masing dalam setiap proses pembelajaran. Salah satu masalah yang seringkali menghampiri guru adalah dilema antara harus memilih menyelesaikan kurikulum atau menekankan proses belajar mengajar. Maka guru harus dapat mengelola waktu dengan baik. Karena menekankan proses belajar mengajar merupakan hal penting agar pembelajaran dapat lebih bermakna. Tetapi dalam kurikulum juga terdapat materi penting yang jika tidak disampaikan akan menyulitkan siswa dalam pembelajaran di tingkat selanjutnya. Maka guru harus memilih materi-materi kunci yang menjadi dasar bagi siswa untuk berkembang ke materi-materi lain.

    ReplyDelete
  13. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. guru idealnya selalu mengupayakan agar kegiatan belajar mengajar selalu lebih baik dari hari ke hari. Dari identifikasi permasalahan pada upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, yang menarik perhatian saya adalah identifikasi terakhir mengenai bagaimana cara untuk menyeimbangkan kebebasan siswa berpendapat dan kebebasan siswa untuk melakukan segala hal yang diinginkan. Saya juga merasa sulit untuk memberikan batasan kepada siswa dalam berpendapat, sebab terkadang siswa menyalah gunakan kebebasan berpendapat yang diberikan

    ReplyDelete
  14. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Manajemen waktu merupakan suatu kendala yang dialami para guru baru pada umumnya. Mengingat mereka masih minim pengalaman dan tergolong idealis dalam perencanaan. berbeda dengan guru senior yang dapat dikatakan lebih baik dalam pengaturan waktu karena jam terbang dan oengalaman mereka sudah banyak. lalu bagaimanakah strategi pengaturan waktu agar pembelajaran matematika berjalan dengan lancar. Yang pertama harus dilakukan adalah analisis materi dan pembuatan skema pembelajaran, selanjutnya menghitung minggu efektif untuk kemudian materi dapat dipetakan. Dalam pemetaan ini sebaiknya guru meperhatikan betul-betul materi yang sederhana dan kompleks agar dapat divariasikan dengan metode dan evaluasi pembelajaran yang sesuai. dengan demikian diharapkan waktu tidak lagi menjadi kendala untuk melakukan pemeblajaran maetmatika yang inovatif.

    ReplyDelete
  15. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan no.6 dari Regina Sandehang, SPd yang mengalamii kesulitan untuk menerapkan student centered teaching learning atau pembelajaran berpusat pada siswa. Memang menjadi tantangan yang berap menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa di lingkungan siswa Indonesia. Hal ini dikarenakan kebiasaan atau budaya belajarnya yang berupa pembelajaran berpusat pada guru, artinya segala sumber belajar dan pemberi pembelajran satu-satunya ialah guru. seja zaman dahulu siswa terbiasa untuk pasrah menerima materi yang diberikan guru serta kurang kritis dalam menanggapi informasi baru yang diperoleh. Akibatnya, saat guru mencoba menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa, siswa cenderung masih manja dan tak tau arah. Artinya siswa malas melakukan kegiatan mandiri serta masih bingung dengan apa yang harus dikerjakan agar mencapai tujuan belajar atau KD yang disampaikan guru. Oleh karena itu, sebaiknya guru tetap berusaha dengan giat untung menstimulasi siswa agar mampu aktif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  16. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam ertikel diatas disebutkan beberapa masalah yang pernah dialami dalam rangka unutk mengembangkan praktek pembelajaran mengajar. Dalam identifikasi yang dituliskan diatas, dterdapat masalah tenteng bagaimana menumbuhkan motivasi belajar sisa. Guru masih mengalami kesulitan dalam menumbuhkan motivasi siswa dalam pembeleajaran matematika.

    ReplyDelete
  17. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Mengidentifikasi masalah pendidikan memang tidak ada habisnya. Berbagai masalah yang tertuliskan diatas mungkin dapat mewakili sebagian masalah yang sering kali dihadapi oleh guru. Contohnya pertanyaan yang diajukan oleh saudari Lis Suharyani, SPd (SMPN1 Metro Lampung) “ Dilema antara menyelesaikan kurikulum dan menekankan proses belajar mengajar?”. Untuk menanggulangi hal ini perlu dilakukan diskusi antara pemerintah dan guru agar tidak terjadi ketimpangan di lapangan. Namun, sementara yang bisa dilakukan guru adalah dengan mengembangkan ke kreatifan agar materi yang telah dirancang dapat diselesaikan dengan pemahaman yang baik oleh siswa. Terima Kasih

    ReplyDelete
  18. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Apa yang dipaparkan pada artikel ini merupakan permasalahan-permasalahan dalam mengembangkan kemampuan mengajar guru. Mungkin ini hanya sebagian dari permasalahan-permasalahan yang dialami oleh guru-guru lain di berbagai daerah. Artikel ini menyadarkan saya bahwa menjadi guru itu bukan hal yang mudah, masih banyak pr yang harus dikerjakan sebagai guru untuk menciptakan pembelajaran yang tepat, efektif dan berkualitas. Untuk itu, perlu diadakannya sharing pengalaman serta pelatihan-pelatihan sebagai upaya untuk memotivasi dan mengembangkan kemampuan guru.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Artikel ini menambah wawasan kita mengenai masalah-masalah yang real dialami oleh guru ketika pbm berlangsung. Ternyata banyak sekali masalah-masalah yang di alami oleh guru, namun ada masalah yang menurut saya paling sering dialami oleh guru, termasuk saya, yaitu bagaimana meningkatkan motivasi. Motivasi sangat penting dalam pbm karena ia adalah daya penggerak siswa untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi yang rendah tidak akan mau untuk belajar. Namun yang selama ini guru lakukan hanya meningkatkan motivasi siswa melalui motivasi ekternal. Jika motivasinya hanyalah sebatas motivasi ekternal maka ketika tidak ada motivasi ekternal lagi maka siswa akan kembali tidak memiliki motivasi belajar. Oleh karena itu, Apakah ada cara bagi guru untuk meningkatkan motivasi internal siswa?
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum, wr.wb.
    Selain itu masalah yang juga sering guru alami adalah bagaimana meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Partisispasi siswa pun juga sangat penting karena pbm saat ini adalah kontrukstivis maka siswa sangat perlu beraktivitas/berpastisipasi dalam pbm. Jika siswa tidak berpastisipasi dalam pbm maka tidak akan ilmu yang akan ia peroleh.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    This is an article that will be very useful for the future teachers like me. By knowing what problems that are being faced by teachers at this time, the teacher candidates is expected to identify the solution of these problems. So that all of it can be used as learning media to be a good teacher. In addition to using it as a personal learning, we are also can publish it in order to make corrections for ourselves and the others.

    ReplyDelete
  24. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Problematika dalam pelaksanaan pembelajaran merupakan hal yang lumrah terjadi. Dalam mengatasi masalah dapat didiskusikan bersama dengan sesama guru atau didampingi oleh seorang ahli seperti dosen agar terciptanya pembelajaran yang lebih optimal di dalam kelas.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  25. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Ini adalah artikel yang akan sangat berguna bagi calon guru. Dengan mengetahui permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh guru saat ini, calon guru diharapkan bisa mengidentifikasi solusi dari permasalahan tersebut. Sehingga semua itu bisa dijadikan media pembelajaran untuk menjadi guru yang baik. Selain menggunakannya sebagai pembelajaran pribadi, kita juga bisa mempublikasikannya untuk melakukan koreksi terhadap diri kita dan orang lain.

    ReplyDelete
  26. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dalam penyelenggaraan sekolah bertaraf internasional emang selalu meninggalkan kemampuan bahasa inggris yang dimiliki oleh gurunya sebagai salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Banyak guru yang berpengalaman dan baik dalam penyampaiannya namun kurang baik dalam bahasa inggrisnya ada pula guru yang kurang berpengalaman namun memiliki kemampuan bahasa inggris yang mumpuni, padahal penyelenggaraan sekolah bertaraf internasional tidak menerima alasan teknis semacam itu. wallahu a'lam

    ReplyDelete
  27. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Problem bagaimana memilih metode pembelajaran yang pas sebenarnya merupakan problem setiap guru. Adapun pemilihan metode pembelajaran didasarkan salah satunya pada karakteristik siswa yang akan menerima materi. Sehingga satu kelas bisa saja berbeda metode pembelajarannya walaupun masih dalam pembelajaran bersama guru yang sama, materi sama dan skeolah yang sama. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  28. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Akan ada banyak masalah yang timbul dalam bidang pendidikan, khususnya dalam rangka untuk mengembangkan pembelajaran. Bacaan diatas merupakan secuil permasalahan dari masalah-masalah yang ada. Saya akan membahas mengenai, the dilemma between teacher centered and students centered, dua hal ini masih sangat hangat untuk dibahas. Pembelajaran teacher centered/ berpusat kepada guru merupakan tipe yang telah digunakan dalam kurun waktu yang lama sehingga menjadi kebiasaan bagi guru dan siswa. Kebiasaan guru menyuapi dan siswa disuapi, artinya dalam pembelajaran ini guru hanya sekedar transfer knowledge seolah-olah siswa merupakan wadah kosong yang bisa terus menampung ilmu pengetahuan. Dalam pembelajaran seperti ini guru akan lebih banyak bicara dan siswa cenderung pasif. Tentunya hal ini tidak sehat bagi perkembangan anak. Kepasifan seperti ini juga lah yang membuat kreativitas anak tidak berkembang.

    ReplyDelete
  29. Berbeda dengan pembelajaran students centered/ berpusat pada siswa. Pada pembelajaran ini siswa dibiarkan berkembang membentuk ilmu pengetahuannya sendiri. Jika ia menemukan dan membentuk ilmunya sendiri, itu akan lebih berkesan dan ia akan selalu mengingatnya. Pada pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator siswa. Guru memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan dalam membentuk pengetahun siswa. Selain itu guru juga sebagai pengawas, pengawas jalannya siswa dalam membentuk pengetahuan sehingga jika ada yang kesulitan guru dapat memberikan clue dan agar tujuan pembelajaran pada hari itu dapat tercapai. Tidak dapat dipungkiri bahwa waktu belajar di sekolah sangatlah terbatas, untuk itu guru perlu mengawasi jalannya pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

    ReplyDelete
  30. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan uraian di atas, kita dapat mengetahui banyaknya contoh identifikasi masalah. Mengidentifikassi masalah tersebut bermaksud untuk meningkatkan kegiatan belajar, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif. Secara garis besar, identifikasi masalah tersebut mengenai bagaimana penerapan assesment berbasis kelas, mengembangkan lembar kerja siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan apresiasi dan morivasi, melibatkan siswa aktif berpartisipassi di dalam pelajaran, serta bagaimana menilai keberhasilan belajar siswa.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete