Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)




Oleh Marsigit

Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, mathematical experiences adalah proses dan hasil-hasil riset matematika.

Sedangkan bagi siswa sekolah mathematical experiences dibangun diatas akumulasi keterampilan matematika (mathematical skills) yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika (mathematical content). Semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika (mathematical attitude and method) dan sikap pendukung (supporting attitude) serta internal motivation (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Kenyataannya memang bahwa Ujian Nasional telah memberikan tekanan (pressure) kepada guru sehingga guru cenderung melakukan lompatan-lompatan di dalam mendampingi siswanya yaitu langsung kepada mengolah mathematical experiences dengan cara melakukan drill atau latihan soal-soal (jalan pintas). Dengan demikian dampak pedagogik dari UN adalah bahwa guru kurang mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences. Dengan kondisi pembelajaran matematika yang demikian akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal mathematical intuition ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas pada umumnya.

45 comments:

  1. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Saat ujian nasional menjadi penentu kelulusan siswa memang menjadi tekanan tidak hanya bagi siswa tetapi juga bagi guru. Guru dituntut untuk bisa menyelesaikan materi yang begitu banyak agar siswa mampu mengerjakan soal-soal UN dengan baik. Yang pada akhirnya sering membuat guru menggunakan jalan pintas dengan hanya latihan-latihan soal. Seperti yang dijelaskan di atas hal ini tidak mampu memberikan mathematical experience kepada siswa sehingga siswa menjadi miskin mathematical intuition . Padahal sebenarnya intuisi memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Thompson menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman matematika. Kurangnya pengalaman dari siswa membuat intuisi kurang dapat bekerja dengan baik. Pengalaman belajar siswa dipengaruhi oleh bagaimana siswa itu belajar dan bagaimana guru dapat membantu siswa belajar. Guru mempunyai tugas untuk dapat memberikan pengalaman yang menarik kepada siswa, sehingga pengalaman tersebut masih akan terus berkesan dan tersimpan dengn baik dalam memori siswa. Namun hal ini masih susah dilaksanakan karena adanya beberapa kendala misalnya karena adanya UN. Tuntutan dari UN kepada guru menyebabkan guru cenderung melakukan lompatan-lompatan seperti langsung pada latihan soal tanpa adanya pendahuluan. Hal ini akan membuat siswa kurang dapat berintuisi karena kurangnya pengalaman. Tentu kejadian ini bisa merugikan siswa sendiri.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Diana Prastiwi
    PPs P.Mat A 2018
    18709251004

    Intuisi matematika sangat diperlukan bagi seorang siswa. Menurut Kant (Wilder, R. L. , 1952), matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi “ruang” dan “waktu”. Konsep dan keputusan matematika yang bersifat “synthetic a priori” akan menyebabkan ilmu pengetahuan alam pun menjadi tergantung kepada matematika dalam menjelaskan dan memprediksi fenomena alam. Menurutnya, matematika dapat dipahami melalui “intuisi penginderaan”, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Bila siswa tidak terlatih untuk menggunakan intuisi matematika, maka kreativitasnya tidak akan berkembang dan sulit untuk menjelaskan atau memprediksi fenomena alam. intuasi dalam matematika sangat berguna untuk menyelesaikan maslah dalam kehidupan sehari-hari yang dialami siswa,sehingga intuisi sendiri haru dilatih dengan cara memberikan pengalaman (experience) belajar siswa untuk menemukan sesuatu dengan kreativitasnya. karena memecahkan masalah dalam kehidupan membutuhkan intuisi membaca keadaan dan memecahkan dengan kreativitasnya.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    PPs P.Mat A 2018
    18709251004

    Intuisi penting karena mendorong siswa untuk melakukan koneksi matematis, memprediksi hasil. Intuisi dapat menjadi kebenaran dan menjadi kesalahan sebagai pelajaran. Siswa mempunyai intuisi berdasarkan prior knowledge atau pengetahuan yangdimiliki sebelumnya. Liliasari dan Rahmatan (2012) menyatakan pengetahuan awal (prior knowledge) adalah kumpulan dari pengetahuan dan pengalaman individu yang diperoleh sepanjang perjalanan hidup mereka dan yang akan ia bawa kepada suatu pengalaman belajar yang baru. Dengan pengetahuan itu siswa akan membangun intuisi dan mengembangkan kreatifitas.

    ReplyDelete
  5. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Ujian nasional dijadikan sebagai penentu kelulusan dari setiap sekolah. Namun fakatnya hal itu menimbulkan sebuah tekanan besar bagi para siswa bahkan juga guru. Guru dituntut untuk selalu membimbing siswa mengerjakan soal-soal berbau UN dengan orientasinya adalah hasil bukan proses. Hal ini justru akan sulit untuk menumbukan pengalaman siswa dalam mengembangkan intuisi dalam memecahkan masalah, padahal instuisi itu berkembang saat siswa sering menghadapi berbagai proses pemecahan masalah matematika.

    ReplyDelete
  6. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang penting bagi perkembangan logika manusia. Matematika yang diterapkan disekolah sebenarnya bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan pola pikir logis bagi para siswa. Untuk membangun pola pikir yang logis maka matematika seharusnya dibangun atas dasar pengalama matematika. Dalam proses itu maka diperlukan mathematical attitude dan method yang baik. Selain sikap adapula sikap pendukung serta motivasi internal seperti rasa senang dan rasa kebermanfaatan mempelajari matematika. Inilah yang diharapkan agar para siswa mengembangkan intuisi mereka dalam matematika. Intuisi yang tidak digunakan lama-lama menjadi kurang atau tidak terlalu menonjol karena adanya tekanan untuk mengambil jalan pintas dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  7. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Intuisi matematika sebenarnya dapat dikembangkan karena intuisi dapat berasal dari pengalaman bermatematika. Semakin banyak pengalaman bermatematika yang didukung pengetahuan dan pemahaman matematika maka kemampuan berintuisi seseorang juga akan semakin kuat. Dalam pembelajaran matematika sekolah, kemampuan tersebut dapat dilatih dengan dampingan dan dukungan dari guru dalam proses pembelajarannya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  8. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Mungkin guru melakukan hal tersebut karena system pendidikan sekarang membingungkan dan berubah-ubah kurikulumnya sehingga program-program yang dipersiapkan sebelumnya harus menyesuaikan dengan program baru. Belum lagi waktu pelaksanaan Ujian Nasional yang berubah-ubah tidak ada kepastian. Sudah seharusnya menjadi bahan renungan bersama agar system pendidikan menjadi lebih baik lagi dan tidak ada lagi pihak yang merugikan dan dirugikan.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  9. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dalam meningkatkan intuisi, seperti yang dikatakan thompson, bukanlah hal yang didapatkan tanpa adanya faktor-faktor lain, yaitu faktor yang terbesarnya ialah pengalaman matematika yang terus dilatih kepada siswa dengan tahapan-tahapannya. Dapat saya pahami bila dalam menghadapi UN guru cenderung mengambil jalan yang lebih pintas untuk dapat mencapai target yang diharapkan. Hal ini juga bukanlah hal yang dikehendaki oleh guru tetapi guru dapat menghindari lompatan-lompatan yang terlalu besar dalam melatih pengalaman siswa meskipun UN nerupakan hal wajib yang tidak dapat dihindari oleh guru dan siswa.

    ReplyDelete
  10. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Hasil dari pembelajaran matematika tidak terbatas hanya dengan siswa mampu menyelesaikan soal-soal, terlebih soal yang telah diajarkan. Namun siswa mampu memahami konsep sehingga mampu mengesplorasi berbagai materi yang telah disampaikan oleh pengajar. Dengan demikian matematika menjadi aplikatif dan fleksibel dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan nyata.

    ReplyDelete
  11. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A
    Menurut Thompson intuisi matematik akan muncul setelah tahap olah pengalaman matematika. Bagi siswa pengalaman matematika itu dibangun berdasarkan pengetahuan atau pemahaman matematika. Namun, pengalaman matematika dapat diperoleh ketika didukung oleh sikap dan metode matematika yang baik serta yang paling penting adalah rasa senang terhadap matematika. Ujian Nasional sebagai suatu keharusan yang wajib dilakukan bagi siswa Indonesia menjadi penyebab siswa menjadi miskin akan intuisi matematika. Karena adanya UN ini pembelajaran matematika menjadi berorientasi pada hasil sehingga guru tidak memberikan pengalaman matematika kepada siswa. Siswa langsung diberikan konsep secara langsung dan diberikan sesering mungkin latihan-latihan soal dengan metode drill. Dan pada akhirnya matematika yang diperoleh siswa selama sekolah menjadi tidak bermakna.

    ReplyDelete
  12. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas, sepertinya pemahaman itu tiba-tiba datang dari dunia lain diluar kesadaran. Sedangkan menurut Thompson (1993) intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman matematika.
    Kewajiban guru adalah senantiasa membuat perubahan kearah yang lebih baik, seperti mengembangkan media belajar, LKS dan alat peraga sendiri yang disesuaikan dengan karakter siswanya. Namun, terkadang yang terjadi adalah bukan tidak ingin membuat perubahan namun waktu lah yang memaksa untuk tidak berubah, waktu yang memaksa guru untuk memberikan jalan-jalan pintas untuk siswa, waktu yang memaksa guru tidak mempunyai waktu lebih untuk mengembangkan pbm yang benar-benar diterima dan dinikmati oleh siswa. Waktu pula yang menyebabkan siswa hanya memakan ilmu dari suapan guru tanpa mengalami sendiri bagaimana dan dari mana ilmu itu dapat tersuap. Waktu tersebut adalah karena adanya tuntutan kurikulum, misalnya UN. Guru memang tidak bisa sepenuhnya disalahkan dalam hal ini (ketidak terlibatan siswa dalam mencari pengalaman matematika) karena terkadang tuntutan-tuntutan kurikulumlah yang membatasi ruang dan waktu pbm.

    ReplyDelete
  13. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Intuisi sangat penting untuk meinmbulkan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah. Terlebih lagi intuisi muncul secara disadari secara tiba-tiba tanpa membutuhkan intelegensi. Intuisi dalam dilatih melalui pengalaman belajar siswa. Tetapi hal ini harus sangat diperhatikan karena baik guru maupun siswa, banyak yang ingin mengguanakn cara cepat tanpa memperhatikan pemikiran yang bisa mengkonstruk mendapatkan cara semacam itu. Memang benar hal ini biasanya karena adanya tuntutan dari ujian nasional yang memiliki waktu yang terbatas untuk bisa menjawab soal dengan benar sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, bukan cara cepatnya yang penting untuk digali, tetapi bagaimana intuisi siswa bisa berkembang sehingga dalam memecahkan masalah dapat menggunakan beberapa cara yang cepat dan tepat dalam setiap pemecahan masalah.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  14. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seperti yang telah dijelaskan pada postingan di atas; Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman matematika. Bagi siswa sekolah mathematical experiences dibangun diatas akumulasi keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika. Semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika dan sikap pendukung serta internal motivation. Dengan demikian guru harus mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences. Para siswa yang memperoleh mathematical experiences akan mampu memunculkan mathematical intuition dalam diri mereka. Dan telah dikatakan pula bahwa mathematical intuition ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas umum pada diri siswa.

    ReplyDelete
  15. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Dari artikel di atas, saya ingin menanyakan bagaimana metode yang tepat untuk memunculkan intuisi pada matematika sekolah?

    ReplyDelete
  16. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdaarkan elegi tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa pengalaman dalam pembelajaran matematika akan memunculkan intuisi matematika. Siswa yang beajar matematika akan menimbulkan pengalaman bagaimana siswa menyelesaikan atau memcahkan permasalahan matematika. Penglaman tersebut akan membuat siswa menginat materi karena pengalaman tersebut berkesan, dan dapat diulang-ulang dengan mengerjakan soal-soal matematika. Karena pengalaman tersebut berkesan dan berulang-ulang akan selalu tersimpan dalam pikiran siswa karena paham karena pengalaman yang pernah dilakukan siswa memecahkan permasalahan.

    ReplyDelete
  17. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat penting, dimana dengan adanya intuisi tersebut akan mengembangkan kreativitas dalam diri siswa. Intuisi muncul setelah pengalaman belajar matematika, dimana pengalaman tersebut merupakan akumulasi dari keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan dan pemahaman matematika. Tentunya intuisi tersebut terjadi karena didukung oleh sikap, metode matematika, serta internal motivation. Namun dengan adanya UN guru cenderung langsung melakukan jalan pintas yang berupa latihan-latihan soal. Dimana hal tersebut menyebabkan para siswa menjadi miskin akan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  18. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Mathematical Intuition dibangun melalui pengalaman-pengalaman matematika. Pengalaman tersebut didapat riset-riset matematika. Sedangkan pengalaman siswa dibentuk dari kegiatan pembelajaran matematika. Untuk mendapatkan intuisi matematika atau mathematical intuition dapat diperoleh dari sikap dan metode matematika, sikap pendukung, serta motivasi internal. Siswa yang mempunyai banyak pengalaman dalam pembelajaran matematika akan memiliki intuisi matematika yang tajan dan memiliki kekayaan kerativitas sehingga hal tersebut akan sangat berguna bagi kehidupan sehari-harinya.

    ReplyDelete
  19. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Artikel ini menuliskan kesimpulan dari Thompson (1993) yaitu intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Hal ini memang benar karena sumber intuisi adalah pengalaman masa lalu. Pengalaman akan tersimpan di dalam pikiran bawah sadar. Ketika siswa menghadapi masalah matematika, maka gambaran tentang pengalaman dari belajar matematika bisa tiba-tiba muncul ke permukaan atau ke pikiran sadar siswa. Selanjutnya, gambaran itu dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi siswa dalam menyelesaikan masalah. Siswa dapat memanfaatkan gambaran itu untuk membuat keputusan. Selain pengalaman masa lalu, pengetahuan yang siswa peroleh dari pengalaman siswa lain juga dapat menjadi sumber intuisi.

    ReplyDelete
  20. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Seperti yang disampaikan Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, mathematical experiences adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Maka semakin banyak pengalaman dalam pemecahan masalah matematika yang sudah terjadi akan semakin baik intuisi kita dalam pemecahan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  21. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Intuisi matematika menurut Thompson akan muncul ketika telah melalui tahap olah pengalaman. Kalau dilihat dari sudut pandang psikologis, kegiatan UN tidak hanya siswa yang membuat siswa merasa tertekan atau was was namun seorang guru juga lebih mengalami tekanan terkait dengan kelulusan siswanya. Secara tidak langsung juga mempengaruhi mathematical intuition siswa dan guru dalam mengembangkan kreativitasnya.

    ReplyDelete
  22. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Pandangan guru terhadap matematika akan mempengaruhi pembelajaran matematika yang dialami siswa. Ketika guru memandang matematika sebagai fenomena yang ada di sekitar, maka ia akan membelajarkan matematika kepada siswanya dengan pendekatan kontekstual. Pun sebaliknya, bila guru berpandangan bahwa matematika merupakan kegiatan menyelesaikan soal, maka guru cenderung membelajarkan matematika melalui drill soal-soal. Alangkah baiknya guru dapat mengembangkan pembelajaran yang bermakna bagi siswa agar ia dapat mengembangkan intuisi dan kreativitasnya dalam matematika.

    ReplyDelete
  23. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Karena intuisi diperoleh melalui pengalaman, maka guru harus bisa memberikan pengalaman pada siswa agar siswa dapat mengembangkan intuisinya. Memang guru-guru mengalami dilema, terlebih bagi guru-guru di tingkat akhir pada setiap jenjang pendidikan. Tekanan dari orang-orang sekitarnya agar siswanya dapat menghadapi UN membuat guru mengabaikan proses pembentukan pengetahuan pada diri siswa. Kebanyakan orang menginginkan hasil tanpa memperdulikan proses. Namun, walau bagaimanapun proses belajar tidak bisa diabaikan karena dapat menghilangkan intuisi siswa. Jika siswa sudah kehilangan intuisinya pada konsep yang mendasar, maka siswa akan semakin kesulitan dalam mempelajari konsep yang berikutnya.

    ReplyDelete
  24. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Thompson menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman matematika. Olehnya siswa haruslah sering diberi pengalaman matematika pengalaman belajar konten matematika yang menyenangkan. Agar siswa dapat mengembangkan kemampuan intuisinya. UN menjadi kendala untuk mengembangkan kemampuan intuisi siswa. karena siswa dituntut cepat dibatasi waktu dan yang pentingkan dari UN adalah hasil bukan proses. Hal tersebut bertolak belakang dengan intuisi. terimakasih

    ReplyDelete
  25. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Matematika intuisi sangat penting untuk mengembangkan kreativitas-kreativitas pada siswa. Namun kenyataan di lapangan masih banyak guru yang memberikan jalan pintas atau cara cepat tanpa memamahamkan siswa mengenai konsep terlebih dahulu, hal tersebut sering dilakukan ketika detik-detik menjelang Ujian Nasional. Jalan pintas seperti itu akan berdampak pada mathematical experience siswa, yang membuat kurangnya intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  26. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran yang rasional dan intelektualitas. Intuisi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Karena dengan adanya intuisi, siswa akan dapat mengembangkan pikirannya. Intuisi diperoleh setelah adanya pengalaman matematika. Untuk itu sebagai pendidik harus dapat memberikan pengalaman yang bervariasi kepada siswa melalui metode pembelajaran, media, motivasi dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  27. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Sekarang ini siswa di Indonesia sudah mulai kehilangan intuisinya. Hal tersebut terjadi karena guru hanya memposisikan siswa sebagai objek pembelajaran. Guru hanya berorientasi pada hasil ujian nasional saja. Akibatnya, banyak guru yang mengambil jalan pintas atau melakukan drill dengan cara memberikan latihan-latihan soal dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, perlu adanya pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dimana dalam pelaksanaan pembelajarnya siswa dituntut aktif dan diharapka siswa dapat mengkonstruksi sendiri suatu materi.

    ReplyDelete
  28. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Agar siswa tidak kehilangan intuisi maka guru perlu menumbuhkan minat, sikap, pengetahuan, keterampilan siswa sehingga siswa memperoleh pengalaman matematika yang pada akhirnya memunculkan intuisi pada diri siswa. Seperti dalam kurikulum 2013, pembelajaran dilaksanakan dengan student center atau pembelajaran berpusat pada siswa. Ini sangat bangus dalam memberikan pengalaman siswa karena selam pembelajaran siswa harus dituntut aktif.

    ReplyDelete
  29. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Intuisi pun dibutuhkan dalam pembelajaran. Hal ini difungsikan untuk memantik pengetahuan yang telah dimiliki siswa. Intuisi berperan dalam memahami pernyataan atau permasalahan dalam matematika. Pada tujuan akhrinya agar siswa diharapkan dapat melakukan pemecahan masalah. Salah satu pembelajaran yang berpotensi dapat mengembangkan intuisi adalah dengan menerapkan teori belajar konstruktivisme.

    ReplyDelete
  30. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari elegi ini intuisi matematika dalam pembelajaran merupakan modal bagi guru untuk mengarahkan siswa pada suatu konsep. Guru akan sangat terbantu dengan intuisi matematika yang dijadikan sebagai pengetahuan awal siswa. Namun, kebijakan UN yang harusnya dapat mengukur kualitas pendidikan di Indonesia malah justru malah merubah orientasi pendidikan yang lebih mengepentingkan pada hasil.

    ReplyDelete
  31. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dalam pembelajaran matematika guru memang seharusnya menciptakan mathematical experiences atau mengolah pengalaman matematika terlebih dahulu demi terciptanya intuisi matematika pada setiap siswa. Dengan demikian, setelah pengalaman matematika tuntas maka besar peluang bagi setiap siswa untuk memainkan intuisinya dalam matematika. Intuisi inilah yang mampu mengembangkan kreativitas berpikir siswa dalam berbagai persoalan umum. Jadi, sudah seharusnya guru juga memahami bagaimana bisa mewujudkan pengalaman matematika ini dengan memaksimalkan factor-faktor pendukungnya.

    ReplyDelete
  32. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Intuisis dalam matematika amatlah penting bagi siswa. Namun UN yang diadakan oleh pemerintah dapat berdampak buruk bagi pengembangan intuisi matematika siswa. Guru yang merasa mempunyai tanggung jawab besar dalam nilai UN matematika siswa, cenderung akan memberikan siswa latihan-latihan soal UN, dimana siswa itu sendiri kurang memahami konsep mendasar dari yang mereka pelajari. Melalui latiha-latihan soal tersebut sisa hanya mempelajari pola dari soal matematika yang kira-kira akan keluar di UN nanti.

    ReplyDelete
  33. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Memang betul dalam pembelajaran matematika seharusnya guru menciptakan mathematical experiences atau mengolah pengalaman matematika terlebih dahulu demi terciptanya intuisi matematika pada setiap siswa. Dengan demikian, setelah pengalaman matematika tuntas maka besar peluang bagi setiap siswa untuk memainkan intuisinya dalam matematika. Intuisi inilah yang mampu mengembangkan kreativitas berpikir siswa dalam berbagai persoalan umum. Jadi, sudah seharusnya guru juga memahami bagaimana bisa mewujudkan pengalaman matematika ini dengan memaksimalkan factor-faktor pendukungnya.

    ReplyDelete
  34. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Intuisi matematika sangat diperlukan bagi seorang siswa. Menurut Kant (Wilder, R. L. , 1952), matematika harus dipahamai dan dikonstruksi menggunakan intuisi murni, yaitu intuisi “ruang” dan “waktu”. Konsep dan keputusan matematika yang bersifat “synthetic a priori” akan menyebabkan ilmu pengetahuan alam pun menjadi tergantung kepada matematika dalam menjelaskan dan memprediksi fenomena alam. Menurutnya, matematika dapat dipahami melalui “intuisi penginderaan”, selama hasilnya dapat disesuaikan dengan intuisi murni kita. Bila siswa tidak terlatih untuk menggunakan intuisi matematika, maka kreativitasnya tidak akan berkembang dan sulit untuk menjelaskan atau memprediksi fenomena alam. Bahkan jika tidak mengasah intuisi kita, makasiswa akan berkembang menjadi orang yang binggung, tidak tahu arah tidak paham arah bahkan terkadang tidak tahu bagaimana memulai suaatu pekerjaan untuk menyelesaikannya. sehingga intuisi matematika akan membimbing untuk bekerja kearah mana dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  35. Rochyati
    19709251074
    S2 P. Mat D 2019

    Secara psikologis UN tidak hanya memberi tekanan pada guru, tetapi juga siswa. Mungkin ada baiknya semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran mencoba menyiasati atau mencari solusi bagaimana agar siswa tidak menjadi miskin mathematical intuition.

    ReplyDelete
  36. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Intuisi dalampembelajaran merupakan aspek yang sangat penting hal ini membantu siswa menjadi siswa yang kreatif dan inovatif. Namun, dalam pembelajaran matematika tidak hanya siswa yang harus mengasah intuisi matematika, guru juga harus mulai mengasah intuisi matematikanya.

    ReplyDelete
  37. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    akan tetapi untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika, tidak hanya menjadi tanggung jawab siswa saja. tetapi lebih kompleks, memerlukan dukungan dari dalam diri siswa maupun dari lingkungan siswa. Untuk membangun intuisi dalam belajar matematika harus mendapatkan dukungan dari guru sebagai fasilitator, sekolah yang akan menentukan kebijakan, dan juga orang tua yang senantiasa memberikan pengawasan dan arahan kepada anaknya agar bisa membangun pengetahuannya dengan baik.

    ReplyDelete
  38. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A 2019

    Intuisi matematika dapat berperan penting untuk mengembangkan kreativitas anak pada umumnya. Apabila metode dan pendekatan yang diberikan guru ke siswa mampu membuat siswa mendapatkan pengalaman matematika dan mengembangkan ketrampilan matematikanya, sehingga dapat meningkatkan intuisi matematika yang dimilikinya. Kegiatan-kegiatan yang dirancang guru untuk menambah pengalaman matematika siswa sebaiknya dilakukan agar ketrampilan dan kemampuan intuisi matematika mereka dapat berkembang.

    ReplyDelete
  39. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Intuisi memang memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika. Karena melalui intuisi siswa dapat mengembangkan kemampuannya terutama dapat melatih siswa berpikir kreatif. Namun, dengan adanya tuntutan Ujian Nasional, guru terkadang mengambil jalan untuk memperbanyak drill atau latihan soal-soal dengan menggunakan trik tanpa memperhatikan pengalaman penguasaan konsep siswanya. Secara tidak langsung ini akan berdampak pada rendahnya tingkat kemampuan intuisi matematika siswa. Untuk itu, pembelajaran berdasarkan pengalaman sangatlah dibutuhkan untuk membangun intuisi anak, sehingga dapat mengembankan kemampuan mereka.

    ReplyDelete
  40. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dari penjelasan di atas bahwa intuisi matematika berperan dalam mengembangkan kreativitas matematika seseorang. Pembelajaran matematika di sekolah pada saat ini, lebih banyak didominasi pada keberhasilan dalam pencapaian nilai atau hasil yang tinggi. Sehingga guru akan memberikan latihan-latihan soal dengan jalan pintas. Terkadang pemahaman akan konsep dikesampingkan dan meminta siswa untuk menghafalkan rumus. Akibatnya kemampuan siswa dalam pemecahan matematika kurang. Siswa akan berpaku pada rumus yang ada. Ketika latihan soal tersebut di kembangkan siswa akan merasa sulit hal tersebut karena intuisi matematik yang tidak dikembangkan dan pemahaman konsep yang belum dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  41. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Bagus tidaknya kemampuan matematika seseorang merupakan efek dari akumulasi pengalaman matematikanya. Pengalaman tersebut menghasilkan keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika. Agar keterampilan itu dapat dicapai dengan baik, diperlukan sikap, metode, dan motivasi. Hal ini agak kontradiktif dengan kenyataan dalam dunia pendidikan. Guru lebih dominan menggunakan ekspositori. Padahal ekspositori tersebut kebermaknaannya masih terlalu sedikit. Terbukti dari setelah UN selesai, siswa lupa dengan apa yang telah dipelajarinya. Semoga di bawah menteri pendidikan sekarang dengan segala kebijakannya, dapat membawa kea rah yang jauh lebih baik, dalam segala hal.

    ReplyDelete
  42. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Instuisi akan dapat mendorong matematika menjadi konsisten. Dengan adanya bukti nyata dapat meningjatkan intuisi. Dengan adanya intuisi dalam matenatika, peserta didik menggunakan pengalaman dalam mengkontruksi matematika. Peserta didik belajar memprediksi konsep yang dipelajarinya.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019

    Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Akan tetapi adanya UN saat ini banyak menimbulkan tekanan baik bagi guru dan siswa, sehingga pembelajaran matematika yg seharusnya banyak di berikan kesempatan untuk mengembangkan kreatifitas mereka dalam memahami matematika dengan proses belajar mengajar yang inovatif tidak dapat di berikan. Guru fokus kepada latihan soal-soal untuk mempersiapkan UN. Sehingga berdampak pada kurangnya mathematical intuition pada para siswa.

    ReplyDelete
  45. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete