Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research




Oleh Marsigit

Seperti apa tepatnya peran Intuisi dalam Riset Matematika? Thompson menggambarkan sebagai berikut:

"During all but a vanishingly small proportion of the time spent in investigative mathematics, we seem to be somewhere between having no evidence at all for our conclusions, and actually knowing them; second, that during this time, intuition often comes to the forefront, both as a source of conjecture, and of epistemic support; third, that our intuitive judgments in these situations are often biased, but in a predictable manner"

Demikian terimakasih

41 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Intuisi selalu muncul di awal. Intuisi bisa digunakan sebagai dugaan-dugaan awal dalam penelitian matematika. Dalam riset matematika biasanya diawali dengan adanya dugaan-dugaan yang biasanya terjadi. Tapi tidak dipungkiri juga bahwa apa yang dihasilkan oleh intuisi sifatnya bias karena dalam sebuah penelitian perlu adanya bukti dan bukan sekedar prasangka saja. Namun intuisi juga dapat membantu dalam mengarahkan dan memberikan ide bagaimana riset itu akan diarahkan. Sehingga pentingnya intuisi dalam membantu sebuah riset. Sehingga intuisi juga harus lebih ditingkatkan agar riset-riset dalam matematika bisa lebih baik lagi.
    Wasalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P.Mat A 20108

    Filsafat menggali “kebenaran” (versus “kepalsuan”), “kepastian” (versus “ketidakpastian”), “obyektivitas” (versus “subyektivitas”), “abstraksi”, “intuisi”, dari mana asal pengetahuan dan kemana arah pengetahuan. Asal pengetahuan akan menentukan intuisi menghadapi masalah yang selanjutnya, dengan intuisi juga pengetahuan akan mendapatkan arah. Intuisi dalam riset matematika yaitu bisa jadi untuk menentukan hipotesis penelitian. Dengan intuisi kita mendapatkan kesimpulan prediksi tentang hasil penelitian yang kemudian dicocokkan dengan hasil penelitian.

    ReplyDelete
  3. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P.Mat A 20108

    Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari, bisikan hati atau gerakan hati. Intuisi muncul karena pengalam yang pernah ada. Dengan intuisi kreativitas siswa akan berkembang. Intuisi matematika berguna untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Jika siswa dihadapkan pada masalah,siswa akan menganalisis masalah tersebut dengan intuisikemudian menyesaikannya dengan kreativitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diana Prastiwi
      18709251004
      S2 P. Mat A 2018

      Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian. Misalkan saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan. Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian. dalam pembelajaran mataematika pun intuisi sangat diperlukan bahkan dipelajari, intuisi merupakah hal dimana seseorang untuk memprediksikan suatu kesimpulan atau keputusan dalam suatu penelitian maupun pembelajaran.

      Delete
  4. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Berdasarkan elegi ini Thompson menjelaskan bahwa pentingnya intuisi matematika dalam penelitian matematika. Manusia membutuhkan intuisi untuk dapat memahami suatu kejadian yang ada dan yang mungkin ada karena dengan intuisi akan mendukung perkembangan pemahamannya. Hal ini karena ide-ide yang baru akan selalu muncul sehingga memungkinkan pemahaman seseorang menjadi luas, begitu juga dalam sebuah penelitian matematika diperlukan intuisi karena dengan intuisi seseorang akan dapat menghasilkan sebuah kesimpulan. Kesimpulan ini didapat dari intuisi yang diperolehnya dari pengalamannya berdasarkan komptensi yang telah dimilikinya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Peran intuisi adalam matematika tentunya sangat penting. Intuisi itu sendiri adalah suatu dugaan/firasat atau feeling yang dapat dirasakan seseorang tanpa harus berpikir atau bernalar. Intuisi dalam matematika dibutuhkan oleh siswa untuk dapat membantunya lebih mudah dalam memahami materi, intuisi muncul seiring berkembangnya pula pengalama-pengalaman siswa dalam belajar matematika itulah mengapa belajar matematika itu sangat penting jika guru dapat menerapkan pembelajaran seefektif mungkin.

    ReplyDelete
  7. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Manusia sebenarnya membutuhkan intuisi agar dapat memahami suatu kejadian yang ada dan yang mungkin ada, disini intuisi berperan sebagai pendukung berkembangnya pemahaman seseorang. Intuisi akan membantu seseorang memunculkan hal-hal dan gagasan yang baru sehingga memungkinkan seseorang memiliki pengetahuan yang semakin luas.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  8. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Kehadiran intuisi dalam penelitian matematika juga merupakan hal yang penting. Perlu adanya dugaan yang datang pertama dalam penelitian. Ketika penelitian tidak melibatkan dugaan yang intuitif, maka arah dari penelitian akan cenderung tidak jelas. Arah yang juga dapat menjadi prediksi dalam riset yang dilakukan.

    ReplyDelete
  9. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Penelitian merupakan satu proses dimana dilakukan perbandingan atau pengkajian yang melibatkan fakta empirik degan teori. Demikian menjadi salah satu proses yang dapat membudayakan suatu ilmu seperti yang sudah dibahas pada elegi pemberontakan matematika 1-4.

    ReplyDelete
  10. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berdasarkan pernyataan Thompson peran intuisi dalam penelitian matematika itu dibutuhkan. Dengan intuisi akan menghasilkan dugaan-dugaan sementara berdasarkan pengalaman seseorang baik itu pengetahuan ataupun praktek langsung. Sehingga intuisi ini dapat menghasilkan suatu hipotesis dalam penelitian matematika yang nantinya perlu dibuktikan untuk dapat dijadikan suatu kesimpulan.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Menurut Thompson, intuisi juga berperan dalam riset matematika. Hal ini bisa terjadi dalam beberapa kondisi seperti tidak memiliki bukti sama sekali untuk kesimpulan dalam penelitian, intuisi sering muncul baik sebagai sumber dugaan dan dukungan epistemis, penilaian intuitif sering bias, tetapi dengan cara yang dapat diprediksi. Oleh karena itu intuisi juga dapat membantu dalam penelitian matematika.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut KBBI, intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati, gerak hati atau daya batin untuk mengerti atau mengetahui sesuatu tidak dengan berpikir atau belajar. Pada praktiknya intuisi muncul dalam bentuk pengetahuan yang tiba-tiba hadir dalam sadar tanpa melalui penalaran yang jelas, tidak analitik dan tidak selalu logis. Pada elegi pemberontakan pendidikan matematika 2 juga telah dituliskan bahwa Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, mathematical experiences adalah proses dan hasil-hasil riset matematika.

    ReplyDelete
  13. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    I would like to as what does the meaning of our intuitive judgments in these situations are often biased, but in a predictable manner, Prof?

    ReplyDelete
  14. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari postingan tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa intuisi itu tidak memiliki bukti sama sekali untuk kesimpulan, tetapi benar-benar mengetahui. Intuisi juga sering muncul karena sumber dugaan, serta penilaian intuitif sering dimaknai bias, tetapi dengan cara yang dapat diprediksi. Jadi, intuisi dalam matematika sangat penting untuk mengmbangkan pemahaman, penalaran, dan kreatifitas.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Penelitian berguna untuk menemukan teori-teori baru maupun menemukan solusi dari berbagai masalah. Menurut keterangan diatas, intuisi terkadang bermain peran dalam sebuah penelitian, yaitu munculnya sbeuah dugaan yang memiliki atau tidak memiliki bukti. Intuisi yang sering muncul ke permukaan ini sering memunculkan hal bias tetapi dengan cara yang dapat diprediksi.

    ReplyDelete
  16. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Intuisi kadangkala disertai dengan suatu proses. Dalam proses tersebut, kita terkadang sulit menemukan kesimpulan dan disinilah peran intuisi. Intuisi mungkin bias tetapi bisa dijelaskan dalam kebiasaan yang bisa diharapkan. Selain itu, dengan intuisi akan mendukung perkembangan pemahaman seeorang karena karya inovatif selalu muncul sehingga memungkinkan pemahaman seseorang menjadi luas

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Intuisi diperlukan dalam penelitian matematika ketika guru atau peneliti membuat kesimpulan tentang kemampuan siswa berdasarkan fenomena yang diamati. Berpikir intuitif berarti bekerja dengan feeling dan memiliki keyakinan yang kuat untuk membuat suatu keputusan. Dalam membuat keputusan tentang kemampuan siswa membutuhkan suatu strategi yang tepat, agar keputusan yang diambil benar-benar dapat sesuai dan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

    ReplyDelete
  18. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut pendapat Thomson bahwa secara garis besar intuisi matematika merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu pemecahan masalah. Fungsi dari intuisi tersebut adalah untuk mengembangkan atau memunculkan suatu ide atau gagasan. Dimana ide dan gagasan tersebut dapat digunakan oleh siswa dalam proses pemecahan masalah. Kemudiaan dapat juga digunakan dalam membangun pikiran siswa sendiri.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb

    Berpikir Intuitif adalah proses kognitif yang memunculkan ide sebagai suatu strategi dalam membuat keputusan yang diperkirakan benar sehingga menghasilkan jawaban spontan dalam memecahkan masalah. Sehingga dalam kaitannya dengan matematika, intuisi sangan berperan penting untuk memunculkan ide-ide atau penyelesaian suatu masalah matematika.

    ReplyDelete
  20. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Intuisi dalam penelitian matematika berperan memunculkan suatu hipotesis penelitian . Untuk memperoleh kebenarannya, hipotesis tersebut diuji melalui cara-cara yang ilmiah sesuai dengan prosedur penelitian yang ada. Maka, semakin baik intuisi yang dimiliki seseorang semakin baik pula pengkonstruksian penelitian matematika yang dilakukan

    ReplyDelete
  21. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Thompson menyebutkan bahwa keputusan intuisi seringkali bias, namun dengan cara yang dapat diprediksi. Keputusan intuisi mungkin terkadang bias, namun tidak selamanya bias. Oleh karena kebiasannya tersebutlah maka intuisi amat bermanfaat dalam riset matematika. Kebiasan tersebut merupakan akibat dari dugaan-dugaan yang diungkapkan pertama kali berdasarkan intuisi. Mengapa intuisi amat bermanfaat dalam riset matematika adalah karena akibat dari dugaan-dugaan sementara tersebut dianggap sebagai keputusan yang bias, maka hal tersebut membuka peluang untuk melakukan riset-riset atau penelitian-penelitian lebih lanjut agar dugaan-dugaan yang bersifat bias itu dapat terbukti secara ilmiah. Begitulah seterusnya, maka intuisi amat diperlukan, jika keputusan intuisi tidak bersifat bias, maka mungkin tidak akan ada riset-riset dalam matematika karena segalanya telah jelas adanya.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Intuisi sangat penting peranannya dalam matematika. Menurut Thompshon intuisi sering muncul ke permukaan, baik sebagai sumber dugaan dan dukungan epistemis. Intuisi memiliki sifat yang tidak terencanakan karena datang tak terduga. Intuisi memerankan perannya sebagai pengalaman yang telah dilalui dalam kurun waktu tertentu.

    ReplyDelete
  23. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Intuisi memiliki manfaat yang besar dalam berbagai aspek. Tidak hanya dalam pembelajaran matematika atau di dalam kehidupan sehari-hari, intuisi juga dapat membantu dalam kegiatan ilmiah seperti penelitian. Intuisi dapat memunculkan sumber dugaan dan prediksi terhadap suatu penelitian. Intuisi dapat muncul dari setiap pengalaman-pengalaman yang pernah kita alami sehingga secara tidak sadar intuisi kita berkembang. Intuisi yang telah berkembang dengan baik akan dapat memperkirakan hasil dari sesuatu yang akan kita teliti. Maka penting bagi kita untuk mengembangkan intuisi yang kita miliki.

    ReplyDelete
  24. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Intuisi muncul sebelum bernalar lebih jauh. Intuisi dapat berupa hipotesis dalam penelitian. Penelitian matematika diawali oleh dugaan-dugaan sementara yang belum diketahui kebenarannya. Yang perlu dikaji terlebih dahulu dan dianalisis sebelum mendapatkan sebuah kesimpulan yang menjawab hipotesis tersebut. Dugaan ini sama dengan intuisi yang perlu dicari tahu buktinya. Intuisi dalam menerka atau membaca permasalahan penelitian perlu untuk dikembangkan. Sehingga kita mampu membaca apa yang perlu diteliti lebih lanjut. terimakasih

    ReplyDelete
  25. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Intuisi diperoleh dari pengalaman belajar anak mengenai matematika, semakin sering seorang mempelajari matematika maka intuisinya akan semakin kuat, selain dalam proses pembelajaran, intuisi juga berperan dalam sebuah penelitian, sebagai contoh ketika seseorang mengadakan penelitian pasti ada hipotesis, hipotesis yang diperoleh ini didasarkan pada intusisi yang didapatkan berdasarkan pengalaman-pengalaman penelitian sebelumnya.

    ReplyDelete
  26. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Intuisi matematika merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mencari solusi / pemecahan suatu masalah (investigasi matematika). Peranan intuisi matematika ini adalah untuk menemukan ide-ide pemikiran siswa sendiri yang akan bertahap pada proses pemecahan masalah sendiri, sehingga siswa juga akan dapat membangun pikirannya sendiri dan menyimpulkan suatu pengetahuan yang dipperoleh dari ide-idenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Pemecahan masalah matematika hendaknya menggunakan kedua cara berpikir yaitu intuitif dan analitis agar saling melengkapi dan memudahkan serta mempercepat mencapai tujuannya. Kedunya disarankan untuk digunakan karena berpikir analitik mengarahkan pada penjelasan kebenaran suatu pernyataan dengan pembuktiannya. Sementara berpikir intuitif menunjukkan kebenaran yang munculnya secara subjektif dan diterima secara langsung (tanpa pembuktian).

      Delete
  27. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Pada suatu penelitian melibatkan kemampuan kita untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Intuisi dapat dijadikan sebagai sarana menemukan ide atau gagasan penemuan solusi sebelum langkah formal dilakukan secara analitik. intuisi dapat menjadi alasan pemahaman yang kuat dalam hubungannya dengan logika

    ReplyDelete
  28. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Intuisi dalam Penelitian Matematika. Thompson menyatakan peran intuisi dalam matematika. Intuisi itu muncul dapat sebagai sumber dugaan atau dalma penelitin bagaimana seorang peneliti menyimpulkan hipotesis penelitian. Intuisi juga sebagai dukungan epistemik. Selain itu thompson juga menyatakan bahwa penilaian intuisi kita terkadang sering bias, tapi dengan cara yang diprediksi.

    ReplyDelete
  29. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Intuisi matematika sangatlah penting dalam riset matematika karena intuisi matematika ini dapat mengembangkan kreativitas seseorang dalam beberapa persoalan umum. Persoalan umum yang kaitannya dalam riset matematika adalah bagaimana seseorang bisa mengembangkan subjek penelitian matematika untuk menghasilkan indikator-indikator baru yang berhubungan dengan subjek penelitian tersebut. Indikator-indikator baru inilah yang menjadi salah satu penunjang penelitian dalam menemukan hal-hal baru dan ini berkat dari kreativitas berpikir seseorang untuk mengembangkan indicator tersebut.

    ReplyDelete
  30. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian. Misalkan saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan. Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian. dari intuisi yang membantu membuat hipotesis sehingga peneliti akan bekerja untuk membuktikan apakah hipotesis tersebut benar atau berkebalikan dengan hipotesis sehingga prediksi yang dibuat akan dibuktikan nilai kebenarannya dengan menggunakan penelitian.

    ReplyDelete
  31. Rochyati
    19709251074
    S2 P. Mat D 2019

    Sungguh menarik. Intuisi memiliki peran penting dalam riset matematika. Dengan intuisi akan memunculkan hipotesis- hipotesis awal yang kemudian memunculkan kreatifitas siswa. Dengan kreatifitas-kreatifitas tersebut diharapkan akan memunculkan riset-riset baru matematika.

    ReplyDelete
  32. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Dalam proses mathematical research, kita membutuhkan intuisi kita untuk menyelesaikan proses-proses tertentu. Ketika kita menganalisis hasil penelitian yang kita peroleh, selain dengan menggunakan berbagai referensi, intuisi matematika merupaka hal yang penting untuk menyelesaikan mathematical research, terutama ketika kita menghapi persoalan-persoalan dalam matematika.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Tidak disangka memang peran intuisi ini sangat banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, temasuk salah satunya adalah dalam melaksanakan riset matematika. Dalam memulai sebuah riset, tentunya sang peneliti terlebih dahulu menentukan permasalahan apa yang akan ditelitinya. Maka dalam menentukan masalah ini, peneliti menggunakan intuisinya berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimiliki. Selanjutnya peneliti menentukan teori apa yang dapat mendukung permasalahan yang akan ditelitinya dan juga menentukan metode penelitian. Dalam menentukan teori pendukung dan metode penelitian, intuisi juga berperan. Maka terlihat bahwa peran intuisi ini sangat penting dalam melakukan sebuah riset.

    ReplyDelete
  34. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam mempelajari dan mendalami matematika, siswa sering kali harus melalukan investigasi. Dalam setiap investigasinya, kadang ada peranan intuisi di dalamnya untuk menyelesaikan suatu persoalan. Namun permasalahannya adanya intuisi tersebut belum dapat dipastikan dengan jelas kebenarannya. Karenanya, diperlukan bukti untuk memastikan kebenaran intuisi tersebut. Terkait munculnya intuisi ke permukaan saat siswa mengalami kesulitan, hal ini menyinggung kebiasan pikir siswa. Mereka yang terbiasa memanfaatkan matematika dalam kehidpan mereka, memaksimalkan kemampuan berpikir matematika, sering mempelajari dan mendalami matematika, serta tidak asing dengan matematika, maka lebih mudah dalam menggunakan intuisinya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Peluang benarnya pun lebih besar daripada siswa yang tidak terbiasa bergaul dengan matematika.

    ReplyDelete
  35. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Intuisi memiliki peran penting dalam dunia penelitian. Dengan intuisi, siswa akan didorong untuk menjadi kritis. Dengan berfikir kritis siswa akan terus berkembang. Itu dapat memudahkan guru untuk menyampaikan konsep maupun materi pembelajaran kepada siswa.

    ReplyDelete
  36. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi di atas bahwa intuisi atau penalaran manusia berada pada ketidakmilikinya bukti untuk menyimpulkan dari ide yang ada. Kemampuan intuisi siswa dapat dibangun dengan membangun konsep dan berpikir kreatif siswa sehingga intuisi matematika siswa dapat berkembang dengan baik. Guru matematika menjadi pondasi bagui siswa untuk membangun dan mengembangkan intuisi metamatika siswa.

    ReplyDelete
  37. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Intuisi adalah garis daepan dari sebuah dugaan dalam penelitian matematika. Namun dugaan yang dimaksud adalah dugaan yang berdasarkan atas pengetahuan sebelumnya dan fakta yang sudah diperoleh. Sehingga kita dapat mengatakan bahwa adanya dugaan yang lahir dari seorang peneliti adalah awal dari sebuah penemuan baru.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  38. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 PM D 2019

    Terima kasih prof untuk tulisan ini, Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika, sehingga sangat bermanfaat dalam riset matematika. Dengan adanya intuisi maka kita dapat menemukan ide-ide/gagasan yang kemudian digunakan untuk melakukan riset. Dari gagasan awal ini lah kemudian menjadi hipotesis. Namun selain intuisi kita pun perlu mencari fakta yang terjadi di lapangan.

    ReplyDelete
  39. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete