Nov 26, 2012

PLATONISM_Documented by Marsigit



Platonism

Platonic idealism is the theory that the substantive reality around us is only a reflection of a higher truth. That truth, Plato argues, is the abstraction. A particular tree, with a branch or two missing, possibly alive, possibly dead, and initials of two lovers carved into its bark, is distinct from the concept of a Tree. A Tree is the ideal that each of us holds that allows us to identify the imperfect reflections of trees all around us.
Some people construe "Platonism" to mean the proposition that universals exist independently of particulars (a universal is anything that can be predicated of a particular).
Platonism is an ancient school of philosophy, founded by Plato; this school had an actual, physical existence at a site just outside the walls of Athens called the Academy as well as the intellectual unity of a shared approach to philosophizing.
Platonism is generally divided into three periods:
1.   Early Platonism
2.   Middle Platonism
3.   Neoplatonism
Platonism is considered to be, in mathematics departments the world over, the predominant philosophy regarding Foundations of mathematics. One statement of this philosophy is the thesis that mathematics is not created but discovered in some undescribed realm.

5 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Platonisme adalah sekolah filsafat Yunani kuno dari periode Sokrates, yang didirikan sekitar tahun 387 SM. Oleh murid-murid Socrates, Plato, dan dilanjutkan oleh murid-murid dan pengikutnya. Sekolah ini berbasis di Akademi, tempat Plato menyampaikan ceramahnya (protoype untuk universitas-universitas kemudian). Platonisme pada awalnya diungkapkan dalam dialog Plato, di mana sosok gurunya, Socrates, digunakan untuk menjelaskan berbagai doktrin.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Platonisme dibedakan menjadi tiga yaitu platonisme awal, platonisme tengah dan neoplatonisme. Platonisme merupakan dasar atau pondasi matematika yang menyatakan bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan di alam dan tidak dapat ditafsirkan. Bersama dengan formalisme, logigalisme dan intuitionisme, platonisme menjadi dasar dari matematika yang memiliki hubungan dengan intelektual, melalui platonisme Plato berpendapat bahwa kebenaran merupakan abstraksi.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami platonisme merupakan suatu ideologi atau pemikiran yang terinspirasi dari pemikiran Plato bahwa benda-benda abstrak, seperti teori matematika, atau konsep seperti konsep bilangan atau keadilan, adalah entitas yang nyata, independen, abadi, dan obyektif. Angka bergantung pada penyelidikan matematis daripada yang dilakukan oleh negara terhadap penyelidikan geografis, dan konsep-konsep berdiri dalam hubungan yang serupa dengan pertanyaan seperti filsafat atau hukum yang menyelidiki sifat mereka.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  4. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas tulisannyai, pak. Platonism adalah pemikiran yang bersumber dari idealism Plato. Bagi Plato, realitas sejati hanya eksis di dalam dunia ide, sedangkan kenyataan empiris hanyalah pencitraan dari dunia ide tersebut. Dalam konteks teologi (koreksi jika saya salah), Platonism menunjukkan bahwa ada realitas sejati (kekuatan yang mengatur) melampaui dunia inderawi. Dalam konsteks psikologi (koreksi jika saya keliru), Platonism menunjukkan bahwa indera manusia terbatas sehingga tidak mungkin bisa merefleksikan secara utuh suatu objek dalam dunia ide ke dalam dunia inderawi.

    ReplyDelete
  5. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Menurut bacaan di atas, idealisme platonik adalah teori yang realita substansi di sekitar kita hanyalah refleksi dari kepercayaan yang lebih tinggi. Kepercayaan tersebut menurut Plato adalah abstraksi. Bebrapa orang mengartikan platonisme sebagai proposisi bahwa keberadaan universal secara bebas khusus. Atau dapat dikatakan bahwa universal adalah segala sesuatu yang dapat diprediksi secara khusus. Dalam matematika, platonisme dipertimbangkan menjadi filsafat yang paling lazim atau lebih berkuasa dalam pandangan fondasi matematika. Di dalam bacaan tersebut, diperjelas bahwa salah satu pernyataan pada filosofi platonisme adalah tesis bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan dalam bebrapa bidang yang tidak dapat dideskripsikan.

    ReplyDelete