Nov 26, 2012

PLATONISM_Documented by Marsigit



Platonism

Platonic idealism is the theory that the substantive reality around us is only a reflection of a higher truth. That truth, Plato argues, is the abstraction. A particular tree, with a branch or two missing, possibly alive, possibly dead, and initials of two lovers carved into its bark, is distinct from the concept of a Tree. A Tree is the ideal that each of us holds that allows us to identify the imperfect reflections of trees all around us.
Some people construe "Platonism" to mean the proposition that universals exist independently of particulars (a universal is anything that can be predicated of a particular).
Platonism is an ancient school of philosophy, founded by Plato; this school had an actual, physical existence at a site just outside the walls of Athens called the Academy as well as the intellectual unity of a shared approach to philosophizing.
Platonism is generally divided into three periods:
1.   Early Platonism
2.   Middle Platonism
3.   Neoplatonism
Platonism is considered to be, in mathematics departments the world over, the predominant philosophy regarding Foundations of mathematics. One statement of this philosophy is the thesis that mathematics is not created but discovered in some undescribed realm.

4 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Platonisme tentang matematika (atau Platonisme Matematika) adalah pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari kita dan bahasa, pola pikir, dan praktik. Sama halnya elektron dan planet-planet keberadaannya independen dari kita, begitu juga angka dan himpunan. Dan seperti pernyataan-pernyataan tentang elektron-elektron dan planet-planet yang dibuat benar atau salah oleh benda-benda terkait dan sifat benda-benda obyektif ini sempurna, begitu juga pernyataan tentang angka dan himpunan. Kebenaran matematika itu kemudian ditemukan, bukan diciptakan. Platonisme melihat objek matematika sebagai konstruksi mental yang tanpa keberadaan yang ideal independen

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    idealisme platonis adalah teori bahwa realitas substantif di sekitar kita hanya refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. kebenaran tersebut menurut Plato adalah abstraksi. Beberapa orang menafsirkan "Platonisme" berarti proposisi bahwa universal ada secara independen dari keterangan (universal adalah segala sesuatu yang dapat didasarkan dari tertentu). Platonisme adalah sekolah kuno filsafat yang didirikan oleh Plato. Platonisme umumnya dibagi menjadi tiga periode: Awal Platonisme, Platonisme Tengah dan Neoplatonisme. Salah satu pernyataan dari filosofi ini adalah tesis bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Idealisme Platonis adalah teori yang substantif realitas di sekitar kita yang hanya refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. Sebagian orang menafsirkan "Platonisme" sebagai proposisi universal yang ada secara independen khusus (universal adalah apa-apa yang boleh dinyatakan tertentu). Kebenaran itu menurut Plato adalah abstraksi.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Platonisme adalah sekolah filsafat kuno yang didirikan oleh Plato; Sekolah ini memiliki eksistensi fisik yang sebenarnya di sebuah lokasi di luar tembok Athena yang disebut Akademi serta kesatuan intelektual dari pendekatan bersama untuk berfilsafat.
    Platonisme umumnya dibagi menjadi tiga periode:
    1. Platonisme awal
    2. Platonisme Tengah
    3. Neoplatonisme

    ReplyDelete