Nov 26, 2012

PLATONISM_Documented by Marsigit



Platonism

Platonic idealism is the theory that the substantive reality around us is only a reflection of a higher truth. That truth, Plato argues, is the abstraction. A particular tree, with a branch or two missing, possibly alive, possibly dead, and initials of two lovers carved into its bark, is distinct from the concept of a Tree. A Tree is the ideal that each of us holds that allows us to identify the imperfect reflections of trees all around us.
Some people construe "Platonism" to mean the proposition that universals exist independently of particulars (a universal is anything that can be predicated of a particular).
Platonism is an ancient school of philosophy, founded by Plato; this school had an actual, physical existence at a site just outside the walls of Athens called the Academy as well as the intellectual unity of a shared approach to philosophizing.
Platonism is generally divided into three periods:
1.   Early Platonism
2.   Middle Platonism
3.   Neoplatonism
Platonism is considered to be, in mathematics departments the world over, the predominant philosophy regarding Foundations of mathematics. One statement of this philosophy is the thesis that mathematics is not created but discovered in some undescribed realm.

17 comments:

  1. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Plato adalah ahli filsafat yang terkenal pada abad yunani kuno, pada tahun 427-347 SM, yang memiliki sikap bijaksana dari Socrates dan sekaligus melanjitkan kepemimpinannya.plato pada masaa muda yang bergerak dan mulai menulis gagasannya sehingga mempunyai anak aritoteles danhidup di Athena kemudian mengajar seorang pangeran dan merasa gagal kemudian kembali ke Athena sampai meninggal. Platonisme dalam matematika merupakan pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari bahasa, pola pikir, dan praktiknya.

    ReplyDelete
  2. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Belajar melalui konsep Plato dapat memberikan pandangan bahwa sejatinya ilmu itu ditemukan bukanlah akan datang seketika saja. Layaknya ia menemukan sifat yang abstrak sekalipun untuk melahirkan ilmu itu sendiri. Filsuf yang telah diakui secara mendunia dapat dijadikan sebagai inspirator dalam belajar. Sebenar-benar ilmu adalah yang berada pada dua kondisi dan bersifat prediktif.

    ReplyDelete
  3. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Plato adalah seorang ahli filsafat atau seorang filsuf dan matematikawan Yunani, penulis philosophical dialogues dan pendiri dari Akademi Platonik di Athena, sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat. Ia adalah murid Socrates. Teori plato salah satunya yaitu idealisme platonis. Idealisme platonis adalah teori bahwa kenyataan substantif di sekitar kita hanyalah cerminan kebenaran yang lebih tinggi. Pada postingan ini kita akan mengetahui mengenai idealisme platonis.

    ReplyDelete
  4. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Platonism merupakan aliran berdasar pemikiran Plato. Platonism secara umum dibedakan menjadi tiga periode yaitu Early Platonism, Middle Platonism, dan Neoplatonism. Filosofi dalam Platonism adalah “mathematics is not created but discovered” Menurut Plato suatu realita merupakan sebuah abstraksi. Ia menganggap sebenarnya semua hal sudah ada. Misal Pesawat Jet pada zaman pra sejarah sebenarnya sudah ada, hanya manusia belum bisa menemukannya. Mobil, sepeda motor, dan televisi, semuanya sebenarnya sudah ada sejak zaman batu,hanya saja manusia belum menemukannya. Hal itu terjadi karena manusia terperangkap dalam badan mereka. Hal itu juga dikarenakan bahwa ilmu menurut Plato adalah pikiran. Apa yang ada di pikiran itulah realita.

    ReplyDelete
  5. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Platonisme merupakan istilah yang bersumber dari filsafat Plato. Platonisme Matematika memiliki pandangan bahwa objek matematika bersifat abstrak dan independen. Hal ini membuktikan bahwa objek matematika adalah independen dari tingkat bahasa, pola pikir, dan praktik. Platonisme memandang kegiatan matematika adalah proses menemukan hubungan- hubungan yang telah ada di alam semesta.

    ReplyDelete
  6. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang terjadi dengan ilmu pengetahuan sekarang yaitu terjangkit dengan aliran Platonism.Seolah- olah telah menjad nyanyian dan menjadi inisiasi di dalam kehidupan sehari-hari.Refleksi dari bacaan sebelumnya bahwa ilmu pengetahuan tidak dapat berdiri dengan satu unsur independen melainkan harus membentuk kelengkapan antara ideal dan realita.Ideal menuntut adanya kesempurnaan dari sifat-sifat sedangkan realita adanya kenyataan.Maka kehadirannya Khantianisme bagaimana mendinginkan dua pertentangan antara idealitas dan realitas sehingga dapat dipersatukan.

    ReplyDelete
  7. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Idealisme plato adalah teori bahwa sesungguhnya realitas di sekitar kita hanyalah refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. Menurut Plato, kebenaran tersebut adalah realisme.Realitas seluruhnya seakan-akan terbagi atas dua “dunia”,dunia pertama terdiri dari ide-ide dan dunia kedua adalah jasmani. Ide dikenal oleh rasio. Untuk menggambarkan dunia, plato menggambarkan dunia yang ada sama sekali sempurna dan tidak dapat berubah, dunia yang demikian dikenal dengan dunia ideal. Benda sebenarnya tiruan dari ide dan hanya ide yg patut diselidiki oleh akal budi. Menurut platonisme, tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak (yaitu objek matematika nonspatiotemporal) dan kalimat serta teori-teori matematika dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Misalnya : dalam tinjauan platonis, kalimat “3 adalah bilangan prima” memberikan sebuah gambaran yang terus terang tentang sebuah nama objek tertentu. Platonisme pada matematika, memandang bahwa
    a) Terdapat objek abstrak yang secara keseluruhan non spatial-temporal, non physical, dan non mental, b) Terdapat kebenaran kalimat secara matematika yang melengkapi gambaran suatu objek

    ReplyDelete
  8. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Platonisme adalah aliran kuno filsafat yang dicetus oleh plato tentang bentuk-bentuk abstrak dan kekal. Sedangkan Platonisme Matematika adalah pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari bahasa, pola pikir, dan praktiknya. Dunianya platonism tidak bersahabat dengan dunianya anak, yang realis.

    ReplyDelete
  9. Junianto
    PM C

    Idealisme platonis adalah teori bahwa kenyataan substantif di sekitar kita hanyalah cerminan kebenaran yang lebih tinggi. Plato berpendapat yang dimaksud kebenaran disini adalah sebuah abstraksi. Dengan berbagai pandangan dari Plato ini maka muncullah Platonism yaitu sekolah filsafat kuno yang didirikan Plato. Sekolah ini memiliki eksistensi fisik dan aktual di sebuah lokasi di luar tembok Athena yang disebut Akademi serta kesatuan intelektual dari pendekatan bersama untuk berfilsafat.
    Platonisme umumnya dibagi menjadi tiga periode:
    1. Platonisme awal
    2. Platonisme Tengah
    3. Neoplatonisme

    ReplyDelete
  10. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Platonisme Matematika merupakan pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari kita dan bahasa, pola pikir, dan praktik. Sama halnya dengan elektron dan planet-planet keberadaannya independen dari kita, begitu juga angka dan himpunan. Seperti berbagai pernyataan menegenai elektron-elektron serta planet-planet yang dibuat benar atau salah oleh benda-benda terkait dan sifat benda-benda obyektif ini sempurna, begitu juga pernyataan tentang angka dan himpunan. Kebenaran matematika itu kemudian ditemukan, bukan diciptakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plato berpendapat bahwa kebenaran adalah sebuah abstraksi. Dengan kata lain, kita didesak untuk percaya bahwa teori cita-cita Plato adalah sebuah abstraksi , yang diceraikan dari apa yang disebut dunia eksternal, filsafat Eropa modern, terlepas dari kenyataan bahwa Plato mengajarkan bahwa cita-cita pada akhirnya nyata, dan memang berbeda dari hal-hal yang non ideal, dia berdebat untuk membedakan antara dunia ideal dan non-ideal.

      Delete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Idealisme platonis menekankan kebenaran yang lebih tinggi merupakan sebuah abstraksi yang berarti realitas substantif sekitar hanyalah refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. Platonisme merupakan sekolah kuno filsafat yang didirikan Plato yang memiliki pendekatan untuk berfilsafat. Platonisme berarti proposisi yang universal secara independen dari keterangan. filosofi platonisme dalam matematika menganggap bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan.

    ReplyDelete
  12. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Platonisme dibedakan menjadi tiga yaitu platonisme awal, platonisme tengah dan neoplatonisme. Platonisme merupakan dasar atau pondasi matematika yang menyatakan bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan di alam dan tidak dapat ditafsirkan. Bersama dengan formalisme, logigalisme dan intuitionisme, platonisme menjadi dasar dari matematika yang memiliki hubungan dengan intelektual, melalui platonisme Plato berpendapat bahwa kebenaran merupakan abstraksi.

    ReplyDelete
  13. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Platonisme tentang matematika adalah pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari kita dan bahasa, pola pikir, dan praktik. Platonisme dianggap sebagai filsafat utama mengenai dasar matematika.

    ReplyDelete
  14. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Platonisme berakar dari idealisme platonik yang merupakan teori yang menyatakan kebenaran substantif di sekitar kita hanyalah merupakan refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. Platonisme merupakan sekolah filsafat yang didirikan oleh Plato. Salah satu pernyataan menurut filsafat ini adalah bahwa matematika tidak diciptakan namun ditemukan dalam dunia atau ranah yang tidak dideskripsikan.

    ReplyDelete
  15. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas

    Platonisme merupakan aliran filsafat yang diperkenalkan oleh Plato. Aliran ini meyakini bahwa benda sebenarnya adalah tiruan dari ide, dan hanya ide yang patut diselidiki oleh pikiran. Idealisme bagi platonis adalah teori bahwa realitas di sekitar kita hanyalah refleksi dari kebenaran yang lebih mutlak tingkatannya. Menurut Plato, kebenaran itu adalah abstraksi. Platonisme memandang bahwa banyak filsuf tidak hanya percaya pada benda-benda abstrak, mereka berpikir bahwa untuk percaya pada obyek-obyek abstrak yang sepenuhnya tidak berwujud.

    ReplyDelete
  16. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Platonisme adalah sekolah filsafat kuno yang didirikan oleh Plato. Platonisme mengacu pada filsafat yang mengakui keberadaan objek-objek abstrak yang diyakini keberadaannya. Platonisme tentang matematika merupakan pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya terbebas dari kita, bahasa, pola pikir, dan praktik. Objek-objek abstrak dalam matematika sebenarnya merupakan reduksi dari benda-benda konkret yang ada di sekitar kita. Objek-objek abstrak tersebut adanya di alam pikir dan itu termasuk pada objek yang ada di dalam filsafat.

    ReplyDelete