Nov 26, 2012

PLATONISM_Documented by Marsigit



Platonism

Platonic idealism is the theory that the substantive reality around us is only a reflection of a higher truth. That truth, Plato argues, is the abstraction. A particular tree, with a branch or two missing, possibly alive, possibly dead, and initials of two lovers carved into its bark, is distinct from the concept of a Tree. A Tree is the ideal that each of us holds that allows us to identify the imperfect reflections of trees all around us.
Some people construe "Platonism" to mean the proposition that universals exist independently of particulars (a universal is anything that can be predicated of a particular).
Platonism is an ancient school of philosophy, founded by Plato; this school had an actual, physical existence at a site just outside the walls of Athens called the Academy as well as the intellectual unity of a shared approach to philosophizing.
Platonism is generally divided into three periods:
1.   Early Platonism
2.   Middle Platonism
3.   Neoplatonism
Platonism is considered to be, in mathematics departments the world over, the predominant philosophy regarding Foundations of mathematics. One statement of this philosophy is the thesis that mathematics is not created but discovered in some undescribed realm.

34 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Platonisme tentang matematika (atau Platonisme Matematika) adalah pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari kita dan bahasa, pola pikir, dan praktik. Sama halnya elektron dan planet-planet keberadaannya independen dari kita, begitu juga angka dan himpunan. Dan seperti pernyataan-pernyataan tentang elektron-elektron dan planet-planet yang dibuat benar atau salah oleh benda-benda terkait dan sifat benda-benda obyektif ini sempurna, begitu juga pernyataan tentang angka dan himpunan. Kebenaran matematika itu kemudian ditemukan, bukan diciptakan. Platonisme melihat objek matematika sebagai konstruksi mental yang tanpa keberadaan yang ideal independen

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    idealisme platonis adalah teori bahwa realitas substantif di sekitar kita hanya refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. kebenaran tersebut menurut Plato adalah abstraksi. Beberapa orang menafsirkan "Platonisme" berarti proposisi bahwa universal ada secara independen dari keterangan (universal adalah segala sesuatu yang dapat didasarkan dari tertentu). Platonisme adalah sekolah kuno filsafat yang didirikan oleh Plato. Platonisme umumnya dibagi menjadi tiga periode: Awal Platonisme, Platonisme Tengah dan Neoplatonisme. Salah satu pernyataan dari filosofi ini adalah tesis bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Idealisme Platonis adalah teori yang substantif realitas di sekitar kita yang hanya refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. Sebagian orang menafsirkan "Platonisme" sebagai proposisi universal yang ada secara independen khusus (universal adalah apa-apa yang boleh dinyatakan tertentu). Kebenaran itu menurut Plato adalah abstraksi.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Platonisme adalah sekolah filsafat kuno yang didirikan oleh Plato; Sekolah ini memiliki eksistensi fisik yang sebenarnya di sebuah lokasi di luar tembok Athena yang disebut Akademi serta kesatuan intelektual dari pendekatan bersama untuk berfilsafat.
    Platonisme umumnya dibagi menjadi tiga periode:
    1. Platonisme awal
    2. Platonisme Tengah
    3. Neoplatonisme

    ReplyDelete
  5. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Idealisme plato adalah teori bahwa sesungguhnya realitas di sekitar kita hanyalah refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. Menurut Plato, kebenaran tersebut adalah realisme.Realitas seluruhnya seakan-akan terbagi atas dua “dunia”,dunia pertama terdiri dari ide-ide dan dunia kedua adalah jasmani. Ide dikenal oleh rasio. Untuk menggambarkan dunia, plato menggambarkan dunia yang ada sama sekali sempurna dan tidak dapat berubah, dunia yang demikian dikenal dengan dunia ideal. Benda sebenarnya tiruan dari ide dan hanya ide yg patut diselidiki oleh akal budi. Menurut platonisme, tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak (yaitu objek matematika nonspatiotemporal) dan kalimat serta teori-teori matematika dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Misalnya : dalam tinjauan platonis, kalimat “3 adalah bilangan prima” memberikan sebuah gambaran yang terus terang tentang sebuah nama objek tertentu. Platonisme pada matematika, memandang bahwa
    a. Terdapat objek abstrak yang secara keseluruhan non spatial-temporal, non physical, dan non mental
    b. Terdapat kebenaran kalimat secara matematika yang melengkapi gambaran suatu objek

    ReplyDelete
  6. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Idealisme platonis merupkana teoriyang menyatakan bahwa realitas substantif sekitar manusia hanya refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi.
    Terkaiat dengan kebenaran yang dimaksudkan Plato berpendapat mengenai abstraksi.
    Sebuah pohon tertentu, dengan dua cabang atau hilang, mungkin hidup, mungkin mati, dan inisial dua kekasih yang diukir kulitnya.
    Berbeda dari konsep pohon a. Pohon adalah ideal yang individu masing-masing memegang yang memungkinkan untuk mengidentifikasi refleksi sempurna dari pohon-pohon yang ada di sekitar.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Platonisme merupakan ajaran filsafat Plato yang menganggap bahwa benda sebenarnya tiruan dari ide dan hanya ide yang patut diselidiki oleh akal budiidealisme platonis adalah teori bahwa realitas substantif sekitar kita hanyalah refleksi dari kebenaran yang lebih tinggi. Menurut Plato kebenaran itu|adalah abstraksi. Menurut Platonisme, penting untuk dicatat bahwa banyak filsuf tidak hanya percaya pada benda-benda abstrak, mereka berpikir bahwa untuk percaya pada obyek-obyek abstrak yang sepenuhnya tidak berwujud

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Salah satu pernyataan dari filosofi platonisme adalah tesis. Hal ini menjelaskan bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan di beberapa wilayah yang belum terdeskripsikan.
    Bagi Plato yang penting adalah tugas akal untuk membedakan tampilan (penampakan) dari realita (kenyataan) yang sebenar-benarnya.
    Sehingga kebenaran menurutnya hanya sebagai abstraksi saja. Platonism diakui diseluruh dunia dan filsafat paltonisme ini menjadi dominan dalam matematika.

    ReplyDelete
  9. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Berdasarkan artikel di atasa, bahwa Aliran ini berpendapat bahwa kenyataan yang sesungguhnya bersifat spiritual atau ideasional dan beranggapan bahwa pengetahuan yang didapat melalui pancaindera belum mencapai kebenarannya. Kebenaran yang secara tetap sebenarnya secara tidak disadari telah hadir dalam pikiran mereka. Anggapan tersebut berakibat bahwa setiap manusia mempunyai jiwa yang hadir lebih dahulu sebelum kelahiran raganya yang hidup dalam dunia spiritual dari bentuk sempurna (ide-ide)Jadi, dunia pengalaman (alat indera) disebut sebagai dunia semu atau dunia bayang-bayang, sedangkan dunia ideal (akal budi) disebut sebagai dunia asli, dunia yang sesungguhnya. Oleh karenanya aliran ini disebut aliran idealisme karena pengetahuan semata-mata hanya bersumber dari akal budi manusia

    ReplyDelete
  10. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Platonisme tentang matematika adalah pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari kita dan bahasa, pola pikir, dan praktik. Platonisme dianggap sebagai filsafat utama mengenai dasar matematika.

    ReplyDelete
  11. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Hal – hal yang disebutkan di atas menjelaskan bahwa Idealisme platonis adalah teori bahwa kenyataan substantif di sekitar kita hanyalah cerminan kebenaran yang lebih tinggi. Dari hal itu Plato berpendapat bahwa kebenaran itu abstraksi. Beberapa orang menafsirkan Platonisme berarti proposisi universal ada secara independen dari hal-hal khusus. Platonisme merupakan sekolah filsafat kuno yang didirikan oleh Plato.

    ReplyDelete
  12. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari artikel ini saya dapat mengetahui asal usul platonsm dimana Platonisme merupakan sebuah sekolah filsafat kuno yang didirikan oleh Plato;. Sekolah ini memiliki eksistensi fisik yang sebenarnya di sebuah lokasi di luar tembok Athena yang disebut Akademi serta kesatuan intelektual dari pendekatan bersama untuk berfilsafat. Dalam sekolah ini muncullah pandangan platonisme dimana mempunyai pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari kita dan bahasa, pola pikir, dan praktik. Kita tahu bahwa bahwa matematika pada level kelas atas sangat kental dengan konteks yang abstrak. Namun dengan adanya ini ada nilai plus yang kita peroleh yaitu kita bisa berfikir mengabstraksikan fikiran kita ke dalam bahasa-bahasa matematika.

    ReplyDelete
  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Platonisme tentang matematika (atau matematika platonisme) adalah pandangan metafisik bahwa ada benda-benda matematika abstrak yang keberadaannya tidak tergantung pada bahasa, pemikiran, dan praktik kita. Sama seperti elektron dan planet ada secara independen dari kita, begitu pula bilangan dan himpunan. Dan seperti halnya pernyataan tentang elektron dan planet yang dibuat benar atau salah oleh objek yang mereka khawatirkan dan sifat objektif objektif objek ini, demikian juga pernyataan tentang bilangan dan himpunan. Kebenaran matematis ditemukan, tidak ditemukan. Argumen yang paling penting untuk keberadaan objek matematika abstrak berasal dari Gottlob Frege dan berlanjut sebagai berikut (Frege 1953). Bahasa matematika dimaksudkan untuk merujuk dan mengukur objek matematika abstrak. Dan sejumlah besar teorema matematika adalah benar. Tapi sebuah kalimat tidak bisa benar kecuali jika sub-ungkapannya berhasil melakukan apa yang mereka maksudkan. Jadi ada benda-benda matematika abstrak yang ungkapan-ungkapan ini mengacu dan dihitung. Meskipun demikian, argumen Frege, para filsuf telah mengembangkan berbagai keberatan terhadap platonisme matematika. Dengan demikian, objek matematika abstrak diklaim secara epistemologis tidak dapat diakses dan secara metafisik bermasalah. Platonisme matematika telah menjadi topik yang paling banyak diperdebatkan dalam filsafat matematika selama beberapa dekade terakhir.

    ReplyDelete
  14. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Platonisme,sebuah filsafat yang mendapatkan inspirasi utamanya dari Plato. Meskipun ada tradisi kuno tentang "doktrin tidak tertulis Plato", Platonisme kemudian dan terutama didasarkan pada pembacaan dialog. Tapi ini bisa dibaca dengan berbagai cara, seringkali sangat selektif, dan mungkin saja semua jenis Platonisme dapat dikatakan memiliki kesamaannya adalah perhatian kuat terhadap kualitas kehidupan manusia - selalu etis, sering beragama, Dan kadang-kadang politik, berdasarkan keyakinan akan realitas yang tidak berubah dan abadi, yang oleh Plato disebut bentuk, terlepas dari perubahan keadaan dunia yang dirasakan oleh indera. Platonisme melihat realitas ini sebagai penyebab keberadaan segala sesuatu di alam semesta dan memberi nilai dan makna pada isinya secara umum dan kehidupan penghuninya pada khususnya. Keyakinan inilah nilai-nilai absolut yang berakar pada dunia abadi yang membedakan Platonisme dari filsafat pendahulu dan penerus langsung Plato dan dari filsafat kemudian yang diilhami oleh mereka - dari naturalisme immanentist dari sebagian besar pra-Sokrates (yang menafsirkan dunia secara monistik dalam Istilah alam seperti itu), dari relativisme kaum Sofis, dan dari koreksi Platonisme dalam arah duniawi ini yang dilakukan oleh murid Plato yang terbesar, Aristoteles

    ReplyDelete
  15. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Idealisme adalah suatu pikiran metafisika yang mengatakan bahwa pikiran atau roh mempunyai wujud sendiri yang terlepas dari alam semesta dan pikiran atau ide yang menjadi sumbernya. Adapun idealisme Plato tidak terlepas dari dirinya yang seorang idealis. Idealisme Platonik sangat menekankan realitas objektif pengetahuan rasional dan empirikal sekaligus, maka idealisme dalam coraknya yang modern merupakan upaya untuk mengguncangkan asa realitas objektif dan memproklamasikan doktrin baru tentang teori pengetahuan manusia, yang melaluinya ia dapat menghapus nilai filosofis pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tujuan pendidikan menurut Plato adalah untuk menemukan kemampuan-kemampuan ilmiah setiap individu dan melatihnya sehingga ia akan menjadi seorang warga negara yang baik, dalam suatu masyarakat yang harmonis, melaksanakan tugas-tugasnya secara efisien sebagai seorang anggota kelasnya. Adapun hal yang terlewatkan oleh Plato dalam bidang pendidikan adalah mengenai pendidikan dasar dan pendidikan untuk kelas penghasil yang satu-satunya kelas dalam golongan karya yang sebenarnya merupakan golongan terbesar dalam negara. Menurut Plato, pendidikan direncanakan dan diprogram menjadi tiga tahap dengan tingkat usia, tahap pertama adalah pendidikan yang diberikan kepada taruna hingga sampai dua puluh tahun; dan tahap kedua, dari usia dua puluh tahun sampai tiga puluh tahun; sedangkan tahap ketiga, dari tiga puluh tahun sampai usia empat puluh tahun (F. Hernawati, 2014).

    ReplyDelete
  17. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Platonisme adalah suatu aliran filsafat yang berasal dari Plato. Dalam ajaran Platonisme dunia dibedakan menjadi dua, yaitu dunia indrawi dan dunia ide. Platonisme matematika menetapkan bahwa kita memiliki pengetahuan tentang objek-objek abstrak. Ini akan menjadi penemuan penting, banyak teori naturalistik dari pengetahuan akan berusaha untuk mengakomodasinya.

    ReplyDelete
  18. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Platonisme tentang matematika atau Platonisme Matematika adalah pandangan metafisik tentang adanya benda abstrak matematika yang keberadaannya independen dari kita dan bahasa, pola pikir, dan praktik. Platonisme pada umumnya sebagai lawan Platonisme tentang matematika khusus adalah suatu pandangan yang muncul dari ketiga tesis atau pernyataan di atas dengan mengganti kata sifat 'matematika' oleh kata sifat lainnya. Platonisme harus dibedakan dari pandangan Plato. Beberapa pihak dalam perdebatan kontemporer tentang Platonisme membuat klaim penafsiran yang kuat tentang pandangan Plato. Meskipun pandangan yang kita sebut 'Platonisme' ter-inspirasi oleh teori terkenal Plato tentang bentuk abstrak dan kekal. Platonisme sekarang didefinisikan dan diperdebatkan secara independen dari inspirasi asli sejarah.

    ReplyDelete
  19. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pandangan platonisme ini merupakan pandangan dari Plato yang menyatkan bahwa seluruh kenyataan disekitar kita yang kita yakini benar hanya merupakan gambaran dari kenyataan yang sebenarnya yang bersifat abstrak. Itulah sebabnya mengapa dalam rumus-rumus perhitungan statistika, seringkali kita jumpai diakhir rumus akan ditambah dengan error. Hal ini dikarenakan adanya kenyataan yang lebih benar diluar perhitungan kita.

    ReplyDelete
  20. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dari artikel ini saya tertarik dengan pernyataan bahwa matematika tidak diciptakan tetapi matematika ditemukan. Kita manusia dikodratkan menjadi manusia belajar dan menemukan pengetahuan pengetahuan yang ada disekitar. sama halnya kita belajar lalu menemukan pengetahuan bukan menciptakan pengetahuan.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dalam pengertian yang lebih sempit, istilah tersebut mungkin menunjukkan doktrin realisme Platonis. Konsep sentral Platonisme, sebuah perbedaan yang penting dengan Teori Bentuk, adalah perbedaan antara realitas yang dapat dipahami namun tidak dapat dipahami, dan kenyataan yang tidak dapat dirasakan namun dapat dipahami. Bentuk-bentuknya biasanya digambarkan dalam dialog seperti Phaedo, Symposium and Republic sebagai arketipe sempurna transenden yang menjadi objek dalam dunia sehari-hari adalah salinan yang tidak sempurna.
    Di Republik bentuk tertinggi diidentifikasi sebagai Bentuk Yang Baik, sumber segala bentuk lainnya, yang bisa diketahui dengan akal sehat. Dalam karya Sophist, sebuah karya kemudian, bentuk, kesamaan dan perbedaannya tercantum di antara "Great Kinds" primordial. Pada abad ke-3 SM, Arcesilaus mengadopsi skeptisisme, yang menjadi prinsip utama sekolah sampai tahun 90 SM ketika Antiochus menambahkan elemen Stoic, menolak skeptisisme, dan memulai periode yang dikenal sebagai Platonisme Tengah.
    Pada abad ke-3 Masehi, Plotinus menambahkan unsur-unsur mistis, membangun Neoplatonisme, di mana puncak eksistensi adalah Yang Satu atau Yang Baik, sumber segala sesuatu; Dalam kebajikan dan meditasi jiwa memiliki kekuatan untuk mengangkat dirinya untuk mencapai persatuan dengan Yang Satu. Platonisme memiliki efek mendalam pada pemikiran Barat, dan banyak gagasan

    ReplyDelete
  22. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pengetahuan bukan dari pengalaman, karena pengalaman hanya alasan untuk menuju pengertian yang diperoleh atas usaha akal sendiri. Demikian pula dengan penglihatan, itu semua semata-mata jebakan atas keberadaan hakikat sesuatu. Kalau kita melihat seekor kuda yang gagah dan seorang perempuan yang cantik, penglihatan itu hanya mengingatkan dalam kesadaran kita pengertian gagah yang sebenarnya yang tidak seluruhnya tergambar pada kuda yang gagah itu atau perempuan yang cantik. Pengertian gagah yang sebenarnya bukan kumpulan segala yang gagah yang kelihatan ada benda-benda. Segala sesuatu yang dipandang itu ideal merupakan suatu idea, cita-cita. Bangunan yang tampak dengna pandangan itu tidak lain hanya gambaran yang tidak sempurna dari bangunan yang sebenarnya dalam pengertian. Hal itu serupa, tetapi tidak sama. Pengertian gagah berasal dari gambaran idea, sebenarnya gambaran itu tidak ada, yang ada hanyalah ideanya.

    ReplyDelete
  23. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Berpikir dan mengalami adalah dua macam jalan yang berbeda untuk memperoleh pengetahuan. Untuk menggambarkan hubungan antara pikiran dan pengalaman Plato melahirkan dua macam dunia, yaitu dunia yang kelihatan dan bertubuh serta dunia yang tidak kelihatan dan tidak bertubuh. Dunia yang kelihatan dan bertubuh adalah dunia lahir, terdiri dari barang-barang yang dapat dilihat dan dialami, yang senantiasa berubah menurut ruang dan waktu. Dunia yang tidak kelihatan dan tidak bertubuh adalah dunia dari idea dunia yang materiil, tetap dan tidak berubah-ubah. Idea menurut paham Plato tidak saja pengertian jenis, tetapi juga bentuk dari keadaan yang sebenarnya. Idea bukanlah suatu pikiran, melainkan suatu realita. Keadaan idea bertingkat-tingkat. Tingkat idea yang tertinggi adalah idea kebaikan, di bawahnya idea jiwa dunia, yang menggerakan dunia. Berikutnya idea keindahan yang menimbulkan seni, ilmu, pendidikan, politik. Dengan demikian, jelaslah bahwa kebenaran umum itu memang sudah ada, bukan dibuat atau diciptakan melainkan sudah ada di dalam idea. Pandangan dari Plato ini juga berimplikasi terhadap matematika bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan di alam yang tidak dapat ditafsirkan.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Platonisme, sebagai nama diri, adalah filsafat Plato atau nama dari sistem-sistem filsafat turunan langsung dari filsafat Plato. Kunci utama dalam Platonisme Matematika yang pertama adalah bahwa objek matematika yang abstrak. Kemudian bersifat independen, artinya bahwa Objek matematika adalah independen dari tingkat kecerdasan dan bahasa, pola pikir, dan praktik. Platonisme memandang obyek-obyek matematika adalah real dan eksistensi real obyek dan struktur matematika adalah sebagai eksistensi realitas yang ideal dan bebas dari sifat manusiawi. Kegiatan matematika adalah proses menemukan hubungan-hubungan yang telah ada di alam semesta.

    ReplyDelete
  25. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pandangan Platonis memandang matematika sebagai sesuatu yang statik tetapi merupakan bidang ilmu pengetahuan yang terpadu, bidang tentang Tahun 2002 4 struktur dan kebenaran yang saling terkait dengan kuat, satu sama lain terikat oleh logika dan makna. Jadi matematika sesuatu yang monolit, produk yang bersifat statik dan kekal. Matematika adalah ditemukan, bukan diciptakan.

    Sumber: Konsepsi Tentang Matematika oleh Drs. Endang Mulyana,M.Pd

    ReplyDelete
  26. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    dealisme platonis adalah teori bahwa kenyataan substantif di sekitar kita hanyalah cerminan kebenaran yang lebih tinggi. Plato berpendapat bahwa kebenaran itu adalah abstraksi. Beberapa orang menafsirkan "Platonisme" berarti proposisi bahwa universal ada secara independen dari hal-hal khusus (universal adalah sesuatu yang dapat dipredikatkan dari yang khusus). Dalam sekolahannya, platonisme umumnya dibagi menjadi tiga periode:
    1. Platonisme awal
    2. Platonisme tengah
    3. Neoplatonisme

    ReplyDelete
  27. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Platonisme, oleh beberapa orang diartikan sebagai proposisi yang universal ada secara independen dari keterangan. Universal yang dimaksud adalah segala sesuatu yang dapat dipredikatkan tertentu. Idealisme Plato adalah teori bahwa realitas substantif sekitar kita hanya cerminan dari kebenaran yang lebih tinggi. Kebenaran tersebut menurut Plato adalah abstraksi. Platonisme umumnya dibagi menjadi tiga periode yaitu Platonisme awal, Platonisme tengah dan Neoplatonisme.

    ReplyDelete
  28. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Memang kenyataannya sukar untuk mengerti unsur-unsur yang ada pada ajaran idealisme khususnya dengan Plato ini disebabkan aliran platonisme bersifat lebih banyak membahas tentang hakikat sesuatu dari pada menampilkannya dan mencari dalil keterangan itu sendiri. Oleh karena itu dapat kita katakana bahwa pikiran plato itu bersifat dinamis dan tetap berlanjut tanpa akhir. Adanya buah pikiran Plato itu maka ahli sejarah filsafat tetap memberikan tempat terhormat bagi sebagian pendapat dan buah pikirannya yang pokok dan utama.

    ReplyDelete
  29. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Platonism adalah paham yang diciptakan oleh Plato. Plato sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan filsafat matematika. Menurut Plato, matematika adalah bentuk pengetahuan yang paling sempurna. Menurut Plato, indra tidak memberi pengetahuan yang benar. Objek matematika dalam pandangan Plato adalah realitas yang bebas dari pikiran manusia. Kaum platonism menganggap matematika adalah mutlak benar atau absolut yang datang dari rasio yang ada di dalam pikiran.

    ReplyDelete
  30. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Plato merupakan murid dari Socrates. Plato mengembangkan ajaran pendidikan Socrates ke dalam sistem filsafat nya sendiri secara lengkap. Akademi yang telah didirikan Plato dijadikannya sebagai pusat studi. Perencanaan pendidikan dibagi jadi 3 tahap yakni:
    1. Platonisme awal
    2. Platonisme tengah
    3. Neoplatonisme

    ReplyDelete
  31. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Maksud pendidikan menurut Plato adalah menemukan kemampuan-kemampuan ilmiah setiap individu dan melatihnya sehingga ia menjadi warga negara yang baik. Plato menekankan bahwa pendidikan perlu direncanakan dan diprogramkan sebaik-baiknya agar mampu mencapai sasaran yang diidamkan.

    ReplyDelete
  32. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut aliran Plato, peranan utama pendidikan bagi manusia adalah membebaskan dan memperbaharui. Pembebasan dan pembaharuan itu akan membentuk manusia yang utuh, yaitu manusia yang berhasil menggapai segala keutamaan dan moralitas jiwa serta mengantarkannya ke ide yang tinggi, yaitu kebajikan, kebaikan, dan keadilan.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Platonisme adalah sekolah filsafat Yunani kuno dari periode Sokrates, yang didirikan sekitar tahun 387 SM. Oleh murid-murid Socrates, Plato, dan dilanjutkan oleh murid-murid dan pengikutnya. Sekolah ini berbasis di Akademi, tempat Plato menyampaikan ceramahnya (protoype untuk universitas-universitas kemudian). Platonisme pada awalnya diungkapkan dalam dialog Plato, di mana sosok gurunya, Socrates, digunakan untuk menjelaskan berbagai doktrin.

    ReplyDelete
  34. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Platonisme dibedakan menjadi tiga yaitu platonisme awal, platonisme tengah dan neoplatonisme. Platonisme merupakan dasar atau pondasi matematika yang menyatakan bahwa matematika tidak diciptakan tetapi ditemukan di alam dan tidak dapat ditafsirkan. Bersama dengan formalisme, logigalisme dan intuitionisme, platonisme menjadi dasar dari matematika yang memiliki hubungan dengan intelektual, melalui platonisme Plato berpendapat bahwa kebenaran merupakan abstraksi.

    ReplyDelete