Nov 30, 2012

Draft Kurikulum Baru (2013)




Ass Wr Wb

Silahkan dicermati Draft Kurikulum Baru 2013 di Link sebagai berikut:


http://www.academia.edu/2219841/Draft_Kurikulum_Baru_2013_


Berilah tanggapan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman masing-masing.

Terimakasih

Wss Wr Wb

Marsigit

3 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pada intinya saya setuju dengan kurikulum 2013 walaupun banyak yang menurut saya harus direvisi. Karena dalam kurikulum ini menekankan kepada siswa bahwa belajar itu sebenarnya mengasikkan dan sesuatu yang tidak harus ditakuti tapi menjadi kebutuhan. Namun karena dalam kurikulum 2013 siswa harus mencari tahu, maka pemerintah juga sebenarnya harus menyiapkan segala sesuatu alat agar siswa mudah mendapatkan apa yang ingin diketahuinya. Berarti pemerintah dalam hal ini harus menyediakan sarana dan prasarana yang cukup sebelum menerapkan kurikukum ini, karena kita tahu Indonesia ini sangat luas, sehingga banyak sekolah-sekolah yang jauh dari jangkauan pusat, sehingga menyulitkan untuk mencari informasi. Kalau menurut saya K-13 ini tidak masalah ditetapkan diperkotaan namun untuk daerah yang jauh dari jangkauan kota ini menyulitkan. Dan satu hal lagi yang saya tidak setuju adalah penggabungan mata pelajaran IPA, mata pelajaran IPS di SMP, kalau menurut saya penggabungan mata pelajaran IPA dan mata pelajaran IPS di SMP tidak baik. Karena menurut saya dengan adanya mata pelajaran fisika, biologi, sejarah, geografi dan sebagainya itu siswa akan lebuih tertarik dan diawal-awal dia sudah diperkenalkan dengan bagian-bagian ilmu, sehingga memudahkan dia nantinya untuk mendalami ilmu tertentu yang diminatinya.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan kurikulum yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal terhadap kegagalan pendidikan itu sendiri. Dengan sendirinya, akan berkibat pula terhadap kegagalan proses pengembangan manusia.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Memang banyak yang memperdebatkan Kurikulum 2013 ini. namun sebenarnya kita lihat dan bandingkan permendikbud 2007 dan 2013 sebenarnya hanya terjadi pergeseran kata saja. Kalau kita lebih mencermati apa saja perubahan yang terjadi maka akan sedikit kita dapatkan. Pelaksanannya hampir sama dengan KTSP. Meskipun sampai hari ini kurikulum 13 telah mengalami beberapa kali revisi, tapi tetap saja itu demi kebaikan sistem pendidikan kita bersama. Besar harapan saya semoga perubahan kurikulum 2013 ini pun tetap berdampak positif bagi masa depan anak didik kita. Semoga kurikulum ini menjadikan bangsa kita dapat menghadapi tantangan perubahan zaman di era globalisasi ke depan.

    ReplyDelete