Nov 30, 2012

Draft Kurikulum Baru (2013)




Ass Wr Wb

Silahkan dicermati Draft Kurikulum Baru 2013 di Link sebagai berikut:


http://www.academia.edu/2219841/Draft_Kurikulum_Baru_2013_


Berilah tanggapan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman masing-masing.

Terimakasih

Wss Wr Wb

Marsigit

32 comments:

  1. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas sumber-sumber pengetahuan yang telah diberikan kepada kami. Berdasarkan draft kurikulum diatas, dapat bahwa perkembangan kurikumul indonesia telah mngalami 13 kali revisis dari tahun 1947 sampai tahun 2013. Banyak perubahan dari setiap revisis kurikulum yang dilakukan namun perubahan yang sejatinya tertulis dalam revisi kurikulum tersebut tidak dibarengi dengan perubahan yang signifikan di lapangan. Menurut perubahan hanya menjadi sekedar harapan ketika tidak dibarengi dengan usaha yang nyata dan sinergi dari setiap elem yang terkait.

    ReplyDelete

  2. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Melihat draft dalam link tersebut saya melihat terjadi perubahan dan revisi kurikulum tiap tahunnya mulai dari tahun 1947 sampai dengan tahun 2013.Saya mencermatidalam startegi peningkatan efektivitas belajar pembelajaran sudah sesuai dengan yang diinginkan.Namun yang menjadi persoalannya banyak yang tidak mampu menerapkannya.Mungkin terkendala dengan kurangnya wawasan guru mengenai kurikulum 2013.Berdasarkan dengan paparan yang sebelumnya perlu adanya pencerahan terkait dengan kehadiran kurikulum sehingga peserta didik dapat beradaptasi dengan kurikulum dalam menentukan tujuan pembelajarannya.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Seiring dengan berubahnya zaman, pendidikan dituntut untuk selalu menjadi jawaban menyiapkan generasi yang mampu menciptakan inovasi atau perubahan untuk dapat hidup dengan baik di zamannya. Memang, hadirnya kurikulum 2013 pada awalnya penuh dengan kontroversi karena dianggap belum matang. Namun, perbaikan terus dilakukan agar kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik sehingga pembelajaran dapat berjalan maksimal. Permasalahan yang masih terjadi hingga saat ini adalah kurikulum 2013 masih diperspektifkan sebgai beban administratif daripada penunjang pembelajaran. Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk jeli dalam menjaga dokumen-dokumen pembelajaran, hingga sistem penilaiannya pun masih dirasa terlalu kompleks bagi guru.

    ReplyDelete
  4. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dari link tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana pemerintah secara sadar dengan usaha untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia dengan cara banyak melakukan perombakan sistem kurikulum pendidikan. Pasti dalam pembenahan kurikulum dari tahun ke tahun, akan mendapatkan saran dan kritikan dari para pendidik maupun para pemerhati pendidikan. Jelas tujuannya untuk menuju ke yang lebih baik, maka dari itu setiap pembaharuan kurikulum harus dibarengi dengan usaha bersama untuk mewujudkan apa tujuan dari kurikulum tersebut.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih Prof atas referensinya terkait draft kurikulum 2013. Kurikulum di Indonesia telah mengalami banyak revisi. Dari yang dulunya siswa diberi tahu hingga pada akhirnya kurikulum yang terbaru ini siswa diarahkan untuk mencari tahu sendiri. Artinya paradigma pendidikan di Indonesia telah berubah dari teacher center menjadi student center. Perubahan-perubahan yang terjadi ini harapannya menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Akan tetapi, pada prakteknya sampai tahun 2017 ini, terkadang masih ada guru yang memiliki mindset teacher center sehingga walaupun sekolahnya sudah menerapkan kurikulum 2013 namun dalam praktek pembelajarannya beliau masih menggunakan pola teacher center.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  6. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Terimakasih Prof,
    Assalammualaikum wr.wb
    Postingan ini bermanfaat untuk kita sebagai calon guru, dan untuk para guru. Dengan membaca postingan ini kita akan mengetahui alasan alasan perubahan kurikulum. Salah satunya adanya perubahan kurikulum bertujuan untuk memperbaiki kurikulum yang sudah ada, dengan tujuan agar selanjutnya proses belajar pembelajaran pun akan terlaksana lebih baik. Adapun perubahan kurikulum yang pernah ada yaitu, pada tahun :
    1947 menggunakan Rencana pelajaran dirinci dalam rencana pelajaran terurai.
    1964 menggunakan Rencana Pendidikan Sekolah Dasar
    1968 menggunakan Kurikulum sekolah dasar
    1973 menggunakan Kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP)
    1975 menggunakan Kurikulum Sekolah Dasar
    1984 menggunakan Kurikulum 1984
    1994 menggunakan Kurikulum 1994
    1997 menggunakan Revisi Kurikulum 1994
    2004 menggunakan Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
    2006 menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
    2013 menggunakan Kurikulum 2013 hingga sekarang.

    ReplyDelete
  7. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Terimakasih Prof,
    Assalammualaikum wr.wb
    Postingan ini bermanfaat untuk kita sebagai calon guru, dan untuk para guru. Dengan membaca postingan ini kita akan mengetahui alasan alasan perubahan kurikulum. Salah satunya adanya perubahan kurikulum bertujuan untuk memperbaiki kurikulum yang sudah ada, dengan tujuan agar selanjutnya proses belajar pembelajaran pun akan terlaksana lebih baik. Adapun perubahan kurikulum yang pernah ada yaitu, pada tahun :
    1947 menggunakan Rencana pelajaran dirinci dalam rencana pelajaran terurai.
    1964 menggunakan Rencana Pendidikan Sekolah Dasar
    1968 menggunakan Kurikulum sekolah dasar
    1973 menggunakan Kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP)
    1975 menggunakan Kurikulum Sekolah Dasar
    1984 menggunakan Kurikulum 1984
    1994 menggunakan Kurikulum 1994
    1997 menggunakan Revisi Kurikulum 1994
    2004 menggunakan Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
    2006 menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
    2013 menggunakan Kurikulum 2013 hingga sekarang.

    ReplyDelete
  8. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saat ini Indonesia telah mengupayakan penggunaan kurikulum 2013 di semua jenjang pendidikan. UU tentang kurikulum 2013 tertuang pada UU No 21-24 tahun 2016 yang berisi tentang sistem Setiap sistem yang dibuat pasti selalu dilakukan evaluasi-evaluasi untuk perbaikan. Nah, isunya tahun 2018 nanti kurikulum 2013 ini akan bergeser ke kurikulum baru yaitu kurikulum Nasional.

    ReplyDelete
  9. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Penerapan kurikulum 2013 telah berlangsung lama di Indonesia, namun berdasarkan pengalaman saya, kurikulum ini baru diterapkan tahun ini di Sekolah tempat saya mengajar, yakni penggunaan kurikulum 2013 revisi 2016 dan digunakan hanya untuk siswa kelas X. Masih belum terbiasanya guru menggunakan kurikulum ini, menjadikan dampak dalam pembelajaran yang belum lancar, beberapa permasalahan diantaranya adalah, pemahaman guru tentang sistem penilaian siswa dengan kurikulum ini, belum tersedianya bahan ajar yang memadai, serta siswa yang masih melakukan banyak penyesuaian.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Terima kasih atas draft kurikulum baru (2013) yang sudah Bapak dibagikan. Draft ini diposting tahun 2012, sementara antara 2012-2016 telah terjadi beberapa revisi terhadap kurikulum 2013. Maka bagi guru-guru yang menggunakan draft ini sebagai acuan pembelajaran harus juga memperhatikan dan menyesuaikan pada permendikbud yang ada, yang terakhir adalah permendikbud No 24 tahun 2016.

    ReplyDelete
  11. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Ada dua faktor besar pada keberhasilan Kurikulum 2013. Faktor pertama ialah penentu yakni kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Yang kedua ialah faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur, yakni ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, serta penguatan manajemen dan budaya sekolah. Guru yang dinilai sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan. Kesiapan guru pun lebih penting daripada pengembangan Kurikulum 2013.Karena dalam Kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Indonesia sudah berkali-kali melakukan pergantian kurikulum. Perubahan-perubahan kurikulum tersebut tentulah dengan harapan akan adanya perubahan ke arah yang lebih baik. Tetapi sayangnya harapan tersebut belumlah terwujud. Adanya pergantian kurikulum yang terlalu sering justru membuat kebingungan siswa, orang tua, dan guru. Menurut saya, bagaimanapun kurikulumnya perkembangan pendidikan akan sangat dipengaruhi guru. Ketika guru sudah dapat melakuakn pembelajaran yang berpusat pada siswa, berbasis aktivitas, dan melakukan inovasi-inovasi pembelajaran lainnya, apapun kurikulumnya pembelajaran akan tetap menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  13. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dunia pendidikan di Indonesia sudah berkali-kali mengalami pergantian kurikulum. Diharapkan dengan pergantian kurikulum, pendidikan Indonesia akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Saya ingin bertanya, apakah kurikulum 2013 dirancang oleh orang-orang yang benar-benar paham dan ahli dalam kurikulum pendidikan? Karena melihat fakta yang terjadi di lapangan, kurikulum 2013 dianggap tidak lebih baik dari kurikulum tingkat satuan pendidikan.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Kurikulum 2013 digunakan oleh pemerintah dengan maksud agar bisa menambah kualitas pendidikan di Indonesia. Pada kurikulum 2013 pembelajaran ditekankan pada keaktifan siswa dan guru hanya sebagai fasilitator bagi siswa, sehingga diharapkan siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dan hal tersebut akan lebih mengena pada diri anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saitifik .

    ReplyDelete
  15. Junianto
    PM C

    Kurikulum memang sudah seharusnya mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan kondisi perkembangan jaman dan paradigma dalam pendidikan. Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai perubahan kurikulum terlalu dipaksakan. Dipaksakan dalam konteks ini adalah bahwa kurikulum yang sejatinya masih perlu direvisi ternyata sudah diterapkan di sekolah, sehingga yang terjadi adalah semua pihak-pihak terkait menjadi kebingungan. Itulah yang terjadi pada kurikulum 2013 saat pertam akali diterapkan.

    ReplyDelete
  16. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Tenaga pendidik mempunyai tujuan untuk memfasilitasi pengembangan diri siswa dalam membangun pengetahuan yang dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari. Inilah yang telah terangkum dalam kerangka kurikulum 2013. Di dalam proses pembelajaran, siswa diharapkan lebih aktif dalam membangun pengetahuan, yaitu dengan berdiskusi dengan teman-temannya dalam satu regu, mencari permasalahan dan membangun konsepnya, lalu menarik kesimpulan pada konsep yang mereka temukan. Guru berperan sebagai fasilitator untuk mengarahkan siswa membangu konsep yang benar.

    ReplyDelete
  17. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Hakekat matematika seperti yang didefinisikan oleh Ebbutt dan Straker kini telah menjadi salah satu acuan dibentuknya kurikulum 2013. Karena menurut definisi ini, matematika sekolah dimaknai secara keseluruhan dan melibatkan siswa untuk aktif melalui kegiatan menemukan pola atau hubungan, melakukan problem solving, melaksanakan investigasi untuk mengecek kebenaran, dan mengkomunikasikan. Selain itu, siswa dilatih untuk memiliki rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab terhadap hasil pekerjaannya. Hal ini yang menyebabkan matematika sekolah dirasa menyenangkan bagi siswa karena mereka turut aktif selama proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Junianto
    PM C

    Masih banyaknya perangkat yang belum siap dan belum terdistribusi sampai kalangan bawah membuat semua elemen terutama praktisi menjadi kebingungan dalam menerapkan kurikulum 2013. Hal ini menyebabkan gagasan yang bagus menjadi tidak optimal dilaksanakan karena persiapan yang belum matang. Kemudian ada kesan terlalu dipaksakan penerapannya. Apalagi kurikulum 2013 memiliki perbedaan yang cukup besar dengan kurikulum sebelumnya yaitu KTSP.

    ReplyDelete
  19. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pendidikan di Indonesia yang menyempurnakan kurikulum sebelumya, yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Banyak alasan mengapa Kurikulum 2013 ini harus dibuat. Salah satu aturan yang dibuat adalah penambahan jam pelajaran. Hal itu disebabkan karena kecenderungan banyak negara yang akhir-akhir ini seperti KIPP di AS dan Korea Selatan menambah jam pelajaran, sedangkan di Indonesia sendiri jam pelajarannya masih relatif lebih singkat.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  20. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Selain itu, pada kurikulum ini juga terjadi perubahan paradigma dalam proses pembelajaran yaitu teacher center menjadi student center. Dengan kata lain siswa lebih aktif dalam proses memperoleh ilmu pengetahuan, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Meskipun guru hanya sebagai fasilitator, akan tetapi, ia juga harus menguasai pembelajaran baik proses maupun materinya. Sehingga siswa mencari tahu sendiri mengenai apa yang sedang dipelajari, bukan diberi tahu. Penilaian dalam K13 dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output. Itulah alasan mengapa jam pelajaran perlu ditambah.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  21. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kurikulum adalah suatu hal penting yang ada dalam sistem pendidikan. Menurut saya, kurikulum dianggap sebagai ideologinya pendidikan. Jadi penyusunan kurikulum harus terlaksana dengan baik agar nantinya setelah diterapkan, maka output yang dihasilkan dari pendidikan juga baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan. Peralihan memang membutuhkan waktu yang lama, apalagi disini mengubah paradigma teacher centered menjadi student centered, tentu diperlukan adanya pelatihan-pelatihan yang menunjang pelaksanaannya agar tidak terjadi miskonsepsi-miskonsepsi yang tidak diharapkan.

    ReplyDelete
  22. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Di tahun-tahun awal penerapan kurikulum 2013 ini banyak sekali pro kontra yang timbul di masyarakat. Penerapan suatu hal baru memang sudah menjadi hal biasa jika terjadi pro dan kontra. Menurut saya, tujuan dari diterapkannya kurikulum 2013 ini baik untuk kemajuan pendidikan di Indonesia agar dapat mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. Sambil berjalannya kurikulum 2013, pemerintah sampai saat ini masih melakukan perbaikan-perbaikan sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran di Indonesia.

    ReplyDelete
  23. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Kurikulum merupakan salah satu hal penting dalam pendidikan. Seiring berkembangnya zaman perlu adanya penyesuaian kurikulum terhadap paradigma pendidikan yang berkembang. Membaca draft kurikulum 2013 terlihat bahwa terdapat usaha untuk mengembangkan pembelajaran dan mengubah beberapa paradigma, diantaranya dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dan menambah jam belajar siswa. Perubahan kurikulum tersebut bertujuan untuk menghadapi tantangan masa depan khususnya di dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  24. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sudah 4 tahun kurikulum 2013 diberlakukan walaupun belum merata di seluruh sekolah di Indonesia. Selama pelaksanaan kurikulum 2013 terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Pada draft yang dicantumkan di atas disebutkan bahwa salah satu permasalahan kurikulum 2006 adalah karena terlalu banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak. Tetapi pada kurikulum 2013 masalah tersebut juga belum teratasi. Bahkan kalau dilihat secara kasat mata beban materi siswa justru semakin bertambah. Misal nya dalam pelajaran matematika dibagi menjadi dua yaitu matematika wajib dan matematika peminatan. Hal tersebut semakin menambah beban siswa karena materi yang dipelajari juga semakin banyak.

    ReplyDelete
  25. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kurikulum pendidikan di Indonesia terus terjadi perubahan. Perubahan-perubahan tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Selalu ada alasan mengapa kurikulum pendidikan di Indonesia selalu berubah. Salah satu penyebab yang pasti adanya perubahan-perubahan kurikulum ini ialah diinginkannya kualitas pendidikan yang lebih baik. Sehingga seyogyanya, perubahan kurikulum dilakukan setelah benar-benar diadakannya analisis kebutuhan dan masalah pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 yang diterapkan sekarang ini tentu merupakan perbaikan dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 menginginkan agar siswa menjadi pusat pembelajaran, penilaian dilihat dari ranah spiritual, sikap, kognitif, dan psikomotorik, tugas-tugas yang diberikan bersifat portofolio, materi pembelajaran dikaitkan dengan konteks yang sebenarnya, dan lain-lainnya. Harapannya, kurikulum yang diterapkan sekarang ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas siswa.

    ReplyDelete
  26. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Sistematika kurikulum 2013 telah diatur sedemikian rupa. Namun penerapan di lapangan belumlah sesuai dengan apa yang seharusnya. Antara sampul dan isi sistem pendidikan belumlah sinkron. Buku yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran pada umumnya adalah buku kurikulum 2013 namun proses pembelajaran, penilaian, dan aspek lainnya belum sesuai dengan pedoman kurikulum 2013. Maka evaluasi dan perbaikan sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan sistem pendidikan bangsa kita.

    ReplyDelete
  27. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kurikulum 2013 terus mengalami perubahan dan revisi hingga saat ini. Walaupun sudah hampir memasuki tahun 2018, pelaksanaan yang jelas benar dari Kurikulum 2013 belum tampak. Diharapkan penyempurnaan permen-permen yang baru tidak memberikan beban besar bagi guru dan siswa dalam melaksanakannya.

    ReplyDelete
  28. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Kurikulum sebagai acuan pelaksanaan pendidikan adalah salah satu penentu dalaan pembangunan pendidikan. Oleh karena itu, kurikulum harus selalu dikembangkan dengan terus memperhatikan kebutuhan masyarakat dan kemajuan kemajuan peradaban dunia. Kurikulum 2013 adalah salah satu kurikulum yang pernah atau sedang digunakan. Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh kurikulum 2013. Terutama adalah metode pembelajaran yang di usung.
    Menurut saya, banyak sekali keunggulan metode saintifik yang diangkat oleh kurikulum 2013. Yang dibutuhkan untuk merasakan keunggulan tesebut adalah kesiapan guru agar dapat optimal menggunakan metode tersebut.

    ReplyDelete
  29. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Kurikulum baru dibuat sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari kurikulum sebelumnya. Begitu pula dengan kurikulum 2013 yang dibuat untuk mengatasi kelemahan-kelamahan dari kurikulum 2006 (KTSP), sehingga akhirnya diharapkan mampu memperbaiki mutu pendidikan Indonesia. Dan ternyata pergantian kurikulum sudah terjadi berkali-kali, dan melalui artikel ini saya menjadi mengetahui bahwa kurikulum sudah digunakan sejak tahun 1947. Dan karena sudah mengalami berkali-kali perubahan maka seharusnya pendidikan Indonesia mengalami perubahan menjadi lebih baik, namun pendidikan Indonesia masih sama saja seperti yang dulu, tidak banyak perubahan yang terjadi, mutu pendidikan Indonesia masih dikategorikan rendah.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Adanya pengehentian kurikulum 2013 di beberapa sekolah dimaksudkan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan kurikulum.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  31. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang cocok diterapkan di Indonesia karena pada era globalisasi ini tidak hanya pengetahuan saja yang dikedepankan tetapi aspek religi, budaya, keterampilan dan sikap perlu dikembangkan agar tercipta generasi berpotensi baik dari pikiran, hati dan tindakan. Semoga setelah dilakukan evaluasi dan siap (guru, alat, media, dan siswa) dari segala aspek K13 dapat dilaksanakan di seluruh sekolah Indonesia.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  32. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Pergantian kurikulum diniatkan sebagai usaha dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kurikulum yang baru tentu memuat perbaikan-perbaikan dari kurikulum sebelumnya. Hanya saja, yang perlu menjadi catatan, kurikulum tidak boleh berubah terlalu cepat. Kurikulum yang terlalu cepat akan menuntut guru untuk melakukan berbagai perubahan. Perubahan yang belum mapan kemudian mengubah kurikulum lagi akan mengganggu keberjalanan proses belajar mengajar. Guru mengalami kebingungan, dan siswa akan terkena dampak dari kebingungan tersebut.

    ReplyDelete