Nov 30, 2012

Draft Kurikulum Baru (2013)




Ass Wr Wb

Silahkan dicermati Draft Kurikulum Baru 2013 di Link sebagai berikut:


http://www.academia.edu/2219841/Draft_Kurikulum_Baru_2013_


Berilah tanggapan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman masing-masing.

Terimakasih

Wss Wr Wb

Marsigit

84 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Kurikulum memang sewajarnya diperbaharui sesuai dengan semakin berkembangnya zaman, begitu pula dengan diberlakukannya saat ini kurikulum 2013 yang tetaplah mengalami revisi terus menerus, pelaksanaannya yang terlihat belum konsisten, apalgi implementasinya di kelas. masih ada sebagian guru yang merasa sudah melaksanakan pembelajaran berbasis k13 padahal masih menggunakan pembelajran yang konvensional. Perlu pembiasaan dari guru-guru dalam pelaksanaannya, sehingga nantinya akan terbiasa dengan pembelajaran yang student center.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Draft yang diberikan untuk kurikulum 2013 itu merupakan bentuk penyempurnaan dari apa yang sudah dituliskan oleh pemerintah. Guru-guru pada penerapan kurikulum 2013 masih banyak mengalami kebingungan. Hal ini disebabnkan karena kebijakan pemerintah yang selalu berubah-ubah, selain itu daam pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh pemerintah pun antara pelatih atau pemateri satu dengan yang lainnya tidaklah sama. sehingga semakin membuat kebingungan di dalam penerapannya.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan MAtematika D 2016

    Jika berbicara tentang pengalaman mengimplementasikan kurikulum 2013 maka saya berpikir bahwa masing-masing dari para pembaca tentunya memiliki pengalamannya masing-masing. Pengalaman saya mengajar menggunakan kurikulum 2013 di SMK mengalami banyak kendala. Siswa SMK terbiasa santai dengan jam belajar dan waktu belajar yang sedikit, karena menurut mereka pelajaran matematika tidak terlalu penting untuk dipelajari di jurusan mereka. Karena mereka sudah berpikir seperti ini maka belajar matematika sebaik apapun tidak dapat dimengerti oleh mereka.

    ReplyDelete
  4. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    jika dibandingkan dengan negara lain mengenai waktu dalam proses pembelajaran memang indonesia masih termasuk yang relatif lebih singkat. dalam penerapannya masih banyaknya keluhan bahwa dalam pengajaran matematika dikelas masih membutuhkan waktu tambahan sehingga guru sering kejar target untuk menuntaskan materi dengan memberi banyak tugas kepada siswa. sedangkan yang kita ketahui bahwa tugas yang banyak belum tentu memberikan pelajaran yang banyak bagi siswa,

    ReplyDelete
  5. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dewasa ini, perubahan kurikulum yang dilakukan dalam bidang pendidikan merupakan suatu hal yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan output pendidikan. Kurikulum 2013 yang berupaya mengubah paradigm teacher centered menjadi student centered masih terus diupayakan. Perubahan-perubahan ini seharusnya terus dibarengi dengan perbaikan kualitas pendidik dan sarana dan prasaranan yang memadai dalam dunia pendidikan. Sehingga inovasi kurikulum dalam dunia pendidikan tidak hanya sekedar wacana dan sebaga unsur politik belaka.

    ReplyDelete
  6. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terima kasih untuk link yang telah diberikan oleh Bapak. Sebenarnya, hampir semua tujuan kurikulum itu sama, yaitu untuk perbaikan pendidikan ke arah yang lebih baik lagi. Kurikulum 2013 mengajarkan siswa untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri melalui pendekatan saintifik. Kurikulum jika diterapkan dengan baik maka diharapkan hasilnya juga baik. Tantangan yang dihadapi dalam penerapan kurikulum memang kompleks, tetapi jika diberikan sosialisasi yang menyeluruh tentunya akan dapat diterapkan dengan baik.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan draff kurikulum 2013 tersebut salah satu tujuan yang hendak dicapai yang di titik beratkan pada siswa adalah mengenai karakter atau akhlak mulia dan kemampuan atau kompetensi-kompetensi yang lain seperti kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dll guna menghadapi tantangan masa depan. Kita lihat fenomena saat sekarang ini di mana ada sebagian siswa tidak mencerminkan mereka sebagai kaum yang intelektual, misalnya saja dengan melakukan perkelahian atau tawuran, menggunakan obat-obatan terlarang, bahkan di tingkat yang lebih tinggi adanya oknum-oknum pendidik yang melakukan plagiarisme. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan utama adanya perubahan kurikulum pendidikan ke dalam kurikulum 2013 yang mengedepankan pendidikan berkarakter. Karena sehebat-hebatnya orang pintar atau cerdas, yang paling tinggi kedudukannya adalah orang yang mempunyai karakter atau akhlak yang mulia.

    ReplyDelete
  8. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. kurikulum 2013 masih mengalami perubahan bahkan sampai tahun 2017, empat tahun setelah diterapkan. Peraturan yang mengatur tetang kurikulum 2013 terus direvisi. Pada mata pelajaran matematika sendiri, beberapa materi masih mengalami perubahan. Menurut saya sebaiknya kurikulum 2013 perlu direvisi lagi, tapi revisi dilakukan secara menyeluruh, dan bila sudah benar-benar mantap baru diterapkan. Jangan baru direvisi tahun ini, kemudian tahun depan ada revisi lagi. Menurut saya hal itu tidak baik bagi proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  9. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Setelah membaca draf kurikulum tersebut, dapat saya tanggap adalah bahwa ternyata perkembangan kurikulum di infonesia sudah beberpaa kali berganti, 1947 sampai 2015, dari sebuah perencanaan pembuatan kurikulum pada tahun 1947 dan adanya kurikulum pendidikan dasar pada tahun 1968, sehingga sesudah indonesia merdeka barulah kurikulum itu lahir. Kurikulum sekrang yang kita kenala adalah KBK, KTSP, dan kurikulum 2013. Dalam hal keefektifan pembelajaran, maka yang dimulai dari efektivitas interaksi, pemahaman, penyerapan, sehingga lahirnya sebuah transformasi nilai itu sendiri.

    ReplyDelete
  10. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan kurikulum di Indonesia pada dasarnya dilakukan untuk menyesuaikan kondisi dan perkembangan zaman di Indonesia. Kurikulum 2013 (K13) merupakan kurikulum yang digunakan untuk memperbaiki kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum 2006. Namun dalam pelaksanaanya, K13 memerlukan banyak evaluasi yang mencakup semua aspek, karena sebagian guru senior cenderung masih bingung dalam menerapkan K13.

    ReplyDelete
  11. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kurikulum 2013 muncul sebagai pembaharuan dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP. Tetapi kemunculan kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan yang ada di Indonesia justru menimbulkan berbagai kritik dari para pelaku pendidikan. Berbagai macam aspek kemampuan harus selalu di ukur dan dinilai, membuat para guru kewalahan dengan sistem penilaian dengan banyak aspek bagi tiap-tiap siswa. Mulai dari aspek spiritual yang juga menjadi sasaran penilaian terhadap siswa. Untuk melakukan penilaian tentu harus ada instrumen atau alat untuk menilai, padahal aspek spiritual itu menyangkut afektif yang sangat sulit sekali untuk dilihat ataupun dibuat suatu skala pengukuran yang objektif, karena apa yang dilakukan atau respon siswa tidak selalu mencerminkan jiwa atau aspek kerohaniannya. Hal tersebut menjadi salah satu kritik yang sering kali kita dilontarkan oleh para pelaku pendidikan mengenai kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Kompetensi lulusan: Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Analisanya bahwa dalam draft kurikulum 2013, nampak jelas bahwa dari tiga domain pendidikan yang ada, secara tegas terlihat adanya penekanan perhatian terhadap peningkatan proporsi 2 domain yang selama ini kurang berkembang dalam diri siswa yaitu domain afektif dan domain psikomotorik. Analisa ini sekaligus diperkuat pada cara pengetikan domain kognitif dalam draft bahan uji publik kurikulum 2013, yang sengaja diletakkan dibelakan kedua domain ini. Ini berarti bahwa kurikulum 2013 secara serius mengupayakan perubahan keseimbangan proporsi pengembangan ketiga domain tersebut dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    hal yang dapat saya simpulkan yaitu:
    Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat dan guru bukan satu-satunya sumber belajar.
    Sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan
    Pergeseran dari penilain melalui tes (mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja), menuju penilaian otentik (mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil). Pertanyaanya, model daftar nilai dan Nilai Laporan Siswa (Raport) apakah turut berubah untuk mengakomodasi semua aspek penilaian autentik.

    ReplyDelete
  14. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    ada dua faktor besar dalam keberhasilan Kurikulum 2013. Faktor pertama adalah penentu yakni kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur, yakni ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, serta penguatan manajemen dan budaya sekolah. Mengubah mindset guru seperti itu tidak mudah karena sudah berpuluh tahun guru mengajar dengan model ala bank. Tidak mudah bila tiba-tiba guru harus berubah menjadi seorang fasilitator dan motivator. Mengubah mindset guru itulah pekerjaan rumah tersendiri bagi Kemendikbud dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  15. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kurikulum 2013 tampaknya merupakan titik awal kita menuju public educator. Di mana pembelajaran telah berusaha menyediakan bermacam-macam sumber belajar, dan tidak hanya bergantung pada guru. Penilaian autentik telah mulai diimplementasikan dan banyak dikembangkan pendekatan open ended yang mengakomodir banyak penyelesaian yang mungkin. Sesuai dengan permasalahan dalam kehidupan, tidak ada penyelesaian tunggal, selalu ada penyelesaian di setiap permasalahan. Semua ini akan dapat membekali siswa kita untuk bisa mengatasi masalah mereka di masa yang akan datang. Hanya saja, saran saya sebelum implementasi kurikulum baru, sebaiknya dilakukan analisis dari pelaksanaan sekolah pilot dan dilakukan perbaikan berdasarkan hasil analisis tersebut, sehingga untuk sekolah lain dapat lebih mudah melaksanakan.

    ReplyDelete
  16. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Setiap adanya implementasi kurikulum baru yang diterapkan oleh pemerintah acapkali menimbulkan permasalahan bagi stakeholder pendidikan. Begitu pula yang terjadi pada kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru yang saat ini digunakan. Draft atau rancangan dari kurikulum 2013 itu sendiri sebenarnya sudah bagus namun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya, salah satu diantaranya adalah kurangnya persiapan guru untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar dan menjadi suatu permasalahan meskipun pemerintah telah mengadakan sosialisasi.

    ReplyDelete
  17. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidkan Matematika A 2014

    Kurukilum 2013 memang bagus untuk diterapkan sekarang ini. Namun masih dijumpai kendala-kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 diantaranya adalah masih banyak fasilitas sekolah yang belum terpenuhi untuk menujang kurikulum 2013 ini khususnya daerah terpencil. Kemudian masih banyak guru yang kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Adanya pelaksanaan pembekalan guru dalam mempersiapkan kurikulum 2013 sangat bagus, namun dinilai masih kurang karena pembekalan yang hanya dilakasanakan sekali ini belum cukup untuk guru dalam menguasai. Sehingga diperlukan pembekalan yang berkelanjutan agar guru benar-benar siap dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Masa transisi KTSP ke K-13 menimbulkan problem bagi dunia pendidikan, dimana buku K-13 yang sebagian besar belum didistribusikan ke sekolah ataupun mengalami kendala percetakan, akantetapi proses pembelajaran sudah dimulai. Selain itu banyak guru yang belum ditatar sehingga mereka pada kebingungan terhadap sistem pembelajaran, sistem penilaian, dan sistem pelaporan/raport yang berbeda jauh dari KTSP. Selain itu, materi yang diajarkan lebih banyak dari kurikulum sebelumnya sedangkan waktu yang diberikan sama dengan kurikulum sebelumnya. Siswa saya juga menemukan buku Agama Islam K-13 yang isinya tidak sesuai/kontradiktif dengan yang seharusnya. Pada saat era transisi kepresidenan, maka mendikbud juga mengalami transisi, dalam masa transisi ini terdapat dualisme kurikulum yang semakin membuat arah pendidikan tidak menentu. Kemudian mendikbud mengalami transisi kembali dimana adanya revisi K-13, serta tentang penentuan kelulusan dengan menerapkan proporsi yang berbeda dari sebelumnya. Masa transisi memang besar dampaknya bagi dunia pendidikan, meski K-13 sudah mengalami revisi akantetapi masih banyak yang perlu direvisi kembali/dikaji ulang terkait dengan K-13, karena K-13 belum proposional terkait dengan ketepatan implementasi materi pada semester tertentu. Terimakasih prof. dengan adanya posko ini semoga dapat membuat K-13 lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  19. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kurikulum 2013 memang dapat dikatakan sebagai reformasi pendidikan di Indonesia. Indikator nya adalah ketika tolok ukurnya tak sekedar satuan pendidikan saja akan tetapi juga berdasarkan perbedaan individual siswa. Dengan demikian setiap siswa memiliki hak yang sama dalam memperoleh fasilitas sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing. Guru juga dituntut untuk menggunakan metode pembelajaran disertai dengan media pembelajaran yang bervariasi. Hal ini dilakukan dalam rangka memfasilitasi kebutuhan siswa dengan karakteristik yang beragam pula. Walaupun masih banyak PR bagi pengembangan kurikulum 2013. Akan tetapi secara wacana kurikulum 2013 sudah sangat baik.

    ReplyDelete
  20. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Draft yang diberikan akan memberikan kita padangan terhadap perjalanan kurikululm 2013 di Indonesia. Diharapkan dari draft tersebut kita dapat mencerna dengan mengambil hal yg positif serta mendukung perubahan yang ada untuk keberlanjutan pendidikan yang semakin baik.

    ReplyDelete
  21. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih pak atas draft yang telah dibagikan, berdasarkan penambahan jam pada kurikulum 2013, disini peran guru dalam pembelajaran sangatlah penting, guru diharapkan memfasilitasi siswa agar mampu mecapai tujuan pembelajaran, penggunaan media yang interaktif dan inovatif sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  22. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Kurikulum di Indonesia telah mengalami sebelas kali penyempurnaan. Kurikulum 2013 adalah krikulum terbaru yang diberlakukan. Dalam pengembangan krikulum diperlukan landasan dari aspek filosofis, yuridis dan konseptual. Dalam pengembangan kurikulum diperlukan strategi, beberapa diantaranya adalah pembelajaran siswa aktif yang berbasis kompetensi, efektivitas pembelajaran, banyak jam pelajaran dalam satu mata pelajaran.

    ReplyDelete
  23. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Kurikulum di Indonesia tidak berhenti untuk selalu mengalami perubahan, hal ini dimaksudkan agar pendidikan yang terjadi sesuai dengan tuntutan zaman dan kemajuan teknologi. Faktor pendukung keberhasilan implementasi kurikulum 2013 ini didukung dengan SDM yang memadai sesuai bidangnya seperti kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana yang memadai seperti bahan ajar dan sumber belajar yang mencangkup interaksi pembelajaran yang berbasis pengalaman seta penguatan pada manjemen sekolah. Tidak hanya struktur pembelajarannya yang berubah akan tetapi guru juga harus melakukan pengembangan mulai dari perubahan mindset guru mengenai kompetensi yang akan dicapai sampai pada penilaian yang berbeda di kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Lulusan mencakup tiga aspek, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun dalam implementasinya, masih belum ada kesiapan dari para guru, terutama guru yang masih berorientasi pada kurikulum lama, dimana penilaian hanya dari satu aspek saja, yaiu kognitif. Sedangkan aspek keterampilan masih belum terlalu dipahami oleh guru. Selain itu, keterampilan dalam pembelajaran pun belum terlalu dikembangkan dalam pembelajaran, seperti kemampuan berdiskusi, kemampuan mengungkapkan pendapat, portofolio dan lain sebagainya. Guru masih terpaku hanya pada nilai tes saja. Padahal, dalam pembelajaran, hasil akhir bukan lah sebagai penentu kemampuan seseorang, melainkan proses nya lah yang seharusnya diperhitungkan. Mengenai aspek sikap, guru juga kesulitan menentukan sikap seperti apa yang nampak pada siswa dan apakah itu benar-benar menunjukkan sikap siswa yang sebenarnya, karena yang terlihat adalah perilaku yang tertangkap oleh indera.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Terimakasi prof atas draft kurikulum 2013 yang diberikan. Menambah pengetahuan saya tentang perkembangan kurikulum di Indonesia yang awalnya saya tahu hanya kurikulum 1994, KBK, KTSP saja.

    ReplyDelete
  26. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Mutu pendidikan di Indonesia saat ini memang masih jauh dari apa yang diharapkan jika dibandingkan dengan pendidikan di negara-negara lain. Oleh karena itu pemerintah mengambil langkah atau kebijakan agar pendidikan di Indonesia menjadi pendidikan yang bermutu. Hal ini dilakukan dengan mengubah kurikulum yang ada dari tahun ke tahun. Perubahan ini dilakukan karena adanya kesenjangan kurikulum yang ada antara kondisi saat ini dengan konsep ideal yang diharapkan. Kesenjangan kurikulum ini berupa kompetensi lulusan, materi pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, tenaga dan tenaga kependidikan serta pengelolaan kurikulum itu sendiri. Untuk saat ini kurikulum yang telah di terapkan di Indonesia adalah kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013, proses pembelajaran yang diterapkan adalah berpusat kepada siswa yang berarti siswa yang selalu diberitahu berubah menjadi siswa mencari tahu dan proses penilaian dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output. Aspek penilaian pun tidak hanya fosus kepada aspek kognitif saja tetapi dilihat juga dari aspek afektif dan psikomotorik. Guru pun dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Kurikulum 2013 yang sudah mulai diterapkan pada setiap satuan pendidikan ini diharapkan mampu untuk mengidealkan proses pembelajaran di sekolah sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Perubahan kurikulum membuat perubahan proses pembelajaran. Pada mulanya sistem mengajar menerapkan "Siswa diberi tahu" menjadi "Siswa mencari tahu". Dimana perubahan ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing- masing. Jika siswa diberi tahu itu berarti guru akan berperan aktif sehingga siswa lebih pasif. sedangkan untuk menerapkan sistem "Siswa mencari Tahu" membutuhkan akses informasi misalnya internet. Siswa harus memiliki buku paket sebagai sumber informasi, selain itu guru harus lebih aktif dalam menyediakan bahan ajar berupa artikel dan sumber belajar penunjang lainnya yang berkaitan dengan materi ajar yang disampaikan.

    ReplyDelete
  28. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan Kurikulum bias dikatakn sebagai tuntutan untuk menyesuikan jaman. Ada yang mengatakan perubahan kurikulam karena perubahan menteri pendidikan atau eprubahan kekuasaan. Terlepas dari itu, sebaikanya janganlah sering-sering merubah kurikulum. Lebih baik terus memperbaikinya atau merevisinya. Karena dengan perubahan kurikulum maka tujuan pendidikan nasional juga sedikit berubah. Belum juga mendapatkan hasilnya, tiba-tiba kurikulum berubah. Dan mulai dari awal lagi, terus berkelajutan seperti itu. Maka seharusnya terus lakukan evaluasi bukan berpatokan dengan apa yang lagi ngetren namun terus memperbaiki agar lebih baik mutu pendidikan Indonesia tersebut.

    ReplyDelete
  29. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas informasi yang Bapak berikan. Dengan adanya draft ini para calon guru maupun guru dapat mempelajari dengan seksama sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  30. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Draft di atas merupakan postingan lama, yaitu pada tahun 2013. Sedangkan sekarang sudah tahun 2016. Peraturanyang mengatur tentang kurikulum 2013 sudah berganti 2x, yaitu pada tahun 2014, dan yang terbaru tahun 2016. Karena kita merupakan calon guru dan mungkin ada yang sudah menjadi guru, maka harus mengetahui akan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pendidikan, terutama kurikulum. Draft peraturan baru sudah banyak beredar di internet, sehingga semua orang dapat mengaksesnya. Jika seorang guru ditanya tentang peraturan baru tentang pendidikan tetapi dia tidak mengetahuinya, berarti dia bukanlah guru yang bijaksana.

    ReplyDelete
  31. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, semua inovasi yang diciptakan semata-mata untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Seper K13 yang diciptakan sedemikian sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas siswa sehingga dapat bersaing di kelas internasional. Namun, tentunya segala hal yang tegrjadi pasti ada kekurangannya, maka sebaiknya perlu dilakukan evaluasi lagi karena sejak diterapkannya K13, masih banyak pendidik yang kebingungan dengan cara menerapkannya seperti apa.

    ReplyDelete
  32. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan kurikulum dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 memiliki tujuan tertentu. Beberapa masalah yang terjadi dalam implementasi kurikulum 2013 juga menjadi salah satu faktornya. Yang paling mencolok yaitu banyaknya materi atau mata pelajaran yang terlampau banyak, dan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif anak. Perlunya kurikulum yang mengakomodasi kompetemsi-kompetensi siswa juga menjadi salah satu faktor, apalagi kompetensi masa depan yang perlu dimiliki siswa untuk bekalnya kelak. Perkembangan pendidikan di luar juga mempengaruhi perlunya upgrade kurikulum di Indonesia.

    ReplyDelete
  33. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kurikulum 2013 diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di kurikulum 2006, sekaligus menjadi jalan untuk mewujudkan tujuan bersama. Namun perlu kerjasama dari berbagai pihak dalam mendukung keberhasilan implementasi kurikulum ini. Yaitu diantaranya adalah kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan dari segi kompetensi dengan kurikulum dan buku teks, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar, dan penguatan manajeman dan budaya sekolah.

    ReplyDelete
  34. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam draft kurikulum disebutkan bahwa pada tahun 2016, kurikulum ini sudah terlaksana secara keseluruhan. Namun pada kenyataannya, ternyata kurikulum 2013 ini belum bisa terlaksana secara maksimal. Hingga sekarangpun masih dijumpai sekolah yang belum menerapkan kurikulum 2013. Menurut saya, implementasi kurikulum 2013 ini terkesan mendadak, dan belum secara menyeluruh dipersiapkan. Padahal sejak awal sudah disusun bagaimana strategi implementasi kurikulum 2013 ini. Namun dengan telah berlakunya kebijakan kurikulum 2013 ini tinggal bagaimana seluruh aspek pendukung dari implementasi kurikulum dalam melaksanakan kurikulum dengan baik dan memberikan manfaat bagi semuanya

    ReplyDelete
  35. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014

    Pergantian kurikulum sudah dialami beberapa kali oleh Indonesia. Hal itu dikarenakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum ini diharapkan dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta penerapannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.

    ReplyDelete
  36. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak, sumber yang bapak bagikan sangat bermanfaat untuk pengembangan kurikulum 2013. Pengalaman saya di lapangan menggunakan kurikulum 2013 kendalanya adalah pada penilaian autentik. Penilaian tersebut menurut saya membingungkan, karena pada waktu itu belum ada kejelasan mengenai bentuk dan rubriknya.

    ReplyDelete
  37. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Sudah hampir 4 tahun kurikulum 2013 diberlakukan walaupun belum merata di seluruh sekolah di Indonesia. Selama pelaksanaan kurikulum 2013 terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Pada draft yang dicantumkan di atas disebutkan bahwa salah satu permasalahan kurikulum 2006 adalah karena terlalu banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak. Tetapi pada kurikulum 2013 masalah tersebut juga belum teratasi. Bahkan kalau dilihat secara kasat mata beban materi siswa justru semakin bertambah. Misal nya dalam pelajaran matematika dibagi menjadi dua yaitu matematika wajib dan matematika peminatan. Hal tersebut semakin menambah beban siswa karena materi yang dipelajari juga semakin banyak.

    ReplyDelete
  38. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Pengalaman saya PPL di MAN kelas X menggunakan Kurikulum 2013, saya merasa sangat kesulitan. Buku pegangan terlalu sulit untuk dipahami oleh siswa para siswa. Mungkin sulitnya saya untuk menjalankan K13 ini dikarenakan ilmu saya dan pengalaman saya yang masih sedikit. Namun ternyata setelah bincang-bincang dengan guru-guru yang ada di sekolah tersebut. Ternyata mereka juga mengalami kesulitan menerapkan K13 tersebut. Dari awal pembuatan RPP, pengajaran, hingga penulisan rapor guru yang saya tanya merasa sulit dan “meraba-raba”. Pelatihan-pelatihan yang dilakukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pemahaman guru tentang K13. Semoga setelah adanya perbaikan K13, semua pihak menjadi mengerti dan bisa melaksanakannya dengan baik sehingga cita-cita pendidikan Indonesia bisa tercapai. Aamiin.

    ReplyDelete
  39. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Kurikulum merupakan hal yang sangat vital dalam sistem pendidikan nasional. Dokumen ini sudah ada sejak tahun 2012. Hingga saat ini tahun 2017 masih terjadi perubahan-perubahan internal dari kurikulum itu sendiri. Semoga pengamatan saya salah, pendidikan sudah dicampur aduk dengan politik yang ada di negara ini, sehingga tidak heran ketika pergantian kepemimpinan akan berganti pula sistem pendidikan yang ada. Bahkan ketika sistem pendidikan tersebut sedang proses implementasi dan pengenalan di lingkungan sekolah, sistem tersebut sudah harus diganti lagi. Bagaimana bisa menilai apakah sistem tersebut berhasil atau tidak?
    Semoga upaya pemerintah terhadap perbaikan kurikulum yang hingga saat ini terus dilaksanakan akan berbuah manis pada akhirnya. Aamiin

    ReplyDelete
  40. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Draft kurikulum 2013 merupakan rencana dari kurikulum 2013 yang telah berlaku saat ini dan telah mengalami banyak perubahan dan revisi. Draft ini bisa menjadi bahan bagi kami untuk mempelajari, sejarah awal bagaimana dan seperti apa rintisan dari kurikulum 2013 itu sendiri. Inti dari kurikulum 2013 adalah menekankan kembali paradigma bahwa kegiatan pembelajaran hendaknya berpusat pada siswa, yang sebenarnya semangat ini sudah ada sejak kurikulum KTSP. Semoga dengan diterapkannya kurikulum 2013 ini bisa membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  41. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Kurikulum 2003 merupakan kurikulum yang terbaru yang diterapkan di Indonesia, kurikulum dimana paradigmanya diharapkan dirubah, yang semula dala pembelajaran semua aktivitas terfokus pada guru, dengan adanya kurikulum 2013 diharapkan siswa berperan aktif dalam pebelajaran, sehingga tidak semua terpusat pada guru, dan siswa lebih mempelajari sesuatu berdasakan pengalaman dalam belajarnya. Setiap perubahan pasti ada pro dan kontra, ada masa transisi dimana setiap kebijakan pasti ada kurang dan lebihnya, masih harus ada perbaikan di segala lini. Semoga ke depannya pelaksanaan kurikulum 2013 ini membuat pendidikan di Indonesia lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  42. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan yang bertujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran yang ada disekolah. Kurikulum 2013 mempunyai tujuan dan kandungan isi yang baik untuk mendukung pendidikan di abad 21 sekarang. Namun pada pelaksanaanya masih banyak guru-guru yang kurang paham baik dari segi pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPP maupun dalam penerapannya. Hal ini terjadi karena kurangnya pelatihan dan workshop yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan kurikulum 2013 terutama di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota. Maka dari itu diharapkan kepada pemerintah agar lebih gencar lagi dalam mensosialisasikan penerapan kurikulum 2013 yang baik dan benar sehingga visi dan misi pendidikan nasional dapat terlaksana.

    ReplyDelete
  43. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Kurikulum 2013 hadir sebagai salah kurikulum yang bertujuan tidak hanya berfokus pada penilaian kognisi siswa namun sikap dan keterampilan siswa yang juga merupakan unsure penting dalam karakter seseorang.Selain itu, siswa juga dibudayakan untuk menghargai nilai nilai moril yang dijunjung oleh bangsa Indonesia. Harapannya dengan penilaian tersebut, karakter siswa bisa dibentuk dengan baik melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan materi, siswa dll sehingga selain mencerdaskan kehidupan bangsa, siswa juga memiliki religiusitas dan karakter yang baik. Selainitu, kurikulum 2013 diharapkan membentuk karakter yang baik sehingga nilai-nilai karakter bisa diwujudkan dengan kurikulum ini. Dan juga kurikulum ini berfokus pada student center sehingga fokusnya pada siswa yang aktif dan membuat siswa aktif. Membentuk sifat kreatif, inovatif dll, sebagai bekal untuk dibawa ke masyarakat.

    ReplyDelete
  44. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Kurikulum yang berubah, mungkin bukan hal yang teramat baru dan sakral lagi di Indonesia ini. Pada artikel di atas disebutkan beberapa problem pada kurikulum 2006 yang saat ini diupayakan untuk dipecahkan melalui kurikulum 2013. Harapan saya, semoga apa yang dikehendaki segera terealisasi.
    Akan tetapi saya ingin berdiskusi tentang aspek lainnya. Sesungguhnya saya pernah menyampaikan pendapat yang hampir sama dengan pendapat berikut ini pada postingan terkait kurikulum 2013 pada blog ini. Pendapat saya yaitu tentang proses lahirnya kebijakan kurikulum baru. Pertanyaan saya selalu sama. Kebijakan kurikulum yang baru tentu tidak lahir sekonyong-konyong, sudah pasti ada alasan kuat didukung dengan bukti research. Akan tetapi, yang menurut saya agak ganjil, pada setiap pergantian kebijakan, salah satunya pergantian kurikulum, sangat jarang atau bahkan saya tidak menemukan bukti autentik dokumen riset yang memberikan gambaran bahwa kebijakan sebelumnya telah dievaluasi dan hasilnya harus diganti dengan kebijakan baru. Entah saya yang belum menemukan atau memang dokumen seperti itu tidak dipublikasikan.
    Akan tetapi, dengan membaca artikel di atas, semakin menambah ketertarikan saya untuk belajar dan membaca draf kurikulum 13 lebih dalam lagi. Karena beberapa orang yang saya temui, entah siswa maupun orangtua siswa merasa kebingungan dengan kurikulum 2013. Harapan saya, semoga setelah membaca artikel di atas, saya memiliki jawaban atas kebingungan orang orang di sekitar saya. Jangan berhenti berjuang.

    ReplyDelete
  45. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Salah satu fokus di dalam Kurikulum 2013 ialah pembentukan karakter dengan pendekatan pembelajaran saintifik di semua mata pelajaran. Namun menurut pengalaman saya dilapangan, tidak semua materi dalam pembelajaran dapat menggunakan pendekatan ini. Penggunaan pendekatan saintifik di seluruh pembelajaran tampak terlalu dipaksakan. Kasus lain yang ditemui antara lain belum siapnya pendidik (guru) menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Beberapa guru masih merasa nyaman menggunakan metode pengajaran tradisional.

    ReplyDelete
  46. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Pengalaman saya dalam praktek Kurikulum 2013 adalah masalah buku wajib kelas X yang walaupun tertulis revisi 2016 namun untuk kontennta belum sesuai dengan KI dan KD pada permendikbud, selain itu menurut saya urutan materinya juga masih acak-acakan apabila merujuk pada permendikbud. Contohnya saja pada bab awal kelas X mempelajari pertidkasamaan mutlak, namun untuk materi pertidaksamaan sendiri berada pada bab dua, selain itu grafik pertidaksaman kuadrat lebih dahulu dari pada fungsi yang ada persamaan kuadrat. Seperti itulah salah satu contoh ketidaksamaan permendikbud dengan buku wajib kelas X revisi 2016. Semoga segera direvisi dan dicocokkan dengan urutan materi agar siswa dan guru tidak mengalami kesulitan dalma melaksanakan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  47. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Draf yang diposting di atas merupakan draf ketika kurikulum 2013 baru saja diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia. Setiap tahun kurikulum selalu mengalami perubahan yang dengan tujuan untuk memperbaiki bagian-bagian dari kurikulum tersebut yang masih mengalami kesalahan. Hingga sampai tahun 2017 kurikulum telah mengalami revisi menjadi kurikulum 2013 revisi. Menurut pengalaman saya ketika melakukan PPL dahulu, kurikulum 2013 menurut saya unggul dalam segi penilaiannya. Karena penilainya tidak hanya kemampuan kognitifnya saja yang dinilai melainkan semua kemampuan yang berupa kognitif, afektif dan psikomotornya juga dinilai. Selain itu, kekurangan dalam kurikulum 2013 ini dari segi buku paket dan penyusunan materi yang belum baik. Karena ada materi yang sebagai prasyarat untuk materi berikutnya malah diletakkan pada bagian akhir. Dan, masih banyak hal-hal lainnya.

    ReplyDelete
  48. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Melalui draft yang terlampirkan saya menyadari bahwa setiap pergantian kurikulum menghendaki kondisi yang idealnya. Namun, mengacu pada penjelasan kesenjangan yang terjadi saya mendapati masih ada kendala-kendala dalam memenuhi kondisi ideal yang diinginkan. Merujuk pada pencapaian yang terjadi pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dinyatakan saat ini masih menggapai aspek kognitif saja. Tidak dipungkiri bahwa kecakapan kognitif anak-anak di Indonesia sudah memadai. Perlu memikirkan dan mengupayakan penanaman pada aspek afektif dan psikomotorik sehingga pola pikir yang dimiliki mampu dikembangkan dalam ranah yang luas. Dalam proses belajar tidaklah lengkap jika hanya mengandalkan aspek kognitif saja. Sejatinya proses belajar merupakan gabungan dari berbagai aspek dalam diri dan lingkungan.

    ReplyDelete
  49. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas sumber-sumber pengetahuan yang telah diberikan kepada kami. Berdasarkan draft kurikulum diatas, dapat bahwa perkembangan kurikumul indonesia telah mngalami 13 kali revisis dari tahun 1947 sampai tahun 2013. Banyak perubahan dari setiap revisis kurikulum yang dilakukan namun perubahan yang sejatinya tertulis dalam revisi kurikulum tersebut tidak dibarengi dengan perubahan yang signifikan di lapangan. Menurut perubahan hanya menjadi sekedar harapan ketika tidak dibarengi dengan usaha yang nyata dan sinergi dari setiap elem yang terkait.

    ReplyDelete

  50. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Melihat draft dalam link tersebut saya melihat terjadi perubahan dan revisi kurikulum tiap tahunnya mulai dari tahun 1947 sampai dengan tahun 2013.Saya mencermatidalam startegi peningkatan efektivitas belajar pembelajaran sudah sesuai dengan yang diinginkan.Namun yang menjadi persoalannya banyak yang tidak mampu menerapkannya.Mungkin terkendala dengan kurangnya wawasan guru mengenai kurikulum 2013.Berdasarkan dengan paparan yang sebelumnya perlu adanya pencerahan terkait dengan kehadiran kurikulum sehingga peserta didik dapat beradaptasi dengan kurikulum dalam menentukan tujuan pembelajarannya.

    ReplyDelete
  51. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Seiring dengan berubahnya zaman, pendidikan dituntut untuk selalu menjadi jawaban menyiapkan generasi yang mampu menciptakan inovasi atau perubahan untuk dapat hidup dengan baik di zamannya. Memang, hadirnya kurikulum 2013 pada awalnya penuh dengan kontroversi karena dianggap belum matang. Namun, perbaikan terus dilakukan agar kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik sehingga pembelajaran dapat berjalan maksimal. Permasalahan yang masih terjadi hingga saat ini adalah kurikulum 2013 masih diperspektifkan sebgai beban administratif daripada penunjang pembelajaran. Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk jeli dalam menjaga dokumen-dokumen pembelajaran, hingga sistem penilaiannya pun masih dirasa terlalu kompleks bagi guru.

    ReplyDelete
  52. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dari link tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana pemerintah secara sadar dengan usaha untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia dengan cara banyak melakukan perombakan sistem kurikulum pendidikan. Pasti dalam pembenahan kurikulum dari tahun ke tahun, akan mendapatkan saran dan kritikan dari para pendidik maupun para pemerhati pendidikan. Jelas tujuannya untuk menuju ke yang lebih baik, maka dari itu setiap pembaharuan kurikulum harus dibarengi dengan usaha bersama untuk mewujudkan apa tujuan dari kurikulum tersebut.

    ReplyDelete
  53. Terima kasih Prof atas referensinya terkait draft kurikulum 2013. Kurikulum di Indonesia telah mengalami banyak revisi. Dari yang dulunya siswa diberi tahu hingga pada akhirnya kurikulum yang terbaru ini siswa diarahkan untuk mencari tahu sendiri. Artinya paradigma pendidikan di Indonesia telah berubah dari teacher center menjadi student center. Perubahan-perubahan yang terjadi ini harapannya menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Akan tetapi, pada prakteknya sampai tahun 2017 ini, terkadang masih ada guru yang memiliki mindset teacher center sehingga walaupun sekolahnya sudah menerapkan kurikulum 2013 namun dalam praktek pembelajarannya beliau masih menggunakan pola teacher center.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  54. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Terimakasih Prof,
    Assalammualaikum wr.wb
    Postingan ini bermanfaat untuk kita sebagai calon guru, dan untuk para guru. Dengan membaca postingan ini kita akan mengetahui alasan alasan perubahan kurikulum. Salah satunya adanya perubahan kurikulum bertujuan untuk memperbaiki kurikulum yang sudah ada, dengan tujuan agar selanjutnya proses belajar pembelajaran pun akan terlaksana lebih baik. Adapun perubahan kurikulum yang pernah ada yaitu, pada tahun :
    1947 menggunakan Rencana pelajaran dirinci dalam rencana pelajaran terurai.
    1964 menggunakan Rencana Pendidikan Sekolah Dasar
    1968 menggunakan Kurikulum sekolah dasar
    1973 menggunakan Kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP)
    1975 menggunakan Kurikulum Sekolah Dasar
    1984 menggunakan Kurikulum 1984
    1994 menggunakan Kurikulum 1994
    1997 menggunakan Revisi Kurikulum 1994
    2004 menggunakan Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
    2006 menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
    2013 menggunakan Kurikulum 2013 hingga sekarang.

    ReplyDelete
  55. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Terimakasih Prof,
    Assalammualaikum wr.wb
    Postingan ini bermanfaat untuk kita sebagai calon guru, dan untuk para guru. Dengan membaca postingan ini kita akan mengetahui alasan alasan perubahan kurikulum. Salah satunya adanya perubahan kurikulum bertujuan untuk memperbaiki kurikulum yang sudah ada, dengan tujuan agar selanjutnya proses belajar pembelajaran pun akan terlaksana lebih baik. Adapun perubahan kurikulum yang pernah ada yaitu, pada tahun :
    1947 menggunakan Rencana pelajaran dirinci dalam rencana pelajaran terurai.
    1964 menggunakan Rencana Pendidikan Sekolah Dasar
    1968 menggunakan Kurikulum sekolah dasar
    1973 menggunakan Kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP)
    1975 menggunakan Kurikulum Sekolah Dasar
    1984 menggunakan Kurikulum 1984
    1994 menggunakan Kurikulum 1994
    1997 menggunakan Revisi Kurikulum 1994
    2004 menggunakan Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
    2006 menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
    2013 menggunakan Kurikulum 2013 hingga sekarang.

    ReplyDelete
  56. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saat ini Indonesia telah mengupayakan penggunaan kurikulum 2013 di semua jenjang pendidikan. UU tentang kurikulum 2013 tertuang pada UU No 21-24 tahun 2016 yang berisi tentang sistem Setiap sistem yang dibuat pasti selalu dilakukan evaluasi-evaluasi untuk perbaikan. Nah, isunya tahun 2018 nanti kurikulum 2013 ini akan bergeser ke kurikulum baru yaitu kurikulum Nasional.

    ReplyDelete
  57. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Penerapan kurikulum 2013 telah berlangsung lama di Indonesia, namun berdasarkan pengalaman saya, kurikulum ini baru diterapkan tahun ini di Sekolah tempat saya mengajar, yakni penggunaan kurikulum 2013 revisi 2016 dan digunakan hanya untuk siswa kelas X. Masih belum terbiasanya guru menggunakan kurikulum ini, menjadikan dampak dalam pembelajaran yang belum lancar, beberapa permasalahan diantaranya adalah, pemahaman guru tentang sistem penilaian siswa dengan kurikulum ini, belum tersedianya bahan ajar yang memadai, serta siswa yang masih melakukan banyak penyesuaian.

    ReplyDelete
  58. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Terima kasih atas draft kurikulum baru (2013) yang sudah Bapak dibagikan. Draft ini diposting tahun 2012, sementara antara 2012-2016 telah terjadi beberapa revisi terhadap kurikulum 2013. Maka bagi guru-guru yang menggunakan draft ini sebagai acuan pembelajaran harus juga memperhatikan dan menyesuaikan pada permendikbud yang ada, yang terakhir adalah permendikbud No 24 tahun 2016.

    ReplyDelete
  59. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Ada dua faktor besar pada keberhasilan Kurikulum 2013. Faktor pertama ialah penentu yakni kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Yang kedua ialah faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur, yakni ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, serta penguatan manajemen dan budaya sekolah. Guru yang dinilai sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan. Kesiapan guru pun lebih penting daripada pengembangan Kurikulum 2013.Karena dalam Kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  60. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Indonesia sudah berkali-kali melakukan pergantian kurikulum. Perubahan-perubahan kurikulum tersebut tentulah dengan harapan akan adanya perubahan ke arah yang lebih baik. Tetapi sayangnya harapan tersebut belumlah terwujud. Adanya pergantian kurikulum yang terlalu sering justru membuat kebingungan siswa, orang tua, dan guru. Menurut saya, bagaimanapun kurikulumnya perkembangan pendidikan akan sangat dipengaruhi guru. Ketika guru sudah dapat melakuakn pembelajaran yang berpusat pada siswa, berbasis aktivitas, dan melakukan inovasi-inovasi pembelajaran lainnya, apapun kurikulumnya pembelajaran akan tetap menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  61. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dunia pendidikan di Indonesia sudah berkali-kali mengalami pergantian kurikulum. Diharapkan dengan pergantian kurikulum, pendidikan Indonesia akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Saya ingin bertanya, apakah kurikulum 2013 dirancang oleh orang-orang yang benar-benar paham dan ahli dalam kurikulum pendidikan? Karena melihat fakta yang terjadi di lapangan, kurikulum 2013 dianggap tidak lebih baik dari kurikulum tingkat satuan pendidikan.

    ReplyDelete
  62. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Kurikulum 2013 digunakan oleh pemerintah dengan maksud agar bisa menambah kualitas pendidikan di Indonesia. Pada kurikulum 2013 pembelajaran ditekankan pada keaktifan siswa dan guru hanya sebagai fasilitator bagi siswa, sehingga diharapkan siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dan hal tersebut akan lebih mengena pada diri anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saitifik .

    ReplyDelete
  63. Junianto
    PM C

    Kurikulum memang sudah seharusnya mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan kondisi perkembangan jaman dan paradigma dalam pendidikan. Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai perubahan kurikulum terlalu dipaksakan. Dipaksakan dalam konteks ini adalah bahwa kurikulum yang sejatinya masih perlu direvisi ternyata sudah diterapkan di sekolah, sehingga yang terjadi adalah semua pihak-pihak terkait menjadi kebingungan. Itulah yang terjadi pada kurikulum 2013 saat pertam akali diterapkan.

    ReplyDelete
  64. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Tenaga pendidik mempunyai tujuan untuk memfasilitasi pengembangan diri siswa dalam membangun pengetahuan yang dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari. Inilah yang telah terangkum dalam kerangka kurikulum 2013. Di dalam proses pembelajaran, siswa diharapkan lebih aktif dalam membangun pengetahuan, yaitu dengan berdiskusi dengan teman-temannya dalam satu regu, mencari permasalahan dan membangun konsepnya, lalu menarik kesimpulan pada konsep yang mereka temukan. Guru berperan sebagai fasilitator untuk mengarahkan siswa membangu konsep yang benar.

    ReplyDelete
  65. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Hakekat matematika seperti yang didefinisikan oleh Ebbutt dan Straker kini telah menjadi salah satu acuan dibentuknya kurikulum 2013. Karena menurut definisi ini, matematika sekolah dimaknai secara keseluruhan dan melibatkan siswa untuk aktif melalui kegiatan menemukan pola atau hubungan, melakukan problem solving, melaksanakan investigasi untuk mengecek kebenaran, dan mengkomunikasikan. Selain itu, siswa dilatih untuk memiliki rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab terhadap hasil pekerjaannya. Hal ini yang menyebabkan matematika sekolah dirasa menyenangkan bagi siswa karena mereka turut aktif selama proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  66. Junianto
    PM C

    Masih banyaknya perangkat yang belum siap dan belum terdistribusi sampai kalangan bawah membuat semua elemen terutama praktisi menjadi kebingungan dalam menerapkan kurikulum 2013. Hal ini menyebabkan gagasan yang bagus menjadi tidak optimal dilaksanakan karena persiapan yang belum matang. Kemudian ada kesan terlalu dipaksakan penerapannya. Apalagi kurikulum 2013 memiliki perbedaan yang cukup besar dengan kurikulum sebelumnya yaitu KTSP.

    ReplyDelete
  67. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pendidikan di Indonesia yang menyempurnakan kurikulum sebelumya, yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Banyak alasan mengapa Kurikulum 2013 ini harus dibuat. Salah satu aturan yang dibuat adalah penambahan jam pelajaran. Hal itu disebabkan karena kecenderungan banyak negara yang akhir-akhir ini seperti KIPP di AS dan Korea Selatan menambah jam pelajaran, sedangkan di Indonesia sendiri jam pelajarannya masih relatif lebih singkat.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  68. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Selain itu, pada kurikulum ini juga terjadi perubahan paradigma dalam proses pembelajaran yaitu teacher center menjadi student center. Dengan kata lain siswa lebih aktif dalam proses memperoleh ilmu pengetahuan, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Meskipun guru hanya sebagai fasilitator, akan tetapi, ia juga harus menguasai pembelajaran baik proses maupun materinya. Sehingga siswa mencari tahu sendiri mengenai apa yang sedang dipelajari, bukan diberi tahu. Penilaian dalam K13 dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output. Itulah alasan mengapa jam pelajaran perlu ditambah.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  69. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kurikulum adalah suatu hal penting yang ada dalam sistem pendidikan. Menurut saya, kurikulum dianggap sebagai ideologinya pendidikan. Jadi penyusunan kurikulum harus terlaksana dengan baik agar nantinya setelah diterapkan, maka output yang dihasilkan dari pendidikan juga baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan. Peralihan memang membutuhkan waktu yang lama, apalagi disini mengubah paradigma teacher centered menjadi student centered, tentu diperlukan adanya pelatihan-pelatihan yang menunjang pelaksanaannya agar tidak terjadi miskonsepsi-miskonsepsi yang tidak diharapkan.

    ReplyDelete
  70. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Di tahun-tahun awal penerapan kurikulum 2013 ini banyak sekali pro kontra yang timbul di masyarakat. Penerapan suatu hal baru memang sudah menjadi hal biasa jika terjadi pro dan kontra. Menurut saya, tujuan dari diterapkannya kurikulum 2013 ini baik untuk kemajuan pendidikan di Indonesia agar dapat mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. Sambil berjalannya kurikulum 2013, pemerintah sampai saat ini masih melakukan perbaikan-perbaikan sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran di Indonesia.

    ReplyDelete
  71. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Kurikulum merupakan salah satu hal penting dalam pendidikan. Seiring berkembangnya zaman perlu adanya penyesuaian kurikulum terhadap paradigma pendidikan yang berkembang. Membaca draft kurikulum 2013 terlihat bahwa terdapat usaha untuk mengembangkan pembelajaran dan mengubah beberapa paradigma, diantaranya dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dan menambah jam belajar siswa. Perubahan kurikulum tersebut bertujuan untuk menghadapi tantangan masa depan khususnya di dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  72. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sudah 4 tahun kurikulum 2013 diberlakukan walaupun belum merata di seluruh sekolah di Indonesia. Selama pelaksanaan kurikulum 2013 terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Pada draft yang dicantumkan di atas disebutkan bahwa salah satu permasalahan kurikulum 2006 adalah karena terlalu banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak. Tetapi pada kurikulum 2013 masalah tersebut juga belum teratasi. Bahkan kalau dilihat secara kasat mata beban materi siswa justru semakin bertambah. Misal nya dalam pelajaran matematika dibagi menjadi dua yaitu matematika wajib dan matematika peminatan. Hal tersebut semakin menambah beban siswa karena materi yang dipelajari juga semakin banyak.

    ReplyDelete
  73. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kurikulum pendidikan di Indonesia terus terjadi perubahan. Perubahan-perubahan tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Selalu ada alasan mengapa kurikulum pendidikan di Indonesia selalu berubah. Salah satu penyebab yang pasti adanya perubahan-perubahan kurikulum ini ialah diinginkannya kualitas pendidikan yang lebih baik. Sehingga seyogyanya, perubahan kurikulum dilakukan setelah benar-benar diadakannya analisis kebutuhan dan masalah pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 yang diterapkan sekarang ini tentu merupakan perbaikan dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 menginginkan agar siswa menjadi pusat pembelajaran, penilaian dilihat dari ranah spiritual, sikap, kognitif, dan psikomotorik, tugas-tugas yang diberikan bersifat portofolio, materi pembelajaran dikaitkan dengan konteks yang sebenarnya, dan lain-lainnya. Harapannya, kurikulum yang diterapkan sekarang ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas siswa.

    ReplyDelete
  74. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Sistematika kurikulum 2013 telah diatur sedemikian rupa. Namun penerapan di lapangan belumlah sesuai dengan apa yang seharusnya. Antara sampul dan isi sistem pendidikan belumlah sinkron. Buku yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran pada umumnya adalah buku kurikulum 2013 namun proses pembelajaran, penilaian, dan aspek lainnya belum sesuai dengan pedoman kurikulum 2013. Maka evaluasi dan perbaikan sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan sistem pendidikan bangsa kita.

    ReplyDelete
  75. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kurikulum 2013 terus mengalami perubahan dan revisi hingga saat ini. Walaupun sudah hampir memasuki tahun 2018, pelaksanaan yang jelas benar dari Kurikulum 2013 belum tampak. Diharapkan penyempurnaan permen-permen yang baru tidak memberikan beban besar bagi guru dan siswa dalam melaksanakannya.

    ReplyDelete
  76. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Kurikulum sebagai acuan pelaksanaan pendidikan adalah salah satu penentu dalaan pembangunan pendidikan. Oleh karena itu, kurikulum harus selalu dikembangkan dengan terus memperhatikan kebutuhan masyarakat dan kemajuan kemajuan peradaban dunia. Kurikulum 2013 adalah salah satu kurikulum yang pernah atau sedang digunakan. Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh kurikulum 2013. Terutama adalah metode pembelajaran yang di usung.
    Menurut saya, banyak sekali keunggulan metode saintifik yang diangkat oleh kurikulum 2013. Yang dibutuhkan untuk merasakan keunggulan tesebut adalah kesiapan guru agar dapat optimal menggunakan metode tersebut.

    ReplyDelete
  77. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Kurikulum baru dibuat sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari kurikulum sebelumnya. Begitu pula dengan kurikulum 2013 yang dibuat untuk mengatasi kelemahan-kelamahan dari kurikulum 2006 (KTSP), sehingga akhirnya diharapkan mampu memperbaiki mutu pendidikan Indonesia. Dan ternyata pergantian kurikulum sudah terjadi berkali-kali, dan melalui artikel ini saya menjadi mengetahui bahwa kurikulum sudah digunakan sejak tahun 1947. Dan karena sudah mengalami berkali-kali perubahan maka seharusnya pendidikan Indonesia mengalami perubahan menjadi lebih baik, namun pendidikan Indonesia masih sama saja seperti yang dulu, tidak banyak perubahan yang terjadi, mutu pendidikan Indonesia masih dikategorikan rendah.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  78. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Adanya pengehentian kurikulum 2013 di beberapa sekolah dimaksudkan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan kurikulum.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  79. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang cocok diterapkan di Indonesia karena pada era globalisasi ini tidak hanya pengetahuan saja yang dikedepankan tetapi aspek religi, budaya, keterampilan dan sikap perlu dikembangkan agar tercipta generasi berpotensi baik dari pikiran, hati dan tindakan. Semoga setelah dilakukan evaluasi dan siap (guru, alat, media, dan siswa) dari segala aspek K13 dapat dilaksanakan di seluruh sekolah Indonesia.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  80. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Pergantian kurikulum diniatkan sebagai usaha dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kurikulum yang baru tentu memuat perbaikan-perbaikan dari kurikulum sebelumnya. Hanya saja, yang perlu menjadi catatan, kurikulum tidak boleh berubah terlalu cepat. Kurikulum yang terlalu cepat akan menuntut guru untuk melakukan berbagai perubahan. Perubahan yang belum mapan kemudian mengubah kurikulum lagi akan mengganggu keberjalanan proses belajar mengajar. Guru mengalami kebingungan, dan siswa akan terkena dampak dari kebingungan tersebut.

    ReplyDelete
  81. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih atas link yang sudah di share. Kita dapat mengetahui bagaimana usaha pemerintah dalam memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia yaitu dengan melakukan perubahan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan. Tujuan perubahan kurikulum adalah untuk memperbaiki kurikulum yang ada sebelumnya. Tetapi perubahan kurikulum janganlah terlalu cepat, karena malah justru akan mengganggu proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  82. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof. atas link yang sudah dibagikan. Saya setuju, bahwa implementasi kurikulum 2013 masih membutuhkan perbaikan. Sosialisasi dan pelatihan yang kurang terhadap para guru dalam implementasi kurikulum 2013 ini, mengakibatkan tujuan yang hendak dicapai olek kurikulum 2013 menjadi kurang optimal. Semoga dengan perbaikan-perbaikan yang dilakukan pada kurikulum 2013 dapat membawaha perubahan ke arah yang lebih baik. Terimakasih.

    ReplyDelete
  83. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika

    Terimakasih Prof. Kurikulum 2013 merupakan salah satu cara yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. K13 diajarkan dengan pendekatan saintifik yang membuat siswa tidak hanya duduk, diam dan mendengarkan (teacher centered) tapi student centered. Siswa haruslah aktif dan peran guru di kelas hanya sebagai fasilitator agar siswa dapat mengontruksi pengetahuannya sendiri. Implementasi K13 pada awalnya saya rasa cukup terburu-buru, banyak hal yang patut diperhatikan terlebih dulu sebekum penerapan di seluruh sekolah. Namun, seiring berjalannya waktu harapan agar mutu pendidikan Indonesia lebih baik, meningkat. Semoga kurikulum 2013 dapat membawa perubahan

    ReplyDelete