Nov 30, 2012

Draft Kurikulum Baru (2013)




Ass Wr Wb

Silahkan dicermati Draft Kurikulum Baru 2013 di Link sebagai berikut:


http://www.academia.edu/2219841/Draft_Kurikulum_Baru_2013_


Berilah tanggapan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman masing-masing.

Terimakasih

Wss Wr Wb

Marsigit

47 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pada intinya saya setuju dengan kurikulum 2013 walaupun banyak yang menurut saya harus direvisi. Karena dalam kurikulum ini menekankan kepada siswa bahwa belajar itu sebenarnya mengasikkan dan sesuatu yang tidak harus ditakuti tapi menjadi kebutuhan. Namun karena dalam kurikulum 2013 siswa harus mencari tahu, maka pemerintah juga sebenarnya harus menyiapkan segala sesuatu alat agar siswa mudah mendapatkan apa yang ingin diketahuinya. Berarti pemerintah dalam hal ini harus menyediakan sarana dan prasarana yang cukup sebelum menerapkan kurikukum ini, karena kita tahu Indonesia ini sangat luas, sehingga banyak sekolah-sekolah yang jauh dari jangkauan pusat, sehingga menyulitkan untuk mencari informasi. Kalau menurut saya K-13 ini tidak masalah ditetapkan diperkotaan namun untuk daerah yang jauh dari jangkauan kota ini menyulitkan. Dan satu hal lagi yang saya tidak setuju adalah penggabungan mata pelajaran IPA, mata pelajaran IPS di SMP, kalau menurut saya penggabungan mata pelajaran IPA dan mata pelajaran IPS di SMP tidak baik. Karena menurut saya dengan adanya mata pelajaran fisika, biologi, sejarah, geografi dan sebagainya itu siswa akan lebuih tertarik dan diawal-awal dia sudah diperkenalkan dengan bagian-bagian ilmu, sehingga memudahkan dia nantinya untuk mendalami ilmu tertentu yang diminatinya.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan kurikulum yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal terhadap kegagalan pendidikan itu sendiri. Dengan sendirinya, akan berkibat pula terhadap kegagalan proses pengembangan manusia.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Memang banyak yang memperdebatkan Kurikulum 2013 ini. namun sebenarnya kita lihat dan bandingkan permendikbud 2007 dan 2013 sebenarnya hanya terjadi pergeseran kata saja. Kalau kita lebih mencermati apa saja perubahan yang terjadi maka akan sedikit kita dapatkan. Pelaksanannya hampir sama dengan KTSP. Meskipun sampai hari ini kurikulum 13 telah mengalami beberapa kali revisi, tapi tetap saja itu demi kebaikan sistem pendidikan kita bersama. Besar harapan saya semoga perubahan kurikulum 2013 ini pun tetap berdampak positif bagi masa depan anak didik kita. Semoga kurikulum ini menjadikan bangsa kita dapat menghadapi tantangan perubahan zaman di era globalisasi ke depan.

    ReplyDelete
  4. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pembaharuan kurikulum selalu terjadi seriring berkembangnya zaman.
    Tujuan kurikulum 2013 tidak dapat dipungkiri adalah untuk membangun kondisi pendidikan di Indonesia yang lebih baik. Namun masih banyak dijumpai kendala kendala yang terjadi pada proses pengimplementasian kurikulum 2013 tersebut.
    Hal ini karena dirasa kurikulum baru yang perlu pengadaptasian sehingga diperlukan waktu untuk berproses.

    ReplyDelete
  5. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam pengimplementasian kurikulum 2013 banyak sekali kendala yang dihadapi.
    Salah satunya adalah kurangnya perhatian terhadap kesulitan yang dihadapi guru maupun siswa dikarenakan tujuan pembelajaran yang kurang melihat karakteristik dan proses belajar siswa.
    Seperti materi yang cukup banyak sedang waktu yang disediakan terbatas. Disisi lain pembelajaran yang baik adalah lebih mengedepankan deep processing daripada mengejar nilai yang diperoleh siswa.
    Sehingga harapann ke depan kurikulum 2013 dapat selalu dikembangkan.

    ReplyDelete
  6. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Kurikulum memang sewajarnya diperbaharui sesuai dengan semakin berkembangnya zaman, begitu pula dengan diberlakukannya saat ini kurikulum 2013 yang tetaplah mengalami revisi terus menerus, pelaksanaannya yang terlihat belum konsisten, apalgi implementasinya di kelas. masih ada sebagian guru yang merasa sudah melaksanakan pembelajaran berbasis k13 padahal masih menggunakan pembelajran yang konvensional. Perlu pembiasaan dari guru-guru dalam pelaksanaannya, sehingga nantinya akan terbiasa dengan pembelajaran yang student center.

    ReplyDelete
  7. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Draft yang diberikan untuk kurikulum 2013 itu merupakan bentuk penyempurnaan dari apa yang sudah dituliskan oleh pemerintah. Guru-guru pada penerapan kurikulum 2013 masih banyak mengalami kebingungan. Hal ini disebabnkan karena kebijakan pemerintah yang selalu berubah-ubah, selain itu daam pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh pemerintah pun antara pelatih atau pemateri satu dengan yang lainnya tidaklah sama. sehingga semakin membuat kebingungan di dalam penerapannya.

    ReplyDelete
  8. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan MAtematika D 2016

    Jika berbicara tentang pengalaman mengimplementasikan kurikulum 2013 maka saya berpikir bahwa masing-masing dari para pembaca tentunya memiliki pengalamannya masing-masing. Pengalaman saya mengajar menggunakan kurikulum 2013 di SMK mengalami banyak kendala. Siswa SMK terbiasa santai dengan jam belajar dan waktu belajar yang sedikit, karena menurut mereka pelajaran matematika tidak terlalu penting untuk dipelajari di jurusan mereka. Karena mereka sudah berpikir seperti ini maka belajar matematika sebaik apapun tidak dapat dimengerti oleh mereka.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    jika dibandingkan dengan negara lain mengenai waktu dalam proses pembelajaran memang indonesia masih termasuk yang relatif lebih singkat. dalam penerapannya masih banyaknya keluhan bahwa dalam pengajaran matematika dikelas masih membutuhkan waktu tambahan sehingga guru sering kejar target untuk menuntaskan materi dengan memberi banyak tugas kepada siswa. sedangkan yang kita ketahui bahwa tugas yang banyak belum tentu memberikan pelajaran yang banyak bagi siswa,

    ReplyDelete
  10. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dewasa ini, perubahan kurikulum yang dilakukan dalam bidang pendidikan merupakan suatu hal yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan output pendidikan. Kurikulum 2013 yang berupaya mengubah paradigm teacher centered menjadi student centered masih terus diupayakan. Perubahan-perubahan ini seharusnya terus dibarengi dengan perbaikan kualitas pendidik dan sarana dan prasaranan yang memadai dalam dunia pendidikan. Sehingga inovasi kurikulum dalam dunia pendidikan tidak hanya sekedar wacana dan sebaga unsur politik belaka.

    ReplyDelete
  11. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terima kasih untuk link yang telah diberikan oleh Bapak. Sebenarnya, hampir semua tujuan kurikulum itu sama, yaitu untuk perbaikan pendidikan ke arah yang lebih baik lagi. Kurikulum 2013 mengajarkan siswa untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri melalui pendekatan saintifik. Kurikulum jika diterapkan dengan baik maka diharapkan hasilnya juga baik. Tantangan yang dihadapi dalam penerapan kurikulum memang kompleks, tetapi jika diberikan sosialisasi yang menyeluruh tentunya akan dapat diterapkan dengan baik.

    ReplyDelete
  12. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan draff kurikulum 2013 tersebut salah satu tujuan yang hendak dicapai yang di titik beratkan pada siswa adalah mengenai karakter atau akhlak mulia dan kemampuan atau kompetensi-kompetensi yang lain seperti kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dll guna menghadapi tantangan masa depan. Kita lihat fenomena saat sekarang ini di mana ada sebagian siswa tidak mencerminkan mereka sebagai kaum yang intelektual, misalnya saja dengan melakukan perkelahian atau tawuran, menggunakan obat-obatan terlarang, bahkan di tingkat yang lebih tinggi adanya oknum-oknum pendidik yang melakukan plagiarisme. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan utama adanya perubahan kurikulum pendidikan ke dalam kurikulum 2013 yang mengedepankan pendidikan berkarakter. Karena sehebat-hebatnya orang pintar atau cerdas, yang paling tinggi kedudukannya adalah orang yang mempunyai karakter atau akhlak yang mulia.

    ReplyDelete
  13. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. kurikulum 2013 masih mengalami perubahan bahkan sampai tahun 2017, empat tahun setelah diterapkan. Peraturan yang mengatur tetang kurikulum 2013 terus direvisi. Pada mata pelajaran matematika sendiri, beberapa materi masih mengalami perubahan. Menurut saya sebaiknya kurikulum 2013 perlu direvisi lagi, tapi revisi dilakukan secara menyeluruh, dan bila sudah benar-benar mantap baru diterapkan. Jangan baru direvisi tahun ini, kemudian tahun depan ada revisi lagi. Menurut saya hal itu tidak baik bagi proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  14. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Setelah membaca draf kurikulum tersebut, dapat saya tanggap adalah bahwa ternyata perkembangan kurikulum di infonesia sudah beberpaa kali berganti, 1947 sampai 2015, dari sebuah perencanaan pembuatan kurikulum pada tahun 1947 dan adanya kurikulum pendidikan dasar pada tahun 1968, sehingga sesudah indonesia merdeka barulah kurikulum itu lahir. Kurikulum sekrang yang kita kenala adalah KBK, KTSP, dan kurikulum 2013. Dalam hal keefektifan pembelajaran, maka yang dimulai dari efektivitas interaksi, pemahaman, penyerapan, sehingga lahirnya sebuah transformasi nilai itu sendiri.

    ReplyDelete
  15. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan kurikulum di Indonesia pada dasarnya dilakukan untuk menyesuaikan kondisi dan perkembangan zaman di Indonesia. Kurikulum 2013 (K13) merupakan kurikulum yang digunakan untuk memperbaiki kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum 2006. Namun dalam pelaksanaanya, K13 memerlukan banyak evaluasi yang mencakup semua aspek, karena sebagian guru senior cenderung masih bingung dalam menerapkan K13.

    ReplyDelete
  16. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kurikulum 2013 muncul sebagai pembaharuan dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP. Tetapi kemunculan kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan yang ada di Indonesia justru menimbulkan berbagai kritik dari para pelaku pendidikan. Berbagai macam aspek kemampuan harus selalu di ukur dan dinilai, membuat para guru kewalahan dengan sistem penilaian dengan banyak aspek bagi tiap-tiap siswa. Mulai dari aspek spiritual yang juga menjadi sasaran penilaian terhadap siswa. Untuk melakukan penilaian tentu harus ada instrumen atau alat untuk menilai, padahal aspek spiritual itu menyangkut afektif yang sangat sulit sekali untuk dilihat ataupun dibuat suatu skala pengukuran yang objektif, karena apa yang dilakukan atau respon siswa tidak selalu mencerminkan jiwa atau aspek kerohaniannya. Hal tersebut menjadi salah satu kritik yang sering kali kita dilontarkan oleh para pelaku pendidikan mengenai kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Kompetensi lulusan: Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Analisanya bahwa dalam draft kurikulum 2013, nampak jelas bahwa dari tiga domain pendidikan yang ada, secara tegas terlihat adanya penekanan perhatian terhadap peningkatan proporsi 2 domain yang selama ini kurang berkembang dalam diri siswa yaitu domain afektif dan domain psikomotorik. Analisa ini sekaligus diperkuat pada cara pengetikan domain kognitif dalam draft bahan uji publik kurikulum 2013, yang sengaja diletakkan dibelakan kedua domain ini. Ini berarti bahwa kurikulum 2013 secara serius mengupayakan perubahan keseimbangan proporsi pengembangan ketiga domain tersebut dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  19. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    hal yang dapat saya simpulkan yaitu:
    Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat dan guru bukan satu-satunya sumber belajar.
    Sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan
    Pergeseran dari penilain melalui tes (mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja), menuju penilaian otentik (mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil). Pertanyaanya, model daftar nilai dan Nilai Laporan Siswa (Raport) apakah turut berubah untuk mengakomodasi semua aspek penilaian autentik.

    ReplyDelete
  20. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    ada dua faktor besar dalam keberhasilan Kurikulum 2013. Faktor pertama adalah penentu yakni kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur, yakni ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, serta penguatan manajemen dan budaya sekolah. Mengubah mindset guru seperti itu tidak mudah karena sudah berpuluh tahun guru mengajar dengan model ala bank. Tidak mudah bila tiba-tiba guru harus berubah menjadi seorang fasilitator dan motivator. Mengubah mindset guru itulah pekerjaan rumah tersendiri bagi Kemendikbud dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  21. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kurikulum 2013 tampaknya merupakan titik awal kita menuju public educator. Di mana pembelajaran telah berusaha menyediakan bermacam-macam sumber belajar, dan tidak hanya bergantung pada guru. Penilaian autentik telah mulai diimplementasikan dan banyak dikembangkan pendekatan open ended yang mengakomodir banyak penyelesaian yang mungkin. Sesuai dengan permasalahan dalam kehidupan, tidak ada penyelesaian tunggal, selalu ada penyelesaian di setiap permasalahan. Semua ini akan dapat membekali siswa kita untuk bisa mengatasi masalah mereka di masa yang akan datang. Hanya saja, saran saya sebelum implementasi kurikulum baru, sebaiknya dilakukan analisis dari pelaksanaan sekolah pilot dan dilakukan perbaikan berdasarkan hasil analisis tersebut, sehingga untuk sekolah lain dapat lebih mudah melaksanakan.

    ReplyDelete
  22. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Setiap adanya implementasi kurikulum baru yang diterapkan oleh pemerintah acapkali menimbulkan permasalahan bagi stakeholder pendidikan. Begitu pula yang terjadi pada kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru yang saat ini digunakan. Draft atau rancangan dari kurikulum 2013 itu sendiri sebenarnya sudah bagus namun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya, salah satu diantaranya adalah kurangnya persiapan guru untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar dan menjadi suatu permasalahan meskipun pemerintah telah mengadakan sosialisasi.

    ReplyDelete
  23. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidkan Matematika A 2014

    Kurukilum 2013 memang bagus untuk diterapkan sekarang ini. Namun masih dijumpai kendala-kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 diantaranya adalah masih banyak fasilitas sekolah yang belum terpenuhi untuk menujang kurikulum 2013 ini khususnya daerah terpencil. Kemudian masih banyak guru yang kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Adanya pelaksanaan pembekalan guru dalam mempersiapkan kurikulum 2013 sangat bagus, namun dinilai masih kurang karena pembekalan yang hanya dilakasanakan sekali ini belum cukup untuk guru dalam menguasai. Sehingga diperlukan pembekalan yang berkelanjutan agar guru benar-benar siap dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  24. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Masa transisi KTSP ke K-13 menimbulkan problem bagi dunia pendidikan, dimana buku K-13 yang sebagian besar belum didistribusikan ke sekolah ataupun mengalami kendala percetakan, akantetapi proses pembelajaran sudah dimulai. Selain itu banyak guru yang belum ditatar sehingga mereka pada kebingungan terhadap sistem pembelajaran, sistem penilaian, dan sistem pelaporan/raport yang berbeda jauh dari KTSP. Selain itu, materi yang diajarkan lebih banyak dari kurikulum sebelumnya sedangkan waktu yang diberikan sama dengan kurikulum sebelumnya. Siswa saya juga menemukan buku Agama Islam K-13 yang isinya tidak sesuai/kontradiktif dengan yang seharusnya. Pada saat era transisi kepresidenan, maka mendikbud juga mengalami transisi, dalam masa transisi ini terdapat dualisme kurikulum yang semakin membuat arah pendidikan tidak menentu. Kemudian mendikbud mengalami transisi kembali dimana adanya revisi K-13, serta tentang penentuan kelulusan dengan menerapkan proporsi yang berbeda dari sebelumnya. Masa transisi memang besar dampaknya bagi dunia pendidikan, meski K-13 sudah mengalami revisi akantetapi masih banyak yang perlu direvisi kembali/dikaji ulang terkait dengan K-13, karena K-13 belum proposional terkait dengan ketepatan implementasi materi pada semester tertentu. Terimakasih prof. dengan adanya posko ini semoga dapat membuat K-13 lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  25. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kurikulum 2013 memang dapat dikatakan sebagai reformasi pendidikan di Indonesia. Indikator nya adalah ketika tolok ukurnya tak sekedar satuan pendidikan saja akan tetapi juga berdasarkan perbedaan individual siswa. Dengan demikian setiap siswa memiliki hak yang sama dalam memperoleh fasilitas sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing. Guru juga dituntut untuk menggunakan metode pembelajaran disertai dengan media pembelajaran yang bervariasi. Hal ini dilakukan dalam rangka memfasilitasi kebutuhan siswa dengan karakteristik yang beragam pula. Walaupun masih banyak PR bagi pengembangan kurikulum 2013. Akan tetapi secara wacana kurikulum 2013 sudah sangat baik.

    ReplyDelete
  26. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Draft yang diberikan akan memberikan kita padangan terhadap perjalanan kurikululm 2013 di Indonesia. Diharapkan dari draft tersebut kita dapat mencerna dengan mengambil hal yg positif serta mendukung perubahan yang ada untuk keberlanjutan pendidikan yang semakin baik.

    ReplyDelete
  27. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih pak atas draft yang telah dibagikan, berdasarkan penambahan jam pada kurikulum 2013, disini peran guru dalam pembelajaran sangatlah penting, guru diharapkan memfasilitasi siswa agar mampu mecapai tujuan pembelajaran, penggunaan media yang interaktif dan inovatif sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  28. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Kurikulum di Indonesia telah mengalami sebelas kali penyempurnaan. Kurikulum 2013 adalah krikulum terbaru yang diberlakukan. Dalam pengembangan krikulum diperlukan landasan dari aspek filosofis, yuridis dan konseptual. Dalam pengembangan kurikulum diperlukan strategi, beberapa diantaranya adalah pembelajaran siswa aktif yang berbasis kompetensi, efektivitas pembelajaran, banyak jam pelajaran dalam satu mata pelajaran.

    ReplyDelete
  29. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Kurikulum di Indonesia tidak berhenti untuk selalu mengalami perubahan, hal ini dimaksudkan agar pendidikan yang terjadi sesuai dengan tuntutan zaman dan kemajuan teknologi. Faktor pendukung keberhasilan implementasi kurikulum 2013 ini didukung dengan SDM yang memadai sesuai bidangnya seperti kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana yang memadai seperti bahan ajar dan sumber belajar yang mencangkup interaksi pembelajaran yang berbasis pengalaman seta penguatan pada manjemen sekolah. Tidak hanya struktur pembelajarannya yang berubah akan tetapi guru juga harus melakukan pengembangan mulai dari perubahan mindset guru mengenai kompetensi yang akan dicapai sampai pada penilaian yang berbeda di kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  30. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Lulusan mencakup tiga aspek, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun dalam implementasinya, masih belum ada kesiapan dari para guru, terutama guru yang masih berorientasi pada kurikulum lama, dimana penilaian hanya dari satu aspek saja, yaiu kognitif. Sedangkan aspek keterampilan masih belum terlalu dipahami oleh guru. Selain itu, keterampilan dalam pembelajaran pun belum terlalu dikembangkan dalam pembelajaran, seperti kemampuan berdiskusi, kemampuan mengungkapkan pendapat, portofolio dan lain sebagainya. Guru masih terpaku hanya pada nilai tes saja. Padahal, dalam pembelajaran, hasil akhir bukan lah sebagai penentu kemampuan seseorang, melainkan proses nya lah yang seharusnya diperhitungkan. Mengenai aspek sikap, guru juga kesulitan menentukan sikap seperti apa yang nampak pada siswa dan apakah itu benar-benar menunjukkan sikap siswa yang sebenarnya, karena yang terlihat adalah perilaku yang tertangkap oleh indera.

    ReplyDelete
  31. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Terimakasi prof atas draft kurikulum 2013 yang diberikan. Menambah pengetahuan saya tentang perkembangan kurikulum di Indonesia yang awalnya saya tahu hanya kurikulum 1994, KBK, KTSP saja.

    ReplyDelete
  32. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Mutu pendidikan di Indonesia saat ini memang masih jauh dari apa yang diharapkan jika dibandingkan dengan pendidikan di negara-negara lain. Oleh karena itu pemerintah mengambil langkah atau kebijakan agar pendidikan di Indonesia menjadi pendidikan yang bermutu. Hal ini dilakukan dengan mengubah kurikulum yang ada dari tahun ke tahun. Perubahan ini dilakukan karena adanya kesenjangan kurikulum yang ada antara kondisi saat ini dengan konsep ideal yang diharapkan. Kesenjangan kurikulum ini berupa kompetensi lulusan, materi pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, tenaga dan tenaga kependidikan serta pengelolaan kurikulum itu sendiri. Untuk saat ini kurikulum yang telah di terapkan di Indonesia adalah kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013, proses pembelajaran yang diterapkan adalah berpusat kepada siswa yang berarti siswa yang selalu diberitahu berubah menjadi siswa mencari tahu dan proses penilaian dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output. Aspek penilaian pun tidak hanya fosus kepada aspek kognitif saja tetapi dilihat juga dari aspek afektif dan psikomotorik. Guru pun dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Kurikulum 2013 yang sudah mulai diterapkan pada setiap satuan pendidikan ini diharapkan mampu untuk mengidealkan proses pembelajaran di sekolah sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  33. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Perubahan kurikulum membuat perubahan proses pembelajaran. Pada mulanya sistem mengajar menerapkan "Siswa diberi tahu" menjadi "Siswa mencari tahu". Dimana perubahan ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing- masing. Jika siswa diberi tahu itu berarti guru akan berperan aktif sehingga siswa lebih pasif. sedangkan untuk menerapkan sistem "Siswa mencari Tahu" membutuhkan akses informasi misalnya internet. Siswa harus memiliki buku paket sebagai sumber informasi, selain itu guru harus lebih aktif dalam menyediakan bahan ajar berupa artikel dan sumber belajar penunjang lainnya yang berkaitan dengan materi ajar yang disampaikan.

    ReplyDelete
  34. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan Kurikulum bias dikatakn sebagai tuntutan untuk menyesuikan jaman. Ada yang mengatakan perubahan kurikulam karena perubahan menteri pendidikan atau eprubahan kekuasaan. Terlepas dari itu, sebaikanya janganlah sering-sering merubah kurikulum. Lebih baik terus memperbaikinya atau merevisinya. Karena dengan perubahan kurikulum maka tujuan pendidikan nasional juga sedikit berubah. Belum juga mendapatkan hasilnya, tiba-tiba kurikulum berubah. Dan mulai dari awal lagi, terus berkelajutan seperti itu. Maka seharusnya terus lakukan evaluasi bukan berpatokan dengan apa yang lagi ngetren namun terus memperbaiki agar lebih baik mutu pendidikan Indonesia tersebut.

    ReplyDelete
  35. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas informasi yang Bapak berikan. Dengan adanya draft ini para calon guru maupun guru dapat mempelajari dengan seksama sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  36. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Draft di atas merupakan postingan lama, yaitu pada tahun 2013. Sedangkan sekarang sudah tahun 2016. Peraturanyang mengatur tentang kurikulum 2013 sudah berganti 2x, yaitu pada tahun 2014, dan yang terbaru tahun 2016. Karena kita merupakan calon guru dan mungkin ada yang sudah menjadi guru, maka harus mengetahui akan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pendidikan, terutama kurikulum. Draft peraturan baru sudah banyak beredar di internet, sehingga semua orang dapat mengaksesnya. Jika seorang guru ditanya tentang peraturan baru tentang pendidikan tetapi dia tidak mengetahuinya, berarti dia bukanlah guru yang bijaksana.

    ReplyDelete
  37. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, semua inovasi yang diciptakan semata-mata untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Seper K13 yang diciptakan sedemikian sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas siswa sehingga dapat bersaing di kelas internasional. Namun, tentunya segala hal yang tegrjadi pasti ada kekurangannya, maka sebaiknya perlu dilakukan evaluasi lagi karena sejak diterapkannya K13, masih banyak pendidik yang kebingungan dengan cara menerapkannya seperti apa.

    ReplyDelete
  38. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan kurikulum dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 memiliki tujuan tertentu. Beberapa masalah yang terjadi dalam implementasi kurikulum 2013 juga menjadi salah satu faktornya. Yang paling mencolok yaitu banyaknya materi atau mata pelajaran yang terlampau banyak, dan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif anak. Perlunya kurikulum yang mengakomodasi kompetemsi-kompetensi siswa juga menjadi salah satu faktor, apalagi kompetensi masa depan yang perlu dimiliki siswa untuk bekalnya kelak. Perkembangan pendidikan di luar juga mempengaruhi perlunya upgrade kurikulum di Indonesia.

    ReplyDelete
  39. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kurikulum 2013 diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di kurikulum 2006, sekaligus menjadi jalan untuk mewujudkan tujuan bersama. Namun perlu kerjasama dari berbagai pihak dalam mendukung keberhasilan implementasi kurikulum ini. Yaitu diantaranya adalah kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan dari segi kompetensi dengan kurikulum dan buku teks, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar, dan penguatan manajeman dan budaya sekolah.

    ReplyDelete
  40. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam draft kurikulum disebutkan bahwa pada tahun 2016, kurikulum ini sudah terlaksana secara keseluruhan. Namun pada kenyataannya, ternyata kurikulum 2013 ini belum bisa terlaksana secara maksimal. Hingga sekarangpun masih dijumpai sekolah yang belum menerapkan kurikulum 2013. Menurut saya, implementasi kurikulum 2013 ini terkesan mendadak, dan belum secara menyeluruh dipersiapkan. Padahal sejak awal sudah disusun bagaimana strategi implementasi kurikulum 2013 ini. Namun dengan telah berlakunya kebijakan kurikulum 2013 ini tinggal bagaimana seluruh aspek pendukung dari implementasi kurikulum dalam melaksanakan kurikulum dengan baik dan memberikan manfaat bagi semuanya

    ReplyDelete
  41. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Gagasan kurikulum 2013 adalah gagasan yang luar biasa dengan tujuan menciptakan generasi emas Indonesia yang cerdas dan berkarakter. Sayangnya, pelaksanaannya terkesan terburu-buru sehingga menimbulkan banyak permasalahan baru. Terlebih dengan adanya revisi kurikulum K13 mengakibatkan pergeseran bahkan perubahan pada KD pembelajaran. Masalah yang timbul salah satunya yaitu kesenjangan materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  42. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Perubahan kurikulum merupakan salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dalam melakukan perubahan bukan hanya butuh pemikiran yang matang tetapi juga harus memiliki inovasi baru yang menarik untuk terjadinya perubahan tersebut. Dalam kurikulum 2013 pembelajaran berpusat kepada siswa dan seorang guru hanya sebagai fasilitator. Saat ini kurikulum 2013 sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah di Indonesia. Akan tetapi belum semua sekolah dapat mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan baik. Bawasannya perubahan itu memerlukan waktu dan tidak dapat dilakukan secara instan diseluruh sekolah dengan berbagai tingkatan.

    ReplyDelete
  43. Dwi Kawuryani
    S1 Pend.Mat I 2014
    14301241049
    Pada dasarnya kurikulum 2013 sangat jagung diterapkan untuk membuat siswa lebih aktif. Tetapi penerapan yang dilakukan secara mendadak di Indonesia menjadi tantangan tersendiri, karena banyak pendidik dan instansi Pendidikan yang tidak siap dengan penerapan tersebut, sehingga dalam praktiknya kurikulum 2013 masih belum maksimal dan belum optimal mencapai tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  44. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014

    Pergantian kurikulum sudah dialami beberapa kali oleh Indonesia. Hal itu dikarenakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum ini diharapkan dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta penerapannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.

    ReplyDelete
  45. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak, sumber yang bapak bagikan sangat bermanfaat untuk pengembangan kurikulum 2013. Pengalaman saya di lapangan menggunakan kurikulum 2013 kendalanya adalah pada penilaian autentik. Penilaian tersebut menurut saya membingungkan, karena pada waktu itu belum ada kejelasan mengenai bentuk dan rubriknya.

    ReplyDelete
  46. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Sudah hampir 4 tahun kurikulum 2013 diberlakukan walaupun belum merata di seluruh sekolah di Indonesia. Selama pelaksanaan kurikulum 2013 terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Pada draft yang dicantumkan di atas disebutkan bahwa salah satu permasalahan kurikulum 2006 adalah karena terlalu banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak. Tetapi pada kurikulum 2013 masalah tersebut juga belum teratasi. Bahkan kalau dilihat secara kasat mata beban materi siswa justru semakin bertambah. Misal nya dalam pelajaran matematika dibagi menjadi dua yaitu matematika wajib dan matematika peminatan. Hal tersebut semakin menambah beban siswa karena materi yang dipelajari juga semakin banyak.

    ReplyDelete
  47. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Pengalaman saya PPL di MAN kelas X menggunakan Kurikulum 2013, saya merasa sangat kesulitan. Buku pegangan terlalu sulit untuk dipahami oleh siswa para siswa. Mungkin sulitnya saya untuk menjalankan K13 ini dikarenakan ilmu saya dan pengalaman saya yang masih sedikit. Namun ternyata setelah bincang-bincang dengan guru-guru yang ada di sekolah tersebut. Ternyata mereka juga mengalami kesulitan menerapkan K13 tersebut. Dari awal pembuatan RPP, pengajaran, hingga penulisan rapor guru yang saya tanya merasa sulit dan “meraba-raba”. Pelatihan-pelatihan yang dilakukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pemahaman guru tentang K13. Semoga setelah adanya perbaikan K13, semua pihak menjadi mengerti dan bisa melaksanakannya dengan baik sehingga cita-cita pendidikan Indonesia bisa tercapai. Aamiin.

    ReplyDelete