Nov 30, 2012

Draft Kurikulum Baru (2013)




Ass Wr Wb

Silahkan dicermati Draft Kurikulum Baru 2013 di Link sebagai berikut:


http://www.academia.edu/2219841/Draft_Kurikulum_Baru_2013_


Berilah tanggapan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman masing-masing.

Terimakasih

Wss Wr Wb

Marsigit

11 comments:

  1. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014

    Pergantian kurikulum sudah dialami beberapa kali oleh Indonesia. Hal itu dikarenakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum ini diharapkan dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta penerapannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak, sumber yang bapak bagikan sangat bermanfaat untuk pengembangan kurikulum 2013. Pengalaman saya di lapangan menggunakan kurikulum 2013 kendalanya adalah pada penilaian autentik. Penilaian tersebut menurut saya membingungkan, karena pada waktu itu belum ada kejelasan mengenai bentuk dan rubriknya.

    ReplyDelete
  3. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Sudah hampir 4 tahun kurikulum 2013 diberlakukan walaupun belum merata di seluruh sekolah di Indonesia. Selama pelaksanaan kurikulum 2013 terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Pada draft yang dicantumkan di atas disebutkan bahwa salah satu permasalahan kurikulum 2006 adalah karena terlalu banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak. Tetapi pada kurikulum 2013 masalah tersebut juga belum teratasi. Bahkan kalau dilihat secara kasat mata beban materi siswa justru semakin bertambah. Misal nya dalam pelajaran matematika dibagi menjadi dua yaitu matematika wajib dan matematika peminatan. Hal tersebut semakin menambah beban siswa karena materi yang dipelajari juga semakin banyak.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Pengalaman saya PPL di MAN kelas X menggunakan Kurikulum 2013, saya merasa sangat kesulitan. Buku pegangan terlalu sulit untuk dipahami oleh siswa para siswa. Mungkin sulitnya saya untuk menjalankan K13 ini dikarenakan ilmu saya dan pengalaman saya yang masih sedikit. Namun ternyata setelah bincang-bincang dengan guru-guru yang ada di sekolah tersebut. Ternyata mereka juga mengalami kesulitan menerapkan K13 tersebut. Dari awal pembuatan RPP, pengajaran, hingga penulisan rapor guru yang saya tanya merasa sulit dan “meraba-raba”. Pelatihan-pelatihan yang dilakukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pemahaman guru tentang K13. Semoga setelah adanya perbaikan K13, semua pihak menjadi mengerti dan bisa melaksanakannya dengan baik sehingga cita-cita pendidikan Indonesia bisa tercapai. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Kurikulum merupakan hal yang sangat vital dalam sistem pendidikan nasional. Dokumen ini sudah ada sejak tahun 2012. Hingga saat ini tahun 2017 masih terjadi perubahan-perubahan internal dari kurikulum itu sendiri. Semoga pengamatan saya salah, pendidikan sudah dicampur aduk dengan politik yang ada di negara ini, sehingga tidak heran ketika pergantian kepemimpinan akan berganti pula sistem pendidikan yang ada. Bahkan ketika sistem pendidikan tersebut sedang proses implementasi dan pengenalan di lingkungan sekolah, sistem tersebut sudah harus diganti lagi. Bagaimana bisa menilai apakah sistem tersebut berhasil atau tidak?
    Semoga upaya pemerintah terhadap perbaikan kurikulum yang hingga saat ini terus dilaksanakan akan berbuah manis pada akhirnya. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Draft kurikulum 2013 merupakan rencana dari kurikulum 2013 yang telah berlaku saat ini dan telah mengalami banyak perubahan dan revisi. Draft ini bisa menjadi bahan bagi kami untuk mempelajari, sejarah awal bagaimana dan seperti apa rintisan dari kurikulum 2013 itu sendiri. Inti dari kurikulum 2013 adalah menekankan kembali paradigma bahwa kegiatan pembelajaran hendaknya berpusat pada siswa, yang sebenarnya semangat ini sudah ada sejak kurikulum KTSP. Semoga dengan diterapkannya kurikulum 2013 ini bisa membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Kurikulum 2003 merupakan kurikulum yang terbaru yang diterapkan di Indonesia, kurikulum dimana paradigmanya diharapkan dirubah, yang semula dala pembelajaran semua aktivitas terfokus pada guru, dengan adanya kurikulum 2013 diharapkan siswa berperan aktif dalam pebelajaran, sehingga tidak semua terpusat pada guru, dan siswa lebih mempelajari sesuatu berdasakan pengalaman dalam belajarnya. Setiap perubahan pasti ada pro dan kontra, ada masa transisi dimana setiap kebijakan pasti ada kurang dan lebihnya, masih harus ada perbaikan di segala lini. Semoga ke depannya pelaksanaan kurikulum 2013 ini membuat pendidikan di Indonesia lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  8. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan yang bertujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran yang ada disekolah. Kurikulum 2013 mempunyai tujuan dan kandungan isi yang baik untuk mendukung pendidikan di abad 21 sekarang. Namun pada pelaksanaanya masih banyak guru-guru yang kurang paham baik dari segi pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPP maupun dalam penerapannya. Hal ini terjadi karena kurangnya pelatihan dan workshop yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan kurikulum 2013 terutama di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota. Maka dari itu diharapkan kepada pemerintah agar lebih gencar lagi dalam mensosialisasikan penerapan kurikulum 2013 yang baik dan benar sehingga visi dan misi pendidikan nasional dapat terlaksana.

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Kurikulum 2013 hadir sebagai salah kurikulum yang bertujuan tidak hanya berfokus pada penilaian kognisi siswa namun sikap dan keterampilan siswa yang juga merupakan unsure penting dalam karakter seseorang.Selain itu, siswa juga dibudayakan untuk menghargai nilai nilai moril yang dijunjung oleh bangsa Indonesia. Harapannya dengan penilaian tersebut, karakter siswa bisa dibentuk dengan baik melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan materi, siswa dll sehingga selain mencerdaskan kehidupan bangsa, siswa juga memiliki religiusitas dan karakter yang baik. Selainitu, kurikulum 2013 diharapkan membentuk karakter yang baik sehingga nilai-nilai karakter bisa diwujudkan dengan kurikulum ini. Dan juga kurikulum ini berfokus pada student center sehingga fokusnya pada siswa yang aktif dan membuat siswa aktif. Membentuk sifat kreatif, inovatif dll, sebagai bekal untuk dibawa ke masyarakat.

    ReplyDelete
  10. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Kurikulum yang berubah, mungkin bukan hal yang teramat baru dan sakral lagi di Indonesia ini. Pada artikel di atas disebutkan beberapa problem pada kurikulum 2006 yang saat ini diupayakan untuk dipecahkan melalui kurikulum 2013. Harapan saya, semoga apa yang dikehendaki segera terealisasi.
    Akan tetapi saya ingin berdiskusi tentang aspek lainnya. Sesungguhnya saya pernah menyampaikan pendapat yang hampir sama dengan pendapat berikut ini pada postingan terkait kurikulum 2013 pada blog ini. Pendapat saya yaitu tentang proses lahirnya kebijakan kurikulum baru. Pertanyaan saya selalu sama. Kebijakan kurikulum yang baru tentu tidak lahir sekonyong-konyong, sudah pasti ada alasan kuat didukung dengan bukti research. Akan tetapi, yang menurut saya agak ganjil, pada setiap pergantian kebijakan, salah satunya pergantian kurikulum, sangat jarang atau bahkan saya tidak menemukan bukti autentik dokumen riset yang memberikan gambaran bahwa kebijakan sebelumnya telah dievaluasi dan hasilnya harus diganti dengan kebijakan baru. Entah saya yang belum menemukan atau memang dokumen seperti itu tidak dipublikasikan.
    Akan tetapi, dengan membaca artikel di atas, semakin menambah ketertarikan saya untuk belajar dan membaca draf kurikulum 13 lebih dalam lagi. Karena beberapa orang yang saya temui, entah siswa maupun orangtua siswa merasa kebingungan dengan kurikulum 2013. Harapan saya, semoga setelah membaca artikel di atas, saya memiliki jawaban atas kebingungan orang orang di sekitar saya. Jangan berhenti berjuang.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Salah satu fokus di dalam Kurikulum 2013 ialah pembentukan karakter dengan pendekatan pembelajaran saintifik di semua mata pelajaran. Namun menurut pengalaman saya dilapangan, tidak semua materi dalam pembelajaran dapat menggunakan pendekatan ini. Penggunaan pendekatan saintifik di seluruh pembelajaran tampak terlalu dipaksakan. Kasus lain yang ditemui antara lain belum siapnya pendidik (guru) menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Beberapa guru masih merasa nyaman menggunakan metode pengajaran tradisional.

    ReplyDelete