Nov 30, 2012

Draft Kurikulum Baru (2013)




Ass Wr Wb

Silahkan dicermati Draft Kurikulum Baru 2013 di Link sebagai berikut:


http://www.academia.edu/2219841/Draft_Kurikulum_Baru_2013_


Berilah tanggapan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman masing-masing.

Terimakasih

Wss Wr Wb

Marsigit

27 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendidikan adalah unsur penting untuk membangun bangsa, itu pula alasannya mengapa pendidikan di negara ini juga selalu diupayakan untuk selalu ditingkatkan. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang sedang dijalankan, melakukan evaluasi, dan merumuskan kurikulum baru yang dilahirkan dari perbaikan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Sehingga kurikulum yang baru ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang ada. Kurikulum 2013 dengan segala konsep yang menyertainya waktu pertama kali dilaksanakan kehadirannya dinilai terburu-buru oleh beberapa kalangan. Ketentuan di dalam K13 yang berbeda dengan KTSP dianggap sebagai alasan ketidaksiapan beberapa pihak dalam melaksanakan K13. Tahun-tahun awal pelaksanaan K13, pada waktu yang bersamaan, pendidikan di Indonesia beberapa wilayahnya menerapkan K13 dan sisanya lagi menerapkan KTSP. Bahkan di satu sekolah ia menerapkan 3 kurikulum yang berbeda pada masing-masing jenjang kelas yang ada. Belum selesai disitu, saat ini tahun 2018, kurang lebih 5 tahun sudah keberadaan K13 dan faktanya kalau tidak salah K13 sudah direvisi lebih dari 3 kali. Revisi ini mengakibatkan terjadinya perubahan dalam susunan dan urutan KD dan posisi bab materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pendidika pada suatu bangsa adalah hal inti bagaiman suatu bangsa tersebut dapat maju dan berkembang. Pemerintah Indonesia juga sangat konsen dengan pendidikan. Pendidikan selalu dievaluasi sebagai dasar untuk menentukan langkah dalam rangka meningkatkan kualitas. Salah satu langkah tersebut adalah perubahan kurikulum yang selalu berganti hampir setiap 5 tahun. Sekarang ini kurikulum yang berlaku adalah kurikulum 2013. Namun, sudah hampir 5 tahun berjalannya kurikulum 2013, pendidikan di Indonesia belum terlihat peningkatan yang secara signifikan. Salah satu ciri kurikulum 2013 adalah penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan penelitian Saya dulu saat skripsi ditemukan bahwa guru belum mampu menjalankan pendekatan saintifik yang sesuai dengan kurikulum terutama pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu ada hal yang mesti dikaji, dievaluasi, dan diambil langkah untuk perbaikan dalam penerapan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Berdasarkan kondisi kualitas pendidikan di Indonesia saat ini yang kurang dari apa yang di idealkan dibandingkan dengan pendidikan di negara-negara lain, pemerintah di setiap kepemimpinan berupaya untuk menginovasi pendidikan di Indonesia agar lebih berkualitas. Hal ini dilakukan dengan mengubah kurikulum karena adanya kesenjangan kurikulum yang ada antara kondisi saat ini dengan konsep ideal yang diharapkan. Kesenjangan kurikulum dilihat dari kompetensi lulusan, materi pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, tenaga dan tenaga kependidikan serta pengelolaan kurikulum itu sendiri. Untuk saat ini kurikulum yang telah di terapkan di Indonesia adalah kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi. Dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran yang diterapkan adalah student centered artinya dari siswa yang selalu diberitahu berubah menjadi siswa mencari tahu dan proses penilaian dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output. Aspek penilaian tidak hanya fosus kepada aspek kognitif saja tetapi dilihat juga dari aspek afekktif dan psikomotorik. Guru pun dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Kurikulum 2013 yang sudah mulai diterapkan ini pada setiap satuan pendidikan ini diharapkan mampu untuk mengidealkan proses pembelajaran di sekolah sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Penerapan kurikulum 2013 di Indonesia secara menyeluruh merupakan bukanlah sebuah kemunduran melainkan langkah awal dalam membangun pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dengan berbagai perubahan-perubahan dalam penerapan Kurikulum 2013 seperti sistem pembelajaran di kelas yang mana pada kurikulum sebelumnya menggunakan sistem teacher oriented, pada kurikulum 2013 bukan lagi teacher oriented akan tetapi student oriented. Dari segi penilain juga terdapat perubahan yang mana sebelumnya penilaian yang dilihat adalah outputnya saja sedangkan pada kurikulum 2013 menggunakan penilaian proses dan output. Hal ini bukanlah semata-mata untuk melakukan perubahan, mengingat perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju maka sudah seharusnya penerapan kurikulum atau sistem pendidikan di Indonesia mengikuti kebutuhan akan tantangan di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Tentu keberhasilan dalam memajukan pendidikan di Indonesia bukanlah peran pemerintah semata, melainkan dibutuhkan peran serta semua hal yang berkaitan dengan pendidikan seperti guru, siswa, dan orang tua. Sebagus apapun rancangan sebuah kurikulum kalau tidak didukung dengan kemampuan guru dalam menerapkan sistem tersebut tetap saja tujuan yang ingin dicapai belum maksimal. Oleh karenanya itu, dibutuhkan peran lebih dari seorang guru dalam mendidik para siswa dengan selalu melakukan inovatif-inovatif dalam pembelajaran khususnya pada bidang studi matematika. Serta kolaborasi yang baik antara pemerintah, guru dan siswa yang saling memberikan dukungan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Kurikulum merupakan salah satu unsur yang peting dalam pendidikan. Kurikulum juga menjadi acuan dalam mengembangkan pendidikan dalam suatu negara. Jika dalam mengembangkan kurikulum tidak melihat kemampuan yang dimiliki oleh siswanya bahkan tidak dapat memfasilitasi siswanya maka kurikulum tersebut dianggap gagal. Kurikulum merupakan sebuah acuan pendidikan sehingga dalam megembangkannya perlu adanya campur tangan dari para pendidik dan ahli pedagogik. Kurikulum Indonesia selalu berubah setiap pergantian pemerintah. Namun perubahan-perubahan itu bukannya dapat memperbaiki pendidikan tapi malah membuatnya kacau karena tidak diiringi dengan fasilitas-fasilitas untuk dapat mengembangkan dan membantu guru untuk dapat meningkatkan kualitasnya dan membantunya dapat beradaptasi dengan baik. Guru pada mulanya sudah terbiasa dengan KTSP, namun setelah adanya kurikulum 2013 mereka banyak yang mengeluh dan merasa frustasi karena kurangnya kemampuan guru untuk dapat menyesuaikan kurikulum yang baru dan ditambah dengan kemampuan siswa yang kurang sehingga susah dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan yang diinginkan dalam kurikulum, terutama sekolah-sekolah yang ada dipedesaan yang cenderung motivasinya rendah.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, membahas tentang kurikulum di Indonesia. Nah, dulu sewaktu saya sekolah, saya sempat bingung kok kurikulum berubah-ubah ya, saya sempat mengalami dari kurikulum KBK ke KTSP. Dan yang membuat jengkel adalah buku paket siswa berganti dan berganti. Menurut saya yang sekarang, kurikulum berganti memang untuk memperbaiki kurikulum yang sebelumnya, tetapi sebaiknya untuk buku siswa sebaiknya jangan di tekankan kepada siswa untuk membelinya, karena setiap siswa tidak sama kemampuan ekonominya. Mungkin sekarang yang paling terakhir menggunakan kurikulum 2013, namun bisa saja kedepannya akan ada pergantian nama dan perbaikan sistem.

    ReplyDelete
  8. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Salah satu fokus di dalam Kurikulum 2013 ialah pembentukan karakter dengan pendekatan pembelajaran saintifik di semua mata pelajaran. Namun menurut pengalaman saya dilapangan, tidak semua materi dalam pembelajaran dapat menggunakan pendekatan ini. Penggunaan pendekatan saintifik di seluruh pembelajaran tampak terlalu dipaksakan. Kasus lain yang ditemui antara lain belum siapnya pendidik (guru) menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Beberapa guru masih merasa nyaman menggunakan metode pengajaran tradisional.

    ReplyDelete
  9. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Kurikulum merupakan dasar pendidikankan didalam suatu negara. Kurikulum menjadi suatu acuan dalam setiap pelaksanaan pembelajaran disekolah. Sehingga kurikulum itu sangat penting untuk kelangsungan pembelajaran. Indonesia sendiri sudah beberapakali melakukan perubahan kurikulum diantaranya KBK, KTSP dan kurikulum 2013. Perubahan-perubahan kurikulum tersebut tidak lain untuk tujuan pendidikan di Indonesia yang lebih baik.

    ReplyDelete
  10. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.

    Kini Indonesia menerapkan kurikulum 2013. Kurikulum ini di terapkan kurang lebih 4 tahunan. Dari 4 tahun penerapannya kurikulum ini terus dilakukan perbaikan dengan berbagai revisi. Dalam artikel tersebut disebutkan berbagai hal yang dapat diperhatikan dalam perkembangan kurikulum. Dalam pegembanganan kurikulum sendri memang sangat kompleks dan menyeluruh dari kompetensi inti, model, pembelajaran, materi, penilaian, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  11. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Kurikulum merupakan tujuan pendidikan jangka panjang yang telah disusun oleh pemerintah untuk diimplementasikan pada pembelajaran di sekolah. Setiap kurikulum memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan kembali dan disempurnakan. Draft Kurikulum 2013 merupakan salah satu bentuk penyempurnaan kurikulum sebelumnya dengan alas an yang mendetail dalam dasar pembaharuan kurikulum. Hal ini juga mempertimbangkan globalisasi yang menuntut perkembangan jaman yang semakin dinamis. Generasi penerus pun harus turut ditingkatkan agar dapat menjadi Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas ke depannya melalui pembaharuan pembaharuan kurikulum.Dengan adanya rencana perubahan kurikulum, pendidikan Indonesia menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  12. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Kurikulum 2013 diperlukan untuk membentuk sumber daya yang siap menghadapi perkembangan jaman. Sumber daya ini dipersiapkan untuk memberikan solusi dalam jangka panjang. Berpusat pada siswa adalah ciri khas dari kurikulum 2013 ini. Banyak tanggapan yang muncul dari penerapan kurikulum baru ini. Tidak jarang ditemui bahwa kurikulum ini pun ditentang karena masih relevannya kurikulum terdahulu. Kondisi ini sangatlah wajar dalam penerapan kurikulum baru ini. Penggodokan kurikulum baru ini diharapkan mampu dipersiapkan dengan sebaik mungkin sehingga dapat yang dihasilkan dapat memuaskan ke depannya. Hal lainnya adalah semoga kurikulum ini mampu menjawab tantangan dari tanggapan-tanggapan miring atas kurikulum 2013 ini. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Penerapan Kurikulum 2013 saat ini sampai mencapai revisi 2017 dan terlihat sangat baik. Perkembangannya dari waktu ke waktu semakin baik dan sekiranya dapat dijadikan jurus untuk memajukan bangsa Indonesia dalam sektor pendidikannya. Memang masih ada kekurangan dalam pelaksanaannya seperti masih banyak guru yang masih belum cakap dalam penggunaan kurikulum 2013 karena minimnya penguasaan IPTEK sejak dulu sehingga saat melakukan kurikulum yang baru membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Tetapi lambat laun Kurikulum di Indonesia menjadi semakin maju lagi. Aamiin
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  14. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Kurikulum 2013 menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik secara proporsional Penilaian test dan portofolio saling melengkapi. Dimana proses penilaian tersebut akan mengarahkan siswa untuk lebih membaur dengan materi. Tidak hanya berbasis pada nilai kognitif melainkan berbagai aspek lain juga diperhatikan. Nampak bahwa kurikulum ini erat dengan teori konstruktifisme dimana belajar bukanlah sekadar menghafal, akan tetapi proses mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman.

    ReplyDelete
  15. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dengan adanya pelaksanaan kurikulum 2013 saat ini, sekolah di indonesia rasanya belum siap untuk menerapakannya. Walau sudah ada beberapa sekolah yang menggunakan k13 namun masih banyak sekali kendala yang terjadi terlebih lagi kepada siswa yang masih belum terbiasa untuk belajar secara mandiri, mereka sudah terbiasa dengan cara guru yang mengajar dengan memberitahu bukan mencari tahu. Masalah guru yang masih kurang paham dengan k13 juga masih menjadi kendala yang besar. Masalah inilah yang harusnya selalu diperhatikkan agar pendidikan menjadi lebih baik ke depannya.

    ReplyDelete
  16. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia mengalami beberapa perubahan. Dimana perubahan tersebut merupakan suatu langkah yang bertujuan agar bangsa Indonesia tidak kalah dari bangsa-bangsa yang lain di dunia. Perkembangan yang paling baru yaitu perubahan KTSP 2006 ke kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran yaitu pendekatan saintifik. Dimana pendekatan tersebut merupakan langkah-langkah dalam pembelajaran yang harus dilalui siswa untuk dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  17. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Idealnya tingkat keberhasilan atau kelulusan siswa ditentukan oleh penilaian test dan portofolio, dimana kedua hal tersebut saling melengkapi satu sama lain. Namun pada saat ini penilaian untuk seorang siswa masih dominan penilaian yang hanya berdasarkan hasil test. Dimana hal tersebut mengandung arti bahwa berhasil atau tidaknya seorang siswa dilihat dari hasil akhirnya atau test saja, tidak mempertimbangkan proses yang dilalui oleh siswa. Oleh karena itu, sebaiknya penilaian kepada seorang siswa jangan hanya berdasarkan nilai test saja, melainkan juga dilakukan penilain portofolio.

    ReplyDelete
  18. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis karakter yang mengutamakan pemahaman, skill, serta pendidikan karakter. Siswa yang menjalani kurkulum ini harus paham dengan materi yang diberikan, aktif berdiskusi, serta memiliki sopan santun dan disiplin yang tinggi. Pada kurikulum 2013 ini, mata pelajarna wajib diikuti oleh seluruh siswa pada setiap jenjang pendidikan, sedangkan mata perlajaran pilihan yang diikuti oleh peserta didik dipilih sesuai dengan pilihan mereka.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  19. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Kurikulum 2013 juga memiliki beberapa kelamahan, beberapa diantaranya adalah mempersulit siswa dalam belajar, karena ada beberapa kendala dalam penerapan kurikulum 2013 ini. Kendala tersebut berupa minimnya persiapan guru dalam penerapan kurikulum 2013, terutama di daerah-daerah yang jauh dengan pusat kota atau daerah 3T. Sebagian besar guru juga belum memahami kurikulum 2013 dengan rinci.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  20. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Proses Pendidikan dalam kegiatan pembelajaran atau dalam kelas, akan bisa berjalan dengan lancar, kondusif, interaktif, dan lain sebagainya apabila pendidikan bisa dijalankan dengan baik ketika kurikulum menjadi penyangga utama dalam proses belajar mengajar. Kurikulum mengandung sekian banyak unsur konstruktif supaya pembelajaran berjalan dengan optimal. Kurikulum sejatinya dihadirkan supaya menjadi alat utama agar pendidikan dijalankan selaras dengan cita-cita bangsa.

    ReplyDelete
  21. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Pendidikan merupakan elemen penting yang dapat mempengaruhi perkembangan suatu bangsa. Oleh sebab itu, pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa terutama di Indonesia. Melalui evaluasi, system pendidikan terus mengalami perbaikan. Perubahan KTSP menjadi kurikulum 13 merupakan salah satu bentuk perbaikan yang diupayakan oleh pemerintah, tujuannya supaya system pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dan peningkatan dari segi kualitasnya. Kurikulum 13 mengalami pro dan kontra baik di kalangan pelaku pendidikan maupun di masyarakat, karena penerapan K13 ini dinilai belum sempurna baik dari persiapannya, sosialisasi, dan pengembangan sekolah maupun kompetensi guru. beberapa sekolah terutama yang berada di rural area belum mampu mengikuti trend kurikulum 2013 dikarenakan terbatasnya fasilitas dan kompetensi guru sehingga penerapan kurikulum 2013 belum dilaksankan secara optimal. Harapan kedepannya pemerintah harus melakukan persiapan yang lebih matang supaya tujuan utama perbaikan system pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.

    ReplyDelete
  22. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Pengembangan ataupun perubahan dalam kurikulum diperlukan untuk mengoreksi bagian-bagian dalam kurikulum yang belum sesuai dengan konteks pendidikan Indonesia. Pentingnya untuk merevisi hal-hal yang dianggap kurang tepat pada komponen kurikulum. Secara garis besar tujuan kurikulum 2013 sudah terbilang baik karena memusatkan pembelajaran kepada siswa. tentunya pada penerapannya ada kesulitan yang dihadapi tapi menjadi bahan perbaikan bagi segenap komponen pendidikan. Terimakasih

    ReplyDelete
  23. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Kurikulum merupakan hal yang penting dalam pendidikan. Keluarnya pemberitahuan kurikulum baru 2013 menimbulkan sejumlah kontra dalam kalangan tenaga pendidik. Hal ini dikarenakan berbagai pertimbangan-pertimbangan yang memberatkan sebelah pihak. Sehingga dalam hal ini permasalahan jika terjadi pergantian kurikulum menjadi topik yang harus dituntaskan dalam dunia pendidikan karena untuk tujuan bersama. Karena tujuan kurikulum sendiri pada dasarnya adalah pedoman agar dapat membantu dan mengembangkan seorang guru dalam proses pembelajaran. Sehingga akan berdampak pada kemajuan siswa.

    ReplyDelete
  24. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pengembangan kurikulum sangat penting karena merupakan usaha untuk mencari bagaimana rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu. Pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian nilai-nilai umum, konsep-konsep, masalah dan keterampilan yang akan menjadi isi kurikulum yang disusun dengan fokus pada nilai-nilai tersebut.

    ReplyDelete
  25. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Kurikulum 2013 hadir sebagai salah kurikulum yang bertujuan tidak hanya berfokus pada penilaian kognisi siswa namun sikap dan keterampilan siswa yang juga merupakan unsure penting dalam karakter seseorang.Selain itu, siswa juga dibudayakan untuk menghargai nilai nilai moril yang dijunjung oleh bangsa Indonesia. Harapannya dengan penilaian tersebut, karakter siswa bisa dibentuk dengan baik melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan materi, siswa dll sehingga selain mencerdaskan kehidupan bangsa, siswa juga memiliki religiusitas dan karakter yang baik. Selainitu, kurikulum 2013 diharapkan membentuk karakter yang baik sehingga nilai-nilai karakter bisa diwujudkan dengan kurikulum ini. Dan juga kurikulum ini berfokus pada student center sehingga fokusnya pada siswa yang aktif dan membuat siswa aktif. Membentuk sifat kreatif, inovatif dll, sebagai bekal untuk dibawa ke masyarakat.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum wr.wb'
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Perkembangan suatu kurikulum dilakukan untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia termasuk draf kurikulum 2013 ini. Draf termasuk rencana pembelajaran yang akan dilakukan maka realisasi kurikulum 2013 sangat menentukan keberhasilan kurikulum dan kualitas pendidikan.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  27. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete