Nov 30, 2012

CONTEMPORARY PHILOSOPHERS_Collected by Marsigit




Ass Wr Wb

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Filsafat Kontemporer, pembaca bisa mencoba mendalami Tokoh-tokoh Filsafat Contemporer, sbb:



Theodor Adorno Louis Althusser Roland Barthes
Michael Bakhtin Jean Baudrillard Walter Benjamin
Maurice Blanchot Kenneth Burke Albert Borgmann
Jacques Derrida Gilles Deleuze Terry Eagleton
Stanley Fish Michel Foucault Frankfurt School
Hans-George Gadamer Anthony Giddens Antonio Gramsci
Felix Guattari Jurgen Habermas Donna Haraway
Martin Heidegger Agnes Heller Max Horkheimer
Edmund Husserl Ivan Illich Fredric Jameson
Julia Kristeva Jacques Lacan Bruno Latour
Jean Francois Lyotard Georg Lukács Paul de Man
Herbert Marcuse Karl Marx Maurice Merleau-Ponty
Richard Rorty Jean-Paul Sartre Edward Said
Charles Taylor Paul Virilio Ludwig Wittgenstein


Selamat mencoba.

Wss Wr Wb

Marsigit













































40 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Disini saya sedikit memaparkan tentang filsafat kontemporer Edwar W. Said, dimana dia mendefinisikan intelektual sebagai individu yang dikaruniai bakat untuk merepresentasikan dan mengartikulasikan pesan, pandangan, sikap atau filsafat kepada publik. Edward W. Said lebih menyukai batasan intelektual yang diberikan oleh Antonio Gramsci salah seorang idolanya di bidang intelektual. Di dalam buku Gramsci yang berjudul Selections From Prison Notebooks (1978), Gramsci mengatakan ‘semua orang adalah intelektual, tapi tidak semua orang memiliki fungsi intelektual’. Gramsci mengelompokkan dua jenis intelektual. Pertama, intelektual tradisional semacam guru, ulama, dan para administrator. Kelompok pertama ini menurut Gramsci dari generasi ke generasi selalu melakukan hal yang sama. Kedua, intelektual organik, yaitu kalangan profesional. Batasan yang diberikan Gramsci ini lebih disukai Said karena lebih dekat dengan realitas daripada konsepsi yang Benda tawarkan. Adapun tujuan intelektual menurut Said adalah, meningkatkan kebebasan dan pengetahuan manusia. Seorang intelektual yang pakar di bidang matematika haruslah berbicara sesuai dengan bidangnya sehingga pakar tersebut tidak memiliki otoritas untuk membicarakan permasalahan politik ataupun kebijakan luar negeri yang di keluarkan pemerintah. Hal inilah yang dikritik oleh Said sebagai upaya pengekangan terhadap hak-hak seorang intelektual.

    ReplyDelete
  2. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Di sini saya tertarik untuk mendalami Tokoh Filsafat Contemporer yakni L. Wittgenstein.
    Sejarah filosofi secara parsial dapat ditandai dari seperti yang telah dikatakan Hilary Putnam pada masa lalu: Sebuah kisaran diantara dua posisi yang kuat, dimana tiap golongan tidak dapat mempertahankan posisinya masing-masing yang akibatnya kedua posisi ini tidak dapat dipertahankan. Arus mundur tersebut terlintas dalam filosofi analitik dan kontinental. Di satu sisi yaitu mereka yang menyangkal objektifitas dalam segala hal. Pada sisi lain yaitu mereka yang mencoba untuk menjamin keobjektifitasan, tetapi juga digunakan pada nilai pakai dalam misteri metafisika. Sisi pertama dapat dibenarkan secara ilusi di dalam metafisika, dan kemudian yang bersifat anarki, dan kemudian kembali untuk membangun tekad di dalam metafisika. Wittgenstein membantah kedua pemahaman tersebut. Prestasi terbesarnya dalam filosofi matematika mempunyai kedudukan yang kuat sebagai penengah anatara dua fraksi yang sedang berperang. Akan dijelaskan secara lengkap posisi Wittgenstein dengan menekankan posisinya pada masing-masing sisi. Selain itu juga Wittgenstein menekankan kesatuan foilosofi matematika dengan Philosophical Investigations.

    ReplyDelete
  3. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam bukunya Tractacus Logico-Philosophicus, Wittgenstein berusaha memaparkan apa yang ada dipikirannya (khayalan) dan kesalahpahaman yang melatarbelakangi kedua pemahaman tentang metafisika. William James, seorang ahli filsafat yang sependapat dengan Wittgenstein dengan menulis “the trail of the human serpent is….over everything” Wittgenstein berusaha mencari tempat yang tepat untuk mengeksplorasi post-tractatus dengan bahasa matematika maupun dengan bahasa non matematika. Banyak perselisihan diantara komentator, namun tidak menjadi perhatian yang sangat penting seperti bagaimana cara memperolehnya, tapi itu merupakan lokasi yang tepat.
    Wittgenstein merasa lawannya dalam matematika sama-sama menyangkal orang yang berbelit-belit. Lawannya menggambarkan matematika seperti : sebuah dalil matematika memiliki kebenaran dan tidak memperhatikan aturan manusia dan penggunannya. Ada yang menyalahi kenyataan matemaika yang berdiri sendiri dari praktik matematika dan latihan yang memutuskan kebenaran.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Theodor W. Adorno adalah seorang sosiolog Jerman,filsuf dan musikolog yang dikenal untuk teori kritis masyarakat. Ia dianggap sebagai salah satu pemikir terkemuka abad 20 pada estetika dan filosofi, serta salah satu essayists yang unggul. Di tengah mode yang dinikmati oleh eksistensialisme dan positivisme di awal abad ke-20 Eropa, Adorno melanjutkan konsepsi dialektis sejarah alam yang dikritik godaan kembarontolog dan empirisme melalui studi Kierkegaard dan Husserl. Sebagai seorang penulis polemik dalam tradisi Nietzsche dan Karl Kraus, Adorno menyampaikan kritik tajam dari kebudayaan Barat kontemporer. Adorno yang diterbitkan secara anumerta teoriestetika, berencana untuk mendedikasikan untuk Samuel Beckett, adalah puncak dari komitmen seumur hidup untuk seni modern yang mencoba untuk mencabut "pemisahan fatal" perasaan dan pemahaman lama dituntut oleh sejarahfilsafat dan meledak persetujuan estetika hak istimewa ke konten atas bentuk danperenungan atas pencelupan.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Bruno Latour, lahir 22 Juni 1947, adalah seorang ilmuwan sosiologi dan antropologi Perancis, teorinya ini berpengaruh besar ke bidang Studi Sains dan Teknologi (STS/ Saince & Technology Study) Setelah mengajar di. École des Mines de Paris (Centre de sociologie de l'Inovasi) 1982-2006, dia sekarang Profesor Ilmu Po di Paris (2006), di mana ia adalah direktur ilmiah dari Ilmu Po Medialab. Ia terkenal karena bukunya We Have Never Been Modern (1991; English translation, 1993), Laboratory Life (dengan Steve Woolgar, 1979) dan Science in Action (1987).Bruno Latour menyebutkan perlunya memahami asal-muasal sebuah realita. Latour Bruno menjelaskan adanya actor atau subyek yang memulai untuk membuat sebuah realita. Kemudian, karena aktor ini memiliki hubungan sosial dalam kehidupan sosial, maka pemahaman si aktor terhadap realita sosial menjadi pemahaman bersama di dalam kehidupan sosial. Aktor atau subyek berfungsi dalam jaringan terdistribusi lebih besar dari interaksi timbal balik dan umpan balik. Pemahaman si actor terhadap realita sosial menjadi sumber referensi bagi individu lain dalam suatu kehidupan sosial. Pemahaman itu kemudian menyebar melalui proses interaksi sosial antara actor dengan individu lain. Hubungan harus berulang kali “dilakukan” atau jaringan akan larut. Hubungan sosial diproses dan harus dilakukan terus menerus

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Richard Rorty, Sejak pertengahan dekade 1980-an, Rorty banyak memfokuskan refleksinya di dalam ranah filsafat politik dan filsafat sosial. Yang cukup menarik disoroti adalah, apakah filsafat politik Rorty ini merupakan konsekuensi dari epistemologinya yang bersifat anti-fondasionalistik? Memang, pada bagian akhir Philosophy and The Mirror of Nature, ia menegaskan bahwa epistemologinya memiliki komitmen moral yang tegas. “Filsafat tradisional”, demikian tulisnya, “mencari pengetahuan yang bersifat final, dan bila berhasil didapatkan, semua itu akan menghasilkan kebudayaan yang dibekukan dan dehumanisasi manusia.” Seluruh filsafat sebelumnya, menurut Rorty, adalah pencarian kebenaran metafisis yang bersifat mutlak untuk menyangkal kodrat kontingensi manusia. Dan berlawanan dengan itu, Rorty secara gamblang mengajukan argumen bahwa justru manusia harus meningkatkan kepekaan terhadap kontingensi dirinya sendiri, sehingga ia terhindar dari dehumanisasi dan pembekuan atau stagnasi budaya. Inilah yang disebut sebagai cara berpikir antifondasionalisme. Intensi moral dari cara berpikir ini adalah untuk mengembangkan semua kemungkinan-kemungkinan yang dimiliki manusia dengan mengafirmasi kebebasannya, sekaligus mengembangkan potensi-potensi yang mungkin saja tidak terpikirkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016


    Munculnya filsafat kontemporer diawali dari sikap ingin membuka teori filsafat modern yang menggunakan keuniversalitasan kebenara tunggal dan bebas nilai.
    Oleh karena itu salah satu ciri yang terdapat dalam filsafat kontempoter ini mengagungkan nilai-nilai relatifitas dan mini narasi, dan lebih cenderung beragam dalam pemikiran.
    Sehingga dlaam filsafat ini menghargai keberagaman pemikiran/ kebenaran dan kebebasan nilai.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Ciri dari filsafat kontemporer adalah sebagai reaksi dari berkembangnya filsafat modern yang dianggap semakin melenceng.
    Dalam filsafat modern yang tidak menganggap ada perbedaan sehingga kebenaran bersifat tunggal.
    Pemikiran kontemporer berusaha mengkritik logosentrisme filsafat modern yang berusaha menjadikan rasio sebagai instrumen utama perkembangan.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Disini saya akan memaparkan sekilas tentang Edmund Gustav Albrecht Husserl ( Jerman): 8 April 1859 - 27 April 1938) adalah seorang filsuf Jerman yang mendirikan fakultas fenomenologi . Dalam karya awalnya, dia menguraikan kritik historisisme dan psikologi dalam logika berdasarkan analisis intensionalitas . Dalam pekerjaannya yang matang, dia berusaha mengembangkan sains dasar yang sistematis berdasarkan pada pengurangan fenomenologis . Dengan berdebat bahwa kesadaran transendental menetapkan batasan semua pengetahuan yang mungkin, Husserl mendefinisikan kembali fenomenologi sebagai filsafat transendental-idealis . Pemikiran Husserl sangat mempengaruhi bentang alam filsafat abad ke-20 , dan dia tetap menjadi tokoh penting dalam filsafat kontemporer dan seterusnya. Husserl belajar matematika di bawah Karl Weierstrass dan Leo Königsberger , dan filsafat di bawah Franz Brentano dan Carl Stumpf . Ia mengajar filsafat sebagai Privatdozent di Halle dari tahun 1887, lalu sebagai profesor, pertama di Göttingen dari tahun 1901, kemudian di Freiburg dari tahun 1916 sampai dia pensiun pada tahun 1928, setelah itu dia tetap sangat produktif. Setelah sakit, dia meninggal di Freiburg pada tahun 1938

    ReplyDelete
  11. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Disini juga saya akan memaparkan sekilas tenatang tokoh karl max, mengapa saya karl max karena tokoh ini bagi saya keren. Mei 1918 - 14 Maret 1883) adalah seorang filsuf , ekonom , sosiolog , jurnalis , dan sosialis Prusia yang lahir Prusia. Lahir di Trier untuk keluarga kelas menengah, ia kemudian belajar ekonomi politik dan filsafat Hegelian . Sebagai orang dewasa, Marx menjadi orang tanpa kewarganegaraan dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di London, Inggris , di mana dia terus mengembangkan pemikirannya bekerja sama dengan pemikir Jerman Friedrich Engels dan menerbitkan berbagai karya, pamflet 1848 Manifesto Komunis yang paling terkenal . Karyanya telah mempengaruhi sejarah intelektual, ekonomi, dan politik berikutnya.
    Teori Marx tentang masyarakat, ekonomi, dan politik - secara kolektif dipahami sebagai Marxisme - berpendapat bahwa masyarakat manusia berkembang melalui perjuangan kelas ; Dalam kapitalisme , ini memanifestasikan dirinya dalam konflik antara kelas penguasa (dikenal sebagai borjuis ) yang mengendalikan sarana produksi dan kelas pekerja (dikenal sebagai proletariat ) yang memungkinkan sarana ini dengan menjual tenaga kerja mereka untuk upah.Pemikiran Marx menunjukkan pengaruh dari banyak pemikir, termasuk namun tidak terbatas pada:
    •Lycurgus' filsafat, termasuk redistribusi kuat dan sama sumber daya (tanah), dan kesetaraan semua warga
    •Georg Wilhelm Friedrich Hegel 's filosofi
    •klasik ekonomi politik (ekonomi) dari Adam Smith dan David Ricardo
    •Perancis sosialis pemikiran , khususnya pemikiran Jean-Jacques Rousseau , Henri de Saint-Simon , Pierre-Joseph Proudhon , dan Charles Fourier
    •sebelumnya materialisme Jerman filosofis antara Hegelian Muda , terutama yang dari Ludwig Feuerbach dan Bruno Bauer , serta materialisme Perancis dari akhir abad ke-18, termasuk Diderot , Claude Adrien Helvétius , dan d'Holbach
    •analisis kelas pekerja oleh Friedrich Engels , serta deskripsi awal dari kelas yang disediakan oleh kaum liberal Perancis dan Saint-Simonian seperti François Guizot dan Augustin Thierry
    •Warisan Yahudi Marx telah diidentifikasi sebagai formatif untuk kedua pandangannya moral yang dan filsafat materialis

    ReplyDelete
  12. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam hubungannya dengan filsafat Barat, istilah modern-kontemporer, bertitik tolak dari kritik Immanuel Kant (1724 M-1804 M) terhadap pengetahuan atau ilmu pengetahuan. Dialah filsuf pertama yang secara sistematis telah melakukan kritik atas pengetahuan, dia hendak juga meninggalkan penggunaan akal secara dogmatis tanpa kritis. Dengan imbas terjadi dikotomi antara ilmu pengetahuan dan filsafat. Dengan ini ilmu pengetahuan dapat dikembangkan dengan terbuka bebas sesuai fungsionalnya.
    Demikian halnya filsafat, tumbuh-berkembang dengan sangat cepat serta mengalami pergeseran dan modifikasi. Hingga sekarang kita bisa melihat dengan mata telanjang warna-warni aliran-aliran filsafat di Barat, yang dominan pengaruhnya.

    ReplyDelete
  13. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Komentar saya menyoroti tentang Kristeva yang berpendapat bahwa filsafat bahasa seperti yang ada adalah nekrofilia. Tapi dia berpendapat bahwa drive seseorang tubuh bertahan dalam wacana semiotik. Dia memperluas gagasan ECRITURE feminin dengan mengedepankan istilah simbolik dan semiotik. The semiotik, yang puitis, musikal dan ritmis, adalah situs dari menulis dari tubuh wanita. Ini berisi seni, puisi, cinta dan psikoanalisis, semua yang dia anggap sebagai 'imajinatif'. Wacana heterogen ini mengganggu para 'order' dan 'patriarki' dari simbolis. Untuk Kristeva pembaca, untai ganda bahasa seperti yang dirasakan dari kedua sudut pandang di atas menjelaskan bagaimana bahasa diproduksi. Tak perlu dikatakan, baik simbolis dan simbiosis selalu hadir dalam setiap sampel yang diberikan bahasa. Sebelum dia, Roland Barthes sebenarnya telah mengajukan gagasan tentang teks kebahagiaan dan teks kesenangan. Mantan baginya membawa ke jouissance reader , pecah mengganggu dan menyenangkan kekerasan intensitas mengganggu menggoyangkan asumsi budaya dan sejarahnya.

    ReplyDelete

  14. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016
    Filsafat Kontemporer juga bisa diartikan dengan cara seperti itu, yaitu cara pandang dan berpikir mendalam menyangkut kehidupan pada masa saat ini. Filsafat kontemporer ini sering dikaitkan dengan posmodernisme, dikarenakan posmodernisme yang berarti “setelah modern” merupakan akibat logis dari zaman kontemporer. Posmodernisme menyaratkan kebebasan, dan tidak selalu harus simetris. Contohnya seni bangunan posmodern tidak terlalu mementingkan aspek keseimbangan dalam bentuk bangunan, melainkan sesuka hati yang membangun atau yang sesuai request. Kembali lagi kepada pemikiran kontemporer yang beranjak dari seni bangunan tadi, sama halnya dengan itu, pemikiran filsafat kontemporer ini bebas. Kebebasan dalam memakai teori, menanggapi, dan mengkritik selama kebebasan tersebut merupakan suatu hal original. Oleh karenanya filsafat kontemporer merupakan ekstensifikasi dari pemikiran manusia dari hal-hal yang umum menjadi yang sangat khusus dan terkait dengan hal khusus lainnya.

    ReplyDelete
  15. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Ágnes Heller dibesarkan di kelas menengah [kutipan diperlukan] keluarga Yahudi. Selama Perang Dunia II, ayahnya menggunakan pelatihan hukum dan pengetahuannya tentang Jerman untuk membantu orang mengumpulkan dokumen penting yang harus diemivasikan dari Eropa Nazi. Pada tahun 1944, ayah Heller dideportasi ke kamp konsentrasi Auschwitz di mana dia meninggal sebelum perang usai. Heller dan ibunya berhasil menghindari deportasi.


    Agnes tertarik akan sebuah pertanyaan Bagaimana ini bisa terjadi? Bagaimana saya bisa mengerti ini? Dan pengalaman holocaust ini bergabung dengan pengalaman saya di rezim totaliter. Ini menimbulkan pertanyaan yang sangat mirip dalam penyelidikan jiwa dan penyelidikan saya: bagaimana ini bisa terjadi? Bagaimana orang bisa melakukan hal seperti ini? Jadi saya harus mencari tahu apa arti moralitas, apa sifat kebaikan dan kejahatan, apa yang bisa saya lakukan tentang kejahatan, apa yang bisa saya pikirkan tentang sumber moralitas dan kejahatan? Itu adalah pertanyaan pertama. Pertanyaan lainnya adalah pertanyaan sosial: dunia macam apa yang bisa menghasilkan ini? Dunia macam apa yang memungkinkan hal seperti itu terjadi? Apa itu modernitas? Bisakah kita mengharapkan penebusan? [1]

    Pada tahun 1947, Heller mulai belajar fisika dan kimia di Universitas Budapest. Namun, dia mengubah fokusnya pada filsafat, ketika pacarnya pada saat itu mendesaknya untuk mendengarkan ceramah filsuf György Lukács, di persimpangan filsafat dan budaya. Dia segera diambil oleh berapa banyak ceramahnya yang menyampaikan keprihatinan dan ketertarikannya untuk bagaimana hidup di dunia modern, terutama setelah pengalaman Perang Dunia II dan Holocaust.

    1947 juga merupakan tahun dimana Heller bergabung dengan Partai Komunis saat berada di sebuah kamp kerja Zionis [2] dan mulai mengembangkan ketertarikannya pada Marxisme. Namun, dia merasa bahwa Partai tersebut mencekik kemampuan pemeluknya untuk berpikir bebas karena kepercayaan terhadap sentralisme Demokrat (total kesetiaan) kepada Partai. Dia diusir darinya untuk pertama kalinya pada tahun 1949, tahun dimana Mátyás Rákosi mulai berkuasa dan mengantar tahun-tahun pemerintahan Stalinis.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    setelah saya mencoba untuk mencari tau salah seorang nama filsafat, maka saya menemukan charles taylor.
    Mahakarya Charles Taylor A Secular Age adalah sebuah gugatan terhadap dunia sekular. Di dalamnya ia mempertanyakan apakah di dunia sekular ini religiusitas masih dipegang teguh atau tidak. Jika religiustas itu ada dan dipegang, dimanakah tempatnya dalam dunia sekular? Taylor memetakan sketsa fenomenologis untuk melacak sekaligus memberi jawaban terhadap pertanyaan fundamental ini. Carles Taylor mulai dengan sebuah pertanyaan dasar tentang arti keberadaan manusia: apa artinya jika dikatakan bahwa manusia hidup di era sekular? Pertanyaan ini sekaligus memunculkan jawaban yang sangat panjang berikut telaah fenomenologis Taylor tentang latar kehidupan manusia yang hidup di zaman sekular ini. Akan tetapi Taylor berusaha untuk memahami fenomena kehidupan manusia di zaman sekular ini dengan bertitik tolak dari negara-negara Barat dan Amerika sebagai asal dari sekularisme. Fenomena paling nyata tentang sekularisasi dan segala dampaknya dapat dengan mudah dan jelas dilihat pada negara-negara ini.

    ReplyDelete
  17. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Theodor Adorno adalah seorang sosiolog, filsuf, musikolog, dan komponis berkebangsaan Jerman pada abad 20. Salah satu sumbangannya terhadap masyarakat modern adalah kritiknya pada masyarakat modern sebagai bentuk penindasan terhadap manusia yang dilakukan kapitalisme salah satunya adalah industri musik yang bergeser dari nilai seni kepada konsumerisme. Adorno bersama sahabatnya Max Horkheimer menulis karya Dialectic of Enlightment sebagai usaha menerangi kegelapan masa modern. Selain itu dia juga menulis artikel tentang budaya industri sebagai keprihatinannya terhadap budaya masyarakat. Adorno kembali ke Jerman dan pernah menggantikan Max Horkheimer sebagai direktur Sekolah Frankfurt.

    ReplyDelete
  18. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Walter Benjamin merupakan filsuf asal Jerman. Ia menuliskan pemikirannya tentang ingatan kolektif di dalam bukunya yang berjudul The Storyteller. Di dalam buku ini Benjamin mencoba mengaitkan dua hal, yakni antara cerita tentang masa lalu yang telah meresap di dalam tradisi di satu sisi, dan pengalaman hidup yang sungguh terjadi di sisi lain. Tidak ada hubungan yang bersifat langsung dan jelas antara dua konsep ini. Apa yang saya alami seringkali tidak terhubung langsung dengan apa yang saya ceritakan tentang apa yang saya alami.
    Sumber: https://rumahfilsafat.com/2012/07/10/teori-ingatan-kolektif/

    ReplyDelete
  19. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    filsafat kontemporer merupakan ekstensifikasi dari pemikiran manusia dari hal-hal yang umum menjadi yang sangat khusus dan terkait dengan hal khusus lainnya. Salah satu tokoh dari filsafat kontemporer adalah Jurgen Habermas. Narasi besar pemikirannya bertumpu pada usaha pencarian sebuah teori yang secara memadaimerumuskan syarat-syarat nyata perwujudan sebuah masyarakat yang bebas dari penindasan.Madzhab Habermas ini terkenal dengan “Teori Kritis” atau “Teori Kritis Masyarakat” yang melemparkan sebuah kritikan serius terhadap konsep teori Positivisme dan menyebutpositivisme itu sebagai saintisme karena mengadopsi metode ilmu-ilmu alam untuk menggagas unified science. Pada hakekatnya teori kritis ini memiliki empat karakter utama yaitu :1) Teori kritis bersifat historis, artinya teori kritis dilambangkan berdasarkan situasi masyarakat yangkongkrit dan kritik imanen yaitu kritik terhadap masyarakat yang nyata-nyata tidak manusiawi. 2) Teori kritis bersifar kritis terhadap dirinya sendiri dengan cara evaluasi, kritik dan refleksi atasdirinya sendiri. 3) Teori kritis menggunakan metode dialektis sehingga teori kritis memiliki kecurigaan terhadap situasi masyarakat aktual. 4) Teori kritis adalah teori dengan maksud praktis yaitu teori yang mendorong transformasi masyarakat dan hanya mungkin dilakukan dalam praxis. Jurgen Habermas dengan Teori Kritisnya menawarkan pemahaman baru yangdikembangkan lewat masyarakat kritis emansipatoris. Semua pemikiran-pemikirannya sangatterlihat mengerucut pada keinginannya untuk menempatkan modernitas sebagai realitas empirisyang harusnya dapat memberdayakan kehidupan masyarakat, dan bukan sebaliknya.

    ReplyDelete
  20. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Filsafat Barat kontemporer artinya filsafat Barat abad ke-20. Sifatnya Heterogen. Para pelakon yang paling depan dalam filsafat adalah Prancis, Inggris dan Jerman. Titik tekan pembahasannya terutama terletak pada aliran-aliran filsafat. Salah satu aliran yang merujuk pada filsafat kontemporer adalah Eksistensialisme. Tokohnya yaitu Jean Paul Sartre. Eksistensialisme memandang segala gejala denga berpangkal pada eksistensi. Eksistensi adalah cara berada di dunia. Eksistensi mendahului esensi. Bungkus mendahului isi.

    ReplyDelete
  21. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Saya membaca mengenai Filsafat yang dikemukakan oleh Karl Marx. Pemikiran Karl Marx dipengaruhi oleh tiga sumber penting, yaitu filsafat klasik Jerman, sosialisme Perancis, dan Ekonomi Inggris. Metode untuk mendekati, memahami, dan mempelajari gejala alam diambilnya dari sistem dialektik Hegel, sehingga lahirlah materialisme dialektik yang dikembangkan menjadi materialisme historis. Materialisme historis merupakan puncak prestasi ilmiah Marx. Dalam filsafat Marx, tampak ada pandangan dualistik, yaitu ia menganggap alam ini terdiri dari dua kenyataan, yaitu materi dan ide atau kesadaran. Materi diartikan sebagai segala sesuatu yang berupa objek atau kegiatan rohaniah manusia yang meliputi pikiran, perasaan, kemauan, watak, sensasi, cita-cita dan sebagainya

    ReplyDelete
  22. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Materialisme menurut Marx, memandang bahwa alam semesta menurut sifatnya adalah materiil, atau terdiri dari materi ke materi. Materi itu benar-benar ada dan hukum-hukumnya dapat diketahui sepenuhnya oleh manusia. Materi itu abadi, dalam arti tidak diciptakan oleh kekuatan lain. Adapun “kesadaran” bukan saja ditentukan oleh materi, bahkan merupakan produk dari materi yang telah tersusun dalam tingkat yang lebih tinggi seperti otak manusia. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bahwa akal merupakan satu-satunya alat pengukur sesuatu.

    ReplyDelete
  23. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Filsafat kontemporer yang di awali pada awal abad ke-20, ditandai oleh variasi pemikiran filsafat yang sangat beragam dan kaya. Mulai dari analisis bahasa, kebudayaan antara lain Posmodernisme. Tema-tema filsafat yang banyak dibahas oleh para filsuf dari periode ini antara lain tentang manusia dan bahasa manusia, ilmu pengetahuan, kesetaraan gender, kuasa dan struktur yang mengungkung hidup manusia, dan isu-isu actual yang berkaitan dengan budaya, social, politik, ekonomi, teknologi, moral, ilmu pengetahuan, dan hak asasi manusia. Ciri filsafat Kontemporer adalah sebagai reaksi dari berkembangnya filsafat modern yang semakin melenceng pemikiran Kontemporer ini berusaha mengkritik Logosentrisme, rasionalisme filsafat modern yang berusaha menjadika rasio sebagai instrumen utama, perkembangan Filsafat kontemporer berada dalam dua jalur yakni filsafat Holistic dan filsafat dekonstruksi.

    ReplyDelete
  24. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pada tahun 1937 Max Horkheimer menulis sebuah gagasan pemikirannya tentang teori tradisional yang bersifat kontemplatif dan teori kritis. Untuk memahami teori tradisional Horkheimer, maka bisa diawali dengan sebuah pertanyaan mengapa seseorang itu merumuskan sebuah teori? Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan pengertian atau dalam bahas Jerman disebut Aufklarung (pencerahan). Menurut Horkheimer, teori adalah sebuah cahaya kebenaran yang membebaskan manusia dari prasangka, kepercayaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, takhayul, penipuan dan kebohongan (Franz Magnis Suseno, 2005:150).
    Dengan pembebasan itu, maka manusia bisa lebih otonom yang pada akhirnya akan bisa mengambil keputusan untuk kehidupannya. Namun demikian, menurut Max teori tradisional dengan tujuan pembebasan itu justru tidak berhasil karena teori-teori itu hanya mengubah pengertian tentang realitas, akan tetapi tidak mengubah realitas itu sendiri. Oleh karenanya teori tradisional lebih bersifat kontemplasi, hanya bisa merenung dan memandang tetapi tidak bisa merubah dengan apa yang menjadi renungan atau yang sedang dipandang itu.

    ReplyDelete
  25. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sedangkan pada teori kritis, Max Horkheimer lebih bersifat refleksif. Artinya teori itu tidak langsung mengenai salah satu masalah, melainkan dalam menangani suatu masalah itu ia menyadari dirinya sendiri, ia merefleksikan perannya sebagai teori sehingga teori kritis itu menjadi praktis yang mempunyai dampak pada perubahan realitas sebagai teori. Disi lain, teori kritis mengambil dialektika atau paham kritik dalam artian teori bisa menjadi kritis itu dengan cara menjelaskan realitas apa adanya sehingga akan terlihat kepalsuan ataupun kebohongannya secara negatif.

    ReplyDelete
  26. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Filsafat barat kontemporer ini muncul pada abad ke-20 sebagai kritik dari filsafat modern, hal ini dapat terungkap dalam istilah dekonstruksi, yang didekonstruksi oleh filsafat kontemporer ini adalah rasionalisme yang digunakan untuk membangun seluruh isi kebudayaan dunia barat. Adapun tokoh-tokoh besar yang mengusung filsafat kontemporer diantaranya Arkoun, Derrida, Foucault, Wittgenstein dll. John Lechte (2007) mengelompokkan para pemikir kontemporer ke dalam sembilan kategori yaitu struktur awal, struktualisme, sejarah struktual, pemikiran, post-struktualis, semiotika, feminisme generasi kedua, post-Marxisme, modernitas, dan akhirnya post-modernitas. Adapun ciri filsafat kontemporer adalah sebagai reaksi dari berkembangnya filsafat modern yang semakin melenceng, pemikiran kontemporer ini berusaha mengkritik logosentrisme filsafat modern yang berusaha menjadika rasio sebagai instrumen utama, perkembangan filsafat kontemporer berada dalam dua jalur yakni filsafat holistik dan filsafat dekonstruksi.

    ReplyDelete
  27. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Edmund Gustav Albrecht Husserl (German: 8 April 1859 – 27 April 1938) was a German philosopher who established the school of phenomenology. In his early work, he elaborated critiques of historicism and of psychologism in logic based on analyses of intentionality. In his mature work, he sought to develop a systematic foundational science based on the so-called phenomenological reduction. Arguing that transcendental consciousness sets the limits of all possible knowledge, Husserl re-defined phenomenology as a transcendental-idealist philosophy. Husserl's thought profoundly influenced the landscape of twentieth-century philosophy, and he remains a notable figure in contemporary philosophy and beyond.
    Husserl studied mathematics under Karl Weierstrass and Leo Königsberger, and philosophy under Franz Brentano and Carl Stumpf. He taught philosophy as a Privatdozent at Halle from 1887, then as professor, first at Göttingen from 1901, then at Freiburg from 1916 until he retired in 1928, after which he remained highly productive. Following an illness, he died at Freiburg in 1938.

    ReplyDelete
  28. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Filsafat kontemporer merupakan filsafat yang ada pada era kontemporer seperti sekarang ini. Filsafat kontemporer meliputi perkembangan sejumlah aliran filsafat baru— yang meliputi positivisme logis, filsafat analitik, fenomenologi, eksistentialisme, dan postrukturalisme. Filsafat kontemporer menggantikan filsafat modern, yang berjalan dari zaman Descartes sampai abad kedua puluh. Saya menyoroti filsafat kontemporer oleh Charles Taylor. Salah satu tema filsafat yang menjadi perhatian Taylor adalah hermeneutika, yakni cabang filsafat yang merefleksikan proses manusia menafsirkan dan memberi makna realitas. Di dalam filsafat Taylor, hermeneutika terkait erat dengan refleksi filosofis tentang manusia, atau yang juga disebut sebagai filsafat manusia.

    ReplyDelete
  29. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Filsafat kotemporer adalah cara pandang dan berpikir mendalam menyangkut kehidupan pada masa saat ini. Filsafat kotemporer biasanya berkaitan dengan posmodernisme, dikarenakan posmodernisme yang berarti “setelah modern” merupakan akibat logis dari zaman kontemporer.

    ReplyDelete
  30. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pola pikir Theodor W Adorno bersama Max Horkheimer, Walter Benjamin, Jürgen Habermas yang menghasilkan teori kritis. Dalam Teori tersebut intinya adalah bermaksud untuk membebaskan manusia dari manipulasi teknokrasi modern. Kritiknya pada masyarakat modern sebagai bentuk penindasan terhadap manusia yang dilakukan kapitalisme salah satunya adalah industri musik yang bergeser dari nilai seni kepada konsumerisme.

    ReplyDelete
  31. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Ternyata masih banyak sekali tokoh filsafat yang belum kita ketahui. Hal ini sangat wajar karena kita tidak kuliah di jurusan filsafat. Namun, dengan mengetahui teori-teori yang dicetuskan oleh tokoh-tokoh di atas, maka pengetahuan yang diperoleh akan semakin bertambah. Dan sedikit banyak, pengetahuan tentang filsafat tersebut akan membantu kita baik dalam kehidupan sehari-hari maupun ketika pembelajaran di kelas. Terimakasih kepada Bapak yang telah berbagi ilmu sehingga wawasan kita bertambah banyak.

    ReplyDelete
  32. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Perkembangan dan kemajuan peradaban manusia tidak bisa dilepaskan dari peran ilmu. Bahkan perubahan pola hidup manusia dari waktu ke waktu berjalan seiring dengan sejarah kemajuan dan perkembangan ilmu. Termasuk filsafat. Salah satu tokoh filsuf di jaman kontemporer adalah Ludwig Wittgenstein, dia berpendapat bahwa sebenarnya permasalahan filsafat terletak pada bahasa yang digunakan, sehingga bahasa perlu dilogiskan. Teori ini mengungkapkan tentang teori gambar dan logika bahasa. Penggunaan bahasa dalam teori ini harus mampu mengungkapkan secara objektif fakta tentang dunia dan hal ini harus dilakukan dengan menggunakan bahasa berdasarkan logika. Dengan bahasa dapat dikatakan dengan jelas apa yang ingin dikatakan. Dalam teori ini Wittgenstein mendasarkan pada satu bahasa ideal yang memenuhi syarat logika.

    ReplyDelete
  33. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Karl Marx lahir di Trier pada tanggal 5 Mei 1818. Ia belajar di Universitas Bonn, Berlin dan Jena. Ia menjadi penulis untuk sebuah koran liberal radikal dan menjadi editor kepala koran itu. Pada tahun 1843 setelah satu tahun di koran, Marx terpaksa mengundurkan diri sebagai editor dan koran itu kemudian ditutup pemerintah untuk menghentikan publikasinya. Marx kemudian pergi ke Paris dan ia pertama kali bertemu Engels. Radikalismenya sudah dikenali 'komunis'. Analisis revolusioner dan aktivitas menyebabkan dia diperintahkan untuk meninggalkan Paris pada tahun 1845.

    ReplyDelete
  34. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Karl Marx pergi ke menetap di Brussels dan mulai mengatur Komunis Komite Correspondence di sejumlah kota-kota Eropa. Ia bersama Friederich Engels menerbitkan buku paling populer Communist Manifesto. Dengan kontroversial dan aktivitas revolusioner tahun 1848, Marx lagi-lagi dipaksa untuk meninggalkan negara. Ia kembali ke Paris dan kemudian ke Rhineland. Pada tahun 1849 Marx ditangkap dan diadili atas tuduhan hasutan untuk pemberontakan bersenjata. Karl Marx menghabiskan sisa hidupnya di Inggris, London pada tahun 1849. Marx menghabiskan sejumlah besar waktunya di London untuk melakukan penyelidikan dan menulis buku-buku. Marx wafat pada tahun 1883.

    ReplyDelete
  35. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Julia Kristeva lahir di Bulgaria 24 Juni 1941. Ia adalah seorang filsuf Bulgaria-Perancis, kritikus sastra, psikoanalis, sosiolog, feminis, danr novelis, tinggal di Perancis sejak pertengahan 1960-an. Sekarang Kristeva menjadi Profesor di Universitas Paris Diderot. Kristeva menjadi berpengaruh dalam analisis kritis internasional, teori budaya dan feminisme setelah menerbitkan buku pertamanya Semeiotikè pada tahun 1969. Publikasi tulisannya ini membuat Kristeva menerima kursi di bidang linguistik di University of Paris, dan menjadi tamu di Columbia University, New York. Dalam bidang Antropologi dan Psikologi, Kristeva berpendapat hubungan antara sosial dann subyeknya tidak merepresentasikan satu sama lain, namun lebih kepada menggunakan logika yang sama, yaitu keberlangsungan hidup grup dan obyek tersebut.

    ReplyDelete
  36. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Albert Borgmann lahir pada tahun 1937. Ia adalah seorang filsuf Amerika kelahiran Jerman, yang mengkhususkan diri dalam filsafat teknologi. Ia lahir di Freiburg, Jerman, dan adalah seorang profesor filsafat di Universitas Montana. Pada 2013 Borgmann menerima penghargaan Golden Eurydice. Dalam buku klasik 1984-nya, Borgmann memperkenalkan konsep paradigma perangkat. Ini berarti melihat teknologi secara eksklusif sebagai perangkat yang memberikan serangkaian komoditas, dan mengevaluasi fitur teknis dan kekuatan perangkat tersebut, tanpa memiliki perspektif lain. Teknologi demikian dianggap sebagai alat untuk mencapai tujuan, instrumen atau penemuan. Kemajuan teknologi meningkatkan ketersediaan komoditas atau jasa, dan pada saat yang sama mendorong perangkat yang sebenarnya atau mekanisme dasar.

    ReplyDelete
  37. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Karl Marx adalah filsuf abad ke-19 dan teoretikus sosial yang pendekatan materialis terhadap metodologi, epistemologi dan teori politik telah memiliki dampak luas secara akademis, politis dan sosial. Ada beberapa analisis kontras mengenai filsafat, analisis sosial, posisi ontologis dan epistemologis Marx dan metodologi. Marx mengembangkan pendekatan materialis terhadap analisis sosial, politik dan ekonomi dari oposisi filosofisnya terhadap idealisme ideal Hegel. Sejak awal Marx mengajukan ontologi materialis. Posisi epistemologisnya berkembang dari ide yang idealis dalam kritik awalnya terhadap filsafat Hegel kepada seorang materialis sepenuhnya pada saat dia menulis Kapital dengan transisi yang terjadi sekitar saat penulisan The German Ideology. Marx mengadopsi pendekatan menyeluruh dan mengembangkan konsep dialektika yang merupakan inti idealisme Hegelian. Inti pendekatan Marx adalah analisis sejarah dan ideologi. Pekerjaan awalnya berkaitan dengan keterasingan, namun karya selanjutnya lebih mementingkan hubungan struktural, terutama sifat hubungan produksi. Metodologi Marx secara tegas bersifat anti positivis, dan ia menyebutnya sebagai materialisme historis. Diperdebatkan, ia mengembangkan versi materialisme dialektis (yang berbeda dengan materialisme realis yang kemudian disebut materialis dialektis Marxis).

    ReplyDelete
  38. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Salah satu tokoh filsafat kontemporer ialah Ludwig Wittgenstein yang mempunyai kontribusi besar dalam filsafat bahasa, filsafat matematika dan logika. Ludwig berpendapat bahwa masalah filsafat merupakan masalah bahasa. Ludwig Wittgenstein mengemabngkan ide yang pernah ditulisnya dengan gaya yang berbeda. Hal ini dikarenakan perubahan cara pandangnya terhadap bahasa sehari-hari. Ludwig Wittgenstein lebih menekankan pada penggunaan bahasa karena bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan demikian Ludwig Wittgeinstein membandingkan keanekaragaman alat dalam penggunaan bahasa.

    ReplyDelete
  39. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dari beberapa nama yang dipaparkan, saya tertarik dengan Agnes Heller. Agnes Heller adalah seorang filsuf yang berasal dari Hungaria. Seorang pemikir Marxis terkemuka pada awalnya, kemudian menghasilkan ke posisi sosial yang demokratis. Selain pemikiran politik dan sosial, juga berfokus pada Hegelian filsafat, etika, dan eksistensialisme. Perkembangan perhatian bukti pemikirannya dengan kejadian beberapa dekade terakhir dan juga mengungkapkan dinamisme konstan pematangan.

    ReplyDelete
  40. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Theodor W. Adorno adalah seorang pemikir yang terkenal cemerlang dalam berbagai bidang, baik sebagai sosiolog, musikolog, komponis, dan khususnya sebagai seorang filsuf. Dari kemampuannya yang multi talented tersebut, tentu tidak sedikit kiprah yang telah dilakukan oleh Adorno dalam usaha membangun kehidupan ini. Namun demikian, dalam makalah ini akan memfokuskan pembahasannya hanya pada hal-hal yang bersifat filosofis saja. Adapun hal-hal yang dinilai terkait dengan pembahasan filosofis sehubungan dengan Adorno ini diantaranya yaitu: 1). mengenai keikutsertaannya dalam Mazhab Frankfurt, 2). sebuah corak pemikirannya yang dikenal dengan Teori Kritis, dan 3). salah satu buku yang ditulisnya bersama Horkheimer “Dialektika Pencerahan”.

    ReplyDelete