Nov 30, 2012

CONTEMPORARY PHILOSOPHERS_Collected by Marsigit




Ass Wr Wb

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Filsafat Kontemporer, pembaca bisa mencoba mendalami Tokoh-tokoh Filsafat Contemporer, sbb:



Theodor Adorno Louis Althusser Roland Barthes
Michael Bakhtin Jean Baudrillard Walter Benjamin
Maurice Blanchot Kenneth Burke Albert Borgmann
Jacques Derrida Gilles Deleuze Terry Eagleton
Stanley Fish Michel Foucault Frankfurt School
Hans-George Gadamer Anthony Giddens Antonio Gramsci
Felix Guattari Jurgen Habermas Donna Haraway
Martin Heidegger Agnes Heller Max Horkheimer
Edmund Husserl Ivan Illich Fredric Jameson
Julia Kristeva Jacques Lacan Bruno Latour
Jean Francois Lyotard Georg Lukács Paul de Man
Herbert Marcuse Karl Marx Maurice Merleau-Ponty
Richard Rorty Jean-Paul Sartre Edward Said
Charles Taylor Paul Virilio Ludwig Wittgenstein


Selamat mencoba.

Wss Wr Wb

Marsigit













































10 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Karl Marx adalah filsuf abad ke-19 dan teoretikus sosial yang pendekatan materialis terhadap metodologi, epistemologi dan teori politik telah memiliki dampak luas secara akademis, politis dan sosial. Ada beberapa analisis kontras mengenai filsafat, analisis sosial, posisi ontologis dan epistemologis Marx dan metodologi. Marx mengembangkan pendekatan materialis terhadap analisis sosial, politik dan ekonomi dari oposisi filosofisnya terhadap idealisme ideal Hegel. Sejak awal Marx mengajukan ontologi materialis. Posisi epistemologisnya berkembang dari ide yang idealis dalam kritik awalnya terhadap filsafat Hegel kepada seorang materialis sepenuhnya pada saat dia menulis Kapital dengan transisi yang terjadi sekitar saat penulisan The German Ideology. Marx mengadopsi pendekatan menyeluruh dan mengembangkan konsep dialektika yang merupakan inti idealisme Hegelian. Inti pendekatan Marx adalah analisis sejarah dan ideologi. Pekerjaan awalnya berkaitan dengan keterasingan, namun karya selanjutnya lebih mementingkan hubungan struktural, terutama sifat hubungan produksi. Metodologi Marx secara tegas bersifat anti positivis, dan ia menyebutnya sebagai materialisme historis. Diperdebatkan, ia mengembangkan versi materialisme dialektis (yang berbeda dengan materialisme realis yang kemudian disebut materialis dialektis Marxis).

    ReplyDelete
  2. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Salah satu tokoh filsafat kontemporer ialah Ludwig Wittgenstein yang mempunyai kontribusi besar dalam filsafat bahasa, filsafat matematika dan logika. Ludwig berpendapat bahwa masalah filsafat merupakan masalah bahasa. Ludwig Wittgenstein mengemabngkan ide yang pernah ditulisnya dengan gaya yang berbeda. Hal ini dikarenakan perubahan cara pandangnya terhadap bahasa sehari-hari. Ludwig Wittgenstein lebih menekankan pada penggunaan bahasa karena bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan demikian Ludwig Wittgeinstein membandingkan keanekaragaman alat dalam penggunaan bahasa.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dari beberapa nama yang dipaparkan, saya tertarik dengan Agnes Heller. Agnes Heller adalah seorang filsuf yang berasal dari Hungaria. Seorang pemikir Marxis terkemuka pada awalnya, kemudian menghasilkan ke posisi sosial yang demokratis. Selain pemikiran politik dan sosial, juga berfokus pada Hegelian filsafat, etika, dan eksistensialisme. Perkembangan perhatian bukti pemikirannya dengan kejadian beberapa dekade terakhir dan juga mengungkapkan dinamisme konstan pematangan.

    ReplyDelete
  4. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Theodor W. Adorno adalah seorang pemikir yang terkenal cemerlang dalam berbagai bidang, baik sebagai sosiolog, musikolog, komponis, dan khususnya sebagai seorang filsuf. Dari kemampuannya yang multi talented tersebut, tentu tidak sedikit kiprah yang telah dilakukan oleh Adorno dalam usaha membangun kehidupan ini. Namun demikian, dalam makalah ini akan memfokuskan pembahasannya hanya pada hal-hal yang bersifat filosofis saja. Adapun hal-hal yang dinilai terkait dengan pembahasan filosofis sehubungan dengan Adorno ini diantaranya yaitu: 1). mengenai keikutsertaannya dalam Mazhab Frankfurt, 2). sebuah corak pemikirannya yang dikenal dengan Teori Kritis, dan 3). salah satu buku yang ditulisnya bersama Horkheimer “Dialektika Pencerahan”.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Mohon maaf Pak, link yang dibagikan sudah tidak bisa diakses. Kami mencoba mencari artikel tentang Jacques Lacan, berdasarkan halaman
    https://en.wikipedia.org/wiki/Jacques_Lacan#Return_to_Freud
    Jacques Marie Émile Lacan adalah seorang psikoanalis dan psikiater Prancis yang disebut "analis psikoanalisis paling kontroversial sejak Freud". Lacan mempengaruhi banyak intelektual Prancis terkemuka di tahun 1960 dan 1970, terutama yang terkait dengan ideologi post-strukturalisme. Pandangannya memiliki dampak signifikan pada post-strukturalisme, teori kritis, linguistik, filsafat Perancis abad ke-20, teori film, dan psikoanalisis klinis.
    Salah satu konsepnya " return to Freud " menekankan perhatian baru pada teks asli Freud, dan termasuk kritik radikal terhadap psikologi ego, sementara " Lacan's quarrel with Object Relations psychoanalysis" merupakan kasus permasalahan yang lebih aktual. Di sini dia mencoba "untuk mengembalikan gagasan tentang Hubungan Objek ... modal pengalaman yang secara sah menjadi miliknya".

    ReplyDelete
  6. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Paul Virilio merupakan salah seorang filsuf, urbanis, dan teoritikus kebudayaan. Ia menilai, percepatan dalam masyarakat lahir dari perkembangan alat-alat teknologi komunikasi dan informasi canggih zaman modern ini.
    Dampak dari pola hidup masyarakat yang didasarkan pada kecepatan teknologi adalah penyingkatan waktu dan lenyapnya batas-batas geografis, gaya hidup instan dan pudarnya sikap deliberatif, serta kemajuan lingkungan digital dan pendiskreditan aksi manusia. Masyarakat benar-benar telah terperangkap dan kecanduan alat-alat teknologi dan paradigma masyarakat telah dibentuk olehnya. Manusia sekarnag dengan sangat ketergantungan dengan sebuah teknologi, terlihat dari penggunaan yang menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh lewat teknologi. Penggunaan teknologi yang bijaksana akan menentukan kebudayaan yang ada dan sikap bangsa.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sangat ingin membaca dan menyelami semuanya. Bukankan filsafat adalah pikiran para filsuf?
    Akan tetapi, saat ini saya sangat tertarik dengan Karl Marx. Bukan tanpa sebab, sudah beberapa tahun ini saya akrab dengan istilah Marxisme, maksut saya, saya telah mendengar beberapa orang menyebutkannya. Akan tetapi, saya belum juga mencari tahu lebih detail tentang Karl Marx itu sendiri. Setelah membaca, Karl Marx memandang bahwa realitas sejarah bersumber dari materi, yaitu ekonomi yang menggerakkan hidup manusia. Oleh karena itu, terlihat bahwa tujuan hidup manusia berdasarkan faham Karl Marx adalah materi, adalah dunia. Bahkan, saya membaca juga bahwa perbedaan kelas dalam kehidupan malah menjadi motor penggerak kehidupan itu sendiri.
    Kembali lagi, pada orientasi material. Maka timbul pertanyaan pada diri saya, apakah Karl Marx menjadi salah satu tokoh pendukung materialisme? Setelah mencari sumber bacaan lain, terdapat pendapat bahwa Karl Marx memang menitikberatkan pada historical materialisme.
    Satu lagi, Karl Marx sangat bertalian erat dengan komunis. Terlihat pada satu karyanya, "Das Kapital", yang berisi kurang lebih tentang bagaimana ekonomi sosial atau komunis diorganisasikan.
    Sesungguhnya, belumlah cukup, jauh dari kurang cukup tulisanku ini dalam menggambarkan Karl Marx. Dan untuk membuatnya semakin lengkap, adalah "membaca" kebutuhanku saat ini. Dan jangan lupa, "doa".

    ReplyDelete
  8. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Salah satu tokoh filsafat kontemporer adalah Stanley Fish yang merupakan salah satu tokoh hermeunitis atau makna. Menurut Stanley Fish, respon pembaca bukanlah makna, respons itu adalah makna itu sendiri. Fish menambahkan bahwa asumsi dasar hermeunitika adalah bahwa teks bukanlah suatu objek spasial, melainkan suatu peluang ke arah pengalaman temporal. Seseorang tidak menangkap sebuah teks sebagai sebuah objek empiris maupun predikatif. Sebuah teks adalah akibat reaksi-reaksi kita terhadap sesuatu yang sedang kita maknai.

    ReplyDelete
  9. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimakasih pak atas daftar tokoh-tokohnya, dari sekian banyak nama oh diatas hanya empat nama yang pernah saya dengar sebelumnya yaitu Karl Mark, Frankfurt School, Jurgen Habermas dan Antonio Gramsci. Karl Mark dengan marxismenya dikenal sebagai tokoh yang mendasari lahirnya kapitalis. sedangkan teori Frankfurt School yang pernah saya dengar kritiknya pada dunia modern diantara kritiknya tentan modern adalah berpradigma objektif, mandul dalam praktis, tidak emansipatif, ilmu untuk ilmu atau Value-free, melanggengkan status quo, dan melupakan historitas ide.
    Kemudian Jurgen Habermas teorinya yang pernah saya dengar ialah mengenai "kritik", ada tiga bentuk kritik menurut Jurgen Habermas yaitu (1)Kritik Konstruksi (Menambahkan), (2) Kritik Dekonstruksi (Mengganti yang keliru), (3)Kritik Deskriftif (Menghapus dan membangun ulang). Dan Antono Gramsci, saya ingat namanya namun saya lupa saat itu membahas teorinya tetntang teorinya yang mana, karena saya tidak mencatatnya.

    ReplyDelete
  10. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Zaman Kontemporer dimulai pada abad ke 20 hingga sekarang. Filsafat Barat kontemporer memiliki sifat yang sangat heterogen. Hal ini disebabkan karena profesionalisme yang semakin besar. Sebagian besar filsuf adalah spesialis di bidang khusus, seperti matematika, fisika, sosiologi, dan ekonomi. Akan tetapi bidang fisika menempati kedudukan paling tinggi dan paling banyak dibicarakan oleh para filsuf. Menurut Trout, fisika dipandang sebagai dasar ilmu pengetahuan yang subjek materinya mengandung unsur-unsur fundamental yang membentuk alam semesta. Aliran-aliran terpenting yang berkembang dan berpengaruh pada abad 20 adalah pragmatisme, vitalisme, fenomenologi, eksistensialisme, filsafat analitis, strukturalisme, postmodernisme, dan semiotika.

    ReplyDelete