Nov 30, 2012

CONTEMPORARY PHILOSOPHERS_Collected by Marsigit




Ass Wr Wb

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Filsafat Kontemporer, pembaca bisa mencoba mendalami Tokoh-tokoh Filsafat Contemporer, sbb:



Theodor Adorno Louis Althusser Roland Barthes
Michael Bakhtin Jean Baudrillard Walter Benjamin
Maurice Blanchot Kenneth Burke Albert Borgmann
Jacques Derrida Gilles Deleuze Terry Eagleton
Stanley Fish Michel Foucault Frankfurt School
Hans-George Gadamer Anthony Giddens Antonio Gramsci
Felix Guattari Jurgen Habermas Donna Haraway
Martin Heidegger Agnes Heller Max Horkheimer
Edmund Husserl Ivan Illich Fredric Jameson
Julia Kristeva Jacques Lacan Bruno Latour
Jean Francois Lyotard Georg Luk√°cs Paul de Man
Herbert Marcuse Karl Marx Maurice Merleau-Ponty
Richard Rorty Jean-Paul Sartre Edward Said
Charles Taylor Paul Virilio Ludwig Wittgenstein


Selamat mencoba.

Wss Wr Wb

Marsigit













































26 comments:

  1. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Diantara tokokh-tokoh filsuf diatas, tokoh yang paling saya paling sering saya dengar adalah Karl Max. Karl Marx merupakan salah satu tokoh filsafat barat modern yang berpengaruh. Pemikiran filosofisnya digunakan sebagai ideologi di beberapa negara Eropa, Asia, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Marx menulis banyak puisi dan esai tentang kehidupan, menggunakan bahasa teologi yang diwarisi dari ayahnya amun ia juga menerapkan filosofi atheis. Marxisme yang berarti paham Karl Marx, diambil dari namanya. Aliran Marxisme termasuk dalam aliran realisme yang pada masa sekarang mempunyai berbagai macam corak. Akan tetapi sikapnya sama, yaitu menentang filsafat idealisme rasionalisme.

    ReplyDelete
  2. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Melihat tokoh-tokoh filsafat di atas, saya menjadi terpaku pada sebuah nama yaitu Karl Marx.Soalnya membuat saya penasaran .Saya banyak melihat pembicaraan dari teman-teman saya mengenai Karl Marx.Buku-buku di dalam kamarnya juga sebagian tentang Karl Max.Sepertinya ada sesuatu yang unik sehingga banyak anak muda atau remaja yang menggandrungi tokoh tersebut.Setelah saya membaca tentangnya.Kal Marx merupakan tokoh filsuf ternama yang berasal dari bangs Prusia dengan menggeluti bidang filsafat ,sejarah, dan sosial politik.Melalui teorinya Karl Marx ingin mengembalikan ruhnya kaum proletar yang dikendalikan oleh kaum kapitalis.Karl Marx melakukan pemberontakan terhadap penindasan dan ketidakadilan yang dilakukan atas kaum miskin yang diperkerjakan dengan paksa dan upah yang terlalu kecil.

    ReplyDelete
  3. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Ludwig Wittgenstein merupakan salah satu tokoh filsafat yang berpengaruh pada abad ke 20. Ludwig Wittgenstein merupakan murid dari Bertand Russel yang juga merupakan filsuf. Kontribusi Wittgenstein dicurahkan pada filsafat matematika, logika, dan bahasa. Menurut Wittgenstein, filsafat sebenar-benarnya adalah tentang bahasa. Segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada ini adalah tentang bahasa. Manusia hidup di dunia ini tidak bisa terlepas dari bahasa. Segala cabang bidang ilmu apapun pasti membutuhkan bahasa. Untuk menjelaskan tentang ontologi, epistemologi, dn aksiologi juga dengan bahasa. Sehingga dalam filsafat itu yang menjadi hal penting adalah bahasa.

    ReplyDelete
  4. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dari beberapa tokoh di atas, saya tertarik untuk mengetahi filsafat kontemporer dari Foucault. Bagi saya pemikiran Foucault menarik, karena tidak membicarakan kekuasaan secara otonomis, tapi dia membahas bagaimana mekanisme kekuasaan bekerja. Dia tidak membicarakan kekuasaan relasi oposisi biner, misalnya tuan-budak, struktur politik, hubungan kapitalis-proletar. Michel Foucault memiliki pemikiran yang memang cenderung menjurus ke paham strukturalis dan postmodernisme namun ia tidak sepenuhnya mengakui atau menjurus pada paham tersebut secara utuh.

    ReplyDelete
  5. Di antara tokoh-tokoh filsafat Contemporer yang Prof Marsigit tuliskan dalam referensi tersebut, tokoh filsafat yang sering saya dengar dalam perkuliahan dan saya ingat adalah Edmund Husserl dan Karl Max. Edmund Husserl, nama lengkapnya Edmund Gustav Albrecht Husserl adalah seorang filsuf Jerman, yang dikenal sebagai bapak fenomenologi. Karyanya meninggalkan orientasi yang murni positivis dalam sains dan filsafat pada masanya, dan mengutamakan pengalaman subyektif sebagai sumber dari semua pengetahuan kita tentang fenomena obyektif. Sedangkan Karl Max seorang filsuf, tokoh sosiologi, pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan dari Prusia. Kar Marx menulis tentang banyak hal semasa hidupnya, ia paling terkenal atas analisisnya terhadap sejarah, terutama mengenai pertentangan kelas.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Tokoh-tokoh filsafat kontemporer ternyata banyak sekali. Dari sini ada beberapa nama tokoh yang familiar untuk saya mungkin karna sering-sering disebut dan muncul dalam beberapa sumber, terlebih dalam blog ini banyak sekali postingan terkait pandangan atau aliran-aliran. Dari beberapa tokoh tersebut yang paling familiar adalah “Karl Marx”. Karl marx ini juga merupakan tokoh materialisme.

    ReplyDelete
  7. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Postingan di atas banyak sekali nama nama para ahli mengenai Filsafat Kontemporer, tapi sangat disayangkan Prof, ada beberapa nama yang tidak bisa di klik linknya, mungkin ada putus hubungan dengan link terkait, ketika saya meng klik nama Michael Bakhtin yang keluar malah eror pak. Ada beberapa yang demikian, dan akhirnya saya mencoba klik nama nama yang lain dan saya mencari mengenai filsafat kontemporernya di google. Filsafat kontemporer adalah periode dalam sejarah yang ditandai dengan suatu proses profesionalisasi disiplin keilmuan filsafat dan munculnya filsafat analitik dan filsafat kontinental beserta perdebatan di antara kedua kubu filsafat ini.

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Filsuf Jean Paul Sartre yang menuliskam L'etre et le neant. Essai d'ontologie phenomenologique adalah pencetus gerakan filosofis Eksistensialisme. Eksistensi lebih dulu dari esensinya, pandangan ini dahulu menjadi polemik, atau perdebatan. Menurut Sartre eksistensi mendahului esensi adalah ketika manusia itu eksis atau dirinya tersebut ada, barulah manusia tersebut dapat berperan sebagaimana dia seharusnya, mendefinisakn diri mansia itu sendiri. karena saat lahir (manusia tersebut eksis) dia belumlah tahu apa-apa hingga suatu aat dia dapat mendefinisikan esensi dari dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Bentuk ilmu pengetahuan dapat bervariasi karena terdiri dari unsur kekal. Hal ini dapat dibangun oleh kata-kata dan angka, hal ini sejalan dengan penyelesaian masalah baru dan lebih baru lagi. Namun ‘ilmu’ pada akhirnya memiliki batas dimana luas batasannya adalah batas sebagai non-penerapan karena suatu peristiwa yang keluar dari bentuk ilmiah yang logis tidak mungkin secara historis tidak mungkin terjadi dalam ilmu. Dengan kata lain bentuk ilmiah mempertahankan dirinya selama sejarah ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  10. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dari tokoh-tokoh filsafat kontemporer diatas, nama Donna Haraway menarik perhatian saya. Donna Haraway adalah seorang emerita (pensiunan) profesor Amerika terkemuka di Departemen History of Consciousness dan Departemen Studi Feminisme di Universitas California. Manifesto Haraway telah sangat mempengaruhi bidang feminisme, studi sains, dan teori kritis. Manifesto Haraway juga merupakan kritik feminis yang berpengaruh bagi kapitalisme.

    ReplyDelete
  11. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Begitu banyak tokoh-tokoh filsafat kontemporer. Salah satunya adalah Michel Foucalt. Michel Foucalt merupakan seorang filsuf Perancis. Dari yang saya baca, teori-teori Michel Foucalt banyak membahas tentang kekuasaan, pengetahuan, dan Bahasa. Kekuasaan yang diartikan oleh Foucault yang berhubungan dengan kehendak itu harus dibatasi oleh sistem pemerintahan. Bahasa bagi Foucault tidak bisa dikurung dalam apa yang ditulis dan apa yang menjadi tafsirnya, keduanya saling terjalin tanpa pemisahan.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C

    Para filsuf kontemporer di atas memang menjadi bahan acuan dalam belajar filsafat saat ini. Pendapat-pendapat dan ilmu dari filsuf ini dianggap sangat mumpuni sebagai sumber acuan belajar. Saya mencoba mengulas filsuf Charles Taylor seorang Profesor di Oxford University pada bidang teori sosial dan teori politik. Profesor ini mendapat penghargaan yang cukup banyak atas dedikasi tingginya. Ia pernah memperoleh gelas kehormatan Order of Canada tahun 1955, penghargaan tinggi pemerintah Kanada pada warganya. Taylor pernah juga memperoleh Kyoto Prize pada bidang filsafat dan seni.

    ReplyDelete
  13. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Salah satu hal paling inspiratif bagi postmodern adalah sikapnya dalam memahami fenomena modern yang bernama “pengetahuan“ itu terutama pengetahuan sosial. Ia memperkarakan tentang “apa itu pengetahuan“ secara genealogis dan arkeologis. Dengan cara melacak bagaimana pengetahuan itu telah beroperasi dan mengembangkan diri selama ini. Kategori – kategori konseptual macam kegilaan, seksualitas, manusia dan sebagainya. Foucault mendefinisikan kekuasaan dan sejarah adalah sebagai berikut: Kekuasaan adalah soal praktik – praktik konkrit yang lantas menciptakan realitas dan pola – pola perilaku, memproduksi wilayah objek – objek pengetahuan dan ritual – ritual kebenaran yang khas, praktik – praktik itu menciptakan norma – norma yang lalu diproduksi dan dilegitimasi melalui para guru, pekerja sosial, dokter, hakim, polisi dan administrator.

    ReplyDelete
  14. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Tokoh-tokoh filsafat kontemporer via Prof. Marsigit yang dipaparkan diatas ternyata sangat banyak. Terus terang, banyak nama-nama tokoh yang filsafat kontemorer tersebut yang masih asing bagi saya. Namun demikian, dengan adanya link ini, saya menjadi tertarik untuk mendalami tokoh-tokoh filsafat kontemporer tersebut dan bagaimana peranan atau sumbangsihnya kepada dunia sehingga ia menjadi tokoh filsafat kontemporer.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  15. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    1. Agnes Heller terkenal dengan Filosofi nya terus yang postmodernisation neoliberal yang dimulai dengan penolakan atas Marxisme untuk teori fungsionalis dan pasar berbasis masyarakat dan berakhir dengan konversi ke jenis nekonservatisme bawah pengaruh peristiwa 9-11. Kontribusinya dalam bidang filsafat telah diakui oleh banyak penghargaan yang ia telah menerima (seperti Arendt Prize Hannah untuk Filsafat Politik, Bremen, 1995) dan Hadiah Nasional Szechenyi di Hungaria, 1995). Dan berbagai masyarakat akademik yang dia melayani di, termasuk Hungaria Academy of Sciences. Pada tahun 2006 ia mengunjungi China selama seminggu untuk pertama kalinya.

    ReplyDelete
  16. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    2. Salah satu proposisi Julia Kristeva yang paling penting adalah semiotik, berbeda dari disiplin semiotika didirikan oleh Ferdinand de Saussure. Sebagaimana dijelaskan dalam Sejarah Perempuan dalam Filsafat oleh Agustinus Perumalil, Kristeva "semiotik erat terkait dengan infantil pra-oedipal dimaksud dalam karya-karya Freud, Otto Pangkat, Melanie Klein, Inggris Obyek Hubungan psikoanalisis, dan pra Lacan tahap cermin . Ini adalah bidang emosional, terkait dengan naluri, yang berdiam di celah dan prosodi bahasa bukan dalam arti denotatif dari kata-kata.

    ReplyDelete
  17. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    3. Pekerjaan Donna Haraway ini didasarkan pada sejarah ilmu pengetahuan dan biologi. Dalam Visions Primata: Gender, Ras, dan Wisata Alam di Dunia Sains modern, ia berfokus pada metafora dan narasi yang mengarahkan ilmu primatologi. Dia menegaskan bahwa ada kecenderungan untuk maskulinisasi cerita tentang "kompetisi reproduksi dan seks antara laki-laki agresif dan betina reseptif [yang] memfasilitasi beberapa dan menghalangi jenis lain dari kesimpulan". Dia berpendapat bahwa primata betina fokus pada pengamatan yang berbeda yang membutuhkan lebih komunikasi dan kegiatan survival dasar, menawarkan perspektif yang sangat berbeda dari asal-usul alam dan budaya dari yang diterima saat ini. Menggambar pada contoh Barat narasi dan ideologi dari jenis kelamin, ras dan kelas, Haraway mempertanyakan konstruksi paling mendasar dari cerita sifat manusia ilmiah berdasarkan primata.

    ReplyDelete
  18. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Berdasarkan sumber yang saya baca, Karl Marx adalah salah satu tokoh filsafat kontemporer, lahir di Jerman. Marx adalah salah satu tokoh pencetus ideologi komunis sekaligus seorang teoritikus besar kapitalisme. Karl marx adalah salah satu penentang ekonomi kapitalis memunculkan akibat social yang tidak diinginkan dan sebagai pertentangan pada kapitalisme menjadi lebih nyata dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  19. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Donna Haraway dikenal sebagai teoritisi Cyborg, yang mana singkatan dari cybernetics organism, melalui karyanya yang banyak dikutip The Cyborg Manifesto. Studi yang dilakukan Donna Haraway telah menginspirasi intelektual berikutnya yang memiliki minat studi kekinian yang beragam seperti tekno-feminisme, internet, dan relasi antara manusia dan teknologi digital.

    ReplyDelete
  20. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Saya tertarik untuk membaca artikel tentang Edmund Husserl yang merupakan tokoh fenomenologi dalam filsafat. Dalam mendefinisikan suatu benda, beliau fokus pada benda itu sendiri, yang merupakan inti dari pendekatan yang dipakai untuk mendeskripsikan realitas menurut apa adanya. Setiap obyek memiliki hakekat dan hakekat itu berbicara kepada kita jika kita membuka diri kepada gejala-gejala yang kita terima. Kalau kita mengambil jarak dari obyek itu, melepaskan obyek itu dari pengaruh pandangan-pandangan lain, dan gejala-gejala itu kita cermati, maka obyek itu dapat berbicara sendiri mengenai hakekatnya dan kita memahaminya berkat intuisi dalam diri kita.

    ReplyDelete
  21. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari sekian banyak filsuf yang dicantumkan di atas, saya tertarik untuk mencari tahu tentang filsuf Ludwig Wittgenstein yang berasal dari Jerman. Hal ini dikarenakan Wittgenstein merupakan filsafat yang juga berkecimpung di bidang matematika. Karyanya banyak yang mengenai logika, filsafat matematika, filsafat pikiran dan filsafat bahasa.

    ReplyDelete
  22. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Walter Benjamin merupakan filsuf asal Jerman. Ia menuliskan pemikirannya tentang ingatan kolektif di dalam bukunya yang berjudul The Storyteller. Di dalam buku ini Benjamin mencoba mengaitkan dua hal, yakni antara cerita tentang masa lalu yang telah meresap di dalam tradisi di satu sisi, dan pengalaman hidup yang sungguh terjadi di sisi lain. Tidak ada hubungan yang bersifat langsung dan jelas antara dua konsep ini. Apa yang saya alami seringkali tidak terhubung langsung dengan apa yang saya ceritakan tentang apa yang saya alami.
    Sumber: https://rumahfilsafat.com/2012/07/10/teori-ingatan-kolektif/

    ReplyDelete
  23. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Salah satu tokoh filsafat kontemporer ialah Ludwig Wittgenstein yang mempunyai kontribusi besar dalam filsafat bahasa, filsafat matematika dan logika. Ludwig berpendapat bahwa masalah filsafat merupakan masalah bahasa. Ludwig Wittgenstein mengembangkan ide yang pernah ditulisnya dengan gaya yang berbeda. Hal ini dikarenakan perubahan cara pandangnya terhadap bahasa sehari-hari. Ludwig Wittgenstein lebih menekankan pada penggunaan bahasa karena bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan demikian Ludwig Wittgeinstein membandingkan keanekaragaman alat dalam penggunaan bahasa.

    ReplyDelete
  24. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya tertarik dengan salah satu nama filsuf di atas yaitu Theodor Adorno. Berdasarkan sumber bacaan yang pernah saya baca, menurut saya pendapatnya sangat tajam dan menimbulkan perdebatan. Salah satu ciri gagasan pikirnya yang paling menonjol dalam pandangan filosofisnya adalah penolakannya terhadap pemikiran sistematis. Hal ini berasal dari keberatannya terhadap cara berpikir metodologis. Filsafat sistematis dan pemikiran metodologis, menurutnya memiliki kecenderungan untuk sampai pada kesimpulan yang hanya mengkonfirmasi asumsi yang terkandung dalam premis-premisnya. Dari pendapatnya inilah saya merasa bahwa gagasan pikirnya benar-benar tajam. Karena selama ini saya melihat bahwa metode beripikir itu sistematis dan metodologis.

    ReplyDelete
  25. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih Prof.
    Filsafat kontemporer merupakan cara pandang dan berpikir mendalam menyangkut kehidupan pada masa saat ini. Kehidupan saat ini identik dengan menyaratkan kebebasan. Sehingga, filsafat kontemporer akan merujuk pada pemikiran mendalam yang bebas dan tidak terikat dengan ruang dan waktu. Setiap orang bebas memikirkan apapun sedalam mungkin. Tetapi hal yang perlu diingat bahwa sebaiknya sedalam apapun pemikiran kita terhadap sesuatu tetap berada dalam koridor yang semestinya.

    ReplyDelete

  26. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Agnes Heller dalam bukunya yang berjudul A Theory of History mengatakan "We always enclosed in the time and space between the beginning and the end, between the past and the future." (Heller, 1982) Maknanya kurang lebih adalah hari ini adalah besoknya kemarin, jika kemarin kacau, maka hari ini juga tidak lebih daripada itu. Apa pun yang terjadi pada masa sekarang tidak terlepas dari masa lampau, dan ini juga akan berdampak terhadap masa akan datang. Manusia bukan hanya produk perputaran waktu, tetapi juga mengadakan sejarah. Setiap individu pada dasarnya mempunyai keterlibatan dan komitmen terhadap setiap peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sehingga tidak hanya bersikap pasif, tetapi juga sebagai aktor yang berperan aktif dalam setiap peristiwa. Dengan perkataan lain, manusia itu pelaku sekaligus pejuang dalam sejarah.

    ReplyDelete