Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Sustainabel _ Photo by Marsigit

4 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Berdasarkan tata bahasa, pengertian kata sustainable pada dasarnya dapat diartikan juga dengan capable of being sustained atau kemampuan untuk tetap berkelanjutan. Sehingga “Menggapai Guru yang Sustainabel” saya artikan sebagai Menggapai Guru yang dapat mengembangkan profesinya secara berkelanjutan.
    Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan, maka diperlukan rambu-rambu bimbingan teknis bagi guru untuk pengembangan profesionalisme yang berkelanjutan.
    Pengembangan profesionalisme guru diarahkan untuk penguatan kompetensi guru berdasarkan standar kompetensi guru, (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional). Cara pengembangan profesi dapat dilakukan melalui (antara lain):
    a. forum MGMP, b. semnar/workshop c. penerbitan majalah ilmiah d. lesson study e. pelatihan, f. studi lanjut
    Keempat kompetensi tersebut (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional) perlu dilakukan secara terus-menerus atau berkelanjutan agar profesionelisme guru terus meningkat.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut saya agar bisa menjadi guru yang sustainabel (berkelanjutan) maka guru perlu mengikuti berbagai kegiatan diantaaranya adalah mengikuti lokakarya, atau kegiatan kelompok musyawarah kerja guru atau in house training untuk penyusunan perangkat kurikulum dan/atau kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, penilaian, pengembangan media pembelajaran dan/atau kegiatan lainnya untuk kegiatan pengembangan keprofesian guru . Mengikuti, baik sebagai pembahas, maupun sebagai peserta pada seminar, coloqium, diskusi panel, atau bentuk pertemuan ilmiah lainnya .Mengikuti kegiatan kolektif lain yang sesuai tugas dan kewajiban guru terkait dengan pengembangan keprofesiannya.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016


    Menggapai guru yang sustainabel tentu bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan persiapan yang matang, niat dan tujuan yang jelas, keikhlasan, usaha yang konsisten, dan keberanian menghadapi rintangan dan kesulitan serta mampu mengartikannya sebagai pengalaman dan pembelajaran bagi nya. Guru yang sustainabel adalah guru yang dapat mengembangkan profesinya secara berkelanjutan. Guru yang selalu melakukan perubahan atau inovasi secara berkelanjutan. Guru yang selalu meningkatkan kualitas dan kemampuan dirinya. Beberapa cara yang dapat di tempuh adalah dengan melakukan lesson study, mengikuti seminar/workshop, melakukan penelitian tindakan kelas, pelatihan, banyak membaca dan sharing dengan rekan guru lainnya, dsb. Dengan demikian, kritik, saran, masukan, dan pembaruan yang diterima merupakan aspek penting bagi guru untuk meningkatkan kualitas dan kemampuannya untuk mengelola pembelajaran. Hal ini di tujukan untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    guru yang sustainabel adalah guru yang mampu memberikan pembelajaran yang berkelanjutan. Maksudnya yaitu guru yang mau merefleksikan pembelajarannya kemudian mengevaluasi, memperbaiki dan mengembangkan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, untuk mengembangakan pembelajran yang telah dilakukan maka guru perlu berkerjasama dengan guru-guru lainn agar dapat saling memberikan pendapat dan mengevaluasi sehingga pembelajaran dapat berkembang dengna maksimal.

    ReplyDelete