Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Sustainabel _ Photo by Marsigit

14 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Guru yang sustain adalah guru yang melakukan pengembangan berkelanjutan. Pengembangan harus terus dilakukan, karena zaman selalu berubah. Ilmu pengetahuan juga berubah sesuai dengan zaman. Tuntutan lapangan dan kehidupan juga berubah. Sehingga untuk dapat menyiapkan siswa terjun ke lapangan, maka guru harus memiliki bekal yang termutakhir terlebih dahulu dari pada muridnya. Maka sustain pada guru itu sangat penting.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Untuk menjadi guru yang sustainable maka seorang guru tersebut harus terus mengasah kemampuannya dalam mengajar, memahami yang akan diajar, pedagogik, profesionalitas, dan sebagainya. Dalam pembelajaran setiap beberapa bulan sekali ada supervisi. Supervisi ini berfungsi untuk saling memahami tentang situasi dan kondisi pada pembelajaran di kelas kemudian sama-sama mencari solusi yang tepat jika ada masalah. Jadi tugas supervisi bukan hanyamelihat dan menilai tetapi juga ada langkah lebih lanjut dari itu semua. Supervisi itu penting karena tidak selamanya yang salama ini kita lakukan untuk mengajar sudah sesuai dengan hakikat pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menggapai guru yang sustainable adalah melakukan lesson study. dengan melakukan lesson study maka guru akan senantiasa dapat meningkatkan kualitasnya dalam mengajar. dengan begitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut akan semakin baik sehingga kualitas peserta didik yang diajar juga akan meningkat.

    ReplyDelete
  4. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari foto diatas saya terlihat kegiatan pembelajaran di kelas dengan diawasi oleh beberapa orang dewasa yang sepertinya ahli di bidang pendidikan. Saya menduga bahwa sedang dilakukan penelitian kelas yang bertujuan mengamati proses pembelajaran siswa. Semestinya setelah dilakukan pengamatan, juga dilakukan diskusi dan tukar pikiran tentang kesimpulan proses pembelajaran tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
    Peningkatan kualitas pembelajran dipengaruhi oleh seberapa inovatif dan kreatif seorang guru dalam mengajar. Guru perlu melakukan penelitian dan diskusi serta introspeksi diri demi menggapai guru yang sustainabel. Yaitu guru yang selalu mengusahakan kemajuan dan perkembangan dalam pembelajaran. Inovasi sangat diperlkan untuk mengimbangi tren belajar serta tuntutan zaman. sehingga ketika perilakusiswa zaman sekarang mulai berubah sesuai dengan trend nya, maka pebelajaran yang dilakukan oleh guru juga harus megikuti perubahan tersebut agar siswa tidak bosan.

    ReplyDelete
  5. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Sustainabel artinya berkelanjutan. Menurut saya, foto di atas memperlihatkan orang-orang yang sedang mengamati dan menilai jalannya proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh seorang guru. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi kegiatan siswa, kegiatan guru, kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran, dan lain-lainnnya. Temuan ini akan menjadi bahan diskusi pengamat dan guru yang mengajar guna mewujudkan proses pembelajaran yang lebih baik untuk selanjutnya dan kedepannya. Sehingga proses seperti ini akan menggapai guru yang sustainabel.

    ReplyDelete
  6. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan foto di atas, terlihat bahwa proses pembelajaran yang berlangsung sedang diamati dan dinilai oleh orang-orang yang sepertinya pakar dalam pendidikan, atau orang-orang yang juga berkutat dengan dunia pendidikan. Menurut saya hal tersebut benar adanya untuk dilakukan. karena untuk menggapai guru yang suistanble perlu adanya penilaian dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Agar apabila ada kekurangan atau kelemahan guru dalam mengajar dapat didiskusikan dan dicari pembenaran dan solusinya. Begitupun dengan melihat sikap siswa dalam belajar juga menjadi perhatian serius agar kegiatan belajar mengajar yang terjadi di kelas dapat dirasakan kebermaknaannya oleh siswa. Pada akhirnya guru dapat refleksi diri sehinggaa guru yang suistanble akan tercapai.

    ReplyDelete
  7. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Guru yang sustainable, menurut saya adalah guru yang bekelanjutan. Guru berperan penting dalam mengajar dan mendidik siswa. pada foto di atas, terlihat suasana pembelajaran yang berbeda dari yang biasanya saya lihat. Foto di atas merupakan foto yang di ambil ketika kegiatan pembelajaran tidak di negara Indonesia. Hal ini terlihat mencolok pada pakaian para siswa yang mereka gunakan. Biasanya siswa di negara Indonesia menggunakan seragam sekolah. Kemudian, ada beberapa observer yang mengamati jalannya kegiatan pembelajaran. Kemungkinan proses pelajar tersebut akan dijadikan sebagai bahan penelitian bagi para observer tersebut. Guru memang perlu mengasah dirinya dalam hal inovasi pembelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan mengeksplore secara lebih luas tentang inovasi pembelajaran yang akan membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan begitu, guru yang sustainable akan terwujud sesuai dengan perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  8. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Kali ini saya akan mengomentari sebuah foto dengan judul menggapai guru yang sustainabel. Guru yang sustainabel adalah guru yang berkelanjutan. Supervisi adalah suatu tindakan untuk menilai seorang guru apakah layak untuk untuk terus menjadi guru. Guru akan dinilai kompetensinya dan nantinya diberi masukan oleh supervisor tersebut. Sayangnya, di era saat ini, banyak supervisor kurang bisa menempatkan dirinya sebagai seorang penilai yang kritis serta memberikan masukan-masukan membangun untuk si guru. Supervisor cenderung hanya melaksanakan tugas dan menilai seadanya (tidak serius). Sehingga apa yang menjadi laporan supervisor tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

    ReplyDelete
  9. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Gambar diatas juga saya temukan diberanda blog bapak dengan keterangan judul Lesson Study : Observasi oleh para guru. Dari judul tersebut dan judul pada artikel ini yaitu menggapai guru yang sustainabel (berkelanjutan) dapat saya simpulkan bahwa kegiatan di dalam photo tersebut adalah pelaksanaan lesson study oleh seorang guru di dalam kelas dan kegiatan belajar tersebut diobservasi oleh beberapa orang guru yang tujuannya untuk menilai dan mengevaluasi pengajaran guru sebagai motivasi bagi guru untuk memperbaiki maupun memperbaharui proses pembelajaran mereka selanjutnya. Kegiatan ini merupakan salah satu dari usaha guru untuk menggapai guru yang sustainabel atau berkelanjutan itu yang seperti apa serta bagaimana kriteria dan penerapannya.

    ReplyDelete
  10. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Guru yang sustainable adalah guru yang mempunyai orientasi pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan , dengan prinsip sustainable guru harus jeli dalam mengorganisasikan proses pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan, agar dapat membuat dan membina peserta didik yang memiliki karakter untuk berkompetensi secara global dan dinamis sesuai dengan perkembagan zaman yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

    ReplyDelete
  11. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Dari foto tersebut terlihat beberapa guru masing-masing memegang buku dan pulpen.Guru –guru tesebut sedang menyimak para siswa yang sedang belajar dengan membuat catatan kecil.Dari hasil pengamatan dan catatan tersebut , mungkin guru sedang melihat apa yang menjadi kendala para siswa di dalam belajar.Dari keluhan dan masalah yang dihadapi oleh para siswa kemudian guru-guru tersebut berusaha untuk menemukan solusi bagaimana cara mengatasi masalah yang dialami oleh para siswa sehingga di dalam pembelajaran selanjutnya dapat dikembangkan dan ditemukkannya alternatif lain di dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kreativitas para siswa di dalam belajar.

    ReplyDelete
  12. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari foto tersebut kesan yang kami dapat adalah antusiase dari pendidik dan beserta sesama koleganya yang terlibat dalam proses pembelajaran, tampak pula semangat untuk menggapai proses pembelajaran yang optimal dengan cara mengamati proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh sesama kolega guru. Sebagai seorang guru kami harus dapat mengambil inspirasi dari foto ini, kami harus berusaha untuk menjadi guru yang yang sustainabel yaitu guru yang senantiasa belajar dan berusaha meningkatkan kompetensinya sacara terus menerus. Kami harus bisa menjadi seorang guru pembelajar yaitu guru yang senantiasa belajar sepanjang hayat.

    ReplyDelete
  13. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Menarik. Guru yang sustainabel. Guru yang terus berkembang tetapi tetap memepertahankan jati dirinya. Sulit lo menjadi guru yang terus berubah tetapi juga tetap. Berubah seiring berjalannya waktu, tetapi tidak terbawa arus zaman. Supervisi sebagai pengontrol guru untuk melakukan sustainabilitas? Apakah efektif? Sepertinya harus ditinjau ulang.. kompetensi seperti apa yang cocok untuk diukur demi menghasilkan guru yang sustainabel. Wah wah wah pr bagi calon pengevaluator seperti kami.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Sustainable berarti berkelanjutan. Perubahan paradigma pembelajaran dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif sudah mutlak diperlukan untuk dapat mempersiapkan generasi penerus menghadapi abad ke 21 ini. Maka guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Guru dapat mengeksplorasi realitas-realitas baru, mengembangkan evaluasi diri dan umpan balik sebagai dasar perbaikan yang berkelanjutan. Menggapai guru yang sustainable dapat diartikan menjadi seorang guru yang memiliki kemampuan untuk tetap melakukan perubahan dalam melakukan perbaikan pembelajaran. Maka selain guru dapat dipercaya maka guru perlu mempertahankan kepercayaan tersebut dengan sustainabilitas ini.

    ReplyDelete