Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Sustainabel _ Photo by Marsigit

82 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sustainable dapat bermakna berkelanjutan. Dari foto diatas, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran dihadirkan orang tua yang mengamati proses pembelajaran sebagai bentuk lanjut dari proses pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru. Hal ini baik dilakukan terutama agar orang tua sebagai madrasah pendidik pertama di rumah bagi anak tidak hanya sepenuhnya menyerahkan prinsip mengajar dan mendidik kepada guru. Dengan cara sesekali melibatkan orang tua seperti ini, akan timbul komunikasi dan pemahaman yang baik dalam diri orang tua bagaimana anak dididik, dibina dan diajar oleh guru di sekolah. Selain itu guru yang sustainabel juga dapat lebih terbuka dalam upaya memperbaiki diri dalam proses belajar mengajar di sekolah.

    ReplyDelete
  2. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Dengan demikian, guru yang sustainabel adalah yang dapat memelihara, meningkatkan, dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya untuk melaksanakan proses pembelajaran secara profesional (pembelajaran yang berkualitas).

    ReplyDelete
  3. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Untuk menjadi guru yang sustainable harus mendapat penilaian sebagai bahan koreksi bagi pengajarannya.
    Sehingga dapat digunakan sebagai masukan untuk menjadi lebih baik lagi dalam mengajar.
    Koreksi tidak hanya dperlukan guru dari atasan, namun guru juga tidak boleh tutup telinga untuk menerima masukan dari siswa ataupun rekan sejawatnya.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menggapai Guru yang Sustainabel” saya artikan sebagai Menggapai Guru yang dapat mengembangkan profesinya secara berkelanjutan. pemahaman saya disini guru yang tidak cepat puas dengan ilmu yang didapat, namun guru tersebut mau belajar lagi dan tidak berhenti dengan ilmu yang didapat. Untuk mengembangkan profesi berkelanjutan ini, yang pernah saya alami adalah dengan mengikuti MGMP sebagai wadah bertukar pikiran dan ilmu dengan guru yang lain tentang metode mengajar,materi dan lain sebagainya. Cara formal yang dapat ditempuh dengan mengembangkan profesi berkelanjutan adalah menempuh PPG atau melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi. Menggapai guru yang Sustainbel berarti tidak cepat puas dengan ilmu yang didapat, belajar, belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Guru yang sustainabel adalah guru yang memiliki kemampuan untuk berkelanjutan dalam mengajar. Berkelanjutan artinya dalam mengajar diperlukan pembangunan-pembangunan. Terlihat dalam gambar guru-guru sedang mengamati pembelajaran di kelas serta memberikan catatan. Negara Belanda menerapkan team-teaching, merekam pembelajaran, kemudian mengevaluasi bersama. Guru yang sustainabel harus bisa menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Inovasi dilakukan agar pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan, sehingga peserta didik diharap dapat lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Inovasi tidak hanya dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran namun menciptakan suasana belajar menjadi terpusat pada siswa, sedemikian hingga mengonstruksi sendiri konsep pengetahuannya. Selain pembelajaran yang inovatif, juga harus diperhatikan spiritualisme karena kita hidup di negara beragama.

    ReplyDelete
  6. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. menurut saya menjadi guru yang sustainabel berarti menjadi guru yang mau terus belajar, sebab arti kata sustainabel sendiri merupakan berkelanjutan. Guru harus mau senantiasa belajar, belajar memahami siswa, belajar memperdalam materi, dan terus belajar mengejar kemajuan jaman dan teknologi. Siswa itu selalu berubah sesuai dengan perkembangan jaman, maka guru perlu menyesuaikan diri.

    ReplyDelete
  7. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk menjadi guru yang sustainabel tentunya bukan hal yang mudah. Diperlukan kerja keras agar dapat megembangkan profesionalisme nya secara berkelanjutan. Guru yang sustainabel dapat terus mengembangkan kemampuannya melalui banyak hal, misalnya dengan mengikuti berbagai kegiatan workshop, seminar, ataupun kegiatan lain yang menunjang profesinya agar memperoleh banyak pengalaman dan selalu bisa mengembangkan profesionalismenya dan siswa merasa senang di didik oleh guru yang mempunyai semangat tinggi dan selalu kreatif mengembangkan ide – idenya dalam mengajar.

    ReplyDelete
  8. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu faktor penentu keberhasilan terletak pada pendidik, yaitu guru. Dalam hal ini, guru hendaknya mampu menerima dan menciptakan perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperbarui atau meningkatkan proses pembelajaran sebelumnya. Salah satu caranya, yaitu dengan Lesson Study. Seperti pada gambar di atas, terlihat banyak pengamat di ruang kelas. Mereka mencatat, menganalisis, dan mengevaluasi jalannya pembelajaran. Sesuai dengan apa yang telah dipelajari, bahwa guru sekaligus menjadi seorang peneliti. Hasil pengamatan tersebut diharapkan menjadi bahan acuan guna mencapai perubahan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  9. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Sustainabel diartikan sebagai berkelanjutan. Artinya guru tidak bersifat berhenti. Berhenti merupakan keadaan guru yang telah merasa paham, merasa jelas, merasa cukup, dll. Sebagai seorang guru diharapkan untuk selalu belajar dan mengikuti perkembangan tuntutan jaman. Guru juga harus melakukan inovasi atau pembaharuan terhadap segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Salah satu upaya agar dapat menjadi guru yang sustainable dapat melakukan penelitian, mengamati bagaimana cara guru lain dalam mengajar. Hal ini dapat menjadi referensi metode mengajarnya di kelas.

    ReplyDelete
  10. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Selain akuntabilitas, guru juga dituntut Substansibilitas. Substansibilitas artinya kemampuan guru dalam memiliki isi/muatan/content yang berguna untuk dibagikan isinya kepada orang lain. Substansibilitas juga berarti kemampuan guru sebagai wadah bagi murid-muridnya dan memiliki ilmu yang akan dibagikan ke murid-muridnya. Guru yang substansif adalah guru yang tidak hanya memikirkan kewajiban untuk memberikan ilmu saja kepada murid-murid melainkan juga mampu menyeimbangkan antara Intuisi dan pikiran yang rasional kepada para siswa.

    ReplyDelete
  11. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menggapai guru yang sustainabel artinya mampu mengembangkan kemampuan guru secara berkelanjutan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa traning, workshop pendidikan masa kini, ataupun melakukan study banding ke sekolah-sekolah yang lebih baik. Guru juga bisa mempelajari sistem pembelajaran yang diajarkan di negara lain, misalkan Jepang. Sehingga guru mempunyai kemampuan untuk mengembangkan kreativitasnya dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Melanjutkan hal yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentanag Menggapai Guru yang Akuntabel (dapat dipercaya), sama hal dengana sustainble. Kita tahu bahwa usitanbel adalah berkelenjatun maksudnya guru itu harus memepunya sesuatu ilmu yang semakain lama semakin bagus. Sehingga tidak diragukan lagi oleh siswa. jadi lah guru yang humoris .

    ReplyDelete
  13. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Sustainabel dapat diartikan sebagai berkelanjutan. Guru hanyalah seseorang yang mempelajari satu bidangnya saja dan wajar jika seorang guru itu tidak mengetahui banyak hal. Tidak ada yang Maha tau selain Tuhan YME, dan kita sebagai manusia hanya berusaha mencari dan belajar selama hidup kita, sengan selalu belajar akan menambah kemapuan dari diri kita sendiri. Sebagai guru contohnya harus selalu inovatif dalam setiap pembelajaran yang dilakukan agar siswa menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Guru yag sustainabel guru yang mampu menerima masukan, masukan yang paling relevan terhadap kemajuan profesinya adalah masukan dari teman sejawat yakni sesama guru.
    Hal ini karena meskipun memiliki profesi yang sama sebagai guru, namun tentunya tiap guru yang satu dengan guru yang lain memiliki cara unik masing-masing sehingga penilaian dari sesama guru akan sangat bermanfaat untuk masukan agar menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  15. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Tugas guru adalah mendidik dan mengajar peserta didik proporsi guru dalam mendidik murid adalah lebih besar dari pada proporsi kewajiban guru dalam mengajar. Mendidik lebih dari sekedar mengajar, mendidik berarti memelihara, merawat dan memberi latihan agar seseorang memiliki pengertian tentang akal budi dan sopan santun sesuai norma, sedangkan mengajar hanya berbentuk penyampaian ilmu secara tersurat kepada peserta didik, guru yang sustainable ialah guru yang telah menjadi guru yang terbuka dan mau diobservasi oleh pihak luar yang berkopeten dan ahli di bidangnya sehingga guru dapat memperoleh masukan atau yang lain untuk dapat meningkatkan kualitas dalam mengajarnya.

    ReplyDelete
  16. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tidak hanya siswa, guru pun juga perlu membangun. Guru perlu membangun kemampuanya untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.
    Untuk meningkatkan kualitas pendidikan diperlukan guru yang sustainabel. Sustainabel diartikan berkelanjutan. Sehingga guru yang sustainabel dapat diartikan sebagai guru yang mampu membangun kemampuannya untuk meningkatkan pembelajaran di kelas menjadi lebih baik. Hal itu dapat dilakukan dengan saling share (diskusi) mengenai pembelajaran di kelas dengan guru lain, saling terbuka dengan siswa-siswanya, mengikuti workshop, dll. Guru yang sustainabel adalah guru yang tidak pernah puas dengan kualitas pemebelajarannya.

    ReplyDelete
  17. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui foto di atas saya menerjemahkan menggapai guru yang sustain adalah usaha guru untuk konsisten belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Dalam foto tersebut berlangsung Lesson Study. Lesson Study merupakan cqra guru untuk menggapai sustain. Dengan adanya Lesson Study guru dapat terus-menerus berinovasi dan bekerja sama dengan banyak guru sehingga akan diperoleh pemecahan atas masalah yang ada di kelas. Dengan Lesson Study guru juga dapat saling memberi masukan sehingga dapat meningkatkan kualitas dirinya sebagai fasilitator siswa.

    ReplyDelete
  18. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seorang guru yang sustainabel berarti guru yang terus berkelanjutan. Maksudnya adalah seorang guru dapat mengembangkan dirinya secara berkelanjutan. Berkelanjutan di sini dapat diartikan berkelanjutan dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan metode, strategi, model, dan pendekatan yang terus dikembangkan secara berkelanjutan guna mencapai hasil terbaik dalam kegiatan pembelajaran. Guru melakukan inovasi-inovasi pembelajaran yang sesuai dan tepat untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam foto terlihat guru lain mengamati kegiatan pembelajaran dan mencatat, kegiatan ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya dengan ditambah masukan dan saran dari guru-guru pengamat tersebut. Sehingga pembelajaran diharapkan akan terus berkembang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  19. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Guru yang sustainabel adalah guru yang terus mengajar secara kontinu, merefleksikan setiap pembelajaran yang telah dilakukan guna menciptakan kembali pembelajaran yang inovatif atau lebih menarik. Diharapkan guru mampu ikut serta dalam kegiatan workshop atau kepelatihan guru karena untuk meningkatkan kompetensinya dalam mendidik siswa.

    ReplyDelete
  20. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Demi mencapai guru yang sustainabel, disini peran Lesson study sangatlah tepat bagi guru, karena terlihat bahwa dengan lesson study guru dapat bertukar pikiran dengan guru yang lain sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran yang lebih baik untuk diterapkan di kelasnya.

    ReplyDelete
  21. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Berdasarkan foto di atas pembelajaran yang terjadi bukanlah di Indonesia, dimana siswa sedang melakukan proses pembelajaran dan ada beberapa peneliti yang berada di dalam kelas tersebut. Sustainabel artinya berkesinambungan. Pembelajaran yang terjadi harus berkesinambungan terus tidak boleh berhenti di satu titik. Seperti ketika SMP siswa juga harus langsung meneruskan ke SMA, jangan sampai putus sekolah. Sedangkan seorang guru yang sustainabel ialah guru yang selalu melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaluinya agar pembelajaran yang terjadi diberikutnya selalu lebih baik dari yang sebelumnya. Inilah fungsi dari MGMP sekolah, dimana guru-guru dalam satu matapelajaran berkumpul untuk melakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran yang telah dilakukan, masukan yang ada dikembangkan secara berkesinambungan.

    ReplyDelete
  22. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Guru harus memiliki sustainability terkait dengan agar kepercayaan tersebut terus bertahan. Dengan keyakinan guru dapat melakukan perubahan dalam pembelajaran khususnya belajar matematika dan mengajar matematika dengan memahami hakekat matematika itu sendiri. Dengan demikian potensi harus selalu dikembangkan baik secara ekstensif maupun intensif.

    ReplyDelete
  23. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Gambar di atas terlihat beberapa pengamat sedang mengidentifikasikan masalah serta kelemahan-kelemahan dari guru dalam proses belajar mengajar sehingga akan dicari solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Tujuannya untuk meningkatkan cara mengajar guru. Untuk mewujudkan guru yang sustainable diperlukannya perubahan, bisa memperbaiki dan mencari solusi atas kelemahan yaitu dengan cara berkolaborasi sesama guru (lesson study).

    ReplyDelete
  24. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Sustainabel, yaitu salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah keterbukaan, dalam arti terbuka dalam menerima masukkan-masukkan, saran maupun kritik dari orang lain. Guru yang Sustainabel berangkat dari bagaimana dia berusaha mengevaluasi PBM yang dilaksanakan, agar apa yang dilaksanakan di kelas dapat dilanjutkan jika memang sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
    Dari foto tersebut jelas bahwa guru tersebut telah sustainabel, guru tersebut telah menjadi guru yang terbuka dan mau diobservasi oleh pihak luar yang berkompeten dan ahli di bidangnya sehingga guru dapat memperoleh masukan atau yang lain untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya.

    ReplyDelete
  25. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ketika zaman sudah berubah, maka seorang guru harus juga ikut berubah. Mereka harus menyadari bahwa memaksakan pola otoriter dan kuno dalam mendidik peserta didik adalah hal yang fatal. Karena sikap otoriter bisa diterapkan hanya dizaman ketika sistem kolonial masih membayangi setiap jiwa manusia. Ketika sistem kekerasan fisik zaman kolonial masih menjadi kegiatan turun temurun dan secara tidak langsung juga merembet ke dunia pendidikan. Namun sekarang kondisinya sudah berbeda. Negara kita sudah merdeka. Seorang guru yang berpendidikan pasti tidak akan bersikap otoriter dan mewarisi peserta didiknya menggunakan ilmu dengan jalan kekerasan fisik. bukan kah lebih baik jika guru bertindak dan mengajar atas nama budi pekerti,tidak menggunakan kekerasan dan sikap sewenang wenang pada muridnya.

    ReplyDelete
  26. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Manusia dalam melakukan sesuatu harus sustain adan akuntabel. Begitupula dengan guru harus memiliki hal seperti itu. Dalam masalah sustainabel, guru haruslah memikirkan tindaklanjut dari pembelajaran. Seperti menyusun program pembelajaran yang runtut sehingga kelajutan materi yang bagus dan benar karena akan mempermudah siswa dalam memahami suatu materi. Dalam hal lainnya guru yang sustainable juga berkaitan dengan program evaluasi yang dilakukan guru. Evaluasi bukan hanya diartikan sebagai penilaian belaka. Namun proses terus menerus untuk mencapai program yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  27. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam hal guru melakukan sustanabelnya. Guru juga dituntut mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan kompetensinya, seperti yang dijelaskan oleh kakak-kakak atau teman-teman. Namun hal itu jangan hanya cukup dengan dating dan presensi belaka. Namun dengan mengikuti hal-hal tersebut, guru melakukan tugasnya dengan baik. Dan mengintrospeksi dirinya menjadi yang lebih baik. Dan ilmunya diterapkan pada pembelajaran yang selajutnya bukan nya tidak dilakukan ilmu tersebut. Sehingga ada tindak lanjut dari semua kegiatan yang dilakukan guru. Sehingga ada proses mengada dan pengada bagi guru tersebut untuk mendapatkan sustainable dan akuntabel.

    ReplyDelete
  28. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sustainabel berarti kemampuan untuk melakukan perubahan atau inovasi secara berkelanjutan. Untuk menggapai guru yang sustainabel memang tidaklah mudah, butuh keikhlasan dalam menggapainya. Dalam hal ini, berkelanjutan berarti bisa diartikan pula proses belajar guru yang berkelanjutan, artinya guru terus belajar dan belajar untuk meningkatkan kompetensinya menjadi guru. Kemudian juga melakukan perubahan dan inovasi dalam pembelajaran sehingga dampak bagi siswa pun berkelanjutan dalam belajar.

    ReplyDelete
  29. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari foto tersebut jelas bahwa guru tersebut telah sustainable. Hal ini dikarenakan guru tersebut telah menjadi guru yang terbuka dan mau diobservasi oleh pihak luar yang berkompeten dan ahli di bidangnya sehingga guru dapat memperoleh masukan atau yang lain untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya.

    ReplyDelete
  30. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sustainabel artinya adalah berkelanjutan. Guru yang ber-sustainabel ini berarti guru yang tidak langsung puas terhadap apa yang Ia punya, tetapi mau untuk terus mengembangkan ilmu dan kemampuannya dengan cara membandingkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru lain.

    ReplyDelete
  31. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari gambar tersebut juga terlihat bahwa hadir beberapa pengamat yang mengamati pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Hal ini dilakukan agar harapannya dari pengamat tersebut dapat memberikan analisis atau hasil yang telah diamati. Nantinya hasil tersebut dapat memberikan pelajaran bagi guru tersebut untuk dilakukan perbaikan selanjutnya.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Guru yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya (sustainabilitasnya) dalam pembelajarannya. Sustainabilitas guru dapat dilihat dari keberlanjutan program-program pembelajaran yang telah dirintis sebelumnya dan bahkan berkembang menjadi program-program baru yang belum pernah ada sebelumnya. Perlu diingat bahwa guru yang baik adalah guru yang terus menerus melakukan inovasi dalam pembelajaran mereka. Jika program guru tidak ada perubahan berarti dia termasuk ke dalam guru yang “ogah-ogahan”. Hal ini akan merugikan siswa, karena mereka tidak terfasilitasi dengan baik. Semoga, dengan membaca artikel ini kita menjadi termotivasi untuk terus melakukan perubahan dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Guru yang sustain adalah guru yang melakukan pengembangan berkelanjutan. Pengembangan harus terus dilakukan, karena zaman selalu berubah. Ilmu pengetahuan juga berubah sesuai dengan zaman. Tuntutan lapangan dan kehidupan juga berubah. Sehingga untuk dapat menyiapkan siswa terjun ke lapangan, maka guru harus memiliki bekal yang termutakhir terlebih dahulu dari pada muridnya. Maka sustain pada guru itu sangat penting.

    ReplyDelete
  34. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Untuk menjadi guru yang sustainable maka seorang guru tersebut harus terus mengasah kemampuannya dalam mengajar, memahami yang akan diajar, pedagogik, profesionalitas, dan sebagainya. Dalam pembelajaran setiap beberapa bulan sekali ada supervisi. Supervisi ini berfungsi untuk saling memahami tentang situasi dan kondisi pada pembelajaran di kelas kemudian sama-sama mencari solusi yang tepat jika ada masalah. Jadi tugas supervisi bukan hanyamelihat dan menilai tetapi juga ada langkah lebih lanjut dari itu semua. Supervisi itu penting karena tidak selamanya yang salama ini kita lakukan untuk mengajar sudah sesuai dengan hakikat pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  35. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menggapai guru yang sustainable adalah melakukan lesson study. dengan melakukan lesson study maka guru akan senantiasa dapat meningkatkan kualitasnya dalam mengajar. dengan begitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut akan semakin baik sehingga kualitas peserta didik yang diajar juga akan meningkat.

    ReplyDelete
  36. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari foto diatas saya terlihat kegiatan pembelajaran di kelas dengan diawasi oleh beberapa orang dewasa yang sepertinya ahli di bidang pendidikan. Saya menduga bahwa sedang dilakukan penelitian kelas yang bertujuan mengamati proses pembelajaran siswa. Semestinya setelah dilakukan pengamatan, juga dilakukan diskusi dan tukar pikiran tentang kesimpulan proses pembelajaran tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
    Peningkatan kualitas pembelajran dipengaruhi oleh seberapa inovatif dan kreatif seorang guru dalam mengajar. Guru perlu melakukan penelitian dan diskusi serta introspeksi diri demi menggapai guru yang sustainabel. Yaitu guru yang selalu mengusahakan kemajuan dan perkembangan dalam pembelajaran. Inovasi sangat diperlkan untuk mengimbangi tren belajar serta tuntutan zaman. sehingga ketika perilakusiswa zaman sekarang mulai berubah sesuai dengan trend nya, maka pebelajaran yang dilakukan oleh guru juga harus megikuti perubahan tersebut agar siswa tidak bosan.

    ReplyDelete
  37. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Sustainabel artinya berkelanjutan. Menurut saya, foto di atas memperlihatkan orang-orang yang sedang mengamati dan menilai jalannya proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh seorang guru. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi kegiatan siswa, kegiatan guru, kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran, dan lain-lainnnya. Temuan ini akan menjadi bahan diskusi pengamat dan guru yang mengajar guna mewujudkan proses pembelajaran yang lebih baik untuk selanjutnya dan kedepannya. Sehingga proses seperti ini akan menggapai guru yang sustainabel.

    ReplyDelete
  38. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan foto di atas, terlihat bahwa proses pembelajaran yang berlangsung sedang diamati dan dinilai oleh orang-orang yang sepertinya pakar dalam pendidikan, atau orang-orang yang juga berkutat dengan dunia pendidikan. Menurut saya hal tersebut benar adanya untuk dilakukan. karena untuk menggapai guru yang suistanble perlu adanya penilaian dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Agar apabila ada kekurangan atau kelemahan guru dalam mengajar dapat didiskusikan dan dicari pembenaran dan solusinya. Begitupun dengan melihat sikap siswa dalam belajar juga menjadi perhatian serius agar kegiatan belajar mengajar yang terjadi di kelas dapat dirasakan kebermaknaannya oleh siswa. Pada akhirnya guru dapat refleksi diri sehinggaa guru yang suistanble akan tercapai.

    ReplyDelete
  39. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Guru yang sustainable, menurut saya adalah guru yang bekelanjutan. Guru berperan penting dalam mengajar dan mendidik siswa. pada foto di atas, terlihat suasana pembelajaran yang berbeda dari yang biasanya saya lihat. Foto di atas merupakan foto yang di ambil ketika kegiatan pembelajaran tidak di negara Indonesia. Hal ini terlihat mencolok pada pakaian para siswa yang mereka gunakan. Biasanya siswa di negara Indonesia menggunakan seragam sekolah. Kemudian, ada beberapa observer yang mengamati jalannya kegiatan pembelajaran. Kemungkinan proses pelajar tersebut akan dijadikan sebagai bahan penelitian bagi para observer tersebut. Guru memang perlu mengasah dirinya dalam hal inovasi pembelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan mengeksplore secara lebih luas tentang inovasi pembelajaran yang akan membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan begitu, guru yang sustainable akan terwujud sesuai dengan perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  40. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Kali ini saya akan mengomentari sebuah foto dengan judul menggapai guru yang sustainabel. Guru yang sustainabel adalah guru yang berkelanjutan. Supervisi adalah suatu tindakan untuk menilai seorang guru apakah layak untuk untuk terus menjadi guru. Guru akan dinilai kompetensinya dan nantinya diberi masukan oleh supervisor tersebut. Sayangnya, di era saat ini, banyak supervisor kurang bisa menempatkan dirinya sebagai seorang penilai yang kritis serta memberikan masukan-masukan membangun untuk si guru. Supervisor cenderung hanya melaksanakan tugas dan menilai seadanya (tidak serius). Sehingga apa yang menjadi laporan supervisor tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

    ReplyDelete
  41. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Gambar diatas juga saya temukan diberanda blog bapak dengan keterangan judul Lesson Study : Observasi oleh para guru. Dari judul tersebut dan judul pada artikel ini yaitu menggapai guru yang sustainabel (berkelanjutan) dapat saya simpulkan bahwa kegiatan di dalam photo tersebut adalah pelaksanaan lesson study oleh seorang guru di dalam kelas dan kegiatan belajar tersebut diobservasi oleh beberapa orang guru yang tujuannya untuk menilai dan mengevaluasi pengajaran guru sebagai motivasi bagi guru untuk memperbaiki maupun memperbaharui proses pembelajaran mereka selanjutnya. Kegiatan ini merupakan salah satu dari usaha guru untuk menggapai guru yang sustainabel atau berkelanjutan itu yang seperti apa serta bagaimana kriteria dan penerapannya.

    ReplyDelete
  42. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Guru yang sustainable adalah guru yang mempunyai orientasi pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan , dengan prinsip sustainable guru harus jeli dalam mengorganisasikan proses pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan, agar dapat membuat dan membina peserta didik yang memiliki karakter untuk berkompetensi secara global dan dinamis sesuai dengan perkembagan zaman yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

    ReplyDelete
  43. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Dari foto tersebut terlihat beberapa guru masing-masing memegang buku dan pulpen.Guru –guru tesebut sedang menyimak para siswa yang sedang belajar dengan membuat catatan kecil.Dari hasil pengamatan dan catatan tersebut , mungkin guru sedang melihat apa yang menjadi kendala para siswa di dalam belajar.Dari keluhan dan masalah yang dihadapi oleh para siswa kemudian guru-guru tersebut berusaha untuk menemukan solusi bagaimana cara mengatasi masalah yang dialami oleh para siswa sehingga di dalam pembelajaran selanjutnya dapat dikembangkan dan ditemukkannya alternatif lain di dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kreativitas para siswa di dalam belajar.

    ReplyDelete
  44. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari foto tersebut kesan yang kami dapat adalah antusiase dari pendidik dan beserta sesama koleganya yang terlibat dalam proses pembelajaran, tampak pula semangat untuk menggapai proses pembelajaran yang optimal dengan cara mengamati proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh sesama kolega guru. Sebagai seorang guru kami harus dapat mengambil inspirasi dari foto ini, kami harus berusaha untuk menjadi guru yang yang sustainabel yaitu guru yang senantiasa belajar dan berusaha meningkatkan kompetensinya sacara terus menerus. Kami harus bisa menjadi seorang guru pembelajar yaitu guru yang senantiasa belajar sepanjang hayat.

    ReplyDelete
  45. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Menarik. Guru yang sustainabel. Guru yang terus berkembang tetapi tetap memepertahankan jati dirinya. Sulit lo menjadi guru yang terus berubah tetapi juga tetap. Berubah seiring berjalannya waktu, tetapi tidak terbawa arus zaman. Supervisi sebagai pengontrol guru untuk melakukan sustainabilitas? Apakah efektif? Sepertinya harus ditinjau ulang.. kompetensi seperti apa yang cocok untuk diukur demi menghasilkan guru yang sustainabel. Wah wah wah pr bagi calon pengevaluator seperti kami.

    ReplyDelete
  46. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Sustainable berarti berkelanjutan. Perubahan paradigma pembelajaran dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif sudah mutlak diperlukan untuk dapat mempersiapkan generasi penerus menghadapi abad ke 21 ini. Maka guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Guru dapat mengeksplorasi realitas-realitas baru, mengembangkan evaluasi diri dan umpan balik sebagai dasar perbaikan yang berkelanjutan. Menggapai guru yang sustainable dapat diartikan menjadi seorang guru yang memiliki kemampuan untuk tetap melakukan perubahan dalam melakukan perbaikan pembelajaran. Maka selain guru dapat dipercaya maka guru perlu mempertahankan kepercayaan tersebut dengan sustainabilitas ini.

    ReplyDelete
  47. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Pada foto tersebut saya melihat siswa sedang dalam kegiatan pembelajaran, selain itu saya melihat beberapa orang mengamati kegiatan siswa saat pembelajaran. Beberapa orang tersebut membawa catatan masing-masing. berdasarkan apa yang saya pahami beberapa orang tersebut mencatat hal-hal yang perlu dievaluasi atau kegiatan-kegiatan saat pembelajaran. Apabila dihubungkan dengan judul yaitu menggapai guru yang sustainable maka foto tersebut merupakan usaha untuk menggapai guru yang suistainable. Guru suistainable adalah guru berkelanjutan. Untuk menjadi guru perlu adanya usaha terus menerus dalam rangka meningkatkan kualitas mengajarnya. Untuk memperbaiki kualitas mengajar maka perlu adanya masukan dari pihak lain dan diskusi dengan ahli. Dengan usaha tersebut seorang guru akan dapat meningkatkan pembelajarannya terus menerus mengikuti perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  48. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari postingan Menggapai Guru yang Sustainabel ini ditampilkan beberapa orang guru mengamati kegiatan belajar mengajar di kelas sambil merefleksi kegiatan tersebut dengan membuat catatan selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini, jika saya tidak salah merupakan lesson study. Tujuannya tentu saja untuk memperbaiki kegiatan-kegiatan mengajar di kelas serta untuk sarana be;ajar mengenai hal-hal yang baru mengenai pendidikan atau kegiatan mengajar siswa. Karena kegiatan mengajar dan belajar itu merupakan proses yang berkelanjutan. Profesi guru juga merupakan profesi yang berkelanjutan, fleksibel dengan perkembangan zaman, tidak berhenti hanya pada suatu pendekatan saja ketika mengajar. Oleh sebab itu untuk menjadi guru yang mempunyai kemampuan untuk memperbaiki pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar secara berkelanjutan, saya rasa sangat baik jika dilakukan kegiatan seperti yang ada di photo di atas dengan harapan menjadikan setiap guru itu menjadi guru yang sustainabel.

    ReplyDelete
  49. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berasal dari kata sustanaibel yaitu berkelanjutan, guru sustainabel adalah guru yang terus mengembangkan kemampuannya guna menjadi guru yang professional. Guru harus berpacu dengan perkembangan zaman dan tekhnologi. Mengambangkan desin pembelajaran yang inovatfif merupakan suatu keharusan.

    ReplyDelete
  50. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dalam membangun peradaban bangsa yang semakin maju, maka pendidikan juga sudah seharusnya mengalami kemajuan. Guru sebagai yang terdepan dalam pelaksanaan pendidikan sudah semestinya selalu melakukan perbaikan perbaikan dalam cara mengajar, melakukan tindakan prefentif, yaitu menjaga siswa-siswa. Perkembangan zaman bukan hanya membawa manfaat, tetapi juga membawa dampak yang buruk. Apabila guru tidak melakukan perbaruan-perbaruan, maka bisa jadi siswa akan termakan aliran zaman.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  51. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Sustainabel adalah berkelanjutan, dalam artian sustainabel berarti adanya proses berkelanjutan tanpa henti, dimana antara sebelum dan setelahnya berhubungan erat atau saling berhubungan. Menggapai guru yang sustainabel berarti adanya perubahan berkelnjutan untuk guru baik itu keprofesionalan, ilmu, inovasi dan kreasi dll. Diharapkan semua guru mampu untuk berkelanjutan menjadi yang lebih baik. Sesuai dengan zaman yang semakin waktu semakin berkelanjutan, semakin canggih dan semakin baju. Inilah pentingnya menggapai guru yang sustainabel, agar guru mampu dapat diajak berkembang maju lebih baik. Makin profesional, makin inovatif dan kreatif berkelanjutan tanpa henti.

    ReplyDelete
  52. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menjadi guru yang suistanabel merupakan suatu keharusan bagi seseorang yang berprofesi sebagai guru. Suistanabel artinya berkelanjutan. Dalam hal ini, guru perlu mengembangkan dirinya secara berkelanjutan untuk selalu berinovasi dalam melakukan kegiatan pembelajan seiring dengan berkembangnya teknologi dan berkembangnya pola tingkah laku siswa yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  53. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Seorang guru haruslah menjadi guru yang terus berkembang dan mengembangkan siswanya. Usaha mengembangkan kemampuan guru harus dilakukan secara berkelanjutan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan guru secara berkelanjutan adalah dengan mengadakan lesson study. Dengan adanya lesson study guru akan saling belajar, saling berdiskusi untuk mengatasi berbagai kekurangan, kesulitan, dan berbagai permasalahan yang ada di dalam kelas.

    ReplyDelete
  54. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Guru sustainabel adalah guru yang selalu belajar dari apa cara mnegajarnya, selalu mengevaluasi cara mnegajarnya, dan menjadi guru yang tidak biasa-biasa aja untuk selalu meningkatkan cara pembelajaranya, dan selalu menyiapkan perencanaan pembelajaran sebelum mengajar di dalam kelas. Sosook guru yang tidak mudah puas dengan pencapaiannya dalam pembelajaran dikelas, senantiasa mengintropeksi dan memperbaiki pembelajaran yang dilakukan untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  55. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Menjadi guru merupakan profesi pembelajar, artinya pengembangan keterampilan, kreativitas dan profesionalitas haruslah tetap diasah. Maka dari itu upaya saling belajar dan berbagi bersama sesame guru melalui lesson study sangat dibutuhkan. Gambar di atas mendeskripsikan bahwa dalam pembelajaran guru harus berkolaboratif untuk saling menilai dan memberi masukan kepada sesame guru agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik. Namun, pastinya segala proses tersebut harus berkelanjutan atau sustainable.

    ReplyDelete
  56. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Guru yang sustainable, guru yang terbuka, guru yang meneliti, guru yang menghasilkan artikel ilmiah. Guru yang sustainable, guru yang mengada, menjadi pengada, terjamin Ada. Untuk dapat mencapainya, perlu usaha Dan ikhlas. Menjalani professional sebagai panggilan hidup, bukan untuk mencari uang. Uang adalah anugerah karena Kita telah berupaya dengan baik, ikhlas, bermanfaat bagi orang lain, terutama para murid Kita.

    ReplyDelete
  57. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Guru yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya (sustainabilitasnya) dalam pemebelajarannya. Sustainabilitas guru dapat dilihat dari keberlanjutan program-program pembelajaran yang telah dirintis sebelumnya dan bahkan berkembang menjadi program-program baru yang belum pernah ada sebelumnya.

    ReplyDelete
  58. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Sustainable secara bahasa berarti berkelanjutan. Jadi saya mengartikan, menggapai guru yang sustainable , yang didasari dari foto tersebut, yaitu guru yang melakukan pembelajaran yang berkelanjutan. Artinya guru melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, dengan dibantu oleh guru-guru yang lain, ataupun tim ahli yang nantinya dapat membantu perbaikan pembelajaran pada pembelajaran selanjutnya. Sehingga menjadikan pengajaran yang dilakukan ke arah yang lebih baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  59. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Sustainable berarti mau berubah jika ini disandangkan pada guru maka Guru bertaraf internasional adalah guru yang SUSTAINABEL. Sustainabel artinya adalah membudayakan perubahan. Metode yang sangat baik untuk membudayakan perubahan adalah Lesson Study. Pembelajaran lesson study ini sangat terkenal di negri Jepang. lesson study ini, karena secara bersama-sama bersinergi dengan beberapa pihak kemudian untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Kesimpulan dari uraian tersebut adalah agar guru mampu mencari solusi dari semua persoalan di kelas, intinya guru perlu melakukan perubahan pandangan, yaitu dengan cara memromosikan: Matematika Sekolah, Pembelajaran Konstruktivisme, Matematika yang Plural, Belajar adalah membangun atau menkonstruksi, Mengajar adalah kegiatan riset atau to teach is to research, dst.

    ReplyDelete
  60. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Terlihat dalam foto diatas terlihat seperti terdapat orang tua murid dan beberapa penilai sedang mengamati pembelajaran di kelas. Pengamat terlihat membawa kertas serta sibuk menulis pada kertas tersebut. Jika hal ini dilihat dari hal sustainable-nya maka kemungkinandalam kelas tersebut sedang diadakan penilaian terhadap guru dari pengamat yang ada. Hal ini untuk menilai kinerja guru selama pembelajaran, unutkmengetahui kompetensi dan keterampilan yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran. Penilaian ini jika di negara kita diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya itu.

    ReplyDelete
  61. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Guru sebagai personal yang memiliki peranan penting dalam pendidikan harus terus meningkatkan profesionalitas demi memenuhi kebutuhan murid-muridnya. Jepang sebagai Negara yang sangat memperhatikan pendidikan, memiliki segudang ide dan upaya untuk memajukan pendidikan di negaranya. Termasuk meningkatkan profesionalitas gurunya. Foto di atas memperlihatkan bagaimana bentuk penilaian yang dilakukan untuk menilai kinerja guru yang sedang mengajar.

    ReplyDelete
  62. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Guru yang sustainable adalah guru yang tidak hanya berperan untuk mencapai tujuan pendidikan, tetapi juga menjadi kunci dalam pembangunan kapasitas negara secara berkelanjutan melalui pembelajaran serta membangun masyarakat melalui pengetahuan, nilai, dan etika. Namun disisi yang sama, mereka menghadapi berbagai tantangan seperti minimnya jumlah guru, buruknya kualitas pengajaran dan rendahnya status sosial. Peran guru tentu sangat berpengaruh besar bagi kehidupan kita karena selain keluarga, ilmu yang kita dapatkan adalah dari seorang guru yang selalu setia berbagi untuk masa depan kita yang lebih baik.

    ReplyDelete
  63. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini. Bahkan, seorang guru yang notabene telah mengenyam pendidikan tinggi, tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan mengajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan. Bahkan bisa dikatakan, seorang guru pun selamanya akan menjadi murid dari kehidupan itu sendiri.

    ReplyDelete
  64. Junianto
    PM C
    17709251065

    Berdasarkan gambar dalam postingan ini saya memahami bahwa ada kegiatan lesso study yang sedang berlangsung. Mungkin ini akan menjadi salah satu sarana untuk mengga[ai guru yang sustainabel. Dengan adanya lesson study ini bisa memacu guru untuk tetap profesional dan ada ruang diskusi. Diskusi dilakukan untuk mengevaluasi kinerja, diskusi kesulitan siswa dalam belajar maupun diskusi permsalahan yang dihadapi dalam belajar. Dengan adanya kegiatan ini profesi guru bisa berjalan secara berkelanjutan karena evaluasi demi evaluasi terus dilakukan demi peningkatan kualitas guru.

    ReplyDelete
  65. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. menurut saya menjadi guru yang sustainabel berarti menjadi guru yang mau terus belajar, sebab arti kata sustainabel sendiri merupakan berkelanjutan. Guru harus mau senantiasa belajar, belajar memahami siswa, belajar memperdalam materi, dan terus belajar mengejar kemajuan jaman dan teknologi. Siswa itu selalu berubah sesuai dengan perkembangan jaman, maka guru perlu menyesuaikan diri.

    ReplyDelete
  66. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pembelajaran harus bersifat Sustainabel artinya yang berkelanjutan. Seperti pembelajaran matematika, karena kalau pembelajaran matematika berhenti maka anak akan kesulitan jika mendapat permasalah matematika yang lebih kompleks dari permasalahan matematika sebelumnya. Dengan pembelajaran yang Sustainabel seperti pembelajaran filsafat dari Prof maka memberikan dampak secara perlahan tapi pasti kita dapat memahami perubahan ilmu pengetahuan yang bersifat dinamis.

    ReplyDelete
  67. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Guru yang suitainabel adalah guru yang mampu menunjukkan keberadaannya. Hal ini mengingatkan saya pada perkuliahan Filsafat Ilmu, disampaikan bahwa guru harus ada, mengada, dan menjadi pengada. Selanjutnya, pada dasanya gurupun seorang researcher. Oleh karena itu, menjadi guru yang suitainabel menjadi satu tanggung jawab yang besar. Karena upayanya dalam menjadi pengada berkaitan erat dengan keberhasilannya dalam memberikan pembelajaran. Upayanya untuk menjadi pengada, berhubungan dengan keberhasilan siswa-siswanya.Pengada-nya seorang guru ialah mampu menjadikan siswa-nya menjadi pengada pula.

    ReplyDelete
  68. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Sustainabel jika diartikan secara harfiah adalah berkelanjutan atau berkesinambungan. Berarti untuk menjadi guru yang sustainabel dibutuhkan ketekunan guru dalam menambah wawasan dan melatih keterampilannya dalam bidang pendidikan dan proses ini harus berjalan terus dan berkelanjutan sehingga guru-guru berprestasi dapat terus menjadi tombak majunya dunia pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  69. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Sustainabel didefinisikan sebagai yang berkelanjutan. Menurut saya, guru yang sustainabel adalah guru yang berkelanjutakan membagi ilmu untuk peserta didiknya. Adalah guru yang berkelanjutan belajarnya karena sudah menjadi guru bukan berarti berhenti belajar.

    ReplyDelete
  70. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terdapat salah satu pendapat yang mengatakan bahwa definisi dari sustainabel adalah berkelanjutan. Setelah saya mencoba menghubungkan dengna foto yang ditampilkan, maka yang dapat saya pahami adalah bahwa guru yang sustainabel adalah guru yang mampu memberikan pembelajaran yang berkelanjutan. Maksudnya yaitu guru yang mau merefleksikan pembelajarannya kemudian mengevaluasi, memperbaiki dan mengembangkan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, untuk mengembangakan pembelajran yang telah dilakukan maka guru perlu berkerjasama dengan guru-guru lainn agar dapat saling memberikan pendapat dan mengevaluasi sehingga pembelajaran dapat berkembang dengna maksimal.

    ReplyDelete
  71. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Di samping akuntable, seorang guru harus sustainabel. Artinya seorang guru harus melakukan perubahan secara berkelanjutan. Hal ini dimaksud agar guru mampu melakukan inovasi pembelajaran sehingga pembelajaran berjalan sesuai dengan kebutuhan siswa dan tidak bersifat menoton. Guru yang sustainabel akan semakin memahami karakter dan pola pikir siswa serta mendukung terjalin interaksi yang bermakna antara siswa dan guru, siswa dan siswa lainnnya, serta siswa dengan sumber belajar

    ReplyDelete
  72. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sangat penting bagi seorang guru untuk terus mengembangkan profesionalismenya. Semakin lama ia berkecimpung di dunia pendidikan, maka semakin besar tuntutannya untuk menguasai kompetensi-kompetensi yang wajib bagi guru. Tak hanya di bidang kualitas pembelajaran, namun karya-karya serta penelitian juga merupakan tuntutan bagi seorang guru. Guru juga harus aware terhadap perkembangan media, teknologi, serta tidak ketinggalan update terhadap isu-isu atau perkembangan terbaru dunia pendidikan. Pada dasarnya menjadi guru bukan hanya tentang mengajar siswa, namun bertanggung jawab penuh terhadap profesi yang dipilihnya.

    ReplyDelete
  73. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Apa yang saya dapat setelah melihat foto ini adalah bahwa guru yang sustainabel adalah guru yang selalu melakukan atau mengusahakan kemajuan dan perkembangan dalam pembelajarannya. Karena dalam foto ini kita dapat melihat terdapat beberapa orang yang terlihat sedang melihat dan menilai proses jalannya pembelajaran. Semua penilaian atau hasil pengamatan tersebut dapat digunakan guru sebagai bahan koreksi, evaluasi, dan refleksi, sehingga pembelajaran dapat diperbaiki dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  74. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Guru yang sustainable selalu melakukan inovasi. Ia tidak hanya melakukan inovasi dalam pembelajaran yang ia lakukan. Namun ia juga selalu sustainable dalam mengembangkan kompetisinya pribadi. Ia melakukan penelitian, ia membuat artikel jurnal, ia mengikuti pelatihan, ia melakukan semua hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas dirinya maupun kualitas pembelajaran yang ia lakukan.

    ReplyDelete
  75. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Sustainabel memiliki arti berkelanjutan, maka guru yang sustainable adalah guru yang terus mengembangkan kompetensinya. Walau sudah menjadi seorang guru akan tetapi kompetensinya tidak bolehlah berhenti/tidak berkembang, kompetansi guru harus terus dikembangkan, agar guru mampu memperbaiki pembelajarannya kemudian menciptakan pembelajaran yang inovatif.

    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  76. 372. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Guru yang sustainebel artinya guru yang dapat selalu mempertahankan / kosnsisten dalam mengembangkan segala potensinya. Guru yang sustainabel akan terus belajar dan memperbaiki sistem pengajarannya. Ia juga selalu melakukan refleksi kelemahan-kelemahan apa yang ada pada dirinya dan berusaha selalu menampilkan usaha terbaiknya sebagai guru.

    ReplyDelete
  77. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Guru yang sustainable adalah guru yang selalu terbuka terhadap perubahan. tidak menutup diri untuk terus belajar, mencari ilmu untuk membelajarakan siswa-siswanya. guru yang sustainable selalu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, mengevaluasi pembelajarannya dan bersikap kreatif dan inovatif. a teacher is a researcher merupakan paradigma guru yang sustainable.

    ReplyDelete
  78. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Guru selain harus mempunyai sifat akuntabel juga harus sustainabel atau berkelanjutan. Berkelanjutan disini bisa diartikan dalam kegiatan pembelajaran guru harus senantiasa meningkatkan kapasitas mengajarnya. Semakinbanyak pengalaman dan semakin banyak ilmu yang dimiliki guru tentu akan memunculkan kepaercayaan siswa kepadanya. Intinya adalah berkelanutan dalam meningkatkan kapasitas dirinya.

    ReplyDelete
  79. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pada foto di atas saya melihat kegiatan pembelajaran di kelas dimana muridnya antusias mengikuti pembelajaran dengan diawasi oleh beberapa orang ahli di bidang pendidikan. Guru yang tergambar seperti foto di atas adaah guru yang sustainabel. Guru yang sustain adalah guru yang melakukan pengembangan berkelanjutan. Untuk menjadi guru yang sustainabel maka seorang guru tersebut harus terus mengasah kemampuannya dalam pedagogik, profesional, personal, dan sosial tanpa terkecuali. Sehingga, guru yang sustainabel adalah duru yang ingin terus belajar dan berkembang.

    ReplyDelete
  80. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Sustainable sendiri berarti berkelanjutan. Berkelanjutan disini, saya mengartika sebagai proses belajar, inovasi dan kreatifitas guru harus terus berkelanjutan. Hal ini agar guru dapat memiliki kemampuan yang baik untuk mengkuti perubahan-perubahan yang terjadi di dunia pendidikan. Selain itu, berkelanjutan dapat diartikan dalam penyampaian pembelajaran di kelas. Sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara komprehensif dan sistematis. Terimakasih.

    ReplyDelete
  81. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-pendidikan Matematika I 2015

    Guru yang sustainable memiliki arti guru yang berkesinambungan. Berkesinambungan atau dengan kata lain yaitu berkelanjutan entah dalam proses pembelajaran atau cara memeroleh pengetahuan bagi dirinya sendiri. Hal-hal tersebut didasarkan karena pendidikan merupakan proses yang dialami sepanjang hayat. Jika seorang guru tidak sustainable dikhawatirkan siswa mengalami miskonsepsi dan akan kesulitan mempelajari konsep-konsep yang lebih tinggi dikarenakan kurangnya materi prasyarat

    ReplyDelete