Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Sustainabel _ Photo by Marsigit

53 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Berdasarkan tata bahasa, pengertian kata sustainable pada dasarnya dapat diartikan juga dengan capable of being sustained atau kemampuan untuk tetap berkelanjutan. Sehingga “Menggapai Guru yang Sustainabel” saya artikan sebagai Menggapai Guru yang dapat mengembangkan profesinya secara berkelanjutan.
    Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan, maka diperlukan rambu-rambu bimbingan teknis bagi guru untuk pengembangan profesionalisme yang berkelanjutan.
    Pengembangan profesionalisme guru diarahkan untuk penguatan kompetensi guru berdasarkan standar kompetensi guru, (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional). Cara pengembangan profesi dapat dilakukan melalui (antara lain):
    a. forum MGMP, b. semnar/workshop c. penerbitan majalah ilmiah d. lesson study e. pelatihan, f. studi lanjut
    Keempat kompetensi tersebut (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional) perlu dilakukan secara terus-menerus atau berkelanjutan agar profesionelisme guru terus meningkat.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut saya agar bisa menjadi guru yang sustainabel (berkelanjutan) maka guru perlu mengikuti berbagai kegiatan diantaaranya adalah mengikuti lokakarya, atau kegiatan kelompok musyawarah kerja guru atau in house training untuk penyusunan perangkat kurikulum dan/atau kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, penilaian, pengembangan media pembelajaran dan/atau kegiatan lainnya untuk kegiatan pengembangan keprofesian guru . Mengikuti, baik sebagai pembahas, maupun sebagai peserta pada seminar, coloqium, diskusi panel, atau bentuk pertemuan ilmiah lainnya .Mengikuti kegiatan kolektif lain yang sesuai tugas dan kewajiban guru terkait dengan pengembangan keprofesiannya.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016


    Menggapai guru yang sustainabel tentu bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan persiapan yang matang, niat dan tujuan yang jelas, keikhlasan, usaha yang konsisten, dan keberanian menghadapi rintangan dan kesulitan serta mampu mengartikannya sebagai pengalaman dan pembelajaran bagi nya. Guru yang sustainabel adalah guru yang dapat mengembangkan profesinya secara berkelanjutan. Guru yang selalu melakukan perubahan atau inovasi secara berkelanjutan. Guru yang selalu meningkatkan kualitas dan kemampuan dirinya. Beberapa cara yang dapat di tempuh adalah dengan melakukan lesson study, mengikuti seminar/workshop, melakukan penelitian tindakan kelas, pelatihan, banyak membaca dan sharing dengan rekan guru lainnya, dsb. Dengan demikian, kritik, saran, masukan, dan pembaruan yang diterima merupakan aspek penting bagi guru untuk meningkatkan kualitas dan kemampuannya untuk mengelola pembelajaran. Hal ini di tujukan untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    guru yang sustainabel adalah guru yang mampu memberikan pembelajaran yang berkelanjutan. Maksudnya yaitu guru yang mau merefleksikan pembelajarannya kemudian mengevaluasi, memperbaiki dan mengembangkan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, untuk mengembangakan pembelajran yang telah dilakukan maka guru perlu berkerjasama dengan guru-guru lainn agar dapat saling memberikan pendapat dan mengevaluasi sehingga pembelajaran dapat berkembang dengna maksimal.

    ReplyDelete
  5. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Terdapat salah satu pendapat yang mengatakan bahwa definisi dari sustainabel adalah berkelanjutan. Setelah saya mencoba menghubungkan dengna foto yang ditampilkan, maka yang dapat saya pahami adalah bahwa guru yang sustainabel adalah guru yang mampu memberikan pembelajaran yang berkelanjutan. Maksudnya yaitu guru yang mau merefleksikan pembelajarannya kemudian mengevaluasi, memperbaiki dan mengembangkan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, untuk mengembangakan pembelajran yang telah dilakukan maka guru perlu berkerjasama dengan guru-guru lainn agar dapat saling memberikan pendapat dan mengevaluasi sehingga pembelajaran dapat berkembang dengna maksimal.

    ReplyDelete
  6. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    what can i see here is, the teacher and student, their both are studying. The student study from their teacher in front of class(with facility that their prepare before), then the other teacher notice the teaching learning process, and then everything that their get will their discussing to make a new innovation.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sustainable dapat bermakna berkelanjutan. Dari foto diatas, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran dihadirkan orang tua yang mengamati proses pembelajaran sebagai bentuk lanjut dari proses pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru. Hal ini baik dilakukan terutama agar orang tua sebagai madrasah pendidik pertama di rumah bagi anak tidak hanya sepenuhnya menyerahkan prinsip mengajar dan mendidik kepada guru. Dengan cara sesekali melibatkan orang tua seperti ini, akan timbul komunikasi dan pemahaman yang baik dalam diri orang tua bagaimana anak dididik, dibina dan diajar oleh guru di sekolah. Selain itu guru yang sustainabel juga dapat lebih terbuka dalam upaya memperbaiki diri dalam proses belajar mengajar di sekolah.

    ReplyDelete
  8. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Dengan demikian, guru yang sustainabel adalah yang dapat memelihara, meningkatkan, dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya untuk melaksanakan proses pembelajaran secara profesional (pembelajaran yang berkualitas).

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Untuk menjadi guru yang sustainable harus mendapat penilaian sebagai bahan koreksi bagi pengajarannya.
    Sehingga dapat digunakan sebagai masukan untuk menjadi lebih baik lagi dalam mengajar.
    Koreksi tidak hanya dperlukan guru dari atasan, namun guru juga tidak boleh tutup telinga untuk menerima masukan dari siswa ataupun rekan sejawatnya.

    ReplyDelete
  10. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menggapai Guru yang Sustainabel” saya artikan sebagai Menggapai Guru yang dapat mengembangkan profesinya secara berkelanjutan. pemahaman saya disini guru yang tidak cepat puas dengan ilmu yang didapat, namun guru tersebut mau belajar lagi dan tidak berhenti dengan ilmu yang didapat. Untuk mengembangkan profesi berkelanjutan ini, yang pernah saya alami adalah dengan mengikuti MGMP sebagai wadah bertukar pikiran dan ilmu dengan guru yang lain tentang metode mengajar,materi dan lain sebagainya. Cara formal yang dapat ditempuh dengan mengembangkan profesi berkelanjutan adalah menempuh PPG atau melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi. Menggapai guru yang Sustainbel berarti tidak cepat puas dengan ilmu yang didapat, belajar, belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  11. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Guru yang sustainabel adalah guru yang memiliki kemampuan untuk berkelanjutan dalam mengajar. Berkelanjutan artinya dalam mengajar diperlukan pembangunan-pembangunan. Terlihat dalam gambar guru-guru sedang mengamati pembelajaran di kelas serta memberikan catatan. Negara Belanda menerapkan team-teaching, merekam pembelajaran, kemudian mengevaluasi bersama. Guru yang sustainabel harus bisa menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Inovasi dilakukan agar pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan, sehingga peserta didik diharap dapat lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Inovasi tidak hanya dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran namun menciptakan suasana belajar menjadi terpusat pada siswa, sedemikian hingga mengonstruksi sendiri konsep pengetahuannya. Selain pembelajaran yang inovatif, juga harus diperhatikan spiritualisme karena kita hidup di negara beragama.

    ReplyDelete
  12. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. menurut saya menjadi guru yang sustainabel berarti menjadi guru yang mau terus belajar, sebab arti kata sustainabel sendiri merupakan berkelanjutan. Guru harus mau senantiasa belajar, belajar memahami siswa, belajar memperdalam materi, dan terus belajar mengejar kemajuan jaman dan teknologi. Siswa itu selalu berubah sesuai dengan perkembangan jaman, maka guru perlu menyesuaikan diri.

    ReplyDelete
  13. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk menjadi guru yang sustainabel tentunya bukan hal yang mudah. Diperlukan kerja keras agar dapat megembangkan profesionalisme nya secara berkelanjutan. Guru yang sustainabel dapat terus mengembangkan kemampuannya melalui banyak hal, misalnya dengan mengikuti berbagai kegiatan workshop, seminar, ataupun kegiatan lain yang menunjang profesinya agar memperoleh banyak pengalaman dan selalu bisa mengembangkan profesionalismenya dan siswa merasa senang di didik oleh guru yang mempunyai semangat tinggi dan selalu kreatif mengembangkan ide – idenya dalam mengajar.

    ReplyDelete
  14. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu faktor penentu keberhasilan terletak pada pendidik, yaitu guru. Dalam hal ini, guru hendaknya mampu menerima dan menciptakan perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperbarui atau meningkatkan proses pembelajaran sebelumnya. Salah satu caranya, yaitu dengan Lesson Study. Seperti pada gambar di atas, terlihat banyak pengamat di ruang kelas. Mereka mencatat, menganalisis, dan mengevaluasi jalannya pembelajaran. Sesuai dengan apa yang telah dipelajari, bahwa guru sekaligus menjadi seorang peneliti. Hasil pengamatan tersebut diharapkan menjadi bahan acuan guna mencapai perubahan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  15. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Sustainabel diartikan sebagai berkelanjutan. Artinya guru tidak bersifat berhenti. Berhenti merupakan keadaan guru yang telah merasa paham, merasa jelas, merasa cukup, dll. Sebagai seorang guru diharapkan untuk selalu belajar dan mengikuti perkembangan tuntutan jaman. Guru juga harus melakukan inovasi atau pembaharuan terhadap segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Salah satu upaya agar dapat menjadi guru yang sustainable dapat melakukan penelitian, mengamati bagaimana cara guru lain dalam mengajar. Hal ini dapat menjadi referensi metode mengajarnya di kelas.

    ReplyDelete
  16. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Selain akuntabilitas, guru juga dituntut Substansibilitas. Substansibilitas artinya kemampuan guru dalam memiliki isi/muatan/content yang berguna untuk dibagikan isinya kepada orang lain. Substansibilitas juga berarti kemampuan guru sebagai wadah bagi murid-muridnya dan memiliki ilmu yang akan dibagikan ke murid-muridnya. Guru yang substansif adalah guru yang tidak hanya memikirkan kewajiban untuk memberikan ilmu saja kepada murid-murid melainkan juga mampu menyeimbangkan antara Intuisi dan pikiran yang rasional kepada para siswa.

    ReplyDelete
  17. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menggapai guru yang sustainabel artinya mampu mengembangkan kemampuan guru secara berkelanjutan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa traning, workshop pendidikan masa kini, ataupun melakukan study banding ke sekolah-sekolah yang lebih baik. Guru juga bisa mempelajari sistem pembelajaran yang diajarkan di negara lain, misalkan Jepang. Sehingga guru mempunyai kemampuan untuk mengembangkan kreativitasnya dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Melanjutkan hal yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentanag Menggapai Guru yang Akuntabel (dapat dipercaya), sama hal dengana sustainble. Kita tahu bahwa usitanbel adalah berkelenjatun maksudnya guru itu harus memepunya sesuatu ilmu yang semakain lama semakin bagus. Sehingga tidak diragukan lagi oleh siswa. jadi lah guru yang humoris .

    ReplyDelete
  19. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Sustainabel dapat diartikan sebagai berkelanjutan. Guru hanyalah seseorang yang mempelajari satu bidangnya saja dan wajar jika seorang guru itu tidak mengetahui banyak hal. Tidak ada yang Maha tau selain Tuhan YME, dan kita sebagai manusia hanya berusaha mencari dan belajar selama hidup kita, sengan selalu belajar akan menambah kemapuan dari diri kita sendiri. Sebagai guru contohnya harus selalu inovatif dalam setiap pembelajaran yang dilakukan agar siswa menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  20. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Guru yag sustainabel guru yang mampu menerima masukan, masukan yang paling relevan terhadap kemajuan profesinya adalah masukan dari teman sejawat yakni sesama guru.
    Hal ini karena meskipun memiliki profesi yang sama sebagai guru, namun tentunya tiap guru yang satu dengan guru yang lain memiliki cara unik masing-masing sehingga penilaian dari sesama guru akan sangat bermanfaat untuk masukan agar menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  21. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Tugas guru adalah mendidik dan mengajar peserta didik proporsi guru dalam mendidik murid adalah lebih besar dari pada proporsi kewajiban guru dalam mengajar. Mendidik lebih dari sekedar mengajar, mendidik berarti memelihara, merawat dan memberi latihan agar seseorang memiliki pengertian tentang akal budi dan sopan santun sesuai norma, sedangkan mengajar hanya berbentuk penyampaian ilmu secara tersurat kepada peserta didik, guru yang sustainable ialah guru yang telah menjadi guru yang terbuka dan mau diobservasi oleh pihak luar yang berkopeten dan ahli di bidangnya sehingga guru dapat memperoleh masukan atau yang lain untuk dapat meningkatkan kualitas dalam mengajarnya.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tidak hanya siswa, guru pun juga perlu membangun. Guru perlu membangun kemampuanya untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.
    Untuk meningkatkan kualitas pendidikan diperlukan guru yang sustainabel. Sustainabel diartikan berkelanjutan. Sehingga guru yang sustainabel dapat diartikan sebagai guru yang mampu membangun kemampuannya untuk meningkatkan pembelajaran di kelas menjadi lebih baik. Hal itu dapat dilakukan dengan saling share (diskusi) mengenai pembelajaran di kelas dengan guru lain, saling terbuka dengan siswa-siswanya, mengikuti workshop, dll. Guru yang sustainabel adalah guru yang tidak pernah puas dengan kualitas pemebelajarannya.

    ReplyDelete
  24. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui foto di atas saya menerjemahkan menggapai guru yang sustain adalah usaha guru untuk konsisten belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Dalam foto tersebut berlangsung Lesson Study. Lesson Study merupakan cqra guru untuk menggapai sustain. Dengan adanya Lesson Study guru dapat terus-menerus berinovasi dan bekerja sama dengan banyak guru sehingga akan diperoleh pemecahan atas masalah yang ada di kelas. Dengan Lesson Study guru juga dapat saling memberi masukan sehingga dapat meningkatkan kualitas dirinya sebagai fasilitator siswa.

    ReplyDelete
  25. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seorang guru yang sustainabel berarti guru yang terus berkelanjutan. Maksudnya adalah seorang guru dapat mengembangkan dirinya secara berkelanjutan. Berkelanjutan di sini dapat diartikan berkelanjutan dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan metode, strategi, model, dan pendekatan yang terus dikembangkan secara berkelanjutan guna mencapai hasil terbaik dalam kegiatan pembelajaran. Guru melakukan inovasi-inovasi pembelajaran yang sesuai dan tepat untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam foto terlihat guru lain mengamati kegiatan pembelajaran dan mencatat, kegiatan ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya dengan ditambah masukan dan saran dari guru-guru pengamat tersebut. Sehingga pembelajaran diharapkan akan terus berkembang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  26. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Guru yang sustainabel adalah guru yang terus mengajar secara kontinu, merefleksikan setiap pembelajaran yang telah dilakukan guna menciptakan kembali pembelajaran yang inovatif atau lebih menarik. Diharapkan guru mampu ikut serta dalam kegiatan workshop atau kepelatihan guru karena untuk meningkatkan kompetensinya dalam mendidik siswa.

    ReplyDelete
  27. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Demi mencapai guru yang sustainabel, disini peran Lesson study sangatlah tepat bagi guru, karena terlihat bahwa dengan lesson study guru dapat bertukar pikiran dengan guru yang lain sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran yang lebih baik untuk diterapkan di kelasnya.

    ReplyDelete
  28. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Berdasarkan foto di atas pembelajaran yang terjadi bukanlah di Indonesia, dimana siswa sedang melakukan proses pembelajaran dan ada beberapa peneliti yang berada di dalam kelas tersebut. Sustainabel artinya berkesinambungan. Pembelajaran yang terjadi harus berkesinambungan terus tidak boleh berhenti di satu titik. Seperti ketika SMP siswa juga harus langsung meneruskan ke SMA, jangan sampai putus sekolah. Sedangkan seorang guru yang sustainabel ialah guru yang selalu melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaluinya agar pembelajaran yang terjadi diberikutnya selalu lebih baik dari yang sebelumnya. Inilah fungsi dari MGMP sekolah, dimana guru-guru dalam satu matapelajaran berkumpul untuk melakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran yang telah dilakukan, masukan yang ada dikembangkan secara berkesinambungan.

    ReplyDelete
  29. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Guru harus memiliki sustainability terkait dengan agar kepercayaan tersebut terus bertahan. Dengan keyakinan guru dapat melakukan perubahan dalam pembelajaran khususnya belajar matematika dan mengajar matematika dengan memahami hakekat matematika itu sendiri. Dengan demikian potensi harus selalu dikembangkan baik secara ekstensif maupun intensif.

    ReplyDelete
  30. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Gambar di atas terlihat beberapa pengamat sedang mengidentifikasikan masalah serta kelemahan-kelemahan dari guru dalam proses belajar mengajar sehingga akan dicari solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Tujuannya untuk meningkatkan cara mengajar guru. Untuk mewujudkan guru yang sustainable diperlukannya perubahan, bisa memperbaiki dan mencari solusi atas kelemahan yaitu dengan cara berkolaborasi sesama guru (lesson study).

    ReplyDelete
  31. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Sustainabel, yaitu salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah keterbukaan, dalam arti terbuka dalam menerima masukkan-masukkan, saran maupun kritik dari orang lain. Guru yang Sustainabel berangkat dari bagaimana dia berusaha mengevaluasi PBM yang dilaksanakan, agar apa yang dilaksanakan di kelas dapat dilanjutkan jika memang sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
    Dari foto tersebut jelas bahwa guru tersebut telah sustainabel, guru tersebut telah menjadi guru yang terbuka dan mau diobservasi oleh pihak luar yang berkompeten dan ahli di bidangnya sehingga guru dapat memperoleh masukan atau yang lain untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya.

    ReplyDelete
  32. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ketika zaman sudah berubah, maka seorang guru harus juga ikut berubah. Mereka harus menyadari bahwa memaksakan pola otoriter dan kuno dalam mendidik peserta didik adalah hal yang fatal. Karena sikap otoriter bisa diterapkan hanya dizaman ketika sistem kolonial masih membayangi setiap jiwa manusia. Ketika sistem kekerasan fisik zaman kolonial masih menjadi kegiatan turun temurun dan secara tidak langsung juga merembet ke dunia pendidikan. Namun sekarang kondisinya sudah berbeda. Negara kita sudah merdeka. Seorang guru yang berpendidikan pasti tidak akan bersikap otoriter dan mewarisi peserta didiknya menggunakan ilmu dengan jalan kekerasan fisik. bukan kah lebih baik jika guru bertindak dan mengajar atas nama budi pekerti,tidak menggunakan kekerasan dan sikap sewenang wenang pada muridnya.

    ReplyDelete
  33. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Manusia dalam melakukan sesuatu harus sustain adan akuntabel. Begitupula dengan guru harus memiliki hal seperti itu. Dalam masalah sustainabel, guru haruslah memikirkan tindaklanjut dari pembelajaran. Seperti menyusun program pembelajaran yang runtut sehingga kelajutan materi yang bagus dan benar karena akan mempermudah siswa dalam memahami suatu materi. Dalam hal lainnya guru yang sustainable juga berkaitan dengan program evaluasi yang dilakukan guru. Evaluasi bukan hanya diartikan sebagai penilaian belaka. Namun proses terus menerus untuk mencapai program yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  34. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam hal guru melakukan sustanabelnya. Guru juga dituntut mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan kompetensinya, seperti yang dijelaskan oleh kakak-kakak atau teman-teman. Namun hal itu jangan hanya cukup dengan dating dan presensi belaka. Namun dengan mengikuti hal-hal tersebut, guru melakukan tugasnya dengan baik. Dan mengintrospeksi dirinya menjadi yang lebih baik. Dan ilmunya diterapkan pada pembelajaran yang selajutnya bukan nya tidak dilakukan ilmu tersebut. Sehingga ada tindak lanjut dari semua kegiatan yang dilakukan guru. Sehingga ada proses mengada dan pengada bagi guru tersebut untuk mendapatkan sustainable dan akuntabel.

    ReplyDelete
  35. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sustainabel berarti kemampuan untuk melakukan perubahan atau inovasi secara berkelanjutan. Untuk menggapai guru yang sustainabel memang tidaklah mudah, butuh keikhlasan dalam menggapainya. Dalam hal ini, berkelanjutan berarti bisa diartikan pula proses belajar guru yang berkelanjutan, artinya guru terus belajar dan belajar untuk meningkatkan kompetensinya menjadi guru. Kemudian juga melakukan perubahan dan inovasi dalam pembelajaran sehingga dampak bagi siswa pun berkelanjutan dalam belajar.

    ReplyDelete
  36. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari foto tersebut jelas bahwa guru tersebut telah sustainable. Hal ini dikarenakan guru tersebut telah menjadi guru yang terbuka dan mau diobservasi oleh pihak luar yang berkompeten dan ahli di bidangnya sehingga guru dapat memperoleh masukan atau yang lain untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya.

    ReplyDelete
  37. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sustainabel artinya adalah berkelanjutan. Guru yang ber-sustainabel ini berarti guru yang tidak langsung puas terhadap apa yang Ia punya, tetapi mau untuk terus mengembangkan ilmu dan kemampuannya dengan cara membandingkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru lain.

    ReplyDelete
  38. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari gambar tersebut juga terlihat bahwa hadir beberapa pengamat yang mengamati pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Hal ini dilakukan agar harapannya dari pengamat tersebut dapat memberikan analisis atau hasil yang telah diamati. Nantinya hasil tersebut dapat memberikan pelajaran bagi guru tersebut untuk dilakukan perbaikan selanjutnya.

    ReplyDelete
  39. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Guru yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya (sustainabilitasnya) dalam pembelajarannya. Sustainabilitas guru dapat dilihat dari keberlanjutan program-program pembelajaran yang telah dirintis sebelumnya dan bahkan berkembang menjadi program-program baru yang belum pernah ada sebelumnya. Perlu diingat bahwa guru yang baik adalah guru yang terus menerus melakukan inovasi dalam pembelajaran mereka. Jika program guru tidak ada perubahan berarti dia termasuk ke dalam guru yang “ogah-ogahan”. Hal ini akan merugikan siswa, karena mereka tidak terfasilitasi dengan baik. Semoga, dengan membaca artikel ini kita menjadi termotivasi untuk terus melakukan perubahan dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  40. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari foto di atas kita dapat melihat bahwa pembelajaran di kelas tersebut sangat efektif. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan Lesson Study. Guru bekerja sama dengan pihak dari luar yang merupakan ahli atau pakar di bidang pendidikan. Kegiatan Lesson Study ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas komponen-komponen pembentuk sistem pendidikan, salah satunya Lesson Plan.

    ReplyDelete
  41. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain akuntabel, sustainabel merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang guru. Sustainabel berarti berkelanjutan. Seorang guru harus terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang ada seperti sekarang ini, dimana seorang guru harus terus belajar dan belajardan menambah pengalamannya sehingga bisa meningkatkan kemampuan dalam mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  42. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Akuntabel merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang guru. Akuntabel berhubungan dengan kepercayaan. Segala sesutau yang ada dan yang mungkin ada dapat dipertanyakan akuntabilitasnya. Seorang guru harus dapat dipercaya, dimana guru harus ada, mengada dan menjadi pengada.

    ReplyDelete
  43. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada foto diatas terlihat suatu pelaksanaan pembelajaran yang diobservasi oleh beberapa orang. Kegiatan ini dilakukan untuk perbaikan dan evaluasi proses pengajaran, kinerja guru dan lesson plan yang disusun. Lesson study membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, dari guru, sekolah, dosen, dan supervisor

    ReplyDelete
  44. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain guru perlu akuntabel, guru juga sustainabel. Akuntabel berarti terpercaya, sedangkan sustainabel adalah berkelanjutan.Guru yang sustainabel berarti bahwa guru tersebut selalu mengembangkan strategi dan metode pembelajarannya, dalam menyusun perangkat pembelajarannya, dan selalu mengembangkan kompetensi profesionalitasnya, sehingga siswa mampu difasilitasi dengan baik

    ReplyDelete
  45. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Guru memegang kuasa yang amat besar pada proses pelaksanaan pembelajaran di kelas, karena gurulah yang menantukan dan mengatur kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu pengukur keberhasilan pembelajaran juga adalah guru itu sendiri. Dimana guru itu harus sustainable, yakni dapat menciptakan perubahan dan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajarannya di kelas, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia dapat terus berkembang.

    ReplyDelete
  46. Dwi Kawuryani
    S1 Pend.Mat I 2014
    14301241049
    Sustainable adalah kemampuan untuk tetap mempertahankan sumber daya dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan fisik dengan tidak menyebabkan kerusakan suatu ekologi sehingga generasi masa depan tetap dapat menikmati atau mengkomsumsi sumberdaya yang tersedia saat ini. Guru yang sustainabel artinya guru yang mampu memanfaatkan sumber daya dengan maksimal untuk melakukan pembelajaran secara maksimal.

    ReplyDelete
  47. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Sustainabilitas adalah bagaimana sesuatu hal mempertahannya keeksistensiannya. Sustainabilitas seorang guru haruslah ada. Guru yang mempunyai sustainabilitas tinggi tentunya tidak diragukan lagi keeksistensiannya dalam mendidik siswa-siswa menjadi siswa yang berkualitas dan mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas.

    ReplyDelete
  48. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    guru yang sustainable pasti mempertimbangkan keberhasilan siswanya mencapai tujuan pembelajaran. karena keberhasilan saat ini berguna untuk pengetahuan yang berkesinambungan setelahnya.

    ReplyDelete
  49. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hal yang saya peroleh pada saat perkuliahan yang diampu Bapak Marsigit adalah bahwa segala sesuatu haruslah akuntabilitas dan sustainabilitas. Akuntabilitas berarti dapat dipercaya dan sustainabilitas adalah terus atau istiqomah. Maka begitupun ketika kita menjadi guru, kita harus menjadi guru yang sustainabel, maksudnya adalah kita harus menjadi guru yang istiqomah. Contoh tidak istiqomah adalah hari ini mengajar di kelas, besok tidak lagi mengajar tanpa alasan, jika guru seperti itu maka tidak akan diterima oleh siswanya dengan baik. Semoga para calon pendidik pengunjung blog ini, nantinya akan menjadi guru yang sustainabel. Aamiin.

    ReplyDelete
  50. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, untuk menjadi guru yang sustainabel adalah dengan memiliki rasa tidak cepat puas yaitu yang terus mau belajar dan meng-upgrade apa yang ia punya. seperti gambar diatas, terlihat beberapa pengamat yang sedang menilai guru tersebut dalam melaksanakan pembelajarannya. dengan mendatangkan pengamat tersebut maka nantinya akan bermanfaat bagi guru untuk pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  51. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Guru yang sustain adalah guru yang melakukan pengembangan berkelanjutan. Pengembangan harus terus dilakukan, karena zaman selalu berubah. Ilmu pengetahuan juga berubah sesuai dengan zaman. Tuntutan lapangan dan kehidupan juga berubah. Sehingga untuk dapat menyiapkan siswa terjun ke lapangan, maka guru harus memiliki bekal yang termutakhir terlebih dahulu dari pada muridnya. Maka sustain pada guru itu sangat penting.

    ReplyDelete
  52. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Untuk menjadi guru yang sustainable maka seorang guru tersebut harus terus mengasah kemampuannya dalam mengajar, memahami yang akan diajar, pedagogik, profesionalitas, dan sebagainya. Dalam pembelajaran setiap beberapa bulan sekali ada supervisi. Supervisi ini berfungsi untuk saling memahami tentang situasi dan kondisi pada pembelajaran di kelas kemudian sama-sama mencari solusi yang tepat jika ada masalah. Jadi tugas supervisi bukan hanyamelihat dan menilai tetapi juga ada langkah lebih lanjut dari itu semua. Supervisi itu penting karena tidak selamanya yang salama ini kita lakukan untuk mengajar sudah sesuai dengan hakikat pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  53. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menggapai guru yang sustainable adalah melakukan lesson study. dengan melakukan lesson study maka guru akan senantiasa dapat meningkatkan kualitasnya dalam mengajar. dengan begitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut akan semakin baik sehingga kualitas peserta didik yang diajar juga akan meningkat.

    ReplyDelete