Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Sustainabel _ Photo by Marsigit

32 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sustainable secara bahasa artinya ialah kemampuan untuk tetap mempertahankan sumber daya dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan fisik dengan tidak menyebabkan kerusakan suatu ekologi sehingga generasi masa depan tetap dapat menikmati atau mengkomsumsi sumberdaya yang tersedia saat ini. Sehingga singkatnya sustainable adalah kemampuan untuk tetap mempertahankan. Atau sustainabel juga bisa diartikan sebagai suatu yang berkelanjutan. Oleh karena itu, mungkin yang dimaksud dengan guru yang sustainable adalah guru yang mampu memberikan pembelajaran yang berkelanjutan dan menanamkan betapa pentingnya belajar secara kontinu. Itu berarti bahwa guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang menarik minat dan keinginan siswa utuk terus belajar. Keinginan untuk belajar tersebut tidak hanya saat siswa ada di kelas dan di sekolah tetapi juga saat mereka da di rumah. Sedangkan pendidikan berkelanjutan ialah pendidikan yang memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang terutama generasi mendatang untuk berkontribusi lebih baik bagi pengembangan berkelanjutan pada masa sekarang dan yang akan datang.

    ReplyDelete
  2. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Foto dalam postingan ini adalah sedang berlangsungnya lesson study. Tujuan lesson study adalah memberikan perbaikan dan peningkatan kualitas guru dalam mengajar. Dari lesson study ini juga salah satu cara untuk menggapai guru yang suistanbel. Guru yang sustainabal adalah guru yang selalu melakukan perubahan atau inovasi secara berkelanjutan. Dari lesson guru akan dapat melakukan inovasi pembelajaran secara berkelanjutan berdasarkan kritik atau evaluasi dari para observer. Hal ini bertujuan untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  3. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Guru yang sustainabel merupakan guru yang berkelanjutan, yang artinya kemampuan guru dalam membelajarkan peserta didik dengan bertahap dan berkelanjutan agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Tentu proses belajar merupakan proses yang terus menerus dan tidak berhenti pada tahap tertentu, dikarenakan pembelajar yang baik adalah mereka yang tidak pernah berhenti untuk belajar dan tidak pernah puas dengan apa yang telah dicapainya. Pada hakikatnya pendidikan yang berkelanjutan sangat diharuskan untuk para generasi penerus bangsa, karena pendidikan memiliki tingkatan dan tahapan yang tidak cukup dengan melampui hanya dengan satu tahapan atau tingkatan saja, akan tetapi semakin tinggi pendidikan seseorang maka peluang untuk bersaing diberbagai bidang di dunia akan semakin baik.

    ReplyDelete
  4. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Sustainabel merupakan kemampuan untuk tetap mempertahankan sumber daya. Perlu adanya upaya dalam mempertahankan sesuatu. Jika dalam hal belajar mengajar bisa dengan mengadakan lesson study. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan dimana guru maupun siswa di observasi selama proses pembelajaran. hal ini bukan berarti utuk menghakimi guru dan mencari kesalahan guru, namun berguna untuk melihat bagaimana upaya yang lebih baik untuk dapat meningkatkan dan memperbaiki pembelajaran tersebut. Bersama-sama belajar dari sebuah peristiwa untuk dapat meningkatkan kinerja dari guru dan dapat memberikan perbaikan-perbaikan yang diperlukan untuk menggapai perubahan yang lebih baik. oleh karena itu, perlu adanya upaya agar dapat menggapai guru yang sustainabel.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  5. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan foto gambar yang berjudul menggapai guru yang sustainabel diatas, untuk memahami maksud dari guru yang sustainabel terlebih dahulu kita harus tahu apa itu sustainabel. Sustainabel adalah kemampuan untuk tetap mempertahankan sumber daya dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan fisik dengan tidak menyebabkan kerusakan suatu ekologi sehingga generasi masa depan tetap dapat menikmati atau mengkomsumsi sumberdaya yang tersedia saat ini.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    melanjutkan komentar pada foto gambar yang berjudul menggapai guru yang sustainabel diatas, jadi menurut saya guru yang sustainabel adalah guru yang mampu konsisten mempertahankan kemampuan yang dimiliki siswa dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan menjaga agar siswa tidak terpengaruh oleh pengaruh buruk dari eksternal diri siswa, sehingga siswa generasi masa depan dapat menikmati hasilnya. Hasilnya adalah bisa cita-cita yang tercapai, sukses dan lain-lain.

    ReplyDelete
  7. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Tidak hanya akuntabel, tetapi guru juga perlu memiliki sifat sustainable yang artinya selalu ada perubahan dan berkembangangnya suatu kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, tentu saja harus begitu. Guru perlu melakukan perubahan dalam setiap inovasi dalam mengajar agar kegiatan mengajar pun tidak bersifat menoton dan akibatnya siswa cenderung bosan. Gambar di atas menunjukkan bahwa adanya lesson study. Lesson study peru pula dilakukan untuk melihat sejauh mana kinerja guru mengajar alhasil guru dapat memperbaiki kesalahannya dan merubah pembelajaran seefektif mungkin.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Sustainable bermakna berkelanjutan. Guru yang sustainable berarti guru yang tidak berhenti dan puas atas statusnya sebagai guru, namun terus menerus belajar dan memperbaiki diri secara berkelanjutan. Ilmu pengetahuan itu hidup dan berkembang. Oleh karena itu, menjadi guru juga harus terus berinovasi dan mengembangkan kompetensinya secara berkelanjutan. Evaluasi dan refleksi diri sangat diperlakukan dalam setiap pembelajaran demi perbaikan dalam pembelajaran berikutnya.

    ReplyDelete
  9. Diana Prstiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Guru sustainabel adalah guru yang berkelanjutan, terus belajar, yang secara terus-menerus atau secara berangsur-angsur berupaya untuk selalu memperbaiki diri ataupun memperbaiki cara mengajarnya, mempunyai gambaran atau proyeksi ke depan baik tentang pekertinya, cara mengajar, materi dan yang lainnya. guru ini termasuk guru yang rajin dan menempatakan diri menjadi guru yang tidak biasa-biasa saja dalam pembelajaran, karena setiap kali harus terus belajar dan mengevaluasi pembelajaran yang diberikan dan selalu belajar hal baru untuk diterapkan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Menggapai guru yang sustainabel artinya siap menerima kritikan dan saran dari teman sebaya, profesional, dan siswa sendiri. Proses refleksi adalah proses dimana menjadi guru yang sustainabel dapat dicapai. Refleksi diperoleh dengan cara mengamati pembelajaran. Hasil pengamatan ini dapat dijadikan evaluasi demi tercapainya perbaikan ke depannya. Evaluasi pembelajaran tidak hanya dilakukan oleh ahli saja melainkan dari siswa sebagai pelaku pembelajaran juga. Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sustainable artinya bekelanjutan. Sedangkan pendidik memiliki kesempatan untuk menginspirasi siswa mereka untuk membuat perbedaan secara lokal dan global. Namun, sebelum itu siswa harus mengembangkan pemahaman tentang peran mereka dalam pembelajaran. Pendidikan yang berkelanjutan adalah pendekatan sistem menyeluruh yang mengajarkan solusi jangka panjang kepada siswa untuk kemakmuran ekonomi, kewarganegaraan yang bertanggung jawab dan kesehatan ekosistem alam.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini. Bahkan, seorang guru yang notabene telah mengenyam pendidikan tinggi, tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan mengajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan. Bahkan bisa dikatakan, seorang guru pun selamanya akan menjadi murid dari kehidupan itu sendiri.

    ReplyDelete
  13. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dari foto tersebut jelas bahwa guru tersebut telah sustainable, guru tersebut telah menjadi guru yang terbuka dan mau diobservasi oleh pihak luar yang berkopeten dan ahli di bidangnya sehingga guru dapat memperoleh masukan atau yang lain untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya.

    ReplyDelete
  14. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sustainabel merupakan kemampuan untuk mempertahankan sumber daya. Dari gambar diatas terlihat sedang dilakukannya lesson study dimana guru dan siswa diobservasi selama proses pembelajaran. Melalui lesson study guru diberi masukan oleh observer yang mana berguna untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja guru dalam mengajar.

    ReplyDelete
  15. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Jika melihat foto mengenai menggapai guru yang sustainabel diatas terlihat bahwa aktivitas yang sedang dilakukan di kelas adalah kegiatan Lesson study. Kegiatan lesson study merupakan suatu kegiatan untuk belajar dari pembelajaran di kelas. Hal tersebut tentunya bertujuan memperbaiki bagian-bagian dalam pembelajaran yang dirasa masih kurang. Dengan cara seperti itu kemudian seorang guru dengan pengamat-pengamat yang ada dalam pembelajaran akan mengevaluasi mengenai hal-hal yang masih kurang dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  16. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sustainable berarti berkelanjutan. Perubahan paradigma pembelajaran dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif sudah mutlak diperlukan untuk dapat mempersiapkan generasi penerus menghadapi abad ke 21 ini. Maka guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Guru dapat mengeksplorasi realitas-realitas baru, mengembangkan evaluasi diri dan umpan balik sebagai dasar perbaikan yang berkelanjutan. Menggapai guru yang sustainable dapat diartikan menjadi seorang guru yang memiliki kemampuan untuk tetap melakukan perubahan dalam melakukan perbaikan pembelajaran. Maka selain guru dapat dipercaya maka guru perlu mempertahankan kepercayaan tersebut dengan sustainabilitas ini.

    ReplyDelete
  17. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sustainabel sendiri merupakan sebuah cara mempertahankan yang dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran di kelas. Tentunya untuk dapat mempertahankan suatu pembelajaran yang baik tersebut diperlukan sebuah evaluasi menganai sistem pembelajaran yang terjadi di kelas. Jika proses pembelajaran di kelas sudah cukup baik dan mampu mewadahi seluruh siswa untuk mampu mengembangkan kemampuannya dengan baik, maka pembelajaran seperti itu lah yang patut dipertahankan. Namun sudah tugas dari seorang guru untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran dari pertemuan ke pertemuan berikutnya.

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sustainabel dapat diartikan sebagai berkelanjutan. Berkelanjutan yang dimaksud adalah diperlukan adanya upaya berkelanjutan untuk memperbaiki kualitas mengajarnya. Artinya, guru yang sustainabel adalah guru yang senantiasa memperbaiki dan berusaha untuk memperbaiki kualitas pengajaran yang dilakukannya guna mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Dalam foto tersebut menggambarkan proses Lesson Study yang sedang dilakukan. Relevansi dari guru yang sustaiinabel dengan Lesson Study adalah sebuah metode atau cara. Jadi, untuk menjadi guru yang sustainabel dapat dilakukan dengan cara Lesson Study. Lesson Study dilakukan dengan maksud memperbaiki dan meningkatkan kualitas guru dalam mengajar. Maka, guru yang sustainabel adalah guru yang senantiasa berusaha memperbaiki dirinya guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

    ReplyDelete
  19. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Yang dimaksud dengan guru yang sustainable adalah guru yang dapat memberikan perannya secara aktif dalam Education for Suistanable Development (ESD). Dalam ESD guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat, fokus pada kualitas, dan partisipatif. Dengan kata lain semua obyek dan subyek pembelajaran ikut berperan aktif dalam segala aspek. Pendidikan berkelanjutan merupakan pendidikan yang memperhatikan perkembangan pada lingkungan, sosial, dan ekonomi

    ReplyDelete
  20. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Sustainable secara bahasa ialah berkelanjutan, yang berarti bahwa sesuatu hal dapat berlangsung secara terus menerus. Menurut pengamatan saya, aktivitas yang dilakukan dalam foto diatas ialah lesson study. Tujuan dari elsson study ini yaitu untuk mengevaluasi dan merefleksikan proses pengajaran yang berlangsung di kelas. Lesson study ini akan berjalan dengan lancar jika ada kerjasama yang baik antara guru dan peneliti. Menggapai guru yang sustainable saya artikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru dan pembelajaran di kelas. Yaitu guru mampu untuk menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran supaya pembelajaran dapat berlangsung secara optimal dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  21. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    sustainable adalah kemampuan untuk tetap mempertahankan. Atau sustainabel juga bisa diartikan sebagai suatu yang berkelanjutan. Guru yang sustainabal adalah guru yang selalu melakukan perubahan atau inovasi secara berkelanjutan. Sehingga guru dituntut melakukan perubahan dalam setiap inovasi dalam mengajar agar kegiatan mengajar pun tidak bersifat menoton

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Seorang guru harus memiliki sifat yang berkelanjutan dalam hal ini seperti selalu mempelajari hal yang baru untuk mengembangkan pembelajaran. Baik berupa teori, hasil penelitian, metode, inovasi belajar dan memperbaiki kualitas belajar mengajar di kelas. Kemampuan seorang guru tidak hanya berhenti dalam satu tahap namun selalu diasah terus menerus sehingga akan balance dengan pendidikan yang semakin maju dengan era digital.

    ReplyDelete
  23. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Guru yang sustainable adalah guru yang dalam memberikan materi memiliki keruntutan dan baik, saling bertautan antar materi yang disampaikan. Selain itu sustainable juga dapat dipandang dari implementasi ilmu itu sendiri. Ilmu harus dapat dimanfaatkan oleh siswa guna menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan nyata. Dalam kurikulum saat ini, kebermanfaatan ilmu tersebut telah ditekankan, nampak dari pendekatan yang diambil sebagai dasar pembelajaran yaitu kontekstual dan konstruktivis.

    ReplyDelete
  24. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Guru yang sustainable adalah guru yang mampu memberikan materi dengan baik dan urut. Guru yang mampu mengatur serta mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan optimal. Dalam hal ini, gurusustainable juga bisa disebut dengan guru yang konsisten, guru yang selalu memberikan yang terbaik bagi siwa terus m-menerus dan tidak hanya berhenti dalam satu tahap.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  25. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Suistainable secara bahasa berarti berkelanjutan. Dalam hal ini, guru memiliki sifat yang tidak mudah menyerah dan berhenti jika menghadapi permasalahan di kelas atau pada siswa. Guru mampu memberikan metode yang tepat dalam pengajaran dan tidak akan pernah berhenti mencoba jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan pedoman dan tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjadi guru yang suistainable adalah dengan melakukan lesson study. Denga melakukan lesson study, guru akan mampu memperbaiki kualitas pengajaran guna mencapai tujuan pembelajaran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  26. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dari foto di atas terlihat bahwa pembelajaran siswa di dalam kelas diamati oleh beberapa observer yang tidak sedikit. Foto di atas bisa jadi sedang diadakan penelitian lesson study. Tentunya penelitian tersebut akan sangat bermanfaat, namun jangan sampai para observer tersebut malahan membuat siswa merasa tidak nyaman dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Karena terlihat di dalam foto ruang kelas sampai penuh dengan adanya observer yang tidak sedikit.

    ReplyDelete
  27. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Guru sustainabel dapat diartikan sebagai guru yang selalu belajar dari apa cara mnegajarnya, selalu mengevaluasi cara mnegajarnya, dan menjadi guru yang tidak biasa-biasa aja untuk selalu meningkatkan cara pembelajaranya, dan selalu menyiapkan perencanaan pembelajaran sebelum mengajar di dalam kelas. Sosook guru yang tidak mudah puas dengan pencapaiannya dalam pembelajaran dikelas, senantiasa mengintropeksi dan memperbaiki pembelajaran yang dilakukan untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  28. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Guru yang sustainabel dapat dimaknai sebagai goru yang mampu mengembangan diri secara berkelanjutan dan memanfaatkan kemampuan dirinya untuk mengembangkan sumber daya peserta didiknya secara optimal, baik aspek akademik, kepribadian, sosial, dan spiritual, sehingga menjadi manusia yang memiliki kualitas diri yang baik. Semoga Allah memberikan rahmat, ampunan, dan perlindungan-Nya pada kita semua. Aamiin.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassaamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  29. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Seorang orang yang sastainable adalah seorang guru yang memfasilitasi proses menumbuhkan belas kasih dan pembaruan diri pada pendidik yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa pada gilirannya secara berkelanjutan melalui pembelajaran atau pengajaran yang sustainable.

    Pengajaran berkelanjutan mengutamakan pendidik atau guru dengan tujuan menciptakan komunitas kolaboratif yang bernilai pendekatan terpadu untuk pendidikan dan memungkinkan semua peserta untuk berkembang.

    Siswa harus didorong untuk mengeksplorasi struktur di balik kehidupan kita sehari-hari untuk memahami ruang lingkup dan dampaknya. Mereka harus memperhatikan tantangan yang dihadapi oleh mereka dan bertanggung jawab atas infrastruktur itu.

    Tantangan-tantangan tersebut dapat memainkan peran inti dalam pengajaran atau pembelajaran keberlanjutan. Guru menunjukkan kepada siswa bahwa mereka dapat memiliki efek positif pada kehidupan mereka sendiri dan kehidupan orang lain. Dengan mendidik siswa tentang tantangan keberlanjutan, mereka mungkin terinspirasi untuk membuat perbedaan di masa depan.

    ReplyDelete
  30. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Menggapai guru yang sustainabel dapat diartikan sebagai guru yang tidak berhenti dan puas atas statusnya sebagai guru, namun terus menerus belajar dan memperbaiki diri secara berkelanjutan. Salah satu cara guru agar menggapai sustainabel adalah dengan lesson study untuk melihat sejauh mana kinerja guru mengajar. Hasil dari lesson study tadi dapat memperbaiki kesalahan dan merubah pebalajar seefektif mungkin.

    ReplyDelete
  31. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih untuk tulisan ini prof, Guru yang sustainabela dalah guru yang terus berusaha untuk berkembang dan melakukan perubahan ke arah positif sesuai dengan perkembangan dunia. Foto tersebut menunjukkan seorang guru yang tengah menggapai sustainabilitas yang baik dengan bantuan rekan-rekan guru akan lebihberpikiran terbuka untuk melakukan inovasi pembelajaran. Ketika kita menginginkan menjadi guru yang mempunyai sustainabilitas yang baik, maka kita harus peka dengan perkembangan perkembangan siswa, teknologi, menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang telah melaju cepat mengikuti jaman. Selain itu, ketika kita ingin menjadi guru yang mepunyai sustainabilitas yang baik maka tetap harus belajar, belajar, dan belajar. Meskipun kita mungkin sudah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk diri kita sendiri demi meningkatkan kemampuan mengajar kita, kita mampu merefleksikan pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain untuk dijadikan pelajaran hidup yang sangat berharga. Oleh karena itu, kita sebagi guru hendak lah rajin belajar, tak mengenal lelah, karena sesungguhnya kita pun sebagai guru selamanya akan menjadi murid bagi kehidupan kita

    ReplyDelete
  32. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete