Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Sustainabel _ Photo by Marsigit

31 comments:

  1. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berasal dari kata sustanaibel yaitu berkelanjutan, guru sustainabel adalah guru yang terus mengembangkan kemampuannya guna menjadi guru yang professional. Guru harus berpacu dengan perkembangan zaman dan tekhnologi. Mengambangkan desin pembelajaran yang inovatfif merupakan suatu keharusan.

    ReplyDelete
  2. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dalam membangun peradaban bangsa yang semakin maju, maka pendidikan juga sudah seharusnya mengalami kemajuan. Guru sebagai yang terdepan dalam pelaksanaan pendidikan sudah semestinya selalu melakukan perbaikan perbaikan dalam cara mengajar, melakukan tindakan prefentif, yaitu menjaga siswa-siswa. Perkembangan zaman bukan hanya membawa manfaat, tetapi juga membawa dampak yang buruk. Apabila guru tidak melakukan perbaruan-perbaruan, maka bisa jadi siswa akan termakan aliran zaman.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  3. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Sustainabel adalah berkelanjutan, dalam artian sustainabel berarti adanya proses berkelanjutan tanpa henti, dimana antara sebelum dan setelahnya berhubungan erat atau saling berhubungan. Menggapai guru yang sustainabel berarti adanya perubahan berkelnjutan untuk guru baik itu keprofesionalan, ilmu, inovasi dan kreasi dll. Diharapkan semua guru mampu untuk berkelanjutan menjadi yang lebih baik. Sesuai dengan zaman yang semakin waktu semakin berkelanjutan, semakin canggih dan semakin baju. Inilah pentingnya menggapai guru yang sustainabel, agar guru mampu dapat diajak berkembang maju lebih baik. Makin profesional, makin inovatif dan kreatif berkelanjutan tanpa henti.

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menjadi guru yang suistanabel merupakan suatu keharusan bagi seseorang yang berprofesi sebagai guru. Suistanabel artinya berkelanjutan. Dalam hal ini, guru perlu mengembangkan dirinya secara berkelanjutan untuk selalu berinovasi dalam melakukan kegiatan pembelajan seiring dengan berkembangnya teknologi dan berkembangnya pola tingkah laku siswa yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  5. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Seorang guru haruslah menjadi guru yang terus berkembang dan mengembangkan siswanya. Usaha mengembangkan kemampuan guru harus dilakukan secara berkelanjutan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan guru secara berkelanjutan adalah dengan mengadakan lesson study. Dengan adanya lesson study guru akan saling belajar, saling berdiskusi untuk mengatasi berbagai kekurangan, kesulitan, dan berbagai permasalahan yang ada di dalam kelas.

    ReplyDelete
  6. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Guru sustainabel adalah guru yang selalu belajar dari apa cara mnegajarnya, selalu mengevaluasi cara mnegajarnya, dan menjadi guru yang tidak biasa-biasa aja untuk selalu meningkatkan cara pembelajaranya, dan selalu menyiapkan perencanaan pembelajaran sebelum mengajar di dalam kelas. Sosook guru yang tidak mudah puas dengan pencapaiannya dalam pembelajaran dikelas, senantiasa mengintropeksi dan memperbaiki pembelajaran yang dilakukan untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  7. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Menjadi guru merupakan profesi pembelajar, artinya pengembangan keterampilan, kreativitas dan profesionalitas haruslah tetap diasah. Maka dari itu upaya saling belajar dan berbagi bersama sesame guru melalui lesson study sangat dibutuhkan. Gambar di atas mendeskripsikan bahwa dalam pembelajaran guru harus berkolaboratif untuk saling menilai dan memberi masukan kepada sesame guru agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik. Namun, pastinya segala proses tersebut harus berkelanjutan atau sustainable.

    ReplyDelete
  8. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Guru yang sustainable, guru yang terbuka, guru yang meneliti, guru yang menghasilkan artikel ilmiah. Guru yang sustainable, guru yang mengada, menjadi pengada, terjamin Ada. Untuk dapat mencapainya, perlu usaha Dan ikhlas. Menjalani professional sebagai panggilan hidup, bukan untuk mencari uang. Uang adalah anugerah karena Kita telah berupaya dengan baik, ikhlas, bermanfaat bagi orang lain, terutama para murid Kita.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Guru yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya (sustainabilitasnya) dalam pemebelajarannya. Sustainabilitas guru dapat dilihat dari keberlanjutan program-program pembelajaran yang telah dirintis sebelumnya dan bahkan berkembang menjadi program-program baru yang belum pernah ada sebelumnya.

    ReplyDelete
  10. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Sustainable secara bahasa berarti berkelanjutan. Jadi saya mengartikan, menggapai guru yang sustainable , yang didasari dari foto tersebut, yaitu guru yang melakukan pembelajaran yang berkelanjutan. Artinya guru melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, dengan dibantu oleh guru-guru yang lain, ataupun tim ahli yang nantinya dapat membantu perbaikan pembelajaran pada pembelajaran selanjutnya. Sehingga menjadikan pengajaran yang dilakukan ke arah yang lebih baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  11. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Sustainable berarti mau berubah jika ini disandangkan pada guru maka Guru bertaraf internasional adalah guru yang SUSTAINABEL. Sustainabel artinya adalah membudayakan perubahan. Metode yang sangat baik untuk membudayakan perubahan adalah Lesson Study. Pembelajaran lesson study ini sangat terkenal di negri Jepang. lesson study ini, karena secara bersama-sama bersinergi dengan beberapa pihak kemudian untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Kesimpulan dari uraian tersebut adalah agar guru mampu mencari solusi dari semua persoalan di kelas, intinya guru perlu melakukan perubahan pandangan, yaitu dengan cara memromosikan: Matematika Sekolah, Pembelajaran Konstruktivisme, Matematika yang Plural, Belajar adalah membangun atau menkonstruksi, Mengajar adalah kegiatan riset atau to teach is to research, dst.

    ReplyDelete
  12. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Terlihat dalam foto diatas terlihat seperti terdapat orang tua murid dan beberapa penilai sedang mengamati pembelajaran di kelas. Pengamat terlihat membawa kertas serta sibuk menulis pada kertas tersebut. Jika hal ini dilihat dari hal sustainable-nya maka kemungkinandalam kelas tersebut sedang diadakan penilaian terhadap guru dari pengamat yang ada. Hal ini untuk menilai kinerja guru selama pembelajaran, unutkmengetahui kompetensi dan keterampilan yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran. Penilaian ini jika di negara kita diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya itu.

    ReplyDelete
  13. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Guru sebagai personal yang memiliki peranan penting dalam pendidikan harus terus meningkatkan profesionalitas demi memenuhi kebutuhan murid-muridnya. Jepang sebagai Negara yang sangat memperhatikan pendidikan, memiliki segudang ide dan upaya untuk memajukan pendidikan di negaranya. Termasuk meningkatkan profesionalitas gurunya. Foto di atas memperlihatkan bagaimana bentuk penilaian yang dilakukan untuk menilai kinerja guru yang sedang mengajar.

    ReplyDelete
  14. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Guru yang sustainable adalah guru yang tidak hanya berperan untuk mencapai tujuan pendidikan, tetapi juga menjadi kunci dalam pembangunan kapasitas negara secara berkelanjutan melalui pembelajaran serta membangun masyarakat melalui pengetahuan, nilai, dan etika. Namun disisi yang sama, mereka menghadapi berbagai tantangan seperti minimnya jumlah guru, buruknya kualitas pengajaran dan rendahnya status sosial. Peran guru tentu sangat berpengaruh besar bagi kehidupan kita karena selain keluarga, ilmu yang kita dapatkan adalah dari seorang guru yang selalu setia berbagi untuk masa depan kita yang lebih baik.

    ReplyDelete
  15. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini. Bahkan, seorang guru yang notabene telah mengenyam pendidikan tinggi, tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan mengajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan. Bahkan bisa dikatakan, seorang guru pun selamanya akan menjadi murid dari kehidupan itu sendiri.

    ReplyDelete
  16. Junianto
    PM C
    17709251065

    Berdasarkan gambar dalam postingan ini saya memahami bahwa ada kegiatan lesso study yang sedang berlangsung. Mungkin ini akan menjadi salah satu sarana untuk mengga[ai guru yang sustainabel. Dengan adanya lesson study ini bisa memacu guru untuk tetap profesional dan ada ruang diskusi. Diskusi dilakukan untuk mengevaluasi kinerja, diskusi kesulitan siswa dalam belajar maupun diskusi permsalahan yang dihadapi dalam belajar. Dengan adanya kegiatan ini profesi guru bisa berjalan secara berkelanjutan karena evaluasi demi evaluasi terus dilakukan demi peningkatan kualitas guru.

    ReplyDelete
  17. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. menurut saya menjadi guru yang sustainabel berarti menjadi guru yang mau terus belajar, sebab arti kata sustainabel sendiri merupakan berkelanjutan. Guru harus mau senantiasa belajar, belajar memahami siswa, belajar memperdalam materi, dan terus belajar mengejar kemajuan jaman dan teknologi. Siswa itu selalu berubah sesuai dengan perkembangan jaman, maka guru perlu menyesuaikan diri.

    ReplyDelete
  18. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pembelajaran harus bersifat Sustainabel artinya yang berkelanjutan. Seperti pembelajaran matematika, karena kalau pembelajaran matematika berhenti maka anak akan kesulitan jika mendapat permasalah matematika yang lebih kompleks dari permasalahan matematika sebelumnya. Dengan pembelajaran yang Sustainabel seperti pembelajaran filsafat dari Prof maka memberikan dampak secara perlahan tapi pasti kita dapat memahami perubahan ilmu pengetahuan yang bersifat dinamis.

    ReplyDelete
  19. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Guru yang suitainabel adalah guru yang mampu menunjukkan keberadaannya. Hal ini mengingatkan saya pada perkuliahan Filsafat Ilmu, disampaikan bahwa guru harus ada, mengada, dan menjadi pengada. Selanjutnya, pada dasanya gurupun seorang researcher. Oleh karena itu, menjadi guru yang suitainabel menjadi satu tanggung jawab yang besar. Karena upayanya dalam menjadi pengada berkaitan erat dengan keberhasilannya dalam memberikan pembelajaran. Upayanya untuk menjadi pengada, berhubungan dengan keberhasilan siswa-siswanya.Pengada-nya seorang guru ialah mampu menjadikan siswa-nya menjadi pengada pula.

    ReplyDelete
  20. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Sustainabel jika diartikan secara harfiah adalah berkelanjutan atau berkesinambungan. Berarti untuk menjadi guru yang sustainabel dibutuhkan ketekunan guru dalam menambah wawasan dan melatih keterampilannya dalam bidang pendidikan dan proses ini harus berjalan terus dan berkelanjutan sehingga guru-guru berprestasi dapat terus menjadi tombak majunya dunia pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Sustainabel didefinisikan sebagai yang berkelanjutan. Menurut saya, guru yang sustainabel adalah guru yang berkelanjutakan membagi ilmu untuk peserta didiknya. Adalah guru yang berkelanjutan belajarnya karena sudah menjadi guru bukan berarti berhenti belajar.

    ReplyDelete
  22. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terdapat salah satu pendapat yang mengatakan bahwa definisi dari sustainabel adalah berkelanjutan. Setelah saya mencoba menghubungkan dengna foto yang ditampilkan, maka yang dapat saya pahami adalah bahwa guru yang sustainabel adalah guru yang mampu memberikan pembelajaran yang berkelanjutan. Maksudnya yaitu guru yang mau merefleksikan pembelajarannya kemudian mengevaluasi, memperbaiki dan mengembangkan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, untuk mengembangakan pembelajran yang telah dilakukan maka guru perlu berkerjasama dengan guru-guru lainn agar dapat saling memberikan pendapat dan mengevaluasi sehingga pembelajaran dapat berkembang dengna maksimal.

    ReplyDelete
  23. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Di samping akuntable, seorang guru harus sustainabel. Artinya seorang guru harus melakukan perubahan secara berkelanjutan. Hal ini dimaksud agar guru mampu melakukan inovasi pembelajaran sehingga pembelajaran berjalan sesuai dengan kebutuhan siswa dan tidak bersifat menoton. Guru yang sustainabel akan semakin memahami karakter dan pola pikir siswa serta mendukung terjalin interaksi yang bermakna antara siswa dan guru, siswa dan siswa lainnnya, serta siswa dengan sumber belajar

    ReplyDelete
  24. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sangat penting bagi seorang guru untuk terus mengembangkan profesionalismenya. Semakin lama ia berkecimpung di dunia pendidikan, maka semakin besar tuntutannya untuk menguasai kompetensi-kompetensi yang wajib bagi guru. Tak hanya di bidang kualitas pembelajaran, namun karya-karya serta penelitian juga merupakan tuntutan bagi seorang guru. Guru juga harus aware terhadap perkembangan media, teknologi, serta tidak ketinggalan update terhadap isu-isu atau perkembangan terbaru dunia pendidikan. Pada dasarnya menjadi guru bukan hanya tentang mengajar siswa, namun bertanggung jawab penuh terhadap profesi yang dipilihnya.

    ReplyDelete
  25. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Apa yang saya dapat setelah melihat foto ini adalah bahwa guru yang sustainabel adalah guru yang selalu melakukan atau mengusahakan kemajuan dan perkembangan dalam pembelajarannya. Karena dalam foto ini kita dapat melihat terdapat beberapa orang yang terlihat sedang melihat dan menilai proses jalannya pembelajaran. Semua penilaian atau hasil pengamatan tersebut dapat digunakan guru sebagai bahan koreksi, evaluasi, dan refleksi, sehingga pembelajaran dapat diperbaiki dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  26. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Guru yang sustainable selalu melakukan inovasi. Ia tidak hanya melakukan inovasi dalam pembelajaran yang ia lakukan. Namun ia juga selalu sustainable dalam mengembangkan kompetisinya pribadi. Ia melakukan penelitian, ia membuat artikel jurnal, ia mengikuti pelatihan, ia melakukan semua hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas dirinya maupun kualitas pembelajaran yang ia lakukan.

    ReplyDelete
  27. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Sustainabel memiliki arti berkelanjutan, maka guru yang sustainable adalah guru yang terus mengembangkan kompetensinya. Walau sudah menjadi seorang guru akan tetapi kompetensinya tidak bolehlah berhenti/tidak berkembang, kompetansi guru harus terus dikembangkan, agar guru mampu memperbaiki pembelajarannya kemudian menciptakan pembelajaran yang inovatif.

    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  28. 372. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Guru yang sustainebel artinya guru yang dapat selalu mempertahankan / kosnsisten dalam mengembangkan segala potensinya. Guru yang sustainabel akan terus belajar dan memperbaiki sistem pengajarannya. Ia juga selalu melakukan refleksi kelemahan-kelemahan apa yang ada pada dirinya dan berusaha selalu menampilkan usaha terbaiknya sebagai guru.

    ReplyDelete
  29. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Guru yang sustainable adalah guru yang selalu terbuka terhadap perubahan. tidak menutup diri untuk terus belajar, mencari ilmu untuk membelajarakan siswa-siswanya. guru yang sustainable selalu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, mengevaluasi pembelajarannya dan bersikap kreatif dan inovatif. a teacher is a researcher merupakan paradigma guru yang sustainable.

    ReplyDelete
  30. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Guru selain harus mempunyai sifat akuntabel juga harus sustainabel atau berkelanjutan. Berkelanjutan disini bisa diartikan dalam kegiatan pembelajaran guru harus senantiasa meningkatkan kapasitas mengajarnya. Semakinbanyak pengalaman dan semakin banyak ilmu yang dimiliki guru tentu akan memunculkan kepaercayaan siswa kepadanya. Intinya adalah berkelanutan dalam meningkatkan kapasitas dirinya.

    ReplyDelete
  31. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pada foto di atas saya melihat kegiatan pembelajaran di kelas dimana muridnya antusias mengikuti pembelajaran dengan diawasi oleh beberapa orang ahli di bidang pendidikan. Guru yang tergambar seperti foto di atas adaah guru yang sustainabel. Guru yang sustain adalah guru yang melakukan pengembangan berkelanjutan. Untuk menjadi guru yang sustainabel maka seorang guru tersebut harus terus mengasah kemampuannya dalam pedagogik, profesional, personal, dan sosial tanpa terkecuali. Sehingga, guru yang sustainabel adalah duru yang ingin terus belajar dan berkembang.

    ReplyDelete