Nov 22, 2012

Hakekat Kurikulum_Diresensi oleh Marsigit



6 comments:

  1. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa segala sesuatu yang akan dilakukan dalam pembelajaran harus direncanakan dalam sebuah kurikulum.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Menurut Becher dan Maclure, ada dua komponen yang terkati dalam inovasi pengembangan kurikulum pembelajaran matematika. Pertama, dalam kurikulum yang berperan penting, peran guru dinyatakan sebagai pelaksana kurikulum, dengan mengembangkan peran dominasinya terhadap pembelajaran matematika yang terorganisir agar dapat mengawal siswa mencapai tujuan tertentu. Kedua, dalam kurikulum yang Interaktif / Perorangan, peran guru dinyatakan sebagai pengembang kurikulum, dengan mengembangkan fungsi guru sebagai penampung / fasilitator dan membantu kebutuhan belajar siswa, dengan asumsi bahwa siswa harus diberi kesempatan untuk mengemukakan inisiatif. Dan konsep matematika konstruksi sesuai dengan kecepatan dan kesiapan masing-masing. Siswa berhak belajar.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Ada beberapa jenis kurikulum yang ada di dunia pendidikan ini, Dalam artikel ini dituliskan beberapa jenis kurikulum yaitu kurikulum instrumental, kurikulum interaktif, dan kurikulum individualis. Kurikulum instrumental hanya cocok digunakan untuk kehidupan nyata yang sekarang terjadi. Kurikulum interaktif cocok digunakan untuk mempersiapkan perubahan dunia. Kurikulum individualis cocok digunakan untuk mempersiapkan dunia yang tidak tahu akan seperti apa ke depannya, di sini setiap individu dituntut siap apapun yang terjadi di masa berikutnya.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Dari gambar di atas terdapat tiga macam kurikulum yaitu instrumental curriculum, interactive curriculum, dan individualistic curriculum. Setiap jenis memiliki kekurangan dan kelebihan dari berberbagai sisi. Namun dari ketiga jenis kurikulum tersebut, secara pribadi menurut saya bahwa kurikulum yang paling cocok untuk pendidikan di Indonesia pada saat ini adalah kurikulum yang interaktif.

    ReplyDelete
  5. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Kurikulum menjadi pegangan penting para guru untuk mengajar di sekolah. Berdasarkan ilustrasi tabel di atas, hakikat kurikulum dibedakan menjadi instrumental curriculum, interactive curriculum, dan individualistic curriculum. Kurikulum di Indonesia sebenarnya bisa mengkombinasikan antara instrumental curriculum, interactive curriculum, dan individualistic curriculum. Kita dapat mengambil beberapa karakteristik positif dari masing-masing hakikat kurikulum, untuk diolah menjadi hakikat kurikulum di Negara Indonesia. Misalnya, interactive kurikulum sangat baik dan menonjol pada social adjustment, namun kurang terstruktur. Agar lebih terstruktur dapat dikombinasikan dengan instrumental curriculum dengan highly structured material.

    ReplyDelete
  6. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Kurikulum memegang peranan penting dalam system pendidikan. Berbagai kurikulum menawarkan pembelajaran yang berbeda dan pada intinya menghasilkan goal yang sama yakni bperubahan dari individu tersebut entah perubahan tersebut dipandang dari kemampuan kognitif maupun afektif. Seperti tiga buah kurikulum diatas memandang obyek pembelajaran berbeda , perlakuan yang berbeda dan hasil dengan obyek yang berbeda pula. Namun, ada persamaan yakni keduanya mengingkinkan adanya hasil dan perubahan kepada obyek yang di didik. Terima Kasih.

    ReplyDelete