Nov 22, 2012

Hermenetika Pembelejaran Matematika_oleh Marsigit



4 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Ada dua jenis matematisasi, yaitu matematis horisontal dan vertikal. Dalam matematisasi horizontal, para siswa menghasilkan alat matematika yang dapat membantu mengorganisir dan memecahkan masalah yang berada dalam situasi kehidupan nyata, mentransfer masalah dunia nyata ke masalah matematika. Sedangkan, matematisasi vertikal adalah proses reorganisasi dalam sistem matematis itu sendiri. Pendekatan iceberg adalah sebuah pendekatan yang menggambarkan seperti gunung es yang mewakili beberapa langkah dari masalah kehidupan sehari-hari / masalah dunia nyata menjadi masalah matematika. Dalam pendekatan iceberg, ada beberapa langkah seperti: matematika konkret, model matematis matematika, model formal matematika, dan matematika formal.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Seharusnya pembelajaran matematika menggunakan dua matematisasi. Freudenthal berpendapat bahwa siswa tidak dapat dipandang sebagai penerima pasif matematika yang sudah jadi. Pendidikan matematika harus diarahkan pada penggunaan berbagai situasi dan kesempatan yang memungkinkan siswa menemukan kembali (reinvention) matematika berdasarkan usaha mereka sendiri. Untuk menekankan bahwa proses lebih penting daripada hasil, dalam pendekatan matematika digunakan istilah matematisasi. Matematisasi dibedakan menjadi dua yaitu matematisasi vertical dan matematisasi horizontal. Matematisasi horizontal adalah proses penyelesaian soal-soal kontekstual dari dunia nyata. Siswa mencoba menyelesaikan soal-soal dari dunia nyata dengan cara mereka sendiri, dan menggunakan bahasa dan symbol mereka sendiri. Sedangkan matematisasi vertical adalah proses formalisasi konsep matematika. Siswa mencoba menyusun prosedur umum yang dapat dipergunakan untuk menyelesaikan soal-soal sejenis secara langsung tanpa bantuan konteks. Dengan begitu pembelajaran matematika akan berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  3. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Hermenetika pembelajaran matematika terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa pembelajaran akan terus berjalan, kita tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan melingkar artinya kita dapat mengulanginya, hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Hermeneutika dalam pembelajaran matematika menggunakan prinsip gunung es, dimana dalam pendekatan ini merupakan realistiknya matematika. Ada matematika horizontal dan matematika vertika. Dalam matematika horizontal, siswa mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan dunia nyata berdasarkan cara mereka sendiri, masih menggunakan simbol yang mereka buat sendiri, mereka belum mengenal simbol-simbol formal matematika. Sedangkan matematika vertikal adalah saat mereka telah dapat menggunakan simbol-simbol matematika dalam menyelesaikan setiap permasalahan matematika atau juga dapat dikatakan telah menggunakan matematika formal. Pendekatan gunung es ini mempunyai maksud menjadikan siswa berkompeten dan dapat mengembngkan keterampilan hidupnya (Nuruniyah, 2013)

    ReplyDelete
  4. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, hidup ini berjalan terikat pada ruang dan waktu. Kehidupan berjalan seperti roda yang berputar dari pagi-siang-malam-pagi-siang dst, senantiasa berputar akan tetapi pagi pertama tentu berbeda dengan pagi-pagi selanjutnya demikian pula dengan siang dan malam sehingga kehidupan itu berjalan melingkar akan tetapi sekaligus maju dan tak bisa kembali. Demikian halnya dalam pembelajaran matematika, prosesnya juga merupakan analogi garis melingkar dan garis lurus. Garis lurus artinya setiap yang terlibat dalam proses pembelajarna berjalan terus menerus tanpa henti dan garis melingkar artinya bahwa setiap yang terlibat dalam pembelajaran bergerak berputar kadang posisi di atas atau dibawah, kedua hal ini akan saling berhubungan. Semuanya bergerak maju lurus sekaligus bergerak berputar.

    ReplyDelete