Nov 22, 2012

Hermenetika Pembelejaran Matematika_oleh Marsigit



19 comments:

  1. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Bedasarkan dari gambar diatas dan penjelasn Prof Marsigit sebelumnya, teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus, keduanya jika digabungkan akan membentuk sebuah spiral yang di analogikan sebagai proses kehidupan. Garis lurus yang dimaksud adalah kehidupan itu berjalan lurus, waktu akan terus berjalan dan waktu itu akan terjadi sekali seumur hidup, sehingga tidak dapat diulang kembali. Sedangkan lingkaran yang dimaksud adalah kehidupan adalah sebuah proses yang tiada habis-habisnya hingga hari akhir tiba atau hidup akan terus berputar, seperti pagi bertemu pagi lagi.

    ReplyDelete
  2. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan gambar di atas, hermenetika pembelajaran matematika terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan garis melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa pembelajaran akan terus berjalan, sedangkan melingkar artinya pembelajaran tersebut dapat diulang namun hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Hermeneutika dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan gunung es, dimana dalam pendekatan ini merupakan matematika realistiknya. Dalam hal ini digambarkan dengan matematika horizontal dan matematika vertikal. Dalam matematika horizontal, siswa mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan dunia nyata berdasarkan pengalaman dan cara mereka sendiri, dimana mereka masih belum mengenal simbol-simbol formal dalam matematika. Sedangkan matematika vertikal adalah saat mereka telah dapat menggunakan simbol-simbol matematika dalam menyelesaikan setiap permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Setiap makhluk ataupun benda yang ada di dunia ini pasti mengalami hermenetika. Gambar di atas mendeskripsikan hermenetika dalam matematika. Gambar yang berbentuk lingkaran menandakan bahwa kehidupan selalu berputar, sedangkan gambar yang berbentuk garis lurus adalah bahwa hidup terus bergerak maju. Hal ini jika disatukan dapat berbentuk spiral yang menandakan bahwa siklus kehidupan selalu berulang dari segi ruang, namun kita tidak pernah mengulang hal yang sama secara percis.

    ReplyDelete
  4. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus,maka jika digabungkan akan terbentuk sebuah spiral yang dianalogikan sebagai proses kehidupan.Pada garis lurus dapat diartikan sebagai kehidupan yang berlangsung dan tidak dapat terulang, kemudian untuk lingkaran dapat diatikan sebagai kehidupan yang berputar. Dalam hidup ini kita tidak selalu ada di atas, ada kalanya kita berada di bawah, dan sebaliknya. Keduanya saling berinteraksi menerjemahkan dan diterjemahkan. Seperti halnya dalam pembelajaran matematika yang menggunakan hermeuntika hidup, guru menerjemahkan siswa dan siswa menerjemahkan matematika, disini yang dimaksud menerjemahkan adalah mengerti, sehingga antara guru dan siswa harus dapat saling mengerti satu sama lain.

    ReplyDelete
  5. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Hermeneutika matematika sebagai pendekatan Iceberg dalam hal matematika vertikal dan horizontal berkaitan dengan pembelajaran matematika realistik (RME). Contoh matematisasi horizontal adalah pengidentifikasian, perumusan, dan penvisualisasian masalah dalam cara-cara yang berbeda dan pentransformasian masalah dunia real ke dunia matematika. Contoh matematisasi vertikal adalah representasi hubungan-hubungan dalam rumus, perbaikan dan penyelesaian model matematika, penggunaan model-model yang berbeda dan penggeneralisasian.

    ReplyDelete
  6. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Berdasarkan pemahaman saya terhadap gambar diatas. Hermeneutika dalam pembelajaran matematika, digambarkan dengan garis lurus dan spiral adalah,garis lurus menunjukkan bahwa pembelajaran berlangsung terus menerus, menuju kearah yang lebih kompleks lebih abstrak sesuai dengan teori iceberg, dan garis spiral menggambarkan bagaimana suatu pembelajaran berlangsung dengan proses yang sama, yakni dengan informasi yang diterima dari proses pembelajaran kemudian diinterpretasikan dalam otak, begitupun seterusnya secara berulang, namun tingkat kesulitan dengan waktu yang berbeda.

    ReplyDelete
  7. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Disini Hermeneutika pembelajaran matematika digambarkan oleh Prof. Dr. Marsigit, M. A dalam gambar tersebut. Hampir sama halnya hermeneutika hidup, dalam pembelajaran matematika, guru tidak mungkin memberikan pure mathematics pada siswa. Guru harus mengubah pure mathematics ke dalam bentuk school mathematics terlebih dahulu sebelum mengenalkannya pada siswa. School Mathematics itulah yang digambarkan sebagai matematika horisontal, sedangkan pure mathematics itulah matematika vertikal.

    ReplyDelete
  8. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dari diagram diatas, kita dapat langsung mengetahui bahwa matematika vertikal hanya untuk mereka yang benar-benar-benar ahli dalam matematika. Untuk melewati matematika horisontal kita hanya perlu berjalan ke depan, tapi untuk melewati matematika vertikal itu sulit. akan ada begitu banyak rintangan untuk mencpai titik tertinggi.

    ReplyDelete
  9. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Hermenetika yang selama ini kita ketahui hanyalah mengenai hermenitika hidup di alam semesta ini. Namun, ternyata hermenetika juga terdapat dalam pembelajaran matematika. Yang dimaksud hermenetika dalam pembelajaran matematika disini misalnya hubungan harmonis antara guru dengan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat dengan mudah untuk mencapai tujuan.

    ReplyDelete
  10. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dari gambar di atas dapat diperoleh bahwa dalam pembelajaran matematika, guru tidak mungkin memberikan pure mathematics pada siswa. Guru harus mengubah pure mathematics ke dalam bentuk school mathematics terlebih dahulu sebelum mengenalkannya pada siswa. School Mathematics itulah yang digambarkan sebagai matematika horisontal, sedangkan pure mathematics itulah matematika vertikal.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C
    17709251065

    Hermenetika bisa diterapkan dalam berbagai hal di kehidupan manusia. Begitu juga dalam konsep pembelajaran matematika di kelas. Pembelajaran matematika juga berhermenetika, salah satunya adalah saling menterjemahkan antara siswa dan guru. Saling menterjemahkan ini sebagai suatu proses pembelajaran dimana guru harus mengerti kondisi siswa dan siswa juga harus memahami kondisi guru. Pembelajaran juga bisa diibarakan sebuah spiral yang menunjukkan bahwa pembelajaran membutuhkan proses terus menerus dan tanpa henti.

    ReplyDelete
  12. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Perjalanan manusia di dunia merupakan hasil dari sebuah Time Line kehidupan, yang berwal dari tahun 2000 SM sampai dengan zaman post modern yang dibalut dengan segala kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi seperti yang saat ini dirasakan oleh seluruh peradaban manusia. Menurut pandangan filsafat, kehidupan manusia terbagi ke dalam dua kategori yaitu kehidupan yang berasal dari langit dan kehidupan yang berasal dari bumi. Kehidupan yang berasal dari langit memandang bahwa tuhan bersifat monoism dan absolutism artinya mutlak bahwa tuhan tidak mempunyai pembanding terhadap apapun dan siapapun.

    ReplyDelete
  13. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dalam pembelajaran matematika, terjadi proses linear dan spiral. Proses linear di sini maksudnya ilmu matematika terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sedangkan proses spiral maksudnya, konsep matematika akan tetap sama selama penelitian dan kesepakatan bersama mengenai hal itu masih sama.

    ReplyDelete
  14. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Seperti halnya kehidupan yang berhermenetika, matematika sebagai ilmu pun memiliki hermenetikanya. Hermenetika pembelajaran matematika berarti proses penafiran dan penginterpretasian makna yang dilakukan selama proses pembelajaran matematika. Berdasarkan ontologi hermenetika yaitu siklik dan linear, pembelajaran matematika juga terdapat materi-materi yang berkali-kali diulang namun juga bersifat linear, yaitu tidak pernah sama. Pasti ada yang berbeda dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  15. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Herminitika matematika dapat dijabarkan dengan garis lurus dan juga lingkaran. Ia membentuk sebuah spiral. Lurus artinya ia berjalan ke depan dan tidak akan kembali. Maksudnya, kehidupan akan senantiasa berjalan ke depan, ia tidak bergerak ke masa lalu. Bagi mahasiswa yang sedang kuliah filsafat ilmu, ia tidak akan mendapatkan kuliah filsafat ilmu yang sama ruang dan waktunya. Lingkaran maksudnya adalah berulang atau membentuk siklus. Contohnya, bila kuliah filsafat ilmu adalah hari rabu jam 11, maka rabu jam 11 pekan depan kita akan kuliah filsafat lagi.

    ReplyDelete
  16. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Berdasarkan gambar di atas kita dapat memaknai bahwa hermenetika pembelajaran matematika sama dengan hermenetika kehidupan, yaitu terdiri atas garis lurus dan garis melingkar. Garis melingkar artinya pembelajaran matematika akan terus maju, mengalami perkembangan. Hal ini juga dapat diartikan pemahaman kita akan terus maju seiring majunya pengalaman belajar. Garis melingkar maksudnya, pembelajaran matematika dapat berulang, tetapi pengulangan tersebut terikat ruang dan waktu. Artinya kita tidak dapat kembali mempelajari materi yang sama pada ruang dan waktu yang sama.

    ReplyDelete
  17. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Hidup manusia adalah hemerneutika, maka proses hermeneutika (terjemah dan diterjemahakan) pun terjadi dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam pembelajaran matematika. Jika guru tidak menerjemahkan karakteristik siswa maka tidak akan mampu menciptakan pembelajaran berserta perangkatnya (LKS) yang mampu membuat siswa yang memiliki beragam karakteristik untuk belajar. Kemudian jika perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru misalnya LKS tidak diterjemahkan oleh siswa maka siswa tidak akan belajar dan memperoleh pengetahuan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  18. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PMC

    Belajar merupakan proses hermenetika, dimana siswa melakukan interaksi baik dengan guru, dengan sesama siswa, dengan buku, maupun dengan benda-benda yang ada di sekitarnya. Dalam proses belajar siswa perlu berinteraksi dengan lingkungannya, dengan teman-temannya, dengan gurunya untuk memperoleh pengetahuan. Berinteraksi dengan lingkungan akan memberikan siswa pengalaman sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuannya.

    ReplyDelete
  19. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Hermenetika pembelajaran matematika terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa pembelajaran akan terus berjalan, kita tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan melingkar artinya kita dapat mengulanginya, hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Hermeneutika dalam pembelajaran matematika menggunakan prinsip gunung es (iceberg), dimana dalam pendekatan ini merupakan pendekatan realistic mathematics education. Dalam RME terdapat dua matematisasi. yaitu matematisasi horisontal dan vertikal. Dalam matematisasi horizontal, para siswa menghasilkan alat matematika yang dapat membantu mengorganisir dan memecahkan masalah yang berada dalam situasi kehidupan nyata, mentransfer masalah dunia nyata ke masalah matematika. Sedangkan, matematisasi vertikal adalah proses reorganisasi dalam sistem matematisasi itu sendiri.

    ReplyDelete