Nov 22, 2012

Hermenetika Pembelejaran Matematika_oleh Marsigit



4 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Pada dasarnya, hermeneutika berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya, diperlukan konsep kuno yang bernama “kata batin”– inner word. Hermenetika, yang dalam bahasa Inggrisnya adalah hermeneutics, berasal dari kata Yunani hermeneutine dan hermeneia yang masing – masing berarti “menafsirkan dan “ penafsiran”. Istilah didapat dari sebuah risalah yang berjudul Peri Hermeneias (Tentang Penafsiran). Hermeneutica juga bermuatan pandangan hidup dari penggagasnya. Hermeneutika pembelajaran matematika digambarkan oleh Prof. Dr. Marsigit, M. A dalam gambar tersebut dapat saya tafsirkan sebagai berikut:
    Hampir sama halnya hermeneutika hidup, dalam pembelajaran matematika, guru tidak mungkin memberikan pure mathematics pada siswa. Guru harus mengubah pure mathematics ke dalam bentuk school mathematics terlebih dahulu sebelum mengenalkannya pada siswa. School Mathematics itulah yang digambarkan sebagai matematika horisontal, sedangkan pure mathematics itulah matematika vertikal. Untuk dapat membudayakan matematika diperlukan pemahaman tentang makna matematika pada berbagai dimensinya. Dimensi makna matematika dapat dilihat dari sisi dimensi matematika untuk obyek benda-benda konkrit dan dimensi matematika untuk obyekobyek pikiran. Komunikasi matematika meliputi komunikasi material, komunikasi formal, komunikasi normatif dan komunikasi spiritual. Dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika maka kita lebih cocok untuk mendefinisikan matematika sebagai matematika sekolah, namun untuk tingkat perguruan tinggi kita mendefinisikan matematika sebagai matematika formal atau aksiomatis. Pembudayaan matematika dapat berkontribusi pada keunggulan bangsa melalui inovasi pembelajran matematika yang dilakukan secara terus menerus. Dalam kaitannya untuk memperoleh keunggulan bangsa maka kita bisa memikirkan matematika, pembelajaran matematika maupun pendidikan matematika pada berbagai hirarkhitataran atau level instrinsik, ekstrinsik atau sistemik.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermeneutika adalah menterjemahkan dan diterjemahkan. Dalam hal pendidikan matematika maka hermeneutikanya merupakan suatu proses mengkonstruksi pengetahuan hingga menerapkannya. Dimana siswa mengkonstruksi pengetahuannya berangsur-angsur dari konkrit hingga abstrak, serta menggunakan matematisasi vertikal dan matematisasi horizontal. Misalnya, matematika untuk tingkat sekolah dasar khususnya, belajar matematika diawali dengan matematika konkret, dilanjutkan dengan model matematika konkret, selanjutnya matematika formal, dan model matematika formal. Matematika untuk tingkat sekolah dasar adalah aktivitas, jika guru langsung memberikan definisi, maka itu bukan hermeneutika pembelajaran matematika yang tepat untuk siswa SD. Hal ini dikarenakan hakekat belajar matematika siswa SD adalah aktivitas dan jika guru langsung memberikan definisi tentang materi matematika yang dipelajari, itu sama saja membunuh intuisi siswa SD.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hermenetika dapat kita artikan sebagai proses interpretasi terhadap apa yang kita pelajari. Hermenetika kehidupan dalam filsafat digambarkan sebagai sebuah pegas yang berbentuk spiral dan garus lurus. Lurus berarti kita tidak akan pernah mengulangi hal yang sama. Sedangkan spiral tersebut dapat mengembang dapat pula mengerucut kecil. Hermenetika pembelajaran matematika juga digambarkan sebagai sebuah spiral dan garis lurus. Garis lurus menggambarkan bahwa pembelajaran yang telah dilaksanakan tidak akan pernah terulang kembali sedangkan spiral menggambarkan bahwa pembelajaran yang telah berlangsung dapat kita ulangi kembali dengan inovasi baru yang disesuaikan dengan objeknya serta dimensi ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    hermeneutika berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya, diperlukan konsep kuno yang bernama “kata batin” – inner word. Hermenetika, yang dalam bahasa Inggrisnya adalah hermeneutics, berasal dari kata Yunani hermeneutine dan hermeneia yang masing – masing berarti “menafsirkan dan “ penafsiran”. Istilah did dapat dari sebuah risalah yang berjudul Peri Hermeneias (Tentang Penafsiran). Hermeneutica juga bermuatan pandangan hidup dari penggagasnya.hermeneutika hidup, dalam pembelajaran matematika, guru tidak mungkin memberikan pure mathematics pada siswa. Guru harus mengubah pure mathematics ke dalam bentuk school mathematics terlebih dahulu sebelum mengenalkannya pada siswa. School Mathematics itulah yang digambarkan sebagai matematika horisontal, sedangkan pure mathematics itulah matematika vertikal.

    ReplyDelete