Nov 22, 2012

Filsafat Hidup Orang Indonesia_oleh Marsigit



63 comments:

  1. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berbicara mengenai filsafat hidup orang Indonesia, tak lepas membahas Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia. Pancasila yang nilai-nilainya dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia merupakan motor pengerak bagi sikap dan tindakan dalam mempertahankan prinsip, mencapai tujuan dan mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Beberapa pandangan filsafat mengenai bagaimana manusia hidup dan apa yang menjadi landasan manusia hidup melalui tujuan, langkah dan apa yang harus dipertimbangkan, dipikirkan dalam menjalani kehidupannya.
    Filsafat hidup orang Indonesia berlandaskan pada paham spiritual yang perlu ditekankan dalam hati yang kemudian di interpretasikan dalam perilaku dan aturan yang memgatur dan menjaga perilaku itu sendiri.
    Sehingga apapun yang dilakukan berlandasakan pada spriritual.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dalam kehidupan bangsa Indonesia menurut saya Pancasila mempunyai fungsi salah satunya sebagai filsafat bangsa. Filsafat sendiri merupakan usaha pemikiran sistematik, yaitu pemikiran dasariah mengenai manusia dalam seluruh semesta realita. Kita tahu bahwa Pancasila diajukan sebagai pemikiran yang mendalam untuk dipergunakan sebagai dasar negara. Pancasila yang berisi lima dasar tidak hanya dipandang sebagai lima prinsip yang berdiri sendiri, akan tetapi dari sila-sila tersebut secara bersama-sama merupakan satu kesatuan yang bulat. Dimana kesatuan tersebut dapat diartikan sila yang satu dijiwai sila yang lainnya. Dalam sila-sila pancasila juga termuat kata-kata dasar Tuhan, manusia, satu, rakyat dan adil. Sehingga isi atau hakikat sila-sila itu mencakup pengertian yang luas dan universal.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Setiap manusia pasti mendabakan kehidupan yang bahagia, sehingga berbagai usaha dilakukan untuk mengejar kesenangan dunia yang dirasa memang dibutuhkan. Diatas kebahagiaan didunia pasti memiliki batasan, sekeras apapun usaha kita untuk memperoleh kebahagiaan di dunia tiadalah berarti jika tidak diiringi dengan usaha mencari bekal di akherat. Berusaha bahagia didunia tidak akan pernah merasa cukup. Kesadaran bahwa hidup di dunia hanyalah sementara, sedangkan kekekalan kebahagian diperoleh di akherat. Sayangnya, keadaan telah banyak memancing manusia untuk mengejar kenikmatan dunia dan mengabaikan pentingnya menjadi manusia yang lebih baik guna mempersiapkan diri menuju akherat kelak.

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Jalan pikiran Indonesia pada akhirnya dilingkupi oleh kehidupan spiritual, kepercayaan terhadap Tuhan. Hal ini terlihat dari sila pertama Pancasila yang menjadi landasan orang Indonesia, berbunyi 'KeTuhanan Yang Maha Esa'. Orang Indonesia menjunjung tinggi Tuhan, segala sesuatu pada akhirnya dipandang melalui sudut pandang spiritual. Melalui gambar-gambar gunungan, bagian terdalam dan terbawah adalah dimensi fisik dari benda yang bukan hidup (berpikir kuantitatif dan sederhana), kemudian dilingkupi dimensi fisik dari kehidupan, kemudian dimensi berfikir, lalu filosofi dari kehidupan, dan terakhir kesemuanya itu dilingkupi oleh sudut pandang spiritual (berpikir kualitatif dan kompleks).

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Berbicara tentang filsafat hidup orang Indonesia telah tertuan dalam pancasila sebagai landasan bangsa indonesia. Dalam Pancasila tertuang 5 sila yang menunjukkan bagaimana bangsa Indonesia harus bersikap mengingat bahwa Indonesia terdiri atas beragam suku, ras, dan agama. Pada sila yang pertama tertulis bahwa "Ketuhanan Yang Maha Esa". Hal ini sejalan dengan pada gambar di atas bahwa struktur yang paling tinggi dan paling sesuai dengan bangsa Indonesia adalah Transendental/God. Ini menunjukkan bahwa srtuktur tertinggi dari suatu kehidupan adalah spiritual di mana segala aktivitas kita akan bermuara ke spiritual. Di bawahnya ada pandangan hidup, filsofi kehidupan, dimensi fisik dari kehidupan dan struktur yang paling bawah adalah dimensi fisik benda mati.

    ReplyDelete
  7. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Filsafat hidup orang Indonesia menurut pendapat saya adalah filsafat yang dimiliki oleh semua orang yang menetap di seluruh wilayah Indonesia. Berdasarkan gambar di atas, berarti kehidupan yang berlandaskan ketuhanan sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat Indonesia. Dari norma spriritual, masyarakat Indonesia menemukan filosofi kehidupannya. Filosofi tersebut berdampak pada pola pikir masyarakat Indonesia. Pola pikir masyarakat Indonesia itu kemudian akan mendahulukan dimensi fisik kehidupan, dan yang terakhir adalah dimensi kehidupan yang non fisik.

    ReplyDelete
  8. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari gambar yang diberikn, saya dapat meyimpulkan bahwa filsafat hidup orang Indonesia dimulai dari dimensi tentang pikiran mengenai hal – hal yang tidak berkaitan dengan hidup. Lalu kemudian dilanjutkan dengan berpikir mengenai dimensi hidup. Setelah itu naik lagi berpikir tentang banyak cara, banyak hal, termasuk di dalamnya ada matematika yang dipikirkan. Selanjutnya memikirkan tentang bagaimana filsafat hidup, mungkin juga tujuan serta capaian dalam hidup ada di dalamnya. Yang paling puncak adalah mengenai pikiran tentang Tuhan. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang hendaknya senantiasa dalam hidup juga memikirkan hubungannya dengan Tuhan agar terjadi keseimbangan dalam hidup. Hal itu dapat dilakukan dengan menjaga hubungan antara sesama manusia, dengan lingkungan, dan dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  9. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa struktur dunia:
    1.Fisik non hidup
    2.Fisik hidup
    3.Ilmu
    4.Filsafat
    5.Agama (spiritual)
    Seperti yang telah dijelaskan oleh Bapak Marsigit, perbedaan dimensi struktur dunia akan menentukan karakter setiap penghuninya dengan 2 komponen, yaitu “takdir” dan “ikhtiar”. Kedua komponen tersebut memang berjalan dengan selaras. Ikhtiar yang dilakukan sangat mempengaruhi hasil akhir yang diperoleh. Oleh karena itu, dari komponen-komponen tersebut, hendaknya kita mampu menyeimbangkan ilmu yang kita miliki dengan agama (spiritual). Kita hendaknya bersungguh-sungguh untuk selalu mencari ilmu dengan berprinsip semata-mata untuk memperoleh ridha Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  10. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari gambar saya merefleksi bahwa filsafat hidup masyarakat di Indonesia itu berpusat kepada Tuhan, kepada Allah SWT. Sebab Indonesia merupakan negara yang beragama, yang meletakkan agama diatas segalanya. Dalam filsafat ilmu maupun filsafat pendidikan matematika juga senantiasa berpusat pada Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Satu hal yang perlu dibanggakan dari orang Indonesia adalah selalu menomorsatukan Tuhan sehingga tertuang dalam sila pertama dalam Pancasila yakni KeTuhanan Yang Maha Esa. Karena orang Indonesia tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang memiliki Iman yang tinggi kepada Sang Pencipta. Orang Indonesia yakin dan percaya bahwa apa yang menjadi milik Tuhan akan kembali juga kepadaNya.

    ReplyDelete
  12. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Filsafat hidup orang indoneisa itu berawal dari demensi physical tidak hidup yanag man aberlanjut menjadi demensi phisiscal hidup, yang juga melahirkan jalan berpikir menuju trandsedental yanag mana akhirnya menuju kepada tuhan yang maha Esa. yang sebenarnya menuju ke abstrak sehingga tidak bisa di pikirkan secara logika.

    ReplyDelete
  13. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Berdasarkan gambar di atas, kita dapat menyaksikan bahwa Filsafat orang Indonesia berkembang dari hal yang bersifat kuantitatif, sederhana, dan konkret. Kemudian berubah menjadi hal yang bersifat kualitatif, kompleks, dan abstrak. Nampak tingkat terrendah adalah dimensi fisik dari nonkehidupan, tingkat di atasnya adalah dimensi fisik dari kehidupan. Kemudian tingkat selanjutnya adalah cara pikir, dan tingkat di atasnya terdapat filsafat kehidupan.Sementara itu, tingkatan tertinggi adalah Tuhan atau yang bersifat spiritual. Kita dapat meletakkan matematika pada tingkatan cara pikir, sedangkan filsafat matematika terletak padadimensi filsafat kehidupan. Kita ketahui bersama bahwa Filsafat hidup orang Indonesia selalu menempatkan Tuhan sebagai tingkatan tertinggi di dalamdimensi kehidupan. Oleh karena itu, kita akan selalu mempasrahkan dan mengembalikan segala permasalahan yang ada kepada spiritual masing-masing.

    ReplyDelete
  14. Setiap orang mempunyai pandangan hidupnya masing-masing. Orang Indonensia menganggap bahwa hidup diciptakan oleh Tuhan. Orang Indonesia menempatkan aspek spiritual di atas segala-galanya. Apa yang ada dan mungkin ada tidak terlepas dari penciptaan oleh Tuhan. Orang Indonesia dapat katakan religius. Setelah itu orang Indonensia kemudian akan memikirkan yang lain antara lain pengetahuan, etika, esetetika, norma, forma, dan materi. Di tempat yang lain mungkin aspek spiritual tidak diperhatikan atau tidak ada sama sekali, yaitu orang –orang yang disebut ateis.

    ReplyDelete
  15. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Filsafat hidup orang Indonesia adalah menempatkan spiritual (Tuhan Yang Maha Esa) diatas segala-galanya. Spriritual sebagai dasar untuk melakukan hal yang lainnyaseperti filsafat hidup, cara berpikir, dimensi fisik hidup, dan dimensi fisik non hidup.
    Yang diharapkan filsafat hidup kita selamanya tidak berubah dengan menempatkan Allah SWT diatas segala-galanya agar hidup senantiasa mengingat darimana kita berasal dan dimana kita akan kembali. Aamiin ya Rabbalalamin.

    ReplyDelete
  16. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Kelangsungan dan keberhasilan suatu bangsa dalam mencapai cita-citanya sangat dipengaruhi oleh filsafat negara dari bangsa tersebut. Seperti bangsa Indonesia yang juga memiliki pedoman dan arah yang akan dituju dalam mencapai cita-cita bangsa, tanpa dilandasi oleh suatu filsafat maka arah yang akan dituju oleh bangsa akan kabur. Untuk itulah kita bangsa Indonesia perlu untuk mengerti dan menghayati filsafat Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Bangsa Indonesia melaksanakan kehidupan bersama berlandaskan kepada dasar filsafat Pancasila sebagai asas persatuan dan kesatuan sebagai perwujudan hakikat kodrat manusia.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dalam hasil tulisan yang Prof berikan salah satu pengetahuan yang saya dapatkan adalah yang harus kita miliki adalah kepercayaan dan keyakinan bahwa tidak ada sesuatu yang memiliki kehidupan kita, bahwasanya kita mempercayai Tuhan. Ini adalah dasar aktivitas kita dalam hidup. Jadi, kita harus beragama. Kita harus tahu filosofi hidup kita untuk apa.

    ReplyDelete
  18. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dalam skema di atas terlihat perjalanan kehidupan orang Indonesia yang berawal dengan dimensi fisik dari bukan kehidupan kemudian dimensi fisik dari kehidupan manusia yang jika dibawa ke pembelajaran keduanya termasuk dalam matematika. Yang dilanjutkan dengan perjalanan pemikiran yang termasuk dalam filsafat matematika yang kemudian dapat disebut sebagai filsafat kehidupan yang meunju ke satu tujuan hidup yaitu Allah SWT. Dari perjalanan di atas terlihat apa yang dilakukan manusia akan bermuara di satu tujuan yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Filsafat hidup orang Indonesia paling tinggi ialah dengan menempatkan Tuhan sebagai pencipta kehidupan di atas segala-galanya. Kehidupan orang Indonesia meliputi secara horisontal dan vertikal dimana secara horisontal ialah Hablumminannas dan secara vertikal ialah hablumminalloh. Keduanya harus berjalan beriringan.

    ReplyDelete
  20. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pancasila sebagai ideology dasar Negara dimana sila ke-1 berbunyi ketuhanan yang maha Esa. Jika kita lihat pada gambar spirtualitas ialah kedudukan tertinggi. Benar adanya bahwa filsafat hidup orang Indonesia ialah hidup untuk beribadah. Begitu juga dalam berfilsafat, seseorang harus menyeimbangkan dengan spiritualitasnya agar tidak salah memahami. Sehingga pentinglah peran spritualitas ini dalam kehidupan baik menanggapi segala suatu hal yang sudah, sedang dan akan terjadi.

    ReplyDelete
  21. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Menurut saya, dalam kehidupan bangsa Indonesia, Pancasila mempunyai fungsi salah satunya sebagai filsafat bangsa. Filsafat sendiri merupakan usaha pemikiran sistematik, yaitu pemikiran dasariah mengenai manusia dalam seluruh semesta realita. Pancasila diajukan sebagai filsafat Negara, yaitu suatu pemikiran yang mendalam untuk dipergunakan sebagai dasar negara. Sebagai filsafat negara, Pancasila berkenaan dengan manusia sebab negara adalah lembaga manusia. Kelima sila itu berfokus pada manusia.
    Pancasila yang berisi lima dasar tidak hanya dipandang sebagai lima prinsip yang berdiri sendiri, akan tetapi dari sila-sila tersebut secara bersama-sama merupakan satu kesatuan yang bulat. Dimana kesatuan tersebut dapat diartikan sila yang satu dijiwai sila yang lainnya. Dalam sila-sila pancasila juga termuat kata-kata dasar Tuhan, manusia, satu, rakyat dan adil. Sehingga isi atau hakikat sila-sila itu mencakup pengertian yang luas dan universal.

    ReplyDelete
  22. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Filsafat hidup orang Indonesia memang bisa digambarkan seperti gambar di atas, dan semuanya itu pada akhirnya nanti adalah Tuhan YME. Hal ini semua dengan anyak filsafat hidup ang bertingkat, memang lebih baik jika hanya Tuhan yang dijadikan tempat naungan bagi kita. Orang Indonesia memang memiliki landasan yang semua orang Indonesia pun mengenalnya, yaitu Pancasila. Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa Indonesia sudah tentunya dijadikan dasar dalam setiap penggambilankeputusan negara. Sedangkan dari sisi filsafat bangsa Indonesia berubah dari yang bersifat konkrit menjadi yang bersifat abstrak. Inilah yang membedakan orang Indonesia dengan negara lain.

    ReplyDelete
  23. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hidup di Indonesia haruslah mematuhi dasar Negara yaitu Pancasila. Mungkin Pancasila merupakan folsafat hidup orang Indonesia. Namun lebih umumnya dapat dipaparkan seperti Pak Prof sajikan. Yaitu filsafat hidup itu Hierarki dari bumi ke langit. Sehingga Hidup di Indonesia memikirkan kehidupannya di dunia dan kebahagiaan di Akhirat. Namun ada juga yang membantah hal tersebut. Seperti para koruptor in, untuk mendapatkan harta dan kekuasaan dilakukan segala cara untuk memperlancarkannya. Sehingga tidak mempedulikan akhirat dan memperdaya nafsu saja. Maka bagi orang-orang tersebut segeralah minta ampun dan tak melakukannya lagi walau sekecil apapun itu.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dasar pemikiran filsafat orang Indonesia berdasarkan gambar di atas adalah dimensi fisik. Orang Indonesia secara filsafat cenderung melihat sesuatu yang kongkret atau bersifat kuantitatif terlebih dahulu baru kemudian yang abstraknya yang bersifat kualitatif. Jadi, orang Indonesia akan melihat asalkan kuantitasnya baik atau nampaknya baik tak apa, tetapi tidak terlebih dahulu meilhat kualitasnya. Inilah yang menajadi kesalahan pemikiran filsafat orang Indonesia. Seharusnya Tuhan YME menjadi landasan dan pondasi yang utama bagi orang Indonesia untuk berfilsafat.

    ReplyDelete
  25. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Filsafat hidup orang Indonesia seharusnya berasaskan pancasila, yang tak lain dan tak bukan merupakan ideologi bangsa. Pada sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini mencerminkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama terlepas dari agama apapun. Dengan demikian, hukum Tuhan harus dijunjung tinggi-tinggi. Sila yang kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Beradab artinya bahwa bangsa indonesia itu bangsa yang bermoral, atau berkarakter. Jika kita menghilangkan nilai-nilai luhur karakter bangsa berarti kita sudah menyalahi falsafah pancasila. Menjadi bangsa yang terbuka bagi bangsa lain sih oke oke saja, tetapi kita juga harus mempertahankan karakter bangsa kita sendiri. jangan sampai semua karakter sendiri dihilangkan dan kita menggunakan karakter bangsa lain.

    ReplyDelete
  26. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Hidup diartikan berbeda dengan kehidupan. Hidup adalah keadaan makhluk yang karena kuasa Tuhan yang maha esa, benda itu dapat bernafas. Berbeda dengan mesin yang hidup akibat ada perubahan energi. Hidup bukan lawan mati, karena mati adalah lawan lahir. Dengan begitu, lahir adalah awal dari kehidupan, sedangkan mati adalah akhir kehidupan.

    ReplyDelete
  27. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hidup manusia harus mengandung unsur dunia dan akhirat. Tidak bisa manusia hidup hanya berurusan dengan dunia saja. Tidak bisa pula manusia hidup hanya berurusan dengan akhirat saja. Interaksi dunia dan akhirat terjadi secara spontan dan itu merupakan karunia Tuhan. Semakin ke atas yang terpenting adalah kualitas kita dalam hidup, tidak menomorsatukan kuantitas lagi.

    ReplyDelete
  28. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Filsafat hidup orang indonesia dipengaruhi oleh dunia timur. Sehingga spiritual itu merupakan puncak dari filsafat. Dari gambar kita dapat melihat hierarki filsafat hidup orang indonesia yang awalnya bersifat kuantitatif, sederhana dan konkrit menuju ke kualitatif, kompleks dan abstrak. Dari yang terendah adalah dimensi fisik tidak hidup, dimensi fisik hidup, jalan untuk berpikir, filosofi hidup, Tuhan. Matematika berada diantara dimensi fisik hidup dan jalan untuk berpikir. Sedangkan filosofi matematika berada diatasnya yaitu di antara jalan untuk berpikir dengan filosofi hidup.

    ReplyDelete
  29. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU
    Berdasarkan gambar yang ada di atas, yang bisa saya katakan tentang filsafat hidup orang indonesia ini berjenjang atau bertingkat. Dari yang awalnya bersifat kuantitatif, hal apa yang terlihat dan simpel menjadi kuantitatif, menuju abstrak dan kompleks. Dimana yang pertama tentang fisik keadaan lingkungan yang tak hidup adalah penunjang hidup yang paling utama dalam kehidupan misal seperti tanah, air, dan udara yang di ciptakan oleh tuhan serta berguna menunjang kehidupan manusia. Seperti yang kita tahu, Nusantara ini memiliki tetak geografis yang strategis berada di jalur katulistiwa dan iklim tropis, tanah yang subur air melimpah.
    Yang selanjutnya yaitu tentang fisik dimensi hidup yaitu segala sesuatu yang ada di lingkungan kita yang hidup yang menunjang orang indonesia yaitu seperti tanaman dan hewan serta sesamanya. Seperti yang kita tau, alam yang sangat kaya akan keragaman hayati, flora dan faunanya. Kemudian cara berpikir, manusia diberikan anugrah yang berbeda dengan makhluk lainnya dimana manusia dapat berpikir dapat menggunakan akalnya untuk memilah mana yang baik dan buruk. Mana yang salah dan mana yang benar. Sehingga disinal Matematika bisa masuk, karena matematika adalah obyek berpikir kita. Maka terbentuklah filsafat kehidupan kita. Dan yang paling utama yang paling tinggi adalah kesadaran BerTuha, ya Manusia Indonesia dengan Ideologi Pancasila nya sangat memegang erat semua silanya, Sila Pertama, yaitu sila Ketuhanan. Percaya akan Tuhan adalah Pengendali kehidupannya.
    Demikian yang saya pahami dan bisa saya sampaikan, mohon maaf akan kekurangan dan kesalahan dalam menganalisa gambar.

    ReplyDelete
  30. Bulan Nuri
    17709251028
    S2 Pendidikan Matematika Kelas B

    Dari skema diatas terlihat bahwa kehidupan orang indonesia sangat sistematis dan seimbang. Terlihat dari alur kehidupan orang indonesia yang dimulai dari interaksi dengan benda mati, benda hidup, berfikir matematis (logis, kreatif dan pemecahan masalah),serta dengan filosofis kehidupan yang kesemuanya itu bertumpu pada satu tujuan yaitu sang pencipta. Dengan kedudukan Tuhan diatas segalanya menjadikan kehidupan orang indonesia lebih damai dan sistematis, hal ini karena kepercayaan bahwa
    segala sesuatu sudah dalam aturan keadilan Tuhan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  31. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Cara berfilsafat orang Indonesia, menurut pemahaman saya mengartikan gambar, yang paling atas adalah kekuasaan mutlak Allah SWT yang berlaku untuk semua yang ada dan yang mungkin ada. Kemudian di bawahnya adalah filsafat kehidupan. Filsafat hidup seseorang tidak boleh bertentangan dengan kuasa dan ketetapan Allah SWT. Selanjutnya adalah filsafat matematika, atau hukum-hukum dalam matematika yang telah disepakati. Kemudian turun lagi menjadi cara berpikir. Cara berpikir setiap manusia berbeda-beda, tetapi karena berada di bawahnya maka cara berpikir harus sesuai dengan ketetapan Allah, filsafat, dan filsafat matematika. Selanjutnya adalah semua dimensi yang hidup dan paling bawah adalah semua dimensi yang tidak hidup. Sehingga dalam berfilsafat harus memperhatikan strukturnya agar dalam berpikir ada pengendalinya dan pengendali yang paling tinggi adalah ketetapan Allah SWT.

    ReplyDelete
  32. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Berdasarkan gambar di atas, menurut pemahaman saya, tingkatan berfilsafat orang indonesia berawal dari sesuatu yang tidak hidup (dimensi pada benda tidak hidup). Kemudian naik ke tingkat pemahaman tentag dimensi yang hidup. Selanjutnya adalah cara berpikir secara matematis untuk mengetahui filosofi matematika. Lalu di dapatlah suatu filosofi kehidupan yang berujung pada kekuasaan tertinggi yaitu kuasa Allah SWT. Sehingga apa yang dipelajari dan dari mana dipelajari hanya berasal dan kembali pada Allah SWT. Oleh karena itu, seberapa banyak dan luas apa yang dipelajari manusia harus memegang teguh bahwa Allah SWT merupakan sang Maha segalaNya.

    ReplyDelete
  33. Vidiya Rachmawati
    17709251010l9
    PM A

    Berdasarkan diagram di atas, filsafat hidup orang Indonesia bertahap mulai dari benda-benda konkret yang cara memperolehnya dengan menggunakan intuisi. Kemudian semakin naik tingkatannya melalui proses berpikir. Selanjutnya naik lagi dengan memandang setiap masalah secara menyeluruh. Cara berpikir ini sudah mulai memasuki tahap filsafat hidup. Terakhir tingkatan paling tinggi adalah kekuasaan Tuhan. Bahwa setinggi-tinggi kuasa hanyalah Kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  34. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pancasila menyebutkan sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal itu menunjukkan bahwa dimensi spiritualitas orang Indonesia menjadi suatu hal yang sangat penting. Kita tentu ingin naik derajatnya di mata Tuhan atau Allah SWT. Mendekatkan posisi kita pada Transedental adalah mengakui adanya Tuhan sebagai Sang Penguasa dan Pengatur segalanya. Kemudian baru diikuti filosofi atau filsafat atau makna kehidupan. Itu adalah tingkatan ideal (posisi tertinggi adalah Tuhan atau Allah SWT). Namun sayangnya, filsafat hidup orang Indonesia yang tersebut di atas tidak sesuai realita. Faktanya bahwa mengabdi kepada Tuhan akan selalu banyak rintangan atau godaannya. Masalah duniawi semakin menjauhkan manusia dari transedental Ke’Esa’an Tuhannya.

    ReplyDelete
  35. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof
    Saya meminta maaf sebelumnya jika ada kesalahan dalam menafsirkan gambar di atas.Jika dilihat gambar tersebut filsafat hidup orang Indonesia mulai dari dimensi fisik bukan kehidupan sampai meluas ke atas hingga filsafat kehidupan lalu meluas lagi menjadi yang terakhir yaitu Tuhan .Dari yang sederhana menjadi kompleks atau dapat dikatakan bumi menuju langit.Dari langit diturunkan ke bumi berupa peraturan peraturan hidup manusia yang bersumber dari Tuhan yang berisi pedoman hidup manusia yang disebut dengan hukum langit.Peraturan tersebut a sifatnya absolut dan tidak dapat diubah-ubah.Sepertinya halnya kita yang memiliki peraturan perundang-undangan sebagai hukum Negara yang wajib ditaati.Sebab negara kita merupakan Negara hukum.

    ReplyDelete
  36. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Keindahan filsafat orang indonesia yaitu menempatkan Tuhan di atas segala-galanya. hal yang juga terjadi pada beberapa negera. ini menunjukkan bahwa belum terjadi pergeseran atau pun disorientasi yang terlalu jauh seperti yang terjadi di dunia bagian barat. hal ini mungkin saja terjadi karena perbedaan cara berfilsafat.

    ReplyDelete
  37. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Filsafat hidup orang Indonesia merupakan cara berfilsafat orang Indonesia pada umumnya yakni memiliki perjalanan dan tahap-tahapnya. Perjalanan filsafat ini bermula dari memikirkan segala sesuatu yang tidak hidup, meningkat pada segala sesuatu yang hidup serta dilanjutkan oleh bagaimana cara seseorang berpikir dan memandang sesuatu. Maka ketika manusia mampu menempatkan pikiran dalam ruang dan waktu yang tepat maka dia akan menemukan filsafat dari hidup dan setinggi-tinggi manusia berfilsafat maka tujuannya hanya satu yakni Tuhan Yang Maha Esa. Terima Kasih

    ReplyDelete
  38. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahhaman kami, filsafat hidup artinya adalah pengangan hidup atau ideologi hidup. Sebagai orang Indonesia maka ideologi hidup seharusnya menggunakan ideologi Pancasila sebagai filsafat hidup. Dan tentunya bagi bangsa Indonesia, Pancasila dijadikan dasar dalam setiap penggambilan keputusan negara. Sedangkan dari sisi filsafat bangsa Indonesia berubah dari yang bersifat konkrit menjadi yang bersifat abstrak dengan maksud bahwa Pancasila telah mendarah daging pada diri manusia. Seperti yang diketahui bersama bahwa sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa sehingga disini tercermin bahwa tingkatan tertinggi dalam filosofis orang Indonesia adalah spiritual, sehingga hendaknya dalam segala hal berada dalam wadah spiritual, yaitu bernilai ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  39. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Terlihat jelas dari gambar yang dipaparkan, bahwa filsafat kehidupan orang Indonesia itu berjenjang dan bersusun secara sistematis dan seimbang. Dimana Filsafat kehidupan orang Indonesia itu masih sangat kental dengan budaya timur, yaitu Ketuhanan. Sehingga tingkat yang pertama adalah kepercayaan kepada Allah SWT. Sehingga apapun masalah, apapun kekuasaan, apapun Ilmu yang ada dikehidupan manusia tetaplah ada hubungannya dengan Allah dan kesemua yang ada di dunia ini adalah milik Allah. Kemudian terlihat pula, tingkatan yang paling dasar adalah filsafat orang indonesia kepada benda mati(benda-benda yang konkret). Dari filsafat terhadap benda-benda yang konkrit atau nyata atau yang bisa dilihat dengan mata (logis) manusia bisa berpikir atau berfilsafat secara matematis.

    ReplyDelete
  40. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Sesuai dengan gambar di atas, struktur yang paling tinggi di dalam filsafat hidup orang indonesia ialah transendental/God. Berbeda dengan negara-negara barat yang menjunjung tinggi kapitalisme, orang-orang Indonesia menempatkan spiritualitas di atas dimensi kehidupan yang lain. Hal ini sesuai dengan apa yang di dalam Pancasila, dengan sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  41. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari gambar di atas dimensi hidup orang indonesia diilustrasikan seperti garis vertikal dan setengah orbit yang semakin ke bawah semakin mengerucut. Jika dilihat secara vertikal kehidupan manusia terdiri atau terfokus pada apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Sesuatu yang ada di langit ( di pikiran) manusia itu bersifat kualitatif, kompleks dan absrak, yang hanya dapat dijangkau oleh pikiran saja, hanya dapat di rasakan saja. Sedangkan apa yang ada di bumi (kenyataannya) itu bersifat kuantitatif, simple dan kongkrit. Artinya semua yang ada diluar pemikiran manusia itu dapat dihitung berapa jumlah, intetitas dan lain-lainnya.

    Sedangkan dimensi yang lainnya, semakin ke bawah semakin mengerucut atau menyempit. Pandangan yang paling atas dan paling luas dari filsafat hidup orang Indonesia adalah mengenai Tuhan, kemudian menyempit menjadi Filosofi hidup kemudian di dalamnya terdapat filsafat matematika. DI bawahnya ada cara berpikir yang di dalamnya ada cara berpikir matematika, kemudia semakin menyempit menjadi dimensi fisik hidup dan paling sempit itu dimensi fisik bukan hidup atau yang tidak hidup.

    ReplyDelete
  42. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam filsafat hidup orang Indonesia, orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang konkret dan sifatnya kuantitatif baru kemudian memikirkan hal-hal yang abstrak dan sifatnya kualitatif. Orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang terlihat secara fisik (yang dapat terlihat oleh indera penglihatan) terlebih dahulu baru kemudian memikirkan hal-hal yang non-fisik. Seperti juga yang telah dijelaskan oleh Bapak Marsigit bedasarkan tabel gambar, perbedaan dimensi struktur dunia akan menentukan karakter setiap penghuninya dengan 2 komponen, yaitu “takdir” dan “ikhtiar”. Kedua komponen tersebut memang berjalan dengan selaras. Ikhtiar yang dilakukan sangat mempengaruhi hasil akhir yang diperoleh. Oleh karena itu, dari komponen-komponen tersebut, hendaknya kita mampu menyeimbangkan ilmu yang kita miliki dengan agama (spiritual).

    ReplyDelete
  43. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Filsafat hidup orang Indonesia adalah Pancasila sekaligus sebagai ideologi hidup bangsa. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa disusun berdasarkan hakikat dan tujuan bangsa. Pancasila sebagai pemersatu bangsa dari keberanekaragaman dan kemajemukan bangsa Indonesia. Berdasarkan gambar di atas, aspek terendah dalam kehidupan adalah materi dan yang tertinggi adalah spiritual atau kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  44. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa struktur dunia (dari rendah ke tinggi)
    1. Fisik non hidup
    2. Fisik hidup
    3. Ilmu
    4. Filsafat
    5. Agama (spiritual)
    Filsafat hidup orang Indonesia terdiri dari beberapa komponen. Hendaknya kita mampu menyeimbangkan komponen-komponen tersebut. Dan Agama (spiritual) menjadi pedoman atau landasan dalam kehidupan. Hal tersebut sesuai dengan, Pancasila sila pertama yaitu ketuhanan yang maha esa.

    ReplyDelete
  45. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Indonesia kaya akan warisan pemikiran filosfis yag mendalam dalam relasinya dengan Tuhan, dengan sesame manusia dan dengan alam atau makhluk hidup lainnya. Gambar di atas mendeskripsikan bahwa pemikiran filsafat orang Indonesia diawali dari dimensi fisik yang tidak hidup. Kemudian pemikiran tersebut naik kepada pemikiran tentang fisik yang hidup atau dianggap hidup. Selanjutnya cara dan etika dalam berpikir. Cara berpikir tersebut mempengaruhi etika sosial manusia untuk mencapai kehidupan yang harmonis, dan yang paling atas adalah pandangan filosofis manusia terhadap konsep Tuhan. Bahwa sesungguhnya Tuhan adalah jalan kekekalan dan keabadian dalam pandangan manusia Indonesia.

    ReplyDelete
  46. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Orang Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang sifatnya horizontal, oleh sebab itu mereka juga akan berpikir yang bersifat vertikal. Seperti bagan di atas yaitu representasi tahapan pikiran vertikal masyarakat Indonesia.Pemikiran tersebut dibagi menjadi 5 tahap seperti :
    1.Memikirkan hal yang bersifat benda mati yang ada di bumi.
    2.Memikirkan tentang sesama mahkluk hidup.
    3.Memikirkan apa yang dipikirkan sesama mahkluk hidup.
    4.Berpikir menggunakan filsafat kehidupan.
    5.Merefleksikan kehidupan mereka terhadap ketaqwaan terhadap Tuhan.

    ReplyDelete
  47. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Masyarakat indonesia, mempunya prinsip kehidupan yang sangat sistematis dan beraturan. Dari hal yang berkaitan dengan alam semesta, makhluk, serta pemikiran, dan berahir pada tujuan utama yaitu tuhan. Posisi Tuhan yang berada paling atas menandakan bahwa masyarakat Indonesia, sangat meyakini dan menyerahkan semua aturan kehidupannya kepada Tuhan, sehingga tidak diherankan kehidupan masyarakat yang bertuhan pasti lebih baik dari pada yang tidak. Selain itu masyarakat indonesia juga sangat menjaga hubungan baik antar sesama makhluk, artinya hablumminallah dan hablumminannas juga harus dijaga. Karena keseimbangan hidup antara bertuhan dan bermasyarakat merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  48. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Menjadi orang Indonesia yang berlatar belakang filosofis yang kuat, menjadi sebuah anugerah.hampir setiap suku memiliki Dasar fildafatnya sendiri, yang menghormati siklus kehidupan. Orang Indonesia meletakkan Tuhan pada tempat yang tertinggi. Dimensi kehidupan sungguh nyata berstruktur. Dalam Budaya Jawa Juga Hal ini sangat nampak. Dalam dunia pewayangan, dalam Serat Centhini, digambarkan dengan Indah, dunia yang semaunya sampai pada yang transenden yakni Tuhan sendiri.

    ReplyDelete
  49. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Berdasarkan pemahaman saya mengenai gambar diatas, pemikiran orang Indonesia dibagi menjadi beberapa jenjang, dari suatu hal yang kastanya paling rendah adalah suatu hal yang sifatnya konkret, hingga yang bersifat kompleks atau abstrak. Dalam memandang kedudukan manusia, dapat kita lihat sejauh mana tahapan yang sudah ia capai, apakah masih berhgelut dengan duniawi, atau segala hal yang dapat terlihat oleh mata, ataukah telah mencapai pada hal yang bersifat abstrak, dan kompleks, seperti halnya suatu hal yang bersifat ketuhanan atau spiritual.

    ReplyDelete
  50. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pancasila memiliki peranan penting dalam kehidupan berbangsa, salah satunya dalam membentuk falsafah bangsa. Pancasila diajukan sebagai filsafat Negara, yaitu suatu pemikiran yang mendalam untuk dipergunakan sebagai dasar negara. Sebagai filsafat negara, Pancasila berkenaan dengan manusia sebab negara adalah lembaga manusia.

    ReplyDelete
  51. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam filsafat hidup orang Indonesia, orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang konkret dan sifatnya kuantitatif baru kemudian memikirkan hal-hal yang abstrak dan sifatnya kualitatif. Orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang terlihat secara fisik (yang dapat terlihat oleh indera penglihatan) terlebih dahulu baru kemudian memikirkan hal-hal yang non-fisik. Misalnya saja, ada seorang pengusaha dan seorang pemulung. Si pengusaha merupakan orang yang telah memiliki materi yang banyak sedangkan si pemulung, materi yang dimilikinya hanya cukup untuk ia dan keluarganya makan selama satu hari. Karena si pengusaha telah berkecukupan dalam hal materi, maka hal yang kemudian dia pikirkan adalah hal-hal yang berkaitan dengan hubungan sosial dengan orang lain, kemudian berlanjut ke menjadi seorang pemikir yang mampu mencetuskan ide-ide kreatif bagi pekerjaannya, kemudian dia akan memikirkan filsafat hidupnya, baru kemudian dia akan memikirkan hal-hal spritual yang berkaitan dengan Tuhannya. Berbeda dengan si pemulung tadi. Dia tidak akan repot-repot memikirkan hubungan sosialnya dengan orang lain karena dia sendiri sudah cukup penat dengan urusan pribadinya sendiri. Dia juga belum terlalu memikirkan hubungan spiritualnya dengan Tuhan karena dia masih terlalu memikirkan kebutuhan duniawinya.

    ReplyDelete
  52. Junianto
    PM C
    17709251065

    Berdasarkan diagram pada gambar tersebut bisa saya pahami hierarki filsafat orang Indonesia. Dari diagram juga diketahui bahwa urutan paling puncak adalah transedental/ Spiritual/ berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhannya. Hal ini juga sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Dalam Pancasila, konsep Ketuhanan juga diletakkan pada urutan teratas yang mengindikasikan bahwa Ketuhanan menjadi landasan utama dalam hidup berbangsa dan bernegara.

    ReplyDelete
  53. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari gambar saya merefleksi bahwa filsafat hidup masyarakat di Indonesia itu berpusat kepada Tuhan, kepada Allah SWT. Sebab Indonesia merupakan negara yang beragama, yang meletakkan agama diatas segalanya. Dalam filsafat ilmu maupun filsafat pendidikan matematika juga senantiasa berpusat pada Allah SWT.

    ReplyDelete

  54. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Orang Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang sifatnya horizontal, maka mereka juga akan berpikir yang bersifat vertikal. Seperti bagan di atas adalah representasi tahapan pikiran vertikal masyarakat Indonesia. Pikiran ini terbagi menjadi lima tahap, yaitu tahap pertama mereka akan memikirkan hal yang bersifat benda mati yang ada dibumi, kemudia tahap kedua memreka memikirkan tentang sesama makhluk hidup, Kemudian tahap ketiga mereka memikirkan yang dipikirkan sesama makhluk hidup, pada tahap keempat akan berpikir menggunakan filsafat kehidupan, dan pada tahap teakhir mereka akan merefleksikan kehidupan mereka terhadap ketakwaan terhadap Tuhan.

    ReplyDelete
  55. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa orang Indonesia memiliki filsafat di mana Transcedental/God merupakan puncak tertinggi dalam kehidupan. Artinya bahwa dalam hidup bermasyarakat, orang Indonesia masih berusaha mempertahankan nilai-nilai agama dan spiritual, tidak ada yang berada lebih tinggi dari aturan Tuhan.

    ReplyDelete
  56. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila dimana sila pertamanya adalah tentang ketuhanan yang Maha Esa. Hal tersebut mengartikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Bangsa Indonesia menempatkan agama sebagai dasar bangunan kehidupan.

    ReplyDelete
  57. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Mempelajari filsafat sama sekali tidak membuat kita tersesat. Ilmu tidak pernah diciptakan oleh Allah dengan tujuan membuat manusia melupakannya. Ideologi Pancasila yang dianut oleh Indonesia menegaskan bahwa Ketuhanan berada di level paling atas. Manusia mampu berpikir setinggi dan sedalam mungkin namun tetap berada di bawah spiritual.

    ReplyDelete
  58. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Bagi orang Indonesia, filsafat tertinggi menempatkan agama atau Tuhan dalam tingkatannya. Agama atau Tuhan ini akan menjadi ruh atau jiwa bagi orang Indonesia. Setiap aktivitas yang ia lakukan haruslah bermuatan dengan nilai-nilai agama atau spiritual. Ia tidak menghendaki adanya pertentangan antara spiritual dengan realita atau logika.

    ReplyDelete
  59. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Struktur kehidupan orang Indonesia dimulai dari dimensi fisik/material hingga sampai kepada spiritual. Sprittual adalah struktur kehidupan yang tertinggi, sehingga semua perbuatan, pikiran dan hati manusia harus didasari oleh spiritual. Jika hal itu tidak dilakukan oleh manusia maka hidupnya tidak berkah.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  60. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Filsafat hidup orang indonesia dipengaruhi oleh dunia timur. Sehingga spiritual itu merupakan puncak dari filsafat. Dari gambar kita dapat melihat hierarki filsafat hidup orang indonesia yang awalnya bersifat kuantitatif, sederhana dan konkrit menuju ke kualitatif, kompleks dan abstrak. Dari yang terendah adalah dimensi fisik tidak hidup, dimensi fisik hidup, jalan untuk berpikir, filosofi hidup, Tuhan. Akan tetapi ada ironi dalam hal ini, orang Indonesia sadar bahwa kehidupan dunia hanyalah sementara, sedangkan kekekalan hidup akan diperoleh nanti di akhirat karena filsafat tertinggi yang dianut adalah transendental atau Tuhan. Sayangnya, keadaan telah banyak memancing manusia untuk mengejar kenikmatan dunia saja dan mengabaikan pentingnya menjadi manusia yang lebih baik guna mempersiapkan diri menuju akhirat kelak.

    ReplyDelete
  61. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Orang indonesia menempatkan spiritual diatas semua prinsip hidupnya. Hal demikian juga didukung dengan sila pertama pancasila yang menyeutkan bahwa orang indonesia berketuhanan yang maha esa. Mungkin hal demikian yang menyebabkan indeks kebahagiaan orang indonesia tinggi. Berbeda dengan negara yang memisahkan agama dari pemerintahannya, atau negara yang masyarakatnya sudah krisis spiritual. Kita sebagai bagian dari indonesia perlu bangga dan bersyukur bisa hidup di negara yang menjamin hak untuk beragama sesuai dengan keyakinan masing-masing.

    ReplyDelete
  62. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Berdasarkan ilustrasi gambar diatas dapat diketahui bahwa orang Indonesia memiliki filsafat dimana Transcedental/God merupakan puncak tertinggi dalam kehidupan. Spiritual menjadi landasan bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan. Hal ini terlihat dari ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila dimana sila pertamanya adalah “Ketuhanan yang Maha Esa”. Tidak ada aturan yang lebih tinggi dari aturan Tuhan.

    ReplyDelete
  63. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Filsafat sangat penting adanya dalam setiap kehidupan individu untuk menjadi dasar untuk mengetahui sesuatu yang benar atau salah dan dapat dijadikan pegangan hidup. Filsafat hidup bangsa Indonesia adalah filsafat pancasila yang digunakan sebagai landasan dasar kehidupan bangsa Indonesia sehingga hasilnya adalah memperoleh kebenaran yang sesungguhnya dan hakiki dari arti nilai sila-sila pancasila. Dengan menjadikan Pancasila sebagai filsafat hidup, nantinya akan membawa sebuah manfaat yang baik dan tentu akan menghasilkan masyarakat Indonesia yang berjiwa pancasila dan berkarakter khas Indonesia yaitu nilai luhur yang ada pada Pancasila

    ReplyDelete