Nov 22, 2012

Filsafat Hidup Orang Indonesia_oleh Marsigit



20 comments:

  1. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam filsafat hidup orang Indonesia, orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang konkret dan sifatnya kuantitatif baru kemudian memikirkan hal-hal yang abstrak dan sifatnya kualitatif. Orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang terlihat secara fisik (yang dapat terlihat oleh indera penglihatan) terlebih dahulu baru kemudian memikirkan hal-hal yang non-fisik. Seperti juga yang telah dijelaskan oleh Bapak Marsigit bedasarkan tabel gambar, perbedaan dimensi struktur dunia akan menentukan karakter setiap penghuninya dengan 2 komponen, yaitu “takdir” dan “ikhtiar”. Kedua komponen tersebut memang berjalan dengan selaras. Ikhtiar yang dilakukan sangat mempengaruhi hasil akhir yang diperoleh. Oleh karena itu, dari komponen-komponen tersebut, hendaknya kita mampu menyeimbangkan ilmu yang kita miliki dengan agama (spiritual).

    ReplyDelete
  2. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Filsafat hidup orang Indonesia adalah Pancasila sekaligus sebagai ideologi hidup bangsa. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa disusun berdasarkan hakikat dan tujuan bangsa. Pancasila sebagai pemersatu bangsa dari keberanekaragaman dan kemajemukan bangsa Indonesia. Berdasarkan gambar di atas, aspek terendah dalam kehidupan adalah materi dan yang tertinggi adalah spiritual atau kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa struktur dunia (dari rendah ke tinggi)
    1. Fisik non hidup
    2. Fisik hidup
    3. Ilmu
    4. Filsafat
    5. Agama (spiritual)
    Filsafat hidup orang Indonesia terdiri dari beberapa komponen. Hendaknya kita mampu menyeimbangkan komponen-komponen tersebut. Dan Agama (spiritual) menjadi pedoman atau landasan dalam kehidupan. Hal tersebut sesuai dengan, Pancasila sila pertama yaitu ketuhanan yang maha esa.

    ReplyDelete
  4. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Indonesia kaya akan warisan pemikiran filosfis yag mendalam dalam relasinya dengan Tuhan, dengan sesame manusia dan dengan alam atau makhluk hidup lainnya. Gambar di atas mendeskripsikan bahwa pemikiran filsafat orang Indonesia diawali dari dimensi fisik yang tidak hidup. Kemudian pemikiran tersebut naik kepada pemikiran tentang fisik yang hidup atau dianggap hidup. Selanjutnya cara dan etika dalam berpikir. Cara berpikir tersebut mempengaruhi etika sosial manusia untuk mencapai kehidupan yang harmonis, dan yang paling atas adalah pandangan filosofis manusia terhadap konsep Tuhan. Bahwa sesungguhnya Tuhan adalah jalan kekekalan dan keabadian dalam pandangan manusia Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Orang Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang sifatnya horizontal, oleh sebab itu mereka juga akan berpikir yang bersifat vertikal. Seperti bagan di atas yaitu representasi tahapan pikiran vertikal masyarakat Indonesia.Pemikiran tersebut dibagi menjadi 5 tahap seperti :
    1.Memikirkan hal yang bersifat benda mati yang ada di bumi.
    2.Memikirkan tentang sesama mahkluk hidup.
    3.Memikirkan apa yang dipikirkan sesama mahkluk hidup.
    4.Berpikir menggunakan filsafat kehidupan.
    5.Merefleksikan kehidupan mereka terhadap ketaqwaan terhadap Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Masyarakat indonesia, mempunya prinsip kehidupan yang sangat sistematis dan beraturan. Dari hal yang berkaitan dengan alam semesta, makhluk, serta pemikiran, dan berahir pada tujuan utama yaitu tuhan. Posisi Tuhan yang berada paling atas menandakan bahwa masyarakat Indonesia, sangat meyakini dan menyerahkan semua aturan kehidupannya kepada Tuhan, sehingga tidak diherankan kehidupan masyarakat yang bertuhan pasti lebih baik dari pada yang tidak. Selain itu masyarakat indonesia juga sangat menjaga hubungan baik antar sesama makhluk, artinya hablumminallah dan hablumminannas juga harus dijaga. Karena keseimbangan hidup antara bertuhan dan bermasyarakat merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Menjadi orang Indonesia yang berlatar belakang filosofis yang kuat, menjadi sebuah anugerah.hampir setiap suku memiliki Dasar fildafatnya sendiri, yang menghormati siklus kehidupan. Orang Indonesia meletakkan Tuhan pada tempat yang tertinggi. Dimensi kehidupan sungguh nyata berstruktur. Dalam Budaya Jawa Juga Hal ini sangat nampak. Dalam dunia pewayangan, dalam Serat Centhini, digambarkan dengan Indah, dunia yang semaunya sampai pada yang transenden yakni Tuhan sendiri.

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Berdasarkan pemahaman saya mengenai gambar diatas, pemikiran orang Indonesia dibagi menjadi beberapa jenjang, dari suatu hal yang kastanya paling rendah adalah suatu hal yang sifatnya konkret, hingga yang bersifat kompleks atau abstrak. Dalam memandang kedudukan manusia, dapat kita lihat sejauh mana tahapan yang sudah ia capai, apakah masih berhgelut dengan duniawi, atau segala hal yang dapat terlihat oleh mata, ataukah telah mencapai pada hal yang bersifat abstrak, dan kompleks, seperti halnya suatu hal yang bersifat ketuhanan atau spiritual.

    ReplyDelete
  9. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pancasila memiliki peranan penting dalam kehidupan berbangsa, salah satunya dalam membentuk falsafah bangsa. Pancasila diajukan sebagai filsafat Negara, yaitu suatu pemikiran yang mendalam untuk dipergunakan sebagai dasar negara. Sebagai filsafat negara, Pancasila berkenaan dengan manusia sebab negara adalah lembaga manusia.

    ReplyDelete
  10. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam filsafat hidup orang Indonesia, orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang konkret dan sifatnya kuantitatif baru kemudian memikirkan hal-hal yang abstrak dan sifatnya kualitatif. Orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang terlihat secara fisik (yang dapat terlihat oleh indera penglihatan) terlebih dahulu baru kemudian memikirkan hal-hal yang non-fisik. Misalnya saja, ada seorang pengusaha dan seorang pemulung. Si pengusaha merupakan orang yang telah memiliki materi yang banyak sedangkan si pemulung, materi yang dimilikinya hanya cukup untuk ia dan keluarganya makan selama satu hari. Karena si pengusaha telah berkecukupan dalam hal materi, maka hal yang kemudian dia pikirkan adalah hal-hal yang berkaitan dengan hubungan sosial dengan orang lain, kemudian berlanjut ke menjadi seorang pemikir yang mampu mencetuskan ide-ide kreatif bagi pekerjaannya, kemudian dia akan memikirkan filsafat hidupnya, baru kemudian dia akan memikirkan hal-hal spritual yang berkaitan dengan Tuhannya. Berbeda dengan si pemulung tadi. Dia tidak akan repot-repot memikirkan hubungan sosialnya dengan orang lain karena dia sendiri sudah cukup penat dengan urusan pribadinya sendiri. Dia juga belum terlalu memikirkan hubungan spiritualnya dengan Tuhan karena dia masih terlalu memikirkan kebutuhan duniawinya.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C
    17709251065

    Berdasarkan diagram pada gambar tersebut bisa saya pahami hierarki filsafat orang Indonesia. Dari diagram juga diketahui bahwa urutan paling puncak adalah transedental/ Spiritual/ berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhannya. Hal ini juga sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Dalam Pancasila, konsep Ketuhanan juga diletakkan pada urutan teratas yang mengindikasikan bahwa Ketuhanan menjadi landasan utama dalam hidup berbangsa dan bernegara.

    ReplyDelete
  12. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari gambar saya merefleksi bahwa filsafat hidup masyarakat di Indonesia itu berpusat kepada Tuhan, kepada Allah SWT. Sebab Indonesia merupakan negara yang beragama, yang meletakkan agama diatas segalanya. Dalam filsafat ilmu maupun filsafat pendidikan matematika juga senantiasa berpusat pada Allah SWT.

    ReplyDelete

  13. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Orang Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang sifatnya horizontal, maka mereka juga akan berpikir yang bersifat vertikal. Seperti bagan di atas adalah representasi tahapan pikiran vertikal masyarakat Indonesia. Pikiran ini terbagi menjadi lima tahap, yaitu tahap pertama mereka akan memikirkan hal yang bersifat benda mati yang ada dibumi, kemudia tahap kedua memreka memikirkan tentang sesama makhluk hidup, Kemudian tahap ketiga mereka memikirkan yang dipikirkan sesama makhluk hidup, pada tahap keempat akan berpikir menggunakan filsafat kehidupan, dan pada tahap teakhir mereka akan merefleksikan kehidupan mereka terhadap ketakwaan terhadap Tuhan.

    ReplyDelete
  14. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa orang Indonesia memiliki filsafat di mana Transcedental/God merupakan puncak tertinggi dalam kehidupan. Artinya bahwa dalam hidup bermasyarakat, orang Indonesia masih berusaha mempertahankan nilai-nilai agama dan spiritual, tidak ada yang berada lebih tinggi dari aturan Tuhan.

    ReplyDelete
  15. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila dimana sila pertamanya adalah tentang ketuhanan yang Maha Esa. Hal tersebut mengartikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Bangsa Indonesia menempatkan agama sebagai dasar bangunan kehidupan.

    ReplyDelete
  16. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Mempelajari filsafat sama sekali tidak membuat kita tersesat. Ilmu tidak pernah diciptakan oleh Allah dengan tujuan membuat manusia melupakannya. Ideologi Pancasila yang dianut oleh Indonesia menegaskan bahwa Ketuhanan berada di level paling atas. Manusia mampu berpikir setinggi dan sedalam mungkin namun tetap berada di bawah spiritual.

    ReplyDelete
  17. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Bagi orang Indonesia, filsafat tertinggi menempatkan agama atau Tuhan dalam tingkatannya. Agama atau Tuhan ini akan menjadi ruh atau jiwa bagi orang Indonesia. Setiap aktivitas yang ia lakukan haruslah bermuatan dengan nilai-nilai agama atau spiritual. Ia tidak menghendaki adanya pertentangan antara spiritual dengan realita atau logika.

    ReplyDelete
  18. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Struktur kehidupan orang Indonesia dimulai dari dimensi fisik/material hingga sampai kepada spiritual. Sprittual adalah struktur kehidupan yang tertinggi, sehingga semua perbuatan, pikiran dan hati manusia harus didasari oleh spiritual. Jika hal itu tidak dilakukan oleh manusia maka hidupnya tidak berkah.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  19. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Filsafat hidup orang indonesia dipengaruhi oleh dunia timur. Sehingga spiritual itu merupakan puncak dari filsafat. Dari gambar kita dapat melihat hierarki filsafat hidup orang indonesia yang awalnya bersifat kuantitatif, sederhana dan konkrit menuju ke kualitatif, kompleks dan abstrak. Dari yang terendah adalah dimensi fisik tidak hidup, dimensi fisik hidup, jalan untuk berpikir, filosofi hidup, Tuhan. Akan tetapi ada ironi dalam hal ini, orang Indonesia sadar bahwa kehidupan dunia hanyalah sementara, sedangkan kekekalan hidup akan diperoleh nanti di akhirat karena filsafat tertinggi yang dianut adalah transendental atau Tuhan. Sayangnya, keadaan telah banyak memancing manusia untuk mengejar kenikmatan dunia saja dan mengabaikan pentingnya menjadi manusia yang lebih baik guna mempersiapkan diri menuju akhirat kelak.

    ReplyDelete
  20. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Orang indonesia menempatkan spiritual diatas semua prinsip hidupnya. Hal demikian juga didukung dengan sila pertama pancasila yang menyeutkan bahwa orang indonesia berketuhanan yang maha esa. Mungkin hal demikian yang menyebabkan indeks kebahagiaan orang indonesia tinggi. Berbeda dengan negara yang memisahkan agama dari pemerintahannya, atau negara yang masyarakatnya sudah krisis spiritual. Kita sebagai bagian dari indonesia perlu bangga dan bersyukur bisa hidup di negara yang menjamin hak untuk beragama sesuai dengan keyakinan masing-masing.

    ReplyDelete