Nov 22, 2012

Filsafat Hidup Orang Indonesia_oleh Marsigit



34 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Berdasarkan gambar yang Bapak berikan, dapat saya artikan sebagai berikut:
    Dalam filsafat hidup orang Indonesia, orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang konkret dan sifatnya kuantitatif baru kemudian memikirkan hal-hal yang abstrak dan sifatnya kualitatif. Orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang terlihat secara fisik (yang dapat terlihat oleh indera penglihatan) terlebih dahulu baru kemudian memikirkan hal-hal yang non-fisik. Misalnya saja, ada seorang pengusaha dan seorang pemulung. Si pengusaha merupakan orang yang telah memiliki materi yang banyak sedangkan si pemulung, materi yang dimilikinya hanya cukup untuk ia dan keluarganya makan selama satu hari. Karena si pengusaha telah berkecukupan dalam hal materi, maka hal yang kemudian dia pikirkan adalah hal-hal yang berkaitan dengan hubungan sosial dengan orang lain, kemudian berlanjut ke menjadi seorang pemikir yang mampu mencetuskan ide-ide kreatif bagi pekerjaannya, kemudian dia akan memikirkan filsafat hidupnya, baru kemudian dia akan memikirkan hal-hal spritual yang berkaitan dengan Tuhannya. Berbeda dengan si pemulung tadi. Dia tidak akan repot-repot memikirkan hubungan sosialnya dengan orang lain karena dia sendiri sudah cukup penat dengan urusan pribadinya sendiri. Dia juga belum terlalu memikirkan hubungan spiritualnya dengan Tuhan karena dia masih terlalu memikirkan kebutuhan duniawinya.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau menurut saya bagaimana filsafat hidup orang Indonesia sesuai bagan diatas adalah secara umum orang Indonesia memulai filsafat hidupnya dari dimesi fisik yang tidak berhubungan dengan kehidupan kemudian baru beralih ke dimensi fisik yang berhubungan dengan kehidupan, dari dimensi fisik ini baru disimbolkan dalam artian dibawa pada dunia ekomomi selanjutnya bagiamana memecah persoalan hidup dan kemudian dari landasan ini muncullah filsafat hidup yang pada akhir nantinya semuanya diserahkan kepada sang pencipta yakni Allah SWT. Karena semua yang ada dalam kehidupan ini manusia tidak akan bisa memikirkan dan memecahkannya. Jadi menurut saya filsafat orang Indonesia yang pada akhirnya menyerahkan semuanya pada Allah adalah filsafat yang sangat baik yang mesti dipertahankan.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Filsafat hidup orang Indonesia berdasarkan bagan di atas menyiratkan bahwa filsafat hidup orang Indonesia menempatkan Tuhan di atas segala-galanya. Hal ini juga tertuang dalam Ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila dalam sila pertama yang berbunyi Ke-Tuhanan yang maha Esa. Hal ini berarti bahwa dalam keseharian hidup bangsa Indonesia berpegang teguh pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Filsafat hidup orang Indonesia sesuai bagan diatas adalah secara umum orang Indonesia memulai filsafat hidupnya dari dimesi fisik yang hanya memikirkan dirinya sendiri kemudian baru beralih ke dimensi fisik yang berhubungan dengan orang lain dimana ia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, selanjutnya dari dimensi fisik ini baru dikaitkan bagaimana orang Indonesia memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan yang berhubungan dengan dunia ekonomi, dunia pertahanan, dunia pertanian, dsb. Kemudian dari landasan ini muncullah filsafat hidup, yaitu mereka menyelesaikan masalah dengan memikirkan secara intensif dan ektensif, memahami hakekat dari segala sesuatu. Dan pada tingkatan tertinggi, mereka akan merefleksikan kehidupan mereka kepada keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Bahwa segala sesuatu akan berakhir kepada Nya.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Sesuai dengan sila Pancasila dan yang pertama, sebagai warga negara Indonesia, maka kita harus memiliki atau beragama. Kami percaya pada tuhan Maka kita harus memiliki filosofi kata-kata untuk memotivasi diri kita sendiri, bahkan jika kita gagal, ingat bahwa kita masih memiliki mimpi dibandingkan dengan orang-orang yang tidak harus hidup seperti sepotong daging yang tidak ada gunanya. Cara berpikir juga menentukan segala sesuatu yang ada atau hidup. Cara berpikir ktialah itu akan membuat orang akan menilai kita di mata seseorang. Jika kita memiliki pola pikir yang singkat-dan juga apa yang kita lakukan. Oleh karena itu kita harus bekerja keras. Kita juga perlu tahu dimana dimensi kita. Kehidupan perawatan beton dan beton dapat membantu kita dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Orang Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang sifatnya horizontal, maka mereka juga akan berpikir yang bersifat vertikal. Seperti bagan di atas adalah representasi tahapan pikiran vertikal masyarakat Indonesia. Pikiran ini terbagi menjadi lima tahap, yaitu tahap pertama mereka akan memikirkan hal yang bersifat benda mati yang ada dibumi, kemudia tahap kedua memreka memikirkan tentang sesama makhluk hidup, Kemudian tahap ketiga mereka memikirkan yang dipikirkan sesama makhluk hidup, pada tahap keempat akan berpikir menggunakan filsafat kehidupan, dan pada tahap teakhir mereka akan merefleksikan kehidupan mereka terhadap ketakwaan terhadap Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berbicara mengenai filsafat hidup orang Indonesia, tak lepas membahas Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia. Pancasila yang nilai-nilainya dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia merupakan motor pengerak bagi sikap dan tindakan dalam mempertahankan prinsip, mencapai tujuan dan mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Beberapa pandangan filsafat mengenai bagaimana manusia hidup dan apa yang menjadi landasan manusia hidup melalui tujuan, langkah dan apa yang harus dipertimbangkan, dipikirkan dalam menjalani kehidupannya.
    Filsafat hidup orang Indonesia berlandaskan pada paham spiritual yang perlu ditekankan dalam hati yang kemudian di interpretasikan dalam perilaku dan aturan yang memgatur dan menjaga perilaku itu sendiri.
    Sehingga apapun yang dilakukan berlandasakan pada spriritual.

    ReplyDelete
  9. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dalam kehidupan bangsa Indonesia menurut saya Pancasila mempunyai fungsi salah satunya sebagai filsafat bangsa. Filsafat sendiri merupakan usaha pemikiran sistematik, yaitu pemikiran dasariah mengenai manusia dalam seluruh semesta realita. Kita tahu bahwa Pancasila diajukan sebagai pemikiran yang mendalam untuk dipergunakan sebagai dasar negara. Pancasila yang berisi lima dasar tidak hanya dipandang sebagai lima prinsip yang berdiri sendiri, akan tetapi dari sila-sila tersebut secara bersama-sama merupakan satu kesatuan yang bulat. Dimana kesatuan tersebut dapat diartikan sila yang satu dijiwai sila yang lainnya. Dalam sila-sila pancasila juga termuat kata-kata dasar Tuhan, manusia, satu, rakyat dan adil. Sehingga isi atau hakikat sila-sila itu mencakup pengertian yang luas dan universal.

    ReplyDelete
  10. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Setiap manusia pasti mendabakan kehidupan yang bahagia, sehingga berbagai usaha dilakukan untuk mengejar kesenangan dunia yang dirasa memang dibutuhkan. Diatas kebahagiaan didunia pasti memiliki batasan, sekeras apapun usaha kita untuk memperoleh kebahagiaan di dunia tiadalah berarti jika tidak diiringi dengan usaha mencari bekal di akherat. Berusaha bahagia didunia tidak akan pernah merasa cukup. Kesadaran bahwa hidup di dunia hanyalah sementara, sedangkan kekekalan kebahagian diperoleh di akherat. Sayangnya, keadaan telah banyak memancing manusia untuk mengejar kenikmatan dunia dan mengabaikan pentingnya menjadi manusia yang lebih baik guna mempersiapkan diri menuju akherat kelak.

    ReplyDelete
  11. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Jalan pikiran Indonesia pada akhirnya dilingkupi oleh kehidupan spiritual, kepercayaan terhadap Tuhan. Hal ini terlihat dari sila pertama Pancasila yang menjadi landasan orang Indonesia, berbunyi 'KeTuhanan Yang Maha Esa'. Orang Indonesia menjunjung tinggi Tuhan, segala sesuatu pada akhirnya dipandang melalui sudut pandang spiritual. Melalui gambar-gambar gunungan, bagian terdalam dan terbawah adalah dimensi fisik dari benda yang bukan hidup (berpikir kuantitatif dan sederhana), kemudian dilingkupi dimensi fisik dari kehidupan, kemudian dimensi berfikir, lalu filosofi dari kehidupan, dan terakhir kesemuanya itu dilingkupi oleh sudut pandang spiritual (berpikir kualitatif dan kompleks).

    ReplyDelete
  12. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Berbicara tentang filsafat hidup orang Indonesia telah tertuan dalam pancasila sebagai landasan bangsa indonesia. Dalam Pancasila tertuang 5 sila yang menunjukkan bagaimana bangsa Indonesia harus bersikap mengingat bahwa Indonesia terdiri atas beragam suku, ras, dan agama. Pada sila yang pertama tertulis bahwa "Ketuhanan Yang Maha Esa". Hal ini sejalan dengan pada gambar di atas bahwa struktur yang paling tinggi dan paling sesuai dengan bangsa Indonesia adalah Transendental/God. Ini menunjukkan bahwa srtuktur tertinggi dari suatu kehidupan adalah spiritual di mana segala aktivitas kita akan bermuara ke spiritual. Di bawahnya ada pandangan hidup, filsofi kehidupan, dimensi fisik dari kehidupan dan struktur yang paling bawah adalah dimensi fisik benda mati.

    ReplyDelete
  13. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Filsafat hidup orang Indonesia menurut pendapat saya adalah filsafat yang dimiliki oleh semua orang yang menetap di seluruh wilayah Indonesia. Berdasarkan gambar di atas, berarti kehidupan yang berlandaskan ketuhanan sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat Indonesia. Dari norma spriritual, masyarakat Indonesia menemukan filosofi kehidupannya. Filosofi tersebut berdampak pada pola pikir masyarakat Indonesia. Pola pikir masyarakat Indonesia itu kemudian akan mendahulukan dimensi fisik kehidupan, dan yang terakhir adalah dimensi kehidupan yang non fisik.

    ReplyDelete
  14. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari gambar yang diberikn, saya dapat meyimpulkan bahwa filsafat hidup orang Indonesia dimulai dari dimensi tentang pikiran mengenai hal – hal yang tidak berkaitan dengan hidup. Lalu kemudian dilanjutkan dengan berpikir mengenai dimensi hidup. Setelah itu naik lagi berpikir tentang banyak cara, banyak hal, termasuk di dalamnya ada matematika yang dipikirkan. Selanjutnya memikirkan tentang bagaimana filsafat hidup, mungkin juga tujuan serta capaian dalam hidup ada di dalamnya. Yang paling puncak adalah mengenai pikiran tentang Tuhan. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang hendaknya senantiasa dalam hidup juga memikirkan hubungannya dengan Tuhan agar terjadi keseimbangan dalam hidup. Hal itu dapat dilakukan dengan menjaga hubungan antara sesama manusia, dengan lingkungan, dan dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  15. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa struktur dunia:
    1.Fisik non hidup
    2.Fisik hidup
    3.Ilmu
    4.Filsafat
    5.Agama (spiritual)
    Seperti yang telah dijelaskan oleh Bapak Marsigit, perbedaan dimensi struktur dunia akan menentukan karakter setiap penghuninya dengan 2 komponen, yaitu “takdir” dan “ikhtiar”. Kedua komponen tersebut memang berjalan dengan selaras. Ikhtiar yang dilakukan sangat mempengaruhi hasil akhir yang diperoleh. Oleh karena itu, dari komponen-komponen tersebut, hendaknya kita mampu menyeimbangkan ilmu yang kita miliki dengan agama (spiritual). Kita hendaknya bersungguh-sungguh untuk selalu mencari ilmu dengan berprinsip semata-mata untuk memperoleh ridha Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  16. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari gambar saya merefleksi bahwa filsafat hidup masyarakat di Indonesia itu berpusat kepada Tuhan, kepada Allah SWT. Sebab Indonesia merupakan negara yang beragama, yang meletakkan agama diatas segalanya. Dalam filsafat ilmu maupun filsafat pendidikan matematika juga senantiasa berpusat pada Allah SWT.

    ReplyDelete
  17. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Satu hal yang perlu dibanggakan dari orang Indonesia adalah selalu menomorsatukan Tuhan sehingga tertuang dalam sila pertama dalam Pancasila yakni KeTuhanan Yang Maha Esa. Karena orang Indonesia tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang memiliki Iman yang tinggi kepada Sang Pencipta. Orang Indonesia yakin dan percaya bahwa apa yang menjadi milik Tuhan akan kembali juga kepadaNya.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Filsafat hidup orang indoneisa itu berawal dari demensi physical tidak hidup yanag man aberlanjut menjadi demensi phisiscal hidup, yang juga melahirkan jalan berpikir menuju trandsedental yanag mana akhirnya menuju kepada tuhan yang maha Esa. yang sebenarnya menuju ke abstrak sehingga tidak bisa di pikirkan secara logika.

    ReplyDelete
  19. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Berdasarkan gambar di atas, kita dapat menyaksikan bahwa Filsafat orang Indonesia berkembang dari hal yang bersifat kuantitatif, sederhana, dan konkret. Kemudian berubah menjadi hal yang bersifat kualitatif, kompleks, dan abstrak. Nampak tingkat terrendah adalah dimensi fisik dari nonkehidupan, tingkat di atasnya adalah dimensi fisik dari kehidupan. Kemudian tingkat selanjutnya adalah cara pikir, dan tingkat di atasnya terdapat filsafat kehidupan.Sementara itu, tingkatan tertinggi adalah Tuhan atau yang bersifat spiritual. Kita dapat meletakkan matematika pada tingkatan cara pikir, sedangkan filsafat matematika terletak padadimensi filsafat kehidupan. Kita ketahui bersama bahwa Filsafat hidup orang Indonesia selalu menempatkan Tuhan sebagai tingkatan tertinggi di dalamdimensi kehidupan. Oleh karena itu, kita akan selalu mempasrahkan dan mengembalikan segala permasalahan yang ada kepada spiritual masing-masing.

    ReplyDelete
  20. Setiap orang mempunyai pandangan hidupnya masing-masing. Orang Indonensia menganggap bahwa hidup diciptakan oleh Tuhan. Orang Indonesia menempatkan aspek spiritual di atas segala-galanya. Apa yang ada dan mungkin ada tidak terlepas dari penciptaan oleh Tuhan. Orang Indonesia dapat katakan religius. Setelah itu orang Indonensia kemudian akan memikirkan yang lain antara lain pengetahuan, etika, esetetika, norma, forma, dan materi. Di tempat yang lain mungkin aspek spiritual tidak diperhatikan atau tidak ada sama sekali, yaitu orang –orang yang disebut ateis.

    ReplyDelete
  21. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Filsafat hidup orang Indonesia adalah menempatkan spiritual (Tuhan Yang Maha Esa) diatas segala-galanya. Spriritual sebagai dasar untuk melakukan hal yang lainnyaseperti filsafat hidup, cara berpikir, dimensi fisik hidup, dan dimensi fisik non hidup.
    Yang diharapkan filsafat hidup kita selamanya tidak berubah dengan menempatkan Allah SWT diatas segala-galanya agar hidup senantiasa mengingat darimana kita berasal dan dimana kita akan kembali. Aamiin ya Rabbalalamin.

    ReplyDelete
  22. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Kelangsungan dan keberhasilan suatu bangsa dalam mencapai cita-citanya sangat dipengaruhi oleh filsafat negara dari bangsa tersebut. Seperti bangsa Indonesia yang juga memiliki pedoman dan arah yang akan dituju dalam mencapai cita-cita bangsa, tanpa dilandasi oleh suatu filsafat maka arah yang akan dituju oleh bangsa akan kabur. Untuk itulah kita bangsa Indonesia perlu untuk mengerti dan menghayati filsafat Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Bangsa Indonesia melaksanakan kehidupan bersama berlandaskan kepada dasar filsafat Pancasila sebagai asas persatuan dan kesatuan sebagai perwujudan hakikat kodrat manusia.

    ReplyDelete
  23. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dalam hasil tulisan yang Prof berikan salah satu pengetahuan yang saya dapatkan adalah yang harus kita miliki adalah kepercayaan dan keyakinan bahwa tidak ada sesuatu yang memiliki kehidupan kita, bahwasanya kita mempercayai Tuhan. Ini adalah dasar aktivitas kita dalam hidup. Jadi, kita harus beragama. Kita harus tahu filosofi hidup kita untuk apa.

    ReplyDelete
  24. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dalam skema di atas terlihat perjalanan kehidupan orang Indonesia yang berawal dengan dimensi fisik dari bukan kehidupan kemudian dimensi fisik dari kehidupan manusia yang jika dibawa ke pembelajaran keduanya termasuk dalam matematika. Yang dilanjutkan dengan perjalanan pemikiran yang termasuk dalam filsafat matematika yang kemudian dapat disebut sebagai filsafat kehidupan yang meunju ke satu tujuan hidup yaitu Allah SWT. Dari perjalanan di atas terlihat apa yang dilakukan manusia akan bermuara di satu tujuan yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  25. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Filsafat hidup orang Indonesia paling tinggi ialah dengan menempatkan Tuhan sebagai pencipta kehidupan di atas segala-galanya. Kehidupan orang Indonesia meliputi secara horisontal dan vertikal dimana secara horisontal ialah Hablumminannas dan secara vertikal ialah hablumminalloh. Keduanya harus berjalan beriringan.

    ReplyDelete
  26. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pancasila sebagai ideology dasar Negara dimana sila ke-1 berbunyi ketuhanan yang maha Esa. Jika kita lihat pada gambar spirtualitas ialah kedudukan tertinggi. Benar adanya bahwa filsafat hidup orang Indonesia ialah hidup untuk beribadah. Begitu juga dalam berfilsafat, seseorang harus menyeimbangkan dengan spiritualitasnya agar tidak salah memahami. Sehingga pentinglah peran spritualitas ini dalam kehidupan baik menanggapi segala suatu hal yang sudah, sedang dan akan terjadi.

    ReplyDelete
  27. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Menurut saya, dalam kehidupan bangsa Indonesia, Pancasila mempunyai fungsi salah satunya sebagai filsafat bangsa. Filsafat sendiri merupakan usaha pemikiran sistematik, yaitu pemikiran dasariah mengenai manusia dalam seluruh semesta realita. Pancasila diajukan sebagai filsafat Negara, yaitu suatu pemikiran yang mendalam untuk dipergunakan sebagai dasar negara. Sebagai filsafat negara, Pancasila berkenaan dengan manusia sebab negara adalah lembaga manusia. Kelima sila itu berfokus pada manusia.
    Pancasila yang berisi lima dasar tidak hanya dipandang sebagai lima prinsip yang berdiri sendiri, akan tetapi dari sila-sila tersebut secara bersama-sama merupakan satu kesatuan yang bulat. Dimana kesatuan tersebut dapat diartikan sila yang satu dijiwai sila yang lainnya. Dalam sila-sila pancasila juga termuat kata-kata dasar Tuhan, manusia, satu, rakyat dan adil. Sehingga isi atau hakikat sila-sila itu mencakup pengertian yang luas dan universal.

    ReplyDelete
  28. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Filsafat hidup orang Indonesia memang bisa digambarkan seperti gambar di atas, dan semuanya itu pada akhirnya nanti adalah Tuhan YME. Hal ini semua dengan anyak filsafat hidup ang bertingkat, memang lebih baik jika hanya Tuhan yang dijadikan tempat naungan bagi kita. Orang Indonesia memang memiliki landasan yang semua orang Indonesia pun mengenalnya, yaitu Pancasila. Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa Indonesia sudah tentunya dijadikan dasar dalam setiap penggambilankeputusan negara. Sedangkan dari sisi filsafat bangsa Indonesia berubah dari yang bersifat konkrit menjadi yang bersifat abstrak. Inilah yang membedakan orang Indonesia dengan negara lain.

    ReplyDelete
  29. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hidup di Indonesia haruslah mematuhi dasar Negara yaitu Pancasila. Mungkin Pancasila merupakan folsafat hidup orang Indonesia. Namun lebih umumnya dapat dipaparkan seperti Pak Prof sajikan. Yaitu filsafat hidup itu Hierarki dari bumi ke langit. Sehingga Hidup di Indonesia memikirkan kehidupannya di dunia dan kebahagiaan di Akhirat. Namun ada juga yang membantah hal tersebut. Seperti para koruptor in, untuk mendapatkan harta dan kekuasaan dilakukan segala cara untuk memperlancarkannya. Sehingga tidak mempedulikan akhirat dan memperdaya nafsu saja. Maka bagi orang-orang tersebut segeralah minta ampun dan tak melakukannya lagi walau sekecil apapun itu.

    ReplyDelete
  30. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dasar pemikiran filsafat orang Indonesia berdasarkan gambar di atas adalah dimensi fisik. Orang Indonesia secara filsafat cenderung melihat sesuatu yang kongkret atau bersifat kuantitatif terlebih dahulu baru kemudian yang abstraknya yang bersifat kualitatif. Jadi, orang Indonesia akan melihat asalkan kuantitasnya baik atau nampaknya baik tak apa, tetapi tidak terlebih dahulu meilhat kualitasnya. Inilah yang menajadi kesalahan pemikiran filsafat orang Indonesia. Seharusnya Tuhan YME menjadi landasan dan pondasi yang utama bagi orang Indonesia untuk berfilsafat.

    ReplyDelete
  31. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Filsafat hidup orang Indonesia seharusnya berasaskan pancasila, yang tak lain dan tak bukan merupakan ideologi bangsa. Pada sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini mencerminkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama terlepas dari agama apapun. Dengan demikian, hukum Tuhan harus dijunjung tinggi-tinggi. Sila yang kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Beradab artinya bahwa bangsa indonesia itu bangsa yang bermoral, atau berkarakter. Jika kita menghilangkan nilai-nilai luhur karakter bangsa berarti kita sudah menyalahi falsafah pancasila. Menjadi bangsa yang terbuka bagi bangsa lain sih oke oke saja, tetapi kita juga harus mempertahankan karakter bangsa kita sendiri. jangan sampai semua karakter sendiri dihilangkan dan kita menggunakan karakter bangsa lain.

    ReplyDelete
  32. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Hidup diartikan berbeda dengan kehidupan. Hidup adalah keadaan makhluk yang karena kuasa Tuhan yang maha esa, benda itu dapat bernafas. Berbeda dengan mesin yang hidup akibat ada perubahan energi. Hidup bukan lawan mati, karena mati adalah lawan lahir. Dengan begitu, lahir adalah awal dari kehidupan, sedangkan mati adalah akhir kehidupan.

    ReplyDelete
  33. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hidup manusia harus mengandung unsur dunia dan akhirat. Tidak bisa manusia hidup hanya berurusan dengan dunia saja. Tidak bisa pula manusia hidup hanya berurusan dengan akhirat saja. Interaksi dunia dan akhirat terjadi secara spontan dan itu merupakan karunia Tuhan. Semakin ke atas yang terpenting adalah kualitas kita dalam hidup, tidak menomorsatukan kuantitas lagi.

    ReplyDelete
  34. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Filsafat hidup orang indonesia dipengaruhi oleh dunia timur. Sehingga spiritual itu merupakan puncak dari filsafat. Dari gambar kita dapat melihat hierarki filsafat hidup orang indonesia yang awalnya bersifat kuantitatif, sederhana dan konkrit menuju ke kualitatif, kompleks dan abstrak. Dari yang terendah adalah dimensi fisik tidak hidup, dimensi fisik hidup, jalan untuk berpikir, filosofi hidup, Tuhan. Matematika berada diantara dimensi fisik hidup dan jalan untuk berpikir. Sedangkan filosofi matematika berada diatasnya yaitu di antara jalan untuk berpikir dengan filosofi hidup.

    ReplyDelete