Nov 22, 2012

Filsafat Hidup Orang Indonesia_oleh Marsigit



14 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Hidup diartikan berbeda dengan kehidupan. Hidup adalah keadaan makhluk yang karena kuasa Tuhan yang maha esa, benda itu dapat bernafas. Berbeda dengan mesin yang hidup akibat ada perubahan energi. Hidup bukan lawan mati, karena mati adalah lawan lahir. Dengan begitu, lahir adalah awal dari kehidupan, sedangkan mati adalah akhir kehidupan.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hidup manusia harus mengandung unsur dunia dan akhirat. Tidak bisa manusia hidup hanya berurusan dengan dunia saja. Tidak bisa pula manusia hidup hanya berurusan dengan akhirat saja. Interaksi dunia dan akhirat terjadi secara spontan dan itu merupakan karunia Tuhan. Semakin ke atas yang terpenting adalah kualitas kita dalam hidup, tidak menomorsatukan kuantitas lagi.

    ReplyDelete
  3. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Filsafat hidup orang indonesia dipengaruhi oleh dunia timur. Sehingga spiritual itu merupakan puncak dari filsafat. Dari gambar kita dapat melihat hierarki filsafat hidup orang indonesia yang awalnya bersifat kuantitatif, sederhana dan konkrit menuju ke kualitatif, kompleks dan abstrak. Dari yang terendah adalah dimensi fisik tidak hidup, dimensi fisik hidup, jalan untuk berpikir, filosofi hidup, Tuhan. Matematika berada diantara dimensi fisik hidup dan jalan untuk berpikir. Sedangkan filosofi matematika berada diatasnya yaitu di antara jalan untuk berpikir dengan filosofi hidup.

    ReplyDelete
  4. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU
    Berdasarkan gambar yang ada di atas, yang bisa saya katakan tentang filsafat hidup orang indonesia ini berjenjang atau bertingkat. Dari yang awalnya bersifat kuantitatif, hal apa yang terlihat dan simpel menjadi kuantitatif, menuju abstrak dan kompleks. Dimana yang pertama tentang fisik keadaan lingkungan yang tak hidup adalah penunjang hidup yang paling utama dalam kehidupan misal seperti tanah, air, dan udara yang di ciptakan oleh tuhan serta berguna menunjang kehidupan manusia. Seperti yang kita tahu, Nusantara ini memiliki tetak geografis yang strategis berada di jalur katulistiwa dan iklim tropis, tanah yang subur air melimpah.
    Yang selanjutnya yaitu tentang fisik dimensi hidup yaitu segala sesuatu yang ada di lingkungan kita yang hidup yang menunjang orang indonesia yaitu seperti tanaman dan hewan serta sesamanya. Seperti yang kita tau, alam yang sangat kaya akan keragaman hayati, flora dan faunanya. Kemudian cara berpikir, manusia diberikan anugrah yang berbeda dengan makhluk lainnya dimana manusia dapat berpikir dapat menggunakan akalnya untuk memilah mana yang baik dan buruk. Mana yang salah dan mana yang benar. Sehingga disinal Matematika bisa masuk, karena matematika adalah obyek berpikir kita. Maka terbentuklah filsafat kehidupan kita. Dan yang paling utama yang paling tinggi adalah kesadaran BerTuha, ya Manusia Indonesia dengan Ideologi Pancasila nya sangat memegang erat semua silanya, Sila Pertama, yaitu sila Ketuhanan. Percaya akan Tuhan adalah Pengendali kehidupannya.
    Demikian yang saya pahami dan bisa saya sampaikan, mohon maaf akan kekurangan dan kesalahan dalam menganalisa gambar.

    ReplyDelete
  5. Bulan Nuri
    17709251028
    S2 Pendidikan Matematika Kelas B

    Dari skema diatas terlihat bahwa kehidupan orang indonesia sangat sistematis dan seimbang. Terlihat dari alur kehidupan orang indonesia yang dimulai dari interaksi dengan benda mati, benda hidup, berfikir matematis (logis, kreatif dan pemecahan masalah),serta dengan filosofis kehidupan yang kesemuanya itu bertumpu pada satu tujuan yaitu sang pencipta. Dengan kedudukan Tuhan diatas segalanya menjadikan kehidupan orang indonesia lebih damai dan sistematis, hal ini karena kepercayaan bahwa
    segala sesuatu sudah dalam aturan keadilan Tuhan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Cara berfilsafat orang Indonesia, menurut pemahaman saya mengartikan gambar, yang paling atas adalah kekuasaan mutlak Allah SWT yang berlaku untuk semua yang ada dan yang mungkin ada. Kemudian di bawahnya adalah filsafat kehidupan. Filsafat hidup seseorang tidak boleh bertentangan dengan kuasa dan ketetapan Allah SWT. Selanjutnya adalah filsafat matematika, atau hukum-hukum dalam matematika yang telah disepakati. Kemudian turun lagi menjadi cara berpikir. Cara berpikir setiap manusia berbeda-beda, tetapi karena berada di bawahnya maka cara berpikir harus sesuai dengan ketetapan Allah, filsafat, dan filsafat matematika. Selanjutnya adalah semua dimensi yang hidup dan paling bawah adalah semua dimensi yang tidak hidup. Sehingga dalam berfilsafat harus memperhatikan strukturnya agar dalam berpikir ada pengendalinya dan pengendali yang paling tinggi adalah ketetapan Allah SWT.

    ReplyDelete
  7. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Berdasarkan gambar di atas, menurut pemahaman saya, tingkatan berfilsafat orang indonesia berawal dari sesuatu yang tidak hidup (dimensi pada benda tidak hidup). Kemudian naik ke tingkat pemahaman tentag dimensi yang hidup. Selanjutnya adalah cara berpikir secara matematis untuk mengetahui filosofi matematika. Lalu di dapatlah suatu filosofi kehidupan yang berujung pada kekuasaan tertinggi yaitu kuasa Allah SWT. Sehingga apa yang dipelajari dan dari mana dipelajari hanya berasal dan kembali pada Allah SWT. Oleh karena itu, seberapa banyak dan luas apa yang dipelajari manusia harus memegang teguh bahwa Allah SWT merupakan sang Maha segalaNya.

    ReplyDelete
  8. Vidiya Rachmawati
    17709251010l9
    PM A

    Berdasarkan diagram di atas, filsafat hidup orang Indonesia bertahap mulai dari benda-benda konkret yang cara memperolehnya dengan menggunakan intuisi. Kemudian semakin naik tingkatannya melalui proses berpikir. Selanjutnya naik lagi dengan memandang setiap masalah secara menyeluruh. Cara berpikir ini sudah mulai memasuki tahap filsafat hidup. Terakhir tingkatan paling tinggi adalah kekuasaan Tuhan. Bahwa setinggi-tinggi kuasa hanyalah Kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  9. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pancasila menyebutkan sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal itu menunjukkan bahwa dimensi spiritualitas orang Indonesia menjadi suatu hal yang sangat penting. Kita tentu ingin naik derajatnya di mata Tuhan atau Allah SWT. Mendekatkan posisi kita pada Transedental adalah mengakui adanya Tuhan sebagai Sang Penguasa dan Pengatur segalanya. Kemudian baru diikuti filosofi atau filsafat atau makna kehidupan. Itu adalah tingkatan ideal (posisi tertinggi adalah Tuhan atau Allah SWT). Namun sayangnya, filsafat hidup orang Indonesia yang tersebut di atas tidak sesuai realita. Faktanya bahwa mengabdi kepada Tuhan akan selalu banyak rintangan atau godaannya. Masalah duniawi semakin menjauhkan manusia dari transedental Ke’Esa’an Tuhannya.

    ReplyDelete
  10. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof
    Saya meminta maaf sebelumnya jika ada kesalahan dalam menafsirkan gambar di atas.Jika dilihat gambar tersebut filsafat hidup orang Indonesia mulai dari dimensi fisik bukan kehidupan sampai meluas ke atas hingga filsafat kehidupan lalu meluas lagi menjadi yang terakhir yaitu Tuhan .Dari yang sederhana menjadi kompleks atau dapat dikatakan bumi menuju langit.Dari langit diturunkan ke bumi berupa peraturan peraturan hidup manusia yang bersumber dari Tuhan yang berisi pedoman hidup manusia yang disebut dengan hukum langit.Peraturan tersebut a sifatnya absolut dan tidak dapat diubah-ubah.Sepertinya halnya kita yang memiliki peraturan perundang-undangan sebagai hukum Negara yang wajib ditaati.Sebab negara kita merupakan Negara hukum.

    ReplyDelete
  11. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Keindahan filsafat orang indonesia yaitu menempatkan Tuhan di atas segala-galanya. hal yang juga terjadi pada beberapa negera. ini menunjukkan bahwa belum terjadi pergeseran atau pun disorientasi yang terlalu jauh seperti yang terjadi di dunia bagian barat. hal ini mungkin saja terjadi karena perbedaan cara berfilsafat.

    ReplyDelete
  12. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Filsafat hidup orang Indonesia merupakan cara berfilsafat orang Indonesia pada umumnya yakni memiliki perjalanan dan tahap-tahapnya. Perjalanan filsafat ini bermula dari memikirkan segala sesuatu yang tidak hidup, meningkat pada segala sesuatu yang hidup serta dilanjutkan oleh bagaimana cara seseorang berpikir dan memandang sesuatu. Maka ketika manusia mampu menempatkan pikiran dalam ruang dan waktu yang tepat maka dia akan menemukan filsafat dari hidup dan setinggi-tinggi manusia berfilsafat maka tujuannya hanya satu yakni Tuhan Yang Maha Esa. Terima Kasih

    ReplyDelete
  13. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahhaman kami, filsafat hidup artinya adalah pengangan hidup atau ideologi hidup. Sebagai orang Indonesia maka ideologi hidup seharusnya menggunakan ideologi Pancasila sebagai filsafat hidup. Dan tentunya bagi bangsa Indonesia, Pancasila dijadikan dasar dalam setiap penggambilan keputusan negara. Sedangkan dari sisi filsafat bangsa Indonesia berubah dari yang bersifat konkrit menjadi yang bersifat abstrak dengan maksud bahwa Pancasila telah mendarah daging pada diri manusia. Seperti yang diketahui bersama bahwa sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa sehingga disini tercermin bahwa tingkatan tertinggi dalam filosofis orang Indonesia adalah spiritual, sehingga hendaknya dalam segala hal berada dalam wadah spiritual, yaitu bernilai ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  14. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Terlihat jelas dari gambar yang dipaparkan, bahwa filsafat kehidupan orang Indonesia itu berjenjang dan bersusun secara sistematis dan seimbang. Dimana Filsafat kehidupan orang Indonesia itu masih sangat kental dengan budaya timur, yaitu Ketuhanan. Sehingga tingkat yang pertama adalah kepercayaan kepada Allah SWT. Sehingga apapun masalah, apapun kekuasaan, apapun Ilmu yang ada dikehidupan manusia tetaplah ada hubungannya dengan Allah dan kesemua yang ada di dunia ini adalah milik Allah. Kemudian terlihat pula, tingkatan yang paling dasar adalah filsafat orang indonesia kepada benda mati(benda-benda yang konkret). Dari filsafat terhadap benda-benda yang konkrit atau nyata atau yang bisa dilihat dengan mata (logis) manusia bisa berpikir atau berfilsafat secara matematis.

    ReplyDelete