Nov 22, 2012

Filsafat Hidup Orang Indonesia_oleh Marsigit



24 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Jika kita berbicara tentang filsafat hidup orang Indonesia maka tidak akan terlepas dari filsafat hidup bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia memiliki filsafat hidup yaitu Pancasila. Pancasila sebagai filsafat negara digali dari isi jiwa bangsa yang telah lama terpendam dalam kalbu bangsa Indonesia. Pernyataan ini menunjukan bahwa Pancasila bukan hanya filsafat negara tetapi juga filsafat bangsa Indonesia. Isi dari filsafat bangsa Indonesia antara lain menunjukkan keyakinan bangsa Indonesia terhadap manusia sebagai makhluk ciptaan, yang hidup berssama dengan manusia lain sebagai umat manusia serta menyelesaikan masalah hidupnya atas dasar sikap musyawarah mufakat. Dengan berpegang pada Pancasila sebagai filsafat bangsa, Indonesia dapat menentukan sikap di tengah-tengah berbagai sistem dan aliran-aliran filsafat di dunia.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Berdasarkan bagan diatas menjelaskan filsafat hidup orang Indonesia menempatkan Tuhan atau transedental (spiritual) di atas segala-galanya. Hal ini juga tertuang dalam Ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila dalam sila pertama yang berbunyi Ke-Tuhanan yang maha Esa. Hal ini berarti bahwa dalam keseharian hidup bangsa Indonesia berpegang teguh pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa. Dibawah dari kekuasaan Tuhan terdapat filsafat hidup manusia tapi masih dalam naungan kekuasaan Tuhan, dibawahnya ada cara-cara berpikir manusia yang bergantung juga pada aturan-aturan Tuhan, dibawahnya ada dimensi fisik dari hidup dan dibawahnya ada dimensi fisik dari yang tidak hidup.

    ReplyDelete
  3. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Karena filsafat merupakan cakupan yang sangat luas, maka Indonesia memiliki filsafatnya sendiri yaitu pancasila. Bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila karena di dalam pancasila mengandung makna yang sangat luas dan mendalam tentang sejarah perjuangan para pahlawan Indonesia. Nilai-nilai pancasila sangat berkaitan dengan apa yang terdapat pada gambar di atas, seperti halnya sila kesatu yaitu ketuhanan Yang Maha Esa. Mengapa nilai spiritualitas selalu diposisikan paling atas karena tiadalah yang dapat menciptakan bumi ini melainkan kuasa dari Allah Ta’ala selaras dengan gambar di atas bahwa transendental atau kuasa Tuhan merupakan tingkatan paling atas. Kemudian tengah-tengahnya ada yang namanya kemampuan dalam berpikir, berpikir di sini merupakan cara untuk menggapai logos.

    ReplyDelete
  4. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan skema yang berjudul filsafat hidup orang indonesia oleh marsigit diatas, saya ingin mengomentari bagian yang kanan pada gambar tersebut. Dimana disitu quantitative dibawah dan qualitative di atas. Nah dari kata-katanya saya mengambil kata lainnya yaitu kuantitas dan kualitas. Nah saya sangat setuju jika kualitas berada diatasnya kuantitas. Namun saya prihatin dengan kebanyak orang indonesia lebih suka melihat kuantitasnya terlebih dahulu. Contohnya saja, coba dapat kita perhatikan! kebanyakan orang indonesia, makan asal banyak makanannya itu yang dicari, masalah kualitas makanannya itu nomor dua :D :D . Padahal seharusnya kualitasnya dulu agar terjaga kesehatannya, baru kuantitasnya.

    ReplyDelete
  5. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Saya ingin melanjutkan komentar sebelumnya, filsafatnya orang indonesia adalah berlandaskan pancasila, dimana dalam sila-sila yang terkandung di dalamnya mempunyai ikatan satu dengan yang lainnya. Pasti ada alasannya, mengapa sila kesatu di letakkan di awal, serta alasan sila-sila yang lainnya. Dan orang indonesia kan berbeda-beda, beda dalam suku, beda dalam budaya, beda dalam agama dan beda dalam lainnya, namun dengan adanya pancasila orang indonesia bisa bersatu. Makanya, dasar negara Indonesia adalah Pancasila, hal itu karena bersatunya rakyat Indonesia di bantu dengan adanya Pancasila. Oleh sebab itu, mari kita jaga nilai-nilai pancasila, jangan sampai kita terpecah belah.

    ReplyDelete
  6. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat pagi, Prof.
    Filsafat hidup orang Indonesia memposisikan Transendetal/God pada kedudukan tertinggi. Matematika berada pada kedudukan cara berpikir bagi orang Indonesia. Semua yang dilakukan oleh orang Indonesia adalah semestinya dalam rangka menggapai spiritual yang berkaitan dengan Transendental/God. Hal inipun tertuang secara eksplisit pada ideologi bangsa Indonesia yaitu pancasila.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  7. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dimensi manusia yang ada dikehidupan itu sederhana, konkret terlihat dan bisa dihitung. Sedangkan dimensi selain manusia itu dimensi Allah dimensi kekuasaan absolute yang berada di atas segala dimensi dan bersifat kompleks penuh pembahasan, penuh ilmu, abstrak tidak bisa dibayangkan oleh manusia dan sifatnya kualitatif. DImensi ini menjadi puncak dari dimensi dimensi pendukung dibawahnya. Inilah salah satu yang tersirat sebagai jalan hidup orang Indonesia yang menjadikan Pancasila sebagai Ideologi bangsa yaitu bahwa spiritulitas memjadi paatokan dalam hidup, dan membawahi berbagai kegiatan manusia.

    ReplyDelete
  8. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa struktur dunia: Fisik non hidup, Fisik hidup, Ilmu, Filsafat, dan Agama (spiritual). Seperti yang telah dijelaskan oleh Bapak Marsigit, perbedaan dimensi struktur dunia akan menentukan karakter setiap penghuninya dengan 2 komponen, yaitu “takdir” dan “ikhtiar”. Kedua komponen tersebut memang berjalan dengan selaras. Ikhtiar yang dilakukan sangat mempengaruhi hasil akhir yang diperoleh. Oleh karena itu, dari komponen-komponen tersebut, hendaknya kita mampu menyeimbangkan ilmu yang kita miliki dengan agama (spiritual). Kita hendaknya bersungguh-sungguh untuk selalu mencari ilmu dengan berprinsip semata-mata untuk memperoleh ridha Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  9. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dalam filsafat hidup orang Indonesia, orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang konkret dan sifatnya kuantitatif baru kemudian memikirkan hal-hal yang abstrak dan sifatnya kualitatif. Orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang terlihat secara fisik (yang dapat terlihat oleh indera penglihatan) terlebih dahulu baru kemudian memikirkan hal-hal yang non-fisik.

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kehidupan di Indonesia berlandaskan pada pancasila dan sila pertama berkaitan dengan Ketuhanan, maka filsafat hidup di Indonesia menempatkan transendental/God sebagai kedudukan tertingginya. Untuk itu, ketika belajar filsafat tidak hanya menggunakan pikiran tetapi juga menggunakan hati. Ketika tidak dibarengi dengan hati maka kedudukan tertinggi bukanlah transendental/God lagi.

    ReplyDelete
  11. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, dimana terdiri dari berbagai macam suku, agama, adat istiadat, dan yang lainnya. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berlandaskan Pancasila. Dimana sila pertamanya adalah ketuhanan yang maha Esa. Hal tersebut memberikan kita pemahaman bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan diatas nilai-nilai yang lainnya.

    ReplyDelete
  12. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Berdasarkan gambaran filsafat hidup orang Indonesia yang ditampilkan oleh Prof. Marsigit, dapat kita maknai bahwa orang Indonesia meletakkan nilai-nilai spiritual pada tingkatan paling tinggi. Dengan kata lain, orang-orang Indonesia mengakui adanya Tuhan. Oleh karena itu, sudah semestinya orang-orang Indonesia meletakkan keimanan dalam urutan pertama. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sesuai dengan gambar di atas, struktur yang paling tinggi di dalam filsafat hidup orang indonesia ialah transendental/God. Berbeda dengan negara-negara barat yang menjunjung tinggi kapitalisme, orang-orang Indonesia menempatkan spiritualitas di atas dimensi kehidupan yang lain. Hal ini sesuai dengan apa yang di dalam Pancasila, dengan sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam gambaran di atas, filosofi hidup orang Indonesia digambarkan urutan tertinggi dalam kehidupan adalah Tuhan. Hal ini sebagaimana kita ketahui pada pancasila sila pertama yaitu ketuhanan yang maha Esa. Sehingga apapun agamanya kita masih tetap satu seperti bhineka tunggal ika berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Karena ada perbedaan tak lain untuk dipersatukan

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Filsafat Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia adalah kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki bangsa itu sendiri, yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad pada bangsa itu untuk mewujudkannya menjadi negara yang sejahtera. Dalam pancasila mengedepankan yang pertama-tama adalah keTuhanan yang Maha Esa menjadi dasar bagi pandangan kehidupan bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Indonesia memiliki falsafah hidup tersendiri yaitu bepegang teguh pada Pancasila. Falsafah hidup orang Indonesia ini menempatkan spiritual atau Ketuhanan sebagai filsafat hidup tertinggi. Hal ini berarti orang Indonesia dalah kesehariannya memegang prinsip keimanan dan ketaqwaaan kepada Tuhan Yang Mahas Esa sebagai hal yang utama. Dibawah aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Tuhan ada filsafat hidup manusia, cara-cara berpikir, dan dimensi-dimensi hidup baik fisik maupun non fisik. Manusia hidup berdasarkan konsep yang konkret menuju konsep kehidupan yang abstrak. Apa yang menyangkut pikiran manusia merupakan hal yang konkret, sedangkan ketentuan Tuhan merupakan hal yang abstrak karena tidak ada satupun manusia yang mengetahui apa yang telah direncanakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  17. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Orang Indonesia memiliki filsafat hidup juga menganut asas Pancasila. Pancasila mengandung wawasan dengan tujuan, nilai dan arti yang menyeluruh, khususnya manusia dan kehidupannya baik secara perorangan maupun sosial dan menempatkan KETUHANAN sebagai tempat teratas dalam menjalanih hidup. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila bertujuan agar tertanam dalam hati, watak orang indonsesia sehingga berdampak pada kebiasaan, perilaku dan kegiatan lembaga-lembaga yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  18. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Indonesia merupakan negara timur yang memiliki falsafah ketimuran pula, dimana karakternya adalah menempatkan keTuhanan sebagai aspek paling tinggi. Aspek yang diluar jangkauan namun selalu menjadi pertimbangan dan guide dalam kehidupan. Nampak pada ideology bangsa yang menempatkan lambing kekuasaan dan keesaan Tuhan pada sila pertama, atau bisa diartikan sebagai prioritas utama dan tertinggi.

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Masyarakat Indonesia hidup dengan paham Ketuhanan Yang Maha Esa. Spiritual terdapat di urutan ke atas dalam kehidupan. Hal ini sangat berkebalikan dengan pahan positivisme atau power now yang sekarang ‘menguasai’ atau mengontrol dunia. Masyarakat Indonesia sendiri sudah terpengaruhi oleh power now ini atau fenomena kontemporer. Sesuatu yang tidak bisa dihindari. Untuk itu kita perlu memperkuat iman kita sebagai masyarakat spiritualisme, agar tidak terseret sepenuhnya dengan dunia kontemporer sekarang.

    ReplyDelete
  20. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Gambar diatas sesungguhnya menggambarkan filsafat hidup orang Indonesia dimana berasaskan pada PANCASILA. Pancasila sendiri merupakan hasil pikir sedalam – dalamnya orang Indonesia yang diyakini paling baik, paling benar, paling adil, paling bijaksana, paling sesuai untuk kehidupan orang Indonesia. Dalam Pancasila terkandung lima cara hidup orang Indonesia. Yang pertama, orang Indonesia menempatkan Tuhan di atas segala-galanya karena orang Indonesia percaya berkat rahmat Tuhan adalah sumber segalanya. Yang kedua, orang Indonesia tidak membeda – bedakan baik pria maupun wanita harus saling membantu dan bersatu. Yang ketiga, Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai su, agama dan budaya. Yang keempat, bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dan mengutamakan musyawarah sebelum mengambil keputusan. Dan yang kelima adalah, semua orang Indonesia adala sama, satu yang tidak memandang perbedaan status dan kedudukan.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  21. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Filsafat hidup orang Indonesia yang tertinggi adalah keberadaan dan kekeuasaan Tuhan yang transendental dan yang terendah adalah dimensi fisik dari makhluk yang tidak hidup bisa berarti elemenelemen purba yang masih mendiami pemikiran hidupnya. Semakin seseorang berkualitatif dengan kekompleksan hidup ia akan terus ke atas menuju wilayah Tuahan yang transenden dan semakin seseorang bekuantitaif ia akan terus ke bawah menuju wilayah materialsme dengan konteks instan.

    ReplyDelete
  22. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Filsafat sangat penting adanya dalam setiap kehidupan individu untuk menjadi dasar untuk mengetahui sesuatu yang benar atau salah dan dapat dijadikan pegangan hidup. Filsafat hidup bangsa Indonesia adalah filsafat pancasila yang digunakan sebagai landasan dasar kehidupan bangsa Indonesia sehingga hasilnya adalah memperoleh kebenaran yang sesungguhnya dan hakiki dari arti nilai sila-sila pancasila. Dengan menjadikan Pancasila sebagai filsafat hidup, nantinya akan membawa sebuah manfaat yang baik dan tentu akan menghasilkan masyarakat Indonesia yang berjiwa pancasila dan berkarakter khas Indonesia yaitu nilai luhur yang ada pada Pancasila.

    ReplyDelete
  23. Syaiful Syamsuddin
    19701261002
    S3 PEP 2019

    Assalamu alaikum wr.wb
    Pada hakekatnya filsafat bangsa Indonesia secara keseluruhan telah diatur dan tertuang dalam sila-sila Pancasila sebagai dasar negara. Dalam Pancasila tertuang 5 sila yang menunjukkan bagaimana bangsa Indonesia harus bersikap mengingat bahwa Indonesia terdiri atas beragam suku, ras, dan agama. Pada sila yang pertama tertulis bahwa "Ketuhanan Yang Maha Esa". Hal ini sejalan dengan pada gambar di atas bahwa struktur yang paling tinggi dan paling sesuai dengan bangsa Indonesia adalah Transendental/God. Ini menunjukkan bahwa srtuktur tertinggi dari suatu kehidupan adalah spiritual di mana segala aktivitas kita akan bermuara ke spiritual. Di bawahnya ada pandangan hidup, filsofi kehidupan, dimensi fisik dari kehidupan dan struktur yang paling bawah adalah dimensi fisik benda mati.

    ReplyDelete