Nov 30, 2012

The Structure of Scientific Revolutions_By Thomas Kuhn




Ass Wr Wb

Khususnya untuk S2 PSn referensi berikut sangat relavan untuk dibaca:

Wss Wr Wb
Marsigit

24 comments:

  1. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, sepemahaman saya thomas pertam kali menyebutkan tentang revolusi ilmiah di bukunya. Thomas Kuhn mengatakan bahwa paradigma adalah suatu cara pandang, nilai-nilai, metode-metode, prinsip dasar atau memecahkan suatu masalah yang dianut oleh suatu masyarakat ilmiah pada suatu tertentu. Apabila suatu cara pandang tertentu mendapat tantangan dari luar atau mengalami krisis, kepercayaan terhadap cara pandang tersebut menjadi luntur, dan cara pandang yang demikian menjadi kurang berwibawa, pada saat itulah menjadi pertanda telah terjadi pergeseran paradigma.

    ReplyDelete
  2. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Berdasarkan bacaan di atas, Ada rasa kepedulian Khunt terhadap sebuah konsep mengenai ilmu sain.Suatu konsep atau kebenaran yang berdasarkan pradigma umum harusnya mendapatkan perhatian.Pradigma umum yang tak dapat terdeksi perlu ditemukan suatu solusi dan caranya untuk dipecahkan.Maka dengan demikan Khunt berusaha melakukan revolusi untuk memecahkan masalah yang terkait ilmu sains yang dikenal dengan revolusi asins.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam struktur dunia, tidak terlepas dari perubahan. Kuhn berpandangan bahwa suatu ilmu pengetahuan terikat oleh ruang dan waktu, maka suatu paradigma hanya sesuai untuk permasalahan yang ada pada saat tertentu saja, sehingga apabila dihadapkan pada permasalahan yang berbeda maka perpindahan dari suatu paradigma ke paradigma yang baru dan sesuai adalah suatu keharusan. Perkembangan ilmu dan revolusi ilmiah melaui tahapan-tahapan atau skema-skema. Skema tersebut adalah sebagai berikut : Pra Paradigma – Pra Sience, Pradigma normal Science, Paradigma Anomali krisis, Revolusi Sains Ilmu Normal Baru – Krisis Baru.

    ReplyDelete
  4. Struktur Revolusi Sains adalah buku tentang sejarah sains yang ditulis oleh filsuf Thomas S. Kuhn. Thomas S. Kuhn merupakan filsafat sains yang paling berpengaruh. Dia menulis buku akademis yang paling banyak dikutip sepanjang masa. Kontribusi Kuhn terhadap filsafat sains tidak hanya menandai beberapa doktrin positivis kunci, tapi juga meresmikan sebuah gaya filsafat filsafat baru yang membawanya mendekati sejarah sains.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Seorang Filsuf dari Amerika Serikat bernama Thomas S. Kuhn menulis sebuah buku dengan judul “The Structure of Scientific Revolutions” pada tahun 1962. Hingga tahun 2012 lalu, buku ini sudah ada edisi ke-4. Kuhn menantang pandangan kemajuan yang sekarang berlaku dalam "ilmu pengetahuan normal". Kemajuan ilmiah normal dipandang sebagai "perkembangan-akumulasi dari" fakta dan teori yang diterima. Dalam bukunya, Kuhn mengemukakan sebuah model episodik di mana periode kontinuitas konseptual seperti itu dalam sains normal terganggu oleh periode sains revolusioner.

    ReplyDelete
  6. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Thomas Kuhn adalah seorang ilmuwan yang menciptakan sebuah buku mengenai teori baru atau munculnya teori baru. Dalam bukunya Thomas Kuhn mengatakan bahwa paradigma adalah suatu cara pandang, nilai-nilai, metode-metode, prinsip dasar atau memecahkan suatu masalah yang dianut oleh suatu masyarakat ilmiah pada suatu tertentu. Apabila suatu cara pandang tertentu mendapat tantangan dari luar atau mengalami krisis, kepercayaan terhadap cara pandang tersebut menjadi luntur, dan cara pandang yang demikian menjadi kurang berwibawa, pada saat itulah menjadi pertanda telah terjadi pergeseran paradigma. Jadi kita akan mengetahui paradigma itu sendiri, dan bagaimana cara kita menetapkan metode pembelajaran contohnya dalam pembelajaran sehari hari dengan respon yang positif dari hasil dan siswanya.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Thomas Khun, dengan karyanya "The Structure of Scientific Theory" menyatakan bahwa dalam suatu paradigma atau paham akan menjadi landasan terhadap dalam lahirnya berbagai hukum, atau norma yang baru. Suatu paham memiliki masa tertentu dimana hal itu akan berubah, munculnya paham atau paradigma yang bersesuaian dari masa tersebut dapat menjadikannya landasarn hukum dan norma yang ada.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Thomas Kuhn dalam bukunya The Structure of Scientific memandang tentang perkembangan ilmu bahwa ilmu menikmati periode pertumbuhan yang stabil diselingi oleh revolusi revisionary.
    Kuhn menjelaskan pengaruh yang agak berbeda pada ilmu sosial. Pada pengembangan studi sosial dari ilmu itu sendiri, khususnya 'Sosiologi Pengetahuan Ilmiah' ia mengklaim bahwa para ilmuwan tidak membuat penilaian mereka sebagai hasil dari aturan sadar atau tidak sadar secara erat adanya paradigma membimbing. Selama revolusi mereka dilepaskan dari kendala tersebut (meskipun tidak sepenuhnya). Akibatnya ada kesenjangan yang tersisa untuk faktor-faktor sosial lain untuk menjelaskan penilaian ilmiah.

    ReplyDelete
  10. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Thomas Kuhn menulis buku monumental dengan judul The Structure of Scientific Revolution yang terbit tahun 1962. Buku tersebut mengupas tentang teorinya yaitu struktur revolusi ilmu pengetahuan. Menurutnya ilmu pengetahuan itu juga berkaitan dengan paradigma. Dalam salah satu sumber yang saya baca Thomas Khun mengungkapkan bahwa paradigma itu teori ilmiah yang tidak hanya terbatas pada serangkaian prinsip-prinsip teoritis, namun paradigma juga mencakup pandangan dunia dalam ilmu pengetahuan itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Thomas Kuhn dengan konsep revolusi ilmiah memiliki model filsafat yg agak "unik" dalam sejarah lahirnya ilmu penhetahuan dalam mengkontruksi maupun rekontruksi ilmu pengetahuan baru. Sejarah ilmu pengetahuan merupakan titik mulainya pengkajian permasalahn fundamental dalam epistemologi keilmuan dan sains pada dasarnya selalu ditandai dengan kuatnya paradigma dan revolusi ilmiah. Fase inilah yg diistilahkan oleh Thomas Kuhn sbg lahirnya ilmu pengetahuan baru, dimulai dari nomal science, terjadilah anomali dan krisis, setelah itu revolusi ilmiah. Anomali terjadi pada saat suatu teori tidak dapat menjawab atau menjelaskan sebuah fenomena sehingga akan muncullah kebenaran baru. Begitu juga setelah ditemukan kebenaran baru, siapa yg tidak bisa menyalahkan keberanran lama yg digunakan pada masa lalu, karena itu suatu teori dianggap benar pada masanya. berarti teori yg sekrg dipercaya, belum tentu akan dianggap benar pada masa yang akan datang. Contohnya : dulu bumi dianggap datar dan hampir semua org percaya tsb. skrg kita tahu kebenarannya. Dahulu bumi dianggap pusat tata surya, skrg kita tahu matharilah pusat tata surya.

    ReplyDelete
  13. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    The structure of science revolutions merupakan buku Thomas Kuhn yang terbit pertama kali tahun 1962. Kuhn menantang pandangan kemajuan ang sekarang berlaku. Kuhn mengemukakan sebuah model episodik di mana periode kontinuitas konseptual seperti itu dalam sains normal terganggu oleh periode sains revolusioner.Thomas Kuhn berpendapat bahwa suatu ilmu pengetahuan terikat oleh ruang dan waktu, maka suatu paradigma hanya cocok dan sesuai untuk permasalahan yang ada pada saat tertentu saja, sehingga apabila dihadapkan pada permasalahan yang berbeda dan kondisi yang berlainan, maka perpindahan dari suatu paradigma ke paradigma yang baru dan sesuai adalah suatu keharusan.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Revolusi sains dapat dianggap sebagai episode perkembangan non-komulatif yang di dalamnya paradigma yang lama diganti seluruhnya atau sebagian oleh paradigma baru yang bertentangan. Paradigma baru ini lebih memungkinkan menyelesaikan anomali-anomali yang dari paradigma lama.

    ReplyDelete
  15. Junianto
    PM C

    Filsuf Thomas S. Kuhn merupakan penulis buku tentang sejarah sains. Publikasinya merupakan peristiwa penting dalam sejarah, filsafat, dan sosiologi pengetahuan ilmiah. Kuhn menantang pandangan kemajuan yang sekarang berlaku dalam "ilmu pengetahuan normal". Kemajuan ilmiah normal dipandang sebagai "perkembangan-akumulasi dari" fakta dan teori yang diterima.

    ReplyDelete
  16. Junianto
    PM C

    Kuhn mengemukakan sebuah model episodik dimana periode kontinuitas konseptual seperti dalam sains normal terganggu oleh periode sains revolusioner. Penemuan "anomali" selama revolusi dalam sains mengarah pada paradigma baru. Paradigma baru kemudian mengajukan pertanyaan baru tentang data lama, bergerak melampaui sekadar "pemecahan teka-teki" dari paradigma sebelumnya, mengubah peraturan permainan dan "peta" yang mengarahkan penelitian baru.

    ReplyDelete
  17. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Mengenai struktur revolusi ilmiah, Thomas Kuhn melihat adanya ketidakpedulian terhadap sesuatu yang ada di balik sains itu. Di satu pihak masyarakat hanya menikmati sains dalam skala praktis, di pihak lain para ilmuan menerapkan penelitian dan eksperimennya dengan kadar persepsinya terhadap alam yang menurutnya sudah tepat. Kedua sikap tersebut menuntunnya untuk melakukan sebuah upaya mengungkapkan bahwa sains berkembang tidak bisa lepas dari paradigm para ilmuan. Revolusi sains diperlukan untuk memberikan keluwesan terhadap dunia sains itu sendiri.

    ReplyDelete
  18. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C


    Thomas Kuh terkenal karena bukunya The Structure of Scientific Revolutions di mana ia menyampaikan gagasan bahwa sains tidak "berkembang secara bertahap menuju kebenaran", akan tetapi justru mengalami revolusi periodik yang dia sebut pergeseran paradigma. Analisis Kuhn tentang sejarah ilmu pengetahuan menunjukkan kepadanya bahwa praktek ilmu datang dalam tiga fase; yaitu: tahap pra-ilmiah, Normal Science, pergeseran paradigma.

    ReplyDelete
  19. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. The Structure of Scientific Revolutions merupakan buku mengenai sejarah ilmu sains yang ditulis oleh filsuf Thomas S. Khun. Publikasi ini merupakan kejadian penting dalam perkembangan sejarah, filsafat dan sosiologi pengetahuan sains. Pendekatan Kuhn dalam sejarah dan filsafat ilmu berfokus pada isu konseptual seperti praktisi sains normal, pengaruh kejadian historis, dll.

    ReplyDelete
  20. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Menurut Thomas Kuhn, paradigma merupakan cara pandang, nilai-nilai, metode, prinsip dasar dalam memecahkan masalah yang diyakini oleh masyarakat ilmiah pada saat tertentu. Seiring perkembangan zaman dapat mempengaruhi paradigma, paradigma yang digunakan pada masa lalu terdapat kemungkinan ketidaksesuaian digunakan pada saat ini sehingga perlu untuk merubah paradigma. Sehingga paradigma juga terkait dengan ruang dan waktu. Suatu paradigma yang cocok digunakan pada ruang dan waktu tertentu belum tentu cocok digunakan untuk ruang dan waktu yang lain. Sehingga paradigma akan selalu berubah seiring perkembangan zaman dan berjalannya waktu.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Kuhn memandang ilmu dari perspektif sejarawan profesional tertentu. Ia mengeksplorasi tema-tema yang lebih besar misalnya seperti apakah ilmu itu di dalam prakteknya yang nyata dengan analisis konkret dan empiris. Di dalam Struktur ia menyatakan bahwa ilmuwan bukanlah para penjelajah berwatak pemberani yang menemukan kebenaran-kebenaran baru. Mereka lebih mirip para pemecah teka-teki yang bekerja di dalam pandangan dunia yang sudah mapan. Ilmu bukan merupakan upaya untuk menemukan objektivitas dan kebenaran, melainkan lebih menyerupai upaya pemecahan masalah di dalam pola-pola keyakinan yang telah berlaku.

    ReplyDelete
  22. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Artikel di atas menunjukkan gagasna pikir menurut Thomas Kuhn. Saya mencermati pendapat Kuhn bahwa paradigma pemecahan suatu masalah tidak bersifat mutlak dan universal. Paradigma dalam memecahkan masalah dapat dikatakan tergantung pada ruang dan waktunya. Paradigma X dalam memecahkan suatu masalah X saja, tidak bisa digunakan untuk memecahkan permasalahan lainnya yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dengan permasalahan lain di dunia. Refleksinya bagi saya ialah dalam mnejalani kehidupan ini tidak jarang kita menemukan suatu kebuntuan dalam pemecahan masalaha, bukan berarti itu buntu, mungkin saja bisa jadi kita belum berpikir kritis untuk mencari jalan pemecahan yang lainnya.

    ReplyDelete
  23. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kebanyakan masyarakat hanya menikmati sains dalam skala praktis saja, terkadang mereka tidak tahu apa yang ada di balik sains tersebut. Padahal, dibalik sebuah sains terdapat para ilmuwan yang sudah berusaha untuk menemukan sesuatu. Sehingga, terkesan ada ketidakpedulian masayarakat terhadap sesuatu yang ada di balik sains. Dengan latar belakang inilah Thomas Khun mencetuskan revolusi sains. Revolusi merupakan sebuah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Sehingga, revolusi sains dapat diartikan sebagai perubahan dalam sains agar masyarakat ikut peduli terhadap unsur0unsur dan proses yang terlibat di dalam sains.

    ReplyDelete

  24. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kuhn explains the paradigm in two senses. On the one hand, it means the entire constellation of beliefs, values, techniques shared by members of society. On the other hand paradigms show a kind of concrete puzzle solving element, which if used as a model, pattern or example can replace rules that explicitly serve as the basis for solving problems and unsolved normal science puzzles.

    ReplyDelete