Nov 30, 2012

The Structure of Scientific Revolutions_By Thomas Kuhn




Ass Wr Wb

Khususnya untuk S2 PSn referensi berikut sangat relavan untuk dibaca:

Wss Wr Wb
Marsigit

15 comments:

  1. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan salah satu sumber tersebut, menurut Kuhn, pengalaman berganti secara bertahan pada sains normal dan revolusi. Dalam sains normal kunci teori, instrumen, bilai dan asumsi metafisik yang membentuk ilmu matrik adalah tetap, mengijinkan generasi kumulatif pada solusi persoalan yang sulit. Pada revolusi sains, ilmu matrik mengalami revisi, untuk mengijinkan solusi dari persoalan sulit yang tidak lazim yang mengganggu periode yang mendahului sains normal. Bagian penting dari tesis Kuhn tentang The Structure of Scientific Revolutions fokus memusat pada satu komponen yang spesifik dari ilmu matrik. Ini merupakan konsensus pada contoh penelitian ilmiah. Contoh-contoh sains yang baik ini adalah apa yang Kuhn rujuk ketika ia menggunakan istilah paradigma dalam perasaan yang lebih dalam.

    ReplyDelete
  2. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Khun menyatakan bahwa paradigm merupakan cara pandang, nilai nilai, metode, prinsip dasar atau memecahkan suatu masalah oleh masyarakat ilmiah pada hal tertentu. Paradigma dapat mengalami perrgeseran ketika lunturnya cara pandang tersebut dan hilangnya wibawa dalam cara pandang tersebut. Meskipun orang orang atau para filsuf berada pada aliran yang sama namun cara pandang mengenai suatu hal pasti akan berbeda beda setiap individu. Maka ilmiah pada dasarnya merupakan kebenaran dari pembuktian dan pengujian, lebih khusus lagi terkait alam atua fakta fakta terukur

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Kuhn mempercayai bahwa ilmu pengetahuan memiliki periode pengumpulan data dalam sebuah paradigma. Revolusi kemudian terjadi setelah sebuah paradigma menjadi dewasa. Paradigma mampu mengatasi anomali. Beberapa anomali masih dapat diatasi dalam sebuah paradigma. Namun demikian ketika banyak anomali-anomali yang mengganggu yang mengancam matrik(acuan) disiplin maka paradigma tidak bisa dipertahankan lagi. Ketika sebuah paradigma tidak bisa dipertahankan maka para ilmuan bisa berpindah ke paradigma baru. Ketika berada pada periode pengumpulan data maka ilmu pengetahuan mengalami apa yang dikatakan perkembangan ilmu biasa. Dalam perkembangan ilmu biasa sebuah ilmu pengetahuan mengalami perkembangan. Ketika Paradigma mengalami pergeseran maka itu disebut masa revolusioner. Ilmu dalam tahap biasa bisa dikatakan sebagai pengumpulan yang semakin banyak dari solusi Puzzle. Sedangkan pada tahap revolusi ilmiah terdapat revisi dari kepercayaan ilmiah atau praktek. Thomas Kuhn menyebutkan kurang lebihnya dalam hal ini yang akan pemakalah jelaskan secara rinci pada bagian berikutnya yaitu tentang ; pradigma sains yang normal, anomali munculnya penemuan sains, revolusi sebagai perubahan pandangan atas dunia, dan pemecahan revolusi. gadogadozaman.blogspot.com/2012/12/teori-revolusi-paradigma-thomas-kuhn.html

    ReplyDelete
  4. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Mengenai revolusi sains, Khun menantang mengenai pandangan kemajuan tentang “sains normal” yang berlaku saat ini. Kemajuan ilmiah yang normal dianggap sebagai “perkembangan demi akumulasi” dari fakta dan teori yang diterima. Kuhn berpendapat untuk model episodik di mana periode kontinuitas konseptual seperti itu dalam ilmu normal terganggu oleh periode ilmu revolusioner.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Salah satu contoh mengenai revolusi sains ini adalah Revolusi Copernicus, yang menekankan bahwa revolusi tersebut tidak menawarkan prediksi yang lebih akurat mengenai peristiwa langit, seperti posisi planet, dari pada sistem Ptolemeus. Akan tetapi sebaliknya, ia memohon kepada beberapa praktisi berdasarkan janji yang lebih baik, sederhana, dan solusi yang mungkin dkembangkan di masa depan. Bagi beberapa komentator, Struktur Revolusi Ilmiah memperkenalkan humanisme yang realistis ke dalam inti sains, sementara bagi yang lain bangsawan sains ternoda oleh pengenalan Kuhn tentang elemen irasional ke dalam pencapaian terbesarnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  6. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Revolusi menghendaki suatu upaya untuk merobohkan, menjebol, dan membangun dari sistem lama kepada suatu sistem yang sama sekali baru. Revolusi akan muncul disaat waktu mengharuskan ia hadir. Ketika seluruh komponen masyarakat melihat ada sistem yang berjalan namun tidak mampu menjadi alternatif untuk mewujudkan kemaslahatan rakyat, di saat itulah revolusi dimulai. perkembangan sains terjadi karena adanya paradigma yang lebih baru dan lebih maju dalam hal revolusi sains. Proses perkembangan tersebut adalah revolusi dari permulaan yang asli – yaitu suatu proses di mana tingkatan-tingkatannya ditandai oleh pemahaman terhadap alam yang semakin detail dan canggih

    ReplyDelete
  7. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Khun berpendapat bahwa ilmu pengetahuan normal terganggu oleh ilmu pengetahuan revolusioner. Salah satu contoh analisis Kuhn mengenai Revolusi Copernicus ia menekankan bahwa pada awalnya hal itu tidak menawarkan prediksi yang lebih akurat tentang peristiwa langit seperti posisi planet daripada sistem Ptolemeus, tetapi sebaliknya memohon kepada beberapa praktisi berdasarkan janji yang lebih baik, sederhana, solusi yang mungkin dikembangkan di beberapa titik di masa depan. Kuhn menyebut konsep inti revolusi yang berpengaruh sebagai "paradigma" dan dengan demikian meluncurkan kata ini ke dalam penggunaan analogis yang meluas pada paruh kedua abad ke-20.

    ReplyDelete

  8. Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Assalamu Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang telah diuraikan oleh saudari Rosi Bahwa " perkembangan sains terjadi karena adanya paradigma yang lebih baru dan lebih maju dalam hal revolusi sains. Proses perkembangan tersebut adalah revolusi dari permulaan yang asli – yaitu suatu proses di mana tingkatan-tingkatannya ditandai oleh pemahaman terhadap alam yang semakin detail dan canggih", maksud dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada proses evolusi.
    Terima Kasih
    Warohmatullahi Wabarokatuh Wassalamu Alaikum

    ReplyDelete
  9. Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Assalamu Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang telah diuatarakan oleh saudari Amel bahwa " ilmiah pada dasarnya merupakan kebenaran dari pembuktian dan pengujian, lebih khusus lagi terkait alam atua fakta fakta terukur", maksud dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada ontologi dari paham kosmologi alam sembagai sumber data empiris.
    Terima Kasih
    Warohmatullahi Wabarokatuh Wassalamu Alaikum

    ReplyDelete
  10. Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Assalamu Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Sperti yang telah diutarakan oleh saudara Janu bahwa "Ketika Paradigma mengalami pergeseran maka itu disebut masa revolusioner. Ilmu dalam tahap ini biasa bisa dikatakan sebagai pengumpulan yang semakin banyak dari solusi Puzzle", maksud dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada sistem puzzle sebagai teka-teki dalam mencari jawaban yang ilmiah.
    Terima Kasih
    Warohmatullahi Wabarokatuh Wassalamu Alaikum

    ReplyDelete
  11. Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Assalamu Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang telah diuraikan oleh saudara Fabri bahwa "sains normal kunci teori, instrumen, bilai dan asumsi metafisik yang membentuk ilmu matrik adalah tetap, mengijinkan generasi kumulatif pada solusi persoalan yang sulit. Pada revolusi sains, ilmu matrik mengalami revisi, untuk mengijinkan solusi dari persoalan sulit yang tidak lazim yang mengganggu periode yang mendahului sains normal", maksud dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada uraian asumsi dari paham filsuf yang membahas tentang revolusi sains.
    Terima Kasih
    Warohmatullahi Wabarokatuh Wassalamu Alaikum

    ReplyDelete
  12. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Paradigma adalah suatu penilaian, cara pandang terhadap sesuatu. Paradigma biasanya muncul tergantung fenomena yang sedang terjadi, dan paradigma bisa bergeser sesuai ketika tidak adanya sebuah cara pandang atau penilaian dan paradigma seseorang atau para filsuf itu berbeda walaupun mempunyai pemikiran yang sama namun cara pandang mereka dapat saja berbeda.

    ReplyDelete
  13. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Dari sumber pada elegi ini, menurut Kuhn, pengalaman berganti secara bertahan pada sains normal dan revolusi. Kuhn berargumen bahwa kontinuitas semacam itu diganggu oleh periode-periode kemunculan sains revolusioner. Penemuan "anomali" selama revolusi sains memunculkan paradigma baru. Paradigma tersebut kemudian mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru dari data yang lama, bergerak di luar "penyelesaian teka teki" dalam paradigma sebelumnya, mengubah aturan main dan "peta" yang mengarahkan penelitian baru. Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Struktur Revolusi Ilmiah dikritik oleh rekan-rekan Kuhn dalam sejarah dan filsafat sains. Pada tahun 1965, sebuah simposium khusus yang mengarah pada publikasi presentasi simposium plus esai-esai lain, yang sebagian besar kritis, yang akhirnya muncul dalam volume esai yang berpengaruh. Sejumlah esai yang disertakan mempertanyakan keberadaan sains normal. Dalam esainya, Feyerabend menyarankan bahwa konsepsi Kuhn tentang sains normal cocok dengan kejahatan terorganisir sebagaimana halnya sains. Popper mengungkapkan ketidaksukaannya dengan seluruh premis buku Kuhn. Beliau menulis gagasan untuk beralih menuju pencerahan tentang tujuan sains.

    ReplyDelete
  15. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Buku ini menjadi salah satu titik-tolak perkembangan ilmu pengetahuan. Buku yang banyak mendapatkan tanggapan dari berbagai ilmuwan ini menunjukkan arti penting paradigma dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan. Adanya anomali dari pergeseran sudut pandang ilmuwan, memunculkan paradigma baru yang menawarkan pemikiran baru.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete