Nov 22, 2012

Realistics Mathematics _ by Moerlands



10 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Proses pembelajaran dengan pendekatan RME seperti gunung es (iceberg). Dalam model iceberg terdapat empat tingakatan aktivitas yaitu orientasi lingkungan secara matematis, model alat peraga, pembuatan pondasi, dan matematika formal, yang dapat dilihat pada gambar pada postingan di atas. Dengan pendekatan RME, siswa dengan sendirinya dapat mengetahui kegunaan dari matematika, dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah yang dekat dengan lingkungan siswa tersebut, sehingga siswa akan lebih mudah memahami konsep matematika.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Untuk melakukan pembelajaran realistik matematika itu seperti gunung es. Dimulai dari bawah yaitu dunia nyata, porsinya harus lebih baik daripada bagian yang lainnya. Lalu dilanjutkan ke atas yaitu model material atau alat peraga yang digunakan. Lalu dilanjutkan ke atas lagi yaitu menjelaskan hubungan-hubungan antara materi satu dengan materi lain. Lalu yang paling atas barulah notasi formal yang digunakan.

    ReplyDelete
  3. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Matematika realistik menurut Moerlands diibaratkan seperti gunung es yang tinggi, dimana jika seseorang mempelajari matematika hendaklah dimulai dari dasar. Dalam gambar tersebut terlihat bahwa gunung es tersusun dari beberapa unsur matematika dimulai dari yang paling dasar, yaitu: “mathematical world orientation”, dimana saat siswa pertama kali mengenal matematika, ia dikenalkan kepada matematika konkret, yang mempelajari matematika melalui keadaan nyata yang terdapat di lingkungan sekitar. Kedua, “model material”, dimana pada fase ini siswa telah mampu memodelkan permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ke dalam bentuk matematika. Ketiga, “building stones: number relations”, dimana pada saat ini pemodelan masalah matematika yang telah dilakukannya dihubungkan dengan notasi matematika. Dan yang terakhir adalah “formal notation”, dimana siswa telah mampu untuk menotasikan pemodelan masalah matematika ke dalam notasi formal. Dengan demikian, melalui matematika realistik ini, siswa diharapkan mampu untuk membangun pengetahuan dari dasar sehingga benar-benar memahaminya.

    ReplyDelete
  4. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P. Mat A 2017

    Postingan di atas menceritakan tentang pendekatan iceberg (gunung es) dalam matematika realistik menurut Moerlands. Proses pembentukan gunung es di laut selalu dimulai dari bagian dasar di bawah permukaan laut dan seterusnya akhirnya terbentuk puncak gunung es yang muncul di atas permukaan laut. Bagian dasar gunung es lebih luas dari pada puncaknya, dengan demikian konstruksi gunung es tersebut menjadi kokoh dan stabil. Proses ini diibaratkan proses pembentukan pengetahuan dalam pembelajaran matematika dengan matematika realistik. Pada awalnya, pengetahuan siswa dibangun dari hal-hal yang bersifat konkret. Kemudian hal-hal yang bersifat konkret tersebut secara bertahap dijadikan dasar untuk membangun matematika formalnya. Pendekatan icebrg dalam matematika realistik ini baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran matematika, karena pendekatan iceberg ini akan membuat fondasi pengetahuan matematika seorang anak lebih kokoh untuk ditarik menuju matematika formal.

    ReplyDelete
  5. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Pada postingan diatas bahwa gambar Iceberg tersebut menunjukkan tentang sistem(proses) dasar dari Realistik Mathematic Education. Langkah RME itu bertingkat atau bertahap. Terlihat jelas pada proses pembentukan gunung es tersebut dimulai dari bagian dasar hingga muncul puncak dari gunung es tersebut. Bagian dasar haruslah kokoh dan kuat, supaya bagian puncak tersebut tidak roboh atau pun hancur. Begitu juga proses pembelajaran RME menurut Moerlands. Bagian dasar dari gunung es tersebut haruslah dimulai dengan pendekatan-pendekatan permasalahan matematika yang nyata adanya dikehidupan sehari-hari siswa karena dengan adanya masalah yang nyata maka ingatan siswa akan lebih kuat, pengetahuan siswa dibangun dari benda atau contoh-contoh yang bersifat nyata atau konkret, kemudian dari yang konkret tersebut, siswa membangun konsep matematika yang formal yang sebelumnya telah melalui beberapa tahapan sebelum mencapai matematika formal (konsep).

    ReplyDelete
  6. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Iceberg Approach merupakan salah satu pendekatan dalam matematika realistik. Menurut Moerlands, matematika realistik diilustrasikan seperti fenomena (iceberg) gunung es. Berdasarkan gambar ilustrasi di atas, dapat saya ketahui bahwa pengetahuan matematika terdiri dari 4 tahap yaitu:
    1. Mathematical world orientation
    2. Model material
    3. Building stones, number relations
    4. Formal notation
    Agar di dalam diri siswa tertanam jiwa matematika maka siswa harus dikuatkan yaitu dengan dihubungkan antara sesuatu yang sering dijumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian siswa dibimbing untuk mampu memodelkan permasalahan yang dijumpai tersebut yang selanjutnya menghubungkannya dengan matematika. Kemudian diharapkan bisa menotasikannya dalam notasi formal matematika atau bahasa matematika. Jadi, pendekatan Iceberg dalam Matematika Realistik diharapkan dapat membangun pengetahuan siswa terhadap materi matematika di sekolah.

    ReplyDelete
  7. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari gambar di atas dapat diketahui bagaimana pola pendekatan realistik matematik itu ketika diterapkan pada siswa. Realistik matematik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang digunakan didalam pembelajaran matematika yang menekankan pada pemberian masalah yang erat kaitannya dengan kehidupan atau dunia sehari-hari. Pertama, pembelajaran sengan berasal dari kata-kata matematika yang dimulai dengan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan matematika kemudian di ubah menjadi bentuk materialnya atau benda konkrit matematika, kemudian benda benda tersebut di ubah menjadi jumlahan benda yang kemudian terakhir dibentukkan melalui notasi formal yaitu dengan simbol bilangan. Dalam gambar yang terlihat yaitu yang notasi formal, tapi sejatinya berangkat dari akar nyata. Realistik Mathematics ini juga di adaptasi pada pembelajaran matematika di Indonesia yang kemudian dinamakan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) dimana yang realistik sesuai dengan apa yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Metode RME umumnya lebih banyak diterapkan disekolah dasar, karena ditingkat pendidikan dasarlah pola pemikiran tentang konsep mulai terbangun. Dengan melihat benda-benda yang bersifat konkret atau real siswa akan lebih lama mengingat materi dan konsep matematika yang di ajarkan. Selain itu dengan metode RME siswa akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan karena imaginasi dan gaya berfikir siswa di bawa ke dalam kehidupan nyata dan bukan lagi bersifat abstrak. Metode RME salah satu metode yang dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar karena selain dapat melihat objek yang dipelajari secara langsung siswa juga dibimbing dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan realitas perhitungan yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  9. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Matematika realistik oleh Moerlands diilustrasikan dengan suatu gambar an iceberg atau sebuah gunung es, sebagaimana yang kita ketahui dan kita dengar tentang gunung es yaitu bahwa gunung es yang terlihat (puncak) di permukaan laut itu tidak seberapa bila dibandingkan dengan ukuran dari dasar gunung atau bagian dari gunung yang tidak terlihat dari permukaan laut yaitu bagian gunung di bawah pemukaan air laut tersebut. Berdasarkan gambar tersebut puncak gunung yang terlihat di atas permukaan laut tersebut diibaratkan dengan bentuk formal dari hasil proses belajar matematika realistik siswa sedangkan bagian gunung di bawah permukaan air laut tersebut merupakan ilustrasi dari proses matematika realistik yaitu berupa aktivitas-aktivitas membangun konsep matematika melalui konteks dunia nyata atau kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  10. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, matematika realistik adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik yang dirintis oleh Hans Freudenthal. Selanjutnya matematika realistik dijelaskan lebih detail oleh Frans Moerland, dia membagi pembelajaran matematika menjadi empat bagian, bagian pertama berisi konsep atau prinsip matematika yang sesuai dengan masalah dunia nyata. Bagian kedua terdiri dari model material atau model kongkrit dari masalah dunia nyata. Bagian ketiga berisi model-model formal dalam bentuk angka-angka. Pada bagian terakhir adalah konsep matematika formal yang berisi notasi-notasi, pada bagian ini sudah sangat terasa bahwa matematika itu abstrak. Pada pembelajaran matematika akan lebih baik jika diawali atau dimulai dari bagian pertama dahulu yaitu mulai dari bentuk nyata dari matematika.

    ReplyDelete