Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Akuntabel (dapat dipercaya) _ Photo oleh CRICED



6 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Menggapai Guru yang Akuntabel artinya menggapai guru yang dapat dipercaya oleh siswa-siswi dan orang-oarang di sekitarnya. Bagiamanakah caranya? Caranya :Pastikan guru memiliki berbagai ketrampilan, kemampuan khusus, mencintai pekerjaannya, menjaga kode etik guru , mengembangkan dirinya terhadap pengetahuan dan mendalami keahliannya. Dan yang paling penting Ia harus rajin membaca literatur.
    Dengan demikian, ia dapat menjadi seorang Guru Profesional yang dapat berfungsi Sebagai Komunikator dan Fasilitator. Dimana ia akan memfasilitasi siswanya untuk belajar secara maksimal dengan menggunakan berbagai strategi/metode, media, dan sumber belajar. Dalam proses pembelajaran siswa sebagai titik sentral belajar, siswa yang lebih aktif, mencari dan memecahkan permasalahan belajar, dan guru membantu kesulitam siswa yang mendapat hambatan, kesulitan dalam memahami, dan memcahkan permasalahan.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Proses pembelajaran yang terjadi di kelas tentunya akan dipertanggungjawabkan guru kepada orang tua siswa sehingga guru yang membimbing siswa-siswi dapat dipercaya oleh orang tua wali. Yang saya amati dari gambar di atas adalah orang tua siswa ikut serta menyaksikan bagaimana proses pembelajaran yang terjadi. Dengan menyaksikan secara langsung orang tua bisa mendapatkan gambaran bagaimana dan seperti apa proses pembelajaran yang terjadi selama ini. Dengan demikian, secara tidak langsung guru bisa mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada orang tua dan tetunya dapat dipercaya oleh orang tua.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Sebagai pengajar, guru hendaknya menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan serta senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya. Karena itu sebenarnya guru sendiri adalah seorang pelajar yang belajar secara terus-menerus. Guru adalah tempat menimba ilmu bagi para siswanya. Sebagai pengajar ia harus membantu perkembangan anak didiknya untuk memahami, dan menguasai ilmu pengetahuan. Untuk itu guru hendaknya mampu memotivasi siswa untuk senantiasa belajar pada berbagai kesempatan. Kemampuan ini tidak hanya berdasarkan teori-teori yang diperoleh dari bangku pendidikan, melainkan harus dihayatinya dan disikapi sebagai suatu seni. Makan selayaknya seorang guru harus mempersiapkan segala sesuatu baik itu kompetensi pedagodik, profesional, sikap dan sosial sehingga guru bisa dipercaya baik peserta didik maupun masyakarat.

    ReplyDelete
  4. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Menarik sekali foto di atas, menggambarkan guru yang daoat dipercaya tak hanya siswanya namun juga dipercaya oleh semua subjek pendidik dari wali murid sampai orang sekitarnya. Menjadi seorang guru yang akuntabel atau dpaat dipercaya bukan merupakan hal yang mudah karena memerlukan niat dan usaha yang baik. Seorang guru harus mendapatkan keparcayaan dari muridnya bahwa guru dapat membimbing atau mengarahkan siswanya untuk menemukan suatu konsep matematika yang benar. Guru yang dapat dipercaya adalah guru yang percaya bahwa setiap siswa memiliki kemampuan masing-masing dan dapat mengembangakan kemampuannya tersebut sehingga dapat membangun dan menemukan pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menggapai guru yang akuntabel tentu bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan persiapan yang matang, niat dan tujuan yang jelas, keikhlasan, usaha yang konsisten, dan keberanian menghadapi rintangan dan kesulitan serta mampu mengartikannya sebagai pengalaman dan pembelajaran bagi nya. Menggapai guru yang akuntabel adalah usaha guru untuk dapat dipercaya muridnya, orang tua murid dan lingkungan. Sehingga seorang guru harus selalu meningkatkan kualitas dan kemampuan dirinya. Ia harus terbuka terhadap saran, kritik dan pembaruan serta menjadi pribadi yang selalu belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Foto ini menunjukkan kekuatan seorang guru yang luar biasa. Jika belajar di Indonesia masih didominasi oleh metode ceramah, dimana siswa hanya duduk dan mendengarkan, dalam gambar ini nampak bahwa siswa lebih aktif membangun pengetahuan sendiri. Melalui media pembelajaran yang ada, guru telah memberi siswa kesempatan untuk belajar, bukan mengajar. Semoga gambar ini bisa memotivasi pendidik di masa depan untuk bisa mengubah metode belajar menjadi lebih inovatif dan memberikan pengalaman kepada siswa.

    ReplyDelete