Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Akuntabel (dapat dipercaya) _ Photo oleh CRICED



18 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Kiai dan guru spiritual kita yang paling agung, Muhammad Shollalahu Alaihi Wasallam memiliki gelar Al-Amin (yang dapat dipercaya). Jujur merupakan sifat yang terpuji. Allah menyanjung orang-orang yang mempunyai sifat jujur dan menjanjikan balasan yang berlimpah untuk mereka. Termasuk dalam jujur adalah jujur kepada Allah, jujur dengan sesama dan jujur kepada diri sendiri. Salah satu kunci keberhasilan dakwah Rasulullah adalah kejujuran. Sehingga, perihal logika transendental yang pada saat itu masih diluar nalar manusia pada zaman nya, dapat diterima. Contohnya, Alquran mengatakan laut itu berlapis-lapis, dan diantaranya ada pemisah. Rasulullah bukanlah seorang pelaut. Jika menggunakan logika standar pada waktu itu, pastilah tidak bisa mempercayainya. Namun, karena beliau orang yang sangat jujur, dapat dipercaya, sehingga dakwah beliau sangat sukses hingga sampai ke zaman sekarang. Tentunya sifat dapat dipercaya harus dimiliki oleh guru. Dengan demikian, harapannya ajaran yang disampaikan oleh siswa dapat dengan mudah diterima. Elemen lainnya seperti pemerintah dan masyarakat juga dapat menerima model mengajar yang dilaksanakan oleh guru tersebut.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Guru yang memiliki akuntabilitas yang tinggi tidak terlepas dari empat kompetensi yang harus ada pada guru. Sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa
    “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”.

    ReplyDelete
  3. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    foto tersebut pernah Prof Marsigit tampilkan pada perkuliahan etnomatematika. foto tersebut adalah foto pada saat diadakannya lesson study di Jepang. foto tersebut menampilkan kegiatan pembelajaran yang diamati oleh pihak-pihak yang peduli terhadap pendidikan. tujuan dari kegiatan tersebut salah satunya adalah untuk memperbaiki cara guru mengajar/mendidik.

    ReplyDelete
  4. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    guru yang dapat dipercaya merupakan salah satu modal penting untuk mendidik peserta didik dalam kelas. para peserta didik butuh guru yang dapat dipercaya, yaitu guru yang dapat menguasai kelas dan menguasai materi pembelajaran. menguasai kelas disini artinya bahwa guru dapat membuat kelas menjadi aktif, yaitu pembelajaran tidak dominan pada guru. guru yang dapat dipercaya juga sudah seharusnya mampu untuk menerapkan metode-metode yang sesuai dengan kondisi peserta didik sehingga pembelajaran yang terjadi adalah pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  5. Nama : iLania Eka Andari
    Kelas : PM C 2017 (S2)
    NIM : 17709251050

    Foto ini sangat berkesan bagi saya, dan saya masih ingat foto ini pernah ditampilkan oleh Bapak Prof.Dr.Marsigit, M.A ketika saya mengikuti perkuliahan beliau saat S1 dulu.
    Yang dapat kita lihat dari foto di atas adalah seorang guru yang sedang mengajari muridnya sedangkan di sisi lain, orang tua para murid sedang menyaksikan proses pembelajaran tersebut.
    Ketika guru sedang mengajar, dapat kita lihat semua murid tersenyum. Mereka merasa bahagia dan merasa nyaman dengan atmosfer pembelajaran tersebut. Mengapa? Menurut saya karena Guru tidak “memaksa” para murid. Dia tidak memberikan “pressure” kepada murid-muridnya. Daripada memberikan tekanan, guru justru memberikan kebebasan kepada muridnya. Dia mengijinkan murid-muridnya untuk mengekspresikan kreativitas mereka, mengekspresikan ide-ide dan imajinasi mereka untuk menyelesaikan pertanyaan/permasalahan/problem yang diberikan.
    Sehingga orang tua yang menyaksikan proses belajar mengajar merasa tenang karena mereka tahu bahwa anak-anak mereka bukannya merasa tertekan tetap justru bahagia dan senang mengikuti pembelajaran. Hal itu lah yang akhirnya membuat para orang tua percaya kepada guru.
    Kesimpulan yang saya dapatkan, untuk menggapai guru yang akuntabel (dapat dipercaya), pertama-tama guru harus membuat para murid merasa nyaman dan senang ketika mengikuti pembelajaran, bebaskan mereka untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan kreativitas dan imajinasi mereka. Dengan demikian siswa dan orang tua nya dapat mempercayai kita sebagai guru/calon guru.

    ReplyDelete
  6. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wrb
    Melalui foto ini, banyak makna yang bisa diungkap untuk menjadi seorang guru yang akuntabel (dapat dipercaya). Dari foto tersebut terlihat seorang guru yang sedang mengajar dihadapan siswa dan bahkan didepan orang tua siswa sekaligus. Namun, orang tua siswa bukan ikut menjadi siswa akan tetapi mereka bertindak sebagai “penonton”, yang menyaksikan proses belajar mengajar anaknya.
    Berdasarkan foto tersebut terlihat sang guru tersenyum dalam menyampaikan materi dan instruksi kepada siswanya dan para siswa juga terlihat tersenyum dalam mendengarkan penjelasan dari gurunya dan melaksanakan perintah sang guru dengan tertib (dalam hal ini terlihat siswa tengah melakukan sebuah percobaan).
    Dari ekspresi guru, terlihat bahwa guru tersebut ikhlas dalam mengajar. Beliau tidak memandang bahwa dirinya seorang yang hebat sehingga harus memaksakan (dengan keras) kehendak kepada siswanya. Terlihat juga bahwa guru mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman, kondusif dan menyenangkan bagi para siswanya, sehingga para siswa pun nyaman menerima “transfer” ilmu yang diberikan oleh gurunya.
    Dari ekspresi para siswa juga terlihat bahwa mereka dengan ikhlas menerima materi pelajaran yang disampaikan gurunya. Para siswa terlihat nyaman meski sedang dihadapkan dengan berbagai alat-alat praktikum percobaan, yang mungkin saja mereka belum memahami dengan baik bagaimana cara penggunaannya. Disini terlihat guru memberi kebebasan kepada siswanya untuk belajar, kebebasan dalam berkarya, kebebasan dalam berkreasi, kebebasan dalam berimajinasi sehingga para siswa mampu menyelesaikan perintah yang diberikan gurunya. Terlihat tidak ada paksaan, tidak ada tekanan, semuanya berjalan dengan sangat tertib.
    Dengan melihat para siswa nyaman dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik, para orang tua yang menyaksikan merasa lega bahwa anak mereka benar-benar dibimbing dan diarahkan dengan baik oleh gurunya. Sehingga timbullah rasa percaya dalam hati mereka.
    Jadi, kesimpulan yang dapat saya tarik adalah bahwa untuk menjadi seorang guru yang akuntabel (dapat dipercaya), langkah pertama yang harus ditempuh adalah guru harus ikhlas dalam mengajar karena bagaimanapun pintarnya seorang guru namun tidak ikhlas dalam menyampaikan ilmunya, suasana dalam proses belajar mengajar akan kaku. Dengan ikhlasnya seorang guru dalam “mentransfer” ilmunya, terciptalah suasana nyaman bagi siswanya sehingga siswa dengan baik akan memahami dan menerima ilmu yang diberikan. Dengan demikian, baik orang tua siswa maupun siswa dapat mempercayai guru tersebut.

    ReplyDelete
  7. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari foto di atas saya dapat menyimpulkan bahwa yang terjadi adalah kegiatan Learning Study yang dilakukan di lura negeri. Saya menduga bahwa itu dilakukan di jepang. Metode yang digunakan adalah diskusi dengan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran tersebut disaksikan oleh banyak sekali orang dari berbagai kalangan yang berhubungan dengan dunia pendidikan atau bahkan dengan murid-murid modelnya. Berbicara mengenai guru yang akuntabel. Saya setuju bahwa guru itu harus dapat dipercaya, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.
    Guru dapat dipercaya oleh orang dewasa artinya guru dapat dipercaya oleh orangtua siswa, kepala sekolah, dan pengawas sekolah dalam menjalankan amanah sebagai seorang pendidik. Guru dapat dipercaya oleh anak-anak artinya guru dapat ipercaya oleh murid-muridnya. Hal ini sangat penting karena tanpa suatu rasa percaya seorang murid terhadap gurunya, maka mustahil pembelajaran itu berjalan dengan baik. Seorang guru harus mampu menjadi fasilitator agar murid memperoleh ilmu pengetahuan. Dengan melakukan learning study seperti pada gambar di atas juga merupakan salah satu cara menggapai guru yang akuntabilitas.

    ReplyDelete
  8. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Berdasarkan foto di atas terlihat bahwa adanya proses pembelajaran yang sedang terjadi di lapangan basket in-door, agar bagaimana pembelajaran tersebut berlangsung dapat disaksikan oleh orang tua/wali murid . Metode diskusi yang digunakan oleh guru menarik perhatian siswa-siswa lainnya ketika salah seorang dari mereka mewakili teman sekelompoknya untuk presentasi dan berdiri disana. Pembelajaran tersebut berpusat pada siswa. Ekspresi siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran terlihat bersemangat dan antusias. Menurut pendapat saya, untuk menjadi guru yang akuntabel (dapat dipercaya) maka memiliki kepribadian yang layak dan menjadi contoh (teladan) merupakan salah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan. Memiliki kepribadian yang layak adalah dengan menjadi pribadi yang selayaknya bagi seorang guru. Memperhatikan hal-hal kecil maupun besar yang berkaitan dengan siswanya, menyediakan apa yang dibutuhkan oleh siswanya (dalam hal ini pembelajaran yang disenangi siswa) serta menjadi teladan atau pribadi yang patut dicontoh oleh siswa merupakan nilai plus bagi guru. Sehingga pada akhirnya guru dapat dipercaya oleh siswanya bahkan orangtuanya. Dengan akuntabilitas sebagai modal utama, guru akan mempunyai tempat yang istimewa di hati para siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  9. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Jika memang benar yang dikatakan oleh mbak Ilania Eka pada komentar di atas bahwa foto tersebut menggambarkan sebuah proses pembelajaran dimana orang tua atau wali siswa dapat melihat secara langsung proses pembelajaran yang dialami anaknya di sekolah, maka saya sangat tertarik sekali dengan foto ini. Baru terfikirkan oleh saya bahwa ternyata ada sekolah yang membolehkan orang tua atau wali siswa melihat proses pembelajaran anaknya. Menurut saya, ini bagus untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang disaksikan oleh orang tua atau wali siswa akan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pada foto di atas dapat dilihat bahwa anak-anak merasa senang dan percaya diri, kemungkinan besar mereka bahagia karena ada orang tua yang melihatnya. Selain itu, proses pembelajaran yang terbuka seperti ini akan meningkatkan kualitas guru karena guru tidak akan sembarangan dalam mengajar. Guru akan menampilkan proses pembelajaran sebaik mungkin karena merasa ada orang tua atau wali siswa yang melihat. Tambahan lagi, dari sisi orang tua atau wali siswa akan merasa yakin jika melihat secara langsung proses pembelajaran, baik itu melihat siswa maupun gurunya, serta juga dapat memberikan masukan terhadap guru. Sehingga, akan terbentuklah guru yang akuntabel atau dapat dipercaya.

    ReplyDelete
  10. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Sebagai seorang guru, hendaknya ia harus memiliki cara agar ia dapat dipercaya oleh siswa-siswa nya. Hal ini penting, karena membuat siswa percaya memang tidak mudah. Guru harus memberikan alasan yang rasional, logis, empiris, dan berdasarkan bukti yang bisa disampaikan pada siswa-siswa. sebagai contohnya, seperti pada ilustrasi foto di atas. Foto di atas memperlihatkan bahwa siswa-siswa sedang melakukan eksperimen terhadap suatu ilmu pengetahuan. Lalu, atas dasar apa mereka mau untuk melakukan eksperimen tersebut sesuai dengan arahan guru? Tentu saja atas dasar kepercayaan mereka terhadap guru tentang pembuktian suatu ilmu pengetahuan. Tanpa adanya rasa percaya tersebut, tentu siswa tidak akan mau untuk melakukan apa yang diminta oleh guru. Tantangan itulah yang sampai kapanpun akan terus dihadapi oleh guru-guru.

    ReplyDelete
  11. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Guru yang akuntabel adalah guru yang dapat mengemban amanah sebagai guru secara bertanggung jawab. Ia akan dipercaya tidak hanya oleh anak didik atau murid-muridnya, tetapi juga dipercaya oleh semua orang, termasuk orang tua siswa dan teman sesama guru.
    Sekilas gambar foto di atas menunjukkan suatu pembelajaran yang dilakukan di lapangan dalam (indoor). Menurut saya, pembelajaran tersebut sengaja diperlihatkan atau terbuka untuk disaksikan oleh khalayak, termasuk orang tua siswa. Adapun tujuannya (menurut saya),, agar mereka (penonton) memahami bagaimana sistem pembelajaran yang dilakukan atau didemostrasikan oleh guru tersebut.

    ReplyDelete
  12. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Akuntabel adalah segala sesuatu yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai sebagaimana idealitasnya atau aturannya, sesuatu yang bersifat akuntabel selalu bisa dipertanyakan dan dipersalahkan serta ada konsekuensinya. Begitu pula dengan guru yang menggapai akuntabel, terlihat pada gambar di atas bahwa seseorang guru yang sedang mengajar dan aktivitas pembelajarannya diperlihatkan atau dilihat oleh banyak orang, melalui kegiatan ini guru tersebut menunjukkan atau memperlihatkan bagaimana aktivitas siswa pada pengajarannya sehingga orang lain yang menyaksikan (misalnya orang tua siswa, masyrakat) menaruh rasa yakin dan lebih mempercayakan pendidikan dan pengetahuan anak-anaknya kepada guru yang mengajar. Kegiatan tersebut juga memperlihatkan bahwa guru mampu mempertanggungjawabkan cara atau strategi mengajarnya didepan khalayak ramai selain itu siswa juga terlihat antusias mengikuti pembelajaran tanpa terganggu dengan keberadaan banyak orang yang menyaksikan aktivitas belajar mereka.

    ReplyDelete
  13. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Guru yang yang baik adalah guru yang mengurangi ketergantungan terhadap dirinya, dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan skema dan peta konsep sesuai dengan ide-ide yang ada di dalam pola pemikiran mereka. Selain itu guru juga harus membuat siswa percaya dengan apa yang disampaikannya, karena guru merupakan salah satu sumber belajar yang sangat krusial, maka guru dituntut selain harus menguasai materi pelajaran dengan baik, guru juga harus menguasai cara menyajikan materi pelajaran agar siswa dapat memahami dengan baik apa yang disampaikan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.

    ReplyDelete
  14. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Melalui foto tersebut terlihat jelas bahwa seorang guru sedang memberikan pembelajaran serta arahan kepada siswa atau murid di sebuah gedung aula yang besar.Sepertinya siswa –siswa tersebut sangat menikmait pembelajarannya.Hal itu dapat dilihat dari senyum anak-anak yang masih mengambang di wajahnya.Dan saya melihat sebagian siswa yang paling depan layaknya membentuk suatu kelompok belajar.Dan siswa yang lainnya ada yang memegang paper dan siswa- siswa tersebut semuanya memusatkan perhatian pada gurunya yang sedang berbicara di depan.Melihat keadaan yang sangat kondusif tersebut, mungkin dapat dikatakan bahwa guru telah mampu menempuh cara yang efektif di dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Akuntabilitas menurut saya adalah tanggungjawab, dalam pembelajarn seorang guru diminta untuk bertanggung jawab terhadap pemebelajaran siswanya, bagaimana seorang guru memberikan suatu pemahaman, bagaimana guru memberikan suatu pengalaman dala pembelajaran. Dalam foto di atas menunjukkan bagaimana seorang guru memperlihatkan proses pembelajaran kepeda wali murid, memberikan kesan pembelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  16. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari foto tersebut kesan yang kami dapat adalah antusiase dari setiap pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran, tampak pula semangat untuk menggapai proses pembelajaran yang optimal. Sebagai seorang guru kami harus dapat mengambil inspirasi dari foto ono, kami harus berusaha untuk menjadi guru yang akuntabel yaitu guru yang benar-benar bertanggung jawab terhadap proses pmbelajaran yang kami selenggarakan baik dalam perencanaa, proses, evaluasi dan hasil dari pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  17. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Terimakasih pak, sudah mengingatkan saya kembali, bahwa sudah semestinya seorang guru haruslah dapat dipercaya oleh siswa. Guru adalah contoh bagi siswa-siswanya, guru adalah panutan bagi siswa-siswanya, dan guru adalah idola para siswanya. Menurut saya, menggapai guru yang akuntabel adalah guru yang selalu menyampaikan kebenaran, tidak mengajarkan siswa dengan cara yang salah, dan tidak membohongi (memanipulasi/tidak objektive) nilai siswa. Jika ada hal yang guru atau pendidik belum tahu, sudah selayaknya guru meminta waktu tambahan atau meminta maaf kepada siswa, untuk mencari tahu kebenaran dari sebuah soal yang diajukan. Dan kemudian guru juga harus objective kepada semua siswa, dalam artian tidak membeda-bedakan siswa yang satu dengan yang lain, karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda pula.

    ReplyDelete
  18. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah

    Terlihat dalam foto bahwa pembelajaran tersebut sedang dilakukan dalam ruangan aula yang didesign menyerupai ruang kelas. Terlihat pemandangan yang tidak biasa dalam foto tersebut, bahwa terlihat banyak sekali orang tau siswa atau mungkin calon orangtua siswa “turut serta” dalam pembelajaran tersebtu. Dan dalam foto tersebut, terlihat siswa berkelompok sedang melakukan suatu percobaan. Senyum cerah mengembang dibibir mereka. Seperti tanpa ada paksaan dalam proses pemebelajaran yang meraka lakukan. Hal ini sangat menarik untuk dikaji dan diterapkan di Indonesia. karena dengan adanya penyaksian secara langsung oleh orang tua murid dan siswa terlihat enjoy saat pembelajaran berlangsung secara tidak sadar akan menumbuhkan rasa percaya orang tua murid terhadap sekolah (kepada guru khususnya) untuk mendidik anak-anaknya.

    ReplyDelete