Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Akuntabel (dapat dipercaya) _ Photo oleh CRICED



103 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Akuntabel berasal dari bahasa inggris Accountable yang terdiri dari kata “Account” yang berarti menghitung dan “Able” yang berarti mampu. Makna akuntabel sendiri berarti dapat dipercaya atau dapat dipertanggungjawabkan. Seorang yang akuntabel berarti seorang yang dapat dipercaya. Guru yang akuntabel berarti guru yang dapat dipercaya melalui karya-karyanya yang diakui dan dipercaya oleh banyak pihak yang terkait dengan assessment. Seorang guru yang dapat dipercaya juga harus memberikan contoh/teladan yang baik bagi siswa kapanpun dan dimanapun.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Menjadi guru yang akuntabel adalah menjadi guru yang dapat dipercaya baik oleh siswanya maupun oleh para wali muridnya, selain itu apa yang terjadi dalam pembelajarannya dapat dipertanggungjawabkan. Seorang guru yang dapat menarik siswanya untuk tetap belajar dan selalu termotivasi oleh keadaannya. Hal itu mungkin tidak terlepas dari pengalaman yang telah dimiliki oleh guru tersebut, sehingga kita berusaha mencari pengalaman untuk mengembangkan diri kita agar bisa menjadi seorang guru yang akuntabel.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Akuntabilitas dalam pendidikan berarti bahwa beberapa orang (guru atau administrator), beberapa lembaga (dewan pendidikan atau departemen pendidikan) atau organisasi (profesi atau swasta) bertanggung jawab melakukan sesuatu yang telah disepakati. Adapun, guru bertanggung jawab untuk tujuan tertentu yang disepakati. Tuntutan akuntabilitas guru adalah peningkatan jumlah orang tua yang mengerti masalah pendidikan, masyarakat memiliki kesan guru bertanggung jawab kepada siapapun, masyarakat merasa ingin tahu kemana pajak yang dibayar, pendidikan merupakan pusat informasi.

    ReplyDelete
  4. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Guru yang akuntabel merupakan sebutan bagi seorang guru yang mampu dipercaya, baik dipercaya siswanya maupun dipercaya orang tua siswa.
    Seorang guru sudah dianggap akuntabel maka akan menjadi poin tersendiri bagi dirinya hal ini karena ketika guru telah dipercaya kemampuan mengajarnya maka siswa akan senantiasa mendengar arahan guru, begitupun juga orang tua siswa akan lebih tenang karena merasa anaknya dititipkan kepada orang yang tepat yang mampu mengajari anaknnya agar dapat lebih berprestasi.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kalimat yang bisa dibilang lelucon dalam bahasa jawa tapi benar adanya adalah "Guru, digugu lan ditiru" yang artinya guru adalah orang yang dipercaya dan ditiru oleh siswanya. Menjadikan seorang guru yang akuntable atau dipercaya bukanlah hal yang mudah. Guru yang dipercaya siswanya akan ilmunya, sikapnya, dan tuturkatanya. Untuk menjadi seorang guru bukanlah hal yang sulit tapi menjadi guru yang akuntable menurut saya tidaklah mudah, dia harus mempertanggungjawabkan sepenuhnya atas profesi yang dijalaninnya.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Menurut saya dari apa yang saya ketahui bahwa guru yang akuntabel adalah seorang guru bisa dipercaya, baik dipercaya oleh siswa maupun juga dipercaya oleh orang tua siswa.Robert Havighurst, berpendapat akuntabilitas bukan tanggung jawab guru dan kepala sekolah semata. Orang lain juga berkewajiban bertanggung jawab atas kinerja murid, mereka juga harus bertanggung jawab jika kita menggunakan model yang konstruktif. Ini termasuk orang tua, warga masyarakat, anggota dewan sekolah, pembayaran pajak dan yang paling penting siswa itu sendiri. Kembali pada gambar di atas, terlihat proses pembelajaran yang tercipta begitu menarik dan siswa pun sangat antusias mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh adanya kepercayaan siswa dan orang tua yang diberikan kepada guru untuk mendidik dan memfasilitasi siswanya untuk belajar. Untuk menciptakan rasa percaya terhadap guru salah satunya adalah melihat bagaimana kualitas, kreativitas dan kompetensi guru tersebut.

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Guru tentu harus akuntabel, dapat dipercaya, baik oleh siswa, orang tua siswa, lembaga, maupun masyarakat. Untuk menjadi guru yang akuntabel perlu diadakan evaluasi. Evaluasi bisa dilakukan oleh siapa saja sebenarnya, namum peran lembaga, atasan dan teman sejawat lebih terasa untuk melakukan evaluasi tersebut. Lesson study seperti pada gambar dapat dilakukan agar kinerja guru dan metode-metode dalam mengajar yang dipakai gurudapat dievaluasi dimana letak keunggulan dan kelemahannya. Jika terdapat kelemaham dapat segera diperbaiki, jika terdapat kelebihan maka dapat disebarkan dan diterapkan oleh guru lain.

    ReplyDelete
  8. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Guru yang akuntabel adalah guru yang dalam pembelajaran di kelas dapat dipertangungjawabkan dalam segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Menjadi guru yang seperti itu tentunya bukanlah perkara mudah, guru harus menggunakan teknik dan prosedur yang tepat dalam pembelajaran. Dalam gambar terlihat bahwa guru-guru sedang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung yaitu pembelajaran kooperatif yang menggunakan media dalam pembelajaran. Pembelajaran kooperatif merupakan metode yang tepat dalam membuat peserta didik aktif dan mengarah kepada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kooperatif merupakan salah satu cara untuk membuat pembelajaran bermakna. Tidak hanya kooperatif, namun masih banyak metode pembelajaran yang baik seperti pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kontekstual, dan masih banyak lagi. Masing-masing dari metode tersebut dapat dikombinasikan, disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Guru harus peka, pembelajaran yang seperti apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. Jika pembelajaran bermakna, maka hasilnya pasti dapat dipertanggungjawabkan.

    ReplyDelete
  9. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari gambar tersebut terlihat antusiasme para siswa dengan kegiatan yang dilakukan. Menjadi guru yang akuntabel memang bukan hal yang mudah. Tentu akan mengalami banyak kendala. Untuk menjadi guru yang akuntabel diperlukan adanya dedikasi yang tinggi serta komitmen yang kuat. Kerja keras untuk membuat siswa menjadi maju merupakan hal yang harus ditumbuhkan. Guru yang sudah akuntabel tentunya akan menjadi seseorang yang dibanggakan. Siswa senang dengan sosok guru yang demikian. Maka dari foto tersebut dapat memotivasi para guru untuk lebih semangat dalam mencari cara mengajarkan hal baru kepada peserta didik dengan berbagai hal yang menarik.

    ReplyDelete
  10. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Foto di atas sungguh menarik dan patut menjadi contoh untuk proses pembelajaran di Indonesia. Dari foto tersebut terlihat bahwa proses pembelajaran telah menggunakan pembelajaran inovatif. Di mana siswa lah yang melakukan investigasi, memecahkan masalah, eksperimen, sehingga menemukan pola dan konsep sendiri. Guru di sini bertindak sebagai peneliti yang memfasilitasi siswanya. Selain itu, yang lebih menarik yaitu penggunaan media pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif. Metode diskusi juga sudah diterapkan.

    Pada foto tersebut juga tampak para pengamat yang berbondong-bondong menyaksikan proses pembelajaran yang inovatif tersebut. Semoga metode tersebut dapat menjadi inspirasi dan dapat dibudidayakan di Indonesia. Amiin.

    ReplyDelete
  11. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kepercayaan siswa terhadap guru sangat memperngaruhi hasil belajar, ketika siswa tidak memiliki rasa percaya terhadap apa yang diajarkan guru maka siswa pembelajaran yang telah diolah sedemikian rupa tidak masuk kedalam pikiran siswa, guru sebelum mengajar sebaiknya mempersiapakan segala kebutuhannya dalam mengajar mulai aspek kognitif dan alur pembelajarannya, sehingga saat menagajar guru dapat lancar dan meyakinkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  12. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    saya sangat tertarik dengan foto diatas, terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sanagt menarik dan inovatif, dimana pelaksanaannya yaitu student center, hal ini baik bagi perkemabangan pola pikir siswa, sehingga dapat melatih siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  13. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Melalui foto tersebut dapat menginspirasi saya kelak ketika diberi kesempatan untuk menajadi guru saya akan menerapkan pembelajaran yang inovatif dimana guru sebagai fasilitator dan pembelajaran berdasar pada student center, dalam foto tersebut terlihat banyak orang yang ingin mengamati bagaimana proses pembelajaran yang inovatif dan berdasar pada student center, terlihat juga keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga terjalin komunikasi dua arah antara guru dan siswa

    ReplyDelete
  14. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Menjadi guru yang akuntabel (dapat dipercaya) tentu sangat menyenangkan. Dari foto di atas terlihat siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan melakukan eksperimen dalam kelompoknya. Guru mengamati dan membimbing siswa untuk mengerjakan langkah eksperimen tersebut. Ini adalah salah satu pembelajaran inovatif. Menurut saya pembelajaran seperti ini dapat membantu siswa lebih baik dalam membangun konsep matematikanya. Keaktifan siswa adalah faktor utama dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak akan merasa bosan maupun mengantuk dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  15. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Akuntabel berasal dari istilah bahasa inggris Accountable yang terdiri atas suku kata “Account” yang berarti menghitung dan “Able” yang berarti mampu. Akuntabel Pendidikan Matematika maka Akuntabel menjadi tuntutan bagi seorang guru agar menjadi guru yang dapat dipercaya. Dapat dipercaya artinya bahwa karya-karya guru tersebut diakui dan dipercaya oleh pihak murid, guru lain, kepala sekolah, dan para ahli pendidikan lainnya. Seorang guru yang dapat dipercaya tidak hanya dilihat dari segi logika maupun rasionalitasnya melainkan dengan memberikan contoh/teladan yang baik bagi anak didiknya. Dalam filsafat, akuntabel juga bisa diartikan sebagai isi karena isi ilmu yang diamanahkan kepada guru tersebut bisa diaplikasikan dalam hal pembuatan hasil karya ilmiah berupa media pendidikan, alat peraga, pengembangan instrumen pendidikan yang inovatif serta jurnal ilmiah pendidikan yang memberikan sumbangsih terhadap dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  16. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Foto tersebut menggambarkan bagaimana seorang guru mampu memanajemen kelas dengan baik. Akuntabilitas serang guru yang mampu mengarahkan siswa ke dalam pembelajaran bermakna akan menambah ketertarikan siswa dalam belajar. Selain itu, kepercayaan guru terhadap kemampuan siswa akan menjadikan siswa lebih percaya diri dan tidak takut untuk sekedar bertanya hal-hal yang sederhana. Namun dari pertanyaan sederhana tersebut, siswa mampu mengeksplorasi dirinya sendiri. Jika metode tersebut diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia, rasanya akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Mungkin menjadi pertanyaan kita , bagaimana sih menjadi gurur yang akuntable atau guru yang dapat di percayai oleh sisiwa. Sehingga siswa dan guru layaknya seorang sahabat. Untuk menjadi guru yang seperti itu kita harus benar-benar mempunyai kompeten dalam hal itu, dan juga kita juga harus tahu setiap kepribadian siswa itu seperti apa, dan jadi lah guru yang humoris sehingga siswa siswa kita merasa nyaman berada di dekat kita.

    ReplyDelete
  18. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menjadi guru akuntabel sangat penting bagi guru dan calon guru. Hal ini sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan tugasnya.
    Akan menghasilkan siswa siwa yang berprestasi jika hal ini terjadi.
    Untuk menggapai guru yang akuntabel diperlukan proses belajar yang panjang serta pengalaman yang memadai.
    Proses belajar dan pengalaman yang diperoleh inilah yang nantinya digunakan sebagai dasar atau modal untuk menggapai guru akuntabel.

    ReplyDelete
  19. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Akuntabilitas artinya bagaimana seorang guru bisa dipercaya baik dipercaya oleh siswa maupun juga dipercaya oleh orang tua siswa, sedangkan sustainabel yaitu salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah keterbukaan dalam arti terbuka dalam menerima masukkan, saran maupun kritik dari orang lain. Menjadi guru yang akuntabel seorang guru harus mampu dan mau menunjukkan bagaimanakah cara dia mengajar guru akan dapat dipercaya oleh orang lain dengan cara memperlihatkan metode pembelajaran yang ia selenggarakan di depan para observer.

    ReplyDelete
  20. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Guru akuntabel adalah guru yang mampu mengontrol kelas secara baik. Guru akuntabel adalah guru yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Guru akuntabel adalah guru yang mampu membuat inovasi pembelajaran. Guru akuntabel adalh guru yang memberikan kesempatan siswa belajar. Guru akuntabel adal guru yang mempermudah belajar siswa bukan mempersulit belajar siswa. Mengontrol kelas, inovasi pembelajaran, memotivasi siswa, memberikan kesempatan belajar siswa, dll adalah kewajiban guru. Sehingga guru akuntabel adalah guru yang mampu melakasanakan kewajibannya secara penuh. Dari gambar tersebut terlihat bahwa seorang guru mampu mengontrol kelas secara baik dan mampu mengarahkan siswa belajar. Di kelas tersebut juga terlihat bahwa dalam kegiatan belajar tersebut siswa belajar secara nyaman, menyenangkan, dan penuh semangat. Meski di kelas tersebut siswa ditonton oleh banyak orang, siswa tetap belajar tanpa merasa terganggu. Sehingga dalam foto tersebut menujukkan bahwa guru tersebut adalah guru akuntabel, guru yang mampu melaksanakan kewajibannya secara penuh.

    ReplyDelete
  21. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai seorang guru haruslah berusaha untuk menggapai akuntabel atau amanah. Akuntabilitasnya dapat ditinjau dari sisi karakter jujurnya, ilmunya dan dari seberapa berperan di kancah Internasional. Dari foto tersebut saya belajar bahwa guru di Jepang sudah menggapai akuntabel karena menjadi contoh bagi guru-guru lain yang mengobservasi Pembelajaran nya. Tidak diragukan lagi Pendidikan di Jepang memang lah salah satu yang terbaik di dunia. Oleh karena itu banyak negara yang belajar dari Pembelajaran di Jepang.

    ReplyDelete
  22. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui foto tersebut Bapak Prof Marsigit menunjukkan akuntabilitas nya dengan mengikuti acara-acara Internasional. Dengan mengikuti acara-acara Internasional guru dapat belajar dari negara yang ia kunjungi untuk dapat diadopsi hal yang baik dari Pembelajaran negara tersebut. Dari proses adopsi ini diharapkan guru bisa menambah referensinya sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. Untuk itu penting bagi guru mengikuti seminar, konferens, pelatihan internasional yang terkait dengan Pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seorang guru yang akuntabel maksudnya adalah guru yang dapat dipercaya baik oleh siswa, orang tua, maupun masyarakat. Akuntabilitas seorang guru juga mengindikasikan profesionalisme serta tanggung jawab seorang guru tersebut. Akuntabilitas guru akan menciptakan kepercayaan siswa, orang tua, maupun masyarakat terhadap guru sehingga akan memunculkan sikap positif terhadap kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru. Seperti yang tersaji dalam foto di atas, yaitu seorang guru yang akuntabel yang mana kegiatan pembelajaran yang utama diikuti oleh siswa juga dipantau dan diikuti oleh orang tua siswa dan masyarakat. Hal ini menandakan bahwa guru tersebut menunjukkan akuntabilitas dirinya sehingga baik siswa, orang tua, maupun masyarakat memiliki kepercayaan akan cara dan kegiatan pembelajaran yang disajikan oleh guru tersebut.

    ReplyDelete
  24. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Guru yang akuntabel adalah guru yang siap mental, materi, maupun perangkat pembelajaran dalam mengajar, siap materi berarti bahwa guru tersebut mampu menguasai seluruh materi yang berkaitan dengan apa yang dibahas dalam pembelajaran, sehingga tidak terjadi missconception dalam pembelajaran, penggunaan media yang tepat dan menarik menjadi tolak ukur guru yang dapat dipercaya, karena hasil dari penggunaan media tersebut nyata atau konkrit sehingga siswa menjadi lebih tertarik dalam memahami materi.

    ReplyDelete
  25. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    guru yang akuntabel tentu menguasai semua kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh guru.
    dan juga sebagai guru yang akuntabel, guru mampu berinteraksi dengan siswa dan dengan guru yang lain serta orang tua untuk terjalinnya komunikasi yang dapat memperlancar jalannya pembelajaran.

    ReplyDelete
  26. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Untuk menjadi guru yang akuntabel tidaklah mudah, perlu banyak pengetahuan dan pengalaman. Menurut saya guru yang akuntabel ialah guru yang selalu dekat dengan siswanya atau peduli, bukan guru yang acuh tak acuh dengan muridnya. Artinya guru yang peduli disini bukan hanya peduli di bidang sosial tetapi dalam pembelajaran selalu menanyakan kepada siswa apa yang telah menjadi kendala jika siswa mengalami kesulitan. Guru akuntabel ialah guru yang selalu terus menerus melakukan perubahan atau inovasi agar peserta didik tidak cepat bosan dalam pembelajaran, sehingga menghasilkan proses belajar yang baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan.

    ReplyDelete
  27. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Untuk menjadi guru yang akuntabel tidak mudah, selain dapat dipercaya dan meyakinkan, guru juga harus dapat mengemban amanah tentang segala sesuatu yang telah melekat kepadanya. Tidak hanya mengajar, namun yang terpenting ialah mendidik. Menjadi GuRu yang diGugu dan ditiRu oleh peserta didik serta suri tauladan bagi siswanya. Oleh karena itu, sebelumnya kita harus introspeksi serta berbenah agar apa yang kita usahakan dapat optimal dan terbaik diantara yang terbaik.

    ReplyDelete
  28. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    guru menjadi salah satu hal penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam memahami pembelajaran, karena guru merupakan fasilitator yang langsung berkomunikasi dengan siswa, maka dari itu hubungan komunikasi siswa dan guru harus terjalin dengan baik, begitu juga saling percaya antara guru dan siswa, guru harus percaya dengan kemampuan siswanya dan memberikan kesempatan siswa untuk dapat mengkonstruk pengetahuannya sendiri, dan juga siswa harus percaya dengan guru agar apa yang disampaikan oleh guru dapat dimengerti siswa, jika kepercayaan itu sudah tidak ada maka pengetahuan tidak akan tersalurkan dengan baik.

    ReplyDelete
  29. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pada poto di atas menggambarkan pembelajaran yang beorientasi pada siswa, dimana siswa terlihat aktif beraktivitas secara mandiri. Disana juga terjadi interkasi antar sesama siswa dan peran guru ialah sebagai fasilitator. Dapat dilihat bahwa guru haruslah akuntable, mempertanggungjawabkan dalam mengajarnya baik kepada diri siswa, kepada sekolah, masyarakat, atau komunitas pendidik. Peran lesson study juga diperlukan untuk mewujudkan menjadi guru yang akuntabel.

    ReplyDelete
  30. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam kehidupan diperlukan adanya keikhlasan dalam menjalani dan melaksanakan setiap tanggung jawab yang diberikan. Sebagai seorang guru perlu adanya keterbukaan dengan siswa, dan orang tua. Sering kali orang tua beranggapan bahwa guru mengajarkan materinya dengan sembarangan, atau ada juga orang tua yang memberikan tanggung jawab penuh kepada guru untuk membimbing anaknya. Foto diatas memberikan gambaran mengenai salah satu cara guru mempertahankan kepercayaan orang tua murid dan juga salah satu cara agar guru tetap mempertahankan kinerjanya. Dengan terus mengingat bahwa seorang guru wajib mempetanggungjawabkan pembelajaran di kelas kepada orang tua murid niscaya guru dapat mengembangkan diri untuk jadi lebih baik dengan demikian dapat menjadi guru yang akuntabel.

    ReplyDelete
  31. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Akuntabilitas artinya bagaimana seorang guru bisa dipercaya, baik dipercaya oleh siswa maupun juga dipercaya oleh orang tua siswa. Guru yang baik harus mempunyai sifat-sifat yang antusias, stimulatif, mendorong siswa untuk maju, hangat, berorientasi pada tugas dan bekerja keras, toleran, sopan, dan bijaksana, bisa dipercaya, fleksibel, dan mudah menyesuaikan diri, demokratis, penuh harapan bagi siswa, tidak semata mencari reputasi pribadi, mampu mengatasi stereotype siswa, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar siswa, mampu menyampaikan pereasaannya, dan memiliki pendengaran yang baik.

    ReplyDelete
  32. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Manusia dalam melakukan sesuatu harus sustain dan akuntabel. Begitupula dengan guru harus memiliki hal seperti itu. Mungkin kebanyakan orang menggap guru yang sukses itu sama dengan seluruh siswanya meraih nilai yang tinggi. Namun, janganlah berpikir seperti itu. Dalam memberi nilai yang tinggi itu guru mungkin akan dengan mudah memberikannya. Namun gurulah tidak sejahat itu, guru mementingkan bahwa siswa yang mencoba meraih itu dengan cara mempelajari atau merekonstruksi pengetahuannya. Sehingga hasil ada ditangan siswa. Guru hanyalah sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  33. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bisa dilihat dari foto yang Bapak Marsigit lampirkan. Bahwa guru tersebut memaparkan bagaimana mengajar yang baik yang bukan berpatokan dengan nilai. Namun bagaimana cara penyampaiaanya. Dengan berbagai variasi model, metode, alat peraga. Guru memfasilitasi beragam karakter siswa yang berbeda. Dan demi memberikan akuntabilitas dari kerjanya guru membagikan prakteknya kepada para hadirin yang ingin melihat, sehingga bukan bermanfaat pada diri nya sendiri namun kepada orang lain, dan membuktikan kerja beliau sebagai guru yang professional.

    ReplyDelete
  34. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sedikit informasi mengenai foto tersebut. Foto tersebut diambil di Jepang saat Pak Prof. Marsigit mengikuti seperti rangkaian dari seminar internasional. Dengan gurunya merupakan guru untuk maple MIPA. Maka dalam melakukan pembelajaran matematika dapat juga mengacu pada pembelajaran ilmu yang lainnya dengan berbagai penyesuaian dengan karakteristik dari matematika itu sendiri. Karena ilmu itu dapat didapatkan dari mana saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
  35. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Foto di atas menggambarkan kondisi pembelajaran di Jepang yang seharusnya menjadi panutan pendidikan di Indonesia (dilihat dari antusiasme siswa dalam belajar). Setiap guru seharusnya memiliki empat kompetensi, yaitu pedagogi, profesional, kepribadian dan sosial. Keempat kompetensi ini yang menjadi bekal guru untuk menjadi guru yang akuntabel (dapat dipercaya).

    ReplyDelete
  36. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Guru yang akuntabel, yakni dapat dipercaya. Seperti yang telah dipaparkan oleh Prof Marsigit di kelas pada pertemuan yang lalu, foto di atas menggambarkan mengenai lesson studi yang dlaksanakan di jepang, Dengan Lesson Study, guru bisa memahami proses belajar para murid secara mendalam melalui pengamatan terhadap metode mengajarnya sendiri. Dengan adanya observasi, aneka masukan dari guru lain, dan melihat kembali rekaman video, guru bisa memperbaiki kemampuan mengajarnya

    ReplyDelete
  37. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson studi juga dapat menimbulkan semangat untuk saling mendukung di antara sesama guru untuk meningkatkan kualitas mengajar. Pembuatan rencana mengajar yang dilakukan secara tim dan kegiatan observasi pun bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas belajar mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  38. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari foto diatas terlihat jelas bahwa pembelajaran yang sedang berlangsung adalah pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Siswa dengan cerianya menggunakan media pembelajaran dan berdiskusi. Di ruang tersebut terdapat banyak orang yang mengobservasi, hal ini menunjukan bahwa guru yang sedang mengajar tersebut adalah guru yang dapat dipercaya karena telah dapat mempertanggungjawabkan pembelajaran di kelasnya dihadapan para observer yang banyaknya bukan main dan yang pasti orang orang hebat.

    ReplyDelete
  39. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Guru yang akuntabel merupakan guru yang dapat dipercaya, dengan adanya rasa kepercayaan terhadap guru, siswa pun akan melaksanakan pembelajaran dengan nyaman sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

    ReplyDelete
  40. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Guru yang akuntabel adalah guru yang dapat dipercaya oleh siswa, atau seorang guru yang dapat mengontrol suatu kelas karna telah mendapat kepercayaan dari siswa.

    ReplyDelete
  41. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari gambar di atas, saya menangkap bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut sangat baik. Terlihat pada proses pembeljaran tersebut, siswa menjadi investigator. Penerapan ini sangat baik karena kurikulum yang diterapkan sekarang juga menerapkan student centre.

    ReplyDelete
  42. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Akuntabilitas guru dapat dilakukan dalam bentuk laporan pertanggungjawaban program pembelajaran yang telah dilakukan. Selain kepada pihak yang berwenang, guru juga harus melaporkannya kepada orang tua siswa. hal ini agar orang tua tahu mengenai perkembangan pendidikan peserta didik. Dari laporan tersebut dapat dilihat sejauh mana guru melaksanakan program yang dibuatnya. Apakah terpenuhi atau tidak. Temasuk di dalamnya perangkat pembelajaran yang mereka lakukan. Namun, sebagian besar guru masih menggunakan perangkat-perangkat pembelajaran hasil dari download an internet atau dari guru lain. Jika tidak perangkat tersebut selalu sama setiap tahunnya, padahal siswa yang mereka ajarkan berbeda-beda. Sehingga laporan yang mereka buat tersebut tidak valid dan tidak kredible. Jika demikian, bagaimana orang mempercayai apa yang diajarkan kepada anaknya itu benar atau tidak?

    ReplyDelete
  43. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Kiai dan guru spiritual kita yang paling agung, Muhammad Shollalahu Alaihi Wasallam memiliki gelar Al-Amin (yang dapat dipercaya). Jujur merupakan sifat yang terpuji. Allah menyanjung orang-orang yang mempunyai sifat jujur dan menjanjikan balasan yang berlimpah untuk mereka. Termasuk dalam jujur adalah jujur kepada Allah, jujur dengan sesama dan jujur kepada diri sendiri. Salah satu kunci keberhasilan dakwah Rasulullah adalah kejujuran. Sehingga, perihal logika transendental yang pada saat itu masih diluar nalar manusia pada zaman nya, dapat diterima. Contohnya, Alquran mengatakan laut itu berlapis-lapis, dan diantaranya ada pemisah. Rasulullah bukanlah seorang pelaut. Jika menggunakan logika standar pada waktu itu, pastilah tidak bisa mempercayainya. Namun, karena beliau orang yang sangat jujur, dapat dipercaya, sehingga dakwah beliau sangat sukses hingga sampai ke zaman sekarang. Tentunya sifat dapat dipercaya harus dimiliki oleh guru. Dengan demikian, harapannya ajaran yang disampaikan oleh siswa dapat dengan mudah diterima. Elemen lainnya seperti pemerintah dan masyarakat juga dapat menerima model mengajar yang dilaksanakan oleh guru tersebut.

    ReplyDelete
  44. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Guru yang memiliki akuntabilitas yang tinggi tidak terlepas dari empat kompetensi yang harus ada pada guru. Sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa
    “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”.

    ReplyDelete
  45. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    foto tersebut pernah Prof Marsigit tampilkan pada perkuliahan etnomatematika. foto tersebut adalah foto pada saat diadakannya lesson study di Jepang. foto tersebut menampilkan kegiatan pembelajaran yang diamati oleh pihak-pihak yang peduli terhadap pendidikan. tujuan dari kegiatan tersebut salah satunya adalah untuk memperbaiki cara guru mengajar/mendidik.

    ReplyDelete
  46. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    guru yang dapat dipercaya merupakan salah satu modal penting untuk mendidik peserta didik dalam kelas. para peserta didik butuh guru yang dapat dipercaya, yaitu guru yang dapat menguasai kelas dan menguasai materi pembelajaran. menguasai kelas disini artinya bahwa guru dapat membuat kelas menjadi aktif, yaitu pembelajaran tidak dominan pada guru. guru yang dapat dipercaya juga sudah seharusnya mampu untuk menerapkan metode-metode yang sesuai dengan kondisi peserta didik sehingga pembelajaran yang terjadi adalah pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  47. Nama : iLania Eka Andari
    Kelas : PM C 2017 (S2)
    NIM : 17709251050

    Foto ini sangat berkesan bagi saya, dan saya masih ingat foto ini pernah ditampilkan oleh Bapak Prof.Dr.Marsigit, M.A ketika saya mengikuti perkuliahan beliau saat S1 dulu.
    Yang dapat kita lihat dari foto di atas adalah seorang guru yang sedang mengajari muridnya sedangkan di sisi lain, orang tua para murid sedang menyaksikan proses pembelajaran tersebut.
    Ketika guru sedang mengajar, dapat kita lihat semua murid tersenyum. Mereka merasa bahagia dan merasa nyaman dengan atmosfer pembelajaran tersebut. Mengapa? Menurut saya karena Guru tidak “memaksa” para murid. Dia tidak memberikan “pressure” kepada murid-muridnya. Daripada memberikan tekanan, guru justru memberikan kebebasan kepada muridnya. Dia mengijinkan murid-muridnya untuk mengekspresikan kreativitas mereka, mengekspresikan ide-ide dan imajinasi mereka untuk menyelesaikan pertanyaan/permasalahan/problem yang diberikan.
    Sehingga orang tua yang menyaksikan proses belajar mengajar merasa tenang karena mereka tahu bahwa anak-anak mereka bukannya merasa tertekan tetap justru bahagia dan senang mengikuti pembelajaran. Hal itu lah yang akhirnya membuat para orang tua percaya kepada guru.
    Kesimpulan yang saya dapatkan, untuk menggapai guru yang akuntabel (dapat dipercaya), pertama-tama guru harus membuat para murid merasa nyaman dan senang ketika mengikuti pembelajaran, bebaskan mereka untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan kreativitas dan imajinasi mereka. Dengan demikian siswa dan orang tua nya dapat mempercayai kita sebagai guru/calon guru.

    ReplyDelete
  48. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wrb
    Melalui foto ini, banyak makna yang bisa diungkap untuk menjadi seorang guru yang akuntabel (dapat dipercaya). Dari foto tersebut terlihat seorang guru yang sedang mengajar dihadapan siswa dan bahkan didepan orang tua siswa sekaligus. Namun, orang tua siswa bukan ikut menjadi siswa akan tetapi mereka bertindak sebagai “penonton”, yang menyaksikan proses belajar mengajar anaknya.
    Berdasarkan foto tersebut terlihat sang guru tersenyum dalam menyampaikan materi dan instruksi kepada siswanya dan para siswa juga terlihat tersenyum dalam mendengarkan penjelasan dari gurunya dan melaksanakan perintah sang guru dengan tertib (dalam hal ini terlihat siswa tengah melakukan sebuah percobaan).
    Dari ekspresi guru, terlihat bahwa guru tersebut ikhlas dalam mengajar. Beliau tidak memandang bahwa dirinya seorang yang hebat sehingga harus memaksakan (dengan keras) kehendak kepada siswanya. Terlihat juga bahwa guru mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman, kondusif dan menyenangkan bagi para siswanya, sehingga para siswa pun nyaman menerima “transfer” ilmu yang diberikan oleh gurunya.
    Dari ekspresi para siswa juga terlihat bahwa mereka dengan ikhlas menerima materi pelajaran yang disampaikan gurunya. Para siswa terlihat nyaman meski sedang dihadapkan dengan berbagai alat-alat praktikum percobaan, yang mungkin saja mereka belum memahami dengan baik bagaimana cara penggunaannya. Disini terlihat guru memberi kebebasan kepada siswanya untuk belajar, kebebasan dalam berkarya, kebebasan dalam berkreasi, kebebasan dalam berimajinasi sehingga para siswa mampu menyelesaikan perintah yang diberikan gurunya. Terlihat tidak ada paksaan, tidak ada tekanan, semuanya berjalan dengan sangat tertib.
    Dengan melihat para siswa nyaman dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik, para orang tua yang menyaksikan merasa lega bahwa anak mereka benar-benar dibimbing dan diarahkan dengan baik oleh gurunya. Sehingga timbullah rasa percaya dalam hati mereka.
    Jadi, kesimpulan yang dapat saya tarik adalah bahwa untuk menjadi seorang guru yang akuntabel (dapat dipercaya), langkah pertama yang harus ditempuh adalah guru harus ikhlas dalam mengajar karena bagaimanapun pintarnya seorang guru namun tidak ikhlas dalam menyampaikan ilmunya, suasana dalam proses belajar mengajar akan kaku. Dengan ikhlasnya seorang guru dalam “mentransfer” ilmunya, terciptalah suasana nyaman bagi siswanya sehingga siswa dengan baik akan memahami dan menerima ilmu yang diberikan. Dengan demikian, baik orang tua siswa maupun siswa dapat mempercayai guru tersebut.

    ReplyDelete
  49. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari foto di atas saya dapat menyimpulkan bahwa yang terjadi adalah kegiatan Learning Study yang dilakukan di lura negeri. Saya menduga bahwa itu dilakukan di jepang. Metode yang digunakan adalah diskusi dengan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran tersebut disaksikan oleh banyak sekali orang dari berbagai kalangan yang berhubungan dengan dunia pendidikan atau bahkan dengan murid-murid modelnya. Berbicara mengenai guru yang akuntabel. Saya setuju bahwa guru itu harus dapat dipercaya, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.
    Guru dapat dipercaya oleh orang dewasa artinya guru dapat dipercaya oleh orangtua siswa, kepala sekolah, dan pengawas sekolah dalam menjalankan amanah sebagai seorang pendidik. Guru dapat dipercaya oleh anak-anak artinya guru dapat ipercaya oleh murid-muridnya. Hal ini sangat penting karena tanpa suatu rasa percaya seorang murid terhadap gurunya, maka mustahil pembelajaran itu berjalan dengan baik. Seorang guru harus mampu menjadi fasilitator agar murid memperoleh ilmu pengetahuan. Dengan melakukan learning study seperti pada gambar di atas juga merupakan salah satu cara menggapai guru yang akuntabilitas.

    ReplyDelete
  50. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Berdasarkan foto di atas terlihat bahwa adanya proses pembelajaran yang sedang terjadi di lapangan basket in-door, agar bagaimana pembelajaran tersebut berlangsung dapat disaksikan oleh orang tua/wali murid . Metode diskusi yang digunakan oleh guru menarik perhatian siswa-siswa lainnya ketika salah seorang dari mereka mewakili teman sekelompoknya untuk presentasi dan berdiri disana. Pembelajaran tersebut berpusat pada siswa. Ekspresi siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran terlihat bersemangat dan antusias. Menurut pendapat saya, untuk menjadi guru yang akuntabel (dapat dipercaya) maka memiliki kepribadian yang layak dan menjadi contoh (teladan) merupakan salah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan. Memiliki kepribadian yang layak adalah dengan menjadi pribadi yang selayaknya bagi seorang guru. Memperhatikan hal-hal kecil maupun besar yang berkaitan dengan siswanya, menyediakan apa yang dibutuhkan oleh siswanya (dalam hal ini pembelajaran yang disenangi siswa) serta menjadi teladan atau pribadi yang patut dicontoh oleh siswa merupakan nilai plus bagi guru. Sehingga pada akhirnya guru dapat dipercaya oleh siswanya bahkan orangtuanya. Dengan akuntabilitas sebagai modal utama, guru akan mempunyai tempat yang istimewa di hati para siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  51. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Jika memang benar yang dikatakan oleh mbak Ilania Eka pada komentar di atas bahwa foto tersebut menggambarkan sebuah proses pembelajaran dimana orang tua atau wali siswa dapat melihat secara langsung proses pembelajaran yang dialami anaknya di sekolah, maka saya sangat tertarik sekali dengan foto ini. Baru terfikirkan oleh saya bahwa ternyata ada sekolah yang membolehkan orang tua atau wali siswa melihat proses pembelajaran anaknya. Menurut saya, ini bagus untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang disaksikan oleh orang tua atau wali siswa akan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pada foto di atas dapat dilihat bahwa anak-anak merasa senang dan percaya diri, kemungkinan besar mereka bahagia karena ada orang tua yang melihatnya. Selain itu, proses pembelajaran yang terbuka seperti ini akan meningkatkan kualitas guru karena guru tidak akan sembarangan dalam mengajar. Guru akan menampilkan proses pembelajaran sebaik mungkin karena merasa ada orang tua atau wali siswa yang melihat. Tambahan lagi, dari sisi orang tua atau wali siswa akan merasa yakin jika melihat secara langsung proses pembelajaran, baik itu melihat siswa maupun gurunya, serta juga dapat memberikan masukan terhadap guru. Sehingga, akan terbentuklah guru yang akuntabel atau dapat dipercaya.

    ReplyDelete
  52. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Sebagai seorang guru, hendaknya ia harus memiliki cara agar ia dapat dipercaya oleh siswa-siswa nya. Hal ini penting, karena membuat siswa percaya memang tidak mudah. Guru harus memberikan alasan yang rasional, logis, empiris, dan berdasarkan bukti yang bisa disampaikan pada siswa-siswa. sebagai contohnya, seperti pada ilustrasi foto di atas. Foto di atas memperlihatkan bahwa siswa-siswa sedang melakukan eksperimen terhadap suatu ilmu pengetahuan. Lalu, atas dasar apa mereka mau untuk melakukan eksperimen tersebut sesuai dengan arahan guru? Tentu saja atas dasar kepercayaan mereka terhadap guru tentang pembuktian suatu ilmu pengetahuan. Tanpa adanya rasa percaya tersebut, tentu siswa tidak akan mau untuk melakukan apa yang diminta oleh guru. Tantangan itulah yang sampai kapanpun akan terus dihadapi oleh guru-guru.

    ReplyDelete
  53. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Guru yang akuntabel adalah guru yang dapat mengemban amanah sebagai guru secara bertanggung jawab. Ia akan dipercaya tidak hanya oleh anak didik atau murid-muridnya, tetapi juga dipercaya oleh semua orang, termasuk orang tua siswa dan teman sesama guru.
    Sekilas gambar foto di atas menunjukkan suatu pembelajaran yang dilakukan di lapangan dalam (indoor). Menurut saya, pembelajaran tersebut sengaja diperlihatkan atau terbuka untuk disaksikan oleh khalayak, termasuk orang tua siswa. Adapun tujuannya (menurut saya),, agar mereka (penonton) memahami bagaimana sistem pembelajaran yang dilakukan atau didemostrasikan oleh guru tersebut.

    ReplyDelete
  54. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Akuntabel adalah segala sesuatu yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai sebagaimana idealitasnya atau aturannya, sesuatu yang bersifat akuntabel selalu bisa dipertanyakan dan dipersalahkan serta ada konsekuensinya. Begitu pula dengan guru yang menggapai akuntabel, terlihat pada gambar di atas bahwa seseorang guru yang sedang mengajar dan aktivitas pembelajarannya diperlihatkan atau dilihat oleh banyak orang, melalui kegiatan ini guru tersebut menunjukkan atau memperlihatkan bagaimana aktivitas siswa pada pengajarannya sehingga orang lain yang menyaksikan (misalnya orang tua siswa, masyrakat) menaruh rasa yakin dan lebih mempercayakan pendidikan dan pengetahuan anak-anaknya kepada guru yang mengajar. Kegiatan tersebut juga memperlihatkan bahwa guru mampu mempertanggungjawabkan cara atau strategi mengajarnya didepan khalayak ramai selain itu siswa juga terlihat antusias mengikuti pembelajaran tanpa terganggu dengan keberadaan banyak orang yang menyaksikan aktivitas belajar mereka.

    ReplyDelete
  55. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Guru yang yang baik adalah guru yang mengurangi ketergantungan terhadap dirinya, dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan skema dan peta konsep sesuai dengan ide-ide yang ada di dalam pola pemikiran mereka. Selain itu guru juga harus membuat siswa percaya dengan apa yang disampaikannya, karena guru merupakan salah satu sumber belajar yang sangat krusial, maka guru dituntut selain harus menguasai materi pelajaran dengan baik, guru juga harus menguasai cara menyajikan materi pelajaran agar siswa dapat memahami dengan baik apa yang disampaikan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.

    ReplyDelete
  56. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Melalui foto tersebut terlihat jelas bahwa seorang guru sedang memberikan pembelajaran serta arahan kepada siswa atau murid di sebuah gedung aula yang besar.Sepertinya siswa –siswa tersebut sangat menikmait pembelajarannya.Hal itu dapat dilihat dari senyum anak-anak yang masih mengambang di wajahnya.Dan saya melihat sebagian siswa yang paling depan layaknya membentuk suatu kelompok belajar.Dan siswa yang lainnya ada yang memegang paper dan siswa- siswa tersebut semuanya memusatkan perhatian pada gurunya yang sedang berbicara di depan.Melihat keadaan yang sangat kondusif tersebut, mungkin dapat dikatakan bahwa guru telah mampu menempuh cara yang efektif di dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  57. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Akuntabilitas menurut saya adalah tanggungjawab, dalam pembelajarn seorang guru diminta untuk bertanggung jawab terhadap pemebelajaran siswanya, bagaimana seorang guru memberikan suatu pemahaman, bagaimana guru memberikan suatu pengalaman dala pembelajaran. Dalam foto di atas menunjukkan bagaimana seorang guru memperlihatkan proses pembelajaran kepeda wali murid, memberikan kesan pembelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  58. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari foto tersebut kesan yang kami dapat adalah antusiase dari setiap pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran, tampak pula semangat untuk menggapai proses pembelajaran yang optimal. Sebagai seorang guru kami harus dapat mengambil inspirasi dari foto ono, kami harus berusaha untuk menjadi guru yang akuntabel yaitu guru yang benar-benar bertanggung jawab terhadap proses pmbelajaran yang kami selenggarakan baik dalam perencanaa, proses, evaluasi dan hasil dari pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  59. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Terimakasih pak, sudah mengingatkan saya kembali, bahwa sudah semestinya seorang guru haruslah dapat dipercaya oleh siswa. Guru adalah contoh bagi siswa-siswanya, guru adalah panutan bagi siswa-siswanya, dan guru adalah idola para siswanya. Menurut saya, menggapai guru yang akuntabel adalah guru yang selalu menyampaikan kebenaran, tidak mengajarkan siswa dengan cara yang salah, dan tidak membohongi (memanipulasi/tidak objektive) nilai siswa. Jika ada hal yang guru atau pendidik belum tahu, sudah selayaknya guru meminta waktu tambahan atau meminta maaf kepada siswa, untuk mencari tahu kebenaran dari sebuah soal yang diajukan. Dan kemudian guru juga harus objective kepada semua siswa, dalam artian tidak membeda-bedakan siswa yang satu dengan yang lain, karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda pula.

    ReplyDelete
  60. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah

    Terlihat dalam foto bahwa pembelajaran tersebut sedang dilakukan dalam ruangan aula yang didesign menyerupai ruang kelas. Terlihat pemandangan yang tidak biasa dalam foto tersebut, bahwa terlihat banyak sekali orang tau siswa atau mungkin calon orangtua siswa “turut serta” dalam pembelajaran tersebtu. Dan dalam foto tersebut, terlihat siswa berkelompok sedang melakukan suatu percobaan. Senyum cerah mengembang dibibir mereka. Seperti tanpa ada paksaan dalam proses pemebelajaran yang meraka lakukan. Hal ini sangat menarik untuk dikaji dan diterapkan di Indonesia. karena dengan adanya penyaksian secara langsung oleh orang tua murid dan siswa terlihat enjoy saat pembelajaran berlangsung secara tidak sadar akan menumbuhkan rasa percaya orang tua murid terhadap sekolah (kepada guru khususnya) untuk mendidik anak-anaknya.

    ReplyDelete
  61. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Menjadi guru memang tanggungjawab yang berat. Tak hanya siswa, guru juga harus bertanggungjawab kepada orangtua siswa. Terkadang yang meragukan akuntabilitas guru adalah orangtua. Orangtua tak jarang komplain kepada sekolah mengenai cara belajar tertentu atau perlakuan tertentu atau bahkan nilai tertentu yang diterima oleh anak mereka. Menumbuhkan kepercayaan orangtua memang tak semudah itu. Apalagi tipikal orangtua zaman now yang sangat kritis dan vokal. Saya mengerti betul, karena saya pernah pula mengalaminya sendiri. Bagaimana orangtua mengomplain perlakuan saya kepada anaknya yang sedang sakit. Saya berusaha menangani anak itu dengan tanggap dan anggap sudah sangat wajar jika saya tetap memperhatikan siswa saya yang lain dalam kelas, karena tanggungjawab utama saya adalah mengajar. Kejadian-kejadian di luar kendali seperti itu terkadang membuat orangtua ragu atas akuntabilitas guru. Komunikasi adalah jalan utama. Ketika semua dikomunikasikan dengan baik maka masalah akan cepat selesai.

    ReplyDelete
  62. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Akuntabel ialah dapat dipercaya atau dapat dipertanggungjawabkan. Seseorang yang akuntabel adalah seseorang yang dapat dipercaya baik dari segi ucapannya maupun perbuatannya. Maka menggapai guru yang akuntabel berarti menjadi guru yang dapat dipercaya. Dapat dipercaya artinya bahwa karya-karya guru tersebut diakui dan dipercaya oleh murid, guru lain, kepala sekolah, atau para ahli pendidikan. Akuntabel juga bisa diartikan sebagai isi karena isi ilmu yang diamanahkan kepada guru tersebut bisa diaplikasikan dalam hal pembuatan hasil karya ilmiah berupa media pendidikan, alat peraga, pengembangan instrumen pendidikan yang inovatif serta jurnal ilmiah pendidikan yang memberikan manfaat terhadap dunia pendidikan. Foto tersebut sungguh tidak biaa. Dari foto tersebut terlihat bahwa untuk menjadi guru yang akuntabel, seorang guru harus mampu dan mau menunjukkan bagaimanakah cara dia mengajar. Selain melui karya tulis, guru akan dapat dipercaya oleh orang lain dengan cara memperlihatkan metode pembelajaran yang ia selenggarakan di depan para observer. Karena dari penampilannya itu, para observer akan dapat menilai apakah guru itu akuntabel atau tidak. Dalam foto tersebut terlihat bahwa proses pembelajaran telah menggunakan pembelajaran inovatif. Siswa yang melakukan investigasi, memecahkan masalah, eksperimen, sehingga menemukan pola dan konsep sendiri.

    ReplyDelete
  63. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Menjadi seorang guru bukanlah hal mudah. Tanggung jawab yang diembannya hendaknya dapat selalu dipegang. Orang tua bahkan negara telah mempercayakan pendidikan para generasi penerus ini kepada guru. Nasib bangsa ini di masa mendatang tergantung pada kualitas para penerusnya. Untuk mewujudkan para generasi muda yang berkualitas maka peran guru sangatlah berpengaruh. Guru hendaknya berusaha untuk dapat dipercaya dalam memfasilitasi peserta didiknya dalam menggapai kualitas dirinya menjadi lebih baik. Dalam foto tersebut saya menyaksikan seorang guru yang mengajar siswanya dan disaksikan oleh banyak orang. Semua menyaksikan dan memperhatikan guru tersebut. Guru berusaha untuk menunjukkan bahwa dirinya dapat dipercaya untuk mengajar dan mendidik para siswa dengan baik. Siswa-siswa terlihat bersemangat dengan wajah-wajah ceria dalam mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  64. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Ada istilah "Guru itu digugu dan ditiru". Artinya seorang guru dapat dipercaya dan ditiru. Guru dipercaya karena diharapkan guru akan selalu menyampaikan pengetahuan dan ketrampilan yang bermanfaat bagi kehidupan siswanya baik secara akademis maupun pribadi. Agar menjadi sosok yang tetap dipercaya seorang guru perlu meningkatkan berbagai pengetahuannya, bukan hanya pengetahuan tentang mata pelajaran yang ditekuni saja. Pengetahuan tentang seluk beluk perkembangan fisik dan mental anak wajib dipahami oleh setiap individu agar guru bisa membantu siswa lebih maksimal. Pengetahuan merancang proses pembelajaran yang bervariasi juga mutlak dikuasai guna memahami cara mengelola kelas yang memberi kesempatan anak didik untuk belajar. Guru perlu menguasai pengetahuan untuk memimpin dan menfasilitasi pembelajaran secara menyeluruh. Masih banyak lagi tentunya daftar pengetahuan yang perlu dikuasai oleh seorang guru.

    ReplyDelete
  65. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Usaha menjadi guru yang akuntabel merupakan hal yang tidak perlu ditawar-tawar lagi karena uniknya profesi guru. Profesi guru harus memiliki berbagai kompetensi seperti kompetensi profesional, personal, dan sosial. Seseorang dianggap profesional apabila mampu mengerjakan tugasnya dengan selalu berpegang teguh pada etika kerja, independent (bebas dari tekanan pihak luar), cepat (produktif), tepat (efektif), efisien dan inovatif serta didasarkan pada prinsip-prinsip pelayanan prima yang didasarkan pada unsur-unsur ilmu atau teori yang sistematis.

    ReplyDelete
  66. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Berkembangnya pendidikan dapat menyesatkan juga apabila guru menjadi lupa akan tugasnya sebagai contoh dan teladan siswa. Siswa di sekolah memiliki orangtua yang selalu mengajarkan berbagai hal, yaitu guru. Guru sebagai panutan sudah seharusnya akuntabel.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  67. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Seorang guru harus memiliki akuntabel yang tinggi. Karena tujuan akuntabel seorang adalah agar terciptanya kepercayaan publik/siswa terhadap guru. Agar guru memiliki akuntabel/kepercayaan yang tinggi, maka:
    1. seorang guru harus menguasai materi yang ingin disampaikan
    2. seorang guru harus mampu menguasai kelas, dengan menciptakan suasana kelas yang nyaman
    3. seorang guru harus yakin atas semua kemampuan yang dimilikinya
    Dengan demikian seorang guru akan memiliki kepercayaan yang tinggi saat mengajar. Ketika seorang guru percaya atas dirinya, maka siswapun juga akan percaya atas dirinya. Inilah pentingnya seorang guru mampu menggapai akuntabilitas.

    ReplyDelete
  68. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Seorang guru harus memiliki akuntabel yang tinggi. Karena tujuan akuntabel seorang adalah agar terciptanya kepercayaan publik/siswa terhadap guru. Agar guru memiliki akuntabel/kepercayaan yang tinggi, maka:
    1. seorang guru harus menguasai materi yang ingin disampaikan
    2. seorang guru harus mampu menguasai kelas, dengan menciptakan suasana kelas yang nyaman
    3. seorang guru harus yakin atas semua kemampuan yang dimilikinya
    Dengan demikian seorang guru akan memiliki kepercayaan yang tinggi saat mengajar. Ketika seorang guru percaya atas dirinya, maka siswapun juga akan percaya atas dirinya. Inilah pentingnya seorang guru mampu menggapai akuntabilitas.

    ReplyDelete
  69. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Guru yang akuntabel adalah suatu kewajiban bagi seseorang yang berprofesi sebagai guru. Guru adalah orang yang digugu dan ditiru oleh muridnya. Perbuatan dan perilaku guru harus mencerminkan suatu ketauladanan yang menjadi panutan bagi siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  70. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Setiap guru haruslah berusaha untuk menjadi guru yang akuntabel. Akuntabilitas accountability adalah tanggung jawab responsible, kepercayaan credble, dan kepuasan kepada pihak lain yang berkepentingan dengan jaminan mutu quality assurance (Misran Simanungkalit). Berdasarkan pengertian akuntabilitas tersebut, seorang guru yang ingin menjadi guru yang akuntabel haruslah dapat bertanggung jawab, dapat dipercaya, dan dapat memberikan kepuasan. Bertanggung jawab artinya seorang guru harus dapat bertanggung jawab terhadap kewajibannya dalam memfasilitasi siswa-siswanya, memberikan penilaian yang adil dan dapat dipercaya. Seorang guru juga harus dapat memberikan kepuasan kepada siswa-siswanya terkait proses pembelajaran dan penilaian.
    Sumber:
    jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/223/204

    ReplyDelete
  71. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Sebuah kepercaayaan itu mahal. Karena kepercayaan adalah modal utama dalam melakukan sesuatu, ketika kita mempunyai kepercayaan maka pasti kita akandapat ditempatkan atau menjadi sebuah rujukan dalam permasalahan atau dalam membantu dan sebagai pusat perhatian. Mempunyai sifat di percaya memang diajurkan dan sesuai dengan perintah Allah, terlebih lagi menjadi seorang guru, sikap dapat dipercaya orang lain itu akan menjadi contoh untuk siswa mengembangkan karakter yang baik.

    ReplyDelete
  72. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Menurut saya, Guru yang akuntabel seperti dalam foto sangat menjadi guru teladan. Guru tersebut mampu mengajar di lingkungan terbuka. Guru juga tidak canggung meskipun mengajar didepan orangtua siswa. Siswa-siswa yang diajar pun terlihat sangat antusias untuk mngikuti pembelajaran yang diberikan. Mereka sangat aktif berdiskusi dan mengerjakan aktivitas pembelajaran. Sejalan dengan kurikulum sekarang, pembelajaran di Indonesia juga dituntut untuk berpusat pada siswa. Seperti halnya dalam foto, guru hanya memfasilitasi/memberikan instruksi kepada siswa.

    ReplyDelete
  73. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Pada abad 21 ini, peradaban semakin maju, kebutuhan akan informasi dan kemajuan teknologi menjadi tuntutan yang berbeda, terutama bagi pengajar. Menjadi guru yang akuntabel haruslah bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan abad 21 ini, dimana guru yang dianggap mampu untuk memahami berbagai budasya yang ada, mengajarkan siswa untuk "mengkonstruksi" pengetahuan, mengajarkan pembelajaran aktif serta memahami teknologi yang dapat mendukung proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  74. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Untuk dapat menggapai guru sejati, dibutuhkan keyakinan dan kecintaan akan profesi tersebut. Foto di atas menggambarkan bahwa guru dengan senang hati mengajar di kelas yang terdapat banyak siswa. Keihlasan dan kesenangan dalam pembelajaranlah yang membuat guru tersebut memiliki ide kreatif dalam pembelajaran. Seperti halnya foto di atas, siswa terlihat gembira belajar dan melakukan percobaan. Guru yang akuntabel akan lebih mudah mengelola kelas karena mendapat kepercayaan kolaboratif oleh siswa.

    ReplyDelete
  75. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Wow... Lihat wajah para siswa dalam foto it... Wajah gembira, semangat, tertarik, terlibat. Dan Ada banyak guru nampaknya di sekitarnya. Mungkin para guru Dan siswa in sedang berbagi pengalaman bagaimana mereka belajar.
    Foto sebagai salah satu bentuk dokumentasi menjadi penting. Ini salah satu bukti yang akuntabel, dapat dipercaya. Guru perlu tekun membuat dokumentasi pengajarannya, Tak hanya dalam bentuk foto, melainkan catatan, media, hasil penelitian, artikel, dll. hasil kerja siswa pun perlu didokumentasikan sebagai data hasil mengajar kita. Sejauh mana and dapat terbantu dalam membangun pengetahuan, Sikap Dan Ketrampilan mereka.

    ReplyDelete
  76. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pada dasarnya akuntabilitas oleh guru adalah bentuk pertanggungjawaban yang harus dilakukan guru terhadap keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Untuk menggapai guru yang akuntabel bisa dilakukan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan prestasi program yang dicapai dan dilaporkan kepada pemerintah, orangtua siswa, maupun masyarakat. Berdasarkan laporan tersebut maka pemerintah dapat menilai sekaligus memberikan feedback apakah program telah mencapai tujuan yang dikendaki atau tidak. Demikian pula, para orangtua siswa dan anggota masyarakat dapat memberikan penilaian dan feedback apakah program ini dapat meningkatkan prestasi anak-anaknya secara individual dan kinerja sekolah secara keseluruhan. Jika berhasil, maka orangtua peserta didik perlu memberikan semangat dan dorongan untuk peningkatan program yang akan datang. Jika kurang berhasil, maka orangtua siswa dan masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban dan penjelasan guru atas kegagalan pembelajaran yang telah dilakukan guru. Dengan cara ini, maka guru akan lebih fokus dalam melaksanakan pembelajaran pada tahun-tahun yang akan datang.

    ReplyDelete
  77. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Menjadi guru yang profesional dan akuntabel merupakan hal yang memerlukan jam terbang yang tidak sedikit, sehingga upaya untuk mecapai hal-hal demikian, haruslah terus diasah. Foto diatas mencerikan kegiatan pembelajaran serta penanganan yang akan dilakukan guru dalam proses belajar mengajar. Didepan banyaknya wali siswa yang hadir guru harus mampu menumbuhkan rasa kepercayaan orang tua terhadap kompetensi yang dimilikinya, sehingga nantinya harapan yang diinginkan orang tua pada anaknya dapat tercapai.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  78. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari foto di atas terlihat guru yang mengajar dan siswa belajar yang disaksikan oleh banyak orang. Ini menunjukkan guru yang akuntabel artinya dapat dipercaya. Maka jika ini disandangkan pada Guru. Maka Guru bertaraf internasional adalah guru yang AKUNTABEL. Akuntabel maksudnya adalah guru mampu mempertanggungjawabkan secara ilmiah perbuatan mengajarnya baik kepada diri siswa, kepada Kepala Sekolah, kepada masyarakat, negara, maupun kepada komunitas pendidik.

    ReplyDelete
  79. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Guru seharusnya dapat dipercaya oleh orangtua siswa, kepala sekolah, pengawas sekolah dalam menjalankan amanah sebagai seorang pendidik dan dapat dipercaya oleh murid-muridnya. Selain itu, seorang guru harus mampu menjadi fasilitator agar murid memperoleh ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  80. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Akuntabel artinya adalah dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dipercaya. Seseorang yang akuntabel adalah seseorang yang dapat dipercaya baik dari segi ucapannya maupun perbuatannya. Dalam dunia pendidikan, akuntabel adalah tuntutan bagi seorang guru agar menjadi guru yang dapat dipercaya. Dapat dipercaya disini berarti karya-karyanya diakui dan dipercaya oleh berbagai pihak. Agar menjadi sosok yang dipercaya seorang guru perlu meningkatkan berbagai pengetahuannya, bukan hanya pengetahuan tentang mata pelajaran yang ditekuni saja. Pengetahuan tentang seluk beluk perkembangan fisik dan mental anak wajib dipahami oleh setiap individu agar guru bisa membantu siswa lebih maksimal. Pengetahuan merancang proses pembelajaran yang bervariasi juga mutlak dikuasai guna memahami cara mengelola kelas yang memberi kesempatan anak didik untuk belajar.

    ReplyDelete
  81. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Guru yang baik harus mempunyai sifat-sifat yang antusias, stimulatif, mendorong siswa untuk maju, hangat, berorientasi pada tugas dan bekerja keras, toleran, sopan, dan bijaksana, bisa dipercaya, fleksibel, dan mudah menyesuaikan diri, demokratis, penuh harapan bagi siswa, tidak semata mencari reputasi pribadi, mampu mengatasi stereotype siswa, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar siswa, mampu menyampaikan perasaannya, dan memiliki pendengaran yang baik.

    ReplyDelete
  82. Akuntabilitas artinya bagaimana seorang guru bisa dipercaya, baik dipercaya oleh siswa maupun juga dipercaya oleh orang tua siswa. Sedangkan sustainabel, yaitu salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah keterbukaan, dalam arti terbuka dalam menerima masukan-masukan, saran maupun kritik dari orang lain. Guru yang Sustainabel berangkat dari bagaimana dia berusaha mengevaluasi PBM yang dilaksanakan, agar apa yang dilaksanakan di kelas dapat dilanjutkan jika memang sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

    ReplyDelete
  83. Junianto
    PM C
    17709251065

    Akuntabel atau dipercaya memang menjadi syarat muntlak di segala lini. Begitu juga dengan guru sebagai profesi yang memiliki peran strategis dalam membentuk peradaban suatu bangsa. Guru yang akuntabel tentu bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan. Perlu proses panjang dan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkannya. Siste pendidikan juga harus dirancang sedemikian rupa sehingga usaha ini bisa berjalan dengan maksimal. Untuk menggapai guru yang akuntabel tentu yang pertama kali diusahan adalah keprofesionalan guru dalam mengajar yang meliputi penguasaan materi, penguasaan kelas dan keyakinan akan kemampuan yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  84. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Guru tentu harus akuntabel, dapat dipercaya, baik oleh siswa, orang tua siswa, lembaga, maupun masyarakat. Untuk menjadi guru yang akuntabel perlu diadakan evaluasi. Evaluasi bisa dilakukan oleh siapa saja sebenarnya, namum peran lembaga, atasan dan teman sejawat lebih terasa untuk melakukan evaluasi tersebut. Lesson study seperti pada gambar dapat dilakukan agar kinerja guru dan metode-metode dalam mengajar yang dipakai gurudapat dievaluasi dimana letak keunggulan dan kelemahannya. Jika terdapat kelemaham dapat segera diperbaiki, jika terdapat kelebihan maka dapat disebarkan dan diterapkan oleh guru lain.

    ReplyDelete
  85. Latifah Fitriasari
    PM C

    Komponen pertama yang harus melaksanakan akuntabilitas adalah guru. Hal ini karena inti dari seluruh pelaksanaan manajemen sekolah adalah proses belajar mengajar. Dan pihak pertama di mana guru harus bertanggung jawab adalah siswa. Guru harus dapat melaksanakan ini dalam tugasnya. Akuntabilitas guru merupakan dorongan kompetisi untuk masing-masing guru dalam pendidikan dan guru menekan. Kompetensi pendidikan, etika kesiapan, pengetahuan, dan profesional mengajar kelompok merupakan sebuah kualifikasi seorang guru.

    ReplyDelete
  86. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya melihat dalam foto di atas terdapat keceriaan para siswa. Hampir semua anak berinteraksi dengan kelompok belajar di meja mereka. Mungkin memang seperti ini guru yang akuntabel. Guru harus menjadi seseorang yang menyenangkan, sehingga di dalam proses pembelajarannya, siswa masih bisa menjadi diri mereka sendiri dengan segala ekspresi diri yang mereka miliki. Bukan menjadi siswa yang takut untuk menunjukkan apa yang ingin mereka sampaikan. Maka bagi saya, guru sejati ialah yang mampu mendapatkan kepercayaan siswanya. Akan tetapi, guru juga tetap harus bertanggungjawab membimbing ekspresi dri yang dimiliki siswa agar berada dalam garis yang sesuai.

    ReplyDelete

  87. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Yang dapat saya maknai hubungan dari judulnya yang berbunyi menggapai guru yang akuntabel atau dapat dipercaya dengna foto yang ditampilkan yaitu bahwa guru yang dapat dipercaya adalah guru yang tidak risih jika pembelajrannya dilaksanakan secara terbuka. Tentu saja indikatornya tidak hanya itu, karena yang sebenarnya adakah guru yang dapat dipercaya adalah guru yang melaksankan pemebelajarannya sehari-hari sebaik ketika melaksankan pembelajaran ketika pembelajaran bersifat terbuka seperti yang ada pada gambar. Karena tentunya pembelajaran yang disaksikan secara terbuka akan disajikan dengan sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  88. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. menjadi guru yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya tidak dapat diraih dalam satu malam, butuh waktu serta pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Jika kita ingin menjadi guru seperti yang ditampilkan di gambar dimana seluruh siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, kita harus disiplin dan tidak pernah berhenti belajar.

    ReplyDelete
  89. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Menurut saya guru adalah ujung tombak pelaksanaan pendidikan. Guru yang akuntabel artinya guru yang dapat dipercaya (bertanggungjawab dan profesional) terhadap pembelajarannya. Terlihat dalam foto tersebut, sang guru percaya diri dengan pembelajarannya yang ditonton oleh banyak orang. Tentu sang guru tersebut telah mempersiapkan pembelajarannya sebaik mungkin hingga beliau percaya diri mengajar di depan khalayak, dan khalayak ramai dapat melihat dan menilai proses pembelajaran guru tersebut.

    ReplyDelete
  90. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sungguh foto yang sangat menarik dimana guru dengan percaya diri melakukan pembalajaran yang dilihat oleh para praktisi maupun para orang tua murid, itulah guru yang dapat dipercaya. Guru tersebut berani mempertanggungjawabkan pembelajarannya di depan banyak orang. Di Indonesia, pemerintah belum mempercayai guru-guru. Hal ini dpat dilihat dari adanya UN yang mana penilaian bukan dilakukan oleh guru, padahal gurulah yang paling berhak untuk menilai siswa-siswanya. Oleh karena itu, guru-guru di Indonesia harus berupaya untuk menunjukkan kepada pemerintah bahwa dirinya adalah guru yang akuntabel

    ReplyDelete
  91. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Guru adalah fasilitator dalam pembelajaran maka tentu saja akuntabilitas dalam pembelajaran adalah sesuatu yang tidak dpat ditawarkan lagi. Bagaimana guru membantu siswa dalam pembangunan pengetahuan tentu dipengaruhi oleh kompetensi yang ia miliki. Oleh karena itu, seorang guru harus menguasai empat kompetensi yaitu pedagogic, professional, social, dan kepribadian.

    ReplyDelete
  92. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  93. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Profesi guru di luar negeri adalah profesi yang terhormat dan menjanjikan karena para guru adalah mereka yang benar-benar ahli dibidangnya. Akuntabilitas pendidikan tidak hanya dapat dinilai siswa selama proses pembelajaran namun juga dapat dinilai oleh para orang tua karena adanya kesempatan dimana orang tua menyaksikan bagaimana guru memfasilitasi siswa dalam proses pembangunan pengetahuan, sebagaimana foto di atas. Maka akuntabilitas adalah modal utama guru sebagai aktor pembelajaran. Dengan demikian, seorang guru harus dapat dipercaya

    ReplyDelete
  94. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Keberhasilan seorang guru dapat dilihat dari respon yang diberikan siswa. Tidak mungkin siswa merespon positif jika guru tidak memberikan stimulus yang positif. Akuntabilitas seorang guru memang tidak serta merta bisa dilihat dari satu pertemuan saja karena bisa jadi dalam suasana tertentu, segala sesuatunya sudah di setting dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Akuntabilitas guru adalah suatu penilaian jangka panjang yang menuntut supervisi oleh stakeholder yang kredibel.

    ReplyDelete
  95. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Yang dapat saya lihat dari foto tersebut adalah wajah semua siswa terlihat senang dan gembira saat belajar. Sama sekali tidak ada raut terpaksa belajar yang ditunjukan oleh siswa. Sehingga saya belajar bahwa, untuk menjadi guru yang akuntabel adalah dengan menciptakan pembelaajaran yang menyenangkan bagi siswa dan tidak memaksakan siswa untuk belajar.

    ReplyDelete
  96. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Salah satu ciri guru yang baik adalah guru yang akuntabel. Guru yang akuntabel merupakan guru yang terbuka. Artinya ia siap menerima kritik, saran, evaluasi dari pihak-pihak lain. Semua masukan yang ia dapatkan ia gunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang ia lakukan. Bila seorang guru tidak akuntabel, tidak terbuka, ia akan sulit menerima kritik atau masukan dari pihak lain. Sehingga ia sulit melakukan perbaikan-perbaikan

    ReplyDelete
  97. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb
    Guru yang akuntabel (dapat percaya) merupakan tugas dari seorang guru. Guru yang akuntabel akan menunjukkan profesionalistas guru itu sendiri. Karena guru yang seperi ini telah percayai oleh orang tua siswa dan orang lain mampu membuat siswa-siswa nya benar-benar belajar, memperoleh ilmu sesuai dengan potensi anak dengan masing-masing.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  98. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017
    Guru yang akuntabel (dapat dipercaya) adalah guru yang profesional dalam mengajar. Ia mampu mengayomi siswa dari berbagai karakter dan juga menguasai materi pelajaran dengan baik. Menguasai materi adalah modal bagi guru untuk dapat dipercayai oleh siswanya. Dari pengalaman saya mengajar bahwa siswa akan lebih respect dengan guru yang pandai ketimbang dengan guru yang tidak menunjukkan dirinya pandai.

    ReplyDelete
  99. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Guru yang akuntabel berarti dia sudah teruji keprofesionalan dia dalam mengajar. Kepercayaan terhadap guru itu penting untuk lancarnya pembelajaran. Kepercayaan itu bisa dari murid, guru lain, kepala sekolah, orang tua siswa, dll. Misalkan dalam suatu pembelajaran siswa tidak percaya dengan guru maka siswa terkesan menyepelekan guru. Namun jika siswa percaya, maka siswa akan antusias dalam belajar.

    ReplyDelete
  100. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pada foto ini terlihat bahwa ada seorang guru yang sedang mengajarkan fisika kepada siswanya. Proses pembeljaran tersebut terjadi dalam dua arah degan suasana yang kondusif dan menyenangkan. Ada hal menarik yang terdapat di foto yaitu suasana kelas terbuka dan transparan dapat disaksikan secara bebas oleh orang lain, yang dalam hal ini menurut informasi adalah orant tua siswa. Ya beginilah sifat seorang guru yang akuntabel yakni dapat dipercaya dengan secara terbuka dan transparan dapat dilihat dan disaksikan oleh orang tua siswa saat mengajar. Tentu hal tersebut dapat dilakukan jika seminimal-minimalnya suasana kelas yang diajar kondusif dan terkendali oleh gurunya.

    ReplyDelete
  101. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan pengamatan saya terhadap gambar yang disajikan pada postingan ini, guru yang akuntabel (dapat dipercaya) dapat saya pahami sebagai guru yang menguasai 4 kompetensi, yaitu kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Lebih lanjut, guru yang akauntabel merupakan guru yang dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan yang semestinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan akuntabilitas seorang guru adalah dengan penyelenggaraan lesson study.

    ReplyDelete
  102. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dari apa yang saya pahami untuk menjadi guru yang dapat dipercaya guru harus memiliki kompetensi yang baik. Keempat kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi kemampuan pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kemudian ada kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Dengan, menguasai keempat kompetensi tersebut maka guru akan mendapatkan kepercayaan dari siswa, maupun sesama pendidik. Terimakasih.

    ReplyDelete
  103. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Guru yang dapat dipercaya. Menjadi guru dengan gelar akuntanblen pastilah membutuhkan perjuangan yang berat. Guru tersebut selain harus memiliki 4 kompetensi yang baik (profesional, pendagogik, kepribadian, dan sosial) juga harus mampu mendapatkan kepercayaan peserta didiknya.

    ReplyDelete