Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Akuntabel (dapat dipercaya) _ Photo oleh CRICED



34 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bagi saya pribadi, kepercayaan adalah suatu hal yang mahal. Kepercayaan adalah bentuk dari amanah dan tanggung jawab. Orang tua memberikan kepercayaan bagi guru di sekolah atas anak-anak mereka, bahkan kita mengenal istilah bahwa guru adalah orang tua kita di sekolah. Guru yang akuntabel (dapat dipercaya) adalah guru yang dengan sungguh-sungguh mengerahkan segenap jiwa dan raganya untuk menjalankan fungsinya untuk tidak hanya mengajar tapi juga mendidik para siswanya. Tentu bukan persoalan yang mudah untuk menjadi guru yang akuntabel tersebut. Diperlukan adanya usaha dan kerja keras guru untuk mengemban tanggung jawab dari kepercayaan yang diterimanya. Guru harus benar-benar menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang baik dan matang agar dapat memperoleh hasil belajar siswa yang baik.

    ReplyDelete
  2. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pada hakikatnya guru memang harus akuntabel. Karena tugas guru sendiri adalah mendidik manusia menjadi manusia yang lebih baik. Guru mengemban amanah tersebut harus penuh tanggungjawab. Menjadi seorang guru yang akuntabel atau dapat dipercaya bukan merupakan hal yang mudah karena memerlukan niat dengan ikhlas dan usah yang baik. Usaha guru dalam menggapai akuntabitas tersebut dimulai dari cara mengajar, bagaimana berhubungan dengan siswa, orang tua dan masyaratkat sekitar. Karena akuntabitas guru itu dilihat dari kesan masyarat terhadap guru yang bertanggung jawab. Dari foto tersebut merupakan foto pelaksanaan lesson study dimana observernya sepertinya dari orang tua dan para peneliti. Lesson study adalah cara bagaiman meningkatkan akuntabilitas guru. Karena dari lesson study guru mengevaluasi bagaimana cara mendidik dan mengajarnya di kelas. Diharapkan dari lesson study terbut guru dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya.

    ReplyDelete
  3. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Guru yang dapat dipercaya bukanlah sesuatu yang mudah dan juga sulit untuk diperoleh, karena memperoleh kepercayaan semuanya dilihat dari perspektif siswa-siswa yang diajar. Membangun kepercayaan siswa terhadap guru yang akuntabel dibutuhkan banyak hal untuk dipersiapkan baik dari segi persiapan pembelajaran, segi kemampuan komunikasi, dan segi tingkah laku dalam berinteraksi. Semuanya itu mempengaruhi tingkat kepercayaan siswa terhadap gurunya, disamping itu hal utama yang perlu diperhatikan adalah kesiapan guru dalam memberikan pelajaran di kelas, karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang paling sering berinteraksi dengan siswa. Ketika guru mampu memberikan pelajaran yang baik dan menyenangkan kepada siswa maka akan menambah tingkat kepercayaannya dalam menerima pelajaran dan juga terhadap guru yang menyampaikan materi pelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  4. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Untuk dapat menggapai sesuatu perlu perjuangan. Tidak ada yang bisa tercapai jika tidak adanya kerja keras. Sama halnya untuk dapat menggapai guru yang akuntabel perlu adanya sikap tidak mudah menyerah. Salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan belajar. Tidak hanya mempelajari materi yang akan diajarkan, namun juga perlu belajar mengenai sikap siswa, karakter siswa, kebiasaan siswa, dan lain sebagainya. Selain itu, belajar dari pengalaman juga sangat penting. Mengevaluasi apa yang sudah terjadi dan terus melakukan perbaikan jika apa yang dilakukan kurang sesuai. Untuk menjadi guru yang akuntabel pasti banyak rintangan, salah satu rintangannya yaitu ketika menghadapi siswa yang tidak menyukai matematika dan cenderung tidak peduli dengan yang terjadi. Oleh karena itu, seorang guru harus dibekali dengan pengetahuan yang luas, kesabaran, keikhlasan, dan daya juang yang tinggi sehingga bisa menggapai guru yang akuntabel.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  5. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan foto gambar yang berjudul menggapai guru yang akuntabel (dapat dipercaya) diatas, kita harus mengetahui apa itu akuntabel. Menurut para ahli akuntabel adalah sesuatu yang dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta tidak bertentangan dengan kedua hal tersebut, di mana pertanggung jawaban ini menyangkut sumber / inputnya, proses yang dilakukan dan juga hasil / output yang di dapatkan.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Melanjutkan komentar pada foto gambar yang berjudul menggapai guru yang akuntabel (dapat dipercaya) diatas, maka guru yang akuntabel adalah guru yang dapat di percaya atau guru yang dapat mempertanggungjawabkan pengajarannya dan pendidikannya sesuai dengan peraturan pendidikan berlaku, di mana pertanggung jawaban ini menyangkut memberikan pengajaran dan memberikan pendidikan kepasa siswa, sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan siswa dan menghasilkan siswa yang berprestasi dan dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  7. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Guru adalah orangtua kedua dari siswa di sekolah. Guru memiliki amanah dan tanggung jawab yang sangat besar dalam mendidik siswanya, tidak hanya dalam membelajarkan materi pelajaran namun guru pun juga memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan karakter kepada siswanya jadi seorang guru itu harus akuntabel baik dari segi pihak sekolah, siswa dan orangtuanya karena orangtua sudah mempercayakan semua anaknya kepada guru di sekolah sehingga tanggungjawab guru haruslah besar.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menjadi guru memang bukanlah hal yang mudah. Tugas guru bukan lah hanya mentrasfer pengetahuan yang ia miliki kepada para siswanya, namun guru juga harus mampu menjadi pribadi yang patut untuk digugu dan ditiru oleh siswa-siswanya. Salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah akuntabel atau dapat dipercaya. Dapat dipercaya di sini memiliki makna yang dalam dan luas, mencakup dapat dipercaya oleh siswa, orang tua, institusi, masyarakat, bahkan diri sendiri. Dapat dipercaya oleh siswa berarti guru memang memiliki kompetensi yang lebih sehingga dengan belajar bersamanya, siswa dapat memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru. Selain itu siswa juga bisa benar-benar membentuk ikatan emosional dengan guru, tidak ragu untuk membagi pengalaman maupun pemikiran-pemikiran yang dimiliki kepada guru. Lebih dari itu, guru yang akuntabel berarti memang guru yang mampu dan dapat dipercaya untuk mengemban amanah sebagai pendidik.

    ReplyDelete
  9. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Guru yang akuntabel, guru yang dapat dipercaya. Kepercayaan merupakan sesuatu yang mahal. Ketika kita mendapatkan kepercayaan, maka itu artinya kita mempunyai pekerti yang bagus. Setiap orang yang akuntabel bisa menjadi tempat rujukan, tempat berbagi dan menjadi pusat perhatian. Lebih dalam dari itu, memang setiap kita diperintahkan menjadi orang yang amanah sesuai perintah Allah. Apalagi sebagai guru, harus bisa dipercaya oleh guru lain, ks, komite, khususnya siswa. menjadi guru yang dipercaya bukan merupakan pekerjaan yang mudah, menjadi guru yang dipercaya siswa, dan guru lain atau lembaga penyelenggara pendidikan itu menunjukkan bahwa pekerti yang dibawa oleh seorang guru menjadi lebih murni. karena percaya adala suatu hal yang mahal dan tidak dapat dibandingan dengan materi apapun.

    ReplyDelete
  10. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Menjadi guru adalah tugas yang mulia. Tugas ini harus dijalani dengan ikhlas. Kepercayaan dapat muncul dengan sendirinya seiiring berjalannya waktu. Kekecewaan juga mungkin muncul ketika kepercayaan yang diberikan tidak dimanfaatkan dengan baik. Menjadi guru yang dapat dipercaya artinya menjadi seorang pemimpin bagi peserta didik. Menjadi pemimpin artinya menjadi seorang panutan. Panutan mampu memberikan contoh terbaik dalam pembelajaran. Tidak hanya mampu dalam hal memberikan pembelajaran dan menerapkannya, melainkan mampu memberikan contoh pendidikan karakter yang baik pula. Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dari foto yang ada terlihat menarik sekali melihat para orang tua siswa ikut hadir dalam pembelajaran untuk menyaksikan bagaimana proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Setahu saya hal seperti ini telah menjadi budaya pendidikan yang ada di Jepang. Hal tersebut cukup menarik karena membuat anak menjadi lebih serius lagi dalam melaksanakan pembelajaran dan guru yang bersangkutan juga menjadi lebih serius juga dalam melaksanakan pembelajaran karena orang tua siswa juga turut menjadi penilai proses mengajar. Itu juga termasuk dalam menggapai guru yang akuntabel atau dapat dipercaya. Untuk melihat kepercayaan yang diberikan, orang tua yang ada di Jepang melihat bagaimana prosesnya. Sedangkan di Indonesia, kepercayaan kepada guru biasanya diserahkan penuh sehingga siswa merupakan tanggung jawab guru di sekolah
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Guru yang baik harus mempunyai sifat-sifat yang antusias, stimulatif, mendorong siswa untuk maju, hangat, berorientasi pada tugas dan bekerja keras, toleran, sopan, dan bijaksana, bisa dipercaya, fleksible, dan mudah menyesuaikan diri, demokratis, penuh harapan bagi siswa, tidak semata mencari reputasi pribadi, mampu mengatasi stereotype siswa, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar siswa, mampu menyampaikan pereasaannya, dan memiliki pendengaran yang baik.

    ReplyDelete
  13. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Akuntabilitas artinya bagaimana seorang guru bisa dipercaya, baik dipercaya oleh siswa maupun juga dipercaya oleh orang tua siswa. Sedangkan sustainabel, yaitu salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah keterbukaan, dalam arti terbuka dalam menerima masukkan-masukkan, saran maupun kritik dari orang lain. Guru yang Sustainabel berangkat dari bagaimana dia berusaha mengevaluasi PBM yang dilaksanakan, agar apa yang dilaksanakan di kelas dapat dilanjutkan jika memang sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

    ReplyDelete
  14. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat sensitif dan perannya sangat besar dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Guru yang akuntabel adalah guru yang dapat dipercaya. Artinya guru mempunyai profesionalitas yang baik sehingga dalam mengajar guru akan benar-benar bertanggungjawab dengan mengerahkan seluruh kemampuannya dalam menciptakan siswa-siswa yang berkualitas dan membuat siswanya nyaman selama mengikuti pembelajarannya. Keakuntabilitasan guru terlihat dari seberapa siswa yang semangat pada saat pembelejaran.

    ReplyDelete
  15. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menjadi guru yang akuntabel atau dapat dipercaya adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kepercayaan dari seorang siswa pada guru dalam pembelajaran di kelas adalah hal yang sangat penting, karena hal tersebut akan mampu menumbuhkan rasa keingintahuan yang besar dalam diri siswa. Tentunya untuk mampu memperoleh kepercayaan dari siswa bukanlah hal yang mudah, karena seorang guru dituntut mampu memberikan pembelajaran yang baik dan menarik di dalam kelas. Untuk dapat mencapai hal tersebut, seorang guru harus mampu mempersiapkan pembelajaran yang baik.

    ReplyDelete
  16. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Berdasarkan pemahaman saya ditambah dengan gambar diatas maka saya berpendapat bahwa guru yang akuntabel adalah guru yang menguasai kompetensi pedagogiknya. Dengan kemampuan kompetensi pedagogik yang baik maka guru dengan penuh tanggung jawab dapat menjalankan PBM secara lebih bermakna. Guru akan memiliki penguasaan kelas yang baik, memiliki pemahaman yang baik akan karakteristik setiap siswanya, memberikan kesempatan kepada siswanya untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dalam hal ini tercipta pembelajaran yang interaktif, memanfaatkan berbagai media pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan menghilangkan ketengangan dalam diri setiap siswa. Inilah karakteristik guru yang ideal dan harus kita miliki sebagai calon pendidik apalagi calon pendidik matematika.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Akuntabel ialah dapat dipercaya atau dapat dipertanggungjawabkan. Seseorang yang akuntabel adalah seseorang yang dapat dipercaya baik dari segi ucapannya maupun perbuatannya. Maka menggapai guru yang akuntabel berarti menjadi guru yang dapat dipercaya. Dapat dipercaya artinya bahwa karya-karya guru tersebut diakui dan dipercaya oleh murid, guru lain, kepala sekolah, atau para ahli pendidikan. Akuntabel juga bisa diartikan sebagai isi karena isi ilmu yang diamanahkan kepada guru tersebut bisa diaplikasikan dalam hal pembuatan hasil karya ilmiah berupa media pendidikan, alat peraga, pengembangan instrumen pendidikan yang inovatif serta jurnal ilmiah pendidikan yang memberikan manfaat terhadap dunia pendidikan. Foto tersebut sungguh tidak biaa. Dari foto tersebut terlihat bahwa untuk menjadi guru yang akuntabel, seorang guru harus mampu dan mau menunjukkan bagaimanakah cara dia mengajar. Selain melui karya tulis, guru akan dapat dipercaya oleh orang lain dengan cara memperlihatkan metode pembelajaran yang ia selenggarakan di depan para observer. Karena dari penampilannya itu, para observer akan dapat menilai apakah guru itu akuntabel atau tidak. Dalam foto tersebut terlihat bahwa proses pembelajaran telah menggunakan pembelajaran inovatif. Siswa yang melakukan investigasi, memecahkan masalah, eksperimen, sehingga menemukan pola dan konsep sendiri.

    ReplyDelete
  18. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Dari gambar ini saya bisa menangkap bahwa menjadi guru yang akuntable adalah bukan hanya untuk siswa nya sendiri tetapi juga harus akuntable untuk semua yang ada di sekitar siswa (keluarga). Nah, salah satu hal paling penting agar guru harus akuntable adakah perencanaan yang termuat didalam RPP. Apa yang ada dalam RPP harus teraktualisasi seutuhnya dalam kegiatan pembelajaran. Indikator bahwa guru terlihat akuntable di lingkungan sekitar siswa terlihat' pada evaluasi akhir yang guru lakukan. Evakuasi ini harus bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan guru kepada siswa dan orang tua. Supaya akuntable dalam evaluasi guru harus menilai semua proses pembelajaran (portofolio) secara transparan.

    ReplyDelete
  19. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Yang sulit itu menjaga, bukan membangun. Pada dasarnya saat menyandang gelar ‘guru’ sang guru tersebut telah disebut akuntabel. Pada dasarnya orang tua akan mempercayakan anaknya kepada guru meskipun terkadang orang tua tidak mengenali bagaimana guru tersebut atau berapapun umurnya mereka tetap menghargai itu. Jika tidak dapat dipercaya maka tidak mungkin orang tua menitipkan anaknya disekolah kepada guru. Dan persoalannya adalah bagaimana menjaga kepercayaan awal yang diberikan oleh orang tua tersebut. Kepercayaan yang diberikan tanpa tau bagaimana guru tersebut bagaimana. Kepercayaan yang amat mahal harganya, jika sekali saja tercoreng maka hilanglah segala yang telah dilakukan oleh guru. Menjadi guru yang akuntabel tentunya diperlukan usaha-usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Guru yang senantiasa belajar, belajar mengenali karakter siswanya masing-masing, guru yang memahami siswanya, karena jika bukan guru siapa lagi yang akan membela dan memahami siswa disekolah. Guru yang akuntabel juga merupakan guru yang menjalani segala nya dengan sepenuh hati, dengan penuh keikhlasan tanpa berniat untuk sombong. Sepenuh hati mengajar, sepenuh hati menjawab pertanyaan siswa, sepenuh hati menyiapkan bahan ajar, ikhlas atas segala lelah yang didedikasikan untuk kemajuan siswanya, ikhlas atas segala usaha yang dilakukan agar siswanya memdapatkan pengalaman memberoleh sendiri ilmunya, dan tidak menyombongkan diri menganggap bahwa dirinya lebih tau dari siswanya.

    ReplyDelete
  20. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Yang dimaksud dengan guru yang akuntable yaitu guru yang dapat dipercaya dan dapat mempertanggunjawabkan segala yang terkait dalam pembelajaran, baik manajemen kelas, metode pengajaran, penilaian dan evaluasi. Guru yang akuntable dapat memberikan pengaruh ataupun contoh yang baik dalam kegiatan pembelajaran. Guru mampu bertanggungjawab terhadap administrasi, keprofesionalan, dan memberikan kontribusi dalam pendidikan secara nyata

    ReplyDelete
  21. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Akuntabilitas pendidikan adalah kemampuan sekolah mempertanggungjawabkan kepada publik segala sesuatu mengenai kinerja yang telah dilaksanakan. Tujuan utama akuntabilitas adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja sekolah sebagai salah satu syarat untuk terciptanya sekolah yang baik dan terpercaya. Dalam kaitannya dengan akuntabilitas guru sangat diperlukan agar terciptanya rasa percaya dari seorang siswa untuk menerima pembelajaran dan materi yang akan disampaikan oleh guru.

    ReplyDelete
  22. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Setiap profesi masing-masing mempunyai profesionalitasnya. Guru merupakan salah satu profesi yang paling berat menurut saya, selain harus menjadi tauladan bagi murid-muridnya guru juga harus dapat mendidik supaya nantinya bangsa daapt mencetak generasi emasnya. Selain itu, Kepercayaan menjadi suatu hal terberat kedua setelah profesi guru itu sendiri. Karena guru harus bersifat amanah atau akuntabel. Orng tua telah memberikan kepercayaan kepada guru untuk mendidik anak-anaknya, terlebih guru akan menjadi orang tua kedua bagi anak-anaknya. Guru yang amanah ialah guru yang segenap jiwa dan raganya tulus ikhlas mendidik putra putri bangsa supaya nantinya mereka dapat menjadi orang yang berilmu dan bermartabat. Sering kita mengetahui bagaimana lingkungan mempengaruhi tumbuh kembang anak, itulah salah satu tantangan terberat guru. ia harus bersaing dan bekerjasama dengan lingkungannya supaya anak-anak yang telah ia didik di sekolah tidak terbawa arus negative lingkungan. Selain itu, guru yang akuntabel ialah ia yang dapat menjalankan fungsi pembelajaran yang baik dan benar supaya nantinya bisa mendapatkan hasil belajar yang baik pula.

    ReplyDelete
  23. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Seorang guru memiliki tugas yang mulia, seorang guru harus dapat dipercaya, karena guru adalah seseorang yang digugu dan dicontoh oleh murid. Tugas seorang guru adalah memberikan ilmu dan membagikannya kepada siswanya dengan niat ikhlas. Guru yang baik yaitu guru yang mengerti siswanya. Dalam artian guru meyadari bahwa siswa dikelas itu memeliki keberagaman intelegensi dalam proses pembelajaran. Dan inilah yang harus dilakukan oleh guru agar semua siswa dapat terfasilitasi secara keseluruhan dalam proses pembelajaran yang berlangsung, dimana dapat memilih metode atau pendekatan yang tepat dalam proses pembelajaran dan membuat anak senang tidak terbebani dalam belajar. Sehingga siswa pun sangat senang dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan dapat mengerti dan memahami materi yang disampaikan.

    ReplyDelete
  24. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Berdasarkan gambar di atas mencerminkan adanya proses belajar yang sangat antusias walaupun dengan kondisi yang tidak ideal. Kenapa tidak ideal? Karena terlalu banyak siswa dan satu berada di dekat pengajar yang lain sangat jauh, bahkan berbeda lantai. Namun di sisi lain perbedaan lantai menunjukan adanya antusiasme dimana siswa tetap nampak memberhatikan pada fokus yang sama. Kasus seperti ini tidak akan terjadi ketika siswa tidak memiliki antusiasme yang luar biasa pada guru. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kemampuan guru dalam menjelaskan dan ilmu guru yang dapat dipertanggungjawabkan.

    ReplyDelete
  25. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Berdasarkan gambar di atas sebenarnya dapat diambil kesimpulan bahwa penting untuk menjadi guru yang akuntabel. Kebutuhan akan guru yang profesional mutlak harus diperlukan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Hanya melalui bimbingan guru yang profesional, setiap siswa dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif, dan produktif sebagai aset nasional dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan berat sekarang dan di masa yang akan datang.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  26. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Selain kualifikasi akademik, guru juga harus menguasai kompetensi guru yang berlaku secara nasional yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Sehingga guru yang profesional menurut pemerintah adalah guru yang menguasai kompetensi-kompetensi tersebut. Selain itu, kemampuan psikologis dan komunikasi juga sangat penting. Seperti gambar di atas, gambar tersebut menyiratkan bahwa penting bagi guru untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik terhadap siswa karena siswa akan lebih merasa dekat dan lebih memahami materi, jika materi disampaikan dengan bahasa dan komunikasi yang baik.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  27. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Untuk dapat menjadi guru yang dapat dipercaya itu tidaklah mudah. Membutuhkan kemampuan yang handal dari seorang guru untuk mendapatkan kepercayan dari seorang murid. Namun apabila guru sudah dapat dipercaya, bahkan murid itu sendiri sudah mempunyai rasa kepercayaan terhadap matematika, maka pembelajaran tentunya akan berlangsung lebih bermakna.

    ReplyDelete
  28. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Sebuah kepercaayaan itu mahal. Karena kepercayaan adalah modal utama dalam melakukan sesuatu, ketika kita mempunyai kepercayaan maka pasti kita akandapat ditempatkan atau menjadi sebuah rujukan dalam permasalahan atau dalam membantu dan sebagai pusat perhatian. Mempunyai sifat di percaya memang diajurkan dan sesuai dengan perintah Allah, terlebih lagi menjadi seorang guru, sikap dapat dipercaya orang lain itu akan menjadi contoh untuk siswa mengembangkan karakter yang baik.

    ReplyDelete
  29. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Kepercayaan bukanlah sesuatu yang mudah didapat, tapi bukan hal yang sangat sulit tuk diraih. Kepercayaan sangat bergantung pada diri pribadi masing-masing. Bagi seorang guru, kepercayaan adalah hal penting dalam menjalankan amanatnya sebagai pendidik, bukan semata pengajar. Jika dikaitkan dengan profesi, setidaknya guru mesti memiliki empat kompetensi yang dipersyaratkan: profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Di luar itu, guru juga perlu menngembangkan keterampilan-keterampilan lain sehingga dapat menjaga sekaligus meningkatkan kepercayaan terhadap dirinya. Jika tidak, guru pun akan terjebak oleh mitos dalam dirinya. Semoga kita senantiasa dalam rahmat, ampunan, dan lindungan-Nya. Aamiin.
    Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassaamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Melalui foto ini, banyak makna yang bisa diungkap untuk menjadi seorang guru yang akuntabel (dapat dipercaya). Dari foto tersebut terlihat seorang guru yang sedang mengajar dihadapan siswa dan bahkan didepan orang tua siswa sekaligus. Namun, orang tua siswa bukan ikut menjadi siswa akan tetapi mereka bertindak sebagai “penonton”, yang menyaksikan proses belajar mengajar anaknya.
    Berdasarkan foto tersebut terlihat sang guru tersenyum dalam menyampaikan materi dan instruksi kepada siswanya dan para siswa juga terlihat tersenyum dalam mendengarkan penjelasan dari gurunya dan melaksanakan perintah sang guru dengan tertib (dalam hal ini terlihat siswa tengah melakukan sebuah percobaan).
    Dari ekspresi guru, terlihat bahwa guru tersebut ikhlas dalam mengajar. Beliau tidak memandang bahwa dirinya seorang yang hebat sehingga harus memaksakan (dengan keras) kehendak kepada siswanya. Terlihat juga bahwa guru mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman, kondusif dan menyenangkan bagi para siswanya, sehingga para siswa pun nyaman menerima “transfer” ilmu yang diberikan oleh gurunya.
    Dari ekspresi para siswa juga terlihat bahwa mereka dengan ikhlas menerima materi pelajaran yang disampaikan gurunya. Para siswa terlihat nyaman meski sedang dihadapkan dengan berbagai alat-alat praktikum percobaan, yang mungkin saja mereka belum memahami dengan baik bagaimana cara penggunaannya. Disini terlihat guru memberi kebebasan kepada siswanya untuk belajar, kebebasan dalam berkarya, kebebasan dalam berkreasi, kebebasan dalam berimajinasi sehingga para siswa mampu menyelesaikan perintah yang diberikan gurunya. Terlihat tidak ada paksaan, tidak ada tekanan, semuanya berjalan dengan sangat tertib.
    Dengan melihat para siswa nyaman dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik, para orang tua yang menyaksikan merasa lega bahwa anak mereka benar-benar dibimbing dan diarahkan dengan baik oleh gurunya. Sehingga timbullah rasa percaya dalam hati mereka.
    Jadi, kesimpulan yang dapat saya tarik adalah bahwa untuk menjadi seorang guru yang akuntabel (dapat dipercaya), langkah pertama yang harus ditempuh adalah guru harus ikhlas dalam mengajar karena bagaimanapun pintarnya seorang guru namun tidak ikhlas dalam menyampaikan ilmunya, suasana dalam proses belajar mengajar akan kaku. Dengan ikhlasnya seorang guru dalam “mentransfer” ilmunya, terciptalah suasana nyaman bagi siswanya sehingga siswa dengan baik akan memahami dan menerima ilmu yang diberikan. Dengan demikian, baik orang tua siswa maupun siswa dapat mempercayai guru tersebut.

    ReplyDelete
  31. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Akuntabilitas adalah konsep yang dipinjam dari manajemen. Saat diterapkan untuk pendidikan itu berarti bahwa :Beberapa orang ( guru atau administrator),beberapa lembaga (dewan pendidikan atau departemen pendidikan) atau organisasi (profesi atau swasta ) bertanggung jawab melakukan sesuatu yang telah disepakati. Sedangkan guru bertanggung jawab untuk tujuan tertentu yang disepakati

    Tuntutan akuntabilitas guru : (1) peningkatan jumlah orang tua yang mengerti masalah pendidikan (2) Masyarakat memiliki kesan guru bertanggung jwab kepada siapapun (3) masyarakat merasa ingin tahu kemana pajak yang dibayar (4) pendidikan merupakan pusat informasi

    ReplyDelete
  32. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Untuk menjadi guru yang akuntabel, seorang guru harus mampu dan mau menunjukkan bagaimanakah cara dia mengajar. Guru akan dapat dipercaya oleh orang lain dengan cara memperlihatkan metode pembelajaran yang ia selenggarakan di depan para observer. Karena dari penampilannya itu, para observer akan dapat menilai apakah guru itu akuntabel atau tidak. Kebanyakan guru masih takut untuk menunjukkan bagaimana metodenya dalam mengajar, dan cenderung melakukan akting saat ada pengawas yang datang. Hendaknya perilaku ini segera diubah agar guru-guru di Indonesia menjadi guru yang akuntabel.

    ReplyDelete
  33. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih untuk tulisan ini prof, Ketika kita menginginkan menjadi guru yang mempunyai akuntabel yang baik, maka kita harus peka dengan perkembangan perkembangan siswa, teknologi, menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang telah melaju cepat mengikuti jaman.Selain itu, ketika kita ingin menjadi guru yang mepunyai akuntabel yang baik maka tetap harus belajar, belajar, dan belajar. Meskipun kita mungkin sudah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk diri kita sendiri demi meningkatkan kemampuan mengajar kita, sehingga siswa akan mempercayai kita dan tak meremehkan pengetahuan kita sebagai guru. Oleh karena itu, kita sebagi guru hendak lah rajin belajar, tak mengenal lelah untuk menggapai guru yang akuntabel (dapat dipercaya).

    ReplyDelete
  34. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete