Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Akuntabel (dapat dipercaya) _ Photo oleh CRICED



36 comments:

  1. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Usaha menjadi guru yang akuntabel merupakan hal yang tidak perlu ditawar-tawar lagi karena uniknya profesi guru. Profesi guru harus memiliki berbagai kompetensi seperti kompetensi profesional, personal, dan sosial. Seseorang dianggap profesional apabila mampu mengerjakan tugasnya dengan selalu berpegang teguh pada etika kerja, independent (bebas dari tekanan pihak luar), cepat (produktif), tepat (efektif), efisien dan inovatif serta didasarkan pada prinsip-prinsip pelayanan prima yang didasarkan pada unsur-unsur ilmu atau teori yang sistematis.

    ReplyDelete
  2. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Berkembangnya pendidikan dapat menyesatkan juga apabila guru menjadi lupa akan tugasnya sebagai contoh dan teladan siswa. Siswa di sekolah memiliki orangtua yang selalu mengajarkan berbagai hal, yaitu guru. Guru sebagai panutan sudah seharusnya akuntabel.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  3. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Seorang guru harus memiliki akuntabel yang tinggi. Karena tujuan akuntabel seorang adalah agar terciptanya kepercayaan publik/siswa terhadap guru. Agar guru memiliki akuntabel/kepercayaan yang tinggi, maka:
    1. seorang guru harus menguasai materi yang ingin disampaikan
    2. seorang guru harus mampu menguasai kelas, dengan menciptakan suasana kelas yang nyaman
    3. seorang guru harus yakin atas semua kemampuan yang dimilikinya
    Dengan demikian seorang guru akan memiliki kepercayaan yang tinggi saat mengajar. Ketika seorang guru percaya atas dirinya, maka siswapun juga akan percaya atas dirinya. Inilah pentingnya seorang guru mampu menggapai akuntabilitas.

    ReplyDelete
  4. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Seorang guru harus memiliki akuntabel yang tinggi. Karena tujuan akuntabel seorang adalah agar terciptanya kepercayaan publik/siswa terhadap guru. Agar guru memiliki akuntabel/kepercayaan yang tinggi, maka:
    1. seorang guru harus menguasai materi yang ingin disampaikan
    2. seorang guru harus mampu menguasai kelas, dengan menciptakan suasana kelas yang nyaman
    3. seorang guru harus yakin atas semua kemampuan yang dimilikinya
    Dengan demikian seorang guru akan memiliki kepercayaan yang tinggi saat mengajar. Ketika seorang guru percaya atas dirinya, maka siswapun juga akan percaya atas dirinya. Inilah pentingnya seorang guru mampu menggapai akuntabilitas.

    ReplyDelete
  5. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Guru yang akuntabel adalah suatu kewajiban bagi seseorang yang berprofesi sebagai guru. Guru adalah orang yang digugu dan ditiru oleh muridnya. Perbuatan dan perilaku guru harus mencerminkan suatu ketauladanan yang menjadi panutan bagi siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  6. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Setiap guru haruslah berusaha untuk menjadi guru yang akuntabel. Akuntabilitas accountability adalah tanggung jawab responsible, kepercayaan credble, dan kepuasan kepada pihak lain yang berkepentingan dengan jaminan mutu quality assurance (Misran Simanungkalit). Berdasarkan pengertian akuntabilitas tersebut, seorang guru yang ingin menjadi guru yang akuntabel haruslah dapat bertanggung jawab, dapat dipercaya, dan dapat memberikan kepuasan. Bertanggung jawab artinya seorang guru harus dapat bertanggung jawab terhadap kewajibannya dalam memfasilitasi siswa-siswanya, memberikan penilaian yang adil dan dapat dipercaya. Seorang guru juga harus dapat memberikan kepuasan kepada siswa-siswanya terkait proses pembelajaran dan penilaian.
    Sumber:
    jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/223/204

    ReplyDelete
  7. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Sebuah kepercaayaan itu mahal. Karena kepercayaan adalah modal utama dalam melakukan sesuatu, ketika kita mempunyai kepercayaan maka pasti kita akandapat ditempatkan atau menjadi sebuah rujukan dalam permasalahan atau dalam membantu dan sebagai pusat perhatian. Mempunyai sifat di percaya memang diajurkan dan sesuai dengan perintah Allah, terlebih lagi menjadi seorang guru, sikap dapat dipercaya orang lain itu akan menjadi contoh untuk siswa mengembangkan karakter yang baik.

    ReplyDelete
  8. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Menurut saya, Guru yang akuntabel seperti dalam foto sangat menjadi guru teladan. Guru tersebut mampu mengajar di lingkungan terbuka. Guru juga tidak canggung meskipun mengajar didepan orangtua siswa. Siswa-siswa yang diajar pun terlihat sangat antusias untuk mngikuti pembelajaran yang diberikan. Mereka sangat aktif berdiskusi dan mengerjakan aktivitas pembelajaran. Sejalan dengan kurikulum sekarang, pembelajaran di Indonesia juga dituntut untuk berpusat pada siswa. Seperti halnya dalam foto, guru hanya memfasilitasi/memberikan instruksi kepada siswa.

    ReplyDelete
  9. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Pada abad 21 ini, peradaban semakin maju, kebutuhan akan informasi dan kemajuan teknologi menjadi tuntutan yang berbeda, terutama bagi pengajar. Menjadi guru yang akuntabel haruslah bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan abad 21 ini, dimana guru yang dianggap mampu untuk memahami berbagai budasya yang ada, mengajarkan siswa untuk "mengkonstruksi" pengetahuan, mengajarkan pembelajaran aktif serta memahami teknologi yang dapat mendukung proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Untuk dapat menggapai guru sejati, dibutuhkan keyakinan dan kecintaan akan profesi tersebut. Foto di atas menggambarkan bahwa guru dengan senang hati mengajar di kelas yang terdapat banyak siswa. Keihlasan dan kesenangan dalam pembelajaranlah yang membuat guru tersebut memiliki ide kreatif dalam pembelajaran. Seperti halnya foto di atas, siswa terlihat gembira belajar dan melakukan percobaan. Guru yang akuntabel akan lebih mudah mengelola kelas karena mendapat kepercayaan kolaboratif oleh siswa.

    ReplyDelete
  11. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Wow... Lihat wajah para siswa dalam foto it... Wajah gembira, semangat, tertarik, terlibat. Dan Ada banyak guru nampaknya di sekitarnya. Mungkin para guru Dan siswa in sedang berbagi pengalaman bagaimana mereka belajar.
    Foto sebagai salah satu bentuk dokumentasi menjadi penting. Ini salah satu bukti yang akuntabel, dapat dipercaya. Guru perlu tekun membuat dokumentasi pengajarannya, Tak hanya dalam bentuk foto, melainkan catatan, media, hasil penelitian, artikel, dll. hasil kerja siswa pun perlu didokumentasikan sebagai data hasil mengajar kita. Sejauh mana and dapat terbantu dalam membangun pengetahuan, Sikap Dan Ketrampilan mereka.

    ReplyDelete
  12. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pada dasarnya akuntabilitas oleh guru adalah bentuk pertanggungjawaban yang harus dilakukan guru terhadap keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Untuk menggapai guru yang akuntabel bisa dilakukan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan prestasi program yang dicapai dan dilaporkan kepada pemerintah, orangtua siswa, maupun masyarakat. Berdasarkan laporan tersebut maka pemerintah dapat menilai sekaligus memberikan feedback apakah program telah mencapai tujuan yang dikendaki atau tidak. Demikian pula, para orangtua siswa dan anggota masyarakat dapat memberikan penilaian dan feedback apakah program ini dapat meningkatkan prestasi anak-anaknya secara individual dan kinerja sekolah secara keseluruhan. Jika berhasil, maka orangtua peserta didik perlu memberikan semangat dan dorongan untuk peningkatan program yang akan datang. Jika kurang berhasil, maka orangtua siswa dan masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban dan penjelasan guru atas kegagalan pembelajaran yang telah dilakukan guru. Dengan cara ini, maka guru akan lebih fokus dalam melaksanakan pembelajaran pada tahun-tahun yang akan datang.

    ReplyDelete
  13. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Menjadi guru yang profesional dan akuntabel merupakan hal yang memerlukan jam terbang yang tidak sedikit, sehingga upaya untuk mecapai hal-hal demikian, haruslah terus diasah. Foto diatas mencerikan kegiatan pembelajaran serta penanganan yang akan dilakukan guru dalam proses belajar mengajar. Didepan banyaknya wali siswa yang hadir guru harus mampu menumbuhkan rasa kepercayaan orang tua terhadap kompetensi yang dimilikinya, sehingga nantinya harapan yang diinginkan orang tua pada anaknya dapat tercapai.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari foto di atas terlihat guru yang mengajar dan siswa belajar yang disaksikan oleh banyak orang. Ini menunjukkan guru yang akuntabel artinya dapat dipercaya. Maka jika ini disandangkan pada Guru. Maka Guru bertaraf internasional adalah guru yang AKUNTABEL. Akuntabel maksudnya adalah guru mampu mempertanggungjawabkan secara ilmiah perbuatan mengajarnya baik kepada diri siswa, kepada Kepala Sekolah, kepada masyarakat, negara, maupun kepada komunitas pendidik.

    ReplyDelete
  15. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Guru seharusnya dapat dipercaya oleh orangtua siswa, kepala sekolah, pengawas sekolah dalam menjalankan amanah sebagai seorang pendidik dan dapat dipercaya oleh murid-muridnya. Selain itu, seorang guru harus mampu menjadi fasilitator agar murid memperoleh ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Akuntabel artinya adalah dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dipercaya. Seseorang yang akuntabel adalah seseorang yang dapat dipercaya baik dari segi ucapannya maupun perbuatannya. Dalam dunia pendidikan, akuntabel adalah tuntutan bagi seorang guru agar menjadi guru yang dapat dipercaya. Dapat dipercaya disini berarti karya-karyanya diakui dan dipercaya oleh berbagai pihak. Agar menjadi sosok yang dipercaya seorang guru perlu meningkatkan berbagai pengetahuannya, bukan hanya pengetahuan tentang mata pelajaran yang ditekuni saja. Pengetahuan tentang seluk beluk perkembangan fisik dan mental anak wajib dipahami oleh setiap individu agar guru bisa membantu siswa lebih maksimal. Pengetahuan merancang proses pembelajaran yang bervariasi juga mutlak dikuasai guna memahami cara mengelola kelas yang memberi kesempatan anak didik untuk belajar.

    ReplyDelete
  17. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Guru yang baik harus mempunyai sifat-sifat yang antusias, stimulatif, mendorong siswa untuk maju, hangat, berorientasi pada tugas dan bekerja keras, toleran, sopan, dan bijaksana, bisa dipercaya, fleksibel, dan mudah menyesuaikan diri, demokratis, penuh harapan bagi siswa, tidak semata mencari reputasi pribadi, mampu mengatasi stereotype siswa, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar siswa, mampu menyampaikan perasaannya, dan memiliki pendengaran yang baik.

    ReplyDelete
  18. Akuntabilitas artinya bagaimana seorang guru bisa dipercaya, baik dipercaya oleh siswa maupun juga dipercaya oleh orang tua siswa. Sedangkan sustainabel, yaitu salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah keterbukaan, dalam arti terbuka dalam menerima masukan-masukan, saran maupun kritik dari orang lain. Guru yang Sustainabel berangkat dari bagaimana dia berusaha mengevaluasi PBM yang dilaksanakan, agar apa yang dilaksanakan di kelas dapat dilanjutkan jika memang sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

    ReplyDelete
  19. Junianto
    PM C
    17709251065

    Akuntabel atau dipercaya memang menjadi syarat muntlak di segala lini. Begitu juga dengan guru sebagai profesi yang memiliki peran strategis dalam membentuk peradaban suatu bangsa. Guru yang akuntabel tentu bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan. Perlu proses panjang dan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkannya. Siste pendidikan juga harus dirancang sedemikian rupa sehingga usaha ini bisa berjalan dengan maksimal. Untuk menggapai guru yang akuntabel tentu yang pertama kali diusahan adalah keprofesionalan guru dalam mengajar yang meliputi penguasaan materi, penguasaan kelas dan keyakinan akan kemampuan yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  20. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Guru tentu harus akuntabel, dapat dipercaya, baik oleh siswa, orang tua siswa, lembaga, maupun masyarakat. Untuk menjadi guru yang akuntabel perlu diadakan evaluasi. Evaluasi bisa dilakukan oleh siapa saja sebenarnya, namum peran lembaga, atasan dan teman sejawat lebih terasa untuk melakukan evaluasi tersebut. Lesson study seperti pada gambar dapat dilakukan agar kinerja guru dan metode-metode dalam mengajar yang dipakai gurudapat dievaluasi dimana letak keunggulan dan kelemahannya. Jika terdapat kelemaham dapat segera diperbaiki, jika terdapat kelebihan maka dapat disebarkan dan diterapkan oleh guru lain.

    ReplyDelete
  21. Latifah Fitriasari
    PM C

    Komponen pertama yang harus melaksanakan akuntabilitas adalah guru. Hal ini karena inti dari seluruh pelaksanaan manajemen sekolah adalah proses belajar mengajar. Dan pihak pertama di mana guru harus bertanggung jawab adalah siswa. Guru harus dapat melaksanakan ini dalam tugasnya. Akuntabilitas guru merupakan dorongan kompetisi untuk masing-masing guru dalam pendidikan dan guru menekan. Kompetensi pendidikan, etika kesiapan, pengetahuan, dan profesional mengajar kelompok merupakan sebuah kualifikasi seorang guru.

    ReplyDelete
  22. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya melihat dalam foto di atas terdapat keceriaan para siswa. Hampir semua anak berinteraksi dengan kelompok belajar di meja mereka. Mungkin memang seperti ini guru yang akuntabel. Guru harus menjadi seseorang yang menyenangkan, sehingga di dalam proses pembelajarannya, siswa masih bisa menjadi diri mereka sendiri dengan segala ekspresi diri yang mereka miliki. Bukan menjadi siswa yang takut untuk menunjukkan apa yang ingin mereka sampaikan. Maka bagi saya, guru sejati ialah yang mampu mendapatkan kepercayaan siswanya. Akan tetapi, guru juga tetap harus bertanggungjawab membimbing ekspresi dri yang dimiliki siswa agar berada dalam garis yang sesuai.

    ReplyDelete

  23. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Yang dapat saya maknai hubungan dari judulnya yang berbunyi menggapai guru yang akuntabel atau dapat dipercaya dengna foto yang ditampilkan yaitu bahwa guru yang dapat dipercaya adalah guru yang tidak risih jika pembelajrannya dilaksanakan secara terbuka. Tentu saja indikatornya tidak hanya itu, karena yang sebenarnya adakah guru yang dapat dipercaya adalah guru yang melaksankan pemebelajarannya sehari-hari sebaik ketika melaksankan pembelajaran ketika pembelajaran bersifat terbuka seperti yang ada pada gambar. Karena tentunya pembelajaran yang disaksikan secara terbuka akan disajikan dengan sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  24. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. menjadi guru yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya tidak dapat diraih dalam satu malam, butuh waktu serta pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Jika kita ingin menjadi guru seperti yang ditampilkan di gambar dimana seluruh siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, kita harus disiplin dan tidak pernah berhenti belajar.

    ReplyDelete
  25. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Menurut saya guru adalah ujung tombak pelaksanaan pendidikan. Guru yang akuntabel artinya guru yang dapat dipercaya (bertanggungjawab dan profesional) terhadap pembelajarannya. Terlihat dalam foto tersebut, sang guru percaya diri dengan pembelajarannya yang ditonton oleh banyak orang. Tentu sang guru tersebut telah mempersiapkan pembelajarannya sebaik mungkin hingga beliau percaya diri mengajar di depan khalayak, dan khalayak ramai dapat melihat dan menilai proses pembelajaran guru tersebut.

    ReplyDelete
  26. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sungguh foto yang sangat menarik dimana guru dengan percaya diri melakukan pembalajaran yang dilihat oleh para praktisi maupun para orang tua murid, itulah guru yang dapat dipercaya. Guru tersebut berani mempertanggungjawabkan pembelajarannya di depan banyak orang. Di Indonesia, pemerintah belum mempercayai guru-guru. Hal ini dpat dilihat dari adanya UN yang mana penilaian bukan dilakukan oleh guru, padahal gurulah yang paling berhak untuk menilai siswa-siswanya. Oleh karena itu, guru-guru di Indonesia harus berupaya untuk menunjukkan kepada pemerintah bahwa dirinya adalah guru yang akuntabel

    ReplyDelete
  27. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Guru adalah fasilitator dalam pembelajaran maka tentu saja akuntabilitas dalam pembelajaran adalah sesuatu yang tidak dpat ditawarkan lagi. Bagaimana guru membantu siswa dalam pembangunan pengetahuan tentu dipengaruhi oleh kompetensi yang ia miliki. Oleh karena itu, seorang guru harus menguasai empat kompetensi yaitu pedagogic, professional, social, dan kepribadian.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Profesi guru di luar negeri adalah profesi yang terhormat dan menjanjikan karena para guru adalah mereka yang benar-benar ahli dibidangnya. Akuntabilitas pendidikan tidak hanya dapat dinilai siswa selama proses pembelajaran namun juga dapat dinilai oleh para orang tua karena adanya kesempatan dimana orang tua menyaksikan bagaimana guru memfasilitasi siswa dalam proses pembangunan pengetahuan, sebagaimana foto di atas. Maka akuntabilitas adalah modal utama guru sebagai aktor pembelajaran. Dengan demikian, seorang guru harus dapat dipercaya

    ReplyDelete
  30. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Keberhasilan seorang guru dapat dilihat dari respon yang diberikan siswa. Tidak mungkin siswa merespon positif jika guru tidak memberikan stimulus yang positif. Akuntabilitas seorang guru memang tidak serta merta bisa dilihat dari satu pertemuan saja karena bisa jadi dalam suasana tertentu, segala sesuatunya sudah di setting dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Akuntabilitas guru adalah suatu penilaian jangka panjang yang menuntut supervisi oleh stakeholder yang kredibel.

    ReplyDelete
  31. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Yang dapat saya lihat dari foto tersebut adalah wajah semua siswa terlihat senang dan gembira saat belajar. Sama sekali tidak ada raut terpaksa belajar yang ditunjukan oleh siswa. Sehingga saya belajar bahwa, untuk menjadi guru yang akuntabel adalah dengan menciptakan pembelaajaran yang menyenangkan bagi siswa dan tidak memaksakan siswa untuk belajar.

    ReplyDelete
  32. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Salah satu ciri guru yang baik adalah guru yang akuntabel. Guru yang akuntabel merupakan guru yang terbuka. Artinya ia siap menerima kritik, saran, evaluasi dari pihak-pihak lain. Semua masukan yang ia dapatkan ia gunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang ia lakukan. Bila seorang guru tidak akuntabel, tidak terbuka, ia akan sulit menerima kritik atau masukan dari pihak lain. Sehingga ia sulit melakukan perbaikan-perbaikan

    ReplyDelete
  33. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb
    Guru yang akuntabel (dapat percaya) merupakan tugas dari seorang guru. Guru yang akuntabel akan menunjukkan profesionalistas guru itu sendiri. Karena guru yang seperi ini telah percayai oleh orang tua siswa dan orang lain mampu membuat siswa-siswa nya benar-benar belajar, memperoleh ilmu sesuai dengan potensi anak dengan masing-masing.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  34. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017
    Guru yang akuntabel (dapat dipercaya) adalah guru yang profesional dalam mengajar. Ia mampu mengayomi siswa dari berbagai karakter dan juga menguasai materi pelajaran dengan baik. Menguasai materi adalah modal bagi guru untuk dapat dipercayai oleh siswanya. Dari pengalaman saya mengajar bahwa siswa akan lebih respect dengan guru yang pandai ketimbang dengan guru yang tidak menunjukkan dirinya pandai.

    ReplyDelete
  35. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Guru yang akuntabel berarti dia sudah teruji keprofesionalan dia dalam mengajar. Kepercayaan terhadap guru itu penting untuk lancarnya pembelajaran. Kepercayaan itu bisa dari murid, guru lain, kepala sekolah, orang tua siswa, dll. Misalkan dalam suatu pembelajaran siswa tidak percaya dengan guru maka siswa terkesan menyepelekan guru. Namun jika siswa percaya, maka siswa akan antusias dalam belajar.

    ReplyDelete
  36. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pada foto ini terlihat bahwa ada seorang guru yang sedang mengajarkan fisika kepada siswanya. Proses pembeljaran tersebut terjadi dalam dua arah degan suasana yang kondusif dan menyenangkan. Ada hal menarik yang terdapat di foto yaitu suasana kelas terbuka dan transparan dapat disaksikan secara bebas oleh orang lain, yang dalam hal ini menurut informasi adalah orant tua siswa. Ya beginilah sifat seorang guru yang akuntabel yakni dapat dipercaya dengan secara terbuka dan transparan dapat dilihat dan disaksikan oleh orang tua siswa saat mengajar. Tentu hal tersebut dapat dilakukan jika seminimal-minimalnya suasana kelas yang diajar kondusif dan terkendali oleh gurunya.

    ReplyDelete