Nov 26, 2012

LOGICAL FALACY_ Documented by Marsigit



Logical fallacy

 

The argument presupposes its conclusion: one of the premises assumes that the conclusion is true. An argument that begs the question should not convince anyone. 

In the opposite direction is the fallacy of argument from authority. A classic example of this is the Ipse dixit — "He himself said it" — used through the Middle Ages in reference to Aristotle. A modern use is "celebrity spokepersons" in advertisements: that product is good because your favorite celebrity endorses it. 

While an appeal to authority is always a logical fallacy, it can be an appropriate rational argument if, for example, it is an appeal to expert testimony—a type of inductive argument

By definition, logical fallacies are invalid, but they can often be written or rewritten so that they follow a valid argument form; and in that case, the challenge is to discover the false premise, which makes the argument unsound.

19 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Logical falacy ini juga ditemukan dalam ilmu psikologi yang mana cenderung digunakan untuk kepentingan sublimasi iklan. Seolah-olah selebriti yang dijadikan model dalam sebuah produk dapat memberikan kesan tersendiri oleh orang yang melihat dan menjadi fansnya. Ternyata dalam kehidupan ini terkadang banyak menggunakan logical falacy yang mana dapat diterapkan dalam bidang perindustrian dan periklanan. Informasi yang menjadi pengecohnya tentunya dapat dijadikan sebagai sasaran utama agar dapat terus diingat oleh subyeknya. Jika tidak ada premis yang salah bisa jadi marketing suatu produk akan bernilai rendah dan memiliki daya jual yang lebih rendah dibanding produk yang lain. Konsep pembelajaran premis salah ini dapat mengasah logika berpikir seseorang.

    ReplyDelete
  4. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Mencoba mencermati dari hasil bacaan,argument yang benar tidak akan terselip pertanyaan lagi di dalamnya sehingga tidak menimbulkan kebimbangan bagi seseorang.Argumen yang menimbulkan keraguan cenderung dikemas dalam bungkusan agar tidak menampakan kelemahannya.Sehingga orang orang-orang percaya bahwa ini merupakan suatu kebenaran.Saya menangkap bahwa jika suatu kebenaran yang salah terlanjur digunakan seacara terus –menerus akan terlihat benar meskipun nampak salah.Menurut saya ini adalah sesuatu kekeliruan yang perlu diluruhkan.Demikan yang saya pahami terkait Logical Falacy.

    ReplyDelete
  5. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Pada postingan ini menjelaskna mengenai kesalahan logis. Setau saya kesalahan ada kesalahan logis dan kesalahan fatal. Kalau kesalahan fatal yaitu kesalahan yang sudah mencapai puncak tertinggi. Dimana sulit untuk diperbaiki. Namun, kesalahan logis adalah kesalahan yang masih masuk akal, karena kesalahan logis ini salah satu termasuk kesalahan yang kecil. Adapun salah satu faktor dari kesalah logis contohnya yaitu ketika seseorang sering mengambil kesimpulan terlalu cepat. Ini bisa saja akan ada yang namanya kesalahan logis. Jadi untuk kesalahn logis ini masih bisa diterima oleh semua pihak, dan mudah untuk diselesaikan atau di perbaiki.

    ReplyDelete
  6. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam membangun pengetahuan atau membahas suatu kebenaran pastinya memunculkan suatu polemik-polemik perbedaan perspektif. Untuk dapat mencari titik tengah atas perbedaan pandangan tersebut kita biasanya menggunakan cara-cara seperti dialog hingga berdebat. Namun, kesalahan yang tak jarang muncul dalam suatu perdebatan adalah jebakan logical fallacy. Tentunya kehadiran logical fallacy dalam perdebatan tidak akan menghasilkan apa-apa atau justru semakin tersesat. Salah satu contoh logical fallacy yang terjadi akhir-akhir ini adalah dialog-dialog politis. Kita dapat memahami bahwa idealnya politis membawa gagasan-gagasan yang bernilai bagi masyarakat, namun akhir-akhir ini justru yang menjadi perdebatan bukan pada substansi gagasanya melainkan pada isu-isu personal, maka kita sudah terjebak ke dalam logical fallacy jenis Argumentum ad hominem. Maka, untuk mengindari logical fallacy setidaknya kita harus terbiasa untuk berpikir secara jernih dan menggunakan akal sehat.

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017
    Kesalahan logis itu tidak valid tapi sering ditulis atau ditulis ulang sehingga bisa mengikuti bentuk argumen yang valid dan dalam suatu kasus tantangannya adalah menemukan premis yang salah, yang membuat argumen tersebut tidak masuk akal.

    ReplyDelete
  8. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Postingan ini membahas mengenai argumen, dalam logika matematika argumen dapat diartikan sebagai pencarian kebenaran dari beberapa kesimpulan melalui pernyataan-pernyataan yang diberikan. Kesimpulan dapat dibuat apabila terdapat premis yang benar. Namun apabila premisnya salah maka akan membuat argumen tersebut menjadi tidak masuk akal. Contohnya adalah Semua menusia memiliki tanduk (hal ini merupakan premis yang salah), Budi adalah seorang manusia (premis benar). Kesimpulan Budi memiliki tanduk (kesimpulan yang salah). Sehingga agar kesimpulannya benar maka premis-premisnya juga harus benar dan masuka akal.

    ReplyDelete
  9. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Berdasarkan definisi, logically fallacy adalah suatu hal yang salah atau tidak valid, tetapi pada kenyataannya sering ditulis atau ditulis kembali sedemikian sehingga menjadi argument yang valid. Tantangannya kini yaitu menemukan premis yang salah, yang membuat argument tersebut tidak masuk akal. Contoh: Semua orang yang bermoral makan dengan tangan kanan. Hal ini seolah-olah benar, namun sebenarnya tidak valid karena ada “Ali bermoral tetapi dia cacat (tidak punya tangan kanan)” sehingga tidak bisa makan dengan tangan kanan.

    ReplyDelete
  10. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Kesalahan logis yang terjadi pada siapapun, tak peduli betapa tinggi intelegensinya atau betapa lengkap informasinya meskipun benar bahwa makin tinggi kecerdasan, wawasan dan pengetahuan seseorang maka makin sedikit kesalahan logis yang dilakukannya. Salah satu penyebabnya adalah karena tergesa-gesa ketika membuat kesimpulan.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C

    Dari artikel yang saya pahami bahwa argumen-argumen yang menimbulkan pertanyaan tidak seharusnya dipercaya. Argumen yang menimbulkan pertanyaan artinya adalah agumen yang belum kuat. Menurut definisi, logical fallcay atau kesalahan logikan itu tidak lah valid. Namun bisa saja ditulis berulang-ulang sehingga mengikuti bentuk argumen valid sehingga argumen tersebut lama kelamaan menjadi masuk akal jika ditemukan premis yang salah.

    ReplyDelete
  12. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Kesalahan logis berbeda dengan kesalahan fakta. Apabila kesalahan fakta merupakan kesalahan akibat berbeda dengan suatu fakta tertentu, jika kesalahan logis terjadi akibat terlalu buru-buru dalam memutuskan suatu kesimpulan atau buru-buru dalam menggenerasisasikan suatu hal. Misalnya menyatakan bahwa semua ibu rumah tangga rajin, pernyataan tersebut tidak benar sepenuhnya karena ternyata ada dan ditemukan ibu rumah tangga yang malas. Sehingga dalam mengungkapkan suatu hal agar tidak terjadi kesalahan logis maka dapat mengganti kata semua dengan beberapa atau sebagian besar tergantung pada situasi dan kondisinya.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Definisi tidak pernah dapat ditampilkan dengan sempurna. Mengingat bahwa dalam keanekaragaman itu terdapat persamaan - persamaan mengenai prinsip yang dapat mengantarkan kepad garis besar masalah, maka dari itu definisi yang bertugas sebagai pembuka pintu tidak mengandung bahaya selama kita memandangnya sebagai tempat pengenalan semantara yang dapat digeser kearah kesempurnaan lebih lanjut.

    ReplyDelete
  14. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Kekeliruan logika atau logical fallacy merupakan argumen yang memiliki sifat tidak valid dan tidak harus meyakinkan orang. Kekeliruan logika ini sering ditulis atau ditulis ulang mengikuti argumen yang valid sehingga menantang pembaca untuk menemukan premis palsu.

    ReplyDelete
  15. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Kesalahan logis atau kesalahan berpikir yang akan membuat seseorang yang sedang berpendapat atau berargumen akan kehilangan arah dan fokus mengenai apa yang menjadi pokok pembicaraan. Logical fallacy ini dapat disengaja atau tidak disengaja. Dalam logical fallacy biasanya seseorang yang sedang berargumen akan selalu menganggap dirinyalah yang paling benar, jika tidak benar maka ia enggan untuk menerima resiko atas perkataannya tersebut. Agar kita jauh dari logical fallacy maka yang harus dilakukan ialah forum musyawarah yang terjadi secara mufakat dimana setiap orang bersedia dengan lapang dada menerima kritik dan saran dari orang lain.

    ReplyDelete
  16. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Hal ini terjadi ketika sebuah argumen mengandaikan kesimpulannya. Salah satu premis dari pernyataan tersebut mengasumsikan kesimpulannya benar. Sehingga dari definisi, logical fallacies atau kesalahan logika tidak valid, namun dapat ditulis atau dituliskan kembali mengikuti aturan pernyataan yang valid. Jika seperti itu, tantangannya adalah mencari premis yang salah yang membuat argumen tersebut salah.

    ReplyDelete
  17. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas

    Kesalahan berlogika adalah situasi dimana terdapat alasan atau argumentasi yang salah dan menghasilkan sebuah miskonsepsi. Kebenaran dari sebuah argumen tergantung pada bentuk argumen dan tidak ditentukan oleh isi argumen yang bersangkutan. Isi argumen dinilai berdasarkan kebenaran, sedangkan yang dapat dinilai benar atau salah adalah pernyataannya.

    ReplyDelete
  18. GIna Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kesalahan logis (fallacy) bukanlah kesalahan dalam fakta seperti tetapi merupakan kesalahan dalam hal penalaran atau kesalahan proses berpikir dalam menarik kesimpulan. Kesalahan dalam penalaran merupakan salah satu kesalahan yang riskan dialami oleh seseorang. Kesalah logis bisa berupa kesalahan dalam generalisasi yang tergesa-gesa, menarik suatu kesimpulan dari premis yang sebenarnya belum tentu berlaku, penganalogian yang tidak pada tempatnya dan lain-lain. Tetapi sesungguhnya, manusia memang tempatnya salah dan lupa.

    ReplyDelete
  19. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Falasi berasal dari kata fallacia atau falaccy dalam bahasa Yunani dan Latin yang berarti ‘sesat pikir’. Falasi didefinisikan secara akademis sebagai kerancuan pikir. Kesesatan/kesalahan logika bisa terjadi karena melebih-lebihkan, melnyalahartikan argumen, mengasumsikan adanya hubungan sebab akibat antara hal-hal yang terjadi secara bersamaan atau berurutan, mengajukan pertanyaan yang memiliki praduga implisit, dan sebagainya. Kesalahanpada logika deduktif bisa dikarenakan oleh homonim atau kalimat yang ambigu. Kesalahanpada logika induktif dapat dikarenakan oleh prasangka pribadi, pengamatan yang tidak lengkap, ataupun hipotesis yang meragukan yang bertentangan dengan fakta. kesalahanlogika tidaklah valid. Namun, kesalahan logika dapat ditulis atau ditulis atau ditulis ulang sedemikian sehingga mengikuti bentuk argumen yang valid. Untuk itu kita harus berusaha mencari premis yang salah yang membuat argumen menjadi tidak sah

    ReplyDelete