Nov 1, 2012

Do we know what is Mathematical Attitude?


Rewritten by Marsigit

Katagiri (2004) elaborates that mathematical attitude consists of the following:

1). Attempting to grasp one’s own problems or objectives or substance clearly, by oneself
a)Attempting to have questions
b)Attempting to maintain a problem consciousness
c)Attempting to discover mathematical problems in phenomena

2). Attempting to take logical actions
a)Attempting to take actions that match the objectives
b)Attempting to establish a perspective
c)Attempting to think based on the data that can be used, previously learned items, and assumptions

3). Attempting to express matters clearly and succinctly
a)Attempting to record and communicate problems and results clearly and succinctly
b)Attempting to sort and organize objects when expressing them
c)Attempting to seek better things
d)Attempting to raise thinking from the concrete level to the abstract level
e)Attempting to evaluate thinking both objectively and subjectively, and to refine thinking
f)Attempting to economize thought and effort

Reference:
Shikgeo Katagiri (2004)., Mathematical Thinking and How to Teach It. in Progress report of the APEC project: “Colaborative Studies on Innovations for Teaching and Learning Mathematics in Diferent Cultures (II) – Lesson Study focusing on Mathematical Thinking -”, Tokyo: CRICED, University of Tsukuba.

18 comments:

  1. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Norjoharuddeen (2001) menyatakan: “Attitudes refers to the predisposition to respond in a favour able or unfavourable way with respect to a given object" . Artinya, sikap (attitudes) mengacu kepada kecenderungan seseorang terhadap respon yang berkait dengan‘kesukaan’ ataupun ‘ketidaksukaan’ terhadap suatu objek yang diberikan (seperti orang, kegiatan, ataupun gagasan). Sebagaimana pros es terbentuknya keyakinan, maka terbentuknya sikap seorang siswa terhadap matematika memerlukan waktu yang relatif lama. Keyakinan dan sikap terbentuk sedikit demi sedikit yang merupakan hasil interaksi si siswa dengan mata pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  2. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Menurut katagiri sikap matematika terdiri dari : (1) mencoba untuk memahami masalah atau tujuan atau substansi seseorang dengan jelas, oleh diri sendiri; (2) mencoba mengambil tindakan logis; (3) Mencoba untuk mengungkapkan masalah dengan jelas dan singkat. Maka salah satu tugas seorang guru matematika adalah bagaimana agar siswa memiliki sikap matematika. Salah satu hal penting agar siswa memiliki sikap matematika adalah dengan problem solving. Siswa yang terbiasa menyelesaikan soal problem solving akan lebih mudah dalam memahami masalah dan mengambil tindakan yang logis. Selain itu guru juga perlu melatih kemampuan komunikasi matematis siswa agar siswa dapat mengungkapkan masalah secara jelas dan singkat.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Matematika pada dasarnya bukanlah sekedar konsep pengetahuan logika, namun turut serta berperan dalam aspek sikap. Sikap matematis merupakan kecenderungan untuk bertindak atau melakukan aktivitas sesuai dengan pemikiran logis matematis. Dalam artikel di atas dijelaskan bahwa indikator pertama yaitu pada sikap siswa yang berusaha untuk bertanya,dilanjutkan dengan tindakan yang logis dan dapat menjelaskan permasalahan dengan cara yang efektif, singkat dan jelas.

    ReplyDelete
  4. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Sikap matematika yang baik selama proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mencapai prestasi dalam pembelajaran matematika. Pada pembelajaran abad keduapuluh satu yang selalu diawali dengan masalah menuntut siswa memiliki sikap matematika yang terdiri atas 1) mencoba menempatkan masalah atau objek atau hahikat dengan jelas, 2) mencoba untuk bertindak logis sesuai permasalahan yang dihadapi,3) mencoba menyederhanakan permasalahan masalah yang dihadapi.

    ReplyDelete
  5. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Mengembangkan sikap matematika yang baik, merupakan tugas bersama baik guru maupun siswa. Bagaimana dalam pembelajaran tidak hanya menjadikan siswa sebagai subyek pasif namun juga bisa mengembangkan sikap matematikanya, guru sebagai fasilitatorpun diharapkan memiliki sikap matematika yang baik. dalam mengembangkan sikap matematika tentu saja tidak akan optimal jika guru menggunakan pembelajaran yang tradisional, namun hendaknya guru mengembangkan pembelajaran inovatif, karena dengan pembelajaran ini siswa dapat memahami suatu masalah matematika, mengkonstruksi pemikiran mereka, serta mengkomunikasikan problem solving yang mereka pikirkan dengan jelas.

    ReplyDelete
  6. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Ada 3 faktor afektif yang dapat mempengaruhi siswa dalam pembelajaran matematika yaitu : Keyakinan,Sikap dan Emosi. Ketiga faktor tadi memainkan peran dalam membantu siswa untuk menghargai mata pelajaran matematika dan membantu siswa mengembangkan rasa percaya diri terhadap kemampuan dirinya. Karena itulah, peran faktor sikap sebagai bagian dari faktor afektif sangat menentukan keberhasilan maupun kegagalan mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  7. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Berpikir matematika seperti sebuah sikap, di dalamnya dapat dinyatakan sebagai keadaan "mencoba untuk melakukan" atau "bekerja untuk melakukan" sesuatu. Hal ini tidak terbatas pada hasil yang diwakili oleh tindakan, seperti dalam "kemampuan untuk melakukannya," atau "bisa melakukan" atau "tidak bisa melakukan" sesuatu.

    ReplyDelete
  8. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Matematika merupakan ilmu yang sifatnya abstrak. Segala sesuatu yang abstrak lebih sulit dipahami dibandingkan sesuatu yang konkret. Orang dewasa tidak masalah jika diberikan suatu bentuk matematika yang abstrak, namu anak-anak tidak akan mudah untuk memahaminya. Oleh sebab itu, anak-anak diajarkan matematika dengan benda-benda atau situasi yang kontekstual.

    ReplyDelete
  9. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Salah satu ciri khas matematika dibanding ilmu lainnya adalah matematika memiliki sifat konsisten, artinya di dalamnya tidak terdapat kontradiksi atau ketidaksesuaian antara satu prinsip yang lainnya. Definisi, teorema, dan aksioma-aksiomanya saling berhubungan satu sama lain membentuk suatu kesatuan pengetahuan yang utuh.

    ReplyDelete
  10. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sikap Matematis menurut Katagiri terdiri dari 3 hal yaitu: 1) Mencoba untuk memahami masalah atau tujuan atau substansi seseorang dengan jelas oleh diri sendiri, 2) Mencoba mengambil tindakan logis, dan 3) Mencoba untuk mengungkapkan masalah dengan jelas dan singkat.

    ReplyDelete
  11. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Sikap matematika yang pertama menurut Katagiri adalah mencoba untuk memahami masalah sendiri atau tujuan yang jelas oleh diri sendiri. Untuk dapat memahami masalah sendiri yaitu melalui mencoba untuk memiliki pertanyaan. Pertanyaan yang ditujukan kepada diri sendiri, sehingga mampu mempertahankan kesadaran akan permasalahan. Apabila kita bisa menjawab pertanyaan tersebut itu artinya kita telah mampu mempertahankan kesadaran terhadap permasalahan. Kemudian setelah itu kita dapat menemukan masalah matematika dalam fenomena atau kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C
    17709251065

    Matematika mengajarkan untuk mengambil tindakan secara logis, masuk akal dan kebenarannya diterima secara umum dan universal. Hal ini bisa diterapkan dalam kehidupan nyata dan sangat bagus untuk membangun sikap seseorang. Beberapa penerapanya dalam kehidupan antara lain adalah kita harus mencoba mengambil tindakan sesuai tujuan yang akan diraih, kemudia mencoba membangun sebuah perspektif/ pandangan terhadap segala sesuatu yang bermanfaat, dan mencoba untuk berpikir berdasarkan data, prior knowledge dan asumsi.

    ReplyDelete
  13. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Kognitif, afektif, dan psikomotor adalah tiga hal yang diperhatikan dalam matematika. Termasuk sikap matematika. Sikap matematika menurut katagiri seperti di atas yang saya pahami yaitu dimulai dengan mencoba untuk memiliki pertanyaan yang artinya yaitu sikap rasa ingin tahu, kemudian ada pula sikap bertindak dengan sesuai apa objeknya. Kemudian yang terakhir dengan mencatat dak mengkomunikasikan masalah dan hsil dengan jelas. Yang terakhir ini seperti yang kita ketahui bahwa mengkomunikasikan adalah bagian yang penting juga dalam pendekatan dan model pembelajaran kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  14. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. sikap matematika yang dimiliki siswa perlu menjadi perhatian guru. Siswa perlu memiliki sikap matematika yang baik agar siswa dapat belajar matematika dengan baik dan menyenangkan. Dengan memiliki sikap matematika siswa bisa menjadi lebih mandiri dan tidak takut terhadap matematika. sikap matematika diantaranya: Mencoba untuk memahami masalah atau tujuan atau substansi seseorang dengan jelas, oleh diri sendiri, Mencoba mengambil tindakan logis, Mencoba untuk mengungkapkan masalah dengan jelas dan singkat.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Salah satu ciri seseorang telah memiliki sikap matematika adalah mencoba menemukan masalah matematika dalam sebuah fenomena. Matematika akan bermanfaat tidak hanya jika kita berhasil mendapatkan nilai yang baik untuk ujian matematika, namun juga ketika kita mampu mengaplikasikan ilmu matematika kita untuk menyelesaikan masalah yang kita temui dalam fenomena kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  17. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Based on my understanding, mathematical attitude is not always related with facing problems in learning mathematics, in school. In my opinion, mathematical attitude is one's attitude in perceiving their surrounding, by using skills they acquired from learning mathematics. My perception might be wrong, but I think it is related to how one responses to their surrounding logically, how he takes the actions based on his observation and how he solves given problems faced to him. Mathematics is closely related to logic, and logic is related to how we perceived the world and process the information taken from it. While logic is branch of philosophy, logic is also a branch of mathematics. Thus, mathematical attitude, for me, is, how we take information, processing it logically, and decide the best feedback should be given related to it.

    ReplyDelete
  18. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Salah satu tujuan pendidikan matematika adalah pembentukan sikap siswa. Sikap merupakan suatu komponen yang sangat mempengaruhi keberhasilan program pembelajaran matematika. Sikap positif terhadap matematika mencerminkan disposisi emosional yang positif dalam kaitannya dengan subjek dan sebaliknya sikap negatif terhadap matematika berhubungan dengan disposisi emosional yang negatif. Selain itu, sikap matematis hendaknya dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Jadi dalam belajar matematika dilakukan dengan berproses mulai dari memahami permasalahan, mengambil tindakan untuk menyelesaikan permasalahan, sampai menemukan solusi kemudian mampu untuk mengkomunikasikannya dengan jelas.

    ReplyDelete