The purpose of this blog is to communicate aspects of life such as philosophy, spiritual, education, psychology, mathematics and science. This blog does not mean political, business oriented, pornography, gender and racial issues. This blog is open and accessible for all peoples. Google Translator may useful to translate Indonesian into English or vise versa. (Marsigit, Yogyakarta Indonesia)
Nov 1, 2012
Do we know what is Mathematical Attitude?
Rewritten by Marsigit
Katagiri (2004) elaborates that mathematical attitude consists of the following:
1). Attempting to grasp one’s own problems or objectives or substance clearly, by oneself
a)Attempting to have questions
b)Attempting to maintain a problem consciousness
c)Attempting to discover mathematical problems in phenomena
2). Attempting to take logical actions
a)Attempting to take actions that match the objectives
b)Attempting to establish a perspective
c)Attempting to think based on the data that can be used, previously learned items, and assumptions
3). Attempting to express matters clearly and succinctly
a)Attempting to record and communicate problems and results clearly and succinctly
b)Attempting to sort and organize objects when expressing them
c)Attempting to seek better things
d)Attempting to raise thinking from the concrete level to the abstract level
e)Attempting to evaluate thinking both objectively and subjectively, and to refine thinking
f)Attempting to economize thought and effort
Reference:
Shikgeo Katagiri (2004)., Mathematical Thinking and How to Teach It. in Progress report of the APEC project: “Colaborative Studies on Innovations for Teaching and Learning Mathematics in Diferent Cultures (II) – Lesson Study focusing on Mathematical Thinking -”, Tokyo: CRICED, University of Tsukuba.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Fany Isti Bigo
ReplyDelete18709251020
PPs UNY PM A 2018
Untuk memahami dan mempelajari matematika diperlukan sikap matematika diperlukan bagi kita. Hal ini dimaksudkan agar kita mampu memecahkan setiap masalah dalam matematika. Menurut Katagiri (2004) sikap-sikap matematika itu terdiri dari:
1). Mencoba untuk memahami masalah sendiri atau tujuan atau substansi yang jelas oleh diri sendiri
2). Mencoba untuk mengambil tindakan logis
3). Mencoba untuk mengekspresikan hal-hal yang jelas dan ringkas
Fany Isti Bigo
ReplyDelete18709251020
PPs UNY PM A 2018
Untuk memahami dan mempelajari matematika diperlukan sikap matematika diperlukan bagi kita. Hal ini dimaksudkan agar kita mampu memecahkan setiap masalah dalam matematika. Menurut Katagiri (2004) sikap-sikap matematika itu terdiri dari:
1). Mencoba untuk memahami masalah sendiri atau tujuan atau substansi yang jelas oleh diri sendiri
2). Mencoba untuk mengambil tindakan logis
3). Mencoba untuk mengekspresikan hal-hal yang jelas dan ringkas
Cahya Mar'a Saliha Sumantri
ReplyDelete18709251034
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr.wb.
Dari segi perilaku yang sering terbaca dalam sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran para pendidik di sekolah, dibuat guru untuk mengaktifkan sel-sel perilaku siswa terhadap pembelajaran di kelas. Perilaku yang dimaksud berupa aktifitas siswa, respon siswa saat berpartisipasi dalam proses pembelajaran yang guru lakukan di dalam kelas, bagaimana siswa menanggapinya sesuai dengan kepribadian yang dimiliki masing-masing siswa. Perilaku siswa akan berbeda pula tidak bisa disamaratakan kecuali menyangkut kedisplinan akan suatu hal. Siswa bisa mengungkapkan bagaimana respon mereka saat pembelajaran dengan mengamati mereka saat menyelesaikan permasalahan, bagaimana mereka saat berkerja sama dengan teman kelompoknya, bagaimana mereka mencoba sendiri mencari jawabannya, bagaimana mereka menghubungkan antara permasalahan yang satu dengan lainnya dan menghubungkan penyelesaian yang satu dengan lainnya. Hal itu akan terjadi di setiap kelas yang mempunyai siswa berbeda-beda, tetapi hal yang bisa menyatukan satu pemikiran tentang perilaku dalam pembelajaran adalah masalah selalu ada dan penyelesaian masalah harus dipecahkan.
Anggoro Yugo Pamungkas
ReplyDelete18709251026
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Berdasarkan artikel diatas, menguraikan bahwa sikap matematika terdiri dari berusaha untuk memahami masalah atau tujuan atau substansi seseorang dengan jelas, berusaha mengambil tindakan logis, dan berusaha mengungkapkan hal-hal dengan jelas dan ringkas. Nah menurut saya, sikap matematika itu tergantung siapa yang sedang bersikap. Ada sikap suka, ada sikap tidak suka, dan ada sikap terpaksa. Nah kadang kita sering mengalami sikap yang ketiga, yaitu sikap terpaksa. Maksud dari sikap terpaksa yaitu sikap kita yang bukan sesungguhnya, sikap yang bisa awalnya suka menjadi dipaksa untuk tidak suka, dan sebalikanya sikap tidak suka menjadi dipaksa untuk suka.
Jefri Mailool
ReplyDeletePPs PEP 18701261002
Inti dari mathematical attitude adalah membentuk pribadi pembelajarnya menjadi an problem solver dalam kehidupan nyata. dengan pemahaman konsep dan penguasaan metode yang sesuai dengan masalah, seorang matematikawan akan mampu menemukan solusi bagi permasalahan yang ada.
Aan Andriani
ReplyDelete18709251030
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr.wb.
Sikap matematika tentu sangat diperlukan untuk dapat memahami bagaimana matematika tersebut. Sikap matematika menurut Katagiri terdiri dari tiga jenis yaitu Berusaha untuk memahami masalah atau tujuan atau substansi seseorang sendiri dengan jelas oleh diri sendiri, berusaha mengambil tindakan logis, dan berusaha mengungkapkan hal-hal dengan jelas dan ringkas. Dalam bersikap kita harus tahu apa yang akan dihadapi dan dengan siapa kita bersikap. Karena sikap juga menentukan keberhasilan kita. Jika kita salah bersikap maka dapat menghambat pengetahuan yang sedang dicapai. Misalnya saja salah satu contohnya berusaha untuk mengevaluasi berpikir secara objektif dan subyektif untuk memperbaiki pemikiran. Dengan adanya evaluasi maka dapat membantu untuk mengetahui apa kekurangan-kekurangan kita yang perlu diperbaiki sehingga bisa mencapai sebuah tujuan. Oleh karena itu perlu adanya penyesuaian sikap untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal.
Wassalamualaikum wr.wb.
Aizza Zakkiyatul Fathin
ReplyDelete18709251014
Pps Pendidikan Matematika A
Menurut Katagiri sikap matematika meliputi berusaha memahami masalah, berusaha mengambil tindakan logis, dan berusaha mengungkapkan dengan jelas dan ringkas. Sikap matematika tersebut perlu dibiasakan dalam pembelajaran sehingga menjadi tugas guru untu dapat mengarahkan siswa memiliki sikap matematika. Tujuan akhir memiliki sikap matematika bukan sebatas dalam pembelajaran matematika tetapi sikap-sikap tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memecahkan berbagai persoalan hidup. Karena tujuan belajar matematika adalah dapat menggunakan kemampuan berpikir logis dalam kehidupan.
Diana Prastiwi
ReplyDelete18709251004
S2 P. Mat A 2018
Sikap dalam bermatematika adalah menjalankan hal hal seperti matematika, berusaha untuk mencari dan melakukan penyelesaian dengan baik. Diharapkan sifat ini tidak hanya untuk bermatematika saja namun terimplementasi pada aspek kehidupan lainnya. Matematika memberikan sifat-sifat matematika tersendiri, mulai dari saling memahami ilmu matematika, membuktikan sampai pada akhirnya mengreti dan memahami matematika sendiri.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Menurut Katagiri, berpikir matematis ialah seperti suatu sikap. Di dalamnya dapat diekspresikan sebagai pernyataan tentang mencoba untuk melakukan sesuatu atau bekerja untuk melakukan sesuatu. Hal ini tidak terbatas pada hasil yang diwakili oleh suatu perbuatan, seperti dalam kemampuan untuk melakukan, atau bisa melakukan, atau tidak bisa melakukan sesuatu. Sikap matematika terdiri atas berusaha untuk memahami persoalan atau objektifitas atau substansi matematika dengan jelas secara mandiri; berusaha mengambl tindakan logis; dan berusaha untuk menyatakan permasalahan secara jelas dan ringkas.
Cahya Mar'a Saliha Sumantri
ReplyDelete18709251034
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr.wb.
Yes, we do. Apalagi sebagai seorang calon pendidik yang bertujuan untuk mecerdaskan kehidupan bangsa dimulai dari mencerdaskan generasi-generasi muda dulu. Biasanya ada pendidikan karakter yang di mana bertujuan untuk membentuk kepribadian menjadi lebih bermartabat dan bisa peduli dengan sesama. Pendidikan karakter dilibatkan juga ke dalam pelajaran matematika dengan tujuan agar siswa mampu menerapkan materi yang terkandung unsur matematika ke dalam perilakunya. Perilaku secara matematika yang dimaksud adalah bagaimana siswa akan menerapkan konsep-konsep matematika yang diterimanya ke kehidupan sehari-harinya.
Deden Hidayat
ReplyDelete18709251032
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Sikap matematika merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Menurut Katagiri bahwa sikap matematika terdiri dari mencoba memahami suatu masalah atau tujuan dengan jelas. Hal ini bisa kita lihat dari mencoba untuk bertanya dan berusaha untuk menemukan suatu permasalahn matematika. Kedua, mencoba untuk mengambil suatu tindakan yang logis, dimana hal tersebut ditunjukkan dengan berusaha untuk mengambil suatu tindakan yang sesuai dengan tindakan dan berpikir berdasarkan data. Sedangkan yang ketiga yaitu mencona mengungkapkan permasalahn tersebut dengan jelas dan ringkas.
Amalia Nur Rachman
ReplyDelete18709251042
S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018
Sikap matematika yang diuraikan dalam artikel di atas terdiri dari 3 hal. Pertama, mencoba untuk memahami masalah dan substansi dengan jelas sehingga kesadaran masalah dan perumusan masalah akan fenomena matematika dapat ditentukan. Kedua, mencoba mengambil tindakan logis, dengan bersikap logis perspektif dan tujuan dapat dipelajari dengan jelas. Ketiga, mencoba untuk mengekspresikan hal-hal secara jelas dan ringkas sehingga pengkomunikasian masalah dan hasil secara jelas dan ringkas dapat tersajikan
Rosi Anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Sikap adalah merupakan suatu komponen yang sangat mempengaruhi keberhasilan program pembelajaran matematika. Seseorang yang memiliki sikap positif akan menunjukkan tindakan yang selalu mengarah pada upaya pencapaian tujuan pembelajaran matematika. Sikap matematika adalah faktor afektif yang sangat penting dalam menentukan perilaku siswa dalam pemikiran matematika dan pemecahan masalah karena upaya siswa dalam berpikir matematika tergantung pada seberapa tertarik mereka dalam pemecahan masalah atau pelajaran.
Septia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 Pendidikan Matematika 2018
Untuk memahami matematika, diperlukan sikap-sikap yang mendukung. Dalam hal ini Katagari (2004) menguraikan sikap-sikap matematika yang terdiri dari sebagai berikut :
1. Mencoba memahami masalah, tujuan, atau substansi seseorang secara jelas,
2. Mencoba mengambil tindakan logis, dan
3. Mencoba mengungkapkan masalah dengan jelas dan ringkas
Yoga Prasetya
ReplyDelete18709251011
S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
Matematika memerlukan sikap yang baik yang dapat digunakan untuk memecahkan persoalan yang ada. Sikap yang baik memiliki kaitan dengan hati dan pikiran yang baik, hal inilah yang memunculkan sikap yang baik juga. Sikap matematika sangat diperlukan dalam matematika. baik itu untuk mengambil tindakan yang logis, memecahkan masalah, memikirkan metode yang akan digunakan. Media pembelajaran yang akan digunakan dan hal lain yang diperlukan dalam matematika.
Janu Arlinwibowo
ReplyDelete18701261012
PEP 2018
Matematika memiliki sikap yang khas, yang pertama adalah memahami masalah dengan tujuan yang jelas melalui suatu langkah yang sistematis. Selain sistematis matematika juga merupakan suatu keilmuan yang harus diperankan dengan tindakan logis. Semua step ataupun kesimpulan dalam matematika harus selalu dilandasi dengan dasar yang jelas. Dalam memaparkan matematika harus secara lugas dan jelas. Hal ini penting karena jika dipaparkan secara asal maka yang didapatkan adalah kebingungan dari pembaca ataupun matematikawan sendiri. Dan tentunya diakhiri dengan penarikan kesimpulan yang terpapar secara gamblang.
Lovie Adikayanti
ReplyDelete19709251068
S2 Pendidikan Matematika D
Assalamualaikum wr.wb
Dalam postingan di atas, dapat saya simpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika salah satu yang terpenting adalah attitude siswa itu sendiri. Dimensi sikap meliputi kemampuan kognitif, psikomotot dan afektif. Ada jenis sikap yang disebut sikap matematis. Sebagaimana telah diungkapkan Katagiri, bahwa sikap matematis meliputi usaha untuk memahami dengan jelas suatu masalah, usaha untuk bertindak secara logis dan usaha untuk mengungkapkan masalah secara jelas.
Dini Senjaningrum
ReplyDelete19709251067
Pendidikan Matematika D 2019
Mathematical attitude merupakan sebuah proses berpikir dalam memecahkan masalah. Hal pertama yang dilakukan dalam memecahkan masalah adalah memahami masalah tersebut, kemudian mencoba mengambil beberapa keputusan terkait pemecahan masalah tersebut, dan yang terakhir adalah mencoba mengungkapkan pemecahan masalah secara ringkas dan jelas.