Nov 1, 2012

Do we know what is Mathematical Attitude?


Rewritten by Marsigit

Katagiri (2004) elaborates that mathematical attitude consists of the following:

1). Attempting to grasp one’s own problems or objectives or substance clearly, by oneself
a)Attempting to have questions
b)Attempting to maintain a problem consciousness
c)Attempting to discover mathematical problems in phenomena

2). Attempting to take logical actions
a)Attempting to take actions that match the objectives
b)Attempting to establish a perspective
c)Attempting to think based on the data that can be used, previously learned items, and assumptions

3). Attempting to express matters clearly and succinctly
a)Attempting to record and communicate problems and results clearly and succinctly
b)Attempting to sort and organize objects when expressing them
c)Attempting to seek better things
d)Attempting to raise thinking from the concrete level to the abstract level
e)Attempting to evaluate thinking both objectively and subjectively, and to refine thinking
f)Attempting to economize thought and effort

Reference:
Shikgeo Katagiri (2004)., Mathematical Thinking and How to Teach It. in Progress report of the APEC project: “Colaborative Studies on Innovations for Teaching and Learning Mathematics in Diferent Cultures (II) – Lesson Study focusing on Mathematical Thinking -”, Tokyo: CRICED, University of Tsukuba.

8 comments:

  1. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Suatu pembelajarann di kelas pada kurikulm 2013 ini hendak meningkatkan 4 kompetensi siswa, yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap, dan spiritual. Pembentukan sikap ini dapat diidentifikasi dengan sikap memecahkan suatu masalah, bertindak secara logis dan penyampaian matematika secara jelas. Pembelajaran yang mandiri seperti paham konstruktivisme lebih efektif untuk meningkatkan sikap matematis tersebut, karena siswa aktif dalam memahami materi.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Di banyak variabel, sikap dianggap sebagai faktor penting untuk diperhitungkan saat mencoba memahami dan menjelaskan variabilitas dalam kinerja siswa dalam matematika. Sikap bisa dilihat sebagai kurang lebih positif. Sikap positif terhadap matematika mencerminkan disposisi emosional yang positif dalam kaitannya dengan subjek dan sebaliknya sikap negatif terhadap matematika berhubungan dengan disposisi emosional yang negatif. Disposisi emosional ini berdampak pada perilaku individu, karena seseorang cenderung mencapai yang lebih baik dalam subjek yang dinikmati seseorang, memiliki kepercayaan diri atau berguna. Untuk alasan ini, sikap positif terhadap matematika sangat diharapkan karena dapat mempengaruhi kesediaan seseorang untuk belajar dan juga manfaat yang dapat diperoleh dari pengajaran matematika.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Salah satu tujuan pendidikan matematika adalah pembentukan sikap siswa. Sikap merupakan suatu komponen yang sangat mempengaruhi keberhasilan program pembelajaran matematika. Seseorang yang memiliki sikap positif akan menunjukkan tindakan yang selalu mengarah pada upaya pencapaian tujuan pembelajaran matematika. Salah satu hal yang perlu diperhatikan guru dalam mengajar adalah menciptakan suatu kondisi dan suasana pembelajaran yang bisa merangsang dan meningkatkan sikap positif siswa dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih Bapak atas postingannya mengenai sikap matematis. Postingan ini sangat berguna bagi kami yang berada di dunia pendidikan matematika. Dengan postingan ini, kami jadi mengetahui apa-apa saja sebenarnya sikap matematis itu. Disamping postingan di atas, menurut saya karakter-karakter tertentu juga sangat dibutuhkan dalam sikap matematis. Karakter-karakter tersebut seperti teliti (cermat dalam berhitung untuk meminimalisasi kesalahan), pantang menyerah (tidak mudah berhenti dalam memecahka persoalan), jujur (apa adanya diri sendiri), mandiri (tidak bergantung pada orang lain dan percaya kepada kemampuan sendiri), dan menghargai orang lain (menerima pendapat orang lain dan tidak merasa diri selalu benar). Karakter-karakter tersebut ditambah 3 sikap matematis dalam postingan blog ini akan membuat seseorang mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk berhasil dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  5. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Melalui tulisan ini saya menjadi mengetahui beberapa sikap yang berhubungan dengan matematika. Dalam pembelajaran, apa yang dihadapi tentu akan menimbulkan reaksi yang berbeda dari setiap sikap yang dilakukan. Matematika merupakan salah satu matampelajaran yang diajarkan di sekolah. Matematika dipelajari dengan mencoba berbagai hal yang ada di sekitar siswa dan bahkan merupakan hal baru bagi merea. Hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi pendidik agar siswanya tertarik untuk mempelajarinya, tanpa memiliki rasa cemas terhadap matemtika (math anxiety).

    ReplyDelete
  6. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof

    Sikap matematis jika diamati dari bacaan tersebut tentang bagaimana siswa melakukan proses belajar mandiri dengan cara mengidentifikasi masalahnya.Adanya rasa ingin tahu menyebabkan siswa cenderung bertanya untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.Bertanya dan melakukan identifikasi masalah merupakan sebuah sikap yang dapat membangkitkan motivasi siswa di dalam proses belajar matematika.Salah satu penyebabnya adanya kesadaran siswa atas ketidakpahaman terhadap masalah kemudian mencoba menuturkan pertanyaan , memberikan ide atau gagasan merupakan tindakan yang perlu dipupuk hingga siswa terus melebakran pemikirannya dalam suatu pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    I've been wondering about this words, what is mathematical attitude, because I've seen this words many times in few articles that I was trying to review (task from teacher). by reading this article about mathematical attitude, I get new understanding. thank you sir.

    ReplyDelete
  8. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof, Menurut Katagiri, berpikir matematis ialah seperti suatu sikap. Di dalamnya dapat diekspresikan sebagai pernyataan tentang mencoba untuk melakukan sesuatu atau bekerja untuk melakukan sesuatu. Hal ini tidak terbatas pada hasil yang diwakili oleh suatu perbuatan, seperti dalam kemampuan untuk melakukan, atau bisa melakukan, atau tidak bisa melakukan sesuatu. Sikap matematika terdiri atas berusaha untuk memahami persoalan atau objektifitas atau substansi matematika dengan jelas secara mandiri; berusaha mengambl tindakan logis; dan berusaha untuk menyatakan permasalahan secara jelas dan ringkas.

    ReplyDelete