Nov 22, 2012

Hakekat Belajar _ Oleh Paul Ernest



11 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Paul Ernest merupakan seorang penganut Konstruktivis. Hal ini tampak dari tulisannya dalam “The Philoshophy of Mathematics Education”. Dalam pandangan Paul Ernest, belajar adalah untuk mengetahui sesuatu yang tidak kita ketahui. Dalam hidup kita banyak hal yang harus kita pelajari, jadi kita selalu belajar sepanjang waktu, kita belajar sesuatu yang baru setiap saat. Di dalam diagram ini, pembelajaran adalah proses pengetahuan obyektif dan pengetahuan subyektif, berdasarkan perumusan pribadi, dan kritik publik, dan semua proses itu bergantung pada kreativitas kita.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hakekat belajar oleh Paul Ernest adalah proses belajar yang terjadi karena proses negosiasi sosial. Dimulai dari representasi pribadi yang menjadi pengetahuan baru yang disebut pengetahuan subjektif lalu dipublikasikan ke dunia luar (lingkungan masyarakat) kemudian mendapat kritik dari lingkungan masyarakat lalu menjadi pengetahuan baru yang disebut pengetahuan objektif kemudian direpresentasikan secara pribadi oleh setiap individu lalu kembali menjadi pengetahuan baru yang disebut pengetahuan subjektif lagi dan seterusnya mengalami proses yang terus berputar.

    ReplyDelete
  3. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Menurut Paul Ernest (Martin, 2009) belajar adalah membangun pengetahuan melalui komunikasi, oleh karenanya pendidikan matematika harus membantu perkembangan konstruksi pengetahuan melalui keterkaitan aktif dan interaksi siswa.Sebagai filsafat matematika, kontruksivitisme sosial, seperti yang didefinisikan oleh Ernest (1991) memandang matematika sebagai suatu konstruksi sosial. Hal ini didasarkan pada konvensionalisme yang mengakui bahwa manusia, aturan dan kesepakatan berperan dalam membangun dan membenarkan kebenaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, diagram tersebut artinya bahwa dalam belajar perlu adanya interaksi tiap elemen. Dan belajar pada hakekatnya adalah kontinu atau berkesinambungan dan terus berputar menurut diagram tersebut.

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Belajar merupakan proses siklus, penghubung antara objective dengan personal reformulation adalah representation of knowledge atau representasi pengetahuan yang dibangun dengan kreatifitas. Jika suatu permasalahan dideskripsikan dengan menggunakan representasi pengetahuan yang tepat, maka permasalahan tersebut diselesaikan. Dari personal reformualation menuju subjektive knowledge dijembatani dengan kosep pengetahuan baru dan itu juga merupakan kreatifitas.

    ReplyDelete
  6. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Belajar dapat didefinisikan ke dalam berbagai macam sudut pandang. Hakekat belajar menurut Paul Ernest dalam Martin (2009) adalah membangun suatu pengetahuan melalui komunikasi, sehingga belajar meruupakan suatu proeses mengkonstruksi pengetahuan melalui keterkaitan aktif dan interaktif siswa. Belajar terbagi atas unsur objective knowledge, personal refomulation, subjective knowladge, public criticism ad reformulation yang terhubung dalam social negotation processes. Seluruh unsur unsur tersebut saling besrsinambungan dan berinteraksi satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  8. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Bila dilihat dari gambar di atas membentuk pola seperti sebuah lingkaran.Itu menandakan bahwa hakekat belajar menurut Paul Ernest merupakan sesuatu yang berkesinambungan dan tidak berujung.Hakekat belajar bersifat kontiyu terus dan terus berlanjut.Sesuai dengan perkembangan zaman tidak menutup kemungkinan adanya pengembangan atau pembaruan dari konsep yang telah ada sebelumnya tentang hakikat belajar.

    ReplyDelete
  9. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Paga diagram di atas dapat dilihat bahwa hakekat belajar menurut Paul Ernest melibatkan subjek dan objek melalui reformulasi personal dan Reformulasi dan kritisisme publik. masing-masing alur melalui proses kreativitas atau menghasilkan suatu kreativitas. bisa dalam bentuk konsep baru pengetahuan, atau representasi dari ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  10. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Hakikat belajar yang disampaikan oleh bapak ernest menyimpan makna yang mendalam bahwa belajar tidak sekedar bersumber dari guru namun belajar adalah proses negosiasi sosial dimana siswa sebagai subyek belajar mampu menangkap pengetahuan yang ada di lingkungan sosial dan merumuskannya sehingga siswa mampu melahirkan konseo belajar sesuai apa yang dipahaminya. Perumusan konsep ini tidak lepas dari diskusi dan konfirmasi dari guru sehingga siswa mampu berjalan pada pengetahuan yang tepat. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  11. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami bahwa belajar adalah dimana kita menginternalisasi/merefleksi/menganalisa dunia luar dan melalui mana kita membangun pengalaman dan mengingatnya dengan baik sehingga terjadi perubahan tingkah laku, pola pikir, dan pengetahuan yang dimiliki individu yang relatif tetap. Sehingga dalam belajar seseorang hendaknya juga melakukan aktfitas-aktifitas kognitif untuk mendapatkan informasi, mengolah informasi, dan membuat suatu kesimpulan atau keputusan terkait dengan materi yang dipelajari, tidak sekedar menerima informasi tentang materi yang dipelajari.

    ReplyDelete