Nov 22, 2012

Menggapai Jejaring Sistemik_ Oleh Marsigit



43 comments:

  1. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pencapaian kompetensi siswa secara normatif meliputi lima komponen yaitu will (niat), attitude (sikap), knowledge (pengetahuan), skill (kemampuan), dan experience (pengalaman). Adanya jaringan sistemik yang didalamnya memuat hubungan kurikulum, silabus, rpp, buku teks, filsafat pendidikan, kebijakan pendidikan, sarana prasarana yang memadai, standar internasional pembelajaran bertujuan agar siswa dapat mengembangkan dan mencapai kelima kompenen tersebut.

    ReplyDelete
  2. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari gambar yang diberikan, saya menyimpulkan bahwa jejaraing sistemik berarti saling bersinergi. Dalam pendidikan, agar mencapai hasil belajar yang diiinginkan semua pihak, dan siswa dapat memahami materi dengan baik maka selain guru perlu diperhatikan hal-hal lain yang menunjang keberhasilan pendidikan. dalam gambar disebutkan hal penunjang itu anatara lain, silabus, filsafat pendidikan, LKS, RPP, fasilitas belajar, staff penunjang, ICT, standar pendidikan dan lainnya. Semua hal tersebut saling menunjang dan membentuk suatu sistem.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Kehendak atau niat, sikap, keterampilan, dan pengalaman adalah dasar dari jejaring sistematik untuk membangun negeri ini, khususnya bagi pendidik. Untuk menghadapi abad 21 ini, khususnya di bidang pendidikan, bagi seorang guru keterampilan adalah salah satu komponen yang sangat diperlukan guna untuk mendukung dan memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran. Selain keempat hal di atas, harus juga didukung oleh fasilitas yang memadai, ICT yang mendukung, penelitian-penelitian tentang pendidikan. Karena sekarang zaman tehnologi yang juga merupakan salah satu pendukung dalam pendidikan.

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Jejaring sistemik pendidikan adalah hubungan dari segala yang Ada dan yang mungkin Ada dalam dunia pendidikan. Tingkah laku, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam pendidikan semuanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berdasarkan gambar, saya mencoba untuk menjelaskan faktor dari jejaring sistemik pendidikan:
    •Filosofi pendidikan, teori pendidikan, konten matematika, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran serta buku teks berdasarkan standar Internasional saling berhubungan, saling mempengaruhi dengan peningkatan partisipasi dan prestasi peserta didik.
    •Karena hubungan kerjasama pendidikan skala nasional atau Internasional maka diadakan atau diaturnya fasilitas, ICT, penelitian, keuangan, karyawan, dan sumber dalam pendidikan.
    •Fasilitas, ICT, penelitian, keuangan, karyawan, dan sumber dalam pendidikan dengan dukungan institusi pendidikan, saling berhubungan dengan peningkatan partisipasi dan prestasi peserta didik.
    Hal yang berlangsung dalam institusi pendidikan merupikan bukti empiris dari jejaring sistemik

    ReplyDelete
  5. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut pemahaman saya, untuk dapat menggapai jejaring sistemik dalam menuju guru yang mempunyai keterampilan memerlukan beberapa hal yang mendukung. Diantaranya pengetahuan mengenai filsafat, kurikulum, silabus, pendidikan dan lainnya. Dari hal yang diperoleh tersebut dapat diterapkan ke siswa untuk mendapatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan pertisipasi siswa dalam pembelajaran diperlukan adanya fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran seperti ICT, staff dan bahkan mungkin bangunan sebagai fasilitas penunjangnya.

    ReplyDelete
  6. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Berdasarkan bagan diatas, jejaring sistemik merupakan koordinasi menyeluruh antara unsur-unsur pembangun yang untuk meningkatkan mutu dan kualitas ilmu serta pendidikan yang ada. Unsure pembangunya antara lain adalah universitas yang di dalamnya terdapat fakta empiris dan bahan pendukung. Kemudian ada kerjasama nasional maupun internasional yang melipui fasilitas, ICT, dana, penelitian, sumber, dan pegawai yang mendukung inovasi RPP, kurikulum, silabus, buku, konten matematika dll. Kemudian ada standar internasional menyangkut peningkatan partisipasi dan penilaian siswa. semuanya itu berpusat pada kemauan, attitude, pengetahuan, kemampuan, dan juga pengalaman.

    ReplyDelete
  7. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Seperti pada bacaan-bacaan sebelumnya mengenai jejaring sistemik, jejaring sistemik hubungan dari segala yang ada dan yang mungkin ada dalam hidup, dari yang menyangkut ontology sampai yang menyangkut aksiologi termasuk didalamnya adalah epistemologinya. Hubungan yang ada tentunya disertai dengan hubungan transenden yang selalu diikuti oleh spiritual. Setinggi-tingginya logika yang kita gunakan maka hati tetap sebagai pemimpin dari perjalanan kita didunia. Karena setinggi-tingginya ilmu yang kita dapatkan adalah ilmu yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Dan setinggi-tingginya ilmu jika ilmu itu didapat dalam jaringan yang sistemik dan mengamalkan dalam jaringan sistemik.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Untuk dapat menggapai jejaring sistemik, hendaknya seseorang tersebut haruslah seimbang kerja dan berpikirnya. Ia harus mampu melakukan sintesis/kooperatif/kolaboratif. Jangan sampai terperosok dalam universal value. Hal yang perlu dilakukan adalah mengkolaborasikan local genius dan universal value dalam pembelajaran. Syarat – syarat untuk dapat melakukan kolaborasi adalah memahami dan mengerti diri sendiri, background diri, misalnya budaya, masyarakat dll. Universal value dapat diperoleh melalui terori – teori, jurnal,buku internet, dan sebagainya. Alat untuk mengolaborasikan dapat berupa bahasa inggris, sikap, niat, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Dalam proses kolaborasi diperlukan landasan yang berupa filsafat. Bagi kaum beragama atau kaum fondasionalism landasan yang dipakai ialah agamanya masing – masing. Dalam hal ini landasan agama merupakan landasan yang mutlak dan absolut karena landasan tersebut merupakan milik Tuhan. Dalam melakukan suatu hal mutlak diperlukan suatu. Jika sesuatu hal tidak memiliki landasan, maka dapat dikatakan hal tersebut hanya merupakan mitos belaka. Terkadang seseorang melakukan kegiatan irasional karena tidak mempunyai solusi yg jelas.

    ReplyDelete
  9. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Jejaring sistemik merupakan semua hal yang menjalin keterkaitan antara unsur-unsur yang ada. Kemauan, tingkah laku, pengetahuan, kemampuan serta pengalaman, itu semua merupakan hasil pembelajaran yang tersistem dengan baik. hal-hal tersebut akan terbangun ketika banyak unsur saling berkatian sama lain terbangun dengan baik. keterkaitan baik antara proses pembelajaran, fasilitas pembelajaan, buku teks dalam pembelajaran, serta masih banyak lagi yang memiliki keterkaitan yang saling mendukung.

    ReplyDelete
  10. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Untuk dapat menggapai jejaring sistematik tersebut diperlukan beberapa komponen diantaranya yaitu niat, perilaku, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat, dengan begitu kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebaik-baik orang yang berilmu adalah mampu memberikan manfaat kepada orang lain dengan mengamalkan dan mengajarkan.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Jejaring sistemik diatas berlandaskan pada kemauan/niat, sikap, penegtahuan, ketrampilan, dan pengalaman. yang akan digunakan dalam filsafat, teori pendidikan, pandangan, isi matematika, kurikulum, silabus, perencanaan pembelajaran dan buku teks yang akan menjadi standar internasional dengan meningkatkan partisipasi siswa dan prestasi siswa yang kemudian akan menjadi pendukung di perguruan tinggi melalui bukti empiri yang kemudian akan menjadi kerjasama nasional atau internasional berdasarkan fasilitas ICT, Penelitian, anggaran, karyawan dan sumber. Dan yang paling mendasari dari jejaring ini adalah kemauan atau niat seseorang, niat sangat dibutuhkan jika ingin melakukan sebuah perubahan.

    ReplyDelete
  12. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Jejaring sistemik ialah sistem yang terhubung secara universal. Setinggi-tinggi derajat orang mencari ilmu adalah jika dia mencari dan mengamalkan ilmu dalam Jejaring Sistemik. Serendah-rendah etos kerja dan kinerja ialah jika mereka hanya bekerja dan mencari ilmu untuk dirinya sendiri. Tingkatan yang lebih tinggi adalah jika etos kerja dan kinerja memperoleh pengetahuan juga digunakan dan bermanfaat bagi orang lain. Demikian tujuan hidup seseorang yang seharusnya.

    ReplyDelete
  13. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Wiil, Attitude, Knowledge, Skill, Experience merupakan hal yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan potensi siswa. Jejaring sistemik ini saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Seseorang yang mempunyai pengetahuan tidaklah cukup sehingga harus didukung dengan sikap dan moral dalam setiap tindakannya.

    ReplyDelete
  14. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Berdasarkan gambar di ata dapat diketahui bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman). Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dan pencapaian kompetensi yang perlu dikembangkan dalam melakukan persiapan khusus. Dalam melaksanakan persiapan khusus yang nantinya akan menghasilkan RPP, seorang guru harus mampu mengadakan sumber belajar yang bervariasi. Sumber belajar tidak hanya guru saja, namun juga bisa dengan text book, blog, atau pun ICT.
    Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

    ReplyDelete
  15. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Jejaring sistemik yang digambarkan di dalam artikel ini mengisyaratkan bahwa kemauan, pengalaman, keterampilan, pengetahuan, dan perilaku kita akan mempengaruhi dan mendasari segala hal yaitu baik dari segi filsafat yang menjadi dasar dan memiliki peran dalam bidang akademik dan teknologi yaitu untuk menunjang prestasi dan partisipasi siswa serta menggunakan fasilitas-fasilitas, penelitian, sumber daya, dan lain-lain sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuannya. Meniliki kembali dalam pendidikan matematika di Indonesia, sebenarnya apabila kita telusuri lebih jauh, paradigma yang sedang berkembang dalam pendidikan di Indonesia belum memiliki tren positif untuk benar-benar memajukan bangsanya demi kepentingan dan tujuan yang dicita-citakan. Banyak aspek yang belum secara maksimal dimiliki atau dimanfaatkan dalam rangka memajukan bangsa dan negara. Karena pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa.

    ReplyDelete
  16. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jejaring sistemik adalah jaringan yang saling berinteraksi yang membentuk suatu sistem. Dalam pembelajaran pun membutuhkan jejaring sistemik. Sehingga dalam kurikulum terdapat berbagai kompenen didalamnya yang secara system akan membentuk pembelajaran. Dan dalam pembelajaran memperhatikan berbagai aspek seperti aspek spiritual, social, pengetahuan, dan ketrampilan dimana aspek-aspek tersebut saling mempengaruhi. Sehingga untuk membentuk lebih baik tujuan maka kurikulum melacarkan berbagai metode yang mendukungnya sehingga lebih baik.

    ReplyDelete
  17. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pemahaman mengenai jejaring sistemik memang sangatlah diperlukan terutama dalam dunia pendidikan. Dengan pemahaman jejaring sistemik ini, maka akan diketahui kesalahan dan kekurangan apa yang masih kurang untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Seperti yang tergambar bahwa filsafat pendidikan mempengaruhi wajah kurikulum pendidikan. Kemudian untuk menggapai pengetahuan, skill dan kemampuan lain maka membutuhkan pula dukungan dari lembga intitusi (sekolah atau universitas). Dukungan ini meliputi tenaga pendidik, fasilitas, ICT dan sumber belajar yang memadai. Jika jejaring sistemik ini bsia diatur dengan baik, maka pendidikan pun akan berjalan optimal.

    ReplyDelete
  18. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Setiap institusi terdiri dari berbagai komponen yang menyusunnya. Semua komponen tersebut saling berhubungan dan saling membutuhkan, serta berperan pada ruang dan waktunya masing-masing. Kesemuanya tersebut membuat sebuah jejaring sistemik. Di dalam jejaring sistemik, semua orang mempunyai pengaruh. Saya mengingat ketika dulu ikut perkuliahan filsafat dengn Bapak, Anda berpesan bahwa sebagai seorang guru kita harus mampu berkipran dalam jejaring sistemik. Artinya guru juga harus berperan aktif dalam pendidikan, selain hanya mengajar di kelas. salah satu cara guru berkiprah di dalam jejaring sistemik yaitu dengan cara mengada. Guru yang mengada akan menjadi pengada. Dengan demikian guru tersebut dianggap ada.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Jaringan semantik merupakan model memori manusia yang dibangun oleh M. R. Quillian sebagai representasi grafis dari informasi proposisional. Informasi proposisional adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah. Jaringan semantik ini disajikan dalam bentuk graf berarah. Gambar di atas adalah contoh jaringan sistimatik pendidikan di tingkat universitas.

    ReplyDelete
  20. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sikap, pengetahuan, dan keahlian akan membentuk jejaring sistemik yang baik jika terdapat jaringan dalam skala nasional hingga internasional, lalu terdapat institusi yang mendukung kita seperti departemen, universitas, kementrian dan sebagainya. Kemudian yang tidak kalah penting adalah kita harus sesuai standar internasional

    ReplyDelete
  21. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan gambar tersebut dapat dilihat bahwa untuk mencapai jejaring yang sistemik dibutuhkan “will” (niat), “attitude” (sikap), “knowladge” (pengetahuan), “skill” (keterampilan) dan “experience” (pengalaman). Keempat hal tersebut hendaklah dimiliki secara berbarengan agar mencapai tujuan yang diharapkan. Pertama, diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap yang bagus, pengetahuan serta keterampilan yang mumpuni hingga pengalaman yang bisa diterapkan untuk menuju pengalaman-pengalaman selanjutnya.
    Selain itu, hal yang perlu dibangun adalah networking dari banyak pihak mulai dari tingkat instutional, nasional hingga international. Dengan kata lain, semakin banyak kita berinteraksi dengan dunia luar maka akan semakin luas pengetahuan yang didapat.
    Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyiapkan dan memahami teori-teori belajar, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran dan buku. Dan dalam pelaksanaannya nanti dibutuhkan partisipasi aktif dari siswa dengan didukung oleh fasilitas-fasilitas yang tersedia. Dengan demikian, jejaring yang sistemik akan tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  22. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Jejaring sitemik jika diimplementasikan dalam kehidupan akan memberikan manfaat bagi umat manusia. Hal ini sejalan dengan tulisan bapak dalam elegi menggapai jejaring sistemik, dimana kita dapat membangun relasi atau hubungan secara lebih luas. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak. Jika dikaitkan dengan kegiatan belajar mengajar, untuk menggapai jejaring sistemik ini diperlukan adanya niat (will), sikap (attitude), pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill), dan pengalaman (experience) untuk menggapai jejaring sistemik. Berdasarkan ilustrasi pada gambar pula terdapat siklus yang berkesinambungan yang terdiri mulai dari bagian terendah pada suatu sistem yang dapat berupa institusi, berlanjut pada tingkat nasional, dan pada akhirnya tingkat internasional. Hal tersebut juga berkaitan dengan adnya dukungan fasilitas, ICT, biaya, penelitian, staf, serta sumber penghasilannya. Sehingga melalui alut tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa.

    ReplyDelete
  23. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Bedasarkan gambar di atas,maaf jika saya salah di dalam memahami.Dalam menggapai jejaring sistematik seperti yang tertera pada gambar.Yang menjadi landasan utamanya yaitu philoshopy,teory pembelajaran,visi , content matematika, kurikulum,syllabi,rencana pembelajaran dan buku teks.Kemudian untuk meraih itu semua dibutuhkan niat,sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.Semuanya itu penting di dalam membangun jejaring sitematik.
    Untuk mencapai universitas yang berstandar intersnasional dapat dilihat dari meningkatnya prestasi siswa, kelengkanpan fasilitas kampus,ICT.research, budget,staff dan resources.Didukung juga dengan membangun jaringan dan kerja sama dengan pihak lain.

    ReplyDelete
  24. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari gambar yang kami amati tersebut, kami memahami bahwa ada banyak entitas yang berperan dalam pendidikan. Dari entitas-entitas tersebut harus terjalin suatu relasi atau hubungan yang harmonis sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Relasi dan hubungan dari setiap entitas tersebut harus membentuk suatu jaringan sistemik yang kokoh, efektif dan efisien. Jejaring sistemik adalah hubungan saling keterkaitan antara entitas-entitas yang ada. Motivasi, kesopanan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman diperoleh dari hasil proses pembelajaran yang dihasilkan oleh sistem yang berjalan dengan baik. Semua hal itu akan terbangun ketika banyak unsur saling berkatian sama lain terbangun dengan baik. Sistem tersebut meliputi intitusi terkait, standar internasional dan hubungan internasional. Kesemua aspek tersebut harus saling berhubungan dan mendukung dengan proses pembelajaran, fasilitas pembelajaran, pembelajaran itu sendiri, buku teks pembelajaran, serta aspek-aspek lain yang terlibat dengan pendidikan.

    ReplyDelete
  25. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Sesuai dengan yang telah diungkapkan di dalam postingan yang lain, setinggi-tinggi derajat orang mencari ilmu adalah jika mencari ilmu dan mengamalkan ilmu dalam jejaring sistemik. Postingan ini memberikan gambaran pada kita untuk dapat berkiprah di dalam jejaring sistemik, yaitu dengan memahami internasional sehingga kita dapat mengembangkan partisipasi dan pencapaian kita ke dalam standar internasional. Hal ini perlu didukung oleh institusi seperti departemen, fakultas, dan universitas dengan menggunakan bukti-buktu yang empiris. Jejaring sistemik juga memerlukan fasilitas, teknologi informasi, penelitian, dana, dan sumber-sumber yang lain. Dengan hal-hal tersebut kita membangun kerjasama secara nasional dan internasional untuk membangun jejaring sistemik. Hal-hal yang dapat kita kerjakan di dalam jejaring sistemik ini ialah teori pendidikan, filsafat, visi, materi matematika, kurikukulum, perencanaan pembelajaran, sumber-sumber belajar, dan lain sebagainya sehingga semuanya itu akan sesuai dengan stadar interasional. Keseluruhan proses tersebut memerlukan adanya kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.

    ReplyDelete
  26. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari postingan jejaring sistematis di atas yang saya dapat cerna yaitu, dalam pembentukan sikap, pengetahuan, kemampuan dan pengalaman itu ditunjang berbagai aspek secara sistematis. Aspek-aspek tersebut akan terbentuk dengan baik apabila sistem-sitem tersebut berjalan dengan baik pula, tidak ada bagian yang terputus. Mislanya teori pendidikan, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran dan lain-lain itu akan dapat terealisasi apabila ada fasilitas yang memadai, dana, penggiat dan lain-lain, disertai dengan dukungan dari instanti seperti universitas-universitas yang bergerak dalam kegiatan pendidikan Sehingga pada akhirnya menghasilkan peserta didik yang lebih baik.

    ReplyDelete
  27. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Melihat gambar di atas, saya memahami bahwa Jejaring Sistemik merupakan konsep yang secara holistik dapat membawa perubahan kepada suatu objek. Sistem berarti semua harus proaktif. Dalam membangun pendidikan jejaring sistemik merupakan hal yang sangat penting. Melalui jerjaring sistemik kita akan lebih jernih memandang kelebihan dan kekurangan dari suatu sistem untuk mencapai tujuan. Sistem dalam pendidikan dapat berupa komponen standar, pendidik dan siswa, fasilitas penunjang kependidikan, dan gagasan kependidikan melalui filsafat.

    ReplyDelete
  28. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pembelajaran secara formal pada sebuah institusi yang didukung praktek lapangan sebagai fakta empiris; disertai berbagai fasilitas, ICT, penelitian, pendanaan, staff, dan sumber yang memadai (yang akan dapat meningkatkan hubungan nasional maupun internasional); dan peningkatan pemberian penghargaan dan partisipasi (yang akan dapat meningkatkan standar yang ada hingga internasional) akan dapat menghasilkan filosofi, kebijaksanaan/teori pendidikan, pandangan konten matematika, kurikulum, silabus, rancangan pembelajaran dan buku teks. Namun tetap, sebagai penggerak utama dalam pencapaian ini dibutuhkan adanya kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

    ReplyDelete
  29. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Secara sistematik dalam rangka meningkatkan kompetensi dan penilaian terhadap siswa, maka dukungan dari sekolah, ataupun lingkungan belajar merupakan aspek yang penting, tidak hanya itu ketersedian fasilitas yang mempuni juga sangat penting. Sehingga nantinya diharapkan dengan terpenuhi seluruh aspek yang terkait guna mencapai kompetensi siswa dapat tercapai. Dan semuanya itu sesuai dengan visi, misi serta kurikulum yang telah ditetapkan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  30. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dari diagram gambar diatas, terlihat bahwa filsafat, kebijakan, konten matematika, kurikulum, silabus, buku diperlukan kerjasama baik secara nasinal maupun internasional dengan memerlukan fasilitas, ICT, biaya penelitain, staff dan sumberdaya. Hal tersebut juga perlu didukung oleh institusi yang mana mampu mengupayakan meningkatkan prestasi dan partisipasi siswa untuk mencapai standar internasional. Dari keseluruhan tersebut maka tidak terlepas dari kemauan kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

    ReplyDelete
  31. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Secara umum/formal, kompetensi belajar adalah SKL. Will meliputi niat, doa, ibadah, hati, semangat, motivasi, cita-cita, perasaan, keinginan, cinta, dll. Attitude meliputi sikap, tindakan, perilaku, perbuatan, sifat, langkah, berani, ikhtiar, dll. Knowledge meliputi ilmu, pengetahuan, bacaan/buku, wawasan, kreatif, belajar, terbuka, inovatif, metode, strategi, pendekatan, bijaksana, dll. Skill meliputi keterampilan, kemampuan, kebisaan, produktif, efektif, efisien, keahlian, profesi, mahir, spesialis, mumpuni, dll. Experience meliputi pengalaman, pergaulan, komunikasi, interaksi, jejaring sosial, silaturahim, sosialisasi, hermenitika, membangun hidup, fleksibel, dll.

    ReplyDelete
  32. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Jejaring sistemik di dalamnya terdapat kolaborasi antara dukungan birokrasi, fasilitas, partisipasi siswa, kurikumlum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan juga text book. Seluruhnya bersinergi dalam meningkatkan kompetensi matematika siswa dan juga memperbaiki perilaku, meningkatkan skill, dan pengalaman siswa.

    ReplyDelete
  33. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Jejaring sistemik yang dapat saya maknai adalah hubungan dari segala yang ada dan yang mungkin ada dalam hidup, dari yang menyangkut ontology sampai yang menyangkut aksiologi termasuk didalamnya adalah epistemologinya. Hubungan yang ada tentunya disertai dengan hubungan transenden yang selalu diikuti oleh spiritual. Setinggi-tingginya logika yang kita gunakan maka hati tetap sebagai pemimpin dari perjalanan kita didunia. Karena setinggi-tingginya ilmu yang kita dapatkan adalah ilmu yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Setinggi tingginya seseorang dalam mencari ilmu adalah seseorang tersebut dapat berkiprah di dalam jejaring sistemik.

    ReplyDelete
  34. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Melihat dari gambar di atas dapat diketahui bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan beberapa hal yaitu : a.Niat, b.Sikap, c.Pengetahuan, d.Ketrampilan dan terahir e.Pengalaman. Dari beberapa hal tersebut sebaiknya harus dimiliki oleh seorang guru guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

    ReplyDelete
  35. Junianto
    PM C
    17709251065

    Saya mencoba memahami postingan gambar Prof. Bisa dijelaskan bahwa filsafat, kebijakan pendidikan, tujuan, konten mateamtika, kurikulum, silabus, RPP dan buku pegangan menjadi komponen dsar dan penting dalam pendidikan. Namun, komponen tersbut tidak bisa berjalan tanpa ada penunjangnya. Perlu adanya fasilitas, ICT, riset, dana, pegawai, dan sumber belajar untuk menunjang keberlangsungan pendidikan. Harapannya jika kedua komponen besar tersebut bisa saling bersinergi maka bisa meningkatkan partisipasi dan pencapaian siswa dalam belajar didukung dengan bantuan dari institusi seperti universitas, dll.

    ReplyDelete
  36. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari gambar yang diberikan, saya menyimpulkan bahwa jejaraing sistemik berarti saling bersinergi. Dalam pendidikan, agar mencapai hasil belajar yang diiinginkan semua pihak, dan siswa dapat memahami materi dengan baik maka selain guru perlu diperhatikan hal-hal lain yang menunjang keberhasilan pendidikan. dalam gambar disebutkan hal penunjang itu anatara lain, silabus, filsafat pendidikan, LKS, RPP, fasilitas belajar, staff penunjang, ICT, standar pendidikan dan lainnya. Semua hal tersebut saling menunjang dan membentuk suatu sistem.

    ReplyDelete
  37. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari gambar di atas dapat saya simpulkan bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan suatu bangsa, termasuk Indonesia, dibutuhkan suatu sistem holistik yang saling berkaitan satu sama lain. sistem tersebut terdiri dari teori, filsafat dan landasan dalam pendidikan, misalnya RPP, silabus, dll, infrastruktur yang memadai serta penelitian dan publikasi yang berkelanjutan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  38. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Untuk menggapai suatu kompetensi, seseorang harus terlebih dulu memiliki niat (will). Jika seseorang tersebut telah memiliki niat yang baik. maka perilaku (attitude) akan mengikuti. Dengan perilaku yang baik, akan dicapai suatu pengetahuan (knowledge). Pengetahuanlah yang akan membentuk keterampilan (skill). Kemudian keterampilan-keterampilan tersebut di wujudkan, sehingga seseorang itu akan mendapat pengalaman yang berguna untuk mebangun kompetensinya

    ReplyDelete
  39. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dari skema menggapai jejaring sistemik diatas terdapat lima aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mencapainya. Aspek-aspek tersebut adalah will, attitude, knowledge, Skill dan Experience. Kelima aspek ini sangat penting bagi keberlangsungan suatu sistem, termasuk dalam sitem pendidikan. Kelimanya harus saling bersinergi dan saling mendukung ke arah positif sehingga pendidikan negeri ini dapat disejajarkan dengan negara lainnya.

    ReplyDelete
  40. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017
    Pendidikan merupakan sebuah sistem yang membutuhkan kerjasama satu sama lain. Sistem akan berjalan dengan lancar jika komponen-komponen dalam sistem tersebut terpenuhi. Seperti halnya pada sistem pendidikan, mulai dari pemangku kebijakan sampai kepada gurunya harus bersinergi mencapai tujuan pendidikan nasional.

    ReplyDelete
  41. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Jejaring sistemik dalam dunia pendidikan sangat penting. Adanya hubungan yang saling berkaitan dan saling mendukung antar komponen pendidikan merupakan jejaring sistemik. Hubungan antara perangkat pembelajaran, teknologi, kurikulum, LPTK pencetak guru, P4TK matematika, guru, dan siswa misalnya, akan saling melengkapi satu sama lain untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Misalkan ada komponen yang tidak ada maka akan membuat oleng pendidikan. Jadi semua kompunen itu harus mutlak ada.

    ReplyDelete
  42. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Gambar tersebut memperlihatkan bahwa pusat yang diperlukan dalam menggapai jejaring sistemik adalah “will” (niat), “attitude” (sikap), “knowladge” (pengetahuan), “skill” (keterampilan) dan “experience” (pengalaman). Pada gambar terdapat siklus yang berkesinambungan yang terdiri dari bagian terendah pada suatu sistem yang dapat berupa institusi, berlanjut pada tingkat nasional, dan pada akhirnya tingkat internasional. Hal tersebut juga berkaitan dengan adanya dukungan fasilitas, ICT, biaya, penelitian, staf, serta sumber penghasilannya. Dari unsur-unsur bagian tersebut harus terjalin suatu relasi atau hubungan yang harmonis sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Sehingga terbentuk jejaring sistemik yaitu hubungan yang baik dan erat antar unsur-unsur bagian yang ada.

    ReplyDelete
  43. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dari yang saya pahami bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan will (niat), attitude (sikap), knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), dan experiences (pengalaman). Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Terimakasih.

    ReplyDelete