Nov 22, 2012

Menggapai Jejaring Sistemik_ Oleh Marsigit



26 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Jejaring sistemik ialah kumpulan-kumpulan hal yang saling terkait satu sama lain. Seperti yang kita ketahui bahwa di dunia ini, satu hal memiliki kaitan dengan hal-hal lainnya. Ini pula yang terjadi di dalam hidup manusia, untuk itu berhati-hatilah dalam bertindak karena suatu kesalahan mau tidak mau pasti memiliki dampak baik itu dampak yang sangat besar, besar, kecil, atau bahkan sangat kecil terhadap tindakan yang lainnya. Dengan adanya Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman) dan didukung secara empiris oleh lembaga berupa fasilitas, ICT, penelitian, biaya, staff, dan resources, serta adanya peningkatan partisipasi dan prestasi siswa maka bukan hal yang sulit untuk mencapai jejaring sistemik tersebut.

    ReplyDelete
  3. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Jejaring sistemik adalah melibatkan beberapa aspek dalam melaksanakan suatu misi atau memecahkan suatu masalah sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai secara optimal. Seperti yang dijelaskan Pak Marsigit dalam perkuliahan bahwa zaman sekarang tidak bisa mengatasi masalah sendirian butuh jejaring sistemik. Dalam bagan tersebut menurut saya jejaring sistemik yang harus digapai oleh guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru itu seharusnya melihat berbagai sudut pandang yang dapat mempengaruhi pembelajaran. Dalam bagan ada beberapa unsur yang harus guru perhatikan dalam merancang pembelajaran yaitu will, attitude, knowledge, skill, dan experience. Berdasarkan salah satu sumber keempat nya tersebut dijelaskan sebagai berikut 1) will merupakan upaya yang dilakukan guru untuk merancang suatu RPP yang dapat membangkitkan kemamuan atau kehendak siswa untuk belajar, 2) attitude adalah upaya guru dalam merancang suau pembelajaran matematika yang dapat memunculkan sifat positif siswa 3) knowledge adalah bagaiman upaya guru dalam merancang suatu pembelajaran yang dapat membangkitkan kesadaran siswa akan pentingnya membangun pengeaatahuan mereka sendiri dengan cara dan kemampuan mereka masing-masing 4) skiil adalah bagaimana upaya guru untuk merancang suatu pembelajaran yang dapat mengasah keterampilan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah 5) experience adalah bagaimana guru merancang pembelajaran sebagai suatu pengalaman penting, berkesan dan bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  4. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Berdasarkan gambar diatas, menunjukan adanya empat komponen dasar dalam menggapai jejaring sistemik. Lima komponen dasar tersebut yaitu usaha (keinginan), sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Dimana tiap jejaring sistemik yang ada membutuhkan lima komponen tersebut sebagai landasannya. Sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dibutuhkan sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa; penggunaan fasilitas,ICT dll; pemanfaatan berbagai pengetahuan seperti, filsafat, Matematika, kurikulum silabus dan sebagainya.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendidikan di Indonesia sangat dipengaruhi dengan adanya jejaring sistematik, keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dengan kemampuan dan kualitas jaringan yang dimiliki dan diterapkan, jaringan-jaringan yang dimaksud tidak lain adalah segala sesuatu hal yang berkaitan dengan keberlangsungan suatu pendidikan seperti bangunan, fasilitas-fasilitas, serta hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Kesemuanya itu adalah pedukung-pendukung dalam mengimplementasikan tujuan daripada pendidikan itu. Keberhasilan suatu pendidikan tidak hanya dilihat dari segi fasilitasnya saja akan tetapi dilihat juga dari segi kualitas guru dan siswanya, karena semakin baik kualitas guru dan siswa dalam suatu sekolah maka akan memberikan nilai positif untuk kualitas pendidikan di Indonesia. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat-bakat yang dimilikinya dengan bantuan oleh guru baik itu kemampuan akademik maupun non akademik.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan gambar yang berjudul menggapai jejaring sistemik oleh marsigit diatas, yang dapar diambil maknanya yaitu hubungan dari semua yang ada dan mungkin ada dalam hidup ini, dari yang mengenai ontologi hingga mengenai aksiologi yang termasuk di dalamnya terdapat epistemologinya. Hubungan antara yang ada tentunya di barengi dengan hubungan transenden yang slalu diikuti oleh pengetahuan spiritual. Setinggi-tingginya logika yang kita pakai maka hati tetap menjadi penuntun perjalanan kita di dunia ini. Karena setinggi-tingginya ilmu yang kita peroleh adalah ilmu yang dapat kita gunakan untuk orang lain dan ilmu yang kita dapat dalam jejaring yang sistemik dan diamalkan dalam jejaring sistemik.

    ReplyDelete
  7. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Kelima aspek yang tertera di atas menjelaskan bahwa dalam setiap pembelajaran guru harus menerepkan setiap aspek yaitu mulai sikap, pengetahuan, keterampilan, pengalaman. Itulah mengapa di setiap sekolah sudah adanya pendidikan karakater yaitu untuk menumbuhkan sikap diluar akademik siswa agar siswa mempu memiliki keterampilan sikap dan pengalaman yang mampu mengembangkan penhetahuannya.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Jejaring sistemik adalah keterkaitan antar berbagai hal untuk mencapai tujuan tertentu. Kita ketahui bersama bahwa manusia tidak akan pernah mampu hidup sendiri. Manusia selalu butuh orang lain. Oleh karena itu, dalam menjalani kehidupan manusia memerlukan kerja sama dengan orang lain. Begitu pula dalam menujudkan suatu tujuan, pasti akan ada hal-hal atau aspek-aspek pendukung yang harus diperhatikan.

    ReplyDelete
  9. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Jejaring sistemik dimulai dengan niat atau keinginan kemudian perilaku, pengetahuan, keahlian dan pengalaman. Kemudian ada empat elemen pendukung yaitu filsafat, kebijakan, tujuan, konten matematika, silabus, RPP dan buku teks yang terkooperasi dan berjejaring dengan elemen lainnya yaitu elemen lainnya bukti empiris (pendukung kelembagaan) yang diwujudkan dalam elemen fisik seperti fasilitas, ICT, anggaran, staf, sumber daya. Serta partisipasi dan prestai siswa. Dengan unsure unsure tersebut terbentuklah jejaring sistemik yang mendukung pembelajaran matematika. dengan saling mendukung dan saling bekerjasama dimulai dari niat sampai dengan terciptanya ke arah sistem suatu pembelajaran, suatu sistem berdiri dnegan kerjasama setiap faktor yang ada jika salah satu faktor utama maupun pendukung tidak berjalan maka sistemnya juga berhasil dengan baik.

    ReplyDelete
  10. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Jejaring diperlukan dalam mengelola apa yang menjadi tujuan kita. Dalam pembelajaran, pengetahuan diproses menggunakan bantuan media atau alat bantu lainnya sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih efektif lagi. Pembelajaran yang efektif tidak hanya dari bagaimana kita mengerti materi yang diajarkan melainkan kita juga mampu baik dalam sikap, pengetahuan yang diberikan, kemampuan, serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Pengorganisasian pembelajaran diperlukan sehingga guru dan siswa yang menjadi pelaku pembelajaran tidak salah arah. Artinya pelaku pembelajaran mampu memenuhi indikator keberhasilan dari pembelajaran itu sendiri. Harapannya adalah mampu bersaing di kanca Internasional. Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan gambar di ata dapat diketahui bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman). Kelima hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

    ReplyDelete
  12. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Jejaring sistematik bagaikan mata rantai yang tak terputus dan saling terkait. Poin pentingnya adalah keinginan, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman menjadi dasar dari peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa, fakta-fakta empiris, fasilitas, ICT, penelitian, biaya, staff, dan resources, dan kurikulum. Peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa, fakta-fakta empiris, fasilitas, ICT, penelitian, biaya, staff, dan resources, dan kurikulum memiliki keterkaitan satu sama lain dan merupakan bagian dari hubungan timbal balik.

    ReplyDelete
  13. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Jejaring sistemik akan dapat terwujud jika semua aspek yang ada didalamnya saling bekerja sama. Keinginan, sikap, pengetahuan, sikap, dan pengalaman merupakan aspek dasar dalam membangun suatu jejaring sistemik. Kelima aspek tersebut sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Namun kelima aspek tersebut memerlukan suatu dukungan seperti fasilitas, ICT, penelitian, staff dan resource. Jika kelima aspek tersebut mampu kita fasilitasi dengan baik maka kita akan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang kita inginkan secara optimal.

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sesuai dengan yang telah diungkapkan di dalam postingan yang lain, setinggi-tinggi derajat orang mencari ilmu adalah jika mencari ilmu dan mengamalkan ilmu dalam jejaring sistemik. Postingan ini memberikan gambaran pada kita untuk dapat berkiprah di dalam jejaring sistemik, yaitu dengan memahami internasional sehingga kita dapat mengembangkan partisipasi dan pencapaian kita ke dalam standar internasional. Hal ini perlu didukung oleh institusi seperti departemen, fakultas, dan universitas dengan menggunakan bukti-buktu yang empiris. Jejaring sistemik juga memerlukan fasilitas, teknologi informasi, penelitian, dana, dan sumber-sumber yang lain. Dengan hal-hal tersebut kita membangun kerjasama secara nasional dan internasional untuk membangun jejaring sistemik. Hal-hal yang dapat kita kerjakan di dalam jejaring sistemik ini ialah teori pendidikan, filsafat, visi, materi matematika, kurikukulum, perencanaan pembelajaran, sumber-sumber belajar, dan lain sebagainya sehingga semuanya itu akan sesuai dengan stadar interasional. Keseluruhan proses tersebut memerlukan adanya kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam pembelajaran matematika, filosofi, teori pendidikan, visi, konten matematika, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran, buku pendukung adalah unsur utama dalam sebuah pembelajaran. Jika semua unsur memenuhi standar internasional akan dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa. Dukungan institusi seperti lingkungan empiris di fakultas dan universitas dapat didukung dengan fasilitas, penelitian, anggaran, staf, dan sumber lain yang terkait. Hal yang juga perlu diperhatikan dari diri individu sendiri seperti niat, sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman. Sehingga jika semua berjalan dengan baik akan dapat diterima dalam ranah internasional

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Jejaring sistemik berkaitan dengan hubungan sesuatu atau kaitan antar sesuatu dengan sesuatu yg lain , hubungan yang ada tentunya disertai dengan hubungan transenden yang selalu diikuti oleh spiritual. Setinggi-tingginya logika yang kita gunakan maka hati tetap sebagai pemimpin dari perjalanan kita didunia. Karena setinggi-tingginya ilmu yang kita dapatkan adalah ilmu yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  17. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Jejaring sistemik merupakan kumpulan dari beberapa aspek yang slaing terkait. Sama halnya dengan apa yang ada di dunia ini, satu hal memiliki keterkaitan dengan hal-hal yang lainnya. Pembelajaran matematika terkait dengan filsafat, policy atau kebijakan, visi dan misi, content, curriculum silabus, rancangan pembelajaran dan textbook. Sedangkan sikap-sikap yang mempengaruhi ialah will (kemauan), attitude (sikap), knowledge (pengetahuan), skill (kemampuan), dan experience (pengalaman). Hal lain yang terkait dengan pembelajaran yaitu fasilitas, penelitian, staff, sumber-sumber pembelajaran, dan budget untuk mengadakan aktivitas di sekolah. semua hal tersebut terkait dengan praktik pendidikan di lapangan.

    ReplyDelete
  18. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Pendidikan merupakan suatu proses dimana gongnya adalah memroses seseorang untuk dapat menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Kualitas seseorang tidak hanya dipandang melalui kognitifnya saja namun afektif dan psikomotor, juga religiusitas. Dalam jejaring di atas nampak bahwa pusatnya adalal will, attitude, ilmu, skill, pengalaman. Jelas terlihat bahwa kelima inti pengembangan adalah bekal seseorang untuk dapat mengarungi hidup. Jika terdapat salah satu proses pendidikan yang menyimpang maka secara otomatis akan mempengaruhi kelima hal tersebut.

    ReplyDelete
  19. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Dunia pendidikan memiliki jejaring sistemik memiliki hubungan yang saling berkaitan satu sama lain. Matematika memerlukan kurikulum, perencanaan pembelajaran sebelum melakukan proses belajar mengajar. Selain itu fasilitas juga merupakan penunjang dalam proses pembelajaran. Sehingga akan tercipta suasana belajar yang menyenangkan, dan siswa sangat antusias dan berpartisipasi saat proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dari diagram di atas terlihat bahwa Standar Internasional, Institusi yang mendukung, dan kerja sama nasional/internasional saling berhubungan satu sama lain. Saling membutuhkan, saling terkait, dan saling membutuhkan. Semua itu bertujuan untuk menciptakan pengalaman keterampilan, pengetahuan, sikap demi kemajuan matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  21. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Jejaring sistemik merupakan suatu jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan tersebut berupa filsafat, teori pendidikan, visi, konten matematika, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran yang berhubungan dengan fasilitas, ICT, penelitian, staff, sumber, kemudian berhubungan juga dengan peningkatan minat dan capaian siswa. Beberapa hal tersebut saling berhubungan satu sama lain, dan sangat berpengaruh pada perkembangan siswa.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  22. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Di dalam jejaring sistemik tersebut, minat, sikap, pengetahuan, keahlian, dan pengalaman merupakan dasar dari jejarik sistemik yang terhubung. Selain itu, beberapa pihak yang terlibat di dalamnya juga sangat mempengaruhi minat dan capaian siswa dalam pembelajaran. Jika tidak ada perantara yang membantu maka jejaring sistemik tersebut tidak akan terjalin dan berjalan dengan baik.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  23. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan gambar tersebut dapat dilihat bahwa untuk mencapai jejaring yang sistemik dibutuhkan “will” (niat), “attitude” (sikap), “knowladge” (pengetahuan), “skill” (keterampilan) dan “experience” (pengalaman). Keempat hal tersebut hendaklah dimiliki secara berbarengan agar mencapai tujuan yang diharapkan. Pertama, diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap yang bagus, pengetahuan serta keterampilan yang mumpuni hingga pengalaman yang bisa diterapkan untuk menuju pengalaman-pengalaman selanjutnya.
    Selain itu, hal yang perlu dibangun adalah networking dari banyak pihak mulai dari tingkat instutional, nasional hingga international. Dengan kata lain, semakin banyak kita berinteraksi dengan dunia luar maka akan semakin luas pengetahuan yang didapat.
    Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyiapkan dan memahami teori-teori belajar, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran dan buku. Dan dalam pelaksanaannya nanti dibutuhkan partisipasi aktif dari siswa dengan didukung oleh fasilitas-fasilitas yang tersedia. Dengan demikian, jejaring yang sistemik akan tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  24. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D

    Assalamualaikum wr.wb

    Guru yang ingin menggapai jejaring sistemik, hendaknya dimulai dari diri sendiri dan kelas yang diampunya. Ketika guru dapat memberikan pengaruh dan perubahan – perubahan positif pada siswa dan mengembangkan pembelajaran sedemikian sehingga tercipta pembelajaran yang baru dan berbeda dengan pada umumnya, maka guru tersebut menggapai jejaring sistemik di sekolah tersebut.
    Untuk dapat menggapai jejaring sistemik, hendaknya seseorang tersebut haruslah seimbang kerja dan berpikirnya. Ia harus mampu melakukan sintesis/kooperatif/kolaboratif. Selain itu guru juga harus menyiapkan Bahan ajar, RPP, Silabus dan aspek pendukung lainnya guna meningkatkan jejaring sistemik yang lebih baik.

    ReplyDelete
  25. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih untuk tulisan ini prof, Jejaring sistemik merupakan suatu hubungan dari semua yang ada dan yang mungkin dalam kehidupan ini. Apa yang ada dan mungkin ada di dunia ini dapat kita kaitkanmenjadi suatu sistem yang saling terkait. Dengan berbekal niat, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman maka kita dapat menggapai jejaring sistemik yang mencakup keterkaitan antara berbagai faktor yang membentuk jaringan sistemik tersebut, seperti filosofi, kebijakan, visi, perangkat pembelajaran yang memadai, partisipasi prestasi siswa, lembaga pendidikan, serta Fasilitas seperti ICT dan sumber dana serta kerja sama.

    ReplyDelete
  26. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete