Nov 22, 2012

Menggapai Jejaring Sistemik_ Oleh Marsigit



16 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Melihat gambar di atas, saya memahami bahwa Jejaring Sistemik merupakan konsep yang secara holistik dapat membawa perubahan kepada suatu objek. Sistem berarti semua harus proaktif. Dalam membangun pendidikan jejaring sistemik merupakan hal yang sangat penting. Melalui jerjaring sistemik kita akan lebih jernih memandang kelebihan dan kekurangan dari suatu sistem untuk mencapai tujuan. Sistem dalam pendidikan dapat berupa komponen standar, pendidik dan siswa, fasilitas penunjang kependidikan, dan gagasan kependidikan melalui filsafat.

    ReplyDelete
  2. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pembelajaran secara formal pada sebuah institusi yang didukung praktek lapangan sebagai fakta empiris; disertai berbagai fasilitas, ICT, penelitian, pendanaan, staff, dan sumber yang memadai (yang akan dapat meningkatkan hubungan nasional maupun internasional); dan peningkatan pemberian penghargaan dan partisipasi (yang akan dapat meningkatkan standar yang ada hingga internasional) akan dapat menghasilkan filosofi, kebijaksanaan/teori pendidikan, pandangan konten matematika, kurikulum, silabus, rancangan pembelajaran dan buku teks. Namun tetap, sebagai penggerak utama dalam pencapaian ini dibutuhkan adanya kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

    ReplyDelete
  3. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Secara sistematik dalam rangka meningkatkan kompetensi dan penilaian terhadap siswa, maka dukungan dari sekolah, ataupun lingkungan belajar merupakan aspek yang penting, tidak hanya itu ketersedian fasilitas yang mempuni juga sangat penting. Sehingga nantinya diharapkan dengan terpenuhi seluruh aspek yang terkait guna mencapai kompetensi siswa dapat tercapai. Dan semuanya itu sesuai dengan visi, misi serta kurikulum yang telah ditetapkan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dari diagram gambar diatas, terlihat bahwa filsafat, kebijakan, konten matematika, kurikulum, silabus, buku diperlukan kerjasama baik secara nasinal maupun internasional dengan memerlukan fasilitas, ICT, biaya penelitain, staff dan sumberdaya. Hal tersebut juga perlu didukung oleh institusi yang mana mampu mengupayakan meningkatkan prestasi dan partisipasi siswa untuk mencapai standar internasional. Dari keseluruhan tersebut maka tidak terlepas dari kemauan kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

    ReplyDelete
  5. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Secara umum/formal, kompetensi belajar adalah SKL. Will meliputi niat, doa, ibadah, hati, semangat, motivasi, cita-cita, perasaan, keinginan, cinta, dll. Attitude meliputi sikap, tindakan, perilaku, perbuatan, sifat, langkah, berani, ikhtiar, dll. Knowledge meliputi ilmu, pengetahuan, bacaan/buku, wawasan, kreatif, belajar, terbuka, inovatif, metode, strategi, pendekatan, bijaksana, dll. Skill meliputi keterampilan, kemampuan, kebisaan, produktif, efektif, efisien, keahlian, profesi, mahir, spesialis, mumpuni, dll. Experience meliputi pengalaman, pergaulan, komunikasi, interaksi, jejaring sosial, silaturahim, sosialisasi, hermenitika, membangun hidup, fleksibel, dll.

    ReplyDelete
  6. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Jejaring sistemik di dalamnya terdapat kolaborasi antara dukungan birokrasi, fasilitas, partisipasi siswa, kurikumlum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan juga text book. Seluruhnya bersinergi dalam meningkatkan kompetensi matematika siswa dan juga memperbaiki perilaku, meningkatkan skill, dan pengalaman siswa.

    ReplyDelete
  7. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Jejaring sistemik yang dapat saya maknai adalah hubungan dari segala yang ada dan yang mungkin ada dalam hidup, dari yang menyangkut ontology sampai yang menyangkut aksiologi termasuk didalamnya adalah epistemologinya. Hubungan yang ada tentunya disertai dengan hubungan transenden yang selalu diikuti oleh spiritual. Setinggi-tingginya logika yang kita gunakan maka hati tetap sebagai pemimpin dari perjalanan kita didunia. Karena setinggi-tingginya ilmu yang kita dapatkan adalah ilmu yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Setinggi tingginya seseorang dalam mencari ilmu adalah seseorang tersebut dapat berkiprah di dalam jejaring sistemik.

    ReplyDelete
  8. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Melihat dari gambar di atas dapat diketahui bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan beberapa hal yaitu : a.Niat, b.Sikap, c.Pengetahuan, d.Ketrampilan dan terahir e.Pengalaman. Dari beberapa hal tersebut sebaiknya harus dimiliki oleh seorang guru guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

    ReplyDelete
  9. Junianto
    PM C
    17709251065

    Saya mencoba memahami postingan gambar Prof. Bisa dijelaskan bahwa filsafat, kebijakan pendidikan, tujuan, konten mateamtika, kurikulum, silabus, RPP dan buku pegangan menjadi komponen dsar dan penting dalam pendidikan. Namun, komponen tersbut tidak bisa berjalan tanpa ada penunjangnya. Perlu adanya fasilitas, ICT, riset, dana, pegawai, dan sumber belajar untuk menunjang keberlangsungan pendidikan. Harapannya jika kedua komponen besar tersebut bisa saling bersinergi maka bisa meningkatkan partisipasi dan pencapaian siswa dalam belajar didukung dengan bantuan dari institusi seperti universitas, dll.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari gambar yang diberikan, saya menyimpulkan bahwa jejaraing sistemik berarti saling bersinergi. Dalam pendidikan, agar mencapai hasil belajar yang diiinginkan semua pihak, dan siswa dapat memahami materi dengan baik maka selain guru perlu diperhatikan hal-hal lain yang menunjang keberhasilan pendidikan. dalam gambar disebutkan hal penunjang itu anatara lain, silabus, filsafat pendidikan, LKS, RPP, fasilitas belajar, staff penunjang, ICT, standar pendidikan dan lainnya. Semua hal tersebut saling menunjang dan membentuk suatu sistem.

    ReplyDelete
  11. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari gambar di atas dapat saya simpulkan bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan suatu bangsa, termasuk Indonesia, dibutuhkan suatu sistem holistik yang saling berkaitan satu sama lain. sistem tersebut terdiri dari teori, filsafat dan landasan dalam pendidikan, misalnya RPP, silabus, dll, infrastruktur yang memadai serta penelitian dan publikasi yang berkelanjutan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  12. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Untuk menggapai suatu kompetensi, seseorang harus terlebih dulu memiliki niat (will). Jika seseorang tersebut telah memiliki niat yang baik. maka perilaku (attitude) akan mengikuti. Dengan perilaku yang baik, akan dicapai suatu pengetahuan (knowledge). Pengetahuanlah yang akan membentuk keterampilan (skill). Kemudian keterampilan-keterampilan tersebut di wujudkan, sehingga seseorang itu akan mendapat pengalaman yang berguna untuk mebangun kompetensinya

    ReplyDelete
  13. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dari skema menggapai jejaring sistemik diatas terdapat lima aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mencapainya. Aspek-aspek tersebut adalah will, attitude, knowledge, Skill dan Experience. Kelima aspek ini sangat penting bagi keberlangsungan suatu sistem, termasuk dalam sitem pendidikan. Kelimanya harus saling bersinergi dan saling mendukung ke arah positif sehingga pendidikan negeri ini dapat disejajarkan dengan negara lainnya.

    ReplyDelete
  14. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017
    Pendidikan merupakan sebuah sistem yang membutuhkan kerjasama satu sama lain. Sistem akan berjalan dengan lancar jika komponen-komponen dalam sistem tersebut terpenuhi. Seperti halnya pada sistem pendidikan, mulai dari pemangku kebijakan sampai kepada gurunya harus bersinergi mencapai tujuan pendidikan nasional.

    ReplyDelete
  15. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Jejaring sistemik dalam dunia pendidikan sangat penting. Adanya hubungan yang saling berkaitan dan saling mendukung antar komponen pendidikan merupakan jejaring sistemik. Hubungan antara perangkat pembelajaran, teknologi, kurikulum, LPTK pencetak guru, P4TK matematika, guru, dan siswa misalnya, akan saling melengkapi satu sama lain untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Misalkan ada komponen yang tidak ada maka akan membuat oleng pendidikan. Jadi semua kompunen itu harus mutlak ada.

    ReplyDelete
  16. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Gambar tersebut memperlihatkan bahwa pusat yang diperlukan dalam menggapai jejaring sistemik adalah “will” (niat), “attitude” (sikap), “knowladge” (pengetahuan), “skill” (keterampilan) dan “experience” (pengalaman). Pada gambar terdapat siklus yang berkesinambungan yang terdiri dari bagian terendah pada suatu sistem yang dapat berupa institusi, berlanjut pada tingkat nasional, dan pada akhirnya tingkat internasional. Hal tersebut juga berkaitan dengan adanya dukungan fasilitas, ICT, biaya, penelitian, staf, serta sumber penghasilannya. Dari unsur-unsur bagian tersebut harus terjalin suatu relasi atau hubungan yang harmonis sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Sehingga terbentuk jejaring sistemik yaitu hubungan yang baik dan erat antar unsur-unsur bagian yang ada.

    ReplyDelete