Nov 22, 2012

Menggapai Jejaring Sistemik_ Oleh Marsigit



5 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam pembelajaran matematika, nilai-nilai dapat muncul secara intrinsik, ekstrinsik dan sistemik. Nilai intrinsik dari matematika bersifat personal. Nilai ekstrinsik berelasi dengan subjek atau objek lain. Nilai sistemik bersifat korelasional dan mengatasi serta menampung semua nilai yang ada, misalnya kemampuan mengomunikasikan matematika secara global. Jika seseorang menguasai matematika hanya untuk dirinya maka pengetahuan matematikanya bersifat intrinsik; jika dia bisa menerapkan matematika untuk kehidupan seharihari maka pengetahuanmatematika bersifat ekstrinsik; dan jika dia dapat mengembangkan matematika dalam kancah pergaulan masyarakat matematika maka pengetahuan matematikanya

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menurut pendapat saya, gambar ini menunjukan adanya empat komponen dasar dalam menggapai jejaring sistemik. Empat komponen dasar tersebut yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Dimana tiap jejaring sistemik yang ada membutuhkan empat komponen tersebut sebagai landasannya. Sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dibutuhkan sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa; penggunaan fasilitas, ICT dll; pemanfaatan berbagai pengetahuan seperti, filsafat, Matematika, kurikulum silabus dll. Mohon maaf Pak jika ada kesalahan. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Jejaring sistemik adalah saling terhubung, tergantung, terikat dan bersifat universal. Dalam pembelajaran juga memerlukan jejaring sistemik yang baik antara berbagai aspek, seperti jejaring sistemik antara filsafat, teori pembelajaran, tujuan, materi matematika, kurikulum, silabus, RPP, buku teks, sarana prasaran, ICT, penelitian, biaya, staff, sumber pembelajaran, bukti empiris, dan tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa, dsb. Untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa sangat berhubungan dengan aspek-aspek lainnya. Tidak mungkin tercapai dengan optimal jika salah satu aspek tidak ada. Selain itu, yang menghubungkan semua aspek adalah pembelajaran akan berhasil jika adanya will (kemauan) untuk selalu belajar, attitude (sikap), pengetahuan yang telah dipelajari ataupun yang akan dipelajari, dan pengalaman serta bertujuan agar siswa dapat mengembangkan knowledge (pengetahuan), skill (kemampuan), dan experience (pengalaman) nya.

    ReplyDelete
  4. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    sama seperti artikel lain tentang jejaring sistematik sebelumnya, jejaring sistematik ini merupakan sistem yang saling berhubungan, terkait dan bersifat universal dimana menyangkut semua aspek. Dalam gambar ini juga begitu saling berhubungan. seperti filsafat sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa. begitu pula dengan fasilitas berupa ICT juga dapat menjadi upaya meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa pula. Oleh karena itu untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa sangat berhubungan dengan aspek lainnya dan hal inilah inti dari sebuah jejaring sistematik.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    dari gambar di atas dapat diketahui bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman). Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

    ReplyDelete