Nov 22, 2012

Menggapai Jejaring Sistemik_ Oleh Marsigit



7 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Jaringan semantik merupakan model memori manusia yang dibangun oleh M. R. Quillian sebagai representasi grafis dari informasi proposisional. Informasi proposisional adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah. Jaringan semantik ini disajikan dalam bentuk graf berarah. Gambar di atas adalah contoh jaringan sistimatik pendidikan di tingkat universitas.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sikap, pengetahuan, dan keahlian akan membentuk jejaring sistemik yang baik jika terdapat jaringan dalam skala nasional hingga internasional, lalu terdapat institusi yang mendukung kita seperti departemen, universitas, kementrian dan sebagainya. Kemudian yang tidak kalah penting adalah kita harus sesuai standar internasional

    ReplyDelete
  3. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan gambar tersebut dapat dilihat bahwa untuk mencapai jejaring yang sistemik dibutuhkan “will” (niat), “attitude” (sikap), “knowladge” (pengetahuan), “skill” (keterampilan) dan “experience” (pengalaman). Keempat hal tersebut hendaklah dimiliki secara berbarengan agar mencapai tujuan yang diharapkan. Pertama, diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap yang bagus, pengetahuan serta keterampilan yang mumpuni hingga pengalaman yang bisa diterapkan untuk menuju pengalaman-pengalaman selanjutnya.
    Selain itu, hal yang perlu dibangun adalah networking dari banyak pihak mulai dari tingkat instutional, nasional hingga international. Dengan kata lain, semakin banyak kita berinteraksi dengan dunia luar maka akan semakin luas pengetahuan yang didapat.
    Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyiapkan dan memahami teori-teori belajar, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran dan buku. Dan dalam pelaksanaannya nanti dibutuhkan partisipasi aktif dari siswa dengan didukung oleh fasilitas-fasilitas yang tersedia. Dengan demikian, jejaring yang sistemik akan tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Jejaring sitemik jika diimplementasikan dalam kehidupan akan memberikan manfaat bagi umat manusia. Hal ini sejalan dengan tulisan bapak dalam elegi menggapai jejaring sistemik, dimana kita dapat membangun relasi atau hubungan secara lebih luas. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak. Jika dikaitkan dengan kegiatan belajar mengajar, untuk menggapai jejaring sistemik ini diperlukan adanya niat (will), sikap (attitude), pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill), dan pengalaman (experience) untuk menggapai jejaring sistemik. Berdasarkan ilustrasi pada gambar pula terdapat siklus yang berkesinambungan yang terdiri mulai dari bagian terendah pada suatu sistem yang dapat berupa institusi, berlanjut pada tingkat nasional, dan pada akhirnya tingkat internasional. Hal tersebut juga berkaitan dengan adnya dukungan fasilitas, ICT, biaya, penelitian, staf, serta sumber penghasilannya. Sehingga melalui alut tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa.

    ReplyDelete
  5. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Bedasarkan gambar di atas,maaf jika saya salah di dalam memahami.Dalam menggapai jejaring sistematik seperti yang tertera pada gambar.Yang menjadi landasan utamanya yaitu philoshopy,teory pembelajaran,visi , content matematika, kurikulum,syllabi,rencana pembelajaran dan buku teks.Kemudian untuk meraih itu semua dibutuhkan niat,sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.Semuanya itu penting di dalam membangun jejaring sitematik.
    Untuk mencapai universitas yang berstandar intersnasional dapat dilihat dari meningkatnya prestasi siswa, kelengkanpan fasilitas kampus,ICT.research, budget,staff dan resources.Didukung juga dengan membangun jaringan dan kerja sama dengan pihak lain.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari gambar yang kami amati tersebut, kami memahami bahwa ada banyak entitas yang berperan dalam pendidikan. Dari entitas-entitas tersebut harus terjalin suatu relasi atau hubungan yang harmonis sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Relasi dan hubungan dari setiap entitas tersebut harus membentuk suatu jaringan sistemik yang kokoh, efektif dan efisien. Jejaring sistemik adalah hubungan saling keterkaitan antara entitas-entitas yang ada. Motivasi, kesopanan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman diperoleh dari hasil proses pembelajaran yang dihasilkan oleh sistem yang berjalan dengan baik. Semua hal itu akan terbangun ketika banyak unsur saling berkatian sama lain terbangun dengan baik. Sistem tersebut meliputi intitusi terkait, standar internasional dan hubungan internasional. Kesemua aspek tersebut harus saling berhubungan dan mendukung dengan proses pembelajaran, fasilitas pembelajaran, pembelajaran itu sendiri, buku teks pembelajaran, serta aspek-aspek lain yang terlibat dengan pendidikan.

    ReplyDelete
  7. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Sesuai dengan yang telah diungkapkan di dalam postingan yang lain, setinggi-tinggi derajat orang mencari ilmu adalah jika mencari ilmu dan mengamalkan ilmu dalam jejaring sistemik. Postingan ini memberikan gambaran pada kita untuk dapat berkiprah di dalam jejaring sistemik, yaitu dengan memahami internasional sehingga kita dapat mengembangkan partisipasi dan pencapaian kita ke dalam standar internasional. Hal ini perlu didukung oleh institusi seperti departemen, fakultas, dan universitas dengan menggunakan bukti-buktu yang empiris. Jejaring sistemik juga memerlukan fasilitas, teknologi informasi, penelitian, dana, dan sumber-sumber yang lain. Dengan hal-hal tersebut kita membangun kerjasama secara nasional dan internasional untuk membangun jejaring sistemik. Hal-hal yang dapat kita kerjakan di dalam jejaring sistemik ini ialah teori pendidikan, filsafat, visi, materi matematika, kurikukulum, perencanaan pembelajaran, sumber-sumber belajar, dan lain sebagainya sehingga semuanya itu akan sesuai dengan stadar interasional. Keseluruhan proses tersebut memerlukan adanya kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.

    ReplyDelete