Nov 22, 2012

Menggapai Jejaring Sistemik_ Oleh Marsigit



29 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam pembelajaran matematika, nilai-nilai dapat muncul secara intrinsik, ekstrinsik dan sistemik. Nilai intrinsik dari matematika bersifat personal. Nilai ekstrinsik berelasi dengan subjek atau objek lain. Nilai sistemik bersifat korelasional dan mengatasi serta menampung semua nilai yang ada, misalnya kemampuan mengomunikasikan matematika secara global. Jika seseorang menguasai matematika hanya untuk dirinya maka pengetahuan matematikanya bersifat intrinsik; jika dia bisa menerapkan matematika untuk kehidupan seharihari maka pengetahuanmatematika bersifat ekstrinsik; dan jika dia dapat mengembangkan matematika dalam kancah pergaulan masyarakat matematika maka pengetahuan matematikanya

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menurut pendapat saya, gambar ini menunjukan adanya empat komponen dasar dalam menggapai jejaring sistemik. Empat komponen dasar tersebut yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Dimana tiap jejaring sistemik yang ada membutuhkan empat komponen tersebut sebagai landasannya. Sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dibutuhkan sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa; penggunaan fasilitas, ICT dll; pemanfaatan berbagai pengetahuan seperti, filsafat, Matematika, kurikulum silabus dll. Mohon maaf Pak jika ada kesalahan. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Jejaring sistemik adalah saling terhubung, tergantung, terikat dan bersifat universal. Dalam pembelajaran juga memerlukan jejaring sistemik yang baik antara berbagai aspek, seperti jejaring sistemik antara filsafat, teori pembelajaran, tujuan, materi matematika, kurikulum, silabus, RPP, buku teks, sarana prasaran, ICT, penelitian, biaya, staff, sumber pembelajaran, bukti empiris, dan tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa, dsb. Untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa sangat berhubungan dengan aspek-aspek lainnya. Tidak mungkin tercapai dengan optimal jika salah satu aspek tidak ada. Selain itu, yang menghubungkan semua aspek adalah pembelajaran akan berhasil jika adanya will (kemauan) untuk selalu belajar, attitude (sikap), pengetahuan yang telah dipelajari ataupun yang akan dipelajari, dan pengalaman serta bertujuan agar siswa dapat mengembangkan knowledge (pengetahuan), skill (kemampuan), dan experience (pengalaman) nya.

    ReplyDelete
  4. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    sama seperti artikel lain tentang jejaring sistematik sebelumnya, jejaring sistematik ini merupakan sistem yang saling berhubungan, terkait dan bersifat universal dimana menyangkut semua aspek. Dalam gambar ini juga begitu saling berhubungan. seperti filsafat sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa. begitu pula dengan fasilitas berupa ICT juga dapat menjadi upaya meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa pula. Oleh karena itu untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa sangat berhubungan dengan aspek lainnya dan hal inilah inti dari sebuah jejaring sistematik.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    dari gambar di atas dapat diketahui bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman). Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

    ReplyDelete
  6. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Berdasarkan gambar di ata dapat diketahui bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman). Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

    ReplyDelete
  7. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pencapaian kompetensi siswa secara normatif meliputi lima komponen yaitu will (niat), attitude (sikap), knowledge (pengetahuan), skill (kemampuan), dan experience (pengalaman). Adanya jaringan sistemik yang didalamnya memuat hubungan kurikulum, silabus, rpp, buku teks, filsafat pendidikan, kebijakan pendidikan, sarana prasarana yang memadai, standar internasional pembelajaran bertujuan agar siswa dapat mengembangkan dan mencapai kelima kompenen tersebut.

    ReplyDelete
  8. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari gambar yang diberikan, saya menyimpulkan bahwa jejaraing sistemik berarti saling bersinergi. Dalam pendidikan, agar mencapai hasil belajar yang diiinginkan semua pihak, dan siswa dapat memahami materi dengan baik maka selain guru perlu diperhatikan hal-hal lain yang menunjang keberhasilan pendidikan. dalam gambar disebutkan hal penunjang itu anatara lain, silabus, filsafat pendidikan, LKS, RPP, fasilitas belajar, staff penunjang, ICT, standar pendidikan dan lainnya. Semua hal tersebut saling menunjang dan membentuk suatu sistem.

    ReplyDelete
  9. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Kehendak atau niat, sikap, keterampilan, dan pengalaman adalah dasar dari jejaring sistematik untuk membangun negeri ini, khususnya bagi pendidik. Untuk menghadapi abad 21 ini, khususnya di bidang pendidikan, bagi seorang guru keterampilan adalah salah satu komponen yang sangat diperlukan guna untuk mendukung dan memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran. Selain keempat hal di atas, harus juga didukung oleh fasilitas yang memadai, ICT yang mendukung, penelitian-penelitian tentang pendidikan. Karena sekarang zaman tehnologi yang juga merupakan salah satu pendukung dalam pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Jejaring sistemik pendidikan adalah hubungan dari segala yang Ada dan yang mungkin Ada dalam dunia pendidikan. Tingkah laku, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam pendidikan semuanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berdasarkan gambar, saya mencoba untuk menjelaskan faktor dari jejaring sistemik pendidikan:
    •Filosofi pendidikan, teori pendidikan, konten matematika, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran serta buku teks berdasarkan standar Internasional saling berhubungan, saling mempengaruhi dengan peningkatan partisipasi dan prestasi peserta didik.
    •Karena hubungan kerjasama pendidikan skala nasional atau Internasional maka diadakan atau diaturnya fasilitas, ICT, penelitian, keuangan, karyawan, dan sumber dalam pendidikan.
    •Fasilitas, ICT, penelitian, keuangan, karyawan, dan sumber dalam pendidikan dengan dukungan institusi pendidikan, saling berhubungan dengan peningkatan partisipasi dan prestasi peserta didik.
    Hal yang berlangsung dalam institusi pendidikan merupikan bukti empiris dari jejaring sistemik

    ReplyDelete
  11. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut pemahaman saya, untuk dapat menggapai jejaring sistemik dalam menuju guru yang mempunyai keterampilan memerlukan beberapa hal yang mendukung. Diantaranya pengetahuan mengenai filsafat, kurikulum, silabus, pendidikan dan lainnya. Dari hal yang diperoleh tersebut dapat diterapkan ke siswa untuk mendapatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan pertisipasi siswa dalam pembelajaran diperlukan adanya fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran seperti ICT, staff dan bahkan mungkin bangunan sebagai fasilitas penunjangnya.

    ReplyDelete
  12. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Berdasarkan bagan diatas, jejaring sistemik merupakan koordinasi menyeluruh antara unsur-unsur pembangun yang untuk meningkatkan mutu dan kualitas ilmu serta pendidikan yang ada. Unsure pembangunya antara lain adalah universitas yang di dalamnya terdapat fakta empiris dan bahan pendukung. Kemudian ada kerjasama nasional maupun internasional yang melipui fasilitas, ICT, dana, penelitian, sumber, dan pegawai yang mendukung inovasi RPP, kurikulum, silabus, buku, konten matematika dll. Kemudian ada standar internasional menyangkut peningkatan partisipasi dan penilaian siswa. semuanya itu berpusat pada kemauan, attitude, pengetahuan, kemampuan, dan juga pengalaman.

    ReplyDelete
  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Seperti pada bacaan-bacaan sebelumnya mengenai jejaring sistemik, jejaring sistemik hubungan dari segala yang ada dan yang mungkin ada dalam hidup, dari yang menyangkut ontology sampai yang menyangkut aksiologi termasuk didalamnya adalah epistemologinya. Hubungan yang ada tentunya disertai dengan hubungan transenden yang selalu diikuti oleh spiritual. Setinggi-tingginya logika yang kita gunakan maka hati tetap sebagai pemimpin dari perjalanan kita didunia. Karena setinggi-tingginya ilmu yang kita dapatkan adalah ilmu yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Dan setinggi-tingginya ilmu jika ilmu itu didapat dalam jaringan yang sistemik dan mengamalkan dalam jaringan sistemik.

    ReplyDelete
  14. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Untuk dapat menggapai jejaring sistemik, hendaknya seseorang tersebut haruslah seimbang kerja dan berpikirnya. Ia harus mampu melakukan sintesis/kooperatif/kolaboratif. Jangan sampai terperosok dalam universal value. Hal yang perlu dilakukan adalah mengkolaborasikan local genius dan universal value dalam pembelajaran. Syarat – syarat untuk dapat melakukan kolaborasi adalah memahami dan mengerti diri sendiri, background diri, misalnya budaya, masyarakat dll. Universal value dapat diperoleh melalui terori – teori, jurnal,buku internet, dan sebagainya. Alat untuk mengolaborasikan dapat berupa bahasa inggris, sikap, niat, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Dalam proses kolaborasi diperlukan landasan yang berupa filsafat. Bagi kaum beragama atau kaum fondasionalism landasan yang dipakai ialah agamanya masing – masing. Dalam hal ini landasan agama merupakan landasan yang mutlak dan absolut karena landasan tersebut merupakan milik Tuhan. Dalam melakukan suatu hal mutlak diperlukan suatu. Jika sesuatu hal tidak memiliki landasan, maka dapat dikatakan hal tersebut hanya merupakan mitos belaka. Terkadang seseorang melakukan kegiatan irasional karena tidak mempunyai solusi yg jelas.

    ReplyDelete
  15. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Jejaring sistemik merupakan semua hal yang menjalin keterkaitan antara unsur-unsur yang ada. Kemauan, tingkah laku, pengetahuan, kemampuan serta pengalaman, itu semua merupakan hasil pembelajaran yang tersistem dengan baik. hal-hal tersebut akan terbangun ketika banyak unsur saling berkatian sama lain terbangun dengan baik. keterkaitan baik antara proses pembelajaran, fasilitas pembelajaan, buku teks dalam pembelajaran, serta masih banyak lagi yang memiliki keterkaitan yang saling mendukung.

    ReplyDelete
  16. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Untuk dapat menggapai jejaring sistematik tersebut diperlukan beberapa komponen diantaranya yaitu niat, perilaku, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat, dengan begitu kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebaik-baik orang yang berilmu adalah mampu memberikan manfaat kepada orang lain dengan mengamalkan dan mengajarkan.

    ReplyDelete
  17. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Jejaring sistemik diatas berlandaskan pada kemauan/niat, sikap, penegtahuan, ketrampilan, dan pengalaman. yang akan digunakan dalam filsafat, teori pendidikan, pandangan, isi matematika, kurikulum, silabus, perencanaan pembelajaran dan buku teks yang akan menjadi standar internasional dengan meningkatkan partisipasi siswa dan prestasi siswa yang kemudian akan menjadi pendukung di perguruan tinggi melalui bukti empiri yang kemudian akan menjadi kerjasama nasional atau internasional berdasarkan fasilitas ICT, Penelitian, anggaran, karyawan dan sumber. Dan yang paling mendasari dari jejaring ini adalah kemauan atau niat seseorang, niat sangat dibutuhkan jika ingin melakukan sebuah perubahan.

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Jejaring sistemik ialah sistem yang terhubung secara universal. Setinggi-tinggi derajat orang mencari ilmu adalah jika dia mencari dan mengamalkan ilmu dalam Jejaring Sistemik. Serendah-rendah etos kerja dan kinerja ialah jika mereka hanya bekerja dan mencari ilmu untuk dirinya sendiri. Tingkatan yang lebih tinggi adalah jika etos kerja dan kinerja memperoleh pengetahuan juga digunakan dan bermanfaat bagi orang lain. Demikian tujuan hidup seseorang yang seharusnya.

    ReplyDelete
  19. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Wiil, Attitude, Knowledge, Skill, Experience merupakan hal yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan potensi siswa. Jejaring sistemik ini saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Seseorang yang mempunyai pengetahuan tidaklah cukup sehingga harus didukung dengan sikap dan moral dalam setiap tindakannya.

    ReplyDelete
  20. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Berdasarkan gambar di ata dapat diketahui bahwa dalam menggapai jejaring sistemik diperlukan Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman). Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dan pencapaian kompetensi yang perlu dikembangkan dalam melakukan persiapan khusus. Dalam melaksanakan persiapan khusus yang nantinya akan menghasilkan RPP, seorang guru harus mampu mengadakan sumber belajar yang bervariasi. Sumber belajar tidak hanya guru saja, namun juga bisa dengan text book, blog, atau pun ICT.
    Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

    ReplyDelete
  21. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Jejaring sistemik yang digambarkan di dalam artikel ini mengisyaratkan bahwa kemauan, pengalaman, keterampilan, pengetahuan, dan perilaku kita akan mempengaruhi dan mendasari segala hal yaitu baik dari segi filsafat yang menjadi dasar dan memiliki peran dalam bidang akademik dan teknologi yaitu untuk menunjang prestasi dan partisipasi siswa serta menggunakan fasilitas-fasilitas, penelitian, sumber daya, dan lain-lain sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuannya. Meniliki kembali dalam pendidikan matematika di Indonesia, sebenarnya apabila kita telusuri lebih jauh, paradigma yang sedang berkembang dalam pendidikan di Indonesia belum memiliki tren positif untuk benar-benar memajukan bangsanya demi kepentingan dan tujuan yang dicita-citakan. Banyak aspek yang belum secara maksimal dimiliki atau dimanfaatkan dalam rangka memajukan bangsa dan negara. Karena pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa.

    ReplyDelete
  22. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jejaring sistemik adalah jaringan yang saling berinteraksi yang membentuk suatu sistem. Dalam pembelajaran pun membutuhkan jejaring sistemik. Sehingga dalam kurikulum terdapat berbagai kompenen didalamnya yang secara system akan membentuk pembelajaran. Dan dalam pembelajaran memperhatikan berbagai aspek seperti aspek spiritual, social, pengetahuan, dan ketrampilan dimana aspek-aspek tersebut saling mempengaruhi. Sehingga untuk membentuk lebih baik tujuan maka kurikulum melacarkan berbagai metode yang mendukungnya sehingga lebih baik.

    ReplyDelete
  23. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pemahaman mengenai jejaring sistemik memang sangatlah diperlukan terutama dalam dunia pendidikan. Dengan pemahaman jejaring sistemik ini, maka akan diketahui kesalahan dan kekurangan apa yang masih kurang untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Seperti yang tergambar bahwa filsafat pendidikan mempengaruhi wajah kurikulum pendidikan. Kemudian untuk menggapai pengetahuan, skill dan kemampuan lain maka membutuhkan pula dukungan dari lembga intitusi (sekolah atau universitas). Dukungan ini meliputi tenaga pendidik, fasilitas, ICT dan sumber belajar yang memadai. Jika jejaring sistemik ini bsia diatur dengan baik, maka pendidikan pun akan berjalan optimal.

    ReplyDelete
  24. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Setiap institusi terdiri dari berbagai komponen yang menyusunnya. Semua komponen tersebut saling berhubungan dan saling membutuhkan, serta berperan pada ruang dan waktunya masing-masing. Kesemuanya tersebut membuat sebuah jejaring sistemik. Di dalam jejaring sistemik, semua orang mempunyai pengaruh. Saya mengingat ketika dulu ikut perkuliahan filsafat dengn Bapak, Anda berpesan bahwa sebagai seorang guru kita harus mampu berkipran dalam jejaring sistemik. Artinya guru juga harus berperan aktif dalam pendidikan, selain hanya mengajar di kelas. salah satu cara guru berkiprah di dalam jejaring sistemik yaitu dengan cara mengada. Guru yang mengada akan menjadi pengada. Dengan demikian guru tersebut dianggap ada.

    ReplyDelete
  25. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jejaring sistemik menghubungkan unsur-unsur dalam pendidikan. Dengan filosofi, kebijakan pendidikan, kurikulum, lesson plan, dan dengan melihat dukungan fasilitas, ICT, dana, SDM, dan dukungan institusi akan terjadi peningkatan partisipasi dan pencapaian siswa dalam belajar, dengan melihat kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman siswa

    ReplyDelete
  26. Dwi Kawuryani
    S1 Pend.Mat I 2014
    14301241049
    Dalam foto tersebut terdapat 5 unsur dalam jejaring sistematik, yaitu kedinginan, pengetahuan, ketrampilan, Sikap dan pengalaman. Dalam mencaoai 5 komponen tersebut dibutuhkan banyak aspek yang saling terkait dan saling mempengaruhi. Untuk menjalankan jaringan sistematik tersebut maka aspek-aspek tersebut perlu dijalankan.

    ReplyDelete
  27. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Jejaring sistemik adalah suatu sistem yang saling berinteraksi untuk tujuan tertentu. Saling terkait, mempengaruhi, terhubung, tergantung. Dengan jaring sistemik, manusia akan mendapatkan banyak manfaat jika mampu bersinergi dengan baik. Salah satu agar bisa membuat jaring sistemik, kita haruslah menghasilkan karya-karya orisinil, sesuai dengan apa yang sudah kita lakukan atau teliti. Dengan begitu, kita bisa bertukar informasi, membangun jaringan sistemik yang saling bersinergi yang menguntungkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  28. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Jaringan semantik merupakan model memori manusia yang dibangun oleh M. R. Quillian sebagai representasi grafis dari informasi proposisional. Informasi proposisional adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah. Jaringan semantik ini disajikan dalam bentuk graf berarah. Gambar di atas adalah contoh jaringan sistimatik pendidikan di tingkat universitas.

    ReplyDelete
  29. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sikap, pengetahuan, dan keahlian akan membentuk jejaring sistemik yang baik jika terdapat jaringan dalam skala nasional hingga internasional, lalu terdapat institusi yang mendukung kita seperti departemen, universitas, kementrian dan sebagainya. Kemudian yang tidak kalah penting adalah kita harus sesuai standar internasional

    ReplyDelete