Jun 16, 2013

SURAT TERBUKA IMAGINER UNTUK PRESIDEN IMEGINER




Yogyakarta, 6 Oktober 2013

Kepada
Yth Bapak Presiden Republik Indonesia Imaginer
cc:
1, Bp Menteri Pendidikan Imaginer
2. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Imaginer



Dengan hormat,

Ass. Wr.Wb

Kepada Yth Bapak Presiden Republik Indonesia Imaginer

Perkenankan, saya nama Marsigit Imaginer, dosen pada Jurusan Pendidikan Matematika Imaginer, FMIPA UNY Imaginer, ingin menyampaikan Surat Terbuka Imaginer kepada Bapak berkaitan dengan pokok pikiran saya untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sebagai berikut:

Beberapa pokok persoalan pendidikan pada saat ini, menurut hemat kami meliputi:

a.belum optimumnya peningkatan kualitas tenaga kependidikan
b.kesenjangan antara tuntutan kualitas lulusan sekolah dengan fakta di lapangan
c.ukuran dan variabilitas standar atau kriteria kompetensi lulusan di tingkat global
d.pemerataan kesempatan belajar bagi semua warga secara adil dan merata
e.terjaganya keseimbangan antara nilai-nilai lokal, nasional dan internasional
f.kesempatan dan partisipasi belajar seumur hidup bagi setiap warga
g.akuntabilitas implementasi dan praktek kependidikan pada semua level
h.keberlanjutan usaha inovasi bidang kependidikan
i.pemberdayaan potensi segenap komponen unsur pendidikan
j.komunikasi dan interaksi sinergis inter dan antar komponen kependidikan
k.revitalisasi dan review peraturan perundang-undangan
l.kedudukan atau posisi strategis nilai-nilai kependidikan nasional dalam kancah internasional
m.ketuntasan pemahaman dasar filosofis dan nilai-nilai dasar kependidikan baik yang berakar dari budaya sendiri maupun yang perlu diadaptasi atau diadopsi dari luar.
n.kreativitas, fleksibilitas, dinamika fungsi dan peran Sistem Pendidikan Nasional dengan segenap komponennya.

Saya menyimpulkan bahwa persoalan-persoalan pendidikan  kita, tidak akan tuntas penyelesaiannya jika hanya diselesaikan dengan cara-cara biasa dan parsial.

Untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di atas, maka saya mengusulkan kepada Bapak Presiden Imaginer RI cq Menteri Pendidikan RI Imaginer untuk melaksanakan Revolusi Pendidikan di Indonesia Imaginer.

Berikut butir-butir pemikiran saya mengenai bagaimana Revolusi Pendidikan itu dapat dilaksanakan:

1.Revolusi Pendidikan harus dilakukan oleh Pemerintah, sebab jika dilakukan oleh gerakan masa akan menimbulkan kerusakan, kekacauan dan biaya mahal.
2.Revolusi Pendidikan dilakukan dengan meninjau ulang UU Sisdiknas, menghapus pasal-pasal yang sudah tidak relevan dan mengganti pasal-pasal yang sesuai dengan tuntutan jaman, teori kependidikan, kajian atau hasil riset, dan masukan para educationist.
3.Benahi Sistem Pendidikan Nasional dengan merevitalisasi Struktur dan Personel secara professional. Hilangkan dan berantas semua KKN, Kolusi dan nepotisme dalam bidang pendidikan baik di Tingkat Pusat maupun di Tingkat Daerah.
4.Hapus atau cabut semua Peraturan Pemerintah dan Permendiknas yang sudah tidak relevan.
5.Hapus KTSP (Kurikulum pada Tingkat Satuan Pendidikan) dan ganti dengan KBKS ( Kurikulum Berorientasi kepada Kebutuhan Siswa)
6.Bubarkan BSNP dan ganti dengan BPKBN (Badan Penjamin Kemerdekaan Berpikir Nasional)
7.Cabut dan hilangkan dana-dana kompetisi seperti BOS dan ganti dengan DPIP (Dana Pemberdayaan Institusi Pendidikan)
8.Bubarkan Pusat Kurikulum dan ganti dengan PPKSN (Pusat Pengembangan Kreativitas Siswa Nasional)
9.Bubarkan Lembaga Penjaminan Mutu dang anti dengan PPKKGN(Pusat Pengembangan Kreativitas dan Kemandirian Guru Nasional)
10.Bentuk Direktorat baru yaitu Direktorat Pengaduan Ketidakadilan Layanan Pendidikan Nasional)
11.Hapus Ujian Nasional dan ganti dengan PRONASMINRASA (Program Nasional Menumbuhkan Minat dan Rasa Senang Belajar)
12.Naikkan Gaji Guru tanpa prasarat sebesar 10 (sepuluh) kali Gaji Pokok
13.Naikkan Gaji Dosen tanpa prasarat sebesar 10 (sepuluh)kali Gaji Pokok
14.Naikkan Anggaran Pendidikan Nasional menjadi 30 (tiga puluh) persen
15.Rombak dan desain ulang bangunan-bangunan kependidikan (sekolah) dengan menerima masukan dari sipemakai (educationist progressive)agar sesuai dengan peruntukannya.
16.Hapus Gerakan Wajib Belajar dan ganti dengan Gerakan Sadar Belajar
17.Ganti KKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) dengan PPKKKS (Pusat Pengembangan Kreativitas dan kemandirian Kepala Sekolah)
18.Ganti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)dengan IPDUG (Inovasi Pembelajaran dari dan untuk Guru)
19.Hapus semua Perda yang merugikan kreativitas Sekolah, kreativitas Guru dan kreativitas Siswa.
20.Budayakan RASA MALU bagi orang-orang yang menduduki jabatan kependidikan (termasuk expert, Nara Sumber dan Konsultan) tetapi tidak mempunyai latar belakang kependidikan.
21.Bubarkan Pusat Perbukuan dan ganti dengan P3BG(Pusat Pemberdayaan Penulisan Buku oleh Guru)
22.Ganti fungsi Pengawas Sekolah dengan TP3 (Tenaga Percontohan Pengembang Pendidikan)
23.Bentuk MP2K2 (Musyawarah Para Pengambil Kebijakan Kependidikan)baik tingkat Nasional maupun tingkat daerah
24.Bubarkan Dewan Pendidikan dan ganti dengan P3OP(Pusat Pengembangan dan Partisipasi OrangTua Murid untukPendidikan)
25.Ganti Ujian Sekolah dengan PPS (Pengembangan Portofolio Siswa)
26.Berilah kebebasan bagi para guru untuk mengembangkan metode pembelajarannya.
27.Berilah kebebasan para guru untuk mengembangkan dan memilih bentuk RPP nya
28.Berilah kebabasan sekolah untuk menentukan kriteria keberhasilan pendidikan masing-masing.
29.Berilah kesempatan sistem atau skema yang berkembang dalam masyarakat agar kualitas pendidikan atau kualitas lulusan akan dengan sendirinya teruji secara sehat dalam pergaulan pendidikan.
30.Janganlah terlalu banyak membuat peraturan perundang-uandangan dengan lingkup yang terlalu sempit atau terlalu teknis sehingga akan menyulitkan dalam implementasinya.

Demikianlah pokok pikiran saya, saya buat dengan tidak mempunyai motif apapun kecuali untuk usaha meningkatkan pendidikan. Amin

Hormat saya,

Marsigit Imaginer

46 comments:

  1. Muhammad Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Dalam dunia pendidikan di Indonesia ini memang masih memiliki beberapa kendala. Untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan indonesia agar setara dengan negara-negara maju lainnya memang bukanlah perkara yang mudah. Penyelesaian kendala dalam dunia pendidikan hendaknya mellaui adanya revolusi pada pendidikan Indonesia. Namun sebenarnya terdapati banyak potensi yang dapat dikembangkan dalam dunia pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Saat sekarang ini sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia menghadapi berbagai permasalahan khususnya di bidang pendidikan. Salah satunya yang menjadi sorotan utama menurut saya adalah pemerataan kesempatan belajar bagi semua warga secara adil dan merata. Serta terjadinya sistem sekolah elitis, dimana adanya sekolah yang hanya bisa dijangkau oleh masyarakat ekonomi di atas rata-rata sedangkan mereka yang di bawah hanya sebatas sekolah apa adanya dengan fasilitas yang minim serta kompetensi guru yang masih minim. Hal ini menjadi sangat memprihatinkan karena banyak anak Indonesia yang cukup cerdas, mampu dalam hal kognitif untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi mereka tidak lanjut disebabkan karena mereka tidak mampu dari segi ekonomi. Saya sangat setuju dengan solusi-solusi yang ditawarkan khususnya pada bagian agar anggaran pendidikan dinaikkan menjadi 30%. Hal ini apabila terwujud tentunya akan memberikan dampak yang berarti bagi anak-anak Indonesia yang kurang mampu tetapi mempunyai kemauan kuat untuk bersekolah.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Surat terbuka yang ditujukan kepada presiden mengenai revolusi pendidikan. Diadakannya revolusi pendidikan karena persoalan-persoalan pendidikan tidak akan tuntas penyelesaiannya jika diselesaikan dengan cara yang biasa-biasa saja/parsial maka diperlukan revolusi pendidikan. Tujuan revolusi pendidikan guna meningkatkan kualitas pendidikan dengan menghapus landasan hukum yang tidak sesuai dan diganti dengan landasan hukum yang sesuai serta memperhatikan hak-hak dan kebutuhan pendidik dan peserta didik.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Segala kritikan, usul dan saran demi perbaikan kualitas pendidikan sangat diharapkan. Hal ini bertujuan agar pendidikan menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang memiliki pengetahuan, sikap,dan ketrampilan yang terampil dalam segala hal. Dengan demikian perlu adanya perbaikan dan evaluasi terhadap proses pendidikan yang sudah dilkasanakan.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam sebuah negara. Kualitas pendidikan bisa jadi menunjukkan kualitas bangsa. Karena generasi penerus bangsa ditempa di dalamnya. karakter bangsa juga ditentukan melalui pendidikan. Dan tentunya karakter yang baik berawal dari pendidikan yang baik pula. Indonesia merupakan negara besar, terbentang dari Sabang hingga Merauke. Sudah 71 tahun sejak kemerdekaannya, masalah tersebsar yang masih menjadi PR bangsa adalah masalah Pendidikan. Berbagai macam kurikulum juga diterapkan silih berganti sesuai dengan tuntutan jaman. Namun, hal ini pun juga masih belum cukup untuk mengentaskan masalah pendidikan di Indonesia. Sejatinya, pendidikan yang paling utama adalah pendidikan dalam keluarga. Namun sebuah keluarga yang baik tentunya terbentuk dari pendidikan yang baik begitu seterusnya membentuk sebuah lingkaran. Jika awal sebuah keluarga tersebut dari pendidikan baik, maka terdapat jaminan bahwa keturunannya pun juga akan baik, begitupun sebaliknya. Tetapi tentunya hal ini bisa berubah, jika seseorang berani keluar dari lingkaran yang baik dan membentuk sebuah lingkaran baru yang lebih baik, hal ini bukan lah sebuah keniscayaan. Perubahan yang baik akan membawa kepada kebaikan pula.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Bagitu banyak persoalan yang belum terselesaikan. Tidak serta merta kita menyalahkan Pak Presiden saja, sebagai warga negara Indonesia yang solider, kita tidak perlu menyalahkan 1 orang saja. Selayaknya warga negara harus membantu menyelesaikan masalah di kala negara didera bahaya. Sikap nasionalis harus dipunyai oleh setiap diri pribadi. Menyinggung pendidikan yang ada di negara ini, perlu perhatian serius untuk menanggulanginya dalam bentuk bukti bukan janji. Selain itu aspirasi berupa materi atau sarpras sangat dibutuhkan bagi mereka yang jauh.

    ReplyDelete
  7. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Barangkali tak ada di antara kita yang tak setuju bahwa pendidikan punya peran besar dalam pembangunan suatu bangsa. Namun sering kali kita berhenti pada tataran abstrak dan menerimanya sebagai kebenaran mutlak yang tidak perlu lagi dikaji dan dirinci. Usaha melakukan pendidikan ilmu harus digalakkan selain itu, yang lebih penting lagi ialah menggalakkan pendidikan berdikari dalam berfikir.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Usulan-usulan Prof kepada presiden sangat menarik untuk ditelaah dan dipertimbangkan. Dimana semua dilakukan untuk tujuan perkembangan dunia pendidikan diindonesia. Saya lebih menyorot poin Hapus Gerakan Wajib Belajar dan ganti dengan Gerakan Sadar Belajar, dimana saya rasa ini wajib untuk dilakukan . Sudah seharusnya setiap indvidu memiliki kesadaran untuk belajar bukan karena keterpaksaan untuk belajar, seharusnya belajar itu bisa dimana saja dan kapan saja. Pengalaman adalah belajar yang sesungguhnya. Kita bisa lihat dinegara power dimana proses belajar mereka berjalan dengan santai dan menarik dikarena kan mereka sadar bahwa mereka butuh belajar untuk masa depan.

    ReplyDelete
  9. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Penyelesaian secara parsial tidak akan dapat memperbaiki pendidikan di Indonesia. Pemerintah perlu mengkaji lebih dalam mengenai pendidikan melalui pengkajian teori kependidikan, hasil riset, serta pendapat para educationis. Perubahan secara besar-besaran perlu dilakukan oleh pemerintah dengan dukungan semua pihak. Perubahan tersebut tidak hanya pada hal-hal yang bersifat teknis namun yang paling utama adalah pada pola pikir. Sebagai contoh seperti yang telah bapak singgung pada artikel di atas yaitu mengenai kreativitas, pola pikir wajib belajar menjadi sadar belajar, serta partisipasi orang tua. Memang bukan hal yang mudah untuk bisa memperbaiki pendidikan Indonesia. Namun, jika pemerintah dan seluruh komponen bangsa ini mempunyai tekat dan melakukannya dengan sungguh-sungguh, Insyaallah pendidikan kita bisa menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Saya sangat setuju dengan isi surat yang telah Prof tulis. Permasalahan pendidikan Indonesia masih sangat kompleks sehingga tidak bisa diselesaikan jika cara yang hanya biasa-biasa saja. Solusi yang diberikan haruslah berupa revolusi pendidikan. Kemudian, pembahasan tentang kesejahteraan pendidik juga tidak kalah penting dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Karena guru memanglah memiliki tugas yang cukup berat, sehingga perlu diberi kesejahteraan. Karena saat ini hanya sedikit guru yang rela melakukan tugas mulianya itu dengan tingkat kesejahteraan seperti saat ini. Dan mungkin dengan meningkatkan kesejahteraan guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Karena peran guru sangat berarti untuk meningkatkan pendidikan suatu negara.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS PMAT D

    Revolusi pendidikan jelaslah harus dilakukan oleh pemerintah, sudah terlalu banyak usaha yang dilakukan oleh massa, namun masih belum bisa diwujudkan karena pusta pemerintaha sendiri tidak mewaahi usaha tersebut. Jika dilakukan oleh pemerintah, segala sesuatu dapat lebih terpusat sehingga tidak kocar-kacir pelaksanaannya. Perbaikan kualitas pendidikan sangat diperlukan agar penerus bangsa dapat memiliki sikap dan pengetahuan yang lebih dalam menghadap perubahan lingkungan dan system dunia yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS PMAT D 2015

    Segala kritikan,usul dan saran demi perbaikan kualitas pendidikan sangat diharapkan.Hal ini bertujuan agar pendidikan menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang memiliki sikap,pengetahuan dan ketrampilan.Dengan demikian perlu adanya perbaikan dan evaluasi terhadap proses pendidikan yang sudah dilkasanakan.

    ReplyDelete
  13. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Jangankan kehidupan dunia pendiikan saja masih memiliki kekurangan apalagi pendidikan di indonesia. Sebenarnya ada rasa di dalam benar hati kok kurikulum selalu berubah tiap tahun, dan jika ganti metri maka akan terjadi perubhana kurikulum lagi. Sebenarnya apakah itu baik selalau gonta ganti kurikulum? Sebenarnya kualitas dan kuantitas pendidikan zaman sekarang bisa di perbaiki seperti jika 1. Revolusi Pendidikan harus dilakukan oleh Pemerintah, sebab jika dilakukan oleh gerakan masa akan menimbulkan kerusakan, kekacauan dan biaya mahal.2.Revolusi Pendidikan dilakukan dengan meninjau ulang UU Sisdiknas, menghapus pasal-pasal yang sudah tidak relevan dan mengganti pasal-pasal yang sesuai dengan tuntutan jaman, teori kependidikan, kajian atau hasil riset, dan masukan para educationist.3.Benahi Sistem Pendidikan Nasional dengan merevitalisasi Struktur dan Personel secara professional. Hilangkan dan berantas semua KKN, Kolusi dan nepotisme dalam bidang pendidikan baik di Tingkat Pusat maupun di Tingkat Daerah. Yang telah di sebutkan bapak. Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Meskipun surat ini adalah surat imaginer, namun sesungguhnya surat ini adalah untuk kita semua. Kita yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk berusaha mewujudkannya. Paling tidak kita berkontribusi mulai dari diri sendiri bagaimana menjadi mahasiswa yang baik sehingga dengan begitu dikemudian hari kita mampu berkontribusi lebih banyak atau bahkan mungkin beberapa mampu menentukan kebijakan tersebut.

    ReplyDelete
  15. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Permasalahan dalam dunia pendidikan sangat kompleks. Apalagi permasalahan pendidikan di Indonesia. Indonesia merupakan negara berkembang yang artinya sedang berkembang juga dalam bidang pendidikan, sehingga akan ada banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam bidang pendidikan. Kualitas pendidikan di Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh guru karena guru yang memegang peranan penting di sekolahan. Guru juga yang berinteraksi dengan siswa secara langsung. Oleh karena itu perlu adanya dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak dalam bidang pendidikan agar permasalahan pendidikan di Indonesia dapat diatasi bersama.

    ReplyDelete
  16. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Upaya evaluasi dan perbaikan memang diperlukan dalam upaya untuk menentukan tindak lanjut selanjutnya untuk mencapai tujuan yang optimal. Begitu pula dalam pendidikan, maka tidak hanya sang "Presiden" pendidikan saja, namun semua akademisi dan pendidik sebaiknya ikut berupaya dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dunia pendidikan. Kerjasama yang baik juga akan menghasilkan hasil yang optimal. Begitu menurut hemat saya.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Tidak hanya memberikan kritik, namun memberikan solusi atas kritikan tersebut.
    Usulan solusi pemcahan masalah di dalam dunia pendidikan Indonesia yang sangat menarik perhatian saya. Terlalu banyak masalah di dalamnya. Salah satu yang akan saya komentari adalah KKN. KKN telah bersarang hingga ke akar – akarnya. Hingga sulit untuk dibasmi. Hanya saja ini dapat dilakukan dengan menanamkan nilai – nila ideologi berasaskan moral kepada generasi baru dalam bidang apa pun. Mengapa? Karena para senior nantinya akan digantikan oleh generasi baru selain memiliki kompetensi di bidang tersebut, juga menomorsatukan nilai, moral dan hati nurani yang luhur untuk memajukan bangsa ini. Tidak hanya untuk bidang pendidikan, namun untuk semua bidang yang digeluti.

    ReplyDelete
  18. Pendidikan memang mempunyai masalah, mungkin presiden (pemerintah) mempunyai kuasa untuk dapat memperbaiki pendidikan. Presiden melalui menteri mempunyai kebijakan, pendanaan, dan program untuk meningkatkan kualitas. Program dapat berhasil jika prakteknya juga berjalan dengan baik. Kadang programnya, kebijakannya bagus tetapi yang kurang adalah prakteknya, sumber daya manusia dan sarana serta prasarananya yang tidak memungkinkan. Tidak melulu menunggu dari pemerintah, guru, sekolah, perguruan tinggi juga dapat membantu pemerintah dengan melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  19. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Permasalahan di Indonesia sangatlah kompleks, termasuk di dalamnya dunia pendidikan. Salah satu permasalahan yang menjadi sorotan saya adalah masih terbengkalainya inovasi-inovasi siswa dan mahasiswa Indonesia. Banyak anak muda Indonesia yang melanjutkan inovasi-inovasinya hanya karena pemerintah yang belum tanggap untuk menghargai karya anak bangsa. Ini menjadi PR besar bagi pemerintah dan dinas pendidikan untuk terus mendukung kreativitas anak muda di Indonesia.

    ReplyDelete
  20. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Persoalan tentang pendidikan memang tidak akan pernah usang untuk diperbincangkan dan kita semua punya tanggung jawab untuk memajukannya, maka siapapun kita apalagi sebagai presiden harus menerima kritikan dan saran yang bersifat membangun demi kemajuan pendidikan dan bangsa. Dalam hal ini terdapat kaitannya dengan identitas bangsa, termasuk budaya nasional dan budaya-budaya nusantara. Di samping terpaan tentang gagasan-gagasan dalam pendidikan, globalisasi terjadi pula secara langsung menerpa setiap individu manusia melalui buku, radio, televisi dan media lainnya. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bisa menggagas perubahan yang bersifat membangun.

    ReplyDelete
  21. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Setelah membaca artikel di atas, ternyata banyak sekali masalah dunia pendidikan yang ada di negara kita ini. Apa yang telah disebutkan di atas mungkin belum seluruhnya. elegi diatas juga menyebutkan solusi-solusi agar pendidikan menjadi lebih baik. salah satunya adalah 'Berilah kebebasan bagi para guru untuk mengembangkan metode pembelajarannya'. benar, bahwa guru harus mempunyai kebebasan dalam mengelola kelasnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. tak bisa kita menyamarakatan metode pembelajaran yng di gunakan di seluruh Indonesia. maka dari itu, kekreatifan guru itu penting dan harus dijaga dan diperbaiki terlebih dahulu untuk memperbaiki pendidikan. sembari menunggu perbaikan-perbaikan sistem pendidikan (yang diusulkan diatas) yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  22. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Setiap anak di Indonesia diwajibkan belajar 12 tahun sampai kelas 3 SMA. Namun sepertinya hal tersebut masih menjadi masalah. Masih banyak anak-anak di Indonesia bahkan tidak bisa menamatkan sekolah SD nya. Masalah yang ada ini tentu tidak mudah untuk diselesaikan, dan kita tidak bisa mengandalkan pemerintah saja, semua elemen masyarakat juga harus ikut berperan, baik itu guru ataupun orang tua si anak.

    ReplyDelete
  23. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Salah satu masalah pendidikan di Indonesia ialah masalah kurikulum. Seharusnya guru dibekali dengan pelatihan yang maksimal sehingga akan benar- benar siap dalam menerapkannya kepada peserta didik. Karena guru pun butuh berkolaborasi antar sesame mereka untuk menetukan cara atau strategi dalam proses pembelajaran. Hingga perangkat pembelajarannya pun guru harus mengembangkannya.

    ReplyDelete
  24. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Guru yang merupakan unsur terpenting dalam dunia ini malah kerap merasa kebingungan untuk menentukan sikap lantaran mereka jadi dituntut harus menyesuaikan diri dengan cepat dengan perubahan kurikulum tersebut. Akibatnya, waktu pelaku utama pendidikan yang seharusnya bertugas utama menyebarkan ilmu pengetahuan kepada murid ini malah menjadi tersita akibat terlalu lamanya mereka berkutat dengan administrasi dan segala tetek bengek yang disyaratkan dalam tiap perubahan kurikulum.

    ReplyDelete
  25. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Minimnya fasilitas, prasarana, sarana pendukung pendidikan, anggaran negara untuk perbaikan pendidikan dan kesejahteraan para pendidik, juga merupakaan sumbangan kepada ketidakmajuan pendidikan pada berbagai daerah di Indonesia. Pada banyak tempat di Indonesia, ditemukan sekolah-sekolah yang rusak serta minim fasilitas; hanya mempunyai dua atau tiga guru yang mengajar untuk semua kelas; anak-anak usia sekolah tidak mempunyai kesempatan belajar, karena berbagai kendala sosial dan ekonomi.

    ReplyDelete
  26. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Begitu banyak permasalahan di Indonesia, khususnya dunia pendidikan. Belum adanya kesadaran akan pentingnya pendidikan merupakan salah satu akar permasalahan. Hal tersebut dikarenakan adanya pemikiran bahwa pendidikan dibutuhkan untuk memperoleh pekerjaan yang layak, bukan sebagai pembangun karakter calon pemimpin bangsa. Pendidikan seharusnya dijadikan sebagai kebutuhan, bukan sebagai tuntutan untuk mengikuti perkembangan jaman. Semoga pendidikan di Indonesia akan selalu berubah kearah yang lebih baik. Aamiin

    ReplyDelete
  27. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Saya sangat setuju dengan resolusi pendidikan harusnya dapat diselenggarakan di Indonesia yaitu nomor 21 mengenai harus dibubarkannya pusat perbukuan dan diganti dengan Pusat pemberdayaan penulisan buku oleh guru. Karena sesuai UU No. 22 Tahun 2016 pendidik diwajibkan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat buku siswa. Buku siswa harusnya dikembangkan berdasarkan karakteristik siswa, dan hanya guru yang mengetahui karakteristik siswa dimana ia mengajar, maka resolusi ini sangat tepat.

    ReplyDelete
  28. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. pendidikan merupakan dasar untuk memajukan suau bangsa. pendidikan akan menentukan bagaimana masa depan bangsa. hendaknya pemerintah melakukan segala upaya untuk meamjukan pendidikan bangsa. saya setuju dengan opsi-opsi yang dikemukakan Prof. Marsigit untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  29. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya membaca revolusi pak prof terhadap pendidikan di Indonesia, mengorientasikan kepada kebutuhan siswa dan apresiasi prof kepada para tenaga pendidik. Saya setuju dengan revolusi pak prof ini, karena seorang guru saat ini dipandang sebelah mata jasa-jasanya dan banyak terjadi kasus saat ini guru kurang dihargai oleh siswanya bahkan oleh orang tua siswa.

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Pendidikan di Indonesia memang memiliki banyak masalah. Sudah begitu, masalahnya berdimensi pula. Kebijakan pemerintah selalu menjadi sorotan kita. Karena sedikit sekali yang dapat mengakodomadi kebutuhan dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah pendidikan. Bahkan ada diantaranya yang malah menimbulkan masalah baru. Sehingga, ini perlu menjadi perhatian kita bersama untuk membenahi kondisi pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  31. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan revolusi pendidikan yang bapak gagas, sekarang ini akibat dari peraturan pemerintah dimana guru terlalu administratif sehingga melupakan peran guru dalam kelas untuk mendidik siswa, mengembangkan metode pembelajaran dll. Sehingga karena kebanyakan guru terlalu sibuk mengurus administrasi maka siswa menjadi sering ditinggal di kelas tanpa difasilitasi oleh guru.

    ReplyDelete
  32. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam surat terbuka untuk presiden Imaginer ini memaparakan mengenai masalah-masalah pendidikan saat ini yang memang harus segera dicari solusi penyelesaiinya. Masalah-masalah yang terjadi dalam sistem pendidikan tidak hanya terjadi pada tingkat praktisi pendidikan saja, tetapi fungsi dan peran dari sistem pendidikan nasional juga menjadi sorotan utama dalam dunia pendidikan. Minimnya kualitas tenaga pendidik saaat ini, berbanding terbalik dengan kuantitas tenaga pendidik yang ada. Banyaknya tenaga pendidik yang ada tetapi dengan kualitas yang kurang memadai menjadi salah satu masalah dalam dunia pendidikan yang juga harus segera diatasi. Pendidikan harus mengalami revolusi dalam menghadapi berbagai permasalahan-permasalahan yang muncul. Revolusi pendidikan yang dapat dilakukan adalah dengan merombak segala hal yang selalu menjadi tuntutan pendidikan, pendidikan tidak harus memaksa, jangan sampai dengan paksaan tersebut maka akan timbul masalah-masalah baru. Pendidikan memang sangat penting dan setiap orang berhak dan layak mendapatkan pendidikan, tetapi jangan sampai peraturan-pereaturan yang ada malah bersifat memaksa dan menuntut orang untuk menjalani pendidikannya. Peraturan-peraturan yang dibuat haruslah membuat setiap orang sadar akan hak dan pentingnya pendidikan bagi mereka.

    ReplyDelete
  33. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya sangat setuju dengan yang ditulis Bapak Marsigit tentang permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia. Permasalahan pendidikan di Indonesia memang masih sangatlah banyak, sehingga dalam postingan tersebut terdapat 14 permasalahan. Permasalahan tersebut dapat terselesaikan jika seluruh masyarakat ikut membantu dalam penyelesaiannya.

    ReplyDelete
  34. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain mendaftar segala permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia, Bapak Marsigit juga mendaftar solusi yang ditawarkan yang dapat dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat. Inti dari seluruh solusi tersebut adalah mengubah peraturan-peraturan yang bersifat kaku menjadi lebih fleksibel, misalnya hal yang semula terpaku pada peraturan menjadi hal yang dapat mengembangkan kreativitas individu.

    ReplyDelete
  35. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya menyoroti pada solusi nomor 11 yaitu menghapus Ujian Nasional dan ganti dengan PRONASMINRASA (Program Nasional Menumbuhkan Minat dan Rasa Senang Belajar). Menurut saya, ini merupakan usulan yang menarik walaupun akan sangat sulit menerapkannya. Pada tahun ini, sempat ada kabar ditiadakan UN tetapi langsung menuai banyak kontroversi dan akhirnya tetap ada UN hanya saja bukan penentu kelulusan, penentu kelulusan melalui Ujian Sekolah, dan itu tetap saja ujian, bukan sesuatu yang dapat menumbuhkan minat dan kesadaran belajar di kemudian hari.

    ReplyDelete
  36. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya sangat setuju dengan usulan yang berisi penghapusan Gerakan Wajib Belajar dan diganti dengan Gerakan Sadar Belajar. Di Indonesia sekarang ini, sudah diberlakukan Gerakan Wajib Belajar, yaitu wajib belajar 9 tahun, artinya tidak boleh ada siswa yang putus sekolah sebelum menyelesaikan pendidikan SMP. Akan tetapi, kita terlupa bahwa yang terpenting adalah sadar belajar bukan wajib belajar. Siswa telah diwajibkan untuk belajar 9 tahun, tetapi jika tidak memiliki kesadaran belajar, maka akan sia-sia karena setelah mereka selesai melakukan kewajibannya selama 9 tahun atau lebih, mereka tidak akan melanjutkan untuk belajar, padahal seharusnya belajar itu dilakukan terus menerus.

    ReplyDelete
  37. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya sangat setuju pada usulan nomor 26, 27, dan 28 yang intinya adalah memberikan kebebasan kepada guru dan sekolah untuk mengembangkan pendidikan, untuk guru berarti melalui RPP, metode, dan yang berkaitan dengan pembelajaran, serta sekolah bebas mengembangkan kebijakan pendidikan. Penting untuk memberikan kebebasan agar guru dapat mengembangkan kreativitas dalam mengajar tanpa takut menyalahi aturan dan dapat memfasilitasi siswa, begitu pun dengan sekolah dalam mengembangkan kebijakan pendidikan.

    ReplyDelete
  38. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya setuju dengan butir-butir pemikiran prof Marsigit mengenai bagaimana revolusi pendidikan indonesia. Bisa dibilang saat ini kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh jika diandingkan dengan negara lain. Perlu adanya perbaikan seluruh komponen didalam bidang pendidikan. Mulai dari kurikulum, tempat pembelajaran hingga guru juga perlu mendapatkan upgradde. Hal ini semat-mata bukan hanya untuk kepentingan pendidikan saja namun ini untuk kepentingan bangsa Indonesia agar mampu bersaing dengan negara lain dan memiliki penerus bangsa yang berkualitas.

    ReplyDelete
  39. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Masalah pendidikan di Indonesia bisa dibilang masih banyak yang perlu diperbaiki. Dalam memperbaikinya tidaklah mudah jika dilakukan oleh satu elemen pendidikan. Namun perlunya kerjasaman dari seluruh elemen pendidikan bahkan seluruh elemen dalam masyarakat. Salah satu cara yang di tuliskan dalam surat terbuka di atas yang patut dihayati kembali hakekat pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  40. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Pendidikan merupakan hal pentin yang harus dilakukan, tujuan pendidikan yang sangat mulia yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan pendidikan juga dapat memajukan bangsa Indonesia dengan generasi genarasi muda yang cerdas dan berkarakter, namun pelaksanaan pendidikan di Indonesia masih mengalami banyak kendala untuk itu perlu adanya perbaikan secara berkala dan continue agar pendidikan Indonesia dapat meningkat kualitas nya, pendidikan di semua Negara berbeda beda, sesuai dengan ideology Negara nya masing masing karena ideology memperngaruhi tujuan dari pendidikan suatu Negara.

    ReplyDelete
  41. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menarik sekali program usulan pada pint 11 mengenai hapus ujian nasional dan menggantinya dengan program PRONASMINRASA (Program Nasional Menumbuhkan Minat dan Rasa Senang Belajar). Saya rasa ini sangat perlu ketika siswa sudah merasa senang dan minat dalam belajar maka prestasi belajarnya juga akan tinggi. Namun bagi saya UN juga perlu tapi tidak digunakan sebagai standar penentu kelulusan seseorang akan tetapi diguanakn untuk pemetaan tingkat pendidikan sehingga pemerintah tahu mana yang memang benar-benar harus diperbaiki.

    ReplyDelete
  42. Nurrita sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya juga menggaris bawahi mengenao membudayakan RASA MALU untuk tenaga kerja kependidikan namun bukan berasal dari lulusan kependidikan. Ya ini memang sering menjadi perdebatan bagi kami kalangan kependidikan karena pada dasarnya kami belajar selama jenjang sarjana bagaimana mengajar akan tetapi diluar jurusan kependidikan pun dapat menjadi tenaga pendidik yang hanya butuh pelatihan kelayakan seperti yang ditulis dalam artikelbapak yang lainnya.

    ReplyDelete
  43. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kita tahu bahwa pendidikan di Indonesia menjadi hal penting. Dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan selalu menarik perhatian hampir seluruh Indonesia. Sehingga ketika terjadi permasalahan terkait pendidikan, maka untuk menyelesaikannya harus dilakukan oleh seluruh pihak terkait. Mulai dari siswa, guru, sekolah, kementrian pendidikan dan lain – lain. Tidak bisa diselesaikan secara parsial untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  44. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Pendidikan di Indonesia memanglah belum semaju pendidikan-pendidikan di luar negeri yang lain. Oleh karenanya dalam sistem pendidikan di Indonesia memanglah masih sangat dibutuhkan adanya perbaikan-perbaikan.

    ReplyDelete
  45. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Perbaikan bukan hanya dalam sistem pendidikan maupun kurikulum pendidikan akan tetapi kualitas dari seorang guru dan pendidik juga harus selalu ditingkatkan agar mereka dapat mengoptimalkan kemampuan sebaik-baiknya dalam mengelola pembelajaran.

    ReplyDelete
  46. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Dalam mengatasi masalah ini tidak bisa akan tuntas jika diselesaikan dengan cara-cara yang biasa saja. Oleh karenanya dalam hal ini sangat diperlukan revolusi pendidikan guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan kewajiban pendidik dan peserta didik

    ReplyDelete