Jun 16, 2013

SURAT TERBUKA IMAGINER UNTUK PRESIDEN IMEGINER




Yogyakarta, 6 Oktober 2013

Kepada
Yth Bapak Presiden Republik Indonesia Imaginer
cc:
1, Bp Menteri Pendidikan Imaginer
2. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Imaginer



Dengan hormat,

Ass. Wr.Wb

Kepada Yth Bapak Presiden Republik Indonesia Imaginer

Perkenankan, saya nama Marsigit Imaginer, dosen pada Jurusan Pendidikan Matematika Imaginer, FMIPA UNY Imaginer, ingin menyampaikan Surat Terbuka Imaginer kepada Bapak berkaitan dengan pokok pikiran saya untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sebagai berikut:

Beberapa pokok persoalan pendidikan pada saat ini, menurut hemat kami meliputi:

a.belum optimumnya peningkatan kualitas tenaga kependidikan
b.kesenjangan antara tuntutan kualitas lulusan sekolah dengan fakta di lapangan
c.ukuran dan variabilitas standar atau kriteria kompetensi lulusan di tingkat global
d.pemerataan kesempatan belajar bagi semua warga secara adil dan merata
e.terjaganya keseimbangan antara nilai-nilai lokal, nasional dan internasional
f.kesempatan dan partisipasi belajar seumur hidup bagi setiap warga
g.akuntabilitas implementasi dan praktek kependidikan pada semua level
h.keberlanjutan usaha inovasi bidang kependidikan
i.pemberdayaan potensi segenap komponen unsur pendidikan
j.komunikasi dan interaksi sinergis inter dan antar komponen kependidikan
k.revitalisasi dan review peraturan perundang-undangan
l.kedudukan atau posisi strategis nilai-nilai kependidikan nasional dalam kancah internasional
m.ketuntasan pemahaman dasar filosofis dan nilai-nilai dasar kependidikan baik yang berakar dari budaya sendiri maupun yang perlu diadaptasi atau diadopsi dari luar.
n.kreativitas, fleksibilitas, dinamika fungsi dan peran Sistem Pendidikan Nasional dengan segenap komponennya.

Saya menyimpulkan bahwa persoalan-persoalan pendidikan  kita, tidak akan tuntas penyelesaiannya jika hanya diselesaikan dengan cara-cara biasa dan parsial.

Untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di atas, maka saya mengusulkan kepada Bapak Presiden Imaginer RI cq Menteri Pendidikan RI Imaginer untuk melaksanakan Revolusi Pendidikan di Indonesia Imaginer.

Berikut butir-butir pemikiran saya mengenai bagaimana Revolusi Pendidikan itu dapat dilaksanakan:

1.Revolusi Pendidikan harus dilakukan oleh Pemerintah, sebab jika dilakukan oleh gerakan masa akan menimbulkan kerusakan, kekacauan dan biaya mahal.
2.Revolusi Pendidikan dilakukan dengan meninjau ulang UU Sisdiknas, menghapus pasal-pasal yang sudah tidak relevan dan mengganti pasal-pasal yang sesuai dengan tuntutan jaman, teori kependidikan, kajian atau hasil riset, dan masukan para educationist.
3.Benahi Sistem Pendidikan Nasional dengan merevitalisasi Struktur dan Personel secara professional. Hilangkan dan berantas semua KKN, Kolusi dan nepotisme dalam bidang pendidikan baik di Tingkat Pusat maupun di Tingkat Daerah.
4.Hapus atau cabut semua Peraturan Pemerintah dan Permendiknas yang sudah tidak relevan.
5.Hapus KTSP (Kurikulum pada Tingkat Satuan Pendidikan) dan ganti dengan KBKS ( Kurikulum Berorientasi kepada Kebutuhan Siswa)
6.Bubarkan BSNP dan ganti dengan BPKBN (Badan Penjamin Kemerdekaan Berpikir Nasional)
7.Cabut dan hilangkan dana-dana kompetisi seperti BOS dan ganti dengan DPIP (Dana Pemberdayaan Institusi Pendidikan)
8.Bubarkan Pusat Kurikulum dan ganti dengan PPKSN (Pusat Pengembangan Kreativitas Siswa Nasional)
9.Bubarkan Lembaga Penjaminan Mutu dang anti dengan PPKKGN(Pusat Pengembangan Kreativitas dan Kemandirian Guru Nasional)
10.Bentuk Direktorat baru yaitu Direktorat Pengaduan Ketidakadilan Layanan Pendidikan Nasional)
11.Hapus Ujian Nasional dan ganti dengan PRONASMINRASA (Program Nasional Menumbuhkan Minat dan Rasa Senang Belajar)
12.Naikkan Gaji Guru tanpa prasarat sebesar 10 (sepuluh) kali Gaji Pokok
13.Naikkan Gaji Dosen tanpa prasarat sebesar 10 (sepuluh)kali Gaji Pokok
14.Naikkan Anggaran Pendidikan Nasional menjadi 30 (tiga puluh) persen
15.Rombak dan desain ulang bangunan-bangunan kependidikan (sekolah) dengan menerima masukan dari sipemakai (educationist progressive)agar sesuai dengan peruntukannya.
16.Hapus Gerakan Wajib Belajar dan ganti dengan Gerakan Sadar Belajar
17.Ganti KKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) dengan PPKKKS (Pusat Pengembangan Kreativitas dan kemandirian Kepala Sekolah)
18.Ganti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)dengan IPDUG (Inovasi Pembelajaran dari dan untuk Guru)
19.Hapus semua Perda yang merugikan kreativitas Sekolah, kreativitas Guru dan kreativitas Siswa.
20.Budayakan RASA MALU bagi orang-orang yang menduduki jabatan kependidikan (termasuk expert, Nara Sumber dan Konsultan) tetapi tidak mempunyai latar belakang kependidikan.
21.Bubarkan Pusat Perbukuan dan ganti dengan P3BG(Pusat Pemberdayaan Penulisan Buku oleh Guru)
22.Ganti fungsi Pengawas Sekolah dengan TP3 (Tenaga Percontohan Pengembang Pendidikan)
23.Bentuk MP2K2 (Musyawarah Para Pengambil Kebijakan Kependidikan)baik tingkat Nasional maupun tingkat daerah
24.Bubarkan Dewan Pendidikan dan ganti dengan P3OP(Pusat Pengembangan dan Partisipasi OrangTua Murid untukPendidikan)
25.Ganti Ujian Sekolah dengan PPS (Pengembangan Portofolio Siswa)
26.Berilah kebebasan bagi para guru untuk mengembangkan metode pembelajarannya.
27.Berilah kebebasan para guru untuk mengembangkan dan memilih bentuk RPP nya
28.Berilah kebabasan sekolah untuk menentukan kriteria keberhasilan pendidikan masing-masing.
29.Berilah kesempatan sistem atau skema yang berkembang dalam masyarakat agar kualitas pendidikan atau kualitas lulusan akan dengan sendirinya teruji secara sehat dalam pergaulan pendidikan.
30.Janganlah terlalu banyak membuat peraturan perundang-uandangan dengan lingkup yang terlalu sempit atau terlalu teknis sehingga akan menyulitkan dalam implementasinya.

Demikianlah pokok pikiran saya, saya buat dengan tidak mempunyai motif apapun kecuali untuk usaha meningkatkan pendidikan. Amin

Hormat saya,

Marsigit Imaginer

12 comments:

  1. Muhammad Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Dalam dunia pendidikan di Indonesia ini memang masih memiliki beberapa kendala. Untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan indonesia agar setara dengan negara-negara maju lainnya memang bukanlah perkara yang mudah. Penyelesaian kendala dalam dunia pendidikan hendaknya mellaui adanya revolusi pada pendidikan Indonesia. Namun sebenarnya terdapati banyak potensi yang dapat dikembangkan dalam dunia pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Saat sekarang ini sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia menghadapi berbagai permasalahan khususnya di bidang pendidikan. Salah satunya yang menjadi sorotan utama menurut saya adalah pemerataan kesempatan belajar bagi semua warga secara adil dan merata. Serta terjadinya sistem sekolah elitis, dimana adanya sekolah yang hanya bisa dijangkau oleh masyarakat ekonomi di atas rata-rata sedangkan mereka yang di bawah hanya sebatas sekolah apa adanya dengan fasilitas yang minim serta kompetensi guru yang masih minim. Hal ini menjadi sangat memprihatinkan karena banyak anak Indonesia yang cukup cerdas, mampu dalam hal kognitif untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi mereka tidak lanjut disebabkan karena mereka tidak mampu dari segi ekonomi. Saya sangat setuju dengan solusi-solusi yang ditawarkan khususnya pada bagian agar anggaran pendidikan dinaikkan menjadi 30%. Hal ini apabila terwujud tentunya akan memberikan dampak yang berarti bagi anak-anak Indonesia yang kurang mampu tetapi mempunyai kemauan kuat untuk bersekolah.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Surat terbuka yang ditujukan kepada presiden mengenai revolusi pendidikan. Diadakannya revolusi pendidikan karena persoalan-persoalan pendidikan tidak akan tuntas penyelesaiannya jika diselesaikan dengan cara yang biasa-biasa saja/parsial maka diperlukan revolusi pendidikan. Tujuan revolusi pendidikan guna meningkatkan kualitas pendidikan dengan menghapus landasan hukum yang tidak sesuai dan diganti dengan landasan hukum yang sesuai serta memperhatikan hak-hak dan kebutuhan pendidik dan peserta didik.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Segala kritikan, usul dan saran demi perbaikan kualitas pendidikan sangat diharapkan. Hal ini bertujuan agar pendidikan menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang memiliki pengetahuan, sikap,dan ketrampilan yang terampil dalam segala hal. Dengan demikian perlu adanya perbaikan dan evaluasi terhadap proses pendidikan yang sudah dilkasanakan.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam sebuah negara. Kualitas pendidikan bisa jadi menunjukkan kualitas bangsa. Karena generasi penerus bangsa ditempa di dalamnya. karakter bangsa juga ditentukan melalui pendidikan. Dan tentunya karakter yang baik berawal dari pendidikan yang baik pula. Indonesia merupakan negara besar, terbentang dari Sabang hingga Merauke. Sudah 71 tahun sejak kemerdekaannya, masalah tersebsar yang masih menjadi PR bangsa adalah masalah Pendidikan. Berbagai macam kurikulum juga diterapkan silih berganti sesuai dengan tuntutan jaman. Namun, hal ini pun juga masih belum cukup untuk mengentaskan masalah pendidikan di Indonesia. Sejatinya, pendidikan yang paling utama adalah pendidikan dalam keluarga. Namun sebuah keluarga yang baik tentunya terbentuk dari pendidikan yang baik begitu seterusnya membentuk sebuah lingkaran. Jika awal sebuah keluarga tersebut dari pendidikan baik, maka terdapat jaminan bahwa keturunannya pun juga akan baik, begitupun sebaliknya. Tetapi tentunya hal ini bisa berubah, jika seseorang berani keluar dari lingkaran yang baik dan membentuk sebuah lingkaran baru yang lebih baik, hal ini bukan lah sebuah keniscayaan. Perubahan yang baik akan membawa kepada kebaikan pula.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Bagitu banyak persoalan yang belum terselesaikan. Tidak serta merta kita menyalahkan Pak Presiden saja, sebagai warga negara Indonesia yang solider, kita tidak perlu menyalahkan 1 orang saja. Selayaknya warga negara harus membantu menyelesaikan masalah di kala negara didera bahaya. Sikap nasionalis harus dipunyai oleh setiap diri pribadi. Menyinggung pendidikan yang ada di negara ini, perlu perhatian serius untuk menanggulanginya dalam bentuk bukti bukan janji. Selain itu aspirasi berupa materi atau sarpras sangat dibutuhkan bagi mereka yang jauh.

    ReplyDelete
  7. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Barangkali tak ada di antara kita yang tak setuju bahwa pendidikan punya peran besar dalam pembangunan suatu bangsa. Namun sering kali kita berhenti pada tataran abstrak dan menerimanya sebagai kebenaran mutlak yang tidak perlu lagi dikaji dan dirinci. Usaha melakukan pendidikan ilmu harus digalakkan selain itu, yang lebih penting lagi ialah menggalakkan pendidikan berdikari dalam berfikir.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Usulan-usulan Prof kepada presiden sangat menarik untuk ditelaah dan dipertimbangkan. Dimana semua dilakukan untuk tujuan perkembangan dunia pendidikan diindonesia. Saya lebih menyorot poin Hapus Gerakan Wajib Belajar dan ganti dengan Gerakan Sadar Belajar, dimana saya rasa ini wajib untuk dilakukan . Sudah seharusnya setiap indvidu memiliki kesadaran untuk belajar bukan karena keterpaksaan untuk belajar, seharusnya belajar itu bisa dimana saja dan kapan saja. Pengalaman adalah belajar yang sesungguhnya. Kita bisa lihat dinegara power dimana proses belajar mereka berjalan dengan santai dan menarik dikarena kan mereka sadar bahwa mereka butuh belajar untuk masa depan.

    ReplyDelete
  9. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Penyelesaian secara parsial tidak akan dapat memperbaiki pendidikan di Indonesia. Pemerintah perlu mengkaji lebih dalam mengenai pendidikan melalui pengkajian teori kependidikan, hasil riset, serta pendapat para educationis. Perubahan secara besar-besaran perlu dilakukan oleh pemerintah dengan dukungan semua pihak. Perubahan tersebut tidak hanya pada hal-hal yang bersifat teknis namun yang paling utama adalah pada pola pikir. Sebagai contoh seperti yang telah bapak singgung pada artikel di atas yaitu mengenai kreativitas, pola pikir wajib belajar menjadi sadar belajar, serta partisipasi orang tua. Memang bukan hal yang mudah untuk bisa memperbaiki pendidikan Indonesia. Namun, jika pemerintah dan seluruh komponen bangsa ini mempunyai tekat dan melakukannya dengan sungguh-sungguh, Insyaallah pendidikan kita bisa menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Saya sangat setuju dengan isi surat yang telah Prof tulis. Permasalahan pendidikan Indonesia masih sangat kompleks sehingga tidak bisa diselesaikan jika cara yang hanya biasa-biasa saja. Solusi yang diberikan haruslah berupa revolusi pendidikan. Kemudian, pembahasan tentang kesejahteraan pendidik juga tidak kalah penting dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Karena guru memanglah memiliki tugas yang cukup berat, sehingga perlu diberi kesejahteraan. Karena saat ini hanya sedikit guru yang rela melakukan tugas mulianya itu dengan tingkat kesejahteraan seperti saat ini. Dan mungkin dengan meningkatkan kesejahteraan guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Karena peran guru sangat berarti untuk meningkatkan pendidikan suatu negara.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS PMAT D

    Revolusi pendidikan jelaslah harus dilakukan oleh pemerintah, sudah terlalu banyak usaha yang dilakukan oleh massa, namun masih belum bisa diwujudkan karena pusta pemerintaha sendiri tidak mewaahi usaha tersebut. Jika dilakukan oleh pemerintah, segala sesuatu dapat lebih terpusat sehingga tidak kocar-kacir pelaksanaannya. Perbaikan kualitas pendidikan sangat diperlukan agar penerus bangsa dapat memiliki sikap dan pengetahuan yang lebih dalam menghadap perubahan lingkungan dan system dunia yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS PMAT D 2015

    Segala kritikan,usul dan saran demi perbaikan kualitas pendidikan sangat diharapkan.Hal ini bertujuan agar pendidikan menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang memiliki sikap,pengetahuan dan ketrampilan.Dengan demikian perlu adanya perbaikan dan evaluasi terhadap proses pendidikan yang sudah dilkasanakan.

    ReplyDelete