Jun 16, 2013

SURAT TERBUKA IMAGINER UNTUK PRESIDEN IMEGINER




Yogyakarta, 6 Oktober 2013

Kepada
Yth Bapak Presiden Republik Indonesia Imaginer
cc:
1, Bp Menteri Pendidikan Imaginer
2. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Imaginer



Dengan hormat,

Ass. Wr.Wb

Kepada Yth Bapak Presiden Republik Indonesia Imaginer

Perkenankan, saya nama Marsigit Imaginer, dosen pada Jurusan Pendidikan Matematika Imaginer, FMIPA UNY Imaginer, ingin menyampaikan Surat Terbuka Imaginer kepada Bapak berkaitan dengan pokok pikiran saya untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sebagai berikut:

Beberapa pokok persoalan pendidikan pada saat ini, menurut hemat kami meliputi:

a.belum optimumnya peningkatan kualitas tenaga kependidikan
b.kesenjangan antara tuntutan kualitas lulusan sekolah dengan fakta di lapangan
c.ukuran dan variabilitas standar atau kriteria kompetensi lulusan di tingkat global
d.pemerataan kesempatan belajar bagi semua warga secara adil dan merata
e.terjaganya keseimbangan antara nilai-nilai lokal, nasional dan internasional
f.kesempatan dan partisipasi belajar seumur hidup bagi setiap warga
g.akuntabilitas implementasi dan praktek kependidikan pada semua level
h.keberlanjutan usaha inovasi bidang kependidikan
i.pemberdayaan potensi segenap komponen unsur pendidikan
j.komunikasi dan interaksi sinergis inter dan antar komponen kependidikan
k.revitalisasi dan review peraturan perundang-undangan
l.kedudukan atau posisi strategis nilai-nilai kependidikan nasional dalam kancah internasional
m.ketuntasan pemahaman dasar filosofis dan nilai-nilai dasar kependidikan baik yang berakar dari budaya sendiri maupun yang perlu diadaptasi atau diadopsi dari luar.
n.kreativitas, fleksibilitas, dinamika fungsi dan peran Sistem Pendidikan Nasional dengan segenap komponennya.

Saya menyimpulkan bahwa persoalan-persoalan pendidikan  kita, tidak akan tuntas penyelesaiannya jika hanya diselesaikan dengan cara-cara biasa dan parsial.

Untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di atas, maka saya mengusulkan kepada Bapak Presiden Imaginer RI cq Menteri Pendidikan RI Imaginer untuk melaksanakan Revolusi Pendidikan di Indonesia Imaginer.

Berikut butir-butir pemikiran saya mengenai bagaimana Revolusi Pendidikan itu dapat dilaksanakan:

1.Revolusi Pendidikan harus dilakukan oleh Pemerintah, sebab jika dilakukan oleh gerakan masa akan menimbulkan kerusakan, kekacauan dan biaya mahal.
2.Revolusi Pendidikan dilakukan dengan meninjau ulang UU Sisdiknas, menghapus pasal-pasal yang sudah tidak relevan dan mengganti pasal-pasal yang sesuai dengan tuntutan jaman, teori kependidikan, kajian atau hasil riset, dan masukan para educationist.
3.Benahi Sistem Pendidikan Nasional dengan merevitalisasi Struktur dan Personel secara professional. Hilangkan dan berantas semua KKN, Kolusi dan nepotisme dalam bidang pendidikan baik di Tingkat Pusat maupun di Tingkat Daerah.
4.Hapus atau cabut semua Peraturan Pemerintah dan Permendiknas yang sudah tidak relevan.
5.Hapus KTSP (Kurikulum pada Tingkat Satuan Pendidikan) dan ganti dengan KBKS ( Kurikulum Berorientasi kepada Kebutuhan Siswa)
6.Bubarkan BSNP dan ganti dengan BPKBN (Badan Penjamin Kemerdekaan Berpikir Nasional)
7.Cabut dan hilangkan dana-dana kompetisi seperti BOS dan ganti dengan DPIP (Dana Pemberdayaan Institusi Pendidikan)
8.Bubarkan Pusat Kurikulum dan ganti dengan PPKSN (Pusat Pengembangan Kreativitas Siswa Nasional)
9.Bubarkan Lembaga Penjaminan Mutu dang anti dengan PPKKGN(Pusat Pengembangan Kreativitas dan Kemandirian Guru Nasional)
10.Bentuk Direktorat baru yaitu Direktorat Pengaduan Ketidakadilan Layanan Pendidikan Nasional)
11.Hapus Ujian Nasional dan ganti dengan PRONASMINRASA (Program Nasional Menumbuhkan Minat dan Rasa Senang Belajar)
12.Naikkan Gaji Guru tanpa prasarat sebesar 10 (sepuluh) kali Gaji Pokok
13.Naikkan Gaji Dosen tanpa prasarat sebesar 10 (sepuluh)kali Gaji Pokok
14.Naikkan Anggaran Pendidikan Nasional menjadi 30 (tiga puluh) persen
15.Rombak dan desain ulang bangunan-bangunan kependidikan (sekolah) dengan menerima masukan dari sipemakai (educationist progressive)agar sesuai dengan peruntukannya.
16.Hapus Gerakan Wajib Belajar dan ganti dengan Gerakan Sadar Belajar
17.Ganti KKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) dengan PPKKKS (Pusat Pengembangan Kreativitas dan kemandirian Kepala Sekolah)
18.Ganti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)dengan IPDUG (Inovasi Pembelajaran dari dan untuk Guru)
19.Hapus semua Perda yang merugikan kreativitas Sekolah, kreativitas Guru dan kreativitas Siswa.
20.Budayakan RASA MALU bagi orang-orang yang menduduki jabatan kependidikan (termasuk expert, Nara Sumber dan Konsultan) tetapi tidak mempunyai latar belakang kependidikan.
21.Bubarkan Pusat Perbukuan dan ganti dengan P3BG(Pusat Pemberdayaan Penulisan Buku oleh Guru)
22.Ganti fungsi Pengawas Sekolah dengan TP3 (Tenaga Percontohan Pengembang Pendidikan)
23.Bentuk MP2K2 (Musyawarah Para Pengambil Kebijakan Kependidikan)baik tingkat Nasional maupun tingkat daerah
24.Bubarkan Dewan Pendidikan dan ganti dengan P3OP(Pusat Pengembangan dan Partisipasi OrangTua Murid untukPendidikan)
25.Ganti Ujian Sekolah dengan PPS (Pengembangan Portofolio Siswa)
26.Berilah kebebasan bagi para guru untuk mengembangkan metode pembelajarannya.
27.Berilah kebebasan para guru untuk mengembangkan dan memilih bentuk RPP nya
28.Berilah kebabasan sekolah untuk menentukan kriteria keberhasilan pendidikan masing-masing.
29.Berilah kesempatan sistem atau skema yang berkembang dalam masyarakat agar kualitas pendidikan atau kualitas lulusan akan dengan sendirinya teruji secara sehat dalam pergaulan pendidikan.
30.Janganlah terlalu banyak membuat peraturan perundang-uandangan dengan lingkup yang terlalu sempit atau terlalu teknis sehingga akan menyulitkan dalam implementasinya.

Demikianlah pokok pikiran saya, saya buat dengan tidak mempunyai motif apapun kecuali untuk usaha meningkatkan pendidikan. Amin

Hormat saya,

Marsigit Imaginer

35 comments:

  1. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Surat terbuka untuk presiden ini cukup menarik karena disampaikan secara tegas dan langsung merujuk kepada pon-poin penting yang menjadi permasalahan-permasalahan di Indonesia. Revolusi pendidikan menjadi suatu hal yang amat perlu dilakukan mengingat pendidikan adalah salah satu sistem yang menjadi pencetak generasi penerus bangsa dan pemimpin-pemimpin masa depan. Melalui pendidikan, akan terbentuk generasi-generasi penerus yang berkarakter dan melek teknologi. Oleh sebab itu pendidikan merupakan salah satu hal utama bagi presiden untuk diperhatikan dan dilakukan perbaikan-perbaikan mulai dari sistem yang paling bawah sampai ke sistem yang paling tinggi.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Surat imaginer untuk presiden imaginer ini merupakan suatu gambaran nyata apa yang sebenarnya terjadi dalam pendidikan dan apa yang seharusnya benar-benar dibutuhkan dalam pendidikan. Bagaimana pendidikan itu seharusnya menjadi prioritas utama untuk kemajuan suatu bangsa. Bagaimana seharusnya pendidik dan siswa didik bisa mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kebutuhan siswa dalam negara sebesar Indonesia pasti berbeda-beda. Maka penting adanya pengembangan RPP yang tidak perlu diwajibkan dengan membuat patokan yang sama. Guru diberikan kebebasan untuk menyususn RPP sesuai dengan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Tujuan pendidikan nasional di Indonesia sepertinya terus mengalami kendala mengingat carut marut pendidikan tiada habisnya. Persoalan sana-sini terus bergulir. Apalagi zaman yang terus berkembang menjadi tantangan untuk segera bertindak. Maka renovasi pendidikan sangat diperlukan dalam membawa pendidikan untuk semakin terdepan. Kita perlu untuk mengevaluasi jalannnya pendidikan secara lebih cermat, kebijakan perlu dikajiulang dan dilihat dari berbagai sudu pandang, serta hal lainnya perlu untuk segera diperbaiki dan ditingkatkan. Dan perubahan dan perbaikan akan dapat terwujud apabila adanya kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak karena sejatinya maju mundurnya pendidikan bangsa adalah tanggung jawab kita bersama.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari apa yang disampaikan dalam surat terbuka ini setidaknya kita dapat memahami betapa bagitu banyak persoalan yang belum terselesaikan di negeri ini. Tidak serta merta kita menyalahkan Pak Presiden saja, sebagai warga negara Indonesia yang solider, kita selayaknya membantu menyelesaikan masalah yang mendera tentunya pada batasan level kemampuan kita. Menyinggung pendidikan yang ada di negara ini, perlu perhatian serius untuk menanggulanginya dalam bentuk bukti bukan janji. Selain itu aspirasi berupa materi atau sarpras sangat dibutuhkan bagi mereka yang jauh. Intinya marilah semua pihak bahu membahu membangun negeri ini, salah satunya dari jalur pendidikan yang memegang peranan besar dalam membangun generasi masa depan.

    ReplyDelete
  6. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Saya sangat setuju sekali denga postingan ini yang menyampaikan surat terbuka berisi tentang masih adanya masalah-masalah yang ditemukan dalam proses pendidikan di Indonesia mulai dari fasilitasm tenaga pendidik, kurikulum, dana keuangan, dan hukum pendidikan. Dalam surat terbuka ini juga disampaikan beberapa solusi untuk menyelesaikan beberapa masalah tersebut. Menurut saya dari berbagai masalah yang diungkapkan adalah yang paling urgen adalah poin g. akuntabilitas implementasi dan praktek kependidikan pada semua level. Seperti yang kita ketahui bahwa semenjak kurikulum 2013 maka pembelajaran harusnya adalah student center namun dalam aplikasinya masih dapat ditemukan guru yang meaksanakan teacher center. Mungkin tidak sepenuhnya kesalahan guru namun sistem yang mengharuskan guru menyelesaikan semua materi sedangkan waktu pembelajran yang sempit membuat guru terpaksa untuk melakukan teacher center.

    ReplyDelete
  7. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Surat terbuka yang sampaikan kepada presiden imaginer merupakan cerminan bentuk aspirasi dari kaum yang berada dibawah. Kami setuju dengan isi surat tersebut yang memperjuangkan nasib guru dan siswa serta kualitas system pendidikan di Indonesia. Dengan adanya surat tersebut dapat menjadi bahan pertibangan bagi pemerintah untuk melakukan diskusi dengan para komponen sekolah dalam mengambil keputusan. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  8. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Surat terbuka ini memberikan usulan – usulan secara tegas. Setelah membacanya saya menyadari bahwa terdapat berbagaimanacam problematika yang melanda dunia pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, wajar jika diadakan revolusi pendidikan. Revolusi ini akan, mengarahkan pendidikan Indonesia menjadai lebih baik. Pendidikan penting bagi suatu bangsa, karena dengan pendidikan adalah tempat untuk mencetak generasi penerus bangsa. Sehingga cerminan pendidikan di suatu bangsa merupakan cerminan arah bangsa itu di masa depan. Terimkasih

    ReplyDelete
  9. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Saran-saran yang diajukan merupakan saran-saran yang sangat mengena sekali. Saran-saran tersebut menurut saya sangat memihak kepada guru dan siswa. Andai saja saran-saran tersebut diaplikasikan oleh pemangku kebijakan, maka akan sangat baik bagi sistem pendidikan kita di Indoensia. Karena sesungguhnya, saran-saran tersebut ialah saran-saran yang sangat dirindukan dan dibutuhkan dalam sistem pendidikan kita saat ini.

    ReplyDelete
  10. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Penyelesaian secara parsial tidak akan dapat memperbaiki pendidikan di Indonesia. Pemerintah perlu mengkaji lebih dalam mengenai pendidikan melalui pengkajian teori kependidikan, hasil riset, serta pendapat para educationis. Perubahan secara besar-besaran perlu dilakukan oleh pemerintah dengan dukungan semua pihak. Perubahan tersebut tidak hanya pada hal-hal yang bersifat teknis namun yang paling utama adalah pada pola pikir. Sebagai contoh seperti yang telah bapak singgung pada artikel di atas yaitu mengenai kreativitas, pola pikir wajib belajar menjadi sadar belajar, serta partisipasi orang tua. Memang bukan hal yang mudah untuk bisa memperbaiki pendidikan Indonesia. Namun, jika pemerintah dan seluruh komponen bangsa ini mempunyai tekat dan melakukannya dengan sungguh-sungguh, Insyaallah pendidikan kita bisa menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  11. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Dari pemaapran-pemaparan Prof. dalam surat terbuka imaginer itu memang benar adanya. Dengan kondisi pendidikan yang memprihatinkan, negara kita memang memerlukan revolusi pendidikan. Poin-poin yang bapak paparkan mungkin dapat menjadi gambaran apa yang memang harus dievaluasi dalam pendidikan bangsa. Sebagai generasi penerus, layaknya kita juga turut serta dan ambil bagian dalam proses revolusi tersebut, karena jika tidak dimulai dari sekarang, masalah-masalah tersebut akan semakin urgent dan berbahaya bagi kualitas-kualitas generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  12. Luthfi NUr Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Surat yang Prof tulis di atas membuka pemikiran saya bahwa sebenarnya dibalik terdiamnya pelaku pendidikan ternyata terdapat berbagai problematika yang ada di dalam nya. Dan problematika tersebut ternyata tidak sedikit. Seperti apa yang Prof. ungkapkan di atas, revolusi pendidikan dalam berbagai aspek urgent dilakukan. Banyak hal yang kurang tepat dilakukan oleh pemerintah, meskipun tujuannya untuk perbaikan kualitas pendidikan. Adanya ketidakcocokan tersebut berimbas pada hasil pendidikan yang realitasnya masih jauh dari negara0negara lain. Semoga melalui surat ini dapat menjembatani aspirasi pelaku pendidikan di lapangan kepada jajaran pelaku pendidikan yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  13. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Meskipun bersifat imaginer namun surat terbuka ini banyak membuka wawasan pembaca terutama yang berasal dari dunia pendidikan untuk melakukan refleksi diri. Ternyata banyak problematika pendidikan yang harus terus diperbaiki dan ditingkatkan. Selain menyampaiakn permasalahan, artikel ini juga dilengkapi dengan solusi-solusi yang dapat dilakukan. Semoga kita semua dapat saling bekerjasama untuk terus melakukan perbaikan.

    ReplyDelete
  14. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Isi surat ini mengkompilasikan dan mensintesisikan keluhan hamper seluruh komponen pendidikan di Indonesia. Ego-nya pemerintah dalam menerapkan kebijakan-kebiajakn yang tidak disertai dengan kondisi dilapangan malah menimbulkan berbagai permasalahan pendidikan seperti dalam surat tersebut. Belum adanya system ang rigid terkait dengan kompetensi pendidik dan system akuntabilitasnya yang dapat dibaca dengan jelas. Selain itu, perlu adanya pertimbangan rasio antara pendidik dan siswa, jumlah ini menrut asumsi saya sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Adanya aturan satu kelas maksimal 32 siswa sudah bagus, namun akan lebih baik jika diturunkan menajdi 20 misalnya.

    ReplyDelete
  15. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Keresahan sebagai calon pendidik, yang kuliah didunia pendidikan, bahwa pendidikan saat ini dipengaruhi oleh system industrialisasi dunia. Kapitalisme merajelela menyebabkan system pendidikan seperti sebuah perusahaan yang menceetak produk sama, sebuah robot yang dapat dikaryakan di industry industry. Hal ini sangat kontradiksi dengan tujuann pendidikan itu sendiri. Selain itu, bantuan biaya pendidikan yang tidak merata menyebabkan perbedaan kualitas pendidikan di berbagai daerah, padahal pendidikan adalah hak setiap warga Negara. Untuk itu pemerataan bantuan pendidikan harus merata, bukan hanya yang dekat dengan pusat pemerintahan saja yang bnyak.

    ReplyDelete
  16. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Ada beberapa point yang kurang relevant dilaksanakan ditinjau dari kemampuan finansial Negara kita, tetapi saya setuju dengan sebagian besar masukan yang dituliskan dalam surat terbuka tersebut. salah satu ususlan yang menarik bai saya ialah harus munculnya rasa malu dari pemegang kekuasaan di bidang pendidikan yang tida memiliki latar belakang pendidikan. Sebagai contoh pembuat kurikulum atau perpendikbud yang telah ada merupakan tim gabungan yang sebagian besar berasal dari tokoh murni dan bukan pendidikan. Tentu saj ahal ini tida tepat karena mereka tida memiliki kemampuan dan pengelaman tentang pendidikan secara professional. Bagaimana bisa orang non pendidikan membuat peraturan tentang pelaksanaan pendidikan. Tentunya dalam proses pembuatannya kurang mengandung perimbangan dan landasan yang tepat. Sehingga dalam pelaksanaannya pun menjadi tida relevan dan tidak efisien.

    ReplyDelete
  17. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Poin penting yang menarik adalah berilah kesempatan kepada sekolah untuk menentukan keberhasilan pendidikan masing-masing. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, sekolah diberi kewenangan untuk menentukan indikator keberhasilan siswa atau kelulusan siswanya, karena sekolah yang lebih tau bagaimana karakteristik siswanya. Jika dibandingkan dengan penyeragaman indikator keberhasilan siswa seluruh Indonesia maka ini akan lebih efektif dan efisien karena sekolah-sekolah di Indonesia pada dasarnya tidak memiliki standar dan sarana dan prasarana yang sama karena masih banyak ditemukan keterbatasan sarana prasarana dan sumber daya manusia di wilayah terpencil Indonesia. Mungkin nanti jika tingkat keseragaman pendidikan di Indonesia sudah merata maka bisa diterapkan indikator keberhasilan sekolah yang seragam di seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  18. Latifah Fitriasari
    PM C

    Problematika di dunia pendidikan nampaknya selalu menjadi bahan bahasan yang tak akan pernah habis, mulai dari kondisi sekolah, peserta didik, dan pendidik sendiri. Hal ini tentu mengundang berbagai kebijkan yang harus sesuai dengan harapan masyarakat. Surat di atas adalah untuk kita semua. Kita yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk berusaha mewujudkannya. Paling tidak kita berkontribusi mulai dari diri sendiri bagaimana menjadi mahasiswa yang baik sehingga kelak dapat memperbaiki tatanan dalam negri ini khususnya dalam bidang pendidkan.

    ReplyDelete
  19. Melihat realitas pendidikan Indonesia yang seperti ini, maka memang diperlukan suatu upaya yang nyata dari segala pihak untuk mengetasinya. Termasuk dari kalangan pemerintahan. Mungkin kita sering sekali berbicara untuk pendidikan yang lebih baik maka dilapangan perlu usaha agar siswa yang aktif dan lainnya, namun ini usaha hanya separuh dunia saja ketika kebijakan pemerintah juga tidak diupayakan. Yaitu berupa mengubah kebijakan-kebijakan yang merugikan yang berbau KKN, pengoptimalisasian kualitas dan dana dari pemerintah untuk sarana yang lebih baik juga meupakan langkah yang bisa diambil. Dan kebijakan-kebijakan yang lain yang strategis yang bisa diambil oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  20. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Sangat setuju bahwa terdapat kesenjangan antara tuntutan kualitas lulusan sekolah dengan fakta di lapangan. Sistem pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah dan dituangkan dalam peraturan perundangan memiliki tujuan pendidikan yang sangat luhur,meliputi aspen duniawi sampai ukhrowi. Namun jika kita kembali pada kenyataan yang ada di lapangan, outcomes siswa masih jauh dari harapan biarpun beberapa sisw yang berprestasi mampu menembus kancah internasional. Banyak sekali kasus penyelewengan atau kasus kriminal yang dilakukan oleh pelajar, seperti mencuri, merampok, perkosaan, bahkan klitih yang tengah ramai diperbincangkan diduga merupakn segerombolan abg yang masih berusia sekolah. hal ini tentu meupakan kontradiksi dengan harapan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kesempatan belajar yang masih belum sama juga merupakan masalah pendidikan yang harus kita tanggunalngi, namun dengan adanya program-program yang digalakkan bagi sarjana untuk masuk ke pedalaman dan mengajar di sana mempersepit persepsi kita mengenai hal tersebut meskipun belum seluruhnya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  21. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Alternatif solusi yang diberikan oleh Prof. Marsigit terlebih mengenai gaji guru dan dosen serta anggaran untuk pendidikan mengingatkan kita bahwa tingakt kesejahteraan guru di Indonesia jauh di bawah tingkat kesejahteraan guru di luar negeri. Hal ini tentu akan mempengaruhi proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah, benar bahwa materi ialah sesuatu yang sebenarnya tidak seharusnya dirisaukan karena tak akan dibawa mati, namun tetap saja keberlangsungan hidup di dunia memerlukan materi, dan banyak di antara guru yang bekerja sebagai guru merupakan satu-satunya profesi yang digelutinya. Maka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guru tersebut akan mencari tambahan baik tambahan jam di sekolah lain maupun pekerjaan lainnya. Hal ini akan menyebabkan konsentrasi menyiapkan siswa menjadi menurun, sehingga benar kesejahteraan guru perlu ditingkatkan. Kebijakan pemerintah mengeluarkan program sertifikasi tentu saja memiliki dampak positif dan negatif, dengan adanya program tersebut, maka guru akan lebih terjamin kesejahteraannya namun di sisi lain syarat sertifikasi yang tidak sedikit dikhawatirkan menjadikan guru menghalalhakn cara-cara yang kurang menguntungkan bagi siswa dan bagi kegiatan pembelajaran pada umumnya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  22. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam surat terbuka ini diungkapkan berbagai masalah yang ada dalam negra republic Indonesia imaginer yang mana banyak sekali persoalan yang terjadi. Selain pemaparan masalah, terdapat juga pemaparan tentang solusi yang mampu diterapkan unutkmengtasi masalah-masalah tersebu. Semoga kita termasuk orang yang mampu mengatasi msalsh masalsh yang terjadi di negeri ini.

    ReplyDelete
  23. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Meskipun surat ini adalah surat imaginer, namun sesungguhnya surat ini adalah untuk kita semua. Kita yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk berusaha mewujudkannya. Paling tidak kita berkontribusi mulai dari diri sendiri bagaimana menjadi mahasiswa yang baik sehingga dengan begitu di kemudian hari kita mampu berkontribusi lebih banyak atau bahkan mungkin beberapa mampu menentukan kebijakan tersebut.

    ReplyDelete
  24. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saya sebagai mahasiswa imaginer juga ingin menambahkan saran, apabila solusi nomor 27-30 dilaksanakan maka Ujian Nasional dihapuskan saja. Anggaran UN begitu besar namun tidak lagi sesuai dengan tujuan awal, ditambah lagi kelulusan ditentukan oleh sekolah. Terutama UN pada jenjang SMA di Indonesia imaginer, nilai UN tidak lagi menjadi pertimbangan masuk universitas, asalkan “lulus” saja. Kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA hanya terfokus UN pada semester kedua sehingga materi kebanyakan dikebut. Padahal sudah ada Ujian Akhir Sekolah, Ujian Praktik Sekolah. Kelulusan juga ditentukan oleh sekolah. Pengadaan UN lebih banyak membuka celah maksiat daripada kesempatan beramal. Demikianlah pokok pikiran mahasiswa imaginer menanggapi surat terbuka ini.

    ReplyDelete
  25. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Surat imaginer ini memberikan gambaran bagaimana kondisi pendidikan Indonesia. Pendidikan Indonesia saat ini telah mengalami disorientasi/kemunafikan. Pendidikan Indonesia yang ada di kertas tidak sesuai dengan kenyatanya. Pendidikan menjadi seperti ii karena pengaruh dari yang ada di langit sehingga untuk mengubah pendidikan pun seharusnya muncul dari langit/ dari para pejabat pemerintah kemudian turun ke bumi. Yang ada di langit tidak boleh termakan oleh kesombongan dan power now saja, dia harus menilik ke bawah, kepada rakyatnya, bagaimana membangun rakyatnya tanpa terlena dengan power now. Buat kebijakan yang bukan karena berdasar egonya namun berdasar pada kebutuhan rakyatnya. Sekian dan terima kasih
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  26. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. pendidikan merupakan dasar untuk memajukan suau bangsa. pendidikan akan menentukan bagaimana masa depan bangsa. hendaknya pemerintah melakukan segala upaya untuk meamjukan pendidikan bangsa. saya setuju dengan opsi-opsi yang dikemukakan Prof. Marsigit untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Berdasarkan pada surat terbuka imaginer ini, saya menyadari bahwa pendidikan di Indonesia masih banyak point yang harus dibenahi. Menanggapi surat terbuka tersebut terdapat point yang menarik bagi saya yaitu "Ganti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)dengan IPDUG (Inovasi Pembelajaran dari dan untuk Guru)" menurut saya terkadang MGMP membatasi kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Atas dasar keseragaman secara tidak langsung membatasi kreatifitas guru, padahal diketahui bahwa proses pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa sekolah tersebut yang tentu saja berbeda dengan siswa dari sekolah lain

    ReplyDelete
  28. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    SIstem pendidikan di negara imajiner yang disebutkan di atas memang sudah lama dalam kondisi yang sangat perlu untuk segera dirombak. namun masalah pokok utama yaitu terlebih dahulu memberantas korupsi (yang demikian sulitnya), karena dalalm institusi sistem pendidikan sendiri tentu saja banyak terjadi korupssi, baik kecil-kecilan atau besar-besaran yang dikamuflase sehingga menjadi seperti kepentingan publik.

    ReplyDelete
  29. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Surat yang bapak buat semoga dibaca oleh Presiden Imajiner dan juga Menteri Imajiner. Karena surat ini berisi pemikiran yang sangat dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan Indonesia. Apabila persoalan-persoalan tersebut ditindaklanjuti dengan revolusi-revolusi yang diberikan maka kacaunya dunia pendidikan sedikit demi sedikit akan teratasi.
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  30. Eka Luthfiana Lathhifah
    17709251062
    PPs PMat C

    surat terbuka untuk presiden tersebut merupakan salah satu ungkapan aspirasi masyarakat tentang sistem pendidikan di Indonesia. semoga aspirasi-aspirasi yang ada dapat ditindaklanjuti guna memperbaiki sistem pendidikan di negara kita.

    ReplyDelete
  31. Kami sebagai pendidik yang hanya memiliki kuasa rendahan di lapangan, hanya mampu mengubah secara langsung pada siswanya. Namun hanya orang-orang berkuasalah yang mampu memecahkan persoalan pendidikan yang menginginkan keseluruhan dalam perubahan. Semoga orang-orang berkuasa di atas membaca butir-butir pemikiran bapak mengenai bagaimana revolusi pendidikan. Semoga pendidkan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  32. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Mudah-mudahan semakin banyak masyarakat Indonesia yang peduli dengan pendidikan, dan para pengambil kebijakan merupakan orang-orang yang memang ahli dan memiliki kepedulian dalam dunia pendidikan. Ahli saja tidak cukup tanpa adanya rasa peduli. Peduli saja tidak cukup tanpa memiliki keahlian di bidangnya. Pendidikan tidak bisa dilaksanakan dengan memberikan berbagai macam tekanan kepada para pendidik maupun anak didik. Berikan dan fasilitasi apa yang menjadi kebutuhan pendidikan. Tumbuhkan kesadaran akan pentingnya pendidikan.

    ReplyDelete
  33. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Salah-satu keunikan dari pak Marsigit adalah, bapak seringkali menggunakan terma-terma yang absurd dalam tulisan-tulisan bapak kemudian memasukkan nilai-nilai positif di dalamnya agar pembaca merasa tertarik pada tulisan-tulisan itu. Untuk yang tersebut terakhir itu mungkin bersifat relatif, sebab ada beragam respon dalam usaha memahami tulisan-tulisan bapak. Salah-satunya yang pernah salami adalah kebungan dalam memahami terma-terma yang baru pertama kali saya temukan. So far, tulisan di atas adalah satu yang terunik.

    ReplyDelete
  34. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Poin 20, ya saya sangat setuju sekali Prof. Budayakan rasa malu terhadap orang-orang yang menjabat di lembaga kependidikan namun tidak memiliki latar belakang pendidikan. Di kampung halaman ibu saya, banyak sekali peristiwa seperti itu terjadi, bahkan ada kepala dinas pendidikan yang bukan dari latar belakang pendidikan. Saya tidak tahu, atas dasar apa hal itu terjadi. Tetapi hal ini membuat saya kecewa dan sangat kecewa, pendidikan kita masih banyak ditangani di tangan orang-orang yang bukan ahlinya. Tidak hanya di sektor pendidikan, tetapi masih banyak sektor-sektor lainnya yang di duduki oleh bukan pada ahlinya.

    ReplyDelete
  35. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Setelah membaca surat imajiner ini, saya sadar betapa masih banyak hal-hal yang seandainya dapat diperbaiki sesuai harapan kita, maka sistem pendidikan di negara ini akan menjadi baik. Mungkin berangkat dari SDMnyalah pokok permasalahan ini. Mulai dari SDM pembuat kebijakan, hingga pelaksana kebijakan (seperti guru, siswa dan pihak lain) yang harus berbenah diri, introspeksi diri dan total menjalankan kewajibannya tanpa merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete