May 17, 2013

Rekaman (audio) berbagai Perkuliahan Filsafat (Ilmu) oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A.



Ass Wr Wb

Berikut saya tayangkan berbagai rekaman audio perkuliahan filsafat ilmu. Silahkan akses ke:

http://www.4shared.com/account/dir/2PArbV1K/_online.html#dir=2PArbV1K

Demikian semoga bermanfaat.

Salam

Marsigit

51 comments:

  1. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas rekaman perkuliahan yang dibagikan. Belajar itu tidak harus selalu di kelas, belajar bisa dilakukan dimana saja. Semoga rekaman yang diberikan dapat menambah wawasan saya.

    ReplyDelete
  2. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kemajuan teknologi saat ini sangat beragam, jika kemajuan teknologi dimanfaat sebaik mungkin akan berdampak besar pada perubahan. Dalam kuliah MaMo kami diwajbkan untuk merekam pembelajaran hari itu, tujuan agar kita bisa mengulang pembelajaran hari itu kapanpun. Terimakasih prof atas rekaman yang diberikan.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak Marsigit. Dengan rekaman ini, semakin bertambah referensi saya untuk mempelajari filsafat. Karena setiap perkuliahan pak Marsigit sangat unik, diisi dengan penyampaian yang berbeda. Sehingga rekaman ini juga penting untuk didengarkan.

    ReplyDelete
  4. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pembelajaran tidak hanya melulu dengan aktifitas mendengar dan mecatat. Dapat saja dianggap kolot jika menolak teknologi. Perkembangan teknologi dan pendidikan mungkin akan erat ikatannya. Bagi seorang pengajar, teknologi dapatlah digunakan sebagai alternatif untuk menjadi seorang pengajar yang tidak biasa-biasa saja serta dapat meningkatkan dirinya ke dalam hal lebih kreatif. Ini merupakan salah satu contoh penggunanan media pembelajaran yang mungkin dapat diterapkan dalam pembelajaran menggunakan audio.

    ReplyDelete
  5. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    P.Mat D S2 2016

    Terimakasih atas meng-share rekaman ini prof. Ini sangat berguna bagi kita. Selain itu dapat membuka pikiran saya bahwa sangat perlu dalam perkulihan untuk merekam apa yang terjadi saat kelas berlangsung. Karena dalam pengalaman saya sering lupa dalam materi-materi kuliah yang tidak ada rekaman ulang sebuah perkulihannya. Mungkin dari sini saya juga bisa merekam untuk mata kuliah yang lain.

    ReplyDelete
  6. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Terima kasih atas banyak rekaman perkualiahn filsafat ilmu yang telah dibagikan. Rekaman ini bisa digunakan sebagai bahan pelajaran saya dalam belajar mengenai filsafat ilmu serta berbagai pertanyaan serta jawaban dari Bapak. Terimakasih banyak sekali lagi.

    ReplyDelete
  7. Febrian Luthfi
    13301241062
    pendidikan matematika 2013

    Terimakasih pak telah membagi link semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A

    Dengan merekam pembicaraan yang berlangsung selama perkuliahan merupakan salah satu cara yang inovatif dalam pembelajaran. Memanfaatkan teknologi sekarang dan menjadikan kita pengguna teknologi kreatif. Dengan hasil rekaman dari perkuliahan tersebut, dapat dijadikan sebagai refleksi.
    Tapi maaf sebelumnya Pak, link di atas sudah tidak berlaku lagi ya Pak?

    ReplyDelete
  9. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Melakukan rekam audio perkuliahan merupakan salah satu cara efektif dan akurat dalam menyimpan informasi yang diterima selama perkuliahan, kita dapat memfokuskan diri menyimak dan mengikuti apa yang disampaikan oleh dosen tanpa sibuk mencatat dan mengakibatkan ketinggalan beberapa informasi lainnya sementara kita sedang mencatat. Terutama dalam belajar filsafat, belajar berfilsafat menuntut kita untuk banyak berpikir sehingga akan lebih mudah bagi kita memahami, memikirkan dan mengolah informasi yang kita peroleh selama perkuliahan jika kita fokus mengikutinya. Selain itu, dengan adanya file rekaman audio tersebut kita bisa mendengarkannya kembali kapanpun kita inginkan.

    ReplyDelete
  10. Junianto
    17709251065
    PM C

    Rekaman audio pada waktu mengikuti perkuliahan meruoakan alternative untuk memahami materi yang telah disampaiakan dosen. Belajar tidak harus dalam ruangan kuliah, namun bisa kapan dan dimana saja. Belajar tidak terikat dengan ruang dan waktu. Maka dari itu, dari rekaan ini bisa membuat mahasiswa menjadi lebih paham mengenai materi filsafat.

    ReplyDelete
  11. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika 2017

    Terimakasih pak atas postingannya.
    Rakaman audio atau suara ketika mengikuti sebuah pembelajaran atau perkuliahan merupakan salah satu cara atau alternative untuk memahami(mengingat) materi yang disampaikan oleh Dosen(pengajar). Sebuah rekaman akan sangat bermakna jika rekaman tersebut bisa diulangi dan didengar lagi untuk mencapai sebuah konsep yang mungkin kita tidak mengerti pada saat didengar secara langsung, akan tetapi pada link yang bapak bagikan itu sudah tidak berlaku sehinggga tidak tersedia lagi di 4shared.com tersebut.

    ReplyDelete
  12. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Sekarang ini teknologi semakin canggih dan kita tidak dapat menghindari hal tersebut. Hanya saja jika teknologi yang ada tidak kita manfaatkan kita hanya akan tertipu daya oleh hiburannya semata. Maka akan lebih bijak bila kita mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk hal-hal yang positif. Misalnya pemanfaatan teknologi untuk proses belajar mengajar. Seperti halnya yang selalu dilakukan oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A. dalam perkuliahannya, mahasiswa diberikan kesempatan untuk merekam seluruh proses perkuliahan. Dengan demikian, setelah perkuliahan ditutup, mahasiswa dapat merefleksikannya kembali. Kegiatan refleksi ini sangat berkaitan dengan filsafat karena filsafat merupakan olah pikir yang refleksif.

    ReplyDelete
  13. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link kumpulan rekaman kuliah Bapak. Namun, maaf Bapak, setelah saya kunjungi link tersebut ternyata terdapat info bahwa link sudah tidak berlaku. Namun hal lain yang dapat saya tangkap adalah bahwa ternyata merekam perkuliahan seperti yang telah kelas kami lakukan memiliki banyak manfaat mengingat short term memory manusia yang tidak mampu memuat info yang banyak. Rekaman tersebut dapat kita putar kembali sehingga setiap perkuliahan yang terlupa akan dapat kembali dipanggil oleh memori.

    ReplyDelete
  14. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih bapak atas share link kumpulan rekaman audio selama kuliah Bapak. Merekam audio selama pembelajaran merupakan salah satu alternative agar mahasiswa focus mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen tanpa diganggu aktivitas lain seperti mencatat karena sudah digantikan dengan rekaman audio.

    ReplyDelete
  15. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Mohon maaf sebelumnya pak, saya sudah mencoba membuka link di atas, namun tidak ada file audio yang dapat didengar. Namun, saya rasa bahwa pembelajaran menggunakan rekamn audio sangat efektif, karena dapat menjadikan ruang belajar kami menjadi tidak terbatas. Semoga kami tetap menjadi manusia pembelajar.

    ReplyDelete
  16. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Sebelumnya saya juga mohon maaf Pak. Sama seperti teman-teman yang lain saat saya mengklik link yang tercantum pada postingan ini, saya tidak menemukan file audionya dan muncul informasi link file sudah tidak berlaku lagi. Saya sangat berharap dan mohon izin kepada Bapak untuk memperbaharui link file-nya agar saya dan teman-teman dapat mengambil pelajaran melalui audio tersebut. Jika Bapak berkenan saya mengucapkan terima kasih sekali. Menurut saya, melalui audio akan melatih diri saya untuk mendengarkan pendapat orang lain. Kemudian, hasil rekaman juga dapat diputar berulang-ulang sehingga dapat menjadi pengingat diri. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih Pak.

    ReplyDelete
  17. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas share link audionya, tetapi ketika link tersebut dibuka, saya tidak menemukannya Pak. Terkait perekaman saat perkuliahan berlangsung itu sangat bermanfaat sekali, diantara manfaatnya yaitu saat Bapak menjelaskan kita bisa fokus dengan apa yang diucapkan oleh Bapak, dengan tidak dibarengi oleh kegiatan lainnya seperti menulis. Karena jika dibarengi dengan kegiatan lainnya, proses untuk mendengarkan tidak efektif. Selain itu juga manfaatnya kita bisa merefleksikan atau mendengar ulang perkuliahan pada pertemuan tersebut, sehingga pemahaman kita lebih dalam lagi jika tidak hanya mendengarkan sekali saja.

    ReplyDelete
  18. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Saya merefleksikan bahwa tidak mudah memang memahami filsafat. Butuh kerja keras Dan berpikir keras. Tak hanya itu, harus Juga senantiasa menyadari bagaimana filsafat itu muncul dan hadir dalam peristiwa keseharian, percakapan dengan orang lain.
    Mendengarkan ulang rekaman perkuliahan membantu memberi jarak Dan sekaligus waktu untuk kembali mencerna apa yang baru dipelajari.

    ReplyDelete
  19. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Rekaman audio perkuliahan menjadi alternatif yang bagus bagi mahasiswa untuk bisa merefleksikan kembali perkuliahan. Karena kemampuan daya serap setiap orang berbeda-beda dan kemampuan menyimpan memori pun tidak sama. Adanya alternatif ini merupakan suatu bukti kemajuan teknologi yang digunakan secara positif di dalam dunia pendidikan. Namun jika direkam dengan audiovisual pasti akan menjadi lebih baik karena dapat dikemas dalam CD atau di upload sebagai referensi mahasiswa se Indonesia dalam mempelajari filsafat bersama Bapak Prof. Marsigit.

    ReplyDelete
  20. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Sumber belajar dapat diperoleh dari mana saja,dapat dari buku, audio, visual, bahkan pengalaman. Berbagai seumber yang dapat dengan mudah diperoleh seharusnya membuat kita tidak malas dalam belajar. Terima kasih pak, selalu mau membagikan ilmunya dari blog ini. Dengan menggunakan rekaman akan menjadi sebagai media untuk menguulang kembali ilmu pengetahuan yang mungkin saja terlewatkan dalam poses pembelajaran di kelas. Sehingga dengan rekaman ini dapat di stop, play, dan mudah dalam pengulangan kembali agar tidak terdapat ilmu yang terlewatkan serta memudahkan dalam memahami.

    ReplyDelete
  21. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pembelajaran di kelas, dimana mahasiswa merekam isi kuliah maka bisa diputar ulang sehingga belajar tidak hanya di kelas saja, namun bisa di luar kelas. Pada jumat 17 november kemarin saya mengikuti kuliah umum pascasarjana membahas tentang perubahan-perubahan dunia yang dipengaruhi teknologi. Salah satu bidang yang terkena imbas salah satunya adalah pendidikan. Kedepan belajar tidak harus tatap muka dengan pengajar, mungkin bisa melalui rekaman audio maupun video pengajar. Cara seperti ini memungkinkan siswa belajar dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  22. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kemajuan informasi dan teknologi sudah seharusnya dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Rekaman perkuliahan dalam mata kulaih filsafat akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk melakukan refleksi da mengulang kembali materi yang sudah dijelaskan jika dibandingkan dengan mencatat di dalam kelas yang tentunya akan melewatkan detail-detail dari suatu penjelasan penting.

    ReplyDelete
  23. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Pembelajaran pada mata kuliah filsafat paling berbeda dengan matakuliah lainnya. Pada matakuliah ini, mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mencatat. Mahasiswa hanya di perbolehkam untuk tetap fokus pada materi perkuliahan dan menggunakan HP untuk merekam pelaksanaan perkuliahan. Tanpa disadari, kegiatan ini sangat membantu mahasiswa untuk mengulangi materi dan merefleksikan materi selama proses pembelajaran. Ketika mencatat kita juga bisa mengulangi materi, namun ketika mendengarkan rekaman kita akan lebih lengkap dan jelas di dalam mengulang materi. Kegiatan ini sangat menginspirasi untuk dilakukan. Namun, kita juga harus pintar memilih materi yang cocok untuk diterapkan model pembelajaran ini.

    ReplyDelete
  24. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link yang dibagikan. Mohon maaf, saya tidak menemukan file rekaman pada link tersebut. Sedikit berscerita, semenjak masuk perkuliahan s2 ini saya sering kali merekam apa yang disampaikan dosen berikut kegiatan diskusi di kelas (awalnya metode merekam diskusi di kelas saya lakukan ketika mengikuti perkuliahan Filsafat Ilmu). Ternyata banyak manfaat yang saya dapatkan. Saya bisa membuka kembali pengalaman perkuliahan yang sudah berlalu. Ada yang bertanya kenapa tidak cukup dengan catatan? Jawabannya, tulisanku tiadalah mampu mengejar kata kataku. Maka sudah pasti tulisanku tiadalah mampu mengejar kata kata orang lain.

    ReplyDelete
  25. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Memanfaatkan teknologi. Merekam percakapan selama perkuliahan berlangsung mungkin belum banyak yang menggunakannya, padahal dengan kegiatan tersebut mahasiswa dapat lebih fokus ke topik pembicaraan tanpa harus ketinggalan catatan. Selain itu, dengan merekam pembicaraan selama perkulihan berlangsung, mahasiswa akan dapat mengulang “perkuliahan” dimanapun, dengan demikian pemahaman materi mahasiswa tentang materi akan lebih baik.

    ReplyDelete
  26. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Mohon maaf sebelumnya pak, saya sudah mencoba membuka link di atas, namun tidak ada file audio yang dapat didengar. Namun, saya rasa bahwa pembelajaran menggunakan rekamn audio sangat efektif, karena dapat menjadikan ruang belajar kami menjadi tidak terbatas. Semoga kami tetap menjadi manusia pembelajar.

    ReplyDelete
  27. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terimakasih atas link yang diberikan Bapak, namun seletah saya coba buka link ini sudah tidak tersedia lagi. Kemungkinan karena waktu upload yang sudah terlampau lama. Selama perkuliahan samapi saat ini, Bapak menyarankan dari awal untuk merekam audio sehingga mahasiswa tidak perlu mencatat. Saya setuju dengan hal ini. Karena ketika proses memahami sesuatu kita perlu perhatian. Selain itu, perhatian kita akan lebih fokus ketika tidak melakukan kegiatan yang lain (termasuk mencatat). Keuntungan yang lain adalah, setelah kegiatan perkuliahan selesai, kita bisa mendengarkan ulang apa yang disampaikan dosen selama perkuliahan. Hal ini akan memberikan penguatan dan konfirmasi kembali atas apa yang telah kita pahami sebelumnya.

    ReplyDelete
  28. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Mohon maaf pak, link di atas tidak dapat diakses. Menurut saya, rekaman pembelajaran sebagaimana yang biasa kita lakukan dalam perkuliahan filsafat adalah salah satu metode efektif dalam memaknai perkuliahan filsafat ilmu. Dua aktivitas seperti menulis dan mendengarkan memiliki potensi kekurangmantapan pemahaman atau malah kesalahpamahan dalam menerima materi. Dengan adanya rekaman ini, kami mahasiswa dapat mengolah dalam bentuk refleksi yang secara langsung membuat kami mengulang materi perkuliahan sehingga pemahaman yang didapatkan lebih baik.

    ReplyDelete
  29. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Sama seperti Mbak Elsa, saya juga tidak dapat menemukan link tersebut, mungkin memang sudah tidak dapat diakses lagi. Namun sedikit menghubungkan dengan bagaimana Prof. Marsigit selalu mempersilahkan kami untuk merekan setiap perkuliahan kemudian membuat refleksinya dan mempublishnya di blog kami. Hal ini menjadi sangat penting, mengingat sifat manusia yang tidak lepas dari lupa dan tentunya seringkali tidak sekali paham dalam mendengar, adanya rekaman audio perkuliahan menjadi sangat penting agar kami dapat mengulangi-mengulanginya sehingga kami dapat menangkap dan menjadi paham. Refleksi perkuliahan yang kami buat, selain dalam rangka menambah level pemahaman juga sebagai sarana untuk berbagi manfaat kepada orang lain yang tidak berkesempatan hadir langsung di perkuliahan, karena kami mempublishnya di blog dan dapat dilihat secara umum.

    ReplyDelete
  30. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Mohon maaf , sama seperti saudara-saudari di atas Prof bahwa kami sudah tidak bisa mengakses link diaatas. Namun, kami mencoba menguraikan dari judul artikel diatas bahwa menurutkan metode pembelajaran dalam filsafat merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif bagi mahasiswa karena kami dapat fokus pada diskusi dan penjelaskan yang disampaikan Prof. Selain itu, kami menjadi memiliki arsip rekaman filsafat yang tentunya sanagt bermanfaat dan dapat kami simpan sehingga dapat kami buka kapanpun. Semoga, dengan metode ini dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lain. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  31. Metia Novianti
    17709251021
    P Mat A

    Mohon maaf Pak, tapi link yang bapak share ini sudah tidak dapat kami buka, namun terima ksih banyak untuk bapak yang sudah mencoba untuk berbagi kepada kami. Mengenai rekaman dalam perkuliahan filsafat, bapak sudah menyarankan dari awal perkuliahan agar kami merekam kegiatan belajar saat perkuliahan filsafat. Hal ini membantu kami untuk dapat lebih memahami dan mendalami materi pada perkuliahan filsafat ilmu.

    ReplyDelete
  32. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Mohon maaf Bapak, seperti yang telah disampaikan oleh tema-teman, kami tidak dapat mengakses link yang Bapak bagikan. Nmaun menanggapi tentang penggunakan rekaman selama perkuliahan, menurut saya cara ini sangat efektif untuk dilakukan. Saat perkuliahan, kita tidak sibuk mencatat hingga pikiran kita akan fokus untuk mengikuti alur berpikir Dosen dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Selain di perkuliah filsafat, kami juga mencoba untuk melakukan cara yang sama di beberapa perkuliahan lainnya. Terimakasih untuk inspirasi yang telah dibarikan Bapak.

    ReplyDelete
  33. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillahirrohmanirrohim, mohon maaf prof. Marsigit, kami sudah tidak dapat lagi mengakses link di atas. Namun, apabila dilihat dari judul artikel tersebut, menurut metode pembelajaran dalam filsafat itu merupakan salah satu metode yang cukup efektif bagi mahasiswa karena ketika kami merekam apa yang bapak jelaskan, kami dapat lebih fokus dan konsentrasi karena alat komunikasi seperti hp sedang tidak dalam genggaman kami alias sedang untuk merekam. Kemudian kami juga menjadi memiliki arsip rekaman filsafat setiap pertemuan perkuliahan yang tentunya dapat kami dengarkan kembali sewaktu - waktu, dan itu sangat bermanfaat bagi kami, terutama saya yang masih awam dan pemula dalam belajar filsafat. Terimakasih bapak, semoga menjadi pahala yang mengalir terus - menerus untuk bapak. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  34. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Terimakasih prof atas shared rekamannya, namun selaras dengan komen di atas, link sudah tidak dapat saya buka. Alhamdulillah saya punya rekaman selama perkulaiahan dengan prof, sehingga saya masih dapat mengulangi pembelajaran dengan Prof., menjadi bahan refleksi untuk diri sendiri

    ReplyDelete
  35. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih sebelumnya atas link yang diberikan, naming saya tidak dapat menemukan file audio yang bapak maksud. Mungkin linknya bisa diperbarui agar dapat diakses oleh para pembaca artikel ini. Menurut pengalaman saya selama kuliah filsafat ilmu oleh Pak Marsigit saya merasakan berbagai macam metode pembelajaran yang diberikan. Ada kuis atau tes jawab singkat, ada sesi tanya jawab, dan juga ceramah. Menurut saya semuanya menarik untuk diikuti karena pembawaan Pak Marsigit yang selalu ceria. Terutama saat tes tanya jawab. Berbagai pertanyaan unik ditanyaan oleh teman-teman mahaiswa dan saya. Dan selau Pak Marsigit mampu menjawabnya secara filsafat. Dari situla sedikit demi sedikit saya mulai mempelajari apa dan bagaimana berfilsafat.

    ReplyDelete
  36. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih prof, namun link di atas tidak dapat diakses. Rekaman audio perkuliahan filsafat memudahkan mahasiswa untuk mempelajari kembali mata kuliah filsafat setelah kegiatan perkuliahan dimanapun dan kapanpun secara fleksibel. Biasanya jika kita hanya mendengar sekali, maka akan mudah lupa. Jadi, dengan adanya rekaman audio tentunya akan memudahkan untuk kembali mengingat materi perkuliahan bahkan dari awal perkuliahan hingga akhir.

    ReplyDelete
  37. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Idem dengan beberapa komentar sebelumnya bahwa link yang Prof. Marsigit berikan tidak lagi dapat kami akses. Adanya postingan ini memberikan ilhm tersendiri bahwa refleksi kegiatan pembelajaran sebaiknya tidak hanya dari sisi siswanya namun juga dari sisi guru (dosen)nya. Dengan merekam kita akan dapatkan data yang kaya mengenai apa yang terjadi selama proses pembelajaran, dengan harapan refleksi yang dibuat akan dapat digunakan sebagai perbaikan kegiatan pembelajaran setelahnya. Terima kasih Prof. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  38. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Link rekaman audio berbagai perkulian filsafat ilmu ini mampu memperkecil ruang dan waktu antara doesn dan mahasiswa. Mahasiswa mampu mengulang ilmu yang telah dipantik oleh dosennya dalam perkulihan. Namun alangkah sedihnya ketika link diatas tidak dapat diakses unutk kita semua. Semga link tersebut dapt diakses kembali.

    ReplyDelete
  39. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Dengan media pembelajaran dengan menggunakan rekaman atau anjuran untuk merekam di setiap perkuliahan menjadikan mahasiswa dapat memanfaatkan media pembelajaran audio atau suara yang merupakan salah media pembelajaran berbasis multimedia yang cukup banyak diterapkan dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio ini mampu membuat mahasiswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.

    ReplyDelete
  40. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Tindakan, tulisan, ucapan, pikiran dan bahkan keyakinan membutuhkan pertanggungjawaban kepada Allah SWT. Namun, pada dasarnya juga harus bisa dipertanggungjawabakan kepada sesama manusia. Misalkan ucapan, jika ucapan tersebut merupakan sebuah hal yang harus disebarkan atau dijadikan referensi dalam kehidupan, maka ucapan tersebut juga menentukan perjalanan tindakan seorang. Dalam proses pembelajaran baik untuk sekolah atau perguruan tinggi seorang guru yang kreatif akan dilihat berbeda dari guru yang monoton atau yang lurus-lurus saja. Merekam materi merupakan hal yang kreatif yang bisa mengefesienkan waktu, memfokuskan perhatian siswa, melatih pendengaran dan melatih untuk bisa merefleksikan. Artinya bahwa alat-alat indera bisa diguanakan tidak hanya menulis saja. Hal ini juga bisa dikatakan melatih kemandirian dan penguatan dalam belajar karena dirumah diputar kembali dan tanpa bimbingan atau pengawasaan.

    ReplyDelete
  41. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Mohon maaf Bapak karena link telah di share sudah tidak dapat diakses. Menursut saya pembelajaran menggunakan rekaman ini cukup efektif. Karena jika selama perkuliahan kita mendengarkan sambal mencatat maka kita menjadi tidak fokus terhadap isi pembicaraannya. Dan belum tentu semua yang bapak ucapkan selama perkuliahan dapat kami catat. Sehingga seperti dalam filsafat bahwa ilmu adalah hasil abstraksi, memilih, memfokuskan pada suatu hal, maka ketika perkuliahan pun kita harus fokus pada satu hal terlebih dahulu, yaitu mendengarkan pembicaraan bapak terlebih dahulu. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  42. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Mohon maaf sebelumnya, tapi link di atas tidak bisa kami akses. mungkin karena sudah expired. menurut saya rekaman audio proses perkuliahan sangat penting. saya dan beberapa teman kerap kali merekam audio perkuliahan, tidak hanya mata kuliah filsafat, tapi juga beberapa mata kuliah lainnya karena keterbatasan kami yang kadang-kadang lupa, dengan adanya rekaman, maka kami dapat mendengarkan kembali perkuliahan dan mendapat poin-poin penting yang terlewatkan oleh kami di saat perkuliahan sebelumnya berlangsung.

    ReplyDelete
  43. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Membaca komentar-komentar sebelumnya, menyatakan bahwa link tersebut sudah tidak dapat diakses legi. Besar harapan kami agar diperbaruai dengan yang lebih baru lagi. Meskipun tidak, kita pasti pernah belajar pada perkuliahan filsafat ilmu dengan Prof. Marsigit. Merefleksi perkuliahan tersebut dari hasil rekaman kita merupakan cara lain untuk mendapatkan maksud dari postingan ini.
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  44. Rosnida Nurhayati
    PPs PMB 2017
    17709251042

    Saya mencoba membuka namun sudah tidak dapat diakses. Refleksi adalah salah satu metode yang bapak gunakan. Dalam tahapan ini kami dilatih untuk mengutarakan kembali apa yang ada dalam rekaman menggunakan bahasa kami dan sesuai dengan kemampuan kami. Hal ini untuk melatih kami agar lebih siap dalam proses menuliskan hasil yang sudah didapat dalam penelitian.

    ReplyDelete
  45. Eka Luthfiana Lathhifah
    17709251062
    PPs PMat C

    terimakasih atas link yang telah diberikan, tapi mohon maaf prof. sama halnya dengan komen teman-teman diatas bahwa link tersebut tidak dapat diakses lagi

    ReplyDelete
  46. Terimakasih bapak atas postingannya. Denga rekaman ini bisa membantu saya untuk mempelajri kembali filsafat. Karena manusia lebih banyak menyimpan memori jangka pendek, maka jika pembelajran tersebut tidak dicatat atau direkam, maka untuk mempelajari kembali materi nya akan sulit.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  47. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Terima kasih Prof sudah bersedia memberikan link di atas. Mohon maaf sbeelumnya link di atas tidak dapat diakses kembali. Tetapi metode yang diberikan sangatlah tepat, apalagi bagi peserta didik yang lebih senang belajar menggunakan audio (gaya belajar auditori) sangat cocok dengan metode ini. Karena saya sendiri merasa bukan tipe multitasking learner bisa mendengarkan sambil mencatat. Diarapkan metode ini bisa menjadi contoh oleh tenaga pendidik lainnya apalagi dengan perkembangan teknologi era sekarang yang saling memudahkan.

    ReplyDelete
  48. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Mohon maaf Prof sepertinya link diatas sudah tidak aktif, namun terlepas dari itu cara pembelajaran dengan menggunakan rekaman radio sangat efektif utamanya di tingkat pendidikan tinggi. Semoga ke depannya kami bisa lebih banyak belajar lagi.

    ReplyDelete
  49. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Sayang sekali link di atas sudah tidak dapat diakses lagi. Tetapi ini menginspirasi saya untuk mengupload beberapa rekaman audio perkuliahan filsafat yang menurut saya menarik. Saya belajar banyak dalam perkuliahan, akan lebih baik jika banyak orang juga mendengarnya agar ilmu semakin tersebar dan menjadi berbuah di banyak tempat.

    ReplyDelete
  50. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Meskipun link diatas tidak bisa diakses, namun untuk belajar tidak hanya referensi yang disediakan oleh pak prof, tetapi melalui komentar teman-teman yang ada di artikel ini kita dapat memahami berbagai macam persepsi yang kalau kita cermati dapat menambah wawasan dan nation kita terhadap perkembangan pengetahuan yang kita miliki.

    ReplyDelete
  51. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Mohon maaaf Prof, link yang Prof bagikan sudah tidak dapat diakses lagi. Tapi terlepas dari itu, perkuliahan dengan menggunakan rekaman (audio) sangat efektif untuk mahasiswa, terlebih lagi mahasiswa yang pemalas. Selain itu rekaman perkuliahan dapat didengarkan kepada banyak orang.
    Terimakasih

    ReplyDelete