May 17, 2013

Rekaman (audio) berbagai Perkuliahan Filsafat (Ilmu) oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A.



Ass Wr Wb

Berikut saya tayangkan berbagai rekaman audio perkuliahan filsafat ilmu. Silahkan akses ke:

http://www.4shared.com/account/dir/2PArbV1K/_online.html#dir=2PArbV1K

Demikian semoga bermanfaat.

Salam

Marsigit

28 comments:

  1. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terimakasih Prof atas rekaman audio perkuliahan filsafat (Ilmu) yang dapat menambah rujukan/referensi dalam perkuliahan matematika model, karena matematika model dasarnya adalah filsafat ilmu.

    ReplyDelete
  2. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Sumber belajar di saat sekarang ini sudah sangat banyak apalagi ditunjang oleh kemajuan teknologi dan informasi sehingga dengan mudahnya kita bisa mengaksesnya. Sumber belajar pada saat sekarang ini tidak hanya diperoleh dari proses pembelajaran di kelas atau perkuliahan tetapi juga dapat memanfaatkan teknologi, seperti internet. Dengan internet kita dapat mengakses blog-blog yang berisi pengetahuan, mengakses jurnal nasional maupun internasional. Selain itu dapat juga dimanfaatkan rekaman dalam perkuliahan (audio), Karena dengan rekaman kita dapat merefleksikan perkuliahan-perkuliahan sebelumnya untuk lebih meningkatkan pemahaman kita terhadap materi atau mata kuliah tersebut.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pembiasaan saat mengikuti mata kuliah Prof Marsigit kita diberikan kesempatan untuk merekam setiap apa yang di sampaikan untuk setiap pertemuan tujuannya agar nantinya mahasiswa dapat merefleksikan kembali apa yang di sampaikan sehingga manfaat yang dapat dirasakan juga adalah mengembangkan kemampuan kami dalam menyimak. Namun demikian karena sifatnya rekaman maka jika ada sesuatu yang kurang jelas kami dapat memutarnya kembali secara berulang-ulang sehingga pada akhirnya dapat memperoleh kejelasan tentang materi yang telah di sampaikan dan sangat-sangat membantu untuk kami.

    ReplyDelete
  4. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Seiring berkembangnya jaman, teknologi yang digunakan juga semakin canggih. Berbagai sarana dapat digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini memang sangat mungkin dilakukan pada bangku pekuliahan. Namun, ketika kita melihat pembelajaran dari tingkat Sekolah Dasar hingga SMA, belum dapat diterapkan secara menyeluruh di Indonesia. Hal ini karena terdapat kesenjangan baik dari segi ekonomi maupun pendidikan sendiri. Untuk sekolah-sekolah di perkotaan yang maju dan sebagian besar orang tua siswa sudah sadar akan pendidikan putra putrinya, maka pembelajaran dengan berbagai media dapat dilakukan dengan baik dan lancar walaupun tidak dengan bertatap muka di dalam kelas. Akan tetapi untuk sekolah-sekolah kalangan menengah ke bawah, tentunya akan sulit menerapkannya karena fasilitas yang dibutuhkan baik dari sekolah maupun dari siswa masih kurang mencukupi. Bahkan di daerah 3T, sangat minim sekali media elektronik yang dapat digunakan disamping siswa yang kurang begitu tersentuh dengan perkembangan teknologi. Hal ini tentunya menjadi PR besar bagi semua kalangan dalam bidang pendidikan, termasuk KITA, calon pendidik.

    ReplyDelete
  5. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Metode yang digunakan dalam pembelajaran filsafat bersama pak marsigit menurut saya sangat menarik, dimana kita merekam diskusi tanya jawab mengenai filsafat yang mana berfungsi sebagai bahan referensi refleksi perkuliahan. Selain itu rekaman dapat berfungsi sebagai pemahaman kembali bagaimana filsafat itu, filsafat tidak dapat di mengerti hanya sekali dengar atau sekali melihat tapi perlu pemahaman lebih yang bersifat reflektif. Dan yang terakhir adalah dengan direkam kita bisa mengakses kembali dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  6. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam perkuliahan bersama Bapak Prof. Marsigit biasanya selalu direkam, agar dapat di dengar ulang dan dapat diingat-ingat kembali apa yang telah disampaikan dalam perkuliahan, agar dapat dijadikan sebagai bahan refleksi. Nah melakukan rekaman saat perkuliahan ini merupakan salah satu cara memanfaatkan tekhnologi pada dunia kontemporer. memanfaatkan produk dunia kontemporer ini merupakan salah satu cara agar kita tidak menjadi patung kontemporer dan kita bisa berkembang.

    ReplyDelete
  7. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ada berbagai cara menyimpan informasi yang diterima dalam perkuliahan misalnya saja dengan merekam. Ketika suatu saat membutuhkan informasi lagi tentang perkuliahan maka dapat diingat kembali dengan mendengarkan rekaman. Ingatan manusia terbatas oleh karena itu membutuhkan alat bantu misalnya dengan rekaman. Terimakasih untuk rekaman perkuliahan dari pak Marsigit. Dengan rekaman ini dapat menambah pengetahuan dan referensi.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sudah menjadi suatu keterbatasan manusia yaitu sifat reduksi yang mungkin saja terjadi dalam diri manusia ketika mereduksi informasi yang tidak tersimpan dalam long term memory. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran oleh Prof. Marsigit pun memanfaatkan teknologi untuk merekam setiap perkuliahan. Hal ini bertujuan selain dokumentasi adalah untuk menganalisis kembali makna dan merefleksikan filsafat menurut versi Prof. Marsigit dan mengkonformkan dengan pemikiran kita. Terimakasih Prof. atas saran selama pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Fondasi dasar dari suatu matematika model adalah filsafat. Oleh karena itu perkuliahan lebih ditanamkan fondasi awalnya. Pada awalnya saya bertanya – tanya apa manfaat dari rekaman perkuliahan ini. Namun seiring berjalannya waktu, saya tersadar bahwa tidak semua dapat kita ingat. Oleh karena itu hasil rekaman dapat di dengar berulang, dan belajar secara terus menerus walaupun nantinya status tak lagi menjadi mahasiswa. Amin. Mohon bimbingannya Prof.

    ReplyDelete
  10. Pembelajaran dengan menggunakan rekaman audio menjadi terobosan dalam belajar. Rekaman dapat diputar ulang untuk dapat memahami materi yang dipelajari. Seperti belajar sepeda tidak dengan sekali coba akan langsung bisa. Pun kuliah tidak dengan sekali mendengar akan langsung paham.

    ReplyDelete
  11. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Penggunaan rekaman (audio) sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa dalam perkuliahan filsafat dan matematika model. Hal ini dikarenakan kami dapat mendengarkan ulang penjelasan Prof dan tanya jawab selama pembelajaran. Tidak hanya itu, pembelajaran filsafat dengan menggunakan blog seperti ini, menjadikan pembelajaran tidak terbatas pada ruang dan waktu. Kami dapat mengakses dan membaca elegi-elegi dimana saja dan kapan saja.

    Terima kasih Prof atas rekaman perkualiahan filsafat ilmu yang telah Prof share ini. Rekaman ini bisa digunakan sebagai salah salah sumber awal belajar filsafat.

    ReplyDelete
  12. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kegiatan perkuliahan filsafat dengan memanfaatkan teknologi ini bertujuan untuk dapat merefleksikan kegiatan perkuliahan filsafat yang sewaktu-waktu dapat diputar ulang untuk refleksi diri. Refleksi artinya mengenali, mengerti, dan mengungkapkan kembali dengan bahasa masing-masing individu. Sebenarnya perkuliahan filsafat ini adalah mempelajari tata cara belajar filsafat. Karena manusia yang beradab adalah manusia yang mengenal, mengetahui dan mempunyai tata cara. Hal ini, tertuang dalam Pancasila pada sila ke-2, yang berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab.Tata cara bermula dari suatu keadaan yang mempunyai potensi dan fakta.Kesimpulannya, karakter filsafat adalah puncak berpikir manusia.

    ReplyDelete
  13. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Salah satu metode pembelajaran yang khas dengan kuliah yang diampu oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A. adalah ada alat perekam selama proses pembelajaran di kelas. Hal ini bertujuan sebagai dokumentasi atau bukti nyata hal-hal apa saja ang disampaikan dalam perkuliahan. Mengingat topik yang dibahas terkadang mempunyai cakupan luas dan saling berhubungan. Jadi rekaman sangat berguna untuk merefleksi dan mencari inti sari dari apa-apa yang telah didiskusikan. Terima kasih bapak telah membagikan rekaman audio ini, yang dapat menjadi referensi kita untuk belajar.

    ReplyDelete
  14. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dalam perkuliahan Prof. Marsigit kita dianjurkan untuk merekam isi dari perkuliahan dari awal sampe akhir. Dengan rekaman kita bisa mengulang-ulang pembelajaran yang tadi telah dilaksanakan karena belajar filsafat tidak bisa cuma sekali, dan cakupan filsafat sangat luas sehingga tidak mungkin pembelajaran yang isinya sama diulang-ulang, kita juga bisa mengkonfirmasi sesuatu jika ada yang terlewat atau kita menemukan keraguan di tengah-tengah belajar.

    ReplyDelete
  15. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Semakin berkembangnya teknologi, sehingga semakin pintarlah untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Seperti yang dilakukan mahasiswa dalam perkuliahan matematika model selalu merekam dari apa yang disampaikan oleh Prof. Marsigit. Sehingga bisa menjadi refleksi dan dapat dipelajari lagi oleh masing- masing individu. Begitu juga sumber belajar dengan menggunakan blog ini.

    ReplyDelete
  16. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Metode pembelajaran yang digunakan Bapak dalam pembelajaran di setiap matakuliah bervariasi sebagai contoh adalah rekaman (audio) disetiap pertemuan yang akan menjadikan refleksi untuk diri kita mengenai matakuliah bersama beliau. Rekaman (audio) sesuai dengan tuntutan jaman dimana semua media pembelajaran sudah sangat bervariasi mulai dari LAS (Lembar Kerja Siswa), penanyangan melalui LCD agar dapat brandstorming kesegala sumber di Internet, dan Audio. Tidak seperti dulu yang hanya sebatas guru menjelaskan siswa mendengarkan.

    ReplyDelete
  17. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas rekaman perkuliahan yang dibagikan. Belajar itu tidak harus selalu di kelas, belajar bisa dilakukan dimana saja. Semoga rekaman yang diberikan dapat menambah wawasan saya.

    ReplyDelete
  18. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kemajuan teknologi saat ini sangat beragam, jika kemajuan teknologi dimanfaat sebaik mungkin akan berdampak besar pada perubahan. Dalam kuliah MaMo kami diwajbkan untuk merekam pembelajaran hari itu, tujuan agar kita bisa mengulang pembelajaran hari itu kapanpun. Terimakasih prof atas rekaman yang diberikan.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak Marsigit. Dengan rekaman ini, semakin bertambah referensi saya untuk mempelajari filsafat. Karena setiap perkuliahan pak Marsigit sangat unik, diisi dengan penyampaian yang berbeda. Sehingga rekaman ini juga penting untuk didengarkan.

    ReplyDelete
  20. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pembelajaran tidak hanya melulu dengan aktifitas mendengar dan mecatat. Dapat saja dianggap kolot jika menolak teknologi. Perkembangan teknologi dan pendidikan mungkin akan erat ikatannya. Bagi seorang pengajar, teknologi dapatlah digunakan sebagai alternatif untuk menjadi seorang pengajar yang tidak biasa-biasa saja serta dapat meningkatkan dirinya ke dalam hal lebih kreatif. Ini merupakan salah satu contoh penggunanan media pembelajaran yang mungkin dapat diterapkan dalam pembelajaran menggunakan audio.

    ReplyDelete
  21. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    P.Mat D S2 2016

    Terimakasih atas meng-share rekaman ini prof. Ini sangat berguna bagi kita. Selain itu dapat membuka pikiran saya bahwa sangat perlu dalam perkulihan untuk merekam apa yang terjadi saat kelas berlangsung. Karena dalam pengalaman saya sering lupa dalam materi-materi kuliah yang tidak ada rekaman ulang sebuah perkulihannya. Mungkin dari sini saya juga bisa merekam untuk mata kuliah yang lain.

    ReplyDelete
  22. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Pak atas rekaman audio pembelajaran filsafat yang dibagikan, bermanfaat bagi saya untuk mengenal dan mempelajari filsafat lebih mendalam.

    ReplyDelete
  23. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam perkuliahan filsaafat ilmu, mahasiswa merekam apa yang disampaikan atau dikemukakan oleh dosen yaitu bapak Prof. DR. Marsigit, M.A. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa senantiasa dapat memahami penjelasan yang disampaikan oleh dosen secara lebih mendalam, atau tidak terjadinya salah tafsir dari apa yang disampaikan oleh pak Prof. Marsigit. Kita tahu bahwa untuk memahami filsafat tidaklah mudah, bahkan ada yang mengatakan bahwa banyak orang yang kebingungan dalam memahami filsafat. Dalam memahami filsafat tentu akan sangat dibutuhkan pemikiran yang fokus dan terbebas dari segala belenggu pemikiran-pemikiran lain yang dapat mengganggu pemahaman kita mengenai ajaran-ajaran dalam filsafat yang sejatinya adalah untuk memahami hakikat kebenaran dan kebijaksanaan.

    ReplyDelete
  24. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Inilah fungsi dari media yang ada, bahwa proses pembelajaran tidak hanya bisa dilakukan di dalam ruang kelas dengan mencatat namun bisa juga menggunakan audio sebagai media pembelajaran. Terimakah atas sumber belajar yang telah di postkan.

    ReplyDelete
  25. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas rekaman audio yang telah dibagikan. Semoga dapat menjadi tambahan ilmu yang baik untuk saya dalam mengartikan setiap tulisan bapak dalam blog ini.

    ReplyDelete
  26. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakaih Prof, link mengenai rekaman audio itu sangat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mempelajari filsafat dan memambah pengetahuan mengenai filsafat.

    ReplyDelete
  27. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Terima kasih atas banyak rekaman perkualiahn filsafat ilmu yang telah dibagikan. Rekaman ini bisa digunakan sebagai bahan pelajaran saya dalam belajar mengenai filsafat ilmu serta berbagai pertanyaan serta jawaban dari Bapak. Terimakasih banyak sekali lagi.

    ReplyDelete
  28. Febrian Luthfi
    13301241062
    pendidikan matematika 2013

    Terimakasih pak telah membagi link semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat

    ReplyDelete