May 17, 2013

Rekaman (audio) berbagai Perkuliahan Filsafat (Ilmu) oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A.



Ass Wr Wb

Berikut saya tayangkan berbagai rekaman audio perkuliahan filsafat ilmu. Silahkan akses ke:

http://www.4shared.com/account/dir/2PArbV1K/_online.html#dir=2PArbV1K

Demikian semoga bermanfaat.

Salam

Marsigit

18 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Terima kasih atas banyak rekaman perkualiahn filsafat ilmu yang telah dibagikan. Rekaman ini bisa digunakan sebagai bahan pelajaran saya dalam belajar mengenai filsafat ilmu serta berbagai pertanyaan serta jawaban dari Bapak. Terimakasih banyak sekali lagi.

    ReplyDelete
  2. Febrian Luthfi
    13301241062
    pendidikan matematika 2013

    Terimakasih pak telah membagi link semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A

    Dengan merekam pembicaraan yang berlangsung selama perkuliahan merupakan salah satu cara yang inovatif dalam pembelajaran. Memanfaatkan teknologi sekarang dan menjadikan kita pengguna teknologi kreatif. Dengan hasil rekaman dari perkuliahan tersebut, dapat dijadikan sebagai refleksi.
    Tapi maaf sebelumnya Pak, link di atas sudah tidak berlaku lagi ya Pak?

    ReplyDelete
  4. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Melakukan rekam audio perkuliahan merupakan salah satu cara efektif dan akurat dalam menyimpan informasi yang diterima selama perkuliahan, kita dapat memfokuskan diri menyimak dan mengikuti apa yang disampaikan oleh dosen tanpa sibuk mencatat dan mengakibatkan ketinggalan beberapa informasi lainnya sementara kita sedang mencatat. Terutama dalam belajar filsafat, belajar berfilsafat menuntut kita untuk banyak berpikir sehingga akan lebih mudah bagi kita memahami, memikirkan dan mengolah informasi yang kita peroleh selama perkuliahan jika kita fokus mengikutinya. Selain itu, dengan adanya file rekaman audio tersebut kita bisa mendengarkannya kembali kapanpun kita inginkan.

    ReplyDelete
  5. Junianto
    17709251065
    PM C

    Rekaman audio pada waktu mengikuti perkuliahan meruoakan alternative untuk memahami materi yang telah disampaiakan dosen. Belajar tidak harus dalam ruangan kuliah, namun bisa kapan dan dimana saja. Belajar tidak terikat dengan ruang dan waktu. Maka dari itu, dari rekaan ini bisa membuat mahasiswa menjadi lebih paham mengenai materi filsafat.

    ReplyDelete
  6. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika 2017

    Terimakasih pak atas postingannya.
    Rakaman audio atau suara ketika mengikuti sebuah pembelajaran atau perkuliahan merupakan salah satu cara atau alternative untuk memahami(mengingat) materi yang disampaikan oleh Dosen(pengajar). Sebuah rekaman akan sangat bermakna jika rekaman tersebut bisa diulangi dan didengar lagi untuk mencapai sebuah konsep yang mungkin kita tidak mengerti pada saat didengar secara langsung, akan tetapi pada link yang bapak bagikan itu sudah tidak berlaku sehinggga tidak tersedia lagi di 4shared.com tersebut.

    ReplyDelete
  7. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Sekarang ini teknologi semakin canggih dan kita tidak dapat menghindari hal tersebut. Hanya saja jika teknologi yang ada tidak kita manfaatkan kita hanya akan tertipu daya oleh hiburannya semata. Maka akan lebih bijak bila kita mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk hal-hal yang positif. Misalnya pemanfaatan teknologi untuk proses belajar mengajar. Seperti halnya yang selalu dilakukan oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A. dalam perkuliahannya, mahasiswa diberikan kesempatan untuk merekam seluruh proses perkuliahan. Dengan demikian, setelah perkuliahan ditutup, mahasiswa dapat merefleksikannya kembali. Kegiatan refleksi ini sangat berkaitan dengan filsafat karena filsafat merupakan olah pikir yang refleksif.

    ReplyDelete
  8. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link kumpulan rekaman kuliah Bapak. Namun, maaf Bapak, setelah saya kunjungi link tersebut ternyata terdapat info bahwa link sudah tidak berlaku. Namun hal lain yang dapat saya tangkap adalah bahwa ternyata merekam perkuliahan seperti yang telah kelas kami lakukan memiliki banyak manfaat mengingat short term memory manusia yang tidak mampu memuat info yang banyak. Rekaman tersebut dapat kita putar kembali sehingga setiap perkuliahan yang terlupa akan dapat kembali dipanggil oleh memori.

    ReplyDelete
  9. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih bapak atas share link kumpulan rekaman audio selama kuliah Bapak. Merekam audio selama pembelajaran merupakan salah satu alternative agar mahasiswa focus mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen tanpa diganggu aktivitas lain seperti mencatat karena sudah digantikan dengan rekaman audio.

    ReplyDelete
  10. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Mohon maaf sebelumnya pak, saya sudah mencoba membuka link di atas, namun tidak ada file audio yang dapat didengar. Namun, saya rasa bahwa pembelajaran menggunakan rekamn audio sangat efektif, karena dapat menjadikan ruang belajar kami menjadi tidak terbatas. Semoga kami tetap menjadi manusia pembelajar.

    ReplyDelete
  11. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Sebelumnya saya juga mohon maaf Pak. Sama seperti teman-teman yang lain saat saya mengklik link yang tercantum pada postingan ini, saya tidak menemukan file audionya dan muncul informasi link file sudah tidak berlaku lagi. Saya sangat berharap dan mohon izin kepada Bapak untuk memperbaharui link file-nya agar saya dan teman-teman dapat mengambil pelajaran melalui audio tersebut. Jika Bapak berkenan saya mengucapkan terima kasih sekali. Menurut saya, melalui audio akan melatih diri saya untuk mendengarkan pendapat orang lain. Kemudian, hasil rekaman juga dapat diputar berulang-ulang sehingga dapat menjadi pengingat diri. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih Pak.

    ReplyDelete
  12. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas share link audionya, tetapi ketika link tersebut dibuka, saya tidak menemukannya Pak. Terkait perekaman saat perkuliahan berlangsung itu sangat bermanfaat sekali, diantara manfaatnya yaitu saat Bapak menjelaskan kita bisa fokus dengan apa yang diucapkan oleh Bapak, dengan tidak dibarengi oleh kegiatan lainnya seperti menulis. Karena jika dibarengi dengan kegiatan lainnya, proses untuk mendengarkan tidak efektif. Selain itu juga manfaatnya kita bisa merefleksikan atau mendengar ulang perkuliahan pada pertemuan tersebut, sehingga pemahaman kita lebih dalam lagi jika tidak hanya mendengarkan sekali saja.

    ReplyDelete
  13. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Saya merefleksikan bahwa tidak mudah memang memahami filsafat. Butuh kerja keras Dan berpikir keras. Tak hanya itu, harus Juga senantiasa menyadari bagaimana filsafat itu muncul dan hadir dalam peristiwa keseharian, percakapan dengan orang lain.
    Mendengarkan ulang rekaman perkuliahan membantu memberi jarak Dan sekaligus waktu untuk kembali mencerna apa yang baru dipelajari.

    ReplyDelete
  14. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Rekaman audio perkuliahan menjadi alternatif yang bagus bagi mahasiswa untuk bisa merefleksikan kembali perkuliahan. Karena kemampuan daya serap setiap orang berbeda-beda dan kemampuan menyimpan memori pun tidak sama. Adanya alternatif ini merupakan suatu bukti kemajuan teknologi yang digunakan secara positif di dalam dunia pendidikan. Namun jika direkam dengan audiovisual pasti akan menjadi lebih baik karena dapat dikemas dalam CD atau di upload sebagai referensi mahasiswa se Indonesia dalam mempelajari filsafat bersama Bapak Prof. Marsigit.

    ReplyDelete
  15. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Sumber belajar dapat diperoleh dari mana saja,dapat dari buku, audio, visual, bahkan pengalaman. Berbagai seumber yang dapat dengan mudah diperoleh seharusnya membuat kita tidak malas dalam belajar. Terima kasih pak, selalu mau membagikan ilmunya dari blog ini. Dengan menggunakan rekaman akan menjadi sebagai media untuk menguulang kembali ilmu pengetahuan yang mungkin saja terlewatkan dalam poses pembelajaran di kelas. Sehingga dengan rekaman ini dapat di stop, play, dan mudah dalam pengulangan kembali agar tidak terdapat ilmu yang terlewatkan serta memudahkan dalam memahami.

    ReplyDelete
  16. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pembelajaran di kelas, dimana mahasiswa merekam isi kuliah maka bisa diputar ulang sehingga belajar tidak hanya di kelas saja, namun bisa di luar kelas. Pada jumat 17 november kemarin saya mengikuti kuliah umum pascasarjana membahas tentang perubahan-perubahan dunia yang dipengaruhi teknologi. Salah satu bidang yang terkena imbas salah satunya adalah pendidikan. Kedepan belajar tidak harus tatap muka dengan pengajar, mungkin bisa melalui rekaman audio maupun video pengajar. Cara seperti ini memungkinkan siswa belajar dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  17. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kemajuan informasi dan teknologi sudah seharusnya dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Rekaman perkuliahan dalam mata kulaih filsafat akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk melakukan refleksi da mengulang kembali materi yang sudah dijelaskan jika dibandingkan dengan mencatat di dalam kelas yang tentunya akan melewatkan detail-detail dari suatu penjelasan penting.

    ReplyDelete
  18. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Pembelajaran pada mata kuliah filsafat paling berbeda dengan matakuliah lainnya. Pada matakuliah ini, mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mencatat. Mahasiswa hanya di perbolehkam untuk tetap fokus pada materi perkuliahan dan menggunakan HP untuk merekam pelaksanaan perkuliahan. Tanpa disadari, kegiatan ini sangat membantu mahasiswa untuk mengulangi materi dan merefleksikan materi selama proses pembelajaran. Ketika mencatat kita juga bisa mengulangi materi, namun ketika mendengarkan rekaman kita akan lebih lengkap dan jelas di dalam mengulang materi. Kegiatan ini sangat menginspirasi untuk dilakukan. Namun, kita juga harus pintar memilih materi yang cocok untuk diterapkan model pembelajaran ini.

    ReplyDelete