May 17, 2013

Rekaman (audio) berbagai Perkuliahan Filsafat (Ilmu) oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A.



Ass Wr Wb

Berikut saya tayangkan berbagai rekaman audio perkuliahan filsafat ilmu. Silahkan akses ke:

http://www.4shared.com/account/dir/2PArbV1K/_online.html#dir=2PArbV1K

Demikian semoga bermanfaat.

Salam

Marsigit

24 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Metode perkuliahan yang Bapak laksanakan dalam kuliah filsafat ilmu adalah dengan merekam. Namun, tidak hanya merekam saja, dari rekaman tersebut dibuat refleksi hasil perkuliahan pada setiap pertemuan. Saya merasa dengan adanya rekaman seperti ini sangat membantu dalam memahami filsafat. Karena kuliah atau belajar filsafat tidak hanya belajar di kelas saja namun bisa diulang-ulang kapan saja dan dimana saja. Hal ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan bermakna. Terimakasih Pak Prof Marsigit atas ilmu-ilmu yang diberikan.

    ReplyDelete
  2. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Model belajar Prof. Marsigit adalah mengarahkan mahasiswa untuk merekam materi perkuliahan. Saya jadi teringat bahwa dunia ini terbatas ruang dan waktu, dimana adanya rekaman tersebut dapat menembus ruang dan waktu sehingga suara Prof. Marsigit dapat menggaung kapanpun dimanapun sehingga mahasiswa dapat belajar lagi dimanapun kapanpun.

    ReplyDelete
  3. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dari link yang tertera di atas, sayang sekali file sudah tidak tersedia atau dikarenakan sudah terlalu lama berada di 4shared dan piha 4 shared melakukan pembersihan data. Cukup disayangkan memang karena saya juga ingin mendengarkan perkuliahan dari rekaman tersebut. Apalagi jika rekaman bisa terus diulang hingga menjadi paham dan lebih paham lagi karena jika hanya mengikuti perkuliahan akan terasa sulit jika ingin menyimak sambil mencatat kata-kata yang penting yang diucapkan Pak Marsigit. Terlebih lagi karena semua yang dikatakan sebagian besar sangat penting.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  4. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Seperti yang dikatakan oleh teman-teman bahwa audio sudah tidak lagi tertera dalam 4shared. Akan tetapi saya sangat mengapresiasi pembelajaran yang dilakukan oleh Prof. Marsigit tersebut. Dengan merekam seluruh materi perkuliahan yang disampaikan di kelas, hal tersebut mempermudah mahasiswa untuk mengulang kembali pembelajaran dengan mendengarkan audio dari rekaman perkuliahan. Sehingga mambantu kami untuk menemukann kelemahan dalam belajar filsafat ini baik ketidakmampuan kami dalam menangkap materi di kelas maupun ketidakpahaman kami dalam belajar filsafat ilmu ini.

    ReplyDelete
  5. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sekarang ini teknologi semakin canggih dan kita tidak dapat menghindari hal tersebut. Hanya saja jika teknologi yang ada tidak kita manfaatkan kita hanya akan tertipu daya oleh hiburannya semata. Maka akan lebih bijak bila kita mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk hal-hal yang positif. Misalnya pemanfaatan teknologi untuk proses belajar mengajar. Seperti halnya yang selalu dilakukan oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A. dalam perkuliahannya, mahasiswa diberikan kesempatan untuk merekam seluruh proses perkuliahan. Dengan demikian, setelah perkuliahan ditutup, mahasiswa dapat merefleksikannya kembali. Kegiatan refleksi ini sangat berkaitan dengan filsafat karena filsafat merupakan olah pikir yang refleksif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Saya sangat setuju dengan paparan saudara Fabri bahwa teknologi sangat bermanfaat bagi pembelajaran salah satunya yang telah dilakukan oleh Bapak Prof Marsigit. Manfaatnya sendiri bisa mencakup banyak kalangan yang diantaranya untuk mahasiswa yang sedang belajar filsafat yang dapat mengulang pembelajarannya diberbagai tempat, untuk para pengajar dapat merefleksi pembelajaran yang berlangsung, dan untuk khalayak umum dapat menambah pengetahuan tentang ilmu filsafat.

      Delete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Terima kasih untuk rekaman audionya, Prof. Metode pembelajaran yang menarik karena kita semua bisa mendengarkan ulang perkuliahan.

    ReplyDelete
  7. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Filsafat adalah olah pikir yang cakupannya begitu luas. Metode belajar yang digunakan bapak Marisigit dalam perkulihan adalah tidak secara langsung menjelaskan apa itu filsafay secara spesifik tetapi beliau membimbing mahasiswa untuk dapat berfilsafat dengan memposting beberapa tulisan di blog dan kita membacanya, meminta mahasiswa untuk merekam topik perkuliahan dan membuat refleksinya. Fasilitas seperti itulah yang membantu kita untk berfilsafat.

    ReplyDelete
  8. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Metode pembelajaran yang diterapkan membantu mahasiswa dalam memahami. Penyampaian materi diberikan dengan gaya para filsuf. Artinya filsafat sungguh diusahakan dekat dengan mahasiswa. Tidak dapat dipungkiri terkadang pembahasan yang diberikan bersifat berat. Berat artinya memiliki cakupan yang luas dan mungkin baru diperoleh saat pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mengingat kembali pembelajaran tersebut rekamanan diperlukan. Hal ini sangat berfungsi sehingga mahasiswa mampu mengulang kembali pembelajaran dan membuat refleksi atas pembelajaran yang telah dilakukan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih pak untuk berbagi ilmu yang tidak ada habisnya. Selain kami bisa mendapatkan ilmu dari tulisan pada blog bapak, kami juga selalu diberikan kesempatan untuk merekam semua penyampaian materi pada setiap kuliah bapak. Semoga kami bisa memanfaatkan ilmu tersebut dengan sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  10. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Terimakasih kepada bapak Marsigit yang telahmemberikan link rekaman (audio) perkuliahan filsafat walaupun saying sekali sudah tidak ada. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat sangat membantu proses pebelajaran yang salah satunya rekaman audio tersebut. Audio pembelajaran tersebut bisa sangat bermanfaat untuk berbagai kalangan. Untuk siswa audio tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan dan untuk pengajar dapat menjadi bahan refleksi untuk pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  11. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Ingatan manusia sifatnya terbatas. Oleh karena itu, manusia membutuhkan alat bantu dalam belajar. Mencatat adalah salah satu cara yang biasa dilakukan manusia untuk mengikat ilmu yang baru ia peroleh. Akan tetapi, kini dengan adanya kemajuan teknologi yang begitu pesat, mencatat yang biasa dilakukan secara manual dapat diganti dengan memfoto atau merekam. Mengingat di jaman sekarang, semua orang (dalam hal ini mahasiswa) telah memiliki HP yang canggih. Kegiatan merekam yang diterapkan oleh Prof. Marsigit selama pembelajaran menurut saya efektif, karena selama di dalam kelas, mahasiswa dapat focus pada penjelasan yang diberikan oleh Prof. Marsigit. Sementara kegiatan mencatat kembali atau refleksi dapat dilakukan oleh mahasiswa selama di rumah dengan cara mendengarkan kembali rekaman tersebut.

    ReplyDelete
  12. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.

    Pembelajaran tidak hanya dengan aktifitas mendengar dan mecatat. Pembelajaran dapat memanfaatkan teknologi. Perkembangan teknologi dan pendidikan mungkin akan erat ikatannya. Bagi seorang pengajar, teknologi dapatlah digunakan sebagai alternatif dalam memfasilitasi siswa agar lebih mudah dapam memahami pembelajaran. Pembelajaran menggunakan rekaman tersebut merupakan salah satu contoh penggunanan media pembelajaran yang mungkin dapat diterapkan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Terkait dengan file audio yang sudah tidak tersedia saya tidak bisa mendengarkan rekaman kuliah Bapak. Namun saya sendiri telah melakukan rekaman terhadap kuliah yang Bapak berikan sehingga mengerti maksud dari perekaman ini adalah agar dimana pun saya berada saya bisa belajar filsafat. Pembelajaran yang Bapak terapkan ini bertujuan agar belajar filsafat tidak dibatasi ruang kelas dan waktu seperti pada jadwal kuliah.

    ReplyDelete
  14. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Memanfaatkan rekaman (audio) sebagai media pembelajaran adalah salah satu inovasi yang dapat dilakukan di dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran. Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing, ada yang bisa mendengarkan penjelasan dosen sembari mencatat adapula yang tidak. Dengan adanya rekaman (audio) tersebut maka akan memudahkan mahasiswa dalam mempelajari kembali tersebut karena dapat memutar kembali penjelasan dosen secara berulang-ulang sebanyak yang ia inginkan.

    ReplyDelete
  15. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Metode perekaman mampu mendaur ulang ingatan yang telah tersimpan. dengan merekam maka akan mempermudah siswa untuk mengingat dan mengulang selama perkuliahan. Rekaman sangat membantu dalam memudahkan kita untuk berpikir, karena kita tidak diharuskan untuk berpikir terlalu keras karena mengingat sesuatu, cukup mendengar saja semua yang terdengar akan ingat dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  16. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Rekaman audio merupakan salah satu pemanfaatan teknologi di era digitalisasi sekarang ini. Pemanfaatan rekaman audio tersebut yaitu sebagai sebuah refleksi untuk kita mengenai apa yang telah dipelajari. Selain itu dengan adanya rekaman audio tersebut tidak membatasi diri kita untuk belajar, karena belajar bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun kita berada. Kemudian melalui rekaman tersebut kita akan lebih memahami mengenai hal-hal yang telah dipelajari dengan mendengarkannya secara berulang-ulang.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sudah menjadi kodratnya memang bahwa manusia memiliki banyak kekurangan. Diantara kekurangan tersebut yaitu mudah lupa. Terkadang manusia tidak bisa fokus dengan melakukan dua indra sekaligus, misalnya menulis dengan mendengarkan. Kata-kata memang tidak bisa menggapai seluruh apa yang ada didalam pikiran, pun begitu dengan tulisan yang tidak mampu menjangkau kata-kata. Oleh karenanya menulis sambil mendengarkan sangatlah sulit. Meskipun ia mampu mencatat sambil mendengarkan tetap saja akan ada bagian-bagian yang tidak tercatat oleh tangannya dan akan ada bagian-bagian yang tidak semuanya konsentrasi ia dengarkan. Oleh sebab itulah Prof Marsigit memberikan metode perkuliahan melalui kegiatan merekam. Agar mahasiswa hanya fokus dengan satu indra saja yaitu mendengarkan dan agar lebih berkonsentrasi dalam mendengarkan apa yang dipaparkan oleh Bapak. Karena filsafat bukan sesuatu yang mudah untuk dipahami, didengarkan sekali belum tentu langsung paham. Oleh karenanya, dengan rekaman mahasiswa dapat mendengarkan kembali tentang apa yang telah disampaikan dikelas kapan pun dan dimana pun.

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Metode pembelajaran yang diterapkan oleh Prof Marsigit adalah dengan merekam setiap percakapan dan pembicaraan selama pelajaran. Seperti yang Prof sampaikan juga bahwa tidak akan mungkin manusia mampu menangkap setiap detik kejadian. Manusia dengan keterbatasannya tidak bisa menggunakan beberapa alat inderanya dalam waktu bersamaan dengan hasil yang maksimal. Oleh karena itu dengan perkembangan teknologi saat ini, kita bisa memanfaatkannya untuk proses pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu dengan adanya rekaman ini mahasiswa dapa melakukan refleksi terhadap perkuliahan yang sudah berlangsung.

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Terimakasih banyak pak prof selalu share link terkait dan ilmu yang bermanfaat. Metode mengajar bapak sangat inspiratif dan memanfaatkan teknologi yang ada sebagai media pembelajaran. Kami mahasiswa fokus mendengar dan memahami materi perkuliahan yang disampaikan tapi kami tidak kehilangan sedetikpun tentang apa yang bapak sampaikan saat perkuliahan mulai dari awal dimulai hingga penutup semua ada dalam rekaman yang kapan saja dapat kami putar dan dengarkan kembali. Bapak mengajarkan untuk menggunakan teknologi yang ada bukan untuk menghindari tapi menggunakan dengan hal-hal yang positif jadi mahasiswa dapat mencatat semua materi perkuliahan melalui rekaman via ponsel. terimakasih

    ReplyDelete
  20. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Terima kasih prof, atas setiap ilmu dan pembelajaran yang telah diberikan kepada kami baik melaui pembelajaran dikelas maupun di blog ini. salah satu system pembelajaran dikelas filsafat ilmu oleh Prof marsigit yaitu dengan merekam penjelasan beliau.. dengan merekam setiap pembelajaran yang sampaikan beliau dikelas sangat bermanfaat sekali bagi kami untuk melakukan reflekse perkuliahan yang kami jalani, selain itu melalui rekaman iu, kami dapat mengulang-ngulang pembelajaran sewaktu-waktu kami inginkan ataupun kami butuhkan, dengan system pembelajaran yang disertai rekaman (audio) sangat membantu sekali untuk lebih memahami pembelajaran filsafat.

    ReplyDelete
  21. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Pemanfaatan teknologi dapat menjadi daya tarik bagi peserta didik. Rekaman audio adalah salah satu contoh pemanfaatan teknologi. Ketika perkuliahan, mahasiswa bisa fokus mendengarkan apa yang disampaikan dosen. Dan selanjutnya, ketika ingin belajar, mahasiswa bisa mendengarkan rekaman tersebut. Rekaman itu pun bisa digunakan untuk merefleksi materi perkuliahan.

    ReplyDelete
  22. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dalam setiap perkuliahan Bapak kami merekam materi yang Bapak sampaikan. Hal ini saya rasa sangat bermanfaat. Kami dapat melakukan refleksi dengan kuliah yang telah kami jalani, apa saja yang telah kami pelajari. Selain itu bagi pemula seperti saya yang baru mempelajari filsafat, melalui rekaman perkuliahan dapat mendengarkan kembali isi perkuliahan. Hal ini dapat membantu untuk lebih memahami tentang filsafat yang dipelajari.

    ReplyDelete
  23. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang positif dalam pendidikan, salah satunya dalam pembelajaran. Tehnik merekam seperti yang bapak terapkan dalam perkuliahan filsafat sangat membantu kami mahasiswa dalam memahami filsafat itu sendiri. Untuk tingkat sekolah, tidak ada slahnya tehnik merekam seperti ini juga dijadikan sarana pembelajaran seperti pada pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, pendidikan agama, sejarah, kesenian dan lain sebagainya. Tidak tertutup kemungkinan untuk memanfaatkan tehnik merekam dalam video seperti pada pelajaran fisika, bologi, bahasa indonesia dan sebagainya.

    ReplyDelete