Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal




Oleh Marsigit

Cantraka:

Alhamdulillah...saya ucapkan selamat datang kembali kepada guru saya Sang Bagawat Selatan yang telah mendapat nama baru menjadi Muhammad Nurikhlas. Juga saya mengucapkan kepada isteri beliau Sang Dewi Sawitri yang telah mendapat nama baru Siti Nurikhlas. Mohonpetunjukmu bagaimana sebaiknya saya dapat memanggilmu?

Muhammad Nurikhlas:
Saya belumlah pantas disebut Ustad, juga belum pantas disebut Kyai, maka panggil saja Bapak Muhammad Nurikhlas, atau Muhammad Nurikhlas, atau secara singkat Nurikhlas begitu saja.

Cantraka:
Baiklah Bp. Muhammad Nurikhlas, saya ingin bertanya...walaupun sedikit, bolehkah aku engkau beri ilmumu yang baru engkau dapatkan dari kegiatan Mengajimu dari berbagai guru Spiritual?

Muhammad Nurikhlas:

Alhamdulillah..boleh juga. Wahai Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas, sebentar lagi Sang Transenden Spiritual Utama akan mengadakan Ritual Ikhlas. Saya menyarankan agar engkau dapat mengikutinya. Demikian, aku juga akan mengikutinya. Nanti akan ada banyak sekali para Cantraka, Santri, Ulama, Ustad, Kyai, Ulama, Umaro, Matematikawan, Guru Matematika, Profesor, Doktor, dari berbagai penjuru Dunia yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Maka bersiaplah.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Apakah kira-kira kegiatan utamanya. Apakah Ritual Ikhlas itu merupakan Perlombaan, Ujian, Pertandingan, Seminar, Workshop, atau Ibadat, atau sekedar Ritual saja. Apakah bersifat wajib atau sunat?

Muhammad Nurikhlas:

Ritual Ikhlas yang akan diselenggarakan Transenden Spiritual Utama itu merupakan ajang atau wahana atau kesempatan atau karunia dimana akan diberi kesempatan dan akan difasilitasi bagi semua orang yang beriman untuk menunjukkan keikhlasannya dengan cara beribadat seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Oh...kami sangat senang sekali. Inilah momentum yang kami cari-cari selama ini. Ini pula kesempatan yang kami tunggu-tunggu. Kemudian kami ingin bertanya, apakah syarat-syarat dan persiapan yang harus kami lakukan? Dan kemudian bagaimana teknis pelaksanaannya?

Muhammad Nurikhlas:
Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar, banyaklah berubudiyah atau beramal di jalan Allah. Bagaimana engkau Cantraka sakti dan Cantraka Ikhlas apakah engkau sudahmempersiapkan segala sesuatunya?

Cantraka Sakti:
Wuheh...Bapak Muhammad Nurikhlas...semoga persiapan saya tidak kurang satu apapun. Ketahuilah bahwa saya baru saja lulus Magister dari perguruan Luar Negeri. Banyak ilmu dan pengalamanyang aku timba di sana. Pengalaman apa saja ada di sana dan aku telah mengalami itu semua. Dan itu bersifat universal dan inernasional. Kalau hanya untuk mengatasi kepentingan-kepentingan lokal seperti mengikuti Ritual Ikhlas saya pikir tidak seberapa. Saya punya keyakinan aku akan mampu mengatasi segala macam rintangan yang ada. Maka akan aku persiapkan sebaik-baiknya. Akan aku bawa perbekalan sebanyak mungkin, jangan sampai kelaparan, jangan sampai kekurangan dana, jangan sampai terputus komunikasi, jangan sampai kedinginan karena tidak bawa baju tebal. Kalau hanya untuk perbekalan satu sampai sepuluh hari, tidak masalah bagiku. Aku sudah punya pengalaman mempersiapkan diri pergi jauh dan lama hingga dua tahun tidak pulang. Aku juga akan jaga staminaku dengan cara membawa lengkap obat-obatan, vitamin, obat kuat, ..semua obat-obatan akan saya bawa semua. Aku akan jaga staminaku dengan cara joging, bersepeda, olahraga, pushup, dst sehinga otot-otot tangan dan kakiku akan mampu menunjang kegiatanku mengikuti Ritual Ikhlas. Aku akan bawa setrika, minyak wangi, dan baju-baju yang baru agar penampilanku tetap segar dan terjaga. Aku akan jaga performance ku dan jaga bicaraku agar aku tetap bisa disegani sebagai seorang intelek yang baru saja lulus dari luar negeri. Aku akan siap membantu para petugas jika nanti tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta lainnya.

Muhammad Nurikhlas:
Bagaimana persiapanmu Cantraka ikhlas?

Cantraka Ikhlas:
Maaf Bapak Muhammad Nurikhlas, persiapanku tidaklah seperti Cantraka Sakti. Kebetulan aku baru sibuk mengurusi dan memberi pengajian kepada adik-adik Santri dan Santriwan, hingga waktu aku berangkat terkira aku tidak punya kesempatan untuk mempersiapkan diri. Persiapanku hanyalah bersifat rutin saja. Secara rutin aku berusaha mengefektifkan ibadatku, memaksimalkan Zikirku, tidak sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, mengurangi tidur dan makan, kadang-kadang berpuasa senin kamis. Saya merasa tidak mempunyai apapun, ilmu apapun, harta apapun untuk mempersiapkan Ritual Ikhlas yang akandatang. Aku hanya merasa mempunyai niat dan keteguhan hatiku seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT semoga aku diberi kekuatan dalam mengikuti Ritual Ikhlas. Aku hanya merasa mempunyai jiwa dann raga saja, yang jika Allah mengehendaki untuk meminta-Nya kembali maka akupun akan serahkan dengan ikhlas. Aku cuma mempunyai buku kecil yang berisi tentang tata cara beribadat dan syariat yang benar.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Bagaimana teknis pelaksanaan Ritual Ikhlas nanti?

Muhammad Nurikhlas:
Ya cuma masalah teknis pelaksanaannya saja agar berlangsung secara tertib mengingat akan ada banyak sekali peserta yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Tentu ada Panitia, tentu ada pendaftaran, tentu ada jadual kegiatan, tentu ada kegiatan-kegiatan menuju ikhlas, tentu ada tata cara yang disepakati agar semuanya berjalan lancar. Ikuti dan laksanakan saja petunjuknya. Selamat mengikuti kegiatan Ritual Ikhlas, semoga sukses. Amin.

46 comments:

  1. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk mencapai kondisi ikhlas, hal pokok yang harus dipersiapkan adalah hati yang bersih. Jika kita sudah mengondisikan hati kita untuk mencapai ikhlas, maka segala sesuatu yang menghalangi kita untuk mencapai ikhlas akan hilang sendirinya terkalahkan oleh ikhlas yang mulai terbentuk dalam diri kita.

    ReplyDelete
  2. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam melakukan suatu kegiatan dilandasi dengan niat yang baik dan dengan penuh keikhlasan. Memang kata ikhlas mudah diucapkan tapi untuk pelaksanaannya tidaklah mudah.

    ReplyDelete
  3. Febrian Luthfi
    13301241062
    Pendidikan Matematika

    Ikhlas adalah hal yang paling mendasar tatapi ikhlas adalah hal yang paling susah untuk dilakukan karena ikhlas membutuhkan hati dan pikiran yang bersih dan mengharap ridho Allah untuk menggapainya.

    ReplyDelete
  4. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ikhlas dalam beribadah, adalah salah satu syarat diterimanya ibadah, selain pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Sehingga dengan mengikhlaskan hati, ibadah akan lebih khusyu dan lebih bermakna di dalam hati.

    Tidak hanya itu, niat itu sangat berperan di dalam beribadah. Karena segala sesuatu tergantung pada niatnya. Jika kita berniat beribadah hanya untuk disanjung dan dipuja, hanya ada sanjungan dan pujaan yang akan diterima. Karena hendaknya kita meniatkan dengan ikhlas untuk beribadah hanya untuk Allah dan untuk meraih keridoan-Nya.

    ReplyDelete
  5. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ikhlas merupakan syarat utama dalam melakukan segala kegiatan. Untuk dapat memaksimalkan diri menggapai ikhlas maka perlu menata cara ibadah dan memaksimalkan segala hal terkait dengan ibadah seperti zikir, sedekah, salat, perangi hawa nafsu, dan sebagainya. Selain itu kurangi pula keinginan akan hal-hal dan kesibukan duniawi, perbanyak beramal di jalan Allah. InsyaAllah semoga menjadi pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  6. Ikhlas suatu istilah yang sering didengar ataupun diucapkan, misal lakukan dengan ikhlas, ikhlaskan saja, atau aku sudah/telah ikhlas. Tetapi apakah kita mengetahui bahwa kita telah benar-benar ikhlas dengan mengucapkan “ikhlas”? tentunya kita (manusia) hanya mampu untuk terus belajar untuk menggapai ikhlas itu. Diri kita sendiri tidak dapat menilai diri sendiri telah ikhlas atau orang lain telah berlaku ikhlas. Hanya belajar menjadi ikhlas yang dapat kita lakukan, penilaian tentang keikhlasan hanya Allah SWT yang dapat memberikan. Hanya karena Rahman dan Ridho Allah kita dapat Selamat.

    ReplyDelete
  7. Dengan belajar dari AlQuran dan hadits serta orang-orang yang telah diberi pengetahuan (ulama) kita dapat sedikit demi sedikit mengerti dan mengetahui bagaimana cara untuk berlaku ikhlas. Dengan belajar dari bagaimana ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa seseorang dikatakan ikhlas maka kita mencoba untuk melakukan itu dan menggapai ikhlas. Ikhlas yang dapat dipahami adalah apapun yang kita lakukan semata hanya untuk Allah SWT. Ibadah kita, perbuatan kita, hidup kita semata hanya untuk Allah SWT.

    ReplyDelete
  8. Vidiya Rachmawati
    PM A (17709251019)

    Persiapan Utama Ritual Ikhlas

    Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata ritual memiliki arti berkenaan dengan ritus; hal ihwal ritus -ritus adalah tata cara dalam upacara keagamaan, sedangkan kata ikhlas memiliki arti bersih hati tulus hati. Jadi, secara bahasa ritual ikhlas dapat diartikan sebagai tata cara memperoleh hati yang bersih. Lebih lanjut hati yang bersih ialah hati senantiasa ingat kepada Allah swt. Hati yang senantiasa bergetar ketika disebut asma Allah swt. Ialah hati yang selalu merasa bahwa apa-apa yang terjadi di muka bumi ini terjadi atas kehendak Allah swt. Jika Allah swt. telah berkata “kun” -jadilah…maka akan terjadi apa-apa yang dikehendakiNya.

    Ikhlas atau hati yang tulus sangat mempengaruhi perbuatan yang kita lakukan. Bahwa setiap perbuatan itu bergantung pada niatnya. Artinya bahwa apa-apa yang kita lakukan apa-apa yang kita perbuat akan dinilai berdasarkan apa yang diniatkan. Demikian, hati yang bersih dan niat karena Allah swt. sangatlah dianjurkan agar perbuatan yang kita lakukan berilai pahala di sisi Allah swt. Sebentar lagi akan dilaksanakan ritual ikhlas yang mana di dalamnya berisi serangkaian tindakan yang harus dilakukan. Oleh karena itu, sebelum melakukan ritual ikhlas hal utama yang perlu disiapkan adalah niat lurus semata-mata karena Allah swt.

    ReplyDelete
  9. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pendidikan Matematika A

    Assallamu'alaikum wr wb,

    Dalam setiap kegiatan atau aktifitas, hal terpenting yang harus da adalah niat. Terutama niat dari diri sendiri. Termasuk dalam ritual ikhlas. Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas memiliki niat yang besar. Namun terdapat perbedaan diantara keduanya. Dalam hal ini keduanya sama-sama mempersiapkan diri dalam menjalankan niat tersebut. Tetapi terdapat perbedaan persiapan diri antara Cantraka Sakti dan Cantraka Iklas. Cantraka Sakti mempersiapkan diri dari segi fisik dan materi sedangkan Cantraka Ikhlas mempersiapkan diri dari segi jiwa dan rohani.

    Menurut saya persiapan diri yang paling tepat dalam melakukan ritual ikhlas adalah persiapan yang dilakukan oleh Cantraka Ikhlas. Karena ikhlas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh batin. Memang persiapan fisik dapat membantu. Tetapi yan terpenting adalah persiapan rohani dalam melakukan ritual ikhlas.

    Wassallamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  10. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Dari bacaan di atas, saya bisa melihat dan menilai adanya perbedaan tanggapan seseorang dalam menyikapi bagaimana mempersiapkan diri untuk mengikuti ritual ikhlas melalui jawaban yang ungkapkan oleh Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing.
    Menurut saya keikhlasan serta diikuti dengan niat yang kuat dari dalam hati individu merupakan kunci utama mengikuti ritual ikhlas tersebut. Pribadi Cantraka Ikhlas lebih cocok untuk dipedomani agar mampu mengikuti ritual ikhlas dengan ikhlas dari dalam hati serta terhindar dari perbuatan riya’. Demikianlah menurut pemahaman dari sudut pandang saya tentang bagaimana itu mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah serta menggapai rahmat dengan rahmat.

    ReplyDelete
  11. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak.
    Saya mengamati perbedaan persiapan dari Centraka Sakti dan Centraka Ikhlas dalam rangka mengikuti ritual ikhlas. Menurut pemahaman saya, perbedaan persiapannya, Centraka Sakti mempersiapkan ritual ikhlas dengan segala sesuatu yang bersifat duniawi dan menjawab pertanyaan dengan penuh keyakinan akan kemampuan yang dimiliki sedangkan Centraka Ikhlas menjawab dengan penuh rendah hatinya serta menunjukkan keikhlasannya.

    ReplyDelete
  12. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Terima kasih atas postingannya Pak. Dari judul elegi ritual ikhlas 1 ini, saya tertarik untuk membacanya, karena mengetahui bahwa akan ada kelanjutan series elegi-elegi berikutnya. Berdasarkan elegi 1 di atas mengajarkan kita untuk memulai ritual ikhlas (mancapai rasa ikhlas) maka harus didasari dengan keikhlasan pula, yaitu ikhlas di dalam hati. Karena sungguh jika mengerjakan suatu perbuatan namun apabila masih ada rasa tidak ikhlas di dalam hati walau secuil pun, maka perbuatan tersebut tidak akan memberikan pahala bagi kita, melainkan luntur karena ketidak ikhlasan tadi.

    ReplyDelete
  13. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih prof, berdasarkan elegi ini saya tersadar bahwa ritual ikhlas diawali dengan ikhlas. Senantiasa mendekatkan diri dengan Allah, dan melakukan semua hal atas dasar keikhlasan karena ikhlaslah pondasi dari ritual ikhlas kedepannya, ikhlas dalam berilmu, ikhlas dalam bertindak, ikhlas dalam berprasangka.

    ReplyDelete
  14. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dalam elegi ini saya menangkap dan menduga bahwa yang dimaksud ritual ikhlas adalah segala kegiatan yang kita lakukan dengan rasa ikhlas, bentuknya bermacam-macam, misal yang jelas yaitu kita sebagai Mahasiswa maka ritual ikhlas kita yaitu datang dengan ikhlas hati dan pikir pada perkuliahan, mengerjakan tugas dengan ikhlas dan lain-lain lagi contohnya. Sedangkan Sang penyelenggara yaitu Sang Transenden Spiritual Utama adalah Allah SWT, penyelenggara kehidupan kita. Yang Maha Menciptakan ini mengharapkan kita selalu ikhlas dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang kita jalani. MasyaAllah sangat indah sekali elegi ini. Sedangkan, kegiatannya bentuknya bisa berhubungan dengan manusia dan kegiatan dengan tuhan atau ibadah. Di mana persiapan yang harus di miliki sama yaitu harus Niat IKHLAS. Untuk berangkat mencari pengetahuan dunia ini di perlukan ikhlas, begitu pula dengan mencari pengetahuan tentang akhirat. Semoga kita senantiasa bisa melakukan apapun dengan ikhlas dan sukses dunia akhirat.

    ReplyDelete
  15. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Ikhlas, satu kata yang penuh arti dan makna. Mudah diucapkan tapi belum tentu bisa diaplikasikan. Sulit tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar mengenai ilmu keikhlasan. Ikhlas bersumber dari hati. Hati adalah suara terdalam dalam diri manusia yang tidak bisa berbohong. Hati adalah ujung tombak dari segala kebaikan dan keburukan manusia. Ikhlas adalah ketika seorang manusia mengerahkan seluruh ibadah, perkataan dan perbuatannya untuk Allah, yaitu mengharap ridha dan pahala-Nya tanpa melihat gemerlapnya dunia.

    ReplyDelete
  16. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B 17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Terima Kasih atas tulisannya di atas Prof.
    Ikhlas merupakan ketulusan hati dalam menghadapi dan menerima segla sesuatu. Cerita di atas menggambarkan dua karakter manusia dalam kehidupan dalam menghadapi suatu perkara. Dilihat dari jawaban Cantraka sakti tentang apa yang ditanyakan gurunya. dia menjawab dengan penuh aura positif dan percaya diri namun ras apercaya diri ini sebaiknya dikontrol agar tidak terjerumus pada kesombongan. Dan dilihat dari jawab Cantraka ikhlas, dia cenderung pesimis dan merendah . merendah dalam rangka tawaduk memang baik namun jangan sampai kita larut dan tidak mau berusaha dalam hidup ini. terima kasih

    ReplyDelete
  17. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Keikhlasan merupakan suatu bentuk perbuatan yang tidak dapat diukur dengan perkataan dan perbuatan, sehingga siapapun orang tidak dapat mengukur sebuah keikhlasan, bahkan diri sendiri pun tidak dapat mengetahui apakah dirinya sudah ikhlas dengan sebenar-benarnya ikhlas ataukah hanya rasa ikhlas yang semata untuk menggapai sesuatu. Ketika seseorang mengerjakan suatu pekerjaan tanpa arahan atau perintah dari orang lain maka kemungkinan rasa ikhlasnya ada, namun ketika melakukan pekerjaan tersebut dengan adanya perintah dari orang lain maka keikhlasan itu lebih sulit, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bisa ikhlas dengan sebenar-benarnya ikhlas juga apabila orang tersebut memahami ilmu keikhlasannya, yaitu melakukan segala sesuatunya semata untuk ibadah kepada Allah SWT dan mengharapkan Ridho-Nya. Mengapa ikhlas sulit dilihat dan diukur? Karena ikhlas letaknya di hati, bukan sebuah tindakan, fikiran, ataupun ucapan. Dan keberadaan ikhlas itu adanya di dalam hati, sehingga hanya Allah SWT yang mengetahui seberapa besar rasa ikhlas kita.

    ReplyDelete
  18. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari elegi ini yang kami pahami adalah dalam rangka mempersiapkan diri untuk melaksanakan ritual ikhlas, Muhammad Nurikhlas memberikan saran dan arahan kepada cantraka sakti dan cantraka ikhlas untuk mempertebal dan memperkuat keimanan masing-masing dengan cara meningkatkan kualitas Ibadahnya. Akan tetapi hanya Cantraka Ikhlas lah yang mengikuti saran tersebut, sedangkan Cantra Sakti yang merasa sudah berpendidikan tinggi dan berpengalaman justru melakukan hal lain dalam mempersiapkan dirinya.

    ReplyDelete
  19. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Pak. Ikhlas adalah ibadah hati atau batin di mana hanya hamba dan Tuhannya lah yang tahu apakah orang tersebut benar-benar ikhlas atau tidak. Walaupun orang tersebut mengatakan dengan lisannya bahwa ia ikhlas, pada akhirnya hatinya lah yang menjadi ukuran. Tidak mudah menjadi ikhlas, ikhlas juga bukanlah ajang perlombaan atau kompetisi. Namun Tuhan menjanjikan nikmat yang besar bagi hambaNya yang benar-benar ikhlas.

    ReplyDelete
  20. Junianto
    17709251065
    PM C

    Ikhlas adalah kata yang mudah diucapakn namun saya kira hanya sedikit orang yang bisa menerapkannya dalam kehidupan. Definisi ikhlas pun sangat bernamneka ragam. Seseorang yang mengharapakan pamrih tentu bukanlah orang yang ikhlas, namun mendapat sesuatu dari apa yang kita kerjakan bukanlah ikhlas? Perlu ilmu yang sangat mendalam untuk belajar tentang keikhlasan.

    ReplyDelete
  21. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Ritual Ikhlas tempat dimana kita semakin dekat dengan Sang Pencipta. Tempat untuk mengucapkan rasa syukur kita kehadirat Tuhan. Sejenak melupakan urusan dunia untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Pintar, bodoh, kaya, miskin, pejabat, rakyat tidak ada bedanya di depan Tuhan, yang membedakan hanyalah seberapa banyak amal dan derajat kebaikan yang telah ditularkan di dunia ini. Mari kita senantiasa berbuat kebaikan dengan menggapai keikhlasan.

    ReplyDelete
  22. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Astaghfirullohhalazim. Beginikah wujud kesombongan diri ini? Saya berkomentar pada beberapa elegi ritual ikhlas, sedangkan elegi ritual ikhlas yang pertama belum juga kubaca. Astaghrfirulloh

    Pendapat saya pada postingan ini hampir mirip dengan kondisi saya atau mungkin kondisi manusia yang lain, bahwa kesombongan yang akan menghalangi proses kehidupan kita. Maksud saya, kesombongan akan memagari diri kita agar tidak berkembang. Maka ritual ikhlas adalah berawal dari ikhlas yang sedalam-dalanya, yang seikhlas-ikhlasnya

    ReplyDelete
  23. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Baik buruk perbuatan kita itu tergantung dari niat awal kita itu seperti apa, jika niatnya baik, maka akan melakukan hal baik pula, jika itu dianggap buruk oleh orang lain, maka itu bukan maksud kita untuk berbuat buruk. Maka setiap kita melakukan sesuatu hendaknya dilandasi dengan niat yang baik, dengan hati yang ikhlas, maka kelak nantinya akan menghasilkan perbuatan yang baik pula, dengan keikhlasan maka ibadah kita akan diterima Allah.

    ReplyDelete
  24. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ikhlas ialah ketika kita melakukan suatu kebaikan dengan hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT. Ikhlas itu dari hati, bukan dari penampilan. Keikhlasan seseorang hanya dirinya sendiri dan Tuhan-Nya saja yang tahu. Ikhlas akan mengantarkan kepada sikap tanpa pamrih, jauh dari keinginan untuk dipuji, dan tenang dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, miliki ikhlas di hati agar selamat hidup kita dari kini hingga nati bertemu Allah kembali.

    ReplyDelete
  25. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas elegi yang disajikan. Dari sini kita bisa mengambil hikmah bahwa dalam memulai segala hal harus diawalai dengan rasa ikhlas. Insya Allah dengan keikhlasan semua dapat berjalan dengan baik terutama dalam menuntut ilmu. Semoga kita semua dijadikan orang-orang yang ikhlas dalam menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  26. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Seperti yang diungkapkan dalam elegi ini, bekal untuk menggapai ikhlas ialah keikhlasan itu sendiri. Ikhlas merupakan wujud kepasrahan dan ketulusan. Maka hal yang paling penting untuk dipersiapkan dalam menggapai ikhlas bukanlah bekal materi/ilmu/hal-hal lain yang bersifat keduniaan, melainkan niat dan keteguhan hati. Ikhlas bukan tentang kehebatan dalam pengetahuan atau ilmu atau jabatan tinggi. Maka ikhas dapat diupayakan oleh siapapun bahkan orang yang sakit atau kekurangan dengan cara beribadah secara istiqomah, sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah SWT seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  27. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Termakasih banyak Pak prof .Saya sangat senang ketika membaca elegi-elegi yang ada.Saya dibuat penasaran hingga dari untaian- untaian kalimat, saya berusaha untuk memahami walaupun dengan terbata-bata. Ritual ikhlas alangkah lebih baiknya disertakan dengan niat yang ikhlas.Letak niat yang ikhlas ada dalam hati.Ikhals itu tersembunyi.Ikhlas mungkin juga dapat bermakna rendah hati dan jauh dari kata keangkuhan.

    ReplyDelete
  28. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Dari artikel di atas, saya mencoba untuk mengkomparasikan antara pernyataan Cantraka Ikhlas dan Cantraka Sakti. Cantraka Sakti lebih mempersiapkan diri untuk duniawi, sementara Cantraka Ikhlas lebih menyiapkan diri berdasarkan dimensi spiritual. Ikhlas bukan berarti kita berdoa terus atau sholat terus menerus dengan meninggalkan semua kepentingan duniawi. Namun ikhlas lebih memanfaatkan kehidupan dunia ini untuk beramal, beribadah, dan berbuat baik sebanyak-banyaknya secara ikhlas untuk mendapatkan pahala dan keberkahan hidup, baik di dunia maupun akherat.

    ReplyDelete
  29. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Sebegitu dalamnya makna ikhlas yang tersirat dalam ulasan ini. Saya sendiri terkadang terperangkap dalam kata tidak ikhlas. Apa yang sudah saya lakukan terkadang saya anggap sebagai bagian yang saya miliki. Sudah sepatutnya diri ini memohon ampun kepada Allah. Saya belum ada apa-apanya dibanding dengan Cantraka Ikhlas yang memiliki sikap rendah hati bahkan untuk persiapan menghadapi hari esoknya saja hanya minta diberi kekuatan oleh Allah dan terus memohon ampunan tiada henti. Sikap Cantraka Ikhlas sangat inspiratif dan membuat saya sadar betapa kecilnya diri ini di hadapan-Mu, ya Allah. Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak yang sudah mengawali elegi ritual ikhlas dengan isi yang begitu menarik dan menginspirasi.

    ReplyDelete
  30. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan elegi ritual ikhlas I ini, saya memahami bahwa dalam modal menggapai ikhlas adalah ikhlas itu sendiri. Ikhlas merupakan segala sesuatu yang dikerjakan berasal dari niat yang tulus dan semata-mata bertujuan untuk mengharapkan ridho Allah SWT. Dengan adanya ikhlas, segala sesuatu yang kita kerjakan akan terasa menjadi lebih ringan. Untuk itu, dalam menggapai ikhlas yang perlu dipersiapkan adalah niat yang tulus dan kegigihan hati dalam mengusahakannya. Bukanlah segala seuatu yang bersifat duniawi seperti bekal materi. Semoga kita semua diberikan keihklasan hati ketika mengerjakan segala sesuatu, terutama keikhlasan dalam menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  31. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Ikhlas merupakan pondasi bagi setiap tingkah laku. Segala sesuatu hal yang kita lakukan hendaklah didasari dengan keikhlasan yang kokoh. Memiliki keikhlasan menjadikan perasaan kita menjadi tenang, melaksanakan segala kegiatan tanpa beban, hingga mendapatkan hasil dengan rasa syukur. Semoga keikhlasan selalu bersemayam di hati kita semua.

    ReplyDelete
  32. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Dalam setiap kegiatan atau aktifitas, hal terpenting yang harus da adalah niat. Terutama niat dari diri sendiri. Termasuk dalam ritual ikhlas. Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas memiliki niat yang besar. Namun terdapat perbedaan diantara keduanya. Dalam hal ini keduanya sama-sama mempersiapkan diri dalam menjalankan niat tersebut. Tetapi terdapat perbedaan persiapan diri antara Cantraka Sakti dan Cantraka Iklas. Cantraka Sakti mempersiapkan diri dari segi fisik dan materi sedangkan Cantraka Ikhlas mempersiapkan diri dari segi jiwa dan rohani. Menurut saya persiapan diri yang paling tepat dalam melakukan ritual ikhlas adalah persiapan yang dilakukan oleh Cantraka Ikhlas. Karena ikhlas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh batin. Memang persiapan fisik dapat membantu. Tetapi yan terpenting adalah persiapan rohani dalam melakukan ritual ikhlas.

    ReplyDelete
  33. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Terimakasih prof atas ilmu yang ditransfer melalui elegi ritual ikhlas 1 ini..
    Ikhlas ialah kata yang paling banyak disebutkan namun paling susah untuk dilakukan. Melakukannya butuh perjuangan yang besar maka dari itu ikhlas sifatnya berkolaborasi antara hati dan akal..
    Dan mgkin akan terjawab di elegi elegi selanjutnya

    ReplyDelete
  34. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Ikhlas itu bukan berarti menerima apapun itu. Ikhlas juga tidak hanya diucapkan. Ya perlu belajar ikhlas untuk sadar diri dan rendah hati. Karena kesombongan akan selalu memgikuti setiap langkah kita. Masih banyak elegi ikhlas dalam postingan selanjutnya yang akan lebih menambah pengetahuan kita tentang ikhlas. Terimakasih Prof atas postingannya untuk lebih memberikan persiapan diri dalam membaca elegi ritual ikhlas yang lainnya.

    ReplyDelete
  35. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Dari elegi ritual ikhlas 1 : Informasi awal ini, kita melihat bahwa kita perlu mempersiapkan banyak hal dalam melaksanakan sebuah aktivitas yang bermanfaat, seperti misalnya kuliah atau beribadah. Persiapan yang dilakukan tidak semata urusan fisik saja, namun juga perlu mempersiapkan aspek-aspek non fisik, seperti mengkondisikan hati dan pikiran. Misalnya dalam mencari ilmu kita harus punya ilmu. Dalam belajar ikhlas kita juga harus ikhlas. Dalam belajar sabar pun juga harus disertai kesabaran

    ReplyDelete
  36. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Berkali kali saya telah mendengar Pak Marsigit dalam kuliahnya menyebut-nyebut mengenai ikhlas, berkali-kali pula saya melewatkan tulisan mengenai ikhlas untuk komentar. Rasanya belum siap saja. Hal yang tak mudah, namun sangat penting. Akhirnya hari ini saya akan mulai bergulat dengan Elegi Ritual Ikhlas yang jumlahnya puluhan ini.
    Semoga saya sudah cukup siap untuk memulai. Sebab tak mudah juga bagi saya untuk memberi komentar pada blog ini sampai jumlah yang cukup. Di tengah pekerjaan dan keluarga, serta mata kuliah lain yang juga saya perlu belajar, seringkali tak mudah untuk memberikan waktu menulis komentar. Semoga elegi ritual ikhlas ini mengawali saya untuk dapat menemukan cara, dengan ringan hati saya dapat menjalani kehidupan dengan lebih tenang, percaya pada tuntunan Allah, dan tentu saja ikhlas dengan segala yang saya jalani.

    ReplyDelete
  37. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Saya menanggapi dalam ritual ikhlas ini adalah ketika kita ingin mengikuti ritual ikhlas yang harus kita lakukan adalah ikhlas terlebih dahulu dalam hati dengan cara beribadah kepada Allah dengan sungguh-sungguh. Ikhlas memang lah sesutu yang sangat sulit untuk di tanamakan di hati karena ikhlas yang terucap belum tentu ikhlas di hati. Sesungguhnya ikhlas didalam hati adalah ikhlas yang sebenarnya sudah dipersiapkan dengan beribadah kepada Allah secara sungguh-sungguh dan istiqomah dalam menjalankannya. Sedangakan kita, terutama saya bagimana untuk menggapai ikhlas, dalam beribadah saja sangat sulit untuk sungguh-sungguh karena masih banyak urusan duniawai yang di proiritasakan, sunnguh-sungguh aja sulit bagaimana untuk istiqomah. Semoga dengan membaca elegi ini saya dapat lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah sehinga dapat menggapai ikhlas tersebut.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sungguh menarik membayangkan persiapan ritual mencapai ikhlas dengan kepanitiaan seperti yang tertulis pada elegi ini. Ini menggambarkan bahwa untuk mencapai ikhlas tidaklah gampang, tidaklah semudah mengucapkannya. Setiap manusia pasti ingin mencapai keikhlasan. Namun kita tidak pernah tau sedalam dan sepanjang apakah proses untuk menggapainya. Dengan membaca elegi-elegi mengenai ikhlas ini semoga kita semua dapat mengambil hikmahnya.

    ReplyDelete
  40. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Terimakasih prof, untuk menggapai ikhlas maka hati kita harus bersih. Cara membersihkan hati bisa dengan berdzikir dan senantiasa mengingat Allah. Hati yang bersih terlihat pada ucapan seseorang saat bicara. Karena yang keluar dari bicaranya berasal dari dalam hatinya. Betapapun sibuknya seseorang (dalam hal duniawi), maka kewajiban-kewajiban tidak boleh ditinggalkan, karena hidup di dunia hanya sementara, sementara di akhirat kelak akan abadi.

    ReplyDelete
  41. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Setan tidak dapat menggoda manusia yang ikhlas. Manusia yang ikhlas adalah manusia yang menjadikan segala sesuatu yang dikerjakan karena Allah dan tidak mengharapkan imbalan apapun dari makhluk. Ikhlas adalah ilmu yang sulit. Kita tidak tahu keikhlasan amal yang kita kerjakan, yang dapat kita lakukan adalah terus menerus berusaha menggapai ikhlas.

    ReplyDelete
  42. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Untuk menggapai ikhlas maka yang diperlukan adalah harus ada keikhlasan pada dirimu sendiri. Ikhlas sebagai syarat utama untuk menggapai ikhlas itu sendiri. Memang ikhlas kelihatannya mudah jika dipikirkan saja, namun untuk dijalankan kadang terasa berat. Yang saya dapat dari artikel di atas untuk menjadi ikhlas maka kita perlu perbanyak ibadah kepada Allah swt, contohnya perbanyak berzikir, jangan menunda shalat, dan perbanyak membaca kitab suci. Insya Allah kita akan lebih mudah dalam menggapai ikhlas.

    ReplyDelete
  43. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Untuk mencapai keikhlasan sebenarnya tidak diperlukan persiapan yang secara nyata. Kita hanya harus menyiapkan hati kita untuk menggapai ikhlas. Menyiapkan hati tidaklah mudah. Prakteknya terdapat banyak godaan didalam menggapai ikhlas. Salah cara menggapai ikhlas adalah dengan mendekatkan diri kepad Sang Pencipta dan membaca kitab suci. Hati yang ikhlas akan memudahkan kita untuk menggapai ikhlas.

    ReplyDelete
  44. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Ikhlas bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, karena manusia memiliki sikap sombong, ingin menang sendiri dan lain sebagainya. Maka sangatlah susah mencapai ikhlas jika semua sifat buruk tersebut masih tersimpan dengan rapi didalam hati. Mencapai ikhlas itu harus juga dilakukan dengan ikhlas itu sendiri. Maka ibadahlah dengan ikhlas, memintalah kepada Allah dengan ikhlas, artinya lakukan semua hal dengan ikhlas, maka saat itulah keikhlasan itu telah dicapai.

    Demikian, terimakasih

    ReplyDelete
  45. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ikhlas adalah ilmu tertinggi dari Allah swt yang diberikan pada manusia. Pada dasarnya ilmu itu sudah ada pada diri masing-masing individu sedari dini, hanya saja sebagian besar manusia tidak menyadari keberadaannya. Apabila seseorang telah menyadari pentingnya ikhlas dalam hidup, maka hidupnya akan berhasil dan senantiasa diliputi ketaqwaan pada Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  46. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Untuk menjadi sebenar - benar orang yang ikhlas ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama adalah niat, tidaklah seseorang menjadi ikhlas jika dalam hatinya tidak ada niat untuk ikhlas. Kedua adalah rendah hati, seseorang yang masih diselimuti oleh sifat sombong akan sulit menjadi ikhlas, karena hatinya tertutup oleh kesombongannya sehingga menjadi gelap. Ketika adalah ketulusan. Setiap yang dilakukan dengan tulus pasti akan mendatangkan keikhlasan.

    ReplyDelete