Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal




Oleh Marsigit

Cantraka:

Alhamdulillah...saya ucapkan selamat datang kembali kepada guru saya Sang Bagawat Selatan yang telah mendapat nama baru menjadi Muhammad Nurikhlas. Juga saya mengucapkan kepada isteri beliau Sang Dewi Sawitri yang telah mendapat nama baru Siti Nurikhlas. Mohonpetunjukmu bagaimana sebaiknya saya dapat memanggilmu?

Muhammad Nurikhlas:
Saya belumlah pantas disebut Ustad, juga belum pantas disebut Kyai, maka panggil saja Bapak Muhammad Nurikhlas, atau Muhammad Nurikhlas, atau secara singkat Nurikhlas begitu saja.

Cantraka:
Baiklah Bp. Muhammad Nurikhlas, saya ingin bertanya...walaupun sedikit, bolehkah aku engkau beri ilmumu yang baru engkau dapatkan dari kegiatan Mengajimu dari berbagai guru Spiritual?

Muhammad Nurikhlas:

Alhamdulillah..boleh juga. Wahai Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas, sebentar lagi Sang Transenden Spiritual Utama akan mengadakan Ritual Ikhlas. Saya menyarankan agar engkau dapat mengikutinya. Demikian, aku juga akan mengikutinya. Nanti akan ada banyak sekali para Cantraka, Santri, Ulama, Ustad, Kyai, Ulama, Umaro, Matematikawan, Guru Matematika, Profesor, Doktor, dari berbagai penjuru Dunia yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Maka bersiaplah.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Apakah kira-kira kegiatan utamanya. Apakah Ritual Ikhlas itu merupakan Perlombaan, Ujian, Pertandingan, Seminar, Workshop, atau Ibadat, atau sekedar Ritual saja. Apakah bersifat wajib atau sunat?

Muhammad Nurikhlas:

Ritual Ikhlas yang akan diselenggarakan Transenden Spiritual Utama itu merupakan ajang atau wahana atau kesempatan atau karunia dimana akan diberi kesempatan dan akan difasilitasi bagi semua orang yang beriman untuk menunjukkan keikhlasannya dengan cara beribadat seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Oh...kami sangat senang sekali. Inilah momentum yang kami cari-cari selama ini. Ini pula kesempatan yang kami tunggu-tunggu. Kemudian kami ingin bertanya, apakah syarat-syarat dan persiapan yang harus kami lakukan? Dan kemudian bagaimana teknis pelaksanaannya?

Muhammad Nurikhlas:
Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar, banyaklah berubudiyah atau beramal di jalan Allah. Bagaimana engkau Cantraka sakti dan Cantraka Ikhlas apakah engkau sudahmempersiapkan segala sesuatunya?

Cantraka Sakti:
Wuheh...Bapak Muhammad Nurikhlas...semoga persiapan saya tidak kurang satu apapun. Ketahuilah bahwa saya baru saja lulus Magister dari perguruan Luar Negeri. Banyak ilmu dan pengalamanyang aku timba di sana. Pengalaman apa saja ada di sana dan aku telah mengalami itu semua. Dan itu bersifat universal dan inernasional. Kalau hanya untuk mengatasi kepentingan-kepentingan lokal seperti mengikuti Ritual Ikhlas saya pikir tidak seberapa. Saya punya keyakinan aku akan mampu mengatasi segala macam rintangan yang ada. Maka akan aku persiapkan sebaik-baiknya. Akan aku bawa perbekalan sebanyak mungkin, jangan sampai kelaparan, jangan sampai kekurangan dana, jangan sampai terputus komunikasi, jangan sampai kedinginan karena tidak bawa baju tebal. Kalau hanya untuk perbekalan satu sampai sepuluh hari, tidak masalah bagiku. Aku sudah punya pengalaman mempersiapkan diri pergi jauh dan lama hingga dua tahun tidak pulang. Aku juga akan jaga staminaku dengan cara membawa lengkap obat-obatan, vitamin, obat kuat, ..semua obat-obatan akan saya bawa semua. Aku akan jaga staminaku dengan cara joging, bersepeda, olahraga, pushup, dst sehinga otot-otot tangan dan kakiku akan mampu menunjang kegiatanku mengikuti Ritual Ikhlas. Aku akan bawa setrika, minyak wangi, dan baju-baju yang baru agar penampilanku tetap segar dan terjaga. Aku akan jaga performance ku dan jaga bicaraku agar aku tetap bisa disegani sebagai seorang intelek yang baru saja lulus dari luar negeri. Aku akan siap membantu para petugas jika nanti tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta lainnya.

Muhammad Nurikhlas:
Bagaimana persiapanmu Cantraka ikhlas?

Cantraka Ikhlas:
Maaf Bapak Muhammad Nurikhlas, persiapanku tidaklah seperti Cantraka Sakti. Kebetulan aku baru sibuk mengurusi dan memberi pengajian kepada adik-adik Santri dan Santriwan, hingga waktu aku berangkat terkira aku tidak punya kesempatan untuk mempersiapkan diri. Persiapanku hanyalah bersifat rutin saja. Secara rutin aku berusaha mengefektifkan ibadatku, memaksimalkan Zikirku, tidak sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, mengurangi tidur dan makan, kadang-kadang berpuasa senin kamis. Saya merasa tidak mempunyai apapun, ilmu apapun, harta apapun untuk mempersiapkan Ritual Ikhlas yang akandatang. Aku hanya merasa mempunyai niat dan keteguhan hatiku seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT semoga aku diberi kekuatan dalam mengikuti Ritual Ikhlas. Aku hanya merasa mempunyai jiwa dann raga saja, yang jika Allah mengehendaki untuk meminta-Nya kembali maka akupun akan serahkan dengan ikhlas. Aku cuma mempunyai buku kecil yang berisi tentang tata cara beribadat dan syariat yang benar.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Bagaimana teknis pelaksanaan Ritual Ikhlas nanti?

Muhammad Nurikhlas:
Ya cuma masalah teknis pelaksanaannya saja agar berlangsung secara tertib mengingat akan ada banyak sekali peserta yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Tentu ada Panitia, tentu ada pendaftaran, tentu ada jadual kegiatan, tentu ada kegiatan-kegiatan menuju ikhlas, tentu ada tata cara yang disepakati agar semuanya berjalan lancar. Ikuti dan laksanakan saja petunjuknya. Selamat mengikuti kegiatan Ritual Ikhlas, semoga sukses. Amin.

17 comments:

  1. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 Pend. Mat A 2018

    Dalam postingan blog tersebut ditunjukkan bahwa untuk mengikuti ritual ikhlas satu sisi menyiapkan perbekalan yang berbagai macam, sedangkan yang lain hanya mempersiapkan diri dengan banyak beribadah. Tujuannya adalah sama yaitu menggapai ikhlas. Sama halnya dengan manusia, manusia memiliki pandangan yang bermacam-macam dalah kehidupan. Dalam mencapai tujuan tertentu persiapan yang dilakukan antar manusia berbeda.

    ReplyDelete
  2. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap manusia memiliki kesempatan yang sama dalam hidup ini. termasuk dalam belajar. Namun, yang sering kita lupakan adalah mengikutkan kata ikhlas dari segala aktivitas kita. Seperti halnya dalam belajar, memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya merupakan peluang untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Namun tidak semua orang bisa menggunakan kesempatan yang ada dengan baik. Dalam memperoleh ilmu, agar kesempatan tersebut dapat kita pergunakan sebaik-baiknya harus diikuti oleh rasa ikhlas di dalam hati. Sebenar-benarnya ikhlas adalah ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT, ikhlas dalam menjalankan segala perintah Allah dan ikhlas dalam menjauhi segala larangan-Nya.

    ReplyDelete
  3. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari Elegi ritual ikhlas 1 ini bisa dipahami dua orang yang akan ikut dalam ritual ikhlas yaitu Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas. Cantraka Sakti ini adalah seseorang Ahli duniawi dan yang satu adalah Cantraka Ikhlas adalah seseoarang yang bukan ahli dunia tapi berusaha seikhlasnya menjadi ahli syurga. Disini kita bisa belajar bahwa untuk mencapai keikhlasan itu tidak ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya, antara sikaya dan simiskin itu mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar menggapai ikhlas. Dalam belajar menggapai ikhlas itu selain keikhlasan itu sendiri yang harus dimiliki juga harus mengikuti atutan-aturan maupun ketentuan-ketentuan dalam beribadat. Karena memang sesungguhnya Ikhlas dalam beribadah itu bukan sekedar ikhlas dalam hati tapi juga harus sesuai dengan ketentuan dan tata caranya.

    ReplyDelete
  4. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Ilmu ikhlas merupakan ilmu yang tidak mudah untuk disempurnakan, namun usaha kita harus berusaha ikhlas dalam setiap hal secara berkelanjutan. Ketika kita berusaha ikhlas, maka tidak ada satu ganjalan apapun melainkan semua yang kita lakukan semata mata karena mencari ridho Allah SWT. Keikhlasan lahir dari hati dan kesadaran diri masing masing. Tidak akan ada penyakit hati jika telah tertanam ikhlas di hatinya. Inilah sebenarnya harapan dari semua hal yang kita miliki. Karena semua hal yang ada di dunia hanyalah titipan Allah SWT

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Iklas merupakan perbuatan yang sulit untuk dilakukan. Dalam mempersiapkan ritual ikhlas juga membutuhkan banyak persiapan, baik persipaan secara jasmani maupun rohani. Persiapan jasmani bisa berupa makanan, dana, obat, vitamin, baju tebal, dan lain sebagainya. Selain itu penting juga persiapan secara rohani seperti niat dan keteguhan hati. Ikhlas disini harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ritual ikhlas akan dilaksanakan secara sistematis. Semua diawali dengan pembentukan panitia, melaksanakan proses pendaftaran, adanya jadwal kegiatan, kegiatan-kegiatan menuju ikhlas, dan tata cara dalam pelaksanaan ritual ikhlas tersebut agar acaranya bisa berjalan sesuai dengan rencana.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Belajar ilmu ikhlas memang tidak mudah. Orang penyabarpun bisa kehilangan kendali. Tapi bukan berarti mustahilkan? Setiap sisi kehidupan manusia pasti selalu mendapatkan halangan dan rintangan. Hidup di dunia tentu harus disikapi dengan bijak. Bencana dan kesulitan harus bisa dihadapi dengan keikhlasan. Ikhlas berarti merelakan segala sesuatu yang membuat hati menjadi tenang. Merelakan dalam perkara ini adalah segala sesuatu yang mungkin menyakiti hati kita, karena ikhlas selalu diajarkan ketika manusia mendapatkan bencana. Sebenar-benarnya ikhlas adalah ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT, ikhlas dalam menjalankan segala perintah Allah dan ikhlas dalam menjauhi segala larangan-Nya.

    ReplyDelete
  7. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ikhlas dan ritual ikhlas dilakukan atas sama-sama berasal dari hati masing-masing. Bila hatinya siap untuk ikhlas, maka terlaksanalah ritual ikhlas, bila sebaliknya maka tertunda dulu ritual ikhlasnya untuk terlaksana. Semua kegiatan ikhlas berdasar pada alam bawah sadar manusia, bila tidak sadar maka tidak termasuk ikhlas atau sebaliknya bahkan bisa saja tanpa disadari ikhlas sudah terlaksana dan menyerap ke dalam diri seseorang. Sehingga itu yang bisa disebut ikhlas yang ikhlas tanpa sadar dan eksekusi akhir kembali kepada Allah SWT apakah sudah ikhlas secara ikhlas atau hanya ikhlas yang belum mencapai ikhlas.

    ReplyDelete
  8. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Elegi ini membahas tentang persiapan dua cantraka, yaitu sakti dan ikhlas dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti ritual. Bekal menjadi pokok utama untuk memersiapkan diri. Kedua peserta ritual memiliki blatar belakang berbeda dan rutinitas berbeda juga pengalaman yang berbeda. Melalui bekal tersebut maka kita dapat melihat, menerka, dan berandai-andai proses perjalanan kedua cantraka dalam mengarungi ritual ikhlas. Disinilah kita diuji untuk dapat menerjemahkan sebuah situasi.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan postingan blog tersebut, saya beajar bahwa apa yang kita lakukan harus didasari dengan niat. Seperti yang dikatakan dalam postingan tersebut bahwa mencari ilmu dengan ilmu, menurut saya mencari ilmu dengan ilmu sama dengan kita yang mempunyai ilmu untuk mencari yang lebih kita harus mengamalkannya dulu, jika sudah mengamalkannya ilmu yang kita cari mudah untuk dipelajarinya. Dan menggapai ikhlaspun dengan ikhlas, menurut say ajika diniati dengan ikhlas dalam hati, ritual ikhlas akan mengikutinya.

    ReplyDelete
  10. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari segi teknis untuk mempersiapkan untuk menggapai ikhas, dalam percakapan Cantraka Sakti mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan duniawi, sedangkan Cantraka Ikhlas hanya mempersiapkan diri tanpa memikirkan duniawinya. Dari perbedaan persiapanpun manusia mempersiapkan segaa sesuatunya pasti berbeda. Persiapan tersebut kembali ke diri manusia tersebut. Walaupun tujuannya sama, tetapi persiapan manusia berbeda-beda bergantung individunya.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Menurut saya, ritual ikhlas yang bisa dilakukan berdasarkan pengalaman yang biasa saya lakukan agar sebisa mungkin merasa ikhlas adalah perbanyak tersenyum. Disamping senyum adalah ibadah, disaat saya merasa sedih atau sebagainya, saya berusaha untuk terus tersenyum untuk menghibur diri saya sendiri. Kemudian selain itu yang biasa saya lakukan adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara perbanyak beribadah seperti sholat dan berpuasa. Ikhlas tidak akan tumbuh dengan mudah tetapi harus senantiasa dilatih agar menjadi pribadi yang baik.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Untuk menjalani ritual ikhlas ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti tidak meninggalkan sholat wajib, memperbanyak dzikir, sholat sunah, puasa sunnah dan membaca Al-Qur’an serta mengurangi makan dan tidur. Ikhlas yaitu melakukan sesuatu dengan sepenuh hati sesuai dengan perintah dan larangan-Nya dan menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Untuk berbuat ikhlas memang terkadang berat untuk dilakukan, akan tetapi kekautan ikhlas akan nampak pada hamba yang berserah diri kepada Tuhannya. Ritual ikhlas ini membantu manusia supaya tidak terjerat oleh sifat sombong. Itulah informasi awal yang perlu dipersiapkan oleh manusia untuk menjalani ritual ikhlas.

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seperti yang diungkapkan dalam elegi ini, bekal untuk menggapai ikhlas ialah keikhlasan itu sendiri. Ikhlas merupakan wujud kepasrahan dan ketulusan. Maka hal yang paling penting untuk dipersiapkan dalam menggapai ikhlas bukanlah bekal materi/ilmu/hal-hal lain yang bersifat keduniaan, melainkan niat dan keteguhan hati. Ikhlas bukan tentang kehebatan dalam pengetahuan atau ilmu atau jabatan tinggi. Maka ikhas dapat diupayakan oleh siapapun bahkan orang yang sakit atau kekurangan dengan cara beribadah secara istiqomah, sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah SWT seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Menggapai ikhlas dengan ikhlas, maka, ketika kita melakukan apapun maka harus didasari dengan keikhlasan. Bagaimana kita bisa mengukur ikhlas?

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Ikhlas, begitu ringan diucapkan bahkan semua orang mampu mengucapkannya. Namun, apakah semua orang mampu melaksanakannya juga? Saya rasa jawabannya tidak, karena saya pun belum menjadi salah satu orang yang mampu melaksanakannya.
    Untuk menggapai ikhlas diperlukan sebuah ritual ikhlas. Tidak hanya pembelajaran yang perlu persiapan, melakukan ritual ikhlas juga perlu persiapan. Persiapan tersebut diantaranya dengan cara menata ibadah, memaksimalkan zikir, melaksanakan sholat wajib, memperbanyak sholat sunnah, membaca kitab suci, mengurangi tidur dan makan.
    Mengingat persiapan yang dilakukan Cantraka sakti, saya jadi penasaran, apakah yang akan dengannya? Apakah segala persiapan yang ia lakukan dapat membantunya bertahan selama ritual?

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Untuk menjadi ikhlas memang bukan perihal yang mudah. Setiap orang yang berkata ikhlas dari mulutnya belum tentu ikhlas juga dalam hatinya. Karena yang sebenar-benar ikhlas hanyalah Allah SWT yang bisa menilainya.

    ReplyDelete