Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal




Oleh Marsigit

Cantraka:

Alhamdulillah...saya ucapkan selamat datang kembali kepada guru saya Sang Bagawat Selatan yang telah mendapat nama baru menjadi Muhammad Nurikhlas. Juga saya mengucapkan kepada isteri beliau Sang Dewi Sawitri yang telah mendapat nama baru Siti Nurikhlas. Mohonpetunjukmu bagaimana sebaiknya saya dapat memanggilmu?

Muhammad Nurikhlas:
Saya belumlah pantas disebut Ustad, juga belum pantas disebut Kyai, maka panggil saja Bapak Muhammad Nurikhlas, atau Muhammad Nurikhlas, atau secara singkat Nurikhlas begitu saja.

Cantraka:
Baiklah Bp. Muhammad Nurikhlas, saya ingin bertanya...walaupun sedikit, bolehkah aku engkau beri ilmumu yang baru engkau dapatkan dari kegiatan Mengajimu dari berbagai guru Spiritual?

Muhammad Nurikhlas:

Alhamdulillah..boleh juga. Wahai Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas, sebentar lagi Sang Transenden Spiritual Utama akan mengadakan Ritual Ikhlas. Saya menyarankan agar engkau dapat mengikutinya. Demikian, aku juga akan mengikutinya. Nanti akan ada banyak sekali para Cantraka, Santri, Ulama, Ustad, Kyai, Ulama, Umaro, Matematikawan, Guru Matematika, Profesor, Doktor, dari berbagai penjuru Dunia yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Maka bersiaplah.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Apakah kira-kira kegiatan utamanya. Apakah Ritual Ikhlas itu merupakan Perlombaan, Ujian, Pertandingan, Seminar, Workshop, atau Ibadat, atau sekedar Ritual saja. Apakah bersifat wajib atau sunat?

Muhammad Nurikhlas:

Ritual Ikhlas yang akan diselenggarakan Transenden Spiritual Utama itu merupakan ajang atau wahana atau kesempatan atau karunia dimana akan diberi kesempatan dan akan difasilitasi bagi semua orang yang beriman untuk menunjukkan keikhlasannya dengan cara beribadat seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Oh...kami sangat senang sekali. Inilah momentum yang kami cari-cari selama ini. Ini pula kesempatan yang kami tunggu-tunggu. Kemudian kami ingin bertanya, apakah syarat-syarat dan persiapan yang harus kami lakukan? Dan kemudian bagaimana teknis pelaksanaannya?

Muhammad Nurikhlas:
Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar, banyaklah berubudiyah atau beramal di jalan Allah. Bagaimana engkau Cantraka sakti dan Cantraka Ikhlas apakah engkau sudahmempersiapkan segala sesuatunya?

Cantraka Sakti:
Wuheh...Bapak Muhammad Nurikhlas...semoga persiapan saya tidak kurang satu apapun. Ketahuilah bahwa saya baru saja lulus Magister dari perguruan Luar Negeri. Banyak ilmu dan pengalamanyang aku timba di sana. Pengalaman apa saja ada di sana dan aku telah mengalami itu semua. Dan itu bersifat universal dan inernasional. Kalau hanya untuk mengatasi kepentingan-kepentingan lokal seperti mengikuti Ritual Ikhlas saya pikir tidak seberapa. Saya punya keyakinan aku akan mampu mengatasi segala macam rintangan yang ada. Maka akan aku persiapkan sebaik-baiknya. Akan aku bawa perbekalan sebanyak mungkin, jangan sampai kelaparan, jangan sampai kekurangan dana, jangan sampai terputus komunikasi, jangan sampai kedinginan karena tidak bawa baju tebal. Kalau hanya untuk perbekalan satu sampai sepuluh hari, tidak masalah bagiku. Aku sudah punya pengalaman mempersiapkan diri pergi jauh dan lama hingga dua tahun tidak pulang. Aku juga akan jaga staminaku dengan cara membawa lengkap obat-obatan, vitamin, obat kuat, ..semua obat-obatan akan saya bawa semua. Aku akan jaga staminaku dengan cara joging, bersepeda, olahraga, pushup, dst sehinga otot-otot tangan dan kakiku akan mampu menunjang kegiatanku mengikuti Ritual Ikhlas. Aku akan bawa setrika, minyak wangi, dan baju-baju yang baru agar penampilanku tetap segar dan terjaga. Aku akan jaga performance ku dan jaga bicaraku agar aku tetap bisa disegani sebagai seorang intelek yang baru saja lulus dari luar negeri. Aku akan siap membantu para petugas jika nanti tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta lainnya.

Muhammad Nurikhlas:
Bagaimana persiapanmu Cantraka ikhlas?

Cantraka Ikhlas:
Maaf Bapak Muhammad Nurikhlas, persiapanku tidaklah seperti Cantraka Sakti. Kebetulan aku baru sibuk mengurusi dan memberi pengajian kepada adik-adik Santri dan Santriwan, hingga waktu aku berangkat terkira aku tidak punya kesempatan untuk mempersiapkan diri. Persiapanku hanyalah bersifat rutin saja. Secara rutin aku berusaha mengefektifkan ibadatku, memaksimalkan Zikirku, tidak sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, mengurangi tidur dan makan, kadang-kadang berpuasa senin kamis. Saya merasa tidak mempunyai apapun, ilmu apapun, harta apapun untuk mempersiapkan Ritual Ikhlas yang akandatang. Aku hanya merasa mempunyai niat dan keteguhan hatiku seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT semoga aku diberi kekuatan dalam mengikuti Ritual Ikhlas. Aku hanya merasa mempunyai jiwa dann raga saja, yang jika Allah mengehendaki untuk meminta-Nya kembali maka akupun akan serahkan dengan ikhlas. Aku cuma mempunyai buku kecil yang berisi tentang tata cara beribadat dan syariat yang benar.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Bagaimana teknis pelaksanaan Ritual Ikhlas nanti?

Muhammad Nurikhlas:
Ya cuma masalah teknis pelaksanaannya saja agar berlangsung secara tertib mengingat akan ada banyak sekali peserta yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Tentu ada Panitia, tentu ada pendaftaran, tentu ada jadual kegiatan, tentu ada kegiatan-kegiatan menuju ikhlas, tentu ada tata cara yang disepakati agar semuanya berjalan lancar. Ikuti dan laksanakan saja petunjuknya. Selamat mengikuti kegiatan Ritual Ikhlas, semoga sukses. Amin.

70 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Dalam melakukan tindakan jika dijalani dengan ikhlas, maka tidak akan merasa pamrih. Misalnya dilatarbelakangi menunjukkan suatu kesombongan atau pamer. Jadi alangkah baiknya dalam kita melakukan suatu hal hendaknya didasari atas rasa ikhlas. Jika dalam melakukan sesuatu apabila hati telah ikhlas maka hal yang kita lakukan akan terasa ringan dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  2. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C
    Assalamu'alaikum. Bissmillahirahmanirrahim. Semoga saya mampu mengikuti ritual ikhlas, dan mampu menampung ilmu-ilmu yang diberikan dalam elegi ritual ikhlas selanjutnya. Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Berdasarkan elegi ritual ikhlas yang pertama ini kita mendapatkan pelajaran bahwa dalam mencari ilmu dengan ilmu, mencari hidayah dengan hidayah, menggapai rahmat dengan rahmat, maka kita dapat menggapai ikhlas juga dengan ikhlas. Dalam artikel di atas terdapat dua orang yang akan melakukan ritual ikhlas dengan dua macam persiapan. Cantraka sakti yang hanya mempersiapkan perlengkapan fisik dan materi saja, sedangkan cantraka ikhlas lebih mempersiapkan peda kebutuhan rohani dan jiwanya.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Elegi ritual ikhlas I berisi tentang informasi awal sebelum dimulainya ritual ikhlas selanjutnya tentang persiapan yang harus dilaksanakan dalam ritual ikhlas dan tatacara pelaksanaan ritual ikhlas yang akan dijalani oleh Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas. Kesombongan Cantraka Sakti di awal ritual ikhlas akan diuji pada ritual ikhlas selanjutnya karena dalam ritual ikhlas ini melupakan semua kesibukan duniawi sementara dengan mempelajari syariat dan tata cara beribadah yang benar.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dalam ajaran agama telah membahas betapa pentingnya keikhlas karena dengan keikhlasanlah yang menentukan kualitas amal perbuatan kita. Dan keikhlasan ini berkaitan dengan perbuatan dalam hati seseorang. Namun tidak sedikit yang terjerumus dalam amalan hati yang negatif (riya, sombong dll). Maka kita hendaknya mengamalkan keikhlasan itu disetiap melakukan kegiatan. Karena dengan hati yang ikhlas dan tulus semua akan berjalan dengan maksimal dan memuaskan.

    Menjadi guru pun juga harus dilandasi dengan rasa ikhlas. Supaya ilmu yang kita sampaikan dapat bernilai sebagai pahala. Oleh karena itu, tingkat keikhlasan itu perlu dikembangkan supaya hal yang kita lakukan tidak sia-sia dan dapat bernilai sebagai pahala.

    ReplyDelete
  6. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Memang sulit untuk mencapai ikhlas. Ikhlas diperoleh orang-orang yang Allah berikan hidayah kepadanya. Selaku hamba, kita wajib mencari hidayahNya agar kita termasuk dalam golongan orang-orang ikhlas. Ikhlas akan diperoleh oleh orang – orang yang tekun beribadah, apapun yang dilakukannya tidak lain kecuali dalam bentuk ibadah kepadaNya, memiliki sifat sabar, pandai bersyukur, tidak sombong, tidak iri dan dengki, merasa diri selalu diawasi oleh yang maha kuasa, dan tidak mengharap dipuji oleh orang lain. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang ikhlas.

    ReplyDelete
  7. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Menggapai ikhlas dengan ikhlas, sebuah syaratnya adalah ikhlas dalam hati. Benar, keikhlasan itu memang dari dalam hati. Jika ikhlas dalam mulut itu sebatas di mulut saja, bahkan itu pasti tidak akan masuk dalam hati. Bahkan keikhlasan tanpa terucap dapat dirasakan jika bersumber dalam hati. Semua yang kita lakukan di bumi ini akan mendapat berkat dari Tuhan YME jika semua yang kita lakukan itu menggunakan keikhlasan.

    ReplyDelete
  8. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Ikhlas merupakan komitmen tertinggi yang seharusnya ditambatkan oleh setiap manusia dalam hatinya, sebuah komitmen yang sering dinyatakan dalam doa iftitah "sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku semata-mata karena Allah Tuhan semesta alam."
    Yang dibutuhkan dalam ritual ikhlas ini adalah ikhlas dalam hati. Apapun persiapan materi dan fisik yang kita persiapkan selama belum terdapat rasa ikhlas di dalam hati kita akan sulit melakukan ritual ikhlas ini.

    ReplyDelete
  9. Ikhlas tidak diperoleh dengan instan. Ikhlas didapatkan dengan tempaan, ujian, dan kegigihan. Ikhlas hanya Allah yang berhak menilai, manusia hanya sebatas ingin menggapai ikhlas semampu-mampunya. Cantraka sakti melakukan persiapan yang bersifat keduniawian yaitu persiapan fisik dan barang kebutuhan. Pertanyaannya apakah ikhlas dapat diperoleh dengan persiapan tersebut? Karena pengetahuan dan penegalamannya maka persiapan yang dimaksud seperti itu. Dengan berjalannya ritual mungkin akan ditemukan persiapan yang sebenarnya untuk dapat menggapai ikhlas. Cantraka ikhlas melakukan persiapan yang bersifat mental dan spiritual bahwa dia telah memulai untuk memperbanyak ibadah, mengingat Allah dan berdoa.

    ReplyDelete
  10. Azizah pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014


    Kegiatan atau aktivitas yang dijalankan dengan ikhals akan mendapat ridho dari Allah. Selain itu, akan memberikan manfaat kepada orng-orang di sekitar kita. Hati yang ikhlas juga dapat membuat hidup menjadi tenang, lebih banyak bersyukur, tidak mudah mengeluh.

    ReplyDelete
  11. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menggapai ikhlas itu dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadahmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan shalat wajib, memperbanyak shalat sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar.
    Dari kutipan diatas, saya dapat menyimpulkan, bahwa untuk bisa ikhlas seharusnya hal yang pertama kita lakukan adalah berserah diri kepada Allah. Bertaqwa, dengan menjallankan apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Ikhlas, susah sekali kita untuk mengamalkannya. Terkadang kita berusaha untuk ikhlas dalam menghadapi sesuatu. Namun, itu hanya perkataan kita saja yang ikhlas. Dalam hati kita tidak bisa menerima. Padahal yang namanya ikhlas itu tidak hanya di lisan, namun juga dari dalam kalbu.
    Untuk urusan ikhlas, hendaknya kita bisa mengaplikasikannya di dunia pekerjaan kita. Lulusan dari mana pun kita kuliah, kita tidak boleh sombong. Kita harus bisa mengamalkan apa yang kita miliki dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  12. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menggapai ikhlas dengan ikhlas. Syarat bagi kita agar mampu menggapai ikhlas adalah dengan ikhlas dalam hati. Keikhlasan memang membutuhkan suatu komitmen berupa ketulusan dari hati yang tidak mengharap pamrih apapun. Akan tetapi, selalu bersikap ikhlas bukanlah perkara mudah. Oleh sebab itu, hendaklah kita selalu rendah hati seraya memohon pertolongan-Nya agar selalu dimampukan untuk dapat memiliki hati yang ikhlas dalam segala hal.

    ReplyDelete
  13. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016


    Kita akan dapat memulai ritual ikhlas jika kita dapat ikhlas dari hati, yang sifatnya tidak terlihat. Pada elegi ini terlihat masing- masing cantraka mempunyai persiapan yang berbeda- beda. Seperti apa yang dikatakan Muhammad Nurikhlas “syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu”. Sehingga caranya yaitu dengan menata ibadah, memaksimalkan Zikir, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, berpuasa dan bersiap melakukan jihad memerangi hawa nafsu untuk berjuang di jalan Allah SWT.

    ReplyDelete
  14. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Segala sesuatu kegiatan harus dilakukan dengan rasa ikhlas. Begitu juga dalam mencari ilmu, proses dalam mencari ilmu itu harus dilandasi dengan keikhlasan. Rasa ikhlas yang harus timbul dari hati, ikhlas dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita sebagai makhluk multi peran oleh karena itu dalam menghadapi dinamika kehidupan, kita perlu dilandasi rasa ikhlas dalam melakukan kegiatan apapun.

    ReplyDelete
  15. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Saya jadi teringat perkataan pak prof waktu pertama kali memulai perkualian, bahwa untuk membaca blog saya ilkhlas pikiran dan ikhlas hati. Berdasarkan elegi diatas bahwa untuk bisa ikhlas seharusnya hal yang pertama kita lakukan adalah berserah diri kepada Allah. Bertaqwa, dengan menjallankan apa yang diperintahkannya dan menjauhi apa yang dilarangnya. Ikhlas, sangat susah sekali kita untuk mengamalkannya. Terkadang kita berusaha untuk ikhlas dalam menghadapi sesuatu. Namun, itu hanya perkataan kita saja yang ikhlas. Dalam hati kita tidak bisa menerima. Padahal yang namanya ikhlas itu tidak hanya di lisan, namun juga dari dalam kalbu.Untuk urusan ikhlas, hendaknya kita bisa mengaplikasikannya di dunia pekerjaan kita. Lulusan dari mana pun kita kuliah, kita tidak boleh sombong. Kita harus bisa mengamalkan apa yang kita miliki dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  16. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Saya menangkap dari elegi ini bahwa ikhlas itu kita melakukan sesuatu sesuai dengan pentunjuk yang diberikan. Pada elegi ini diceritakan bahwa akan ada ritual ikhlas yang akan diikuti oleh banyak peserta. Untuk persiapan ritual, pasti semua orang memiliki persiapan yang berbeda-beda. Ikhlas tidak membutuhkan persiapan tersebut. Ketika kita bisa melaksanakan suatu pekerjaan dengan tidak menggerutu di belakang itu juga termasuk ikhlas. Mengikuti acara ritual dengan sesuai pada aturan yang telah disepakati dengan ikhlas maka semuanya akan berjalan dengan lancar. Ikhlas ilmu yang paling sulit untuk diterapkan, tapi kita harus berusaha.

    ReplyDelete
  17. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Ritual ikhlas dilaksanakan agar manusia mempunyai sifat ikhlas dan syarat untuk mengikuti ritual ikhlas adalah dengan ikhlas itu sendiri. Ikhlas dalam mengikuti ritual ikhlas. Jika seseorang tidak ikhlas mengikuti ritual ikhlas maka ritual ikhlas yang dia laksanakan tidak akan ada artinya, tidak akan membantunya menjadi ikhlas. Berdasarkan elegi ini, persiapan teknisnya adalah dengan memaksimalkan ibadah kita karena sesungguhnya tujuan hidup manusia di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Segala sesuatu yang kita laksanakan di dunia ini harus dilandasi dengan keikhlasan. Seseorang yang mengatakan dirinya ikhlas malah terkadang menunjukkan bahwa dia kurang ikhlas

    ReplyDelete
  18. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Apakah dapat ditentukan kapan dimulainya dilakukan keikhlasan? Menjalankan semua ibadah dan kewajiban tidak harus setelah bisa melakukan keikhlasan. Namun berjalan beriringan. Kita tidak tahu sampai di level berapa keikhlasan yang dapat kita lakukan. Tugas kita hanya melakukan segala sesuatunya karenaNya dan mengharapkan ridho dan berkahNya.

    ReplyDelete
  19. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Agar hasil yang dihasilkan dari ikhtiar kita menjadi berkah dan dirahmati Allah, kita harus berikhtiar tentunya dilandasi dengan rasa tulus ikhlas. Untuk bisa ikhlas kita harus meluruskan niat dengan hanya memohon ridho-Nya. Ikhlas tidak perlu pembuktian lisan bahwa kita sudah ikhlas, cukup dari hati, cukup hanya kita dan Allah lah yang tahu. Dengan begitu insya Allah, rasa ikhlas itu akan terwujud sehingga hasil dari ikhtiar kita pun mendapat berkah dan dirahmati oleh Allah.

    ReplyDelete
  20. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menggapai ikhlas dengan ikhlas yaitu ikhlas dalam hatimu. Lakukanlah segala sesuatu dengan keikhlasan hanya untuk menggapai ridho Allah SWT. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tujuan diciptakan manusia di dunia ini adalah semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka beribadahlah dengan ikhlas. Untuk menggapai ikhlas maka secara rutin berusahalah mengefektifkan ibadat, memaksimalkan dzikir, tidak sekali-kali meninggalkan salat wajib, memperbanyak salat sunat, membaca Alqur’an, berpuasa, memperbanyak beramal di jalan Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ikhlas mengajarkan untuk menerima dan memberi dengan rendah hati. Manusia dapat menggapai ikhlas ketika dapat membuka diri dan tidak mnegharapkan balasan dari hal yang telah dibuat. Ketika mampu ikhlas maka dapat melakukan pencapaian – pencapaian lain dalam hidup. Hidup dihadapkan pada berbagai pilihan, seperti cantraka ikhlas ataupun cantraka sakti yang belum tentu ikhlas.

    ReplyDelete
  22. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Keikhlasan memang menjadi landasan seseorang untuk mendapatkan berkah dari apa yang telah dia wujudkan melalui MENGADA. Termasuk dalam menjalani dan memahami elegi-elegi dalam ritual ikhlas yang dishare kan oleh Prof. Marsigit ini kita harus ikhlas dalam diri dan hati. Sehingga ke depannya kita lebih terbuka dalam menerima elegi-elegi ini dan mencari thesis antitesis nya untuk mencapai IKHLAS itu. Bismillahirrohmanirrohim... Semoga kita senantiasa beristiqomah dalam menjalani ritual ikhlas ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  23. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Setelah membaca elegi ini saya menjadi mengerti bahwa segala sesuatu itu harus berlandaskan pada keikhlasan. Dalam hidup, kita dapat belajar ikhlas. Ikhlas dalam menghadapi berbagai hal. Sebab dalam ikhlas kita akan menemukan salah satu kebahagiaan yang sudah Alloh titipkan, yaitu ketenangan.

    ReplyDelete
  24. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dalam elegi ini berkisah tentang informasi awal dalam persiapan melakukan ritual ikhlas beserta tata caranya. Ritual ikhlas sangat penting karena amal itu dimulai dengan niat dan niat itu harus didasari keikhlasan. Dengan keikhlasan insya Alloh semua dimudahkan, ringan, serta segala sesuatunya yang kita lakukan dapat memuaskan serta mencapai hasil yang maksimal.

    ReplyDelete
  25. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016

    ikhlas merupakan kata yang mudah diucapkan, namun tidak mudah dilakukan. pantaslah jika harus diadakan ritual ikhlas yaitu suatu agenda dimana akan diberi kesempatan dan akan difasilitasi bagi semua orang yang beriman untuk menunjukkan keikhlasannya dengan cara beribadat seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya. ritual ini boleh diikuti siapa saja, asalkan ia telah melakukan persiapan. hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti ritual tersebut adalah dengan hati yang ikhlas.

    ReplyDelete
  26. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Niat adalah unsur utama yang mendasari sebuah perjalanan/perbuatan dan jika niat itu untuk kebaikan maka malaikat akan mencatatnya sebagai amalan yang baik. Sesungguhnya ikhlas merupakan suatu sikap yang tidak mempedulikan pendapat manusia akan niat perilakunya. Tidak berkurang bila dicaci dan tidak bertambah bila dipuji. Ikhlas dapat ditempuh dengan jalan ikhlas itu sendiri. Karena ketika seseorang melakukan suatu tindakan dengan jalan ikhlas, maka tidak akan ada rasa pamrih atau pun alasan-alasan lain yang mendasari tingkah lakunya, misalnya dilatarbelakangi untuk pamer, benih kesombongan, dan lain sebagainya. Ukuran keikhlasan tidak dapat diketahui oleh manusia karena ikhlas berada di dalam hati manusia. Hanya Allah yang mengetahui ikhlas atau tidaknya seseorang, karena Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Dalam melakukan suatu tindakan hendaknya didasari dengan rasa ikhlas agar tindakan yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dan mendapat pahala. Dengan didasari keikhlasan maka ibadah kita akan diterima oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  27. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Elegi bersambung ini membuat kita penasaran apakah yang akan menang adalah cantaraka sakti atau cantaraka ikhlas, karena dilihat keduanya sama-sama kuat dan memiliki ilmu yang sama tinggi. hanya saja dalam bidang yang berbeda.

    ReplyDelete
  28. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi Ritual ikhlas 1. Elegi ini mengajarkan bahwa untuk mengikuti ritual ikhlas syarat pertama dan utama adalah dengan niat yang ikhlas dari dalam jiwa. Ketika kita mengikuti ritual ikhlas dengan tidak ikhlas, lantas apalah yang akan kita peroleh? kita sudah gagal sejak memulainya. Ikhlas akan membawa kita pada kedamaian dan ketenangan jiwa. Lalu bagaimana tanda" seseorang sudah ikhlas mengikutinya? Yaitu pada saat tak ada benih sombong, benih pamer, pamrih, ingin dipuji, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  29. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Disaat hati merasa tidak lagi bisa menerima sesuatu baik sukacita maupun dukacita, disaat itu juga muncul berbagai gejolak dalam hati. Gejolak yang menjadi pertanyaan-pertanyaan yang belum ditemukan jawabannya bahkan mungkin tidak akan menemukan jawabannya karena itu sebenarnya hanyalah fiktif belaka. Tapi jika kita merenung dan merefleksi serta menyerahkan semua kepada Tuhan itu berarti kita sesungguhnya telah ikhlas.

    ReplyDelete
  30. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Elegi di atas mengajarkan tentang persiapan teknis untuk melakukan suatu ritual ikhlas. Agar dapat melakukannya persiapan yang lebih kepada membenarkan dan meluruskan hati dan memperdalam kita kepadaNya agar senantiasa ritual yang akan kita jalani benar-benar dapat membawa kita menjadi insan yang lebih baik lagi dan mampu memaknai hidup yang telah kita jalani dengan ikhlas, bijak dan terus berusaha memahami hakikat kita sebagai manusia. Karena dengan meluruskan niat dapat membuat manusia menjalani apapun dengan penuh ridho dan keikhlasan dalam hatinya.

    ReplyDelete
  31. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Secara bahasa, ikhlas bermakna murni. Ikhlas disini artinya memurnikan semua kegiatan, aktivitas, dan hal apapun yang kita lakukan hanya untuk Allah. Kita dikatakan ikhlas apabila kita benar-benar memurnikan pekerjaan kita hanya untuk-Nya. Belajar ikhlas tidak butuh jabatan yang tinggi, uang yang banyak, fisik yang kuat, dsb. Dalam belajar ikhlas ini persiapan yang kita butuhkan hanyalah hati yang ikhlas untuk belajar ikhlas.

    ReplyDelete
  32. Kamis, 25 Mei 2017
    EKA RETNO SARI (14301241013)
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Baru saya baca elegi ikhlas yang pertama, tapi sudah menghantarkan saya pada kesadaran bahwa amatlah butuh keikhlasan untuk merasa ikhlas yang sebenarnya. bahkan dalam keseharian, ketika berucap “ya, saya ikhlas” hati kecil bukan tak mungkin masih memiliki rongga yang belum terisi keikhlasan. Semoga kita segera berpridadi layaknya Cantraka Ikhlas. Amin.

    ReplyDelete
  33. Kamis, 25 Mei 2017
    EKA RETNO SARI (14301241013)
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hmmm namun setelah beberapa saat saya baru menyadari apakah menjadi seperti Cantraka Ikhlas memanglah benar-benar sudah mencapai ikhlas, mungkin jawabannya adalah 'ya' jika kita tidak membicarakan keikhlasan itu kepada selain Allah ta'ala

    ReplyDelete
  34. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Di dalam melaksanakan sesuatu, hendaknya kita mengikhlaskan diri untuk melaksanakannya. Ikhlas secara lahir dan batin. Ikhlas sendiri adanya di dalam hati, dan sebagai manusia, kita tidak bisa mengetahui ikhlas atau tidaknya hati kita. Hanya Allah yang mengetahui keikhlasan hati kita. Dari yang saya tahu, ikhlas itu seperti surat Al-Ikhlas, dimana tidak ada kata ikhlas di dalamnya.

    ReplyDelete
  35. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    ikhlas merupakan hal yang terkadang sulit untuk dilakukan karena ikhlas yang benar benar ikhlas itu membutuhkan hati yang besar, namun hendaknya kita berusaha untuk ikhlas terhadap apa yang akan terjadi, apa yang sedang terjadi, dan apa yang sudah terjadi, mengingat kembali bahwa semunya adalah milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  36. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Seseorang yang ikhlas ibarat orang yang sedang membersihkan beras dari kerikil-kerikil dan batu-batu kecil di sekitar beras. Jika beras itu telah bersih, beras yang dimasak menjadi nikmat dimakan. Tetapi jika beras itu masih kotor, ketika nasi dikunyah akan tergigit kerikil dan batu kecil. Demikianlah keikhlasan, menyebabkan beramal menjadi nikmat, tidak membuat lelah, dan segala pengorbanan tidak terasa berat. Sebagian lagi ada yang mendefinisikan bahwa orang yang ikhlas ialah orang yang tidak memperdulikan meskipun seluruh penghormatan dan penghargaan hilang dari dirinya dan berpindah kepada orang lain, karena ingin memperbaiki hatinya hanya untuk Allah semata dan ia tidak senang jikalau amalan yang ia lakukan diperhatikan oleh orang, walaupun perbuatan itu sederhana.

    ReplyDelete
  37. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Suatu ketaatan apapun bentuknya jika dilakukan dengan tidak ikhlas dan jujur terhadap Allah, maka amalan itu tidak ada nilainya dan tidak berpahala, bahkan pelakunya akan menghadapi ancaman Allah yang sangat besar. Orang yang ikhlas senantiasa beramal dan bersungguh-sungguh dalam beramal, baik dalam keadaan sendiri atau bersama orang banyak, baik ada pujian ataupun celaan. Perjalanan waktulah yang akan menentukan seorang itu ikhlas atau tidak dalam beramal. Dengan melalui berbagai macam ujian dan cobaan, baik suka maupun duka, seorang akan terlihat kualitas keikhlasannya dalam beribadah.

    ReplyDelete
  38. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada elegi Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal ini, yang saya dapatkan adalah iklhas bukan sesuatu hal yang diucapkan tetapi sesuatu yang dirasakan oleh yang melakukan keikhlasan itu sendiri. Ikhlas berasal dari hati nurani, misalnya saja ketika kita mengalami suatu musibah kita menerimanya dengan keikhlasan hati tanpa mencari sebab dari masalah itu terjadi.

    ReplyDelete
  39. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Keikhlasan itu merupakan hal yang tidak bisa dijelaskan dengan perkataan dan tindakan. saat manusia mengerjakan sesuatu tanpa bimbingan atau arahan dari orang lain maka ada kemungkinan untuk ikhlas, Namun ketika memberikan atau melakukan sesuatu dengan adanya arahan, permintaan atau perintah dari orang lain maka keikhlasan itu lebih sulit lagi. Hal ini karena ikhlas itu ada di hati, bukan tindakan ataupun pikiran. Ikhlas itu dihati, jadi hatilah yang terlebih dahulu dikuasai oleh diri sendiri. keikhlasan merupakan kegiatan yang apabila sudah dilakukan tidak sedikitpun diingat oleh hati dan mencoba untuk mengungkapkan dengan kata

    ReplyDelete
  40. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Menurut saya, selain sifat sabar, ikhlas adalah sifat manusia yang paling tinggi kedudukannya. Kenapa demikian? Karena keikhlasan hanya dapat digapai oleh seseorang apabila dalam melakukan suatu perbuatan hanya diniatkan untuk mendapatkan rahmat dariNya, tanpa mengharapkan imbalan apapun.

    ReplyDelete
  41. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi tersebut memberikan pencerahan kepada kita sebagai mahasiswa dan calon guru untuk selalu menanamkan keikhlasan dalam segala hal. Saya terkesan dengan pernyataan bahwa “Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu.”

    ReplyDelete
  42. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika kita pandang dari segi pendidikan, kita hendaknya belajar maupun mengajar seperti mengamalkan ibadah. Kita hendaknya dapat memerangi hawa nafsu kita sendiri, yaitu kemalasan. Apabila suatu ibadah (belajar, mengajar) dilakukan dengan ikhlas, maka insya Allah hasilnya juga akan memuaskan. Karena pada dasarnya keikhlasan membuat apa yang kita lakukan akan jauh lebih bermakna.

    ReplyDelete
  43. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah membaca ‘Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal’ saya belajar bahwa modal awal dalam melakukan suatu kegiatan adalah hati yang ikhlas. Melakukan sesuatu dengan hati yang ikhlas artinya melakukan sesuatu dengan niat dan keteguhan hati. Segala sesuatu yang dilakukan dengan ikhlas maka apapun hasil yang kita peroleh kita tidak akan merasa sia-sia karena selalu ada manfaat dari apa yang kita lakukan tersebut.

    ReplyDelete
  44. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perkara ikhlas hanya hati yang dapat merasakan. Ikhlas berarti melakukan segala suatu hal dengan niat semata-mata hanya mengharap ridho Allah. Ikhlas merupakan suatu kunci diterimanya suatu amal ibadah kita, termasuk dalam mengikuti ritual ikhlas ini. Persiapan fisik bukanlah yang utama, karena Allah melihat dari niat dan keteguhan hati kita. Semoga Allah senantiasa memudahkan segala urusan dan menguatkan kita. Aamiin.

    ReplyDelete
  45. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. Seorang tidak dianggap beragama dengan benar jika tidak ikhlas. Rasulullah saw. bersabda, “Ikhlaslah dalam beragama; cukup bagimu amal yang sedikit.” Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menerima amal kecuali dilakukan dengan ikhlas dan mengharap ridha-Nya.” Kriteria ikhlas ialah apabila niat dalam beramal hanya karena Allah semata, bukan yang lain. Bukan karena pamer, atau supaya di dengar orang, atau dalam rangka mendekatkan diri kepada seseorang. Jadi, beramal bukan karena menunggu-nunggu pujian orang atau khawatir akan celaan mereka.

    ReplyDelete
  46. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Ikhlas sangat penting dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Karena dengan ikhlas maka setiap perbuatan kita akan bernilai ibadah, mendapat pahala dan mendapatkan ridha Allah. Point yang berkesan buat saya adalah “Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu.” Jadi keikhlasan kita dipengaruhi oleh kualitas ibadah kita. Sebagai calon guru, dalam menfasilitasi siswa belajar dibutukan keiklasan. Dengan keiklasan kegiatan belajar mengajar yang kita lakukan bersama dengan siswa akan mendapat pahala dan mendapatkan ridha Allah. Dengan adanya ridha Allah inilah yang akan menyebabkan ilmu yang dipelajari siswa dan guru pada kegiatan belajar dan mengajar menjadi ilmu yang mendapat berkah dari Allah. Dan segala sesuatu yang diberkahi oleh Allah InsyaAllah akan bermanfaat.

    ReplyDelete
  47. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setiap tindakan yang kita lakukan harus disertai dengan keikhlasan, dengan ikhlas dalam mengerjakan sesuatu niscaya akan diberikan kemudahan untuk mencapai tujuannya.

    ReplyDelete
  48. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam elegi ritual ikhlas ini, mengajarkan kepada kita bahwa dalam melakukan segala sessuatu haruslah dengan keikhlasan. Jangan sekali-kali menyombongkan diri atau memamerkan segala sesuatu yang dimilikinya, karena sesungguhnya orang yang pamer dan menyombongkan diri itu tidak ikhlas dengan segala apa yang dimilikinya dan hanya ingin mendapat pengakuan yang lebih tingggi dari yang lainnya. Orang yang ikhlas dalam menjalani kehidupan, tidak akan hanya memikirkan urusan dunianya saja, tetapi dia menerima kodratnya sebagai mahluk ciptaan Allah yang harus tunduk terhadap perintah-perintahNYA, dan menjunjung tinggi aturan-aturan prinsip-prinsip hidup yang benar sesuai dengan tuntunanNYA.

    ReplyDelete
  49. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Mempelajari ilmu ikhlas adalah sesuai dengan tujuan saya untuk mendapatkan kasih sayang Allah SWT. Melalui tulisan tulisan ritual ikhlas ini sangat menguntungkan untuk proses saya menjadi ikhlas dalam beribadah yang sangat saya damba dambakan.Menjad ikhlas tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu proses yang panjang berupa tirakat tirakat atau riyadhoh yang banyak. Orang yang ingin menjadi ikhlas harus melakukan ibadah syarat yang wajib secara baik, seperti sholat, puasa, dll.Karena ibadah syariat adalah sebagai kulit dari ibadah, sedangkan ikhlas adalah esensi atau buah nya.

    ReplyDelete
  50. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam proses menjadi ikhlas tidak bisa diremehkan seperti hala yang lainnya. Ia hubungannya dengan ibadah kepada sang khaliq, untuk mendapatkan ikhlas harus melalui proses yang serius dan total. Selebihnya pasrah kepada Allah yang maha berkehendak, termasuk berkehandak memberikan keikhlasan pada diri manusia.

    ReplyDelete
  51. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam menjalani kehidupan hendaknya dilandasi dengan rasa ikhlas, sesungguhnya hidup ini adalah titipan dari yang Maha Kuasa, apapun yang terjadi pasti Allah memberikan hadiah yang terbaik untk kita selagi kita tetap bersyukur dan menjalani kehidupan dengan ikhlas dan tidak sombong, hidup jika ikhlas maka akan merasa tenang damai dan bahagia, namun jika tidak ikhlas maka akan merasa gundah , tidak tenang dan selalu diselimuti rasa amarah.

    ReplyDelete
  52. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bismillahirrahmanirrahim
    Semoga dengan mengikuti bacaan ini saya akn mendapatkan hakekat dari iklas, yaitu kegiatan yang dilakukan tanpa paksaan dan sustain. Sehingga dekat kepada Tuhan sang pemberi Rahmat.

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bismillah... mencoba bersabar dan mengiklhaskan segala ketidaksukaan kita pada ketetapan-Nya memang berat. Tapi di sinilah pahala yang akan mendampingi kita dalam langkah menuju surga yang kita rindukan.

    ReplyDelete
  56. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan mengikuti dan membaca seluruh elegi ritual ikhlas dari Prof. Marsigit, semoga hati dan pikiran saya akan berubah menjadi hamba yang penuh kerendahan hati dan qanaah.

    ReplyDelete
  57. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kata "ikhlas", sangat mudah diucapkan, namun masih sulit dilaksanakan. Ikhlas sangat diperlukan dalam menjalani hidup ini. Melakukan segala kegiatan dan aktivitas harus dilandasi rasa ikhlas. Begitu pun dalam menuntut ilmu. Kita harus ikhlas dalam menuntut ilmu agar kita bisa mendapatkan barakah setelah menuntut ilmu tersebut. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ‘ikhlas’. Dalam agama mereka masing-masing pastilah sudah pernah diajarkan tentang keikhlasan. Ikhlas tidak membedakan kasta, maksudnya semua orang dari semua kalangan sebaiknya belajar tentang ilmu ikhlas. Oleh karena itu, kita tidak boleh berlaku sombong dan menyepelekan ilmu ikhlas karena pada dasarnya berlaku ikhlas itu tidak mudah. Sebagai contoh apabila kita kehilangan orang atau barang yang benar-benar kita cintai, maka akan susah bagi kita untuk mengikhlaskannya.

    ReplyDelete
  58. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk bisa ikhlas dalam perbuatan kita, diperlukan persiapan yang tidak sederhana. Seperti saat kita menggapai ilmu, dibutuhkan ilmu-ilmu lain yang mengantarkan manusia menggapai suatu ilmu. Seperti itulah bagaimana kita mampu menggapai ikhlas, diperlukan ikhlas dalam hati. Persiapan teknisnya adalah dengan lebih berserah kepada Allah SWT (menata ibadah, sholat, puasa, zakat, membaca kitab suci, dan memerangi hawa nafsu) ditambah dengan mengorbankan semua yang dicintai dan melupakan sejenak kegiatan dunia, dan mempelajari syariat yang benar.

    ReplyDelete
  59. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ikhlas adalah hal tidak bisa dilihat, kadang tidak semua orang bisa merasakan ikhlas yang sebenarnya. Ada pula yang mengatakan ikhlas tetapi sebenarnya tidak ikhlas. Maka untuk menggapai ikhlas, perbanyaklah ibadah, zikir, berdoa mohon ampun dan mengingat Tuhan YME

    ReplyDelete
  60. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Ikhlaskan dalam hati dan pikiran, sehingga kita bisa bersungguh-sungguh dan tidak merasa terbebani selama mengikuti perkuliahan. Jika hati dan pikiran tidak ikhlas dalam menuntut ilmu, maka ilmu yang didapat juga sulit dipahami.

    ReplyDelete
  61. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketika hati dan pikiran kita ikhlas, Insya Allah ilmu akan mudah kita pahami dan bermanfaat untuk kita. Konsep ikhlas seperti ini sangat penting diterapkan kedalam segala aspek kehidupan. Walaupun ini sangat sulit, tapi semoga kita bisa melakukannya.

    ReplyDelete
  62. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Keikhlasan adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Walaupun kita melakukan banyak hal tapi tanpa dilandasi rasa ikhlas maka akan sia-sia dan tidak menemui manfaat apa pun. Rasanya tidak ada yang benar-benar sempurna dalam soal keikhlasan kecuali Nabi Muhammad SAW, akan tetapi sebagai hamba Allah kita wajib terus berusaha.

    ReplyDelete
  63. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Secara filsafati belajar matematika memerlukan kebijaksanaan. Bijaksana dalam mempelajari matematika berate belajar dengan ikhlas terhadap ilmu-ilmu yang kita pelajari. Matematika juga mengajarkan ketekunan dan keikhlasan. Jika tanpa keikhlasan maka hal itu akan sulit dan berat dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  64. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk mencapai kondisi ikhlas, hal pokok yang harus dipersiapkan adalah hati yang bersih. Jika kita sudah mengondisikan hati kita untuk mencapai ikhlas, maka segala sesuatu yang menghalangi kita untuk mencapai ikhlas akan hilang sendirinya terkalahkan oleh ikhlas yang mulai terbentuk dalam diri kita.

    ReplyDelete
  65. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam melakukan suatu kegiatan dilandasi dengan niat yang baik dan dengan penuh keikhlasan. Memang kata ikhlas mudah diucapkan tapi untuk pelaksanaannya tidaklah mudah.

    ReplyDelete
  66. Febrian Luthfi
    13301241062
    Pendidikan Matematika

    Ikhlas adalah hal yang paling mendasar tatapi ikhlas adalah hal yang paling susah untuk dilakukan karena ikhlas membutuhkan hati dan pikiran yang bersih dan mengharap ridho Allah untuk menggapainya.

    ReplyDelete
  67. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ikhlas dalam beribadah, adalah salah satu syarat diterimanya ibadah, selain pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Sehingga dengan mengikhlaskan hati, ibadah akan lebih khusyu dan lebih bermakna di dalam hati.

    Tidak hanya itu, niat itu sangat berperan di dalam beribadah. Karena segala sesuatu tergantung pada niatnya. Jika kita berniat beribadah hanya untuk disanjung dan dipuja, hanya ada sanjungan dan pujaan yang akan diterima. Karena hendaknya kita meniatkan dengan ikhlas untuk beribadah hanya untuk Allah dan untuk meraih keridoan-Nya.

    ReplyDelete
  68. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ikhlas merupakan syarat utama dalam melakukan segala kegiatan. Untuk dapat memaksimalkan diri menggapai ikhlas maka perlu menata cara ibadah dan memaksimalkan segala hal terkait dengan ibadah seperti zikir, sedekah, salat, perangi hawa nafsu, dan sebagainya. Selain itu kurangi pula keinginan akan hal-hal dan kesibukan duniawi, perbanyak beramal di jalan Allah. InsyaAllah semoga menjadi pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  69. Ikhlas suatu istilah yang sering didengar ataupun diucapkan, misal lakukan dengan ikhlas, ikhlaskan saja, atau aku sudah/telah ikhlas. Tetapi apakah kita mengetahui bahwa kita telah benar-benar ikhlas dengan mengucapkan “ikhlas”? tentunya kita (manusia) hanya mampu untuk terus belajar untuk menggapai ikhlas itu. Diri kita sendiri tidak dapat menilai diri sendiri telah ikhlas atau orang lain telah berlaku ikhlas. Hanya belajar menjadi ikhlas yang dapat kita lakukan, penilaian tentang keikhlasan hanya Allah SWT yang dapat memberikan. Hanya karena Rahman dan Ridho Allah kita dapat Selamat.

    ReplyDelete
  70. Dengan belajar dari AlQuran dan hadits serta orang-orang yang telah diberi pengetahuan (ulama) kita dapat sedikit demi sedikit mengerti dan mengetahui bagaimana cara untuk berlaku ikhlas. Dengan belajar dari bagaimana ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa seseorang dikatakan ikhlas maka kita mencoba untuk melakukan itu dan menggapai ikhlas. Ikhlas yang dapat dipahami adalah apapun yang kita lakukan semata hanya untuk Allah SWT. Ibadah kita, perbuatan kita, hidup kita semata hanya untuk Allah SWT.

    ReplyDelete