Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 9: Menggapai Keutamaan Dzikir




Oleh Marsigit

Santri Kepala:

Asslamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Alhamdulillaah. Alhamdulillaahi wahdah shodaqo wa’dah wa nashoro ‘abdah wa ‘azza jundahu wa ‘azama wahdah. Wash-sholatu was salamu ‘alaa rasulillaah Sayyidina wa habibina wa qurrotu a’yuna Muhammadin bin ‘abdillah wa alaa alihi wa ashhabihi wa dzawil nufusil muthmainnah. Amma ba’dah. Faqola ta’ala fiy kitabihil kariem a’udzu billaahi minasy syaithonir rojiem; “Qod aflaha man tazakkay. wa dzakarasma Robbihi fasholla. Bal tuktsirunal hayatad dunya. Wal akhiroti khoirun wa abqoy. Inna hadza shuhufil ulay. Shuhufi Ibarohima wa Musa.” Shodaqollohul ‘adhiem. Wa qola Ta’ala fiy hadtsil qudsy qolan Nabiyyu shollallohu ‘alaihi wa salam; “Ana ‘inda dzonni abdi biy idza dzakaroniy. Idza dzakaroniy fiy nafsihi dzakartuhu fiy nafsiy wa idza dzakaroniy fiy mala’in dzakartuhu fiy mala’in khoirin minhu.” Wa qola An-nabiyyu sholallohu ‘alaihi wa salam; “Laa taqumus sa’ata hatta laa yabqoy ‘alaa wajhil ardli man yaqulu Allohu Allohu.” Shodaqollohu wa shodaqon Nabiyyul kariem wa nahnu minasy syahidien.
Hadlrotal kirom wal mukarromin wa nakhushshu hushushon ilaa hadlroti Sirrulloh rohimahulloh. Amin. Hadirin semua, Muhammad Nurikhlas ingin menyampaikan pengalamannya tentang keutamaan dzikir. Silahkan Muhammad Nurikhlas..sampaikan pengalamanmu.

Muhammad Nurikhlas:
Asslamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Sungguh luar biasa kejadiannya. Sungguh luar biasa aku merasakannya. Itulah yang mungkin dirasakan oleh semua orang yang telah dihampiri-Nya. Maka ketika aku merasa juga dihampiri-Nya, maka aku merasakan bahwa semua yang aku kerjakan itu pada hakekatnya adalah dzikir kepada-Nya. Langkahku adalah dzikir. Ucapanku adalah dzikir. Perjalananku adalah dzikir. Ceramahku adalah dzikir. Presentasi makalahku adalah dzikir. SMS ku adalah dzikir. Bahkan tidurku itu ternyata adalah dzikirku juga. Maka ketika aku berdzikir dengan ikhlas, aku merasakan tiadalah jarak antara diriku dengan Allah SWT. Dan pada saat itulah aku merasa bahwa semua urusanku telah dimudahkannya. Baik urusan dunia maupun urusan akhirat. Maka sebenar-benar urusanku itu adalah perkara-Nya. Aku merasakan tiadalah kekuatan apapun yang mampu menandinginya. Itulah setinggi-tinggi dzikirku, yaitu ketika aku tidak lagi mengingat yang lainnya selain Dia. Itulah kekuatanku untuk menghadapai semua persoalan dunia dan akhirat. Maka aku merasakan semua kemenangan itu yaitu kemenangan dunia dan kemenangan akhirat. Itulah setinggi-tinggi makomku, yaitu ketika aku merasa melihat bahwa akhirat itu ada di depan mataku. Kenapa harus aku meraih syurga itu menunggu sampai aku mati? Bukankah aku telah menemukan jaminan bahwa aku dapat meraihnya sekarang juga, yaitu ketika tidak ada jarak antara diriku dengan Dia. Itulah sebenar-benar syurgaku. Tiadalah cukup semua kata-kataku untuk menggambarkan itu semua. Wahai Santri Kepala, mohon kiranya pencerahanmu agar pada Ritual Ikhlas III ini, aku dan juga yang lainnya lebih mampu memahami dan mengamalkan dzikir sesuai dengan kelazimannya.

Santri Kepala:
Terimakasih Muhammad Nurikhlas. Demikian Bapak, Ibu dan saudara semua. Apa yang telah disampaikan oleh Muhammad Nurikhlas. Bapak, Ibu, Saudara peserta peserta Ritual Ikhlas III yang dimuliakan Allah. Sebelum saya menguraikan perihal dzikir secara panjang lebar, marilah kita memanjatkan rasa syukur dengan kalimat tahmid, juga sholawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Amin. Perlu kami di sini untuk menyampaikan bahwa dipenghujung kegiatan Ritual Ikhlas III ini, akan lebih banyak dibahas tentang keutamaan Dzikir. Saudara-saudaraku semua, untuk mengetahui dan dapat mengamalkan dzikir itu, kita perlu mendengarkan nasehat-nasehat para akhli dzikir. Alloh berfirman; “Fa is’aluu ahladz dzikri in kuntum laa ta’lamuun”. Yang namanya is’al, artinya dalam bahasa kita yaitu mintalah. Bisa juga diartikan dengan makna bertanyalah. Bisa pula dengan makna mintalah izin (ijazah, petunjuk) kepada orang yang ahli dzikir, yaitu yang berhak memberi pelajaran dzikir. Makanya Alloh mengajarkan; “Wa’budulloha wabtaghuu ilaihil wasilah”. Artinya, “beribadahlah kamu semua kepada Alloh dan carilah dalam menuju kepada-Nya dengan wasilah”.

Bagawat Rama:
Saya ingin bertanya perihal kaitannya antara keutamaan dzikir sifat-sifat Allah?

Santri Kepala:
Alloh selalu menyertai seluruh makhluk-Nya, Innalloha ma’akum ainama kuntum. Alloh selalu bersama kalian semua di manapun kalian berada. Nah, perihal kesertaan-Nya ini sulit dimengerti jika kalian belum faham, belum kenal dengan Sifat Alloh. “Mana, katanya Alloh bersama kita, di mana?” Kita ma’rifat kepada Alloh itu ada dua macam, ada ma’rifat bidzatillah dan ma’rifat bishifati wa asma’illah. Bagi umumnya manusia di alam dunia ini, hanya bisa mengenal kepada Alloh SWT Sifat-Nya dan Asma-Nya saja. Sifat Qodrat (Kuasa), Irodat (Berkehendak), Sama’ (Mendengar), Bashor (Melihat), itu bisa kita kenal.

Dewi Umayah:
Bagaimana mendudukan hati ini agar dzikirku itu semata-mata tertuju kepada Allah SWT?

Santri Kepala:
Semua perasaan inilah yang dikatakan dengan “Al-qolbu hiya an-nafsu wa an-nafsu hiyal Lathifatur Robbaniyyah” (Hati adalah nafsu dan nafsu adalah perasaan-perasaan yang menguasai manusia itu sendiri). Rasululloh juga menganjurkan; “Man arofa nafsahu faqod arofa robbah”. Barangsiapa mengenali (meneliti) perasaannya sendiri maka sungguh ia akan mengenal Tuhannya, mengenal Sama’-Bashor-Nya, Qodrat-Irodat-Nya, fadlilah-Nya, Karomah-Nya dan seterusnya.

Cantraka Sakti:
Apakah hati kita juga mempunyai maqom-maqom? Dan bagaimana fungsinya ketika kita berdzikir?

Santri Kepala:
Barangsiapa yang belum bisa menemukan maqom (kedudukannya) di waktu kita sholat, maqom munajat belum pernah kita temu. Artinya orang itu belum bisa muqim (menduduki maqom) munajat kepada Alloh SWT. Maka dzikir kepada Alloh supaya sholat bisa ingat Alloh, dzikir juga bisa benar-benar ingat Alloh, segala sesuatunya kita juga bisa ingat kepada perintah Alloh. “Afdlolu dzikri fa’lam annahu Laa ilaaha illalloh”. “Laa yaqtadiru ‘alal ‘abdi min man qoola Laa ilaaha illalloh [miata marroh, red] illaa man qoola bimitslihi au zaadahu”. Tidak ada yang bisa mengimbangi orang yang membaca Laa ilaaha illalloh (100x), meskipun telah membaca wirid ini atau wirid itu seribu kali, kecuali orang membaca kalimah yang sama dengan jumlah (kualitas) yang sama atau lebih.Laa artinya tidak ada, Ilaaha artinya Tuhan dan illalloh artinya selain Alloh. Jika kalian membaca dengan mengartikannya secara harfiyyah Laa Ilaaha kemudian kalian meninggal berarti kalian mengartikannya adalah tidak ada Tuhan.

Cantraka Ikhlas:
Bagaimana jika aku memang betul-betul baru mengerti harfiyyah dari Laa Ilaaha? Apakah sertiaphuruf dalam Al-Qur’an harus aku mengerti maknanya?

Cantraka Sakti:
Jika hal itu terjadi berarti kalian mati dalam keadaan tidak beriman. Makanya angan-angankanlah Laa ilaaha illalloh dengan makna Laa maqshuda illalloh; setiap hurufnya kalian maqsudkanlah (angankan) sebagai Alloh, sebab “Kullu ma’nal kutubu yujma’u fil Qur-an wama’nal qur-anu yujma’u fil suratil fatihati wama’nal fatihati yujma’u filbasmalati wama’nal basmalati yujma’u fil bi bi kaana maa kaana wa bi yaqulu man yaqulu”. Jadi makna setiap huruf Al-Qur’an adalah Alloh, yaitu Alloh Yang Mengadakan.

Bagawat Rama:
Apa sebetulnya tujuan dzikir itu?

Santri Kepala:
Tujuan dzikir kalimat Laa ilaaha illalloh (diucapkan secra lisan) dan dzikir Allohu Alloh (diucapkan di dalam hati), yaitu supaya hati kita bersih. Jika kita sudah bersih maka Alloh yang Maha Segalanya akan dapat dirasakan di dalam hatinya. Maksudnya bukan Dzat-Nya Alloh, tapi ‘aunillah (pertolongan Alloh), karunia Alloh, pemberian Alloh, kekasih Alloh, akan terasa dalam hati pedzikir tadi. “Ana ‘inda dhonni ‘abdi biy idza dzakaroniy”. “Wa idza dzakaroniy fiy nafsihi dzakartuhu fiy nafsiy” (Jika hamba tersebut menyebut-Ku dalam kesendiriannya yaitu dalam hatinya, Aku juga akan menyebutnya, memperhatikannya dalam Dzat-Ku).

Cantraka Putih:
Apakah dzikir dapat mengusir syaitan?

Santri Kepala:
Syetan masuk melalui tiga arah, yaitu tengah-tengah dada, rusuk dan seluruh tuhuh dan syetan mengancam manusia terus. Setelah syetan tidak bisa masuk melalui depan, syetan melalui sebelah kanan, yaitu Lathifatul Khofy dan Lathifatur Ruh. Jika itu tidak bisa maka syetan masuk melalui sebelah kiri, yaitu Lathifatus Siiry dan Lathifatul Qolby. Demikian itu syetan ingin agar Alloh tidak mendapatkan satupun manusia yang bisa bersyukur. Mengapa demikian? Karena syetan ingin agar manusia berkeluh kesah terus karena keluh kesah adalah pangkal susah dan syukur adalah pangkal tambah nikmat.

Cantraka Ikhlas:
Bagaimana doa untuk menghilangkan kesusahan?

Santri Kepala:
Untuk menghilangkan kesusahan marilah kita membaca bersama “A’uudzu billaahi minasys yaithonir rojiem. Bismillaahir Rohmaanir Rohiem. Ushiekum ‘ibaadallooh wa iyyaaya bitaqwallooh. Allohumma iftahliy bifttuuhil ‘arifien 3x. Bismillaahi walhamdulillaahi ash-sholaatu was-salaamu ‘alal habiebil ‘aliyyil ‘adhiem sayyidinaa Muhammadin alHadiy ilay shiroothil mustaqiem. Astaghfirulloohal ghofuuror Rohiem 3x. Allohumma sholli ‘alay Sayyidinaa Muhammadin wa’alay aalihi washohbihi wasallim 3x. Ilaahiy Anta maqshuudiy waridloka mathluubiy a’thiniy mahabbataka wama’rifataka”.

Cantraka Sakti:
Bagaimana saya memohon ampun atas dosa-dosaku?

Santri Kepala:
marilah kita membaca istighfar kepada Alloh dan bertaubat kepada Alloh, istighfarnya yaitu, “Astaghfirullooha Rabbiy min kulli dzanbin wa atuubu ilaih” (Aku mohon ampun kepada Alloh, Tuhan Pemeliharaku, dari semua dosa, dan aku bertaubat kepada-Nya). Setealh istighfar, marilah kita membaca Sholawat “Astaghfirullooha Rabbiy min kulli dzanbin wa atuubu ilaih…3x. Alloohumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali Sayyidinaa Muhammad … fil ‘alamiena innaka hamiedun majied. Ilaahiy Anta Maqshhudiy wa ridloka mathluubiy a’thieniy mahabbataka wa ma’rifatak”.

Bagawat Rama:
Aku masih bingung bagaimana membedakan urusanku dan urusan-Nya?

Santri Kepala:
“Waman yatawakkal ‘alallohi fahuwa hasbuh” (Barangsiapa bertawakkal kepada Alloh maka Alloh cukup baginya). Pada hakekatnya Allohlah yang menyampaikan semua perkara; “Allohu… Alloh… Allohu… Alloh .., Laa ilaaha illalloh, Sayyiduna Muhammadun Rasululloh dholallohu ‘alaihi waslam”.

Dewi Umaya:
Bimbinglah bagaimana aku dapat bersyukur atas nikmat-nikmat Allah SWT?

Santri Kepala:
Bapak, Ibu dan saudara semua peserta Ritual Ikhlas III. Marilah kita bersama berdoa untuk memanjatkan puji syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada Kita. Doa kita juga sekaligus sebagai penutup kegiatan Ritual Ikhlas III. Allohuma ij’alana minadz dzaakiriena wadz dzaakirot. Allohumma nawwir qulubana bikulli hidayatika kama nawwarta binuri syamsika abadan abadan. Robbana taqobbal minna innaka Antas Samie’ul ‘Alaiem watub ‘alaina innaka Anta Tawwabur Rohiem. Robbana dholamna anfusana wa inlam taghfir lana watarhamna lanakunanna minal khosirien. Robbana atina fid dunya hasanatan wafil akhiroti hasanatan wa qina adzaban naar, wa adkhilna jannata ma’al abror Ya ‘Aziezu Ya ghoffar. Wa sholallohu ‘alaa Sayyidina Muhammadin an-nabiyyil umiyyi wa a’alaa alihi wa shohbihi wa azwajihi wa dzurriyyatihi wa ahli baitihi ajma’ien wasallam. Subhana Roobika Robbil ‘Izzati ‘amma yashifuun wa salamun ‘alal mursalien wal hamdulullahi Robbil ‘alamien. Demikian Bapak ibu semua, mudah-mudahan kita selalu dimudahkan urusan dunia dan akhiratnya. Amin. Wallohu muwafiq ilaa aqwamith thoriq.
Wassalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

40 comments:

  1. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah

    Elegi ini mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah. Semakin bertambahnya zaman dan berkembangnya sistem globalisasi sering kali kita lupa dengan Allah. Godaan yang tidak akan ada habisnya, ya memang setan itu sudah ditugaskan untuk mengganggu keturanan Nabi Adam. Salah satu untuk menghindari itu jelas untuk selalu perbanyak istigfar dan terus untuk doa doa dan berdoa. Semoga Allah selalu memberi petunjuk kepada kita. Amiin

    ReplyDelete
  2. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Selalu melibatkan dan mengingat Allah dalam setiap langkah kehidupan, akan membuat segala urusan menjadi lebih mudah. Cara kita untuk mengingat Allah adalah dengan berdzikir. Selalu berdizkir akan membuat hati kita jernih, sehingga terhindar dari godaan syaitan. Dengan terhindarnya dari godaan syaitan maka kita akan selalu berada di jalan Allah. Namun sebagai manusia yang jauh dari kesempurnaan, pastinya memiliki banyak dosa. Untuk menghapus dosa tersebut, kita harus sering beristigfar agar hati kita kembali jernih dan ingatlah bahwa Allah itu maha pengampun jika hambaNya mau bertaubat dengan sepenuh hati. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Dalam elegi ini membahas mengenai berdzikir, saya pernah mendengar bahwa tumbuhan saja berdzikir padahal tumbuhan tidak memiliki otak dan kemampuan berpikir. Sedangkan manusia yang memiliki akal dan pikiran namun memiliki rasa malas untuk berpikir. Padahal berdzikir merupakan salah satu sarana manusia untuk semakin dekat dengan Tuhan. Berarti dari analogi kalimat ini maka orang yang tidak mau berdzikir adalah orang yang tidak mau dekat dengan Tuhan. Apabila seseorang sering berdzikir maka hati orang tersebut akan semakin tenang, dia juga akan semakin bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Sedangkan dengan mengucapkan istigfar semoga Tuhan mengampuni segala kesalahan yang telah dilakukan. Lalu, apakah masih ada alasan untuk tidak berdzikir padahal berbagai kebermanfaatan telah di dapatkan saat kita berdzikir.

    ReplyDelete
  4. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dalam elegi ini membahas mengenai berdzikir, saya pernah mendengar bahwa tumbuhan saja berdzikir padahal tumbuhan tidak memiliki otak dan kemampuan berpikir. Sedangkan manusia yang memiliki akal dan pikiran namun memiliki rasa malas untuk berpikir. Padahal berdzikir merupakan salah satu sarana manusia untuk semakin dekat dengan Tuhan. Berarti dari analogi kalimat ini maka orang yang tidak mau berdzikir adalah orang yang tidak mau dekat dengan Tuhan. Apabila seseorang sering berdzikir maka hati orang tersebut akan semakin tenang, dia juga akan semakin bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Sedangkan dengan mengucapkan istigfar semoga Tuhan mengampuni segala kesalahan yang telah dilakukan. Lalu, apakah masih ada alasan untuk tidak berdzikir padahal berbagai kebermanfaatan telah di dapatkan saat kita berdzikir.

    ReplyDelete
  5. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Tugas manusia adalah beribada kepada Allah SWT. Salah satu ibadah yang dapat kita lakukan sepanjang waktu adalah berdzikir. Karena itulah dalam setiap hembusan nafas kita, daam setiap kegiatan kita kita harusnya senantiasa berdzikir kepada Allah SWT. Berdzikir berarti mengigat Allah SWT. Apabila kita belum mampu berdzikir dengan indra kita setiap saat maka kita harus berusaha menghadirkan Allah SWT dalam hati kita. Senantiasa menghadirkan Allah dalam setiap kegiatan kita. Semoga kita termasuk hamba-hamba yang dimudahkan untuk senantiasa mengingat Allah SWT. Amin.

    ReplyDelete
  6. Ber-dzikir berarti mengingat Allah SWT, dimanapu atau kapanpun itu waktunya dalam setiap hal yang dilakukan manusia hendaknya selalu ber-dzikir kepada Allah SWT, setiap nafas dalam hidup seorang manusia hendaknya selalu berdzikir kepada Allah SWT, bagaimana tidak setiap detiknya betapa nikmat yang Allah berikan terus mengalir dalam diri kita, setiap detik Allah berikan kita izin untuk jantung tetap berdetak, bagaimna mungkin kita melewatkan satu detik pun tanpa berdzikir.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ikhlas dapat diperoleh dengan hati yang suci dan bersih, tidak apa pikiran duniawi yang merasuki, semua semata-mata fokus untuk Alloh SWT. Agar hati dan pikiran dapat bersih dan suci, maka manusia diperintahkan untuk berdzikir sebanyak-banyaknya, karena syaiton masuk dari 3 arah, yang ketika 3 tempat tersebut sedetik saja tidak memikirkan atau lalai terhadap Alloh maka syaiton akan dengan mudahnya merasuki tubuh manusia dan mengajak untuk berbuat yang tidak disukai oleh Alloh. Maka manusia diwajibkan juga untuk menjaga kesuciannya dengan berwudhu.

    ReplyDelete
  8. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Saya pernah mendengar salah satu ibadah yang ringan untuk dilakukan namun memiliki nilai yang besar adalah berdzikir. Berdzikir berarti mengingat Allah. Dengan selalu mengingat Allah, hikmahnya adalah kita akan selalu berusaha untuk senantiasa berada di jalan-Nya, melakukan segala sesuatu sesuai aturan-Nya. Dengan demikian, dzikir sesungguhnya dapat menjadi benteng bagi kita dari jalan yang sesat. Berdzikir juga akan membuat hati dan pikiran kita tenang, karena kita akan selalu merasa dekat dengan Allah dan merasa selalu dalam lingdungan-Nya.

    ReplyDelete
  9. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Melalui elegi ritual ikhlas kita mendapatkan pembahasan seakan-akan kita sedang mengikuti ritual. Semoga ilmu dari membaca rangkaian ritual iklhas dapat kita terapkan dalam meningkatkan keimanan dan ketawqaan kepada Allah SWT. Aamiin
    Pada elegi 9 ini kita ditekankan tentang pentingnya berzikir. Bahwa sebenar-benar kendaraan yang mengantarkanmu untuk dekat dengan Tuhanmu adalah dzikir. Dzikir adalah dalam rangka mengingat Tuhan. Dan perlu bagi kita untuk mengingat Tuhan YME disetiap aktivitas kita. Dengan demikian, perlu bagi kita untuk berzikir d setiap waktu agar hati kita senantiasa selalu terjaga.

    ReplyDelete
  10. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Dzikir berarti mengingat Allah sebagai pencipta kita. Dzikir bukan untuk banyak dibicarakan, tetapi untuk banyak dilakukan. Mengasah dzikir dengan banyak kita melakukan dzikir tersebut dengan jumlah yang banyak dan berupaya dilakukan seoptimal mungkin. Banyak berdzikir sampai menimbulkan bekas di dalam hati dan berdampak praktis di dalam kehidupan sehari-hari. Dzikir bukan untuk banyak di bicarakan, tetapi harus banyak dilakukan. Banyak orang yang berlomba – lomba untuk berdzikir sebanyak – banyaknya dalam jumlah yang sangat banyak, mencapai ratusan bahkan ribuan. Dzikir di mulai dari niat sampai pada pelaksaan berdzikir, berdasarkan keikhlasan dan rasa syukur. Bukan karena paksaan dan perintah orang lain, tetapi berdasarkan dorongan ibadah dan sebagai tanda syukur atas nikmat yang telah banyak Allah berikan kepada saya

    ReplyDelete
  11. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.Sebagai manusia dzikir dan doa meruapakan cara kita berkomunikasi kepada Allah SWT. Hendaknya dalam setiap kegiatan, setiap tarikan nafas, dan setiap detak jantung manusia disertai dengan dzikir agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berdzikir dapat menghindarkan manusia dari bisikan syetan yang membisikkan keraguan dan penyakit hati ke dalam hati manusia. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  12. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdzikir berarti mengingat Allah tidak hanya sekadar di lisan namun juga perbuatan, sehingga berdzikir juga haruslah dilakukan oleh seluruh anggota badan, yang berarti saat seseorang berdzikir ia melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dalam konteks ini dzikir kepada Allah bisa dimaknai secara luas, yaitu seluruh perbuatan baik yang dapat melahirkan pahala dan ridha-Nya.

    ReplyDelete
  13. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Kita harus selalu mengingat Allah SWT dalam semua tindakan yang kita lakukan. Salah satu upayanya adalah dengan berdzikir. Melalui dzikir, hati kita akan menjadi bersih. Dengan hati yang bersih maka segala sesuatu yang kita lakukan insyaAllah akan bernilai pahala. Dzikir itu harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar supaya makna dari setiap lafaz yang kita hembuskan dapat meresap kedalam hati kita sehingga dapat membawa berkah bagi hidup kita.

    ReplyDelete

  14. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Dzikir itu juga merupakan bagian dari doa dan menjadikan kita semakin dekat dengan Allah. Berdzikir setiap daat dalam keheningan akan membantu kita mengingat Allah hingga tawakal kita menjadi sempurna. Denggan berdzikir hati akan menajdi tenteran dan semakin mensyukuri segalan karunia-Nya baik telihat dari rezeki mauoun pertolongan-pertolonga nyang terus berdatangan.

    ReplyDelete
  15. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Dari apa yang disampaikan oleh Muhammad Nurikhlas,benar bahwa dengan dzikir akan menjadi dekat denga Allah SWT, krena dzikir artinya mengingat. Menambahi tentang makna dzikir, sebenar-benar dzikir adalah ketika kta selalu merasa melihat Allah, atau selalu merasa di awasi Allah SWT. Sangat wajar jika saat dzikir menjadi dekat dengan Allah, yang menjadi penting setiap aktivitas kita selalu menjadi dzikir, belajar, bekerja, mengerjakan tugas, mengajar, makan, mandi, minum, duduk. Caranya dengan selalu menghadirkan Allah dalam aktivitas tersbut.yaitu memulai dengan berdoa. Maka itulah sebenar-benar dzikir, tali silaturahmi dengan Allah tidak putus selama hidup.

    ReplyDelete
  16. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Ibadah juga termasuk dzikir, maka tujuan dzikir tidak lain dan tidak bukan adala untuk selalu menjalin hubungan dengan Pencipta. Jika hubungan dengan Allah sudah baik, tentu segala urusan akan mudah dilakukan dan dilaksanakan, akan dihilangkan segala kesulitan. Jika sudah mengenal Allah maka tidak ada kesulitan yang tidak bisa diselesaikan, kesulitan selalu diiringi dengan kemudahan dengan memohon kepada-Nya.

    ReplyDelete
  17. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Berdzikir ialah berdoa dengan menyebut nama-nama atau sifat allah. Hendaknya dalam berdzikir hati kita tundukkan agar dzikir tersebut semata-mata hanya tertuju kepada-Nya. Tujuan berdzikir selain mengingat Allah ialah mengingat sifat-sifatnya dan keagungannya. Dzikir yang paing sederhana ialah tiga kata/kaimat, yaitu Astaghfirullah, Alhamdulillah, Allahuakbar. Ketiganya memiliki makna masing-masing dan sebaiknya dibaca sesuaia urutannya karena memiliki esensi tertentu.

    Astaghfirullah artinya kita memohon ampun kepada Allah SWT. Hendaknya dalam berdoa selau diawali dengan memohon ampun atas segala dosa yang tela diperbuat dan berjanji tida akan mengulanginya lagi, dengan kata lain kita awali dengan bertaubat. Alhamdulillah artinya kita mengucap syukur atas segala limpahan rahmat dan rezeki yang diberikan Allah kepada kita, bauik secara jasmani maupun rohani. Allahuakbar artinya kita mengagungkan Allah SWT. Dan bahwa hanya Allah SWT la tempat kita mengadu dan memohon. Kita yakin bahwa Allah SWT maha kuasa atas segala yang terjadi pada kehidupan kita, termasuk mengabulkan segala doa kita. barulah dilanjutkan doa-doa atau permohonan lainnya.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menurut saya dzikir memiliki manfaat yang begitu banyak, selain dapat mendekatkan diri kepada Allah swt juga dapat membuat pikiran menjadi lebih fokus, karena pada saat berdzikir, otak bekerja lebih optimal dan pikiran-pikiran negatif yang menyumbat kerja otak berangsur-angsur menghilang. Dzikir yang memberikan banyak manfaat adalah dzikir yang ikhlas, dzikir yang dari hati. Apapun yang dilakukan berdasarkan keikhlasan dari hati, maka akan memberikan manfaat yang besar sekali. Wallahu ‘alam.

    ReplyDelete
  20. Latifah Fitriasari
    PM C

    Saat kita berzikir, kita menyebut nama Allah SWT sambil memuji-Nya seolah-olah kita berada sangat dekat denganNya. Dan jika kita ikhlas, tulus, disertai perasaan berserah diri kepada-Nya, mustahil Allah SWT tidak balas memerhatikan kita. Karena semakin dekat pada allah maka kita akan banyak diberi cobaan,dan jika kita dapat melewati cobaan tersebut dangan sabaar,tabah,dan ikhlas maka kita akan lulus dari ujian dan mendapat pertolongan dari Allah. Ingatlah, kecintaan pada Allah akan diperoleh sekadar dengan keadaan dzikir kepada-Nya.

    ReplyDelete
  21. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dzikir merupakan cara kita mengingat Allah. Karena Allah selalu bersama kita dimanapun kita berada, maka sudah sepantasnya lah kita mengingat Allah dalam setiap keadaan. Berdzikir disetiap keadaan membantu kita unutk mengingat bahwa Allah selalu mengawasi kita dimanapun kita berada.

    ReplyDelete
  22. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dzikir berasal dari kata "dzakara-yadzkuru-dikran" yang berarti mengingat. Adapun tatacara dzikir yang disebutkan dalam elegi di atas adalah beberapa alternatif dzikir yang dapat dilakukan. selayaknya asal katanya dzikir dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja menggunakan bahasa dan rayuan apapun kepada Allah. Dengan berdzikir kita akan mengingat Allah dan akan lebih dekat kepadaNya. Dekat dengan Sang Pencipta merupakan impian dari setiap ciptaan, dan hal tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan berdzikir. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  23. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dzikir ialah senjatanya orang mukmin. Terlebih Al-Quran telah menyebutkan bahwa "jika ada seorang hamba yang bertanya mengenai Allah, maka jawablah jika Ia dekat.Allah akan mengabulkan doa orang-orang yang mau berdoa", beberapa tatacara berdzikir seperti yang telah disebutkan di elegi di atas ialah beberapa alternatif yang dapat dilakukan, sebenarnya dzikir bisa dilakukan kapanpun, bagaimanapun, dengan bahasa apapun. Oelh karena itu berdzikir ialah ibadah yang paling fleksibel, bahkan setiap hembusan nafas jika kita niatkan untuk berdzikirpun tidak masalah. Terlebih lagi dalam satu riwayat disebutkan bahwa jika kita mendekat kepada Allah satu jengkal, maka Allah akan mendekat kepada kita satu hasta, jika kita mendekat padaNya dengan berjalan maka Allah akan mendekat pada kita dengan berlari, dan seterusnya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  24. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Dzikir ialah sarana mengingat Allah SWT. Dengan berdzikir kita akan dijauhkan dari godaan syetan yang terkutuk. Syetan menginginkan agar Alloh tidak mendapatkan satupun manusia yang bisa bersyukur. Syetan ingin agar manusia berkeluh kesah terus karena keluh kesah merupakan pangkal susah dan syukur adalah pangkal tambah nikmat. Maka dari itu kita hendaknya selalu berdzikir agar dijauhkan dari syetan dan dimudahkan segala urusan, baik urusan di dunia maupun urusan di akhirat.

    ReplyDelete
  25. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Berdzikir dengan ikhlas akan mendekatkan kita dengan Allah SWT. Syetan masuk melalui tiga arah, yaitu tengah-tengah dada, rusuk dan seluruh tubuh dan syetan mengancam manusia terus. Agar kita dijauhkan dari godaan atau hasutan dari syetan, maka dzikir adalah cara yang dapat kita pilih. Dzikir yang didasari dengan rasa ikhlas dapat membuat kita dimudahkan segala urusannya oleh Allah baik urusan di dunia maupun di akhirat. Dengan berdzikir hati senantiasa bersih dan membuat kita tenang serta nyaman di dalam menjalani kehidupan. Semoga dzikir yang dilandasi rasa ikhlas dapat selalu kita terapkan di dalam kehidupan sehari-hari sehingga Allah senantiasa dekat dengan kita.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dzikir adalah kegiatan mengingat Allah dengan menyebut, memuja dan memuji asma-Nya. Salah satu kalimat dzikir dalam islam yang utama "laa ilaha illallah". Kalimat tersebut membuat hati seseorang menjadi damai apalagi jika dalam keadaan sulit dengan mengingat Allah atau Dzikir. Di sisi lain, manusia membutuhkan waktu untuk menyendiri dan mencurahkan hati pada penciptanya seperti berbicara dan berinteraksi dengan Allah mereka. Dzikir juga sebagai representasi berdoa dari manusia yang lemah untuk meminta kekuatan untuk pada penciptanya.

    ReplyDelete
  28. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat c 2017

    selalu berdzikir dan mengingat Allah dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Dengan berdzikir kita akan dekat kepada Allah, akan merasa bahwa Allah selalu bersama kita. Dengan berdzikir,kita akan mampu memecahkan masalah kita, mendamaikan dan menentramkan hati. Berdzikir di setiap ruang dan waktu adalah bentuk ketulusan sejati.

    ReplyDelete
  29. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Elegi ini mengingat kepada kita untuk selalu berdzikir, mengingat Allah dalam setiap perbuatan, dalam setiap kehidupannya, dalam setiap napasnya. Dengan hanya melalui berdzikir lah maka hati kita akan menjadi bersih, terhindarkan dari godaan-godaan para syaitan, karena kita sudah mendekatkan Allah SWT dengan diri kita.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    mengenal Allah SWT lewat asma'ul husna itu sangat penting. sebagai contoh, kita memahami bahwa Allah maha melihat, dengan pemahaman yang sebenar-benarnya akan membuat kita merasa takut berbuat dosa, karena dimanapun kita bersembunyi di tempat terdalam di perut bumi, tidak akan ada yang luput dari pengawasan Allah. jika diawasi atasan saat bekerja saja sudah membuat kita was-was jika melakukan kesalahan, maka dengan merasa bahwa kita selalu diawasi oleh Allah akan membuat kita takut untuk berbuat dosa. begitulah salah satu gambaran pentingnya kita memahami asma'ul husna.

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas wejangan yang pak Prof tuliskan dalam tulisan di atas. Dari tulisan ini saya dapat memahami barang sedikit tentang keutamaan zikir sebagai instrument untuk berkomunikasi kepada Allah SWT. Zikir tidak hanya menjauhkan diri kita dari godaa syaitan yang terkutuk, namun lebih dari itu, secara spiritual mendidik hati dan pikiran kita untuk menggapai keikhlasan hidup. Zikir kepada Allah memberikan ketenangan bati dan pikiran. Menjerinhkan hati dan pikiran. Terutama senantiasa berpikir positif kepada Allah SWT. Berzikir mengajarkan kita untuk memahami kemahakuasaan Allah SWT. Semoga Allah senantiasa melimpahkan ridho dan rahmatnya kepada kita semua. Aamiin!!

    ReplyDelete
  32. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Elegi ini mengingatkan kita untuk senantiasa berdzikir. Berdzikir membuat kita terus menyebut nama Allah. Ketika berdzikir kita akan mengingat bahwa Allah Maha Mengetahui, kita sadar jika melakukan perbuatan tercela, Allah akan mengetahui dan membuat kita tidak akan mau melakukan hal tercela tersebut, sehingga dengan dzikir kita membentengi diri dari perbuatan tercela.

    ReplyDelete
  33. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Elegi-elegi ritual ikhlas benar-benar memberikan inspirasi dan mengingatkan manusia khususnya saya sendiri agar tak pernah sedetik pun melupakan Allah dalam setiap tarikan nafas kita, hembusan nafas kita, setiap detik dalam hidup kita hendaknya tetap mengingat Allah. Seperti yang telah diungkapkan dalam elegy sebelumnya bahwa manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada-Nya. Sehingga layaklah ketika setiap tindak tanduk kita tetap melantunkan nama Allah. Zikir mengingat Allah, tidak hanya ingat saja, namun dengan zikir batin kita akan tenang dan ikhlas insya Allah akan tercapai.

    ReplyDelete
  34. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    Dzikir merupakan mendekatkan diri kepada sang pencipta, Yang Maha Kuasa Allah SWT. Berdzikir tidak hanya sebatas kita berdo’a setelah sholat, tetapi Segala sesuatu yang dilakukan baik itu perbuatan, perkataan, pemikiran yang didasarkan niat untuk lebih dekat kepada Allah dapat disebut dengan Dzikir.

    ReplyDelete
  35. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Tujuan berdzikir hanya satu, mengingat Allah. dalam keadaan apapun manusia dituntut untuk selalu berdzikir (mengingat Allah). kaena dengan mengingat Allah kita akan sadar kalau kita adalah manusia penuh dosa, sehingga akan selalu beristighfar memohon ampunan Allah. kita akan selalu ingat kalau kita dalah makhluk yang selalu diberi kenikmatan oleh Allah sehingga kita selalu bersyukur kepada-Nya. Dan kita akan selalu merasa tidak mampu dan tidak berdaya sehingga selalu meminta pertolongan Allah dari godaan syetan.

    ReplyDelete
  36. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033

    Ketika kita berdzikir dengan ikhlas, maka tiadalah jarak antara kita dengan Allah SWT. Dan pada saat itu juga semua urusan kita akan dimudahkan-Nya. Baik urusan dunia maupun urusan akhirat. sebenar benar urusan kita adalah perkara-Nya. tiadalah kekuatan apapun yang mampu menandingi-Nya.

    ReplyDelete
  37. Pratama Wahyu Purnama

    Syurga, sebuah tempat yang indahnya melebihi bayangan yang muncul dalam pikiran. Syurga, tempat yang ingin dituju oleh semua manusia. Syurga dan kematian. Kenapa kita meraih syurga itu harus menunggu kematian? Bukankah kita semua telah dijanjikan dan diberikan jaminan bahwa kita dapat meraih syurga sekarang juga, yaitu ketika tidak ada jarak antara kita dengan Allah.

    ReplyDelete
  38. Tujuan dari berdzikir itu supaya hati kita bersih. Jika hati kita sudah bersih maka Allah yang maha segalanya akan dapat dirasakan di dalam hati kita. Syaitan ito ingin agar Allah tidak mendapatkan satupun manusia yang bisa bersyukur. Karena syaitan ingin agar manusia berkeluh kesah terus karena keluh kesah adalah pangkal dari susah dan syukur adalah pangkal tambah nikmat.

    Pratama Wahyu Purnama
    17709251033

    ReplyDelete
  39. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Zikir merupakan obat penenang dikala hati merasa tidak tenang, pikiran tidak bisa fokus dan zikir juga dapat mempermudah kita dalam memilih keputusan yang sangat sulit untuk dipilih. Dengan berzikir yang sulit akan jadi mudah, yang gundah jadi tenang, yang ragu menjadi jelas. Karena zikir merupakan penghubung diri dengan Allah SWT, zikir pembersih jiwa. Untuk melatih diri agar dapat ikhlas maka perbanyak zikir, perbanyak mengingat betapa besar dan baiknya kuasa Allah SWT atas umatnya.

    ReplyDelete
  40. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Amalan dzikir (mengingat Allah SWT) merupakan suatu ibadah yang cukup simpel dan mudah dilakukan. Tidak harus dengan persiapan khusus, tempat khusus dan waktu khusus. Dalam kondisi apapun diperbolehkan, asal tidak pada tempat-tempat yang kotor dan bernajis. Seorang muslim bisa memanfaatkan waktu yang longgar dan kosong untuk berdzikir. Berdzikir bisa dilakukan pada waktu menunggu antrian, waktu menunggu makanan datang, dan seterusanya. Mengisi waktu kosong dengan dzikrullah, bisa membantu seseorang terhindar dari perbuatan sia-sia dan dosa. Karena waktu dan kesempatan yang kosong berpeluang dua hal yaitu kebaikan atau keburukan, serta positif atau sebaliknya.

    ReplyDelete