Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 44: Kyai Mursidin 2




Oleh Marsigit

Ankala:
Ah..jam 12 malam seperti ini baiknya mikir apa ya? Eheh...kalau aku berlaku wajar saja tentu aku tidak bisa hidup wajar seperti orang lain. Itulah kerugianku dan mengapa Tuhan telah mentakdirkan hidupku yang demikian. Hidup kok susah amat...mau naik sepeda motor bagus tak bisa, makan enak tak bisa, piknik tak bisa. Sementara isteri dan anak selalu nguber-nguber minta uang dan kebutuhan yang lainya.

Mankala:
Wahai suamiku...kenapa tengah malam gini belum tidur. Kelihatannya bergumam dan ngomong sendiri ya? Sulit ya sulit ...kita kan masih punya waktu untuk berusaha?

Ankala:
Rennnnnng...rengggggg...renggggg...wah montor baru jebul enak tenan. Tarikannya kuat, kendalinya enak, dan larinya juga kencang.

Mankala:
Pak...pak...nyebut...nyebut..ini sudah malam...jangan bicara sendiri.

Ankala:
Hai...prajurit...segera ambilkan motor baru di tetangga sebelah itu. Jika tidak boleh ya paksa saja... saya ingin naik motor baru. Apakah yang melarang Mursidin? Suruh ke sini si Mursidin itu! Atau kalau nggak mau ke sini suruh pergi saja dia.

Mankala:
Pak...pak ...kamu bicara apa? Wahai Katola...itu kenapa anakmu? Dia ngronyam sendiri. Malah panggil saya prajurit....pak...pak...

Warga Kampung:
Telah terjadi keributan di rumah Ankala..ada apa? Kenapa bu Mankala suamimu itu?

Mankala dan Katola:
Wahai saudaraku warga kampung...tolong...tolong ...suami saya kesurupan. Tolong pak...

Warga Kampung:
Wah ini yang bisa menangani cuma Bapak Mursidin. Bapak Mursidin ...tolonglah ..tetangga bapak ada yang kesurupan? Mohon bapak bisa menyembuhkannya?

Mursidin:
Lho...kok saya...Saya tidak biasa dan tidak pernah menolong orang kesurupan.

Warga Kampung
Iya..pak..tetapi si Ankala selalu menyebut-sebut nama Bapak. Disamping itu ....diantara warga kampung sini juga tidak ada yang berani mendekat. Bapak di sini dikenal oarng yang ahli doa dan hapal Al Qur’an. Oleh karena itu warga kampung sepakat agar Bapak Mursidin bersedia mendatangi Ankala.

Mursidin:
Oh...lha saya harus bagaimana? Baiklah saya bisanya cuma berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah SWT. Baiklah saya datang.

Ankala:
Waduh...waduh...panas...panas...kenapa engkau suruh Mursidin ke sini? Suruh dia pergi dari sini...pergi...pergi...pergi...

Mursidin:
Bismillahirrokhmaanirrakhiim...astagfirullah al adzim ...astagfirullah al adzim...astagfirulaah al adzim....Al Fatihah...

Ankala:
Mursidin pergilah...aku tidak kuat...panas badanku...pergilah!

Mursidin:
Ankala

Ankala:
Mursidin

Mursidin:
Berdoalah..

Ankala:
Umpatanku...

Mursidin:
Coba saya pegang tubuhmu...

Ankala:
Jangan...jangan...jangan pegang tubuhku!

Mursidin:
Ankala?

Ankala:
Bukan...aku bukan Ankala ...aku adalah Transenden Lokal Negatif Diraja.

Mursidin:
Lho...kamu itu siapa? Bukankah engkau itu Ankala? Jika engkau bukan Ankala maka asalmu darimana dan tempat tinggalmu itu di mana?

Ankala:
Sekali lagi aku adalah Transenden Lokal Negatif Diraja. Aku yang meguasai kerajaan Batu Keramat tidak jauh dari sini.

Mursidin:
Apa maksudmu mengganggu Ankala dan warga kamung sini?

Ankala:
Hemmm...aku tidak terima..karena semakin sedikit warga kampung sini yang memberikan sesaji di Batu Keramatku.

Mursidin:
Lho..lha...terus apa maumu? Tidaklah semestinya engkau berbuat seperti itu. Oleh karena itu maka pergilah dan kembalilah ke tempatmu semula!

Ankala:
Tidak mau. Aku tidak mau pergi sebelum semua permintaanku dikabulkan.

Mursidin:
Lho ..kalau tidak mau pergi apakah engkau akan melawan kekuasaan Allah SWT?

Ankala:
Siapa pembawa kuasa Allah di sini? Hai Mursidin terimalah pukulanku ini ...dhues ...dhuer...dhues...dhuer...ghoprak...ghabrus...

Mursidin:
Whait..lho...kenapa...ya Allah...ampunilah diriku... ...astagfirullah al adzim ...astagfirullah al adzim...astagfirulaah al adzim....Al Fatihah...

Ankala:
Kenapa tak membalas pukulanku. Aku pukul juga tidak pernah kena engkau? Balaslah pukulanku!

Mursidin:
Tidak..tidak akan saya balas pukulanmu...aku hanya ingin pegang yang ini saja...ini dia ...saya hanya akan pegang dan pijit bagian belakang lututmu.

Ankala:
Wuadhuhhhh....wuadhuhhh...ampunilah diriku...jangan..jangan...sakit..sakit. Kenapa engkau tahu tempat persembunyianku? Lihatlah wahai Mursidin...apa yang tampak di luar sana. Lihatlah aku telah mengundang sepuluh ribu prajuritmu untuk mengeroyok dirimu. Wahai prajurit sepuluh ribu...keroyoklah...keroyoklah ...Mursidin ini!

Prajurit Transenden Lokal Negatif Sepuluh Ribu:
Wahai sang Mursidin...jika engkau teruskan melawan Rajaku...maka akan saya binasakan engkau, keluargamu dan seluruh warga kampungmu. Sekarang tinggal pilih ...aku akan binasa dengan seluruh keluarga dan warga kamungmu atau engkau tidak saling mengganggu dengan kami?

Mursidin:
Lho...yang mengganngu siapa...bukankah dirimu para Jin semua yang telah mengganggu kampungku ini?

Ankala:
Begini saja ..aku sebagai Transenden Lokal Negatif Diraja meminta syarat-syarat agar aku pergi dari sini...?

Mursidin:
Apakah syarat-syaratmu itu?

Ankala:
Pertama aku minta dimandikan seperti orang memandikan mayat. Kedua aku minta air yang dipakai untuk memandikan saya itu berasal dari sepuluh sumur.

Mursidin:
Baiklah jika itu permintaanmu. Tetapi jika sudah aku turuti semua permintaanmu...saya minta engkau dan semua prajuritmu kembali ke tempat asalmu dan meninggalkan desa ini serta jangan mengganggu wargaku lagi.
Wahai warga ...siapkanlah semua syarat..syarat...nya..dan marilah kita mandikan si Ankala ini dengan cara memandikan mayat. Sediakan sepuluh ember dan isilah semuanya dengan air yang berasal dari sepuluh sumur.

Warga:
Huh...dasar Jin terkutuk...minta syarat macam-macam. Ini..airnya empat sepuluh ember tetapi dari empat sumur saja. Kalau dia memang Jin betulan pasti tahu kalau saya tipu.

Ankala:
Emoh..emoh ..aku tak mau dengan air itu. Engkau telah ingkar janji bukannya diambilkan air dari sepuluh sumur tetapi hanya diambilkan dari empat sumur.

Mursidin:
Baiklah semua akan saya penuhi janjiku. Marilah kita mandikan Ankala ini selayaknya kita memandikan mayat. Setelah itu marilah kita berdoa. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Mu keselamatan pada agama, kesehatan badan, tambahan ilmu pengetahuan, keberkahan rizqi, taubat sebelum mati, rahmat ketika mati dan ampunan setelah mati. Ya Allah, ringankanlah sekarat-maut (kami), selamat dari neraka dan ampunan pada hari diperhitungkan amal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau berikan petunjuk, dan karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (karunia). Ya Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta hindarkanlah kami dari siksa neraka. Maha Suci Tuhanku, Tuhan Pemilik kemuliaan, dari apa yang mereka (orang-orang kafir) katakan. Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada para Utusan. Segala puji bagi Allah, Tuhan Pemelihara alam semesta. Amien

Ankala:
Oh terasa dingin kakiku...bergetar lututku...bergetar perutku...dan bergetar kepalaku...whusssss...Oh di mana diriku ini? Aku terasa lemas sekali. Lho kok banyak orang mengerubungiku? Lho kenapa aku dimandikan seperti orang mati. Aku ini masih hidup. Wahai saudaraku apa yang telah terjadi dan apa yang menimpa diriku? Maafkanlah daku. Mana isteri dan anakku?

Mursidin:
Wahai Ankala dan semua saudaraku. Marilah sekali lagi kita berdoa semoga kita dijauhkan dari segala macam godaan syaitan.

Mursidin, Ankala dan Waga Kampung:
Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Mu keselamatan pada agama, kesehatan badan, tambahan ilmu pengetahuan, keberkahan rizqi, taubat sebelum mati, rahmat ketika mati dan ampunan setelah mati. Ya Allah, ringankanlah sekarat-maut (kami), selamat dari neraka dan ampunan pada hari diperhitungkan amal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau berikan petunjuk, dan karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (karunia). Ya Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta hindarkanlah kami dari siksa neraka. Maha Suci Tuhanku, Tuhan Pemilik kemuliaan, dari apa yang mereka (orang-orang kafir) katakan. Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada para Utusan. Segala puji bagi Allah, Tuhan Pemelihara alam semesta.

Amiiin..amiin..amiin.

46 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Setiap orang akan berusaha untuk mencapai apa yang menjadi tujuan hidupnya. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan agar apa yang dicita-citakan dapat tercapai. Walaupun menghadap berbagai kendala atau tantangan, dia akan tetap berusaha dengan mengatasi berbagai kendala yang dihadapi.
    Keinginan untuk menguasai ini dan itu, memiliki kekayaan duniawi membuat seseorang begitu terobsesi untuk meraihnya walaupun dengan cara yang tidak halal. Hal-hal negative yangada dalam pikiran, ucapan dan tindakan kita merupakan impian terbesar dari setan untuk dapat merasuki kita, memanfaatkan kita sehingga kita terjerumus dalam dosa. Iman dan kepercayaan kitalah yang dapat kita jadikan senjata untuk melawan semua tipu muslihat setan. Hanya kekuasaan dari Allah Swt lah yang mampu mengalahkan semuanya. Berdoalah mohon ampun kepada Allah jika kita telah terpengaruh dalam jeratan setan. Selain itu, harus selalu berdoa dan berserah kepada Allah memohon petunjuk dan bimbinganNya agar apa yang kita usahakan dapat tercapai.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kita sebagai makhluk Allah harus tulus dalam menerima kondisi yang diberikan oleh Allah kepada kita. Kita seharusnya tidak menyalahkan Allah atas segala sesuatu yang terjadi pada kita. Kita harus berterima kasih telah diberikan kehidupan di dunia ini dan harus berusaha untuk membuat hidup kita lebih baik ketika kita berada dalam kemerosotan. Kita tidak harus menghalalkan segala cara, seperti mencuri dan korupsi. Kita tidak bisa melawan kuasa Allah yang begitu besar. Kita harus meminta pengampunan Allah untuk semua kesalahan yang pernah kita lakukan. Allah selalu mengetahui dan lebih mementingkan apa yang kita butuhkan daripada apa yang kita inginkan. Oleh karena itu, terkadang apa yang kita inginkan tidak kita dapatkan, tetapi apa yang kita butuhkan pasti akan diberi oleh-Nya pada saat yang telah ditentukan-Nya.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Berdasarkan elegi ritual ikhlas kali ini syaitan itu takut dengan do’a dari orang-orang yang ikhlas dan taat beribadah. Oleh karena itu kita harus beribadah dan berdo’a dengan ikhlas memohon perlindungan dan pertolongan Allah dari godaan syaitan. Semoga dari sini kita akan mengambil pelajaran jangan mudah terpengaruh dari godaan syaitan.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Seperti pada elegi sebelumnya tentang godaan syaitan kepada manusia. Dimana telah kita ketahui bahwa syaitan selalu mengintai manusia agar terjerumus dalam dosa dan murka Allah. Oleh karena itu kita sebagai manusia yang lemah mesti senantiasa menyandarkan diri kepada Allah SWT dengan cara meningkatkan kualitas iman dan takwa kepadaNYa, berzikir, bergaul dengan orang-orang yang baik, mengikuti kajian penguat keimanan. Serta tentunya memperbanyak berdoa kepadNya agar senantias diberikan petunjuk ke jalan yang lurus.

    ReplyDelete
  5. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. Sesungguhnya segala yang ada di langit dan di bumi hanyalah milik Allah SWT rabb semesta alam. Tugas manusia untuk senantiasa berdoa, berusaha dan berserah diri kepada Allah SWT. Allah SWT tempat meminta dan memohon pertolongan. Selalu gantungkan hidup kepada Allah SWT jangan kepada yang lain, serta jangan pernah mencoba mempersekukan Allah SWT. Selalu berdoa agar diberi petunjuk kepada jalan yang lurus, jalan yang dirihoi Allah SWT. Dengan doa kita melawan, menahan, meringankan bala dan musibah. Dan doa termasuk obat yang paling manjur, ia adalah musuhnya bala, dan ia adalah senjatanya orang beriman.

    ReplyDelete
  6. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Hal harus kita tanamkan pada diri kita masing-masing adalah rasa syukur. Bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan kepada kita, selalu merasa cukup dengan apa yang kita punya, karena dengan tetap bersyukur dan perasaan cukup Allah akan tambahkan nikmat untuk kita. Godaan syaitan akan selalu mengiringi langkah hidup kita hingga pada saat sakaratul maut sekalipun, maka cara yang bisa kita lakukan adalah berserah diri kepada Allah SWT dan tetap berusaha disertai dengan doa untuk mencapai tujuan hidup. Sebenar-benar tujuan hidup kita adalah memperoleh syurgaNya maka dengan usaha yang baik Allah pun akan memberikan yang terbaik bila kita bersyukur. Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kau dustakan?

    ReplyDelete
  7. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Ketika pikiran manusia sedang kosong sedang risau dan melamun, maka setan dapat merasuki manusia karena ia tidak mengingat Allah dan hanya memikirkan nafsu dan keiginannya saja. Sebagai seorang manusia suatu waktu mungkin kita pernah lalai. Seperti halnya ketika bagaimana Allah mencintai kita, bagaimana Allah selalu memberikan apa yang kita butuhkan tetapi kerapkali kita lalai untuk bersyukur, bersyukurlah atas semua nikmat yang diberikan Allah.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPS Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Assalamualaikum..
    Setan begitu mudah nya merasuki pikiran dan hati yang kosong. Agar tidak dirasuki oleh setan, minimal arahkan pikiran kita untuk memikirkan nikmat-nikmat yang telah Allah berikan dengan hati yang penuh dengan kesyukuran. Arahkan pikiran kita untuk menyesali perbuatan-perbuatan khilaf dengan hati yang penuh dengan taubat. Dengan demikian, kita akan senantiasa ingat dengan Allah dan berada dalam penjagaan Nya.
    Namun, setan tidak mau tinggal diam. Mereka selalu mencari celah agar kita kufur kepada Allah. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada serta meningkatkan keimanan dan taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan memperbanyak beribadah kepada Nya.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari zaman dahulu hingga sekarang syaitan menjadi penggoda manusia kedalam jalan kesesatan, salah satu caranya dengan menghasut manusia untuk memiliki sifat iri dan dengki. Iri dan dengki merupakan sifat tercela yang tidak layak untuk dimiliki oleh manusia, perlu kegiatan untuk mencegah sifat ini membumi dalam tubuh manusia. Solusi nya dengan melawan dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT seraya selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan. Dan selalu berpikir positif bahwa kita diberikan sesuai dengan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Elegi ini berdasarkan elegi yang sebelumnya bahwa cara syaitan menggoda manusia yaitu dengan masuk ke dalam jiwanya. Sebenarnya kita sudah masuk ke dalam jebakan syaitan, karena ini adalah tipu muslihat syaitan agar iman kita lemah. Untuk itu marilah kita membiasakan untuk berdzikir kepada Allah Ta’ala secara terus-menerus dan mendekatkan diri kepadaNya dengan menjalankan ketaatan-ketaatan, karena sesungguhnya ketika manusia semakin dekat dengan Allah Ta’ala, setan pun akan semakin jauh dari manusia.

    ReplyDelete
  11. Harapan dengan kenyataan mempunyai jarak yang panjang sekali. Harapan yang tidak disertai dengan usaha akan menjadi angan-angan. Seperti yang terjadi pada Ankala mungkin karena sangat menginginkan motor tetapi mentalnya tidak kuat sehingga menjadi celah bagi syetan untuk merasuki tubuhnya. Orang yang tidak dapat menanggung beban hidupnya kadang melakukan kegiatan yang diluar akal. Selalu meminta perlindungan dari Allah atas segala yang datang dan terjadi pada diri kita. Hanya Allah yang menjadi pelindung dan penolong bagi manusia. Mohon ampun kepada Allah karena banyak rahmat yang telah Allah berikan kepada kita, tetapi kita kurang bersyukur.

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Sebagai manusia jangan sampai kita terlelap dalam hal duniawi, dipenuhi dengan rasa yang selalu kekurangan, tidak pernah bersyukur. Bisa saja syaitan akan dengan mudah masuk ke dalam pikiran dan hati kita. Syaitan akan menguasai diri kita dan akan membuat kita melakukan larangan-Nya. Sebagai manusia, sudah seharusnya kita selalu bersyukur dengan apa yang Allah berikan ke kita, sehingga syaitan akan selalu jauh dari kita. Dan tak lupa, selalu meminta pertolongan Allah agar selalu melindungi kita dari godaan syaitan.

    ReplyDelete
  13. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Syaitan akan selalu menggoda iman manusia dengan tak kenal waktu, yaitu hingga akhir zaman. Syaitan tidak akan pernah lelah menggoda iman manusia untuk menemaninya di neraka. Oleh sebab itu, sebagai manusia yang memiliki derajat yang lebih tinggi daripada syaitan hendaknya kita selalu menunaikan ibadah dan memanjatkan do’a agar dilindungi Allah SWT dari segala godaan syaitan yang terkutuk. Dan semoga kita selalu ikhlas dan bersyukur dengan segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  14. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Ankala gampang dirasuki oleh syaitan karena Ankala tidak mau berusaha dalam hidupnya dan memiliki niat buruk terhadap orang lain. Orang seperti Ankala yang telah tergoda bujuk rayuan syaitan akan lebih mudah untuk dirasuki. Untuk itu, kita harus menjaga hati dan pikiran kita agar selalu terang, dan selalu berupaya mendekatkan diri kepada Allah.

    ReplyDelete
  15. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Manusia pastilah memiliki tujuan hidup. Baik itu tujuan duniawi maupun akhirat. Tidak sedikit manusia ingin hidup damai, tenang dan sejahtera di dunia kehidupan tersebut. Namun hal itu harus diperoleh dengan jerih payah usaha seutuhnya penuh dengan kejujuran, tanpa harus membohongi siapa pun, merugikan siapa pun.

    ReplyDelete
  16. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Selama manusia hidup di dunia ini, selama itu pula syaitan akan selalu merayu dan menggoda manusia agar berlaku kufur dan ingkar kepada Allah SWT. Salah satunya untuk memperoleh apa yang diinginkan, manusia terkadang dibutakan rayuan syaitan sehingga ia menggunakan segala cara (sekalipun itu sesuatu yang bersifat dosa dan merugikan orang lain). Oleh karena itu, kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari keadaan yang demikian tersebut. Bersyukurlah atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT, karena dengan bersyukur maka kita akan merasakan nikmat Allah SWT yang tidak pernah putus. Berdoalah semoga kita dijauhkan dari segala macam godaan syaitan.

    ReplyDelete
  17. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Sebagai makhluk yang diciptakan sebagai khalifah di muka bumi, segala sesuatu yang kita ikhtiarkan tidak selamanya dikabulkan dalam waktu yang cepat, namun yakinlah bahwa apa yang kita usahakan tidak akan pernah sia-sia dan insya Alloh dikabulkan di waktu tepat. Alloh lebih tahu apa yang kita butuhkan daripada apa yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita harus husnudzon dan menerima dengan ikhlas setiap ketentuan yang telah digariskan baik itu baik maupun buruk, karena setiap masalah pasti ada hikmahnya.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terkadang beban hidup yang berat menjadikan manusia putus asa, sedih, dan akhirnya lemah kemudian terkena bujukan setan. Tekanan hidup menjadikan manusia gampang berbuat jahat. Pengalaman hidup yang seperti itu yang kemudian dimanfaatkan setan untuk berkuasa. Namun sebenarnya jika dalam permasalahan hidup malah mendekatkan diri kepada Tuhan maka setan juga tidak akan berani memberikan pengaruh jahat kepada kita. Semoga dalam keadaan apapun baik senang ataupun ketika mengalami kesusahan kita semakin dekat dengan Tuhan dan selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap kejadian hidup kita.

    ReplyDelete
  19. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Salah satu penyakit hati manusia yang timbul karena godaan syaitan adalah sikap tidak berpuas diri. Seringkali manusia tidak mensyukuri atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita, dengan memaki dan menghalalkan segala cara untuk mewujudkan keinginan kita, yang merupakan hasutan perwujudan dari Transenden Lokal Negatif Diraja dalam elegi ini. Manusia memiliki mobil, tetapi dia belum puas, padahal diluar sana ada orang yang hanya sanggup memiliki sepeda motor. Manusia memiliki sepeda motor, tetapi dia belum puas, padahal diluar sana ada orang yang hanya sanggup memiliki sepeda kaki. Manusia memiliki sepeda kaki, tetapi dia belum puas, padahal diluar sana ada orang yang hanya sanggup berjalan kaki. Manusia berjalan kaki, tetapi dia belum puas, padahal diluar sana ada orang yang cacat dan tidak bisa berjalan. Inilah wujud dari godaan syaitan, maka seharusnya kita bersyukur atas apa yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT kepada kita dan menjaga nya dengan baik.

    ReplyDelete
  20. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Elegi ini menceritakan sepasang suami istri ankala dan mankala yang mana ankala selalu berguamam dalam dirinya bahwa engapa Tuhan telah mentakdirkan hidupku yang demikian. Hidup kok susah amat...mau naik sepeda motor bagus tak bisa, makan enak tak bisa, piknik tak bisa. Sementara isteri dan anak selalu nguber-nguber minta uang dan kebutuhan yang lainya. Hidup itu pilihan. Hidup kamu ya kamu yang nentuin, amau kearah mana, mau kearah yang baik atau kearah yang buruk itu semua adalah pilihan dan yang mana pilihan itu pasti ada sebab dan akibatnya yang akan kita rasakan.

    ReplyDelete
  21. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Semua hal yang ada di dunia ini adalah milik Tuhan YME, jika terdapat keganjilan yang ada dan meresahkan seperti dalam elegi ini kita sebagai manusia memang sudah selayaknya menyerahkan semuanya pada Tuhan YME. Dengan kerendahan hati dan dengan keikhlasan hati kita berdoa pada Tuhan untuk tetap meminta bantuan padaNya menyelesaikan semua masalah yang ada. Setan pun hanya isa kalah dengan doa-doa yang kita panjatkan pada Tuhan YME. Karena setan takut akan semua hal yang kita imani sebagai pertolongan yaitu Tuhan YME.

    ReplyDelete
  22. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Pelajaran yang bisa saya ambil dari elegy di atas adalah : Elegi diatas menceritakan bagaimana setan berusaha menggoda manusia. Salah satu caranya adalah dengan masuk ketubuh manusia. Ankala yng dimasuki setan mulaibertigkah aneh, omongannya ngantur dan mengganggu warga lain. Ankala dapat dimasuki setan karena imannya kurang kuat serta sifat buruk yang ada padanya. Elain itu dia juga berpikiiran kosong. Karena itu dengan membangun hubunagn yang baik dengan Tuhan, dapat menghindarkan kita dari peristiwa seperti ini.

    ReplyDelete
  23. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Berfikir positif merupakan hal harus kita lakukan. Hal seperti Menjaga diri, pikiran dan hati untuk tetap berada pada rana positif merupakan wujud kebenaran. Tidak semua hal yang kita saksikan dalam kehidupan kita sehari-hari harus sesuai dengan keinginan kita, karena itu berpikir positif pada perbedaan merupakan bentuk keikhlasan. Apapun yang kita dapatkan kita hartus senantiasa ikhlas dalam menerimanya

    ReplyDelete
  24. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam elegi ini diceritakan bahwa transenden lokal negatif siraja sedang mengganggu seorang warga yang bernama angkala dan kemudian dibantu oleh mursidin dengan memberikan doa dan memohon pertolongan Allah sehingga akhirnya gangguan tersebut bisa dihilangkan.

    ReplyDelete
  25. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Elegi ini menceritakan seorang Ankala yang menginginkan hidup enak di dunia. Dia menginginkan hidup mewah supaya bisa mendapatkan yang ia mau, memenuhi kebutuhan istri dan anaknya. Dia tergoda untuk melakuan hal negatif untuk memenuhi keinginannya ini. Kejadian ini bisa kita ambil pelajaran darinya, yaitu untuk selalu bersyukur. Walaupun tidak memiliki harta yang banyak kita memiliki Allah yang maha kaya. Kita tinggal minta dengan do’a yang khusyuk. Kemudian walaupun tidak memiliki harta yang banyak kita bisa menikmati hidup sehat dan selamat. Itu paput kita syukuri.

    ReplyDelete
  26. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Semoga dengan lindungan Allah kita selalu dijauhkan dari godaan, syaitan, dengan harapan kita memang ikhlas dalam meningkatkan iman dan taqwa demi mencapai cinta Allah. Hal yang diceritakan dalam elegi ini hanya satu dari sekian banyak tipu daya syaitan agar dapat menyesatkan manusia. Maka dari itu hendaklah kita selalu berdoa dan berzikir, kemudian selalu berusaha agar ibadah hari ini lebih baik daripada ibadah kemarin. Dan selalu meminta petunjuk dan hidayah dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  27. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Dari elegi di atas, disebutkan bahwa ankala dirasuki oleh transenden lokal negatif diraja adalah pada saat ankala berpikiran kosong dan hatinya pun juga sudah kotor. Maka kita senantiasa untuk selalu berpikiran positif, ber husnudhon, hindari melamun dan malas, karena jika kita terlalu banyak melamun dan malas maka akan semakin mudah bagi kita untuk tergoda oleh setan. Jauhkan diri kita dari penyakit hati. Selain itu, sebagaimana di elegi sebelumnya, bahwa ikhlas itu merupakan senjata paling ampuh untuk menghindari godaan syetan. Maka ikhlaslah serta tawakal kepada Allah.

    ReplyDelete
  28. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Sisa umur kita didunia harusnya diisi dengan hal-hal yang positif dengan memikirkan hal akhirat dan bukan memperjuangkan dunia kita. Karena apa saja yang diperjuangkan selama kita hidup tidak akan pernah di bawa ketika kita meninggal. Yang kita bawa hanyalah amalan-amalan kita selama di bumi. Jabatan tinggi tidak akan pernah berguna ketika kita meninggal. Semoga kita selalu berserah diri kepada Allah SWT. Aamiin.

    ReplyDelete
  29. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pikiran kosong mudah sekali untuk di masuki oleh syaitan, pikiran kosong akan dengan mudahnya syaitan melakukan tipu dayanya. Cara agar pikiran tak kosong adalah melakukan berbagai hal positif, misalnya berdzikir mengingat Allah, kebesaran Allah dan mengingat nikmat-nikmat yang diberikan Allah dengan demikian kita akan banyak bersyukur atas apa yang diberikan Allah.

    ReplyDelete
  30. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Setiap orang akan berusaha untuk mencapai apa yang menjadi tujuan hidupnya.Namun, terkadang, manusia lupa akan batas-batasnya.Berbagai cara dilakukan agar apa yang dicita-citakan dapat tercapai. karena itu, belajar mengenali batas dimana harus melangkah. Selain itu,harus selalu berdoa dan berserah pada Tuhan memohon petunjuk dan bimbinganNya agar apa yang kita usahakan dapat tercapai.

    ReplyDelete
  31. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Ikhlas pikir dan ikhlas hati merupakan cara seseorang tidak terpengaruh dengan dunia ini. Bersyukur dengan rahmat TUhan yang diberikanNya selalu untuk kita merupakan cara agar dapat selalu ikhlas. Banyak hal yang kita inginkan dalam hidup, tapi tidak semua hal baik bagi diri kita. Terkadang kita menginginkan hal yang besar tanpa mengingat dan menghargai hal-hal kecil yang telah diberikan bagi kita. Inilah yang membuat setan mudah menggoda manusia, karena sikapnya yang tidak bersyukur dengan apa yang ada namun masih menginginkan hal yang lain sehingga semua cara dihalalkan. Hanya kekuasaan dari Tuhanlah yang mampu mengalahkan semuanya. Berdoalah mohon ampun kepada Tuhan jika kita telah terpengaruh dalam jeratan setan.

    ReplyDelete
  32. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi di atas kembali menceritakan mengenai syaitan yang mampu menggoda manusia. Elegi tersebut menceritakan tentang Ankala yang sedang risau dan pikirannya kosong hingga akhirnya syaitan mampu masuk ke dalam raganya. Namun, ada sesorang bernama Mursidin dengan izin Allah swt ia mampu mengusir syaitan tersebut. Syaitan meminta berbagai persyaratan dan mengobral janji. Dengan segala upaya dan doa, akhirnya syaitan itu dapat dikalahkan.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kita harus senantiasa menjaga hati (keimanan) kita. Sebab hati ibarat sebuah pondasi rumah. Setan sebagai musuh kita selalu ingin memiliki, menguasai, bahkan menghancurkan pondasi tersebut. Pondasi tersebut akan kuat jika terdapat penjagaan ketat dari pemilik pondasi itu. Namun, syaitan akan terus menaklukan manusia dengan berbagai cara sehingga pondasi akan mudah rapuh dan hancur. Cara yang sering dilakukan, yaitu dengan membuat manusia terlena akan kesenangan duniawi. “Sesungguhnya orang yang lebih sering kenyang di dunia, dialah yang akan sering lapar di hari kiamat nanti.” (HR. Tirmidzi. Dalam As Silsilah Ash Shohihah, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih). Na’udzubillah...mari kita jaga dan perkuat pondasi keimanan kita.

    ReplyDelete
  34. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Tidak ada yang kekal di dunia ini. Waktu berlaku pada hal-hal yang bagus dan baru. Sebuah mobil baru akan segera ketinggalan jaman begitu model lain dirancang, diproduksi, dan dipasarkan. Sama halnya, seseorang mungkin menginginkan rumah besar milik orang lain atau rumah mewah dengan ruangan yang lebih banyak daripada penghuninya dan dengan perlengkapan yang dilapisi emas, yang pernah dilihat sebelumnya, akan kehilangan selera terhadap rumahnya sendiri dan tidak dapat menghindari hal-hal tersebut dengan rasa iri.

    ReplyDelete
  35. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ritual ikhlas 44. Elegi ini adalah lanjutan dari elegi ritual ikhlas 43. Dalam elegi ini diceritakan tentang Ankala yang berhasil dirasuki oleh Syaitan. Hal tersebut karena pikiran dan imannya yang tengah lengah dan lemah. Mursidin dengan ilmu agama yang dimiliki membantu Ankala agar terbebas dari cengkraman syaitan. Akhirnya kebaikanlah yang menang. Syaitan tersebut kesakitan terhadap doa doa yang dilantunkan oleh mursidin.

    ReplyDelete
  36. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari elegi ini, pesan yang disampaikan kepada pembaca adalah kita harus menata iman kita dengan meneladani karakter dan sikap yang dimiliki kyai mursidin. Dengan begitu syaitan enggan bahkan takut mendekati kita. Semoga kita selalu mendapat perlindungan Allah terhadap syaitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  37. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi diatas menceritakan bagaimana setan berusaha menggoda manusia. Salah satu caranya adalah dengan masuk ketubuh manusia. Ankala yang dimasuki setan mulai bertingkah aneh, omongannya nglantur dan mengganggu warga lain. Namun segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak ada yang lepas dari izin Allah. setelah Mursidin membacakan doa dan ayat ayat Kitab Suci Al Quran maka setan dapat dikeluarkan dari tubuh Ankala.

    ReplyDelete
  38. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Syaitan ternyata tidak hanya dapat mengganggu pikiran dan hati ini, namun jiga dapat mengganggu jiwa dengan merasuki ke raga. Semua akan teratasi apabila atas seijinNya. Selain itu juga usaha yang dilakukan dalam nemberikan pertolongan. Oleh karena itu bentengi diri dengan mendekatkan hati dan pikiran dengan amal ibadah. Niscaya kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari godaan syaitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  39. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pelajaran yang saya peroleh dari elegi di atas adalah bahwa kita tidak boleh membiarkan pikiran kita kosong dan lalai untuk mengingat Allah, karena hal itu akan membuat kita mudah terpengaruh oleh ajakan setan untuk tidak menjauhi larangan Allah. Setan akan selalu berusaha merusak iman kita. Hanya Allah lah yang mampu melindungi kita. Kita harus memperbanyak berdzikir dan berdoa serta selalu mengingat Allah agar kita terhindar dari godaan setan.

    ReplyDelete
  40. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ankala dapat dimasuki setan karena imannya kurang kuat serta sifat buruk yang ada padanya. Elain itu dia juga berfiiran kosong. Sebagai manusia mari kita tingkatkan iman kita kepada Allah dan keiklasan kita. Karena dengan keduanya InsyaAllah kita dapat terhindar dari kesesatan setan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  41. Sumandri
    16709251072
    S2 pendidikan Matematika 2016

    Elegi diatas menceritakan bagaimana setan berusaha menggoda manusia. Salah satu caranya adalah dengan masuk ketubuh manusia. Ankala yng dimasuki setan mulaibertigkah aneh, omongannya ngantur dan mengganggu warga lain. Namun segala sesuatu yang ada di dunuia ini tidak ada yang lepas dari izin Allah. setelah Mursidin membacakan doa dan ayat ayat Kitab Suci Al Quran maka setan dapat dikeluarkan dari tubuh Ankala. Ankala dapat dimasuki setan karena imannya kurang kuat serta sifat buruk yang ada padanya. Elain itu dia juga berfiiran kosong. Sebagai manusia mari kita tingkatkan iman kita kepada Allah dan keiklasan kita. Karena dengan keduanya InsyaAllah kita dapat terhindar dari kesesatan setan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  42. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setan selalu menghantui kita, maka dari itu pikiran kita jangan pernah lengah, setiap detik pikiran kita harus fokus dan selalu mengingat Allah, ketika kita lengah, tidak fokus dan berpikiran kosong, maka setan mudah baginya untuk menggoda kita melakukan kemaksiatan. Maka tetap berpikir positif, dan mengingat Allah untuk menjauhkan diri dari tipu daya setan.

    ReplyDelete
  43. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Begitlah godaan syaitan membuatmanusia kesurupan dan membimbingnya ke dalam jurang kegelapan. Untuk menjauhinya maka berdoa semoga kita dijauhkan dari segala macam godaan syaitan dan memohon kepada Tuhan atas keselamatan pada agama, kesehatan badan, tambahan ilmu pengetahuan, keberkahan rizqi, taubat sebelum mati, rahmat ketika mati dan ampunan setelah mati.

    ReplyDelete
  44. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Perbanyaklah istighfar dan mengingat Allah ketika cobaan hidup terasa sangat sulit bagi kita. dan ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenang.

    ReplyDelete
  45. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam elegi ini, digambarkan bagaimana syaitan sangat licik dan sangat mahir dalam memperdaya manusia yang beriman sekalipun. Kyai Mursidin yang merupakan orang saleh yang rajin membaca Al-quran menjadi salah satu sasaran dari syaitan untuk dapat menguji keimanannya kepada Allah SWT. Syaitan tidak hanya memperdaya manusia dengan langsung mengajak kepada kemaksiatan tetapi mereka juga dapat memperdaya manusia ke dalam kesesatan sampai-sampai manusia itu sendiri tidak menyadarinya. Hal inilah yang dilakukan syaitan untuk menguji keimanan Kyai Mursidin yang merupakan sosok manusia yang beriman dan gemar membaca Al-quran. Syaitan menebarkan teror terhadap manusia agar manusia takut kepadanya dan melakukan apa yang ia perintahkan. Padahal manusia tidak seharusnya tunduk dan takut kepada syaitan, manusia yang berlaku demikian adalah manusia yang sudah tergoyahkan imannya, karena sesungguhnya hanya kepada Allah lah manusia seharusnya takut dan tunduk.

    ReplyDelete
  46. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kyai Mursidin dengan hafalan-hafalan Al-qurannya berusaha untuk mengusir jjin dan syaitan dari tubuh Ankala. Tetapi syaitan yang sangat licik dan pandai meminta kesepakatan kepada Kyai Mursidin dan warga desa untuk melakukan syarat-syarat agar dia tidak mengganggu manusia kembali. Kyai Mursidin menyetujuinya dan melakukan syarat-syarat yang diminta oleh syaitan tersebut. Inilah tipu daya dan muslihat syaitan yang telah berhasil memperdaya kyai Mursidin. Sesungguhnya manusia tidak harus takut dan tunduk terhadap syaitan, apalagi sampai membuat kesepakatan dengannya. Meskipun niat kyai Mursdin baik agar syaitan pergi dan tidak mengganggunya teatapi cara yang dia lakukan adalah salah dan sangat dilaknat oleh Allah SWT. Dia melupakan bahwa hanya kepada Allah lah dia harusnya patuh untuk melakukan segala perintahNYA dan bukan terhadap dzat selain dirinya aapalagi syaitan mahluk yang jelas-jelas dilaknat oleh Allah SWT. Semoga dengan membaca elegi ini, kita sebagai manusia dapat memetik hikmah bahwa apapun alasannya jangan sampai kita menuruti dan membuat kesepakatan atau perjanjian dengan syaitan, karena hal itu adalah jalan bagi perbuatan syirik dan ingkar terhadap Allah SWT.

    ReplyDelete