Apr 5, 2013

Elegi Menggapai "Ideology of Mathematics Education: What are they thinking?"




By Marsigit
Yogyakarta State University

Ideologies of mathematics education cover the belief systems to which the way mathematics education is implemented. They cover radical, conservative, liberal, and democracy. The differences of the ideology of mathematics education may lead the differences on how to develop and manage the knowledge, teaching, learning, and schooling. In most learning situation we are concerned with activity taking place over periods of time comprising personal reflection making sense of engagement in this activity; a government representative might understand mathematics in term of how it might partitioned for the purpose of testing (Brown, T, 1994).
Comparison among countries certainly reveals both the similarities and the differences in the policy process. The ideologies described by Cochran-Smith and Fries (2001) in Furlong (2002) as underpinning the reform process are indeed very similar. Yet at the same time, a study of how those ideologies have been appropriated, by whom, and how they have been advanced reveals important differences. He further claimed that what that demonstrates, is the complexity of the process of globalization. Furlong quoted eatherstone (1993), “One paradoxical consequence of the process of globalisation, the awareness of the finitude and boundedness of the plane of humanity, is not to produce homogeneity, but to familiarize us with greater diversity, the extensive range of local cultures”.
Ernest, P ( 2007 ) explored some of the ways in which the globalization and the global knowledge impacts on mathematics education. He have identified four components of the ideological effect to mathematics education. First, there is the reconceptualization of knowledge and the impact of the ethos of managerialism in the commodification and fetishization of knowledge. Second, there is the ideology of progressivism with its fetishization of the idea of progress. Third, there is the further component of individualism which in addition to promoting the cult of the individual at the expense of the community, also helps to sustain the ideology of consumerism. Fourth is the myth of the universal standards in mathematics education research, which can delegitimate research strategies that forground ethics or community action more than is considered ‘seemly’ in traditional research terms.

References:

Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education? Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved


Fullan, M., 2002, Leading and Learning for the 21stC Vol 1 No. 3 - January 2002

Furlong, J., 2002, Ideology and Reform in Teacher Education in England:
Some Reflections on Cochran-Smith and Fries. Retrieved

Glenn, A., 2009, Philosophy of Teaching and Learning "Your job as a teacher is to make every single student feel like a winner”. Retrieved http://depts.washington.edu/ctltstaf/example_portfolios/munchak/pages/87361.html>

Jaworski, B., 1994, Investigating Mathematics Teaching : A Constructivist Enquiry, London : The Falmer Press.

27 comments:

  1. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Ketika berbicara tentang ideologi maka kita akan masuk pada pembahasan mengenai sistem kepercayaan yang tentang suatu hal dipertahankan, dijalankan, dan dikembangkan. Ideologi menjadi garis yang menuntun suatu hal. Pendidikan matematika sebagai salah satu bagian dari kehidupan ini tentu memiliki ideology yang dipertahankan dan menjadi garis haluan bagi perkembangan pendidikan matematika tersebut. Sama halnya ketika kita melihat orang yang satu dengan orang yang lainnya, kita akan mengetahui bahwa ideology hidup mereka adalah berbeda-beda. Begitu pula dengan pendidikan matematika antarnegara, ideology matematika yang dimilikipun berbeda-beda. Selain itu, terdapat beberapa hal lainnya yang mempengaruhi perkembangan ideology matematika, yaitu adanya rekonseptualisasi pengetahuan dan dampak etos manajerialisme dalam komodifikasi pengetahuan.; adanya ideology progresivisme; adanya komponen individualism; adanya mitos tentang standar universal dalam penelitian pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  2. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Informasi yang saya dapatkan dari penjelasan di atas yaitu landasan atau ideologi mengarahkan pada bagaimana performa individu dapat terlihat dalam kondisi yang beraneka ragam. Kehati-hatian dalam menetapkan sistem belajar sesuai dengan ideologi juga sangat penting. Dengan begitu nilai-nilai ideologi yang ada menjadi dasar penguatan pada hasil yang akan diperoleh oleh peserta didik. Menurut saya, penting juga untuk menyesuaikan landasan dalam pendidikan suatu mata pelajaran dengan nilai-nilai yang ada di negera tersebut. Dengan begitu pengaplikasian daripada ilmu yang diperoleh oleh siswa secara tidak langsung dapat terlihat dalam kondisi yang nyata. Perkembangan zaman seperti globalisasi dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan dalam gaya belajar yang lebih canggih akan tetapi tidak melupakan sistem yang bersifat tradisional.

    ReplyDelete
  3. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Memilih ideologi pendidikan adalah disesuaikan dengan kultur dan karakteristik dari bangsa atau negara tersebut. Ideologi pendidikan bermanfaat sebagai acuan mau dibawa kemana pendidikan yang ada. Ideologi ini mempengaruhi setiap kebijakan yang ada di dunia pendidikan sehingga diperlukan ketelitian ketika suatu Negara memilih satu ideology untuk negaranya sendiri.

    ReplyDelete
  4. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Ideologi pendidikan matematika memandang bahwa pembelajaran matematika bersifat rasionalisme, artinya pembelajaran matematika berawal dari hal yang bersifat sederhana mengarah kepada hal yang bersifat kompleks, yang bertujuan untuk mengkonstruksi konsep-konsep matematika yang dipelajari dikelas. Dalam pelaksaan pembelajaran guru harus mendapat kepercayaan penuh dari siswa bahwa apa yang di ajarkan oleh guru benar-benar rasional dan logis agar siswa tidak mendapati keraguan pada saat guru melakukan manipulasi formula matematis.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas sharing dari bacaan diatas bapak. Ernest, P., Furlong, J., Fullan, M., Glenn, A., Jaworski, B., melalui tulisannya membantu saya untuk memahami tentang ideology dalam pendidikan matematika. seorang guru yang memahami ideology dalam mengajar matematika, akan mengajar dengan hati nya. Tidak mengajar hanya karena tuntutan pekerjaannya. Sorang guru akan semaksimal mungkin berusaha membantu siswanya untuk memahami matematika.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam pengimplementasiannya pendidikan matematika memiliki beberapa kepercayaan Ideologi. Setiap negara pun memiliki ideologi pendidikan matematika yang berbeda-beda. Beberapa ideologi tersebut adalah radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Seberapa banyak ideologi tersebut dan yang mana yang harus kita pilih untuk diterapka adalah bergantung dari kepercayaan individu dan yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat dia berada, agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, bukan malah semakin menjadikan matematika semakin menjadi momok dan dibenci siswa.

    ReplyDelete
  8. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya setuju dengan postingan ini yang menyatakan bahwa “Ideologies of mathematics education cover the belief systems to which the way mathematics education is implemented”. Tentu saja hal ini berkaitan juga dengan ideologi yang di anut oleh negara tersebut. Ideologi yang berasal dari budaya masyarakatnya sendiri dan setiap masyarakat di seluruh dunia memiliki karakteristiknya masing-masing. Sehingga kebijakan pendidikan matematikanya juga berbeda. Walaupun di era globalisasi ini terdapat kemudahan budaya dan pendidikan dari negara lain mudah untuk diadaptasi namun, hal tersebut tidak bisa diterima mentah-mentah karena tetap harus disesuaikan dengan ideologi negara khususnya ideologi pendidikan matematika negara tersebut.

    ReplyDelete
  9. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ideologinya pendidikan matematika ialah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkan kemampuan atau keterampilan matematika. Dengan demikian, seyogyanyalah pendidikan matematika dilakukan dengan sebaik-baiknya agar ideologi ini dapat teralisasikan dengan semestinya. Sehingga, pendidikan matematika akan menjadi media agar setiap orang mempunyai kesempatan yang sama dalam memahami dan mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ideologi merupakan suatu gagasan, konsep dasar, ataupun cita-cita. Maka sebuah ideologi dalam pendidikan matematika tentu akan mempengaruhi implementasi matematika itu sendiri dalam proses pencapaian tujuan. Seperti yang dikatakan elegi di atas, perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan tentang bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah dan dalam hal ini biasanya diatur pemerintah dalam bentuk kebijakan-kebijakan. Maka sebelum membuat kebijakan mengenai pendidikan matematika harus berasal dari orang-orang yang memahaminya atau pihak pemerintah yang memahami secara mendalam tentang pendidikan dan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  11. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Istilah ideologi sudah familiar terdengar di masyarakat. Ideologi tersebut berkaitan dengan ideologi negara yaitu pancasila. Sehingga dapat dipandang bahwa ideologi merupakan suatu gagasan, konsep dan logos yang berarti ilmu yang menjdai merupakan pedoman dan dipakai oleh seluruh kelompok sebagai dasar cita-cita, nilai dasar dan keyakinan.
    Hal ini tidak berbeda dengan ideologi pada pendidikan matematika. Seperti yang di ulas Prof pada elegi di atas bahwa ideologi tersebut mencakup radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Ideologi yang berbeda akan berdampak pada proses pembelajaran yang digunakan. Sebagai contohnya yaitu ideologi pendidikan yang digunakan di Indonesia yang berbeda dengan negara lain. Tentu hal ini menjadi faktor perbedaan terhadap proses pembelajaran yang berlangsung.

    ReplyDelete
  12. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Pada di atas disampaikan bahwa era globlasisasi mempengaruhi cara berpikir orang tentang pendidikan matematika karena berkembangnya ideologi baru dan beragam. Salah satu pandangan yang dipengaruhi oleh ideologi di era globalisasi ini ialah pandanan seorang gutu mengenai pendidikan matematika. Terdapat empat komponen yang dipengaruhi oleh ideolog pendidikan matematika seorang guru. Yaitu pandangan tentang sifat matematika, proses belajar mengajar, prinsisp-prinsip pendidikan, serta pandangan mengenai isu-isu social. Dari berbagai macam yang dipikirkan guru tentang keempat elemen tersebut sebaiknya jika hal itu tertuju tentang baimana kita dapat mengembangkan agar siswa mampu membangun pengetahuan matematikanya dengan baik.

    ReplyDelete
  13. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Postingan ini memberikan gambaran mengenai ideology dalam pendidikan matematika. Bhawa dalam pendidikan matematika akan mentransformasikan segala hal abstrak dalam matematika kedalam tataran real pembelajaran, aktivitas belajar, dan belajar berpikir. Ideologi pendidikan matematika harus di usung oleh para subjek pendidikan matematika, untuk tetap eksis dalam memikirkan dan membelajarkan matematika sekolah.

    ReplyDelete
  14. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Ideologi pendidikan matematika berkaitan dengan bagaimana pendidikan matematika dapat diimplementasikan baik secara radikal, konservatif, liberal dan demokrasi. Pentingnya ideology dan berbagai dampaknya telah disampaikan Ernest (2007). Setiap Negara ataupun wilayah memiliki ideologinya masing-masing tentang pendidikan matematika itu sendiri, namun dapat dipastikan pada hakikatnya sama. Keragaman ideology ini dipengaruhi oleh berbagai hal yang ada dilingkungan maupun internal wilayah. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    PM C

    Ideologi secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Ideologi juga dapat dikatakan sebagai seperangkat gagasan dasar tentang kehidupan dan masyarakat. Ideologi pendidikan matematika adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkan kemampuan atau ketrampilan dalam mengorganisasikan bilangan atau simbol secara terstruktur berdasarkan aturan dan teori yang sudah didefinisikan secara jelas sehingga dapat diperoleh hasil yang benar

    ReplyDelete
  16. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan tentang bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah. Mungkin hal ini juga lah yang melandasi fenomena yang terjadi pada sistem pendidikan di Indonesia saat ini. Fenomena yang saya maksud adalah setiap pergantian menteri pendidikan pasti mengusung sistem pendidikan yang baru.
    Untuk itu jangan menjadikan perbedaan ideologi sebagai hambatan untuk menemukan sistem pendidikan yang pas bagi bangsa. Kita dapat mengambil yang baik dan sesuai dengan identitas bangsa. Jangan sampai kita kehilangan identitas bangsa kita untuk mencapai sistem pendidikan yang baik.

    ReplyDelete
  17. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Ideologi pendidikan matematika mempengaruhi keyakinan seseorang tentang bagaimana matematika seharusnya diimplementasikan dalam pembelajaran. Keyakinan yang dianut oleh seseorang tentu akan mencerminkan bagaimana mereka menerapkan pembelajaran matematika dan praktiknya di dalam lembaga pendidikan. Mengubah pandangan seseorang terutama ideologinya tidak akan mudah. Ideologi seseorang akan mencerminkan apa yang mereka pikirkan. Pikiran tidaklah mudah untuk dipengaruhi apabila konsep-konsep yang baru benar-benar bertentangan dengan konsep-konsep yang sebelumnya mereka pahami sebagai suatu ideologinya.

    ReplyDelete
  18. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Ideologi pendidikan matematika mencakup sistem kepercayaan bagaiman penerapan pendidikan matematika dilaksanakan. Setiap negara memiliki ideology pendidikan matematika yang bisa jadi berbeda. Perbedaan ideologi pendidikan matematika ini akan menyebabkan perbedaan tentang bagaimana mengelola pembelajaran di sekolah. Indonesia sebagai negara yang memiliki ideologi demokrasi Pancasila maka sudah sewajarnya pendidikan kita juga mengikuti apa yang tercernmin dari ideologi demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  19. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Ideologi merupakan pandangan awal yang dijadikan dasar dalam melakukan tindakan. Ideologi ini dibentuk berasala dari pemikiran sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Dalam pendidikan juga memiliki sebuah ideologi, karena pendidikan memiliki sebuah dasar dan tujuan. Sehingga, jika ada masalah yang timbul dalam sistem pendidikan cobalah kembali melihat ideologi pendidikan kita. Sekiranya elah melenceng dari apa dasar dan tujuannya, maka segelara dilakukan perbaikan. Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini, menjelaskan bahwa matematika murni membahas yang bersifat abstrak, teori teori yang ada di dalam pikiran saja, sedangkan pendidikan matematika lebih berfokus kepada matematika sekolah lebih kepada apa yang ada di luar pikiran. Dimana tidak hanya dipikirkan tetapi di terapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Matematika dijadikan suatu aktivitas untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Maka dalam implementasinya, ideologi pendidikan matematika meliputi tentang bagaimana implementasi di dalam kelas. Perbedaan dalam ideologi tentu saja akan berpengaruh terhadap perbedaan pengajaran yang berkembang di suatu negara.

    ReplyDelete
  21. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam elegi ini membahasa tenant ideology dasar matematika. ideology merupakan sistem yang berlaku dalam klompok tertentu. Ideology matematika ini menjelaskan tentang bagaimana matematika diimplentasikan baik secara rdikal konservatif liberal dan demokrasi.

    ReplyDelete
  22. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Ideologi Pendidikan Matematika menjelaskan tentang bagaimana pendidikan matematika dapat diimplementasikan baik secara radikal, konservatif, liberal dan demokrasi. Perbedaan pandangan ideologi matematika tentunya akan mempengaruhi cara seseorang atau suatu wilayah mengembangkan matematika. Perbedaan ideologi antara matematika barat dan timur, kota dan desa, dsb. akan berpengaruh terhadap aturan dan pengembangan pengetahuannya, pembelajarannya, guru-guru, sekolah dsb.

    ReplyDelete
  23. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Ideologi dalam pembelajaran matematika merupakan aturan dalam mengembangkan pembelajaran matematika. Ideologi pembelajaran matematika dari suatu negara yang dianut berbeda dengan ideologi yang dianut negara lain. Perbedaan ideologi tersebut memungkinkan perbedaan dalam penerapan pendidikan matematika serta akan membedakan dalam memaknai pendidikan matematika. Karena ideologi merupakan aturan sehingga kebijakan-kebijakan yang disusun harus sesuai dengan ideologi yang dianut sehingga dalam menetapkan ideologi pembelajaran matematika harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi segala hal yang ikut terlibat dalam pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  24. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Mengejar pola berpikir matematis kepada siswa merupakan suatu keharusan bagi guru, karena sebenar-benar yang dapat diwariskan dari problem solving kepada siswa ialah proses olah pikirnya yang nantinya akan berguna bagi siswa saat mereka telah terjun dalam menghadapi kehidupan yang sesungguhnya, sehingga dalam kurikulum terbaru, siswa diarahkan dari mulai memperhatikn, bertanya, berpikir kritis dan pemecahan masalah. Sehingga pembelajaran matematika tidak hanya mengejar prestasi belajar saja. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  25. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ideology is a fundamental thought in human. There are various ideologies adopted by a country. Ideology of mathematics education itself can be defined a process that is done by students to gain the ability by using a concept in mathematics in order to solve the problem. There are several components of ideology that is conceptualization of knowledge, ideology of progressive, advanced component of individualism and consumerism ideology, and universal standard myth in mathematics education research.

    ReplyDelete
  26. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Ideologi pendidikan matematika mencakup sistem kepercayaan dimana cara penerapan pendidikan matematika dilaksanakan. Setiap negara memegang ideologi pendidikan matematikanya sedniri, dan bisa jadi antara negara satu berbeda dengan negara lain. Perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah.

    ReplyDelete
  27. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Sebagaimana ideology yang kita kenal dalam kehidupan, seperti ideology Pancasila, komunisme, liberalism, dalam pendidikan pun mengenal adanya ideology. Adanya ideology ini tidak hanya berfungsi sebagai identitas untuk membedakan dengan yang lain. Namun ideology adalah sesuatu yang diyakini, dipertahankan, dilestarikan sehingga ideology ini menjadi pegangan utama yang akan mempengaruhi turunan-turunan dibawahnya.

    ReplyDelete