Apr 5, 2013

Elegi Menggapai "Ideology of Mathematics Education: What are they thinking?"




By Marsigit
Yogyakarta State University

Ideologies of mathematics education cover the belief systems to which the way mathematics education is implemented. They cover radical, conservative, liberal, and democracy. The differences of the ideology of mathematics education may lead the differences on how to develop and manage the knowledge, teaching, learning, and schooling. In most learning situation we are concerned with activity taking place over periods of time comprising personal reflection making sense of engagement in this activity; a government representative might understand mathematics in term of how it might partitioned for the purpose of testing (Brown, T, 1994).
Comparison among countries certainly reveals both the similarities and the differences in the policy process. The ideologies described by Cochran-Smith and Fries (2001) in Furlong (2002) as underpinning the reform process are indeed very similar. Yet at the same time, a study of how those ideologies have been appropriated, by whom, and how they have been advanced reveals important differences. He further claimed that what that demonstrates, is the complexity of the process of globalization. Furlong quoted eatherstone (1993), “One paradoxical consequence of the process of globalisation, the awareness of the finitude and boundedness of the plane of humanity, is not to produce homogeneity, but to familiarize us with greater diversity, the extensive range of local cultures”.
Ernest, P ( 2007 ) explored some of the ways in which the globalization and the global knowledge impacts on mathematics education. He have identified four components of the ideological effect to mathematics education. First, there is the reconceptualization of knowledge and the impact of the ethos of managerialism in the commodification and fetishization of knowledge. Second, there is the ideology of progressivism with its fetishization of the idea of progress. Third, there is the further component of individualism which in addition to promoting the cult of the individual at the expense of the community, also helps to sustain the ideology of consumerism. Fourth is the myth of the universal standards in mathematics education research, which can delegitimate research strategies that forground ethics or community action more than is considered ‘seemly’ in traditional research terms.

References:

Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education? Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved


Fullan, M., 2002, Leading and Learning for the 21stC Vol 1 No. 3 - January 2002

Furlong, J., 2002, Ideology and Reform in Teacher Education in England:
Some Reflections on Cochran-Smith and Fries. Retrieved

Glenn, A., 2009, Philosophy of Teaching and Learning "Your job as a teacher is to make every single student feel like a winner”. Retrieved http://depts.washington.edu/ctltstaf/example_portfolios/munchak/pages/87361.html>

Jaworski, B., 1994, Investigating Mathematics Teaching : A Constructivist Enquiry, London : The Falmer Press.

33 comments:

  1. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    ideologi pendidikan matematika adalah proses yang membantu orang untuk mendapatkan keterampilan atau keahlian dalam mengatur angka atau simbol yang terstruktur dengan aturan dan teori-teori yang sudah ditetapkan dengan jelas sehingga memperoleh hasil yang benar dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Ideologi Pendidikan matematika adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkan kemampuan atau ketrampilan dalam mengorganisasikan bilangan atau simbol secara terstruktur berdasarkan aturan dan teori yang sudah didefinisikan secara jelas sehingga dapat diperoleh hasil yang benar dan dapat diterapkan dalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Ideologi berdasarkan Cohran-Smith dan Fries adalah tiang pondasi perbaikan proses yang tentu sama. Furlong mengutip eatherston, satu paradoks akibat dari proses globalisasi kesadaran dalam berbagai bidang baik yang terbatas maupun yang tak terbatas ini tidak diproduksi kebersamaan, tapi membiasakan dengan keragaman jarak yang luas dari kebudayaan lokal. Ernest menjelajahi beberapa cara dalam proses globalisasi dan pengetahuan gobal untuk mengetahui akibat dalam pendidikan matematika dengan demikian maka tidak diherankan terdapat perbedaan ideologi pendidikan matematika pada beberapa penyelenggara pendidikan setiap negara.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Ideologi pendidikan matematika adalah sebuah system atau sekelompok keyakinan dan nilai-nilai yang berguna mengikat dan digunakan untuk kepentingan sebagai landasan untuk mewujudkan tujuan pendidikan matematika. Ada dua elemen ideologi pendidikan matematika yaitu Elemen primer terdiri dari epistemologi, filsafat matematika, sekumpulan nilai moral, teori anak, teori masyarakat dan tujuan pendidikan. Sedangkan elemen sekunder terdiri dari tujuan pendidikan matematika, teori pengetahuan matematika sekolah, teori pembelajaran matematika, teori pengajaran matematika, teori penilaian pembelajaran matematika, teori sumber pendidikan matematika, teori kemampuan matematika dan teori keanekaragaman sosial dalam pendidikan matematika.
    Kemudian oleh Paul Ernest, seorang ilmuan, menyatakan dalam peta pendidikan yang dibuatnya, bahwa terdapat lima ideologi dalam pendidikan matematika meliputi industrial trainer (diusung kaum industrialis), technological pragmatist, old humanist, pendidikan progresif dan pendidikan untuk semua (education for all; dalam referensi lain disebut sebagai public educator).

    ReplyDelete
  5. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Brown menyampaikan bahwa pendidikan matematika dapat membuat adanya suatu perbedaan pada bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah. Terkadang ditemukan perbedaan ideologi pendidikan matematika antara negara satu dengan negara yang lain. Perbandingan antara negara-negara tentu mengungkapkan baik persamaan dan perbedaan dalam proses kebijakan. Dalam penggunaan ideologi pendidikan matematika tidak dapat dilakukan begitu saja akan tetapi harus memperhatikan segala aspek kebutuhan, situasi ataupun kondisi dimana ideologi ini akan diterapkan.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Ernest mengeksplor beberapa cara agar globalisasi maunpun dari sisi pengetahuannya berdapmpak pada pendidikan matematika. Empat komponen efek ideologis terhadap pendidikan matematika yaitu: (1) ada rekonseptualisasi pengetahuan dan dampak etos manajerialisme dalam komodifikasi dan fetishisasi pengetahuan; (2) ada ideologi progresivisme dengan fetishisasi gagasan kemajuan; (3) ada komponen lebih lanjut dari individualisme yang selain mempromosikan kultur individu dengan mengorbankan masyarakat, juga membantu mempertahankan ideologi konsumerisme; (4) mitos tentang standar universal dalam penelitian pendidikan matematika, yang dapat mendelegitimasi strategi penelitian bahwa etika bidang tanah atau tindakan masyarakat lebih dari yang dianggap 'nampaknya' dalam istilah penelitian tradisional.

    ReplyDelete
  7. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Berdasarkan elegi diatas, saya memetik beberapa hal:
    Menuju perbaikan pendidikan dibangsa ini adalah ideology. Banyaknya pemikiran orang-orang dan ideology yang diyakini berbeda-beda sehingga untuk mewujudkan pendidikan yang baik sulit. Memang tujuannya sama yaitu pendidikan yang baik. Namun, cara yang digunakan berbagai macam. Terdapat pepetah “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Saat ini kita mengalami kondisi bercerai-berai sehingga wajar pendidikan kita tidak teguh kokoh berdiri. Jika kita menyamakan ideology dalam memandang pendidikan, InsyaAllah pendidikan baik dan merata seluruh Indonesia terwujud. Ideologi pendidikan yang dapat menyatukan bangsa ini adalah “pancasila” yang memang milik bangsa ini dan lahir dari bangsa ini. Sesungguhnya pancasila dapat diterapkan berbagai bidang termasuk pendidikan. Jika kita kompak dan bersatu maka niscaya tercipta cita-cita bangsa yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” dan kemakmuran.

    ReplyDelete
  8. Ideologi matematika merupakan suatu sistem kepercayaan bagaimana matematika diterapkan disekolah. Misal pembelajaran matematika dilakukan secara demokratis atau otoriter. Demokratis berarti siswa membangun pengetahuan sendiri melalui proses pembelajaran dan bahan ajar yang dipersiapkan. Sedang otoriter siswa menerima pengetahuan melalui pembelajaran yang berpusat pada guru. Keyakinan tersebut akan terlihat dalam sistem pembelajaran mulai dari kurikulum dan praktek pembelajarannya. Keyakinan mana yang lebih baik tentu adalah yang mempunyai pendidikan yang bersifat open minded, terbuka.

    ReplyDelete
  9. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Bahwasannya perbedaan dari ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan tentang bagaimana mengembangkan dan mengelola suatu pengetahuan, pengajaran, serta proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ideologi dapat membantu manusia dalam menemukan kemampuan dan keterampilannya. Oleh karena itu ideologi dalam matematika juga memiliki fungsi yang sama dalam membantu manusia untuk menemukan kemampuan dan keterampilannya. Ideologi dalam diri perlu diasah agar semakin terlihat jelas dan dapat digunakan untuk memunculkan kemampuan apa yang dimiliki seseorang dalam matematika dan keterampilan apa yang dimilikinya sehingga dapat memperbaiki kekurangan dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  11. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Berbicara tentang idiologi terkadang kita temukan perbedaan dari apa yang diyakininya masing-masing. tentunya orang yang satu dengan orang yang lain juga berbeda. Namun dalam artikel ini saya memahami bahwa komponen efek ideologis pendidikan yang diutarakan oleh Ernest ini dimana diantaranya terdapat rekonseptualisasi pengetahuan dan dampak dari etos manajerialisme dalam komodifikasi dan fetishization pengetahuan itu sendiri; Selanjutnya terdapat pula ideologi progresivisme dengan fetishization atas gagasan kemajuan; Kemudian muncul komponen lebih lanjut dari individualisme yang selain mempromosikan kultus individu dengan mengorbankan masyarakat serta dapat membantu untuk mempertahankan ideologi konsumerisme; dan yang terakhir Ernest mengungkapkan mengenai mitos standar universal dalam penelitian pendidikan matematika, yang dapat membatalkan strategi penelitian bahwa etika tindakan masyarakat dianggap lebih pantas dalam hal riset tradisional. Sehingga dari pendapat Ernest ini diharapkan kita dapat memahami dan mengaplikasikannya.

    ReplyDelete
  12. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kalimat pertama dalam elegi ini memberikan tamparan pada wajah pendidikan matematika saat ini, terutama di Indonesia, yang mengatakan bahwa Ideologi pendidikan matematika mencakup sistem kepercayaan dimana cara penerapan pendidikan matematika dilaksanakan. Wujud dari kurikulum di Indonesia juga merupakan gamabran ideologi pendidikan matematika. Namun, apakah ideologi ini akan ditaati atau bahkan dicoreng ini bergantung pula pada keyakinan satuan pendidikan tertentu, keyakinan guru dan keyakinan subjek lain dalam pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  13. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ideologi dalam pembelajaran matematika masing-masing orang tidaklah sama. hal tersebut dapat mengakibatkan pada pengetahuan siswa. Sistem pendidikan di Indonesia belum dapat membuat siswanya dalam memahami matematika secara mendalam. Sistem ideologi pendidikan di Indonesia saat ini haruslah diperbaiki untuk lebih baik lagi, terutama dalam pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  14. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam menjalani segala kehidupan tentu harus memiliki idiologi agar hidup kita memiliki visi misi yang jelas sehingga tujuan hidup dapat tercapai, begitu pula dalam pendidikan matematika kita akan mengenal ideologi pendidikan matematika. Ideologi Pendidikan matematika adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkan kemampuan atau keterampilan dalam mengorganisasikan bilangan atau simbol secara terstruktur berdasarkan aturan dan teori yang sudah didefinisikan secara jelas sehingga dapat diperoleh hasil yang benar dan dapat diterapkan dalam kehidupannya. Ideologi pendidikan matematika memiliki beberapa kepercayaan dalam pengimplementasiannya. Sehingga dengan kita menentukan ideologi pendidikan matematika kita sendiri maka kita akan merasa kenapa kita berpikir, untuk apa kita berpikir, dan bagaimana kita berpikir dalam kontek ini adalah tentang matematika.

    ReplyDelete
  15. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)


    Perbedaan pandangan terhadap matematika muncul sejak zaman dahulusampai sekarang. Perbedaan pandangan ini dipengaruhi oleh filsafat yang dianutnya. Sedikitnya ada tiga aliran besar dalam filsafat matematika, yaitu Platonisme, Formalisme, dan Intuisionisme. Para penganut Platonisme menganggap bilangan adalah abstrak, memerlukan eksistensi objek, dan bebas dari akal budi manusia. Menurut aliran Formalisme, matematika adalah tidak lebih dan tidak kurang dari bahasa matematika (mathematical language). Sedangkan menurut paham Intuisionisme, matematika adalah suatu kreasi dari akal budi manusia (Anglin, 1994:
    p. 218-219). Aliran keempat yang sering tidak disebut adalah Eklektisisme yakni faham yang memadukan ketiga filosofi di atas. Perbedaan sudut pandang terhadap matematika mengakibatkan perbedaan dalam mengembangkan dan mengajarkan matematika. Seiring dengan perbedaan tersebut, berkembang pula berbagai teori belajar mengajar matematika.
    Paul Ernest menyatakan bahwa dunia pendidikan terbagi berdasarkan ideologi yang mendasarinya. Terdapat setidaknya lima jenis ideology yaitu industrial trainer, technological pragmatist, old humanist, progressive educator dan public educator. Pandangan mengenai pembelajaran juga sangat terkait dengan pandangan mengenai ilmu yang dipelajari yang dalam hal ini adalah matematika. Perbedaan dalam memandang matematika menyebabkan perbedaan dalam membelajarkannya kepada siswa.

    ReplyDelete
  16. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita tahu bahwa ideologi negara kita adalah pancasila dan kita tahu juga bahwa setiap bidang kajian ilmu ada idelogi nya sendiri-sendiri. Ciri-ciri ideologi adalah sebagai berikut: (a) Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan. (b) Mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pedoman hidup yang dipelihara, diamalkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban. Fungsi ideologi menurut beberapa pendapat ahli: (a) Sebagai sarana untuk memformulasikan dan mengisi kehidupan manusia secara individual (Cahyono, 1986)(b.) Sebagai jembatan pergeseran kendali kekuasaan dari generasi tua (founding fathers) dengan generasi muda (Setiardja, 2001)(c). Sebagai kekuatan yang mampu memberi semangat dan motivasi individu, masyarakat, dan bangsa untuk menjalani kehidupan dalam mencapai tujuan (Hidayat, 2001). Sedangkan Ideologi pendidikan matematika mengemukakan tentang bagaimana pendidikan matematika dapat diimplementasikan baik secara radikal, konservatif, liberal ,dan demokrasi. Dasar pendidikan matematika menyediakan pembenaran mendapatkan status dan dasar dalam kasus ontologi, epistemologi dan aksiologi. Matematika terdiri dari ide-ide pemikiran yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Sedangkan matematika sekolah lebih menekankan pada Matematika sebagai kegiatan mencari pola dan hubungan. Matematika adalah kegiatan kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan; Matematika sebagai sarana pemecahan masalah. Matematika sebagai sarana mengkomunikasikan informasi atau ide

    ReplyDelete
  17. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Ideologi pendidikan matematika mengemukakan tentang bagaimana pendidikan matematika dapat diimplementasikan baik secara radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah. Matematika terdiri dari ide-ide pemikiran yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Sedangkan matematika sekolah lebih menekankan pada Matematika sebagai kegiatan mencari pola dan hubungan. Matematika adalah kegiatan kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan; Matematika sebagai sarana pemecahan masalah. Matematika sebagai sarana mengkomunikasikan informasi atau ide.

    ReplyDelete
  18. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Ideologi pendidikan matematika mencakup sistem kepercayaan penerapan pendidikan matematika. Ideologi itu mencakup radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Perbedaan pendidikan matematika adalah perbedaan bagaimana mengembangkan dan mengatur pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah. Setiap ideologi pasti punya sisi positif dan negatif.

    ReplyDelete
  19. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Ideologi pendidikan matematika merupakan acuan dalam implementasi pendidikan matematika itu sendiri. Dimana ada ideologi radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Kemudian tentang ideologi mana yang digunakan dan dijadikan acuan dalam mengimplementasikan pendidikan matematika tergantung dari kepercayaan masing-masing. Dimana setiap ideologi menentukan tentang bagaimana pengetahuan kita peroleh sehingga mempengaruhi pembelajaran dan pengajaran serta sistem pada sekolahnya.

    ReplyDelete
  20. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Ideologi merupakan pemikiran mendasar dalam diri manusia. Terdapat berbagai macam ideologi yang dianut oleh suatu negara. Ideologi pendidikan matematika sendiri dapat diartikan suatu proses yang yang dilakukan oleh siswa untuk mendapatkan kemampuan dengan menggunakan sebuah konsep di dalam matematika agar dapat memecahkan masalah. Terdapat beberapa komponen ideology yaitu konseptualisasi pengetahuan, ideologi progresivisme, komponen lanjut individualisme dan ideologi konsumerisme, dan mitos standar universal dalam penelitian pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  21. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Filsafat pendidikan matematika meliputi beberapa masalah inti pendidikan matematika mengenai ideologi, landasan, dan tujuannya. Ideologi pendidikan matematika mengemukakan tentang bagaimana pendidikan matematika dapat diimplementasikan baik secara radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi.

    ReplyDelete
  22. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Ideologi pendidikan matematika merupakan keyakinan mengenai bagaimana pendidikan matematika dapat diimplementasikan. Ideologi tersebut meliputi radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Perbedaan diantara ideologi dalam pendidikan matematika memungkinkan terjadinya perbedaan bagaimana seseorang mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah. Bagaimana seorang guru membelajarkan matematika kepada siswa adalah tergantung pada ideologi atau pandangan mereka mengenai matematika. Paul Ernest, dalam peta pendidikan dunia yang dibuatnya, mengidentifikasi 5 ideologi pendidikan matematika yang diasosiasikan dengan kelompok sosial yaitu industrial trainer, technological pragmatist, old humanist, progressive educator, serta public educator.

    ReplyDelete
  23. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Ideologi pendidikan matematika mencangkup sistem kepercayaan tata cara penerapan pendidikan matematika dilaksanakan. Ideologi mencangkup radikal, konservatif, liberal dan demokrasi. Perbedaan yang ada dalam ideologi pendidikan matematika menyebabkan perbedaan bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran dan sekolah. Sehingga guru yang mengajar disuatu sekolah harus mempunyai ideologi yang kuat dan luas agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

    ReplyDelete
  24. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    ideologi pendidikan matematika adalah sebuah system atau sekelompok keyakinan dan nilai-nilai yang berguna mengikat dan digunakan untuk kepentingan sebagai landasan untuk mewujudkan tujuan pendidikan matematika.dapun tujuan dari pendidikan matematika adalah sebagai berikut:Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikian, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsistensi.

    ReplyDelete
  25. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Ideologi pendidikan matematika mencakup sistem kepercayaan dimana cara penerapan pendidikan matematika dilaksanakan. Setiap negara memegang ideologi pendidikan matematikanya sedniri, dan bisa jadi antara negara satu berbeda dengan negara lain. Perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah.

    ReplyDelete
  26. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Ideologi Pendidikan matematika adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkankemampuan atau ketrampilan dalam mengorganisasikan bilangan atau simbol secara terstruktur berdasarkan aturan dan teori yang sudah didefinisikan secara jelas sehingga dapat diperoleh hasil yang benar dan dapatditerapkan dalam kehidupannya. Dalam ideologi-ideologi pendidikan matematika,terdapat dua kubu yaitu kubu tradisional dan kubu reformasi. Paul Ernest, seorang ilmuan, menyatakan dalam peta pendidikan yang dibuatnya, bahwa terdapat lima ideologi dalam pendidikan matematika meliputi industrial trainer (diusung kaum industrialis), technological pragmatist, old humanist, pendidikan progresif dan pendidikan untuk semua (education for all; dalam referensi lain disebut sebagai public educator).

    ReplyDelete
  27. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lima ideologi ini adalah yang pernah dan masih mewarnai kurikulum pendidikan di dunia. Bagaimanapun wujud kurikulum di sebuah negara, dapat ditarik kepada ideologi yang melandasinya. Pun di Indonesia saat ini di mana kurikulum 2013 akan segera diberlakukan. Inilah dunia makro pendidikan. Adapun dunia mikro adalah yang ada dalam pikiran kita masing-masing. Maka kita akan memiliki pandangan tersendiri mengenai pendidikan, matematika menurut dunia makro kita masing-masing. Inilah sebenar-benar kekuatan yang memuat daya ubah dalam dunia pendidikan yang kita tekuni saat ini.

    ReplyDelete
  28. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pendidikan sebagai anggota ilmu pengetahuan sosial tidak terlepas dari pengaruh berbagai sudut pandang para tokoh pemikir pendidikan. Pendidikan berupaya untuk melegitimasi atau melanggengkan tatanan/ struktur pendidikan juga mempunyai tugas untuk melakukan perubahan sosial dan transformasi menuju dunia yang lebih adik. Pendidikan mempunyai tugas agar individu mampu menghadapi perubahan sosial tersebut. Untuk sampai pada pemilihan posisi mana yang akan dijalankan (apakah melanggengkan struktur atau merubah struktur) dapat dicapai melalui ideologi pendidikan mana yang akan dianut.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dari tulisan ini saya mengetahui bahwa ideologi pendidikan matematika mencakup sistem kepercayaan dimana cara penerapan pendidikan matematika dilaksanakan. Mereka mencakup radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi.
    Indonesia menganut ideologi Demokrasi dalam sistem pemerintahannya. Sedangkan dalam kebangsaannya Indonesia menganut Ideologi Pancasila. Berbeda dengan negara barat yang memang ideologi kebangsaannya adalah demokrasi. Namun entah mengapa kiblat sistem pendidikan Indonesia mengikuti pendidikan barat. Mungkin hal ini yang menyebabkan terjadi pandangan yang polivergen dan membuat kebingungan bagi bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  30. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ideology matematika adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkan kemampuannya atau ketrampilan dalam mengorganisir bilangan dan symbol seseuai dengan aturan dan teori yang telah ada. Ideology matematika ini sangat penting dalam kemajuan ilmu matematika pada saat ini.

    ReplyDelete
  31. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Begitu banyak ideologi pendidikan yang ada. Bagaimana memilih ideologi pendidikan adalah disesuaikan dengan kultur dan karakteristik dari bangsa atau negara tersebut. Ideologi pendidikan bermanfaat sebagai acuan mau dibawa kemana pendidikan yang ada. Ideologi ini mempengaruhi setiap kebijakan yang ada di dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  32. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Ideologi Pendidikan matematika adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkan kemampuan atau ketrampilan dalam mengorganisasikan bilangan atau simbol secara terstruktur berdasarkan aturan dan teori yang sudah didefinisikan secara jelas sehingga dapat diperoleh hasil yang benar dan dapat diterapkan dalam kehidupannya. Dengan demikian maka tidak diherankan terdapat perbedaan ideologi pendidikan matematika pada beberapa penyelenggara pendidikan setiap negara. Penyesuaian penggunaan ideologi pendidikan matematika ini harus memperhatikan aspek kebutuhan, situasi dan kondisi dimana ideologi itu akan diterapkan.

    ReplyDelete
  33. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ideologi pendidikan matematika mempengaruhi keyakinan seseorang tentang bagaimana matematika seharusnya diimplementasikan dalam pembelajaran. Keyakinan yang dianut oleh seseorang tentu akan mencerminkan bagaimana mereka menerapkan pembelajaran matematika dan praktiknya di dalam lembaga pendidikan. Mengubah pandangan seseorang terutama ideologinya tidak akan mudah. Ideologi seseorang akan mencerminkan apa yang mereka pikirkan. Pikiran tidaklah mudah untuk dipengaruhi apabila konsep-konsep yang baru benar-benar bertentangan dengan konsep-konsep yang sebelumnya mereka pahami sebagai suatu ideologinya.

    ReplyDelete