Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 30: Tasyakuran Ketiga (Proyek Syurga)




Oleh Marsigit

Cantraka:

Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh. Audzhubilah Himi-nassyaeton nirojim Bismillah Hiro-khman Nirokahim. Alhamdulillah hirabbil alamin. Wasalatu Wasa-lamu Ala Asrofil Ambyai Warmu-salin Syayidina muhammadin wa-ala alihi wasyohbihi ajma’in. Ama ba’du. Amin. Hadirin yang dimuliakan Allah, perkenankanlah saya menyampaikan bahwa untuk kali ini saya diberi tugas oleh Sang Bagawat Selatan untuk memandu Acara pada sore hari ini.

Perlu kami sampaikan bahwa Bagawat Selatan menghendaki bahwa Acara Tasyakuran Spiritul Kegita ini diselenggarakan pada bulan Dzulhijah, sehabis salat Ashar, dengan harapan memperoleh waktu yang baik untuk memohon ampunan atas dosa-dosa kita semua yang telah kita lakukan di waktu yang lampau. Oleh karena itu telah hadir ditengah-tengah kita di samping Bapak Ustad Jalaludin Rakhmat, juga hadir Bapak Kyai Mursidin. Perlu kami sampaikan bahwa sebelum acara inti tausiah dari Ustad Jalaludin Rakhmat, Sang Bagawat Selatan menghendaki didahului dulu dengan doa permohona ampun dosa-dosa. Untuk itu kami mohondengan hormat kepada Bapak Kyai Mursidin kiranya dapat memimpin doa-doa tersebut. Waktu dan tempat dipersilahkan.

Kyai Mursidin:
Ilaa Hadlratin Nabiyyil Musthafaa Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallama wa Shahbihi Ajma’iina syai-un Lillaahi Lahumul Faatihah. Bismillaahirrahmaanirrahim. Alhamdu Lillaahi Rabbil Alamiin. Arrahmaaniraahim. Maaliki Yaumiddiin. Iyyaaka Na’budu wa Iyyaaka Nasta’iin. Ihdinash Shiraathal Mustaqiim. Shiraathal Ladziina An’amta ‘Alaihim Ghairil Maghdluubi ‘Alaihim Walazhzhaaalliin. Allhohumma inna nas aluka sala-matan fidinnina. wa’afiatan filja-zatina, waziadatan fil ilmina, wa-barokatan fi rizkina, wa taubatan qoblal mautina, warakhmatan indal mautina, wamaghfirotan ba’dal mautina. Allohuma hawin alaina fi sakarotil maut, wanajata minanar, wal afa indal hisabi. Robbana latusikulubana, ba’dait hadaitana, wahablana miladunka rohmah. Innaka antal wahab. Robbana atina widunya khasa-nah, wafil akhirati khasanah wa-qina adzabanar. Robighfirli wali-wali daya warhamhuma khama robayana sohiroh. Robbana ha-blana min azwazina, waduriatina, qurota a’yun wajalna lil mutaqina imama. Robbana dholamna anfu-sana, wailam taghfirlana, watar-hamna, lana qunana minal ghosi-rin. Subhana robika robil izati ama yasifun, wasa-lamun alal mursalin walham-dulillah hirobbil ‘alamin. Bismillaahir Rahmaanir Rahiim. Wa shallalltu ‘alaa sayyidina Maulanaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam. Allahumma ma’amiltu fii hazihis sanati Mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu. Wa la tardhadu wa lam tansahu wa halimta ‘Alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati Wa dautanii ilaa taubati minhu bad;da Jara atii ‘alaa ma’shiyatika fa innii Astagfiruka fagfir lii. wa maa ‘amiltu Fiiha mimmaa tardhaahu wa waadtani ‘alaihi Tsawaaba fa as-aluka Allahuma ya Karimu Yaa zal jalaali wal ikraam an tataqabbalahu Minni laa taqtha’rojaa-ii minka Yaa Kariim wa shallallahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi. Alhamdulillah hirabil alamin.

Cantraka:
Amin..amin..ya robbil alamin. Demikianlah doa permohonan ampun yang dipimpin oleh Bapak Kyai Mursidin. Terimakasih kamu haturkan kepada Bapak Kyai Mursidin. Selanjutnya kita memasuki acara inti yaitu melanjutkan tausiah tentang Proyek Membangun Syurga yang akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak Ustad Jalaludin Rakhmat. Waktu dan tempat dipersilahkan.

Jalaludin Rakhmat:
Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh. Audzhubilah Himi-nassyaeton nirojim Bismillah Hiro-khman Nirokahim. Alhamdulillah hirabbil alamin. Wasalatu Wasa-lamu Ala Asrofil Ambyai Warmu-salin Syayidina muhammadin wa-ala alihi wasyohbihi ajma’in. Ama ba’du. Bapak Ibu dan para hadirin yang di muliakan Allah, perkenankanlah saya melanjutkan uraian saya perihal Program Menghuni Syurga. Pada dua pertemuan yang lalau saya sudah menguraikan butir-demi butir sampai nomor duapuluh dua. Harapannya pada kesempatan ini saya akan dapat menyelesaikan semuanya. Baiklah. Sebetulnya ada banyak sekali kegiatan-kegiatan di dunia ini yang dapat kita kerjakan sebagai tabungan kita besok di syurga. Sedangkan yang saya sampaikan itu masihlah bisa ditambah-tambah. Apa-apa yang harus kita lakukan di dunia ini agar kita dapat menjadi ahli surga antara lain:

Duapuluhtiga: Memperbanyak Membaca Al-Qur’an
Rasulullah yang mulia bersabda:”Wahai Salman, hendaknya kamu membaca Al-Qur’an karena membacanya menghapuskan dosa, melindungi dari neraka, dan menyelamatkan dari siksa. Bagi orang yang membaca setiap ayat Al-Qur’an, dituliskan pahala seratus syahid. Untuk setiap surat diberi pahala nabi. Rahmat turun kepada orang yang membaca Al-Qur’an. Para malaikat beristigfar baginya, surga merindukannya, dan Allah meridainya”.

Duapuluhempat: Terus-menerus Berdoa
Berdoa adalah mengetuk pintu Tuhan. Barang siapa banyak mengetuk pintu, maka pintu itu akan dibukakan baginya. Rasulullah SAW bersabda:”Sesunguhnya Allah mencintai pemohon yang terus menerus”. Dari Imam Ja’far Al-Shadiq As:”Demi Allah, bila seorang mukmin terus-menerus berdoa kepada Allah untuk memenuhi keperluannya, Allah akan memenuhinya”.

Duapuluhlima: Berpartisipasi Dalam Melakukan Kebaikan (Memberikan Bantuan)
Allah Azza wa Jalla berfirman:”Barang siapa melakukan amal saleh, baik laki-lakimaupun perempuan, dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. Q.S. Al-Nahl:97. Rasulullah SAW bersabda:”Sedekah mukmin menolakkan dari pelakunya bencana dunia, fitnah kubur, dan azab akhirat”.

Duapuluhenam: Berpartisipasi dalam Acara-acara Keagamaan
Diriwayatkan dari para Imam As:”Hidupkanlah urusan kamu, Semoga Allah menaburkan rakhmat kepada siapa saja yang menghidupkan urusan kami”

Duapuluhtujuh: Menghidupkan Malam-malam yang Penting
Malam-malam penting adalah malam-malam yang di dalamnya manusia dapat memperoleh pahala yang besar, seperti malam Qadar di bulan Ramadan atau malam Al-Bidh di bulan Syakban.

Duapuluhdelapan: Membayar Khumus yang Diwajibkan Kepadanya sehingga Mensucikan Hartanya
Imam Mahdi As. bersabda:”Laknat Allah, para malaikat, dan seluruh manusia dijatuhkan atas orang-orang yang menahan satu dirham dari harta-harta kami”

Duapuluhsembilan: Menjalankan Semua Kewajiban Dengan Penuh Perhatian, Kerajinan, dan Kecermatan
Kewajiban-kewajiban itu antara lain salat, puasa, zakat, khumus, haji, jihad, amar makruf nahi munkar, bersahabat dengan kekasih Allah dan berlepas diri dari musuh-musuh Allah. Semuanya itu dilakukan dengan penuh keikhlasan karena Allah Azza wa Jalla, bukan karena kepentingan dunia yang fana. Diriwayatkan dalam hadis:”Pada hari kiamat, ada manusia memperoleh amal sebesar bukit tetapi Allah memerintahkan mereka masuk neraka. Maka takjublah para malaikat. Mereka bertanya:”Mengapa begitu?” Manusia itu menjawab:”Dahulu kami beramal bukan karena Allah”.

Tigapuluh: Tidak Boleh Bergunjing
Rasulullah bersabda:”Sucikan pendengaran kamu dari mendengarkan pergunjingan, karena yang berbicara dan yang mendengar bersekutu dalam dosa”. Diriwayatkan dalam banyak hadis bahwa siksa kubur disebabkan oleh Namimah, pergunjingan, dan dusta. Diriwayatkan juga bahwa kalau seorang mukmin mendengar saudaranya yang dipergunjingkan tetapi ia tidak mebelanya, maka ia sudah menghianati Allah dan Rasul-Nya.


Demikian Bapak Ibu dan hadirin semuanya yang dapat saya sampaikan perihal ikhtiar kita menjadi ahli surga. Sebagai penutup sekaligus untuk mengakhiri perjumpaan saya dengan Bapak Ibu dan hadirin semua, marilah kita memohon doa kepada Allah SWT agar kita diampuni segala dosa-dosa yang lalu. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada junjungan dan pemimpin kami Muhammad dan keluarga serta para sahabat-sahabatnya. Ya Allah, perbuatan yang engkau larang aku melakukannya sedang aku telah melakukannya di tahun ini dan tidak bertobat darinya dan Engkau tidak meridai dantidak melupakannya, dan Engkau tangguhkan hukumanku, dan engkau serukan kepadaku agar bertobat darinya setelah aku berani mendurhakai-Mu, maka aku mohon ampun kepada-Mu dan ampunilah dosaku. Dan perbuatan yang kulakukan di tahun ini dan Engkau rida serta Engkau janjikan pahala-Nya bagiku, maka aku mohon kepada-Mu, ya Allah ya Tuhan Yang maha Pemurah, ya Tuhan yang memiliki keagungan dan kemuliaan agar Engkau menrimanya dariku dan tidak memutuskan harapanku dari-Mu, ya Tuhan Ynag Maha Pemurah. Semoga Alah melimpahkan shalawat dan salam kepada sayyidina Muhammad dan keluarga serta para sahabatnya. Amin ya robbil alami. Demikian saya mohon maaf atas kekurangannya dan mohon diri. Amin.

Referensi:
Jalaluddin Rakhmat: Meraih Cinta Ilahi-Pencerahan Sufistik, Bandung: Rosda

40 comments:

  1. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Do’a memiliki power yang kuat dalam kehidupan kita, tanpa doa kepada Allah SWT maka usaha kita seakan-akan belum lengkap. Setiap orang berhak untuk berdoa, namun tentang terkabulnya doa, kita tidak pernah tau. Oleh karena itu kita berdoa berjamaah , diutamanakn di pinpin oleh orang yang dipandang ‘alim, karena orang alim yang sedikit maksiatnya dapat menjadi wasilh terkabulnya doa. dan dalam elegi iklas kali ini doa dipimpin oleh bapak kyai musyidin. Selain itu, dalam silaturahmi ketiga ini dilanjutkan berbagai amaliyah-amaliyah serta berbagai hal yang harus dijauhi oleh manusia untuk menuju ridho Allah SWT seperti memperbanyak Al-Quran, terus menerus berdoa, berpartisipasi dalam melaksanakan kebaikan. Beribadah tidak hanya hubungan kita dengan Allah, namun, beribadah juga dengan menjaga hubungan baik dengan teman , memberikan manfaat dan tidak merugikannya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Eligi ini mengingatkan kita bahwa untuk menggapai surga Tuhan diperlukan usaha. Usaha yang daat dan harus dilakukam manusia adalah berdoa, berbuat baik, dan membaca kitab suci. Kita suci dibuat untuk menuntun manusia agar sesuai dengan ajaran Tuhan. Kitab suci adalah panutan bagi manusia di dalam perbuatannya di bumi. Selain itu, yang perlu diingat dan dilaksanakan adalah tanggunga jawab dan kewajiban kita didalam melaksakan segala perintah Tuhan yang sudah tertulis di kitab suci.

    ReplyDelete
  3. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Setiap membaca proyek ini, tak sengaja saya pun terus berdo’a oga kita semua dapat mencapai surganya Allah dengan usaha yang sudah kita wujudkan di dunia ini. Semua yang sudah kita kerjakan di dunia ini, tentu ada balasan dari Allah. sekecil apapun amalan kita akan menjadi pertimbangan Allah dalam memberikan tempat kita di akhirat nanti. Sudah jelas, pedoman kita di dunia ini adalah Al Qur’an beserta hadist yang sudah jelas diturunkan kepada kita. Lantas mengapa kita masih meragukannya? Bukannya di dunia ini hanya sementara? Marilah kita berjuang untuk mewujudkan proyek ini. Semoga Allah memberikan tempat yang indah (surga) kepada kita besok di akhirat. Amiin.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Orang yang menggungjing sahabatnya ataupun oarang yang dia kenal, seolah-olah memakan bangkai orang yang di gunjing tersebut. Allah SWT Berfirman dalam Al-Qur'an yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” [Q.S. Al Hujuraat 12].

    ReplyDelete
  6. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Melaksanakan semua perintah-Nya dengan penuh kesungguhan, rajin, dan cermat. Ikhlas dan tawakal kepada Allah swt. Allah swt tidak menyukai orang-orang yang senang bergunjing. Karena sejatinya dalam bergunjing itu terdapat banyak dosa yang mengintai. Membicarakan maupun mendengarkan gunjingan yang tidak baik sama halnya menimbun dosa. Oleh karenanya menghindar dari perbuatan menggunjing orang lain akan lebih baik. Itulah beberapa amalan yang telah dijabarkan dan dapat dilakukan manusia sebagai bekal menuju syurga Allah swt. Semoga dapat menjadi salah satu manusia pilihan Allah swt yang dapat menikmati indahnya syurga. Amin.

    ReplyDelete
  7. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Elegi ini menyempurnakan 2 elegi sebelumnya terkait proyek surga. Ternyata ada banyak hal yang menjadi tangga penghubung kita ke surga. Dari 30 yang termuat ditulisan ini semoga dapat kita laksanakan/sempurnakan satu persatu. Semoga Allah meridhoi langkah kita untuk menjadi hamba-Nya yang lebih baik. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Sesungguhnya manusia di bumi tujuannya adalah menjadi seorang ahli surge. Namun terkadang di perjalanan dalam menggapai ahli surge manusia terkadang enggan untuk menjalankan kewajiban apa saja yang harus dilakukan sebagai manusia yang menggapai ahli surga. Manusia lupa untuk berikhtiar semaksimal mungkin untuk menjadi seorang ahli surga. Semoga kita semua bisa menjadi salah-satu dari ahli surga tersebut.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  9. Sesungguhnya manusia di bumi tujuannya adalah menjadi seorang ahli surge. Namun terkadang di perjalanan dalam menggapai ahli surge manusia terkadang enggan untuk menjalankan kewajiban apa saja yang harus dilakukan sebagai manusia yang menggapai ahli surga. Manusia lupa untuk berikhtiar semaksimal mungkin untuk menjadi seorang ahli surga. Semoga kita semua bisa menjadi salah-satu dari ahli surga tersebut.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  10. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Saling berpegangan eratlah kawan, karena proyek menuju surga ada beribu cara dan banyak rintangannya. Ada banyak sekali kegiatan di dunia ini yang dapat kita kerjakan sbagai tabungan kita kelak di akhirat, sehingga ayo kita perbanyak membca Al Quran, berdoa tiada henti, selalu melakukan kebaikan, berkontribusi dalam acara keagamaan, menghidupkan malam-malam yang penting, mengeluarkan zakat/ infaq/ shodaqoh, melakukan kewajiban dengan penuh perhatian dan ketulusan, mengurangi atau bahkan menghindari kegiatan ghibah, dan masih banyak lagi. Yang terpenting adalah, niatkan dahulu dalam hati segala perbuatan baik ini hanya untuk memperoleh keridhoan dan keberkahan dari Allah. Semoga kita termasuk hamba-hambaNya yang istiqomah dijalanNya, amin, Wallahu’alam bishowab.

    ReplyDelete
  11. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Langkah demi langkah merupakan salah satu cara seseornag untuk mencapai tujuannya. Saat menuju tujuan tersebut tentu saja dia akan menghadapi dan berpapasan dengan segala hal yang mungkin saja dapat menjadi penghalang ataupun dapat menjadi pemberi manfaat bagi diri kita. Hal ini sama saja saat seornag manusia ingin masuk surga maka dibutuhkan usaha dengan menapaki langkah-langkah menuju tempat terindah tersebut. Oleh karena itu langkah-langkah ini disertai dengan keikhlasan sebagai cara kita dalam mencintai Allah.

    ReplyDelete
  12. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Fenomena yang terjadi di kalangan manusia, entah itu tua atau muda, mereka mengalami kebobrokan dalam membaca al-quran. Dalam sehari, mereka mampu membaca status 3 jam full namun mereka tak sanggup lagi untuk membaca al quran dalam waktu kurang dari 30 menit. Sekarang ini mereka lebih fasih dengan bahwasa gaul atau yang kita sebut dengan bahasa Alay. Oleh karena itu, kemrosotan ini sangatlah berdampak pada kemampuan mereka dalam membaca al quran. Semoga anak cucu kita senantiasa dilindungi untuk menjaga al quran dalam diri mereka. Aaamiiin
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  13. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    8 perkara yang dapat dilakukan demi menggapai syurga yang kekal dan abadi dan dapat bertemu dengan Rasullullah SAW dan bersanding dengan Alloh SWT. 8 perkara tersebut adalah: dua puluh tiga: Memperbanyak Membaca Al-Qur’an, dua puluh empat: Terus-menerus Berdoa, dua puluh lima: Berpartisipasi Dalam Melakukan Kebaikan (Memberikan Bantuan), dua puluh enam: Berpartisipasi dalam Acara-acara Keagamaan, dua puluh tujuh: Menghidupkan Malam-malam yang Penting, dua puluh delapan: Membayar Khumus yang Diwajibkan Kepadanya sehingga Mensucikan Hartanya, dua puluh sembilan: Menjalankan Semua Kewajiban Dengan Penuh Perhatian, Kerajinan, dan Kecermatan, tiga puluh: Tidak Boleh Bergunjing.

    ReplyDelete
  14. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terima kasih Prof. untuk elegi tasyakuran 3 (proyek syurga). Elegi ini semakin melengkapi hal-hal yang dapat kita lakukan selagi masih di dunia agar kelak di akhirat mendapatkan syurgaNya Allah SWT. Dari sekian banyak cara untuk mengapai surga Allah SWT semoga saya dapat mengamalkan semuanya. Aamiin aamiin Tidak cukup sepeti itu kita juga harus senantiasa membantu saudara kita yang kesulitan karena untuk mengapai surga Allah SWT tidak cukup hanya beribadah namun senantiasa bersilaturahmi, menolong, serta berhubungan baik dengan sesama manusia.

    ReplyDelete
  15. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Al-Qur`an adalah tuntunan hidup. Hidup baik dan tenang adalah impian setiap manusia. Dengan mengamalkan kebaikan-kebaikan dalam Al-Qur`an manusia akan dapat hidup dengan baik dan tenang. Banyak manfaat yang didapat saat seseorang membaca Al-Qur`an, yaitu: meningkatkan kimanan dan ketaqwaan, menjadi bahan renungan, menjadi pengingat akan kebesaran Allah, menjadi semua pedoman dalam hidup, menjadi amal salih, dan dapat menjadi motivasi. Jadi, dengan meluangkan banyak waktu untuk membaca akan dapat mengantarkan kita menuju hidup yang lebih baik dan mendapatkan kunci syurga.

    ReplyDelete
  16. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Poin tigapuluh menyatakan larangan bergunjing, yaitu Rasulullah bersabda:”Sucikan pendengaran kamu dari mendengarkan pergunjingan, karena yang berbicara dan yang mendengar bersekutu dalam dosa”. Diriwayatkan dalam banyak hadis bahwa siksa kubur disebabkan oleh Namimah, pergunjingan, dan dusta. Diriwayatkan juga bahwa kalau seorang mukmin mendengar saudaranya yang dipergunjingkan tetapi ia tidak mebelanya, maka ia sudah menghianati Allah dan Rasul-Nya.
    Sepertinya bergunjing merupakan suatu rutinitas terutama bagi kaum perempuan, padahal menjaga lidah dari perkataan yang menyakitkan dan kotor itu perlu. Oleh karena itu, manusia perlu menjaga keselamatan lidah agar selamat dari api neraka.
    Selain itu, bergunjing juga akan membuang waktu/kesempatan yang telah diberikan Allah kepada kita. Waktu yang seharusnya untuk berbuat kebaikan, malah disia-siakan hanya untuk menggunjing kejelekan orang lain. Kita hendaknya saling instropeksi diri bahwa setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

    ReplyDelete
  17. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Ada banyak hal yang bisa kita usahakan untuk mendapatkan surga. Semua orang tentu menginginkan surga sebagai tempat tinggal diakhirat nanti. Allah sudah memberikan jalan dan cara – cara yang dapat ditempuh oleh manusia untuk mendapatkan surga. Surga adalah bagi orang yang mau dan berkomitmen untuk beribadah kepada Allah. Beribadah tidak melulu berdiam seorang diri, diam, berdzikir dan sholat. Perbuatan baik yang diniatkan dengan baik pu termasuk ibadah.

    ReplyDelete
  18. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit telah mengingatkan perihal amalan-amalan dan larangan apa saja yang harus dilaksanakan untuk menggapai surga. Sebagai seorang wanita, apalagi dengan budaya yang ada seperti sekarang, gossip dianggap sesuatu yang wajar bahkan dibenarkan. Rasulullah pernah berkata bahwa ‘Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu tentang dirinya, maka berarti kamu telah menggibahnya (menggunjingnya). Namun apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah menfitnahnya (menuduh tanpa bukti).’ Ghibah dan menfitnah sama-sama diharamkan. Namun untuk ghibah dibolehkan jika ada tujuan yang syar’i yaitu dibolehkan dalam enam keadaan sebagaimana dijelaskan oleh Imam Nawawi.

    ReplyDelete
  19. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Banyak jalan menuju rumah sepertinya bukan hanya sesuai untuk mengobarkan semangat dalam menggapai suatu target namun juga dapat diartikan dalam hal ibadah kepada Tuhan YME. Bahwa Tuhan membukakan jalan seluas-luasnya dalam beribadah kepada-Nya. Hal yang terlihat kecilpun seperti senyum adalah bagian dari ibadah. Semoga kita adalah bagian dari orang-orang yang memanfaatkan jalan itu sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  20. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Allah memberikan jalan yang sangat luas kepada kita untuk dapat menuju surga. Banyak hal-hal yang ringan dilakukan namun memiliki nilai amalan yang besar yang dapat menjadi penghantar kita menuju surga. Diantaranya adalah dzikir dan doa, bahkan yang dilakukan dalam hati sekalipun. Allah juga tidak menuntut kita melakukan hal-hal yang sifatnya mahal, ternyata tiket surga itu dapat diperoleh dengan murah, misalnya dengan selalu membiasa kan diri membaca Al Qur’an, menghadiri majlis-majlis ilmu dan dzikir, ringan dalam melakukan kebaikan, menghidupkan malam-malam dengan sholat dan dzikir, dsb. Tidak harus mahal, yang terpenting adalah kita melakukannya dengan niat yang tulus ikhlas hanya mengharap ridha Allah, dan beristiqomah dalam menjalankannya.

    ReplyDelete
  21. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Seperti pada postingan sebelumya terdapat amalan-amalan dalam menggapai syurga dan sekalius sebagai sesi yang terakhir. Yaitu: memperbanyak membaca Al-Qur’an, terus menerus berdoa, berpartisipasidalam melakkan kebaikan, berpartisipasi dalam acara-acara keagamaan, menghidupkan malam-malam yang penting, membayar khumus aar mensucikan harta, menjalankan semua kewajiban dengan penuh perhatian kerajinan dan kecermatan, serta tidak boleh bergunjing.

    ReplyDelete
  22. 17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih bapak atas 3 sesi artikel yang memuat amalan-amalan yang dapat kita terapkan agar dapat meningkatkan kualitas diri menjadi semakin taat dan menjadi hamba yang penuh harap akan Ridho Allah SWT. Setelah mengetahui dan mengamalkan semoga kita juga diberi kemudahan untuk istiqomah. Karena bahkan setiap tarikan nafas kita yang diiringi dzikir akan menjadi doa yang InsyaAllah menjanjikan surga, apalagi amalam-amalan yang nyata lainnya.Hal yang paling penting adalah melakukannya dengna ikhlas, karena keringat yang keluar tanpa keikhlasan pun hanya akan memunculkan lelah.

    ReplyDelete
  23. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Alhamdulillah, luar biasa dalam tasyakuran ketiga ini, banyak amalan soleh yang perlu kta lakukan dan laksanakan. Berdoa adalah salah satu amalannya, dengan berdoa kita akan lebih mantap dalam menjalankan ibadah-ibadah lainnya. Semoga dengan doa dan keihklasan ibadah kita dapat menjadi proyek yag berhasil di surge kelak. Aamiin.

    ReplyDelete
  24. Latifah Fitriasari
    PM C

    Pemilihan amalan unggulan sesuai kondisi dan karakter diri kita dapat membuat upaya kita meraih surga menjadi aktifitas yang indah. Kita mesti berlomba-lomba untuk mendapatkan surga itu. Secara umum banyak sekali amalan-amalan surgawi yang dapat kita lakukan, tanpa membedakan jenis kelamin, apakah perempuan ataupun pria. Dan ternyata memang banyak hal kebaikan yang dapat kita lakukan sesuai kemampuan kita, itu berarti banyak jalan untuk menuju surga. Agar Masuk Surga Salah satu upaya penting yang harus kita lakukan untuk meraih nikmat surga, ialah dengan berdoa dan berusaha.

    ReplyDelete
  25. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PMC

    Al Quran akan menjadi salah satu penolong kita di hari akhir kelak. Maka dari itu, sedari di dunia kita harus senantiasa menjadikan Al Quran sebagai pedoman kita, sebagai teman kita. Jangan sampai kita mampu membaca berita, buku pelajaran, novel, tetapi kita abai membaca Al Quran. Jangan sampai Al Quran yang kita miliki hanya menjadi hiasan di rumah kita. Semoga kita senantiasa dimudahkan untuk membaca, menghafal, memahami, dan menerapkan Al Quran dalam hidup kita.

    ReplyDelete
  26. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sungguh tragis nasib seseorang yang banyak berbuat amal namun pada akhirnya tergelincir di akhir hayatnya. Naudzubillahimindzalik. Mari kita bersama-sama berdoa mudah-mudahan kita semua dapat meninggalkan dunia ini dengan cara yang khusnul khotimah. Sehingga amalan dan pahala-pahala yng telah kita buat selama hidup di dunia ini tidak hangus dihadapan Allah SWT, mempernbanyak dzikir kepada Allah akan memudahkan kita dalam menuju alam akhirat sehingga kita bisa meninggalkan dunia ini dengan khusnul khotimah. Amin ya robbal alamin.

    ReplyDelete
  27. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Elegi ini merupakan kelanjutan dari 2 elegi Prof. sebelumnya tentang proyek syurga. Telah genap 30 cara yang diungkapkan oleh Ustad Jalaluddin Rakhmat. Tiga puluh cara yang dapat membantu kita menuju surga tersebut jika dapat kita lakukan dengan baik dan sungguh-sungguh semoga saja akan membantu kita di akhirat kelak. Terima kasih Prof. untuk rangkaian proyek syurga yang semoga dapat membantu dan semakin menyadarkan kami untuk terus melakukan cara-cara yang telah dipaparkan dari elegi-elegi tersebut.

    ReplyDelete
  28. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Banyak amalan yang mampu mengantarkan kita ke syurga. Dengan sikap ikhlas dan hanya semata mengharap ridha Tuhan, maka inshaAllah mampu mengantarkan kita menuju negeri syurga. Salah satu amalan yag dapat dilakukan adalah memperbanyak membaca Al Quran. Dengan memperbanyak membaca Al Quran dan mentadaburinya, inshaAllah mampu menghapus dias dan melindungi diri dari neraka serta menyeleamarkan dari siksa. Semoga dengan kita belajar ikhlas unutk mempelajari Allah dapat membuahkan hasil yang dapat mengantarkan kita ke syurga. aamiin

    ReplyDelete
  29. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Membaca al-Quran ialah ibadah yang dapat dilakukan oleh siapa saja, pahala orang yang membaca al-quran ialah satu huruf dibalas dengan sepuluh kebaikan. ambil contoh ayat "alif-laam-miim" dalam awal surat al-baqara jika dibaca kita tidak hanya mendapatkan sepuluh kebaikn, melainkan alif sepuluh kebaikan, lam sepuluh kebaikan, mim sepuluh kebaikan. Subhanallah walkhamdulillah banyak cara agar kita dapat menuju Allah dan mendapatkan keridhaanNya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  30. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Konsep mengulang-ulang doa yang telah kita panjatkan ialah salah satu upaya yang kita lakukan untuk dapat mendekati Allah sedekat-dekatnya dan yang lebih penting lagi aialah kit tidak tahu dari mulut siapa doa akan dikabulkan dan doa kapan yang akan diijabah, oleh karena itu kita seharusnya tidak lelah untuk berdoa, seperti Allah yang tidak jenuh kita menengadahkan tangan dan meminta, Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  31. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Segala perbuatan di dunia akan berdampak di akhirat. Jika di dunia banyak melakukan kebaikan akan memudahkan untuk masuk surga. Memanfaatkan ibadah dan melaksanakan perintah Allah dengan membaca Alquran dan perbanyak solat malam. Membaca Alquran dengan memahami artinya dan mengamalkannya dalam perbuatan itulah lebih baik. Oleh karena itu, marilah kita perbanyak amal di dunia untuk bekal di akhirat nanti.

    ReplyDelete
  32. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Lisan ini memang banyak sekali manfaatnya. Kita dapat berbicara, bercerita, bernyanyi dan sebagainya. Memang sudah semestinya lisan ini digunakan untuk berbicara. Tetapi bagaimana jika berbicara untuk membicarakan keburukan orang lain? Ya, menggunjing. Bolehkah kita menggunjing? Sunggung Allah melarangnya. Hendaknya kita menjaga dengan sebaik-baiknya lisan kita agar tidak pernah hati kita terkotori dengan perilaku menggunjung. Agar kita dibukakan oleh Allah pintu surgaNya.

    ReplyDelete
  33. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Menabung tidak hanya dalam materi, namun menabung juga bisa dalam amal ibadah. Tabungan materi tidak akan dibawa ketika di akhirat nanti maka Tabungan yang sesunggguhnya adalah tabungan kita untuk kehidupan setelah hidup. Maka tabungan ini harus kita isi dengan memperbanyak, mengintenskan ibadah dan perbuatan baik.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  34. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Poin 24 menunjukan bahwa terus-menerus berdoa itu penting. Jangan berputus asa dalam berdoa. Perbanyak doa, berdoa dikala sempit maupun lapang. Dan juga jangan lupakan adab-adab dalam berdoa. Sungguh, doa akan mendekatkan kita pada pertolongan Allah.

    ReplyDelete
  35. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    kelanjutan dari elegi sebelumnya, kembali kami dapatkan 10 poin penting yang harus kita perhatikan agar kita bisa menggapai ridho Allah. Bagi saya yang masih fakir ilmu, belum sempurna saya melaksanakannya. namun yang terpenting adalah kita semua mau untuk berusaha berubah menjadi lebih baik. pada akhirnya kita lah yang menentukan nasib kita.
    saya teringat pada quote favorit saya yang saya temukan di salah satu akun FB.

    There are two writers on your shoulder. Which one are you keeping busy?

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas pelajar hidup yang bapak sajikan dalam tulisan di atas. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan kepada bapak agar tetap semangat dalam membagikan ilmu-ilmu dan pengalaman-pengalaman hidup kepada kami. Akhirnya amalan-amalan untuk membangun syurga digenapkan menjadi 30. Sungguh pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Tentunya mengamalkan 30 amalan tersebut tidaklah mudah. Mebutuhkan konsistensi yang tinggi. Semoga Allah selalu memudahkan kita dalam menuntut ilmu untuk menggapai syurga-Nya. Aamiin!!

    ReplyDelete
  37. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Dalam elegi di atas terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam berikhtiar menggapai surga, yang merupakan lanjutan dari elegi sebelumnya. Kita harus berusaha belajar untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an, selalu berdoa, selalu melakukan kebaikan, berkumpul dengan orang-orang yang shaleh, membayar khumus yang diwajibkan kepadanya sehingga mensucikan hartanya, dan menjalankan kewajiban dengan penuh perhatian, kerajinan, serta tidak boleh bergunjing. Demikianlah beberapa perkara yang seharusnya kita lakukan. Tentu dalam menjalankan perkara tersebut haruslah dilandasi dengan keikhlasan yang tinggi. Ketika kita ikhlas instaAllah langkah kita semakin ringan. Namun jika terbesit rasa tidak ikhlas maka langkah kita akan terasa semakin berat. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang diperingankan langkahnya untuk menggapai surga.

    ReplyDelete
  38. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sesungguhnya setiap amalan yang kita lakukan, yang paling penting adalah kita melakukannya dengan penuh keikhlasan. Bukan untuk dilihat oleh orang lain. Dengan melakukan sesuatunya secara ikhlas, niscaya semua akan terasa mudah untuk dijalani. Untuk melakukan semua kebiasaan baik, harus dimulai dengan memiliki keberanian untuk memulainya.

    ReplyDelete
  39. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Sesungguhnya bergunjing merupakan dosa besar. Tetapi seringkali manusia tanpa sadar bergunjing ketika bertemu dengan teman. Berkatalah yang baik atau lebih baik diam. Haruslah kita menjaga diri dan lisan kita untuk kebaikam kita sendiri. Sesungguhnya bergunjing bak memakan bangkai sodara sendiri. Jagalah diri dari bahaya bergunjing

    ReplyDelete
  40. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Dalam postingan kali ini saya ingin mengulas tentang larangan bergunjing. Bergunjing amat dibenci oleh Allah. Sekalipun hal yang dibicarakan itu adalah kenyataan tetap saja itu adalah perbuatan dosa karena membuka aib orang lain. Apalagi jika yang dikatakan itu salah maka akan menjadi fitnah, sungguh fitnah lebih kejam daripada pembunuhan.

    ReplyDelete