Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 18: Menggapai Hati Yang Jernih




Oleh Marsigit

Berikut saya nukilkan pertanyaan Sdr Dyah Wahyuningsih:

Ass.wrwb,

Bapak yang terhormat,dalam mempelajari filsafat kita memerlukan hati dan pikiran yang jernih.
Agar kita dapat memahami apa yang kita pelajari tersebut,lalu bagaimanakah agar hati dan pikiran kita tetap jernih?
Karena jika hati dan pikiran kita tidak jernih rasanya akan sulit memahami segala sesuatu.


Wass.wrwb

Jawaban saya (Marsigit):

Sekarang saya akan menjawab pertanyaan anda perihal hati yang jernih.

Untuk menjawab pertanyaan tentang hati maka aku juga akan menggunakan hatiku.

Yang aku maksud dengan hatiku adalah keyakinanku.

Keyakinanku adalah doaku.

Maka bagi diriku jernihnya hati adalah jika hati terbebas dari segala macam kotoran.

Hatika berbicara bahwa hanyalah ada 2 (dua) keadaan saja dari hatiku itu yaitu "bersih" atau "kotor".

Aku dapat mengatakan bahwa hati yang jernih adalah hati yang bersih adalah hati yang disitu duduk doa-doa ku.

Hatiku berbicara bahwa "hati bersih" itu adalah malaikat unsur-unsurnya.

Sedangkan "hati kotor" itu adalah syaitan atau iblis unsur-unsurnya.

Hatiku berbicara bahwa doa-doa ku beserta malikat. Amiin

Sedangkan aku harus selalu membersihkan hatiku yang kotor, yaitu hati yang tergoda oleh syaitan dan iblis dengan permohonan ampun kepada Allah SWT dan peromonan ridha dan perlindungan Nya. Amiin.

Maka bagiku "bersihnya hatiku" adalah "doaku"

Tetapi jika hatiku berkata bahwa itu adalah "doaku", ternyata aku masih menyebut "ku" di depan Tuhan ku.

Maka doa "ku" juga terancam oleh egoku yaitu kesombonganku.

Maka lebih baik hatiku mengatakan bahwa "Atas perkenan engkau ya Allah semoga doa-doamu menyertai hatiku"

Itulah "hati bersih" sesuai dengan kata hatikku, yaitu Rakhmat dan Hidayah Nya.

Amiin

41 comments:

  1. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Ritual ikhlas 18 ini mengingatkan kita untuk menggapai hati yang bersih. Untuk menggapai hati yang jernih adalah hati yang bersih yang didalamnya ada doa-doa yang diminta kepada Allah SWT. Sedangkan hati yang kotor adalah hati yang penuh dengan godaan syaitan dan iblis. Memang tidak mudah untuk bisa menggapai hati yang jernih ini, tapi manusia harus selalu berikhtiar dan senantiasa ikhlas. Semakin manusia mendekatkan dirinya kepada sang pencipta maka semakin dekat ia dengan hati yang jernih.

    ReplyDelete
  2. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu’alaikum, Wr.Wb.
    Untuk menggapai hati yang jernih harus disertai dengan doa-doa dan ikhtiar. hati yang jernih didalamnya terdapat doa-doa kepada Allah. Selain doa yang selalu kita panjatkan kita juga harus berikhtiar dan ikhlas dalam menjalani ibadah kepada Allah. Semoga Allah selalu menjaga hati kita untuk selalu berada didalam jalanNya dan dihindarkan dari godaan syaitan. AAmiin

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Untuk dapat menggapai hati yang jernih kita hendaknya secara iklas berserah diri kepada Tuhan, memohon lewat doa-doa kita padaNya agar Ia senantiasa menyertai hati kita. Hati yang jernih dapat digapai kita jika terbebas dari segala salah dan dosa. Dosa adalah wujud dari adanya setan yang berdiam dalam hati kita. Oleh karena itu, mohon ampunlah secara ikhlas dan tulus kepada Tuhan sehingga kita dapat diampuni dan terbebas dari dosa-dosa kita.

    ReplyDelete
  4. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Hati merupakan salah satu komponen yang sangat berharga bagi manusia. Melalui hati dapat terbentuknya keyakinan dan keyakinan adalah doa. Tak ada yang sulit dan tidak ada yang tidak mungkin selama masih ada keyakinan. Selama masih ada keyakinan maka apapun yang kita harapkan Insyaallah akan bisa terwujud. Karena keyakinan merupakan wujud dari doa. Hati terbagi menjadi 2 keadaan yaitu hati yang bersih dan hati yang kotor. hati yang bersih adalah hati yang didalamnya terdapat unsur-unsur malaikat dan hati yang kotor adalah hati yang didalamnya terdapat unsur-unsur iblis &keburukan (penyakit hati). Oleh karena itu, marilah kita menggapai hati yang jernih dengan membersihkan hati kita dari segala penyakit hati karna melalui hati yang jernih kita akan memperoleh keyakinan dan keyakinan adalah perwujudan dari doa.

    ReplyDelete
  5. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Terkait sulitnya memahami sesuatu, setiap orang pernah dan akan mengalaminya. Untuk memahami kita butuh kemauan dan keinginan untuk keluar dari kesulitan pemahaman itu. Keinginan itu adalah niat, niat itu sumbernya dari hati. Disamping itu kita butuh berbagai solusi yang bersumber dari olah pikir kita. Jadi untuk memahami sesuatu itu tidak bisa lepas dari hati dan pikiran kita. Besar kecilnya pemahaman, cepat lambatnya kesulitan pemahaman teratasi itu bergantung pada ikhtiar hati dan pikiran kita. Ikhtiar inilah yang bisa menjernihkan hati dan pikiran kita yang kotor. Hati bisa kotor jika niatnya sudah salah, ikhlasnya hilang, dst. Pikiran itu kotor jika pikiran kita tidak mau berpikir keras untuk memahami, berpikir untuk memperbaiki, mengkritisi, mengkonstruk, dst. Sebenar-benar kesombongan hati dan pikiran adalah hati dan pikiran yang tidak berikhtiar.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Hati yang jernih merupakan hati yang terbebas dari berbagai macam kotoran. Hati yang kotor berarti hati tersebut sudah tergoda dengan rayuan syeitan dan iblis. Untuk menggapai hati yang jernih yaitu dengan berdoa, berdzikir, ikhlas, dan berbuat sesuai dengan kaidahnya. Amalan-amalan baik yang dilakukan semata-mata hanya untuk mendapat ridho Allah. Maka dari itu, gapailah hati yang jernih untuk mendapatkan ridho Allah sehingga kita bisa hidup bahagia di dunia maupun di akherat.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Jefri Mailool
    S3 PEP 18701261002

    Setiap pribadi memiliki konsep masing-masing untuk menjelaskan posisinya dalam memandang hidup ini termasuk bagaimana konsep pribadi tentang hati yang jernih/bersih. Menurut saya, hati yang bersih/jernih adalah ketulusan dan keberanian untuk melakukan hal yang benar, pertama dan utama ialah benar dimata Tuhan. Untuk mencapai hati yang bersih, maka kita harus hidup berkenan di hadapan-Nya. Bukan hanya sekedar kata-kata, namun bukti nyata yaitu ketaatan kepada-Nya. inilah pandangan saya tentang hati yang jernih/bersih.

    ReplyDelete
  8. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Hati yang jernih berasal dari pikiran yang bersih, itu pepatah umumnya yang didengar selama ini. Pikiran yang bersih berasal dari hati pula yang menyaringnya sebelum masuk ke pikiran. Sehingga, filter utama yaitu hati yang perlu dijernihkan. Dijernihkan dengan cara selalu berdoa kepada-Nya, menjauhi segala larangannya, melakukan kewajiban dan selalu berbuat amal dan berbuat baik kepada sesama makhluk-Nya. Bila dilakukan dengan cara manual misalnya memikirkan hal-hal yang positif saja agar hatinya ikut-ikut positif hingga bisa jernih, belum tentu hal positif dalam pikiran sejalan dengan yang ada di dalam hati. Jadi tetap seimbangkan antara hati dan pikiran agar bisa selaras..

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Setiap orang pasti memiliki keinginan. Saat akan berdoa kepada Allah dan meminta sesuatu, ada baiknya hati kita harus jernih terlebih dahulu agar doa tersebut dapat melambung setinggi-tingginya hinga dapat dikabulkan oleh Allah. Dalam berdoa tidak hanya harus membersihkan hati dari syaitan-syaitan yang merasuk dan mengaduk hati kita, tetapi kita juga harus senantiasa menjaga keikhlasan kita dalam berdoa. InsyaAllah apa yang diinginkan dapat terkabul.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Hati yang bersih adalah hati yang didalamnya dihuni oleh sesuatu yang bersih, yang bersifat keTuhanan. Doa adalah media kita untuk meminta pada Alloh, itulah sebenar-benarnya material bersih yang menghuni hati kita. Material yang harus kita jaga. Doa sebagai material bersih tidak hanya dapat menghuni hati namun juga dapat membersihkan hati dari berbagai kotoran. Istigfar adalah salah satu doa yang akan memberikan hantaman pada si kotor yang mencemari hati,
    Dalam berlajar filsafat kita harus menggunakan hati bersih karena dalam mempelajarinya kita harus berpikir dengan bimbingan hati. Jika hati kita berperan baik maka proses belajar kita pun akan mengarah pada kebaikan, namun jika hati kotor yang dominan maka arah hasil belajar cenderung negatif. Akan sulit menjangkau hakekat yang terkandung dalam materi filsafat sehingga tafsir yang dilakukan pun rentan melenceng.

    ReplyDelete
  11. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam upaya menggapai hati yang jernih, arah pikiran pun menuju hal hal yan baik pula. Maka dari itu, kita dapat mewujudkan hati yang jernih dengan selalu mengingat Allah. Seburuk apapun kondisi yang kita alami, pikiran kita tidak sebaiknya mengarah ke hal yang negatif secara berlarut larut. Karena pikiran yang negative akan mencemari hati kita. Oleh sebab itu, dalam kondisi apapun kita dapat membiasakan diri untuk berprasangka baik kepada siapapun terlebih kepada Allah SWT.
    Dalam Hadits Bukhari no 6970 dan Muslim no 2675 bahwa “…. Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. …”

    ReplyDelete
  12. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 Pend. Mat A 2018

    Ketika dilahirkan, hati manusia bersih dan jernih. Setelah kehidupannya, dengan berbagai macam godaan syaitan hati yang bersih dan jernih itu dapat menjadi kotor. Sejatinya manusia memang tidak ada yang mampu menjaga hatinya selalu bersih sejak lahir hingga meninggal, namun dengan dengan segala kerendahan hati manusia dapat menjernihkan hati kembali dengan bertaubat kepada Allah. Manusia dapat meminta perlindungan kepada Allah dari segala godaan syaitan dengan berdoa-doa. Dengan doa-doa tersebut hati manusia dapat kembali jernih. Dengan jernihnya hati, manusia menjadi tenteram.

    ReplyDelete
  13. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Memiliki hati yang bersih, tentunya akan berdampak pada apa yang keluar dari lisan kita. Jika hati kita kotor, maka lisanpun akan mengeluarkan hal yang kotor. Karena hati yang bersih itu tempat tumbuh suburnya iman, cinta, jauh dari kebencian dan rasa permusuhan. Arena hati adalah rajanya, hatilah yang mengatur dan memerintahkan otak, akal pikiran dan panca indra manusia. Di dalam hati terdapat hati nurani atau yang disebut hati yang terdalam. Hati nurani ini berfungsi mengingatkan manusia pada kebenaran, meluruskan ketika manusia melakukan kesalahan, mengingsatkan untuk berbuat kebaikan dan untuk introspeksi terhadap apa yang ada dalam jiwanya.

    ReplyDelete

  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Ritual ikhlas 18 ini mengingatkan kita supaya tetap menjaga hati yang jernih, salah satu caranya yaitu dengan berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Berdo’a memberikan ketenangan hati dan jiwa untuk senantiasa menggapai ridho-Nya. suatu aktivitas yang dilakukan dnegan hati yang jernih akan membawa keberkahan dan kebermanfaatan lingkungan sekitar. Salah satu cara untuk mengetahui apakah hati seseorang itu bersih atau sebaliknya yaitu dengan melihat perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang memiliki hati yang bersih selalu berusaha untuk rendah hati dan tidak sombong sehingga orang-orang yang bergaul dengannya merasa nyaman dan senang. Seseorang yang mempunyai sifat sombong, angkuh, suka menjelekkan orang lain, mengganggu kenyamanan orang lain dsb merupakan seseorang yang mempunyai hati yang kotor. Hati yang kotor merupakan tempat dimana syaitan itu bersemayam. Sehingga ia bisa menghasut manusia supaya melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, supaya hati kita tetap bersih dan jernih maka kita harus memperbanyak dzikir dan berdo’a supaya dijauhkan dari syaitan yang terkutuk. Amiin…

    ReplyDelete
  15. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hati yang bersih berupa unsur-unsur dari malaikat. Malaikat makhluk Allah yang selalu taat pada perintah Allah. Hati yang bersih adalah hati yang selalu bersandar kepada Allah, menyerahkan segalanya atas kehendak-Nya. Maka hati yang jernih merupakan hati yang terbebas dari berbagai macam sifat tercela. Sedangkan hati yang dikenai sifat tercela ialah hati yang kotor. Di antara sifat tercela yang merupakan penyakit hati ialah syirik, iri, dengki, hasud atau provokasi, fitnah, buruk sangka, khianat, dan lain-lain. Hati yang kotor harus dibersihkan dengan senantiasa mengingat Allah. Hal ini karena hati akan menentukan seluruh perilaku manusia. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam, “Sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging yang jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuhnya dan Jika ia buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya, ia adalah hati.”

    ReplyDelete
  16. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3



    Bersihnya hati adalah ketika kita terbebas dari segala macam kotoran. Kotoran hati ini adalah kesombongan, takabur, dan kotoran hati yang lain. Bahkan dalam artikel tersebut, ketika kita masih menggunakan "ku" dalam berdoa, maka hati kita belum benar-benar bersih. "Ku" di atas merujuk pada ego dan kesombongan.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Hati adalah termasuk organ vital yang wajib dijaga kesehatannya. Kesehatan hati tidak hanya mengganggu jasmani, rohani pun juga. Hati yang bersih pertanda hati tersebut sehat secara rohani. Hati yang bersih adalah hati yang terbebas dari unsur-unsur Syaitan, hati yang didalamnya terdapat doa-doa. Doa-doa Tuhan yang senantiasa menyertai hati. Berdoalah agar hati senantiasa bersih. Karena lantai saja akan kotor jika tidak dibersikan, begitu pula dengan hati. Lantunkan selalu nama Tuhanmu, itulah salah satu cara agar hatimu senantiasa berdoa.

    ReplyDelete
  18. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Untuk menggapai hati yang jernih, hal yang harus dilakukan setiap manusia adalah memahami dan menyadari siapa dirinya..Sejatinya semua manusia adalah mahkluk yang lemah, yang tidak berdaya dan tidak berkemampuan di hadapan Tuhan..Kesadaran itulah yang membedakan manusia yang satu dengan yang lainnya..
    Selalu bersyukur, berpikir positif, tidak sombong dan semua yang dilakukan semata-mata untuk mencari ridho dari Tuhan adalah cara untuk menggapai hati yang bersih dan jernih.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Muara kebahagiaan dan kesengsaraan adalah hati. maka jadikan urusan dunia ini sebagai sarana untuk menjernihkan hati. jangan biarkan dunia mengotori hati kita, jangan sampai dunia hanya menjadi tujuan hidup kita, maka isilah hati kita dengan penuh makna agar senantiasa mendapatkan hidayah dan rahmat Allah SWT.

    ReplyDelete
  20. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Menggapai hati yang jernih, kita harus dapat menata pikiran yang kritis dan hati yang ikhlas agar terhindar dari godaan syaitan. Godaan syaitan yang tidak mudah untuk hindari manusia biasa tetapi dapat dihindari dengan ijin dan pertolongan Allah SWT. Untuk itu, manusia diwajibkan untuk ikhtiar dan berdoa agar diberi hati yang ikhlas dan pikiran yang kritis, karena keduanya saling berkitan untuk menggapai hati yang jernih. Tidak hanya ikhtiar dan berdoa, memohon ampun dan bersyukur pada Allah SWT juga akan membuat hati ini lapang dan menjadikan hati yang jernih.

    ReplyDelete
  21. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Hati yang ternih adalah hati yang bersih. Hati yang bersih adalah hati yang terhindar dari segala macam kotoran-kotoran dan penyakit hati. Hati yang bersih adalah hati yang dipenuhi dengan doa-doa kepada Allah. Hati yang senantiasa mengakui kekuasaan Tuhan-nya. Hati yang terhindar dari godaan-godaan syeitan. Hati yang senantiasa terbebas dari penyakit-penyakit hati.

    ReplyDelete
  22. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hati yang jernih adalah hati yang tidak terpengaruhi oleh pikiran-pikiran yang buruk. Aku dapat mengatakan bahwa hati yang jernih adalah hati yang bersih adalah hati yang disitu duduk doa-doa ku. Hatiku berbicara bahwa "hati bersih" itu adalah malaikat unsur-unsurnya. Sedangkan "hati kotor" itu adalah syaitan atau iblis unsur-unsurnya. Hatiku berbicara bahwa doa-doa ku beserta malikat. Amiin. Sedangkan aku harus selalu membersihkan hatiku yang kotor, yaitu hati yang tergoda oleh syaitan dan iblis dengan permohonan ampun kepada Allah SWT dan peromonan ridha dan perlindungan Nya. Amiin.

    ReplyDelete
  23. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Manusia memang tidak ada yang sempurna dan tempatnya khilaf. Kita hanya bisa selalu memohon ampun dengan doa yang ikhlas. Kita harus berusaha menolak godaan Setan dalam hati kita sehingga kita memiliki hati yang bersih. Cara ini adalah untuk meminta pengampunan dari Allah SWT dan melakukan segala sesuatu dengan berkah dari-Nya.

    ReplyDelete
  24. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Doa merupakan salah satu cara kita berkomunikasi dengan Allah. Ketika berdoa kita harus ikhlas dan tidak boleh sombong. Allah Maha Besar dan Maha Kuasa, maka merendahkan diri di depan-Nya dan mengerti tata cara berdoa sesuai yang diajarkan Rasulullah. Ikhlas itu tidak mudah. Kita harus terus berusaha agar dapat memperoleh keikhlasan dalam hati.

    ReplyDelete
  25. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Hati yang bersih dan pikiran yang jerni adalah bagian dari doa, bagian dari keyakinan diri. Hati yang bersih dan pikiran yang jerni adalah anugrah rahmat dan hidayah dari Tuhan yang maha esa. Maka dari itu teruslah memanjatkan doa-doa terbaik kepadaNya. Berserah diri hanya kepa Tuhan yang maha esa. Semoga juga kami tehindar dari sikap keegoisan dalam berdoa. Sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik penolong. aamiin


    ReplyDelete
  26. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb
    Tuhan menciptakan anggota tubuh manusia yang tentunya mempunyai fungsi dan manfaat. Salah satunya adalah hati. Hati juga merupakan salah satu bagian penting yang dapat menentukan sikap dan perilaku manusia. Hati memiliki dua keadaan yaitu bersih atau kotor. Yang dapat menentukan bersih atau kotornya hati manusia adalah manusia itu sendiri yang tentunya atas kehendak dari Tuhan.

    ReplyDelete
  27. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb
    Hati yang bersih adalah hati yang unsur-unsur di dalamnya terdapat doa-doa. Sedangkan hati yang kotor adalah hati yang unsur-unsur di dalamnya adalah syaitan atau iblis. Untuk menggapai hati yang bersih maka kita harus menghilangkan kotoran-kotorannya. Yang dapat kita lakukan yaitu dengan berdoa. Dengan berdoa yang selalu menyertai hati kita maka insyaallah hati kita akan tetap terjaga kejernihannya.

    ReplyDelete
  28. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hati dan pikiran yang jernih akan membuat diri kita tentram, nyaman dan mudah dalam memahami sesuatu. Hati jernih terwujud jika hati kita terbebas dari unsur-unsur negatif. Membebaskan hati dari unsur-unsur yang mengganggu bisa lakukan dengan selalu berdoa kepada Allah SWT dan beribadah untuk mendapatkan ridho-Nya. Ketika hati sudah jernih maka pikiranpun akan bersih, terbebas dari residu yang mengganggu pikiran. Semoga kita semua bisa menjaga hati dan pikiran kita tetap jernih.

    ReplyDelete
  29. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Hati yang menggerakkan tindakan dan perkataan kita. Agar apa yang kita lakukan adalah suatu kebaikan maka hati kita hendaknya terpaut pada hati yang bersih. Hati yang bersih memancarakan sikap dan perilaku yang baik. Hati yang bersih senantiasa terikat dengan doa-doa. Orang dengan hati bersih akan memberikan ucapan yang tidak menyakiti dan melukai. Sungguh anugerah dan nikmat luar biasa manusia dengan hati yang bersih, sikap terpuji terpaut.

    ReplyDelete
  30. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Hati manusia penuh dengan penyakit hati yang selalu ada disetiap aktivitas hidup. Hati yang bersih akan menghasilkan pikiran yang bersih juga. Untuk itu selalu menjaga hati dari setiap kotoran yang hendak hinggap di hati ini, dengan selalu berdoa dan memohon kepada Allah SWT dan memohon ampun atas dosa dan kejahatan hati yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  31. “Dan jika hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) sesungguhnya Aku adalah dekat. Aku mengijabah doa orang yang bedoa bila ia berdoa kepada-Ku. Maka hendaknya mereka memenuhi (seruan)Ku dan hendaknya mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam bimbingan.” (Al-Baqarah: 186)

    ReplyDelete
  32. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Manusia diberikan kelebihan berupa akal-pikiran dan qalbu. Keduanya sangat rawan dari godaan syaitan yang selalu mencoba menjerumuskan manusia, Oleh karenanya, kita harus selalu mengingat Allah (zikir), beribadah, dan berdo'a memohon perlindungan dan ampunan dari Allah SWT dengan sepenuh hati, keyakinan, dan kesungguhan bahwasanya Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Segalanya.
    Demikian lah yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  33. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A
    Hati merupakan hal terpenting dari manusia. Hatilah yang menentukan perbuatan baik atau buruk. Maka dari itu Allah memberikan obat agar hati kita selalu baik yaitu dengan doa. Selain itu hati adalah tempat ilmu pengetahuan dimana melalui hati, seseorang dapat mengenal Tuhannya, dan dengannya pula ia dapat mengenal nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya. Oleh karena itu perlu kita menjaga hati supaya tidak terkontaminasi dengan hal-hal buruk salah satunya dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  34. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Hati adalah komandan bagi pikiran, hati adalah keyakinan, Keyakinan adalah doa, dan doa adalah dzikir kepada Allah. Sehingga untuk beribadah ke Allah diperlukan hati yang bersih. Menggapai hati yang bersih membutuhkan banyak usaha dan memiliki banyak godaan yang menjadikan hati kotor. Selalu mengingat Allah dan berdoa kepada Allah agar menjadikan hati jernih. Sehingga dapat menjadi komandan pikiran dengan sebenar-benarnya untuk beribadah dan ikhtiar menggapai rida Allah.

    ReplyDelete
  35. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A
    Berdasarkan elegi di atas, saya bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang hati yang jernih. Bahwa hati saya adalah kepercayaan yang ada dalam diri saya sendiri. Keyakinan saya adalah doa yang senantiasa saya panjatkan kepada-Nya. Hati yang bersih adalah malaikat sebagai elemen-elemennya. Hati yang kotor adalah syaitan atau iblis sebagai elemen-elemennya. Memang tidak mudah untuk menggapai hati yang jernih ini, tetapi dengan cara berdoa dan berikhtiar dengan ikhlas insyaallah akan mendekatkan kita kepada-Nya karena hati yang bersih adalah Rahmat dan Hidayah dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  36. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan elegi di atas, hati yang jernih berarti hati yang terbebas dari penyakit hati. Hati yang kotor di dalamnya bersemayam iri, dengki, sombong, riya’. Hati yang kotor akan sakit kemudian mudah dikendalikan oleh setan atau iblis. Setan atau iblis tidak akan berhenti menggoda manusia untuk selalu berbuat maksiat. Tujuan setan atau iblis hanya satu yaitu menjauhkan manusia dari Allah swt. Sehingga, menggapai hati yang jernih adalah dengan cara senantiasa bermunajat memohon ampunan dari Allah swt. Hati yang selalu dihiasi dengan dzikir kepada Allah swt. Hati yang bersih berisi doa-doa hanya kepada Allah swt.

    ReplyDelete
  37. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Dalam elegi ini, hati seseorang dapat dicerminkan dari doa doa yang dipanjatkan kepada Allah. Hati yang jernih lekat dengan sikap baik dan unsur unsur malaikat, sedangkan haru yang kotor dikaitkan dengann sikap buruk (sikap syaiton). Dalam elegi ini juga diingatkan bahwa terkadang doa yang dipanjatkan masih memiliki/ terselip unsur kesombongan, nafsu, dan ego seorang hamba. Sehingga untuk mencapai hati yang jernih maka harus selalu berdoa dan bermunajat kepada Allah agar selalu diberi perlindungan, rahmat, dan hidayah NYA.

    ReplyDelete
  38. Elegi Ritual Ikhlas 18: Menggapai Hati Yang Jernih
    Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dalam ritual ikhlas ini senantiasa diingatkan untuk mencapai hati bersih. Dimana hati yang bersih yang dimaksud di sini adalah rahmat dan hidayah-Nya. Kita selalu senantiasa menjaga hati yang bersih dan membersihkan hati yang kotor. Hati yang bersih adalah hati yang selalu bertindak baik, sedangkan hati yang kotor adalah hati yang tergoda olah syaitan. Untuk hati yang kotor, kita harus senantiasa memohon ampunan dan perlindungan Allah SWT.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  39. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019

    Dari penjelasan Prof. Marsigit, saya dapat menyimpulkan bahwa hati yang jernih merupakan keyakinan kita sendiri. Keyakinan yang senantiasa diisi dengan doa-doa yang ikhlas dan hanya mengharapkan perlindungan dan kebaikan yang berasal dari Tuhan.

    ReplyDelete
  40. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Hati, ketika bersih organ tersebut maka bersih pula seluruh organ di tubuh kita, mulai dari pikiran, perbuatan, tingkah laku, sampai pada karakter. Tetapi ketika hati kita sudah keruh, maka pikiranpun akan rusuh. Kata AA Gym, kita harus menjaga kejernihan hati dengan tidak mengotorinya. Caranya adalah dengan berdoa, mendekatkan diri kepada ALLah. Sehingga kita selalu merasa diawasi, selalu merasa dilihat Allah dan kita akan malu untuk melakukan hal yang tercela. Jagalah Allah di hati kita, maka Allah akan menjaga kita.

    ReplyDelete