Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 18: Menggapai Hati Yang Jernih




Oleh Marsigit

Berikut saya nukilkan pertanyaan Sdr Dyah Wahyuningsih:

Ass.wrwb,

Bapak yang terhormat,dalam mempelajari filsafat kita memerlukan hati dan pikiran yang jernih.
Agar kita dapat memahami apa yang kita pelajari tersebut,lalu bagaimanakah agar hati dan pikiran kita tetap jernih?
Karena jika hati dan pikiran kita tidak jernih rasanya akan sulit memahami segala sesuatu.


Wass.wrwb

Jawaban saya (Marsigit):

Sekarang saya akan menjawab pertanyaan anda perihal hati yang jernih.

Untuk menjawab pertanyaan tentang hati maka aku juga akan menggunakan hatiku.

Yang aku maksud dengan hatiku adalah keyakinanku.

Keyakinanku adalah doaku.

Maka bagi diriku jernihnya hati adalah jika hati terbebas dari segala macam kotoran.

Hatika berbicara bahwa hanyalah ada 2 (dua) keadaan saja dari hatiku itu yaitu "bersih" atau "kotor".

Aku dapat mengatakan bahwa hati yang jernih adalah hati yang bersih adalah hati yang disitu duduk doa-doa ku.

Hatiku berbicara bahwa "hati bersih" itu adalah malaikat unsur-unsurnya.

Sedangkan "hati kotor" itu adalah syaitan atau iblis unsur-unsurnya.

Hatiku berbicara bahwa doa-doa ku beserta malikat. Amiin

Sedangkan aku harus selalu membersihkan hatiku yang kotor, yaitu hati yang tergoda oleh syaitan dan iblis dengan permohonan ampun kepada Allah SWT dan peromonan ridha dan perlindungan Nya. Amiin.

Maka bagiku "bersihnya hatiku" adalah "doaku"

Tetapi jika hatiku berkata bahwa itu adalah "doaku", ternyata aku masih menyebut "ku" di depan Tuhan ku.

Maka doa "ku" juga terancam oleh egoku yaitu kesombonganku.

Maka lebih baik hatiku mengatakan bahwa "Atas perkenan engkau ya Allah semoga doa-doamu menyertai hatiku"

Itulah "hati bersih" sesuai dengan kata hatikku, yaitu Rakhmat dan Hidayah Nya.

Amiin

51 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hati adalah tentang keyakinan dan kepercayaan adalah tentang doa. Jadi, hati yang jernih adalah hati yang berbicara tentang doa dan bebas dari segala macam kotoran hati. Hati ini bersih jika ada unsur malaikat dan hati ini kotor jika ada unsur setan. Dan untuk membersihkan hati yang kotor, kita harus meminta maaf, meminta berkat dan perlindungan Allah, tanpa kesombongan di dalam hati kita. Untuk menjalani kehidupan, seseorang membutuhkan hati yang tenang agar senantiasa dapat mencapai tujuannya.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Hati adalah keyakinan, dan setiap keyakinan adalah doa. Menggapai hati yang jernih yaitu dengan hati yang berkeyakinan tinggi. Hati yang ini terisi dengan doa-doa yang terbebas dari berbagai kotoran. Sedangkan kotoran-kotoran tersebut berasal berawal mula dari syaitan yang selalu mengganggu keimanan dan ketaqwaan manusia. Maka kita perlu memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita agar hati dan pikiran kita bersih. Cara lainnya yaitu dengan cara memohon ampunan kepada Allah SWT terhadap dosa yang telah kita diperbuat.

    ReplyDelete
  3. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. hatiku adalah keyakinanku, keyakinanku adalah doaku. menurut saya untuk memulai segala sesuatu harus dari doa yang tulus, termasuk belajar. Niatkan dan yakinkan diri sendiri bahwa kita ingin belajar. Ikhlaskan diri jika ingin belajar. Semoga dengan begitu Allah SWT memberi kemudahan untuk mempelajari setiap materi. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Keragu –raguan itu berada diantara batas hati dan pikiran. Keragua – raguan akan tetap bercokol apabila kapasitas ilmu kita tidak mencukupi atau apabila hati kta kotor. Tiadalah manusia yang dapat mencampurkan apa yang seharusnya ada dihati dan apa yang seharusnya ada di pikiran. Jika manusia menyeret apa – apa yang ada dihati untuk di rasionalkan maka manusia tidak akan menemukan jawaban apa – apa. Malah justru akan tersesat. Oleh karena itu, selalulah berdoa agar hati kita selalu putih dan dapat menepis keragu – raguan.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Hati yang jernih merupakan hati yang selalu dalam fitrahnya, yang selalu mendorong dalam kebaikan sehingga akan melahirkan pikiran yang positif. Hati inilah yang akan mengontrol sikap dan perbuatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali hal-hal buruk yang dapat manusia lakukan tanpa kita sadari yang dapat membuat hati manusia menjadi kotor yaitu berpikiran negatif terhadap orang, menggunjing, dengki, dendam dsb. Allah SWT menciptakan manusia dengan keadaan bersih. Tetapi dengan berjalannya waktu kita dalam kehidupan maka banyak sekali hal buruk selalu menghampiri hati kita. Cara untuk tetap menjaga hati adalah selalu perbanyak dzikir kepada Allah dan taat terhadap apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Allah SWT, agar kita menjadi orang yang beriman dan dapat menjaga hati kita, sehingga kita senantiasa dekat dan dalam lindungan Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ada dua keadaan dalam hatiku, yaitu “bersih” dan “kotor”. Hati yang bersih adalah dimana tempat segala doa-doa yang kita panjatkan kepada Tuhan. Doa yang tidak mengenal ego, karena sebuah kepentingan pribadi saja. Sedangkan hati yang kotor yang berubah dengan hati yang jernih ketika kita dekatkan diri kita kepada Tuhan YME, dan yang paling penting kita selalu berdoa kepada Tuhan, dan bagaimana hati yang kotor itu dapa kita rubah menjadi hati yang bersih.

    ReplyDelete
  7. Jernih kadang disandingkan dengan air sehingga ada sebutan air jernih. Air yang tidak ada kotoran sama sekali. Air yang dapat digunakan untuk kegiatan apapun, air tersebut bermanfaat. Jika disandingkan dengan hati menjadi hati yang jernih, berarti hati tersebut terbebas dari kotoran. Kotoran hati adalah sifat iri, dengki, sombong, dan riya. Orang yang hatinya kotor maka hidupnya tidak tenang, menimbulkan keresahan bagi masyarakat dan ketidaktertiban. Oleh karena itu jagalah hati agar tetap bersih sehingga dapat bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hati yang jernih adalah hati yang dimana kita tidak memikirkan hal-hal yang tidak disenangi oleh Allah SWT. Untuk menggapai hati yang jernih, sebaiknya kita selalu berdoa dengan kepada Allah agar kita selalu ada dilindungan-Nya. Dan kita selalu memohon ampun kepada Allah atas kesalahan apa yang telah kita lakukan selama kita hidup di dunia. Hati yang jernih itu adalah hati yang tak mengenal rasa sombong, yang selalu merendahkan hati di hadapan Allah. Kita bukan siapa-siapa dan tidak ada apa-apanya. Jika hati kita sudah jernih, maka rahmat dan hidayah dari Allah akan turun kepada kita. Insya Allah.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Untuk menggapai hati yang jernih, perlu dengan hati yang mempunyai keyakinan, keyakinan akan kekuasaan Allah pencipta seluruh isinya. Karena setiap keyakinan itu adalah doa semoga kita senantiasa menjaga hati kita, sehingga kita memiliki hati yang bersih agar dapat berbuat amalan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hati yang jernih adalah hati yang bersih adalah hati yang disitu duduk doa-doaku. “Bersihnya hatiku” adalah “doaku”. Tapi adanya “ku” disitu dapat menunjukkan kesombongan manusia dihadapan Allah SWT. Jadi, untuk menggapai hati yang jernih maka manusia selalu berdoa berdoa dan berdoa kepada Allah SWT, bersyukur, selalu meningkatkan iman dan taqwanya serta selalu berupaya terhindar dari penyakit hati yaitu keserakahan, kesombongan, kemunafikan, dan penyakit hati lainnya.

    ReplyDelete
  11. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Seseorang yang hatinya tertata dalam artian jernih, senantiasa pikirannya akan ikut jernih. Karena kejernihan hati dapat membangun hubungan baik sesama manusia maupun manusia dengan sang penciptaNya. Luar biasa nikmatnya, luar biasa bahagianya, dan luar biasa mulianya. Tidak hanya di dunia ini, tapi juga di akhirat kelak. Semoga kita termasuk orang- orang yang merindukan hati yang jernih. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Hati adalah suatu keyakinan atau kepercayaan yang pada manusia. Iman adanya did alam hati kita, Hati yang jernih adalah hati yang dimana kita tidak memikirkan hal-hal yang tidak disenangi oleh Allah SWT. Untuk menggapai hati yang jernih, sebaiknya kita selalu berdoa dengan kepada Allah agar kita selalu ada dilindungannya. Dan kita selalu memohon ampun kepada Allah atas kesalahan apa yang telah kita lakukan selama kita hidup di dunia. Hati yang jernih itu adalah hati yang tak mengenal rasa sombong, yang selalu merendahkan hati di hadapan Allah. Kita bukan siapa-siapa dan tidak ada apa-apanya. Jika hati kita sudah jernih, maka rahmat dan hidayah dari Allah akan turun kepada kita. Insya Allah.

    ReplyDelete
  13. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hatiku adalah keyakinanku, keyakinanku adalah doaku. Dalam setiap aktivitas, hendaknya dilandasi oleh hati yang tulus dan ikhlas. Harus banyak-banyak bersyukur. Tidak boleh mengotori hati yang jernih tadi dengan kesombongan kita. Hati yang bersih terdapat unsur-unsur malaikat di dalamnya, hati-hati yang kotor terdapat unsur-unsur syaitan di dalamnya. Hati yang jernih adalah segala sesuatu yang sesuai dengan kata hati yaitu yang sesuai dengan rahmat dan hidayah-Nya.

    ReplyDelete
  14. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dari elegi ini saya mendapatkan jawaban dari pertanyaan bagaimana menggapai hati yang jernih. Jawabannya adalah dengan berdoa. Dengan berdoa kita menjadi dekat dengan Ilahi. Dengan berdoa kita dapat dijauhkan dari segala godaaan syaiton. Dengan berdoa kita dibentengi dengan akhlak mulia. Dengan berdoa kita dapat mensucikan diri. Dengan berdoa kita dapat mendapatkan hati yang jernih.

    ReplyDelete
  15. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    “Hati”, setiap manusia memiliki hati. Baik itu hati yang bersih atau kotor. Semua tergantung pada pilihan kita. Hati yang bersih akan membawa kepada perilaku yang baik dan tutur kata yang santun karena hati yang bersih adalah hati yang mempunyai unsur – unsur malaikat. Sedangkan hati yang kotor akan membawa kepada tingkah laku dantutur kata yang buruk karena di dalam hati yang kotor terdapat iblis yang menguasainya. Semoga masing – masing dari kita mampu mendengarkan dan mengikuti hati yang baik sehingga tingkah laku dan tutur kata kita baik dan semakin rajin berdoa serta beramal untuk semakin mendekatkan diri dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  16. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dari elegi ini “hati jernih” dapat saya ibaratkan sebagai “cermin yang bersih”. Kotoran yang menyebabkan hatimu tidak jernih atau cerminmu menjadi kotor adalah kesombonganmu sehingga lupa dari mengingat Alloh dan setan dengan mudah menghasut hatimu. Alat untuk membersihkan hatimu serta obyek-obyek hatimu adalah dengan istighfar. Oleh karena itu, sebelum berdoa, bersihkan hatimu dengan istighfar agar apa yang kamu harapkan dapat menjadi kenyataan.

    ReplyDelete
  17. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Elegi menggapai hati yang jernih ini dapat menjadi pengingat bahwa kita harus selalu membersihkan hati kita dengan banyak doa. Hati memang tidak bisa berbohong. Hati adalah suatu keyakinan. Hati yang bersih terdapat unsur-unsur malaikat di dalamnya, sedangkan hati yang kotor terdapat unsur-unsur syaitan di dalamnya. Bersihkan hati kita dengan doa. Selalu berdoalah memohon kepada Alloh. Insyaalloh apabila dalam setiap langkah kita disertai dengan doa maka kita akan terhindar dari godaan syaitan.

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Mengapa ada hati yang bersih dan hati yang kotor? Sebenarnya keadaan hati yang kotor itu adalah hati yang tergoda oleh syaitan dan iblis> Kita sebagai manusia harus senantiasa membersihkan hati yang kotor dengan permohonan ampun kepada Allah SWT dan peromonan ridha dan perlindungan Nya. Do'a inilah yang dapat menolong kita untuk menggapai hati yang bersih. Namun, do'a pun harus dilaksanakan dengan sepenuh hati dan keikhlasan. Ketika kita menyebut do'a "ku", maka penyertaan "ku" inilah yang menjadikan kita sombong karena sebenar-benar do'a adalah milik-Nya sedangkan kita senantiasa memohon agar hati kita disertai oleh ALlah SWT melalui do'a-do'a itu.

    ReplyDelete
  19. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Hati yang jernih atau hati yang bersih memiliki keadaan dimanahati dipenuhi dengan unsur yang baik. Sebaliknya hati yang kotor memiliki keadaan di mana hati dipenuhi dengan unsur yang buruk. Hati yang bersih berisi lantunan do’a-do’a baik yang hanya ditujukan pada Allah SWT. Hati yang kotor di sanalah syaitan telah bersemayam. Dan nantinya membuat kita cenderung malakukan hal yang buruk pula. Sedangkan hati yang jernih di sanalah para malaikat bersemayam yang membuat kita merasa tenang dan damai. Aamiin...

    ReplyDelete
  20. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari elegi ritual ikhlas kali ini saya mendapatkan pemahaman bahwa dalam hati kita ini memiliki dua keadaan yaitu bersih atau kotor. Dalam keadaan hati yang kotor dimana unsur-unsur di dalamnya adalah syaitan atau iblis. Hati yang bersihlah yang akan mewujudkan perbuatan yang bersih atau baik dan hati yang kotor akan melahirkan perbuatan yang kotor atau buruk, karena pada dasarnya amal perbuatan yang kita lakukan tergantung dengan kondisi hati kita. Oleh karena itu, jagalah selalu hati kita agar tetap bersih agar amal perbuatan yang kita lakukan itu juga baik, dengan cara memperbanyak dzikir mendekatkan diri dengan Allah SWT secara ikhlas untuk memperoleh ridho dari-Nya.

    ReplyDelete
  21. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Menggapai hati yang jernih dengan cara kita selalu berdzikir kepada Allah SWT. Kita harus berdzikir secara ikhlas semata-mata hanya karena Allah SWT. Melalui dzikir, kita dapat memperoleh hati yang jernih dan bersih dari penyakit-penyakit hati. Semoga kita senantiasa selalu menaati perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

    ReplyDelete
  22. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Yang dapat saya petik dari elegi ini adalah bahwa kita sebenarnya tidak ada yang menggapai hati yang bersih, melainkan masih dalam doa. namun waktu kita berdoa sekalipun ternyata hati kita masih kotor karena mengandung keegoisan di dalamnya jadi berdoapun harus pandai-pandai memilih kata.

    ReplyDelete
  23. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hati yang jernih adalah hati yang selalu berdoa kepada Allah. Berdoa memohon perlindungan agar ditetapkan selalu mempunyai hati yang jernih, bersih. Keadaan hati hanyalah dua, yaitu hati yang bersih dan hati yang kotor. Hati yang bersih dapat dikotori dengan hal-hal maksiat. Hendaknya kita senantiasa selalu membersihkan hati kita dari segala perasaan-perasaan tidak baik, seperti iri, dengki, prasangka buruk, dan lain-lain. Selalu berdoa agar terhindar dari godaan syaiton dan iblis.

    ReplyDelete
  24. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dari elegi ini diperoleh informasi mengenai hati yang jernih. Seperti yang sudah ditekankan dalam elegi sebelumnya, hati yang jernih dalah hati yang bersih. Jika seseorang memiliki hati yang jernih maka dia akan selalu mendapatkan ketentraman, kesuksesan, dan kewaspadaan diri. Bagaimana agar hati kita senantiasa jernih? Dekatkan diri pada Tuhan, dan senantiasa bersyukur kepadaNya.

    ReplyDelete
  25. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Untuk dapat menggapai hati yang jernih kita hendaknya secara iklas berserah diri kepada Tuhan, memohon doa-doaNya menyertai hati kita. Hati yang jernih dapat digapai kita jika terbebas dari segala salah dan dosa. Karena dosa adalah wujud dari adanya setan yang berdiam dalam hati kita. Karena itu, mohon ampunlah secara ikhlas dan tulus kepada Tuhan sehingga kita dapat diampuni dan terbebas dari dosa-dosa kita.

    ReplyDelete
  26. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ritual ikhlas 18. Elegi ini menyampaikan kepada kita bagaimana dalam menggapai hati yang jernih. Hati yang jernih adalah hati yang didalamnya termuat doa doa dan terhindar dari unsur-unsur syaitan. Hati yang kotor harus senantiasa dibersihkan melalui doa doa. Jika kita telah menggapai hati yang bersih, inshaAllah langkah kita dalam kebaikan akan semakin ringan, dan tentu hidup kita semakin terasa damai.

    ReplyDelete
  27. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hati sangat berhubungan dengan pikiran seseorang, hati yang jernih akan menunjukkan pemikiran yang hebat. Untuk menggapai hati yang jernih diperlukan keyakinan, keyakinan akan do’a dan ibadah kita yang sungguh-sungguh dengan mengharap ridho Allah SWT. Maka kita harus selalu berikhiar dan bertakawal agar hati kita selalu bersih dan dijauhkan dari hal-hal yang negatif yang dapat menimbulkan hati dan pemikiran yang kotor.

    ReplyDelete
  28. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Filsafat adalah ilmu olah pikir. Dalam mempelajari filsafat ini telah dikatakan Bapak memperlukan hati yang bersih. Hati yang bersih adalah doa. Dalam mempelajari filsafat dibutuhkan hati yang bersih agar mendapatkan makna dari filasafat para filsuf. Hati yang bersih = do'a = keyakinan, dimana keyakinan kita untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari para filsuf

    ReplyDelete
  29. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Hati adalah pusat kedirian manusia. Kalau manusia hatinya baik, maka baiklah seluruh hidupnya. Sebaliknya kalau manusia hatinya jahat,jahatlah seluruh hidupnya. Oleh sebab itu tidak salah kalau kita menjaga hati kita dengan segala kewaspadaan karena dari sanalah terpancar kehidupan. Tuhan ingin kita memiliki hati yang benar, sebab hanya dengan hati yang benar, kita bisa hidup dengan benar dimata Tuhan!

    ReplyDelete
  30. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Hati merupakan salah satu organ internis manusia yang terpenting,Ia menjadi tempat seluruh perasaan jiwa,kekuatan pikiran dan keyakinan manusia. Semuanya berawal dari hati, saat hati kita jernih maka otomatis kita akan berpikir jernih. Menjaga kesehatan hati berarti menjaga manusia secara keseluruhan. Sedangkan membiarkan hati rusak sama dengan merusak manusia itu sendiri. Orang yang hatinya bersih akan tercermin pula dari kerapihan dan kebersihan di lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  31. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Hati yang bersih diawali dari suatu keyakinan. Keyakinan tersebut tercermin dalam untaian doa. Doa yang tulus ikhlas nan suci Insha Allah akan dapat terkabul dengan bantuan doa para malaikat juga. Jika hati telah suci janganlah dicemari dengan rasa kesombongan. Karena manusia tidak pantas unyuk berlaku sombong.

    ReplyDelete
  32. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Hati yang jernih adalah hati yang selalu mengarah pada Tuhan, yang penuh dengan cinta kasih dan damai, dan selalu berpikir positif, serta yang tidak menaruh kebencian di dalamnya. Menggapai hati yang jernih butuh keikhlasan hati untuk selalu berusaha berada di jalan Tuhan seraya memohon bimbingan-Nya

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi Ritual Ikhlas 18: Menggapai Hati Yang Jernih mengingatkan kita untuk selalu menjaga hati kita. Jika kita ibaratkan hati merupakan processor dalam komputer. Kita hendaknya menjaga processor tersebut dari serangan virus, supaya komputer dapat berjalan dengan baik. Sama halnya dengan hati kita, kita harus mampu menjaga hati kita dari berbagai virus, yaitu penyakit hati. Seperti pada penggalan lirik sebuah lagu:

    Jagalah Hati Jangan Kau Nodai
    Jagalah Hati Lentera Hidup Ini
    Jagalah Hati Jangan Kau Nodai
    Jagalah Hati Cahaya Illahi

    ReplyDelete
  34. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Di dalam QS. Asy-Syam: 9-10 “Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” Dapat disimpulkan bahwa perilaku kita merupakan cerminan hati kita. Oleh karena itu, sudah saatnya menjadi kita menjadi pribadi yang mempesona dengan memiliki hati yang jernih.

    ReplyDelete
  35. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hati yang jernih yaitu hati yang bersih, yang penuh dengan lantunan doa-doa hanya kepada Allah SWT dengan keikhlasan dan terjauh dari kesombongan. Kebersihan hati akan selalu mendorong kita untuk bertindak terpuji sesuai dengan ajaran-ajaran islam sehingga menggapai ridho Allah SWT. Semoga kita termasuk salah satunya yang memiliki hati yang jernih. Aamiin.

    ReplyDelete
  36. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Hati manusia itu diumpamakan sehelai kertas putih yang bersih, ketika dia berbuat dosa munculah sebuah titik hitam pada kertas itu. Hati akan tetap bersih selama ia tetap beristighfar dan mendirikan shalat. Jika ia tidak pernah beristighfar dan mendirikan shalat maka hati itu akan dipenuhi bintik hitam yang pada akhirnya akan menutupi seluruh hatinya menjadi hitam penuh kegelapan. Hati yang jernih membuat pikiran yang cemerlang. Agar kita terus berada dalam sebuah kondisi yang baik untuk berbuat baik bisa diraih bila hati kita bersih. Namun apabila hati kita kotor, maka kita akan menghalalkan segala cara untuk meraih yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  37. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hati yang jernih itu merupakan hati yang suci, manusia senantiasa berusaha untuk mencapai kefitrahannya, sehingga manusia diharapkan selalu bertaubat dan intropeks diri terhadap apa yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  38. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Tidak ada hati yang jernih tanpa doa yang ikhlas. Kita harus berusaha menolak godaan Setan dalam hati kita sehingga kita memiliki hati yang bersih. Cara ini adalah untuk meminta pengampunan dari Allah SWT dan melakukan segala sesuatu dengan berkah dari-Nya.

    ReplyDelete
  39. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Ketika berdoa, kita tidak boleh sombong. Allah Maha Besar dan Maha Kuasa, maka merendahkan diri di depan-Nya menjadi salah satu adab berdoa dalam agama Islam. Dalam berdoa, kita juga harus mengerti tata cara yang diajarkan Rasulullah. Karena kita tahu, Beliau adalah suri tauladan kita yang dapat mengajarkan kita bagaimana ikhlas itu.

    ReplyDelete
  40. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Ritual ikhlas memerlukan hati yang jernih untuk menjalankannya. Ketika hati kita penuh noda hitam dosa dan penuh dengan prasangka-prasangka tidak baik, maka dapat menyebabkan rasa ikhlas tidak dapat memenuhi hati kita. Maka berusahalah terus menerus untuk menggapai hati yang jernih.

    ReplyDelete
  41. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hati adalah tentang keyakinan, dan keyakinan adalah tentang doa. Pernah mendengar sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhori bahwasanya di dalam tubuh ada segumpal darah. jika segumpal darah tersebut baik maka akan baik pulalah seluruh tubuhnya, adapun jika segumpal darah tersebut rusak maka akan rusak pulalah seluruh tubuhnya, ketahuilah segumpal darah tersebut adalah hati.
    Hati yang bersih ialah hati yang penuh prasangka baik, dan ada unsur malaikat di dalamnya. Sedangkan hati yang kotor ialah hati yang ada unsur setan di dalamnya. Di hati yang bersih itulah tempatnya berkumpul sebuah doa. Sedangkan jika masih merasa hatinya kotor, segeralah meminta maaf dan ampunan dari Allah. Semoga Allah senantiasa memgampuni dan melidungi kita. Aamiin

    ReplyDelete
  42. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika berpikir menganai hati jernih makan tidak akan lepas dari akibatnya yaitu pikiran yang jernih. Jernih bisa dikatakanberpikir dan bernulari dengan arah tujuan baik tujuannya yang ada atau yang mungkin ada. Tidak semua jalur pikiran dapat dilalului, jika pikiran sudah bertemu jalan buntuk, bukan memenjarakan diri yang dipilih namun mencari arternatif baru atau dengan hati menyerahkan kepada tuhan atas semua yang telah dilakukan. Berpikir dan berhati ernih itu bukan hanya berpikir dan berhati tidak kotor, namun terus merefleksikan ke diri setiap langkah pikiran terus dan terus direfleksika. Bukan hanya merefleksikan namun terus memperbaiki diri menjadi manusia yang suci.

    ReplyDelete
  43. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Hati yang jernih merupakan hati yang terbebas dari segala keinginan-keinginan buruk atau hawa nafsu yang buruk, yang ada di dalam hati yang jernih adalah doa-doa yang selalu dipanjatkan demi kebaikan dan kemaslahatan bagi dirinya dan seluruh umat manusia. Hati yang jernih tidak akan pernah egois, yang hanya memikirkan kepentingan dan kebaikan dirinya sendiri. Apabila manusia sudah memiliki hati yang jernih dan dapat mendengar serta mengikuti hatinya tersebut sebagai dasar dalam berperilaku, niscaya perilaku-perilakunya tersebut senantiasa dapat memberikan kebaikan-kebaikan bagi dirinya maupaun orang lain.

    ReplyDelete
  44. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Hati yang tulus adalah hati yang selalu tertuju pada Allah SWT, setiap langkah dan pemikiran adalah doa , setiap perbuatan adalah ibadah, sehingga apapun yang sedang kita lakukan, yang akan kita lakukan, dan yang sudah kita lakukan semoga selalu dilandasi oleh iman dan ditujukan untuk Allah SWT. Jangan pernah merasa sombong dengan apa yang didapatkan sekarang, karna semua ini hanyalah milik Allah SWT, selalu memohon ampun terhadap apa yang telah kita perbuat.

    ReplyDelete
  45. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hati yang bersih adalah hati yang selalu menerima apapaun pemberian Allah kepadanya. tidak ada rasa iri, dengki, dan kesombongan dalam hatinya. memang tidak mudah untuk membersihkan hati, tapi dengan berdzikir dan berdoa maka Allah akan membeikan kekuatan hati kepada kita.

    ReplyDelete
  46. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Membersihkan hati adalah hal tidak mudah. Mencapai kesucian diri dengan membersihkan hati perlu proses dan keikhlasan yang luar biasa. Selalu mengingat tujuan hidup dan merendahkan hati di hadapan Sang Pencipta merupakan acara untuk menyucikan hati dari kotoran yang mengeraskan.

    ReplyDelete
  47. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hati manusia adalah keyakinan manusia itu sendiri. Sedangkan keyakinan adalah doa manusia itu sendiri. Hati jernih saat tidak ada kotoran. Sedangkan ada 2 kemungkinan kondisi hati manusia, yaitu hati bersih dan hati kotor. Hati yang jernih adalah hati yang bersih, yang berisi malaikat, sedangkan hati yang kotor adalah hati yang berisi setan atau iblis. Perbuatan-perbuatan baik akan membuat hati menjadi bersih, sedangkan perbuatan buruk akan membuat hati kotor.

    ReplyDelete
  48. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saat hati kotor, hal pertama yang dilakukan adalah bertaubat kepada Allah, meminta ampunan dan ridho serta perlindungan dari hal-hal yang mengakibatkan hati kotor kembali. Hati akan kembali bersih ketika tidak diliputi rasa sombong, dan merasa bahwa dirinya lah yang paling berkuasa atas dirinya, padahal seorang manusia hanyalah hamba dari Tuhan yang Maha Kuasa

    ReplyDelete
  49. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan pendapat Bapak Marsigit yang menjelaskan bahwa hati yang jernih adalah hati yang selalu dikelilingi oleh doa – doa. Karena doa yang bersih akan terhindar dari ego dan kesombongan dirinya. Maka dalam berdoa membutuhkan hati yang bersih dan meyakini bahwa yang terjadi adalah kehendak dari-Nya

    ReplyDelete
  50. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pertanyaan yang cukup menarik, "bagaimanakah agar hati dan pikiran kita jernih?". Cara sederhana agar hati dan pikiran kita menjadi jernih adalah dengan berwudhu. Ketika berwudhu, kita kan memperoleh ketenangan jiwa dan pikiran.

    ReplyDelete
  51. Hati yang jernih dapat diibaratkan sebagai cermin yang bersih. Cermin yang bersih dapat memberikan pantulan atau bayangan yang sesuai dengan apa yang dihadapan cermin tersebut. Begitupun dengan hati yang jernih maka dapat memberikan pantulan atau bayangan yang sesuai dengan apa yang dihadapinya. Suatu masalah yang dihadapi dengan hati yang jernih maka akan nampak jelas masalah tersebut sehingga dapat dicari penyelesaiannya. Tetapi hati yang tidak jernih berarti cermin yang tidak jernih pula atau cermin tersebut telah ada debu atau kotoran yang menempel. Cermin yang kotor ketika digunakan untuk bercermin maka tidak akan memberikan bayangan yang sama tetapi kotoran telah menyembunyikan bayangan. Begitupun masalah yang datang pada manusia jika dihadapi dengan hati yang tidak jernih maka akan ada hal-hal yang tersembunyi sehingga penyelesaiannya tidak lengkap atau malah tidak benar.

    ReplyDelete