Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 18: Menggapai Hati Yang Jernih




Oleh Marsigit

Berikut saya nukilkan pertanyaan Sdr Dyah Wahyuningsih:

Ass.wrwb,

Bapak yang terhormat,dalam mempelajari filsafat kita memerlukan hati dan pikiran yang jernih.
Agar kita dapat memahami apa yang kita pelajari tersebut,lalu bagaimanakah agar hati dan pikiran kita tetap jernih?
Karena jika hati dan pikiran kita tidak jernih rasanya akan sulit memahami segala sesuatu.


Wass.wrwb

Jawaban saya (Marsigit):

Sekarang saya akan menjawab pertanyaan anda perihal hati yang jernih.

Untuk menjawab pertanyaan tentang hati maka aku juga akan menggunakan hatiku.

Yang aku maksud dengan hatiku adalah keyakinanku.

Keyakinanku adalah doaku.

Maka bagi diriku jernihnya hati adalah jika hati terbebas dari segala macam kotoran.

Hatika berbicara bahwa hanyalah ada 2 (dua) keadaan saja dari hatiku itu yaitu "bersih" atau "kotor".

Aku dapat mengatakan bahwa hati yang jernih adalah hati yang bersih adalah hati yang disitu duduk doa-doa ku.

Hatiku berbicara bahwa "hati bersih" itu adalah malaikat unsur-unsurnya.

Sedangkan "hati kotor" itu adalah syaitan atau iblis unsur-unsurnya.

Hatiku berbicara bahwa doa-doa ku beserta malikat. Amiin

Sedangkan aku harus selalu membersihkan hatiku yang kotor, yaitu hati yang tergoda oleh syaitan dan iblis dengan permohonan ampun kepada Allah SWT dan peromonan ridha dan perlindungan Nya. Amiin.

Maka bagiku "bersihnya hatiku" adalah "doaku"

Tetapi jika hatiku berkata bahwa itu adalah "doaku", ternyata aku masih menyebut "ku" di depan Tuhan ku.

Maka doa "ku" juga terancam oleh egoku yaitu kesombonganku.

Maka lebih baik hatiku mengatakan bahwa "Atas perkenan engkau ya Allah semoga doa-doamu menyertai hatiku"

Itulah "hati bersih" sesuai dengan kata hatikku, yaitu Rakhmat dan Hidayah Nya.

Amiin

9 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hati adalah tentang keyakinan dan kepercayaan adalah tentang doa. Jadi, hati yang jernih adalah hati yang berbicara tentang doa dan bebas dari segala macam kotoran hati. Hati ini bersih jika ada unsur malaikat dan hati ini kotor jika ada unsur setan. Dan untuk membersihkan hati yang kotor, kita harus meminta maaf, meminta berkat dan perlindungan Allah, tanpa kesombongan di dalam hati kita. Untuk menjalani kehidupan, seseorang membutuhkan hati yang tenang agar senantiasa dapat mencapai tujuannya.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Hati adalah keyakinan, dan setiap keyakinan adalah doa. Menggapai hati yang jernih yaitu dengan hati yang berkeyakinan tinggi. Hati yang ini terisi dengan doa-doa yang terbebas dari berbagai kotoran. Sedangkan kotoran-kotoran tersebut berasal berawal mula dari syaitan yang selalu mengganggu keimanan dan ketaqwaan manusia. Maka kita perlu memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita agar hati dan pikiran kita bersih. Cara lainnya yaitu dengan cara memohon ampunan kepada Allah SWT terhadap dosa yang telah kita diperbuat.

    ReplyDelete
  3. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. hatiku adalah keyakinanku, keyakinanku adalah doaku. menurut saya untuk memulai segala sesuatu harus dari doa yang tulus, termasuk belajar. Niatkan dan yakinkan diri sendiri bahwa kita ingin belajar. Ikhlaskan diri jika ingin belajar. Semoga dengan begitu Allah SWT memberi kemudahan untuk mempelajari setiap materi. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Keragu –raguan itu berada diantara batas hati dan pikiran. Keragua – raguan akan tetap bercokol apabila kapasitas ilmu kita tidak mencukupi atau apabila hati kta kotor. Tiadalah manusia yang dapat mencampurkan apa yang seharusnya ada dihati dan apa yang seharusnya ada di pikiran. Jika manusia menyeret apa – apa yang ada dihati untuk di rasionalkan maka manusia tidak akan menemukan jawaban apa – apa. Malah justru akan tersesat. Oleh karena itu, selalulah berdoa agar hati kita selalu putih dan dapat menepis keragu – raguan.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Hati yang jernih merupakan hati yang selalu dalam fitrahnya, yang selalu mendorong dalam kebaikan sehingga akan melahirkan pikiran yang positif. Hati inilah yang akan mengontrol sikap dan perbuatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali hal-hal buruk yang dapat manusia lakukan tanpa kita sadari yang dapat membuat hati manusia menjadi kotor yaitu berpikiran negatif terhadap orang, menggunjing, dengki, dendam dsb. Allah SWT menciptakan manusia dengan keadaan bersih. Tetapi dengan berjalannya waktu kita dalam kehidupan maka banyak sekali hal buruk selalu menghampiri hati kita. Cara untuk tetap menjaga hati adalah selalu perbanyak dzikir kepada Allah dan taat terhadap apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Allah SWT, agar kita menjadi orang yang beriman dan dapat menjaga hati kita, sehingga kita senantiasa dekat dan dalam lindungan Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ada dua keadaan dalam hatiku, yaitu “bersih” dan “kotor”. Hati yang bersih adalah dimana tempat segala doa-doa yang kita panjatkan kepada Tuhan. Doa yang tidak mengenal ego, karena sebuah kepentingan pribadi saja. Sedangkan hati yang kotor yang berubah dengan hati yang jernih ketika kita dekatkan diri kita kepada Tuhan YME, dan yang paling penting kita selalu berdoa kepada Tuhan, dan bagaimana hati yang kotor itu dapa kita rubah menjadi hati yang bersih.

    ReplyDelete
  7. Jernih kadang disandingkan dengan air sehingga ada sebutan air jernih. Air yang tidak ada kotoran sama sekali. Air yang dapat digunakan untuk kegiatan apapun, air tersebut bermanfaat. Jika disandingkan dengan hati menjadi hati yang jernih, berarti hati tersebut terbebas dari kotoran. Kotoran hati adalah sifat iri, dengki, sombong, dan riya. Orang yang hatinya kotor maka hidupnya tidak tenang, menimbulkan keresahan bagi masyarakat dan ketidaktertiban. Oleh karena itu jagalah hati agar tetap bersih sehingga dapat bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hati yang jernih adalah hati yang dimana kita tidak memikirkan hal-hal yang tidak disenangi oleh Allah SWT. Untuk menggapai hati yang jernih, sebaiknya kita selalu berdoa dengan kepada Allah agar kita selalu ada dilindungan-Nya. Dan kita selalu memohon ampun kepada Allah atas kesalahan apa yang telah kita lakukan selama kita hidup di dunia. Hati yang jernih itu adalah hati yang tak mengenal rasa sombong, yang selalu merendahkan hati di hadapan Allah. Kita bukan siapa-siapa dan tidak ada apa-apanya. Jika hati kita sudah jernih, maka rahmat dan hidayah dari Allah akan turun kepada kita. Insya Allah.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Untuk menggapai hati yang jernih, perlu dengan hati yang mempunyai keyakinan, keyakinan akan kekuasaan Allah pencipta seluruh isinya. Karena setiap keyakinan itu adalah doa semoga kita senantiasa menjaga hati kita, sehingga kita memiliki hati yang bersih agar dapat berbuat amalan dalam kehidupan.

    ReplyDelete