Apr 19, 2013

Elegi Ritual ikhlas 27: Silaturakhim Para Ikhlas




Oleh Marsigit

Bagawat:

Yhuwang Bawana Langgeng...suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...Oo..oo..o..fenomena apa ini. Sesuai hukumnya bagi orang-orang yang memikirkannya...segala suasana mempunyai maksud dan tujuan sendiri-sendiri. Apakah makna dibalik fenomena ini?

Orang Tua Berambut Putih:
Wahai sang Bagawat..maafkan diriku sekali lagi..sesuai hukumnya maka aku selalu hadlir pada setiap orang yang bertanya apapun pertanyaannya. Wahai sang Bagawat betul gumammu. Jika engkau katakan segala suasana mempunyai maksud dan tujuan sendiri-sendiri, maka aku ingin katakan segala suasana, kejadian atau fenomena itu adalah tesis. Maka aku juga dapat mengatakan bahwa segala suasana, kejadian atau fenomena itu adalah anti-tesis karena segala tesis itu adalah anti-tesis. Dan segala anti-tesis itu adalah tesis. Itulah hidup itulah pula dunia. Maka segala ciptaan Tuhan itu adalah tesis bagi manusia untuk memikirkannya, sedangkan segala perbuatan manusia itu adalah anti-tesis yang dilakukannya.

Bagawat:

Ning..neng..ning..ning. Oo..o..ternyata satu pertanyaanku itu juga tesis juga. Itulah bahwa Allah SWT selalu memberikan rakhmat kepada semua ciptaan Nya dalam bentuk apapun dan sekecil apapun termasuk hal-hal yang di luar kesadarannya sekalipun. Tetapi aku ingin bertanya kepada dirimu wahai Orang Tua Berambut Putih. Lantas...jika segala suasana, kejadian atau fenomena sekarang ini adalah tesis maka apa pula anti-tesisnya?

Orang Tua Berambut Putih:

Tesisnya adalah “...suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...”. Itulah sebuah tesis buah karya Silaturakhim Para Ikhlas. Sedangkan anti-tesisnya adalah semua yang ada dan yang mungkin ada.

Bagawat:
Apakah yang engkau maksud bahwa anti-tesisnya adalah semua yang ada dan yang mungkin ada?

Orang Tua Berambut Putih:
Itulah hukumnya dan itulah kuasa Tuhan. Tuhan telah dan selalu memberikan rakhmat Nya untuk selalu hidup dan menghidupkan ciptaannya. Adapun segala ciptaanya diberikan keleluasannya untuk memproduksi tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesis sesuai dengan dimensinya, keikhlasannya dan daya pikirnya. Maka itulah sebenar-benar amal perbuatan manusia yang tidak ada satupun terbebas dari timbangan akhir penentu baik atau buruk, penentu syurga atau neraka..tergantung tesis-tesis dan anti-tesis yang diciptakannya melalui ikhtiarnya. Silaturakhim Para Ikhlas telah membuahkan hasil “...suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...”.

Bagawat:
Oo..oo..o... benar dan cocok kata-katamu dengan pikiranku. Maka aku dapat menyimpulkan bahwa Tuhan itu betul-betul Maha Pemurah, Maha Pengampin dan Maha Pengasih. Maka itulah sebenar-benar rakhmat bagi orang yang ikhlas dan berpikir kritis bahwa dia bisa selalu membangun hidup dan dunianya dari apapun dan kapanpun. Jika demikianlah maka aku dapat menyimpulkan bahwa tiadalah hal di dunia itu bukan merupakan rakhmat dari Tuhan. Oh Tuhan tiadalah cukup terimakasihku kepada Mu walau aku terus melantunkannya sepanjang hayatku. Tiadalah cukup permohonan ampunku kepada Mu walaupun aku terus membaca istighfar sepanjang hidupku. Jikalau demikian yang terjadi apapula arti diriku di hadapan Mu ya Allah? Apapula hal diriku yang dapat aku sombongkan ya Allah? Maka sebenar-benar “ku” pada diriku itu adalah rakhmat Mu. Tiadalah kesopanan dan kesantunan bagi diriku untuk menyebut “ku” di hadapan Mu ya Allah. Ampunilah dosa-dosaku ya Allah. Aku telah menyaksikan bahwa Silaturakhim Para Ikhlas itu telah engkau beri rakhmat dan hidayahnya. Amiin

Orang Tua Berambut Putih:
Wahai sang Bagawat...tegarkanlah dirimu itu. Jikalau engkau masih mampu tegakkan pikiranmu, maka aku ingin menyampaikan bahwa “...suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...”...bagi diriku adalah anti-tesisnya dari “..suasana siang gerah...kacau, tak tertata, tak titi, tak tentrem...suara hiruk-pikuk..protes, demo...bencana, angin lesus...udara yang panas..dan suasana hati yang protes akan ketidak adilan, korupsi, kolusi, nepotisme...semua para kawula tidak bisa tertidur memikirkan nasib bangsa ini..”.

Bagawat:
Wah..penjelasanmu itu terasa menarik..tetapi aku belum paham betul apa dibalik uraianmu itu?

Orang Tua Berambut Putih:
Bagi orang-orang yang ikhlas maka berpikir kritis itu akan mengikutinya. Maka tiadalah sebenar-benar perlombaan menjunjung langit itu bagi orang-orang dengan setinggi-tinggi keiklasan dalam hatinya. Mengapa? Karena setinggi-tinggi keikhlasan dalam hatinya itu telah melebur ke dalam Kuasa Tuhan yang Maha Pengasih.

Bagawat:

Kapan aku bisa menggapai setinggi-tinggi ikhlas itu?

Orang Tua Berambut Putih:
Ikhlas dalam hatimu tidak perlu engkau tunggu setelah akhir hayatmu. Sekarang juga jika engkau berikhtiar dan Allah mengabulkan maka ikhlas itu akan ada pada dirimu. Maka sebenar-benar syurga dan nerakamu itu engkau ikut menentukannya sekarang juga. Jikalau orang banyak berkumpul dan bersilaturakhim dalam keikhlasannya, maka kebaikannya juga diperuntukan kepada mereka semuanya. Jika semua warga menjalani anti-tesisnya dalam keikhlasan maka negara dan bangsa itu juga akan mengalami keikhlasannya. Itulah sebenar-benar solusi dari carut-marutnya keadaan masyarakat dan bangsa ini, yaitu kembali kepada keikhlasan diri kita masing-masing dan keikhlasan bersama-sama. Maka Silaturakhim Para Ikhlas itu sungguh dapat memberikan kontribusi bagi persoalan negeri. Itulah potensi..itulah local genious kita yang telah diajarkan oleh nenek moyang kita sejak dulu kala. Itulah kekuatan kita untuk membangun bangsa ini, bahkan melebihi dari itu, itulah kekuatan kita untuk membangun dunia ini. Kekuatan silaturakhim para ikhlas itu ternyata telah mampu mengusir segala bentuk kelaliman Black-hole Diraja dan para pengikutnya. Tiadalah suatu masyarakat dapat membangun negerinya jika tidak berlandaskan kepada potensi masyarakatnya. Dan kita telah membuktikan dan akan terus membuktikan bahwa silaturakhim para ikhlas itulah satu-satunya solusi untuk membangun dunia yang aman, tata, titi dan tenterem. Amiin.

Bagawat:
Ooo..Orang Tua Berambut Putih...tak kuasa diriku ini menahan air mataku. Begitulah keindahan negeriku. Dia indah bukan hanya dari bentuk fisiknya saja tetapi ternyata indah juga dari batinnya. Oh..terimakasih aku ucapkan kepada para ikhlas atas silaturakhim-silaturakhimnya sehingga Allah SWT telah berkenan menurunkan ketenteraman dan kedamaian di muka bumi ini. Amiin.

45 comments:

  1. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terbit dan terbenannya Matahari, pasang surut deburan Ombak, Hembusan angin yang sepoi-spoi, dan seterus dan seterunya merupakan bukti ikhlasnya alam atas atkdir yang diberikan Tuhan pada mereka. Silaturakhim mereka yang ikhlas berdasarkan aturan tuhan mencipciptakan suatu relasi yang kita sebut dengan hukum alam. namun terkadan manusia yang serakah mengahncurkan semua itu hutan yang mestinya jadi tempat tinggal para binatang dirampas dan dijadikan gedung-gedung tinggi, laut yang merupakan rumah indah para ikan direklamasi atas kepentingan-kepentingan beberapa orang. semoga kita tergolong orang yang ramah baik kepada sesama manuisia maupun kepada alam. Amin

    ReplyDelete
  2. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Kunci dalam kehidupan ini adalah berdo’a. Setelah berusaha dan berdo’a, maka langkah terakhir adalah menyerahkan semuanya kepada Allah. Ya ikhlas dengan segala keputusan Allah. kita dudah berusaha dan kita hanya tinggal melakukannya saja. Ikhlas dalam memecahkan suatu masalah kehidupan di dunia ini. Apapun masalah itu. Masalah diri kita, ilmu kita, bahkn masalah yang terjadi di dunia ini. Semua itu bisa diatasi jiia kita sudah berusaha dan ikhlas mengembalikan semuanya kepada Nya. Jikalau ada seseorang yang sudah buta akan ikhlas, maka benar hati dan pikirannya sudah mati dan setan pun sudah berhasil memasuki tubuhnya. Semoga Allah senantiasa bersama kita. Amiin.

    ReplyDelete
  3. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ikhlas bersumber dari hati. Hati adalah suara terdalam dalam diri manusia yang tidak bisa berbohong. Hati adalah ujung tombak dari segala kebaikan dan keburukan manusia. Ikhlas adalah ketika seorang manusia mengerahkan seluruh ibadah, perkataan dan perbuatannya untuk Allah, yaitu mengharap ridha dan pahala-Nya tanpa melihat gemerlapnya dunia.

    ReplyDelete
  4. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Kata ikhlas itu mudah sekali diucapkan namun ketika dijalankan tidak semua orang mampu menjalaninya. Ikhlas hati mengantarkan kepada kedamaian. Dengan ikhlas kita mampu berpikir jernih dan adil kepada lingkungan sekitar kita. Sungguh karunia Allah SWT itu tidak terbatas kepada setiap hamba-Nya, termasuk karunia diberikah hati yang ikhlas.

    ReplyDelete
  5. Sesungguhnya perlombaan dalam menjunjung langit adalah setingi-tingginya ikhlas. Tidak patutlah seorang manusia berlaku sombong akan apa yang dimilikinya, karena dimata Allah semua yang manusia miliki yang dikarenakan hal tersebut manusia merasa bahwa dia adalah makhluk paling tinggi di dunia, semua hal tersebut tidak berguna. Yang diperhitungkan adlaah ke-ikhlasan.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  6. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Menggapai keikhlasan tentu menjadi sesuatu yang wajib untuk terus dilakukan, terutama bagi orang-orang beriman dan bertaqwa. Menggapai setinggi-tinggi nilai keikhlasan tidak perlu sampai kita mau sadar dan bertaubat kepada Allah, bahkan sampai sakaratul maut datang kepada kita. jika kita mau terus berikhtiar dan hanya mengaharp keridhoan Allah maka ikhlas dan ketulusan hati ada pada diri kita. apabila kita saling berkumpul dan membangun hablumminallah serta habluminannas dalam keikhlasan, maka kebaikan lah yang akan selalu mengikuti langkah kita. Wallahu’alam bishowab.

    ReplyDelete
  7. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Saya pernah mendengar apabila kita berusaha menjadi orang yang lebih baik maka akan semakin kuat juga godaan yang akan kita dapatkan untuk kembali menjadi orang yang buruk. Agar kita semakin kuat dan tidak kembali ke dalam lembah kejahatan maka diperlukan kekuatan ikhlas hati agar selalu berada di jalan yang benar. Apabula hati selalu damai disertai dengan keikhlasan maka dalam menjalankan kehidupan ini juga akan semakin tenang dan kita akan semakin mudah melangkah jadi orang yang selalu lebih baik. Namun apabila kita kurang ikhlas untuk menjadi lebih baik maka ketidaktenangan akan mempengaruhi dalam diri kita.

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam bulan Ramadan, kita mengenal istilah dengan malam lailatul qodar dimana tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui kapan pastinya malam lailatul qodar itu terjadi. Malam lailatul qodar merupakan malam dimana disebutkan sebagai malam seribu bulan. Malam dimana merupakan salah satu waktu yang dapat mengijabahkan doa kita. Ketika seseorang menemukan kapan malam lailatur qodar itu terjadi, maka seseorang tersebut akan mengalami ketenangan jiwa dan fikiran sehingga segala sesuatu yang ada di dunia ini terasa sepi dan sunyi tak ada suara sedikitpun kecuali suawa yang ada di dalam diri mereka. Inilah fenomena yang diinginkan oleh banyak orang. Karena fenomena tersebut merupakan fenomena langka yang akan di dapatkan oleh semua orang. Hanya orang-orang terpilihlah yang akan mengalami fenomena tersebut. Dalam malam tersebut, jarak antara kita dengan Alloh SWT akan lebih dekat sehingga doa yang kita haturkan akan terkabul karena keikhlasan kita akan mencapai pada puncaknya. Semoga kita senantiasa diberikan umur panjang untuk menemui bulan Ramadan pada tahun selanjutnya dan diberikan kesempatan untuk mendapatkan malam lailatul qodar yang begitu Indahnya. Aaamiiin
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Membaca elegi ini, saya memahami bahwa kunci utama untuk dapat meraih surga Allah adalah menaati perintahNya dan menjauhi laranganNya. Berikut adalah amalan-amalan yang dapat kita kerjakan sebagai investasi akhirat kita yaitu shalat tepat waktu dan berjamaah, bertasbih, bershalawat, beristigfar dan berdzikir kepada Allah. Selain itu jangan lupa untuk shalat sunnah, bersilaturahmi, bertaubat dan memelihara hubungan baik antar sesama. Dengan melakukan amalan tersebut secara ikhlas maka itu dapat menjadi modal kita untuk meraih surgaNya. Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Sesama makhluk Allah yang mempunyai sifat sosial, manusia dianjurkan untuk saling bersilaturahim kepada sesama umat manusia agar saling mengenal dengan saudaranya sesama umat Allah. Seseorang yang ikhlas dalam melakukan setiap kebaikan akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Ikhlas dalam hatimu tidak perlu engkau tunggu setelah akhir hayatmu. Dan semua itu akan diberikan balasan yang sangat luar biasa yaitu berupa surga yang kekal abadi di akhirat nanti. Sekarang juga jika engkau berikhtiar dan Allah mengabulkan maka ikhlas itu akan ada pada dirimu.

    ReplyDelete
  11. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terima kasih Prof. atas elegi nya. Yang dapat saya ambil dari elegi silaturahmi ikhlas ini yaitu munculnya segala sifat kerendahan seseorang mulai dari aspek-aspek, sifat-sifat, pikiran, ucapan serta tindakan yang ia miliki. Ketika seluruh tubuh kita telah mampu untuk ikhlas, tak ada perasaan sombong, perasaan lebih pandai dari orang lain, bahkan perasaan bahwa saya ada di dunia ini dengan semua jabatan, pangkat, dan status merupakan keberhasilan semata, maka untuk menjunjung langit adalah hal yang tidak sulit kita lakukan. Karena pada pada dasarnya segala Rahmat yang kita rasakan dari sejak bangun sampai tidur lagi merupakan pemberian Allah SWT.

    ReplyDelete
  12. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Harapan dan doa adalah apa yang harus kita lakukan. Tapi, harus disertai dengan upaya. Segala sesuatu yang terjadi pada kita adalah yang terbaik untuk kita. Allah selalu memiliki rencana yang terbaik untuk kita. Sesuatu yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.
    Dengan menerima semua yang telah diberikan Allah, cobaan, hadiah, rintangan dengan lapang dada, sehingga ia akan memiliki kehidupan yang diimpikan oleh semua manusia, yaitu kehidupan yang damai.

    ReplyDelete
  13. Ilma Rizki Nur Afifah
    1770925120
    P. Mat A S2 UNY

    Ikhlas itu mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Ikhlas itu sangat penting dalam pelaksanaan ibadah maupun berbuat kebaikan.Jika tidak dilandasi hati yang ikhlas akan timbul hati yang riya'. Sebenarnya masa depan (kehidupan akhirat) itu merupakan refleksi dari kehidupan di dunia. Walaupun belum pasti, namun banyak sekali contoh yang membuktikan

    ReplyDelete
  14. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Etik dan estetika tidak hanya dapat kita lihat secara langsung dengan mata, namun juga dapat kita rasakan dengan hati. Karena sebenar-benar etik dan estetika tidak hanya terkait keindahan yang dapat kita lihat secara langsung namun juga berupa kedamaian yang dihasilkan oleh hati yang ikhlas. Keikhlasan mempunyai power untuk melahirkan ketentraman, keamanan, dan rasa persahabatan sehingga interaksi positif dapat terbangun dengan mudah.

    ReplyDelete
  15. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Ikhlas merupakan kunci segala ibadah. Dalam bermasyarakat dan bernegara juga diperlukan keikhlasan. Dperlukan orang-orang yang ikhlas dalam memimpin masayarakat agar kedamaian dan kesejahteraan dapat tercapai. Diperlukan keihklasan agar masyarakat dapat bersatu dan mempertahankan jati diri bangsa. semoga kita dapat menjadi seorang yang ikhlas itu untuk menjaga pendidikan Indonesia, aamiin

    ReplyDelete
  16. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Menjalin silaturrahim diantara sesama manusia memang sangat baik, bahkan Allah sendiri menjanjikan akan memanjangkan umur seseorang yang selalu menjalin silaturrahim. Menjalin silaturrahim erat kaitannya dengan kehidupan kita dimasa depan kelak. Link-link yang telah kita bangun dimasa lalu akan membuat terbukanya pintu-pintu rezeki kita dimasa depan, sehingga hubungan kita sekarang menentukan kesuksesan kita di masa depan nanti.

    ReplyDelete
  17. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Silaturahim itu harus disertai dengan rasa ikhlas. Yang dimaksud dengan ikhlah adalah dengan sebenar-benarnya silaturahim untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Saat ini banyak sekali silaturahim karena tujuan tertentu tanpa didasari rasa ikhlas. Padahal dengan silaturahim yang didasari rasa ikhlas dapat membuat kehidupan menjadi lebih tentram.

    ReplyDelete
  18. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Elegi ini menyadarkan kita bahwa dengan selalu mempererat tali silaturahmi, bangsa ini akan menjadi bangsa yang bersatu dan selalu dinaungi oleh kebaikan. Dalam menjalankan silaturahmi tidak boleh ada paksaan, niatnya harus benar yakni untuk menjaga hubungan antara sesama. Dalam bersilaturahmi tidak boleh ada kesombongan yang dapat merendahkan yang lain, semua harus saling menghormati dan bertoleransi. Dalam bersilaturahmi harus dilandasi dengan keikhlasan. Tidak boleh hanya nampak bersilaturahmi secara lahiriyah, namun hati dan jiwa juga harus sepenuhnya ikhlas menjalin silaturahmi. Mari bersilaturahmi dengan hati yang tulus ikhlas, maka dari sana kita akan merasakan kekuatan dan manfaatnya yang besar.

    ReplyDelete
  19. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Segala suasana, kejadian, atau fenomena adalah tesis sekaligus anti-tesis. Segala ciptaan Tuhan adalah tesis bagi manusia untuk memikirkannya, sedangkan segala perbuatan manusia itu adalah anti-tesis yang dilakukan. Saya mengambil kesimpulan bahwa tesis adalah hal yang bisa dipikirkan manusia sedangkan anti-tesis adalah hal yang telah dan mungkin akan dilakukan manusia yang berhubungan dengan pikirannya tersebut. Namun terkadang anti-tesis yang ada tidak sejalan dengan tesis. Hal ini disebabkan anti-tesis anti-tesis tersebut terjadi tanpa dilandasi rasa ikhlas.

    ReplyDelete

  20. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Semua hal yang terjadi di dunia ini selalu memiliki pasangan. Kita dapat menyebutnya tesis dan anti tesis. setiap kejadian, setiap keadaan di dunia ini adalah tesis dan anti tesis dari yang ada dan yang mungkin ada. setiap hal di dunia ini yang kita lihat sehari-hari, seperti matahari, bulan, bintang, hujan dan lain-lain adalah ciptaan Tuhan yang patut kita syukuri dan tugas kita sekarang adalah bagaiman memanfaatkannya tanpa merusak sebagai wujud syukur dan sebagai sarana memajukan negeri. berkumpulnya orang-orang yang ikhlas akan menghasilkan banyak pemikiran bagaimana hal tersebut dapat terwujud. Karena orang yang ikhlas akan diikuti oleh cara berpikir yang kritis.

    ReplyDelete
  21. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Silaturakhim adalah ikatan yang saling menguatkan, saling mengingatkan, dan saling berharmoni dalam frekuensi yang berbeda-beda. Kita bisa melihat waktu pagi banyak orang berdoa dengan khusyuknya, menjalin hubungan dengan sang Pencipta, satu orang dengan orang lain saling terhubung, mereka melaksanakan doa dengan ikhlas dalam sujud mereka. Sungguh silaturahmi yang hakiki.

    ReplyDelete
  22. Latifah Fitriasari
    PM C

    Dengan bersilaturahmi kita bisa merekatkan ukhuwah islamiyah. Islam menyuruh umaatnya memperbanyak silaturakhim dengan siapapun dan di manapun. Sebab dalam kehidupan tiap manusia bersifat sosial membutuhkan satu dengan yang lainnya dengan niat yang baik dan ikhlas karena Allah tak menerima amal kecuali dilakukan dengan ikhlas. Bila kita bersilaturahmi dengan keikhlasan maka akan mendapatkan kebaikan. Keikhlasan bersumber dari hati.

    ReplyDelete
  23. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Ikhlas merupakan kunci dalam hidup ini. Ketika kita ikhlas melakukan segala sesuatunya karena Allah SWT, maka Allah SWT yang akan mencukupkan segalanya. Maka dalam hidup ini kita harus saling silaturahim dengan ikhlas. Kita harus saling terjemah dan diterjemahkan dengan ikhlas. Kia harus bersama-sama, saling memahami, saling bergotong royong membangun negeri ini dengan ikhlas. Dengan begitu Allah SWT yang akan mencukupkan dan memakmurkan negeri ini.

    ReplyDelete
  24. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Saat ini bangsa kita memang sedang mengalami krisis mental. Banyak pelanggaran-pelanggaran hukum dan moral yang banyak terjadi. Pejabat korupsi, pembunuhan, kekerasan dan sebagainya. Salah satu penyebabnya adalah orang-orang yang tidak ikhlas dalam melakukan pekerjaannya atau segala sesuatu yang diamnatkan kepadanya. karena ketidakikhlasan itu, hati mereka dipenuhi oleh nafsu-nafsu duniawi yang tidak dapat dikontrol. Oleh karena itu, kita harus sering-sering bersilaturahmi dengan ikhlas, karena seperti yang bapak paparkan pada elegi di atas, "Itulah sebenar-benar solusi dari carut-marutnya keadaan masyarakat dan bangsa ini, yaitu kembali kepada keikhlasan diri kita masing-masing dan keikhlasan bersama-sama".

    ReplyDelete
  25. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Ikhlas sama halnya seperti hidayah. Kita perlu unutk mengikhtiarkan datangnya ikhlas tersebut kepada kita.setelah kita berikhtiar dalam menggapai ikhlas maka Tuhan akan mengabulkan dan akan datangllah ihklas keada kita. Kedatangan ikhlas tidak akan dengan serta merta tanpa ujian. Karena setiap orang akan diuji sesuai dengan kemampuannya masing masing.

    ReplyDelete
  26. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Benar bahwa Allah memberikan rahmatNya kepada semua hambaNya, baik yang taat maupun yang membangkang, namun semua rahmat tersebut memiliki arti tersebndiri tergantung subyek penerimanya. Jika rahmat diberikan kepada orang taat, maka itu adalah sebenar-benar rahmat, sedangkan rahmat yang diberikan kepada orang yang membangkang merupakan langkahNya untuk melulu (memberikan rahmat sebagai ujian). Bahkan dikatakan bahwa orang yang masuk surga sejatinya bukanlah karena amal perbuatannya selama ia di dunia, melainkan karena rahmat dan belas kasihNya. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berlomba-lomba mendapatkan rahmatNya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  27. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Banyak riwayat yang mengatakan bahwa silaturrahim akan menambah rizki dan umur kita, hal tersebut bukanlah kabar burung belaka, terdapat hadits yang meriwayatkan bahwa silaturrahim ialah sebagian tanda seseorang beriman kepada Allah SWT dan hari kiamat. Keihlasan selaku syarat utama sebuah amal yang diterima wajib diterapkan dalam semua amal perbuatan yang kita lakukan. Sedangkan jika kita belum bisa berlaku ikhlas maka kita dapat mensiasati dengan tidak mengungkitnya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Silaturahim adalah salah satu cara untuk menghapus dosa setiap orang, karena dengan bersilaturahim dengan sesama kita akan saling maaf memaafkan. Jadi, perbanyaklah bersilaturahim. Dalam bersilaturahim hendaknya kita berlaku ikhlas, karena ikhlas adalah salah satu jalan menuju kebaikan. Maka dari itu rasa Ikhlas dalam hati harus ditumbuhkan dari sekarang.Tuhan telah dan selalu memberikan rahmat Nya untuk selalu hidup dan menghidupkan ciptaannya. Maka dari itu, kita patut untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan. Adapun segala ciptaanya diberikan keleluasannya untuk memproduksi tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesis sesuai dengan dimensinya, keikhlasannya dan daya pikirnya. Dan kita sebagai manusia hendaklah mampu menempatkan diri dengan saling bersilaturahim dengan ikhlas. Jadi, amal ibadah manusialah yang menjadi penentu baik atau buruknya manusia, penentu surga atau neraka. Maka dari itu, teruslah tingkatkan amal ibadah kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  30. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Apakah kita sudah ikhlas dalam berbuat baik? Seperti apakah ikhlas itu? Tidak ada yang tahu batasan ikhlas itu seperti apa. Hanya Tuhan yang tahu. Kita hanya bisa berusa untuk melakukan sebaik-baiknya. Ikhlas dalam hatimu tidak perlu engkau tunggu setelah akhir hayatmu. Sekarang juga jika engkau berikhtiar dan Allah mengabulkan maka ikhlas itu akan ada pada dirimu. Maka sebenar-benar syurga dan nerakamu itu engkau ikut menentukannya sekarang juga.

    ReplyDelete
  31. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Keikhlasan adalah perbuatan yang tulus yang ditujukan hanya untuk meraih ridho Allah. Semua amal perbuatan yang kita lakukan, jika tidak didasari dengan keihlasan, akan berakhir sia-sia. Keikhlasan adalah kunci agar doa kita dikabulkan, sementara doa adalah senjata bagi kita untuk menghadapi segala masalah. Sehingga, sangat penting untuk memelihara keikhlasan dalam hati kita. Kita harus berusaha/ berikhtiar, berdoa, dan memohon ampunan kepada Allah atas dosa dan memohon untuk dijernihkan hatinya. Sesungguhnya Allah itu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

    ReplyDelete
  32. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Hidup adalah interaksi antara tesis dan anti-tesisnya. Interaksi antara yang kita pikirkan dengan apa yang kita lakukan, interaksi antara kemampuan manusia mengetahui sebagai sifat yang ada dan mungkin ada dengan kuasa Tuhan yang maha mengetahui. Tesis dan antetisnya muncul dari hasil olah pikir. Sehingga bagaimana kita mampu mencari tesis dan antitesisnya tergantung pada pengetahuan serta hati kita.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  33. Shelly LUbis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Ikhlas merupakan hal yang sangat penting agar amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. bahkan dalam belajar pun, kita perlu ikhlas, karena dengan ikhlas itu Allah akan membantu memudakan ilmu itu kita serap dan menjadi berkah bagi kehidupan kita. memang benar, berbicara itu gampang, mempraktekkan nya yang susah. maka marilah kita berdoa agar kita diberikan kemudahan agar dapat mengatur hati kita untuk senantiasa ikhlas beramal soleh. aamiin.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum Wr. Wb. Ikhlas adalah salah-satu kunci untuk mengarungi kehidupan di dunia ini. Ikhlas adalah salah-satu rumus untuk mencapai derajat ketakwaan yang tinggi. Ikhlas adalah salah-satu jalan menuju kedamaian sejati. Ikhlas berarti mengakui bahwa kita hanyalah insan yang lemah yang membutuhkan kehadiran ilahi sebagai sandaran hidup. Ikhlas berarti mengakui kemahakuasaan Allah SWT. Semoga kita senantiasa diberi petunjuk dalam segala hal dan senantiasa hati kita dijaga dalam bingkai keikhlasan. Aamiin!!

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Ikhlas adalah wujud kepasrahan diri menerima takdir Allah SWT setelah maupun sebelum ikhtiar. Ikhlas juga merupakan wujud rasa syukur seseorang atas segala nikmat Allah SWT, tidak ada yang tau tolak ukur keikhlasan atau seberapa ikhlas seseorang. Sebab ikhlas adanya di dalam hati, tidak sekedar dari ucapan. Keikhlasan seseorang memang tidak dapat dilihat melalui perkataan namun bisa diwujudkan dalam bentuk perbuatan. Seseorang yang ikhlas akan menerima segala sesuatu ketentuan Allah SWT, tidak mudah putus asa, sabar, berusaha dan infinite regress.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Sebagai seorang muslim maka menjaga tali silaturrahmi adalah suatu yang sangat dianjurkan oleh agama agar saling mengenal dengan sesama umat Allah. Seseorang yang ikhlas dalam melakukan setiap kebaikan dalam hal ini adalah silaturrakhmi maka akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Ikhlas dalam hatimu tidak perlu engkau tunggu sampai tiba pada akhir hayatmu. Sekarang juga jika engkau berikhtiar dan Allah mengabulkan maka ikhlas itu akan ada pada dirimu. Dan semua itu akan diberikan balasan yang sangat luar biasa yaitu berupa syurga yang kekal. Oleh karena itu, perbanyaklah silaturrakhmimu, sesungguhnya dengan memperkuat silaturrahmi maka akan dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    tingginya ikhlas bisa didapatkan mulai sekarang, sesungguhnya ikhlas akan ada pada diri kita dengan berikhtiar dan kemudian Allah meridhainya. sebagai makhluk sosial dan sebagai seorang muslim kita diajarkan untuk senantiasa menjaga tali silaturrahmi, Allah sangat membenci orang-orang yang memutuskan tali silaturrahminya dengan orang lain.

    ReplyDelete
  42. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Cara yang bisa dilakukan untuk memecahkan persoalan bangsa adalah dengan persatuan dari orang-orang memiliki segenap keikhlasan untuk menyelesaikannya. Jangan pernah menunda untuk berbuat baik, karena kita tidak akan pernah tau kapan waktunya bagi kita akan berakhir. Setiap kebaikan yang ditimbulkan dari orang-orang yang berhati ikhlas merupakan kebaikan yang akan kembali kepada mereka.

    ReplyDelete
  43. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    "Ikhlas dalam hatimu tidak perlu engkau tunggu setelah akhir hayatmu" menjadi pribadi yang ikhlas dalam semua hal menjadikan hidup kita terasa nyaman dan tenteram. menghadapi masalah pun dengan keikhlasan dan tawakal dalam diri, menjadikan kita berkhusnudzon bahwa masalah maupun ujian merupakan wujud kasih sayang Allah terhadap hambanya. Ketika kita berada dalam kelompok masyarakat yang pribadinya memiliki rasa ikhlas didalamnya tentulah hidup kita akan lebih baik penuh dengan ketentraman dan dihindarkan dari perbuatan tercela.

    ReplyDelete
  44. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Segala suasana, kejadian, atau fenomena adalah tesis sekaligus anti-tesis. Segala ciptaan Tuhan adalah tesis bagi manusia untuk memikirkannya, sedangkan segala perbuatan manusia itu adalah anti-tesis yang dilakukan. Saya mengambil kesimpulan bahwa tesis adalah hal yang bisa dipikirkan manusia sedangkan anti-tesis adalah hal yang telah dan mungkin akan dilakukan manusia yang berhubungan dengan pikirannya tersebut. Namun terkadang anti-tesis yang ada tidak sejalan dengan tesis. Hal ini disebabkan anti-tesis anti-tesis tersebut terjadi tanpa dilandasi rasa ikhlas.

    ReplyDelete
  45. Ikhlas yang dimaksud meliputi ikhlas dalam keseluruhan. Artinya ikhlas di dalam maupun di luar. Ikhlas hati, ikhlas pikir, ikhlas perkataan, ikhlas perbuatan, serta ikhlas menurut ruang dan waktu. Jika kita dapat mencapai ikhlas secara keseluruhan maka tesis tesis yang ada memiliki anti-tesis yang sejalan dengannya. Bukan menjadi lawan kata atau bertolak belakang dengan apa yang dipikirkan oleh manusia. Tesis pun muncul karena rasa ikhlas. Yaitu ikhlas memikirkannya. Maka dalam mewujudkan anti-tesisnya juga harus dengan keikhlasan.

    ReplyDelete