Apr 19, 2013

Elegi Ritual ikhlas 27: Silaturakhim Para Ikhlas




Oleh Marsigit

Bagawat:

Yhuwang Bawana Langgeng...suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...Oo..oo..o..fenomena apa ini. Sesuai hukumnya bagi orang-orang yang memikirkannya...segala suasana mempunyai maksud dan tujuan sendiri-sendiri. Apakah makna dibalik fenomena ini?

Orang Tua Berambut Putih:
Wahai sang Bagawat..maafkan diriku sekali lagi..sesuai hukumnya maka aku selalu hadlir pada setiap orang yang bertanya apapun pertanyaannya. Wahai sang Bagawat betul gumammu. Jika engkau katakan segala suasana mempunyai maksud dan tujuan sendiri-sendiri, maka aku ingin katakan segala suasana, kejadian atau fenomena itu adalah tesis. Maka aku juga dapat mengatakan bahwa segala suasana, kejadian atau fenomena itu adalah anti-tesis karena segala tesis itu adalah anti-tesis. Dan segala anti-tesis itu adalah tesis. Itulah hidup itulah pula dunia. Maka segala ciptaan Tuhan itu adalah tesis bagi manusia untuk memikirkannya, sedangkan segala perbuatan manusia itu adalah anti-tesis yang dilakukannya.

Bagawat:

Ning..neng..ning..ning. Oo..o..ternyata satu pertanyaanku itu juga tesis juga. Itulah bahwa Allah SWT selalu memberikan rakhmat kepada semua ciptaan Nya dalam bentuk apapun dan sekecil apapun termasuk hal-hal yang di luar kesadarannya sekalipun. Tetapi aku ingin bertanya kepada dirimu wahai Orang Tua Berambut Putih. Lantas...jika segala suasana, kejadian atau fenomena sekarang ini adalah tesis maka apa pula anti-tesisnya?

Orang Tua Berambut Putih:

Tesisnya adalah “...suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...”. Itulah sebuah tesis buah karya Silaturakhim Para Ikhlas. Sedangkan anti-tesisnya adalah semua yang ada dan yang mungkin ada.

Bagawat:
Apakah yang engkau maksud bahwa anti-tesisnya adalah semua yang ada dan yang mungkin ada?

Orang Tua Berambut Putih:
Itulah hukumnya dan itulah kuasa Tuhan. Tuhan telah dan selalu memberikan rakhmat Nya untuk selalu hidup dan menghidupkan ciptaannya. Adapun segala ciptaanya diberikan keleluasannya untuk memproduksi tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesis sesuai dengan dimensinya, keikhlasannya dan daya pikirnya. Maka itulah sebenar-benar amal perbuatan manusia yang tidak ada satupun terbebas dari timbangan akhir penentu baik atau buruk, penentu syurga atau neraka..tergantung tesis-tesis dan anti-tesis yang diciptakannya melalui ikhtiarnya. Silaturakhim Para Ikhlas telah membuahkan hasil “...suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...”.

Bagawat:
Oo..oo..o... benar dan cocok kata-katamu dengan pikiranku. Maka aku dapat menyimpulkan bahwa Tuhan itu betul-betul Maha Pemurah, Maha Pengampin dan Maha Pengasih. Maka itulah sebenar-benar rakhmat bagi orang yang ikhlas dan berpikir kritis bahwa dia bisa selalu membangun hidup dan dunianya dari apapun dan kapanpun. Jika demikianlah maka aku dapat menyimpulkan bahwa tiadalah hal di dunia itu bukan merupakan rakhmat dari Tuhan. Oh Tuhan tiadalah cukup terimakasihku kepada Mu walau aku terus melantunkannya sepanjang hayatku. Tiadalah cukup permohonan ampunku kepada Mu walaupun aku terus membaca istighfar sepanjang hidupku. Jikalau demikian yang terjadi apapula arti diriku di hadapan Mu ya Allah? Apapula hal diriku yang dapat aku sombongkan ya Allah? Maka sebenar-benar “ku” pada diriku itu adalah rakhmat Mu. Tiadalah kesopanan dan kesantunan bagi diriku untuk menyebut “ku” di hadapan Mu ya Allah. Ampunilah dosa-dosaku ya Allah. Aku telah menyaksikan bahwa Silaturakhim Para Ikhlas itu telah engkau beri rakhmat dan hidayahnya. Amiin

Orang Tua Berambut Putih:
Wahai sang Bagawat...tegarkanlah dirimu itu. Jikalau engkau masih mampu tegakkan pikiranmu, maka aku ingin menyampaikan bahwa “...suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...”...bagi diriku adalah anti-tesisnya dari “..suasana siang gerah...kacau, tak tertata, tak titi, tak tentrem...suara hiruk-pikuk..protes, demo...bencana, angin lesus...udara yang panas..dan suasana hati yang protes akan ketidak adilan, korupsi, kolusi, nepotisme...semua para kawula tidak bisa tertidur memikirkan nasib bangsa ini..”.

Bagawat:
Wah..penjelasanmu itu terasa menarik..tetapi aku belum paham betul apa dibalik uraianmu itu?

Orang Tua Berambut Putih:
Bagi orang-orang yang ikhlas maka berpikir kritis itu akan mengikutinya. Maka tiadalah sebenar-benar perlombaan menjunjung langit itu bagi orang-orang dengan setinggi-tinggi keiklasan dalam hatinya. Mengapa? Karena setinggi-tinggi keikhlasan dalam hatinya itu telah melebur ke dalam Kuasa Tuhan yang Maha Pengasih.

Bagawat:

Kapan aku bisa menggapai setinggi-tinggi ikhlas itu?

Orang Tua Berambut Putih:
Ikhlas dalam hatimu tidak perlu engkau tunggu setelah akhir hayatmu. Sekarang juga jika engkau berikhtiar dan Allah mengabulkan maka ikhlas itu akan ada pada dirimu. Maka sebenar-benar syurga dan nerakamu itu engkau ikut menentukannya sekarang juga. Jikalau orang banyak berkumpul dan bersilaturakhim dalam keikhlasannya, maka kebaikannya juga diperuntukan kepada mereka semuanya. Jika semua warga menjalani anti-tesisnya dalam keikhlasan maka negara dan bangsa itu juga akan mengalami keikhlasannya. Itulah sebenar-benar solusi dari carut-marutnya keadaan masyarakat dan bangsa ini, yaitu kembali kepada keikhlasan diri kita masing-masing dan keikhlasan bersama-sama. Maka Silaturakhim Para Ikhlas itu sungguh dapat memberikan kontribusi bagi persoalan negeri. Itulah potensi..itulah local genious kita yang telah diajarkan oleh nenek moyang kita sejak dulu kala. Itulah kekuatan kita untuk membangun bangsa ini, bahkan melebihi dari itu, itulah kekuatan kita untuk membangun dunia ini. Kekuatan silaturakhim para ikhlas itu ternyata telah mampu mengusir segala bentuk kelaliman Black-hole Diraja dan para pengikutnya. Tiadalah suatu masyarakat dapat membangun negerinya jika tidak berlandaskan kepada potensi masyarakatnya. Dan kita telah membuktikan dan akan terus membuktikan bahwa silaturakhim para ikhlas itulah satu-satunya solusi untuk membangun dunia yang aman, tata, titi dan tenterem. Amiin.

Bagawat:
Ooo..Orang Tua Berambut Putih...tak kuasa diriku ini menahan air mataku. Begitulah keindahan negeriku. Dia indah bukan hanya dari bentuk fisiknya saja tetapi ternyata indah juga dari batinnya. Oh..terimakasih aku ucapkan kepada para ikhlas atas silaturakhim-silaturakhimnya sehingga Allah SWT telah berkenan menurunkan ketenteraman dan kedamaian di muka bumi ini. Amiin.

48 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kebaikan akan datang bagi mereka semua yang berniat baik untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan ikhlas. Itulah solusi yang tepat dari kondisi masyarakat dan bangsa saat ini, yang kembali ke keikhlasan kita. Jadi, tetap berhubungan dengan ikhlas telah memberikan kontribusi terhadap masalah negara. Dan telah terbukti dan akan terus membuktikan bahwa tetap berhubungan dengan ikhlas merupakan satu-satunya solusi untuk membangun sebuah dunia yang aman dan damai. Elegi di atas mengingatkan kita untuk selalu mempererat tali silaturahmi agar umat ini menjadi umat yang bersatu dan dapat menebarkan kebaikan kepada umat manusia pada umumnya. Dalam bersilaturahmi tidak boleh ada paksaan ataupun tujuan lain selain untuk menjaga hubungan antar sesama. Dalam hal silaturahmi pula tidak hanya tampilan lahiriah belaka yang bersilaturahmi, tetapi hati juga harus ikut bersilaturahmi. Bersilaturahmi lah dengan hati yang ikhlas, kita akan mempunyai kekuatan untuk bisa berbuat silaturahmi lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Silaturakhim adalah salah satu cara untuk mengurangi dosa seseorang. Karena melakukan silaturakhim dengan orang lain, kita akan saling memaafkan. Begitu pentingnya silaturakhim terhadap sesama umat manusia, karena hal tersebut dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia, sehingga tercipta kehidupan yang tentram dan damai. Seperti yang disampaikan pada elegi di atas bahwa silaturakhim para ikhlas itulah satu-satunya solusi untuk membangun dunia yang aman, tata, titi dan tenterem. Ikhlas juga diperlukan dalam bersilaturakhim.

    ReplyDelete
  3. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. Ikhlas merupakan kunci segala ibadah. Dalam bermasyarakat dan bernegara juga diperlukan keikhlasan. Dperlukan orang-orang yang ikhlas dalam memimpin masayarakat agar kedamaian dan kesejahteraan dapat tercapai. Diperlukan keihklasan agar masyarakat dapat bersatu dan mempertahankan jati diri bangsa. semoga kita dapat menjadi seorang yang ikhlas itu untuk menjaga pendidikan Indonesia, aamiin

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum..
    tesis-antitesis merupakan dialekta berpikir yang digagas oleh George Wilhem Friederich Hegel (1770-1831), lebih lengkapnya adalah Tesis-Antitesis-Sintesis. Tesis merupakan gagasan atau ide awal yang kemudian dibantah atau disempurnakan oleh antitesis. Peleburan tesis dan antitesis disebut sintesis. Sintesis ini merupakan tesis baru yang mungkin akan ditantang dan diperbaharui oleh antitesis lain. Begitu seterusnya. Proses tesis-antitesis-sintesis ini dapat diterapkan dalam berbagai hal. Dalam tulisan ini, pak marsigit mencontohkan dengan ikhlas. Ikhlas tidak perlu menunggu nanti. Ikhlaslah mulai dari sekarang sebagai tesis, mungkin ikhlas kita saat ini tidak sempurna, dengan silaturahim akan muncul kritik atau saran yang dapat menambah keikhlasan kita, sehingga menjadi tesis keikhlasan yang lebih sempurna dari sebelumnya.

    Ahmad Bahauddin
    16709251058
    Pendidikan Pascasarjana UNY S2 Angkatan 2016 Kelas C

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Silaturahim bermakna tali persahabatan atau persaudaraan. Sedangkan secara harfiah silaturahim adalah menyambungkan kasih-sayang atau kekerabatan yang menghendaki kebaikan. Secara istilah makna silaturahim, antara lain dapat dipahami dari apa yang dikemukakan Al-maraghi menyebutkan, “Yaitu menyambungkan kebaikan dan menolak sesuatu yang merugikan dengan sekemampuan”. Sementara itu imam as-Shon’ani (1992 : 4 : 295) mendefinisikan bahwa silaturahim adalah kiasan tentang berbuat baik kepada kerabat yang memiliki hubungan nasab dan kerabat bersikap lembut, menyayangi dan memperhatikan kondisi mereka. Sebagai mahkluk sosial kita tentunya tidak bisa hidup sendiri dan senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu dalam islam, silahturahim merupakan hal yang penting. Ada banyak manfaat silahturahim diantaranya adalah dari sebuah hadist yang diriwayatkan secara jama'ah yang artinya yaitu :"Dari Abu Ayub Al Anshari, beliau berkata, seorang berkata,"Wahai Rasulullah, beritahulah saya satu amalan yang dapat memasukkan saya ke dalam syurga." Beliau Shallallahu’alaihi Wasallam menjawab,"Menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya, menegakkan shalat, menunaikan zakat dan bersilaturahim." sedangkan orang yang memutuskan silahturahim khususnya kepada sesama muslim juga akan menerima ganjaran berupa amal ibadahnya tidak diterima, mendapatkan laknat Allah, tidak masuk surga. Oleh karena itu mudah-mudahan kita bisa mengimplementasikan Silaturahim dalam kehidupan sehari-hari dan juga bisa menyebarluaskannya kepada segenap umat Islam di bumi Allah.

    ReplyDelete
  6. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Berbicara tentang keikhlasan maka kita perlu memikirkan tentang diri kita sendiri. Tiadalah hal yang paling penting dalam keikhlasan hati seseorang kecuali dirinya sendiri. Mengapa demikian, karena diri kita adalah sumber utama dalam melakukan apapun temasuk ikhlas itu. Sebaik-baiknya cara untuk memperoleh keikhlasan adalah sadar bahwa kita manusia yang penuh kekurangan dan perlu tuntunan untuk menjadi lebih baik yaitu dengan cara mendekatkan diri kepada sang pencipta, Allah SWT. Jadi, apapun pangkat kita di dunia ini tidak akan menjadi penolong di akhirat kelak bila tidak dibekali dengan keikhlasan dan rasa taat kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  7. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ikhlas adalah tindakan yang kita lakukan sebagai manusia agar mendapatkan berkat Tuhan YME. Yang menentukan ke-ikhlas-an itu adalah Tuhan YME, kita sebagai manusia hanya bisa memperjuangkannya saja, berusaha yang terbaik, karena memang hanya Tuhanlah yang dapat menilai kita ikhlas atau tidak. Kita pu hanya terus berdoa, agar kita dapat bisa tetap ikhlas melakukan apa pun sesuai yang telah Tuhan kehendaki.

    ReplyDelete
  8. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Silaturahim itu harus disertai dengan rasa ikhlas. Yang dimaksud dengan ikhlah adalah dengan sebenar-benarnya silaturahim untuk mendapatkan ridho Alloh SWT. Saat ini banyak sekali silaturahim karena tujuan tertentu tanpa didasari rasa ikhlas. Padahal dengan silaturahim yang didasari rasa ikhlas dapat membuat kehidupan menjadi lebih tentram.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Nilai ibadah seorang hamba di hadapan Allah ditunjukkan dengan ikhlasnya dalam beramal. Tanpa keikhlasan takkan berarti apa-apa amal seorang hamba, tidak akan ada nilainya di sisi Allah jika tidak ikhlas dalam beramal. Kita harus mengembangkan sikap ikhlas di dalam diri kita ikhlas dalam segala hal. Ikhlas akan membawa kita ke dalam kedamaian berkumpulnya orang-orang yang ikhlas akan menghasilkan banyak pemikiran bagaimana hal tersebut dapat terwujud. Karena orang yang ikhlas akan diikuti oleh cara berpikir yang kritis.

    ReplyDelete
  10. Ikhlas dari diri masing-masing dapat menuntuk kepada kehidupan yang madani. Jika manusia melakukan sesuatu dengan keikhlasan maka segala urusan akan baik hasilnya. Dengan ikhlas hilang sifat ego dan sombong dari diri manusia. Guru yang mengajar dengan ikhlas maka akan menyiapkan segala sesuatu agar melaksanakan pembelajaran yang berkualitas. Polisi yang ikhlas akan menjalankan ketentuan peraturan dengan tertib. Jika segenap manusia Indonesia ikhlas ingin membangun dan mensejahterakan Indonesia maka jalinlah silaturohim untuk mencari solusi dengan didasari oleh ikhlas.

    ReplyDelete
  11. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Ikhlas dalam hati itu tidak harus sewaktu di akhir hayat kita saja, melainkan sekarang juga bias jika kita sudah ikhlas berihtiar dan ikhlas menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT(tawakkal). Jika kita benar-benar ikhlas dalam menjalankan semua thesis dan antithesis, maka jalan ke surga akan terbuka untuk kita. Jangan jauh-jauh ke surga dulu, jika kita semua sebagai warga negara bisa ikhlas dalam menjalankan semua yang telah diamanahkan dengan kita, maka negara kita tidak akan carut marut, tidak akan ada korupsi, tidak akan ada kejahatan-kejahatan yang merugikan semua pihak, dan negara kita akan aman, tentram, tertata rapi dan disegani oleh negara lain.

    ReplyDelete
  12. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Marilah kita bertaqwa kepada Allah SWT. Taqwa yang juga dapat mengantarkan kita pada kebaikan hubungan dengan sesama manusia. Lebih khusus lagi, yaitu sambunglah tali silaturahmi dengan keluarga yang masih ada hubungan nasab (anshab). “(yaitu) orang-orang yang melanggar Perjanjian Allah sesudah Perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. mereka Itulah orang-orang yang rugi.”(QS Al Baqarah: 27).

    ReplyDelete
  13. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Selalu ikhlas hati dan ikhlas pikiran, Ikhlas dalam hati itu tidak harus sewaktu di akhir hayat kita saja, melainkan sekarang juga bias jika kita sudah ikhlas berihtiar dan ikhlas menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT(tawakkal) .Jika kita benar-benar ikhlas dalam menjalankan semua thesis dan antithesis, maka jalan kesyurga akan terbuka untuk kita. Jangan jauh-jauh kesyurga dulu, jika kita semua sebagai warga Negara bias ikhlas dalam menjalankan semua yang telah di amanahkan dengan kita, maka Negara kita tidak akan carut marut, tidak akan ada korupsi, tidak akan ada kejahatan-kejahatan yang merugikan semua pihak, dan Negara kita akan aman, tentram, tertata rapi dan disegani oleh Negara lain.

    ReplyDelete
  14. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Untuk bisa ikhlas dengan apapun yang kita lakukan tidak perlu menunggu ajal menjemput. Jika manusia berusaha, berikhtiar dan berdoa, rasa ikhlas akan muncul di hati manusia tersebut. Jika semua manusia menjalani aktivitasnya dalam keikhlasan maka setiap manusia akan merasa ikhlas. Semua kembali kepada keikhlasan diri kita masing-masing dan keikhlasan bersama-sama. Contohnya silaturahmi. Bersilaturahmi dengan rasa ikhlas mampu mengusir segala bentuk kejahatan atau keburukan dan tentunya penyakit hati terhadap orang lain. Oleh karenanya, silaturahmi adalah solusi untuk membangun dunia yang aman, tentram dan sejahtera.

    ReplyDelete
  15. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Lakukanlah segala sesuatu dengan keikhlasan semata-mata untuk menggapai ridho Allah SWT. Karena tanpa keikhlasan takkan ada artinya amal seorang hamba. Tidak akan ada nilainya di sisi Allah SWT jika tidak ikhlas dalam beramal. Begitu juga dalam bersilahtulrakhim. Lakukanlah dengan keikhlasan. Sesungguhnya silahtulrakhim merupakan amal shaleh manusia dan dapat memberikan kepada pelakunya kebaikan di dunia dan akhirat. Karena dengan melakukan silaturakhim dengan ikhlas, manusia akan saling memaafkan, saling mengingatkan, saling tolong menolong, meningkatkan toleransi dan pastinya dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu ikhlas dan selalu menjaga silahtulrakhim dengan sesama. Amin...

    ReplyDelete
  16. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Silaturahim memang terlihat gampang, namun memegang teguh komitmen yang sulit. Dengan bersilaturahim kita dapat mepererat tali persaudaraan. Saudara bagi kita adalah seluruh kaum muslimin. Tiada lain dan tiada bukan silaturahim terjadi karena Allah sebagai alasannya. Silaturahim juga memerlukan keikhlasan dari hati, bukan semata – mata karena ada maksud tertentu. Itu tidak dibenarkan dalam melaksanakannya.

    ReplyDelete
  17. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Untuk mengatasi konflik global yang terjadi saat ini seperti maraknya korupsi, kolusi, pertengkaran, perkelahian dan perdebatan memang dibutuhkan kesolidan dari setiap warga negara. Ibarat sehelai lidi sapu tidak mampu menyapu apapun, namun jika bergabung seikat lidi sapu maka mampu membersihkan kotoran. Inilah makna silaturakhim para ikhlas. Yang artinya perpaduan antar keikhlasan yang dimiliki setiap warga negara akan menjadi solusi yang 'pas' untuk mengatasi masalah yang terjadi di negara ini.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Elegi diatas telah memberikan hal baru bagi saya yaitu bahwa di dunia ini semuanya adalah rakhmat dari Tuhan. Segala hal yang kita terima dan yang ada di sekitar kita merupakan rakhmat dari Tuhan, oleh karena itu manusia hendaknya jangan bertingkah buruk melainkan selalu bersyukur atas apa yang telah diterima selama ini dan terus memohon ampun kepada Tuhan atas kesalahan – kesalahan yang telah diperbuat. Saya setuju bahwa segala ciptaan Tuhan itu merupakan tesis bagi manusia dan perbuatan manusia itu adalah anti-tesis yang dilakukannya. Semua kembali kepada hubungan antara Tuhan dan manusia. Oleh karena itu perlu menjaga silaturakhim kepada sesama manusia agar rakhmat dari Tuhan melimpah kepada kita dan dapat hidup dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  19. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Ikhlas artinya menerima dengan lapang dada. Sudah sepatutnya kita menjadi ikhlas kapanpun dan dimanapun. Karena ikhlas adalah kunci menuju kebahagiaan. Dengan ikhlas kita dapat merasakan semuanya menjadi indah. Indah hingga batin kita tidak hanya fisiknya yang menjadi indah. Siapa yang tidak menginginkannya. Namun untuk menjadi ikhlas pun sangatlah sulit. Maka dari itu sesama ikhlas perlu bersilaturahmi supaya kita bisa menjadi lebih ikhlas lagi. Aamiin...

    ReplyDelete
  20. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Apa yang dikatakan orang tua berambut putih sanagat perlu kita catat. Dari elegi ritual ikhlas kali ini saya mempunyai pemahaman bahwa orang yang memiliki keikhlasan hati dan mampu berpikir kritis akan sangat mudah dalam membangun hidup dan dunianya. Kenapa demikian? karena pikiran yang kritis yang kita punya dapat tumbuh seiring adanya keikhlasan dalam hati kita. Sehingga keikhlasan hati dan pikiran yang kritis yang kita dapatkan dapat berguna sebagai alat membangun bangsa dan negara ini. Sehingga dari sini kita dapat menggarisbawahi perkataan dari orang tua berambut putih bahwa jika dalam diri kita terdapat hati yang ikhlas dan pikiran yang kritis maka kita akan lebih mudah dalam melawan kelaliman black-hole diraja dan pengikutnya.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Silaturahim itu membina kerukunan serta memanjangkan umur. Dengan silaturahim segala persoalan dapat diselesaikan dengan baik. Silaturahim diperlukan karena adanya tesis yang memunculkan antitesis sehingga diperlukan sintesis dengan jalan silaturahim. Betapa pentingnya silaturahim itulah, Alloh ciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang berbeda untuk saling mengenal satu sama lain. Oleh karena itu, silaturahim tidak dapat dipaksakan maka harus dilandasi dengan keikhlasan agar mendapatkan rahmat.

    ReplyDelete
  22. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Silaturakhim adalah adalah bentuk mempertahankan sebuah hubungan persaudaraan. Ikhlas bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan. terkadang seseorang mengatakan tentang keikhlasannya yang disertai dengan sikapnya yang menunjukkan sikap ikhlas, namun belum tentu hatinya ikhlas dengan sepenuhnya. Jadi ikhlas tidak dapat diukur dengan kata-kata dan tindakan saja namun oleh hati kita. Saat ini begitu banyak buku yang bermunculan tentang ilmu menggapai ikhlas, bukannya tidak percaya atau menghakimi mereka, namun menurut saya ikhlas itu tidak dapat dibeli atau dicari dalam sebuah buku baik mahal ataupun murah, namun hanya bisa muncul dari hati kita sendiri saat kita sendiri merasa siap dan yakin dengan keikhlasan kita.

    ReplyDelete
  23. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    dalam elegi ini penulis menyatakan bahwa keikhlasan adalah merupakan hal yang sangat menentukan bagi diri dan kehidupan kita, bahkan penulis juga secara gamblang menyatakan bahwa keadaan negeri kita akan membaik jika kita semua kembali kepada keikhlasan.

    ReplyDelete
  24. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Apapun yang dilakukan manusia akan memiliki makna di hadapan Allah ketika ikhlas melakukan atau mengerjakannya. Namun tentu keikhlasan tidak dapat di capai dengan mudah, karena ikhlas letaknya ada di hati dan hati adalah milik sang pencipta Allah SWT. Maka untuk mencapai ikhlas, tetaplah berdoa dan berikhtiar, minta kepada Allah agar mampu belajar dengan penuh keikhlasan.

    ReplyDelete
  25. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Bagi saya, elegi di atas menekankan tentang keikhlasan. Bagaimana ikhlas mampu membuat kita untuk berpikir kritis, bagaimana ikhlas menjadi solusi untuk membangun dunia. Ikhlas berada di dalam hati kita. Untuk menggapai setinggi-tinggi ikhlas itu tidak perlu kita tunggu, tetapi kita berdoa dan berikhtiar agar ikhlas benar-benar ada pada diri kita. Jika semua masyarakat dalam sebuah negara mampu menjalani kehidupan dengan keikhlasan maka hal tersebut dapat memberikan kontribusi bagi negri.

    ReplyDelete
  26. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Menjalin silaturakhim salah satu yang dianjurkan oleh Allah dalam kehidupan sehari-hari agar kekeluargaan selalu ada dalam kehidupan kita. Silaturakhim merupakan tanda-tanda orang beriman dan orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah yang nantinya ia akan dapat menjunjung langit. Dan jika orang bersilaturakhim ia tidak akan pernah berkurang rezekinya justru akan menambah rezeki yang Allah berikan kepadanya.

    ReplyDelete
  27. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Berbicara masalah ikhlas maka patut lah kita tahu bahwa ikhlas adalah salah satu anjuran kita dlaam menjalani hidup. Dalam islam pun ikhlas itu sangat dianjurkan. Dan kita tahu bahwa untuk menggapai ikhlas itu tidak mudah. Bisa dibilang sangat sulit. akrena apa sulit karena sangat jarang orang akan mengikhalskan sesurau walaupun memang sudah takdirnya bahwa semua yang diciptakan maka akan kembali kepad Nya.

    ReplyDelete
  28. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    elegi ini mebahas tentang keikhlasan. ikhlas berarti tak harap menuntut pada apa yang telah dilakukan dan tetap rendah diri. keikhlasan akan membawa kita pada hati yang tenang, dan ikhlas akan menuai pahala sebagai bekal di hari akhir.

    ReplyDelete
  29. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Manusia merupakan makhluk social, tidak dapat hidup sendiri. Sebagai makluk sosial manusia diharapkan dapat hidup saling berdampingan dan saling melengkapi antara yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan bukan untuk perpecahan, perbedaan ada agar saling melengkapi. Ilutah kenapa silahturahmi penting karena membantu mewuudkan keharmonisan dalam kehidupan bersama. Silaturahmi dapat kita wujudkan dalam keseharian hidup manusia. Dengan keikhlasan hati manusia mampu untuk berpikir kritis menjalani kehidupan dalam kebersamaan walaupun terdapat banyak perbedaan. Keiklasan untuk mau bersilahturahmi dengan yang lain membuat diri senantiasa bersyukur atas anugerah yang dilimpahkanNya.

    ReplyDelete
  30. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Manusia yang adalah makhluk social membutuhkan orang lain agar dapat menemukan keunikan dalam dirinya. Membina hubungan baik akan dapat mempererat rasa persatuan dan persaudaraan. Oleh karean itu,sangat diharapkan agar dalam hidup ini,kita selalu membina dan menjalin hubungan yang baik dengan siapapun tanpa memandang suku,ras agama maupun golongan.

    ReplyDelete
  31. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Sebagai negara yang memiliki beragam suku, budaya, agama dan ras kita hendaknya harus saling bertoleransi terhadap satu sama lain. Yakinlah bahwa Tuhan pasti memberkati orang yang dengan ikhlas berusaha untuk kebaikan
    Jika terdapat banyak orang berkumpul dan bersilaturahmi dengan tulus, maka kebaikan mereka juga dimaksudkan untuk mereka semua. Itulah solusi yang tepat dari kondisi masyarakat dan bangsa saat ini, yang kembali ke ketulusan kita. Jadi, tetap berhubungan dengan tulus telah memberikan kontribusi terhadap masalah negara. Dan kita telah terbukti dan akan terus membuktikan bahwa tetap berhubungan dengan tulus merupakan satu-satunya solusi untuk membangun sebuah dunia yang aman dan damai. Amiin.

    ReplyDelete
  32. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Manusia merupakan makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tak lepas dari bantuan orang lain, sehingga dapat terjalin interaksi untuk saling mengisi dan menutupi dalam hal kelebihan maupun kekurangan. Elegi Silaturakhim Para Ikhlas mengingatkan kita untuk selalu mempererat tali ukhuwah Islamiyah, agar umat ini menjadi umat yang bersatu dan dapat menebarkan kebaikan kepada umat manusia pada umumnya. Salah satu caranya yaitu dengan membina silaturahim. Allah SWT berfirman: “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain , dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nisa’: 1). Ayat tersebut telah menjelaskan akan pentingnya silaturahim.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi di atas mengingatkan kita untuk cinta terhadap negara. Melihat kondisi saat ini, tak jarang kita menemukan fenomena hiruk-pikuk, seperti protes, demo, bencana, angin lesus, udara yang panas, dan suasana hati yang protes akan ketidakadilan, korupsi, kolusi, dan nepotisme. Kita hendaknya merenungi dan mencari jalan pemecahan berbagai permasalahan tersebut. Semoga kita semua diberikan kemudahan untuk memecahkan masalah atau tantangan hidup, serta menyambung silaturahim demi memperkuat ukhuwah Islamiah (sesama umat Islam), ukhuwah basyariah (kemanusiaan), dan ukhuwah wathaniah (semangat cinta tanah air).

    ReplyDelete
  34. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ritual ikhlas 27. Elegi ini menyampaikan kepada kita mengenai silaturakhmi para ikhlas. disini dijelaskan bahwa tiada hal didunia ini yang terjadi tanpa rahmat Allah SWT. semua merupakan rahmat Allah. Sudah seharusnya kita bersyukur pada tiap hela nafas. Dan tak satupun pada diri kita yang dapat kita sombongkan karena diri kitapun sejatinya bukan milik kita. lantas apa yang kita punya. Setinggi-tinggi ikhlas adalah dengan terus menyembah Allah dan berdoa hanya kepada Allah dan hanya karena Allah. ketika ikhlas bertemu ikhlas tak akan terjadi kesombongan.

    ReplyDelete
  35. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Semakin cepat transformasi dilakukan makan semakin baik. Hal ini adalah suatu yang baik. Contohnya adalah perubahan hati yang belum ikhlas menjadi ikhlas. Ikhlas adalah sumber kemuliaan yang hakiki. Karena semua dilakukan hanya untuk Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  36. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setiap suasana ada tesis dan anti tesisnya.setiap tesis ada..suasananya malam hening, tata, titi, tentrem, ...tiada apapun suara belalang ataga ...tiada apapun suara serangga...bahkan angin seakan berhenti bertiup..Udara yang dingin dan sedikit basah menambah suasana hati menjadi tintrim. Para kawula dasih seakan tertidur pulas...”...bagi diriku adalah anti-tesisnya dari “..suasana siang gerah...kacau, tak tertata, tak titi, tak tentrem...suara hiruk-pikuk..protes, demo...bencana, angin lesus...udara yang panas..dan suasana hati yang protes akan ketidak adilan, korupsi, kolusi, nepotisme...semua para kawula tidak bisa tertidur memikirkan nasib bangsa ini. kita tidak perlu menunggu sampai akhir hayat untuk dapat ikhlas, apabila kita telah berihtiar Allah pasti akan mengabulkan.

    ReplyDelete
  37. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari elegi ini, saya belajar bahwa ikhlas merupakan hal yang penting dalam melakukan segala kegiatan. Selain itu, Islam mengajarkan kita untuk bersilaturahim. Dalam bersilaturahim, ikhlas juga diperlukan karena tidak boleh ada paksaan ataupun tujuan lain selain Allah yaitu menjaga hubungan antar sesama dan menggapai ridho Allah SWT.

    ReplyDelete
  38. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai manusia yang selalu tergantung kepada orang lain, maka diharapkan untuk selalu menjalin silaturahmi dengan sesamanya, baik itu tetangga, saudara maupun teman. Keikhlasan dalam bersilaturahmi merupakan modal utama bagi seseorang, karena niat yang ikhlas dalam menjalin silaturahmi akan membuat silaturahmi terjalin dengan baik tanpa ada pertikaian.

    ReplyDelete
  39. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bagi orang-orang yang ikhlas maka berpikir kritis itu akan mengikutinya. Setinggi-tinggi keikhlasan dalam hatinya itu telah melebur ke dalam Kuasa Tuhan yang Maha Pengasih. Maka dalam melakukan setiap kegiatan harus dijalani dengan hati ikhlas tak perlu mengaharapkan sesuatu berlebihan karena rejeki itu yang mengatur Allah, amnesia hanya menjalankan dan jika belum rejekinya maka janganlha resah gusar ataupun marah mengedepankan hawa nafsu. Karena hawa nafsu itu lawan dari hati ikhlas.

    ReplyDelete
  40. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Orang yang memiliki keikhlasan hati dan mampu berpikir kritis akan dapat membangun hidup dan dunianya. Semua hal yang ada di dunia ini merupakan rahmat Allah. Pikiran yang kritis dapat tumbuh seiring adanya keikhlasan dalam hati kita. Keikhlasan hati dan pikiran yang kritis dapat kita jadikan sebagai alat dalam membangun bangsa dan negara ini karena jika dalam diri kita terdapat hati yang ikhlas dan pikiran yang kritis maka kita akan lebih mudah dalam melawan kelaliman black-hole diraja dan pengikutnya.

    ReplyDelete
  41. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Manusia yang dapat menjunjung langit, atau menegakkan nila-nilai kebenaran dan kebajikan, adalah mereka-mereka yang memiliki keikhlasan bukan hanya untuk menjalani manisnya kehidupan, tetapi mereka-mereka yang memiliki keikhlasan untuk menjalani pahit dan dukanya kehidupan. Orang-orang yang saling berkumpul dan saling bersilaturakhim dalam keikhlasan, untuk memperjuangkan atau berjuang di jalan Allah SWT, maka sesungguhnya keikhlasan pun menyertai setiap individu manusia yang saling berkumpul tersebut. Pada diri setiap manusia timbul rasa ikhlas dalam menghadapi persoalan hidup, sehingga semakin besar rasa ikhlas tiap individu itu diperliharan maka semakin bersar pula rasa ikhlas yang terjalin antar sesama untuk dapat menyelesaikan berbagai persoalan hidup yang kerap kali terjadi yang mengusik kehidupan manusia dan membuat carut marut kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  42. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Keikhlasan yang dimiliki oleh seseorang memberikan manfaat, namun saat keikhlasan dimiliki oleh seluruh masyarakat di suatu bangsa, akan mampu memberikan solusi bagi masalah-masalah yang terjadi di bangsa tersebut. Ikhlas rupanya memberikan kontribusi bagi persoalan negeri. Dengan potensi yang dimiliki negeri itu akan mampu dengan tepat mengatasi masalah, dan mewujudkan negara yang aman, tata, titi, tentrem

    ReplyDelete
  43. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk membangun negeri yang indah sebaiknya didasarkan pada kemampuan dan potensi yang ada dalam masyarakat negeri itu. Jika tidak didasarkan pada potensinya dan seolah dipaksakan maka negeri itu tidak akan berkembang. Maka perlu keikhlasan dari semua masyarakatnya. Bukan hanya ikhlas secara fisik tetapi juga ikhlas secara batin. Maka itulah yang dinamakan silaturahmi ikhlas. Sehingga mampu menjadi solusi dari carut marut masalah di negeri ini.

    ReplyDelete
  44. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ikhlas dalam segala hal akan memberikan kebermanfaatan kepada sesama. Menerima dan melakukan dengan penuh hati dan ketulusan pasti akan berbeda hasil dengan keterpaksaan.

    ReplyDelete
  45. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam hening malam ini, perkenankan hamba megikhlaskan seluruh raga hamba untuk mendalami elegi-elegi dari Prof. Marsigit. Bukan hanya demi nilai, tetapi nilai hidup yang akan dibawa hingga nanti.

    ReplyDelete
  46. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I2014

    Kebaikan akan datang kepada orang-orang senantiasa menjaga tali silaturahmi dengan orang lain. Silaturahmi merupakan salah satu cara untuk menjaga hubungan persaudaraan dan pertemanan dengan orang lain. Dengan memperbanyak silaturahmi, semakin banyak pula rejeki yang akan kita peroleh, baik didunia ataupun diakhirat.

    ReplyDelete
  47. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Solusi yang dapat mengatasi problematika yang terjadi di negeri ini ialah dapat dilakukan dengan kembali ke keikhlasan diri kita masing-masing. Dalam diri manusia tiadalah yang mampu untuk disombongkan, pangakat, jabatan, kedudukan maupun materi hanyalah titipan dari Allah yang patut senantiasa kita syukuri dan dijaga.

    ReplyDelete
  48. Nama Febrian Luthfi F
    13301241062
    Pendidikan Matematika 2013

    Ikhlas adalah hal yang paling mendasar dan hal yang paling susah untuk dilakukan. Kita harus ikhlas dengan semua hal yang di berikan Allah karena Allah tau apa yang sebenarnya kita perlukan dan inginkan. Rencana Allah adalah rancana yang paling baik kita harus berperasangka baik dan ikhlas menerimanya

    ReplyDelete