Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 34: Menemukan Ruh




Oleh Marsigit

Hingga selesai menulis Elegi Memandang Wajah Rasulullah dan juga setelah selesai pula membaca komen-komen dari pembaca semuanya, keadaan saya dapat digambarkan sebagai enggan pergi, enggan beranjak, baik pikiran-pikiranku, ucapan-ucapanku dan tulisan-tulisanku. Mulutku seakan terkunci tak mampu memproduksi kata-kata, dan tulisanku seakan berhenti karena ingin menghormati lengangnya hati. Tetapi paralogismeku mengatakan bahwa bukanlah hanya sekali saja keinginanku memandang. Seperti doa dan pikiranku yang seharusnya secara kontinu mengalir lantunkan sepanjang ruang dan waktu. Maka memandang Wajahmu ya Rasulullah adalah ijtihatku secara terus menerus kontinu dalam ruang dan waktuku. Janganlah aku hanya merasa pernah atau akan, tetapi berilah aku telah, sedang dan terus memandang Wajahmu ya Rasulullah baik ketika aku masih hidup maupun setelah matiku. 


Aku menemukan bahwa untuk itu maka tidaklah mampu mataku itu memandangmu, tidaklah aku mampu memikirkanmu, tetapi sungguh dengan mata hatikulah aku memandangmu. Tetapi aku menyadari pula bahwa terkadang mata hatiku juga mengalami kesulitan memandangmu ya Rasulullah. Maka ruang beruang, waktu berwaktu, pandang memandang, ilmu berilmu, safaat bersafaat, karunia berkarunia, guru berguru, cahaya bercahaya dan sinar bersinar. Ternyata aku menemukan bahwa tidaklah mungkin aku mampu memandang sinar Wajahmu dengan mata hatiku jika mata hatiku itu juga belum bersinar. Maka hanya dengan sinar mata hatiku pulalah aku mampu memandang sinar wajahmu ya Rasulullah. Ternyata aku kemudian menemukan bahwa sinar wajahmu itu adalah Ruh Muhammad itu sendiri. Subhanallah. Setelah engkau sinari diriku dengan sinar wajahmu, ternyata aku menemukan bahwa sebenar-benar sinar mata hatiku itu ternyata adalah ruhku sendiri. Tiadalah penciptaan segala sesuatu itu tidak terkait dengan Ruh Muhammad. Tiadalah penciptaan ruhku itu selain dari ketundukanku kepada ruh Muhammad ya Allah. Ya Allah ya Robb, ampunilah kelancangan pikir dan kalimatku itu. Dudukkan dan tidurkanlah diriku, tengadahkanlah wajahku, tunjukkanlah langkahku, alirkanlah nafas dan darahku, jadikanlah hidupku di dunia dan akhirat dalam naungan Ruh Muhammad yaitu “Abu Arwah”, Ayah para Ruh. Jadikanlah ruhku ikut berkumpul dan mengelilingi ruh Muhammad s.a.w., berputar mengelilinginya dengan pepujian dan mengagungkannya dalam dimensi ruang dan waktumu; kemudian pada saat itu ijinkanlah ruhku itu untuk memandang dan mematuhi ruh Muhammad sallallahu alayhi wasalam. Amin. Ya Allah ya Robb, itulah mengapa keadaan saya dapat digambarkan sebagai enggan pergi, enggan beranjak, baik pikiran-pikiranku, ucapan-ucapanku dan tulisan-tulisanku. Mulutku seakan terkunci tak mampu memproduksi kata-kata, dan tulisanku seakan berhenti. Karena aku menemukan bahwa ternyata ruhku lah yang sedang bicara. Amin.
..

37 comments:

  1. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Ruh? Tanpamu, aku tak mengenal siapa aku, tanpamu aku tak tahu kamu, dia, atau mereka. Tanpamu, aku tak dapat memaknai indahnya hidup. Tanpamu aku tak dapat memahami siapa aku, kamu, dia, ataupun mereka. Tanpamu, aku tak dapat berjalan dengan pikiran dan hatiku. Tanpamu, aku tak memiliki rasa. Tanpamu, aku tak dapat berpikir. Tanpamu, aku tidaklah berarti, Ya Allah, hambaMu ini sujud syukur atas ruh yang ada dalam jiwaku. Engkau berikan kesempatan kepadaku untuk menghirup indahnya dunia, Engkau berikan kesempatan kepadaku untuk menikmati indahnya dunia. Engkau juga berikan kesempatan kepadaku untuk memperbanyak bekal akhiratku. Hingga pada waktunya tiba nanti, ruh ini akan kembali kepada Engkau Ya Allah. Ampunilah segala kesalahanku Yaa Rabb. Hanya kepada Engkaulah aku akan kembali.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Tuhan ada ditengah-tengah manusia. Kehadirannya hanya dapat dirasakan dengan hati, iman dan kepercayaan. Kita dapat memandang Tuhan melalui keseharian hidup kita yang seturut dengan Firman Tuhan. Tuhan tak pernah meninggalkan kita walaupun kita susah, sedih, tidak memiliki harapan karena sifat Tuhan adalah setia sehingga Ia setia pada kita dalam setiap masa hidup kita. Yang kita perlukan hanyalah keikhlasan hati untuk percaya dalam iman dan keyakinan kita kepada Tuhan yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  3. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Ruh mendatangi jasad sebagai substansi yang juga diperlukan oleh jasad bantuannya.Ruh mengatur dan bertindak pada jasad. Seseorang tidak akan sampai kepada Tuhan kalau ruh tidak mendiami jasadnya selama di dunia. Keimanan dan kekufuran adalah sesuatu yang telah ditetapkan Allah SWT. dengan jiwa dan ruh Tuhan. Orang-orang itulah yang akan dimasukan kedalam syurga-Nya kelak. Semoga kelak kita termasuk orang-orang yang dikumpulkan di surga-Nya

    ReplyDelete
  4. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Andainya Rosulullah masih berada bersama kami, pasti yang jauh dan dekat akan datang padanya, mengharapkan kebaikan Rosulullah sebelum ia berakhir, dengan harapan dapat mendampingi Rosulullah SAW, karena mendampinginya jiwa menjadi tenang, dan do’a akan diperkenankan oleh Allah SWT,cahaya Rosulullah tidak akan pernah sirna, sempatkanlah kami bertemu dengan baginda wahai Tuhan Allah SWT, kabulkanlah hajat kami untuk bertemu dengannya. Aamiin.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ruh merupakan wujud yang tidak dapat terlihat Namun bisa dirasakan oleh hati. Namun tidak semua dapat melakukan itu, hanya orang-orang tertentu saja yang di ijinkan oleh Allah saja yang bisa tau. Nabi Muhammad merupakan panutan bagi semua umat manusia. Apa yang dilakukannya tidak pernah bertentangan dengan yang diperintahkan oleh Allah. Tidak mudah bagi kita untuk bertemu dengan Nabi Muhammad. Banyak hal yangharus kita lakukan untuk dapat bertemu dengannya, salah satunya yaitu dengan bersolawat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Dengan melantunkan sholawat-sholawat nabi dengan sepenuh hati, dengan kesadaran, dan dengan keikhlasan akan membuat kita merasakan bahwa sesungguhnya kita bisa selalu dekat dengan Nabi Muhammad. Walaupun tidak secara langsung, namun hal ini merupakan salah satu modal untuk dapat lebih dekat dengannya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Ruh merupakan rahasia Allah SWT sehingga hanya bisa diketahui oleh Allah SWT, namun terdapat orang-orang tertentu yang diberi ijin oleh Allah SWT yang dapat melihatnya, walaupun ruh tidak terwujud oleh mata manusia namun ruh berada dalam batin kita. Ruh ini perlu kita jaga dengan melakukan amal-amalan saleh yang sesuai dengan perintah Allah Swt dan ajaran Rasulullah. Karena sebenar-benar dzat yang akan kembali dihadapan sang pencipta di hari kemudian adalah ruh kita.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Ruh merupakan suatu bagian dalam kehidupan manusia. Ruh adalah bagian yang menempati jasad dan membuat manusia hidup. Ruh dapat memandang ruh lain, dan ruh Rosul adalah ruh yang paling suci. Dalam menggapainya manusia harus mendekatkan diri, mendekatkan ruhnya pada kesucian. Kesucian ruh itulah yang menjadi tujuan manusia sampai akhir hayatnya. Selalu berdoa, bertaqwa dan beriman adalah cara untuk menyucikan…

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sesungguhnya ruh adalah mata hatimu sehingga ruh bisa dikatakan sebagai dirimu tanpa raga yang dipinjamkan oleh Allah. Jiwa dan raga ini adalah pinjaman dari Allah yang harus kita jaga dan kita pertanggung jawabkan kegunaannya di hari akhir. Walaupun seterang-terangnya ruh mu, tidak akan seterang ruh Rasulullah. Semoga ruh kita termasuk ruh yang akan berkumpul di sekeliling ruh Rasulullah kelak. Aamiin.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan elegi ritual ikhlah 34 tentang menemukan ruh, saya terhanyut dengan tulisan Bapak yang menyentuh hati dan pikiran saya. Tulisan yang menurut saya merupaka kerinduan pada Rasulullah yang selalu kontinu. Kerinduan akan wajah Rasulullah yang memancarkan sinar tanpa ada yang dapat memandangnya. Tetapi sinar yang terpancar akan menyinari hati dan pikiran bahwasanya adalah ruh itu sendiri. Ruh yang membukakan hati untuk selalu ikhlas dalam berpikir dan bertindak untuk lebih dekat dengan Rasulullah.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Rasulullah SAW adalah suri tauladan bagi seluruh umat manusia di dunia ini. Untuk melihat sinar wajah Rasulullah SAW diperlukan hati yang bersih dan mampu bersinar pula. Sejatinya, sinar wajah Rasulullah SAW adalah ruh Rasulullah. Semoga kita dapat menjadi pengikut Rasulullah SAW yang senantiasa bershalawat dan mendapatkan syafaatnya hingga yaumul akhir nanti. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Allah meniupkan ruh pada calon bayi manusia ketika Ibu sedang hamil. Ruh adalah dzat yang selalu baik, suci, dan berkualitas. Tingginya kualitas ruh dalam QS. Al Hijr: 29, “Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya RuhKu, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa tingginya kualitas Ruh dapat dilihat dari dua hal, yaitu ditunjukkan oleh tunduknya malaikat kepada manusia. Kedua adalah ditunjukkan oleh penggunaan kata ganti ‘Ku’ yang menggambarkan bahwa Allah mengakui betapa dekatnya Ruh itu dengan Allah swt. Ruh manusia di bumi ini sejatinya mengitari dan tunduk kepada Ruh Muhammad yaitu “Abu arwah”, Ayah para Ruh. Oleh karenanya senantisa memanjatkat doa dan shalawat kepada Nabi Muhammad saw agar kelak senantiasa ruh ini dapat berkumpul dan mengelilingi Ruh Muhammad saw. Amin.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 pendidikan matematika

    Semua makhluk hidup yang diciptakan di bumi ini memiliki ruh tak terkecuali Nabi Muhammad SAW. Rasulullah merupakan suri tauladan bagi seluruh umat muslim. Ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad ialah penyempurna bagi umat islam karena Al-Qur'an merupakan kitab terakhir yaitu sebagai penutup. Menggapai Ruh Rasulullah fapat dilakukan dengan bershahadat, sholawat, dan menjernihkan hati dari berbagai penyakit. Hati yang bersih dapat memancarkan kejernihan hati oleh sebab itu banyak istighfar dapat mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat. Nabi Muhammad SAW ialah Ruhul Amiin yaitu ruh yang dipercaya sebagai panutan manusia. Marilah kita memperbanyak sholawat dan istighfar, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  13. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    " Seperti doa dan pikiranku yang seharusnya secara kontinu mengalir lantunkan sepanjang ruang dan waktu". Doa dan pikiran adalah dua hal yang harus dilakukan secara kontinu selama hidup kita. Doa harus dilantuknkan secara kontinu supaya manusia tidak merasa sombong, tidak merasa dapat menyelesaikan segala sesuatu sendiri tanpa campur tangan dari Allah. Doa menunjukkan ketidakmampuan kita untuk mengatasi semua masalah tanpa seizin Allah.

    ReplyDelete
  14. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ruh ada pada diri manusia. Ruh yang menjadikan manusia seutuhnya, yang menyebarkankebaikan berdasarkan sifat-sifat Allah yang Maha Sempurna dalam kehidupan. Ruh menjadi urusan Allah swt semata. Sifat Ruh adalah stabil dalam hal kebaikan. Ruh adalah sisi positif dalam diri manusia. Ruh mewakili sifat-sifat malaikat yang penuh dengan ketaatan, keikhlasan, cinta kasih, kesempurnaan, dan kesucian. Ruh manusia di bumi ini sejatinya mengitari dan tunduk kepada Ruh Muhammad yaitu “Abu arwah”, Ayah para Ruh. Oleh karenanya senantisa memanjatkat doa dan shalawat kepada Nabi Muhammad saw agar kelak senantiasa ruh ini dapat berkumpul dan mengelilingi Ruh Muhammad saw. Amin

    ReplyDelete
  15. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada elegi di atas, ada 2 hal yang perlu dilakukan sesering mungkin, yaitu memohon ampun dan bersyukur kepada Allah SWT. Memohon ampun baik kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia memang tidak perlu ditunda-tunda. Lebih cepat tentu lebih baik. Banyak hal yang tanpa disadari tidak sesuai ruang dan waktunya sehingga melukai hati orang lain, atau bahkan melanggar aturan Allah. Selain itu kita perlu bersyukur yaitu dengan menghargai dan menghormati Kebesaran Allah yang sudah diberikan pada masing-masing kita semua. Bersyukur tidak mudah untuk dilakukan, karena penilaian yang bisa diberikan bukan dari perbuatan dan perkataan kita saja, tapi Allah bisa melihat dalam hati manusia yang sesungguhnya. Namun, terkadanga segala cobaan hidup yang terus mengguncang keadaan kita, membuat kita tidak bisa memberikan rasa syukur yang sepenuhnya.

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sungguh doa yang indah prof, doa dengan penuh kerendahan hati, doa dengan tingkat penghambaan yang tinggi, doa dengan penuh keikhlasan, serta doa dengan penuh ketakutan, sungguh itulah sebenar-benar doa.
    Janganlah menjadi pengguk yang merindukan rembulan, jadilah pungguk yang hatinya bersinar seperti rembulan. Hiasilah hati dengan doa-doa, hingga doa-doa itu membuat mata hati bersinar

    ReplyDelete
  17. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Ruh adalah nyawa bagi setiap hal. Ruh akan senantiasa hidup. Manusia yang masih hidup di dunia berarti masih ada jasad dan ruh yang hidup di dalamnya. Sementara kelak, jika manusia meninggal, yang meninggal hanyalah jasadnya, sementara ruhnya akan tetap hidup dan dimintai pertanggung jawaban atas segala perbuatannya di dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
      Manusia terdiri dari jasad yang ditiupkan ruh. Selama hidup di dunia manusia bisa memilih melakukan apapun. Akan tetapi setiap yang telah diperbuat akan dipertanggungjawabkan kelak diakhirat. Untuk itu marilah selalu ber istigfar dan memohon ampun kepada Allah SWT atas semua kesalahan kita yang disengaja maupun yan tidak disengaja.

      Delete
  18. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Nabi Muhammad tidak hanya menggapai kesempurnaan ruhani tapi juga ragawi. Beliau adalah orang yang paling indah penampilan fisiknya dan paling sempurna kepribadiannya. Kesempurnaan dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh insan lainnya.Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. Sebagai umat Rasulullah, sudah sepatutnya kita menjadikan beliau sebagai figur teladan utama, apapun profesi, pangkat dan jabatan yang kita sandang. Pada dasarnya setiap kita adalah pemimpin. Suami adalah pemimpin dalam rumahtangga. Ibu pemimpin bagi bagi anak-anaknya. Seorang kepala negara adalah pemimpin bagi rakyatnya. Selayaknya kita menjadi figur manusia terbesar sepanjang usia bumi itu menjadi role model dalam kehidupan kita sehari-hari.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B
    Assalamualaikum wr wb
    Banyak hal yang tanpa disadari tidak sesuai ruang dan waktunya sehingga melukai hati orang lain, atau bahkan melanggar aturan Allah. Hati yang bersih dapat memancarkan kejernihan hati oleh sebab itu banyak istighfar dapat mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat. Karena pada nantinya dikehidupan akhirat, ruh kita akan mempertanggung jawabkan hal yang sudah kita lakukan selama di dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
      Setiap dosa akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat. Dan kita manusia pasti memiliki banyak dosa. Untuk itu marilah selalu ber istigfar dan memohon ampun kepada Allah SWT atas semua kesalahan kita yang disengaja maupun yan tidak disengaja.

      Delete
  20. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap orang-orang yang beriman tentu merindukan Rasulullah dan menginginkan untuk dapat memandang wajahnya. Memandang Rasulullah bukanlah dengan mata, namun dengan mata hati. Hati yang dimaksud ialah hati yang bersih, bersih dari penyakit hati dan hati ikhlas yang hanya mengharapkan ridha Allah semata. Semoga kelak kita dapat berkumpul dengan Rasulullah di surga Allah. Aamiin

    ReplyDelete
  21. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Sungguh sangat beruntung bila dapat memandang wajah rasulullah. Keinginan untuk memandang wajah rasulullah adalah keinginan besar para umatnya. Meski kita tidak dapat memandang secara langsung tapi kita dapat terus merasakan nikmatnya menyebut namanya dalam shalawat. Semoga kelak kita dipertemukan dan dikumpulkan bersama rasulullah di surgaNya. aamiin

    ReplyDelete
  22. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Ruh merupakan hal yang tidak bisa dilihat namun bisa dirasakan dalam hati. Ruh merupakan rahasia Tuhan. Tidak semua manusi dapat melakukan hal tersebut dan hanya orang pilihan Tuhan saja yang dapat melakukannya. Yaitu Nabi Muhammad SAW. Dan sebagai makhlukNya kita menhjadikan Muhammad sebagai panutan kita, maka untuk bertemu dengan Muhammad maka ada hal yang harus kita lakukan diantaranya senantiasa melantunkan sholawat untk junjungan kiat Nabi Muhammad agar kiat bertemu dengan Nabi Muhammad kelak di akhirat.

    ReplyDelete
  23. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Manusia hidup di dunia ini tidaklah mampu memandang wajah Rasulullah Muhammad SAW dengan mata telanjangnya tetapi manusia dapat memandang Rasulullah SAW dengan mata hatinya walaupun itu juga sangat sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, untuk dapat memandang Rasulullah SAW, kita harus membersihkan hati kita.

    ReplyDelete
  24. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Hati yang bersih tercipta dengan selalu berdzikir kepada Allah SWT, memohon ampunan atas dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan, dan selalu berdoa kepada Allah SWT dengan ikhlas hanya mengharap ridho Allah, selain itu kita harus menjauhkan diri dari hal – hal yang dilarang oleh Allah.

    ReplyDelete
  25. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Ruh tak terlihat oleh indera kita namun hati kita mampu melihatnya. Meski belum pernah bertemu dengan Nabi Muhamad SAW, umat Islam meyakini bahwa beliau adalah nabi terakhir yang membawa rahmat bagi seluruh alam semesta. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di yaumul qiyamah nanti. Syafaat adalah menjadi perantara bagi yang lain untuk mendapatkan manfaat atau menolak mudarat.

    ReplyDelete
  26. Lukman
    18701264003
    PEP 2018

    Benarkah saya benar2 rindu kepada engkau ya Rasulalloh?
    Benarkah saya benar2 mencintai engkau ya Rasulallah?
    Padahal...saya paham engkau pemegang mandat merahmati alam semesta, di mana saya bagian dari alam itu...rahmat yang engkau alirkan menenggelamkan diri saya...oleh mohon syafaatmu ya Rasulullah semoga Allah SWT menganugerahkan sebenarnya cinta dan rindu kepada Allah SWT dan engkau ya Rasulalloh. Amin.

    ReplyDelete
  27. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Ruh ada dalam setiap jiwa manusia yang hidup, karena Tuhan menciptakan ruh dalam jasad manusia sebagai penyebab adanya kehidupan. Ruh akan kembali kepada Sang Pencipta ketika sudah waktunya kembali. Selalu meminta ampun kepada Allah SWT atas perbuatan yang kita lakukan. Sehingga ruh kita nanti akan tenang saat kembali kepada-Nya dengan membawa iman dan amal sholeh.

    ReplyDelete
  28. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    “Tiadalah penciptaan segala sesuatu itu tidak terkait dengan Ruh Muhammad. Tiadalah penciptaan ruhku itu selain dari ketundukanku kepada ruh Muhammad ya Allah”. Kalimat ini menunjukkan kesadaran seorang hamba yang penuh sadar akan kecintaannya kepada Rasulullah SAW, maka baginda Rasulullah senantiasa mendoakan pengikutnya agar bersamanya di surganya ALLAH SWT. Aamiin ya Rob.

    ReplyDelete
  29. M. Ikhsan Ghozali
    19701261
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Lirik lagu "Rindu Kami Padamu Ya Rasul" dari Bimbo: "Rindu kami padamu ya Rosul, Rindu tiada terperi, Berabad jarak darimu ya Rosul Serasa dikau di sini" dan lirik lagu "Rindu Muhammad" dari Hadad Alwi: "Siapa yang cinta pada Nabinya pasti bahagia dalam hidupnya ... Jika kau benar-benar cinta dan rindu kepada Muhammad nabimu, buktikan, taati perintah-Nya, tinggalkan larangan-Nya, teladani akhlaknya...." bisa menggambarkan bagaimana kerinduan kepada Sang Nabi Akhir zaman. Sebagai umatnya, sudah seharusnya kerinduan itu ada dan muncul keinginan untuk bisa berjumpa, baik semasa kehidupan dunia maupun utamanya setelah di hari akhir kelak. Semoga Allah mengijabah do'a dan harapan kita untuk bisa berjumpa dengan Sang Kekasih-Nya. Semoga kita mendapatkan syafaatnya kelak. Semoga kita senantiasa dalam ampunan dan perlindungan Allah.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    PEP A S2 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Dari elegi di atas, diperoleh banyak hal yang bermanfaat. Hati yang bersih akan mendapatkan kebaikan di mana pun juga. Allah Maha Adil atas segala sesuatu. Seperti yang disebutkan di dalam elegi “Hanya dengan sinar mata hatiku pulalah aku mampu memandang sinar wajahmu ya Rasulullah”. Tidak semua orang dapat bermimpi bertemu dengan Rasulullah. Hanya orang-orang tertentu pilihan Allah saja yang mendapatkan mimpi itu. Untuk itu sebagai manusia kita harus senantiasa selalu mengagungkan Rasulullah dengan bersholawat agar kehidupan kita senantiasa berada dalam naungan Rasulullah. Amiin.

    ReplyDelete
  31. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Ruh adalah bagian dalam diri manusia yang tidak dapat dilihat oleh mata tetapi dapat dirasakan dengan hati. Sehingga dengan hati yang bersih, ruh menjadi bersinar. Mata hati itu kita terus jaga dengan amalan-amalan yanh baik yang sesuai tuntunan Al-Quran dan hadist. Sehingga amalan-amalan tersebut kelak dapat menuntun kita bertemu Rasulullah di akhirat dan surga Allah. Selalu mengingat Rasulullah dengan melafatkan sholawat nabi sudah menggetarkan hati, apalagi kita memandang wajah Rasullulah. Sungguh beruntung orang-orang yang dapat memandang dan bertemu Rasulullah SAW.

    ReplyDelete
  32. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika 2019 D

    Dari elegi yang disampaikan prof, saya menerima pengetahuan baru yang bermanfaat bagi saya. Bagaimana saya mengimani Rasulullah, dan mempelajari makna ruh serta menyikapi hal-hal yang terkait dengan bagaimana ruh itu berperan sebagai suatu sinar hati yang membuat kita sadar bahwa kehidupan didunia ini hanyalah sementara dan Akhirat adalah segalanya. Semoga dengan kita selalu mengingat junjungan kita Rasullullah dan mencintainya dapat memberikan syafa'at kelak di hari kiamat.

    ReplyDelete
  33. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Elegi ini diawali dengan membicarakan bagiamana umat muslim ingin memandang wajah Rasulullah SAW. Namun memandang yang sebenarnya adalah memandang dengan mata hati. Dalam elegi ini dikatakan “sebenar benar benar sinar mata hatiku adalah ruh ku sendiri” hal ini saya pahami ruh sebagai bagian diri yang memagang peran bagi individu. Sehingga untuk mampu memandang dengan mata hati tidak dapat dilakukan jika hati manusia belum baik (bersinar), sehingga diingatkan kembali untuk selalu memperbaiki diri, mecari ilmu (akhirat dan dunia), beribadah dan berdzikir sehingga hati kita bersih. Semoga kita selalu ingat untuk berdoa kepada Allah SWT dan dapat berkumpul Bersama dengan Rasulullah SAW di Syurga nanti. Aamiin

    ReplyDelete
  34. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Komponen pembentuk manusia ada 3, yaitu ruh, jasad, dan nafs. Ruh itu suci dan tidak pernah kotor. Ruh merupakan sebagian zat Allah yang ditiupkan ke manusia saat janin berusia 4 bulan. Seperti yang difirmankan Allah dalam QS. As-Sajdah: 9, yang artinya “Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.” Kemudian dlam QS.As-Saad: 72, Allah juga berfirman yang artinya ”Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya.” Ruh memberikan energi baginafs dan memberikan nyawa bagi jasad.

    ReplyDelete