Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 5: Cantraka Hitam Menguji Ilmu Hitamnya




Oleh Marsigit

Santri Kepala:

Ass. Wr.Wb. para hadirin semua..kami membuka kembali kesempatan kepada hadirin semua...untuk melakukan kegiatan Ritual Ikhlas ke dua. Berdasarkan pengalaman Pelaksanaan Ritual Ikhlas I beberapa waktu yang lalu, maka kami ingin mengingatkan disini bahwa tujuan Ritual Ikhlas adalah betul-betul semata-mata memperoleh keridaan Allah SWT, yaitu dengan cara membetulkan tata-cara beribadat. Kami telah mempunyai Santri-santri yang berpengalaman untuk membimbing semua peserta Ritual Ikhlas. Buanglah jauh-jauh semua pikiran selain dari memperoleh Rida Allah SWT. Sekiranya masih ada pertanyaan silahkan.

Cantraka Hitam:
Wuhahh...kalu boleh saya bertanya. Saya itu diliputi keraguan. Mengapa? Karena tidak dengan Ridha Allah pun saya sudah merasa mempunyai kekuatan dan sudah tercapai cita-cita saya. Ketahuilah bahwa saya mampunyai ilmu yang sangat tinggi. Ilmu itu saya peroleh dengan perjuangan saya selama bertahun-tahun. Aku juga mempunyai murid yang banyak. Aku juga bisa menyembuhkan orang. Bahkan aku bisa membantu orang-orang yang meminta pesugihan. Hanya memang aku selalu meminta imbalan untuk melakukan pengorbanan. Ilmuku itu meliputi dan merangkum semua Raja Syaitan di negeri ini. Inilah pusakaku, yaitu berupa Keris Pusaka bertangkai kayu cendana bertahtahkan emas. Tanpa pusakaku ini aku tidak mempunyai daya upaya apapun. Keris inilah hidup dan matiku.

Santri Kepala:
Terserahlah engkau. Jika engkau ingin mengikuti Ritual Ikhlas maka engkau harus serahkan Keris Pusaka mu itu kepadaku. Tetapi jika engkau tidak mau menyerahkan, lebih baik engkau pulang saja.Jika Tuhanmu bertanya kepadamu:"Mau pergi kemana kamu?". Sebaiknya engkau menjawab:"Aku akan berangkat menuju Tuhanku; tentulah Ia akan memberikan petunjuk kepadaku." (Q.S. Al-Shaffat [37]:99).

Cantraka Hitam:
:-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-(
??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Santri Kepala:
Hai Cantraka Hitam ditanya kok diam saja?

Cantraka Hitam:
:-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-(
??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Santri Kepala:
Hai Cantraka Hitam ditanya kok diam saja?

Cantraka Hitam:
Herr..herrr...herr....wuhah..hehheh....ketahuilah dan kenalkanlah wahai Santri Kepala...akulah yang menjaga dan melindungi Cantraka Hitam. Cantraka Hitam tidak bisa berbuat apapun kecuali atas pengendalianku. Hai Santri Kepala...jangan coba-coba menggangguku...sebaliknya saya justeru yang akan mengganggumu. Aku akan kacaukan semua acaramu itu. Aku akan bubarkan Ritual Ikhlas. Akan aku gantikan dengan Ritual Ilmu Hitam. Biar semua peserta yang sudah datang kemari mengerti betapa kuat dan saktinya diriku itu. Ayo jika memang engkau huebat, tandingilah diriku itu. Inilah Syaitan Bertanduk Tujuh persekongkolan dari semua raja syaitan yang ada di negeri ini. Ayo lawanlah aku.

Santri Kepala:
Bismillahirrahmanirrahim. Allahu la ilaha illa huwal hayyul qayyum. La ta’khuzuhu sinatuwwala naum, lahu ma fissamawati wama fil ard, manzallazi yasyfa’u indahu illa bi’iznih, ya’lamu ma baina aidihim wama khalfahum wala yuhituna bisyai’immin ilmihi illa bimasya wasi’a kursiyyuhus samawati wal ard, wala yauduhu hifzuhuma wahuwal ‘aliyyul ‘azim.

Cantraka Hitam:
Herr...herrr...herrr...wuhah...udaranya panas. Hai Santri Kepala ditantang perang malah cuma komat-kamit kaya’ orang gila. Ayohlah keluarkan semua kesaktianmu, kerahkan semua Santrimu, keroyoklah akau. Aku tidak ada yang saya takuti...kecuali...pokoknya aku tidak takut...terimalah pukulanku...guoprak...gabrus.

Santri Kepala:
Shyiet...dhah....Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang...Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus=menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur, kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberikan sysfa’at disisi-Nya tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, sedang mereka tidak mengetahui sesuatupun dari ilmu Allah melainkan apa yang Allah kehendaki, kekuasaan Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Cantraka Hitam:
:-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-(
??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Santri Kepala:
Hai Cantraka Hitam...mengapa engkau tiduran di situ? Ayo bangunlah. Bangunlah.

Cantraka Hitam:
Oh...apa yang terjadi? Sepertinya aku baru saja tidur, kaya’ mimpi saja. Kok banyak Santri mengerumuni saya. Ada apa ini? Mana Keris Pusakaku?

Santri Kepala:
Itu Keris Pusakamu sudah saya amankan karena membahayakan orang.Wahai Cantraka Hitam..engkau mau kemana?

Cantraka Hitam:
Aku bingung. badanku terasa sangat lemah. Sebaliknya aku ingin bertanya ini banyak orang akan ada acara apa?

Santri Kepala:
Di sini akan ada acara Ritual Ikhlas II.

Cantraka Hitam:
Oh ...tiadalah dayaku itu. Bahkan pikiranku saja hampir melupakan semuanya. Oh Tuhan ampunilah dosa-dosaku. Astagfirullah Alazim...ya Allah ampunilah dosa-dosa ku. Wahai Santri Kepala ...apakah seorang seperti diriku masih pantas memanjatkan doa-doa kepada Allah? Apalahi mengikuti Ritual Ikhlas. Oh tentu aku ini manusia yang terkutuk dan sangat jauh dari ikhlas itu.

Santri Kepala:
Allah SWT itu Maha Pengampun. Jika permohonan ampunmu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, insyaAllah Tuhan akan mengampunimu.

Cantraka Hitam:
Wahai Santri Kepala...sesungguhnya saya sangat ingin mengikuti kegiatan Ritual Ikhlas, tetapi apakah boleh, apa syaratnya dan saya malu dengan namaku sendiri. Aku malu mempunyai nama Cantraka Hitam.

Santri Kepala:
Satu-satunya syarat agar engkau bisa mengikuti Ritual Ikhlas II adalah hanya mempunyai Niat untuk menggapai ridha Allah SWT. Baiklah jikalau engkau meminta, maka dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, namamu aku ganti dengan Cantraka Putih.

Cantraka Putih:
Alhamdulillah...terimakasih Santri Kepala...terimakasih ya Allah atas karunia yang engkau limpahkan kepada hambamu ini. Amin..amin ya robbil alamin.

Santri Kepala:
Marilah hadirin semua kita bersiap-siap melaksanakan Ritual Ikhlas II. Semoga Allah SWT selalu melindungi dan meridai orang-orang yang berada di jalan yang benar. Ingatlah panggilan Tuhan:"Maka berlarilah kamu kepada Allah. Sungguh aku hanya pemberi ingat yang jelas bagi kamu" (Q.S. Al-Dzariyyat [51]:50)

41 comments:

  1. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan ataupun dosa-dosa, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, Namun dari sekain banyak dosa-dosa, dosa syirik termasuk dosa paling besar, yaitu menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu. Meskipun dosa-dosa yang dilakukan manusia sebesar bumi dan seinggi langit, jika manusia tersebut mau beratubat dengan sebenar-benarnya, maka niscaya Allah akan mengampuninya, sungguh begitu luas rahmat Allah. Selagi kita masih diberikan kesempatan hidup marilah kita mmemohon ampun kepada Allah, berserah diri kepada-Nya dan bertaubat dengan sesungguh-sungguhnya, dan terus berdo’a agar kita tidak termasuk orang-orang yang sesat. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Perbuatan syirik sekecil apapun harus kita jauhkan dari kehidupan kita . Salah satu wujud syirik yaitu mempercayai sebuah benda mempunyai kekuatan dan kuasa atas keinginan kita, Naudzubillahimindzalik. Melalui hal inilah syaitan akan terus menggoda manusia dari berbagai arah dan keadaan hidup kita. Maka hati merupakan urgensi penjagaan agar syaitan tidak dapat masuk untuk menggoda kita dalam menyekutukan Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Memberi Ampunan. Bersungguh-sungguhlah kita dalam bertaubat-nasuha atas segala perbuatan dan pikiran kita maka Allah akan mengampuni dengan Rahmat, Karunia dan HidayahNya

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Semua orang dapat mengikuti ritual keihklasan tanpa terkecuali orang yang memiliki ilmu hitam. Sesungguhnya ilmu hitang tidak akan bisa mengalahkan ilmu putih. Ilmu putih akan selalu dibantu oleh Yang Maha Kuasa, tidak akan ada yang menandinginya. Dalam elegi ini cantraka hitam telah sombong dengan apa yang dimilikinya. Ia sombong karena merasa bahwa dirinya sudah mempunyai kekuatan yang tinggi dan semua yang dicita-citakan sudah tercapai. Kekuatannya dapat digunakan untuk membantu orang lain seperti menyembuhkan penyakin orang bahkan juga dapat membantu dalam melakukan pesugihan. Ia percaya bahwa keris pusaka yang dimilikinya dapat digunakan dalam hal apapun dan dapat melakukan apapun dengan keris tersebut. cantraka hitam sudah banyak melakukan hal yang tidak baik dan jauh dari Allah, namun bukan berarti ia tidak bisa mengikuti ritual hitam. Jika ingin mengikuti acara ini maka ia harus memiliki niat yang tulus untuk menggapai ridho Allah, karena dengan ridho-Nya dapat membawa kita pada kebaikan.
    Wassalaualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  4. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Ada beberapa pesan yang bisa dipahami dalam elegi ritual ikhlas ini. Yang pertama bahwa lagi-lagi untuk menggapai keikhlasan, sifat ego dan kesombongan harus dilepaskan dari dalam diri. Yang kedua adalah untuk menggapai ridho-Nya jangan sekali-kali menduakan Allah. Karena tiadalah kekuatan yang bisa menandingi kekuatanNya bahkan kekuatan syaitan bertanduk tujuh sekalipun. Ketiga ialah bahwa Allah yang selain Maha Kuat, Maha Kuasa juga Maha Pengampun. Allah Maha Mengampuni segala dosa bahkan dosa besar sekalipun termasuk dosa yang dilakukan Cantraka hitam dalam cerita ini yaitu dosa menyekutukan Allah. Allah akan selalu membukakan pintu taubatnya bagi mereka yang benar-benar ikhlas mau bertaubat.

    ReplyDelete
  5. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Setinggi-tingginya ilmu yang diperoleh manusia tetaplah berasal dari Pencipta langit dan bumi ini yaitu Allah SWT. Ilmu dipelajari oleh manusia, manusia membagikan ilmunya kepada semua manusia lainnya sehingga manusia lain bisa mengembangkan ilmu tersebut hingga mencapai ilmu tingkat tinggi. Bila Allah berkehendak, maka ilmu setinggi langit pun akan dicabut secara mudah oleh-Nya, maka berhati-hatilah dengan ilmu yang diperoleh jangan menyalahgunakannya untuk memanjakan diri dengan jabatan tinggi, dengan pujian orang, dengan uang, dll.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Sebenar-benarnya kekuatan hanya milik Alloh maka sesungguhnya segala daya yang dimiliki oleh manusia hanyalah atas izinNya, dan kekuatan manusia tidak akan melebihi kekuatan pemberi izin. Dalam ritual ini ditunjukan bahwa manusia adalah makhluk renta yang sangat mudah dirasuki paham atau hal negatif yang akan membawanya dalam perilaku yang negatif pula. Semua manusia memiliki resiko untuk rasuki hal buruk. Oleh karena itu memohon dan meminta perlindungan pada Alloh adalah solusi tunggal.

    ReplyDelete
  7. Diana Prastiwi
    18709251004
    Pend Matematika A 2018

    Dalam elegi menggapai ikhlas yang kelima ini, dapat diketahui bahwa untuk menjadi ikhlas kita perlu menanggalkan apa saja yang melekat pada diri kita. Tidak akan ikhlas seseorang jika masih menyebut apa yang ada dalam dirinya dan apa manfaat dirinya untuk orang lain. Pada saat ini, banyak manusia menginginkan kehidupan yang serba instan. Tidak jarang mereka menggunakan bantuan syaitan untuk memenuhi hawa nafsu kehidupan dunia. Akibatnya merea terjerumus dan diperbudak oleh syaitan.Naudzubillah, semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang tidak dapat mengendalikan hawa dan nafsu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Saya setuju bahwa alasan utama manusia berguru dan bersekutu dengan syeitan adalah karena ingin mendapatkan sesuatu dengan cara yang instan. Syeitan memanglah musuh manusia yang nyata. Dalam menjalani kehidupan, Allah memerintahkan manusia untuk senantiasa berikhtiar dan berdoa. Namun demikian, syeitan tak akan pernah tinggal diam. Syeitan berusaha menawarkan hal yang mudah namun dengan hasil yang menjanjikan. Di sinilah bermula adanya ilmu hitam.

      Delete
  8. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan elegi ritual ikhlas 5, diceritakan bahwa Cantraka Hitam mempunyai sifat sombong yang terbaca jelas dalam percakapan dirinya bahwa tanpa mendapat keridhaan Allah SWT dirinya mempunyai kekuatan dan dapat menggapai cita-citanya. Dari hal tersebut saya belajar bahwa, sebenar-benarnya orang yang mempunyai kekuatan tidak akan menyombongkannya tetapi dipergunakan untuk membantu orang lain. Selain itu, Centraka Hitam yang dirasuki syetan ataupun godaan hanya dapat ditolong dengan pertolongan dan izin Allah SWT.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berbeda dengan Centraka Hitam, Santri Kepala yang mempunyai hati yang ikhlas membantu Cantraka Hitam yang menghadapi godaan atas izin Allah SWT. Dari hal tersebut, saya belajar bahwa keridhaan Allah SWT akan kita terima jika hati kita ikhlas dalam beribadah, selalu ingat kepada Allah dan selalu memanfaatkan apa yang dia punya untuk orang lain. Dengan hal tersebut, dapat menyadarkan hati yang terkena godaan syaitan untuk kembali ke ajalan yang benar. Karena sesungguhnya orang yang berilmu tidak akan menampakkannya tetapi selalu bertindak untuk orang lain yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Walaupun seseorang pernah melakukan hal yang sangat buruk seperti murka kepada Allah karena apapun yang dia inginkan tidak tercapai, tetapi jika dia ingin mengikuti ritual ikhlas, maka tidak ada yang tidak mungkin baginya untuk bisa menggapai ridha Allah. Semua itu hanya tergantung dari niat. Jika seseorang yang dianggap buruk dimasyarakat memiliki keinginan yang besar dan niat yang besar untuk ikhlas, maka di mata Allah dirinya telah mendapatkan ridha-Nya. Subhanallah.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Sebesar-besarnya dosa adalah syirik yaitu menyekutukan Allah, dan Allah tidak akan mengampuni orang yang bebruat syirik. Memiliki ilmu hitam merupakan salah satu bentuk syirik. Biasanya orang menggunakan ilmu hitam untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji salah satunya yaitu pesugihan, hal tersebut juga memakan banyak korban karena syaitan yang terlibat meminta imbalan atas ‘bantuan’ yang diberikan kepada pelaku pesugihan atau orang yang memiliki ilmu hitam tersebut. Dalam percakapan diatas, cantraka hitam bersifat sombong atas dirinya yang mempunyai ilmu hitam. Ia termasuk yang tiddak ikhlas dalam menjalani kehidupan yang diberikan kepadanya. Ia memiliki ilmu hitam supaya terlihat kuat di mata orang lain. Akan tetapi kemunkaran akan kalah dengan kebaikan. Santri kepala membacakan do’a-do’a yang dapat mengusir syaitan yang bersemayam dari diri seseorang, akhirnya syaitan tersebut dapat pergi dari diri cantraka hitam sehingga ia terbebas dari belenggu syaitan dan ilmu hitamnya kemudian ia bertobat dengan memohon ampun kepada Allah SWT. Pelajaran yang dapat diambil dari kisah diatas adalah bahwa setiap makhluk hidup pasti memiliki kesalahan. Dalam firman-Nya Allah akan berjanji akan mengampuni orang yang mendekat dan bertobat kepada-Nya, sehingga kita harus senantiasa memohon ampun atas segala kesalahan yang telah kita lakukan dan memohon supaya terbebas dari belenggu syaitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  12. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Ada kalimat bijak bahwa berilmu tanpa beriman itu rapuh, beriman tanpa berilmu itu buta. Pada intinya beriman dan berilmu adalah elemen penting yang harus kita miliki. Jika Ilmu tanpa batas maka yang membatasi adalah akal kita, karena akal tidak akan bisa mencerna semua proses ilmu yang tidak terbatas sehingga iman akan menambahkan untuk melandasi keyakinan kita harus selalu berusaha. Dalam contoh konkrit, jika ilmu pengetahuan mencoba segala macam teknologi untuk melihat wujud roh yang keluar dari dalam tubuh kita saat meninggal untuk di visualisasikan, dan hasil akhirnya tidak pernah berhasil. Maka iman akan melandasi keyakinan bahwa roh ghaib itu ada. Itulah jalan keseimbangan.

    ReplyDelete
  13. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Siapa saja dapat melakukan ritual ikhlas, asalkan menyesali perbuatannya, memohon ampun kepada Allah, dan memperbaiki kualitas ibadahnya. Seperti yang diceritakan di elegi ini, Cantraka hitam yang mulanya berlaku sombong dan menyekutukan Allah, ia menyadari kelemahannya dan memohon ampun kepada Allah. Elegi ini memberikan pesan bahwa manusia hidup di dunia semata-mata untuk mencari ridho Allah, manusia tidak memiliki daya apapun selain atas kehendak Allah. Maka apapun yang kita lakukan hendaknya tidak menyimpang dari ketentuan Allah. Apabila manusia telah melakukan perbuatan yang menyimpang dari jalan Allah hendaknya segera memohon ampun karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    ReplyDelete
  14. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Kutipan ayat di atas menunjukkan kepada kita bahwa hanya Allah lah yang bisa menjadi penolong bagi kita. Dengan kata lain, pasrahkan diri kita kepada Allah.

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Ilmu hitam adalah ilmu yang tidak datang dari Allah. Ilmu yang diperoleh dengan cara-cara yang tidak disukai Allah. Ilmu yang diperoleh dengan cara menyekutukan Allah. Sungguh tidak ada yang abadi. Tidak ada yang mampu melawan kuasa Allah. Jika Allah berkehendak, maka dalam sekedipan mata semua terjadi. Begitu pula yang terjadi dengan Cantraka Hitam, dengan sekejap ilmu hitam yang ia agung-agung dan ia banggakan ternyata lenyap seketika.
    Sungguh besar kuasa Allah, sungguh besar pula kasih sayang Nya. Allah tidak pernah berpaling dari hambanya yang ingin kembali.
    Kembalilah. Allah merindukan engkau yang hanya bergantung pada Nya.

    ReplyDelete
  16. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa. Akan tetapi, sepanjang manusia mau benar-benar bertaubat dan memohon ampun kepada Allah, niscaya Allah akan mengampuninya. Percayalah bahwa selagi mau berusaha, pasti Allah akan membukakan jalan kepada hamba-Nya yang memang bersungguh-sungguh. Jika manusia mendekat kepada Tuhannya dengan berjalan, maka Allah akan mendekatinya dengan berlari. Semua pasti ada jalan untuk menuju pada kebaikan.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Perbuatan syirik itu banyak sekali bentuknya, namun apapun itu dan sekecil apapun perbuatan syirik tersebut jangan sampai kita melakukannya. Perbuatan syirik berarti melakukan sesuatu yang tidak berada di jalan yang di Ridho'i Allah dan perbuatan tersebut hanya akan menjauhkan kita dari-Nya.

    ReplyDelete
  18. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Satu-satunya syarat agar engkau bisa mengikuti Ritual Ikhlas adalah hanya mempunyai Niat untuk menggapai ridha Allah SWT. Semoga Allah SWT selalu melindungi dan meridai orang-orang yang berada di jalan yang benar. Allah SWT itu Maha Pengampun. Jika permohonan ampunmu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, insyaallah engkau akan memperoleh ampunan.

    ReplyDelete
  19. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb
    Kita sebagai manusia pasti sering khilaf dan memiliki banyak dosa. Sebagai seorang hamba yang berlumuran dosa ini yang bisa dilakukan hanya memohon ampun kepada Allah SWT. Memohon kemurahan Allah SWT untuk dapat mengampuni semua dosa kits. Sesungguhnya Allah SWT itu Maha Pengampun. Jika permohonan ampun dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, insyaAllah Tuhan akan mengampuni kita.

    ReplyDelete
  20. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb
    Dalam melakukan sesuatu akan lebih mudah kalau dilakukan dengan ikhlas. Selain itu jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar apa yang kita lakukan selalu mendapat ridho dari Nya. Dengan niat yang ikhlas dan dengan ridho Allah SWT, semua yang akan kitakerjakan akan terasa mudah dan ringan.

    ReplyDelete
  21. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Berserah dirilah kepada Allah selalu, mintalah petunjuk dan perlindungan dariNya. Mohonlah ampun selalu dengan beristigfar kepada Allah. Berdoalah untuk diberi perlindungan diajauhkan dari godaan syaitan yang terkutuk. Niscaya Allah akan memberikan pertolonganNya kepada hambanya yang berdoa dengan sungguh-sungguh. Manusia tidak luput dari kesalahan olehnya itu berserah dan memohon ampunlah selalu kepada Allah agar kita mendapatkan rahmat. AAMIIN

    ReplyDelete
  22. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ketahuilah bahwa kita sebagai manusia tidak ada yang lebih hebat di dunia ini selain Allah Ta’ala. Sebagai orang yang memiliki ilmu maka perlu kewaspadaan terhadap berbagai jenis penyimpangan yang sering terjadi disekitar kita seperti pesugihan, bahkan mengaku sampai dapat menyembuhkan orang. Untuk terhidar dari penyimpangan-penyimpangan tersebut adalah mohon pertolongan Allah dengan banyak berdoa dan beristighfar.

    ReplyDelete
  23. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Perlu adanya kehati-hatian akan keberadaan syaitan, karena syaitan tidak akan pernah berhenti untuk menggoda manusia sampai syaitan berhasil dan menjerumuskan kita kepada perbuatan yang tidak baik, syaitan dapat menggoda kita kapan dan di mana saja bahkan seorang nabipun tidak pernah lepas dari godaan syaitan apatak lagi kita sebagai manusia yang biasa-biasa saja, maka sebaik-baik penolong adalah pertolongan Allah Ta’ala. Mari kita selalu memperbanyak doa dan beristighfar kepada Allah Ta’ala.

    ReplyDelete
  24. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Ilmu hitam bukan lah tuntunan kehidupan kita. Menggunakan ilmu-ilmu hitam termasuk dalam perbuatan syirik, karena telah meminta bantuan pada selain Allah SWT. Syirik adalah perbuatan menyembah atau menyekutukan sesuatu selai Allah dan ini adalah dosa besar. Sementara orang yang mempersekutukan Allah, mengaku akan adanya Tuhan selain Allah atau menyamakan sesuatu dengan Allah disebut musyrik.

    ReplyDelete
  25. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Cantraka Hitam ingin menguji kemampuan untuk kepala mahasiswa karena ia marah belati sihirnya akan diambil. Cantraka Hitam sombong. Untuk melawan, kepala mahasiswa hanya berdoa dan meminta pertolongan Tuhan. Ketika mereka ingin mengarahkan kekuasaannya, berbalik Cantraka Hitam bermimpi. Ini sangat lucu. Tapi ada satu nilai yang ingin Cantraka Hitam berubah dan berganti nama salahnya. Dia meminta Tuhan untuk memaafkannya. Akhirnya, Siswa Kepala mengubah namanya menjadi putih. Berharap dia akan menjadi orang yang lebih baik.

    ReplyDelete
  26. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dari artikel “Elegi Ritual Ikhlas 5: Cantraka Hitam Menguji Ilmu Hitamnya”, banyak pelajaran yang dapat dipetik untuk dijadikan bahan renungan kita bersama, diantaranya adalah mengenai kesombongan, keikhlasan, niat dan keimanan kita kepada Allah SWT. Kesombongan sangat di benci Allah SWT, kesombongan akan menjadi malapetaka dan bencana bagi orang-orang yang terlalu menyombongkan dirinya. Segala sesuatu dimuka bumi ini, termasuk nyawa kita adalah milik Allah SWT. Hanya Allah lah yang memiliki Kesempurnaan yang kekal abadi.

    ReplyDelete
  27. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Tujuan hidup ini adalah mencari ridho Allah SWT, tiada Tuhan selain Allah, kita di wajibkan untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan untuk dapat mencapai tujuan hidup yang kekal abadi (akhirat). Apabila kita melenceng dari tujuan hidup yang sebenarnya, maka tunggulah bencana yang akan memusnahkan kita. Segala sesuatu jika dilandasi dengan jalan dan niat yang ikhlas maka akan mendapatkan ridho Allah SWT, sebaliknya jika dalam melakukan sesuatu dengan mengharapkan selain ridho dari Allah SWT tunggulah bencana akan mendatangi dan memusahkan kita.

    ReplyDelete
  28. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Kita sebagai manusia ciptaan Allah SWT tidak boleh sekali-kali menyekutukan Allah SWT karena salah satu dosa yang tidak dapat diampuni adalah dosa syirik. Menyekutukan Allah SWT dengan barang-barang pusaka akan merusak aqidah kita. Ini sangat berbahaya dan harus kita hindari. Yang dapat memberikan pertolongan dan perlindungan kepada kita hanyalah Allah SWT, bukan benda-benda pusaka seperti keris dan semacamnya. Terkadang keris dan benda pusaka itu dapat memberikan pertolongan dan perlindungan kepada kita, namun harus diingat bahwa itu dapat terjadi atas ijin Allah SWT. Tanpa ijin Allah SWT, benda-benda pusaka itu tiadalah berguna. Oleh karena itu, hendaknya kita meminta pertolongan dan perlindungan hanya kepada Allah Ta’ala. Jangan sampai sekali-kali kita menyekutukan-Nya.

    ReplyDelete
  29. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dari elegi diatas bahwa didunia ini tidaklah yang paling sakti hanya Allah semata. Dimanapun kita berada selalu ingat kepada Allah dan mintalah pertolongan Kepada-Nya. Dengan cara berdzikir dengan menyebut nama Allah SWT. Jika kita tersesat segera bertaubat mohon ampun pada-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

    ReplyDelete
  30. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Cantraka hitam digambarkan adalah seorang musyrik, yaitu orang yang melakukan perbuatan syirik. Dia pandai, mempunyai ilmu, tetapi dia sangat sombong dan merasa dirinyalah yang paling hebat, bahkan dengan adanya keris pusakanya dia menjadi sirik dan melupakan Tuhannya. Akan tetapi Allah memberikan hidayahnya kepada dia dan diapun bertaubat memohon ampun kepada Allah. Allah SWT itu Maha Pengampun. Siapapun yang mempunyai kesalahan dan mempunyai dosa, dan memohon ampun dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, insyaAllah Allah akan mengampuninya. Allah Maha Pengasih Maha Penyayang kepada hamba-Nya yang mau kembali ke jalan yang Dia ridhoi. Maka dari itu, aktivitas yang kita lakukan hendaknya diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk mencari ridho Allah SWT. Jangan sampai kita termasuk ke dalam golongan orang-orang sombang.

    ReplyDelete
  31. Bagi kita kaum muslimin, sudah sepakat bahwa ilmu hitam merupakan bagian dari alam hitam yang tidak boleh didekati. Tapi untuk ilmu putih, sebagian kaum muslimin Indonesia masih menganggapnya suatu ilmu biasa, yang setiap orang boleh mempelajarinya. Alasan mereka, bahwa ilmu putih adalah ilmu untuk menegakkan kebenaran, membela yang lemah dan menjaga diri dari serangan- serangan orang-orang jahat. Mereka tidak mau tahu bagaimana cara- cara mendapatkan imu putih tersebut, atau mungkin sebagian dari mereka memang tidak tahu cara- cara tersebut. Bagi mereka, sesuatu yang dikerjakan oleh kyai atau orang alim yang mereka segani, adalah sah- sah saja. Sampai sekarang-pun kebanyakan dari kita, khususnya yang bergelut dibidang ilmu- ilmu syareah, ataupun ilmu-ilmu eksata, tidak mengetahui istilah ilmu putih tersebut. Paling jauh, yang kita dengar hanya sebatas berita atau kisah seorang kyai yang mampu mengetahui orang yang mencuri dengan cara melihat dari sebuah bejana yang berisi air yang sudah dibacakan doa-doa tertentu, bisa menangkal tenun, santet dan sihir dll.

    ReplyDelete
  32. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Tidak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah, dan tidak ada manusia yang tidak berdosa. Dan Allah adalah Maha Pengampun, yang mengampuni segala dosa, kecuali syirik (menyekutukan Allah). Dalam elegi tersebut Cantraka Hitam telah berbuat syirik yaitu telah menyekutukan Allah, dengan mengagungkan Keris Pusaka yang dimilikinya. Dalam kehidupan, terkadang kita juga pernah mengagungkan sesuatu atau seseorang, karena merasa orang tersebut sangat berjasa dalam hidup kita, dan kita merasa tidak berdaya tanpa bantuan orang tersebut. Tanpa kita sadari kita telah melakukan syirik kecil, karena telah berharap kepada selain Allah. Semoga kita senantiasa dijauhkan dari dosa syirik dan perbanyak memohon ampunan kepada Allah.

    ReplyDelete
  33. Diana Prastiwi
    1870925104
    S2 P. Mat A 2018

    Jin mengganggu manusia dengan segala tindakannya. Seseorang yang diganggu oleh jin tidak akan sadar dengan apa yang telah dilakukannya. Senantiasa melakukan dosa dan semakin menjauh dari Allah swt. Jika sudah demikian maka ia membutuhkan seseorang untuk membantunya kembali ke jalan kebenaran. Sebesar apapun dosa yang telah dilakukan, Allah akan mengampuninya karena Allah Maha Pengampun. Taubatan yang dilakukan dengan penuh kesadaran diri, niat dalam hati dengan tulus dan ikhlas semata-mata mencari ridha Allah swt, senantiasa berjanji selalu mendekatkan diri dan tidak akan mengulanginya lagi, akan menjadi jalannya untuk menuju kesuksesan yang sebenarnya. Kesuksesan di jalan Allah SWT.

    ReplyDelete
  34. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Sebagaimana dalam "Elegi Ritual Ikhlas I", elegi di atas menegaskan pentingnya niat dan memohon perlindungan dari Sang Pencipta. Tak ada satu pun tempat memohon perlindungan dan pengampunan selain Allah SWT. Sebelum melakukan sesuatu hendaknya berniat dengan sungguh-sungguh dan selalu mengingat-Nya untuk mendapatkan perlindungan. Selain itu, perbuatan yang baik (seperti ibadah) hendaknya terus dilakukan.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  35. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Dalam ilmu ikhlas tujuan nya adalah mengharap Ridha Allah SWT. Namun untuk mencapainnya, selain terdapat godaan seperti dalam elegi ritual ikhlas 4, ada pula godaan untuk seperti syirik. Dari elegi ini dapat dilihat bahwa Cantraka hitam memperoleh banyak hal dengan bantuan syaitan yang selalu mendampingi dan akan selalu menggoda manusia. Namun apa yang dilakukan Cantraka hitam jelas salah, karena menggunakan tatacara (ilmu) yang salah. Dari elegi ini juga diingatkan bahwa sekuat kuat dan setinggi tingginya ilmu syaitan, akan lebih besar kuasa Allah, pemberi perlindungan dan syafaat bagi umatnya. Selain itu kita juga kembali diingatkan bahwa Allah adalah Maha pengampun kepada hambanya.

    ReplyDelete
  36. Hidayatul Wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Menggapai ikhlas dimulai dengan niat semata-mata hanya mengharap rida Allah SWT. Allah tidak memandang masa lalu dan latar belakang seseorang, ketika seseorang memohon ampun dengan sungguh-sungguh dan ikhlas maka Allah akan mengampuni karena Allah maha pengampun dan Allah akan memberikan petunjuk baginya untuk berada dijalan Allah. Kemudian langkah yang dilakukan adalah memperbaiki niat dan tatacara beribadah kepada Allah. Serta meninggalkan atribut apapun saat beribadah kepada Allah.
    Banyak cara syaitan menggoda manusia, salah satunya dengan membuat manusia terlena akan ilmu yang dimilikinya, sehingga membuat manusia merasa memiliki ilmu yang paling tinggi. Dengan demikian syaitan akan dengan mudah mempengaruhi pikiran dan hati manusia sehingga membawa manusia menjauh dari Allah.

    ReplyDelete
  37. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A
    Manusia diciptakan memang tidak ada yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Tetapi sebaik-baiknya manusia ialah yang mau mengakui dosanya dan mau bertaubat akan kesalahan yang sudah dilakukan. Dalam artikel tersebut Cantraka hitam memang bersalah karena begitu sombong merasa memiliki ilmu yang tinggi tanpa campur tangan Allah SWT. Hal itu menyebabkan Cantraka hitam sulit untuk kembali ke jalan-Nya. Namun, Cantraka hitam berhasil meluluhkan hatinya dan kembali ke jalan Allah dengan niat yang tulus dan ikhlas.

    ReplyDelete
  38. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum wr.wb
    Manusia diciptakan bukan tanpa alasan. Perbuatan yang dilakukan tidak lain karena sudah diatur dan atas kehendak sang Pencipta. Takdir baik ataupun buruk sudah tercatat, manusia hanya tinggal mengelolanya. Takdir seseorang dapat dirubah sesuai kemampuan dan usahanya untuk merubah. Seseorang yang jauh dari Allah swt akan mudah digoda oleh syaitan, jin, maupun iblis dengan segala macam bentuk. Yang paling mudah adalah kecintaannya pada duniawi selain pada Allah swt. Ketika jin telah merasuki dalam tubuh seseorang, maka ia akan melakukan perbuatan-perbuatan yang menjauhi perintah Allah swt. Merasa dan menganggap dirinya dapat melakukan semuanya tanpa bantuan dari Allah swt. Perlu adanya kesadaran dalam diri untuk melakukan taubatan kepada Allah swt. Karena sebesar apapun dosa yang telah dilakukan, Allah akan mengampuninya karena Allah Maha Pengampun.

    ReplyDelete
  39. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perbuatan syirik dan percaya pada jin akan senantiasa menjauhkan kita dari Allah SWT. Hingga tanpa sadar kita dapat terperdaya oleh jin dan menjadi boneka yang seolah-olah dikendalikan oleh jin untuk terus menerus berbuat hal-hal buruk dan melanggar aturan Allah SWT. Hendaklah kita selalu meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT, agar selalu dijauhkan dari gangguan jin, syaitan, maupun iblis. Allah SWT maha pengampun lagi maha penyayang, sebesar apapun dosa yang pernah kita lakukan, jika kita bertaubat dan berjanji untuk tidak melakukannya kembali, niscaya akan Allah ampuni semua dosa kita. Oleh karena itu, selagi masih ada waktu, hendaklah kita bertaubat, berbuat baik, serta senantiasa meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  40. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    Assalamu’alaykum warohmatullah wabarokatuh
    Dari elegi ritual ikhlas ini saya belajar bahwa untuk dapat menjalankan ritual ikhlas kita harus mempunyai niat untuk menggapai ridha Allah SWT. Setiap kegiatan yang kita lakukan hanya kita tujukan kepada Allah SWT tanpa meminta imbalan apapun apalagi mengharapkan sesuatu dari sesame manusia.

    ReplyDelete