Apr 5, 2013

Hermeneutika Hidup_oleh Marsigit



33 comments:

  1. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Tepatnya sejak awal bulan September lalu, saya mulai berkenalan dan menjajaki apa makna hermeneutika. Setelahnya, ialah menjadi tugas berat, yaitu harus sebisa mungkin menerapkan prinsip hermeneutika dalam kehidupan. Hermeneutika adalah terjemah dan terjemahkan. Sesunggugnya kehidupan ini ialah hermeneutika, terjemah dan terjemahkan. Saya selalu mengingat pesan Prof. Marsigit tentang hermeneutika, salah satunya ialah “Jika kita mampu menterjemahkan, maka kita harus ikhlas diterjemahkan”.
    Pada gambar di atas, dapat kita lihat dua unsur, yaitu unsur datar dan melingkar. Maka hermeneutika ketika diabstraksikan, akan kita dapatkan dapatkan dua unsur, yaitu unsur datar (lurus) dan melingkar. Awalnya saya bertanya-tanya kenapa datar dan kenapa melingkar? Pada perkuliahan saat itu, dijelaskan bahwa kedua unsure tersebut memiliki jawaban sederrhana lewat penggambaran berikut ini”
    “ ‘melingkar’ karena kita bisa bertemu dengan “label” hari yang sama dengan hari ini pada minggu berikutnya. ‘Datar’ atau ‘lurus’ karena sebenar-benarnya kita tiadalah bisa mengulang waktu yang sama”


    “Melingkar” dan “datar”. Selepasnya, adalah “spiral”. SPIRAL. Lingkaran atau bidang melengkung itu jika kita tarik maka jadilah suatu SPIRAL. Spiral berarti peduli akan ruang dan waktu. Ini yang membawa kita pada keadaan untuk senantiasa melihat apa yang ada dan yang mungkin ada. Juga membawa kita pada keberadaan wadah dan isi. Tiadalah yang tidak bisa dicari pasangannya, bukan? Hermenutika juga membawa kita pada keberadaan tesis dan anti tesis.

    ReplyDelete
  2. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Hermeneutika merupakan bagaimana seseorang memiliki pandangan hidup. Kehidupan adalah proses kontinu yang dialami seseorang. Dalam hidup seseorang akan menghadapi berbagai persoalan. Maka berhermeneutikalah dengan hidup, terjemah, menterjemahkan dan jalani. Setiap persoalan yang dijumpai maka direfleksikan terus-menerus. Dengan demikian sebagai manusia yang selalu berusaha mengoreksi diri dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan, akan menempatkan kita sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  3. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Hermenetika hidup terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa hidup akan terus berjalan, dan tak akan pernah kembali seperti sebelumnya. Sedangkan melingkar artinya kita dapat mengulanginya, hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Dan di dalam hidup ini terdiri dari teori dan praktik. Sia sia kita hanya berteori namun tidak mengeplikasikannya. Namun jika berbuat tanpa teori itu juga fatal akbibatnya. Maka dari itu kita perlu keseimbangan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas postingan ilmunya tentang hermenetika hidup, sesungguhnya hidup manusia itu seharusnya haruslah secara teori lurus seperti garis lurus, dan secara praktikal melingkar seperti lingkara, yang berarti bahwa hidup itu harus terus berlanjut menjadi yang lebih baik menuju tujuan hidup dan harus selalu sama atau tetap tujuannya setiap melangkahkan perjalanan.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  5. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Teori Hermenetika adalah teori hidup yang menggambarkan bahwa hidup itu terdiri dari lingkaran dan garis lurus yang kemudian membentuk siklus hermenetika seperti pegas. Kemarin kita terbangun dari tidur di pagi hari, hari ini pu demikian. Kita akan mengalami pagi setiap harinya (jika Ia ijinkan) tapi pagi yang kita alami tidak pernah sama.

    ReplyDelete
  6. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada dasarnuya kita hidup itu harus berlandaskan pada logika dan kenyataan. Karena jika kita hanya mengandalkan logika saja. Ini akan membuat kita tidak mengerti kenyataan yang sbeneranya terjadi. Kehidupan kita akan selaras jika seimbang antara logika dan kenyataan. Keseimbangan antara logika dan kenyataan inilah yang nantinya akan mempengaruhi proses menerjemahkan dan diterjemahkan pada saat berinteraksi dengan manusia lain.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Hermeneutika diartikan sebagai ilmu penafsiran. Segala sesuatu dalam kehidupan ini bersifat saling memaknai. Kehidupan ini seperti hal yang tidak dapat diulang dan berjalan terus. Kita mengalami pagi setiap harinya. Tapi pagi itu pasti memiliki cuaca yang berbeda, suhu udara yang berbeda, dan suasana yang akan berbeda. Disinilah saya memaknai hermeunitika kehidupan. Melalui hal ini saya sadar betapa berharganya waktu kita, karena tidak akan pernah terulang lagi. Kehidupan kita harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  8. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dari gambar yang disajikan dapat disimpulkan kurang lebihnya bahwa orang hidup di bumi ini ada yang tetap, ada yang berubah, ada praktis, ada deskontuksi, ada garis lurus, ada spiral. Dengan Hermenetika hidup keanekaragaman tersebut bisa menjadi indah. karena Hermeunitika berarti menerjemahkan dan diterjemahkan atau silaturahmi. Jadi kalau seluruh isi di bumi ini bisa saling silaturahmi keadaan manusia akan menjadi baik dan berbudi luhur.

    ReplyDelete
  9. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Teori hermenetika hidup di atas digambarkan dalam bentuk spiral yaitu kehidupan ini saling menerjemahkan, saling berkaitan satu sama lain. Sebagi contoh: saya memakai baju, maka saya menerjemahkan baju dan baju juga menerjemahkan saya sehingga dapat dipakai dengan pas dan cocok. DAn masih banyak contoh lain dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  10. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dalam perkuliahan filsafat ilmu Pak Marsigit pernah menyampaikan kehidupan ini terdiri dari dua jenis yaitu linear dan melingkar. Maksudnya linear adalah kehidupan di dunia ini akan terus berjalan menuju ke depan. Kita tidak akan pernah kembali ke masa lalu, namun kita akan menuju ke masa depan. Sedangkan maksudnya melingkar, adalah kita berada dalam lingkaran kehidupan yang semuanya akan saling berkaitan. Hubungan antara linear dan lingkaran tersebut disebut dengan kehidupan Hermeneutika. Sehingga sebagai manusia kehidupan yang kita jalani kadang ada yang bahagia, sedih, atau pun kecewa merupakan hal yang biasa saja karena kehidupan ini memang tetap harus berjalan ke depan. Selain utu sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain maka manusia sebaiknya pada jaman sekarang lebih memperbanyak interaksi sosial agar dia mengetahui bahwa dia masih menjadi salah seornag yang wajib bersyukur.

    ReplyDelete
  11. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Struktur dunia itu banyak macamnya. Salah satunya kita dapat memandang dunia dari sudut pandang geometri maka di dunia ini hanya ada linier dan siklik atau hanya ada maju dan melingkar. Segala hal yang kita lakukan di dunia ini selalu maju untuk melingkar, dan melingkar untuk maju. Dalam menjalani kehidupan kita akan mengejar sebuah tujuan yang jalannya ada yang maju dan melingkar, namun muaranya sama yaitu menggapai sebuah tujuan. Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Hermenika merupakan proses dalam kehidupan manusia yaitu menterjemahkan dan diterjemahkan. Melalui proses hermenetika, kita dapat berinteraksi dan saling memahami di tengah perbedaan. Hermenetika kehidupan kita berbentuk garis lurus dan lingkaran. Dan sebenar-benar hidup manusia adalah gabungan keduanya, yiatu gabungan garis lurus dan lingkaran sehingga menjadikan spiral. Hal ini mengindikasikan bahwa pengalaman hidup manusia selalu berulang-ulang namun waktunya akan selalu maju dan tidak pernah kembali. Maka tiadalah manusia dapat mengulang sesuatu pada waktu dan ruang yang sama.

    ReplyDelete
  13. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hermeneutik berasal dari bahasa Yunani "hermeneuein"yang bermakna menakwilkan (menafsirkan) dan dalam bentuk nomina "hermeneid" bermaka takwil (tafsir).Hermeneutik dapat dikatakan sebagai seni menterjemahkan. Apa yang diperlukan dalam suatu ilmu termasuk dalam filsafat adalah terjemah dan menterjemahkan. Hermeneutika dapat digolongkan menjadi hermeneutika tradisional dan hermeneutika modern. Hermeneutika tradisional berhubungan dengan penterjemahan teks dalam bidang sastra, hukum atau agama. Hemeneutika modern meliputi segala sesuatu dalam proses penafsiran. Hanya saja, dalam meterjemahkan, setiap orang akan mempunyai interpretasi yang berbeda.

    ReplyDelete
  14. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Hermeneutika ialah memikirkan apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang dipikirkan. Artinya baik pikiran maupun pengalaman sangat penting dalam menentukan kehidupan kita. Seseorang dalam hidupnya membutuhkan teori dan praktik yang dilakukan secara berkesinambungan dan berulang terus menerus. Apabila kita hanya pandai dalam teorinya saja tetapi tidak ada tindakan atau prakktik sama sekali, maka sama saja kita tida berkontribusi dalam kehidupan kita maupun orang lain dan lingkungan sekitar. Sebaliknya, apabila kita hanya melaukan praktik tanpa dilandasi pemahaman akan ilmu atau teori, maka apa yang kita kerjakan pastu kurang tepat dan justru akan tidak sesuai dengan tujuannya. Maka dari itu marilah kita mencari ilmu sebanyak-banyaknya lalu diamalkan atau diajarkan kepada orang lain agar hidup kita dapat lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Teori hermenetika hidup sering ssaya dengar sejak mengikuti perkuliahan Prof Marsigit. Hermenutika dipandang sebagai sebuah interaksi hidup antara manusia dan lingkungannya. Dari gambar tersebut, terlihat jelas bahwa hermentika bersifat linear dan spiral, linear artinya hidup akan terus maju, tidak bisa dibalik mundur. Sifat Spiral artinya hidup berarti selalu berulang, jika besok ada jam 8, maka sekarang juga ada jam 8, tetapi berbeda antara jam 8 sekarang dengan jam 8 besok (linear).

    ReplyDelete
  16. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Jika ditarik dalam konteks pembelajaran, maka hermentika ini sangat penting dalam membangun hbungan antara guru dan siswa. Hubungan saling terjemah dan mnterjemahkan guru dan siswa akan memberikan efek kepada keberhasilan proses pembelajaran. Keberhasilan terjadi karena guru dan siswa saling memahami dan saling menghargai sehingga tercipta hermentika kelas yang harmonis

    ReplyDelete

  17. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Hermeneutika hidup artinya bersilaturahmi, yaitu memandang hidup dengan cara diterjemahkan dan menerjemahkan. Dalam proses kehidupan sesuai yang ditampilkan pada gambar di atas, memiliki garis yang lurus, artinya waktu kita terus berjalan ke depan dan tidak dapat diulangi, namun juga terdapat garis spiral, artinya meskipun waktu berjalan ke depan namun akan ada kejadian-kejadian atau fenomena-fenomena yang terulang-ulang seperti tejadinya sian malan, atau terulangnya hari setiap minggu. Dengan mengetahui teori hidup dan mempraktikan secara bijaksana, InsyaAllah kita dapat memandang dunia bak kupu-kupu yang sedang terbang dengan bijaksana.

    ReplyDelete
  18. Latifah Fitriasari
    PM C

    Istilah hermeneutik, dalam sejarah penggunaannya, muncul dalam bentuk sebuah cabang dari pengetahuan dan menunjuk pada volume pemikiran. Manusia dalam menjalankan hidupnya harus senantiasa berlatih, menyadari, dan mengembangkan diri. Semua yang pekerjaan yang dijalankan juga hendaknya memiliki nilai ibadah, karena setinggi-tingginya pekerjaan adalah pekerjaan yang bernilai ibadah. Hermeneutika berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya. Untuk menerapkan prinsip-prinsip Hermeneutik dengan baik, maka diperlukan kerja keras dan fasilitas alat-alat bantu yang memadai.

    ReplyDelete
  19. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Selama kita masih di dunia dan masih berbicara tentang urusan-urusan duniamaka kita mendapatkan struktur yang bersifat plural.
    493) Awalnya saya merasa kurang mengerti dengan gambar diatas, kemudian saya ingat Prof pernah menjelaskan bahwa dalam hidup ini hidup akan terus berjalan/ bersifat kontinu dan akan selalu ada interaksi didalamnya. Mungkin itulah mengapa hidup memiliki dua unsur dasar yaitu panah/lurus dan siklik/melingkar.

    ReplyDelete
  20. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam kehidupan di dunia ini ada yang selalu bergerak ke depan, selalu berganti-ganti di setiap waktunya. Ada pula yang bergerak seperti siklus dan mengalami pengulangan di setiap waktunya.
    Dalam hermeneutika kehidupan manusia mengalami siklus pergerakan yang lurus dan berulang-ulang yang digambarkan spiral. Pergerakan yang lurus merupakan dimensi waktu, dan yang berulang-ulang merupakan dimensi ruang. Manusia bisa mengulangi dimensi ruangnya, namun waktu tidak dapat diulang kembali.

    ReplyDelete
  21. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Hermeneutika hidup itu terdiri dari linear dan siklik. Linear artinya semua berjalan terus, semua berkelanjutan. Contohnya senin ketemu selasa lalu rabu, kamis, dan seterusnya. Siklik artinya hidup itu berputar. Contohnya senin akan kembali ke senin. Maka hidup itu adalah hermeneutika, gabungan dari yang linear dan yang siklik. Hidup kita terus berjalan tahun demi tahun, bulan demi bulan, minggu demi minggu. Dari kita dilahirkan, kemudian masuk TK, SD, SMP, SMA, kuliah, kerja san seterusnya. Tetapi disamping hidup kita berjalan linear, hidup kit juga berputar, dimana jika bulan ini bulan desember tahun depan kita akan bertemu bulan desember lagi, kita masuk sekolah, kemudian ujian, dan seterusnya.

    ReplyDelete
  22. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Pada dasarnya, hermeneutika berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya. Dalam hermeneutika hidup terdapat dua pokok, yaitu teori dan praktik. Teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus. Jika lingkaran dan garis lurus ini digabungkan akan menjadi spiral. Jika spiral ini dianalogikan dalam jalan hidup kita, maka itu memang benar adanya.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Sebagai tambahan komentar saya di atas.
    Hidup kita ini tidak selalu di bawah dan juga tidak selalu di atas. Ada kalanya kita berada di atas dan ada kalanya kita berada dibawah. Teori Hermeneutika mengajarkan kita untuk tidak berlaku sombong jika kita sedang berada di atas karena suatu saatkita pasti akan merasakan saat-saat di mana kita berada di bawah. Oleh karena itu, di mana pun posisi kita janganlah kita berlaku sombong karena sesungguhnya Tuhan tidak menyukai orang yang sombong

    ReplyDelete
  24. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Gambar di atas membahas terkait teori hermeneutika hidup. Hidup kita itu sejatinya seperti spiral yang terdiri dari gerak linier dan siklik, maka menghasilkan siklis yang selalu berkembang terus menerus. Disini pula terjadi pembagian dunia antara dunia atas yaitu dunia teori dan dunia praktiknya. Dan ketika ditelisik lagi ternyata kehidupan ini juga sesuai dengan perputaran bumi itu sendiri. contoh dari gambar ini yaitu bagaimana pembelajaran itu di rancang berdasarkan teori-teori maka juga diterapkan dalam praktik. Dan sejatinya hidup yaitu keseimbangan antara kedua hal tersebut. Antara dunia atas dan bawah, serta antara teori dan praktik.

    ReplyDelete
  25. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam gambar diatas sepertinya dapat diartikan sebagai gambaran hermeneutika hidup yang berarti berhubungan dengan gambaran kehidupan manusia. Kehidupan manusia diibaratkan seabgai dua buah unsur, yaitu garis dan lingkaran. Garis menunjukkan bahwa waktu yang telah terlewati tidak bisa terulang lagi dan lingkaran mengandung maskud bahwa kehidupan dibumi ini selalu berputar.

    ReplyDelete
  26. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Gambar di atas terdiri dari lingkaran dan garis lurus beserta spiral. Lingkaran menggambarkan bahwa kehidupan manusia itu terus berputar. Hari ini kita bertemu pagi maka insyaAllah besok kita akan bertemu pagi lagi, begitu seterusnya. Garis lurus menggambarkan bahwa kehidupan manusia itu lempeng artinya kehidupan manusia itu berjalan maju dan waktu tidak akan dapat terulang kembali. Sedangkan spiral menggambarkan kehidupan manusia di dunia ini. Hermeutika hidup artinya menerjemahkan dan diterjemahkan. Seseorang harus dapat menerjemahkan dan diterjemahkan.

    ReplyDelete
  27. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Hermeneutika merupakan proses berulang yang terjadi di kehidupan kita. Sedangkan kehidupan merentang dari material hingga spiritual. Jika ditarik garis maka akan membentuk garis lurus, karena hermeneutika merupakan proses yang berulang maka garis tersebut berbentuk spirl. Kehiduapn yang kita jalani akn terus berjalan, sehingga spiral tersebut dapat ditarik menjadi semacam gelombang. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  28. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari gambar yang diberikan saya merefleksi bahwa dalam hidup itu terdapat teori dan praktek. Hal-hal yang terkait dengan teori akan selalu berjalan vertikal, sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan praktek akan berjalan secara melingkar. Teori dan praktek dapat berjalan beriringan dengan berbentuk spiral, ia maju tapi ia juga berputar.

    ReplyDelete
  29. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dunia terdiri dari dua hal yaitu 2 yang linear dan yang siklik. Linear berarti kehidupan itu selalu bergerak maju misalnya tanggal pada kalender, Siklik berarti kehidupan itu selalu berputar, misalnya hari, selasa akan bertemu dengan selasa lagi tapi selasa yang sekarang akan memiliki tanggal yang berbeda dengan hari selasa yang lalu. Namun sebenar-benar hidup adalah gabungan antara keduanya yaitu yang spiral, dan kehidupan manusia itu adalah proses terjemah dan diterjemahkan karena jika tidak begitu maka manusia tidak bisa membangun kehidupan, memperoleh ilmu, beribadah dan lain-lain.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Berdasarkan gambar di atas dan mengikuti perkuliahan filsafat selama satu semester, saya mendapatkan kesimpulan bahwa sebenar-benar hidup itu adalah linier dan siklik, yang jika digabungkan menjadi spiral. linier dalam artian kita tidak bisa mengulangi yang telah berlalu, misalnya jika kita kemarin malam sudah tidur dan bermimpi berada di taman yang indah, maka berikutnya kita tidak akan bisa melalui atau mengulang kejadian yang sama persis. sedangkan siklik dalam artian, jika tapi malam kita tidur dan bermimpi, maka malam ini dan malam seterusnya juga kita bisa melalui tidur dan mimpi lagi.

    ReplyDelete
  31. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Hermeneutika berasal dari bahasa Yunani “Hermeneuo” yang berarti menafsirkan. Dalam terminologi, hermeneutika adalah aliran filsafat sebagai teori interpretasi dan penafsiran sebuah naskah melalui percobaan. Hermeneutika muncul atas desakan rasionalisasi atas teks-teks yang dianggap penuh dengan mitos atau jauh dari kenyataan.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  32. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Hermeneutika muncul atas desakan rasionalisasi atas teks-teks yang dianggap penuh dengan mitos atau jauh dari kenyataan atau bahkan bertentangan dengan akal sehat. Hermeneutika dalam kehidupan memiliki banyak manfaat, seperti dapat membuat kita untuk berpikir secara rasional sebelum memutuskan.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  33. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Herminitika hidup dapat dijabarkan dengan garis lurus dan juga lingkaran. Ia membentuk sebuah spiral. Lurus artinya ia berjalan ke depan dan tidak akan kembali. Maksudnya, kehidupan akan senantiasa berjalan ke depan, ia tidak bergerak ke masa lalu. Bagi mahasiswa yang sedang kuliah filsafat ilmu, ia tidak akan mendapatkan kuliah filsafat ilmu yang sama ruang dan waktunya. Lingkaran maksudnya adalah berulang atau membentuk siklus. Contohnya, bila kuliah filsafat ilmu adalah hari rabu jam 11, maka rabu jam 11 pekan depan kita akan kuliah filsafat lagi.

    ReplyDelete