Apr 5, 2013

Hermeneutika Hidup_oleh Marsigit



5 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hermeneutika adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan dari segala yang ada dan yang mungkin ada dari awal dunia sampai akhir dunia. Hermeneutika berasal dari kata dewa di Yunani Kuno yaitu dewa hermes. Hermeneutika dalam hidup merupakan suatu interpretasi yang dilakukan secara terus menerus hingga mengerucut. Dalam pembelajaran matematika hermenetika terdiri atas garis lurus yang menunjukkan bahwa pembelajaran akan berjalan terus menerus dan melingkar yang artinya kita dapat mengulanginya hanya saja berbeda ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  2. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Hermeneutika berarti suatu ilmu yang mencoba menggambarkan bagaimana sebuah kata atau suatu kejadian pada waktu dan budaya yang lalu dapat dimengerti dan menjadi bermakna secara eksistensial dalam situasi sekarang, hermeneutika memiliki dua unsur dasar yaitu lurus dan melingkar, dikatakan lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu, sedangkan dikatakan melingkar karena adanya interaksi.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari gambar pada elegi di atas menunjukkan tentang penafsiran terhadap objek-objek yang ada. Dan hermeneutika ini salah satu ilmu dalam bidang filsafat. Ada banyak pendapat ahli mengenai hermeneutika diantaranya "menurut Schleirmacher meletakkan kaidah pemahaman teks pada dua aspek utama yaitu/ aspek kebahasaan dan penafsiran tata bahasa dan aspek kemampuan menembus karakter psikis pengarang dan penafsiran psikologi. Sehingga dalam hermeneutika Schleimacher ini diharapkan mampu memahami teks seperti halnya pengaragnya, dan memahami pengarang lebih dari dirinya sendiri."menurut Dilthey hermeneutika bertujuan untuk memahami teks sebagaiekspresi sejarah, bukan ekspresi mental penggagas. karena itu, yang perlu direkonstruksi dari teks menurut Dilthey, adalah makna dari peristiwa sejarah yang mendorong lahirnya teks. Sumber :https://www.academia.edu/9862679/HERMENEUTIKA

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada gambar di atas secara implisit dijelaskan bahwa setiap hidup manusia selalu berhermeneutika sesuai dengan dimensinya dengan terus berkembang secara sistematis. Dalam gambar tersebut dijelaskan bahwa hermeneutika sama halnya hidup spiral, dimana berada antara dekonstruksi dan praktikal. Ketika manusia mengalami interprestasi hidup maka ia akan layakya anak panah yang selalu mengarah kedepan dalam satu arah, namun ketika hermeneutika dijelaskan melalui teks maka ia akan selalu berputar disana saja sampai ia menemui interpretasi lain. Kegiatan itu berlanjut hingga menemukan dunia yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  5. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS PMAT D 2015

    Hermeneutika adalah metode yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Tujuannya sangat sederhana, yaitu memahami realitas yang sesungguhnya di balik keberadaan teks tersebut. Dengan menggunakan teknik hermeneutika ini, suatu topik dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih kompleks karena hermeneutika berbentuk spiral, berawal dari yang paling dasar, diterjemahkan dan dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih kompleks.

    ReplyDelete