Apr 5, 2013

Hermeneutika Hidup_oleh Marsigit



32 comments:

  1. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Hermeneutika merupakan konsep dari kehidupan manusia, tentang menerjemah dan diterjemah yang meliputi empat aspek, yakni material, formal, normatif, dan spiritual. Berdasarkan diagaram di atas, terdapat gambar lingkaran, garis lurus, dan spiral. Lingkaran artinya berputar, hari ini hari selasa, besok akan bertemu lagi dengan hari selasa berikutnya. Garis lurus menunjukkan bahwa waktu terus berjalan ke depan, tidak mungkin kembali. Sedangkan spiral adalah lingkaran yang ditarik, yang membawa kita untuk memahami ruang dan waktu agar mampu melihat yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  2. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Hermeneutika menurut Carl Braathen adalah ilmu yang merefeksikan bagaimana satu kata atau satu peristiwa di masa dan kondisi yang lalu bisa dipahami dan menjadi bermakna di masa sekarang sekaligus mengandung aturan-aturan metodologis untuk diaplikasikan dalam penafsiran dan asumsi-asumsi metodologis dari aktivitas pemahaman. Dari gambar yang Pak Marsigit buat terlihat bahwa teori terletak di atas dan paraktik terletak di bawah. Saya memahaminya sebagai manusia tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dengan praktik. Maksudnya, manusia itu belajar mulai dengan mempraktikannya lalu mencapai tahap ia akan mengerti mengenai teorinya, begitu seterusnya hingga akhir hayatnya. Sama dengan cara belajar anak-anak, guru tidak mungkin untuk langsung mengenalkan teorinya, dimulai dengan kegiatan-kegiatan terlebih dahulu hingga anak menemukan teorinya.

    ReplyDelete
  3. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam penggambaran di atas, hermeneutika hidup diilustrasikan dengan lingkaran dan garis. Adapun garis menggambarkan perjalanan hidup manusia linier terus menerus dan tidak dapat terulang. Sedangkan lingkaran menggambarkan perputaran waktu dalam perjalanan hidup manusia. Ibarat bumi sebuah lingkaran, waktu terus berputar dari pagi, siang, sore hingga malam lalu kembali pagi dan seterusnya. Oleh karena itu, kita harus menghargai waktu dengan memanfaatkan waktu untuk hal hal yang baik dan semakin baik. Seperti pepatah mengatakan 'penyesalan datang terlambat', jika kita tidak menggunakan waktu sebaik mungkin, akan ada ketertinggalan yang menyebabkan penyesalan, tak lain karena manajemen waktu yang kurang terkelola dengan baik.

    ReplyDelete
  4. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari gambar tersebut hermenutika hidup memiliki dua aspek yaitu teori dan praktik. Praktik ditempatkan di bawah dan teori ditempatkan di atas. Maksudnya yaitu dalam kehidupan ini manusia tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dengan praktik. Karena pada dasarnya teori itu berasal dari praktik. Kemudian dijelaskan pula dalam gambar bahwa teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus, keduanya jika digabung akan membentuk sebuah spiral yang menggambarkan proses kehidupan. Garis lusur berarti kehidupan itu akan berjalan terus, waktu akan terus berjalan dan tidak akan pernah kembali. Sedangkan lingkaran maksudnya adalah kehidupan merupakan sebuah proses yang tidak ada habis-habisnya hingga hari akhir itu tiba, seperti pagi akan bertemu dengan pagi lagi. Sedang spiral adalah gabungan antara garis lurus dan lingkaran yang berarti kita harus memahami ruang dan waktu agar dapat saling menerjemahkan dan diterjemahkan. Karena life is never flat, kadang kita berada dia atas, ada kalanya kita berada di bawah.

    ReplyDelete
  5. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Konsep Hermeneutika dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita melihat ban motor akan berputar membentuk lingkaran dan itu terjadi terus ketika motor itu bergerak. Artinya kehidupan ini seperti perputaran waktu yang tidak habis-habis akhirnya.Dari gambar ada yang berbentuk gambar garis lurus dan spiral, hal tersebut menunjukkan bahwa kehidupan tidak akan mundur namun maju kedepan, berjalan terus dan harus sesuai ruang dan waktunya agar dapat saling menerima ketika menerjemah dan diterjemah.

    ReplyDelete
  6. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Hermeneutika hidup merupakan penggambaran dari kehidupan manusia, yang artinya menerjemahkan dan diterjemahkan. Hermeneutika ini diibaratkan dua buah unsur yaitu garis dan lingkaran. Sebuah garis digambarkan sebagai kehidupan manusia yang melewati waktu hanya sekali saja, berjalan terus dan tak akan terulang lagi. Lingkaran digambarkan sebagai kehidupan bumi yang selalu berputar. seperti halnya kita kan menjumpai pagi hari dan malam hari, kemudian pada hari selanjutkan akan menjumpai lagi pagi dan malam hari, begitu seterusnya.. Sehingga hidup ini harus disesuaikan dengan ruang dan waktunya dan dalam menjalani hidup ini harus didasarkan oleh pikiran, hati, doa dan pengalaman.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Dalam kehidupan kita pasti akan menemukan lika-liku, dan yang pasti keadaan tiap manusia yang berbeda akan menghasilkan tidakan dan pemikiran yang berbeda pula. Elu-elu saling menghormati sering didengungkan dalam berbagai situasi. Saling menghormati dan memahami akan mewujudkan situasi sosial yang sehat. Disinilah dasar mengapa seorang manusia harus dapat menerjemahkan dan diterjemahkan. Manusia harus menerjemahkan agar dapat memahami situasi dari berbagai sudut pandang sehingga berbagai macam masalah dapat disikapi lebih bijaksana. Sedangkan bagaimana dengan diterjemahkan? Seorang harus mau diterjemahkan untuk mendapatkan pengembangan diri yang lebih. Keikhlasan orang untuk diterjemahkan akan membuatnya berkembang karena dia akan mendapat suntikan ilmu dan koreksi dari berbagai pihak.

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Berdasarkan Hermeneutika di atas atau yang dimaksud dengan studi pemahaman dengan mengintepretasikan tindakan dan teks, dapat kita lihat adanya cycle kehidupan. Dari teks diimpretasikan tanpa dibatasi hingga menjadi impretasi teks yang lainnya. Dalam Hermeneutika kehidupan, terdapat beberapa cycle seperti dari positivisme, menjadi pancasila kemudian mengalami disorientasi. Hal tersebut berdasarkan modern a compte, Indonesia dan kemudian pada masa kontemporer. Hal tersebut bisa dikatakan seperti filsafat yang menjadi ideologi kemudian menjadi matematika dan kemudian pendidikan matematika.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Dari gambar diatas dapat kita ketahui bersama bahwa hermeuneutika hidup terdiri dari dua aspek yaitu teori dan praktik. Teori disimbolkan dengan garis, dan praktik disimbolkan dengan lingkaran. Praktik berada di bawah, dan teori berada di atas. Maksudnya adalah dalam hidup kita pasti mengalami praktik terlebih dahulu, misalnya saja ketika kita belajar merangkak saat bayi pasti kita mempraktikkan merangkak, bukan belajar terlebih dahulu bagaimana mengenai teori belajar merangkak. Lalu secara bertahap sesuai perkembangan usia dan cara berpikir kita maka kita akan menyentuh ranah teori. Hidup itu spiral seperti yang tergambarkan pada gambar diatas, maksudnya adalah ketika kita menemukan hal baru yang lain meskipun kita sudah menyentuh ranah pada suatu teori, tentu kita akan kembali mempraktikkan terlebih dahulu untuk menuju menyentuh ranah teori yang lain, begitu seterusnya hingga akhir hayat manusia.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  10. Jefri Mailool
    PPs S3 PEP 18701261002

    HIdup ini perlu adanya saling menerjemahkan dan diterjemahkan. selama masih di dunia,berjalan pada ruang dan waktu, manusia tidak lepas dengan suatu keadaan yang sifatnya kontradiksi, karena dunia sifatnya plural.

    ReplyDelete
  11. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Hermenetika hidup dari grafik di atas adalah mengenai menerjemahkan dan diterjemahkan. Dari siklus, kita dpaat mengetahui bahwa kita akan selalu menginterpretasikan informasi yang kita peroleh dengan sikulus yang tidak ada batasan.

    ReplyDelete
  12. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Hermeneutika hidup adalah bagaimana cara memahami kehidupan tersebut. Pola kehidupan selalu berputar sesuai dengan porosnya. Jalan yang ditempuh berliku-liku. Artinya setiap jalan yang diambil memiliki tantangan yang berbeda-beda. Hermeneutika hidup diperlukan sehingga kita mampu menginterpretasikan makna kehidupan itu sendiri. Mengambil sisi positif sehingga dapat menerapkannya kembali dan mengambil pelajaran dari sisi negatif yang diperoleh sehingga mampu memperbaiki diri ke arah yang lebih baik lagi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Makna kehidupan dapat dijelaskan dalam konsep keberadaan, ikatan sosial, kesadaran, dan kebahagiaan secara filosofis dan keagamaan. Dalam hidup ini kita mempunyai pilihan. Kita boleh mencari jalan sendiri untuk menjalani hidup kita atau kita boleh memilih untuk mengikut ajaran-Nya. Jika kita memilih yang kedua, tentunya akan berakibat pada kepuasan dengan seluruh hidup kita, karena keinginan kita akan terpenuhi sehingga hidup penuh makna.

    ReplyDelete
  14. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Setiap orang memiliki cara pandangnya masing-masing, artinya setiap orang juga menerjemahkan apa yang ada dan yang mungkin ada secara berbeda.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Hermeneutika sebagai sistem penafsiran dapat diterapkan, baik secara kolektif maupun secara personal, untuk memahami makna yang terkandung dalam mitos-mitos ataupun simbol-simbol. Di dalam tegangan antara metode hermeneutika yang eksplisit fokus pada satu fenomen, atau pada metode hermeneutika yang mau menangkap yang tersembunyi di balik fenomen-fenomen lainnya, yang mungkin mempengaruhi fenomen yang ingin dianalisa, hermeneutika dan pemahaman yang mendalam tentangnya, baik secara epistemologis maupun ontologis, adalah sangat penting untuk mencari pengertian yang lebih dalam tentang cara manusia menafsirkan dirinya, maupun menafsirkan “dunianya”.

    ReplyDelete
  16. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Hermeneutika digambarkan pada gambar di atas sebagai sebuah lingkaean yang artinya bahwa kehidupan manusia itu berputar diibaratkan sebagai roda yang terus bergerak. Kehidupan manusia itu bergerak ke depan namun dalam keadaan berputar tinggal bagaimana manusia menyesuaikannya dalam konsep ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  17. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Penafsiran dalam setaip segi kehidupan manusia bermacam-macam hasilnya, karena setiap manusia mempunyai pola berpikir yang bermacam-macam pula dan tindakan yang dilakukan manusia pasti berasal dari pikiran itu sendiri. Kadang penafsiran bisa berputar-putar di dalam pikiran karena susah untuk menjelaskan dengan kalimat, bila dijelaskan pun tetap menjadi berbelit-belit. Sehingga penafsiran yang membayang manusia cukup disimpan dalam pikiran sendiri dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menafsrikan sesuai dengan pikirannya sendiri.

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Berarti Hermenitika hidup berarti mempelajari tentang makna hidup. Diagram yang telah Prof Marsigit buat adalah sebuah diagram tentang hermenetika hidup yang merupakan hanya satu, karena struktur kehidupan memang hanyalah satu. Dalam digram tersebut terdiri atas empat komponen yang disusun secara hirarki terdiri dari Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. Dimana tingkatan yang tertinggi adalah Spiritual, dan yang terrendah adalah Material. Garis lurus dengan anak panah menuju keatas adalah gambaran bahwa kehidupan manusia sebenar-benar tujuannya adalah menggapai spiritualitas. Spriritualitas berada ditingkatan paling atas adalah karena terkait yang ada dan yang mungkin ada didunia ini yang telah diatur oleh sang Penguasa Alam yang letaknya berada pada tingkatan tertinggi yaitu Spiritual. Sedangkan bentuk lingkaran menandakan bahwa hidup terus berputar dan senantiasa berputar pada porosnya, namun gambar spiral menunjukkan bahwa hidup memang senantiasa berputar namun pada hakikatnya perputaran hidup tidak akan pernah kembali pada titik sebelumnya, jikalau memang kembali pada titik yang sama tetap saja waktu dan keadaannya telah berubah. Oleh karena hidup terus berputar dan tak akan pernah terulang kembali, maka lakukanlah yang terbaik menurut versinya masing-masing. Hidup terus berjalan kedepan bukan kebelakang, maka jangan pernah lagi menengok kebelakang jika yang ditengok adalah kegagalan-kegagalan yang hanya akan membuat kualitas hidup menjadi menurun. Teruslah maju dan yang perlu diingat adalah sebenar-benar tujuan hidup menggapai ridho Sang Tertinggi, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Di dalam gambar tersebut terdapat garis lurus, lingkaran, dan garis yang membentuk spiral. Jika kita refleksikan, garis lurus tersebut memiliki melambangkan bahwa hidup ini terus berjalan maju, kita tidak akan pernah bisa lagi kembali pada waktu yang telah lampau. Sedangkan garis yang melingkar melambangkan kehidupan kita yang terus berputar, seperti pagi bertemu pagi, senin bertemu senin dan sebagainya. Lingkaran tersebut menjadi spiral karena senin yang satu tidak akan pernah ketemu senin yang lain. Inilah yang disebut sebagai spiral kehidupan. Spiral kehidupan tersebut merupakan lintasan bumi mengelilingi matahari. Hal tersebut yang menjadi teladan hidup dari Tuhan, yaitu manusia hidup berhermenetika. Di samping itu, terdapat teori dan praktik. Teori berada di atas sementara praktik berada di bahwah. Hal ini menunjukkan bahwa dalam hidup, manusia tidak beraktivitas berdasarkan teori, tetapi didahului oleh praktik yang berdasarkan intuisi. Kemudian seiring bertambahnya pengalaman dan waktu, praktik tersebut dapat sampai pada teorinya. Lalu manusia menemui hal baru lagi sehingga proses tersebut berlangsung terus menerus berhermenetika membentuk spiral.

    ReplyDelete
  20. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Seperti yang sudah pernah saya sampaikan dalam kolom komentar Hermenetika Hidup sebelumnya bahwa: “sesungguhnya kehidupan manusia di dunia itu memiliki dua struktur, yakni siklis dan linear. Linear berarti bahwa kehidupan ini akan terus berjalan lurus ke depan. Dari kemarin-hari ini-besok dan seterusnya. Sementara diagram siklis berarti bahwa kehidupan manusia di dunia juga bersiklus atau berulang. Misalnya: hari ini adalah hari Kamis, maka satu minggu lagi kita juga akan bertemu dengan hari Kamis; dulu waktu kecil manusia tidak bisa berjalan, lambat laun besok kalau sudah tua manusia akan kembali tidak bisa berjalan; dll. Adanya dua kesadaran tentang diagram hermenetika hidup ini seharusnya semakin meningkatkan pemahaman kita bahwa hidup itu tidak hanya berjalan lurus ke depan entah berakhir di mana, tetapi kita harus meyakini juga bahwa suatu saat kita akan kembali kepada-Nya.”

    ReplyDelete
  21. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Hermeneutika hidup adalah proses kehidupan mulai dari belajar teori hingga pada praktik penerapan dalam kehidupan. Hermeneutika hidup terus berputar seperti spiral tetapi tidak perna berputar ditempat yang sama. Berputar dari berbagai macam konteks dan situasi yang di interpretasi secara terus menerus. terimakasih

    ReplyDelete
  22. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Hermeneutika hidup karya Prof. Marsigit digambarkan dalam bentuk spiral dari kiri ke kanan dan semakin membesar, terdapat dua aspek utama disana, yaitu teori dan praktik. Digambarkan bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Formal dibawah dan normatif diatas. Material dibawah dan spiritual diatas.

    ReplyDelete
  23. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Maksudnya adalah bahwa manusia hidup tidak langsung "ujug-ujug" mengenal teori, namun pasti memulainya dari sebuah kegiatan/praktik. Anak umur 1-2 tahun tidak mungkin diajarkan berjalan dengan teori berjalan. Namun mereka belajar berjalan dengan praktik langsung bukan teori. Selanjutnya bayi yang belajar makan tidak karena diajarkan teori makan, namun bayi sudah mempraktekkan makan. Secara bertahap, sesuai dengan perkembangan usia dan oleh pikir manusia, mereka akan mulai menyentuh ranah teori.

    ReplyDelete
  24. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Semua itu berputar membentuk spiral yang tak pernah putus. Maksudnya, dalam belajar pasti selalu diawali dengan praktik dan intuisi, lalu saat mencapai puncak pemahaman suatu konsep, maka kita akan menyentuh ranah teori. Namun saat bertemu dengan hal baru, maka kita memulainya kembali dari praktek dan intuisi. Begitulah seterusnya hingga akhir perjalanan hidup manusia.

    ReplyDelete
  25. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Pada bagan tertulis adanya teori dan praktik. Disini, kehidupan itu tidak lepas dari teori dan praktik. Teori tidak semata-mata merupakan pengetahuan pasif. Hal ini dikarenakan banyak hal yang dapat dikembangkan atas dasar teori pdari para tokoh. Teori juga bisa menguatkan suatu makna kehidupan. Dari teori kita bisa memahami dari definisi hingga bagaimana cara mempraktikkan dengan benar. Teori ditunjukkan realisasinya melalui praktik. Jadi, antara teori dan praktik sama pentingnya.

    ReplyDelete
  26. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Hermeneutika hidup berati menafsirkan, menerjemahkan makna dari kehidupan kita di dunia. Garis lurus melambangkan bahwa hidup ini terus berjalan, kita tidak akan bisa mengulangi lagi waktu yang sekarang. Makna dari lingkaran merupakan bahwa hidup ini terus berulang, senin ketemu senin berikutnya, bulan januari ketemu bulan januari berikutnya, begitu seterusnya. Dan dalam filsafat sendiri, sebenar-benar dari penjelasan (teori) adalah aktivitas (praktik).

    ReplyDelete
  27. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Teori Hermenetika adalah teori hidup yang menggambarkan bahwa hidup itu terdiri dari lingkaran dan garis lurus yang kemudian membentuk siklus hermenetika seperti pegas. Kemarin kita terbangun dari tidur di pagi hari, hari ini pu demikian. Kita akan mengalami pagi setiap harinya (jika Ia ijinkan) tapi pagi yang kita alami tidak pernah sama.

    ReplyDelete
  28. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Objek filsafat adalah segala hal yang ada dan yang mungkin ada. Hal yang ada dan yang mungkin ada di dalam kehidupan dalam konteks ruang dan waktu. Kehidupan dibentuk dari struktur atau hermenitika yang tidak hanya satu, namun pada sesuatu yang kompleks atau plural. Konsep kehidupan dibentuk oleh komponen material, formal, normatif, dan spiritual. Maka hidup berjalan dengan aturan-aturan terkait, filsafat menjadikan segala yang ada dan mungkin ada di dalam kehidupan menjadi bermakna dibawah peraturan absolut dari Tuhan.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hermenetika bilamana digambarkan akan berbentuk seperti garis spiral. Spiral mempunya arti bergerak maju secara terus menerus, pergerakan tersebut melingkar tetapi tidak pernah menempati titik yang sama. Misalnya kita hidup tidak akan pernah menempati waktu yang sama, namun waktu yang kita lewati berulang, seperti kamis kembali ke kamis, dan seterusnya, hanya saja kamis yang satu berbeda dengan kamis yang satunya. Dalam ranah belajar, hermenetika selalu diawali dengan praktik dan intuisi, kemudian saat mencapai puncak pemahaman suatu konsep, maka kita akan menyentuh yang dinamakan teori. Namun saat bertemu dengan hal baru, maka kita memulainya kembali dari praktek dan intuisi. Dan proses ini terus menerus berlangsung sepanjang manusia hidup.

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum wr.wb'
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Pada dasarnya hidup itu siklik dan linier. Siklik itu artinya kita menjalani hidup dimulai dari pagi hari sampai bertemu pagi hari lagi terus berputar seperti itu. Namun, kita tidak dapat mengulang waktu yang sama untuk kejadian yang sama itulah namanya linier. Layaknya bumi mengelilingi matahari berputar secara siklik pada porosnya tetapi berjalan secara linier menemui ruang dan waktu yang berbeda.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  31. Imroatus Syarifah
    19709251057
    Pendidikan Matematika D

    Di kehidupan ini, beberapa orang pasti memiliki idealita masing-masing untuk menjalani hidupnya. Namun bukan hal mustahil, idealita kita akan sangat berbeda dengan realita yang terjadi. Seperti pada postingan ini, terdapat garis lurus, spiral konstan, spiral mengembang, dan spiral mengerucut. Garis lurus menggambarkan idealita seseorang. Spiral menggambarkan realita kehidupannya. Spiral konstan yaitu menggambarkan rutinitas sehari-hari yang menjadi siklus. Seperti pagi akan menjadi malam dan menjadi pagi lagi, namun walaupun bersiklus, waktu tidak akan pernah bisa kembali dan terus maju. Untuk spiral mengembang berarti pengetahuan yang bertambah setiap waktunya, namun untuk spiral mengerucut menggambarkan manusia yang telah memilih untuk fokus pada suatu hal sehingga hal-hal lain akan diabaikan.

    ReplyDelete