Apr 5, 2013

Hermeneutika Hidup_oleh Marsigit



70 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari gambar tersebut tentang hermeneutika hidup oleh pak prof marsigit menggmabarkan bagaimana penafsiran-penafsiran tentang suatu objek objek yang ada di dunia ini. Kita tahu bahwa Hermeneutika adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan dari segala yang ada dan yang mungkin ada dari awal dunia sampai akhir dunia. Diman dalam menterjemahkan itu ada berbagai macam caranya. Dengan adanya ilmu hermeneutika ini sebagai penterjemah dari suatu hal.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermeneutika hidup yang digambarkan dalam gambar di samping ini terdiri dari dua aspek, yaitu teori dan praktik. Pada gambar dapat dilihat bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Maksudnya adalah manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik. Anak umur 1 tahun tidak mungkin diajarkan berjalan dengan menjelaskan tentang teori berjalan. Mereka belajar praktik, dengan bantuan intuisi, bukan teori. Secara bertahap, sesuai dengan perkembangan usia dan cara berpikir manusia, mereka akan mulai menyentuh ranah teori. Semua itu berputar membentuk spiral yang tak pernah putus. Maksudnya, kita memulai belajar dengan praktik dan intuisi, lalu saat mencapai puncak pemahaman, kita menyentuh ranah teori. Namun saat bertemu dengan hal baru, maka kita memulainya kembali dari ranah praktek dan intuisi. Begitu seterusnya hingga akhir hidup manusia.

    ReplyDelete
  3. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Keadaan subjek dengan sifat tanpa sifat itu adalah keadaan di mana subjek dan objek komunikasi juga meluruh ke dalam keadaan di mana subjek dan objek matematika yang tidak dapat dibedakan lagi. Artinya, tiada subjek dan objek komunikasi matematika pada tataran metafisik dari komunikasi spiritual dapat diidentifikasi dengan menggunakan hubungan korelasional potensi dan vitalitas subjek dan objek. Hubungan korelasional ke dalam kemudian mentransformasikan semua potensi dan vitalitas matematika ke dalam subjek absolut. Subjek absolut merupakan subjek dengan dimensi tertinggi yang mengatasi segala subjek dan objek komunikasi sekaligus juga mengatasi semua jenis komunikasi yang ada dan yang mungkin ada. Gambar di atas., mengilustrasikan bagaimana kita bisa melakukan komunikasi spiritual matematika.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah tahu tentang peribahasa yang mengatakan bahwa hidup itu seperti roda, terkadang kita mendapatkan kehidupan kita di atas kadang-kadang pada fase rendah. Tapi berbeda dengan teorema hermeunitics, tentang bagaimana kita menerjemahkan dan diterjemahkan. Dan cara terbaik untuk belajar adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Kita harus melakukan komunikasi dalam kehidupan kita untuk mendapatkan pengetahuan sedemikian rupa agar bisa meningkatkan keterampilan kita. Jadi, konsep hermeunitis ini bisa diimplementasikan ke proses belajar bahasa inggris matematika. Dalam belajar matematika bahasa inggris kita harus bersikap sopan terhadap bahasa inggris dan kemudian melakukan komunikasi dengan segala hal yang terdiri dari bahasa inggris.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Gambar ini menggambarkan tentang hemeneurtika hidup. Garis linier menggambarkan bahwa hidup ini berjalan terus tidak bisa kembali kepada waktu sebelumnya. Sedangkan lingkaran menggambarkan bahwa hidup ini bersifat siklik. Kita mengalami keadaan yang berputar dalam hidup ini, seperti, pagi ketemu pagi, siang ketemu siang, sore ketemu sore dan lain-lain.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam hidup mungkin terdapat siklus berulang yang dilakukan oleh manusia. hermeneutika hidup dari gambar yang ada di atas menempatkan praktik di bawah dan selanjutnya teori diatas. Dengan bertambahnya usia dan kemampuan untuk dapat memaknai maka kita senantiasa dapat belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan lewat teori yang ada. Untuk itu, alangkah bermanfaatnya hidup manusia jika semakin hari semakin menggali pengetahuan dan memberikan manfaatnya pada orang banyak.

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hermeneutika adalah persoalan menerjemahkan dan diterjemahkan. Menerjemahkan dan diterjemahkan oleh apa saja di dunia ini, oleh yang ada dan mungkin ada. Hidup ini menerjemahkan antara sadar dan tidak sadar. Jika belum menjalankan sesuatu itu artinya belum hidup. Hidup jaman sekarang adalah linier maksudnya bisa maju tidak bisa kembali. Manusia harus bersyukur bila paling tidak bisa berhenti untuk mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada manusia.

    ReplyDelete
  8. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari gambar yang diberikan saya merefleksi bahwa dalam hidup itu terdapat teori dan praktek. Hal-hal yang terkait dengan teori akan selalu berjalan vertikal, sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan praktek akan berjalan secara melingkar. Teori dan praktek dapat berjalan beriringan dengan berbentuk spiral, ia maju tapi ia juga berputar.

    ReplyDelete
  9. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari bagan hermenetika di atas mengklasifikasikan bahwa kehidupan terdiri dari praktik dan teori yang digambarkan dalam bentuk lingkaran dan garis lurus. Kedua bentuk tersebut memiliki arti bahwa kehidupan ibarat lingkaran yang terus berputar terkadang berada di atas maupun di bawah dan garis lurus yang memiliki makna bahwa kehidupan tidak dapat kembali dan akan terus maju.

    ReplyDelete
  10. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Melihat bagan tersebut dapat kita terapkan dalam pembelajaran, di mana hakikat belajar antara guru dengan siswa adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Dengan kata lain, dalam proses pembelajaran perlu dibangun komunikasi yang baik sehingga siswa dan guru saling bersinergi.

    ReplyDelete
  11. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain itu bagan tersebut juga menjeaskan bahwa dalam melakukan suatu pekerjaan hendaknya diawali dengan niat. Begitu juga dalam proses pembelajaran, guru hendaknya berniat dengan memposisikan kegiatan mengajar, mendidik, membimbing tersebut menjadi suatu nilai ibadah. Sehingga, jika dilandasi dengan nilai ibadah maka dapat mempermudah proses pembelajaran dan diharapkan dapat memberikan manfaat, sebab dalam prosesnya tidak ada sesuatu hal yang mengganjal, dengan kata lain kita harus ikhlas.

    ReplyDelete
  12. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sesungguhnya istilah hermeneutika ini bukanlah sebuah kata baku, baik dalam filsafat maupun penelitian sastra; dan bahkan dalam bidang teologi penggunaan term ini sering muncul dalam makna yang sempit yang berbeda dengan penggunaan secara luas dalam “Hermeneutika Baru” teologis kontemporer. Hermeneutika selalu berpusat pada fungsi penafsiran teks. Meski terjadi perubahan dan modifikasi radikal terhadap teori-teori hermeneutika, tetap saja berintikan seni memahami teks. Pada kenyataannya, hermeneutika pra-Heidegger (sebelum abad 20) tidak membentuk suatu tantangan pemikiran yang berarti bagi pemikiran agama, sekalipun telah terjadi evaluasi radikal dalam aliran-aliran filsafat hermeneutika. Sementara itu, hermeneutika filosofis dan turunannya dalam teori-teori kritik sastra dan semantik telah merintis jalan bagi tantangan serius yang membentur metode klasik dan pengetahuan agama.

    ReplyDelete
  13. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Persoalan utama hermeneutika terletak pada pencarian makna teks, apakah makna obyektif atau makna subyektif. Perbedaan penekanan pencarian makna pada ketiga unsur hermeneutika: penggagas, teks dan pembaca, menjadi titik beda masing-masing hermeneutika. Titik beda itu dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori hermeneutika: hermeneutika teoritis, hermeneutika filosofis, dan hermeneutika kritis. Pertama, hermeneutika teoritis. Bentuk hermeneutika seperti ini menitikberatkan kajiannya pada problem "pemahaman", yakni bagaimana memahami dengan benar. Sedang makna yang menjadi tujuan pencarian dalam hermeneutika ini adalah makna yang dikehendaki penggagas teks. Kedua, hermeneutika filosofis. Problem utama hermeneutika ini bukanlah bagaimana memahami teks dengan benar dan obyektif sebagaimana hermeneutika teoritis. Problem utamannya adalah bagaimana "tindakan memahami" itu sendiri. Ketiga, hermeneutika kritis. Hermeneutika ini bertujuan untuk mengungkap kepentingan di balik teks. hermeneutika kritis menempatkan sesuatu yang berada di luar teks sebagai problem hermeneutiknya.

    ReplyDelete
  14. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya setuju dengan teori tersebut, namun yang menjadi pertanyaan saya, benarkah bentuknya melingkar mulus seperti itu? Jika bisa dikonfirmasi bentuknya melingkar dan mulus seperti itu. Artinya kita bisa memodelkan bentuk matematika kehidupan tersebut. Jika bisa memodelkan, kita bisa meramalkan orang tersebut di masa depan menjadi seperti apa. Mungkin bentuknya tidak mulus, melingkar, dan membesar seperti itu. Karena itu terlalu sederhana. Sehingga ada kasus tertentu yang tidak cocok dengan model tersebut. Namun saya juga tidak dapat memikirkan bagaimana model yang dapat memodelkan semua jenis kehidupan.

    ReplyDelete
  15. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Hidup itu terkadang berada pada tingkatan bawah dan terkadang pada tingkatan atas. Hidup adalah siklus yang akan berhenti bila hari akhir tiba. Dalam hidup tentu saling berkomunikasi dengan menjalin silaturahmi. Sebaik-baiknya hidup adalah ia yang menjadi hermeneutika hidup.

    ReplyDelete
  16. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah mencermati gambar di atas, yang dapat saya pahami adalah bahwa hidup manusia itu dapat dianalogikan sebagai lingkaran dan garis lurus. Seperti lingkaran yaitu ketika manusia bangun di pagi hari kemudian hari berikutnya bertemu pagi lagi dan begitu terus sampai ia meninggal. Sedangkan hidup manusia seperti garis lurus ketika manusia tidak akan bertemu pagi yang sama dalam hidupnya. Apabila lingkaran ditarik garis lurus maka akan membentuk spiral.

    ReplyDelete
  17. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Dalam hermeneutika hidup terdapat dua pokok, yaitu teori dan praktik. Teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus. Jika lingkaran dan garis lurus ini digabungkan akan menjadi spiral. Jika spiral ini dianalogikan dalam jalan hidup kita, maka itu memang benar adanya. Hidup kita ini tidak selalu di bawah dan juga tidak selalu di atas, ada kalanya kita berada di atas dan ada kalanya kita berada dibawah. Itulah roda kehidupan menurut teori hermeneutka hidup.

    ReplyDelete
  18. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Untuk memahami berarti untuk melihatnya secara lebih jelas. untuk memahami berarti untuk menggabungkan pengertian yang bersifat partikular dalam konteks yang lebih luas. untuk memahami sesuatu berarti untuk menggenggamnya dengan kekuatan akal budi. inilah arti dasar dari hermeneutika sebagai proses untuk memahami sesuatu, atau memahami teks.
    Konsep pengertian atau pemahaman juga bisa diterapkan untuk memahami realitas sosial dalam kehidupan. Di dalam proses memahami realitas sosial, setiap bentuk tidakan dan ekspresi seseorang selalu mencerminkan apa yang dihayatinya dalam kehidupan. Inilah yang disebt pengalaman hidup.

    ReplyDelete
  19. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Hermenetika hidup terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa hidup akan terus berjalan, kita tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan melingkar artinya kita dapat mengulanginya, hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Dan di dalam hidup ini terdiri dari teori dan praktik. Menurut saya adalah teori adalah ilmu, bagaimana kita mempraktikkan ilmu yang kita miliki agar bisa bermanfaat bagi sesama.

    ReplyDelete
  20. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya mengambil sebuah definisi hermeneutika dari Schleiermacher, menurut beliau hermeneutika adalah suatu rekonstruksi yang bertolak dari ekspresi yang telah diungkapkan dan mengarah kembali ke suasana kejiwaan di mana ekspresi tersebut diungkapkan. Dalam masalah ini terdapat dua hal pokok yang saling berhubungan dan berinteraksi, yaitu momen tata bahasa dan momen kejiwaan. Sedangkan prinsip yang menjadi tumpuan rekonstruksi bidang tata bahasa dan bidang kejiwaan diistilahkan dengan lingkaran hermeneutika. Hermeneutika secara sederhana dapat diartikan sebagai pemahaman. Maka dari itu pemahaman sangat erat kaitannya dengan kemapuan berbahasa. Bahasa verbal yang terstruktur bisa dilatih dengan cara banyak membaca dan menulis, seseorang yang sering melakukan kegiatan menulis biasanya struktur kata-kata atau bahasa yang disampaikan lebih bermakna dan sederhana sehingga lebih mudah dipahami. Proses rekontruksipun akan lebih mudah terbentuk dan tertanam dalam pemikiran responden jika bahasa yang di sampaikan tersusun secara sistematis dan logis.

    ReplyDelete
  21. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Mencermati skema hermenitka hidup pada postingan ini dan mencoba mengingat kembali perkuliahan Prof Marsigit beberapa waktu lalu, dalam kehidupan kita tidak akan lepas dari yang disebut hermenetika, yaitu sebuah proses saling terjemah -menerjemahkan. Proses ini dapat terjadi baik antara manusia dengan manusia maupun manusia dengan lingkungan sekitarnya. Ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain atau benda disekitarnya maka ia tengah melakukan proses saling menenrjemahkan dan diterjemahkan sehingga akan mengkonstruksi suatu pemahaman.

    ReplyDelete
  22. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Yang kami pahami dari elegi ini adalah mengenai hermeuneutika hidup. Pemahaman kami hermeuneutika adalah metodologi penafsiran berkaitan dengan masalah yang timbul saat berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan produk-produk yang dihasilkan oleh tindakan manusia tesebut, dan biasanya berupa teks walaupun tidak selalu terkadang bisa juga seni atau yang lainnya. Karena disini adalah hermeneutika hidup, maka disini kita mencoba memahami “hidup” dengan cara hermeneutik, kehidupan pada dasarnya terikat oleh ruang dan waktu, waktu berjalan maju dan tak pernah kembali, akan tetapi waktu terasa bisa kembali seperti hari ini matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat, dan besok ternyata matahari terbit lagi dari timur dan tenggelam di barat akan tetapi paginya hari ini tidak lah sama dengan pagi kemarin dan jelas tidak akan sama dengan pagi esok hari, dst.. Sehingga pergerakannya digambarkan seperti spiral. Dalam hal ini hermeunetika hidup artinya kita menternjemahkan, merenungkan dan merefleksikan kehidupan yang kita jalani sehingga kita bisa memperbaiki diri di siklus hari berikutnya.

    ReplyDelete
  23. Muh Wildanul Firdaus
    17709251012
    Pendidikan matematika S2

    Dalam kehidupan di dunia ini ada yang selalu bergerak ke depan, selalu berganti-ganti di setiap waktunya. Ada pula yang bergerak seperti siklus dan mengalami pengulangan di setiap waktunya.
    Dalam hermeneutika kehidupan manusia mengalami siklus pergerakan yang lurus dan berulang-ulang yang digambarkan spiral. Pergerakan yang lurus merupakan dimensi waktu, dan yang berulang-ulang merupakan dimensi ruang. Manusia bisa mengulangi dimensi ruangnya, namun waktu tidak dapat diulang kembali.

    ReplyDelete
  24. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Di dalam gambar tersebut terdapat garis lurus, lingkaran, dan garis yang membentuk spiral. Jika kita refleksikan, garis lurus tersebut memiliki melambangkan bahwa hidup ini terus berjalan maju, kita tidak akan pernah bisa lagi kembali pada waktu yang telah lampau. Sedangkan garis yang melingkar melambangkan kehidupan kita yang terus berputar, seperti pagi bertemu pagi, senin bertemu senin dan sebagainya. Lingkaran tersebut menjadi spiral karena senin yang satu tidak akan pernah ketemu senin yang lain. Inilah yang disebut sebagai spiral kehidupan. Spiral kehidupan tersebut merupakan lintasan bumi mengelilingi matahari. Hal tersebut yang menjadi teladan hidup dari Tuhan, yaitu manusia hidup berhermenetika. Di samping itu, terdapat teori dan praktik. Teori berada di atas sementara praktik berada di bahwah. Hal ini menunjukkan bahwa dalam hidup, manusia tidak beraktivitas berdasarkan teori, tetapi didahului oleh praktik yang berdasarkan intuisi. Kemudian seiring bertambahnya pengalaman dan waktu, praktik tersebut dapat sampai pada teorinya. Lalu manusia menemui hal baru lagi sehingga proses tersebut berlangsung terus menerus berhermenetika membentuk spiral.

    ReplyDelete
  25. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Bismillahirrahmanirrahim, saya mencoba membaca gambar di atas, mohon maaf pak jika pemahaman saya banyak ketidak tepatan. Sebenar-benar hidup adalah hermeneutika. Hermeneutika tidak lain dan tidak bukan adalah terjemah dan menterjemahkan. Hermeneutika dalam hidup terdapat dua unsur yaitu teori dan praktek. Teori berada diatas praktek. Artinya dalam proses belajar, selalu diawali dengan praktek bukan diawali dari teori. Seperti halnya anak-anak, mereka belum bisa memahami teori, mereka cenderung meniru (praktek) dari orang yang ada disekitarnya, yang mereka gunakan bukan teori tetapi intuisi. Setelah mereka sudah memahami praktek, barulah mereka mengenal teorinya. Hal itu terus berputar seperti spiral. Jadi, kita selalu memulai belajar dengan praktek dan intusi, setelah itu barulah kita paham teorinya. Ketika menjumpai hal baru, manusia mengawalinya dengan praktek kembali, begitupun seterusnya.

    ReplyDelete
  26. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, dari gambar di atas yang dapat saya pahami terdiri dari dua aspek, yaitu teori dan praktik. Digambarkan bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Dari gambar ini kita bisa memaknai bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik.

    ReplyDelete
  27. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam skema Hermeneutika di atas saya melihat bahwa perjalanan manusia untuk menemukan makna dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui teori dan praktik pengalaman. Proses menemukan makna melalui teori dapt dilakukan melalui buku bacaan, informasi yang diperoleh dari bacaan tersebut yang kemudian menyimpan tanda-tanda atau makna terhadap objek tertentu. Sedangkan praktik dapat dilakukan dengan pengalaman, setiap manusia memiliki pengalaman yang berbeda dalam memandang dunia, hal inilah yang kemudian memberi warna dari pemaknaan suatu objek.

    ReplyDelete
  28. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 P.Matematika C

    Hermenitika meliputi 4 aspek, yaitu material, formal, normatif, dan spiritual. Hermenitika bisa juga diartikan sebagai suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala sesuatu. Proses menterjemahkan antar aspek ini perlu karena akan berimplikasi pada keseimbangan hidup.

    ReplyDelete
  29. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Sejujurnya saya memiliki kelemahan dalam menebak makna di balik sketsa atau gambar.Namun saya akan tetap mencoba walau penuh dengan kehati-hatian.Dari gambar di atas memberikan penjelasan bahwa hermeneutika hidup merupakan adanya kesenjangan antara teori dengan praktik.Di antara pertengahan teori dan praktik terdapat sebuah siklus dan dekonstruksi kehidupan.Mengerucut lagi meliputi berbagai macam interpretasi-interpretasi di dalamnya mulai dari interpretasi awal hingga akhir.Interpretasi tersebut di dapatkan dari suatu objek kemudian dituangkan dalam akal pikiran baik secara simultan maupun berurut.

    ReplyDelete
  30. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Hidup ini adalah proses menerjemahkan Dan diterjemahkan. Setiap peristiwa dalam Hidup Ada hubungannya, seperti sebuah siklus spiral. Kita harus senantiasa melihat apa yang Ada di balik peristiwa, Dan memaknai hidup ini secara utuh.

    ReplyDelete
  31. Junianto
    17709251065
    PM C

    Hermenetika Hidup adalah berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya, diperlukan konsep kuno yang bernama “kata batin”. Hermenetika juga merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hidup itu meliputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Hermenetika juga merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Hal ini menunjukkan harus ada sikap saling memahami/ menerjemahkan antar sesama manusia. Jika manusia bisa saling menerjemahkan, memahami, menghargai dan menghormati, niscaya kehidupan akan tentram dna damai.

    ReplyDelete
  32. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Hermeneutika adalah proses mengubah sesuatu atau situasi yang tidak bisa dimengerti menjadi bisa dimengerti. Begitu juga dalam hidup, kita sering berjumpa dengan fenomena yang kita tidak paham maksud dari fenomena tersebut. Dengan hermeneutika kita bisa terbantu dalam memahami fenomena tersebut. Namun tidak semua fenomena dalam kehidupan bisa diungkap manusia karena kemampuan manusia ada batasnya.

    ReplyDelete
  33. Hermeneutika adalah tentang meerjemahkan dan diterjemahkan. Hermeneutika terdiri dari dua hal yaitu teori dan praktik. Teori letaknya di atas, sementara praktik letaknya di atas. Hermeneutika merupakan gambaran dari kehidupan manusia, yang terdiri dari empat aspek yaitu, spiritual, material, normatif, dan formal. Di dalam yang Prof Marsigit posting di atas ada tiga gambar yaitu garis lurus, spiral, dan lingkaran. garis lurus menyimbolkan kalau hidup itu selalu maju ke depan dan tidak akan pernah mundur. Gambar spiral melambangkan jika hidup itu terus berputar-putar, pagi bertemu dengan pagi, senin bertemu dengan senin berikutnya, dan sebagainya. Lingkaran melambangkan bahwa senin yang satu dan senin yang lain tersebut berbeda.


    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  34. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Tepatnya sejak awal bulan September lalu, saya mulai berkenalan dan menjajaki apa makna hermeneutika. Setelahnya, ialah menjadi tugas berat, yaitu harus sebisa mungkin menerapkan prinsip hermeneutika dalam kehidupan. Hermeneutika adalah terjemah dan terjemahkan. Sesunggugnya kehidupan ini ialah hermeneutika, terjemah dan terjemahkan. Saya selalu mengingat pesan Prof. Marsigit tentang hermeneutika, salah satunya ialah “Jika kita mampu menterjemahkan, maka kita harus ikhlas diterjemahkan”.
    Pada gambar di atas, dapat kita lihat dua unsur, yaitu unsur datar dan melingkar. Maka hermeneutika ketika diabstraksikan, akan kita dapatkan dapatkan dua unsur, yaitu unsur datar (lurus) dan melingkar. Awalnya saya bertanya-tanya kenapa datar dan kenapa melingkar? Pada perkuliahan saat itu, dijelaskan bahwa kedua unsure tersebut memiliki jawaban sederrhana lewat penggambaran berikut ini”
    “ ‘melingkar’ karena kita bisa bertemu dengan “label” hari yang sama dengan hari ini pada minggu berikutnya. ‘Datar’ atau ‘lurus’ karena sebenar-benarnya kita tiadalah bisa mengulang waktu yang sama”


    “Melingkar” dan “datar”. Selepasnya, adalah “spiral”. SPIRAL. Lingkaran atau bidang melengkung itu jika kita tarik maka jadilah suatu SPIRAL. Spiral berarti peduli akan ruang dan waktu. Ini yang membawa kita pada keadaan untuk senantiasa melihat apa yang ada dan yang mungkin ada. Juga membawa kita pada keberadaan wadah dan isi. Tiadalah yang tidak bisa dicari pasangannya, bukan? Hermenutika juga membawa kita pada keberadaan tesis dan anti tesis.

    ReplyDelete
  35. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Hermeneutika merupakan bagaimana seseorang memiliki pandangan hidup. Kehidupan adalah proses kontinu yang dialami seseorang. Dalam hidup seseorang akan menghadapi berbagai persoalan. Maka berhermeneutikalah dengan hidup, terjemah, menterjemahkan dan jalani. Setiap persoalan yang dijumpai maka direfleksikan terus-menerus. Dengan demikian sebagai manusia yang selalu berusaha mengoreksi diri dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan, akan menempatkan kita sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  36. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Hermenetika hidup terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa hidup akan terus berjalan, dan tak akan pernah kembali seperti sebelumnya. Sedangkan melingkar artinya kita dapat mengulanginya, hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Dan di dalam hidup ini terdiri dari teori dan praktik. Sia sia kita hanya berteori namun tidak mengeplikasikannya. Namun jika berbuat tanpa teori itu juga fatal akbibatnya. Maka dari itu kita perlu keseimbangan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  37. Terimakasih atas postingan ilmunya tentang hermenetika hidup, sesungguhnya hidup manusia itu seharusnya haruslah secara teori lurus seperti garis lurus, dan secara praktikal melingkar seperti lingkara, yang berarti bahwa hidup itu harus terus berlanjut menjadi yang lebih baik menuju tujuan hidup dan harus selalu sama atau tetap tujuannya setiap melangkahkan perjalanan.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  38. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Teori Hermenetika adalah teori hidup yang menggambarkan bahwa hidup itu terdiri dari lingkaran dan garis lurus yang kemudian membentuk siklus hermenetika seperti pegas. Kemarin kita terbangun dari tidur di pagi hari, hari ini pu demikian. Kita akan mengalami pagi setiap harinya (jika Ia ijinkan) tapi pagi yang kita alami tidak pernah sama.

    ReplyDelete
  39. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada dasarnuya kita hidup itu harus berlandaskan pada logika dan kenyataan. Karena jika kita hanya mengandalkan logika saja. Ini akan membuat kita tidak mengerti kenyataan yang sbeneranya terjadi. Kehidupan kita akan selaras jika seimbang antara logika dan kenyataan. Keseimbangan antara logika dan kenyataan inilah yang nantinya akan mempengaruhi proses menerjemahkan dan diterjemahkan pada saat berinteraksi dengan manusia lain.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  40. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Hermeneutika diartikan sebagai ilmu penafsiran. Segala sesuatu dalam kehidupan ini bersifat saling memaknai. Kehidupan ini seperti hal yang tidak dapat diulang dan berjalan terus. Kita mengalami pagi setiap harinya. Tapi pagi itu pasti memiliki cuaca yang berbeda, suhu udara yang berbeda, dan suasana yang akan berbeda. Disinilah saya memaknai hermeunitika kehidupan. Melalui hal ini saya sadar betapa berharganya waktu kita, karena tidak akan pernah terulang lagi. Kehidupan kita harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  41. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dari gambar yang disajikan dapat disimpulkan kurang lebihnya bahwa orang hidup di bumi ini ada yang tetap, ada yang berubah, ada praktis, ada deskontuksi, ada garis lurus, ada spiral. Dengan Hermenetika hidup keanekaragaman tersebut bisa menjadi indah. karena Hermeunitika berarti menerjemahkan dan diterjemahkan atau silaturahmi. Jadi kalau seluruh isi di bumi ini bisa saling silaturahmi keadaan manusia akan menjadi baik dan berbudi luhur.

    ReplyDelete
  42. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Teori hermenetika hidup di atas digambarkan dalam bentuk spiral yaitu kehidupan ini saling menerjemahkan, saling berkaitan satu sama lain. Sebagi contoh: saya memakai baju, maka saya menerjemahkan baju dan baju juga menerjemahkan saya sehingga dapat dipakai dengan pas dan cocok. DAn masih banyak contoh lain dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  43. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dalam perkuliahan filsafat ilmu Pak Marsigit pernah menyampaikan kehidupan ini terdiri dari dua jenis yaitu linear dan melingkar. Maksudnya linear adalah kehidupan di dunia ini akan terus berjalan menuju ke depan. Kita tidak akan pernah kembali ke masa lalu, namun kita akan menuju ke masa depan. Sedangkan maksudnya melingkar, adalah kita berada dalam lingkaran kehidupan yang semuanya akan saling berkaitan. Hubungan antara linear dan lingkaran tersebut disebut dengan kehidupan Hermeneutika. Sehingga sebagai manusia kehidupan yang kita jalani kadang ada yang bahagia, sedih, atau pun kecewa merupakan hal yang biasa saja karena kehidupan ini memang tetap harus berjalan ke depan. Selain utu sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain maka manusia sebaiknya pada jaman sekarang lebih memperbanyak interaksi sosial agar dia mengetahui bahwa dia masih menjadi salah seornag yang wajib bersyukur.

    ReplyDelete
  44. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Struktur dunia itu banyak macamnya. Salah satunya kita dapat memandang dunia dari sudut pandang geometri maka di dunia ini hanya ada linier dan siklik atau hanya ada maju dan melingkar. Segala hal yang kita lakukan di dunia ini selalu maju untuk melingkar, dan melingkar untuk maju. Dalam menjalani kehidupan kita akan mengejar sebuah tujuan yang jalannya ada yang maju dan melingkar, namun muaranya sama yaitu menggapai sebuah tujuan. Terimakasih

    ReplyDelete
  45. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Hermenika merupakan proses dalam kehidupan manusia yaitu menterjemahkan dan diterjemahkan. Melalui proses hermenetika, kita dapat berinteraksi dan saling memahami di tengah perbedaan. Hermenetika kehidupan kita berbentuk garis lurus dan lingkaran. Dan sebenar-benar hidup manusia adalah gabungan keduanya, yiatu gabungan garis lurus dan lingkaran sehingga menjadikan spiral. Hal ini mengindikasikan bahwa pengalaman hidup manusia selalu berulang-ulang namun waktunya akan selalu maju dan tidak pernah kembali. Maka tiadalah manusia dapat mengulang sesuatu pada waktu dan ruang yang sama.

    ReplyDelete
  46. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hermeneutik berasal dari bahasa Yunani "hermeneuein"yang bermakna menakwilkan (menafsirkan) dan dalam bentuk nomina "hermeneid" bermaka takwil (tafsir).Hermeneutik dapat dikatakan sebagai seni menterjemahkan. Apa yang diperlukan dalam suatu ilmu termasuk dalam filsafat adalah terjemah dan menterjemahkan. Hermeneutika dapat digolongkan menjadi hermeneutika tradisional dan hermeneutika modern. Hermeneutika tradisional berhubungan dengan penterjemahan teks dalam bidang sastra, hukum atau agama. Hemeneutika modern meliputi segala sesuatu dalam proses penafsiran. Hanya saja, dalam meterjemahkan, setiap orang akan mempunyai interpretasi yang berbeda.

    ReplyDelete
  47. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Hermeneutika ialah memikirkan apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang dipikirkan. Artinya baik pikiran maupun pengalaman sangat penting dalam menentukan kehidupan kita. Seseorang dalam hidupnya membutuhkan teori dan praktik yang dilakukan secara berkesinambungan dan berulang terus menerus. Apabila kita hanya pandai dalam teorinya saja tetapi tidak ada tindakan atau prakktik sama sekali, maka sama saja kita tida berkontribusi dalam kehidupan kita maupun orang lain dan lingkungan sekitar. Sebaliknya, apabila kita hanya melaukan praktik tanpa dilandasi pemahaman akan ilmu atau teori, maka apa yang kita kerjakan pastu kurang tepat dan justru akan tidak sesuai dengan tujuannya. Maka dari itu marilah kita mencari ilmu sebanyak-banyaknya lalu diamalkan atau diajarkan kepada orang lain agar hidup kita dapat lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  48. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Teori hermenetika hidup sering ssaya dengar sejak mengikuti perkuliahan Prof Marsigit. Hermenutika dipandang sebagai sebuah interaksi hidup antara manusia dan lingkungannya. Dari gambar tersebut, terlihat jelas bahwa hermentika bersifat linear dan spiral, linear artinya hidup akan terus maju, tidak bisa dibalik mundur. Sifat Spiral artinya hidup berarti selalu berulang, jika besok ada jam 8, maka sekarang juga ada jam 8, tetapi berbeda antara jam 8 sekarang dengan jam 8 besok (linear).

    ReplyDelete
  49. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Jika ditarik dalam konteks pembelajaran, maka hermentika ini sangat penting dalam membangun hbungan antara guru dan siswa. Hubungan saling terjemah dan mnterjemahkan guru dan siswa akan memberikan efek kepada keberhasilan proses pembelajaran. Keberhasilan terjadi karena guru dan siswa saling memahami dan saling menghargai sehingga tercipta hermentika kelas yang harmonis

    ReplyDelete

  50. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Hermeneutika hidup artinya bersilaturahmi, yaitu memandang hidup dengan cara diterjemahkan dan menerjemahkan. Dalam proses kehidupan sesuai yang ditampilkan pada gambar di atas, memiliki garis yang lurus, artinya waktu kita terus berjalan ke depan dan tidak dapat diulangi, namun juga terdapat garis spiral, artinya meskipun waktu berjalan ke depan namun akan ada kejadian-kejadian atau fenomena-fenomena yang terulang-ulang seperti tejadinya sian malan, atau terulangnya hari setiap minggu. Dengan mengetahui teori hidup dan mempraktikan secara bijaksana, InsyaAllah kita dapat memandang dunia bak kupu-kupu yang sedang terbang dengan bijaksana.

    ReplyDelete
  51. Latifah Fitriasari
    PM C

    Istilah hermeneutik, dalam sejarah penggunaannya, muncul dalam bentuk sebuah cabang dari pengetahuan dan menunjuk pada volume pemikiran. Manusia dalam menjalankan hidupnya harus senantiasa berlatih, menyadari, dan mengembangkan diri. Semua yang pekerjaan yang dijalankan juga hendaknya memiliki nilai ibadah, karena setinggi-tingginya pekerjaan adalah pekerjaan yang bernilai ibadah. Hermeneutika berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya. Untuk menerapkan prinsip-prinsip Hermeneutik dengan baik, maka diperlukan kerja keras dan fasilitas alat-alat bantu yang memadai.

    ReplyDelete
  52. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Selama kita masih di dunia dan masih berbicara tentang urusan-urusan duniamaka kita mendapatkan struktur yang bersifat plural.
    493) Awalnya saya merasa kurang mengerti dengan gambar diatas, kemudian saya ingat Prof pernah menjelaskan bahwa dalam hidup ini hidup akan terus berjalan/ bersifat kontinu dan akan selalu ada interaksi didalamnya. Mungkin itulah mengapa hidup memiliki dua unsur dasar yaitu panah/lurus dan siklik/melingkar.

    ReplyDelete
  53. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam kehidupan di dunia ini ada yang selalu bergerak ke depan, selalu berganti-ganti di setiap waktunya. Ada pula yang bergerak seperti siklus dan mengalami pengulangan di setiap waktunya.
    Dalam hermeneutika kehidupan manusia mengalami siklus pergerakan yang lurus dan berulang-ulang yang digambarkan spiral. Pergerakan yang lurus merupakan dimensi waktu, dan yang berulang-ulang merupakan dimensi ruang. Manusia bisa mengulangi dimensi ruangnya, namun waktu tidak dapat diulang kembali.

    ReplyDelete
  54. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Hermeneutika hidup itu terdiri dari linear dan siklik. Linear artinya semua berjalan terus, semua berkelanjutan. Contohnya senin ketemu selasa lalu rabu, kamis, dan seterusnya. Siklik artinya hidup itu berputar. Contohnya senin akan kembali ke senin. Maka hidup itu adalah hermeneutika, gabungan dari yang linear dan yang siklik. Hidup kita terus berjalan tahun demi tahun, bulan demi bulan, minggu demi minggu. Dari kita dilahirkan, kemudian masuk TK, SD, SMP, SMA, kuliah, kerja san seterusnya. Tetapi disamping hidup kita berjalan linear, hidup kit juga berputar, dimana jika bulan ini bulan desember tahun depan kita akan bertemu bulan desember lagi, kita masuk sekolah, kemudian ujian, dan seterusnya.

    ReplyDelete
  55. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Pada dasarnya, hermeneutika berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya. Dalam hermeneutika hidup terdapat dua pokok, yaitu teori dan praktik. Teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus. Jika lingkaran dan garis lurus ini digabungkan akan menjadi spiral. Jika spiral ini dianalogikan dalam jalan hidup kita, maka itu memang benar adanya.

    ReplyDelete
  56. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Sebagai tambahan komentar saya di atas.
    Hidup kita ini tidak selalu di bawah dan juga tidak selalu di atas. Ada kalanya kita berada di atas dan ada kalanya kita berada dibawah. Teori Hermeneutika mengajarkan kita untuk tidak berlaku sombong jika kita sedang berada di atas karena suatu saatkita pasti akan merasakan saat-saat di mana kita berada di bawah. Oleh karena itu, di mana pun posisi kita janganlah kita berlaku sombong karena sesungguhnya Tuhan tidak menyukai orang yang sombong

    ReplyDelete
  57. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Gambar di atas membahas terkait teori hermeneutika hidup. Hidup kita itu sejatinya seperti spiral yang terdiri dari gerak linier dan siklik, maka menghasilkan siklis yang selalu berkembang terus menerus. Disini pula terjadi pembagian dunia antara dunia atas yaitu dunia teori dan dunia praktiknya. Dan ketika ditelisik lagi ternyata kehidupan ini juga sesuai dengan perputaran bumi itu sendiri. contoh dari gambar ini yaitu bagaimana pembelajaran itu di rancang berdasarkan teori-teori maka juga diterapkan dalam praktik. Dan sejatinya hidup yaitu keseimbangan antara kedua hal tersebut. Antara dunia atas dan bawah, serta antara teori dan praktik.

    ReplyDelete
  58. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam gambar diatas sepertinya dapat diartikan sebagai gambaran hermeneutika hidup yang berarti berhubungan dengan gambaran kehidupan manusia. Kehidupan manusia diibaratkan seabgai dua buah unsur, yaitu garis dan lingkaran. Garis menunjukkan bahwa waktu yang telah terlewati tidak bisa terulang lagi dan lingkaran mengandung maskud bahwa kehidupan dibumi ini selalu berputar.

    ReplyDelete
  59. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Gambar di atas terdiri dari lingkaran dan garis lurus beserta spiral. Lingkaran menggambarkan bahwa kehidupan manusia itu terus berputar. Hari ini kita bertemu pagi maka insyaAllah besok kita akan bertemu pagi lagi, begitu seterusnya. Garis lurus menggambarkan bahwa kehidupan manusia itu lempeng artinya kehidupan manusia itu berjalan maju dan waktu tidak akan dapat terulang kembali. Sedangkan spiral menggambarkan kehidupan manusia di dunia ini. Hermeutika hidup artinya menerjemahkan dan diterjemahkan. Seseorang harus dapat menerjemahkan dan diterjemahkan.

    ReplyDelete
  60. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Hermeneutika merupakan proses berulang yang terjadi di kehidupan kita. Sedangkan kehidupan merentang dari material hingga spiritual. Jika ditarik garis maka akan membentuk garis lurus, karena hermeneutika merupakan proses yang berulang maka garis tersebut berbentuk spirl. Kehiduapn yang kita jalani akn terus berjalan, sehingga spiral tersebut dapat ditarik menjadi semacam gelombang. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  61. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari gambar yang diberikan saya merefleksi bahwa dalam hidup itu terdapat teori dan praktek. Hal-hal yang terkait dengan teori akan selalu berjalan vertikal, sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan praktek akan berjalan secara melingkar. Teori dan praktek dapat berjalan beriringan dengan berbentuk spiral, ia maju tapi ia juga berputar.

    ReplyDelete
  62. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dunia terdiri dari dua hal yaitu 2 yang linear dan yang siklik. Linear berarti kehidupan itu selalu bergerak maju misalnya tanggal pada kalender, Siklik berarti kehidupan itu selalu berputar, misalnya hari, selasa akan bertemu dengan selasa lagi tapi selasa yang sekarang akan memiliki tanggal yang berbeda dengan hari selasa yang lalu. Namun sebenar-benar hidup adalah gabungan antara keduanya yaitu yang spiral, dan kehidupan manusia itu adalah proses terjemah dan diterjemahkan karena jika tidak begitu maka manusia tidak bisa membangun kehidupan, memperoleh ilmu, beribadah dan lain-lain.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  63. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Berdasarkan gambar di atas dan mengikuti perkuliahan filsafat selama satu semester, saya mendapatkan kesimpulan bahwa sebenar-benar hidup itu adalah linier dan siklik, yang jika digabungkan menjadi spiral. linier dalam artian kita tidak bisa mengulangi yang telah berlalu, misalnya jika kita kemarin malam sudah tidur dan bermimpi berada di taman yang indah, maka berikutnya kita tidak akan bisa melalui atau mengulang kejadian yang sama persis. sedangkan siklik dalam artian, jika tapi malam kita tidur dan bermimpi, maka malam ini dan malam seterusnya juga kita bisa melalui tidur dan mimpi lagi.

    ReplyDelete
  64. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Hermeneutika berasal dari bahasa Yunani “Hermeneuo” yang berarti menafsirkan. Dalam terminologi, hermeneutika adalah aliran filsafat sebagai teori interpretasi dan penafsiran sebuah naskah melalui percobaan. Hermeneutika muncul atas desakan rasionalisasi atas teks-teks yang dianggap penuh dengan mitos atau jauh dari kenyataan.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  65. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Hermeneutika muncul atas desakan rasionalisasi atas teks-teks yang dianggap penuh dengan mitos atau jauh dari kenyataan atau bahkan bertentangan dengan akal sehat. Hermeneutika dalam kehidupan memiliki banyak manfaat, seperti dapat membuat kita untuk berpikir secara rasional sebelum memutuskan.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  66. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Herminitika hidup dapat dijabarkan dengan garis lurus dan juga lingkaran. Ia membentuk sebuah spiral. Lurus artinya ia berjalan ke depan dan tidak akan kembali. Maksudnya, kehidupan akan senantiasa berjalan ke depan, ia tidak bergerak ke masa lalu. Bagi mahasiswa yang sedang kuliah filsafat ilmu, ia tidak akan mendapatkan kuliah filsafat ilmu yang sama ruang dan waktunya. Lingkaran maksudnya adalah berulang atau membentuk siklus. Contohnya, bila kuliah filsafat ilmu adalah hari rabu jam 11, maka rabu jam 11 pekan depan kita akan kuliah filsafat lagi.

    ReplyDelete
  67. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1-Pendidikan matematika A 2015

    Seperti yang pernah dijelaskan oleh Prof Marsigit dalam perkulihan bahwa dalam kehidupa, fenomena bila diabstraksi hanya terdapat dua macam yaitu linear dan siklik. Linear karena kita tidak dapat mengulang waktu dan siklik karena kita akan bertemu hari senin yang akan datang atau dengan kata lain melakukan rutinitas yang ada. Hermenitika mengenai teori dan praktik, misalnya saja antara dosen dengan mahasiswa, gelas dengan isi, KD dengan RPP, LKS dengan kegiatan, matematika dengan rumus, ataupun cita-cita dengan kenyataan. Cita-cita dan kenyataan harus diinteraksikan atau kermenitikakan jangan hanya seketar cita-cita saja tetapi harus ada kenyataannya.

    ReplyDelete
  68. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Sebagaimana yang pernah dijelaskan oleh Prof Marsigit, bahwa kita perlu berhermeneutik dalam hidup. Berbagai fenomena dalam kehidupan sendiri dapat digambarkan dalam dua jenis garis, yakni linear – tidak akan terulang, contohnya waktu– dan siklik – dapat terulang kembali, contohnya kegiatan yang kita lakukan secara rutin (rutinitas). Keduanya senantiasa beriringan dalam kehidupan kita, oleh karena itu kita perlu untuk menggunakan intuisi agar dapat berhermeneutik dalam hidup. Intuisi tersebut dapat berupa ingatan serta kemampuan untuk menentukan pilihan atau abstraksi.

    ReplyDelete
  69. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Hermeneutika hidup terdiri dari 2 aspek, yaitu teori dan praktik. Digambarkan oleh Prof Marsigit bahwa praktik terletak di bawah dan teori terletak di atas. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik.

    ReplyDelete
  70. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Kehidupan terdiri dari praktik yang digambarkan sebagai lingkaran dan teori yang digambarkan sebagai garis lurus. Artinya praktik itu merupakan siklik dan dapat kembali ke awal sedangkan teori sifatnya akan terus ada tanpa batas. Artinya, praktik itu dapat berputar sedangkan teori akan berjalan terus tanpa melihat ke belakang.

    ReplyDelete