Apr 5, 2013

Hermeneutika Hidup_oleh Marsigit



16 comments:

  1. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Dalam hermeneutika hidup terdapat dua pokok, yaitu teori dan praktik. Teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus. Jika lingkaran dan garis lurus ini digabungkan akan menjadi spiral. Jika spiral ini dianalogikan dalam jalan hidup kita, maka itu memang benar adanya. Hidup kita ini tidak selalu di bawah dan juga tidak selalu di atas, ada kalanya kita berada di atas dan ada kalanya kita berada dibawah. Itulah roda kehidupan menurut teori hermeneutka hidup.

    ReplyDelete
  2. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Untuk memahami berarti untuk melihatnya secara lebih jelas. untuk memahami berarti untuk menggabungkan pengertian yang bersifat partikular dalam konteks yang lebih luas. untuk memahami sesuatu berarti untuk menggenggamnya dengan kekuatan akal budi. inilah arti dasar dari hermeneutika sebagai proses untuk memahami sesuatu, atau memahami teks.
    Konsep pengertian atau pemahaman juga bisa diterapkan untuk memahami realitas sosial dalam kehidupan. Di dalam proses memahami realitas sosial, setiap bentuk tidakan dan ekspresi seseorang selalu mencerminkan apa yang dihayatinya dalam kehidupan. Inilah yang disebt pengalaman hidup.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Hermenetika hidup terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa hidup akan terus berjalan, kita tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan melingkar artinya kita dapat mengulanginya, hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Dan di dalam hidup ini terdiri dari teori dan praktik. Menurut saya adalah teori adalah ilmu, bagaimana kita mempraktikkan ilmu yang kita miliki agar bisa bermanfaat bagi sesama.

    ReplyDelete
  4. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya mengambil sebuah definisi hermeneutika dari Schleiermacher, menurut beliau hermeneutika adalah suatu rekonstruksi yang bertolak dari ekspresi yang telah diungkapkan dan mengarah kembali ke suasana kejiwaan di mana ekspresi tersebut diungkapkan. Dalam masalah ini terdapat dua hal pokok yang saling berhubungan dan berinteraksi, yaitu momen tata bahasa dan momen kejiwaan. Sedangkan prinsip yang menjadi tumpuan rekonstruksi bidang tata bahasa dan bidang kejiwaan diistilahkan dengan lingkaran hermeneutika. Hermeneutika secara sederhana dapat diartikan sebagai pemahaman. Maka dari itu pemahaman sangat erat kaitannya dengan kemapuan berbahasa. Bahasa verbal yang terstruktur bisa dilatih dengan cara banyak membaca dan menulis, seseorang yang sering melakukan kegiatan menulis biasanya struktur kata-kata atau bahasa yang disampaikan lebih bermakna dan sederhana sehingga lebih mudah dipahami. Proses rekontruksipun akan lebih mudah terbentuk dan tertanam dalam pemikiran responden jika bahasa yang di sampaikan tersusun secara sistematis dan logis.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Mencermati skema hermenitka hidup pada postingan ini dan mencoba mengingat kembali perkuliahan Prof Marsigit beberapa waktu lalu, dalam kehidupan kita tidak akan lepas dari yang disebut hermenetika, yaitu sebuah proses saling terjemah -menerjemahkan. Proses ini dapat terjadi baik antara manusia dengan manusia maupun manusia dengan lingkungan sekitarnya. Ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain atau benda disekitarnya maka ia tengah melakukan proses saling menenrjemahkan dan diterjemahkan sehingga akan mengkonstruksi suatu pemahaman.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Yang kami pahami dari elegi ini adalah mengenai hermeuneutika hidup. Pemahaman kami hermeuneutika adalah metodologi penafsiran berkaitan dengan masalah yang timbul saat berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan produk-produk yang dihasilkan oleh tindakan manusia tesebut, dan biasanya berupa teks walaupun tidak selalu terkadang bisa juga seni atau yang lainnya. Karena disini adalah hermeneutika hidup, maka disini kita mencoba memahami “hidup” dengan cara hermeneutik, kehidupan pada dasarnya terikat oleh ruang dan waktu, waktu berjalan maju dan tak pernah kembali, akan tetapi waktu terasa bisa kembali seperti hari ini matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat, dan besok ternyata matahari terbit lagi dari timur dan tenggelam di barat akan tetapi paginya hari ini tidak lah sama dengan pagi kemarin dan jelas tidak akan sama dengan pagi esok hari, dst.. Sehingga pergerakannya digambarkan seperti spiral. Dalam hal ini hermeunetika hidup artinya kita menternjemahkan, merenungkan dan merefleksikan kehidupan yang kita jalani sehingga kita bisa memperbaiki diri di siklus hari berikutnya.

    ReplyDelete
  7. Muh Wildanul Firdaus
    17709251012
    Pendidikan matematika S2

    Dalam kehidupan di dunia ini ada yang selalu bergerak ke depan, selalu berganti-ganti di setiap waktunya. Ada pula yang bergerak seperti siklus dan mengalami pengulangan di setiap waktunya.
    Dalam hermeneutika kehidupan manusia mengalami siklus pergerakan yang lurus dan berulang-ulang yang digambarkan spiral. Pergerakan yang lurus merupakan dimensi waktu, dan yang berulang-ulang merupakan dimensi ruang. Manusia bisa mengulangi dimensi ruangnya, namun waktu tidak dapat diulang kembali.

    ReplyDelete
  8. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Di dalam gambar tersebut terdapat garis lurus, lingkaran, dan garis yang membentuk spiral. Jika kita refleksikan, garis lurus tersebut memiliki melambangkan bahwa hidup ini terus berjalan maju, kita tidak akan pernah bisa lagi kembali pada waktu yang telah lampau. Sedangkan garis yang melingkar melambangkan kehidupan kita yang terus berputar, seperti pagi bertemu pagi, senin bertemu senin dan sebagainya. Lingkaran tersebut menjadi spiral karena senin yang satu tidak akan pernah ketemu senin yang lain. Inilah yang disebut sebagai spiral kehidupan. Spiral kehidupan tersebut merupakan lintasan bumi mengelilingi matahari. Hal tersebut yang menjadi teladan hidup dari Tuhan, yaitu manusia hidup berhermenetika. Di samping itu, terdapat teori dan praktik. Teori berada di atas sementara praktik berada di bahwah. Hal ini menunjukkan bahwa dalam hidup, manusia tidak beraktivitas berdasarkan teori, tetapi didahului oleh praktik yang berdasarkan intuisi. Kemudian seiring bertambahnya pengalaman dan waktu, praktik tersebut dapat sampai pada teorinya. Lalu manusia menemui hal baru lagi sehingga proses tersebut berlangsung terus menerus berhermenetika membentuk spiral.

    ReplyDelete
  9. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Bismillahirrahmanirrahim, saya mencoba membaca gambar di atas, mohon maaf pak jika pemahaman saya banyak ketidak tepatan. Sebenar-benar hidup adalah hermeneutika. Hermeneutika tidak lain dan tidak bukan adalah terjemah dan menterjemahkan. Hermeneutika dalam hidup terdapat dua unsur yaitu teori dan praktek. Teori berada diatas praktek. Artinya dalam proses belajar, selalu diawali dengan praktek bukan diawali dari teori. Seperti halnya anak-anak, mereka belum bisa memahami teori, mereka cenderung meniru (praktek) dari orang yang ada disekitarnya, yang mereka gunakan bukan teori tetapi intuisi. Setelah mereka sudah memahami praktek, barulah mereka mengenal teorinya. Hal itu terus berputar seperti spiral. Jadi, kita selalu memulai belajar dengan praktek dan intusi, setelah itu barulah kita paham teorinya. Ketika menjumpai hal baru, manusia mengawalinya dengan praktek kembali, begitupun seterusnya.

    ReplyDelete
  10. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, dari gambar di atas yang dapat saya pahami terdiri dari dua aspek, yaitu teori dan praktik. Digambarkan bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Dari gambar ini kita bisa memaknai bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik.

    ReplyDelete
  11. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam skema Hermeneutika di atas saya melihat bahwa perjalanan manusia untuk menemukan makna dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui teori dan praktik pengalaman. Proses menemukan makna melalui teori dapt dilakukan melalui buku bacaan, informasi yang diperoleh dari bacaan tersebut yang kemudian menyimpan tanda-tanda atau makna terhadap objek tertentu. Sedangkan praktik dapat dilakukan dengan pengalaman, setiap manusia memiliki pengalaman yang berbeda dalam memandang dunia, hal inilah yang kemudian memberi warna dari pemaknaan suatu objek.

    ReplyDelete
  12. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 P.Matematika C

    Hermenitika meliputi 4 aspek, yaitu material, formal, normatif, dan spiritual. Hermenitika bisa juga diartikan sebagai suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala sesuatu. Proses menterjemahkan antar aspek ini perlu karena akan berimplikasi pada keseimbangan hidup.

    ReplyDelete
  13. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Sejujurnya saya memiliki kelemahan dalam menebak makna di balik sketsa atau gambar.Namun saya akan tetap mencoba walau penuh dengan kehati-hatian.Dari gambar di atas memberikan penjelasan bahwa hermeneutika hidup merupakan adanya kesenjangan antara teori dengan praktik.Di antara pertengahan teori dan praktik terdapat sebuah siklus dan dekonstruksi kehidupan.Mengerucut lagi meliputi berbagai macam interpretasi-interpretasi di dalamnya mulai dari interpretasi awal hingga akhir.Interpretasi tersebut di dapatkan dari suatu objek kemudian dituangkan dalam akal pikiran baik secara simultan maupun berurut.

    ReplyDelete
  14. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Hidup ini adalah proses menerjemahkan Dan diterjemahkan. Setiap peristiwa dalam Hidup Ada hubungannya, seperti sebuah siklus spiral. Kita harus senantiasa melihat apa yang Ada di balik peristiwa, Dan memaknai hidup ini secara utuh.

    ReplyDelete
  15. Junianto
    17709251065
    PM C

    Hermenetika Hidup adalah berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya, diperlukan konsep kuno yang bernama “kata batin”. Hermenetika juga merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hidup itu meliputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Hermenetika juga merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Hal ini menunjukkan harus ada sikap saling memahami/ menerjemahkan antar sesama manusia. Jika manusia bisa saling menerjemahkan, memahami, menghargai dan menghormati, niscaya kehidupan akan tentram dna damai.

    ReplyDelete
  16. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Hermeneutika adalah proses mengubah sesuatu atau situasi yang tidak bisa dimengerti menjadi bisa dimengerti. Begitu juga dalam hidup, kita sering berjumpa dengan fenomena yang kita tidak paham maksud dari fenomena tersebut. Dengan hermeneutika kita bisa terbantu dalam memahami fenomena tersebut. Namun tidak semua fenomena dalam kehidupan bisa diungkap manusia karena kemampuan manusia ada batasnya.

    ReplyDelete