Apr 5, 2013

Hermeneutika Hidup_oleh Marsigit



36 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hermeneutika adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan dari segala yang ada dan yang mungkin ada dari awal dunia sampai akhir dunia. Hermeneutika berasal dari kata dewa di Yunani Kuno yaitu dewa hermes. Hermeneutika dalam hidup merupakan suatu interpretasi yang dilakukan secara terus menerus hingga mengerucut. Dalam pembelajaran matematika hermenetika terdiri atas garis lurus yang menunjukkan bahwa pembelajaran akan berjalan terus menerus dan melingkar yang artinya kita dapat mengulanginya hanya saja berbeda ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  2. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Hermeneutika berarti suatu ilmu yang mencoba menggambarkan bagaimana sebuah kata atau suatu kejadian pada waktu dan budaya yang lalu dapat dimengerti dan menjadi bermakna secara eksistensial dalam situasi sekarang, hermeneutika memiliki dua unsur dasar yaitu lurus dan melingkar, dikatakan lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu, sedangkan dikatakan melingkar karena adanya interaksi.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari gambar pada elegi di atas menunjukkan tentang penafsiran terhadap objek-objek yang ada. Dan hermeneutika ini salah satu ilmu dalam bidang filsafat. Ada banyak pendapat ahli mengenai hermeneutika diantaranya "menurut Schleirmacher meletakkan kaidah pemahaman teks pada dua aspek utama yaitu/ aspek kebahasaan dan penafsiran tata bahasa dan aspek kemampuan menembus karakter psikis pengarang dan penafsiran psikologi. Sehingga dalam hermeneutika Schleimacher ini diharapkan mampu memahami teks seperti halnya pengaragnya, dan memahami pengarang lebih dari dirinya sendiri."menurut Dilthey hermeneutika bertujuan untuk memahami teks sebagaiekspresi sejarah, bukan ekspresi mental penggagas. karena itu, yang perlu direkonstruksi dari teks menurut Dilthey, adalah makna dari peristiwa sejarah yang mendorong lahirnya teks. Sumber :https://www.academia.edu/9862679/HERMENEUTIKA

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada gambar di atas secara implisit dijelaskan bahwa setiap hidup manusia selalu berhermeneutika sesuai dengan dimensinya dengan terus berkembang secara sistematis. Dalam gambar tersebut dijelaskan bahwa hermeneutika sama halnya hidup spiral, dimana berada antara dekonstruksi dan praktikal. Ketika manusia mengalami interprestasi hidup maka ia akan layakya anak panah yang selalu mengarah kedepan dalam satu arah, namun ketika hermeneutika dijelaskan melalui teks maka ia akan selalu berputar disana saja sampai ia menemui interpretasi lain. Kegiatan itu berlanjut hingga menemukan dunia yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  5. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS PMAT D 2015

    Hermeneutika adalah metode yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Tujuannya sangat sederhana, yaitu memahami realitas yang sesungguhnya di balik keberadaan teks tersebut. Dengan menggunakan teknik hermeneutika ini, suatu topik dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih kompleks karena hermeneutika berbentuk spiral, berawal dari yang paling dasar, diterjemahkan dan dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  6. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Hermeneutika sebagai prinsip-prinsip metodologis interpretasi dan eksplanasi yang berarti menerjemahkan dan diterjemahkan. Berhermeneutika dalam hidup seperti hanya berikhtiar dan berdoa dalam menjalankan kehidupan ini. Hermeneutika hidup yang digambarkan dalam gambar di atas ini terdiri dari dua aspek, yaitu teori dan praktik. Hidup merupakan sesuatu yang linier yang berarti tidak akan pernah sampai pada ruang dan waktu yang sama.

    ReplyDelete
  7. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Hermeneutik berasal dari bahasa Yunani "hermeneuein"yang bermakna menakwilkan (menafsirkan) dan dalam bentuk nomina "hermeneid" bermaka takwil (tafsir).Hermeneutik dapat dikatakan sebagai seni menterjemahkan. Apa yang diperlukan dalam suatu ilmu termasuk dalam filsafat adalah terjemah dan menterjemahkan. Hermeneutika dapat digolongkan menjadi hermeneutika tradisional dan hermeneutika modern. Hermeneutika tradisional berhubungan dengan penterjemahan teks dalam bidang sastra, hukum atau agama. Hemeneutika modern meliputi segala sesuatu dalam proses penafsiran. Hanya saja, dalam meterjemahkan, setiap orang akan mempunyai interpretasi yang berbeda.

    ReplyDelete
  8. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Berdasarkan teori hermeneutika bahwa hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus. Kedua hal tersebut jika digabungkan akan membentuk sebuah spiral yang dianalogikan sebagai proses kehidupan. Garis lurus yang dimaksud adalah kehidupan itu berjalan lurus, waktu akan terus berjalan dan waktu itu akan terjadi sekali seumur hidup. Sedangkan lingkaran yang dimaksud adalah kehidupan adalah sebuah proses yang tiada habis-habisnya hingga hari akhir tiba atau hidup akan terus berputar, seperti pagi bertemu pagi lagi. Jika spiral ini dianalogikan sebagai proses kehidupan, maka hidup ini tidak selalu di bawah dan juga tidak selalu di atas.

    ReplyDelete
  9. Dalam menjalani hidup maka seolah-olah waktu berjalan terus dan waktu terus berputar. Waktu yang berjalan dan berputar akan menghasil keadaan yang spiral, karena waktu walau berputar tetapi tidak menempati tempat yang sama. Spiral kehidupan dibagi tiga yaitu spiral tetap, spiral meruncing dan spiral mengembang.

    ReplyDelete
  10. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Tidak asing saya melihat gambar di atas. Beberapa kali saya melihat ini pada saat perkuliahan di kelas. Prof mengatakan bahwa struktur yang ada didunia ini akan terus berputar. Tiada awal dan akhir seperti sebuah garis lurus. Sebagai contoh ketika beribadah hari ini melaksanakan lima shilat fardhu, dan keesokan harinya terulang kembali dan terus menerus. Contoh lainnya adalah hari ini akan datang malam, dan besok, lusa dan hari – hari berikutnya juga akan datang malam setelah adzan maghrib berkumandang.

    ReplyDelete
  11. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Di dalam Hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Dan dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Mengenai metode tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Implementasi dari metode hesmenetika dalam proses pembelajaran matematika ini diharapkan siswa dapat mengeksplor potensi kecerdasan maupun intelektualnya lebih mendalam, sehingga siswa dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Begitu pula dalam filsafat memiliki ragam bahasa analog sehingga untuk memahaminya perlu hermeneutika. Sebenar-benarnya hidup ialah hermeneutika.
    Sumber : http://retnowiranti.blogspot.co.id/2013/05/hermeneutika-hidup.html

    ReplyDelete
  12. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Pembelajaran dalam matematika harus bersifat terus menerus dan semakin luas, seperti yang digambarkan oleh bentuk spiral dari gambar yang ada pada artikel diatas. Lingkaran spiral tersebut mulai dari kecil ke besar, artinya bahwa pembelajaran harus semakin luas cakupannya dan semakin mengerucut serta sampai kepada kedalaman yang dituju, begitupun dalam memahamihidup. Semakin lama harus semakin dewasa, berpikiran semakin luas dan menentukan tujuan hidupy yang tepat, itulah makna dari hermeneutika hidup menurut saya.

    ReplyDelete
  13. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Gambar di atas terdiri dari lingkaran dan garis lurus. Lingkaran bila ditarik oleh garis lurus akan menghasilkan spiral. Lingkaran itu menggambarkan bahwa kehidupan manusia itu terus berputar. Hari ini kita bertemu pagi maka insya Allah beok kita akan bertemu pagi lagi. Sedangkan garis lurus itu menggambarkan bahwa kehidupan manusia itu lempeng artinya kehidupan manusia itu berjalan terus maju dan waktu tidak akan dapat terulang kembali. Jadi, spiral itu menggambarkan kehidupan manusia di dunia ini. Hermeutika hidup artinya menerjemahkan dan diterjemahkan. Seseorang harus dapat menerjemahkan dan diterjemahkan.

    ReplyDelete
  14. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hermeneutika berasal dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuien yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman, atau terjemahan. Sedangkan hermeneutika hidup bisa dimaknai menerjemahkan dan diterjemahkan. Misalnya saja dalam proses pembelajaran, seorang guru seharusnya bisa dengan baik menerjemahkan semua ilmu yang dia dapat agar bisa diterima oleh siswanya dengan baik, begitu juga sebaliknya siswa sebaiknya juga menerjemahkan apa yang dimaksudkan oleh gurunya. Sehingga dalam kehidupan ini dapat berjalan dengan seimbang, baik itu menerjemahkan maupun diterjemahkan. Untuk gelombang yang berbentuk spiral tercantum itu pun bisa dimaknai sebagai kehidupan ini yang seperti roda, adakalanya kita harus dipahami, adakalanya pula kita harus memahami. Semua itu tetap harus kita imbangi dengan spiritual agar arah dan tujuan hidup kita tidak goyah akan semua cobaan yang datang menghampiri.

    ReplyDelete
  15. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Melalui bagan yang digambarkan pada elegi ini , diketahui bahwa kehidupan manusia itu perjalanannya berbentuk spiral. Berjalan menembus ruang dan waktu dan berhemeneutika, artinya adalah kehidupan manusia itu saling menerjemahkan dan diterjemahkan. Hermeneutika hidup terjadi atas teori dan praktek, yang berupa interpretasi-interpretasi dari test-test atau ujian hidup. Bentuk spiral yang ada disini juga menggambarkan bahwa kehidupan manusia itu bersiklus memutar, artinya tidak selalu kita berada di atas. Ada kalanya kita berada di posisi bawah. Dalam perjalanannya itu kita harus senantiasa berdoa dan mohon petunjuk dari Tuhan YME.

    ReplyDelete
  16. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari gambar tersebut tentang hermeneutika hidup oleh pak prof marsigit menggmabarkan bagaimana penafsiran-penafsiran tentang suatu objek objek yang ada di dunia ini. Kita tahu bahwa Hermeneutika adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan dari segala yang ada dan yang mungkin ada dari awal dunia sampai akhir dunia. Diman dalam menterjemahkan itu ada berbagai macam caranya. Dengan adanya ilmu hermeneutika ini sebagai penterjemah dari suatu hal.

    ReplyDelete
  17. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermeneutika hidup yang digambarkan dalam gambar di samping ini terdiri dari dua aspek, yaitu teori dan praktik. Pada gambar dapat dilihat bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Maksudnya adalah manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik. Anak umur 1 tahun tidak mungkin diajarkan berjalan dengan menjelaskan tentang teori berjalan. Mereka belajar praktik, dengan bantuan intuisi, bukan teori. Secara bertahap, sesuai dengan perkembangan usia dan cara berpikir manusia, mereka akan mulai menyentuh ranah teori. Semua itu berputar membentuk spiral yang tak pernah putus. Maksudnya, kita memulai belajar dengan praktik dan intuisi, lalu saat mencapai puncak pemahaman, kita menyentuh ranah teori. Namun saat bertemu dengan hal baru, maka kita memulainya kembali dari ranah praktek dan intuisi. Begitu seterusnya hingga akhir hidup manusia.

    ReplyDelete
  18. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Keadaan subjek dengan sifat tanpa sifat itu adalah keadaan di mana subjek dan objek komunikasi juga meluruh ke dalam keadaan di mana subjek dan objek matematika yang tidak dapat dibedakan lagi. Artinya, tiada subjek dan objek komunikasi matematika pada tataran metafisik dari komunikasi spiritual dapat diidentifikasi dengan menggunakan hubungan korelasional potensi dan vitalitas subjek dan objek. Hubungan korelasional ke dalam kemudian mentransformasikan semua potensi dan vitalitas matematika ke dalam subjek absolut. Subjek absolut merupakan subjek dengan dimensi tertinggi yang mengatasi segala subjek dan objek komunikasi sekaligus juga mengatasi semua jenis komunikasi yang ada dan yang mungkin ada. Gambar di atas., mengilustrasikan bagaimana kita bisa melakukan komunikasi spiritual matematika.

    ReplyDelete
  19. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah tahu tentang peribahasa yang mengatakan bahwa hidup itu seperti roda, terkadang kita mendapatkan kehidupan kita di atas kadang-kadang pada fase rendah. Tapi berbeda dengan teorema hermeunitics, tentang bagaimana kita menerjemahkan dan diterjemahkan. Dan cara terbaik untuk belajar adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Kita harus melakukan komunikasi dalam kehidupan kita untuk mendapatkan pengetahuan sedemikian rupa agar bisa meningkatkan keterampilan kita. Jadi, konsep hermeunitis ini bisa diimplementasikan ke proses belajar bahasa inggris matematika. Dalam belajar matematika bahasa inggris kita harus bersikap sopan terhadap bahasa inggris dan kemudian melakukan komunikasi dengan segala hal yang terdiri dari bahasa inggris.

    ReplyDelete
  20. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Gambar ini menggambarkan tentang hemeneurtika hidup. Garis linier menggambarkan bahwa hidup ini berjalan terus tidak bisa kembali kepada waktu sebelumnya. Sedangkan lingkaran menggambarkan bahwa hidup ini bersifat siklik. Kita mengalami keadaan yang berputar dalam hidup ini, seperti, pagi ketemu pagi, siang ketemu siang, sore ketemu sore dan lain-lain.

    ReplyDelete
  21. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam hidup mungkin terdapat siklus berulang yang dilakukan oleh manusia. hermeneutika hidup dari gambar yang ada di atas menempatkan praktik di bawah dan selanjutnya teori diatas. Dengan bertambahnya usia dan kemampuan untuk dapat memaknai maka kita senantiasa dapat belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan lewat teori yang ada. Untuk itu, alangkah bermanfaatnya hidup manusia jika semakin hari semakin menggali pengetahuan dan memberikan manfaatnya pada orang banyak.

    ReplyDelete
  22. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hermeneutika adalah persoalan menerjemahkan dan diterjemahkan. Menerjemahkan dan diterjemahkan oleh apa saja di dunia ini, oleh yang ada dan mungkin ada. Hidup ini menerjemahkan antara sadar dan tidak sadar. Jika belum menjalankan sesuatu itu artinya belum hidup. Hidup jaman sekarang adalah linier maksudnya bisa maju tidak bisa kembali. Manusia harus bersyukur bila paling tidak bisa berhenti untuk mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada manusia.

    ReplyDelete
  23. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari gambar yang diberikan saya merefleksi bahwa dalam hidup itu terdapat teori dan praktek. Hal-hal yang terkait dengan teori akan selalu berjalan vertikal, sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan praktek akan berjalan secara melingkar. Teori dan praktek dapat berjalan beriringan dengan berbentuk spiral, ia maju tapi ia juga berputar.

    ReplyDelete
  24. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari bagan hermenetika di atas mengklasifikasikan bahwa kehidupan terdiri dari praktik dan teori yang digambarkan dalam bentuk lingkaran dan garis lurus. Kedua bentuk tersebut memiliki arti bahwa kehidupan ibarat lingkaran yang terus berputar terkadang berada di atas maupun di bawah dan garis lurus yang memiliki makna bahwa kehidupan tidak dapat kembali dan akan terus maju.

    ReplyDelete
  25. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Melihat bagan tersebut dapat kita terapkan dalam pembelajaran, di mana hakikat belajar antara guru dengan siswa adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Dengan kata lain, dalam proses pembelajaran perlu dibangun komunikasi yang baik sehingga siswa dan guru saling bersinergi.

    ReplyDelete
  26. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain itu bagan tersebut juga menjeaskan bahwa dalam melakukan suatu pekerjaan hendaknya diawali dengan niat. Begitu juga dalam proses pembelajaran, guru hendaknya berniat dengan memposisikan kegiatan mengajar, mendidik, membimbing tersebut menjadi suatu nilai ibadah. Sehingga, jika dilandasi dengan nilai ibadah maka dapat mempermudah proses pembelajaran dan diharapkan dapat memberikan manfaat, sebab dalam prosesnya tidak ada sesuatu hal yang mengganjal, dengan kata lain kita harus ikhlas.

    ReplyDelete
  27. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sesungguhnya istilah hermeneutika ini bukanlah sebuah kata baku, baik dalam filsafat maupun penelitian sastra; dan bahkan dalam bidang teologi penggunaan term ini sering muncul dalam makna yang sempit yang berbeda dengan penggunaan secara luas dalam “Hermeneutika Baru” teologis kontemporer. Hermeneutika selalu berpusat pada fungsi penafsiran teks. Meski terjadi perubahan dan modifikasi radikal terhadap teori-teori hermeneutika, tetap saja berintikan seni memahami teks. Pada kenyataannya, hermeneutika pra-Heidegger (sebelum abad 20) tidak membentuk suatu tantangan pemikiran yang berarti bagi pemikiran agama, sekalipun telah terjadi evaluasi radikal dalam aliran-aliran filsafat hermeneutika. Sementara itu, hermeneutika filosofis dan turunannya dalam teori-teori kritik sastra dan semantik telah merintis jalan bagi tantangan serius yang membentur metode klasik dan pengetahuan agama.

    ReplyDelete
  28. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Persoalan utama hermeneutika terletak pada pencarian makna teks, apakah makna obyektif atau makna subyektif. Perbedaan penekanan pencarian makna pada ketiga unsur hermeneutika: penggagas, teks dan pembaca, menjadi titik beda masing-masing hermeneutika. Titik beda itu dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori hermeneutika: hermeneutika teoritis, hermeneutika filosofis, dan hermeneutika kritis. Pertama, hermeneutika teoritis. Bentuk hermeneutika seperti ini menitikberatkan kajiannya pada problem "pemahaman", yakni bagaimana memahami dengan benar. Sedang makna yang menjadi tujuan pencarian dalam hermeneutika ini adalah makna yang dikehendaki penggagas teks. Kedua, hermeneutika filosofis. Problem utama hermeneutika ini bukanlah bagaimana memahami teks dengan benar dan obyektif sebagaimana hermeneutika teoritis. Problem utamannya adalah bagaimana "tindakan memahami" itu sendiri. Ketiga, hermeneutika kritis. Hermeneutika ini bertujuan untuk mengungkap kepentingan di balik teks. hermeneutika kritis menempatkan sesuatu yang berada di luar teks sebagai problem hermeneutiknya.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya setuju dengan teori tersebut, namun yang menjadi pertanyaan saya, benarkah bentuknya melingkar mulus seperti itu? Jika bisa dikonfirmasi bentuknya melingkar dan mulus seperti itu. Artinya kita bisa memodelkan bentuk matematika kehidupan tersebut. Jika bisa memodelkan, kita bisa meramalkan orang tersebut di masa depan menjadi seperti apa. Mungkin bentuknya tidak mulus, melingkar, dan membesar seperti itu. Karena itu terlalu sederhana. Sehingga ada kasus tertentu yang tidak cocok dengan model tersebut. Namun saya juga tidak dapat memikirkan bagaimana model yang dapat memodelkan semua jenis kehidupan.

    ReplyDelete
  30. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Hidup itu terkadang berada pada tingkatan bawah dan terkadang pada tingkatan atas. Hidup adalah siklus yang akan berhenti bila hari akhir tiba. Dalam hidup tentu saling berkomunikasi dengan menjalin silaturahmi. Sebaik-baiknya hidup adalah ia yang menjadi hermeneutika hidup.

    ReplyDelete
  31. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah mencermati gambar di atas, yang dapat saya pahami adalah bahwa hidup manusia itu dapat dianalogikan sebagai lingkaran dan garis lurus. Seperti lingkaran yaitu ketika manusia bangun di pagi hari kemudian hari berikutnya bertemu pagi lagi dan begitu terus sampai ia meninggal. Sedangkan hidup manusia seperti garis lurus ketika manusia tidak akan bertemu pagi yang sama dalam hidupnya. Apabila lingkaran ditarik garis lurus maka akan membentuk spiral.

    ReplyDelete
  32. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hermeneutika hidup dapat digambarkan menjadi dua aspek, yaitu teori dan praktik. Dari gambar tersebut praktik terletak di bawah dan teori di atas, maksudnya adalah dalam kehidupan ini manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik, karena teori sendiri didapatkan dari praktik yang dilakukan terlebih dahulu. Dan dengan tujuan menuju ke masa depan yang lebih baik serta dengan sustainnya. Dalam perjalannanya manusia akan mengalami berbagai siklus untuk mencapai kebaikan di dunia maupun di akhirat.

    ReplyDelete
  33. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    hermeneutika berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya, diperlukan konsep kuno yang bernama “kata batin” – inner word. Hermenetika, yang dalam bahasa Inggrisnya adalah hermeneutics, berasal dari kata Yunani hermeneutine dan hermeneia yang masing – masing berarti “menafsirkan dan “ penafsiran”. Hermeneutika pembelajaran Matematika artinya menyampaikan Matematika formal Ke dalam bentuk Matematika realistik. Penyampaian ini akan membantu siswa lebih dekat dengan Matematika dan lebih akrab dengan Matematika realistik.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  34. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Dalam hermeneutika hidup terdapat dua pokok, yaitu teori dan praktik. Teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus. Jika lingkaran dan garis lurus ini digabungkan akan menjadi spiral. Jika spiral ini dianalogikan dalam jalan hidup kita, maka itu memang benar adanya. Hidup kita ini tidak selalu di bawah dan juga tidak selalu di atas, ada kalanya kita berada di atas dan ada kalanya kita berada dibawah. Itulah roda kehidupan menurut teori hermeneutka hidup.

    ReplyDelete
  35. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Untuk memahami berarti untuk melihatnya secara lebih jelas. untuk memahami berarti untuk menggabungkan pengertian yang bersifat partikular dalam konteks yang lebih luas. untuk memahami sesuatu berarti untuk menggenggamnya dengan kekuatan akal budi. inilah arti dasar dari hermeneutika sebagai proses untuk memahami sesuatu, atau memahami teks.
    Konsep pengertian atau pemahaman juga bisa diterapkan untuk memahami realitas sosial dalam kehidupan. Di dalam proses memahami realitas sosial, setiap bentuk tidakan dan ekspresi seseorang selalu mencerminkan apa yang dihayatinya dalam kehidupan. Inilah yang disebt pengalaman hidup.

    ReplyDelete
  36. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Hermenetika hidup terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa hidup akan terus berjalan, kita tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan melingkar artinya kita dapat mengulanginya, hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Dan di dalam hidup ini terdiri dari teori dan praktik. Menurut saya adalah teori adalah ilmu, bagaimana kita mempraktikkan ilmu yang kita miliki agar bisa bermanfaat bagi sesama.

    ReplyDelete