Apr 5, 2013

Elegi Menggapai "Foundation of Mathematics Education: The Guru of Ernest"




By Marsigit
Yogyakarta State University

The foundation of mathematics searches the status and the basis of mathematics education. Paul Ernest (1994) delivered various questions related to the foundation of mathematics education as follows:
“What is the basis of mathematics education as a field of knowledge? Is mathematics education a  discipline, a field of enquiry, an interdisciplinary area, a domain of extra-disciplinary applications, or what? What is its relationship with other disciplines such as philosophy, sociology, psychology, linguistics, etc.? How do we come to know in mathematics education? What is the basis for knowledge claims in research in mathematics education? What research methods and methodologies are employed and what is their philosophical basis and status? How does the mathematics education research community judge knowledge claims? What standards are applied? What is the role and function of the researcher in mathematics education? What is the status of theories in mathematics education? Do we appropriate theories and concepts from other disciplines or ‘grow our own’? How have modern developments in philosophy (post-structuralism, post-modernism, Hermeneutics, semiotics, etc.) impacted on mathematics education? What is the impact of research in mathematics education on other disciplines? Can the philosophy of mathematics education have any impact on the practices of teaching and learning of mathematics, on research in mathematics education, or on other disciplines?”

It may emerge the notions that the foundation of mathematics education serves justification of getting the status and the basis for mathematics education in the case of its ontology, epistemology and axiology. Hence we will have the study of ontological foundation of mathematics education, epistemological foundation of mathematics education and axiological foundation of mathematics education; or the combination between the two or among the three.

References:
Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved

37 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dasar dalam pendidikan matematika ialah ontologi, epistemologi dan aksiologi. Landasan dalam pendidikan matematika inilah yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Paul Ernest seperti pertanyaan apa dasae dari pendidikan matematika jika dipandang sebagai bidang pengetahuan? Apa standar yang diterapkan dalam matematika? Dan lain sebagainya. Dengan demikian ontologi digunakan untuk menerima kenyataan dalam matematika, epistemologi diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang objek kajiannya merupakan ide sedangkan aksiologi membahas mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam matematika (etika dan estetika)

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dari artikel, Paul Ernest muncul berbagai pertanyaan terkait dengan pendidikan matematika. Pertanyaan ini muncul ide bahwa dasar pendidikan matematika menyajikan kebenaran ontologi, epistemologi dan aksiologi. Oleh karena itu, yayasan atau dasar pendidikan matematika merupakan kombinasi dari dasar kedua atau ketiga.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam pendidikan matematika, kita diharuskan mengajar peserta didik agar mereka nyaman untuk belajar matematika. Dengan demikian mereka menjadi senang terhadap pelajaran matematika sehingga meningkatkan motivasi untuk tetap belajar. Hal ini dapat mendukung tercapainya prestasi belajar matematika. Selain itu yang paling penting adalah mereka harus menguasai dasar-dasar dalam pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pondasi dari matematika adalah menyelidiki keadaan dasar dari pendidikan matematika seperti yang telah disampaikan oleh Paul Ernest (1994) mengenai berbagai pertanyaan terkait pendidikan matematika sehingga memunculkan gagasan bahwa pondasi pendidikan matematika menyajikan pembenaran untuk mendapatkan status dan dasar untuk pendidikan matematika dalam hal ontologi, epistemologi dan aksiologi. Imanuel Kant menyamakan pengalaman dengan beberapa argumen pengalaman adalah kognisi empiris.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Landasan dasar dalam pendidikan matematika tidak terlepas dari 3 aspek kajian filsafat yaitu ontologi, epistimologi, dan aksiologi. Berdasarkan pandangan filsafat, ontologi pendidikan matematika mengkaji bagaimana mencari inti yang yang cermat dari setiap kenyataan yang ditemukan, membahas apa yang kita ingin ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu, menyelidiki sifat dasar dari apa yang nyata secara fundamental.
    Kemudian secara epistemologi pendidikan matematika ditinjau dari aspek epistemologinya merupakan pengetahuan tentang pendidikan matematika. Bagaimana sebenarnya pendidikan matematika di sekolah-sekolah yang dapat diketahui melalui eksperimen, pengamatan, pengamalan dan penelitian. Mencakup berbagai hal yang sangat luas yaitu tentang matematika, psikologi belajar, kemampuan mengajar, dan seterusnya.
    Dan aksiologi pendidikan matematika adalah tujuan matematika sekolah. Untuk apa matematika diajarkan di sekolah. Dan apa yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  6. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Tiga hal mengenai fondasi pendidikan matematika yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Ontologi pendidikan matematika aspeknya yaitu mengkaji pendidikan matematika melalui kenyataan yang ada pada pendidikan matematika itu sendiri. Aspek epistemologi berkaitan dengan lingkup pengetahuan matematika, pengandaian-pengandaian dan dasar-dasarnya serta pertanggung jawaban atas pernyataan mengenai bagaimana pengetahuan yang dimiliki serta sumber-sumber pengetahuan yang didapat. Sedangkan aksiologi pendidikan matematika membahas mengenai nilai – nilai yang terkandung dalam matematika, yang mencakup nilai etika dan estetika

    ReplyDelete
  7. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Tiga hal mengenai fondasi matematika yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Aspek aksiologi menyangkut masalah kegunaan pendidikan tersebut. Aspek ontologi menyangkut pembahasan kebenaran suatu fakta dalam pendidikan matematika. Aspek epistemologi berkaitan dengan hakikat dan linkup pengetahuan matematika, pengandaian-pengandaian dan dasar-dasarnya serta pertanggung jawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  8. Menentukan fondasi atau awal dari pendidikan matematika sangat penting untuk membangun pengetahuan selanjutnya. Ernest mengajukan pertanyaan untuk dapat menentukan Fondasi dari pendidikan matematika. Pertanyaan yang tepat akan menghasilkan jawaban yang memuaskan. Misal tentang apa itu pendidikan matematika? pendidikan matematika merupakan bidang yang mempelajari bagaimana siswa berinteraksi dengan materi matematika; strategi, model, pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa agar dapat mempelajari matematika; bahan ajar yang memudahkan siswa belajar matematika.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Pada awalnya dasar pendidikan matematika belym diketahui. Namun Paul Ernest banyak mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pendidikan matematika. Setidaknya ada 13 pertanyaan yang ada dibenaknya. Dari pertanyaan – pertanyaan tersebut pendidikan matematika akan memiliki studi tentang dasar ontologis pendidikan matematika, landasan epistemologis pendidikan matematika dan landasan aksiologis pendidikan matematika, bahkan kombinasi dari beberapa diantaranta dan semuanya.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Dasar dari matematika sesungguhnya sangat luas. Dan dasar dari matematika ini sudah di jelaskan pada elegi sebelumnya. Matematika berdasarkan dari aksiologi, epistemologi dan ontologinya. Ketiganya saling berkolaborasi, sehingga menunjukan betapa lengkapnya matematika karena hampir seluruh ilmu pengetahuan terlibat didalamnya. Ontologi dari pendidikan matematika merupakan segala hal yang diperlukan agar terlaksana sebuah pembelajaran seperti guru, siswa, rpp, silabus, dan lain sebagainya. Epistemologi pendidikan matematika merupakan kebenaran matematika berdasarkan sebuah kesepakatan antara guru dengan siswa. artinya ketika guru mengajarkan matematika, siswa harus benar-benar paham dan membenarkannya. Sedangkan axiology dari pendidikan matematika adalah tujuan dari pendidikan matematika itu sendiri dan biasanya tercantum dalam peraturan pemerintah.

    ReplyDelete
  11. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Sebenar-benarnya pertanyaanmu adalah ilmumu. Ia mempunyai dasar, demikian juga dengan pendidikan matematika. Ontologi, epistemologi and axiology of mathematics sangat perlu dipahami karena ketiga hal tersebut mendasari pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  12. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dasar dalam pendidikan matematika memerlukan landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Dasar tersebut dapat digunakan untuk membuat pembelajaran matematika lebih mengerucut. Dengan mengetahui ontologi dari pendidikan matematika, epistemologinya dan aksiologinya maka akan dapat mempermudah dalam pengajaran matematika agar tepat dan mengarah ke arah yang lebih lagi guna perkembangan pendidikan matematika baik di masa sekarang ataupun di masa depan.

    ReplyDelete
  13. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam perkuliahan Prof. Marsigit sudah dijelaskan pula secara gamblang bahwa pondasi atau landasan dalam pendidikan matematika itu ada 3 macam, seperti yang disampaikan dalam elegi ini melalui pemikiran Ernest. Yang pertama adalah ontologi pendidikan matematika, yang berkaitan dengan hakikat pendidikan matematika itu sendiri. Kemudian yang kedua, epistemologi pendidikan matematika, yang mengeksplorasi bagaimana cara kita memperoleh pendidikan matematika tersebut, jika dalam pembelajaran, maka strategi pembelajaran inovatif seperti apa yang diterapkan untuk mencapai pengetahuan matematika. Yang ketiga yaitu aksiologi pendidikan matematika yang mengkaji berbagai manfaat pendidikan bagi aspek-aspek dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  14. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut saya yang menjadi dasar dari pendidikan matematika sebagai bidang pengetahuan adalah kebutuhan akan keterampilan menghitung atau menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan menghitung. Matematika berhubungan langsung dengan disiplin ilmu seperti filsafat, sisiologi, psikologi, dll, dikarenakan matematika dibangun oleh instuisi yang bersifat pengalaman yang didapat baik dari filsafat maupun kehidupan sosial kita. Filsafat sendri memiliki dampak yang luar biasa didalam perkembangan pendidikan matematika, karena dari filsafat kita akan mengetahui apa sebenarnya matematika tersebut karena filsafat bersifat reflektif.

    ReplyDelete
  15. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Elegi tersebut mengatakan bahwa dalam dunia pendidikan pasti tidak terlepas dengan namanya ontologi, epistimologi dan axiologi, yanag mana ketiga unsur itu sangat berperan dalam dunia pendidikan atau sangata berperan lahirnya suatu pengetahuan, yanag mana ketiga bidang itu mempunya tugas masing-masing, dimana ontologi itu apa hakikat suatu pengetahuan, epistimologi bagaimana cara mendapatkan hakikat serta axiologia dalah apa hasilnya, yanag mana axilogi ini akan berpengaruh dengan etika dan estetika dalam suatu pengetahuan. kita tahu bahwa etika dan estetika itu penting ada dalam pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Pondasi dari matematika adalah menyelidiki keadaan dan dasar dari pendidikan matematika. Paul Ernest (1994) mempunyai beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pondasi pendidikan matematika yaitu sebagai berikut :Apa dasar dari pendidikan matematika sebagai ladang pengetahuan? Apakah pendidikan matematika adalah sebuah disiplin, ladang untuk penyelidikan, area antar cabang ilmu pengetahuan, asal dari aplikasi ilmu, atau apa? Apa hubungannya dengan ilmu yang lain, seperti filsafat, sosiologi, psikologi, linguistik dll? Bagaimana kita beranjak mengetahui dalam pendidikan matematika? Apa dasar dari tuntutan pengetahuan di dalam penelitian pendidikan matematika? Apa metode penelitian dan metodologi yang digunakan dan apa filosofi dari dasar dan keadaan? Bagaimana komunitas peneliti pendidikan matematika menilai tuntutan pengetahuan? Bagaimana standar tersebut diaplikasikan? Apa peran dan fungsi dari peneliti dalam pendidikan matematika? Apa keadaan dari teori dalam pendidikan matematika? Apakah kita menyediakan teori dan konsep dari ilmu lain atau tumbuh dengan sendirinya? Bagaimana mempunyai pengembangan yang modern dalam filsafat (struktur tonggak, struktur modern, ilmu menerjemahkan, semiotics, dll) berdampak pada pendidikan matematika? Apa pengaruh dari penelitian dalam pendidikan matematika atau ilmu lain? Dapatkan filsafat pendidikan matematika mempunyai banyak pengaruh dalam praktik belajar mengajar, dalam penelitian pendidikan matematika, atau dalam ilmu lainnya?

    ReplyDelete
  17. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Elegi di atas memberikan pengetahuan baru mengenai pondasi pembelajaran matematika. Dari elegi di atas dapat disimpulkan bahwa pondasi pendidikan matematika menyajikan pembenaran mendapatkan status dan dasar bagi pendidikan matematika dalam hal ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Sehingga, kita hendaknya memiliki salah satu landasan-landasan tersebut atau kombinasi antara kedua/ketiganya. Oleh sebab itu, kita akan belajar tentang dasar ontologi dari pendidikan matematika, dasar epistemologi dari pendidikan matematika, dan dasar axiologi dari pendidikan matematika, atau kombinasi dari dua atau ketiganya

    ReplyDelete
  18. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016
    Fondasi atau dasar matematika mencarikan status dan basis pendidikan matematika. Ernest (1994) menyatakan bahwa pendidikan matematika merupakan disiplin ilmu, area penemuan atau inquiry, area interdisiplin. Kemudian selanjutnya Ernest (1995) berpendapat bahwa aliran empirisme memandang hakekat matematika adalah pengambilan kesimpulan berdasarkan atas langkah-langkah empiris. Atau dengan kata lain dijelaskan bahwa matematika berasal dari pengalaman. Dimana pengalaman diperoleh karena mengamati, sehingga dalam pembelajaran matematika siswa diberi kesempatan untuk mengamati sesuatu.

    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Elegi diatas memuat pertanyaan-pertanyaan Paul Ernest yang berkaitan dengan dasar pendidikan matematika. Menurut Ernest sendiri matematika adalah ilmu tunggal salah satunya karena fungsi-fungsi mental adalah kolektif (misalnya kelompok pemecahan masalah). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa seluruh proses berfikir dan belajar dibentuk oleh pengalaman sosial yang dialami oleh setiap individu.

    ReplyDelete
  20. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...
    Elegi Menggapai "Foundation of Mathematics Education: The Guru of Ernest", dapat diketahui bahwa terdapat tiga hal mengenai fondasi matematika yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Dalam pendidikan matematika, kita diharuskan mengajar peserta didik agar mereka nyaman untuk belajar matematika. Dengan demikian mereka menjadi senang terhadap pelajaran matematika sehingga meningkatkan motivasi untuk tetap belajar. Hal ini dapat mendukung tercapainya prestasi belajar matematika. Selain itu yang paling penting adalah mereka harus menguasai dasar-dasar dalam pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  21. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Menurut Paul Ernest, belajar adalah membangun pengetahuan melalui komunikasi. Oleh karena itu pendidikan matematika harus membantu perkembangan konstruksi pengetahuan melalui keterkaitan aktif dan interaksi siswa. Menurut Ernest, matematika adalah pengetahuan yang dibangun (mathematical knowledge is constructed) bukan ditemukan (discovered). Filsafat matematika Ernest didasarkan pada asumsi bahwa kebenaran matematika tidak pernah sama sekali pasti.

    ReplyDelete
  22. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Filsafat pendidikan matematika menurut Ernest mencakup tiga hal, yaitu: 1. Tujuan dan nilai pendidikan matematika 2. Teori belajar 3. Teori mengajar.
    Tujuan pendidikan matematika hendaknya mencakup keadilan sosial melalui pengembangan demokrasi pemikiran kritis dalam matematika. Siswa seharusnya mengembangkan kemampuan yang mereka miliki untuk menganalisis masalah matematika. Pendidikan matematika hendaknya dapat menguatkan siswa, hal ini berarti siswa berfikir matematika dalam kehidupan sehari-hari serta mampu menggunakannya sebagai praktik penerapan matematika.

    ReplyDelete
  23. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Paul ernest mendeskripsikan apa yang menjadi dasar dari pendidikan matematika. Dari beberapa petanyaan mengenai dasar dalam pendidikan matematika diatas, dasar dalam pendidikan matematika adalah ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Bukan salah satunya saja tetapi ketiganya saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Ontologi pendidikan matematika membhas mengenai kenyataan yang ada dalam pendidikan matematika itu sendiri, epistemologi membahas yang berhubungan dengan hakikat. Sedangkan aksilogi membahas mengenai nilai etika dan estetika.

    ReplyDelete
  24. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Belajar menurut Paul Ernest adalah membangun komunikasi. Membangun komunikasi dalam pembelajaran matematika dibutuhkan skill guru yang tinggi agar siswa mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru sehingga siswa dapat dikatakan paham dalam pembelajaran matematika. Siswa yang belum paham juga sebaiknya berkomunikasi dengan baik agar saling memahami.

    ReplyDelete
  25. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Kant berpendapat bahwa matematika merupakan pengetahuan yang bersifat sintetik a priori dan merupakan cara berpikir logis yang salah atau benarnya dapat ditentukan tanpa mempelajari dunia empiris. Matematika murni merupakan cabang dari logika, konsep matematika dapat direduksikan menjadi konsep logika.

    ReplyDelete
  26. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Ilmu matematika adalah ilmu yang menuntut agar manusia berfikir kritis, kreatif, mampu melakukan abstraksi, menggunakan logikanya agar manusia tersebut mampu memecahkan masalah. Dengan melatih kemampuan pemecahan masalah yang ada dalam matematika, diharapkan manusia tersebut dapat menerapkan matematika untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menyampaikan matematika, diperlukan suatu metode dalam hal ini pembelajaran kepada para penuntut ilmu matematika, yaitu para siswa maupun mahasiswa. Banyak filsuf telah menggunakan matematika untuk membangun teori pengetahuan dan penalaran yang dihasilkan dengan memanfaatkan bukti-bukti matematika dianggap telah dapat menghasilkan suatu pencapaian yang memuaskan. Matematika telah menjadi sumber inspirasi yang utama bagi para filsuf untuk mengembangkan epistemologi dan metafisik.

    ReplyDelete
  27. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Aksiologi matematika sendiri terdiri dari etika yang membahas aspek kebenaran, tanggungjawab dan peran matematika dalam kehidupan, dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan. Jadi, jika ditinjau dari aspek aksiologi, matematika seperti ilmu-ilmu yang lain, yang sangat banyak memberikan kontribusi perubahan bagi kehidupan umat manusia di jagat raya nan fana ini. Segala sesuatu ilmu di dunia ini tidak bisa lepas dari pengaruh matematika.

    ReplyDelete
  28. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam buku nya, Ernest memandang matematika sebagai suatu konstruksi sosial. Hal ini didasarkan pada konvensionalisme yang mengakui bahwa manusia, aturan, dan kesepakatan berperan dalam membangun dan membenarkan matematika. Dalam catatan Sriraman, Ernest memberikan tiga alasan atas filosofi ini: pertama, pengetahuan linguistik yaitu sebagai kaidah dan aturan dasar untuk pengetahuan matematika; kedua, proses sosial antar personal diperlukan untuk mengubah pengetahuan subjektif matematika individu menjadi pengetahuan objektif yang bisa diterima secara universal; objektivitas dipahami sebagai sosial.

    ReplyDelete
  29. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi di atas memberikan pengetahuan baru mengenai pondasi pembelajaran matematika. Dari elegi di atas dapat disimpulkan bahwa pondasi pendidikan matematika menyajikan pembenaran mendapatkan status dan dasar bagi pendidikan matematika dalam hal ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Sehingga, kita hendaknya memiliki salah satu landasan-landasan tersebut atau kombinasi antara kedua/ketiganya.

    ReplyDelete
  30. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain itu, elegi di atas juga menyajikan berbagai pertanyaan mengenai proses pembelajaran, seperti “Apa dampak dari penelitian dalam pendidikan matematika pada disiplin ilmu lainnya? Dapatkah filsafat pendidikan matematika memiliki dampak pada praktek-praktek pengajaran dan pembelajaran matematika, pada penelitian dalam pendidikan matematika, atau disiplin lain?”. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sesungguhnya menjadi cerminan kita untuk selalu intropeksi dan berusaha memperbaiki proses pembelajaran yang ada.

    ReplyDelete
  31. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Jika kita dapat menjawab pertanyaan berikut ini maka kita dapat mengetahui status dan dasar dari pendidikan matematika.
    "Apa dasar pendidikan matematika sebagai bidang pengetahuan? Apakah pendidikan matematika adalah disiplin, bidang penyelidikan, area interdisipliner, domain aplikasi ekstra-disiplin, atau apa? Apa hubungannya dengan disiplin ilmu lain seperti filsafat, sosiologi, psikologi, linguistik, dll? Bagaimana kita bisa tahu dalam pendidikan matematika? Apa dasar klaim pengetahuan dalam penelitian dalam pendidikan matematika? Metode dan metodologi penelitian apa yang dipekerjakan dan apakah dasar dan status filosofis mereka? Bagaimana komunitas penelitian pendidikan pendidikan menilai klaim pengetahuan? Standar apa yang diterapkan? Apa peran dan fungsi peneliti dalam pembelajaran matematika? Bagaimana status teori dalam pendidikan matematika? Apakah kita sesuai teori dan konsep dari disiplin lain atau 'tumbuh sendiri'? Bagaimana perkembangan filsafat modern berdampak pada pendidikan matematika? Apa dampak penelitian dalam pendidikan matematika tentang disiplin ilmu lainnya? Dapatkah filsafat pendidikan matematika memiliki dampak pada praktik pengajaran dan pembelajaran matematika, penelitian tentang pendidikan matematika, atau disiplin lainnya? "

    ReplyDelete
  32. Keyakinan seseorang guru matematika terhadap matematika dan proses belajar mengajarnya akan berpengaruh terhadap apa yang akan dilakukannya dalam mengajar. Guru yang berpandangan instrumentalis akan mengatakan bahwa matematika adalah suatu himpunan dari aturan dan fakta yang tidak saling terkait tetapi bermanfaat maka dampaknya dalam pengajaran guru menekankan pada kemampuan penguasaan materi dengan hasil yang baik. Guru yang berpandangan platonis bahwa matematika sesuatu yang monolit, produk yang bersifat statik dan kekal maka dampaknya dalam pengajaran, guru akan menekankan pada pemahaman konsep dengan menyatukan pengetahuan. Guru yang berpandangan problem solving bahwa matematika merupakan suatu proses pencarian dan sampai pada mengetahui sehingga terjadi penambahan pengetahuan maka dampaknya dalam pengajaran, guru akan berperan sebagai fasilitator, yaitu menekankan pada problem posing and solving.

    ReplyDelete
  33. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    P.Mat D S2 2016

    Dari pertanyaan apa peran penelitian dalam matematika? mungkin jawabannya dikarenakan dalam pembelajaran matematika keadaaan / suasana pembelajaran terjadi masalah-masalah yang sangat kompleks sehingga dari penelitian ini dapa menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam kegiatan pembelajaran matematika ini. Bisa jadi dalam penelitian menghasilkan metode tertentu, stategi tertentu, bahkan perangkat tertentu yang dapan membantu pendidik dalam sebuah pembelajaran.

    ReplyDelete
  34. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada merupakan sesuatu yang berhirarki, begitu pula dengan matematika. Fondasi dari pendidikan matematika merupaan ontologi, epistimologi, dan aksiologi dari pendidikan matematika itu sendiri. Ketika kita ingin benar-benar mengerti mengenai apa yang menjadi pondasi dari pendidikan matematika maka kita harus mempelajari tiga hal tersebut.

    ReplyDelete
  35. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Beberapa pertanyaan dari Paul Ernest terkait dengan pendidikan matematika. dari uraian di atas, munculah suatu gagasan mengenal pendidikan matematika, landasan matematika meliputi aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi. Sehingga kita akan memiliki landasan ontologis studi matematika pendidikan, landasan epistemologis pendidikan matematika dan landasan aksiologis pendidikan matematika, atau kombinasi antara dua atau di antara ketiganya.

    ReplyDelete
  36. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Fondasi matematika yang yang selama ini kita kenal dalam bentuk landasan dasar ontologi, epistemologi dan aksiologi pendidikan matematika berawal darii pertanyaan-pertanyaan Ernest dalam mencari status dari landasan yang menjaadi dasar dalam matematika. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Ernest mengenai landasan atau dasar dari matematika ini melahirkan landasan pendidikan matematika yang sering kita pelajari dalam memahami filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete