Apr 5, 2013

Elegi Menggapai "Foundation of Mathematics Education: The Guru of Ernest"




By Marsigit
Yogyakarta State University

The foundation of mathematics searches the status and the basis of mathematics education. Paul Ernest (1994) delivered various questions related to the foundation of mathematics education as follows:
“What is the basis of mathematics education as a field of knowledge? Is mathematics education a  discipline, a field of enquiry, an interdisciplinary area, a domain of extra-disciplinary applications, or what? What is its relationship with other disciplines such as philosophy, sociology, psychology, linguistics, etc.? How do we come to know in mathematics education? What is the basis for knowledge claims in research in mathematics education? What research methods and methodologies are employed and what is their philosophical basis and status? How does the mathematics education research community judge knowledge claims? What standards are applied? What is the role and function of the researcher in mathematics education? What is the status of theories in mathematics education? Do we appropriate theories and concepts from other disciplines or ‘grow our own’? How have modern developments in philosophy (post-structuralism, post-modernism, Hermeneutics, semiotics, etc.) impacted on mathematics education? What is the impact of research in mathematics education on other disciplines? Can the philosophy of mathematics education have any impact on the practices of teaching and learning of mathematics, on research in mathematics education, or on other disciplines?”

It may emerge the notions that the foundation of mathematics education serves justification of getting the status and the basis for mathematics education in the case of its ontology, epistemology and axiology. Hence we will have the study of ontological foundation of mathematics education, epistemological foundation of mathematics education and axiological foundation of mathematics education; or the combination between the two or among the three.

References:
Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved

6 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dasar dalam pendidikan matematika ialah ontologi, epistemologi dan aksiologi. Landasan dalam pendidikan matematika inilah yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Paul Ernest seperti pertanyaan apa dasae dari pendidikan matematika jika dipandang sebagai bidang pengetahuan? Apa standar yang diterapkan dalam matematika? Dan lain sebagainya. Dengan demikian ontologi digunakan untuk menerima kenyataan dalam matematika, epistemologi diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang objek kajiannya merupakan ide sedangkan aksiologi membahas mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam matematika (etika dan estetika)

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dari artikel, Paul Ernest muncul berbagai pertanyaan terkait dengan pendidikan matematika. Pertanyaan ini muncul ide bahwa dasar pendidikan matematika menyajikan kebenaran ontologi, epistemologi dan aksiologi. Oleh karena itu, yayasan atau dasar pendidikan matematika merupakan kombinasi dari dasar kedua atau ketiga.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam pendidikan matematika, kita diharuskan mengajar peserta didik agar mereka nyaman untuk belajar matematika. Dengan demikian mereka menjadi senang terhadap pelajaran matematika sehingga meningkatkan motivasi untuk tetap belajar. Hal ini dapat mendukung tercapainya prestasi belajar matematika. Selain itu yang paling penting adalah mereka harus menguasai dasar-dasar dalam pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pondasi dari matematika adalah menyelidiki keadaan dasar dari pendidikan matematika seperti yang telah disampaikan oleh Paul Ernest (1994) mengenai berbagai pertanyaan terkait pendidikan matematika sehingga memunculkan gagasan bahwa pondasi pendidikan matematika menyajikan pembenaran untuk mendapatkan status dan dasar untuk pendidikan matematika dalam hal ontologi, epistemologi dan aksiologi. Imanuel Kant menyamakan pengalaman dengan beberapa argumen pengalaman adalah kognisi empiris.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Landasan dasar dalam pendidikan matematika tidak terlepas dari 3 aspek kajian filsafat yaitu ontologi, epistimologi, dan aksiologi. Berdasarkan pandangan filsafat, ontologi pendidikan matematika mengkaji bagaimana mencari inti yang yang cermat dari setiap kenyataan yang ditemukan, membahas apa yang kita ingin ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu, menyelidiki sifat dasar dari apa yang nyata secara fundamental.
    Kemudian secara epistemologi pendidikan matematika ditinjau dari aspek epistemologinya merupakan pengetahuan tentang pendidikan matematika. Bagaimana sebenarnya pendidikan matematika di sekolah-sekolah yang dapat diketahui melalui eksperimen, pengamatan, pengamalan dan penelitian. Mencakup berbagai hal yang sangat luas yaitu tentang matematika, psikologi belajar, kemampuan mengajar, dan seterusnya.
    Dan aksiologi pendidikan matematika adalah tujuan matematika sekolah. Untuk apa matematika diajarkan di sekolah. Dan apa yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete