By Marsigit
Yogyakarta State University
The foundation of mathematics searches the status and the basis of mathematics education. Paul Ernest (1994) delivered various questions related to the foundation of mathematics education as follows:
“What is the basis of mathematics education as a field of knowledge? Is mathematics education a discipline, a field of enquiry, an interdisciplinary area, a domain of extra-disciplinary applications, or what? What is its relationship with other disciplines such as philosophy, sociology, psychology, linguistics, etc.? How do we come to know in mathematics education? What is the basis for knowledge claims in research in mathematics education? What research methods and methodologies are employed and what is their philosophical basis and status? How does the mathematics education research community judge knowledge claims? What standards are applied? What is the role and function of the researcher in mathematics education? What is the status of theories in mathematics education? Do we appropriate theories and concepts from other disciplines or ‘grow our own’? How have modern developments in philosophy (post-structuralism, post-modernism, Hermeneutics, semiotics, etc.) impacted on mathematics education? What is the impact of research in mathematics education on other disciplines? Can the philosophy of mathematics education have any impact on the practices of teaching and learning of mathematics, on research in mathematics education, or on other disciplines?”
It may emerge the notions that the foundation of mathematics education serves justification of getting the status and the basis for mathematics education in the case of its ontology, epistemology and axiology. Hence we will have the study of ontological foundation of mathematics education, epistemological foundation of mathematics education and axiological foundation of mathematics education; or the combination between the two or among the three.
References:
Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.
Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved
Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved
Yuntaman Nahari
ReplyDelete18709251021
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Dalam elegi diatas, memuat pertanyaan-pertanyaan dari Paul Ernest yang dapat membuka pikiran kita dalam hal pembelajaran matematika. Pertanyaan-pertanyaan itu mengacu pada pertanyaan ontologi, epistemologi, dan aksiologi yang berkaitan dengan pondasi atau dasar pendidikan matematika. Ontologi membahas hakikat kenyataan berdasarkan logika yang ada. Epistemologi membahas bagaimana cara mendapatkan pengetahuan. Dan aksiologi membahas bagaimana cara mengimplementasikan pengetahuan yang telah didapatkan. Pendidik diharapkan termotivasi untuk terus menggali makna pendidikan matematika agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.
Amalia Nur Rachman
ReplyDelete18709251042
S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018
Dari elegi diatas dapat kita ketahui bahwa fondasi ontologi dalam pendidikan matematika terkait dengan apa yang ada di sekitar kita, sedangkan fondasi epistemologi dalam pendidikan matematika yaitu mengenai penggunaan metode/pendekatan/strategi pembelajaran matematika, dan fondasi aksiologis dalam pendidikan matematika mengenai sikap menghargai kegunaan matematika dalam realitanya. Maka dari itu, dari elegi di atas dapat diambil bahwa dasar pendidikan matematika dipelajari melalui fondasi ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Hal ini juga berlaku pada bidang ilmu lainnya
Nani Maryani
ReplyDelete18709251008
S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Berdasarkan elegi di atas, Paul Ernest mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pondasi pendidikan matematika. Pertanyaan-pertanyaan tersebut secara tidak sengaja dapat membuka pikiran kita bahwa untuk mencapai tujuan pembelajaran, kita sebagai pendidik harus memahami dasar, hakikat, dan pondasi dari pendidikan matematika terlebih dahulu bahwa sebenarnya pendidikan matematika memiliki pondasi ontologi, epistemologi, dan aksiologi yang perlu untuk dipelajari.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Fany Isti Bigo
ReplyDelete18709251020
PPs UNY PM A 2018
Berdasarkan elegi menggapai yayasan pendidikan matematika : The Guru Ernest terdapat tiga hal yang berkaitan dengan fondasi matematika yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Seperti yang telah disampaikan oleh paul ernest (1994) tentang berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan pendidikan matematika memunculkan gagasan bahwa fondasi pendidikan matematika menyajikan pembenaran untuk mendapatkan status dan dasar untuk pendidikan matematika, yaitu dalam hal ontologi, epistemologi dan aksiologi.
Janu Arlinwibowo
ReplyDelete18701261012
PEP 2018
Filsafat pendidikan matematika memiliki dasar ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Ketiganya memiliki kaitan erat sehingga dapat saling mempengaruhi. Untuk menjadi guru yang baik maka kita harus memahami pondasi pendidikan matematika tersebut.
Rindang Maaris Aadzaar
ReplyDelete18709251024
S2 Pendidikan Matematika 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Berdasarkan elegi untuk menggapai fondasi pendidikan matematika dari Ernest, dapat kita ketahui bahwa bisa saja muncul adanya gagasan bahwa pondasi pendidikan matematika untuk melayani pembenaran dengan cara mendapatkan status dan dasar pendidikan matematika dalam kasus ontologi, epistemologi dan aksiologi. Oleh karena itu, pendidikan matematika harus memiliki 3 dasar tersebut seperti memiliki studi tentang landasan ontologis pendidikan matematika, landasan epistemologis pendidikan matematika dan landasan aksiologis pendidikan matematika. Namun hal tersebut bisa saja merupakan kombinasi antara 2 dasar atau bisa saja antara ketiganya sekaligus.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Luthfannisa Afif Nabila
ReplyDelete18709251031
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Dasar Pendidikan Matematika sebagai bidang pengetahuan adalah matematika menjadi dasar bagi pengetahuan lain. Pendidikan Matematika berhubungan dengan disiplin ilmu yang lain seperti filsafat, sosiologi, psikologi, linguistic, dan lainnya. Filsafatnya matematika ya matematika itu sendiri. Sosiologinya matematika mempelajari bagaimana matematika berperan secara sosial dalam kehidupan sehari-hari. Psikologinya matematika mempelajari bagaimana kondisi psikologis dalam mempelajari matematika, bagaimana tingkah lakunya, dan bagaimana cara menyikapinya. Linguistiknya matematika adalah penggunaan Bahasa dalam matematika itu sendiri.
Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Aizza Zakkiyatul Fathin
ReplyDelete18709251014
Pps Pendidikan Matematika A
Dari elegi ini memuat pertanyaan-pertanyaan dari Paul Ernest mengenai Foundation of Mathematics Education. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk mengetahui foundation of mathematics education yaitu kita harus memahami ontologi, epistemology, dan aksiologi dari pendidikan matematika. Hal ini penting untuk diketahui oleh guru matematika agar dalam pembelajaran matematika di sekolah bisa memberikan atau melayani siswa dengan baik.
Jefri Mailool
ReplyDeletePEP 18701261002
Matematika sebagai sebuah disiplin ilmu dapat dilihat dari ketiga aspek yang terkandung di dalamnya yaitu aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi. apa yang dikaji dalam matematika, menyangkut objek formal maupun materialnya, bagaimana sifat keilmuannya, dan apa manfaat/fungsinya bagi kahidupan ini? itu semua dapat dijawab dari ketiga aspek dimaksud (ontologi, epistemologi, dan aksiologi).
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Dari pertanyaan pertanyaan yang diajukan oleh Paul Ernest, kita dapat melakukan refleksi terhadap pembelajaran matematika yang telah kita lakukan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan umpan untuk kita selalu melakukan refleksi terhadap pembelajaran matematika sehingga kita akan terus memperbaiki pembelajaran yang telah kita lakukan.
Dini Arrum Putri
ReplyDelete18709251003
S2 P Math A 2018
Paul ernest mengungkapkan sebuah pondasi dalam pendidikan matematika. Bahwa seorang guru perlu memahami ontologi, epistomologi dan aksiologi pendidikan sebagai dasar dalam mengajar. Metode pendekatan atau model perlu dipelajari dan diketahui oleh para pendidik agar tujuan pembelajaran di sekolah itu sendiri dapat tercapai.
Totok Victor Didik Saputro
ReplyDelete18709251002
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Selamat siang Prof.
Dalam artikel diatas, pertanyaan-pertanyaan yang muncul merupakan buah pikiran mengenai dasar dari pendidikan matematika. Rasa ingin tahu ini membuka pikiran sehingga menghasilkan solusi pemecahan masalah dalam pendidikan matematika. Aspek-aspek pendukung dan pelengkap dalam pendidikan matematika diharapkan mampu diperoleh dengan pertanyaan-pertanyaan ini. Artinya diperlukan timbal balik dan tindakan dalam mewujudkan dasar dari pendidikan matematika itu sendiri. Terima kasih.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSeptia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 pendidikan matematika 2018
Elegi diatas memuat pertanyaan-pertanyaan dari Paul Ernest tentang the foundation of mathematics. Notion dalam matematika menyatakan bahwa basis dari matematika adalah aksiologi, epistimologi, dan ontologi. Matematika merupakan dasar dari ilmu pengetahuan. Sedangkan dasar dari matematika adalah matematika itu sendiri. Matematika dipelajari dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih kompleks. Matematika dasar dipelajari oleh anak di sekolah, sedangkan matematika kompleks dipelajari oleh mahasiswa di perguruan tinggi.
Sintha Sih Dewanti
ReplyDelete18701261013
PPs S3 PEP UNY
Penerapan filsafat dalam pembelajaran secara tidak langsung akan mempengaruhi proses belajar mengajar, yaitu pembelajaran matematika akan berjalan dengan efektif dan efisien. Filsafat memberikan keuntungan bagi kita semua pendidik dan peserta didik. Bagi pendidik, dengan adanya filsafat, pendidik akan lebih memahami karakter dari peserta didiknya. Belajar filsafat berkaitan dengan pola pikir, sehingga pendidik dapat mengetahui sejauh mana pola pikir peserta didiknya dalam memahami matematika. Selain itu, pendidikan karakter yang meliputi material, formal, normatif dan spiritual juga masuk di dalamnya. Keempat faktor tersebut merupakan salah satu peran filsafat dalam pembelajaran di sekolah.
Rosi Anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr wb
Fondasi dalam pendidikan salah satunya adalah fondasi ontologi. Objek telaahan ontologi adalah yang ada, yaitu ada individu, ada umum, ada terbatas, ada tidak terbatas, ada universal, ada mutlak, termasuk kosmologi dan metafisika dan ada sesudah kematian maupun sumber segala yang ada, yaitu Tuhan Yang Maha Esa, pencipta dan pengatur serta penentu alam semesta.
Yoga Prasetya
ReplyDelete18709251011
S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
Elegi di atas memiliki berbagai pertanyaan mengenai dasar pendidikan matematika. Pertanyaan yang diungkapkan oleh Ernest menjadi refleksi ataupun tolak ukur bagi kita terhadap pendidikan matematika yang kita pelajari. Hakekatnya dalam pendidikan matematika memiliki dasar ontology, epistomologi dan aksiologi. Dasar tersebut menjadi motivasi bagi kita selalu meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran matematika.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Pertanyaan-pertanyaan Paul Ernest memunculkan fondasi pendidikan matematika. Berdasarkan elegi ini, fondasi pendidikan matematika ialah mendapatkan status dan dasar bagi pendidikan matematika dalam ontologi, epistemologi, dan aksiologinya serta kombinasi dua dari ketiga aspek tersebut. Ontologi merupakan hakikat, sedangkan epistemologi adalah metode, dan aksiologi adalah etik dan estetikanya. Maka fondasi pendidikan matematika didapatkan dari hakekat pendidikan matematika, metode pendidikan matematika, dan etik dan estetika pendidikan matematika, atau kombinasinya.
Herlingga Putuwita Nanmumpuni
ReplyDelete18709251033
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Setelah membaca elegi di atas saya mengetahui jika Paul Ernest (1994) menyampaikan berbagai pertanyaan terkait dengan dasar pendidikan matematika diantaranya: “Apa dampak penelitian dalam pendidikan matematika pada disiplin ilmu lain? Bisakah filosofi pendidikan matematika berdampak pada praktik mengajar dan belajar matematika, penelitian dalam pendidikan matematika, atau pada disiplin ilmu lain?". Menurut saya pribadi penelitian dalam pendidikan matematika berdampak pada disiplin ilmu lain, karena faktanya matematika memiliki koneksi dengan beberapa ilmu lainnya. Contohnya saja kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik dapat dikatakan sebagai salah satu faktor yang mempengerahi seseorang menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Endah Kusrini
ReplyDelete18709251015
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Untuk menjadi seorang guru matematika yang baik, seseorang harus benar-benar memahami dasar ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari matematika, pendidikan, maupun pendidikan matematika. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh Paul Ernest tersebut dapat menjadi acuan kita untuk mempelajari dasar ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari matematika, pendidikan, maupun pendidikan matematika secara lebih mendalam.
Nur Afni
ReplyDelete18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Elegi ini berisi pertanyaan-pertanyaan paul ernest tentang gagasan bahwa dasar pendidikan matematika melayani pembenaran untuk mendapatkan status dan dasar untuk pendidikan matematika dalam kasus ontologi, epistemologi dan aksiologi. Oleh karena itu kita akan memiliki studi dasar ontologis pendidikan matematika, dasar epistemologis pendidikan matematika dan dasar aksiologis pendidikan matematika; atau kombinasi antara keduanya atau di antara ketiganya. terimakasih
Dita Aldila Krisma
ReplyDelete18709251012
PPs Pendidikan Matematika A 2018
Matematika da ratu dan pelayan ilmu pengetahuan. Sebab, matematika merupakan ilmu yang mendasari dan melayani berbagai ilmu pengetahuan lainPada proses mempelajri matematika kita dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis, analitis, dan sistematis hingga akhirnya kita dapat melakukan problem solving. Banyka hal dari ilmu matematika yang berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.
Atin Argianti
ReplyDelete18709251001
PPs PM A 2018
Berdasarkan postingan elegi tersebut bahwa pendidikan matematika berpondasi pada ontology, epistemology, dan aksiologi mengenai pembelajaran matematika bahaimana metodenya, strateginya, dan pendekatannya. Ontology, epistemology, dan aksiologi tidak hanya sebagai pondasi pendidikan matematika saja tetapi juga ilmu pengetahuan yang lain. Ketiganya perlu dipelajari secara mendalam agar kita dapat menanamkan konsep yang benar mengenai apa yang akan kita pelajari.
Ahmad Syajili
ReplyDelete19709251066
S2 PMD 2019
Assalamualaikum wr.wb
Dari elegi ini saya memahami bahwa terdapat banyak pertanyaan dari Paul Ernest yang terkait dengan dasar pendidikan matematika, dimana pertanyaan-pertanyaan tersebut berkaitan dengan pondasi atau landasan pendidikan matematika.
Maka untuk memahami dasar dari pendidikan matematika bisa didapatkan dari ontologi, epistemologi dan axiologinya. Ontologi adalah yang membahas tentang hakekat yang terdapat pada kenyataan dan berdasarkan kepada logika yang ada. Epistemologi adalah yang membahas tentang bagaimana cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tersebut. Sedangkan axiologi adalah yang membahas bagaimana cara untuk menggunakan ilmu pengetahuan tersebut. Jadi, dalam mempelajari pendidikan matematika diperlukan ketiga hal tersebut.
Jewish Van Septriwanto
ReplyDelete19709251077
S2 Pendidikan Matematika 2019 kelas D
TERIMA KASIH PROF.
Beberapa pertanyaan yang ada pada tulisan ini merupakan gambaran pertanyaan sebagian besar seseorang yang memperdalam matematika dan filsafat. Dari elegi diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pondasi yang juga dipelajari dalam filsafat seperti ontologi, epistomologi, dan aksiologi. Hal ini dilakukan untuk menyajikan pembenaran mendapatkan status dan dasar bagi pendidikan matematika