Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 42: Mengubah Mitos menjadi Logos




Elegi singkat ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan Sdri Ninda Argafani tentang bagaimana mengubah Mitos menjadi Logos. 


Oleh Marsigit

Ego dan Determinist bisa menyebabkan kita menjadi Berhenti.

Berhenti berarti Mitos.

Mitos berarti Sombong.

Sombong berarti Syaitan.

Jadi Ego dan Diterminist sangat berpotensial untuk menjadi makanan dan kendaraan para Syaitan. Naudzubilah mindzalik.

Maka untuk mengubah Mitos menuju Logos, salah satu caranya adalah meluruhkan Ego dan Determinist kita, seraya tawakal kepada Allah SWT.

Ego dan Determinist ku tidak berdaya menghadapi fenomena Politik berlevel Nasional misalnya kasus Korupsi.

Apa pula yang bisa aku perbuat menghadapi para Koruptor Nasional.

Ternyata Ego dan Deterministku tidak mampu berbuat apa-apa menghadapi Koruptor Besar. Lalu apa pula yang bisa Aku sombongkan?

Padahal Ego dan Determinist berelasi dengan yang ada dan yang mungkin ada yang berdimensi Ruang dan Waktu.

Namun Hatiku mengatakan bahwa setiap yang ada dan yang mungkin ada yang aku hadapi ternyata adalah Rakhmat bagi diriku.

Hanya Logoslah yang mampu mengubah Bencana menjadi Rakhmat.

LogosKu aku peroleh dengan cara meluruhkan EgoKu dan DeterminisKu.

LogosKu lah yang akan menuntun aku untuk Sopan dan Santun terhadap Ruang dan Waktu.

Tetapi jika aku masih mengatakan Ku pada LogosKu, maka Ego serta merta bangkit kembali dan berubah wujud menjadi Kesombongan.

Aku menemukan bahwa setiap Kesombongan itu akan terlempar dan tercampakkan ke dalam panasnya Api Neraka.

Sombong adalah perbuatan Syaitan yaitu perbuatan dosa pertama dan terberat.

Aku menemukan bahwa Kesombongan itu telah, sedang dan akan membakar habis segala amal kebaikan; merubah segala kebaikan menjadi keburukan. Naudzubilah mindzalik.

Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk.

Hanya Rakhmat dan Hidayah Nya lah yang mampu menghilangkan ke AKU an ku.

Hanya dengan pertolongan Allah SWT sajalah aku mampu menghilangkan keSombonganku.

Aku menemukan bahwa ternyata setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT.

Dengan Ilmu Allah SWT itulah harapannya kita bisa menghadapi segala persoalan Dunia dan Akhirat.

Maka teguhkanlah Hatimu, dan tetapkanlah Hatimu sebagai komandanmu agar senantiasa engkau mendapatkan Rakhmat, Hidayah dan Keselamatan Dunia dan Akhirat. Amin.

Wss Wr Wb

87 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Elegi tersebut tentang mengubah mitos menjadi logos itu memanag perlu usaha memang agak sulit, kita tahu bahwa Ego dan Determinist bisa menyebabkan kita menjadi Berhenti.Berhenti berarti Mitos.Mitos berarti Sombong.Sombong berarti Syaitan.Jadi Ego dan Diterminist sangat berpotensial untuk menjadi makanan dan kendaraan para Syaitan. Naudzubilah mindzalik. Maka untuk mengubah Mitos menuju Logos, salah satu caranya adalah meluruhkan Ego dan Determinist kita, seraya tawakal kepada Allah SWT. Maka kita dapat mengubah mitos menjadi logos dengan cara menghilangkan sifat ego dan determinist kita dan selalau bertawala kepada Allah.

    ReplyDelete
  2. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari elegi ini dapat disimpulkan bahwa mengubah mitos menjadi logos adalah pertama-tama dengan menghilangkan ego kita yang menyebabkan kita berhenti, dimana berhenti itu merupakan kesombongan itu adalah syaitan selain itu kita juga harus menjauhkan diri kita dari kesombongan.

    ReplyDelete
  3. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Menjadi seorang manusia itu hendaklah menghilangkan sifat ego, karena itu bisa menyebabkan kita tidak menerima sesuatu dari orang lain. Hal tersebut bisa membuat kita jadi sombong, seakan-akan kita telah menyamai setan. Kita harus bisa meluruhkan ego kita. Itu adalah syarat untuk bisa mengenal mitos kita dan selanjutnya bisa mengubahnya menjadi sebauh logos. Agar apa yang kita katakan tidak hanya menjadi mitos tetapi juga menjadi logos maka harus diberikan landasan teori dan pembuktiannya. Mari pendapat yang kita sampaikan bukan hanya mitos tetapi agar benar-benar menjadi logos.

    ReplyDelete
  4. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Filsafat mengenalkan empat dimensinya yang seharusnya kita pahami dalam kehidupan ini. Ke empat dimensi tersebut yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Dalam menjalankan hidup ini kita harus memaknai keempat dimensi dengan sebaik-baiknya. Yang paling tinggi itu adalah spiritual. Kita hrus memahami spiritual dengan sebaik-baiknya supaya menjadi manusia yang selamat di dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  5. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Ketika merasa telah mencapai sesuatu dalam hidup terkadang sombong akan menyertai diri manusia. Oleh karena itu kiranya kita tetap menggapai logos dan tidak terjebak hanya dengan berhenti pada mitos maka hendaknya kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar dihindarkan dari sifat sombong dan diteguhkan hati agar selalu tetap berusaha untuk mencapai logos dengan mengubah mitos-mitos yang ada dengan segala kemampuan yang dimiliki. Agar senantiasa menggali potensi diri agar dapat menggapai logos seutuhnya.

    ReplyDelete
  6. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Alhamdulillah saya bertemu elegi ini. Karena selama ini say berpikir, bagaimana caranya mengubah mitos menjadi logos?. Disini jawabannya.Salah satu makanan setan yang berpotensial untuk membuat manusia tergoda adalah ego dan determinist. Untuk mengubah mitos menajdi logos maka kita harus meluruhkan ego dan determinist kita disertai dengan tawakal kepada Allah. Ego dan determinist menyebabkan kesombongan, dan hanya dengan pertolongan Allah lah yang dpaat menghilangkan kesombongan. Maka mari kita teguhkan hati, dan menjadikan hati sebagai komandan atas setiap perbuatan kita.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Sebenar-benarnya yang menolong ketika kita kebingungan ialah dengan berdo’a kepada Allah SWT. Sifat ego ada dalam kehidupan manusia, ego berasal dari hati dan pikiran kita yang tidak bisa menerima kenyataan yang ada baik kenyataan untuk diri sendiri maupun yang dialami oleh orang lain. Ego dapat menimbulkan kesombongan manusia dan bisa-bisa syeitan akan datang kepada kita. Kita harus selalu berusaha agar apa yang kita inginkan tidak menjadi mitos maka kita harus berusaha agar dapat menjadi logos dengan sungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Keegoan dan ditermist seseorang merupakan ladang syeitan untuk menggoda manusia, hanya saja manusia akan benar-benar tergoda atau akan mengalahkan bujuk rayu syeitan. Kesempatan yang sekecil apapun akan dimanfaatkan oleh syeitan dalam menggoda manusia agar lupa akan kewajibannya untuk meraih surga, kita jangan pernah mau kalah. Syeitan saja bisa memanfaatkan waktu senggang kita, apalagi kita harusnya kita dapat memanfaatkan waktu-waktu senggang kita untuk hal-hal mendekatkan diri kepada Allah SWT dan terjauh dari logos.

    ReplyDelete
  9. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sifat yang berbahaya dalam diri manusia adalah kesombongan. Jika manusia mengejar ambisi dan engabaikan doa dan sang pencipta maka akan menjadi sombong akan ilmunya. Sebaik-baiknya manusia adalah ia yag bermanfaat bagi orang sekitar, ketika sudah mencapai ambisi atau tujuan atas ilmu maka gunakanlah ilmu itu dalam bermasyarakat agar dijauhkan dari penyakit hati yaitu sombong.

    ReplyDelete
  10. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Ego dan determinis menunjukkan mitos yang ada dalam pribadi kita, untuk mengubah mitos menjadi logos kita harus meluruhkan sikap ego dan determinis tersebut dengan memohon pertolongan kepada Tuhan sehingga senantiasa mendapat hidayah dan mendapatkan keselamatan dunia dan ahkirat.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Logos dan mitos adalah dua hal yang terus ada dalam kehidupan manusia. Saat mencari ilmu manusia sedang berusaha menggapai logos. Namun, ketika manusia tersebut puas dan berhenti, maka sebenar-benarnya logos telah berubah menjadi mitos. Berhenti adalah mitos, berhenti membangun kesombongan, dan kesombogan merupakan tipu daya iblis. Hanya pertolongan Tuhan yang dapat mengubah kesombongan menjadi keihklasan. Maka teruslah berserah pada Tuhan.

    ReplyDelete
  12. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tak jarang di lingkungan kita sering menemukan adanya mitos. Mitos merupakan keyakinan dari zaman dahulu yang biasanya tidak masuk akal. Mitos tersebut biasanya akan memberikan sugesti kepada orang-orang di sekelilingnya. Dengan sugesti tersebut orang dapat dengan mudah untuk percaya yang akan mempengaruhi tingkah laku, sikap, dan keyakinan seseorang. Hal ini sungguh memberikan efek negatif, bahkan dapat membuat orang merasa takut yang amat mendalam dan tak berani melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  13. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Syirik terbagi menjadi dua macam, yaitu syirik besar dan syirik kecil. Syirik besar yaitu perbuatan yang secara terang-terangan menyekutukan Allah. Sedangkan syirik kecil biasanya dilakukan oleh umat Islam sendiri seperti bersumpah kepada selain Allah, menggantungkan jimat, mantra, sihir, ramalan, riya. Mempercayai mitos itu termasuk syirik kecil. Kita buang jauh-jauh dari benak kita mengenai hal-hal di luar kekuasaan Allah swt. sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa nama-nama Allah dengan jelas menyatakan sifat-sifat-Nya yang sempurna secara mutlak.

    ReplyDelete
  14. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Allah swt berfirman dalam Q.S As-Syura: “Tidak ada sesuatupun yang menyerupainya, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” Ayat tersebut jelas menerangkan bahwa Allah swt mengetahui segala apa yang kita perbuat termasuk hal yang batil. Oleh karena itu, dalam melakukan sesuatu kita harus berpegang teguh pada hukum dasar Islam, difilter terlebih dahulu, dan menjaga keimanan hati kita. Semoga kita tergolong hamba yang mendapat lindungan-Nya yang senantiasa berada di jalan-Nya. Amiin ya Rabbal ‘alamiin.

    ReplyDelete
  15. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Mitos adalah sesuatu yang telah mengakar pada kepercayaan manusia pada umumnya. untuk mengubah mitos menjadi logos, mungkin tidak mudah dalam hal ini. karena para orang tua selalu mengingatkan hal yang mengandung mitos ini kepada ank-anknya, dan akhirnya menurun kepada ananknya, dan begitu pula seterusnya. namun dengan cara memahami arti mitos sebenarnya, mungkin bisa dirubah menjadi suatu pengetahuan tapi dilakukan oleh orang yang mempunyai ilmu pengetahuan yang sudah bisa dipercaya dan diandalkan sehingga bisa membuktikan bahwa mitos ini benar-benar bisa dirubah, dan harus mempunyai dasar-dasar dalam melaksanakan. maka perbanyaklah ilmu, gapailah logos se tinggi mungkin agar mitos dapat dirubah menjadi logos dan dapat membuka pola pikir masyarakat yang percaya akan mitos.

    ReplyDelete
  16. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ritual ikhlas 42 tentanf mengubah mitos menjadi logos. Elegi ini menyampaikan kepada kita bahwasanya Ego dan Determinist akan membuat kita berhenti belajar, hal tersebut membuat kita hanya memiliki mitos, sedang mitoa artinya sombong, darisana timbul makanan syaitan. Jika kita biarkan hati kita akan kotor dan syaitan akan betah untuk mengganggu kedamaian hati kita.
    hilangkan ego dan determinis dari diri kita karena setinggi tingginya ilmu sejatinya logos absolut yaitu ilmu Allah SWT. Dengan ilmu Allah harapannya kita dapat menyelesaikan masalah di dunia dan akhirat

    ReplyDelete
  17. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hal yang menarik, kalimat yang berkesan ketika dibaca dalam elegi ini menurut saya adalah
    Aku menemukan bahwa Kesombongan itu telah, sedang dan akan membakar habis segala amal kebaikan; merubah segala kebaikan menjadi keburukan. Naudzubilah mindzalik.
    Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk.
    Hanya Rakhmat dan Hidayah Nya lah yang mampu menghilangkan ke AKU an ku.
    Hanya dengan pertolongan Allah SWT sajalah aku mampu menghilangkan keSombonganku.
    Dari petikan kalimat tersebut kita tau bahwa kita harus terus berikhtiar, berdoa dan bertawakal untuk memperoleh rahmat Allah SWT agar selalu dilindungi dan dihindarkan dari sikap sombong yang akan menghapuskan kebaikan kebaikan yang telah kita kerjakan.

    ReplyDelete
  18. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk dapat mengubah mitos menjadi logos, maka kita perlu meluruhkan Ego dan Determinist kita seraya tawakal kepada Allah SWT. Karena Ego dan Determinist kita berpotensi menjadi makanan dan kendaraan setan. Mengubah mitos menjadi logos sangatlah penting karena mitos berarti sombong padahal sombong sangatlah dibenci Allah, tidak akan masuk surga orang yang berjalan dimuka bumi dengan kesombongan.selain itu mengubah mitos menjadi logos penting karena logos mampu mengubah bencana menjadi rahmat. Dengan adanya logos kita dapat menjadi sopan pada ruang dan waktu. Dan setinggi tingginya logos adalah logos absolut yaitu Ilmu Allah.

    ReplyDelete
  19. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Sombong adalah mitos. Untuk menghilangkan mitos dalam diri ini dan mengubahnya menjadi logos, maka kita perlu bertawakal kepada Sang Khalik. Jauh dari kesombongan merupakan salah satu caranya. Kesombongan hanya membuatmu jatuh ke jurang yang menyakitkan. Menyakitkan pikiran, hati, dan orang disekelilingmu. Maka sedikit demi sedikit bertransformasi mitos menjadi logos.

    ReplyDelete
  20. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pelajaran yang dapat saya ambil adalah bahwa mengubah pikiran merupakan perubahan mitos menjadi logos dengan bantuan yaitu kepercayaan kepada Allah SWT. Hanya dengan bantuan Allah juga, manusia akan terhindar dari sifat kesombongan. Oleh karena itu, kita harus menjalankan segala perintah-Nya dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  21. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Filsafat sejatinya membuat manusia selalu berpikir kritis, terus mencari jawaban atas segala pertanyaan-pertanyaan hingga ke akar-akarnya. Manusia yang berfilsafat tidak akan pernah berhenti berhenti untuk mencari kebenaran yang hakiki yang berasal dari Allah SWT. Apabila manusia tersebut berhenti mencari kebenarean dan kebijaksanaan, maka sesungguhnya manusia itu diliputi oleh mitos-mitos yang dekat terhadap ego dan kesombongan. Mitos-mitos menghentikan manusia untuk lebih dekat terhadap kebenaran. Sehingga mitos dapat menjadi alat bagi syaitan untuk memperdaya manusia. Hanya dengan logos lah kebenaran dapat ditemukan serta mencegah kita dari tipu daya syaitan. Untuk mengubah mitos menjadi logos, kita harus senantiasa menghilangkan ego dan kesombongan agar manusia benar-benara dapat mencapai keikhlasann yang akan membuatnya mampu untuk mengubah mitos-mitos menjadi logos.

    ReplyDelete
  22. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Mitos disebabkan karena kita berhenti yang kemudian menjadikan kita sombong. Sombong ada;ah dosa pertama dan terberat. Maka mitos itu sulit untuk dihadapi jika mitos tersebut tidak kita ubah menjadi logos. Cara mengubah mitos menjadi logos adalah dengan menghilangkan rasa sombong, meluruhkan ego, serta tawakal kepada Allah SWT. Dan hanya melalui pertolongan Allah lah kita mampu menghilangkan kesombongan.
    Sebesar apapun usaha yang kita lakukan untuk meluruhkan ego kita tidak akan berhasil tanpa pertolongan Allah. Jika kita tidak berdoa memohon pertolongannya, maka itu juga merupakan salah satu ego kita, kesombongan kita yang merasa cukup hanya dengan ikhtiar tanpa dibarengi dengan doa.hanya Allah lah yang mampu menghilangkan kesombongan kita. Hanya Dia lah yan mampu mengubah mitos kita menjadi logos. Karena logos tertinggi adalah logos absolut yang dimiliki oleh Allah SWT.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  23. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Sesungguhnya perbuatan sombong merupakan suatu dosa yang sangat besar, karena kesombongan yang hanya patut dimiliki oleh Allah SWT. Kesombonganlah yang menyebabkan syaiton dan iblis terlempar dari surga Allah SWT, dikarenakan kesombongannya yang tidak mau bersujud di depan nabi Adam A.S. Oleh karena itu segala sesuatu yang telah diperoleh janganlah selalu mengatakan bahwa itu karena AKU hebat, AKU pintar, AKU superior, dsb. Kita juga harus ingat bahwa daun yang jatuh dari tangkainya pun itu atas kehendak Allah SWT. Sehingga segala kesuksesan yang telah diraih juga merupakan atas campur tangan Allah SWT di dalamnya.

    ReplyDelete
  24. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih prof, dari elegi ini saya mendapat pelajaran bahwa untuk mencapai logos, diperlukan keikhlasan, kerendahan hati dan menekan ego dari dalam diri. Ego dan kesombongan yang justru mendekaykan diri dengan syaitan ini dapat melalaikan kita dari tujuan awal kita untuk belajar dan berikhtiar.

    ReplyDelete
  25. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Yang kami pahami dari elegi ini adalah Mitos akan berubah menjadi logos ketika kita mampu melepaskan diri darai ke-ego-an dan determinisme. Sesungguhnya keegoan dan determinisme dekat dengan kesombongan dan kesombongan sangat dekat dengan godaan setan. Salah satu cara untuk melepaskan diri dari keduanya adalah dengan senantiasa berdoa dan beribadah kepada Allah dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah kita perbuat dengan segala keikhlasan dan kerendahan hati. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang selalu mengingat dan memohon ampunan kepada Allah dan dijauhkan dari godaan setan. Amin

    ReplyDelete
  26. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Untuk mengubah mitos-mitos yang berada di dalam diri kita maupun di kehidupan kita baik yang ada maupun yang mungkin ada, kita harus menurunkan derajat kesombongan kita. Sehingga kita bisa menghadapi segala macam persoalan dengan tidak sebelah mata. Dengan menjadikan hati kita sebagai dasar untuk bertindak, kita akan lebih berhati-hati dalam memilih persimpangan hidup. Tentunya dengan senantiasa memperbanyak ilmu dan ibadah kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  27. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Mitos adalah musuh terbesar yang harus dilawan karena mitos sangat dekat dengan kesombongan, dan sombong berarti syaitan. Ego dan determinis yang menyebabkan mitos menjadi makanan syaitan atau cara syaitan untuk menjerumuskan kita. Untuk melawannya maka mitos harus kita ubah menjadi logos dengan cara meluruhkan sifat sombong dan determinis tersebut. Maka bersungguh-sungguh dan bertekadlah untuk menanggalkan keakuan dalam diri pibadi agar mitos dapat diredam dan logos-logos dapat dipupuk dan tumbuh. Namun sekuat apapun tekad dalam mengusahakannya, tidaklah luruh keegoan tersebut tanpa pertolongan dari Allah. Maka memohon dan mendekatkan diri kepada Allah semata-mata mengharap ridha dari-Nya agar kita bisa mengubah mitos menjadi logos.

    ReplyDelete
  28. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Berdasarkan elegi di atas, dapat diketahui bahwa cara mengubah mitos menjadi logos adalah dengan meluruhkan ego dan determinist kita seraya bertawakkal kepada Allah SWT. Jadi dalam hal apapun kita harus selalu mengharapkan pertolongan Allah karena setinggi-tinggi logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT. Sehingga kita harus senantiasa berdoa dan memohon pertolongan Allah dalam menghadapi persoalan dunia dan akhirat. Semoga kita selalu mendapat rahmat dan hidayah-Nya. Selain itu tidak lupa satu hal yang juga penting yakni kita harus selalu menghindarkan diri kita dari kesombongan karena kesombongan merupakan dosa pertama dan terberat sehingga sangat dibenci oleh Allah.

    ReplyDelete
  29. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    “Sombong adalah dosa pertama dan terberat”. Berkali-kali saya berkomentar jika sombong datang dengan tiba-tiba dan menghancurkan segalanya. Tapi jujur, baru kali ini saya diperlihatkan statement bahwa sombong adalah dosa pertama dan terberat. Semengerikan itu. Dan berkali-kali saya berada dala lubang itu. Mitos-berhenti-sombong. Iya, tidak hanya satu kali, saya berhenti, merasa paham tentang suatu hal tanpa berupaya mencari anti tesis anti tesisnya apalagi sintesis dari anti tesis anti tesis tersebut. Sungguh, musuh utama kita menggapai logos adalah mitos, adalah kesombongan. Dan satu kali lagi, saya semakin diyakinkan, bahwa hatilah pengendalinya.

    ReplyDelete
  30. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Salah satu penyebab rasa sombong adalah ketika kita tetap kukuh pada suatu mitos. Padahal sebenar-benarnya hidup adalah ketika kita selalu berfikir dengan disertai oleh logos yang mengarah pada konteks dunia yang relevan. Maka dari itu perdekatkanlah hati dan pikiran kita kepada tuhan agar terhindar dari sifat tinggi hati, dimana sifat tersebut dapat menjadi buomerang dalam kehidupan kita kedepannya nanti. Jadilah manusia yang rendah hati dan tetapi tidak rendah diri dengan cara terus balajar dan belajar dalam mencapai ilmu yang hakiki.

    ReplyDelete
  31. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Ego dan determinis merupakan sifat yang sulit untuk dihindari. Sebagai makhluk yang memiliki keterbatasan, manusia akan selalu menemui ujian dalam hidupnya. Sementara kedua sifat itu yang menjadi bibit kesombongan. Ketika ego dan determinis telah merajai hati seseorang, maka akan sulit bagi ia untuk melihat kekurangannya. Padahal kesombongan merupakan mitos. Maka untuk mengubah mitos menjadi logos ialah dengan menyadari keterbatasan diri, menjauhi sifat ego dan determinisseraya memohon ampun dan petunjuk kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  32. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Lagi-lagi keakuan. Iya, benar sekali hal pertama yang perlu diingat adalah hilangkan keakuan ku. Kenapa haus hilangkan keakuan ku? Kaena segala yang ada dan yang mungkin ada hingga mnenembus ruang dan waktu, semuanya ini hanyalah miliki Allah SWT, tanpa terkecuali. Diri ini, orang tua, kakak, adik, teman, ilmu, hati, semuanya miliki Allah, kita hanyalah diamanati oleh Allah untuk menjaga dan mensyukurinya. Dan hanya mohon keridhoan Allah SWT lah kita bisa mengubah mitos menjadi logos, karena mitos dan logos juga hanyalah milik Allah, kuasa Allah, Allah yang berhak memberikan logos kepada siapapun yang meminta dan Ia kehendaki.

    ReplyDelete
  33. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof
    Berulang kali kita diingatkan untuk hati –hati dengan kesombongan.Karena begitu bahayanya sifat sombong, dapat meluluh lantakkan segala kebaikan.Kesombongan adalah akar dari terhalangnya menuju mitos.Sebagaimana yang disinggung pada elegi sebelumnya, menggapai mitos menjadi logos harus secara kontiyu dan tidak berhenti.
    Elegi di atas juga mengingatkan kita untuk selalu iktiar dan berdoa. Karena dengan ikhtiar dan doalah yang mampu menepis setiap godaan syetan yang kerapkali datang di setiap aktivitas yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  34. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas sharingnya, Prof. Jika seseorang sudah merasa puas dengan ilmu yang diterimanya, statis di tempat, tidak terus belajar, maka itulah tanda bahwa orang tersebut telah terjebak mitos. Untuk itu, jika kita ingin mengubah mitos menjadi logos, kita harus membuang jauh sifat determinis dan sombong serta rasa cukup dalam belajar. Kita harus senantiasa menjadi pribadi yang haus akan ilmu pengetahuan dan terus belajar serta merefleksi.

    ReplyDelete
  35. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Manusia memiliki peluang yang tinggi untuk terjebak ke dalam mitos. Kesombongan dalam berilmu merupakan salah satu wujud mitos. Tenggalam bersama mitos berarti berkawan dengan syaitan. Untuk melepaskan belenggu mitos dan merubahnya menjadi logos, diperlukan keikhlasan tingkat tinggi dalam berbuat dan tak berhenti dalam doa.

    ReplyDelete
  36. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini mitos itu berarti memiliki sifat determin, kaku, sombong sedangkan logos itu elastis, fleksibel, siklik. Untuk mengubah agar mitos dapat menjadi logos adalah dengan bersifat terbuka, tidak tertutup, hilangkan rasa kesombongan. Tetapi ketika kita berbuat logos pasti ada yang memandang negatif tentang diri kita. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda. Maka kita perlu untuk memperkuat keimanan kita, sehingga ketika melihat banyak pandangan kita bisa selektif sehingga tidak mengubah karakter kita.

    ReplyDelete
  37. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dapat saya simpulkan pada elegi ini, bahwa mitos akan berubah menjadi logos ketika seseorang dapat menjauhkan diri dari keegoan dan determinisme nya. Keeogoan dan determinisme pada dasarnya adalah berasal dari godaan syaitan sehingga sangat berpotensi untuk menjadi sifat sombong. Sifat sombong adalah sifat yang berasal dari Syaitan, dan itu perbuatan dosa pertama dan terberat. Sungguh sangat merugi diri kita jika tidak dapat terhindar dari sifat sombong tersebut. Semoga kita dapat terhindar dari perbuatan syaitan dengan selalu meminta perlindungan dengan Allah SWT.

    ReplyDelete
  38. Kartika Kirana
    17701261039
    S2 PEP B

    Trimakasih telah diteguhkan untuk selalu mendengarkan suara hati. Benar, seringkali jika tak mendengar suara hati, mudah sekali terjerumus dalam godaan. Trimakasih diingatkan kembali untuk terus menggapai logos. Dengan demikian maka kita pun akan terus menggapai ikhlas.

    ReplyDelete
  39. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Elegi yang memberikan sebuah gambaran bahwa berteman dengan syaithon hanya membuat hati seseorang semakin tertutup. Hal ini menyebabkan hati tidak dapat berbicara. Sungguh sangat disayangkan saat hati tidak mampu menjadi panduan utama dalam kehidupan. Bagi saya, hati adalah tempat berlabuh segala sesuatu. Sering kali suara hati saya jadikan sebagai pendorong dalam membuat keputusan.

    ReplyDelete
  40. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Mitos terjadi apabila suatu ilmu telah ada pembuktian. Menurut padangan ilmu ditinjau dari filsafat seseorang akan merasa sombong apabila teori atau pernyataanya telah dipatenkan. Maka dari itu, tuhan mengajarkan untuk selalu belajar agar bisa menjadi sesorang yang inovatif serta tidak akan puas apabila hanya memiliki sebuah karya.

    ReplyDelete
  41. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dari elegi ritual ikhlas 42 ini, saya memahami bahwa mitos merupakan musuh terbesar bagi manusia karena mitos sangat dekat dengan keegoisan dan kesombongan. Dan kesombongan ini merupakan penyakit hati, yang tidak lain dan tidak bukan merupakan salah satu jalan masuk bagi syaitan untuk mempengaruhi manusia. Maka untuk mengubah mitos menjadi logos yang dibutuhkan adalah dengan menurunkan ego dan determinist kita dan juga disertai dengan bertawakkal kepada Allah SWT. Memohon ampunan dan petunjuk-Nya agar kita dijauhkan dari kesombongan yang dapat menjauhkan kita dari ajaran Allah SWT. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang dapat menurunkan ego sehingga terhindar dari godaan syaitan, aamiin...

    ReplyDelete
  42. Junianto
    17709251065
    PM C

    Mengubah mitos menjadi logos ternyata juga tidak terlepas dari sifat kesombongan. Sifat ini nampaknya menjadi hambatan dari setiap perbuatan baik yang akan maupun yang telah dilakukan manusia. Disamping itu, bisikan syaitan juga selalu mengiringi setiap langkah manusia. Akhirnya, semua kembali kepada Allah karena hanya Dia yang tempat manusia bergantung dan kembali.

    ReplyDelete
  43. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Logos merupakan bekal untuk selamat dunia dan akhirat. Secara sadar maupun tidak sadar manusia sering terjebak pada kondisi mitos. Artinya manusia ada yang tidak mau menggapai logos. Hidupnya hanya mengalir saja, tanpa ada upaya menggapai logos. Dalam elegi diatas disebutkan jika kita terjebak mitos maka kita dekat dengan kesombongan. Maka dari itu kita harus berdoa dan berikhtiar supaya dipermudah menggapai logos.

    ReplyDelete
  44. Dalam hidup kita tidak lepas dari mitos dan logos. Mitos adalah berhenti, sementara lawannya adalah logos yaitu tidak berhenti untuk berikhtiar. Dalam menjalani ikhitar kita, kita mungkin pernah menyerah, atau merasa paling bisa disitulah sifat mitos yang harus kita hindari. Untuk mengubah mitos menjadi logos memiliki keikhlasan dan kerendahan hati. Kita juga harus menghilangkan ego dan determinist kita. Kita juga harus menghindari sifat sombong, karena sombong itu mitos. Dan mitos adalah sifat syaithon. Maka kita harus lebih sering beristighfar agar kita terhindar dari sifat-sifat syaithon tersebut.


    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  45. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Sikap sombong adalah yang termasuk menghalangi ilmu. Manusia tidak boleh sombong, merasa dirinya lebih baik dan pintar dari orang lain. Bukankah di atas langit masih ada langit? Sejatinya segala kemudahan urusan, prestasi akademik, kekayaan, dan lain sebagainya yang kita dapatkan bukan karena kita yang hebat melainkan karena Allah yang memberikan untuk kita. Semoga kita tergolong hambaNya yang mendapatkan rahmat, karunia, dan petunjuk dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  46. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Mitos berkaitan dengan determinasi dan ego. Jika kita mengedepankan ego dan determinasi maka akan terjebak pada mitos. Di dalam mengluruhkan menghilangkam ego dan determinasi diperlukan logos. Logos yang akan membantu kita untuk menembus ruang dan waktu. Namun, terkadang logos beririsan dengan kesombongan. Jika kita berada pada kesombongan gara-gara logos maka kita juga akan terjebak pada mitos. Untuk menghilangkan kesombongan adalah dengan berserah kepada Allah dan mendekatkan diri kepadaNya. Pada akhirnya untuk menggapai logos kita perlu rahmat Allah agar selalu dilindungi dan dijauhkan segala sesuatu yang membuat kita terjebak pada mitos sebab Dia merupakan pencipta langit dan bumi serta yang menentukan kelangsungan hidup kita.

    ReplyDelete
  47. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Mitos berkaitan dengan determinasi dan ego. Jika kita mengedepankan ego dan determinasi maka akan terjebak pada mitos. Di dalam mengluruhkan menghilangkam ego dan determinasi diperlukan logos. Logos yang akan membantu kita untuk menembus ruang dan waktu. Namun, terkadang logos beririsan dengan kesombongan. Jika kita berada pada kesombongan gara-gara logos maka kita juga akan terjebak pada mitos. Untuk menghilangkan kesombongan adalah dengan berserah kepada Allah dan mendekatkan diri kepadaNya. Pada akhirnya untuk menggapai logos kita perlu rahmat Allah agar selalu dilindungi dan dijauhkan segala sesuatu yang membuat kita terjebak pada mitos sebab Dia merupakan pencipta langit dan bumi serta yang menentukan kelangsungan hidup kita.

    ReplyDelete
  48. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Mengubah mitos menjadi logos merupakan usaha untuk mengubah diri yang begitu sombong dengan adanya ego dan determinist menuju kepada individu yang lebih baik yakni individu yang ikhlas, sabar, Taqwa kepada Allah SWT. Memang tidak mudah terlepas dari mitos, namun itu harus kita lakukan demi terlepas dari belenggu belenggu mitos, oleh karena itu kita harus berusaha meluruskan ego dan determinist, dan berusaha untuk ikhlas, sabar, pasrah diri kepada Allah SWT seraya berdoa dan memohon ampun kepada Nya. Amien.Terima Kasih.

    ReplyDelete
  49. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Untuk mencapai ilmu, jelas kita jangan lah sombong. Di beberapa elgi pun kita sudah diingatkan untuk belajar ikhlas hati dan pikiran dalam menimba ilmu. Mitos itu adalah musuh kita. Egois karena merasa “saya paham” berarti termakan mitos. Karena dari kepahaman harusnya muncul suatu kebingungan yang lain. Seperti belajar filsafat, semakin kita bingung maka berhasilah kita dalam belajar filsafat. Asalkan jangan kacaukan hati dan pikiran kita. Tujuan kita tentu untuk mencapai logos yang kekal yang abadi yaitu Ilmu Allah SWT. Karena yang abadi hanya ada di akhirat, maka tujuan kita mencari ilmu di dunia adalah yang bermanfaat untuk mencapai yang kekal.

    ReplyDelete
  50. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Ego atau Determinist membuat kita merasa paling hebat, paling pintar, paling tinggi kedudukannya atau dengan kata lain sombong, sehingga merasa tidak membutuhkan orang lain, tidak butuh belajar lagi, tidak butuh berusaha untuk menggapai level yang lebih tinggi itulah sebenar-benar mitos, berhenti pada satu titik, berhenti berusaha berhenti berpikir, berhenti berdoa'a bahkan jika ini dibiarkan terus menurus akan sampai pada level berhenti beribadah karena merasa tidak membutuhkan Tuhan.

    ReplyDelete
  51. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kombinasi sifat ego dan determinis akan menjadikan diri kita merasa berkuasa terhadap segalanya dan membuat diri kita sombong. Sombong adalah celah untuk bisikan syaitan yang akan terus mempengaruhi dan membuat kita lupa akan keberadaan Tuhan dan apa yang dapat diperbuat Tuhan hanya dalam sekejap mata. Ego dan determinis membuat kita lupa bahwa apa yang kita miliki dan tidak kita miliki adalah milik Allah SWT. Kepuasan dan kesombongan akan semua yang dimiliki dan dicapai secara perlahan akan menjadi pagar pembatas dan membuat kita terperangkap dalam mitos.

    ReplyDelete
  52. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Aamiin Allahumma aamiin.
    Ego dan determinist akan membuat seseorang masuk ke dalam jebakan syaiton. Dari elegi ini dapat dipelajari bahwa sebenar-benarnya mengubah mitos menjadi logos adalah dengan memohon pertolongan Allah SWT, berdoa kepada-Nya agar selalu berada dalam lindungan-Nya. Aamiin.

    ReplyDelete
  53. Hanya dengan berdoa dan memohon ampunan kepada Allah lah kita mampu menghapus sombong dalam hati dan pikir kita. Sungguh kesombongan itu adalah tidak terlihat dan hanya setitik kecil kesalahan namun mampu meruntuhkan segala bangunan kebaikan yang telah susah payah kita perjuangkan dan kita capai. Ya Allah, ampunilah hamba dari sifat kesombongan.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  54. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ego dan Determinist bisa menyebabkan kita menjadi Berhenti. Hanya Logoslah yang mampu mengubah Bencana menjadi Rakhmat. LogosKu aku peroleh dengan cara meluruhkan EgoKu dan DeterminisKu. LogosKu lah yang akan menuntun aku untuk Sopan dan Santun terhadap Ruang dan Waktu. Tetapi jika aku masih mengatakan Ku pada LogosKu, maka Ego serta merta bangkit kembali dan berubah wujud menjadi Kesombongan. Aku menemukan bahwa setiap Kesombongan itu akan terlempar dan tercampakkan ke dalam panasnya Api Neraka. Sombong adalah perbuatan Syaitan yaitu perbuatan dosa pertama dan terberat. Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk. Hanya Rakhmat dan Hidayah Nya lah yang mampu menghilangkan ke AKU an ku. Hanya dengan pertolongan Allah SWT sajalah aku mampu menghilangkan keSombonganku. Aku menemukan bahwa ternyata setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT. Dengan Ilmu Allah SWT itulah harapannya kita bisa menghadapi segala persoalan Dunia dan Akhirat.Kosombongan yang dimulai dari menganggungkan KeAkuan ku pada setiap maslah dan peristiwa membuat hati semakin conggak dan mati, hati semakin diisi dengan kesombongan ku terhadapa semua apa yang dilimiki. Karena kesombongan adalah dosa besar sehingga segera memohon ampunan Allah SWT.

    ReplyDelete
  55. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Segala sesuatu di dunia ini tidak jauh dari peran makhluk yang diciptakan oleh Alloh SWT. Baik itu makhluk yang berwujud maupun yang ghaib. Makhluk yang baik maupun yang buruk. Disini, manusia yang diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna mempunyai musuh besar yang ada dalam diri mereka yaitu syaitan. Syaitan disini bertugas untuk selalu menggoda manusia dari segala arah. Hal inilah yang membuat kebanyakan manusia mudah lalai akan segala apa yang diberikan oleh Alloh SWT. Oleh karena itu, untuk menghidari hal tersebut sebaiknya kita senantiasa selalu berdzikir kepada Alloh SWT agar terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk. Semoga kita termasuk pada golongan yang selalu dilindungi olehNya. Aaamiiin
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  56. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Dari elegi ini hal yang dapat saya simpulkan adalah bahwa dalam mengubah mitos menjadi logos adalah dengan mengubah pola pikir yang ego dan determinis. Hal ini memiliki makna bahwa saat seseorang mau menghilangkan rasa egonya yaitu berupa rasa malas, tidak bersyukur, dan pola pikir yang tidak mau berkembang akan menjadikan segala macam mitos tidak akan dapat berubah menjadi logos. Namun ketika seseorang telah berusaha untuk selalu ingin mengembangkan potensinya disertai rendah hati dan tidak sombong maka dia akan dapat mengubah mitos menjadi logos. Saat seseorang telah dapat mengubah mitos menjadi logos maka dia akan lebih membuka pemikirannya sehingga dia tidak akan terkurung dengan mitos-mitosnya.

    ReplyDelete
  57. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Menurut saya setelah membaca postingan di atas untuk mengubah Mitos menjadi Logos adalah caranya adalah meluruhkan Ego dan Determinist kita, seraya tawakal kepada Allah SWT. Hanya Logoslah yang mampu mengubah Bencana menjadi Rakhmat. Dengan meluruhkan ego dan determinis semoga kita dapat terhindar dari kesombongan, dimana kesombongan adalah makanan syeitan. Dan semoga kita selalu terhindar dari kesombongan dan api neraka. Aamiin

    ReplyDelete
  58. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Ego dan determinist. Dua hal yang akan selalu melekat pada diri manusia. Kedua hal ini pula dapt membuat penyakit hati kita yang pada akhirnya akan membawa kepada kesombongan dan mengakibatkan kita ditempatkan pada tempat yang paling rendah yaitu neraka Allah SWT. Lantas bagaimana membuang sifat tersebut? Menghilangkan sifat ke Akuan dalam setiap tindakan yang kita lakukan sangat akan memudahkan kita untuk terhindar dari sifat ego dan determinist. Semoga Allah SWT senantiasa memberi Rahmat dan pertolongan kepada kita semua . Aamiin

    ReplyDelete
  59. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Sifat buruk pada manusia disebabkan oleh setan. Kebanyakan kasus, ketika manusia menginginkan sesuatu, manusia akan meminta dan berdoa kepada Allah dengan kesungguhan hati. Tapi, ketika manusia telah mendapatkannya, manusia akan lupa untuk bersyukur kepada Allah.
    Kesombong sangat berkait dengan keegoisan. Keegoisan adalah menempatkan perhatian dengan diri sendiri atau kepentingan sendiri atas kesejahteraan atau kepentingan orang lain.
    Jadi, kita harus menjaga hati kita dan selalu berdoa kepada Allah agar Allah akan menguatkan kita dan memberi kita rahmat-Nya.

    ReplyDelete
  60. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Elegi ini menjelaskan bahwa logos dapat mengubah mitos, artinya logos (ilmu Allah) itu dapat mengibah mitos (sombong/sifat syaitan). Oleh karena itu, manusia perlu belajar ilmu dunia maupun ilmu akhirat agar manusia dapat membedakan mana hal yang baik dan yang buruk. Dengan begitu, manusia dapat terhindar dari sifat2 buruk syaitan.

    ReplyDelete
  61. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Kesombongan akan menenggelamkan kearifan manusia dalam menuntut ilmu. Sombong pun akan membuat manusia selalu merasa benar dan merasa paling benar, merasa memiliki ilmu yang paling sempurna dan tidak terkalahkan. Padalah di atas langit masih ada langit. Kesombongan membuat kita berhenti untuk belajar, kerena kita merasa telah cukup. Betapa merugikan, padahal apa banyak hal yang bisa didapatkan apabila kita terus menggapai ilmu pengatahuan. Syaitan amat suka dengan sifat sombong dan akan menempel kepada hati yang sombong. Oleh karenanya, agar hati kita selalu bersih, bertawakallah kepada Allah dan berhentilah merasa telah menjadi manusia telah sempurna pengatahuan karena kesempurnaan hanyanya milik Allah.

    ReplyDelete
  62. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. musuh manusia yang susah untuk dihilangkan adalah kesombongan. Sombong kadang tak sadar dilakukan, tapi orang-orang sekitar dapat merasakannya. Ilmu yang tinggi kadang dapat membuat seseorang tergelincir dalam kesombongan. Diperlukan sikap ikhlas dan rendah hati agar sikap buruk tersebut dapat dihindari. Menyadari bahwa semua yang ada pada diri adalah milik Allah SWT juga dapat menghindarkan diri dari sifat sombong. Semua hanya titipan yang akan diambil pada waktunya.

    ReplyDelete
  63. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Termakan mitos, itu artinya kita telah berhenti berinovasi dan termakan oleh kesombongan dalam diri. Mitos ini akan menjatuhkan kita ke dasar kehidupan. Hal itu karena, kesombongan adalah pintu masuknya syetain yang mampu mengerogoti akhlak manusia sehingga menjadikan yang awalnya baik menjadi buruk. Untuk menjauhkan diri dari mitos maka kita harus menjauhkan hati dari kesombogan. Itu dapat kita lakukan dengan cara banyak berdoa dan berikhtiar memohon perlindungan dari Allah agar selalu dikuatkan hatinya menghadapi gempuran syeitan sehingga mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat. Terimaksih

    ReplyDelete
  64. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Mitos dan logos adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Manusia hidup di tengah-tengah mitos namun hidup untuk menggapai logos. Semua kenyataan bersifat kontradiktif, maka tiadalah manusia yang tidak pernah termakan mitos. Mitos selalu melahirkan kesombongan. Namun keadaan manusia dengan mitos adalah bersifat relatif. Mitos dapat menjadi logos apabila manusia terus belajar dan memohon petunjuk dari-Nya.

    ReplyDelete
  65. Muhammad Kamaluddin
    17709251027
    PMB PPs UNY 2017

    Ketika kita terhenti dan merasa cukup dengan ilmu atau apa saja yang kita miliki, maka kita telah terjebak mitos, kita telah sombong. Padahal ilmu ALlah itu luas, dan sampai kapanpun kita mencarinya tak akan pernah cukup waktu kita. Maka sebenar-benar merubah mitos menjadi logos adalah dengan terus belajar, namun bukan sebarang belajar. Yakni belajar yang didasari niat ikhlas karena Allah dan bersungguh-sungguh dengan memohon petunjuk-Nya.

    ReplyDelete
  66. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Pada dasarnya mitos dilandasi oleh sifat ego dan determini pribadi seseorang, hingga berdampak pada timbulnya kesombongan pada seseorang tersebut. Maka semakin kita sombong semakin pula kita dikuasai oleh mitos yang kita bangun sendir dengan tanpa disadari. Kesombongan merupakan penyakit hati yang bersumber dari syaitan, sehingga syaitan amatlah sennag ketika hamba-hamba Allah dikuasai oleh mereka, terlebih ketika manusia itu menjadi tidak mampu berpikir sama sekali dan tidak kuasa untuk menggapai logos. Oleh kare itu marilah kita saling nasehat-menasehati bawha segala yang ada dan yang mungkin ada yang terjadi di dunia ini adalah bentuk Rahmat Allah swt. Baik itu musibah, ujian atau anugrah, anggaplah sebagai bentuk kecintaanNya terhadap hambanya. Dengan begitu, apakah yang perlu kita sombongkan, yang ada ketika kita sombong pikiran kita akan berhenti yang membuat kita sulit menggapai logos. Wallahu’alam bishowab.

    ReplyDelete
  67. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas kita belajar bagaimana mengubah mitos menjadi logos. Seperti kita tahu mitos yaitu seuatu yang mandek, berhenti, tidak berkembang dll. Sehingga perlu diubah menjadi logos, pikiran terbuka, perkembangan. Karena ketika sesuatu hanya bertahan menjadi mitos, maka ia berbahaya karena merupakan godaan setan. Sehingga perlu bagi kita untuk sennatiasa memaksimalhan usaha dan doa agar keduannya bisa melahirkan logos yang baik.

    ReplyDelete

  68. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Artikel di atas membicarakan tentang sebuah kesombongan. Kesombongan itu terbentuk dari sebuah mitos dan kesombongan itu sendiri sebenarnya adalah karakter dari setan. Jadi, sebagai seorang manusia, khususnya seorang muslim kita harus selalu membuat mitos menjadi logos, kita harus tetap bergerak, menuntut ilmu dengan keikhlasan. Karena mitos atau berhenti tidak akan membawa kebaikan apapun untuk kita, hal itu hanya akan membawa kita menjadi manusia yang sombong. Perbanyak menuntu ilmu maka masa depan yang cerah itu akan besiap menjemput kita dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepad Allah dengna keikhlasan hati.

    ReplyDelete
  69. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Setiap manusia memiliki ego diri, sejauh mana ego itu berfungsi adalah sesuai batasnya. Apabila sudah melampaui batas, maka sifat ego akan menjadikan diri termakan mitos. Mitos berarti kesombongan, kesombongan berarti ketidak iikhlasan hati. Mitos dapat diubah menjadi logos dengan menurunkan ego diri, sifat determinis, dan memaksakan kehendak. Dengan meluruhkan segala kesombongan diri, maka otomatis mitos akan perlahan menjadi logos.

    ReplyDelete
  70. Latifah Fitriasari
    PM C

    Kesombongan itu terbentuk dari sebuah mitos dan kesombongan itu sendiri sebenarnya adalah karakter dari setan. Untuk mengubah mitos menjadi logos yaitu dengan meluruhkan ego dan determinist tersebut disertai dengan tawakal kepada Allah SWT, karena hanya pertolongan Allah lah yang mampu menghilangkan keburukan yang ada dalam diri kita. Karena kesombongan itu telah, sedang dan akan membakar habis segala amal kebaikan, merubah segala kebaikan menjadi keburukan. Semoga kita terhindar dari sifat sombong.

    ReplyDelete
  71. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Mitos disebabkan karena kita berhenti yang kemudian menjadikan kita sombong. Sombong ada;ah dosa pertama dan terberat. Maka mitos itu sulit untuk dihadapi jika mitos tersebut tidak kita ubah menjadi logos. Cara mengubah mitos menjadi logos adalah dengan menghilangkan rasa sombong, meluruhkan ego, serta tawakal kepada Allah SWT. Dan hanya melalui pertolongan Allah lah kita mampu menghilangkan kesombongan.

    ReplyDelete
  72. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Melalui elegi ini kita memahami bahwa cara untuk mengubah mitos menjadi logos adalah dengan meruntuhkan ego dan determinis. Ego dan determinis bila kita biarkan apalagi jika kita pupuk akan melahirkan kesombongan. Kesombongan ini akan membuat kita enggan untuk belajar, enggan untuk bertanya, enggan untuk membaca. Kesombongan akan membuat kita berhenti atau stagnan, dan berhenti adalah mitos. Maka jika kita ingin terbebas dari mitos adalah dengan meruntuhkan kesombongan kita.

    ReplyDelete
  73. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Ego dan determinist dapat menyebabkan kita menjadi berhenti karene ego dan determinist juga bagian dari kesombongan. Seseorang yang memiliki ego yang tinggi sera sifat determinist berarti terdapat kesombongan dalam dirinya karena merasa bahwa hanya dirinya yang benar. Karena itulah kita harus menghilangkan ego dan sifat determinist yang berlebih. Kita harus menyadari bahwa ilmu kita hanyalah sedikit maka setiap pendapat kita belum tentulah benar. Dengan begitu kita akan senantiasa berusaha untuk belajar dan belajar untuk menggapai logos.

    ReplyDelete
  74. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Mitos dan logos adalah dua hal yang akan selalu ada di dunia. Salah satu bentuk mitos yang seringkali hadir dan menggerogoti hati dan pikiran manusia adalah sombong. Kesombongan itu erat kaitannya dengan ego dan determinist. Kita dapat mencoba untuk mengubah mitos menjadi logos dengan meluruhkan ego dan determinist tersebut serta keikhlasan yang dibarengi dengan tawakal kepada Allah SWT, karena hanya pertolongan Allah lah yang mampu menghilangkan kesombongan umat dan para makhluk-Nya.

    ReplyDelete
  75. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sesungguhnya syaitan akan selalu menggoda manusia melalui berbagai celah, syaitan akan sangat mudah masuk dan mempengaruhi manusia apabila manusia tersebut dijangkiti oleh penyakit hati. Seperti kasus di atas, yakni sang matematikawan dijangkiti oleh penyakit hati bernama sombong. Dia merasa bahwa segala sesuatu dapat dipecahkan dengan matematika dan pikiran, sehingga hal-hal yang bersifat ghaib yang dirasionalkan semakin menjauhkan dirinya dari Allah SWT. Sesungguhnya berdoa sangatlah penting, karena kita bertindak jika tidak atas ridho Allah maka usaha yang kita lakukan akan menemui kesulitan bahkan sangat mungkin gagal. Oleh karena itu mari mulai dari sekarang hendaknya kita selalu mencari ridho Allah melalui doa, selalu mengikutsertakan Allah dalam setiap tindakan kita.

    ReplyDelete
  76. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Logos dapat diperoleh ketika kita dapat mengurangkan ego dan determinis. Sehingga logos tersebut akan menuntun kita untuk sopan dan santun terhadap ruang dan waktu. Karena sombong merupakan perbuatan syaitan maka kita perlu berlindung kepada Tuhan YME untuk selalu dilindungi dari segala godaan setan.

    ReplyDelete
  77. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Sifat determinist atau mungkin lebih familiar dengan kata mudah menghukumi sesuatu atau seseorang tidak akan menambah kebaikan kita, melainkan mengasah sifat suka berprasangka buruh, dan sebenar-benar prasangka ialh mitos. Sehingga seseorang yang mengukuhkan sikap determinist dalam dirinya akan sulit mencapai logos. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  78. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C


    Dalam proses terjemah menerjemahkan dibutuhkan sikap ingin tahu yang besar dan kerendahan hati utnuk bertanya dan mengkonfirmasi apa yang ia phami dan ia hayati. Sombong hanya akan mengarahkan seseorang untuk menjustifikasi orang lain tanpa dasar dan sebena-benar hal tersebut hanya akan berujung pad mitos saja.

    ReplyDelete
  79. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Mitos dan logos merupakan sesuatu yang berbeda. Mitos berarti sombong. Mitos terlalu meninggikan ke-aku-annya. Sombong merupakan jalan masuknya setan. Untuk mengubah mitos menjadi logos adalah dengan meluruhkan ego kita dan bertawakal kepada Allah SWT. Logos dapat mengubah bencana menjadi rahmat. Setinggi-tingginya logos adalah logos absolut yaitu ilmu Allah SWT. Dengan ilmu Allah itulah harapannya kita bisa menghadapi segala persoalan dunia dan akhirat.
    Hanya pertolongan Allah yang mampu menghilangkan kesombongan kita. Oleh karena itu, kita sebagai hamba-Nya hendaknya senantiasa berdoa agar dilindungi oleh Allah dari perbuatan-perbuatan sombong.

    ReplyDelete
  80. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Ego dan Determinist bisa menyebabkan kita menjadi Berhenti. Hanya Logoslah yang mampu mengubah Bencana menjadi Rakhmat. LogosKu aku peroleh dengan cara meluruhkan EgoKu dan DeterminisKu. LogosKu lah yang akan menuntun aku untuk Sopan dan Santun terhadap Ruang dan Waktu. Sombong adalah perbuatan Syaitan yaitu perbuatan dosa pertama dan terberat. Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk. Hanya Rakhmat dan Hidayah Nya lah yang mampu menghilangkan ke AKU an ku. Hanya dengan pertolongan Allah SWT sajalah aku mampu menghilangkan keSombonganku. Aku menemukan bahwa ternyata setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT. Dengan Ilmu Allah SWT itulah harapannya kita bisa menghadapi segala persoalan Dunia dan Akhirat.

    ReplyDelete
  81. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Semua kesombongan berasal dari sifat ego dan determinist. Sifat ego adalah ketika manusia hanya mementingkan dirinya, dan determinist adalah ketika dia menjatuhi sifat kepada orang lain. Adanya kedua sifat ini membuat seorang manusia merasa dirinya lebih unggul daripada orang lain sehingga menyebabkannya berlaku tidak adil, sombong dan akhirnya pun dia terjebak dalam mitos, Ilmu dan ibadah yang dia miliki menjadi tidak berarti karena sudah menjadi mitos.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  82. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Sungguh kesombongan adalah penyakit yang sangat berbahaya. Satu-satunya yang layak memiliki sifat sombong hanyalah Sang Pencipta, Allah SWT. Dengan kesombongan, diri menjadi sulit untuk mendapat hikmah atau pelajaran dari sesuatu. Kita juga akan kesulitan dalam meluruhkan ego. Padahal untuk mengubah mitos menjadi logos, kita oerlu meluruhkan ego terlebih dahulu. Oleh karena itu, selalu mohon kepada Allah agar selalu terhindar dari godaan syaitan yang menyeret dalam kesombongan

    ReplyDelete
  83. Shelly Lubis
    S2 P.Mat B
    17709251040

    Sombong adalah penyakit yang sangat berbahaya. karena kesombongan lah yang menyebabkan iblis mendapat murka Allah. Mitos disebabkan oleh kesombongan. padahal mitos tidak menyelesaikan solusi, seperti yang disebutkan di atas, dengan berhenti/mitos, tidak menyelesaikan permasalahan korupsi di negeri ini, tapi jika kita menjadi logos, terus bergerak dan belajar, maka bukan tidak mungkin bahwa kita akan bisa membantu menyelesaikan masalah korupsi dan masalah-masalah lainnya.

    ReplyDelete
  84. Assalamualaikum Wr. Wb. Dalam elegi di atas saya dapat memaknai bahwa menghancurkan mitos adalah suatu kewajiban. Dan menggantikannya dengan logos adalah suatu keniscayaan. Logos membawa kita pada jalan kebenaran sedangkan mitos membawa kita pada kesesatan, kesombongan dan keegoaan. Itulah mengapa, Allah sangat mencintai orang-orang yang menggunakan akalnya demi kebaikan. Akal adalah instrument untuk mengungkapkan kebenaran. Akal dan ketakwaan akan membawa kita pada logos yang selaras dengan tujuan-tujuan kemanusiaan.

    ReplyDelete
  85. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Mengubah mitos menjadi logos adalah dengan meluruhkan Ego dan Determinist. Namun kita harus selalu waspada karena ketika kita telah menggapai logos, maka disitulah ada mitos yang sedang mengintai untuk mencari celah masuk ke dalam pikiran dan hati kita. Dengan logos, kita bisa mengubah bencana menjadi rahmat. Dengan memiliki pikiran yang positif dan tawakal, kita bisa selalu mensyukuri setiap karunia dan rahmat yang diberikan. Jangan biarkan kesombongan memasuki setiap celah hati dan pikir, karena kesombongan yang akan membakar habis segenap ilmu dan keimanan yang kita miliki. Mudah-mudahan kita selalu dilindungi dari godaan syaitan.

    ReplyDelete