Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 42: Mengubah Mitos menjadi Logos




Elegi singkat ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan Sdri Ninda Argafani tentang bagaimana mengubah Mitos menjadi Logos. 


Oleh Marsigit

Ego dan Determinist bisa menyebabkan kita menjadi Berhenti.

Berhenti berarti Mitos.

Mitos berarti Sombong.

Sombong berarti Syaitan.

Jadi Ego dan Diterminist sangat berpotensial untuk menjadi makanan dan kendaraan para Syaitan. Naudzubilah mindzalik.

Maka untuk mengubah Mitos menuju Logos, salah satu caranya adalah meluruhkan Ego dan Determinist kita, seraya tawakal kepada Allah SWT.

Ego dan Determinist ku tidak berdaya menghadapi fenomena Politik berlevel Nasional misalnya kasus Korupsi.

Apa pula yang bisa aku perbuat menghadapi para Koruptor Nasional.

Ternyata Ego dan Deterministku tidak mampu berbuat apa-apa menghadapi Koruptor Besar. Lalu apa pula yang bisa Aku sombongkan?

Padahal Ego dan Determinist berelasi dengan yang ada dan yang mungkin ada yang berdimensi Ruang dan Waktu.

Namun Hatiku mengatakan bahwa setiap yang ada dan yang mungkin ada yang aku hadapi ternyata adalah Rakhmat bagi diriku.

Hanya Logoslah yang mampu mengubah Bencana menjadi Rakhmat.

LogosKu aku peroleh dengan cara meluruhkan EgoKu dan DeterminisKu.

LogosKu lah yang akan menuntun aku untuk Sopan dan Santun terhadap Ruang dan Waktu.

Tetapi jika aku masih mengatakan Ku pada LogosKu, maka Ego serta merta bangkit kembali dan berubah wujud menjadi Kesombongan.

Aku menemukan bahwa setiap Kesombongan itu akan terlempar dan tercampakkan ke dalam panasnya Api Neraka.

Sombong adalah perbuatan Syaitan yaitu perbuatan dosa pertama dan terberat.

Aku menemukan bahwa Kesombongan itu telah, sedang dan akan membakar habis segala amal kebaikan; merubah segala kebaikan menjadi keburukan. Naudzubilah mindzalik.

Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk.

Hanya Rakhmat dan Hidayah Nya lah yang mampu menghilangkan ke AKU an ku.

Hanya dengan pertolongan Allah SWT sajalah aku mampu menghilangkan keSombonganku.

Aku menemukan bahwa ternyata setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT.

Dengan Ilmu Allah SWT itulah harapannya kita bisa menghadapi segala persoalan Dunia dan Akhirat.

Maka teguhkanlah Hatimu, dan tetapkanlah Hatimu sebagai komandanmu agar senantiasa engkau mendapatkan Rakhmat, Hidayah dan Keselamatan Dunia dan Akhirat. Amin.

Wss Wr Wb

44 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Didunia ini dua istilah yang menjadi bagian dari kepercayaan manusia yaitu mitos dan logos. Dunia ini mengabstraksikan pikiran kita sedangkan pikiran kita bertugas untuk menerjemahkan dunia. Karena dunia ini bergerak dalam ruang dan waktu maka pikiran kita juga harus mengikuti pergerakan arah dari ruang dan waktu tersebut.
    Misalnya ada suatu hal di luar pikiran kita maka kita tidak akan bisa memikirkan hal itu, tetapi apabila hal tersebut berada dalam pikiran kita maka kita dapat memikirkan hal itu karena kita dalam keadaan sadar. Hal ini merupakan mitos. Agar sesuatu yang kita pikirkan tidak menjadi mitos maka harus dapat dijelaskan secara ilmiah dan masuk akal. Dengan demikian mitos dapat menjadi logos.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Percaya kepada ramalan dan mitos dalam Islam merupakan salah satu perbuatan yang berdosa. Dan perbuatan dosa tersebut adalah perbuatan syaitan. Menaatkan diri untuk selalu berdoa dan berkeyakinan hanya kepada Tuhan adalah salah satu cara agar kita terhindar dari godaan syaitan dan mitos. Tetapkan hati agar kita juga mampu berpikir secara rasional tanpa terpengaruh oleh pikiran syaitan. Mitos merupakan segala perbuatan yang dipengaruhi oleh syaitan. Egois dan sombong adalah bagian dari mitos. Manusia tidak lagi mampu berpikir secara rasional karena telah termakan oleh mitos itu sendiri. Oleh karena itu, mitos hanya mampu dikalahkan oleh logos. Logos dapat diartikan pula sebagai sabda Ilahi, maka dalam hidup di dunia ini jika manusia bersandar pada logos maka manusia menyandarkan hidupnya pada Ilahi, pada Tuhan Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Di artikel blog Prof Marsigit telah dibahas tentang pemberontakan para mitos, dan sekarang membahas tentang mengubah mutos menjadi logos. Pada kisah elegi ini disebutkan di awal bahwa sombong mitos berarti sombong. Sombong adalah perbuatan syaitan yaitu perbuatan dosa pertama dan terberat di hadapah Allah. Kesombongan akan membakar habis semua amal kebaikan dan merubah semua kebaikan menjadi keburukan. Hanya dengan rahmat dan hidayah dari Allah sajalah yang mampu menghilangkan kesombongan dalam diri manusia. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berdo’a dan memohon perlindungan, rahmat dan hidayah dariNya.

    ReplyDelete
  4. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Kesombongan akan menenggelamkan kearifan manusia dalam menuntut ilmu. Sombong pun akan membua manusia selalu merasa benar dan merasa paling benar, merasa memiliki ilmu yang paling sempurna dan tidak terkalahkan. Padalah di atas langit masih ada langit. Kesombongan membuat kita berhenti untuk belajar, kerena kita merasa telah cukup. Betapa merugikan, padahal apa banyak hal yang bisa didapatkan apabila kita terus menggapai ilmu pengatahuan. Syaitan amat suka dengan sifat sombong dan akan menempel kepada hati yang sombong. Oleh karenanya, agar hati kita selalu bersih, bertawakallah kepada Alloh dan berhentilah merasa telah menjadi manusia telah sempurna pengatahuan karena kesempurnaan hanyanya milik Alloh.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Sebagai seorang penuntut ilmu mestinya berhati-hati jangan sampai terjerumusan dalam ilmu yang dimiliki, jangan sampai dengan ilmu yang menjadikannya menjadi angkuh, sombong dan jauh dari mengingat Allah yang menurunkan ilmu dan bekal pikiran kepada manusia. Terutama kesombongan yang sering menjerumuskan para penuntut ilmu. Dimana sifat sombong adalah sifat dari syaitan yang menggelincirkan mereka ke dalam nerakanya Allah SWT. Perbuatan sombong merupakan salah satu dosa yang sangat besar, tak pantaslah manusia berlaku sombong di muka bumi ini. Memandang bahwa kita berasal dari zat yang sama yaitu dari tanah dan semua yang kita miliki berasal dari Allah SWT maka semuanya akan kembali pula kepada Allah SWT. Oleh karena itu segala sesuatu yang telah diperoleh janganlah selalu mengatakan bahwa itu karena aku hebat, aku pintar, dsb. Kita juga harus ingat bahwa daun yang jatuh dari tangkainya pun itu atas kehendak Allah SWT. Sehingga segala kesuksesan yang telah diraih juga merupakan atas kehendak Allah SWT. Karena sejatinya orang yang berilmu adalah mereka yang kembali kepadamengingat Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. musuh manusia yang susah untuk dihilangkan adalah kesombongan. Sombong kadang tak sadar dilakukan, tapi orang-orang sekitar dapat merasakannya. Ilmu yang tinggi kadang dapat membuat seseorang tergelincir dalam kesombongan. Diperlukan sikap ikhlas dan rendah hati agar sikap buruk tersebut dapat dihindari. Menyadari bahwa semua yang ada pada diri adalah milik Allah SWT juga dapat menghindarkan diri dari sifat sombong. Semua hanya titipan yang akan diambil pada waktunya.

    ReplyDelete
  7. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT. Kalimat inilah yang bisa kita jadikan petunjuk dalam melakukan segala hal kebaikan dan mempertimbangkan segala hal keburukan. Ego yang dapat membangkitkan sifat sombong memang kadang kal kita lupa bahwa bisa menjerumuskan kita ke neraka. Sombong adalah penyakit hati yang datangnya dari godaan syaitan, bila kita tidak memiliki keteguhan hati yang ikhlas maka siap-siaplah menjadi penghuni neraka. Maka cara untuk mengubah mitos menjadi logos adalah dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya.

    ReplyDelete
  8. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Mitos berarti sombong, dan bagaimana mengubah mitos menjadi logos yaitu dengan salah satu caranya yaitu meluruhkan ego dan determinasi kita, dan selalu berserah dan berdoa pada Tuhan YME. Kesombongan memang sering umat manusia lakukan entah sengaja maupun tidak sengaja. Namun sebenarnya apa yang bisa kita sombongkan? Kita hanyalah manusia yang biasa, bahkan semua manusia itu sama saja di hadapan Tuhan. jadi apa yang bisa kita sombongkan? Sudah sebaiknya memang kita menjauhi kesombongan itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pada dasarnya semua hal yang ada di dunia ini bermula dari mitos dan logos. Mitios adalah pengetahuan yang berkembang di masyarakat sejak dulu sehingga seringkali terbawa hingga saat ini yang kadang-kadang pengetahuannya tidak rasional. Untuk mengubah mitos menjadi logos adalah dengan meluruhkan ego kita dan bertawakal kepada Allah. Logos dapat mengubah bencana menjadi rahmat setinggi-tingginya logos adalah logos absolut yaitu ilmu Allah.

    ReplyDelete
  10. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPS Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Assalamualaikum..
    Tidak ada mitos final maupun logos final di dunia ini. Apa yang menjadi mitos saat ini, mungkin saja suatu ketika di ruang dan waktu yang berbeda, ia akan menjadi logos. Apa yang menjadi logos saat ini, mungkin saja suatu ketika di ruang dan waktu yang berbeda, ia akan menjadi mitos. Semua itu dikarenakan dinamika tesis-antitesis-sintesis. Selama waktu masih berjalan, ruang akan berubah, begitu pula mitos dan logos. Sehingga logos absolut adalah logos final. Logos absolut bukan di dunia tempatnya. Sehingga hanya Allah lah yang memiliki logos absolut. Manusia tidak akan bisa memilikinya. Manusia hanya bisa berupaya mencapainya, dengan rahmat dan karunia Nya. Rahmat dan karunianya tidak akan diberikan kepada makhluk yang sombong.

    ReplyDelete
  11. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Apa yang dimiliki manusia di dunia ini terkadang menjadikan mereka bersifat sombong, angkuh, dan terlena akan kemewahan dunia sehingga lupa akan tujuan ia diciptakan di dunia ini yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT. Sombong merupakan penyakit hati yang mana pengidapnya merasa bangga dan memandang tinggi atas diri sendiri. Kesombongan ini menjadikan kita terjebak dalam mitos. Ingatlah bahwa segala yang kita miliki di dunia ini, hanya titipan dari Allah SWT. Lalu apa yang mau kita sombongkan?. Manusia hanya lah makhluk yang terbatas dan tidak sempurna. Kesempurnaan absolut hanya milik Allah SWT. Agar kita terhindar dari kesombongan, milikilah hati yang bersih, ikhlas dan selalu tingkatkanlah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  12. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Manusia kadang sombong dalam kehidupannya, tanpa disadari kesombongan itu telah, sedang dan akan membakar habis segala amal kebaikan yang pernah ia lakukan; merubah segala kebaikan menjadi keburukan. Naudzubilah mindzalik. Bagaimana cara untuk menghindarinya ? Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk. Hanya Rakhmat dan Hidayah-Nya lah yang mampu menghilangkan kesombongan kita. Perlu diingat bahwa ternyata setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT. Dengan Ilmu Allah SWT itulah harapannya kita bisa menghadapi segala persoalan Dunia dan Akhirat. Maka teguhkanlah Hatimu, dan tetapkanlah Hatimu sebagai komandanmu agar senantiasa engkau mendapatkan Rakhmat, Hidayah dan Keselamatan Dunia dan Akhirat. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Sesungguhnya semua ilmu apapun jenisnya ialah berasal dari Allah swt. Sehingga sebaik baiknya manusia jika memanfaatkan ilmu yang diberikannya dengan sebaik baiknya. Menggapai logos sebenarnya bersifat kontinu, karena jika tidak itulah sebenarnya mitos. Yang terpenting ialah dalam memperoleh ilmu harus berdasarkan alquran dan assunnah. Karena pada dasarnya setinggi-tingginya ilmu itu adalah ilmu milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  14. Manusia kadang tidak mau dan tidak mampu untuk mengubah keadaan dirinya disebabkan oleh mitos. Bahwa orang miskin tidak mampu untuk bersekolah tinggi karena biaya yang tinggi. Bahwa indonesia tidak akan maju karena pemimpinnya yang korup atau bahwa indonesia merupakan negara yang paling korup. Manusia harus berubah dari keadaan diam atau berhenti ke keadaan yang selalu bergerak. Suatu kaum tidak akan berubah jika kaum tersebut tidak mempunyai keinginan untuk berubah. Carilah pemimpin yang amanah agar korupsi dapat diberantas. Selenggarakan pendidikan yang berkualitas jauh dari unsur korup dan nepotisme. Ciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Dimulai dari diri sendiri.

    ReplyDelete
  15. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Mitos merupakan hal yang sangat berbahaya. Mitos bisa masuk ke dalam pikiran dan hati kita tanpa kita sadari. Mungkin saja mitos masuk ke dalam diri kita saat kita sombong, merasa puas, egois, merasa benar sendiri, dll. Oleh karena itu, untuk menjauhkan atau mengubah mitos yang ada dalam diri kita dan mengubahnya menjadi logos, kita harus selalu menambah dimensi ilmu kita, memperbaharui ilmu yang kita punya dengan ilmu-ilmu baru yang sesuai dengan ruang dan waktu saat itu. Dan tak lupa selalu bersyukur, menambah iman dan taqwa kepada Allah agar berada di jalan yang benar dan dijauhkan dari mitos.

    ReplyDelete
  16. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY Kelas D
    Mengubah mitos menjadi logos yaitu dengan meluruhkan Ego dan Determinist, seraya tawakal kepada Allah SWT. Mitos adalah kesombongan, dan kesombongan sendiri adalah syaitan. Sombong dan ego merupakan sifat syaitan. Sikap sombong pada manusia merupakan mitos, dan sombong adalah perbuatan syaitan yaitu perbuatan dosa pertama dan terberat. Pada dasarnya setinggi-tingginya ilmu itu adalah ilmu Allah SWT. ilmu dapat meluluhkan kesombongan dalam diri manusia karena ilmu akan terus-menerus berkembang dan tak akan pernah habis.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Kesombongan yang berawal dari mitos. Dengan mitos kita dapat menjadikan diri kita mengikuti bisikan syaitan. Sungguh mitos sangat dilarang dalam Islam. Begitu juga dengan kessombongan sangat dibenci oleh Allah. Karena kesombonganlah iblis di keluarkan dari surge yang sudah lengkap dan kekal kenikmatannya. Hanya saja di dalamnya hanya untuk yang berhati mulia saja.

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Setiap apa yang Alloh anugerahkan kepada kita hanyalah milik Alloh dan semuanya akan kembali kepada-Nya termasuk ilmu. Di atas langit masih ada langit. Ilmu yang kita miliki tidaklah seberapa. Janganlah menapakkan langkahmu di muka bumi dengan kesombongan karena sebenar-benarnya yang patut sombong hanyalah Alloh. Tiadanya rasa syukur menjadikan jalan pintas sebagai jalan yang ditempuh bagi mereka (yang berilmu) yang tidak mempunyai rasa kepedulian terhadap keikhlasan yang Alloh karuniakan.

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kesombongan sangat dekat dengan setan. Maka dari itu hendaknya manusia menghindari kesombongan agar terhindar dari setan. Banyak tawaran dalam dunia yang mengajak untuk dekat dengan setan, maka perlu dipilah hal – hal mana saja yang membawa kita dekat dengan setan agar tidak terjerumus kedalam bujukan setan. Perbuatan yang dipengaruhi setan berarti mitos, maka perlu adanya logos untuk mengalahkannya yaitu dengan berdoa dan berserah diri kepada Tuhan.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ketika seseorang mengabaikan logos dan terjerumus kedalam mitos, maka sesungguhnya ia telah berada pada lingkaran syaitan berupa kesombongan, dan syaitan berarti neraka. Naudzubillah min dzalik. Mitos, berdasarkan perjalanan ruang dan waktu, bisa berubah menjadi logos jika kita berikhtiar untuk mengubahnya dengan meluruhkan dan menghilangkan ego dan determinasi kita. Ketika kita mementingkan ego atau diri sendiri saja dengan mengabaikan orang lain, misalnya melakukan tindak korupsi, maka itu sama halnya kita terjerumus dalam lingkaran syaitan tersebut, sama halnya dengan determinasi. Maka sebagai manusia kita hendaknya selalu berdo'a dan mohon hidayah dari Allah SWT agar diberikan petunjuk untuk selalu menggapai logos.

    ReplyDelete
  21. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Elegi tersebut tentang mengubah mitos menjadi logos itu memanag perlu usaha memang agak sulit, kita tahu bahwa Ego dan Determinist bisa menyebabkan kita menjadi Berhenti.Berhenti berarti Mitos.Mitos berarti Sombong.Sombong berarti Syaitan.Jadi Ego dan Diterminist sangat berpotensial untuk menjadi makanan dan kendaraan para Syaitan. Naudzubilah mindzalik. Maka untuk mengubah Mitos menuju Logos, salah satu caranya adalah meluruhkan Ego dan Determinist kita, seraya tawakal kepada Allah SWT. Maka kita dapat mengubah mitos menjadi logos dengan cara menghilangkan sifat ego dan determinist kita dan selalau bertawala kepada Allah.

    ReplyDelete
  22. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari elegi ini dapat disimpulkan bahwa mengubah mitos menjadi logos adalah pertama-tama dengan menghilangkan ego kita yang menyebabkan kita berhenti, dimana berhenti itu merupakan kesombongan itu adalah syaitan selain itu kita juga harus menjauhkan diri kita dari kesombongan.

    ReplyDelete
  23. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Menjadi seorang manusia itu hendaklah menghilangkan sifat ego, karena itu bisa menyebabkan kita tidak menerima sesuatu dari orang lain. Hal tersebut bisa membuat kita jadi sombong, seakan-akan kita telah menyamai setan. Kita harus bisa meluruhkan ego kita. Itu adalah syarat untuk bisa mengenal mitos kita dan selanjutnya bisa mengubahnya menjadi sebauh logos. Agar apa yang kita katakan tidak hanya menjadi mitos tetapi juga menjadi logos maka harus diberikan landasan teori dan pembuktiannya. Mari pendapat yang kita sampaikan bukan hanya mitos tetapi agar benar-benar menjadi logos.

    ReplyDelete
  24. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Filsafat mengenalkan empat dimensinya yang seharusnya kita pahami dalam kehidupan ini. Ke empat dimensi tersebut yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Dalam menjalankan hidup ini kita harus memaknai keempat dimensi dengan sebaik-baiknya. Yang paling tinggi itu adalah spiritual. Kita hrus memahami spiritual dengan sebaik-baiknya supaya menjadi manusia yang selamat di dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  25. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Ketika merasa telah mencapai sesuatu dalam hidup terkadang sombong akan menyertai diri manusia. Oleh karena itu kiranya kita tetap menggapai logos dan tidak terjebak hanya dengan berhenti pada mitos maka hendaknya kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar dihindarkan dari sifat sombong dan diteguhkan hati agar selalu tetap berusaha untuk mencapai logos dengan mengubah mitos-mitos yang ada dengan segala kemampuan yang dimiliki. Agar senantiasa menggali potensi diri agar dapat menggapai logos seutuhnya.

    ReplyDelete
  26. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Alhamdulillah saya bertemu elegi ini. Karena selama ini say berpikir, bagaimana caranya mengubah mitos menjadi logos?. Disini jawabannya.Salah satu makanan setan yang berpotensial untuk membuat manusia tergoda adalah ego dan determinist. Untuk mengubah mitos menajdi logos maka kita harus meluruhkan ego dan determinist kita disertai dengan tawakal kepada Allah. Ego dan determinist menyebabkan kesombongan, dan hanya dengan pertolongan Allah lah yang dpaat menghilangkan kesombongan. Maka mari kita teguhkan hati, dan menjadikan hati sebagai komandan atas setiap perbuatan kita.

    ReplyDelete
  27. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Sebenar-benarnya yang menolong ketika kita kebingungan ialah dengan berdo’a kepada Allah SWT. Sifat ego ada dalam kehidupan manusia, ego berasal dari hati dan pikiran kita yang tidak bisa menerima kenyataan yang ada baik kenyataan untuk diri sendiri maupun yang dialami oleh orang lain. Ego dapat menimbulkan kesombongan manusia dan bisa-bisa syeitan akan datang kepada kita. Kita harus selalu berusaha agar apa yang kita inginkan tidak menjadi mitos maka kita harus berusaha agar dapat menjadi logos dengan sungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  28. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Keegoan dan ditermist seseorang merupakan ladang syeitan untuk menggoda manusia, hanya saja manusia akan benar-benar tergoda atau akan mengalahkan bujuk rayu syeitan. Kesempatan yang sekecil apapun akan dimanfaatkan oleh syeitan dalam menggoda manusia agar lupa akan kewajibannya untuk meraih surga, kita jangan pernah mau kalah. Syeitan saja bisa memanfaatkan waktu senggang kita, apalagi kita harusnya kita dapat memanfaatkan waktu-waktu senggang kita untuk hal-hal mendekatkan diri kepada Allah SWT dan terjauh dari logos.

    ReplyDelete
  29. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sifat yang berbahaya dalam diri manusia adalah kesombongan. Jika manusia mengejar ambisi dan engabaikan doa dan sang pencipta maka akan menjadi sombong akan ilmunya. Sebaik-baiknya manusia adalah ia yag bermanfaat bagi orang sekitar, ketika sudah mencapai ambisi atau tujuan atas ilmu maka gunakanlah ilmu itu dalam bermasyarakat agar dijauhkan dari penyakit hati yaitu sombong.

    ReplyDelete
  30. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Ego dan determinis menunjukkan mitos yang ada dalam pribadi kita, untuk mengubah mitos menjadi logos kita harus meluruhkan sikap ego dan determinis tersebut dengan memohon pertolongan kepada Tuhan sehingga senantiasa mendapat hidayah dan mendapatkan keselamatan dunia dan ahkirat.

    ReplyDelete
  31. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Logos dan mitos adalah dua hal yang terus ada dalam kehidupan manusia. Saat mencari ilmu manusia sedang berusaha menggapai logos. Namun, ketika manusia tersebut puas dan berhenti, maka sebenar-benarnya logos telah berubah menjadi mitos. Berhenti adalah mitos, berhenti membangun kesombongan, dan kesombogan merupakan tipu daya iblis. Hanya pertolongan Tuhan yang dapat mengubah kesombongan menjadi keihklasan. Maka teruslah berserah pada Tuhan.

    ReplyDelete
  32. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tak jarang di lingkungan kita sering menemukan adanya mitos. Mitos merupakan keyakinan dari zaman dahulu yang biasanya tidak masuk akal. Mitos tersebut biasanya akan memberikan sugesti kepada orang-orang di sekelilingnya. Dengan sugesti tersebut orang dapat dengan mudah untuk percaya yang akan mempengaruhi tingkah laku, sikap, dan keyakinan seseorang. Hal ini sungguh memberikan efek negatif, bahkan dapat membuat orang merasa takut yang amat mendalam dan tak berani melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Syirik terbagi menjadi dua macam, yaitu syirik besar dan syirik kecil. Syirik besar yaitu perbuatan yang secara terang-terangan menyekutukan Allah. Sedangkan syirik kecil biasanya dilakukan oleh umat Islam sendiri seperti bersumpah kepada selain Allah, menggantungkan jimat, mantra, sihir, ramalan, riya. Mempercayai mitos itu termasuk syirik kecil. Kita buang jauh-jauh dari benak kita mengenai hal-hal di luar kekuasaan Allah swt. sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa nama-nama Allah dengan jelas menyatakan sifat-sifat-Nya yang sempurna secara mutlak.

    ReplyDelete
  34. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Allah swt berfirman dalam Q.S As-Syura: “Tidak ada sesuatupun yang menyerupainya, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” Ayat tersebut jelas menerangkan bahwa Allah swt mengetahui segala apa yang kita perbuat termasuk hal yang batil. Oleh karena itu, dalam melakukan sesuatu kita harus berpegang teguh pada hukum dasar Islam, difilter terlebih dahulu, dan menjaga keimanan hati kita. Semoga kita tergolong hamba yang mendapat lindungan-Nya yang senantiasa berada di jalan-Nya. Amiin ya Rabbal ‘alamiin.

    ReplyDelete
  35. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Mitos adalah sesuatu yang telah mengakar pada kepercayaan manusia pada umumnya. untuk mengubah mitos menjadi logos, mungkin tidak mudah dalam hal ini. karena para orang tua selalu mengingatkan hal yang mengandung mitos ini kepada ank-anknya, dan akhirnya menurun kepada ananknya, dan begitu pula seterusnya. namun dengan cara memahami arti mitos sebenarnya, mungkin bisa dirubah menjadi suatu pengetahuan tapi dilakukan oleh orang yang mempunyai ilmu pengetahuan yang sudah bisa dipercaya dan diandalkan sehingga bisa membuktikan bahwa mitos ini benar-benar bisa dirubah, dan harus mempunyai dasar-dasar dalam melaksanakan. maka perbanyaklah ilmu, gapailah logos se tinggi mungkin agar mitos dapat dirubah menjadi logos dan dapat membuka pola pikir masyarakat yang percaya akan mitos.

    ReplyDelete
  36. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ritual ikhlas 42 tentanf mengubah mitos menjadi logos. Elegi ini menyampaikan kepada kita bahwasanya Ego dan Determinist akan membuat kita berhenti belajar, hal tersebut membuat kita hanya memiliki mitos, sedang mitoa artinya sombong, darisana timbul makanan syaitan. Jika kita biarkan hati kita akan kotor dan syaitan akan betah untuk mengganggu kedamaian hati kita.
    hilangkan ego dan determinis dari diri kita karena setinggi tingginya ilmu sejatinya logos absolut yaitu ilmu Allah SWT. Dengan ilmu Allah harapannya kita dapat menyelesaikan masalah di dunia dan akhirat

    ReplyDelete
  37. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hal yang menarik, kalimat yang berkesan ketika dibaca dalam elegi ini menurut saya adalah
    Aku menemukan bahwa Kesombongan itu telah, sedang dan akan membakar habis segala amal kebaikan; merubah segala kebaikan menjadi keburukan. Naudzubilah mindzalik.
    Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk.
    Hanya Rakhmat dan Hidayah Nya lah yang mampu menghilangkan ke AKU an ku.
    Hanya dengan pertolongan Allah SWT sajalah aku mampu menghilangkan keSombonganku.
    Dari petikan kalimat tersebut kita tau bahwa kita harus terus berikhtiar, berdoa dan bertawakal untuk memperoleh rahmat Allah SWT agar selalu dilindungi dan dihindarkan dari sikap sombong yang akan menghapuskan kebaikan kebaikan yang telah kita kerjakan.

    ReplyDelete
  38. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk dapat mengubah mitos menjadi logos, maka kita perlu meluruhkan Ego dan Determinist kita seraya tawakal kepada Allah SWT. Karena Ego dan Determinist kita berpotensi menjadi makanan dan kendaraan setan. Mengubah mitos menjadi logos sangatlah penting karena mitos berarti sombong padahal sombong sangatlah dibenci Allah, tidak akan masuk surga orang yang berjalan dimuka bumi dengan kesombongan.selain itu mengubah mitos menjadi logos penting karena logos mampu mengubah bencana menjadi rahmat. Dengan adanya logos kita dapat menjadi sopan pada ruang dan waktu. Dan setinggi tingginya logos adalah logos absolut yaitu Ilmu Allah.

    ReplyDelete
  39. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Sombong adalah mitos. Untuk menghilangkan mitos dalam diri ini dan mengubahnya menjadi logos, maka kita perlu bertawakal kepada Sang Khalik. Jauh dari kesombongan merupakan salah satu caranya. Kesombongan hanya membuatmu jatuh ke jurang yang menyakitkan. Menyakitkan pikiran, hati, dan orang disekelilingmu. Maka sedikit demi sedikit bertransformasi mitos menjadi logos.

    ReplyDelete
  40. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pelajaran yang dapat saya ambil adalah bahwa mengubah pikiran merupakan perubahan mitos menjadi logos dengan bantuan yaitu kepercayaan kepada Allah SWT. Hanya dengan bantuan Allah juga, manusia akan terhindar dari sifat kesombongan. Oleh karena itu, kita harus menjalankan segala perintah-Nya dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  41. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jadi dalam kesombongan manusia haruslah ingat atas ketakutannya dari kuasa Allah. Karena sebenar-benarnya yang dimiliki oleh sombong adalah ujuan baginya.. Oleh karena itu dalam hal ini manusia harus berdoa dan bertaubat nasuha agar menadapat pertolongan Allah dan diampunis segala dosa-dosanya.

    ReplyDelete
  42. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Mitos itu datangnya dari para pendahulu yang masih dipercaya sampai sekarang, sesungguhnya mempercayai mitos itu dosa karena yang dapat kita percaya hanyalah Allah SWT. Mitos merupakan suatu kebiasaan yang dikaikat dengan kepercayaan, dan itu tidak . untuk membantah mitos maka ada logos, dimana logos merupakan sabda Ilalhi, percaya lah dengan sabda Ilahi karna itu tidak menyesatkan.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Filsafat sejatinya membuat manusia selalu berpikir kritis, terus mencari jawaban atas segala pertanyaan-pertanyaan hingga ke akar-akarnya. Manusia yang berfilsafat tidak akan pernah berhenti berhenti untuk mencari kebenaran yang hakiki yang berasal dari Allah SWT. Apabila manusia tersebut berhenti mencari kebenarean dan kebijaksanaan, maka sesungguhnya manusia itu diliputi oleh mitos-mitos yang dekat terhadap ego dan kesombongan. Mitos-mitos menghentikan manusia untuk lebih dekat terhadap kebenaran. Sehingga mitos dapat menjadi alat bagi syaitan untuk memperdaya manusia. Hanya dengan logos lah kebenaran dapat ditemukan serta mencegah kita dari tipu daya syaitan. Untuk mengubah mitos menjadi logos, kita harus senantiasa menghilangkan ego dan kesombongan agar manusia benar-benara dapat mencapai keikhlasann yang akan membuatnya mampu untuk mengubah mitos-mitos menjadi logos.

    ReplyDelete