Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 42: Mengubah Mitos menjadi Logos




Elegi singkat ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan Sdri Ninda Argafani tentang bagaimana mengubah Mitos menjadi Logos. 


Oleh Marsigit

Ego dan Determinist bisa menyebabkan kita menjadi Berhenti.

Berhenti berarti Mitos.

Mitos berarti Sombong.

Sombong berarti Syaitan.

Jadi Ego dan Diterminist sangat berpotensial untuk menjadi makanan dan kendaraan para Syaitan. Naudzubilah mindzalik.

Maka untuk mengubah Mitos menuju Logos, salah satu caranya adalah meluruhkan Ego dan Determinist kita, seraya tawakal kepada Allah SWT.

Ego dan Determinist ku tidak berdaya menghadapi fenomena Politik berlevel Nasional misalnya kasus Korupsi.

Apa pula yang bisa aku perbuat menghadapi para Koruptor Nasional.

Ternyata Ego dan Deterministku tidak mampu berbuat apa-apa menghadapi Koruptor Besar. Lalu apa pula yang bisa Aku sombongkan?

Padahal Ego dan Determinist berelasi dengan yang ada dan yang mungkin ada yang berdimensi Ruang dan Waktu.

Namun Hatiku mengatakan bahwa setiap yang ada dan yang mungkin ada yang aku hadapi ternyata adalah Rakhmat bagi diriku.

Hanya Logoslah yang mampu mengubah Bencana menjadi Rakhmat.

LogosKu aku peroleh dengan cara meluruhkan EgoKu dan DeterminisKu.

LogosKu lah yang akan menuntun aku untuk Sopan dan Santun terhadap Ruang dan Waktu.

Tetapi jika aku masih mengatakan Ku pada LogosKu, maka Ego serta merta bangkit kembali dan berubah wujud menjadi Kesombongan.

Aku menemukan bahwa setiap Kesombongan itu akan terlempar dan tercampakkan ke dalam panasnya Api Neraka.

Sombong adalah perbuatan Syaitan yaitu perbuatan dosa pertama dan terberat.

Aku menemukan bahwa Kesombongan itu telah, sedang dan akan membakar habis segala amal kebaikan; merubah segala kebaikan menjadi keburukan. Naudzubilah mindzalik.

Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk.

Hanya Rakhmat dan Hidayah Nya lah yang mampu menghilangkan ke AKU an ku.

Hanya dengan pertolongan Allah SWT sajalah aku mampu menghilangkan keSombonganku.

Aku menemukan bahwa ternyata setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT.

Dengan Ilmu Allah SWT itulah harapannya kita bisa menghadapi segala persoalan Dunia dan Akhirat.

Maka teguhkanlah Hatimu, dan tetapkanlah Hatimu sebagai komandanmu agar senantiasa engkau mendapatkan Rakhmat, Hidayah dan Keselamatan Dunia dan Akhirat. Amin.

Wss Wr Wb

12 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Didunia ini dua istilah yang menjadi bagian dari kepercayaan manusia yaitu mitos dan logos. Dunia ini mengabstraksikan pikiran kita sedangkan pikiran kita bertugas untuk menerjemahkan dunia. Karena dunia ini bergerak dalam ruang dan waktu maka pikiran kita juga harus mengikuti pergerakan arah dari ruang dan waktu tersebut.
    Misalnya ada suatu hal di luar pikiran kita maka kita tidak akan bisa memikirkan hal itu, tetapi apabila hal tersebut berada dalam pikiran kita maka kita dapat memikirkan hal itu karena kita dalam keadaan sadar. Hal ini merupakan mitos. Agar sesuatu yang kita pikirkan tidak menjadi mitos maka harus dapat dijelaskan secara ilmiah dan masuk akal. Dengan demikian mitos dapat menjadi logos.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Percaya kepada ramalan dan mitos dalam Islam merupakan salah satu perbuatan yang berdosa. Dan perbuatan dosa tersebut adalah perbuatan syaitan. Menaatkan diri untuk selalu berdoa dan berkeyakinan hanya kepada Tuhan adalah salah satu cara agar kita terhindar dari godaan syaitan dan mitos. Tetapkan hati agar kita juga mampu berpikir secara rasional tanpa terpengaruh oleh pikiran syaitan. Mitos merupakan segala perbuatan yang dipengaruhi oleh syaitan. Egois dan sombong adalah bagian dari mitos. Manusia tidak lagi mampu berpikir secara rasional karena telah termakan oleh mitos itu sendiri. Oleh karena itu, mitos hanya mampu dikalahkan oleh logos. Logos dapat diartikan pula sebagai sabda Ilahi, maka dalam hidup di dunia ini jika manusia bersandar pada logos maka manusia menyandarkan hidupnya pada Ilahi, pada Tuhan Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Di artikel blog Prof Marsigit telah dibahas tentang pemberontakan para mitos, dan sekarang membahas tentang mengubah mutos menjadi logos. Pada kisah elegi ini disebutkan di awal bahwa sombong mitos berarti sombong. Sombong adalah perbuatan syaitan yaitu perbuatan dosa pertama dan terberat di hadapah Allah. Kesombongan akan membakar habis semua amal kebaikan dan merubah semua kebaikan menjadi keburukan. Hanya dengan rahmat dan hidayah dari Allah sajalah yang mampu menghilangkan kesombongan dalam diri manusia. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berdo’a dan memohon perlindungan, rahmat dan hidayah dariNya.

    ReplyDelete
  4. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Kesombongan akan menenggelamkan kearifan manusia dalam menuntut ilmu. Sombong pun akan membua manusia selalu merasa benar dan merasa paling benar, merasa memiliki ilmu yang paling sempurna dan tidak terkalahkan. Padalah di atas langit masih ada langit. Kesombongan membuat kita berhenti untuk belajar, kerena kita merasa telah cukup. Betapa merugikan, padahal apa banyak hal yang bisa didapatkan apabila kita terus menggapai ilmu pengatahuan. Syaitan amat suka dengan sifat sombong dan akan menempel kepada hati yang sombong. Oleh karenanya, agar hati kita selalu bersih, bertawakallah kepada Alloh dan berhentilah merasa telah menjadi manusia telah sempurna pengatahuan karena kesempurnaan hanyanya milik Alloh.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Sebagai seorang penuntut ilmu mestinya berhati-hati jangan sampai terjerumusan dalam ilmu yang dimiliki, jangan sampai dengan ilmu yang menjadikannya menjadi angkuh, sombong dan jauh dari mengingat Allah yang menurunkan ilmu dan bekal pikiran kepada manusia. Terutama kesombongan yang sering menjerumuskan para penuntut ilmu. Dimana sifat sombong adalah sifat dari syaitan yang menggelincirkan mereka ke dalam nerakanya Allah SWT. Perbuatan sombong merupakan salah satu dosa yang sangat besar, tak pantaslah manusia berlaku sombong di muka bumi ini. Memandang bahwa kita berasal dari zat yang sama yaitu dari tanah dan semua yang kita miliki berasal dari Allah SWT maka semuanya akan kembali pula kepada Allah SWT. Oleh karena itu segala sesuatu yang telah diperoleh janganlah selalu mengatakan bahwa itu karena aku hebat, aku pintar, dsb. Kita juga harus ingat bahwa daun yang jatuh dari tangkainya pun itu atas kehendak Allah SWT. Sehingga segala kesuksesan yang telah diraih juga merupakan atas kehendak Allah SWT. Karena sejatinya orang yang berilmu adalah mereka yang kembali kepadamengingat Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. musuh manusia yang susah untuk dihilangkan adalah kesombongan. Sombong kadang tak sadar dilakukan, tapi orang-orang sekitar dapat merasakannya. Ilmu yang tinggi kadang dapat membuat seseorang tergelincir dalam kesombongan. Diperlukan sikap ikhlas dan rendah hati agar sikap buruk tersebut dapat dihindari. Menyadari bahwa semua yang ada pada diri adalah milik Allah SWT juga dapat menghindarkan diri dari sifat sombong. Semua hanya titipan yang akan diambil pada waktunya.

    ReplyDelete
  7. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT. Kalimat inilah yang bisa kita jadikan petunjuk dalam melakukan segala hal kebaikan dan mempertimbangkan segala hal keburukan. Ego yang dapat membangkitkan sifat sombong memang kadang kal kita lupa bahwa bisa menjerumuskan kita ke neraka. Sombong adalah penyakit hati yang datangnya dari godaan syaitan, bila kita tidak memiliki keteguhan hati yang ikhlas maka siap-siaplah menjadi penghuni neraka. Maka cara untuk mengubah mitos menjadi logos adalah dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya.

    ReplyDelete
  8. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Mitos berarti sombong, dan bagaimana mengubah mitos menjadi logos yaitu dengan salah satu caranya yaitu meluruhkan ego dan determinasi kita, dan selalu berserah dan berdoa pada Tuhan YME. Kesombongan memang sering umat manusia lakukan entah sengaja maupun tidak sengaja. Namun sebenarnya apa yang bisa kita sombongkan? Kita hanyalah manusia yang biasa, bahkan semua manusia itu sama saja di hadapan Tuhan. jadi apa yang bisa kita sombongkan? Sudah sebaiknya memang kita menjauhi kesombongan itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pada dasarnya semua hal yang ada di dunia ini bermula dari mitos dan logos. Mitios adalah pengetahuan yang berkembang di masyarakat sejak dulu sehingga seringkali terbawa hingga saat ini yang kadang-kadang pengetahuannya tidak rasional. Untuk mengubah mitos menjadi logos adalah dengan meluruhkan ego kita dan bertawakal kepada Allah. Logos dapat mengubah bencana menjadi rahmat setinggi-tingginya logos adalah logos absolut yaitu ilmu Allah.

    ReplyDelete
  10. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPS Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Assalamualaikum..
    Tidak ada mitos final maupun logos final di dunia ini. Apa yang menjadi mitos saat ini, mungkin saja suatu ketika di ruang dan waktu yang berbeda, ia akan menjadi logos. Apa yang menjadi logos saat ini, mungkin saja suatu ketika di ruang dan waktu yang berbeda, ia akan menjadi mitos. Semua itu dikarenakan dinamika tesis-antitesis-sintesis. Selama waktu masih berjalan, ruang akan berubah, begitu pula mitos dan logos. Sehingga logos absolut adalah logos final. Logos absolut bukan di dunia tempatnya. Sehingga hanya Allah lah yang memiliki logos absolut. Manusia tidak akan bisa memilikinya. Manusia hanya bisa berupaya mencapainya, dengan rahmat dan karunia Nya. Rahmat dan karunianya tidak akan diberikan kepada makhluk yang sombong.

    ReplyDelete
  11. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Apa yang dimiliki manusia di dunia ini terkadang menjadikan mereka bersifat sombong, angkuh, dan terlena akan kemewahan dunia sehingga lupa akan tujuan ia diciptakan di dunia ini yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT. Sombong merupakan penyakit hati yang mana pengidapnya merasa bangga dan memandang tinggi atas diri sendiri. Kesombongan ini menjadikan kita terjebak dalam mitos. Ingatlah bahwa segala yang kita miliki di dunia ini, hanya titipan dari Allah SWT. Lalu apa yang mau kita sombongkan?. Manusia hanya lah makhluk yang terbatas dan tidak sempurna. Kesempurnaan absolut hanya milik Allah SWT. Agar kita terhindar dari kesombongan, milikilah hati yang bersih, ikhlas dan selalu tingkatkanlah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  12. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Manusia kadang sombong dalam kehidupannya, tanpa disadari kesombongan itu telah, sedang dan akan membakar habis segala amal kebaikan yang pernah ia lakukan; merubah segala kebaikan menjadi keburukan. Naudzubilah mindzalik. Bagaimana cara untuk menghindarinya ? Hanya pertolongan Allah SWT lah yang mampu menghilangkan Kesombongan umat dan para makhluk. Hanya Rakhmat dan Hidayah-Nya lah yang mampu menghilangkan kesombongan kita. Perlu diingat bahwa ternyata setinggi-tinggi Logos adalah Logos Absolut yaitu Ilmu Allah SWT. Dengan Ilmu Allah SWT itulah harapannya kita bisa menghadapi segala persoalan Dunia dan Akhirat. Maka teguhkanlah Hatimu, dan tetapkanlah Hatimu sebagai komandanmu agar senantiasa engkau mendapatkan Rakhmat, Hidayah dan Keselamatan Dunia dan Akhirat. Aamiin.

    ReplyDelete