Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 2: Persiapan Teknis 1




Oleh Marsigit

Santri Kepala:

Ass.Wr.Wb...hadirin yang dimuliakan Allah, kami sampaikan bahwa untuk beberapa waktu ini kami memfasilitasi hadirin semua bagi yang ingin melaksanakan Ritual Ikhlas di sini. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberi kesempatan kepada para hadirin semua untuk mempelajari bagaimana melaksanakan ibadat yang benar, sesuai dengan tuntunan yang ada. Sedangkan tuntunan yang ada meliputi tuntunan yang terdapat pada Kitab Suci atau Firman Allah SWT, sunah Rasulullah SAW, dan lainnya yang dilazimkan sebagai tuntunan yang benar. Mengingat banyaknya peserta yang akan ikut Ritual Ikhlas, dan demi untuk menjamin kelancaran dan kekhusyukan beribadat, maka kami membuat ketentuan atau peraturan umum dan khusus. Ketentuan umum meliputi ketentuan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran ibadat; sedangkan ketentuan khusus meliputi tata cara beribadat yang benar sesuai dengan sumber-sumber yang telah saya sebutkan. Kami mempunyai beberapa petugas yang akan melayani dan membantu menyediakan beberapa kebutuhan peserta, sehingga peserta akan lebih fokus kepada kegiatan ibadahnya.

Peserta Ritual Ikhlas:
Kegiatan ibadat yang bisa dipelajari itu meliputi apa saja?

Santri Kepala:
Kegiatan ibadat yang dipelajari meliputi: Salat yang benar, ambil air wudlu yang benar, bersuci yang benar, Salat sunah yang benar, Salat jamaah yang benar, Berdoa yang benar, dan Zikir yang benar. Semuanya itu harus dilandasi dengan memohon rida kepada Allah SWT.

Peserta Ritual Ikhlas:
Bagaimana sikap atau tindak-tanduk kita dalam melaksanakan Ritual Ikhlas?

Santri Kepala:
Allah SWT itu Maha Suci, maka hanya orang-orang yang telah bersucilah dapat menggapai rida-Nya. Oleh karena itu kami mengharapkan agar peserta Ritual Ikhlas dapat menjaga Adab atau sopan santun pelaksanaan Ritual Ikhlas dalam arti yang sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Tidak ada kegiatan aneh-aneh dalam Ritual Ikhlas ini. Yang ada hanyalah kegiatan beribadat sebagaimana lazimnya orang beribadat, hanya bedanya di sini kita belajar meningkatkan kualitas ibadat kita dengan cara berusaha beribadat dengan benar-sebenarnya sesuai tuntunan yang ada. Oleh karena itu kami akan membantu para peserta yang lalai untuk tidak lalai, peserta yang mengalami kesulitan, peserta yang sakit, untuk tetap bisa beribadat dengan benar dan khusyuk.

Peserta Ritual Ikhlas:
Bagaimana contoh konkritnya bantuan yang akan anda berikan?

Santri Kepala:
Agar para peserta Ritual Ikhlas dapat beribadat secara khusyuk, maka hendaklah diantara para peserta bisa saling menjaga. Jika ada peserta yang lalai karena suatu hal, misalnya bicara atau mengobrol terlalu keras, maka para santri kami akan mengingatkannya. Jika ada peserta yang ketiduran, padahal sudah saatnya melakukan ibadah Salat, maka Santri kami akan membangunkan akan bisa berjamaah bersama-sama. Demikian seterusnya.

Peserta Ritual Ikhlas:
Bagaimana kami dapat memenuhi segala kebutuhan kami selama Ritual Ikhlas?

Santri Kepala:
Agar mampu belajar secara optimal, maka sebaiknya mengurangi kegiatan atau kebutuhan yang tidak pokok. Namun untuk kegiatan pokok kamu akan membantunya misalnya untuk makan dan minum kami yang akan menyediakan.

Peserta Ritual Ikhlas:
Mengingat kami berasal dari berbagai derajat dan tingkatan manusia yang berbeda-beda, apakah ada pengecualian terhadap hak dan kewajiban peserta misalnya dalam aktivitas, makan dsb?

Santri Kepala:
Sesuai dengan prinsip keadilan dalam keikhlasan maka kami tidak membeda-bedakan pangkat, derajat, golongan maupun jenis kelamin. Semuanya sama di depan Allah SWT. Yang membedakan derajat anda semua adalah Keikhlasan anda masing-masing. Baiklah, setelah Salat Ashar nanti, maka kita akan melakuan dan melaksanakan ibadat secara bersama-sama, Salat jamaah untuk setiap Salat wajib. Sementara itu diwaktu luang atau pada waktu jeda antara Salat wajib, kami menganjurkan agar peserta beramal sebanyak-banyaknya dengan cara berZikir secara ikhlas dengan menyebut asma Allah sebanyak-banyaknya. Peserta akan menempati tempat sesuai dengannyang telah ditentukan oleh penyelenggara, semata-mata untuk memudahkan pelayanan kami kepada peserta. Demikianlah informasi kami. Kami mengucapkan selamat melakukan Ritual Ikhlas kepada hadirin semua, semoga Allah SWT selalu meridai segala ikhtiar kita. Amin.

42 comments:

  1. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 Pend. Mat A 2018

    Aturan atau tata cara merupakan ketentuan untuk membatasi perilaku seseorang dengan tujuan tertentu. Dalam ritual ikhlas tersebut terdapat aturan-aturan yang bersifat mengikat agar tujuan melaksanakan ibadah yang benar. Meliputi sikap dan tindak tanduk yang harus diikuti selama kegiatan. Aturan yang sudah dibuat sifatnya mengikat, tidak membeda-beda kan latar belakang peserta ritual. Aturan tersebut seharusnya berlaku pula dalam semua kegiatan, aturan dibuat untuk ditaati semua orang agar tercipta kehidupan yang harmonis.

    ReplyDelete
  2. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap agama tentunya memiliki tata cara atau aturan masing-masing dalam beribadah. Dalam islam sebelum melaksanakan sholat ada aturan-aturan yang hasrus dilakukan sebelumya, seperti berwudhu terlebih dahulu, selain itu dalam melaksanakan sholat juga telah ada rukun dan syarat syah sholat sebagai panduan kita dalam melaksanakan sholat. Yang terpenting juga ketika dalam beribadah adalah niat, yaitu niat kita semata-mata karna Allah SWT. Kita semua dihadapan Allah sama sebagai makhluk ciptaanya, jadi apapun jabatan, pangkat ataupun golongan seseorang semua sama dimata Allah yang membedakannya hanyalah ketakwaan kita kepada-Nya.

    ReplyDelete
  3. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Point penting yang harus diperhatikan disini ialah bahwa tidak jarang dalam melakukan kegiatan keagamaan akan dijumpai segelintir orang yang terkadang mengantuk, bahkan mengobrol saat kegiatan keagamaan berlangsung. Yang lebih parah terkadang kegiatan keagamaan justru diisi oleh kegiatan menggunjing. Begitulah hebatnya syaitan dalam berusaha menjerumuskan manusia. Maka disinilah pentingnya kita saling mengingatkan satu sama lain.
    Hal penting yang kedua ialah "Prinsip keikhlasan" dimana tak ada perbedaan diantara kita dalam hal keduniawian yang membedakan kita dimata Allah ialah keikhlasan kita dalam menjalankan segala perintahNya. Maka yang miskin tak perlu takut mengingatkan siKaya yang lalai, begitu pula simuda dengan situa, si kurang cantik dengan si sangat cantik, dst.

    ReplyDelete
  4. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Landasan ibadah kita semata-mata hanya keikhlasan hati untuk menggapai ridha Allh SWT. Oleh karena itu, dalam ritual ikhlas kita perlu mempelajari tata cara beribadah yang benar dan sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan AlHadits. Dengan demikian kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Sehingga dalam pelaksanaan ibadah yang benar akan memunculkan keihklasan hati dalam beribadah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Saya setuju bahwa dalam beribadah kita perlu mempelajari adab dan tata cara yang benar. Untuk itulah manusia harus senantiasa belajar. Karena pada dasarnya, jika ingin menggapai dunia maka kuncinya adalah ilmu, jika ingin menggapai akherat maka kuncinya ilmu, jika ingin menggapai dunia dan akherat, maka kuncinya juga ilmu.
      Terima kasih.

      Delete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ritual ikhlas dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada para hadirin untuk mempelajari bagaimana melaksanakan ibadah yang benar dan sesuai dengan tuntunan. Dalam ritual ikhlas ini para peserta harus saling mengingatkan apabila ada yang lalai dengan tugasnya. Misalnya jika ada yang sedang main game padahal sudah waktunya sholat, maka teman yang lainnya harus segera mengingatkannya dan segera melaksanakan sholat bersama-sama. ketika melaksanakan ritual ikhlas diusahakan untuk tidak melakukan kegiatan yang kurang berguna, seperti main games, ngerumpi yang tidak penting, dan lain sebagainya. Sebaiknya waktu luang yang ada digunakan untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti mengaji, mendengarkan ceramah, menghafal, dzikir, dan sebagainya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pada informasi awal ritual ikhlas sebelumnya, diminta untuk memahami ikhlas yang akan dilakukan ritual ikhlasnya. Sekarang berlanjut ke step persiapan ritual ikhlas yang membutuhkan banyak persiapan, pertama fisik dan psikis yang sehat dan siap menampung hasil dari ritual ikhlas nantinya. Ikhlas pada dasarnya dipersiapkan dari hati, bila hatinya masih belum bersih maka ikhlas enggan mampir masuk ke dalamnya begitupun juga dengan pikiran yang masih ke mana-mana akhirnya tidak memberikan ruang kepada si ikhlas sehingga ikhlas hanya sekedar lewat tanpa menginap lama.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Teknis 1 dalam ritual ikhlas menyebutkan bahwa tidak adanya perbedaan perlakuan pada setiap peserta. Dalam kasus ini peserta harus mengikhlaskan diri dalam mengikuti kegiatan spiritual yang diagendakan oleh penyelenggara ritual. Nilai yang dapat diambil adalah perlakuan sama pada setiap peserta adalah wujud dari suatu keadilan, juga paksaan karena tidak ada toleransi. Oleh karena itu keikhlasan menjadi poros utama untuk dapat mengikuti ritual ini, ikhlas untuk mematuhi peraturan dan menjalankan setiap agenda yang direncanakan.

    ReplyDelete
  8. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari postingan tersebut, saya belajar bahwa bagaimana sikap kita dalam melaksanakan ibadah. Sayarat ibadah yang pertama adalah suci. Selain itu sikap kita dalam beribadah adalah berserah diri bahwa kita hanya sebagian kecil makhluk ciptaanNya. Kita beribadah pasti tidak sendiri tetapi berkumpul banyak orang, sehingga bagaimana mereka beribadah harus tetap menghormatinya. Karena sama-sama bertujuan untuk mengharap ridhoNya.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Selain bagaimana sikap dalam beribadah, saya menambahkan lagi tentang bagaimana diri kita dalam beribadah dihadapan Allah SWT. Kita beribadah dalam ruangan yang sama dengan banyak orang dan mempunyai derjat yang sama walaupun kita berbeda dalam latar belakang, tetapi tetap sama dihadapan Allah SWT. Untuk itu agar kualitas ibadah kita meningkat leih meniatkan sungguh-sungguh dalam hati secara ikhlas, perbanyak zikir dan sedekah.

    ReplyDelete
  10. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Peserta ritual ikhlas berasal dari bebagai macam tingkatan. Namun dalam acara ritual ikhlas ini tidak memandang adanya perbedaan pangkat, derajat, golongan, maupun jenis kelamin. Semua itu sesungguhnya sama dihadapan Allah SWT. Tidak ada yang fasilitas yang sepesial dantara satu orang dengan yang lainnya. Dalam acara ini dijamin tidak akan ada yang merasa dibedakan. Semua fasilitas akan disediakan sama semua. dengan begitu tidak akan ada yang merasa cemburu. Yang penting dalam acara ini bukanlah masalah fasilitas, namun bagaimana para peserta bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk lebih meningkatkan rasa ikhlas yang ada dalam dirinya. Untuk senantiasa ikhlas dalam berbuat dan menerima hal-hal yang kiranya kurang sesuai dengan yang kita inginkan. Oleh karena itu, dianjurkan pada waktu luang untuk memperbanyak amalan yang baik seperti berzikir untuk meningkatkan nilai ibadahnya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Memperbanyak ibadah adalah salah satu ritual untuk melatih keikhlasan kita. Sempurnakan wudhu, sholat dan sebagainya agar dapat melakukan ibadah dengan khusyuk. InsyaAllah lambat laun hati akan merasa ikhlas dan merasa ihklas tidak akan pernah ada dampak negatifnya. Justru seseorang akan merasa damai dan tentram dibalik ilmu ikhlasnya yang dirasakannya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Saya setuju bahwa ikhlas perlu dilatih. Memang pada dasarnya segala sesuatu perlu latihan. Semua tidak akan pernah sempurna dalam sekali waktu. untuk itulah manusia perlu belajar. latihan adalah salah satu bentuk belajar. begitupun dengan meraih ikhlas dalam dalam beribadah, manusia harus terus beribadah sembari belajar memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah. InsyaAllah, keikhlasan akan muncul.

      Delete
  12. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Ketika kita tidak bisa menghadapi masalah dan tidak bisa lagi mencari bantuan dari siapapun, maka kita harus yakin bahwa sang pencipta akan membantu kita. Haruslah kita memperbanyak doa kepada Allah dengan mencurahkan kepada-Nya segala kegelisahan yang dirasakan. Pendidikan agama dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat sentiasa mengajarkan untuk selalu berdoa jika menghadapi masalah. Dengan berdoa dan beribadah dapat membuat kita merasa diperhatikan oleh Allah. Cinta kepada Allah merupakan ciri cinta sejati. Rasa cinta yang membuat orang dapat hidup dan lebih ikhlas dalam menghadapi masalahnya. Ibadah dapat menenangkan hati dan pikiran. Dalam doa dan beribadah kita meminta agar hati ditenangkan dan diberi kekuatan untuk mengikhlaskan.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Pelaksanaan ritual ikhlas ini tidak memandang pangkat, derajat, golongan dan jenis kelamin. Ritual ikhlas harus dilaksanakan secara khusyu’ dan dalam keadaan sadar. Ikhlas bisa jadi kita merelakan suatu hal, akan tetapi sebenar-benarnya ikhlas adalah pasrah atau berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tugas manusia hanyalah berikhtiar lalu mempasrahkan segala sesuatu kepada-Nya. Ikhlas harus diikuti oleh hati yang bersih, selalu memohon ampun, dan membperbaiki ibadah dan muamalahnya. Persiapan teknis dalam ritual ikhlas diatas merupakan suatu kegiatan bina iman dan takwa yang dilakukan bersama-sama dengan santri sehingga membutuhkan situasu yang tenang, tidak ramai, dan hikmat.

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seperti yang telah dijelaskan di ritual ikhlas 1, persiapannya ialah ikhlas itu sendiri, ikhlas untuk beribadah secara benar dan rutin. Elegi ini memberikan keterangan lebih lanjut bahwa ikhlas dilakukan dengan memperbaiki kualitas ibadah, yaitu sesuai dengan tuntunan yang terdapat di dalam Al-Quran dan yang diteladankan Rasulullah SAW. Yang tidak kalah penting dalam melakukan ibadah ialah untuk saling mengingatkan dan saling mengoreksi agar semuanya dapat meningkatkan kualitas ibadahnya, tidak memandang siapa yang berkedudukan lebih tinggi, yang lebih memahami tuntunan berhak dan berkewajiban untuk mengingatkan.

    ReplyDelete
  15. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Hidup adalah ibadah, maka, dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa kita harus saling menjaga ketika beribadah, mengingatkan dalam kebaikan. Akan tetapi yang sering dilupakan adalah bagaimana cara untuk mengingatkan dengan adab yang baik. Kita lupa untuk memanusiakan manusia ketika kita mengingatkan orang lain.

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sungguh elegi yang indah Prof, elegi pengingat sekaligus penyemangat kalau menurut saya. Elegi persiapan ritual ikhlas ini mengingatkan kita bahwa tidak penting siapa dan apa yang kamu punya karena dimata Tuhan semua manusia sama yang membedakan hanyalah keikhlasannya masing-masing. Elegi ini juga mengingatkan kita untuk senantiasa memperbaiki kualitas ibadah kita. Karena selain keihlasan, Ibadah juga merupakan ukuran pembeda antar manusia dimata Tuhannya.

    ReplyDelete
  17. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dalam beribadah, hendaknya kita pasrahkan diri seutuhnya kepada Allah. lupakan sejenak segala urusan dunia, termasuk latar belakang pangkat, derajat, golongan. Di hadapan Allah, semua makhluk itu sama, tak lagi memandang segala pangkat dan derajat. Yang membedakan adalah kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada-Nya. Untuk meningkatkan kualitas diri, sudah selayaknya manusia mengamalkan ajaran agama sebaik-baiknya. Memperbaiki kualitas diri, kualitas ibadah. Dan memang, untuk mendapatkan hasil yang baik, segalanya butuh persiapan. Pun demikian dengan beribadah.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. karena betapapun kita melakukan sesuatu hingga bersimbah peluh berkuah keringat, habis tenaga dan terkuras pikiran, kalau tidak ikhlas melakukannya, tidak akan ada nilainya di hadapan Allah. Ikhlas, terletak pada niat hati. Luar biasa sekali pentingnya niat ini, karena niat adalah pengikat amal. Orang-orang yang tidak pernah memperhatikan niat yang ada di dalam hatinya, siap-siaplah untuk membuang waktu, tenaga, dan harta dengan tiada arti.

    ReplyDelete
  19. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sesuai dengan prinsip keadilan dalam keikhlasan seharusnya tidak ada yang namanya membeda-bedakan pangkat, derajat, golongan maupun jenis kelamin. Semuanya sama di depan Allah SWT. Yang membedakan derajat anda semua adalah Keikhlasan anda masing-masing. Salah satu contoh tidak membeda-bedakan orang lain yaitu dengan saling menjaga, saling mengingatkannya, demikian seterusnya.

    ReplyDelete
  20. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pada dasarnya manusia itu semuanya sama di depan Allah SWT, tidak membeda-bedakan pangkat, derajat, golongan maupun jenis kelamin. Karena yang membedakan derajat adalah Keikhlasan seseorang. Maka hendaknya kita beribadah di Niati meminta ridho dari Alloh SWT.

    ReplyDelete
  21. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dalam melakukan setiap aktifitas hendaknya kita Niati dengan ibadah mengharap Ridho Allah SWT. Karena selagi itu kebaikan apa yang kita lakukan adalah ibadah, pada prinsipnya ibadah tidak hanya kegiatan sepiritual yang di ajarkan dalam agama kita akan tetapi ibadah bisa juga aktifitas kita dalam bekerja mencari nafkah buat keluarag, kita belajar menuntut ilmu, kita olah raga, dan masih banyak lagi. Itulah ibadah.

    ReplyDelete
  22. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ibadah benar jika diiringi dengan ilmu. Seseorang yang hanya melakukan ibadah tanpa adanya ilmu maka akan sia-sia saja. Seorang kaya raya, punya jabatan tinggi, ataupun miskin dan tidak punya apa-apa tidak ada bedanya dihadapan Allah swt. Yang membedakan adalah iman dan taqwanya serta keikhlasan yang mampu dicapainya. Semoga dapat menjadi insan yang senantiasa belajar untuk mencapai keikhlasan yang sebenar-benarnya ikhlas. Belajar memperbaiki diri, mencari bekal ilmu untuk meningkatkan ibadah karena Allah swt semata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, wr, wb
      Sebagai manusia beriman, sudah menjadi kewajiban kita untuk beribadah kepada Allah SWT. Akan tetapi, dalam beribadahpun ada ilmunya. Kita harus beribadah sesuai tuntunan Rasulullah dan as-sunah. Untuk itu, belajar tetang ilmu agama sangatlah penting.

      Delete
  23. Ikhlas adalah suatu perasaan dan kondisi dimana seseorang yang sedang melakukan sesuatu dengan penuh ketulusan tanpa mengharapkan balasan apapun.rasa ikhlas wajib kita miliki sebagai insan manusia yang baik. dengan keikhlasan yang kita miliki dalam menjalani kehidupan ini akan memberikan suatu kenikmatan yang tiada akhirnya sehingga dalam keadaan apapun sekarang kita baik itu punya uang banyak atau tidak, miskin atau kaya kita harus tetap ikhlas menjalani hidup yang diberikan oleh tuhan.

    Sejak dini kita harus mengembangkan perasaan ikhlas dengan penuh keyakinan dan ketulusan dalam menjalani hidup yang penuh tantangan dan rintangan juga ujian sehingga nantinya kita bisa menjadi manusia yang dapat memiliki sikap dan pikiran yang menjunjung tinggi nilai agama. karena setiap agama selalu mengajarkan kebaikan dalam menjalani hidup dengan rasa ikhlas hanya mengharap ridho tuhan yang maha esa

    ReplyDelete
  24. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb
    Manusia memang diciptakan berbeda-beda. Berbeda dilihat dari suku, ras, negara, kekayaan, warna kulit, dan lain sebagainya. Akan tetapi, dimata Allah semua manusia itu sama. Sesuai yang telah disebutkan bahwa yang membedakan derajat manusia adalah Keikhlasan. Keikhlasan untuk sealu beribadah kepada Allah. untuk itu, marilah saling berlomba-lomba dalam kebaikan.

    ReplyDelete
  25. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb
    Manusia harus selalu meningkatkan kualitas ibadahnya. Tetapi ibadah harus disertai dengan hati yang ikhlas. Dan kita harus sadar bahwa semua manusia memiliki derajat yang sama di hapadan Allah SWT, yang membedakan diantara mereka adalah amal dan ibadahnya. Mari beribadah dengan sebaik mungkin disertai dengan hati yang ikhlas.

    ReplyDelete
  26. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Allah tidak membeda-bedakan manusia dari pangkat, holongan, atau derajat. Dimata Allah semua makhluk sama. Diberikan hak dan kewajiban yang sama yaitu untuk beribadah kepadanya dengan hati yang ikhlas. Beribadah dengan semata-mata mengharap ridhoNya. Manusia wajib untuk menjalankan ibadah wajib maupun sunnah dengan ikhlas agar mendapatkan berkah dan rahmatNya. Karena sebaik-baik hidup adalah beribadah dengan ikhlas. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Sebelum melakukakan ibadah kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara pelaksanaanya yang baik dan benar agar ibadah kita tidak salah dan diterima oleh Allah SWT. olehnya itu penting sekali untuk belajar mempersiapkan diri mengetahui ilmunya terkait tata cara atau teknis pelaksanaan ibadah yang benar tentunya dibarengi dengan niat ikhlas belajar dan untuk beribadah kepada Allah semata. Semoga Allah senantiasa meberikan rahmat dan berkahnya kepada semua. aamiin

    ReplyDelete
  28. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pada ritual ikhlas kedua, para peserta ritual diberikan pembekalan tentang pelaksanaan teknis selama proses ritual ikhlas berjalan. Di mana tujuan dari ritual khlas ini adalah untuk memberi kesempatan kepada semua peserta untuk mempelajari bagaimana melaksanakan ibadah yang benar sesuai dengan tuntunan syariat islam yang berpedoman pada Al Quran dan Sunnah. Sebaik-baik pedoman adalah Al Qur'an dan As Sunnah.

    ReplyDelete
  29. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Adapun kegiatan ibadah yang akan dipelajari yakni beragam mulai dari shalat yang benar, berwudhu yang benar, berdoa dan berdzikir, dan sebagainya. Semua ibadah tersebut selalu dilandasi dengan keikhlasan dalam hati semata-mata untuk mendaptkan ridho dari Allah Ta’ala. Pada saat kegiatan prakteknya dibutuhkan kekhusyukan dalam beribadah, karena kehuusyukan dalam beribadah adalah kesempurnaan ibadah. Diharapkan pada pelaksanaan ritual para peserta juga bisa saling membantu dan mengingatkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  30. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap aturan dibuat dengan tujuan semata-mata untuk kebaikan dalam kelompok yang mengikuti agar lebih terarah, tertib, dan memperoleh hasil sesuai dengan apa yang ingin dicapai. Aturan yang disampaikan pada persiapan teknis menunjukkan bahwa ketika sudah masuk pada suatu kegiatan yang ada aturannya maka para anggota harus taat pada aturan, hal ini bukan untuk membatasi para anggota namun agar kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapat ridha dari-Nya. Dan tujuan yang utamanya adalah semua dilakukan hanya untuk beribadah kepada Allah.

    ReplyDelete
  31. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dalam melakukan sesuatu sudah seharusnya kita harus melakukan persiapan. Karena dengan persiapan nantinya apa yang kita lakukan bisa seperti apa yang kita harapkan. Dengan persiapan pula resiko yang mungkin akan terjadi bisa di minimalis dan bisa diatasi. Persiapan merupakan salah stau sikap hati-hati agar kita tidak salah langkah dan salah arah. Dalam berpikir kita juga harus melakukan persiapan. Apa yang akan kita pikirkan? Sumber-sumber dari yang kita pikirkan.

    ReplyDelete
  32. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Semua manusia memiliki hak dan kewajiban serta kedudukan yang sama dimata Allah SWT, hanya saja yang membedakan manusia dengan manusia lainnya adalah derajat atau tingkat keikhlasannya. Sebenarnya, tujuan hidup adalah mencari ridho Allah SWT, sehingga dalam melakukan segala suatu, baik dalam bekerja, belajar dan beribadah harus dilandasi dengan niat yang ikhlas untuk mendapat ridho Allah SWT, karena keikhlasan adalah kunci utama kita dalam melakukan segala amalan yang kita perbuat. Segala sesuatu jika dilakukan dengan niat maka akan memberikan hasil yang baik, dan jika kita lakukan dengan niat ikhlas akan dapat memberikan manfaat dan berkah yang baik pula.

    ReplyDelete
  33. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Sebagai umat yang beragama Islam, hendaknya kita beribadah sesuai dengan tuntunan Al Quran dan hadits. Kita harus dapat melaksanakan ibadah seperti sholat, wudhu, zikir, dan berdoa yang benar. Segalanya harus dilandasi dengan sikap ridha kepada Allah SWT. Bila ada teman yang lalai dalam beribadah kepada Allah SWT, kita hendaknya menegurnya karena kita telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk saling nasihat-menasihati dalam hal kebaikan. Sebagai manusia, hendaknya kita banyak-banyak mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitas kita.

    ReplyDelete
  34. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Di hadapan Allah, semua manusia itu sama, yang membedakan derajatnya adalah keikhlasan masing-masing manusia itu sendiri. Untuk itu, hendaknya kita meningkatkan kualitas ibadah kita dengan menyertakan ikhlas di setiap ibadah yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  35. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dari elegi diatas bahwa kita sesama umat beragama saling mengingatkan dalam hal keburukan ataupun kebaikan. Dan di akhirat nanti kita dihadapan Allah akan sama dan akan yang membedakan hanyalah keiklasan. Hal ini seharusnya menjadi refleksi bagi kehidupan kita untuk tidak memilih dan membedakan teman. Keiklasan adalah suatu keinginan karena semata-mata karena Allah, bukan karena hal yang lain.

    ReplyDelete
  36. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Persiapan merupakan awal yang penting sebelum kita melakukan suatu kegiatan. Diawali dengan membaca tasmiah. Kemudian mempersiapkan segala sesuatu yang mendukung atau yang diperlukan ketika kita hendak melakukan suatu kegiatan seperti sholat.

    ReplyDelete
  37. Hendra B/
    18701261008
    PEP S3 2018

    Tindakan ikhlas merupakan sebuah tindakan yang mudah diucapkan tetapi pengaplikasiannya butuh waktu yang panjang untuk benar-benar menjadi orang yang ikhlas atau berpasrah kepada Allah swt. Seperti yang dikatakan dantri kepala bahwa semua manusia itu sama di mata Allah.

    ReplyDelete
  38. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Seperti dalam elegi di atas diungkapkan bahwa derajat manusia dihadapan Allah adalah sama. Yang membedakan derajat manusia dihadapan Allah adalah ketaqwaannya. Dan keikhlasan merupakan bagian dari ketakwaan. keikhlasan hendaknya selalu mengiringi setiap aktivitas yang kita lakukan. Terutama dalam hal beribadah. Dengan ikhlas, perbuatan yang kita lakukan akan lebih sungguh-sungguh dan hasil atau akibat apa pun yang diperoleh akan lebih mudah untuk diterima. Sebagai manusia, tidaklah mampu bagi kita untuk sempurna dalam keikhlasan, namun kita tetap mencoba untuk senantiasa ikhlas yang lebih baik dalam setiap perbuatan.

    ReplyDelete
  39. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ibadah tanpa ilmu menjadi tidak terarah. Seseorang yang hanya melakukan ibadah tanpa adanya ilmu maka akan sia-sia saja. Seorang kaya raya, punya jabatan tinggi, ataupun miskin dan tidak punya apa-apa tidak ada bedanya dihadapan Allah swt. Yang membedakan adalah iman dan taqwanya serta keikhlasan yang mampu dicapainya. Semoga dapat menjadi insan yang senantiasa belajar untuk mencapai keikhlasan yang sebenar-benarnya ikhlas. Belajar memperbaiki diri, mencari bekal ilmu untuk meningkatkan ibadah karena Allah swt semata.

    ReplyDelete