Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 2: Persiapan Teknis 1




Oleh Marsigit

Santri Kepala:

Ass.Wr.Wb...hadirin yang dimuliakan Allah, kami sampaikan bahwa untuk beberapa waktu ini kami memfasilitasi hadirin semua bagi yang ingin melaksanakan Ritual Ikhlas di sini. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberi kesempatan kepada para hadirin semua untuk mempelajari bagaimana melaksanakan ibadat yang benar, sesuai dengan tuntunan yang ada. Sedangkan tuntunan yang ada meliputi tuntunan yang terdapat pada Kitab Suci atau Firman Allah SWT, sunah Rasulullah SAW, dan lainnya yang dilazimkan sebagai tuntunan yang benar. Mengingat banyaknya peserta yang akan ikut Ritual Ikhlas, dan demi untuk menjamin kelancaran dan kekhusyukan beribadat, maka kami membuat ketentuan atau peraturan umum dan khusus. Ketentuan umum meliputi ketentuan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran ibadat; sedangkan ketentuan khusus meliputi tata cara beribadat yang benar sesuai dengan sumber-sumber yang telah saya sebutkan. Kami mempunyai beberapa petugas yang akan melayani dan membantu menyediakan beberapa kebutuhan peserta, sehingga peserta akan lebih fokus kepada kegiatan ibadahnya.

Peserta Ritual Ikhlas:
Kegiatan ibadat yang bisa dipelajari itu meliputi apa saja?

Santri Kepala:
Kegiatan ibadat yang dipelajari meliputi: Salat yang benar, ambil air wudlu yang benar, bersuci yang benar, Salat sunah yang benar, Salat jamaah yang benar, Berdoa yang benar, dan Zikir yang benar. Semuanya itu harus dilandasi dengan memohon rida kepada Allah SWT.

Peserta Ritual Ikhlas:
Bagaimana sikap atau tindak-tanduk kita dalam melaksanakan Ritual Ikhlas?

Santri Kepala:
Allah SWT itu Maha Suci, maka hanya orang-orang yang telah bersucilah dapat menggapai rida-Nya. Oleh karena itu kami mengharapkan agar peserta Ritual Ikhlas dapat menjaga Adab atau sopan santun pelaksanaan Ritual Ikhlas dalam arti yang sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Tidak ada kegiatan aneh-aneh dalam Ritual Ikhlas ini. Yang ada hanyalah kegiatan beribadat sebagaimana lazimnya orang beribadat, hanya bedanya di sini kita belajar meningkatkan kualitas ibadat kita dengan cara berusaha beribadat dengan benar-sebenarnya sesuai tuntunan yang ada. Oleh karena itu kami akan membantu para peserta yang lalai untuk tidak lalai, peserta yang mengalami kesulitan, peserta yang sakit, untuk tetap bisa beribadat dengan benar dan khusyuk.

Peserta Ritual Ikhlas:
Bagaimana contoh konkritnya bantuan yang akan anda berikan?

Santri Kepala:
Agar para peserta Ritual Ikhlas dapat beribadat secara khusyuk, maka hendaklah diantara para peserta bisa saling menjaga. Jika ada peserta yang lalai karena suatu hal, misalnya bicara atau mengobrol terlalu keras, maka para santri kami akan mengingatkannya. Jika ada peserta yang ketiduran, padahal sudah saatnya melakukan ibadah Salat, maka Santri kami akan membangunkan akan bisa berjamaah bersama-sama. Demikian seterusnya.

Peserta Ritual Ikhlas:
Bagaimana kami dapat memenuhi segala kebutuhan kami selama Ritual Ikhlas?

Santri Kepala:
Agar mampu belajar secara optimal, maka sebaiknya mengurangi kegiatan atau kebutuhan yang tidak pokok. Namun untuk kegiatan pokok kamu akan membantunya misalnya untuk makan dan minum kami yang akan menyediakan.

Peserta Ritual Ikhlas:
Mengingat kami berasal dari berbagai derajat dan tingkatan manusia yang berbeda-beda, apakah ada pengecualian terhadap hak dan kewajiban peserta misalnya dalam aktivitas, makan dsb?

Santri Kepala:
Sesuai dengan prinsip keadilan dalam keikhlasan maka kami tidak membeda-bedakan pangkat, derajat, golongan maupun jenis kelamin. Semuanya sama di depan Allah SWT. Yang membedakan derajat anda semua adalah Keikhlasan anda masing-masing. Baiklah, setelah Salat Ashar nanti, maka kita akan melakuan dan melaksanakan ibadat secara bersama-sama, Salat jamaah untuk setiap Salat wajib. Sementara itu diwaktu luang atau pada waktu jeda antara Salat wajib, kami menganjurkan agar peserta beramal sebanyak-banyaknya dengan cara berZikir secara ikhlas dengan menyebut asma Allah sebanyak-banyaknya. Peserta akan menempati tempat sesuai dengannyang telah ditentukan oleh penyelenggara, semata-mata untuk memudahkan pelayanan kami kepada peserta. Demikianlah informasi kami. Kami mengucapkan selamat melakukan Ritual Ikhlas kepada hadirin semua, semoga Allah SWT selalu meridai segala ikhtiar kita. Amin.

62 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Jika kita akan melakukan sesuatu sebaiknya perlu suatu persiapan yang matang. Adanya persiapan akan membuat hal yang kita lakukan berjalan lancer dan sesuai yang kita kehendaki. Dengan persiapan pula resiko yang mungkin akan terjadi bisa diminimalisir dan bisa teratasi dengan mudah. Sehingga kita merasa puas dengan hasil yang kita peroleh.

    ReplyDelete
  2. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C
    Assalamu'alaikum. Ada aturan yang perlu dipenuhi dalam setiap kegiatan manusia. Terimakasih Prof. Marsigit telah memberikan aturan yang jelas bagaimana cara mempelajari elegi ritual ikhlas. Aturan perlu dijalankan dengan baik agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Perlu kesadaran dan toleransi agar semua pembelajar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Kedudukan, tingkatan dan derajat manusia di hadapan Tuhan pada dasarnya adalah sama. Yang membedakan hanyalah ketakwaan yang ikhlas dari diri kita masing-masing. Tak peduli dengan kekayaan, kecantikan, jabatan yang dimiliki seseorang. Keikhlasan adalah suatu hal yang tidak mudah. Keikhlasan yang sesungguhnya ada di dalam hati. Tidak perlu dipamerkan. Ikhlas benar-benar mengharapkan ridho ALLAH SWT di dalam setiap melaksanakan ibadah, baik ibadah kita secara vertikal kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT maupun secara horizontal yaitu hubungan sosial kita kepada sesama manusia

    ReplyDelete
  4. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Segala perbuatan bersumber dari niat. Niat seseorang dalam beramal bisa beraneka ragam. Oleh karena itu kita perlu mengenali tujuan dari amal kita agar motivasinya tidak tercampur dengan yang lain, seperti riya’ atau kepentingan-kepentingan nafsu lainnya. Salah satu contoh motivasi yang salah adalah orang membaca AlQur’an sebagai jimat, Contohnya antara lain: orang yang pergi haji untuk memperoleh kesegaran suasana untuk bepergian.
    Oleh karena itu, para penempuh jalan akhirat harus mencermati amal perbuatan mereka dan memperbaharui niat mereka. Cara memperbaikinya adalah dengan belajar kepada guru spiritual yang bisa membimbing dan membenarkan kita.

    ReplyDelete
  5. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Tuhan memang tidak melihat jabatan, kekayaan, strata sosial, bahkan semua yang berbau duniawi. Di hadapan Tuhan semua itu tidaklah penting, semua itu hanya kenikmatan di dunia ini saja. Keikhlasan dalam hati yang membuat kita mendapatkan rahmat dari Tuhan. semua aturan yang ada dalam kitab suci, semua ajaran baik yang Tuhan telah contohkan, semua itu yang dapat membuat kita lebih dekat dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Allah akan menilai manusia dari ketaqwaanya bukan fisik, pangkat, harta. Peserta ritual ikhlas tidak ada perlakuan atau pembedaan dalam pelayanannya. Semua diperlakukan sama. Bantuan akan diberikan yang bersifat kebutuhan pokok. Peserta diminta tertib dan mengikuti aturan yang disampaikan. Jika ada yang tidak tertib ketika ritual ikhlas berlangsung maka akan diperingatkan. Tatatertib dibuat agar peserta dapat benar-benar menggapai Ikhlas.

    ReplyDelete
  7. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Persiapan teknis dalam menggapai ritual ikhlas adalah dengan tujuan untuk bagaimana cara beribadah dengan benar, sesuai dengan tuntutan yang benar dengan berpedoman dengan Al Qur’an, sunah Rasul, dan yang lainnya yang lazim sebagai tuntutan yang benar. Dan untuk yang selain dari yang beragama Islam, juga harus mengikuti apa yang di ajarkan sesuai agamanya. Dan dari setiap orang yang berlainan keyakinan, diharapkan untuk saling menghormati dan menjaga kekhusyukannya dan kekhusukan orang lain dalam beribadah.
    Contoh persiapan teknis dalam kegiatan ritual ikhlas ini meliputi shalat yang benar, ambil air wudu yang benar, bersuci yang benar, shalat sunah yang benar, shalat jamaah yang benar, berdoa yang benar, dan zikir yang benar. Dan untuk semua itu harus dilandasi dengan memohon ridho kepada Allah SWT.
    Agar kita bisa beribadah secara khusyuk, maka kita harus saling menjaga. Jika ada yang lalai karena suatu hal, misalnya bicara atau mengobrol terlalu keras, maka hendaknya kita mengingatkannya. Jika ada yang ketiduran, padahal sudah saatnya melakukan ibadah shalat, maka kewajiban kita membangunkannya untuk melakukan shalat. Jika semua itu sudah merasuk di diri kita.Insya Allah kita akan terselamatkan Fiddunya WalAkhirat.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ritual ikhlas bisa dilakukan oleh siapapun dan dalam kalangan apapun, tanpa terkecuali. Yang paling utama dalam persiapannya yaitu ikhlas dalam menjaga adab dan sopan santun, kemudian beribadat secara khusyuk. Sesungguhnya keikhlasan kita itu tidak terlihat, yang maha mengetahuinya hanyalah Allah SWT sampai dimana batas keikhlasan kita. Sehingga marilah mendekatkan diri hanya kepada Allah dan mengharapkan ridhaNya agar senantiasa ikhlas dalam melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Allah memandang semua umatnya adalah sama. Demikian juga dengan perlakuan Allah terhadap umatnya. segala ilmu yang kita miliki tiada guna bila tidak diamalkan, dan segala amal yang kita lakukan tiada guna bila tanpa dilandasi keikhlasan. Selain itu, berdasarkan artikel ritual ikhlas tersebut, hendaknya melakukan persiapan teknis yaitu dengan melakukan ibadah dengan tata cara dan sesuai dengan teknis yang benar. Dengan demikian kita dapat lebih meningkatkan kualitas ibadah dan meningkatkan keikhlasan.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pada hakekatnya semua manusia itu sama. Tiadalah yang membedakan manusia kecuali taqwanya kepada Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Nya. Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan diciptakan manusia adalah untuk beribadah, hanya menyembah Allah SWT semata. “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku” (QS. Adz Dzariyat: 56). Dalam beribadah kita harus ikhlas, karena keikhlasan adalah suatu ukuran diterima atau tidaknya ibadah kita. Allah SWT mencintai manusia yang senantiasa mencoba dan terus mencoba untuk selalu mendekat kepada Nya serta selalu berusaha meningkatkan kualitas ibadahnya yang disertai dengan keikhlasan.

    ReplyDelete
  11. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk menjadi orang yang ikhlas kita harus benar-benar mensucikan hati kita, dan harus selalau berdzikir kepada Allah, dan selalau memeperbaiki diri. Sholat yang benar, ambil air wudlu yang benar, bersuci yang benar, Sholat sunah yang benar, Sholat jamaah yang benar, Berdoa yang benar, dan Zikir yang benar. Semuanya itu harus dilandasi dengan memohon rida kepada Allah SWT. Dengan kita bsudah melaksanakan dengan benar maka kita akan bisa menyiapkan diri kita untuk ikhlas. Tanamkan dalam hati bahwa kita harus selalau ikhlas karena kita ikhlas kita akan mendapat pahala dari Nya.

    ReplyDelete
  12. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam melakukan sesuatu sudah seharusnya kita harus melakukan persiapan. Karena dengan persiapan nantinya apa yang kita lakukan bisa seperti apa yang kita harapkan. Dengan persiapan pula resiko yang mungkin akan terjadi bisa di minimalis dan bisa diatasi.

    ReplyDelete
  13. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Persiapan merupakan salah stau sikap hati-hati agar kita tidak salah langkah dan salah arah. Dalam berpikir kita juga harus melakukan persiapan. Apa yang akan kita pikirkan?Sumber-sumber dari yang kita pikirkan. Marilah kita melakukan persiapan sebaik mungkin agar apa yang akan kita lakukan bisa berakhir dengan baik dan sesuai dari apa yang kita harapkan. Tentu saja yang selalu berada di jalan ALLAh SWT.

    ReplyDelete
  14. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pada elegi ini dijelaskan bahwa untuk menjadi ikhlas kita perlu persiapan yaitu ibadah secara benar. Karena ikhlas sangat berpengaruh pada kualitas ibadah kita. Dengan ikhlas beribadah sehingga ibadah yang dilakukan itu akan menjadi khusyuk. Ikhlas juga ditunjukkan dengan tidak membedakan siapapun berdasarkan pangkat dan lain-lain dalam menolong orang lain. Hal itu telah menunjukkan bahwa sesorang sudah bersifat ikhlas atau belum. Karena kita sama dimata Allah SWT, hanya yang membedakan derajat kita adalah keikhlasan masing-masing. Kita harus ikhlas melakukan sesuatu demi memperoleh ridaNya, karena bukanlah tujuan hidup kita adalah untuk memperoleh rida Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Elegi ini menjelaskan bahwa ketentuan umum untuk mengikuti ritual ikhlas adalah dengan cara menjaga ketertiban dan kelancaran beribadah. Menjaga ketertiban dan kelancaran berarti tidak menggangu orang lain beribadah serta menjaga diri agar tertib dalam melaksanakan ibadah. Sedangkan ketentuan khusus untuk mengikuti ritual ikhlas ini adalah tata cara beribadah yang benar, yang berarti bahwa kita harus beribadah sesuai dengan tuntunan yang ada dalam Al-Qur’an maupun hadits.
    Selain itu, hendaknya kita mengetahui tujuan atau makna dari setiap ibadah yang kita lakukan. Yang terpenting adalah segala ibadah yang kita lakukan haruslah dilandasi oleh memohon ridho kepada Allah.

    ReplyDelete
  16. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Elegi tersebut menyiratkan semua sama rata bagi Tuhan Semesta Alam. Segala peraturan dan persiapan yang dilakukan disamaratakan juga, walaupun tidak sesempurna Allah dalam menyamaratakan semuanya. Kita semua dipandang sama, yang membedakan hanya amal ibadah dan kebajikan yang telah kita lakukan di dunia ini dengan ikhlas. Tanpa keikhlasan semua itu hanya menjadi debu yang diterbangkan oleh angin menjadi tiada arti. Oleh karena itu mulai detik ini luruskan niat dari hati, jadilah seseorang yang ikhlas tanpa satu orang pun yang tahu bahwa dirimu ikhlas.

    ReplyDelete
  17. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Di dalam ritual ikhlas ini dibahas mengenai shalat yang benar, ambil air wudhu yang benar, bersuci yang benar, shalat sunah yang benar, shalat jamaah yang benar, berdoa yang benar, dan dzikir yang benar. Semuanya itu harus dilandasi dengan rasa tulus ikhlas yaitu hanya mengharap ridha Allah. Semua orang bisa menjadi orang yang ikhlas, ikhlas tidak dinilai dari apa pangkat, derajat, golongan maupun jenis kelaminnya. Semuanya sama di depan Allah. Yang membedakan derajat manusia adalah kadar keikhlasannya.

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam elegi persiapan pertama ritual ikhlas ini ditegaskan beberapa etik dan aturan dalam menjalani ritual ikhlas. Ritual ikhlas ini memang diperuntukkan bagi semua orang, pangkat apapun, jabatan atau kedudukan apapun semuanya sama di mata Tuhan. Namun, diversity yang terbentuk inilah yang membutuhkan keikhlasan kita untuk menerima nya, menegur orang lain yang lalai, mendengarkan pendapat teman, dan sebagainya. Semoga langkah awal ini menjadi langkah yang baik bagi kita semua dalam menjalani ritual ikhlas ini.

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari elegi ini dapat saya ambil pelajaran bahwa ikhas dapat dilakukan dalam bentuk apapun dan dapat dilakukan dimanapun. Kedudukan manusia dihadapan Tuhan adalah sama, yang membedakan hanya perbuatan yang dilakukan. Ikhlas dijalani juga agar dapat melaksanakan ibadat dengan baik secara nyata tanpa mengharapkan imbalan. Ikhlas mengantarkan kepada rasa mencintai sesama dan rendah hati. Ikhlas mengajarkan untuk selalu ingat akan hubungan yang kita bangun antara sesama manusia dan dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Segala sesuatu yang kita lakukan harus bersumber dari hati dan niat dengan didasari keikhlasan dalam menggapai ridho-Nya. Manusia di dunia sama di mata manusia yang lain, namun yang membedakan di hadapan Alloh yakni Ketaqwaan serta keikhlasan hati dalam menggapai ridho-Nya. Oleh karena itu, dalam hal “hablumminannas wa hablumminalloh” harus didasari keikhlasan semata-mata hanya mengharap ridho-Nya.

    ReplyDelete
  21. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dalam elegi ritual ikhlas ini kita kembali diingatkan bahwasanya Allah tidak membeda-bedakan umatnya, baik dari pangkat, derajat, harta, atau bahkan kekuasaannya. Semua umat-Nya sama dihadapan Allah. Kita harus selalu ingat hal tersebut, karena jika kita ingat hal tersebut maka kita tidak akan menjadi orang yang sombong akan segala hal. Sehingga kita dari sini kita dapat menjauhkan diri dari sifat kesombongan. selain itu dalam beribadah juga kita harus ikhlas semata-mata karena ALlah. Dan semoga ibadah kita selama ini di terima Allah SWT. Amiinn...

    ReplyDelete
  22. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016

    membaca elegi ini saya membayangkan seperti hendak melakukan pesantren romadhon. untuk melakukan semua kegiatan yang ada dengan maksimal, maka perlu kejelasan mengenai teknis dan segala kebutuhan yang diperlukan. kegiatan yang ada dalam ritual ikhlas adalah kegiatan ibadah yang dilakukan dengan benar sesuai dengan tuntunan dan ajaran Allah. karena dalam beribadah selain harus ikhlas, juga harus benar dalam melakukannya.

    ReplyDelete
  23. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pada tulisan ini diberikan ilustrasi bahwa keikhlasan merupakan hal yang penting bagi kita Tuhan tidak pernah membeda – bedakan manusia. Manusialah yang sebenarnya membeda – bedakan sesamanya. Berbagai ritual keikhlasan memiliki tujuan agar manusia dapat memperoleh banyak ilmu dan pengetahuan serta mengetahui bagaimana cara melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya masing – masing. Ibadah juga harus dilandasi dengan rasa ikhlas karena dengan keikhlasan berkat Tuhan yang kita terima akan bermanfaat bagi kehidupan kita.

    ReplyDelete
  24. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Semua orang di hadapan ALLAH itu sama yang membedakan derajatnya ialah keikhlasan dari tiap orang. Tidak peduli pekerjaan, jenis kelamin, maupun kekayaan. Sebagai manusia kita harus bisa berbuat baik tanpa harapan apapun kecuali hanya mengharap Ridho ALLAH SWT. Dengan itu maka kita bisa menjadi orang yang memiliki derajat tinggi. Sholat wajib jangan pernah ditinggalkan, dzikir harus selalu dilakukan, waktu luang harus digunakan dengan hal-hal baik dengan itu maka kita bias menumbuhkan keikhlasan kita.

    ReplyDelete
  25. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Jadi pada bagian ini dijelaskan bahwa panitia tidak membeda-bedakan pangkat, derajat, golongan maupun jenis kelamin. karena semuanya sama diminta allah, semua yang melakukan ibadah sama nilainya tergantung dengan keikhlasan masing-masing sesuai dengan tema dari acara tersebut.

    ReplyDelete
  26. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ritual ikhlas 2 ini menyampaikan bahwa sekali lagi mengajarkan ibadah kepada Allah SWT dengan baik dan benar tidaklah memandang perbedaan. Namun perlu diperhatikan bahwa peserta harus benar-benar berkomitmen dan bersungguh-sungguh. Niat yang ikhlas dari hati itu adalah hal pertama dan utama. Selanjutnya mengikuti secara tertib dan bersungguh-sungguh. Mengesampingkan hal-hal yang kurang pokok agar lebih fokus dalam belajar. Semua hal tersebut tidak lain tidak bukan hanya diniatkan agar peserta dapat menggapai ikhlas melalui ritual ikhlas ini dengan baik.

    ReplyDelete
  27. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Semua hal dalam dunia butuh peraturan dan persiapan. Tidak ada orang di dunia ini yang dapat hidup dengan baik jika tidak melaksanakan aturan dan mempersiapkan diri melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya, belajar meningkatkan kualitas ibadat kita dengan cara berusaha beribadat dengan benar-sebenarnya sesuai tuntunan yang ada.

    ReplyDelete
  28. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Belajar ikhlas dapat kita mulai dengan cara mendekatkan diri kepada Allah agar kita terlindung dari kesyirikan. Hal itu dapat kita lakukan dengan beribadah yang benar terlebih dahulu: shalat yang benar, ambil air wudhu yang benar, bersuci yang benar, shalat sunnah yang benar, shalat jamaah yang benar, berdoa yang benar, dan dzikir yang benar.
    Semua orang sama dihadapan Allah, yang membedakan kualitas ibadah kita adalah keikhlasan kita dalam melaksanakan ibadah tersebut yang semata-mata hanya mengharap ridha Allah SWT

    ReplyDelete
  29. Kamis, 25 Mei 2017
    EKA RETNO SARI (14301241013)
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Bergotong royong di kehidupan sehari-hari saja adalah mulia, apalagi bahu-membahu di jalan Allah. Saling mengingatkan dan mendoakan. Semoga senantiasa berlaku demikian. Dan berharap pula tulisan ini membuat pembaca sekalian terutama saya sendiri untuk selalu berbenah diri.

    ReplyDelete
  30. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seperti yang dinyatakan santri kepala ketika beritual ikhlas maka seseorang tidak dibeda-bedakan menurut pangkat, jabatan, atau predikat lainnya melainkan berdasarkan keikhlasan masing-masing. Karena Allah SWT tidak melihat pangkat kita tapi seberapa besar usaha kita untuk menggapai taqwa, la'allakum tattaquun.

    ReplyDelete
  31. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Tujuan dari ritual ikhlas 1 ini ialah untuk mempelajari bagaimana melaksanakan ibadah meliputi shalat sunah dan wajib yang benar, ambil air wudhu yang benar, berdo’a yang benar dan zikir yang benar sesuai dengan tuntutan yang ada. Ritual ini dilakukan tanpa memandang dari golongan apa manusia itu berada, semuanya sama karena tujuannya hanya satu yaitu untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT. Dengan demikian kita harus meninggalkan segala macam urusan duniawi dan melaksanakan ritual ini dengan hati yang sabar dan ikhlas agar apa yang kita inginkan tercapai.

    ReplyDelete
  32. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Persiapan sangat perlu dilakukan. Hal disebabkan persiapan yang baik akan sengat mendorong terciptanya suasana yang baik pula . persiapan ini meliputi persiapan secara fisik dan mental. Persiapan fisik adalah persiapan yang dilakukan untuk menyiapkan kelengkapan dan perlengkapan belajar. Kelengkapan dan perlengkapan ini antara lain adalah seragam yang baik, buku pelajaran, alat tulis, kelas yang kondusif, fisik/tubuh yang sehat.

    ReplyDelete
  33. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Allah SWT itu Maha Suci, maka hanya orang-orang yang telah bersucilah dapat menggapai rida-Nya. Bagaimana menjadikan diri suci? menjadi suci bukanlah perkara yang mudah, kita harus benar ikhlas untuk menggapai ridhaNya. Niat untuk menjadi suci dan menggapai ridhaNya inshaallah akan membuahkan hasil keikhlasan. Siapa saja bisa mendapat ridha Allah karena smua makhluk di mata Allah itu derajatnya sama yang membedakannya adalah keimanan dan keikhlasan hatinya.

    ReplyDelete
  34. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Di dalam melaksanakan sesuatu, tentu perlu ada sebuah persiapan, termasuk dalam kegiatan beribadah. Pertama yang harus disiapkan adalah keikhlasan hati untuk beribadah, inilah yang membedakan antara satu orang dengan yang lainnya. Selanjutnya ialah persiapan lain, seerti persiapan secara fisik, yang tentunya sesuai dengan tuntunannya.

    Saat pelaksanaannya pun juga harus sesuai dengan tuntunan. Ini dikarenakan, ikhlasnya hati untuk beribadah kepada Allah SWT serta melaksanakan tuntutan yang dicontohkan Rasulullah, adalah syarat diterimanya ibadah. Tak lupa, antara sesama kita harus saling mengingatkan dalam beribadah.

    ReplyDelete
  35. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Mempersiapkan diri mulai dari hati dan pikiran memang sangat menentukan kelancaran dan kekhusyukan dalam beribadah. Jika ingin lebih dekat dengan Tuhan, maka kita perlu membebaskan hati dan pikiran dari hal-hal duniawi. Menjalankan ibadah memang urusan pribadi. Namun, alangkah baiknya jika bersama saudara seiman kita dapat menjalankan ibadah bersama-sama.

    ReplyDelete
  36. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Beribadah kepada Allah merupakan kebutuhan setiap umat, bukan sekedar kewajiban. Atas dasar itulah, maka dalam beribadah, kita harus selalu ikhlas untuk mendapat ridho Allah. Manusia di hadapan Allah adalah sama, maka bagaimanapun keadaan seseorang itu hanya keimanan dan keikhlasannyalah yang dapat mengangkat derajatnya di hadapan Allah SWT. Maka sudah selaknya kita juga harus bersikap adil terhadap sesama, dan tidak membeda-bedakan atas dasar

    ReplyDelete
  37. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi “Ritual Ikhlas 2 Persiapan teknis” di atas dapat meberikan pencerahan kepada kita akan pentingnya keikhlasan dalam melakukan segala sesuatu baik bekerja, belajar, berdoa, beribadah, dan lain-lain. Menanamkan sikap ikhlas dalam hidup dan bekerja merupakan hal yang harus selalu kita upayakan. Karena pada dasarnya kunci utama dalam melakukan kegiatan, yaitu terletak pada niatnya.

    ReplyDelete
  38. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Niat ikhlas artinya saat melakukan amal perbuatan, batin kita harus benar-benar bersih. Rasulullah saw. bersabda, “Innamal a’maalu bin-niyyaat, sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya.” (Bukhari dan Muslim). Berdasarkan hadits itu, maka diterima atau tidaknya suatu amal perbuatan yang kita lakukan oleh Allah swt sangat bergantung pada niat kita. Oleh karena itu, dalam melaksanakan kerja harus diimbangi dengan keikhlasan dan niat yang murni serta amal perbuatan yang kita lakukan itu harus sesuai dengan sunnah Nabi SAW. Semoga dari elegi tersebut kita senantiasa mampu membiasakan diri untuk selalu ikhlas dalam bertindak.

    ReplyDelete
  39. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah membaca “Elegi Ritual Ikhlas 2: Persiapan Teknis 1”, saya belajar bahwa segala sesuatu yang kita lakukan di dunia hanyalah mengharap ridha Allah SWT sehingga dalam berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah harus ikhlas dan khusyuk. Selain itu, kita harus saling mengingatkan kepada sesama yang lalai terhadap perintah Allah.

    ReplyDelete
  40. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ikhlas memang bukan perkara yang mudah. Menggapai keridhaan Allah haruslah dialndasi dengan hati yang bersih. Bukan pangkat, bukan jabatan ataupun kekuasaan, melainkan ketaqwaan dan keikhllasan kitalah yang dapat mengangkat derajat kita di mata Allah. Segala sesuatupun pasti ada aturan yang harus dijalankan untuk mencapai suatu tujuan, termasuk dalam ritual ikhlas ini. Diantaraya ialah senantiasa beribadah kepada Allah dengan niat yang sebenar-benarnya, selalu berusaha khusyuk, shalat berjamaah, melakukan zikir secara ikhlas dengan semata-mata mengharap ridho dari Allah SWT

    ReplyDelete
  41. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ibadah merupakan kunci utama dan perintah utama Allah kepada umatnya, maka dari itu keikhlasan diawali dengan bagaimana kita ikhlas dalam beribadah, mengharap ridho dan pertololongan Allah SWT dan bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

    ReplyDelete
  42. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Orang yang ikhlas dalam menjalani segala kehidupannya, tentunya tidak akan melalaikan kewajiban-kewajiban dan perintah-perintahnya. Allah SWT tidak akan pernah membeda-bedakan manusia dari status sosial, ekonnnomi, ras maupun suku-suka bangsa tertentu, melainkan hanya dari keikhlasannya untuk berbuat kebaikan dan beramal soleh. Dalam hal ini, orang yang telah berhasil dan terbiasa menjalani segala aktivitasnya dengan ikhlas akan memiliki derajat yang tinggi di sisi Allah SWT. Allah juga akan memberikan tempat yang istimewa bagi orang-orang yang senanitiasa memiliki keihlasan, sehingga manusiapun akan mendapatkan kebahagiaan yang jauh lebih indah daripada kebahagiaan yang didapatkannya di dunia.

    ReplyDelete
  43. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Untuk menggapai keiklasan, manusia harus senantiasa memiliki hati yang suci, tidak banyak menuntut dan tidak pula melalaikan kewajiban-kewjibannya sebagai mahluk Allah yang diciptakan untuk memuja dan menyembaNYA. Apa yang membedakan manusia yang satu dengan yang lainnya disisi Allah SWT adalah dengan keihlasan mereka. Bagaimana mereka menegakan rukun islam, apakah mereka lalai, atau malah tidak melakukannya sama sekali. Bagi orang yang lalai terlebih lagi orang yang tidak melakukan segala perintah-perintah Allah, maka celakalah mereka baik di dunia maupun di akhirat. Kalaupun mereka belum merasakkan ganjaran atas perbuatan mereka di dunia, maka mereka pasti akan merasakannya di akhirat kelak. Dan perlu diketahui bahwa kehidupan setelah kematian itu jauh lebih kekal dan lama dari pada kehidupan di dunia.

    ReplyDelete
  44. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Ikhlas beribadah akan mengantarkan ke wushul atau perjumpaan dengan Allah dengan keadaan penuh cinta. Dalam menggapai wushul atau hasil dari ikhlas beribadah, perlu melalui maqam atau tahapan. Banyak pendapat yang berbeda untuk mendefinisikan maqamat, diantaranya :
    Al Qusyairi, menjelaskan bahwa maqamat adalah etika seorang hamba dalam wushul (mencapai, menyambung) kepadanya dengan macam upaya, diwujudkan dengan tujuan pencarian dan ukuran tugas.

    ReplyDelete
  45. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Maqam atau tahapan dalam mencapai wushul di kemukakan oleh beberapa ulama berikut yaitu

    Al Qusyairi menggambarkan maqamat dalam taubat - wara - zuhud - tawakal - sabar dan Ridha.

    Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumudin membuat sistematika maqamat dengan taubat - sabar - faqir - zuhud - tawakal - mahabah - ma'rifat dan ridha.

    At Thusi menjelaskan maqamat sebagai berikut : Al Taubat - Wara - Zuhud - faqir - sabar - ridha - tawakal - ma'rifat.

    ReplyDelete
  46. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Dalam melakukan sesuatu hendaknya dipersiapkan terlebih dahulu, seperti kata pepatah naik panggung penuh persiapan turun panggung penuh penghormatan, jika dipersiapkan maka hasilnya insyaallah tidak akan mengecewakan kecuali ada hal yang diluar kuasa kita, persiapan juga dalam hati harus menerima apapun resiko nya, apapun yang kita jalani, sesungguhnya ikhlas itu yang tau hanya diri kita dan Allah SWT, ikhlas itu ada didalam hati dan tidak perlu dipamerkan.untuk mencapai keikhlasan perlu adanya kesadaran diri dan toleransi terhadap apapun itu.

    ReplyDelete
  47. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam menujuke ikhlasan yang pertama dilakukan adalah meluruskan niat untuk apa kita melaksanakan suatu kegiatan taitu untuk menuju ridha’ Allah. Dan selajutnya secara adil tidak membeda-bedakan terhadap subjek dari kegiatan itu. Sehingga Allah pun memberikan rahmat yang berlimpah atas perbuatan kita ini.

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    sebelum melakukan sesuatu maka perbaikilah niat dan tujuan mu terlebih dahulu. Termasuk dalam hidup, memperbaiki tujuan adalah hal yang utama agar setiap apa yang kita lakukan adalah suatu keiklhasan hanya untuk mecari ridho Nya

    ReplyDelete
  51. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ikhlas tak memandang pangkat, jabatan, golongan, dsb. Keihlasan adalah hal yang murni berada di hati dan hanya Yang Maha Kuasa yang tahu bagaimana keikhlasan hati kita.

    ReplyDelete
  52. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Allah tidak membeda-bedakan umatnya, baik dari pangkat, derajat, harta, atau bahkan kekuasaannya. Semua umat-Nya sama dihadapan Allah, kecuali iman dan taqwa. Oleh karena itu, sekali saja kita tidak boleh sombong, kita tidak boleh merasa bahwa kita adalah segalanya karena Allah sangat tidak menyukai umatnya yang berlaku riya’. Kita harus selalu membiasakan diri kita untuk berperilaku ikhlas agar Allah juga memberikan selalu ridho kepada kita.

    ReplyDelete
  53. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Langkah pertama dalam menggapai ikhlas adalah beribadah dengan benar, dan dilandasi oleh ridho kepada Allah SWT semata. Dengan menjaga adab dan sopan santun, maka ibadah akan terlaksana dengan benar dan khusyuk. Dalam beribadah jangan dilupakan juga kebutuhan fisik yang mendukung, seperti makan dan minum.

    ReplyDelete
  54. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam beribadah, Tuhan tidak membedakan tingkat dan derajat seseorang. Yang membuat perbedaan adalah bagaimana ibadahnya dilakukan dengan sebaik-baiknya dan sesuai tuntunan agama. Sehingga apa yang dinilai di hadapan Tuhan adalah apa yang diniatkan untuk-Nya

    ReplyDelete
  55. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Maka dari itu sebagai manusia kita perlu menyadari bahwa penilaian yang sesungguhnya adalah penilaian dari Allah. Diterima atau tidaknya ibadah kita juga yang menentukan adalah Allah. Maka sebagai manusia, kita tidak bisa menilai ibadah seseorang. Bisa jadi amal seseorang yang kita anggap baik justru malah tidak diterima oleh Allah, begitu juga sebaliknya

    ReplyDelete
  56. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Agar dapat aktivitas secara ikhlas dan khusyuk hendapkalah dilakukan dengan rasa ikhlas. Memperbanyak doa, dzikir. Melakukan ibadat sesuai dengan tuntunan dan aturan yang telah ditetapkan-Nya. Saling membantu satu sama lain, tanpa membedakan apapun itu. Agar dirasa optimal belajar ini, maka lakukanlah hal hal yang penting, meninggalkan kegiatan yang dirasa kurang penting dan menghabiskan waktu.

    ReplyDelete
  57. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persiapan teknis dalam ritual ini bisa berupa kebaikan-kebaikan yang kita persembahkan untuk sang pencipta. Persiapan ini misalnya bersuci yang benar, mengambil air wudhu yang benar, melaksanakan sholat lima waktu yang benar, berdoa yang bernar, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  58. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Prinsip keadilan dalam keikhlasan adalah bahwa tidak membeda-bedakan pangkat, derajat, golongan, maupun jenis kelamin. Semua sama dihadapan Allah SWT, dan yang membedakan adalah tingkat keikhlasan kita masing-masing.

    ReplyDelete
  59. Nikhu Wahyu Raharjo
    13301244001
    Pendidikan Matematika 2013

    Mendapat kesempatan untuk dapat menjalani munajah seutuhnya seperti yang bapak rasakan adalah hal yang langka dan sangat sulit untuk dilakukan saat ini. saya berharap mendapatkan kesempatan yang sama untuk dapt benar benar fokus dalam beribadah, benar benar menyerahkan segala urusan kepada Allah
    Aamiiin

    ReplyDelete
  60. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Manusia adalah makhluk sosial. Tentu sebagai manusia kita harus menjalin silaturahim dengan siapapun, baik keluarga jauh atau pun dekat, teman lama atau baru, dan juga tetangga kanan-kiri. Di dalam beribadah, hendaklah kita saling mengajak dan mengingatkan. Itu salah satu kewajiban kita terhadap sesama saudara seiman. Amar ma'ruf, mengajak kepada kebaikan.

    ReplyDelete
  61. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Setiap hamba adalah sama di hadapan Allah SWT, yang membedakan adalah keikhlasan kita masing-masing. Dalam rangka menjadi pribadi yang lebih baik maka pelajarilah bagaimana melaksanakan ibadah dengan benar sesuai dengan tuntunan yang ada. Tingkatkan kualitas diri di hadapan Allah SWT. Agar dapat mencapai hasil yang optimal maka kurangi kegiatan dan kebutuhan yang tidak perlu.

    ReplyDelete
  62. Bahwa yang akan dilakukan dalam ritual ikhlas mungkin telah sering dilakukan oleh peserta. Peserta pernah, sering atau rutin sholat, berdzikir, dan berdoa. Tetapi hal itu dilakukan disela kesibukkan dalam bekerja sehingga nilai kekhusyukan dan keikhlasannya mungkin masih ada kekurangan. Dengan ritual ikhlas ini diharapkan ada peningkatan keikhlasan dan kekhusyukan dalam beribadah dan kemudian dapat diterapkan selanjutnya setelah ritual selesai. Bagaimana melakukan sholat yang khusyuk dan ikhlas, berdzikir dan berdoa yang ikhlas. Manusia hanya belajar untuk berusaha menjadi ikhlas. Ikhlas atau tidaknya kita beribadah hanya Allah SWT yang mengetahui dan memberi penilaian. Semoga Allah SWT memberi Rahman dan Ridho pada hambaNya yang beribadah.

    ReplyDelete