Apr 8, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 45: Bagaimana Matematikawan Mengusir Setan?





Oleh Marsigit

Syaitan:
Uhiiihhhhh….suaraku melengking…

Matematikawan:
Melengking ditambah melengking sama dengan dua melengking.
Melengking dikurangi melengking sama dengan nol melengking.
Melengking kali melengking sama dengan melengking kuadrat.
Melengking pangkat melengking sama dengan melengking kali melengking dst sampai melengking kali.
Melengking dibagi melengking sama dengan satu
Melengking bersifat kontinu
Melengking yang diskret itu namanya mengikik
Melengking kalau digambar grafiknya melengkung
Melengking ….



Melengking kontinu ditambah melengking diskret hasilnya adalah melengking kontinu.

Syaetan:
Wah sialan matematikawan itu. Tidak takut dengan lengkinganku malah asyik sendiri menganalisis secara matematika dari lengkinganku itu. Saya coba dengan produksiku suara aneh. Ugreas..graes sruttt.

Matematikawan:
Dengan mendengar suara aneh itu maka aku sekarang mempunyai ide atau menemukan Konsep Bilangan Aneh. Berikut akan saya uraikan beberapa sifat, relasi dan operasi yang mungkin terjadi pada Bilangan Aneh.
Bilangan Aneh jangan disamakan dengan Bilangan Ganjil
Bilangan Aneh ditambah Bilangan Aneh adalah Bilangan Aneh
Bilangan Aneh dikurangi Bilangan Aneh adalah Bilangan Aneh
Bilangan Aneh dikali Bilangan Aneh adalah Bilangan Aneh
Bilangan Aneh dibagai Bilangan Aneh adalah Bilangan Aneh
Bilangan Aneh dipangkatkan dengan Bilangan Aneh adalah Bilangan Aneh
Sistem Bilangan Aneh mempunyai Bilangan Aneh Identitas
Sistem Bilangan Aneh mempunyai Bilangan Aneh Invers


Sistem Bilangan Aneh bersifat isomorphis dengan Sistem Bilangan Bulat.

Syaetan:
Wah sialan matematikawan itu. Tidak takut dengan suaraku yang aneh malah asyik sendiri menganalisis secara matematis suaraku yang aneh ini. Saya coba dengan bentukku yang menyeramkan.

Matematikawan:
Bentuk yang menyeramkan jika digeser juga akan dihasilkan bentuk yang menyeramkan.
Bentuk yang menyeramkan jika diputar juga akan dihasilkan bentuk yang menyeramkan.
Bentuk yang menyeramkan jika dicerminkan menurut sumbu datar maka akan diperoleh bayangan dengan bentuk yang menyeramkan.
Bentuk yang menyeramkan dapat dihitung panjang kelilingnya.
Bentuk yang menyeramkan dapat dihitung luasnya.



Bentuk yang menyeramkan berdimensi tiga dapat dihitung volumenya.

Syaitan:
Wah sialan matematikawan itu. Tidak takut dengan bentukku yang menyeramkan malah asyik sendiri menganalisis secara matematis bentukku yang menyeramkan. Saya coba dengan mendatangkan temanku yang jumlahnya banyak sekali.

Matematikawan:
Dalam matematika, jumlah yang banyak sekali dapat ditafsirkan bermacam-macam. Dia bisa himpunanbilnagn terbuka, dia bisa bilangan infinit, dia bisa menuju limit, dia bisa tak terhingga, dia bisa transenden, dst.
Banyak sekali ditambah banyak sekali adalah banyak sekali.
Banyak sekali dikali banyak sekali adalah banyak sekali.
Banyak sekali pangkat banyak sekali adalah banyak sekali.



Banyak sekali jangan disamakan dengan besar sekal.

Saitan:
Wah sialan matematikawan itu. Tidak takut dengan temanku yang banyak sekali malah menganalisis konsep banyak sekali ditinjau dari sisi matematika. Akan saya tunjukan bahwa saya bisa menghilang dan berubah bentuk.

Matematikawan:
Kata dasar dari menghilang adalah hilang. Kata bentukannya bisa menghilang, dihilangkan, atau menghilangkan. Dalam matematika dikenal metode menghilangkan atau eliminasi, misalnya menghilangkan variabel di ruas kiri pada penyelesaian suatu persamaan. Yang setara dengan metode menghilangkan adalah metode substitusi. Yang bisa hilang tidak hanya variabel, tetapi juga tanda-tanda bilangan dan tanda-tanda akar. Tanda akar kuadrat suatu bilangan akan hilang jika akar kuadrat dari bilangan itu kita kuadratkan. Jika diekstensikan artinya maka menghilang bisa dimengerti sebagai kosong. Tetapi kosong itu belum tentu nol, karena nol itu bilangan dan jelaslah tidak kosong. Jika hutangku negatif ternyata dapat dimengerti sebagai tidak punya hutang. Perihal perubahan bentuk dalam matematika dapat saya terangkan demikian. Bangun-bangun geometri baik datar, lengkung maupun dimensi tiga dapat berubah bentuknya jika dikenai perlakuan misalnya dengan translasi. Ada bermacam-macam translasi misalnya dilatasi, rotasi, dan refleksi…atau gabungan dari dua atau ketiganya.

Syaitan:
Wah sialan matematikawan itu. Tidak takut dengan kemampuanku dapat menghilang malah pamer tentang penggunaan konsep hilang dalam matematika. Dia malah menerangkan teori perubahan bentuk dengan translasi. Sekarang akan saya goda dengan WANITA CANTIK.

Matematikawan:
WANITA adalah sebuah kata terdiri dari enam huruf yaitu W, A, N, I, T, A
WANITA dengan unsur-unsur hurufnya yang ada dapat dibentuk kata yang lain dengan komposisi huruf yang sama seperti:WANIAT, WANAIT, WAANIT, AWANIT, WANTIA, WATNIA, WTANIA, dst.


CANTIK adalah sebuah kata yang terdiri dari enam huruf yaitu C, A, N, T, I, K

dst

Syaitan:
Wah sialan matematikawan itu. Tidak terpengaruh dengan WANITA CANTIK…malah menganalisis secara matematis komposisi huruf yang terdapat di kata-kata itu. Saya coba dengan godaan Barang Mewah

Matematikawan:
Sebuah Barang Mewah terdiri dari komponen dasar A, B, C, D dan E. Diketahui harga komponen A adalah 35 %, komponen B adalah 30 %, komponen C adalah 25%, komponen D adalah 8%, dan komponen E adalah 2%. Komponen E berharga Rp 2 juta. Jika akan diproduksi 1000 buah Barang Mewah maka tentukan berapa biaya keseluruhan? Perhitungannya adalah sebagai berikut:…

Syaitan:
Wah sialan matematikawan itu. Tidak terpengaruh dengan Barang Mewah…malah menganalisis secara matematis komponen barang mewah, membuat soal cerita dan asyik menghitungnya. Hai matematikawan jangan sok pintar engau didepanku…sehebat-hebat rasional pikiranmu tidaklah akan mampu memikirkan seluruh diriku. Ketahuilah bahwa ada bagian dari diriku itu yang bersifat irasional.

Matematikawan:
Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan sebagai p per q dimana p bulat, q bulat dan q tidak sama dengan nol. Sedangkan bilangan irrasional adalah bilangan yang tidak demikian. Tentulah semua bilangan bulat adalah bilangan rasional. Sedangkan contoh dari bilangan irrasional adalah bilangan phi, bilangan e, akar dua, dst. Kalau hanya bicara bilangan rasional atau irrasional dalam matematika itu hal biasa. Padahal masih ada lagi yang akan saya uraikan yaitu bilangan imaginer. Bilangan imaginer adalah…kalau saya berusaha menarik akar dari bilangan negatif misalnya akar dari bilangan minus satu maka saya akan peroleh bilangan imaginer.

Syaitan:
Sialan tenan matematikawan itu. Saya pameri sifatku yang irrasional malah berteori tentang bilangan rasional dan irrasional. Dia malah pamer bilangan imaginer segala. Hai matematikawan…apakah engkau tidak tahu bahwa saya sudah mulai marah? Ketahuilah bahwa saya itu bukan syaetan biasa. Saya itu syaitan dengan pangkat yang tinggi..tahu?

Matematikawan:
Ada bermacam-macam bilangan berpangkat itu. Ada bilangan berpangkat bilangan bulat, bilangan berpangkat bilangan pecah, ada juga bilangan berpangkat tak sebenarnya. Hehe…asal tahu saja engkau syaetan… berpangkat tak sebenarnya itu juga dapat diartikan mempunyai pangkat tetapi dengan cara tidak khalal. Saya ragu apakah pangkatmu itu khalal atau tidak?

Syaitan:
Sialan tenan orang itu…malah mempertanyakan dan meragukan pangkatku. Hai..orang yang mengaku matematikawan hebat…apa engkau tidak tahu bahwa aku mempunyai kemampuan masuk kedalam tubuh manusia?

Matematikawan:
Kemampuan syaitan masuk ketubuh manusia, di dalam matematika, dapat dianalogan dengan penggantian sebuah variabel dengan dengan konstanta. Dalam matematika konstanta-konstanta penyusup variabel bisa juga berupa bilangan atau variabel yang lain. Jika yang menyusupi atau yang menggantikan variabel adalah juga variabel maka keadaannya persis manusia yang kesurupan syaitan, tetapi dengan catatan bahwa variabelnya bersifat jelek seperti halnya sifat dirimu. Kejadian demikian banyak ditemukan pada pembicaraan tentang fungsi komposisi…dimana variabelnya bahkan bisa berupa fungsi. Untuk matematika tingkat rendah itu namanya substitusi. Maka sederhana saja untuk memahami secara matematis perihal kemampuanmu masuk ke dalam tubuh manusia.

Syaitan:
Kurangajar tenan…dia malah kelihatannya mengetahui rahasiaku.Wah ternyata sangat sulit menggoda seorang matematikawan atau orang-orang yang menggunakan akalnya. Sejak dulu Adam A.S selalu lebih tinggi ilmunya dari saya. Hai..sekali lagi… hai…yang mengaku matematikawan sejati…jika engkau betul-betul mengaku sebagai matematikawan…cobalah kalau bisa hitunglah dosa-dosaku dan hitunglah amal-amalmu?

Matematikawan:
Aku tidaklah terlalu peduli dengan dosa-dosamu. Tetapi aku lebih peduli agar diriku tidak melakukan dosa. Tetapi jika karena suatu hal disadari atau tidak aku telah melakukan dosa besar X, maka insyaallah aku akan memohon ampun kepada Allah hingga tak berhingga banyaknya. Itulah bahwa di dalam matematika berapapun besar nilai X jika dibagi dengan bilangan tak hingga maka hasilnya Nol. Itulah bahwa harapanku adalah atas kuasa Tuhanku maka dosaku menjadi Nol. Sedangkan dosamu adalah kesombonganmu dan perilakumu menyekutukan Tuhan…itu adalah dosa yang tak terhingga besarnya. Seberapapun engkau berpura-pura memohon ampun maka itulah hukumnya dalam matematika bahwa bilangan tak berhingga besarnya jika dibagi dengan bilangan berapapun hasilnya adalah masih tak terhingga. Itulah bahwa dosamu itu tidak terampuni. Na’u dzubillah himindzalik. Sedangkan sebesar-besar pahala adalah bagi orang beriman yang ikhlas. Setinggi-tinggi derajat manusia didunia masih kalah tinggi dengan orang yang ikhlas. Itulah hukumnya dalam matematika bahwa bilangan besar betapapun jika dipangkatkan Nol maka hasilnya adalah Satu. Nol itu adalah ikhlasnya orang beriman, sedangkan Satu itu Esanya Tuhanku. Ya Allah ampunilah dosa-dosaku. Ya Allah jauhkanlah aku dari godaan syaitan yang terkutuk. Amiin

Syaitan:
Ooo…ohhh kurangajar…dengan matematikamu ternyata engkau bisa menguraikan jumlah dosa dan jumlah pahala…malah engkau itu bisa mengaji. Oh..kenapa badanku terasa panas sekali? Aku tak tahan…oh jangan…jangan…wahai sang matematikawan…aku telah bertobat…tidak…tidak…jangan bakar tubuhku….tidak…tidak…aku pergi…pergi…pergi…Kecerdasan dan doamu ternyata telah membakar diriku… panas… pergi…pergi…

Matematikawan:
Ahhh…dasar syaitan…ditinggal ngetung matematika saja sudah kelabakan. Ternyata keasyikanku bermatematikaria bisa mengusir syaitan. Setelah aku panjatkan doa kehadlirat Allah SWT ternyata pergi dia. Alhamdulillah…amiiin.

60 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Ilmu yang kita miliki hendaknya mampu kita gunakan untuk dapat terhindar dari rayuan setan. Setan selalu mempunyai tipu daya untuk menjerumuskan kita ke dalam godaannya. Selayaknya kita berpikir kritis dalam Matematika, gunakan juga pikiran kritis kita untuk tidak tergoda pada godaan setan. Janganlah kita bersikap sombong dengan ilmu yang telah dimiliki, kita harus tetap rendah hati. Kesombongan menandakan kita cepat terpengaruh pada godaan setan. Bentengi diri kita dengan ilmu yang telah dimiliki.
    Mengusir setan dapat dilakukan dengan cara mengendalikan diri kita sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu berpikir positif dalam menilai sesuatu, tidak sombong dan selalu rendah hati. Selain itu, selalu berdoa memohon petunjuk dan bimbinganNya dan mohon ampun jika telah melakukan perbuatan dosa.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Setan selalu berusaha menggoda manusia agar mau menjadi temannya di neraka kelak. Barang siapa yang tergoda dengan tipu daya setan itu maka dirinya akan terjerumus ke dalam lembah dosa.Manusia diciptakan Allah tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada-Nya. Mencari ilmu merupakan salah satu bentuk ibadah sebab ibadah tanpa ilmu itu sama saja tidak ada gunanya. Setan pun akan takut untuk menggoda orang yang berilmu sebab menggoda orang yang berilmu itu sulit. bahkan setan malah lebih memilih untuk menggoda ahli ibadah daripada orang yang berilmu.

    ReplyDelete
  3. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Saya sangat asyik membacanya, karena dari judulnya saja saya sudah tertarik ingin membaca. Ternyata isinya jauh lebih menarik. Melalui dialog tersebut saya bisa belajar matematika dengan cara yang mengasyikkan. Terlihat sederhana tetapi sangat bermakna.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Manusia adalah makhluk Tuhan yang diberi akal, selagi kita berakal janganlah takut pada setan, karena manusia derajatnya lebih tinggi dari setan. Sebaiknya sebelum belajar kita harus berdoa agar dimudahkan dalam menerima ilmu dan dijauhkan dari godaan setan.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari elegi di atas, yang dapat saya pahami cara mengusir godaan syaitan adalah dengan menyibukkan diri kita dalam kebaikan, atau dengan kata lain menyibukkan pikiran kita dalam hal-hal positif, selalu berpandangan soluktif, dan berusaha untuk berfikir rasional. Karena berfikir rasional maka tidak ada ruang untuk mengikuti keinginan yang tidak rasiobal. Dari sini kita dapat mengambil hikmah bahwa orang yang berilmu dapat mengusir setan dengan menggunakan akal dan pikirannya yang kritis. Selain itu dalam Al Qur an juga telah dijamin bahwa orang yang berilmu akan dinaikkan derajatnya. Tetapi sekali lagi yang perlu kita ingat bahwa kita tidak boleh sombong akan ilmu yang kita miliki. Kita harus senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar ilmu yang dianugerahkan kepada kita senantiasa dijaga oleh-Nya.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Selamanya sampai akhir jaman syaiton akan terus menggoda manusia. Hal ini sudah menjadi kepastian. Walaupun begitu kita tidak selayaknya menyerah pada syaiton. Syaiton tak pernah berhenti menggoda umat manusia. Ia memiliki seribu akal dan cara untuk menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan. Dengan melakukan kesibukan yang positif dan terus berdoa mendekatkan diri kepada Allah maka pengaruh setan itu tidak akan merasuki tubuhmu. Maka kuatkanlah pertahananmu, kuatkan benteng imanmu agar tidak tergoda oleh rayuan setan. Jangan lupa untuk selalu beristigfar dan memohon ampun kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  7. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Seharusnya kita sudah bisa mengambil pelajaran dari keangkuhan dan kesombongan syaitan yang membuat Allah murka kepadanya. Bila kita benar-benar sadar akan hal itu maka kita akan berbenah diri agar menjadi manusia yang mendapat ridha Allah SWT. Kita diberikan ilmu dan akal, agar kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, agar kita bisa terhindar dari sifat sombong dan bisa mengahalau rayuan syaitan.

    ReplyDelete
  8. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Matematikawan digambarkan sebagai seseorang teguh pendirian dan dengan doa yang senantiasa ia lakukan maka ia tidak mudah tergoda dengan rayuan dari setan. Matematikawan tersebut berhasil menemukan ilmu-ilmu matematika tanpa tergoda dengan rayuan setan karena matematikawan itu senantiasa ikhlas dalam beriman, taubat , dan selalu memanjatkan doa kepada Allah. Manusia diciptakan Allah tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada-Nya. Mencari ilmu merupakan salah satu bentuk ibadah sebab ibadah tanpa ilmu itu sama saja tidak ada gunanya.

    ReplyDelete
  9. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPS Pendidikan Matematika S2 Kelas C 2016

    Assalamualaikum..
    Setan tidak dapat mengganggu jika kita menutup segala kemungkinan pintu celah untuk ditunggangi setan. Yaitu ketakutan, keragu-raguan, kesedihan, kemarahan, kedengkian, kesombongan, dan segala energi negatif. Setan itu pekerja keras, kreatif dan visioner. Setan itu pekerja keras, selalu berusaha untuk menggoda manusia agar kufur terhadap Allah. Setan itu kreatif, karena setan selalu bisa memanipulasi keadaan manusia sehingga manusia terjerumus dalam perangkapnya. Setan juga visioner, karena dia selalu bisa menemukan dan membuat rencana untuk menyesatkan keturunan manusia. Oleh karena itu, agar kita harus lebih keras dalam berusaha taat kepada Allah, dan berdoa agar dilindungi dari segala macam tipu daya setan.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Seorang yang memiliki kemampuan matematika atau disebut sebagai matematikawan adalah seseorang yang memiliki kemampuan berpikir yang cerdas, pola pikir mereka selalu dapat menyelesaikan masalah yang ada, tidak terkecuali godaan syaitan untuk membawa matematikawan kedunia kegepalan. Ditambah jika matematikawan tersebut memiliki Allah SWT dalam keimanan yang tinggi di dalam dirinya tentu akan sangat luar biasa matematikawan tersebut.

    ReplyDelete
  11. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Di dunia ini banyak ujian yang akan menerpa kita, salah satunya godaan syaitan. Syaitan akan terus menggoda manusia agar berada di jalan mereka, jalan kesesatan. Ketika iman kita tidaklah kuat bukan tak mungkin kita dapat terjerumus dalam godaannya. Na'udzubillahimindzalik. Dari tulisan prof Marsigit diatas hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menghindarkan diri kita adalah dengan terus menuntut ilmu, terus melakukan hal positif, berdoa, memohon ampun dan memohon perlindungan dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  12. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sungguh kisah yang menarik sekali. Hal ini membuktikan bahwasanya matematika itu pada dasarnya dapat dihubungkan dengan segala macam hal di dunia ini. Math is Life. Hal ini pernah diajarkan oleh bapak beberapa semester yang lalu. Matematika itu hidup dan adalah bagian dari hidup itu sendiri. Matematika hadir di setiap hari-hari kita, tanpanya hidup tidak akan semudah ini. Ilmu dan iman adalah perpaduan yang indah, di kisah ini bahkan perpaduan ini dapat mengalahkan setan. Pada akhirnya ilmu dan iman adalah sebuah perpaduan yang melengkapi satu sama lainnya.

    ReplyDelete
  13. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Syaitan akan selalu menggoda manusia sampai akhir zaman. Oleh karena itu, kita harus membentengi diri kita dengan selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Terutama dalam menuntut ilmu, tuntutlah ilmu disertai dengan meningkatkan iman kepada Allah SWT. Ingatlah bahwa ilmu tanpa iman menyebabkan buta. Seorang yang berilmu tapi tidak disertai dengan meningkatkan imannya kepada Allah SWT, maka ia akan sangat mudah terjerumus ke dalam sifat angkuh, sombong dan terlena akan urusan duniawi saja. Pada hakekatnya ilmu dan iman memiliki hubungan satu sama lain yang sangat erat, dimana jika seseorang bertambah ilmunya maka semestinya bertambah jugalah imannya. Tapi mirisnya yang sedang terjadi sekarang ini banyak orang yang berilmu tetapi iman mereka berkurang, mereka meninggalkan kewajiban mereka sebagai hamba Allah SWT. Oleh karena itu, dalam menuntut ilmu harus disertai dengan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, karena iman merupakan benteng diri kita. Ilmu yang dilandasi iman akan mengantarkan kita menjadi seseorang yang selalu memanfaatkan ilmunya tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk orang lain. Ilmu yang dimiliki akan sia-sia jika tidak diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  14. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Berdasarkan elegi ini dapat diambil pelajaran bahwa ilmu yang kita miliki dapat digunakan dengan baik jika kita mempelajarinya dengan baik dan ikhlas. Ilmu dunia yang berlandaskan spiritual akan sulit digoda oleh syaitan, oleh karena itu seorang matematikawan yang teguh dengan pendiriannya. Itulah jika dalam melakukan segala sesuatu hanya dengan mengharap ridhaNya maka akan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Bagaimana matematikawan mengusir setan? Judul postingan ini sungguh menarik, membuat saya ingin tertawa, dan tentu saja membuat saya jadi penasaran, tak sabar untuk segera membacanya.
    Selama hidup, manusia selalu dihadapkan dengan berbagai godaan. Godaan setan salah satunya. Terlebih lagi saat manusia sedang menuntut ilmu kebaikan, tak jarang setan datang untuk menggoda manusia. Kita tahu bahwa matematika adalah ilmu pasti yang mengajarkan untuk berpikir logis, kritis, analitis, sistematis, dan rasional. Untuk itu dalam menghalau godaan setan, kita bisa menerapkan ilmu yang didapatkan dari belajar matematika dengan berpikir dan bertindak secara logis, kritis, serta teguh pendirian. Dan yang paling utama adalah selalu bersikap rendah hati untuk memohon pertolongan Tuhan agar kita tidak terjerat godaan duniawi.

    ReplyDelete
  16. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Matematika bisa dihubungkan dengan segala hal di muka bumi ini, termasuk dalam mengusir syaitan, dimana syaitan mempengaruhi manusia percaya akan mitos-mitos. Matematika mengajarkan kita banyak hal, termasuk berpikir secara logis agar mitos-mitos yang disebarkan oleh syaitan tidak termakan oleh pikiran kita. Matematika juga bisa dihubungkan dengan hal spiritual seperti menghitung berapa banyak dosa, berapa banyak pahala, dan bagaimana jika kita melakukan perintah-Nya dengan ikhlas. Dan tak lupa, kita harus selalu berdoa agar Allah selalu melindungi kita dari godaan-godaan syaitan.

    ReplyDelete
  17. Manusia jangan sampai kalah oleh godaan syetan. Manusia tercipta dari tanah dan syetan tercipta dari api. Tetapi nabi Adam lebih unggul dari syetan sehingga syetan diminta untuk sujud pada Nabi Adam. Demikianlah ketentuannya, manusia lebih unggul dari syetan. Asal manusia tetap dalam kebenaran, beriman dan bertaqwa pada Allah SWT. Tetapi jika tergelincir oleh rayuan dan bujukkan syetan maka manusia akan menjadi rendah dan dimasukkan dalam Naar Jahannam.

    ReplyDelete
  18. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Berdasarkan elegi ini bahwa matematikawan digambarkan sebagai seseorang yang teguh pendirian, dan dengan doa-doa yang senantiasa ia panjatkan kepada Allah SWT maka ia tidak mudah tergoda dengan rayuan syaitan. Orang yang berilmu akan lebih sulit digoda oleh syaitan. Alasannya yaitu karena orang yang berilmu adalah orang yang memiliki akal. Kita sebagai manusia ciptaan Allah SWT hendaknya apa yang kita lakukan di dunia ini senantiasa hanya untuk mencari ridho Allah SWT agar terhindar dari segala macam godaan syaitan.

    ReplyDelete
  19. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Elegi yang sangat menarik dimana syaitan tidak dapat mengganggu matematikawan yang sedang berkonsentrasi dengan asiknya untuk mempelajari matematika, sehingga syaitan menjadi lari. Yang dapat saya pelajari dari elegi ini adalah perlunya keteguhan hati dalam mengamalkan ilmu kita agar ilmu apa pun yang kita pelajari berguna dalam kehidupan kita, jagalah hati agar kesombongan diri tidak datang, dan hendaklah ilmu yang kita punya justru kita manfaatkan untuk menggapai kerendahan hati sehingga syaitan tidak mempunyai peluang untuk masuk ke dalam hati.

    ReplyDelete
  20. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dari elegi tersebut terlihat bahwasanya matematikawan yang mengontrol setan. Dan pada akhirnya setan tidak betah kemudian pergi dengan sendirinya. Jadi sebaik – baiknya pengingat diri ini adalah pikiran diri ini. Dengan pikiran kita dapat mengontrol semuanya. Kita tahu langkah apa yang akan diambil, untuk mencapai target apa saja dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Elegi ini mengisahkan seorang matematikawan yang tetap teguh pendirian dan kukuh meski seringkali diterpa godaan oleh syaithon yang ingin menyesatkan. Matematikawan (manusia) adalah makhluk ciptaan Alloh yang paling sempurna diantara makhluk lainnya yang dibekali akal untuk berpikir dan juga ilmu tingkat tinggi agar tidak tersesat. Setinggi-tinggi derajat manusia di dunia masih kalah tinggi dengan orang yang ikhlas. Itulah hukumnya dalam matematika bahwa bilangan besar berapapun jika dipangkatkan Nol maka hasilnya adalah Satu. Nol itu adalah ikhlasnya orang beriman, sedangkan Satu itu Esanya Tuhanku.

    ReplyDelete
  22. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Semua godaan setan yang selalu mencoba menggoda manusia memang tidak ada habisnya, namun dengan berpikir positif dan selalu mengalihkan apa yang tidak seharusnya kita pikirkan itulah kuncinya untuk menjauh dari godaan setan. Dengan seperti itu godaan yang setan lakukan akan dengan sendiri hilang dan lelah akan semua usaha yang dia lakukan. Dengan selalu berdoa pada Tuhan dan ikhlas dalam melakukan berbagai hal, kita patut percaya di dalam Tuhan kita akan selamat dari berbagai macam godaan setan. Selain itu gunakanlah ilmu yang selama ini kita peroleh untuk menghalau setan.

    ReplyDelete
  23. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ada banyak cara yang setan lakukan untuk menggoda manusia. Setan meggunakan apa yang kita punya dan terus mencari kelemahan kita agar masuk kedalam bujukannya. Ada baiknya memang untuk membentengi diri dengan memperkuat iman agar tidak jatuh kedalam bujukan setan. Ilmu – ilmu yang kita pelajari juga dapat digunakan sebagai senjata untuk mengalahkan setan dengan menggunakannya secara positif dan benar. Sulit memang untuk mengalahkan setan karena sangat lihai dan licik. Tetapi semua itu kembali lagi kepada keyakinan kita akan pertolongan Tuhan.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Syaitan memang selalu menggoda manusia untuk menjerumuskan ke dalam mitos, tak terkecuali juga menggoda matematikawan. Untuk melawan syaitan adalah dengan senantiasa berpikir untuk menggapai logos. Sebagai matematikawan, sudah sepatutnya kita berpikir secar rasional, koheren, aksiomatis deduktif, dengan alur yang tersruktur sebagai anti-tesis dalam berpikir, sehingga logos yang kita peroleh. Berpikir semacam ini dalam matematika akan menuntun kita untuk menggapai logos dan meninggalkan mitos yang merupakan hasutan syaitan tadi. Kegiatan berpikir juga tentunya harus diiringi dengan do'a semoga kita semua selalu dituntun dan diberikan petunjuk ke jalan yang benar oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Elegi ritual ikhlas ke 45 tentang bagaimana matematikawan mengusir setan, ini adalah dengan berilmu kita bisa menyingkarkan setan itu, diman wujud setan itu bisa bermacam-macam, dengan ilmu pula lah kita bisa menjadi tidak akan terpengaruh dengan bujukan setan itu seperti apapun., dengan cara apa kita mengusirnya yaiotu dengan cara beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  26. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pekerjaan Setan adalah menggangu manusia. Ia ridak suka melihat manusia bahagia dan hidup dengan damai. Target utamanya adalh menyerang pikiran manusia dan membuat manusia tidak ada dalam keadaan damai atau bahagia. Dari elegy di atas, jelas terlihat bahwa orang matematika mampu mengusir setan dengan logika dan pengetahuannya

    ReplyDelete
  27. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam elegi ini diceritakan mengenai percakapan matematikawan dan syaitan yang ternyata tidak pernah berhasil menggoda matematikawa yang benar-benar menggunkan akalnya dengan baik. Artinya adalah jika kita bisa menggunakan akal kita dengan sebaik-baiknya dan sebijak-bijaknya maka kita akan terlepas dari godaan syaitan dan semakin dekat dengan tuhan.

    ReplyDelete
  28. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    Pendidikan Matematika A 2014

    Dari tulisan Bapak Prof Marsigit M.A, sangat menarik dan membuka pikiran saya bahwa ya seperti yang telah diketahui bahwa memang agama Islam adalah agama rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam) tak terkecuali dalam bidang keilmuwan lainnya. Ilmu-ilmu yang dipelajari di bidang ilmu lainnya pun sesungguhnya sudah dijelaskan di dalam Al-qur'an. Seperti teori big bang dalam ilmu sains yang sudah ada di dalam Al-quran yang tergambarkan dalam Q.S Hud ayat 27, Q.S An-Nazi'at ayat 27-33. Begitupun dalam ilmu matematika yang telah dipaparan secara detail dan menarik dalam tulisan Bapak Prof. Marsigit M.A, bahwa sebesarpapun dosa manusia misal X, ampunan dari Allah Swt banyak tak berhingga sehingga jika X dibagi tak hingga akan sama dengan 0. Dari hal tersebut saya belajar bahwa sesungguhnya sebesarapapun dosa kita asalkan kita menyesali dan berusaha mohon ampunan dan belas kasih dari Allah SWT serta berusaha untuk lebih baik tentu Insyaa Allah dengan kehendak dan ridho Allah SWT dosa kita akan diampuni. Amin.

    ReplyDelete
  29. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia, setan bisa menggoda kapan saja dan dimana saja, terutama jika pikiran sedang kosong. Oleh karena itu selalu gunakanlah pikiran untuk hal-hal yang positif sehingga setan tidak akan sempat mengganggu pikiran kita dan tentu saja harus selalu diiringi dengan memperbanyak doa dan dzikir. Untuk terhindar dari setan kita harus selalu berfikir misalnya kita harus berpikir kritis . Berfikir kritis yang dimiliki pada matematikawan sering kali membuat kita bisa mengusir datangnya syaitan. Berpikir kritis membuat kita tidak mudah menerima apa yang terjadi. Sehingga godaan syaitan sering kali tidak mudah masuk.

    ReplyDelete
  30. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Misi syaitan selalu dijalankannya yaitu untuk menggoda manusia. Kemudian bagaimana manusia untuk terhindar dan tidak mengikuti godaan syaitan tersebut. Kita bisa melakukannya dengan berbagai pengetahuan dan selalu berpikir logis. Matematika juga bisa kita gunakan untuk hal ini. Dari sini kita ketahui bahwa matematika sangat dekat dengan kehidupan kita. Di situlah terbukti penting sekali belajar matematika. Namun usaha tersebut tidak kalah dengan kita selalu beriman kepada Allah SWT. Kita berdo’a supaya mampu melarikan diri dari godaan-godaan syaitan.

    ReplyDelete
  31. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Pepatah pun mengatakan “tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina” atau hadist yang menyatakan “tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat”. Ini berarti menuntut ilmu sangat penting dilakukan. Tidak saja karena menuntut ilmu sebagai bekal kita menjalani kehidupan di dunia, namun menuntut ilmu juga sebagai perintah agama. sebagaimana syaitan yang selalu menggoda manusia dalam segala ruang dan waktu, maka orang beriman juga terancam dapat terpengaruh oleh godaan syaitan. Untuk itu, ilmu juga penting dimiliki sebab dengan ilmu yang dimiliki seseorang senantiasa memikirkan segala hal dengan masuk akal sehingga dengan takwa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  32. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Berdasarkan elegi di atas, matematika bukanlah sekedar ilmu menghitung, tetapi matematika mempunyai makna dan arti yang lebih luas. Ketika seseorang bermatematika telah dilandasi oleh ilmu agama yang kuat maka matematika akan menjadi semakin bermanfaat. Maka hendaklah setiap ilmu yang kita miliki itu diiringi dengan agama dan hati yang bersih-ikhlas. Ilmu tanpa agama adalah bagai orang yang buta, tidak tahu kemana akan memanfaatkan ilmu yang dimiliki. Sedangkan agama tanpa ilmu adalah lumpuh, tidak dapat kemana-mana hanya diam di tempat.

    ReplyDelete
  33. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Orang yang berilmu atau dapat menggunakan hati dan pikirannya dengan jernih akan terhindar dari rayuan syeitan. Seorang matematikawan selalu menggambarkan atau memodelkan fenomena apa yang ia lihat berdasarkan ilmu yang ia punyai. Sampai-sampai saking asyiknya mendeskripsikan apa yang diberikan oleh syeitan, syeitan sudah kelabakan. Ini artinya sibukkanlah diri kita dengan hal-hal yang bermanfaat yang nantinya akan mengusir syeitan dari sekitar kita.

    ReplyDelete
  34. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berilmu lah agar pikiran menjadi jernih dan tidak mudah dipengaruhi oleh tipu daya setan. Manusia yang berilmu akan lebih bersyukur dan mengingat Allah sehingga dia dekat dengan sang pencipta dan jauh dari syaitan. Sibukanlah hari hari kita dengan hal yang positif agar syaitan tidak bisa merayu kita dengan tipu dayanya.

    ReplyDelete
  35. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita tidak pernah luput dari godaan setan. Namun, bukan berarti kita tidak dapat mengusirnya. Mengusir setan dapat dilakukan dengan cara mengendalikan diri kita sendiri.Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu berpikir positif dalam menilai sesuatu,tidak sombong dan selalu rendah hati. Bukan hanya itu saja, selalu berdoa memohon petunjuk dan bimbinganNya dan mohon ampun jika telah melakukan perbuatan dosa dpat membantu kita dalam mengendalikan diri sehingga kita dapat mengusir setan.

    ReplyDelete
  36. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Kita diberikan akal dan juga kemampuan untuk mengendalikan apa yang kita miliki. Hal itu juga berlaku bagi ilmu yang telah kita miliki. Ilmu yang kita miliki hendaknya mampu kita gunakan untuk dapat terhindar dari rayuan setan. Setan selalu mempunyai tipu daya untuk menjerumuskan kita ke dalam godaannya. Seperti yang dilakukan matematikawan dalam elegy ini, memakai ilmunya untuk mengusir setan. Namun, bersikap sombong dengan ilmu yang telah dimiliki harus dihindari. Kesombongan menandakan kita cepat terpengaruh pada godaan setan.

    ReplyDelete
  37. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi “Bagaimana Matematikawan Mengusir Setan?”, dari judulnya saja saya sudah tertarik untuk membacanya. Dari elegi tersebut diceritakan bahwa seorang matematikawan dapat mengusir setan. Saya terus bertanya-tanya mengapa hal tersebut dapat terjadi? Padahal daam hal ini setan terus berusaha menggoda, menakuti, bahkan berusaha menjerumuskan matematikawan tersebut. Akan tetapi, berbagai trik muslihat setan tidak berhasil menggoda matematikawan. Ia sangat pandai memanfaatkan ilmu yang ia miliki. Setan tak henti-hentinya mengganggu manusia. Namun, lagi-lagi godaan setan mengalami kegagalan, hingga pada akhirnya setan pun jera dan takut terhadap kecerdasan matematikawan tersebut.

    ReplyDelete
  38. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika kita lihat dari sudut pandang pendidikan, dapat disimpulkan bahwa kita harus terus semangat dan tak mudah menyerah. Setan di sini dapat diartikan sebagai masalah-masalah pendidikan baik yang berasal dari sendiri (kemalasan, prasangka buruk, rendah diri, dll) maupun lingkungan. Dalam menghadapi godaan masalah-masalah pendidikan ini diperlukan adanya kesungguhan niat yang diimbangi dengan usaha.

    ReplyDelete
  39. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kita jangan larut dalam permasalahan yang ada, justru kita hendaknya termotivasi untuk terus mencari jalan keluar. Karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sempurna yang dianugerahi akal dan pikiran. Oleh karena itu, kita hendaknya dapat memanfaatkan anugerah tersebut dengan baik. Namun perlu diingat kita juga jangan mudah puas akan kecerdasan yang kita miliki.

    ReplyDelete
  40. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Elegi ini sungguh menarik dan memberikan aspirasi serta amanat kepada kita. Semoga kita dapat mencontoh matematikawan tersebut di mana ia tidak mudah tergoda setan (problem) bahkan dapat melawannya.

    ReplyDelete
  41. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Segala ilmu pengetahuan yang kita pelajari di dunia pasti ada manfaatnya masing-masing. Hanya terkadang keterbatasan manusia yang tidak dapat memahami itu. Jadi jangan sepelekan sekecil apapun ilmu pengetahuan yang akan kita cari, ilmu pengetahuan yang sudah kita dapat. Jangan juga sombong dengan ilmu pengetahuan yang sudah kita dapat. Niatkan mencari ilmu dengan hati yang ikhlas, dengan niat agar menjadi ilmu yang bermanfaat, dengan niat agar tidak ada kesombongan kelas pada akhirnya ketika kita sudah bisa memahami suatu ilmu, jadikan cambuk semangat untuk mencari ilmu pengetahuan yang lain dan yang paling penting semoga iilmu yang sudah di dapat menjadi berkah bagi diri sendiri khususnya dan umunya bagi makhluk lain.

    ReplyDelete
  42. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ritual ikhlas 45. Elegi ini sangat menarik dan sangat membuat pembaca penasaran dengan juduulnya. Bagaimana matematikawan mengusir syaitan. Menurut saya membuat elegi semacam ini sangatlah membutuhkan kreatifitas yang tinggi, karena disamping harus ada makna yang tersampaikan, elegi ini membuat pembaca membacanya tanpa bosan. Terimakasih prof. atas elegi yang sangat kreatif ini.

    ReplyDelete
  43. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam elegi ini tersuguhkan cerita bahwa sang matematikawan gigih tak menyerah menghadapi syaitan dengan ilmu dan kreatifitasnya. dari sini kita dapat belajar bahwasanya setiap masalah pastilah ada solusinya, kita hanya harus berikhtiar dan memohon pertolongan Allah.

    ReplyDelete
  44. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Yang dapat saya pelajari dari elegi di atas adalah bahwa manusia sebagai makhluk yang diciptakan Allah lebih sempurna dari makhluk lain dan memiliki akal. Dengan akal tersebut manusia dapat berfikir dengan logika sehingga tidak mudah digoda oleh setan. Selain itu saya menjadi paham bahwa matematika sangat berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Bahkan cara cara setan dalam menggoda manusia juga dapat dihubung hubunkangkan dengan matematika, karena matematika adalah kongkret. Jadi siswa sebaiknya belajar matematika melalui kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  45. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dari elegi tersebut dapat diambil pelajaran bahwa yang berilmu tidak terpengaruh oleh tipu daya syaitan. Bagi yang berilmu ia mengetahui apa yang harus ia pikirkan, katakan dan berbuat untuk menjauhkan diri dari godaan syaitan. Bagi yang berilmu ia mengetahui bagaimana caranya membuat syaitan marah, yaitu kita tidak masuk keperangkap rayuan syaitan yang menyesatkan. Caranya adalah selalu taat beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

    ReplyDelete
  46. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari elegi di atas, saya belajar bahwa setan akan selalu berusaha merusak iman manusia. Setan akan memberikan surga dunia agar manusia lupa dengan urusan akhirat. Manusia diciptakan Allah untuk beribadah kepada-Nya dan mencari ilmu merupakan salah satu ibadah kita. Begitu juga matematikawan dalam mengusir dan terhindar dari godaan setan yaitu dengan berpikir kreatif, inovatif, tidak mudah putus asa, dan positive thinking.

    ReplyDelete
  47. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Yang dapat saya pelajari dari elegi di atas adalah bahwa manusia sebagai makhluk yang diciptakan Allah lebih sempurna dari makhluk lain dan memiliki akal. Dengan akal tersebut manusia dapat berfikir dengan logika sehingga tidak mudah digoda oleh setan. Selain itu saya menjadi paham bahwa matematika sangat berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Bahkan cara cara setan dalam menggoda manusia juga dapat dihubung hubunkangkan dengan matematika, karena matematika adalah kongkret. Jadi siswa sebaiknya belajar matematika melalui kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  48. Sumandri
    16709251072
    S2 pendidikan Matematika 2016

    Yang dapat saya pelajari dari elegi di atas adalah bahwa manusia sebagai makhluk yang diciptakan Allah lebih sempurna dari makhluk lain dan memiliki akal. Dengan akal tersebut manusia dapat berfikir dengan logika sehingga tidak mudah digoda oleh setan. Selain itu saya menjadi paham bahwa matematika sangat berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Bahkan cara cara setan dalam menggoda manusia juga dapat dihubung-hubunkangkan dengan matematika, karena matematika adalah kongkret. Jadi siswa sebaiknya belajar matematika melalui kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  49. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan elegi di atas, menurut saya semua yang terjadi di dunia ini bisa diilustrasikan ke dalam matematika, khususnya bahasa matematika. Masalah yang ada di kehidupan nyata bisa dikaitkan dengan matematika. Oleh karena itu dengan mengaitkan matematika ke dalam dunia nyata akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa. Sehingga siswa akan merasa senang dan tidak takut terhadap matematika.

    ReplyDelete
  50. Nita Lathifah Islaimiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam elegi ini dijelaskan bahwa seorang matematikawanpun dapat mengusir syaitan. maka disini dapat kita ambil makanya bahwa ilmu matematika itu dapar melebur di segala ilmu, sebagai contohnya dalam elegi ini yaitu dalam ilmu agama.

    ReplyDelete
  51. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Makna lain yang dapat diambil yaitu bisa dihubungkan ke dalam dunia pendidikan. bahwa kita sebagai pendidik maupun calon pendidik, mampu membuat fondasi ilmu yang kuat sehingga tidak bisa dipengaruhi masalah masalah apapun. masalah disini di gambarkan sebagai syaitan.

    ReplyDelete
  52. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Yang dapat dipelajari dari elegi di atas, bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lain karena manusia memiliki akal. Maka dengan akal tersebut, manusia tidak dapat dipengaruhi karena dapat berfikir secara kritis dan juga berlogika.

    ReplyDelete
  53. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari elegi tersebut kita juga dapat mengambil paham bahwa matematika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Apapun yang kita pelajari dalam matematika, maka akan berkaitan pula dengan kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari kita.

    ReplyDelete
  54. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setan akan terus berusaha untuk menyesatkan manusia ke dalam dunia kegelapaan, bagi matematikawan perlu diperhatikan sifat kesombongan terhadap ilmu yang telah didapat merupakan tipu daya setan, maka dari itu perlu perangai agar terhindar dari sifat tersebut, yaitu tetap rendah hati, tetap melakukan evaluasi pembelajaran sehingga menemukan pembelajaran yang efektif, harus selalu haus akan pengetahuan sehingga memicu untuk terus belajar lagi.

    ReplyDelete
  55. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hakekatnya menggapai logos tak akan terbatasi oleh syaitan seperti para mitos. Begitu pula Matematika, para matematikawan setiap saat akan menggali lebih dalam arti-arti yang ada didalamnya. Karena dalam Matematika masih banyak yang ada didalamnya. Sekarang saja bialngan Prima terbesar belum ditemukan, hanya baru ditemukan bilangan prima yang ada berjuta digit. Sekarang ini masih ada peneliti yang mencari bilangan tersebut tak bosan dirinya karenanya. Begilah itu baru satu contoh yang disebutkan, belum saja penemuan yang ada dan yang mungkin ada rahasia yang belum terungkap.

    ReplyDelete
  56. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketika manusia memiliki ilmu yang tinggi, serta memiliki akal yang sehat tentu tidak mudah untuk orang lain memengaruhinya. Karena dengan ilmu yang ia miliki dan akal yang ia gunakan untu berpikir kritis maka orang tersebut akan mudah menyelesaikan masalah yang ada disekitarnya. Selain itu, orang tersebut akan mampu memilih mana yang sebaiknya ia lakukan dan aman yang harus ia tinggalkan.

    ReplyDelete
  57. Ari Dhamayanti
    14301241405
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk mencapai suatu tujuan, sebaiknya kita tidak putus asa jika dihadapkan dengan masalah yang menghadang di depan kita. Kita harus tetap berjuang, pantang menyerah untuk menghadapi tantangan itu, seperti matematikawan dalam elegi di atas yang terus berusaha tetap pada pendirian walauun digoda oleh syaitan. Namun dalam perjalanannya hendaknya jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan YME.

    ReplyDelete
  58. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari elegi diatas yang berbicara bahwa matematikawan dapat mengusir syaitan, sangat menarik bagi saya. hal ini dapat menggambarkan bahwa matematika adalah ilmu dari semua ilmu pengetahun. bahkan sampai ilmu spiritualpun, seorang matematikawan juga bisa turut serta.

    ReplyDelete
  59. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Seorang matematikawan yang memanfaatkan ilmu matematikanya untuk lebih dapat memperdalam keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT niscaya dia tidak akan tertipu oleh godaan dan bisikan syaitan. Orang yang berilmu dan beriman senantiasa menggunakan ilmunya untuk mempertebal keimannannya bukan malah sebaliknya imannya tergoyahkan oleh ilmunya. Hal demikian itulah yang sejatinya dapat memberi kesempatan kepada syaitan untuk menjerumuskan manusia, padahal sejatinya orang yang berilmu memiliki tempat dderajat yang lebih tinggi daripada orang yang beriman tetapi tidak berilmu apabila dia dapat menggunakan ilmunya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  60. Muhammad Mufti Hanafi
    13301244005
    Pendidikan Matematika 2013

    Setinggi-tingginya kebahagiaan adalah tahu nya seorang akan keesaan Tuhannya. Dengan dibarengi pengakuan dan ketunukan. Yang mana ketundukan mebuahkan ketaatan. Dari sinilah pada dataran praktik setan banyak menyerang manusia. mengaburkan keesaan Tuhan. Jika tak dapat serta merta digagalkan, stan mulai mencari celah yang dapat membiaskan keesaan Tuhannya. Menggoda melalui mengaburkan rasa takutnya, rasa cintanya, rasa harapnya, serta membiaskan ketawakalan dalam masalah dunia nya.

    ReplyDelete