Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 43: Kyai Mursidin 1




Oleh Marsigit

Transenden Lokal Negatif Diraja:
Wuhhehh..bojleng bliss lanat...sudah empat abad lamanya aku terdampar di Batu Keramat ini. Semakin banyak orang datang ke Batu Keramat ini...tentu semakin baik.

Itu pertanda bahwa semakin banyak orang telah berkurang iman dan taqwanya. Tentulah keadaan yang demikian adalah keadaan yang aku harapkan, karena semakin banyak orang kufur dan kafir maka semakin banyak pula temanku. Itulah pembalasanku kepada Nabi Adam As, yang telah menjerumuskan diriku sehingga aku dikutuk oleh Tuhan. Dengan berbagai daya dan upayaku baik melalui cara yang kasar maupun cara yang halus, langsung atau tidak langsung seumur hidupku aku gunakan untuk merayu dan menggoda manusia agar berlaku kufur dang mengingkari Tuhan. Hemm...tetapi apakah aku tahan hanya bersifat menunggu orang-orang yang datang ke sini membuat dan memberi sesaji kepadaku. Kalau hanya begini maka perolehanku tidak efektif dan tidak cukup banyak. Hai para prajurit dan punggawaku...kesinilah ..dengarkan titah dan perintahku.

Prajurit Transenden Lokal Negatif :
Wahai tuan dan sesembahanku...ampunilah kesalahanku. Apakah ada kesalahanku sehingga engkau memanggilku. Aku akan persembahkan segenap jiwa dan ragaku untuk kemuliaanmu.

Transenden Lokal Negatif Diraja:
Hai prajurit...ketahuilah bahwa aku tidak mau kalau hanya menunggu datangnya orang-orang kufur ke Batu Keramat ini. Mumpung situasinya memungkinkan yaitu bahwa masyarakat dan segenap penduduknya sedang banyak masalah hidup, maka aku merencanakan dan menginginkan melaksanakan rencana dan programku secara aktif. Untuk itu maka programku menggoda anak cucu Adam ...akan saya lakukan secara aktif. Maka daripada hanya menunggu di sini..saya akan mencari orang-orang anak cucu Adam yang berpotensi dapat digoda, diganggu, diselewengkan, disesatkan ...untuk menjadi pengikut saya. Tujuannya adalah untuk memperbesar kekuasaanku dan kerajaanku di Batu Keramat ini. Tetapi tetap ingatlah bahwa musuh paling besarku adalah orang-orang yang ikhlas. Maka janganlah sekali-kali berani dengan mereka itu. Jika engkau berani dengan mereka maka imbasnya akan terkena kepada diriku juga. Kita semua bisa terbakar habis di sini oleh orang-orang ikhlas itu.

Prajurit Transenden Lokal Negatif:
Baiklah tuanku...kami siap melaksanakan perintahmu. Apakah sekira tugas-tugas yang segera saya laksanakan?

Transenden Lokal Negatif Diraja:
Sebelum kita berangkat terlebih dulu kita harus mengetahui kondisi atau keadaan semua warga di sekitar Batu Keramat ini. Apakah diantara kamu mempunyai informasi tentang keadaan masyarakat disekitar sini. Siapakah diantara mereka yang imannya tipis? Siapa yang pikirannya kosong? Siapa yang tidak pernah beribadah? Siapa yang suka menipu? Siapa yang suka korupsi? Siapa yang suka mencuri? Siapa yang suka mabuk-mabukan? Siapa yang suka dholim? Siapa yang suka maksiat? Siapa yang bersifat munafik? Siapa yang miskin tetapi kafir? Siapa yang kaya tetapi kufur? Siapa yang bersifat pendusta? Siapa yang berpotensi menyekutukan Tuhan? Siapa yang hatinya risau dan kacau? Siapa yang hidupnya tidak realistis? Siapa yang malas bekerja tetapi ingin hasil yang banyak? Siapa yang tak mau membaca tetapi ingin pandai? Siapa yang tak mau belajar tetapi ingin lulus Ujian Nasional? Siapa yang menghalalkan segala macam cara? Siapa tukang fitnah? Siapa yang patuh dan takut kepada Batu Keramat ini? Siapa yang suka berjudi? Siapa yang suka memanipulasi?....Semuanya itu adalah orang-orang yang berpotensi untuk kita rekrut dan menjadi warga kita.

Prajurit Transenden Lokal Negatif:
Wahai rajaku...aku mengetahui ..tidak jauh dari sini ...disebelah kiri jalan...di antara sederetan rumah-rumah...ada sebuah keluarga terdiri dari seorang kakek, dengan anak dan menantunya serta dua cucunya. Kelihatannya keluarga itu disamping miskin tetapi juga fakir. Mereka fakir karena tidak mau mencari ilmu dunia dan akhirat, sedangkan kefakirannya telah membuatnya mereka menjadi miskin. Sang kakek bernama Katola, sang anak bernama Ankala sang menantu bernama Mankala . Sedangkan diantara mereka bertiga maka sang Ankala lah yang paling berpotensi bisa kita rekrut dikarenakan mereka sudah merencanakan keburukan-keburukan. Ankala telah merencanakan pencurian terhadap tetangganya berselisih satu rumah.

Transenden Lokal Negatif Diraja:
Bagaimana keadaan tetangganya yang akan menjadi target operation dari sang Ankala?

Prajurit Transenden Lokal Negatif:
Itulah masalahnya. Tetangganya itu adalah keluarga sakinah, taat beribadah, ahli berdoa bahkan hapal Al Qur’an. Kemana dia dan keluarganya pergi dan melangkah maka mereka selalu dilindungi Malaikat kebaikan. Keluarganya terdiridari satu kepala keluarga, isteri dan dua anak. Nama kepala keluarganya adalah Mursidin.

Transenden Lokal Negatif Diraja:
Hemmm...sulit juga situasinya. Padahal ini suatu peluang yang sangat baik. Kita harus mensukseskan rencana sang Ankala. Tetapi gimana ya...? Tetapi baiklah...wahai Prajurit Transenden Lokal Negatif ...jangan patah semangat. Aku dan engkau semua ini adalah jin-jin keburukan yang mempunyai kemampuan luar biasa. Dalam sekejap aku bisa membelah diriku menjadi supuluh jin, seratus jin ...bahkan seribu jin.

Prajurit Transenden Lokal Negatif:
Apakah kemudian rencanamu itu?

Transenden lokal Negatif Diraja:
Sekali dayung dua tiga pulau. Sambil merekrut sang Ankala dengan keluarganya ...sekalian kita bisa menguji seberapa kehebatan ilmu sang Mursidin? Marilah kita berangkat, ikuti perintah dan komando saya. Mumpung pikiran sang Ankala sedang kosong dan imannya sedang turun, pertama kita rasuki atau susupi tubuh sang Ankala . Jika tubuh Ankala sudah kita susupi maka semua pikiran, kata-kata dan perbuatannya berada di bawah kendali saya. Pada kesempatan itulah aku akan manfaatkan fenomena kesurupan Ankala untuk menggoyahkan iman semua warga yang ada di dusun itu. Aku akan membuat ulah yang beraneka ragam, yang aneh, suara yang asing, gerakan yang nyleneh dan juga permintaan yang tidak logis termasuk yang menakutkan dan ditakuti para warga.

Prajurit Transenden Lokal Negatif:
Lantas...apakah tugas spesifikku?

Transenden lokal Negatif Diraja:
Tugas spesifikmu adalah mengabarkan dan menyebarkan informasi perihal kejadian yang dialami sang Ankala. Kemudian tebarkanlah ketakutan-ketakutan kepada semua warga. Setelah itu kondisikan agar semua warga menuruti semua permintaanku melalui sang Ankala. Setelah itu ajaklah semua warga agar berbondong-bondong melakukan pemujaan ke Batu Keramat ini. Jika itu sudah terlaksana maka sukseslah program dan kerja kita.

Prajurit Transenden Lokal Negatif:
Bagaimana dengan Mursidin yang bisa menjadi hambatan atau kendala rencanamu itu?

Transenden lokal Negatif Diraja:
Mudah-mudahan sang Mursidin tidak mengetahui rencana saya. Maka saya tugaskan sebagian dari dirimu untuk megepung rumahnya...kalau perlu gunakan ilmu penyirepan..agar pada malam nanti dia sekeluarga bisa tertidur pulas.

Prajurit Transenden Lokal Negatif:
Bagaimana jika terpaksa sang Mursidin mengetahui rencanamu dan datang menyelamatkan sang Ankala?

Transenden lokal Negatif Diraja:
Waha...apa gunanya aku menjadi rajamu. Percayakan saja si Mursidin itu kepadaku. Tetapi engkau siap danwaspada untuk membantuku jika terpaksa saya harus bertempur melawan Mursidin. Baiklah mari berangkat.

43 comments:

  1. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Niat jahat seseorang akan selalu muncul dimana saja. Mereka telah merencanakan seribu cara untuk menjatuhkan targernya dan mereka menghalalkan segala cara. Niat jahat tidak hanya ditargetkan untuk seseorang yang lemah namun juga untuk yang kuat. Oleh karena itu, perkuatlah iman kita agar tidak tergoncang dan terkepung niat jahat dan jangan sampai kita memiliki niat jahat kepada seseorang sebab dampaknya tidak hanya kepada target kita namun pada orang-orang yang berada di sekitarnya.

    ReplyDelete
  2. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Syaitan selalu memiliki berbagai cara untuk menggoda dan menjerumuskan manusia entah bagaimanapun bentuknya terkadang tidak pernah kita sangka. Tak pandang kaya, miskin, tua ataupun muda semua berpotensi untuk selalu di gada syaitan. Godaan ini muncul seirng kali ketika manusia mendapatkan masalah kehidupan dan mereka (manusia ) masih saja ada yang bingung mencari solusi atas persoalan kehidupannya. Ada yang berserah diri kepada Allah dengan terus ikhtiar. Ada pula yang mencari jalan pintas dengan menggunakan sesaji dan lain sebagainya. Sungguh dengan memberikan sesaji sama artinya meminta peetolongan pada syaitan, dan artinya kita sudah melakukan perbuatan syirik. Oleh karena itu marilah kita tingkatkan ketaqwaan dengan teru dzikir , berdoa, istigfar dan meminta pertolongan agar dijauhkan dari kemusyrikan. Amien. Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Syaitan selalu memiliki berbagai cara untuk menggoda dan menjerumuskan manusia entah bagaimanapun bentuknya terkadang tidak pernah kita sangka. Tak pandang kaya, miskin, tua ataupun muda semua berpotensi untuk selalu di gada syaitan. Godaan ini muncul sering kali ketika manusia mendapatkan masalah kehidupan dan mereka (manusia ) masih saja ada yang bingung mencari solusi atas persoalan kehidupannya. Ada yang berserah diri kepada Allah dengan terus ikhtiar. Ada pula yang mencari jalan pintas dengan menggunakan sesaji dan lain sebagainya. Sungguh dengan memberikan sesaji sama artinya meminta peetolongan pada syaitan, dan artinya kita sudah melakukan perbuatan syirik. Oleh karena itu marilah kita tingkatkan ketaqwaan dengan teru dzikir , berdoa, istigfar dan meminta pertolongan agar dijauhkan dari kemusyrikan. Amien. Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Manusia yang memiliki ambisi di luar nalar akan mudah terhasut oleh setan. Pastilah muncul ide ide jahat, perbuatan tercela pun pasti muncul begitu saja. Karena ambisi yang sangat menggebu-gebu. Peran setanlah berhasil disini. Maka ketika hati dan pikiran kacau, setan dengan mudahnya dapat menghasut pikiran kita dan memunculkan pikiran jahat. Kembalikan lagi, ikhlas dan terus berdo’a seraya berdzikir kepada Allah agar dilindungi dalam segala hal yang sudah diupayakan. Apa yang sudah kita lakukan, sekecil apapun itu pastilah mendapatkan balasan dari Allah. hati hati dalam bertindak, bisa saja ide jahat itu akan kembali kepada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Ilustrasi cerita yang menarik dan mengandung banyak pesan, syaitan akan sangat mudah menggoda atau mempengaruhi bahkan merasuki orang-orang yang pikirannya dan hatinya kosong. oleh sebab itu harus tetap dalam keadaan sadar atau tetap mengisi pikiran kita dengan hal-hal yang positif jangan biarkan pikiran kita kosong atau melamun. tidak hanya itu, kita juga harus tetap mengisi hati kita dengan berzikir dan rasa ikhlas dalam bertindak sehingga syaitan tidak punya luang untuk menggoda atau merasuki tubuh kita.

    ReplyDelete
  6. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Elegi ini seolah menyadarkan kita bahwa dalam dunianya, syaitan sedang menyusun siasat bagaimana agar semakin banyak manusia yang tidak taat kepada Allah dan menjadi pengikut syaitan dan kelak akan bersama dengan mereka di neraka. Dengan berbagai rayuan dan hasutan baik melalui pikiran dan perasaan yang kecil hingga action yang besar, syaitan sangat senang apabila kita mulai mengikuti ajarannya. Di lain sisi, Allah beserta nabi-nabinya juga senantiasa membuka pintu bagi kita untuk beramal dan menjalankan perintah Allah, dan Allah telah menjamin surga baginya. Semua tergantung iman, doa, dan dzikir kita untuk memilih mengikuti perintah Allah atau tergoda dengan bisikan syaitan. Semoga kita selalu dilindungi dan dijauhkan dari segala sesuatu yang membuat kita masuk ke dalam pengaruh syaitan.

    ReplyDelete
  7. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Membaca elegi ini seolah membaca cerita yang sarat makna dan ingin segera melanjutkan membaca cerita berikutnya. Dari elegi ini nampak bahwa syaiton memiliki banyak cara menggoda manusia, ia selalu memanfaatkan peluang yang ada, untuk itu kita harus selalu berhati-hati dengan mempertebal keimanan.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas inspirasi bacaannya bapak. Semoga saya dan teman-teman yang membaca mampu untuk menjadi pribadi yang sebaik-baiknya, mampu menjadi pribadi yang tidak dengan mudah terjerumus kedalam godaan syaitan. Bismillah.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dimanapun kita berada, kapanpun, seperti apapun kondisinya, setan akan datang dari depan, belakang, samping kanan, serta samping kiri kita untuk menggoda kita. Iblis sebagai nenek moyang setan akan mengerahkan pasukan dan mengatur siasat sedemikian rupa untuk menyesatkan kita. Tujuannya hanya satu, mencari teman sebanyak-banyaknya yang dapat menemaninya di neraka kelak. Manusia yang digempur bertubi-tubi oleh pasukan setan dari eksternal dirinya, pun juga memiliki cobaan yang berat di internal dirinya, yaitu nafsu. Sungguh sulit jadi manusia, tapi sesungguhnya Allah telah menyediakan sebaik-baiknya tempat bagi kita yang terus berusaha menjadi hambaNya yang taat. Namun Allah SWT adalah penolong kita yang kekal, dan sebenarnya Allah SWT lebih dekat dengan urat nadi kita, jika kita percaya itu, selalu mendekatkan dirikepada Allah dan memohon pertolongan dan perlindungan terhadap ganguan Setan yang selalu menggoda, dan keteguhan hati dan taat kepada Allah adalah cara untuk kita lebih tenang akan cobaan hidup. Allah lagi, Allah terus.

    ReplyDelete
  10. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Disini saya mengamati bahwa pada elegi ini menceritakan mengenai bagaimana seseorang itu sangat percaya bahkan mau menyembah sesuatu yang dianggap keramat. Padahal, pada dasarnya kita adalah orang islam yang harus meyakini tauhid kita melalui kalimat syahadat. Jika seorang muslim sejati, maka tidaklah mungkin mereka mau menyembah selain Alloh. Karena sudah jelas pada lafadz syahadat kita meyakini bahwa Tuhan itu Satu. Dan tidak ada yang berhak disembah kecuali Tuhan Kita. Namun, kesalah kaprahan orang-orang islam masa dulu sampai sekarang, mereka sering sekali secara sengaja maupun tidak menyekutukan Alloh. Untuk itu, marilah kita istighfar selalu sebelum dan sesudah tidur. Itu akan menghindarkan kita dari dosa-dosa yang telah kita lakukan setiap harinya baik itu disengaja maupun tidak
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  11. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dari elegi ini hal yang dapat saya simpulkan adalah bahwa apabila pondasi kita tentang agama kurang kuat maka akan menyebabkan kekokohan iman kita juga mudah goyah. Manusia yang mudah dijebak oleh kegoyahan hati adalah manusia yang mengagung-agungkan apa yang dia miliki atau disebut manusia yang sombong. Saat manusia menjadi sombong maka pikirannya telah dipenuhi rasa sombong tersebut dengan membayangkan keagungan yang dia harapkan hal ini juga dipengaruhi oleh hati yanng telah ditutupi kesombongan yang sangat sulit sekali untuk dihancurkan. Oleh karena itu sebelum terjerumus pada lembah kesombongan manusia hendaknya memperkuat dengan iman dan takwa agar selalu diberikan jalan yang lurus.

    ReplyDelete
  12. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Syaitan memiliki seribu cara untuk menggoda manusia agar ikut dengannya dalam kesesatan dan berbuat dosa. Hanya hati yang ikhlas , berilmu dan percaya kepada Allah SWT lah yang mampu menjauhkan kita dari godaan syaitan yang terkutuk. Semoga kita mampu menjadi orang yang senantiasa menjaga keihklasan hati, dan senantiasa berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari godaan syaitan terkutuk... Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Sungguh syaitan itu adalah sebenar-benar pembawa kesesatan pada manusia. Hanya karena kesombongan yang dimilikinya syaitan sungguh mendapatkan azab yang sangat pedih yaitu dimasukan kedalam neraka Allah SWT. Manusia kalau tidak mampu menghadapi godaan syaitan pun akan dimasukan ke dalam neraka Allah SWT. Sesungguhnya syaitan itu akan mengooda kepada hamba yang memiliki pikiran kosong dan dipenuhi penyakit hati dan godaan syaitan itu adalah rencana yang telah mereka siapkan dengan segala strategi dan taktik yang mereka kuasai.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam hidup itu penuh dengan ujian. Setiap manusia akan selalu diuji. Ujian datang silih berganti. Sebagian manusia diuji dengan kemiskinan. Sebagian lainnya diuji dengan kelimpahan harta. Yang diuji dengan kemiskinan harus sangat berhati-hati, harus selalu dapat memilah-milah langkah mana yang dapat diambil(yang baik) untuk dapat menjemput rejekinya Allah. Harus selalu ingat Allah tidak akan meninggalkan hambanya. Tidak boleh ada rasa iri dengki. Harus yakin bahwa setiap manusia sudah punya jalan rejekinya masing-masing. Yang diuji dengan kelimpahan harta hatus sangat berhati-hati dalam memanfaatkan hartanya, hartanya harus digunakan dijalan yang benar dan jauh dari kata maksiat. Intinya dari dua keadaan diatas harus selalu bersyukur dan selau berusaha yang terbaik. Ujian datang bukan sebagai suatu hal yang mudah untuk dijalani, tapi bukan juga yang sampai tidak bisa dilewati.

    ReplyDelete
  15. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Syaitan mempunyai tugas untuk menggoda iman manusia. Semakin tinggi iman seseorang, semakin tinggi pula derajat syaitan yang menggoda. Seperti dalam elegi ini, kya mursidin merupakan orang baik dan beriman, syaitan perlu melakukan taktik yang tidak biasa-biasa saja untuk menggoda sang kyai. Intinya, godaan syaitan itu merupakan cobaan untuk setiap manusia. Manusia harus tetap waspada dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah agar terhindar dari godaan syaitan.

    ReplyDelete
  16. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Dari elegi ini saya mengambil refleksi bahwa cobaan akan datang bahkan kepada orang yang dekat dengan agamanya, dan cobaan akan datang lebih hebat kepada orang yang lemah ekonominya. Orang yang fakir rentan terhadap bisikan setan untuk melakukan perbuatan tercela. Apalagi jka ia juga jauh dari Tuhan dan agamanya. Syetan akan lebih mudah untuk mengoyahkan imannya dan membujukkan melakukan perbuatan tercela. Untuk itu setiap orang perlu memperteguh imannya, agar dalam keadaan apapu, lapang maupun sempit, kaya maupun miskin, sehat maupun kaya, ia tetap memiliki keteguhan untuk selalu berbuat kebaikan dan berpikir positif.

    ReplyDelete
  17. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B
    Syeitan ada dimana-mana untuk menggoda manusia dan menjerumuskannya kedalam kemaksiatan. Mereka memiliki 1001 maca cara jitu untuk menggiring manusia dalam perbuatan buruk. Syeitan tidak membeda-bedakan manusia yang akan digodanya, mereka menggoda semua kalangan manusia mulai dari pejabat, siswa, guru, si miskin, si kaya dan lainnya. Untuk itu, kita harus selalu berikhtiar dan berdoa agar dapat terhindar dari godaan syeitan dan selalu berada di jalan Tuhan. Terimaksih

    ReplyDelete
  18. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Syeitan tidak pernah kehilangan akal dalam menggoda manusia. Kelicikan syeitan adalah sesuatu yang tidak perlu diragukan lagi. Baik tua, muda, kaya, miskin, lemah iman hingga kuat iman akan menjadi incaran syeitan. Namun hal yang paling mudah digoda syeitan adalah orang-orang yang lemah imannya. Akan sangat mudah bagi syeitan bagi mereka yang tidak punya pegangan untuk dibawa kepada kesyirikan. Maka marilah kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Illahi agar tidak mudah tergoda oleh syeitan.

    ReplyDelete
  19. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Setan tidak akan pernah berhenti menggoda manusia agar senantiasa jauh dari Allah. Apapun akan dilakukan demi keberhasilan misinya, hal ini sudah menjadi ketentuan dan tidak akan berakhir sampai akhir jaman nanti. Setan selalu memiliki cara-cara licik untuk menjerumuskan manusia ke jalan kesesatan. Mereka lembut dan bahkan tidak disadari telah merasuki hati manusia. Akibatnya banyak manusia yang diliputi kesombongan, riya, ketidak ikhlasan, dan berbagai penyakit hati lainnya. Setan akan sangat senang dengan orang-orang dengan tingkat keimanan yang dangkal, karena mereka akan sangat mudah digoyahkan. Pikirannya kosong dan hatinya belum mantap, ia masih sering bimbang diperbatasan antara ketaatan dan ketidak taatan. Dan setan akan sangat membenci orang-orang dengan keimanan kuat, dengan hati yang sudah begitu teguh keimanannya kepada Allah, orang-orang yang senantiasa ikhlas mentaati ajaran agama.

    ReplyDelete
  20. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Terimakasih prof. Marsigit atas elegi ritual ikhlas kali ini. Banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil dari postingan di atas. Begitulah kiranya bentuk atau gambaran bagaimana kinerja syaitan dan para prajuritnya yang berusaha keras untuk menggoda iman dan taqwa manusia kepada Allah swt. Bahkan mereka takut dengan orang-orang yang ikhlas hatinya dalam menjalani hidup. Maka, sudah selevel apakah tingkat keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah? Sudah seberapa besar kuat kah kita menjauhkan dan mengamankan diri dari segala godaan syaitan selama ini? ternyata usaha mereka menggoda kita cukup kuat, sampai-sampai elegi ini tidak cukup ditulis dalam satu kali postingan dan akan berlanjut pada elegi berikutnya. Wallahu’alam bishowab.

    ReplyDelete
  21. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas saya dapat mengambil beberapa pelajaran. Pertama, jika sebenar-benar musuh kita yang digambarkan dengan transenden lokal negatif yaitu adalah setan dan para prajuritnya. Tugas dari setan yaitu memang menggoda anak cucu adam dalam melakukan kebaikan. Ia goda manusia dengan segala upaya dengan melakukan banyak dosa, mulai dari syirik, malas beribadah, sombong dan macam lain bentuknya. Namun demikian, perlu diketahui bahwa setan akan kalah dengan keiklasan seseorang untuk selalu taat dan beribadah yang digambarkan oleh sosok keluarga mursidi. Elegi ini mengingatka dan mengingatkan kita lagi bahwa seharusnya kita seperti mursidin ina. Terakhir semoga kita sennatiasa dilindungi dari godaan setan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  22. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Syaitan telah berjanji untuk menggoda manusia seumur hidupnya agar di neraka nanti syaitan memiliki banyak teman. Syaitan akan mudah menggoda orang yang pikirannya kosong, tidak pernah beribadah, suka korupsi, suka mencuri, suka mabuk-mabukan, suka dholim, suka maksiat, bersifat munafik, miskin tetapi kafir, kaya tetapi kufur, bersifat pendusta, berpotensi menyekutukan Tuhan, hatinya risau dan kacau, malas bekerja tapi mengingkan hasil yang banyak, menghalalkan segala macam cara, tukang fitnah berjudi, suka memanipulasi dan sebagainya. Oleh karena itu, agar terhindar dari godaan syaitan, kita harus memperkuat iman kita dengan cara rajin beribadah dengan ikhlas

    ReplyDelete

  23. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Setelah membaca artikel tersebut, kemudian saya berpikir bahwa saya tidak ingin seperti ankala. Dia memiliki semua hal yang dicari oleh setan. Agar kita terhindar menjadi hal seperti itu maka salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mengerjakan semua perintah Allah dan menjauhi larangannya. Kita akan semakin dekat dengan Allah dan setan tidak akan pernah mendekati kita. Kita harus selalu menambah ilmu kita, untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat. Kita harus menjaga sholat dan dzikir kita sehingga setan akan enggan mendekati kita.

    ReplyDelete
  24. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Orang-orang yang berniat jahat, mengajak kepada keburukan sebenar-benar adalah syaiton berwujud manusia. Dari elegi ini bisa kita dapatkan hikmah juga bahwa jika kita mempunyai lingkungan yang baik, tetangga, teman, sodara, maka niat jahat pun akan berpikir ulang untuk menghampiri kita. Ketaatan dan keikhlasan akan membawa keselamatan diri dari niat jahat apapun. Seperti perintah Rasul untuk berteman dan bergaul dengan orang-rang yang sholih.

    ReplyDelete
  25. Latifah Fitriasari
    PM C

    Dalam berusaha manusia harus menunjukan tingkah laku yang baik, tidak bermalas-malasan, tidak menunggu tetapi segera mengambil keputusan. Dalam mencari rizki juga demikian, harus menunjukan akhlak yang baik. Di samping akhlak terpuji atau biasa dinamakan mahmudah yaitu artinya segala macam perilaku atau perbuatan baik yang tampak dalam kehidupan, ada juga akhlak tercela atau bisa disebut mazmumah yang merupakan tingkah laku yang tercela yang dapat merusak keimanan seseorang dan adapat menjatuhkan amartabatnya sebagai manusia. Oleh karena itu, masyarakat yang tidak mempunyai nilai akhlak tidak boleh dianggap sebagai masyarakat yang baik dan mulia walaupun mempunyai kemajuan yang dalam bidang ekonomi, teknologi dan sebagainya.

    ReplyDelete
  26. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Transenden lokal negatif diraja di dalam logos ini adalah Iblis atau rajanya syaitan sedangkan prajuritnya dalah syaitan. Mereka makhluk yang berabad-abad lalu diusir dari syurga dan dibuang ke batu besar alias bumi karena kesombongannya yang tidak mau mengakui potensi Nabi Adam SAW sebagai khalifah di bumi. Oleh karena itu iblis beserta pengikutnya merencanakan untuk membalas dendam kepada Nabi Adam dengan cara menggoda anak cucu adam agar mengikuti jalan yang sesat dan menjadi kawan syaitan di dalam neraka. Hal ini dilakukan syaitan sudah sejak beradab-abad lalu hingga hari kiamat tiba. Berbagai cara dilakukan syaitan untuk menjerumuskan manusia ke dalam api neraka. Syaitan dengan halus menggoda manusia dan tidak pernah kehabisan akal.

    ReplyDelete
  27. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Fenomena kesyirkan memang masih hidup dalam masyarakat kita. masih ada orang yang berbondong-bondong memberikan sesaji pada pohon yang besar, pada bebatuan dan barang-barang lainnya. Padahal semua itu tidaklah memberikan manfaat bagi kita. justru aktivitas seperti ini seolah-olah melambangkan bahwa kita memiliki Tuhan selain Allah yang kita sembah, dan hal ini berpotensi mendatangkan murka Allah. Maka kita perlu berhati-hati agar tidak terkena jebakan dari setan. Bila kita mendapatkan ujian hidup, maka kepada Allah saja lah kita meminta pertolongan.

    ReplyDelete
  28. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Syaitan senantiasa berusaha untuk membuat manusia ingkar dan menyekutukan Allah SWT. Salah satu cara yang dilakukan syaitan adalah dengan membuat tempat-tempat tertentu menjadi keramat sehingga manusia menyekutukan Allah SWT. Seringkali manusia justru takut terhadap tempat-tempat keramat. Seringkali manusia justru meminta dan berdoa di tempat-tempat keramat. Padahal hanyalah Allah SWT tempat kita meminta dan berdoa.

    ReplyDelete
  29. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Syaitan merupakan makhluk penggangu, penggoda keimanan manusia. Bagi manusia yang keimanannya masih tipis, syeitan akan dengan mudahnya masuk dalam pikiran manusia untuk mengajak pada keburukan. Orang-orang yang jauh dari Allah tersebut akan disukai syeitan untuk menggoda keimanannya. Berbeda dengan manusia yang mempunyai keimanan yang kuat. Mereka yang senantiasa dekat dengan Allah, memiliki hati yang bersih dan jernih, serta orang-orang yang berada dalam keikhlasanlah akan sulit bagi para syeitan untuk dapat menggoda keimanannya. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa mendeketkan diri kepada Allah, supaya terlindung dari godaan syeitan yang menyesatkan.

    ReplyDelete
  30. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Syaitan akan menggoda manusia sampai akhir zaman. Mereka merayu manusia agar mengikuti jalannya, ingkar kepada Allah SWT. Taat beribadah, rajin membaca Al-Qur'an, selalu mengerjakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya serta ikhlas dalam segala sesuatu yang kita kerjakan dapat menjadi tameng aga kita terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  31. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Selayaknya teknologi yang harus terus di update, keimanan pun demikian urgennya untuk di update untuk menjaga agar kadarnya tidak stagnan apalagi penurunan. karena demikian lah perkara keimanan, perkara hati,mengalami naik turun, pasang surut. Jauhilah sebab-sebab yang dapat membuat keimanan kita menjadi berkurang dan dekatilah atau tambahlah kedekatan kita terhadap sebab-sebab yang dapat membuat keimanan kita menjadi bertambah.

    ReplyDelete
  32. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Cerita ini menarik. Setan sangatlah pandai dan tidak ernah bosan untuk menggoda manusia. Seumur hidupnya hanya digunakan untuk merayu dan menggoda manusia agar manusia berlaku ingkar kepada Tuhan.Orang-orang yang Ikhlas dan ahli beribadah serta memiliki iman yang kuat senantiasa akan dilindungi oleh malaikat dimanapun mereka berada.

    ReplyDelete
  33. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Kyai mursidin 1 menjelaskan tentang rencana batu keramat atau bisa kita katakan syaitan yang sedang merencanakan untuk menggoda para masyarakat di sekitar batu itu. Target utama mereka adalah orang-orang dengan iman yang tidak kuat, orang orang yang telah lalai akan ibadahnya, orang-orang yang ingin kaya namun enggan bekerja, ingin pandai namun enggan belajar, orang-orang yang berjalan bukan di jalan Allah SWT. Sebaliknya syaitan yang berupa batu keramat itu takut dan mengalami kendala jika ada orang yang taat dalam beribadah, keluarganya sakkinah, ahli berdoa dan juga membaca Al-Qur’an. Agar kita terhindar dari godaan syaitan maka hendaknya selalu menjalankan ibadah kita dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  34. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Menyebarkan informasi dalam masyarakat merupakan halyang mudah untuk masa kini. Menebarkan ketakutan yang membuat gelisah warga merupakan hal mudan pula.dengan menyebarkan kegelisahan mengakibatkan warga menuruti apa kata penyebar berita. Maka dari itu kita perlu berhati hati dalam menerima informasi terkait degnan apapun.

    ReplyDelete
  35. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Adapun sebenar-benar percakapan kedua tokoh elegi di atas ialah percakapan antara iblis dan pengikutnya. Dahulu iblis juga merupakan penghuni surga yang mendapatkan rahmat, karunia dan kenikmatan dari Allah SWT. Namun karena kesombongan yang bercokol di hatinya iblis menjadi seseorang yang dilaknat dan diusir untuk turun ke bumi. Dan tugas baru iblis di bumi ialah untuk menggoda umat manusia agar tersesat bersamanya. Semoga kita senantiasa dilindungi dari godaan iblis yang terkutuk. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  36. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Perbuatan iblis untuk menyesatkan manusia ke dalam perangkatnya menggunakan segala macam cara, bagi orang-orang yang memiliki iman kuat maka iblis akan menggunakan cara yang sesuai dengan derajat mereka. Contoh kecil ialah sikap ragu-ragu dalam beribadah yang merupakan salah satu hasil perbuatan iblis. Berawal dari keraguan akan mengantarkan manusia untuk mencoba alternatif lain, dari celah inilah mereka akan masuk untuk menggoda manusia lebih dalam. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  37. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Dunia ini dihuni oleh berbagai makhluk baik itu makhluk yang nyata seperti manusia dan makhluk ghaib seperti jin dan syaitan. Berdasarkan artikel di atas diperlihatkan bagaimana upaya syaitan atau iblis untuk menggoda manusia agar berlaku kufur dan mengingkari Allah. Tugas syaitan pada dasarnya adalah menjerumuskan manusia agar mengikuti jalan mereka yakni menuju neraka. Dalam hal ini syaitan mempengaruhi semua manusia terutama yang lemah imannya sehingga syaitan mudah untuk mempengaruhi pikiran manusia. Untuk itu kita harus selalu meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah.

    ReplyDelete
  38. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dimanapun kita berada, kapanpun, seperti apapun kondisinya, setan akan datang dari depan, belakang, samping kanan, serta samping kiri kita untuk menggoda kita. Tujuannya mereka adalah untuk mencari teman sebanyak-banyaknya yang dapat menemaninya di neraka kelak. Manusia yang digempur bertubi-tubi oleh pasukan setan pun juga memiliki cobaan yang berat di dalam dirinya, yaitu nafsu. Sungguh sulit jadi manusia, tapi sesungguhnya Allah telah menyediakan sebaik-baiknya tempat bagi kita yang terus berusaha menjadi hambaNya yang taat.

    ReplyDelete
  39. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Setan akan menggunakan segala cara untuk mempengaruhi manusia agar berbuat keburukan. Mereka mempunyai banyak cara yang licik untuk mempengaruhi orang yang tidak taat kepada Allah. Terutama bagi manusia yang memiliki iman yang rendah, akan dengan mudah dipengaruhi oleh setan yang terkutuk. Namun, banyak sekali cara agar kita terhindar dari bisikan setan, pertama teguhkan iman dan taqwa. Kita harus selalu memohon pada Allah agar selalu terhindar dari rayuan setan, persering membaca Al- Quran dan mengingat Allah setiap waktu.

    ReplyDelete
  40. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Cerita dalam elegi ini sangat menarik. Elegi ini menggambarkan bagaimana syaitan akan selalu berusaha menggoda manusia ciptaan Allah terutama pada orang-orang yang tidak memiliki hati dan pikiran yang jernih. Syaitan atau keburukan tidak akan diam di tempat saja menunggu manusia mendatanginya, melainkan dia terlebih dahulu yang mendatangi manusia, merusak terlebih semua keimanan manusia sebelum dia dirusakkan oleh keimanan manusia.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  41. Shelly Lubis
    S2 P.Mat B
    17709251040

    membaca elegi di atas memberikan gambaran kepada kita tentang betapa gigihnya iblis dan prajuritnya berusaha menyesatkan anak cucu adam, dengan jalan apapun. maka kita harus semakin waspada terhadap tipu daya syeitan yang diperintahkan iblis untuk menggoda manusia.

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum Wr. Wb. Yang saya salutkan dengan bapak yaitu bapak dapat menuliskan suatu pandangan melalui berbagai macam cerita dan bentuk tulisan. Bapak selalu berhasil memberikan kesan pada pembaca melalui setiap elegi-elegi yang bapak tuliskan. Bahkan bapak mampu menghidupkan setiap tokoh dalam tulisan bapak termasuk dalam tulisan di atas. Semoga tulisan bapak selalu bermanfaat untuk kita semua. Mari belajar.

    ReplyDelete
  43. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Syaitan memiliki tak terhingga cara untuk menyesatkan manusia. Syaitan datang dalam setiap kelalaian, masuk ke dalam hati dan menebarkan berbagai penyakit hati. Syaitan datang dalam berbagai rupa dan wujud. Syaitan hanya takut dengan manusia yang memiliki hati yang ikhlas, karena dengan hati yang ikhlas segala macam penyakit hati bisa diatasi dengan bijak.

    ReplyDelete