Jun 17, 2013

Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013




Dear all,

Ass Wr Wb

Boleh dibaca Makalah saya terbaru berjudul "Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013", yang saya presentasikan pada
Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013 di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), pada
Hari Selasa, 18 Juni 2013, dengan akses ke:

https://www.academia.edu/3727714/Tantangan_dan_Harapan_Kurikulum_2013

Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit
__._,_.___

11 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Makalah ini berisi tentang masalah kurikulum yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia saat ini, karena perubahan kurikulum. Tantangan yang dihadapi dalam kurikulum ini mengenai akuntabilitas dan sustainbilitas dalam dunia pendidikan yang harus mengandung kedua unsur tersebut. Sedangkan harapan yang hendak dicapai dalam penerapan kurikulum 2013 ialah pembelajaran student center, guru dapat mengembangkan kreatifitas siswa, guru dapat menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang saat pembelajaran, pembelajaran matematika yang terjadi haruslah bermuatan nilai, etika, estetika, logika dan kinestetika serta guru dapat menyediakan pengelaman belajar yang beragam.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia yaitu dengan melaksanakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Kegiatan pembelajaran diharapkan mampu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi. Dengan demikian guru diharapkan mampu mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif dan pembelajaran konvensional yang dianggap tidak lagi mampu memenuhi harapan-harapan pendidikan. Dalam pelaksanaan kurikulum ini memang tidak, namun diharapkan dapat memajukan sistem pembelajaran di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Seperti fakta di lapangan bahwa tantangan penerapan Kurikulum 2013 adalah memahamkan kepada seluruh praktisi pendidikan khususnya para guru yang terlibat langsung dalam penerapannya. Perubahan KTSP menjadi kurikulum 2013, disusun dengan harapan dapat mengubah arah pendidikan negara kita ke arah yang lebih baik. Pada makalah tersebut dinyatakan bahwa Kurikulum 2013 mengandung pemikiran-pemikiran untuk melakukan terobosan agar praktek pembelajaran di sekolah lebih baik yaitu menuju inovasi yang berorientasikan kepada siswa dan mengubah paradigma pembelajaran yang selama ini dilaksanakan yang hanya berorientasi pada guru. Harapan dari kurikulum 2013 ini tentunya adalah mengatasi berbagai permasalahan-permasalahan pendidikan dan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan negara kita. Namun, di sisi lain masih banyak hambatan-hambatan yang ditemui dalam penerapan kurikulum 2013. Hal ini tentunya sudah disadari oleh cendikiawan-cendikiawan kita yang merumuskan kurikulum 2013 dan membutuhkan proses yang penuh pertimbangan untuk menerapkan kurikulum 2013 secara menyeluruh di wilayah Indonesia. Oleh karena itu mari kita dukung penerapan kurikulum 2013 menuju arah pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pada awal dirilisnya kurikulum, banyak masalah yang muncul karena ketidaksiapan/terlalu terburu-burunya dalam pelaksanaan. Dari berbagai pro dan kontra di kalangan pendidikan itulah merupakan tantangan kurikulum 2013 untuk dikaji ulang dan merupakan tantangan besar bagi pelaksana. Tentunya dari tantangan tersebut, tersirat tujuan dan harapan yang hendak dicapai agar kurikulum 2013 siap untuk diterapkan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  5. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam pelaksanaan kurikulum 2013, terdapat banyak kendala yang dihadapi antara lain kurangnya kesiapan guru dan siswa, sarana dan prasarana yang kurang mendukung serta kurangnya sosialisasi tentang kurikulum ini. Namun yang menjadi harapannya adalah tujuan yang ingin dicapai yakni siswa semakin kreatif dan trampil sedangkan guru menjadi lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Tantangan kurikulum 2013 yakni berkenaan dengan akuntabilitas, yang berarti bahwa seberapa besar kepercayaan yang dapat diperoleh dari masyarakat. Sudah hampir 4 tahun sejak penerapan K-13, namun saat ini pun masih banyak sekolah yang belum menerapkannya. K-13 terus saja dikaji dikaji dan dikaji, jika ini tidak segera terselesaikan, maka masalah yang berkaitan dengan akuntabilitas pun juga sulit diperoleh. Selain itu, tantangan yang kedua berkaitan dengan sustainbilitas atau eksistensi, atau bagaimana cara mempertahankan keberadaannya. Bagaimana agar tetap eksis dan dipercaya oleh masyarakat. Sedangkan harapan dari K-13 yakni pembelajaran yang berpusat kepada siswa atau student center learning. Siswa sejatinya pemeran utama dalam dunia pendidikan, dan guru hanya sebagai fasilitator. Agar apa yang diajarkan kepada siswa itu bermakna, maka siswa sebaiknya mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan setting pembelajaran secara berkelompok. Terutama pembelajaran matematika, agar siswa tidak melulu hanya menghafal rumus.

    ReplyDelete
  7. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kurikulum 2013 ini sekarang sudah mulai lebih membiarkan proses belajar menjadi student center dan bukan lagi teacher center. Guru pun sudah mulai dituntut agar lebih kreatif lagi dalam mengembangkan media pembelajaran bahkan lks yang akan mereka gunakan. Walau demikian masih terdapat beberapa kendala-kendala, baik dari pemerintah, dari pihak sekolah, atau bahkan dari siswanya sendiri.

    ReplyDelete
  8. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Permasalahan yang dihadapi pada implementasi Kurikulum 2013 yang terkesan tergesa gesa adalah ketidaksiapan guru menerima dan menerapkan kurikulum ini hampir semua guru yang mengikuti pelatihan bingung dengan pemahaman konsep kurikulum. Kurikulum 2013 adalah penyempurnaan pola pikir penguatan tata kelola kurikulum, pendalaman dan perluasan materi, penguatan proses pembelajaran, dan penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan. Pengembangan kurikulum menjadi amat penting sejalan dengan kontinuitas kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Implementasi kurikulum 2013 banyak memiliki tantangan dalam implementasinya, mulai dari peninjauan dari segi kualitas guru, fasilitas yang ada, hingga karakteristik siswa yang bisa dikatakan belum siap akan kurikulum 2013 yang lebih menekankan pada proses ilmiah atau saintifik. Dewasa ini pendidikan diindonesia masih bergantung kepada guru sebagai pemberi ilmu pengetahuan, akibatnya kurikulum 2013 terasa sulit untuk diterapkan. Namun dari itu semua saya berharap juga semoga kurikulum 2013 dapat di implementasikan secara merata dan dapat di terapkan dengan baik oleh guru-guru yang ada. Dan semoga pendidikan indonesia lebih maju dan merata.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Globalisasi di abad 21 telah menciptakan persaingan kerja yang makin terbuka lebar. dalam menghadapi isu di abad 21, manusia dituntut memiliki kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif dan kolaboratif serta mampu berkomunikasi secara efektif agar dapat menjadi solusi sekaligus mampu bertahan hidup. Hal ini merupakan tantangan bagi pendidikan abad ini dalam mempersiapkan generasi bangsa. Perubahan kurikulum pendidikan ditujukan supaya dapat mengakomodasi kompetensi-kompetensi abad 21 ke setiap mata pelajaran di sekolah.
    Landasan empiris dari perubahan kurikulum pendidikan Indonesia menjadi Kurikulum 2013 diantaranya adalah kemampuan literasi siswa yang rendah pada aspek membaca, Matematika dan IPA jika dibandingkan dengan benchmark pada studi internasional. Hal ini merupakan tantangan bagi kita dalam menerapkan kurikulum 2013.
    Harapannya setelah diterapkan kurikulum ini, siswa Indonesia mampu berpikir kritis, berpikir kreatif dan bersaing dengan anak bangsa lain.

    ReplyDelete
  11. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Makakah ini menceritakan bahwa dalam menerapkan kurikulum 2013 pasti memiliki sebuah tantang dan harapan. Pemerintah yang membuat permen ini juga pasti memiliki tantangan dan harapan dalam menerepkannya. Tatangan yang dihadapi saat menerapkan kurikulum 2013 adalah ketidaksiapan guru. Karena kur 2013 itu hal yang baru bagi guru ynag semula masih menggunakan KTSP sehingga mendadak menggunakan kur 2013. Harapan dalam menggunakan kur 2013 adalah agar membuat sistem pendidikan lebih baik lagi, sehingga bisa membuat grade pendidikan kita.

    ReplyDelete