Jun 17, 2013

Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013




Dear all,

Ass Wr Wb

Boleh dibaca Makalah saya terbaru berjudul "Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013", yang saya presentasikan pada
Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013 di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), pada
Hari Selasa, 18 Juni 2013, dengan akses ke:

https://www.academia.edu/3727714/Tantangan_dan_Harapan_Kurikulum_2013

Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit
__._,_.___

34 comments:

  1. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Perubahan kurikulum dilakukan dengan harapan dapat menyempurnakan kurikulum sebelummnya. Begitu pula pada kurikulum 2013 yang diharapkan mampu menyempurnakan kekurangan KTSP. Namun fakta dilapangan menunjukkan banyak kendala pada pelaksanaannya terus bergulir. Hal ini seolah-olah menunjukkan bahwa kurikulum 2013 belum matang dan sempurna untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Prinsip akuntabilitas dan sustainbilitas pendidikan seakan kurang menjadi pegangan utama dalam kurikulum 2013. Dengan demikian, kurikulum 2013 perlu evalusi dan tinjauan kembali. Perbaikan perlu dibangun, berangkat dari permasalahan-permasalahn yang ada.

    ReplyDelete
  2. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Perubahan kurikulum dari KTSP menuju Kurikulum 2013 disertai harapan besar untuk mampu mengubah sistem pembelajaran di Indonesia yang semula teacher center menjadi student center. Namun dalam awal pelaksanaan kurikulum 2013, hingga saat ini telah mengalami beberapa kali revisi nampaknya harapan tinggi itu masih belum sepenuhnya tercapai. Mengubah pola pembelajaran menjadi sebagaimana yang diharapkan memang tidak mudah, itulah tantangan yang dihadapi dalam penerapan kurikulum 2013. Namun dengan semangat perubahan dan kemajuan dunia pendidikan Indonesia, harapan itu tentunya akan tercapai suatu saat nanti. Dengan catatan semua pihak bahu membahu untuk mewujudkannya.

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Secara teori perubahan kurikulum yang sekarang ini menjadi kurikulum 2013 dimaksudkan untuk memperbaiki kualitas sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 ini akan menuju inovasi yang berorientasikan kepada siswa. Namun tantangan menerapan kurikulum 2013 muncul dari berbagai pihak, dari guru yang belum matang dalam menerapkan kurikulum baru dan siswa yang belum siap untuk menjadi pusat pembelajaran. Bahkan sekarang ini, masih ada sekolah yang belum menerima buku kurikulum 2013 dari pemerintah. Hal tersebut akan mengganggu dan menghambat jalannya proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Setiap kebijakan akan memiliki harapan, tantangan bahkan kendalanya masing-maisng. Tergantung bagaimana kita dalam menanggapinya. Saya setuju dengan tulisan Bapak bahwa “ guru yang menempatkan dirinya sebagai fasilitator dapat mampu mengembangkan kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasikan diri siswanya”. Sehingga guru memiliki peran paling penting dalam keterlaksanan kurikulum 2013 ini, guru sebagai nahkoda yang membawa penumpang menuju pulau tujuan, sehingga keterlaksanaan ini akan terwujud saat guru menggunakan model, strategi, dan pendekatan yang sesuai pada kurikulum 2013 ini.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Kebijakan atas penerapan kurikulum 2013 tidak terlepas dari harapan dan tantangan yang harus dihadapi. Kami sangat setuju dengan apa yang dituliskan dakam artikel kink tersebut. Namun kami mencoba memberi tanggapan juga bahwa sari segi harapannya adalah dengan penerapan kurikulum 2013 di harapkan mampu menyelesaikan persoalan pendidikan yang selama ini dihadapi ,serta memberikan referensi dan pengetahuan baru bagi guru untuk aktif , kreatif dan inovatrif dalam meneliti serta merancang pembelajara. Namun, masih ada berbagai tantangan dan hak yang belum berjalan dengan maksimal seperti pelatihan bagi para guru, pengadaan buku serta system evaluasi yang secara administratif memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk menyelesaikan rapor kurikulum 2013. Besar harapan bahwa penerapan kurikulum 2013 selalu dievaluasi dan diperbaiki bagian-bagian mana yang belum sesuai agar tidak berlarut-larut. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  6. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Sebagai seorang guru hendaknya bisa menyesuaikan diri dengan kebijakan pemerintah untuk menggunakan kurikulum 2013 ini. Untuk itu seorang guru harus mampu menggunakan metode penbelajaran inovatif yang berpusat pada siswa, agar siswa mampu mengembangkan sikap mereka sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Hal inilah yang masih menjadi tantangan dalam dunia pendidikan. Adanya perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013 diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut.

    ReplyDelete
  7. Metia Novianti
    17709251021
    P Mat A

    Kurikulum 2013 lahir karena banyak kalangan menilai bahwa kurikulum KBK dan KTSP belum bisa memberikan arah pendidikan seperti yang di harapkan. Kurikulum sebelumnya kurang memperhatikan aspek afektif dan psikomotorik dan hanya menitikberatkan kepada aspek kognitif, padahal, ketiga aspek tersebut sama pentingnya. Harapannya dengan menerapkan Kurikulum ini adalah dapat menyempurnakan kurikulum-kurikulum yang sebelumnya telah diterapkan. Namun, masih banyak tantangan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya, minimnya waktu sosialisasi dan pelatihan implementasi yang diberikan kepada guru, masih banyaknya guru yang belum mampu menggunakan TIK dalam pembelajaran sehingga harapan perubahan yang digaungkan kurikulum ini belum begitu jelas dalam pelaksanaanya.

    ReplyDelete
  8. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Kurikulum menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan di suatu negara, tidak terkecuali negara Indonesia. Perubahan demi perubahan dalam kurikulum terus dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Beberapa tahun sistem pendidikan berjalan dengan kurikulum 2013 dan sekarang menjadi revisi kurikulum 2013. Tentunya banyak kendala yang dihadapi oleh pelaku pendidikan di lapangan dalam proses perubahan yang menurut saya sangat berbeda dari kurikulum yang sebelumnya. Akan tetapi, salah ketika sebagai generai muda bersikap terlalu skeptis menghadapi berbagai polemik dalam kurikulum 2013. Apa yang bisa dilakukan yaitu terus berikhtiar agar kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik guna menuju pendidikan yang berkualitas.

    ReplyDelete
  9. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Perubahan kurikulum merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini akan memberikan berbagai tantangan bagi setiap komponen dunia pendidikan, Namun tantangan ini tentunya harus mampu kita hadapi karena perubahan kurikulum menyimpan banyak harapan bagi kemajuan bangsa kita. Semoga kita dapat saling bahu-membahu dalam perbaikan negeri kita ini.

    ReplyDelete
  10. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Menukil sebuah ungkapan, bahwa disetiap perubahan pasti ada tantangan dan harapan, apapun itu. Terkait perubahan kurikulum, ini menjadi harapan pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan, memajukan tingkat pengetahuan, memajukan prosesnya, memajukan metode, memajukan kreatifitas guru, dengan harapan mampu mencapai Indonesia emas tahun-tahun mendatang. Tantangan tentu banyak juga, dari pemerintah sendiri masih mementingkang ego-sentrisnya, walaupun berubah tetapi ego pemerintah untuk membuat proyek pendidikan sangat kental terasa. Menurut saya tanpa moratorium UN, apapun kurikulumnya agak susah mencapai tujuan yang diharapkan

    ReplyDelete
  11. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Seperti disampaikan dalam presentasi Prof Marsigit terkait dengan pendidikan kontemporer Indonesia saat ini. Indonesia menganut falsafah demokrasi, yang memberikan hak dan kebebasan untuk belajar, hak untuk belajar tidak dikekang dengan suatu nilai UN yang hanya ditentukan dari hasil ujian, bukan penilaian sebenarnya. Padahal dalam k13 sendiri dengan jelas tertera bahwa penilaian yang digunakan adalah autentuc assessment, dengan harapan penilaian benar-benar dari proses awal sampai akhir. Namun tantangannya system pendidikan dari pemerintah belum memberikan solusi untuk system penilaian demikian, masih adanya KKM yang mengahruskan seluruh siswa mencapai itu, padahal KKM sendiri seharusnya setiap siswa berbeda-beda pula.

    ReplyDelete
  12. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Tentu saja diciptakannya kurikulum pendidikan baru yaitu kurikulum 2013 menggantikan kurikulum 2006 atau KTSP bertujuan untuk mencapai harapan-harapan tertentu. Salah satunya ialah agar meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Harapannya guru mampu menjadi fasilitator siswa dalam kegiatan pembelajaran, namun kenyataannya sebagian guru tidak cukup kreatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran sehingga kurang menyediakan media pembelajaran serta menggunakan metode yang sama yaitu metode ceramah. Diharapkan penilaian terhadap siswa bisa lebih mendalam dengan adanya portofolio dan raposrt berbentuk deskripsi, namun kenyataannya guru belum terbiasa melakukan assessment semacam itu. Harapannya siswa mampu belajar mandiri setelah diberikan stimulasi dan arahan belajar dari guru, namun kenyataanya karakteristik siswa Indonesia masih manja sehingga terkadang malah buyar fokusnya saat melakukan pembelajaran berupa aktifitas fisik. Dari beberapa harapan yang tida sesuai kenyataan itu menjadi maukan dan PR bai kita calon guru agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih maju lagi dengan sedikit demi sedikit mengenalkan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Tentu saja hal ini akan berjalan baik apabila terdapat kerjasama dan saling mendukung antara guru, orangtua serta pemerintah.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    PM C

    Salah satu upaya itu di tempuh dengan menerapkan kurikulum 2013 yang disusun dengan dilandasi pemikiran tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke 21 yang ditandai dengan abad ilmu pengetahuan. Penerapan Kurikulum 2013 merup[akan tantangan yang harus disikapi dengan semangat yang berorientasi pada perubahan untuk menjadi lebih baik yang dicanangkan oleh pemerintah tentunya membawa harapan dan tantangan baru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional. Harapannya adalah membawa perubahan ke arah yang lebih baik, tantangannya adalah mampukah kita menerapkanya secara utuh.

    ReplyDelete
  14. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Pada awalnya pelaksanaan kurikuluum 2013 memang kontroversial di beberapa aspek dalam dunia kependidikan, salah satunya ialah karena kurikulum baru (kurikulum 2013) dinilai belum matang dalam persiapannya. Ambil contoh pada awal-awal dilaksanakannya kurikulum 2013 ini buku pegangan guru dan buku siswa belum dibuat dengan sempurna dan masih tersedia terbatas, terbatas dalam jumlahnya, kelas, mata pelajaran bahkan kualitasnya. Selain itu bimbingan teknis yang seharusnya telah matang dilakukan jika terdapat perubahan kurikulum pada awal diberlakukannya kurikulum ini, bimtek masih berjalan bahkan baru dilakukan di beberapa tempat dengan instan dan belum bermakna. Hal ini menyebabkan kebingungan tersendiri bagi guru, pelaksana teknis dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga banyak guru yang masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional bahkan setelah kurikulum 2013 telah dimulai lama. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  15. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kendala lain mengenai pelaksanaan kurikulum 2013 ialah sistem evaluasi yang dinilai sangat ribet dan tidak efisien bagi prkatisi pendidikan terlebih para guru senior yang telah menjadi kebiasaan bagi beliau untuk mengajarkan materi secara konvensional, dengan evaluasi berupa penugasan, ujian dan remedial. Konsep kurikulum yang baru (K13) ini menghatuskan adanya kegiatan remedial bagi siswa yang belum menyelesaikan atau menuntaskan materi dalam ujian yang diselenggarakan guru di kelas serta adanya kegiatan pengayaan bagi siswa yang telah melampaui KKM. Dalam format pelaporan, LKS atau bahkan RPP yang digunakanmemiliki format yang sedikit berbeda dengan kurilulum sebelumnya sehingga penyesuaiana yang harus dilakukan guru menjadi semakin bertambah tanpa adanya uluran tangan yang memadai. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  16. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kendala-kendala dalam pelaksanaan kurikulum 2013 meliputi kegiatan pembelajaran yang dilakukan, evaluasi, pelaporan bahwa perencaan yang dilakukan sebelum proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang mengharuskan pembelajaran berbasis saintifik menjadi kendala bagi beberapa atau bahkan banyak guru, hal ini dikarenakan kebiasaan pembelajaran yang dilakukan sebelumnya ialah melalui pembelajaran konvensional serta evalusi yang harus dilakukan guru meliputi evaluasi kognitif,psikomotor dan afektif menjadi salah satu kesulita tersendiri dalam implementasi kurikulum ini. Metode evaluasi yang dilakukan tidak luput dari revisi yang mengharuskan guru menilai siswa tidak hanya dari ujian belaka, namun juga dari penilaian sebaya dan sebagainya. Mungkin saja bagi guru-guru muda yang terbiasa dilatih menggunakan pembelajaran inovatif di perkuliahan hal tersebut tidak menjadi halangan yang berarti, namun bagi guru-guru senior tentulah hal tersebut menjadi kendala yang serius. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  17. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kurikulum 2013 dirancang dengan harapan yang besar. Pemerintah berharap dengan kurikulum 2013 pendidikan di Indonesia akan bangkit lagi. Dengan keberhasilan di bidang pendidikan harapannya bidang lain juga turut berhasil. Semua bermula dari pendidikan, dengan pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang baik pula. Tantangan Kurikulum 2013 adalah mengubah pembelajaran yang awalnya teacher center menuju students center. Guru harus mampu mengajar dengan metode yang tepat untuk mengembangkan skills siswa.

    ReplyDelete
  18. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kurikulum 2013 yang baru seumur jagung diimplentasikan di Indonesia ini memiliki banyak tantangan namun juga memiliki harapan yang mampu diwujudkan. Dengan terlaksananya kurikulum 2013 ini, guru ditunutut untuk lebih aktif mempelajari metode yang cocok unutk diajarkan kepada siswa nya. Harapan yang digantungkan pada kurikulum ini merupkan tugas guru untukmewujudkannya dibantu oleh perangkat sekolah lainnya.

    ReplyDelete
  19. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Salah satu tujuan kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 adalah agar siswa mampu mengembangkan sikap dan pengalaman sesuai dengan perbedaan potensinya, sehingga peran guru tidak lagi sebagai pentransfer ilmu melainkan sebagai fasilitator dengan kata lain membantu siswa agar siswa mampu menguasai berbagai kompetensi yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasi

    ReplyDelete
  20. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Pemerintah merancang Kurikulum 2013 tentunya mengharap adanya perbaikan sistem pembelajaran menuju arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasikan pada siswa. Namun, hanya saja terganjal oleh persiapan yang terkesan mendadak dan kurang matang, apalagi sosialisasi mengenai kurikulum 2013 pun masih belum merata, terbukti dengan ada sebagian guru yang belum mengetahui secara menyeluruh tentang isi dari Kurikulum 2013.
    Namun, bagaimanapun susunan dan rancangannya mengenai kurikulum 2013 tersebut, sebagai calon guru dan para guru, kita harus siap menghadapi tantangan tersebut dengan terus menerus memperbaiki kualitas kita dan berpikir positif mengenai apa yang di selenggarakan pemerintah. Karena, apa yang diprogramkan pemerintah pastilah mempunyai tujuan dan maksud tertentu yaitu untuk memperbaiki dan memajukan Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Harapan dari kurikulum 2013 adalah mengubah pembelajaran konvesional menjadi pembelajaran inovatif, dimana pbm berorientasi pada siswa, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, hanya memberikan anak tangga bagi siswa untuk menuju pengetahuan, sedangkan siswa sendiri yang harus menaiki anak tersebut. Namun pada kenyataanya pembelajaran seperti itu hanya terjadi atau di dalam kertas saja, pendidikan Indonesia belum mengalami perubahan, pada prakteknya pendidikan Indonesia saat ini bahkan sama dengan pendidikan kapitalis, hanya mengejar keuntungan saja. Kurikulum 2013 yang diharapkan mampu menjadi pintu pendobrak kemajuan bangsa justru menjadi pintu penghalang saja. Hal ini disebabkan perubahan kurikulum itu tidak dipersiapkan dengan matang, pergantian kurikulum bagaikan mengganti pola pikir manusia sehingga seharusnya dijalankan secara perlahan dan bertahap dengan penuh persiapan, baik itu dari sisi pemerintah, sekolah, guru maupun siswanya. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  22. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas makalah yang diberikan. Kurikulum 2013 memang merupakan kurikulum yang unik. Yang bahkan sampai empat tahun setelah diterapkan dalam pembelajaran masih dilakukan beberapa kali revisi. Semoga kurikulum 2013 dapat menjadi jalan untuk memajukan pendidikan Indonesia terlepas dari pro dan kontra yang melekat padanya.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Semua kurikulum dibuat untuk memenuhi kebutuhan siswa. Namun, kebutuhan dan kondisi siswa di desa tentu berbeda dengan siswa yang tinggal di kota. Untuk itu, diperlukan kurikulum untuk memenuhi tantangan tersebut.
    Banyak sekali keunggulan metode saintifik yang diangkat oleh kurikulum 2013. Yang dibutuhkan untuk merasakan keunggulan tesebut adalah kesiapan guru agar dapat optimal menggunakan metode tersebut. Tugas pendidik, sebagai orang yang mengamati langsung kondisi dan kebutuhan siswa, untuk membuat atau menciptakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kondisi siswa yang berbeda-beda dengan menggunakan secara optimal metode yang diangkat kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Kurikulum 2013 menurut saya merupakan niat baik dari pemerintah untuk memperbaiki dan menyempurnakan kurikulum sebelumnya, dengan melakukan inovasi sistem pendidikan, dan memperbaiki sistem pendidikan dari metode tradisional menjadi metode yang inovatif.namun mungkin karena persiapan yang belum cukup dalam waktu yang relatif singkat, sehingga belum diperoleh hasil yang maksimal seperti yang diharapkan.

    ReplyDelete
  26. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Kurikulum 2013 adalah sebuah terobosan baru di dunia pendidikan Indonesia saat ini. Kurikulum ini lahir karena banyak kalangan menilai bahwa kurikulum KBK dan KTSP belum bisa memberikan arah pendidikan seperti yang di harapkan. Dalam kurikulum sebelumnya pendidikan lebih dititik beratkan pada pengembangan kognitif sedangkan afektif dan psikomotor dianggap belum memadai. Sedangkan K13 sudah mencakup ketiganya, kognitif, afektif dan psikomotorik.
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  27. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    kurikulum 2013 menyempurnakan kurikulum sebelumnya, diharapkan dengan kurikulum 2013 pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkualitas. hambatan yang terjadi dalam implementasi kurikulum 2013 adalah pelaksanaanya yang memakan waktu lebih lama dan dianggap ribet, selain itu juga siswa yang belum terbiasa dengan banyak tugas akan merasa tertekan dan terbebani.

    ReplyDelete
  28. Pergantian kurikulum selalu menjadi sumber polemik dalam pendidikan. Para pemerhati pendidikan dan masyarakat sungguh mengharapkan bahwa dengan adanya perubahan kurikulum 2013, bisa mengubah system pendidikan Indonesia menjadi lebih baik, siswa mendapatkan pembelajran secara lebih bermakna. Tidak hanya dijadikan sebagai ajang untuk mencari keuntungan finansial oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  29. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Perubahan kurikulum didasari pada kesadaran bahwa perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional, termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Dan diharapkan kurikulum 2013 mampu mencapai tujuan dari diadakannya perubahan kurikulum tersebut.

    ReplyDelete
  30. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kurikulum pendidikan sebagai pondasi kebijakan pendidikan. Kehadiran kurikulum 2013 adalah salah-satu inovasi pendidikan yang berusaha untuk menjawab tantangan zaman yang semakin kemari semakin kompleks. Kehadiran kurikulum 2013 tentunya akan membentur tradisi lama dalam pendidikan nasional dan itu menjadi satu-satunya tantangan yang paling berat, terutama dalam hal memberikan keyakinan kepada setiap stakeholder pendidikan bahwa K 13 adalah penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Harapannya, dengan kehadiran K 13 ini dapat memberikan dampak signifikan terutama dalam konteks pluralitas Indonesia

    ReplyDelete
  31. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Di kampung halaman saya belum semua sekolah menerapkan kurikulum 2013. Jika ada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, sekolah tersebut belum benar-benar menerapkan dalam pembelajaran. Masih ada RPP yang dibuat sama seperti KTSP. Sosialisasi yang diberikan kepada guru tentang kurikulum 2013 belum merata apalagi di daerah-daerah terpencil.

    ReplyDelete
  32. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Saya pernah berdiskusi dengan guru tempat saya mengajar. Buku yang diberikan oleh pemerintah yang katanya sudah berbasis kurikulum 2013, jika ditinjau kembali buku tersebut hampir sama dengan buku pelajaran berbasis KTSP. Selain itu, masih banyak siswa yang sekolahnya sudah menggunakan kurikulum 2013, nyatanya masih saja menggunakan buku latihan soal-soal atau biasa disebut LKS (meskipun sudah ada cap berbasis kurikulum 2013). Hal ini sama saja ketika dulu menggunakan kurikulum KTSP. Harapan terhadap kurikulum 2013 yaitu tujuan yang jelas dan rinci kemampuan apa yang hendak dicapai dan metode pembelajaran apa yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Sosialisasi yang merata kepada guru-guru tidak hanya di kota tetapi juga pelosok-pelosok negeri.

    ReplyDelete
  33. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Setiap yang baru memang akan melahirkan harapan baru. Seperti pemilu misalnya. Hadirnya pemimpin atau presiden baru akan memunculkan harapan dan optimism baru bagi masyarakat. Namun disisi lain, juga lahir pesimisme sebagai penyeimbang dari rasa optimism. Pun sama dengan lahirnya kurikulum 2013 yang saat ini dipakai sebagai kurikulum nasional yang digunakan. Harapan akan berkurangnya permasalahan pendidikan dan semakin membaiknya kondisi pendidikan kita, juga ditimpakan pada kurikulum 2013. Namun sebenarnya tidak semua harapan bisa dibebankan pada K13, beban ini hendaknya menjadi beban bersama dan ditanggung bersama. Tak ada satupun kurikulum yang ketika diterapkan akan langsung mengubah kondisi pendidikan menjadi berubah lebih baik dalam waktu yang singkat. Semuanya membutuhkan kontribusi dari setiap elemen yang bersinggungan dengan pendidikan, mulai dari pemangku kebijakan hingga eksekutor di sekolah.

    ReplyDelete
  34. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Perubahan kurikulum memang terkadang menjadi dilema dalam dunia pendidikan, namun dengan adanya perubahan memberikan gambaran secara tidak langsung adanya keinginan untuk merubah pendidikan kearah yang lebih maju. Dengan adanya kurikulum 2013 dapat melatih guru untuk lebih kompeten dibidang pendidikan serta lebih memahami bagaimana menerapkan pendidikan yang berkarakter.

    ReplyDelete