Jun 17, 2013

Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013




Dear all,

Ass Wr Wb

Boleh dibaca Makalah saya terbaru berjudul "Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013", yang saya presentasikan pada
Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013 di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), pada
Hari Selasa, 18 Juni 2013, dengan akses ke:

https://www.academia.edu/3727714/Tantangan_dan_Harapan_Kurikulum_2013

Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit
__._,_.___

13 comments:

  1. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Menurut hemat saya, tantangan dari penyelenggaraan kurikulum adalah masa peralihan. Karena di setiap perubahan pasti membuahkan suatu gejolak. Yang berat adalah bahwa kurikulum 2013 menuntut peralihan paradigman dimana seringkali tidak semua guru mampu dan mau merubah. Namun demikian, desain kurikulum 2013 merespon kebutuhan abad 21 sehingga output pendidikan memiliki kompetensi dan mampu bersaing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Saya setuju bahwa perubahan memang seringkali menimbulkan gejolak. Akan tetapi segala hal di dunia ini memang senantiasa berubah. Agar mampu bertahan dan mampu bersaing, kita memang perlu melakukan perubahan-perubahan. Salah satunya adalah perubahan kurikulum. Memang berat, namun inilah tantangan bagi segenap elemen pendidikan untuk mampu membangun bangsa melalui pendidikan yang lebih baik.

      Delete
  2. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Tentang tantangan dan harapan dari kurikulum 2013 menurut saya adalah dari sisi tantangannya terlebih dahulu dimana setiap guru dituntut untuk aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran walaupun siswa yang harus lebih berperan aktif. Justru dari situlah guru seharusnya tidak hanya semaunya mengajar di kelas tetapi harus dikonsep sesuai dengan pendekatan saintifik agar siswa bisa lebih aktif lagi. Sedangkan untuk harapan pada kurikulum 2013 ini adalah agar pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi dan mampu bersaing dalam ranah global sehingga siswa Indonesia memiliki daya juang yang tinggi terhadap prestasi belajarnya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  3. Jefri Mailool
    PPs S3 PEP 18701261002

    Menurut saya, tantangan dalam implementasi kurikulum 2013 adalah bagaimana guru mengerti akan perannya dan mampu mengelolah pembelajaran sesuai dengan amanah kurikulum. Memperbaiki mutu pendidikan khususnya di sekolah berarti harus memperbaiki mutu pembelajarannya.

    ReplyDelete
  4. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Kurikulum 2013 sudah diterapkan selama kurang lebih 5 tahun. Akan tetapi masih terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya. Yaitu terbatasnya fasilitas yang terdapat di daerah-daerah khusunya daerah tertinggal, tidak semua sekolah mempunyai anggaran dana yang cukup untuk menerapkan kurikulum 2013, mindset masyarakat masih terpaut dengan kurikulum lama, dan terbatasnya pengetahuan tentang kurikulum 2013 sehingga guru dan siswa harus beradaptasi dengan kurikulum saat ini. Di sisi lain, dengan adanya penerapan kurikulum 2013 ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia serta dapat menyetarakan pendidikan Indonesia dengan pendidikan di negara-negara maju lainnya yang memiliki system pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Tujuan kurikulum secara umum merupakan tujuan pendidikan itu sendiri. Kita telah mengalami beberapa revisi dan perubahan kurikulum di Indonesia saat ini. Dalam kurikulum 2013 sekarang ini jika dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya akan terlihat bahwa pendidikan yang diharapkan akan lebih inovatif, aktif, kreatif, dan produktif. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi guru saja namun juga untuk siswa diharapkan lebih inovatif, aktif, kreatif, dan produktif. Tantangannya jelas jika guru hanya mengajar secara monoton maka siswa pun tidak mampu untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hal hal yang diharapkan dalam kurikulum 2013 ini. Maka, guru dalam kurikulum 2013 ini lebih mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran, banyak bertanya pada guru, mempunyai kesadaran belajar yang meningkat. Jadi guru merupakan fasilitator dalam pembelajaran siswa.

    ReplyDelete
  6. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut makalah tersebut Kurikulum 2013 masih memuat banyak persoalan kontroversial dan secara ontologis, pedagogis, psikologis dan empiris tidak dapat dipertanggung jawabkan.
    Salah satunya adalah masalah ontologis yang disebabkan oleh penggunaan pendekatan saintifik sebagai metode tunggal pada semua mata pelajaran. Hal ini telah mendominasi ilmu humaniora seperti Agama, Bahasa, Seni dll. Hal tersebut tidak akan memberikan solusi untuk penddidikan kita, justru menambah permasalahan dalam pendidikan. Maka inilah tantangan bagi guru untuk selalu berusaha menyesuaikan diri dengan kebijakan pemerintah meskipun kebijakannya tidak sesuai. Guru yang bijak ialah guru yang tetap mengikuti aturan yang ada tetapi mampu mencari celah agar ia masih bisa mengembangkan kreativitasnya di dalam pembelajaran dan mampu menghidupkan siswanya.

    ReplyDelete
  7. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Tantangan dari penyelenggaran K13 menurut saya adalah kemampuan guru menjadi fasilitator dan fasilitas yang terbatas. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan guru untuk menjadi fasilitator yang baik di dalam kelas. Selain itu, fasilitas penunjang pembelajaran harus diperbaiki lagi.

    ReplyDelete
  8. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Harapan dari adanya kurikulum 2013 yaitu membentuk watak dan meningkatkan martabat bangsa. Untuk dapat mewujudkannya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas diharpkan mampu memfasilitasi siswa dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, kreativitas, kemandirian, kerjasama, dan yang lainnya. Proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh seorang guru bukan lagi bagaimana membelajarkan siswa, melainkan bagaimana siswa itu belajar. Siswa diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri apa yang mereka pelajari melalu pengalaman-pengalaman yang mereka lakukan. Melalui pengalaman tersebut kemudian siswa didorong untuk mengkonstuksi pengetahuannya.

    ReplyDelete
  9. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Kurikulum 2013 memiliki konsep utama yaitu berpusat pada siswa. Salah satu tantangan dalam penerapan kurikulum 2013 adalah pengetahuan guru mengenai metode, strategi, atau pendekatan. Hal ini diperlukan karena guru harus menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Harapannya supaya kurikulum 2013 ini mampu menghasilkan sumber daya yang memiliki kemampuan pada abad 21. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, tantangan dari implementasi kurikulum 2013 adalah bagaimana guru mampu merancang pembelajaran yang dapat memancing rasa ingin tahu siswa. Karena pada kurikulum 2013 menggunakan paradigm student centered atau berpisat pada siswa. Kurikulum 2013 mendorong siswa untuk mampu membangun pengetahuan mereka sendiri. Oleh karena itu, rasa ingin tahu siswa sangat menentukan tercapainya kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Di sini lah tantangan bagi para guru untuk dapat memancing rasa ingin tahu siswa dalam setiap pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Sementara itu, harapan saya bagi penerapan Kurikulum 2013 adalah adanya komitmen dari guru untuk mau melakukan inovasi-inovasi pembelajaran agar dapat memfasilitasi siswa dalam belajar. Untuk mensukseskan penerapan Kurikulum 2013 sehingga dapat menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang unggul, perlu kerjasama dari berbagai pihak dan tentu ada banyak pula factor yang mepengaruhinya. Guru menjadi salah satu factor penentu kesuksesan tersebut. Untuk itu perlu komitmen dan kerja keras dari guru untuk mampu dan mau melakukan atau mengupayakan pembelajaran-pembelajaran yang tepat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Tantangan dalam penerapan kurikulum 2013 adalah penyesuaian, baik itu penyesuaian guru, siswa dan juga langkah-langkah dalam proses pembelajarannya. Penerapan kurikulum 2013 yang memfokuskan pada student center dimana siswa yang aktif dalam pembelajaran dan guru sebagai fasilitator agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sehingga harapan dari penerapan kurikulum 2013 ini agar bisa menjadi proses pendidikan yang memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mengembangkan segala potensi yang mereka miliki menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dilihat dari aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor).

    ReplyDelete