Jun 17, 2013

Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013




Dear all,

Ass Wr Wb

Boleh dibaca Makalah saya terbaru berjudul "Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013", yang saya presentasikan pada
Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013 di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), pada
Hari Selasa, 18 Juni 2013, dengan akses ke:

https://www.academia.edu/3727714/Tantangan_dan_Harapan_Kurikulum_2013

Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit
__._,_.___

73 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Makalah ini berisi tentang masalah kurikulum yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia saat ini, karena perubahan kurikulum. Tantangan yang dihadapi dalam kurikulum ini mengenai akuntabilitas dan sustainbilitas dalam dunia pendidikan yang harus mengandung kedua unsur tersebut. Sedangkan harapan yang hendak dicapai dalam penerapan kurikulum 2013 ialah pembelajaran student center, guru dapat mengembangkan kreatifitas siswa, guru dapat menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang saat pembelajaran, pembelajaran matematika yang terjadi haruslah bermuatan nilai, etika, estetika, logika dan kinestetika serta guru dapat menyediakan pengelaman belajar yang beragam.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia yaitu dengan melaksanakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Kegiatan pembelajaran diharapkan mampu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi. Dengan demikian guru diharapkan mampu mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif dan pembelajaran konvensional yang dianggap tidak lagi mampu memenuhi harapan-harapan pendidikan. Dalam pelaksanaan kurikulum ini memang tidak, namun diharapkan dapat memajukan sistem pembelajaran di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Seperti fakta di lapangan bahwa tantangan penerapan Kurikulum 2013 adalah memahamkan kepada seluruh praktisi pendidikan khususnya para guru yang terlibat langsung dalam penerapannya. Perubahan KTSP menjadi kurikulum 2013, disusun dengan harapan dapat mengubah arah pendidikan negara kita ke arah yang lebih baik. Pada makalah tersebut dinyatakan bahwa Kurikulum 2013 mengandung pemikiran-pemikiran untuk melakukan terobosan agar praktek pembelajaran di sekolah lebih baik yaitu menuju inovasi yang berorientasikan kepada siswa dan mengubah paradigma pembelajaran yang selama ini dilaksanakan yang hanya berorientasi pada guru. Harapan dari kurikulum 2013 ini tentunya adalah mengatasi berbagai permasalahan-permasalahan pendidikan dan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan negara kita. Namun, di sisi lain masih banyak hambatan-hambatan yang ditemui dalam penerapan kurikulum 2013. Hal ini tentunya sudah disadari oleh cendikiawan-cendikiawan kita yang merumuskan kurikulum 2013 dan membutuhkan proses yang penuh pertimbangan untuk menerapkan kurikulum 2013 secara menyeluruh di wilayah Indonesia. Oleh karena itu mari kita dukung penerapan kurikulum 2013 menuju arah pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pada awal dirilisnya kurikulum, banyak masalah yang muncul karena ketidaksiapan/terlalu terburu-burunya dalam pelaksanaan. Dari berbagai pro dan kontra di kalangan pendidikan itulah merupakan tantangan kurikulum 2013 untuk dikaji ulang dan merupakan tantangan besar bagi pelaksana. Tentunya dari tantangan tersebut, tersirat tujuan dan harapan yang hendak dicapai agar kurikulum 2013 siap untuk diterapkan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  5. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam pelaksanaan kurikulum 2013, terdapat banyak kendala yang dihadapi antara lain kurangnya kesiapan guru dan siswa, sarana dan prasarana yang kurang mendukung serta kurangnya sosialisasi tentang kurikulum ini. Namun yang menjadi harapannya adalah tujuan yang ingin dicapai yakni siswa semakin kreatif dan trampil sedangkan guru menjadi lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Tantangan kurikulum 2013 yakni berkenaan dengan akuntabilitas, yang berarti bahwa seberapa besar kepercayaan yang dapat diperoleh dari masyarakat. Sudah hampir 4 tahun sejak penerapan K-13, namun saat ini pun masih banyak sekolah yang belum menerapkannya. K-13 terus saja dikaji dikaji dan dikaji, jika ini tidak segera terselesaikan, maka masalah yang berkaitan dengan akuntabilitas pun juga sulit diperoleh. Selain itu, tantangan yang kedua berkaitan dengan sustainbilitas atau eksistensi, atau bagaimana cara mempertahankan keberadaannya. Bagaimana agar tetap eksis dan dipercaya oleh masyarakat. Sedangkan harapan dari K-13 yakni pembelajaran yang berpusat kepada siswa atau student center learning. Siswa sejatinya pemeran utama dalam dunia pendidikan, dan guru hanya sebagai fasilitator. Agar apa yang diajarkan kepada siswa itu bermakna, maka siswa sebaiknya mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan setting pembelajaran secara berkelompok. Terutama pembelajaran matematika, agar siswa tidak melulu hanya menghafal rumus.

    ReplyDelete
  7. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kurikulum 2013 ini sekarang sudah mulai lebih membiarkan proses belajar menjadi student center dan bukan lagi teacher center. Guru pun sudah mulai dituntut agar lebih kreatif lagi dalam mengembangkan media pembelajaran bahkan lks yang akan mereka gunakan. Walau demikian masih terdapat beberapa kendala-kendala, baik dari pemerintah, dari pihak sekolah, atau bahkan dari siswanya sendiri.

    ReplyDelete
  8. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Permasalahan yang dihadapi pada implementasi Kurikulum 2013 yang terkesan tergesa gesa adalah ketidaksiapan guru menerima dan menerapkan kurikulum ini hampir semua guru yang mengikuti pelatihan bingung dengan pemahaman konsep kurikulum. Kurikulum 2013 adalah penyempurnaan pola pikir penguatan tata kelola kurikulum, pendalaman dan perluasan materi, penguatan proses pembelajaran, dan penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan. Pengembangan kurikulum menjadi amat penting sejalan dengan kontinuitas kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Implementasi kurikulum 2013 banyak memiliki tantangan dalam implementasinya, mulai dari peninjauan dari segi kualitas guru, fasilitas yang ada, hingga karakteristik siswa yang bisa dikatakan belum siap akan kurikulum 2013 yang lebih menekankan pada proses ilmiah atau saintifik. Dewasa ini pendidikan diindonesia masih bergantung kepada guru sebagai pemberi ilmu pengetahuan, akibatnya kurikulum 2013 terasa sulit untuk diterapkan. Namun dari itu semua saya berharap juga semoga kurikulum 2013 dapat di implementasikan secara merata dan dapat di terapkan dengan baik oleh guru-guru yang ada. Dan semoga pendidikan indonesia lebih maju dan merata.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Globalisasi di abad 21 telah menciptakan persaingan kerja yang makin terbuka lebar. dalam menghadapi isu di abad 21, manusia dituntut memiliki kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif dan kolaboratif serta mampu berkomunikasi secara efektif agar dapat menjadi solusi sekaligus mampu bertahan hidup. Hal ini merupakan tantangan bagi pendidikan abad ini dalam mempersiapkan generasi bangsa. Perubahan kurikulum pendidikan ditujukan supaya dapat mengakomodasi kompetensi-kompetensi abad 21 ke setiap mata pelajaran di sekolah.
    Landasan empiris dari perubahan kurikulum pendidikan Indonesia menjadi Kurikulum 2013 diantaranya adalah kemampuan literasi siswa yang rendah pada aspek membaca, Matematika dan IPA jika dibandingkan dengan benchmark pada studi internasional. Hal ini merupakan tantangan bagi kita dalam menerapkan kurikulum 2013.
    Harapannya setelah diterapkan kurikulum ini, siswa Indonesia mampu berpikir kritis, berpikir kreatif dan bersaing dengan anak bangsa lain.

    ReplyDelete
  11. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Makakah ini menceritakan bahwa dalam menerapkan kurikulum 2013 pasti memiliki sebuah tantang dan harapan. Pemerintah yang membuat permen ini juga pasti memiliki tantangan dan harapan dalam menerepkannya. Tatangan yang dihadapi saat menerapkan kurikulum 2013 adalah ketidaksiapan guru. Karena kur 2013 itu hal yang baru bagi guru ynag semula masih menggunakan KTSP sehingga mendadak menggunakan kur 2013. Harapan dalam menggunakan kur 2013 adalah agar membuat sistem pendidikan lebih baik lagi, sehingga bisa membuat grade pendidikan kita.

    ReplyDelete
  12. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Suka atau tidak, kurikulum 2013 akan menjadi pedoman pendidikan di tanah air. Disadari bahwa guru merupakan kunci utama keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, harapan keberhasilan pendidikan sering dibebankan pada guru. Salah satu hal mendasar yang penting disikapi oleh guru adalah kesiapan mental terhadap perubahan. Guru tidak boleh terjebak dalam rutinitas dan formalitas. Masih banyak guru yang enggan meng-update informasi atau meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait profesi. Di lapangan masih banyak guru yang belum selesai dengan urusannya sendiri. Masih sibuk untuk hal-hal yang di luar konteks menciptakan pembelajaran yang efektif. Penerapan kurikulum 2013 menjadi tantangan sekaligus peluang bagi guru untuk mewujudkan cita-cita pendidikan. Tenaga pendidikan dan kependidikan ditantang untuk menjembatani kondisi ideal dan kondisi nyata dunia pendidikan.
    Guru harus mengikuti perubahan dengan mengubah pola pikir terbuka terhadap perubahan. Guru secara pribadi, dan sekolah secara kelembagaan, harus mencari solusi dan langkah-langkah strategis agar guru dapat mengikuti berbagai program peningatan pengetahuan dan keterampilan guna menunjang pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Tantangan tentang akuntabilitas dan sustainbilitas dalam kurikulum 2013 menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Dengan adanya tantangan tersebut diharapkan adanya komitmen dan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan. Perlu juga adanya sosialisasi yang matang dan menyeluruh agar penerapan kurikulum 2013 dapat diterapkan dengan maksimal.

    ReplyDelete
  14. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Persiapan dan implementasi Kurikulum 2013 di Indonesia bahkan di tahun 2017 ini pun masih banyak kekurangan dan tantangan di berbagai aspek. Mulai dari persiapan pemerintah dari pemerataan penerapan kurikulum 2013. Kemudian dari sisi guru yang belum siap membelajarkan materi, bahkan belum adanya wawasan dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013. Dan lagi, dari aspek siswa nya yang belum terbiasa dalam langkah pendekatan Saintifik yang diterapkan dalam Kurikulum 2013. Hal ini ditandai dalam pasifnya siswa dalam kegiatan Mengamati, Menanya, Mencoba bahkan belum pada tahapan Menalar dan Menyimpulkan. Nah, ini yang menjadi masalah bersama yang memerlukan pembiasaan sehingga pelaksanaan Kurikulum 2013 ini bisa mencapai tujuan optimal.

    ReplyDelete
  15. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Di dalam Kurikulum 2013 sejalan dengan teori kependidikan misalnya: teori perkembangan kognisi, teori belajar dan membimbing, pendekatan kontekstual, kolaborasi, pemecahan masalah, investigasi, metode penemuan dan lainnya. Teori – teori kependidikan tersebut bertujuan agar siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  16. Perubahan kurikulum merupakan keniscayaan. Kurikulum yang berubah tersebut karena tantangan yang dihadapi dan harapan terhadap generasi yang akan datang. Terutama tentang teknologi yang berkembang dengan cepat. Tetap saja menurut saya kurikulum terlalu banyak mata pelajaran dan materi yang perlu dipelajari dengan waktu yang panjang. Ibaratnya siswa adalah penyimpanan data (komputer: harddisk) yang dapat menampung semua data tanpa mengetahui data apa yang disimpan. Bukan banyaknya pengetahuan yang diketahui siswa tetapi siswa memahami apa yang dipelajari serta kegunaannya dan dapat diterapkan dalam kehidupannya. Pernah mendengar negara yang kualitas pendidikannya baik ternyata waktu sekolahnya hanya sedikit.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Implementasi kurikulum 2013 yang saat ini sedang dilakukan diseluruh Indonesia memanglah bukan hal yang mudah. Hal tersebut yang merubah kebiasaan yang selama ini mungkin sering terjadi, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Persiapan yang telah dilakukan sejak kurikulum 2013 ini tercetus sampai saat ini masih sangat kurang, terutama dari gurunya, merubah pola pikir guru memang sangatlah tidak mudah. Selain itu pemberian pelatihan yang belum menyeluruh, serta perbedaan antara pelatih satu dengan pelaih yang lainnya. Semuanya sedang diusahakan untuk mendaptkan hasil yang baik dan bisa diimplementasikan dengan baik pula.

    ReplyDelete
  18. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Banyak tantangan dalam melaksanakan Kurikulum 2013. Bahkan di tahun 2017 ini, banyak permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru, siswa, ataupun orang tua siswa dalam melaksanakan kurikulum ini. Berdasarkan beberapa keluhan dari orang tua siswa, mereka cenderung kesusahan dalam mengajarkan materi sekolah ke anak-anak mereka. Mereka merasa mata pelajaran dalam kurikulum ini terkesan tercampur aduk dengan mata pelajaran lainnya. Butuh sosialisasi-sosialisasi ekstra untuk menanamkan Kurikulum 2013 ini, yang notabennya baik untuk mendidik pengetahuan dan karakter siswa.

    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Pelaksanaan kurikulum 2013 yang dinilai tidak matang dalam persiapannya menjadikan program ini hanya seperti uji coba dan tidak begitu efisien dalam pelaksanaannya. Namun sebagai seorang guru hendaknya bisa menyesuaikan diri dengan kebijakan pemerintah untuk menggunakan kurikulum 2013 ini. Untuk itu seorang guru harus mampu menggunakan metode penbelajaran inovatif yang berpusat pada siswa, agar siswa mampu mengembangkan sikap dan pengalaman sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Hal inilah yang masih menjadi tantangan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  20. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Indonesia baru saja mengubah kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang berbasis student centered. Meski Indonesia saat ini masih berada dalam teacher centered, tetapi masih dalam usaha menuju studend centered. Masih dalam usaha, berarti belum menjadi student centered meskipun kurikulumnya sudah berbasis student centered. Hal tersebut merupakan salah satu tantangan kurikulum 2013 yang diungkapkan, sekaligus harapan semoga segera hampir 100% pembelajaran di Indonesia bersifat student center.

    ReplyDelete
  21. Jeanete Nenabu
    PPS Pmat D (15709251004)

    Dalam pelaksanaan kurikulum 2013,terdapat banyak kendala yang dihadapi antara lain kurangnya kesiapan guru dan siswa,sarana dan prasarana yang kurang mendukung serta kurangnya sosialisasi tentang kurikulum ini.Namun yang menjadi harapannya adalah tujuan yang ingin dicapai yakni siswa semakin kreatif dan trampil sedangkan guru menjadi lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya.

    ReplyDelete
  22. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Gagasan kurikulum 2013 adalah gagasan yang luar biasa dengan tujuan menciptakan generasi emas Indonesia yang cerdas dan berkarakter. Sayangnya, pelaksanaannya terkesan terburu-buru sehingga menimbulkan banyak permasalahan baru. Terlebih dengan adanya revisi kurikulum K13 mengakibatkan pergeseran bahkan perubahan pada KD pembelajaran. Masalah yang timbul salah satunya yaitu kesenjangan materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Banyak tantangan dalam implementasi kurikulum 2013, antara lain kurangnya persiapan guru, siswa, sarana, prasarana. Namun sebagai calon pendidik sudah seharusnya mempersiapkan sedini mungkin implementasi kurikulum 2013. Implementasi kurikulum 2013 ini diharapkan mampu mencetak generasi-generasi yang kreatif, inovatif, dan kritis.

    ReplyDelete
  24. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Harapan untuk kurikulum 2013 adalah meningkatnya kesadaran siswa untuk belajar. Dengan kesadaran ini diharapkan siswa dapat belajar kecakapan-kecakapan yang dibutuhkan untuk mengarungi zaman yang semakin maju. Misalnya dalam kurikulum 2013 terdapat sintaks saintifik yaitu mengomunikasikan. Hal ini mempersiapkan siswa untuk belajar berkomunikasi mengingat kemampuan komunikasi jadi hal yang penting untuk dimiliki oleh generasi abad 21.

    ReplyDelete
  25. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru tentunya sebagai hal baru mempunyai tantangan dan juga harapan. Dimana mempunyai tujuan diantaranya mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat. Tantangannya pada K13 ini salah satunya yaitu sistem penilaiannya. Karena kurangnya waktu pelatihan k13 ini, sehingga kurang maksimalnya hasilnya.

    ReplyDelete
  26. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Hal tersebut sedikit berbeda dengan kesiapan dalam implementasi kurikulum sebelumnya yang berdasarkan tingkat satuan pendidikan. Sikdisnas (2012) menyatakan sedikitnya ada dua faktor besar dalam ke berhasilan kurikulum 2013. Faktor penentu pertama yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Faktor penentu kedua yaitu faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur, yaitu: ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, dan penguatan manajemen dan budaya sekolah.

    ReplyDelete
  27. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Kurikulum 13 dalam penerapannya terdapat beberapa kendala yang dihadapi, antara lain terkait dengan anggaran, kesiapan pemerintah menyiapkan perangkat pendukung implementasi kurikulum, distribusi buku, dan kesiapan guru. Di antara semua daftar di atas, masalah utama yang sangat menghambat adalah kesiapan guru sebagai kunci keberhasilan implementasi kurikulum. Bukan persolan mudah untuk mempersiapkan guru yang ideal seperti harapan Kurikulum 2013 dalam waktu singkat, terutama untuk mengubah mindset guru dari yang asalnya hanya bertugas untuk mengajar, sementara dalam Kurikulum 2013 guru harus mampu mengarahkan siswa untuk aktif dan produktif.

    ReplyDelete
  28. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak Prof atas kesediaannya berbagi makalah tersebut, mengenai tantangan dan harapan kurikulum 2013, sehingga kami semua dapat mempelajari dan memahami tujuan dan halangan implementasi kurikulum yang mana dapat menjadi gambaran bagaimana mengatasi dan mewujudkan hal tersebut

    ReplyDelete
  29. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kurikulum 2013 mengedepankan pembelajaran berbasis student center, dimana siswa diaharapkan lebih aktif dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dalam skema Kurikulum 2013 diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Kegiatan pembelajaran diharapkan mampu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Sehingga, pembelajaran berbasis student center inilah yang diharapkan mampu untuk menjadi jembatan dari adanya tujuan tersebut.

    ReplyDelete
  30. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tantangan bagi Kurikulum 2013 terjadi pada setiap elemen pembelajaran, seperti guru, perangkat belajar, bahkan siswanya. Namun demikian, guru harus senantiasa menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah, karena di dalam kelas guru-lah yang menjadi penanggung jawab untuk menjadikan siswa-siswanya paham akan materi yang disampaikan.

    ReplyDelete
  31. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Tantangan kurikulum 2013 adalah mengenai akuntabilitas dan sustanbilitas, dimana dalam pelaksanaan pendidkan perlu ada nya kepercayaan terhadap pendidikan dan konsistensi yang baik. untuk menyeimbangkan kedua hal itu perlu adanya effort dan kestabilan. selain itu menurut saya tantangan kurikulum 2o13 adalah terletak pada guru, guru yang belum paham dengan baik pembelajaran kurikulum 2013 akan merasa kesulitan dengan keberagaman sifat siswa, perlu adanya pelatihan guru untuk dapat menjadikan kurikulum 2013 berjalan dengan semestinya.

    ReplyDelete
  32. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Harapan penggunaan kurikulum 2013 pada pelaksanaan pendidikan di Indonesia dari saya pribadi adalah semoga siswa siswi dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kemampuan menganalisis nya, perubahan dari yang ingin instan menjadi ingin tahu asal muasal nya dari mana, dan generasi muda dapat cerdas dan dapat memajukan bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  33. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari pemaparan pak Prof diatas, saya mengetahui tantangan pelaksanaan kurikulum 2013 saat ini, yaitu sistem pendidikan yang tidak konsisten, adanya upaya menghambat pemberdayaan kompetensi guru, dan pelaksanaan kurikulum 2013 yang tergesa-gesa mengakibatkan ketidaksiapan para pelaku pendidikan dalam pembelajaran. Hal-hal tersebut mengakibatkan pendidikan di Indonesia tidak sesuai dengan prinsip akuntabilitas dan sustainabilitas, dimana prinsip tersebut sangatlah penting dalam penyelenggaraan pendidikan

    ReplyDelete
  34. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari tantangan-tantangan diatas, beban guru semakin berat. Namun guru yang tangguh adalah guru yang selalu berusaha menjalankan kebijakan pemerintah yang mungkin masih banyak persoalan di dalamnya, baik ketidaksiapan teknik implementasinya maupun lain sebagainya.

    ReplyDelete
  35. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas makalah yang diberikan. Kurikulum 2013 memang merupakan kurikulum yang unik. Yang bahkan sampai empat tahun setelah diterapkan dalam pembelajaran masih dilakukan beberapa kali revisi. Semoga kurikulum 2013 dapat menjadi jalan untuk memajukan pendidikan Indonesia terlepas dari pro dan kontra yang melekat padanya.

    ReplyDelete
  36. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tantangan dari tercapainya implementasi kurikulum 2013 sangatlah banyak diantaranya K13 ini masih dirasa sulit jika diterapkan disekolah sekolah pelosok negri karena keterbatasan dalam fasilitas pembelajaran, SDM, dan pengetahuan guru tentang K13. Harapan dari adanya K13 pembelajaran tak lagi berpusat pada guru tetapi pembelajaran dirubah pada pembelajaran berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  37. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pemberlakuan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 menggantikan kurikulum 2006 dimaksudkan untuk memperbaiki kualitas sistem pendidikan di Indonesia. Inovasi pembelajaran yang muncul dalam Kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Namun ada banyak tantangan dalam penerapannya di sekolah, misalnya guru yang belum matang dalam menerapkan kurikulum baru dan siswa yang belum siap untuk menjadi pusat pembelajaran. Hal tersebut akan mengganggu dan menghambat jalannya proses pembelajaran matematika di sekolah.

    ReplyDelete
  38. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam menghadapi globalisasi kehidupan yang modern, Departemen Pendidikan Nasional terus berinovasi dalam dunia pendidikan khususnya Kurikulum. Dalam kurikulum 2013, pembelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) terintegrasi ke dalam setiap mata pelajaran, tidak terkecuali matematika. Sehingga peran guru dalam Kurikulum 2013 adalah membimbing siswa agar memiliki pengalaman langsung dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran yang menggunakan media berbasis komputer. Namun permasalahan yang muncul kemudian adalah, kesulitan dalam memilih media pembelajaran yang efektif digunakan oleh guru maupun siswa.

    ReplyDelete
  39. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Pendidikan merupakan unsur utama dalam pengembangan manusia Indonesia seuutuhnya, maka pengelolan pendidikan harus berorientasi kepada bagaimana menciptakan perubahan yang lebih baik. Salah satu upaya itu di tempuh dengan menerapkan kurikulum 2013 yang disusun dengan dilandasi pemikiran tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke 21 yang ditandai dengan abad ilmu pengetahuan, knowlwdge-based society dan kompetensi masa depan. Kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 diharapkan mampu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Pemberdayaan diarahkan untuk mendorong pencapaian kompetensi dan perilaku khusus supaya setiap individu mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dan mewujudkan masyarakat belajar. Dengan demikian guru diharapkan mampu mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  40. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    K13 dapat dikembangkan untuk mencapai kemandirian siswa dalam ranah kognitif dan spiritual. Dengan penerapan K13 ini diharap siswa di indonesia dapat meningkatkan intuisinya tentang ilmu pengetahuan dan juga meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar baik itu dalam ranah spiritual atau kognitif.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  41. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Kurikulum 13 perlu diselaraskan dengan banyak teori pendidikan. Skema pembelajaran yang dibuat guru untuk persiapan pembelajaran hendaknya disusun dengan mempertimbangkan banyak faktor dan berbagai sumber belajar yang relevan dengan materi yang diajarkan. Pengembangan pembelajaran akan sangat penting, sesuai dengan K13 pembelajaran dituntut untuk bisa mengaktifkan siswa dalam mencari tahu ilmu dan pengetahuan yang baru dengan intuisi nya sendiri.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  42. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Salah satu tantangan dalam penerapan K3 adalah ketidaksiapan pendidik dengan sistem yang digunakan dalam K13, yaitu pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik menuntut siswa untuk aktif mengamati hal-hal disekitar mereka juga menuntut siswa agar aktif mencari tau dan mengumpulkan informasi secara sendiri. Dalam pelaksanaanya guru akan lebih pasif dan siswa yang lebih aktif tetapi pendekatan K13 ini membutuhkan persiapan yang lebih lama dan rumit dari pada metode yang digunakan sebelumnya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  43. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Kurikulum 2013 di rancang oleh pemerintah dengan tujuan yang baik yaitu memperbaiki sistem pembelajaran menuju arah pembelajaran yang inovatif dan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Namun, hanya saja terganjal oleh persiapan yang terkesan mendadak dan kurang matang, apalagi sosialisasi mengenai kurikulum 2013 pun masih belum merata, terbukti dengan ada sebagian guru yang belum mengetahui tentang isi dari Kurikulum 2013.
    Tantangan yang harus dihadapi adalah Kurikulum 2013 belum dalam keadaan sehat / maksimal. Dikatakan sehat / maksimal jika keadaan suatu sistem pendidikan bersifat komprehensif, akuntabel, sustainable, konsisten, kreatif, fleksibel, membudaya berakar dari kultur bangsa dan daerah serta mampu berinteraksi pada tataran internasional. Suatu sistem pendidikan juga dikatakan sehat / maksimal jika diantara komponen pendukungnya yang berupa kebijakan dan produk-produk hukumnya bersifat konsisten. Pemberlakuan Kurikulum 2013 yang tergesa-gesa dengan persiapan yang tidak matang adalah tidak selaras dengan prinsip akuntabilitas dan sustainabilitas.

    ReplyDelete
  44. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut saya tantangan yang K13 yaitu kondisi guru ingin secara instan mencapai tujuan pembelajaran sehingga tidak ingin melaksanakan pendekatan secara saintifik dikarenakan guru tidak percaya akan kemampuan siswa, karena waktu yang dibutuhkan dalam pendekatan saintifk memakan waktu yang cukup lama, akibatnya pembelajaran hanya guru yang aktif, siswa hanya menerima materi dari guru. Harapannya semoga guru dapat merealisasikan pembelajaran K13 yang efektif, dengan memperhatikan sistematika RPP maupun LKS sebaik mungkin sehingga waktu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

    ReplyDelete
  45. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang sedang diterapkan di Indonesia yang diharapkan mampu memberikan perubahan pada pendidikan yang sedang berlangsung di Indonesia. Kurikulum 2013 menilai pendidikan dari sikap, ketrampilan dan pengetahuan. Dalam kurikulum 2013 siswa menjadi pusat dari proses pembelajaran di kelas. Kurikulum 2013 diterapkan dengan tujuan agar kualitas pendidikan di Indonesia semakin baik, dengan sistem pembelajaran yang semakin inovatif, dan mengarahkan serta mampu mengolah kemampuan siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  46. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tantangan terbesar penerapan kurikulum 2013 adalah kurangnya persiapan yang matang baik dari pemerintah ataupun guru serta pihak sekolah lainnya, sehingga proses adaptasi dalam memahami kompetensi serta tujuan yang ingin dicapai dari Kurikulum 2013 membutuhkan waktu yang lama. Persiapan yang kurang matang menyebabkan sistem yang diharapakan tidak terwujud secara optimal. Selain itu kurangnya pengetahuan mengenai Kurikulum 2013 menyebabkan guru di sekolah merasa kesulitan dan memilih menggunakan kurikulum yang mengandalkan metode kuno/ konvensional/tradisional.

    ReplyDelete
  47. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tantangan dari kurikulum 2013 adalah bagaimana mempersiapkan pendidik yang profesional sehingga tujuan dari kurikulum 2013 tercapai secara maksimal serta dapat menghasilkan individu yang benar-benar dapat bersaing dengan dunia luar. Kerja sama dengan berbagai pihak sangat diperlukan dalam menerapkan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  48. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain itu yaitu kesiapan bahan ajar menjadi tantangan bagi para pendidik untuk mengimplementasikan K13 di sekolah, bahan ajar yang baik akan memberikan faktor positif untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  49. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tantangan kurikulum 2013 juga terdapat pada pendidiknya, dengan adanya pelajaran matematika peminatan banyak ditemukan guru yang belum menguasai materi tersebut, materi pada matematika peminatan terbilang cukup asing di kalangan guru yag awalnya mengajar di KTSP, sehingga proses pelatihan terhadap guru perlu ditingkatkan kembali.

    ReplyDelete
  50. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Penerapan kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai salah satu acuan dalam melaksanakan pendidikan di Indonesia bukanlah perkara yang mudah. Perubahan yang terjadi dalam sistem pendidikan Indonesia ini tidak serta merta berjalan mulus dalam praktiknya. Untuk dapat menerima perubahan yang baru dan meninggalkan atau merombak kebiasaan-kebiasaan lama tentu akan sangat sulit. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi kurikulum 2013 yaitu untuk dapat diterima oleh para pelaksana atau praktisi-praktisi pendidikan. Banyak dari mereka yang terlihat belum siap untuk menerima kurikulum 2013 ini, dan belum dapat melaksanakan secara maksimal rancangan-rancangan pendidikan yang diusung oleh kurikulum 2013.Meskipun begitu Kurikulum 2013 diharapkan dapat membawa tren positif dikalangan siswa dan praktisi pendidikan dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Dengan begitu, sedikit demi sedikit dapat terlihat perbaikan-perbaikan yang terjadi dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  51. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari Makalah ini berisi tentang masalah kurikulum yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia saat ini, karena perubahan kurikulum. Inovasi pembelajaran yang muncul dalam Kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Namun ada banyak tantangan dalam penerapannya di sekolah, misalnya pada guru, guru belum menguasai 100% dalam menerapkan seluruh prinsip-prinsip K13.

    ReplyDelete
  52. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, harapan dari terciptanya K13 itu sendiri adalah demi mencapai tujuan pembelajaran maupun tujuan pendidikan nasional. Harapan yang lain juga semoga K13 bisa merata dan menyebar di seluruh sekolah sehingga pemerataan pendidikan juga dapat terwujud.

    ReplyDelete
  53. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika

    Maka, hal ini menjadi tantangan bagi guru maupun calon guru yang nantinya juga akan berada di keadaan seperti ini. Belum meratanya pendidikan juga menjadi tantangan bagi guru untuk terus mengasah kemampuan dan terus menambah ilmu agar dapat diterapkan dalam pembelajaran sehingga tercapainya tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  54. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pergantian dari KTSP menjadi kurikulu 2013 merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam bidang pendidikan untuk memberikan inovasi agar pendidikan di Indonesia semakin maju. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak hambatan yang dialami seperti halnya belum adanya kesiapan bahan ajar yang digunakan oleh guru. Sebuah kurikulum baru tentu saja perlu adanya adaptasi yang dilakukan oleh guru agar tujuan dari kurikulum tersebut berjalan.

    ReplyDelete
  55. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi K13 bukan merupakan hal yang mudah diterapkan. Perubahan – perubahan yang terjadi perlu diadaptasi oleh pihak yang bersangkutan, terutama siswa, guru dan pihak sekolah. Yang terjadi saat ini, masih banyak pihak yang belum siap untuk menerapkan kurikulum 2013. Salah satu contohnya adalah metode yang diterapkan khusus kurikulum 2013 memiliki sifat student centered, tiak mudah diterapkan oleh guru. Masih perlu banyak sosialisasi, simulasi terkait kurikulum kepada pihak – pihak terkait sehingga mereka dapat memahami kurikulum 2013 yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  56. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Kurikulum 2013 merupakan salah satu program terbaru pemerintah terhadap pendidikan di Indonesia pada saat itu. Namun kompleksitas persoalan pendidikan, terutama kurikulum untuk pendidikan dasar dan menengah yang tidak pernah berakhir, bahkan disinyalir akan semakin menantang di kemudian hari. Untuk itu pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 menjadi tantangan bagi pendidik dan tenaga kependidikan, dan pada pelaksanaannya harus di sesuaikan dengan rambu-rambu pelaksanaannya karena akan berdampak terhadap kualitas lulusan. Dengan demikain tantangan-tantangan pada pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 dapat diatasi guna menghasilkan lulusan atau generasi penerus Indonesia yang lebih baik.

    ReplyDelete
  57. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kurikulum 2013 baru berapa tahun di laksanakan. Dengan berbagai revisi yang telah dilaksanakan dalam beberapa tahuan ini, maka diharapkan kurikulum 2013 menjadi kurikulum yang lebih baik. Yang membuat siswa secara hati mempunyai kesadaran bahwa hakekat mencari ilmu itu dari diri sendiri. Sehingga siswa mampu merekonstruksi pengetahuannya. Dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Guna membantu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

    ReplyDelete
  58. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tantangannya bahwa kurikulum 2013 masih berada pada masa peralihan maka janganlah berharap langsung menddapatkan hasi yang baik. Lebih baik memperbaiki prosesnya. Serta tantangan lainnya ada yang berasal dari guru dan siswa seta fasilitas yang mendukung untuk pembelajran dengan kurikulum 2013 ini. Seperti yang sama dijelaskan dalam artikel yang dibagikan pada forum ini.

    ReplyDelete
  59. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan berubahnya kurikulum dari KTSP menjadi K13 tentu memiliki maksud dan tujuan satu yaitu menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Diharapkan dengan kurikulum 2013 lebih dapat memenuhi kebutuhan siswa akan pendidikan, ilmu dan belajar.

    ReplyDelete
  60. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Mengubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan memang cukup sulit. Begitu juga perubahan kurikulum dari KTSP ke kurikulum 2013, perlu waktu dan persiapan yang matang, pelaksanaanya sampai sekarang cendrung sudah berprogress, sudah banyak sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, namun masih banyak yang perlu dibenahi, kemampuan dan kecakapan guru dalam mengajar dan menyiakan perangkat pembelajaran yang sesuai kurikulum 2013 perlu dilatih, karena guruyang secara lansgung berkomunikasi dengan siswa jadi dioharapkan pemerintah mendengarkan kesulitan guru dan membantu mengatasi kesulitannya.

    ReplyDelete
  61. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu tantangan yang kurikulum 2013 adalah pembiasaan guru dalam mengajar yakni yang bisanya pembelajaran terpusat pada guru kini bergeser menjadi pada siswa. Hal tersebut masih menjadi PR besar bagi guru Indonesia terutama untuk guru-guru yang notabennya "sepuh". hal iniyang saya temui ketika observasi mereka terkadang kesulitan dalam menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa karena memang sudah lama pembelajaran yang dilangsungkan berpusat pada guru.

    ReplyDelete
  62. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain pergeseran paradigma pembelajaran penerapan pendekatan saintifik juga merupakan suatu tantangan bagi kurikulum 2013. Banyak guru yang masih asing mendengar istilah tersebut khususnya guru-guru yang berada pada daerah 3T. tapi saya percaya pemerintah terus berusaha membenahi tantangan-tantangan pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  63. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran Kurikulum 2013 mempunyai konsep pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik. Untuk tercapainya pengembangan ini maka harus ada sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat.

    ReplyDelete
  64. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan Permendikbud No. 104 tahun 2014 tentang Pembelajaran, Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap (pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia .

    ReplyDelete
  65. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran kurikulum 2013 ditujukan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban dunia. Diharapkan generasi muda bisa menjadi pemangkit mancan Asia Indonesia yang sedang tidur.

    ReplyDelete
  66. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Harapan Kurikulum 2013 yaitu proses pengembangan peserta didik menjadi pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban dunia sehingga terjadi sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat.

    ReplyDelete
  67. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketika pembelajaran kurikulum 2013 ditujukan untuk mengembangkan potensi peserta didik maka guru harus menyiapkan bekal dalam melakukan proses pembelajaran tersebut. Guru wajib memiliki kompetensi-kompetensi yang selaras dalam menunjang proses pembelajaran kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  68. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Postingan diatas mengenai tantangan dan harapan kurikulum 2013 ini adalah sepatutnya harus diingat dan dicatat oleh pendidik maupun calon pendidik. Karena pendidik akan tau apa saja tantangan yang akan dihadapi dan dapat mempersiapkan cara untuk mengatasinya.

    ReplyDelete
  69. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih Prof, makalah tersebut sangatlah bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kami mengenai Tantangan apa saja yang ada pada Kurikulum 2013 serta Harapan seperti apa yang diinginkan dalam Kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  70. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Kurikulum 2013 itu sendiri merupakan perbaikan dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP. Pada kurikulum 2013 ini digembar-gemborkan bahwa pembelajaran itu haruslah berpusat pada siswa. Akan tetapi dalam prakteknya ada beberapa hal yang belum sesuai dengan apa yang direncanakan. Oleh karenanya diperlukan erbaikan-perbaikan dan sosialisasi-sosialisasi lanjutan agar lebih baik.

    ReplyDelete
  71. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Pergantian kurikulum sudah dialami beberapa kali oleh Indonesia. Hal itu dikarenakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum ini diharapkan dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.

    ReplyDelete
  72. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat D

    Sebagai pendidik kita sebaiknya tetap terbuka terhadap perubahan. Jangan lah kita seperti katak di dalam tempurung. Kurikulum 2013 diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas siswa dg mendorong siswa utk lebih berkembang, sebagai guru kita diharapkan untuk mendukung.

    ReplyDelete
  73. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 diharapkan mampu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai potensi yang diharapkan, yaitu setiap individu mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dan mewujudkan masyarakat belajar. Sehingga guru diharapkan mampu mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete